Cublak cublak suweng lirik

cublak cublak suweng lirik

Lagu Cublak Cublak Suweng merupakan lagu yang dipopulerkan oleh Lagu Daerah. Musik-musik dari Lagu Daerah diterima baik oleh masyarakat Indonesia.

cublak cublak suweng lirik

Cublak cublak suweng Tempat Suweng Suwenge teng gelenter Suweng-nya berserakan Mambu ketundhung gudèl Baunya dituju anak Kerbau Tak gento lela lelo Bapak ompong menengok kanan kiri Sapa ngguyu ndele’ ake Siapa tertawa dia yg menyembunyikan Sir-sir pong dele kopong Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Sir-sir pong dele kopong Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Sir-sir pong dele kopong Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Lirik Lagu Pilihan Editor Hari Ini • Lirik Lagu Apakah Itu Cinta Nazia Marwiana • Lirik Lagu Pertemuan Rhoma Irama Lirik.my.id merupakan website kumpulan lirik lagu baik Indonesia maupun mancanegara.

Tersedia lirik lagu lengkap beserta data untuk para pengguna dan penikmat musik. Lirik mengekspresikan seseorang tentang suatu hal yang dilihat, didengar ataupun dialami. Dalam mengekspresikan pengalaman, penyair atau pencipta lagunya melakukan permainan kata-kata serta cublak cublak suweng lirik untuk ciptakan daya tarik bahkan bahasa khas terhadap lirik maupun syair.

Permainan bahasa bisa berupa gaya bahasa, permainan vocal, hingga penyimpangan makna kata lalu diperkuat dengan melodi serta notasi musik yang sesuai dengan lirik lagunya.

cublak cublak suweng lirik

Sehingga pendengarnya semakin terbawa dengan apa yang dipikirkan pengarangnya. Download Lagu Cublak Cublak Suweng MP3 Tidak Ada di Halaman Ini Saya tahu akhir-akhir ini kita sedang kesal dengan hal-hal yang kemarin biasa saja, eh sekarang jadi masalah. Tapi download lagu Cublak Cublak Suweng tidak bikin heboh.

Mulai dari kata kasar yang sering digunakan tapi sekarang akan bisa dijadikan untuk dihukum pidana, televisi yang sekarang menuntut orang tidak boleh bikin konten di internet tanpa izin terlebih dahulu, dan juga sekarang kalau upload lagu dengan cover lagu bisa juga dipidana, alias hukuman perorangan berupa hukuman badan berupa penjara atau hukuman uang dengan bayar denda.

Dendanya tidak main-main maksimal bisa 500 juta, itu kalau orang yang bukan orang kaya bisa cepat berubah jadi miskin, dipenjara 3 tahun juga merusak masa depