Syarat pengajuan nuptk 2021

syarat pengajuan nuptk 2021

NUPTK merupakan singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Pengajar. Nomor ini memiliki fungsi sebagai nomor induk untuk pendidik atau tenaga pengajar baik itu tenaga pengajar yang sudah PNS maupun yang belum PNS. NUPTK terdiri dari 16 angka yang unik dan tetap meskipun pendidik bersangkutan berpindah tempat mengajar, status, riwayat, atau perubahan data lainnya. Nomor ini sangat penting dimiliki oleh setiap pendidik agar Anda bisa mengikuti setiap kegiatan dan program yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan.

Berikut ini cara pengajuan NUPTK terbaru 2021 beserta dengan persyaratan yang harus Anda miliki sebelum mendaftarkan diri. NUPTK tidak diberikan kepada semua pendidik dan tenaga pengajar di Indonesia, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum mendapatkannya. Nomor ini diberikan kepada pendidik syarat pengajuan nuptk 2021 tenaga pengajar di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Madrasah di bawah Kementerian Agama.

Cara pengajuan NUPTK terbaru 2021 dapat dilakukan dengan mudah secara online. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pengajuan NUPTK : Cara Melakukan Pengajuan NUPTK Baik PNS Maupun Non PNS 2021 Ketahui fungsi dan manfaat memiliki NUPTK Memiliki NUPTK sangat penting baik bagi PNS maupun non PNS. Fungsi dari nomor ini sebenarnya adalah sebagai nomor identifikasi resmi dan bersifat nasional untuk seorang pendidik atau pengajar.

Selain itu fungsi lainnya adalah membantu pemerintah dalam merencanakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik.

syarat pengajuan nuptk 2021

Sedangkan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki NUPTK secara resmi diantaranya adalah: • Mendapatkan berbagai tunjangan • Sebagai syarat mendapatkan tunjangan fungsional • Mendapatkan beasiswa pendidikan • Bisa mengikuti ujian kompetensi guru atau UKG yang dapat meningkatkan kemampuan • Bisa mengikuti program sertifikasi yang dilakukan pemerintah untuk PNS • Bisa mengikuti kegiatan dan program resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat atau daerah.

Siapkan persyaratan yang dibutuhkan Persyaratan harus Anda persiapkan dengan matang agar proses pengajuan berjalan lancar.

Persyaratan yang kurang atau tidak lengkap tentu saja akan menghambat proses pengajuan bahkan pengajuan tidak akan disetujui. Berikut ini persyaratan umum dan persyaratan berkas yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan NUPTK : • Guru dan tenaga pendidikan harus sudah terdaftar dalam aplikasi dapodikdasmen dan dapodikpauddikmas serta sudah lulus verifikasi dan validasi persyaratannya.

• Bertugas dalam satuan pendidikan yang sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional. • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). • Memiliki ijazah Sekolah Dasar (SD). • Memiliki ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat. • Memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. • Memiliki ijazah Perguruan Tinggi minimal Diploma IV atau Strata 1.

• Bukti memiliki kualifikasi akademik terendah diploma IV atau Strata I pada satuan pendidikan formal. • Bagi tenaga pengajar yang bukan PNS harus memiliki surat keputusan dari Kepala Dinas untuk tenaga pengajar dari sekolah negeri dan SK Guru Tetap Yayasan (GTY) untuk tenaga pengajar dari sekolah swasta.

Dengan ketentuan Satuan Syarat pengajuan nuptk 2021 diselenggarakan oleh pemerintah daerah. • Telah bertugas setidaknya 2 tahun bagi yang berstatus bukan PNS. • Untuk tenaga pengajar yang sudah berstatus PNS atau CPNS harus memiliki SK Pengangkatan PNS/CPNS dan SK Penugasan dari Dinas Pendidikan.

Cara pengajuan NUPTK Terbaru Secara online Pengajuan NUPTK dapat dilakukan secara online melalui website resmi verval PTK milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berikut ini adalah cara mengajukan NUPTK melalui sistem verval PTK : • Masuklah ke website resmi layanan verval PTK yaitu http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id. • Login menggunakan username dan password saat mendaftar akun SDM. Akun SDM biasanya dimiliki oleh operator sekolah dengan mendaftar di web SDM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadi kesimpulannya login verval PTK harus menggunakan akun operator sekolah Anda. • Setelah berhasil masuk, silahkan tekan Menu NUPTK. • Pada pilihan Calon Penerima NUPTK pilih nama guru yang akan melakukan pengajuan NUPT. • Unggah berkas diantaranya yaitu scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), scan ijazah SD, scan Ijazah SMP, scan ijazah SMA, scan ijazah perguruan tinggi (D-IV/S1), scan SK GTT untuk sekolah negeri, scan SK GTY untuk sekolah swasta, scan SK PNS/CPNS dan SK Penempatan untuk yang berstatus PNS.

Perhatikan bahwa semua dokumen tersebut merupakan scan asli dan harus jelas menampilkan identitas dari tenaga pengajar. • Pengajuan dilakukan dengan menekan pilihan unggah setelah semua persyaratan berkas sudah dipenuhi. Jika sudah selesai proses pengunggahan kemudian klik OK. • Proses pengajuan NUPTK menggunakan verval PTK selesai. • Cek apakah tenaga pengajar bersangkutan sudah masuk ke dalam daftar tunggu pengajuan NUPTK baru dengan pergi ke Menu NUPTK dan pilih Status Penerima NUPTK.

• Jika sudah ada maka selanjutnya tenaga pendidik bersangkutan atau operator sekolah tinggal memantau proses pengajuan tersebut pada layanan verval PTK. Cara Memantau Pengajuan NUPTK yang syarat pengajuan nuptk 2021 dilakukan Setelah mengunggah berkas untuk melakukan pengajuan NUPTK, pihak dinas pendidikan sesuai kewenangannya akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap semua data yang telah dimasukkan.

Jika valid dan memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan maka data yang telah diunggah tersebut akan diterima dan disetujui.

syarat pengajuan nuptk 2021

Jika tidak valid maka akan ditolak dan diberi alasan mengapa pengajuan ditolak. Dalam proses tersebut Anda harus terus memantau sistem agar mengetahui perkembangan pengajuan NUPTK yang dilakukan. Jika pengajuan disetujui maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK melalui sistem verval PTK.

NUPTK yang sudah diterbitkan secara resmi dapat diketahui melalui gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status. Cara Memeriksa Status Keaktifan dari NUPTK NUPTK bisa dinonaktifkan, jadi status keaktifannya harus dicek agar lebih meyakinkan.

Jika sudah aktif proses pengajuan NUPTK sudah selesai, dan Anda sudah bisa menggunakannya di berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Berikut ini cara memeriksa satus keaktifan dari NUPTK : • Akses website verval PTK resmi milik Kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui link http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id.

Kemudian masuk menggunakan akun SDM milik operator sekolah. • Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat nomor NUPTK. • Klik link berikut ini data.kemdikbud.go.id untuk melihat apakah NUPTK GTK masih aktif atau sudah nonaktif. • Pilih menu Status NUPTK. • Masukkan nomor NUPTK Anda lalu klik search. • Jika hasilnya berupa data seperti nomor NUPTK, nama, tanggal lahir, dan lain sebagainya maka NUPTK tersebut masih aktif, namun jika tidak aktif maka data tersebut akan kosong.

• Jika status NUPTK sudah aktif selanjutnya Anda bisa mencetaknya melalui website tersebut. Caranya tinggal menekan perintah Control + P selanjutnya akan terjadi proses pencetakan dokumen seperti biasanya. Itulah informasi lengkap mengenai cara pengajuan NUPTK terbaru 2021 yang lebih mudah untuk dilakukan, mulai dari persyaratan hingga NUPTK tercetak. Agar pengajuan berjalan dengan lancar, maka Anda harus memperhatikan berbagai langkah secara cermat.

Semoga informasi tersebut dapat membantu para pendidik dan tenaga pengajar untuk mendapatkan NUPTK dengan lebih mudah. Sumber : https://indo-igcc.id/ Recent Posts • Review Olike OBS-300 Wireless Home Mini Theater – Speaker Alternatif Untuk TV dan Laptop • Cara Download MP4 SnackVideo Tanpa Watermark yang Mengganggu • Among Us Kena Serangan DDoS, Server Mati Sejak syarat pengajuan nuptk 2021 Maret • Higgs Domino Island RP Masih Disukai Gamers • Cara Dapatkan Kode Aktivasi FF Advance Server 1.

PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) terdata di pangkalan data Dapodik dan memiliki rombongan belajar 2. Belum memiliki NUPTK 3. Bertugas di satuan pendidikan yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) 4. Kartu Tanda Syarat pengajuan nuptk 2021 5. Ijazah dari pendidikan dasar sampai terakhir 6. Bukti memiliki kualifikasi akademik paling rendah diploma IV
Untuk guru honorer sekolah.

Adapun syarat pengajuan NUPTK 2021 yang harus disiapkan adalah. Syarat Pengajuan Nuptk Non Pns Ta 2021 2022 Penjelasan Persyaratan penerbitan NUPTK.

Syarat Pengajuan Nuptk 2022. Untuk memperoleh NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal maka pastikan data GTK yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan Persesjen Kemdikbud No1 Tahun 2018.

Itu tadi berkas persyaratan yang akan diunggah ke verval PTK untuk pengajuan NUPTK. Pengajuan penerbitan NUPTK persyaratannya sama dengan guru pendidik tetapi untuk kualifikasi pendidikan mengacu pada Permendiknas Nomor 24 tahun 2008 tentang Tenaga Administrasi SekolahMadrasah dan Permendikbud Nomor 32 tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan.

BAGI CALON PELAMAR PPPK GURU TAHUN 2021 SEBAIKNYA PASTIKAN SUDAH MEMILIKI NUPTK BPKLN LPMP atau BP PAUD-DIKMAS sesuai kewenangannya melakukan verifikasi dan validasi data calon penerima NUPTK melalui sistem aplikasi VervalPTK. Persyaratan dan Mekanismen Pengajuan NUPTK. Berikut ini adalah syarat-syarat pengajuan NUPTK terbaru tahun 2020 berdasarkan petunjuk pelaksanaan. Dimana pendidik dan tenaga pendidikan PTK yang berstatus PNS atau CPNS membutuhkannya sebagai bagian dari pendataan yang dilakukan oleh Kemendikbud.

Guru PNSCPNS Pengawas PNS dan Syarat pengajuan nuptk 2021 bukan PNS. Berita Harian Guru Terbaru dan Terlengkap Persyaratan Umum Pengajuan NUPTK 1.

syarat pengajuan nuptk 2021

Nomer Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan layaknya nomor Induk Kependudukan yang notabene menjadi salah satu ciri atau syarat pengajuan nuptk 2021 pengenal atau identitas diri. January 13 2021 2 min read. Syarat dan Ketentuan Pengajuan NUPTK.

NUPTK diberikan kepada seluruh Guru atau Tenaga Kependidikan baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK. Adapun syarat pengajuan NUPTK adalah sebagai berikut. Scan SK penugasan dari Dinas Pendidikan.

Syarat dan ketentuan pengajuan NUPTK sebagai berikut. Pengajuan NUPTK diperuntukan bagi Guru Kepala Sekolah dan Pengawas pada Jenjang TK SD dan SMP SMA dan SMK. Nuptk Syarat Wajib Seleksi PPPK Guru Honorer. Syarat Pengajuan NUPTK TA 2021-2022. Syarat pengajuan online NUPTK guru ini ditujukan untuk guru selaku pendidik dan juga tenaga pendidikan lain yang belum memilikinya.

Bertugas di satuan pendidikan yang memiliki NPSN Nomor Pokok Sekolah Nasional 4. Mereka belum diakui sebagai seorang guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meskipun sudah ada di data. Setelah dokumen yang diupload sesuai dengan persyaratan data Dapodik lengkap maka pengajuan NUPTK PTK akan disetujui dan selanjutnya menunggu verifikasi Ditjen GTK dan penerbitan.

SCAN Ijazah Sekolah Menangah. Cara Mendapatkan NUPTK Tahun 2022 Cara Pengajuan NUPTK Secara Online syarat pengajuan nuptk cara daftar nuptk cara daftar nuptk daftar NUPTK.

syarat pengajuan nuptk 2021

Memiliki masa kerja minimal 25 tahun sejak tmt awal. Syarat-syarat Pengajuan NUPTK Terbaru Tahun 2020. Syarat dan Ketentuan Pengajuan NUPTK. Persyaratan dan Mekanismen Pengajuan NUPTK.

PERBUB PPDB TAHUN AJARAN 20212022. Pengajuan yang ditolak akan kembali menjadi calon penerima NUPTK. Cara Pengajuan NUPTK Baru Melalui Dapodik Versi 2022 Oleh Operator SekolahAgar bisa sertifikasi bagi seorang gruru syarat utama yang harus dipenuhi adalah.

SCAN Ijazah Sekolah dasar SD 2. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan NUPTK merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan GTK. Jadi nomor 1 dan 2 wajib bagi semua guru sedangkan nomor 3 4 dan 5 menyesuaikan status kita sebagai guru apakah CPNSPNS Guru Honorer Pemda atau Guru tetap Yayasan. April 4 2021 1 min read. Untuk memperoleh NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal maka pastikan data GTK yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan Persesjen Kemdikbud No1 Tahun 2018.

Dimisalkan seorang warga negara Indonesia harus syarat pengajuan nuptk 2021 KTP yang didalamnya ada nomr. Admin Apr 4 2021 1 min read. PTK Pendidik dan Tenaga Kependidikan terdata di pangkalan data Dapodik dan memiliki rombongan belajar.

PERBUB NO 90 TAHUN 2020. Syarat Pengajuan NUPTK Guru PNS. Scan ijazah asli atau IJasah Copy dilegalisir SMP. Dari persyaratan diatas maka pengajuan secara online Bagi guru yang sudah PNS syarat-syaratnya adalah sebagai berikut. Syarat Pengajuan NUPTK Tahun 2020 Syarat Pengajuan NUPTK TerbruTerkait dengan syarat-syarat pengajuan NUPTK tahun 2020 maka Pusat Data Statistik dan Kebudayaan Kemendikbud telah menerbitkan Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Syarat Pengajuan NUPTK NON PNS TA 2021-2022. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang selanjutnya disebut NUPTK adalah kode referensi yang berbentuk nomor unik bagi pendidik dan tenaga kependidikan sebagai identitas dalam menjalankan tugas pada Satuan Pendidikan di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

syarat pengajuan nuptk 2021

Jika didalam artikel Cara Dan Syarat Pengajuan NUPTK Tahun 2021 ini kurang jelas dan ada sesuatu yang ditanyakan bisa melalui kolom syarat pengajuan nuptk 2021. Situs Aplikasi Dapodik Apilikasi PMP SIM PKB PPG Dalam Jabatan Sergurid Pengumuman PPG Tutorial dan panduan bagi guru dan.

Untuk memperoleh NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal maka pastikan data GTK yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan Persesjen. Saat ini sistem pengajuan NUPTK yang paling baru telah dilakukan dengan sistem online. Scan ijazah asli atau IJasah Copy dilegalisir SD.

Silahkan untuk bisa di share kepada orang yang membutuhkan. Adapun beberapa hal yang harus di Scan antara lain adalah sebagai berikut. Syarat dan Cara Pengajuan NUPTK Online Terbaru 2020.

Syarat Pengajuan NUPTK TA 2021-2022. S1D4 dari LPTKPTN yang memiliki prodi terakreditasi atau dari LPTKPTS yang terakreditasi. Batas Akhir Pengajuan Nuptk 2021-2022.

syarat pengajuan nuptk 2021

Admin Mar 21 2021 1 min read. Demikian Informasi tentang Cara Dan Syarat Pengajuan NUPTK Tahun 2021 semoga bisa bermanfaat buat semua. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau disingkat dengan sebutan NUPTK merupakan bagian dari pengelolaan master referensi PTK yang mana tugasnya merupakan tugas PSDPK Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.

Nah untuk syarat pengajuan NUPTK bukan dalam bentuk dokument atau kertas fotocopy mereka harus menscan dokument yang dimiliki dalam bentuk PDF dan Scanan Asli bukanlah fotokopi. Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer DAPODIKCOID.

Dokumen pendukung yang diperlukan calon penerima NUPTK sebagai syarat pengajuan dan penerbitan nomor NUPTK baru. Syarat syarat pengajuan nuptk 2021 Ketentuan NUPTK. NUPTK bagikan sebuah kartu KTP yang notabene harus dimiliki oleh seorang yang mengajar di lembaga satuan pendidikan. Scan SK Pengangkatan PNSCPNS. Salam Untuk seluruh guru Indonesia dimanapun kalian beradapada vidio kali ini saya akan berbagi cara pengajuan NUPTK untuk PTK PNS atau NON PNSSemoga berman.

RiezT TSR Maret 31 2021. Cara Pengajuan Nuptk Ta 2021 2022 Info Gtk Simpkb Syarat Pengajuan Nuptk Non Pns Ta 2021 2022 Dalam proses penerbitan/penonaktifan NUPTK para GTK dapat mengetahui dan memantau progres dari proses penerbitan/penonaktifan NUPTK yang dilakukan di setiap simpul operator (Sekolah, Disdik, LPMP, dan PDSPK) maka dapat ditelusuri berdasarkan mekanisme yang sudah disepakati baik di lingkungan Kemendikbud, Dinas Pendidikan, maupun Sekolah.
Bingkaiberita.com – Banyaknya guru Non PNS yang belum memiliki Nomer Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan memang menjadi salah satu permasalahan dalam mendapatkan Gaji Honorer Dana Bos.

Mereka belum diakui sebagai seorang guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meskipun sudah ada di data pokok sekolah. Nah mereka yang belum memiliki NUPTK harus menanyakan langsung oleh operator sekolah. Namun, sebelum bertanya akan lebih baik mengetahui apa saja sih yang dibutuhkan oleh operator sekolah untuk Syarat Pengajuan NUPTK NON PNS Syarat Pengajuan NUPTK NON PNS sebagai salah satu identifikasi maupun identitas yang harus dimiliki oleh guru dan tenaga kependidikan dan seluruh pegawai yang ada di sekolah diwajibkan memiliki NUPTK.

Karena dengan memiliki nuptk ini maka seorang guru berhak mendapatkan pelatihan yang diberikan langsung oleh dinas pendidikan selain itu mereka akan mendapatkan honor dari dana bos maksimal 50%. Daftar isi • Situs Pengajuan NUPTK • Syarat Pengajuan NUPTK • Verval Nuptk • Batas Pengajuan Nuptk • Juknis Pengajuan Nuptk • Daftar Nuptk Situs Pengajuan NUPTK Bagi operator sekolah baru, pastilah tidak tahu dimana mereka harus mengajukan NUPTK guru yang belum memilikinya.

Beberapa hal yang wajib diketahui bahwasaanya dalam situs pengajuan Syarat pengajuan nuptk 2021 seorang oeparator sekolah dapat menggunakan Username dan Password yang diberikan oleh operator sekolah yang lama dengan menggunakan user dan passwrd dari Dapodik sekolah. Nah, setelah anda memiliki username dan password login dapodik silahkan anda kunjungi situs pengajuan nuptk yang ada di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id Syarat Pengajuan NUPTK Setelah kita dapat login di situs pengajuan nuptk selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah seluruh dokument yang telah dikompres pada file pdf.

Sebelum dikompres akan lebih baik anda jadikan image baru kemudian anda menggunakan software kompres pdf. Apa saja sih persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan NUPTK 1.

syarat pengajuan nuptk 2021

Pengajuan NUPTK dipersyaratkan untuk membawa Scanan dalam bentuk pdf seluruh Ijazah anda dari Sekolah dasar sampai dengan Ijazah Sarjana Strata Satu 2. Dokument lainnya yang perlu diserahkan oleh operator adalah Kartu Tanda Penduduk yang telah di scan dalam bentuk PDF. 3. Dokument ketiga adalah Surat Keputusan (SK) dari Bupati syarat pengajuan nuptk 2021 sekolah SD maupun SMP dan SK dari Gubernur bagi yang Tingkat SMA sederajad. Semua file tersebut harus anda berikan ke operator sekolah anda hingga batas pengajuan NUPTK seorang operator harus CEK NUPTK selalu.

Verval Nuptk Cek verval nuptk di situs pengajuan nuptk yang ada di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id Seminggu sekali harus anda laporkan perkembangannya kepada guru yang bersangkutan. Jika belum dikonfirmasi oleh pihak dinas silahkan untuk car tahu admin dapodik dinas.

Selanjutnya mereka akan mengkonfirmasi. Setelah dikonfirmasi oleh pihak dinas, maka harus kita tunggu verval NUPTK selanjutnya ada pada pihak LPMP Daerah, setelah diverifikasi maka pusat akan konfirmasi. Apabila ada data yang tidak sesuai maka data akan tertolak dan selanjutnya harus dilakukan pengajuan ulang. Batas Pengajuan Nuptk Pengajuan NUPTK memiliki batasan-batasannya jika seorang guru telah lama tidak mengajar dan memiliki NUPTK dan yakin hendak mengajar kembali maka NUPTK dapat diraktivasi sesuai dengan Juknis NUPTK.

Selain itu NUPTK yang dimiliki oleh seorang guru dapat dinonaktifkan NUPTKnya apabila guru tersebut sudah tidak aktif mengajar lagi.

syarat pengajuan nuptk 2021

Dan selanjutnya bagi yang telah melakukan pengajuan NUPTK biasanya batas pengajuannya tidak ada, Yang terpenting operator sekolah harus selalu cek nuptk. Juknis Pengajuan Nuptk Nah, berikut petunjuk teknis yang dapat kami ambil dari SDM.data.kemdikbud.go.id sebagai salah satu penyedian panduan dalam pengelolaan data Guru dan tenaga kependidikan secara khusus pada pengajuan NUPTK.

Download: Juknis Pengajuan NUPTK Daftar Nuptk Bagi operator sekolah yang baru pastilah mereka belum mengetahui tahapan-tahapan dalam pembuatan NUPTK. berikut cara daftar NUPTK 1. Silahkan untuk buka situs pengajuan nuptk yang ada di http//vervalptk.data 2.

Silahkan login menggunakan username dan password dapodik atau jika tidak bisa gunakanlah password SDM Data Kemdikbud 3. Lanjutkan ke tombol menu calon penerima NUPTK dan selanjutnya untuk mengunggah dokument yang telah dipersiapkan oleh guru yang belum memiliki NUPTK 4. Silahkan unggah dokument asli yang telah syarat pengajuan nuptk 2021 scan dalam bentuk pdf sesuai dengan persyaratan pengajuan NUPTK.

5. Setelah kita upload semua dokument selanjutnya kita tunggu sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Semoga dengan informasi yang sedikit syarat pengajuan nuptk 2021 dapat menambah wawasan anda terkait dengan Syarat Pengajuan NUPTK sumber: http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id Other articles you might like; • Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi • Catat Tanggal Dan Jadwalnya, Pendaftaran CPNS dibuka 2 Minggu lagi.

Related Posts • Jadwal Masuk Sekolah Habis Lebaran Idul Fitri DKI Jakarta, Jawa Barat Dan Banten Bingkaiberita.com – Sejumlah sekolah di Indonesia akan mengawali pembelajaran masuk sekolah setelah melakukan waktu libur siswa.

• Juknis Penulisan Ijazah Madrasah, SMA, SMP, SD pdf dan Contohnya Bingkaiberita.com – Petunjuk Teknis (juknis) penulisan Ijazah untuk jenjang pendidikan SD hingga SMA, Madrasah dan contohnya. • 5 Sekolah Biaya SPP Ratusan Juta atau Termahal di Indonesia Bingkaiberita.com – Biaya SPP Sekolah di Indonesia semakin beragam sesuai dengan fasilitas dan kebijakan masing-masing untuk. • Mengenal Apa Itu Skimming, Cara Kerja dan Bahayanya Bagi Nasabah Bingkaiberita.com – Skimming merupakan salah satu tindak kejahatan didunia maya yang menjadi momok bagi para nasabah.

• Berapa Gaji Pegawai Bank di Indonesia? Bingkaiberita.com -Menjadi karyawan disebuah Bank merupakan salah satu pekerjaan favorit bagi kaum wanita, tempat yang bersih.
Aditya Setyawan Follow Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia.

Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

syarat pengajuan nuptk 2021

Home » Dapodik » 6 Syarat Pengajuan Online NUPTK Guru 2022 6 Syarat Pengajuan Online NUPTK Guru 2022 Advertisements Syarat pengajuan online NUPTK guru ini ditujukan untuk guru selaku pendidik dan juga tenaga pendidikan lain yang belum memilikinya.

Dimana pendidik dan tenaga pendidikan (PTK) yang berstatus PNS atau CPNS membutuhkannya sebagai bagian dari pendataan yang dilakukan oleh Kemendikbud. Saat syarat pengajuan nuptk 2021 sistem pengajuan NUPTK yang paling baru telah dilakukan dengan sistem online. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau disingkat menjadi NUPTK merupakan nomor referensi yang digunakan sebagai identitas guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugasnya.

Nomor tersebut berisi 16 digit angka yang bersifat tetap dan unik. Dinyatakan bersifat tetap karena nomor ini tidak akan berubah walaupun terjadi perubahan status kepegawaian, perpindahan tempat kerja, maupun perubahan data lain kepada seorang PTK. Tujuan digunakannya nomor identitas khusus ini yaitu, meningkatkan tata kelola data PTK, memberikan identitas resmi bagi PTK, dan memetakan kondisi riil data PTK pada setiap satuan pendidikan.

Nomor ini nantinya akan digunakan bagi seorang guru yang berstatus PNS, CPNS, maupun honorer untuk mengurus sertifikasi. Selain untuk mengurus sertifikasi manfaat lain bagi PTK dengan memiliki NUPTK adalah dapat mengurus tunjangan profesi, mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG), dan untuk memperoleh beasiswa pendidikan.

NUPTK akan diberikan kepada calon penerima NUPTK setelah melakukan proses pengajuan. Dimana dalam hal ini Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) adalah pihak berwenang yang akan menerbitkan nomor tersebut. Sebelum diterbitkan oleh PDSPK, pengajuan yang dilakukan oleh calon penerima akan syarat pengajuan nuptk 2021 tahapan verifikasi data oleh beberapa Kepala Dinas yang bersangkutan.

Daftar Isi • Syarat Pengajuan Online NUPTK Guru Terbaru • Syarat Pengajuan • Langkah Pengajuan Syarat Pengajuan Online NUPTK Guru Terbaru Sebelum melakukan proses pengajuan terdapat syarat bagi seorang PTK agar bisa menjadi calon penerima NUPTK, proses ini dinamakan penetapan calon penerima NUPTK.

Dalam hal ini terdapat tiga syarat untuk menjadi seorang calon penerima yaitu, sudah terdata di website dapodik atau dapo-paud, belum memiliki NUPTK, dan sudah bertugas di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Jika semua syarat tersebut sudah anda penuhi selanjutnya siapkan syarat untuk proses pengajuan, dimana syarat-syaratnya adalah: Syarat Pengajuan • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) • Ijazah (sekolah dasar hingga pendidikan terakhir) • Bagi PTK di Satuan Pendidikan Formal memiliki bukti kualifikasi akademik (minimal D-IV/S-1) • Bagi PTK yang berstatus PNS/CPNS melampirkan SK pengangkatan dan SK penugasan dari Dinas Pendidikan • Bagi yang berstatus bukan PNS dan bekerja pada satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah, melampirkan surat keputusan pengangkatan dari Kepala Dinas Pendidikan • Bagi yang berstatus bukan PNS dan bekerja pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat, melampirkan surat keputusan pengangkatan dari ketua yayasan atau badan hukum lain yang menerangkan bahwa PTK telah bertugas selama paling sedikit 2 (dua) tahun secara terus menerus Karena sistem pengajuan yang digunakan saat ini menggunakan sistem online maka semua syarat di atas akan harus dibuat dalam bentuk file digital (scan) dengan format file yang digunakan adalah PDF.

Sebagai catatan pastikan bahwa hasil scan yang anda miliki jelas dan dapat terbaca dengan mudah. Langkah Pengajuan Setelah semua syarat pengajuan sudah anda miliki dalam bentuk file PDF selanjutnya adalah melakukan langkah pengajuan online seperti berikut ini.

• Bukalah website dengan tautan vervalptk.data.kemendikbud.go.id • Masuklah dengan menggunakan akun yang anda miliki • Kemudian upload semua file persyaratan • Tunggulah hingga proses verifikasi selesai • Proses verifikasi akan dilakukan oleh Kepala Satuan Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala LPMP, BP-PAUD, dan Dikmas. • Apabila persyaratan belum lengkap atau tidak sesuai maka akan muncul tampilan bahwa pengajuan anda ditolak (dikembalikan), jika pengajuan ditolak anda harus melengkapi berkas dahulu lalu mencoba mengajukannya lagi • Jika persyaratan lengkap dan sesuai maka pengajuan anda akan diteruskan (di-approve) • Terakhir tunggulah hingga PDSPK menerbitkan NUPTK anda • Selesai Artikel Terbaru • RPP Tematik Kelas 2 Semua Semester [Download] • √ 5 Contoh Soal Pertumbuhan dan Peluruhan : Rumus & Jawaban [2022] • Biaya Kuliah Uhamka 2022 & Akreditasi Jurusan Jenjang S1 D3 D4 • Pendaftaran Peserta SNMPTN 2022 : Syarat, Tahap & Tanggal Pentingnya • √ 15 Contoh Soal Tekanan Zat Padat : Rumus & Cara Mengerjakan [2022]Dokumen pendukung yang diperlukan calon penerima NUPTK sebagai syarat pengajuan dan penerbitan nomor NUPTK baru.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau disingkat dengan sebutan NUPTK merupakan bagian dari pengelolaan master referensi PTK yang mana tugasnya merupakan tugas PSDPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan).

Pelaksanaan dari kegiatan verval PTK merupakan acuan dalam pengembangan aplikasi verval PTK syarat pengajuan nuptk 2021 didasari dengan peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan NUPTK. Nomor NUPTK merupakan nomor induk bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang diberikan kepada seluruh PTK baik yang sudah berstatus PNS maupun NON PNS yang sudah memenuhi syarat atau kriteria. Fungsi utama dari NUPTK ini yaitu sebagai identitas resmi yang digunakan untuk keperluan proses identifikasi yang tentunya berkaitan dengan kependidikan dalam rangka peningkatan mutu/kualitas pendidik (PTL).

Seperti yang kita ketahui bahwa Penerbitan NUPTK dilaksanakan oleh PDSPK melalui aplikasi yang berbasis web yang beralamat di gtk.data.kemdikbud.go.id setelah diajukan oleh operator sekolah, kemudian diverifikasi kembali dan diajukan lagi oleh satuan pendidikan.

BACA JUGA : Sebaiknya selalu perbaiki data anda syarat pengajuan nuptk 2021 aplikasi VervalPTK sebelum terlambat Proses Pengajuan NUPTK ini cukup panjang dengan waktu yang tidak singkat. seperti yang sudah saya jelaskan bahwa proses pertama pengajuannya dimuali dari operator sekolah mengupload semua dokumen yang diperlukan, kemudian hasil upload dokumen tersebut diverifikasi legalitasnya oleh dinas pendidikan.

Setelah dokumen anda lolos verifikasi oleh admin dinas pendidikan, kemudian dari LPMP/BPKLN akan memastikan kembali dokumen tersebut apakah sudah sesuai atau masih memiliki kekurangan. Tahap terakhir apabila pengajuan anda lolos di dinas pendidikan dan LPMP/BPKLN, Selanjutnya PDSPK akan memeriksa kembali semua dokumen dan memastikan apakah anda masih aktif atau tidak, jika masih aktif maka pengajuan NUPTK tersebut akan diterbitkan oleh PDSPK.

Lihat Juga: Petunjuk teknis penertbitan NUPTK Dibawah ini merupakan beberapa persyaratan yang harus anda penuhi agar pengajuan anda tidak ditolak, seperti : • Nama anda terdata di dapodikdasmen; • Belum pernah memiliki NUPTK, jika pernah sebaiknya aktivasi nomor NUPTK lama anda; • Bertugas di satuan pendidikan yang memiliki NPSN, baik sekolah negeri maupun swasta/yayasan; • Memiliki KTP elektrik yang terdaftar di disdukcapil; • Memiliki ijazah mulai dari SD sampai dengan pendidikan terakhir; • Memiliki bukti kualifikasi akademik paling rendah D IV atau S 1 bagi pendidik pada satuan pendidikan formal; • Bagi yang berstatus CPNS/PNS melampirkan SK pengangkatan CPNS/PNS dan SK penugasan dari dinas pendidikan; • SK pengangkatan dari dinas pendidikan bagi PTK yang berstatus bukan PNS yang bertugas di satuan pendidikan pada sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah paling sedikit mengabdi semala 2 tahun berturut - turut tanpa putus, dibuktikan dengan SK pengangkatan dari ketua yayasan atau badan hukum lainnya dan SK pembagian jam mengajar dari kepala sekolah/kepala yayasan bagi yang berstatus bukan PNS pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Apabila salah satu dari persyaratan tersebut tidak anda penuhi, sebaiknya urungkan niat anda karena sudah pasti akan ditolak seperti pada gambar diatas yang tidak diapprove oleh dinas pendidikan. Saran saya sebaiknya lengkapi dulu semua dokumen persyaratannya dan jangan sampai ada yang kurang satu pun jika ingin pengajuan anda disetujui oleh dinas pendidikan, LPMP/BPKLN, dan PSDPK. KESIMPULAN : Bagi PTK NON PNS yang bertugas pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, persyaratan paling berat adalah SK pengangkatan dari dinas pendidikan.

Bagi PTK NON PNS yang bertugas pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat, mungkin tidak akan sesulit itu. Tambahkan aplikasi SELINTAS INF di smartphone Anda, buka SELINTAS INF dengan browser Chrome di smartphone lalu klik notif bar di bawah blog untuk menambahkan SELINTAS INF ke layar utama secara otomatis.

syarat pengajuan nuptk 2021

Selanjutnya klik aplikasi SELINTAS INF dari layar utama smartphone Anda. Atau buka blog SELINTAS INF dengan aplikasi Google News atau Berita dengan Ikuti atau Follow SELINTAS INF di Google News. Selanjutnya temukan feed SELINTAS INF di bagian Following atau Mengikuti untuk membaca artikel dengan mudah seperti menggunakan aplikasi smartphone.
Penting bagi Pendidik baik itu guru PNS Dan GTT/ Honorer untuk memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), oleh karenanya guru perlu mengetahui syarat untuk pengajuan NUPTK bagi guru honorer maupun PNS.

Syarat pengajuan NUPTK Berdasarkan Permendikbud nomor 1 Tahun 2018 tentang pengelolaan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, guru yang akan mengajukan NUPTK harus melampirkan syarat sebagai berikut: a. Kartu Tanda Penduduk (KTP); b. ijazah dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan terakhir; c.

bukti memiliki kualifikasi akademik paling rendah diploma IV (D-IV) atau strata 1 (S-1) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Formal; d. bagi yang berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) melampirkan: 1. Surat Keputusan (SK) pengangkatan Syarat pengajuan nuptk 2021 atau PNS; dan 2. SK penugasan dari Dinas Pendidikan; e. surat keputusan pengangkatan dari kepala Dinas Pendidikan bagi yang berstatus bukan PNS yang bertugas pada Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah; dan f.

telah bertugas paling sedikit 2 (dua) tahun secara terus menerus bagi yang berstatus bukan PNS pada Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang dibuktikan melalui surat keputusan pengangkatan dari ketua yayasan atau badan hukum lainnya. Syarat Pengajuan NUPTK Guru PNS Dari persyaratan diatas maka pengajuan secara online Bagi guru yang sudah PNS syarat-syaratnya adalah sebagai berikut: 1.

Syarat pengajuan nuptk 2021 KTP 2. Scan SK Pengangkatan PNS/CPNS 3. Scan SK penugasan dari Dinas Pendidikan 4. Scan Ijazah SD/Sederajat 5. Scan Ijazah SMP/Sederajat 6. Scan Ijazah SMA/SMK/Sederajat 7.

Scan Ijazah S1 Syarat Pengajuan NUPTK Guru non PNS / honorer/ GTT Sedangkan syarat untuk pengajuan NUPTK Non PNS adalah sebagai berikut: 1.

syarat pengajuan nuptk 2021

Scan KTP 2. Scan SK pengangkatan dan Surat Tugas dari atasan langsungkepala sekolah atau SK pembina Yayasan (swasta) 4. Scan Ijazah SD/Sederajat 5. Scan Ijazah SMP/Sederajat 6. Scan Ijazah SMA/SMK/Sederajat 7. Scan Ijazah S1 Catatan: scan dokumen ke dalam format PDF dengan ukuran maksimal 1 - 2 MB Untuk contoh submit scan file persyaratan pengajuan NUPTK guru PNS dan honorer bisa syarat pengajuan nuptk 2021 pada gambar berikut Dan yang tidak kalah penting adalah Penetapan calon penerima NUPTK dilakukan apabila Pendidik dan Tenaga Kependidikan: a.

sudah terdata dalam pangkalan data dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau dapo.pauddikmas.kemdikbud.go.id. b. belum memiliki NUPTK; dan c. telah bertugas pada Satuan Pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional.
Syarat dan Ketentuan NUPTK Untuk memperoleh NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal, maka pastikan data GTK yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap, benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan Persesjen Kemdikbud No.1 Tahun 2018.

Berikut Syarat dan Ketentuan Penerbitan dan Penonaktifan NUPTK : • Pengantar • Persesjen • Lampiran

CARA DAN SYARAT PENGAJUAN NUPTK GURU HONOR TAHUN 2021/2022




2022 www.videocon.com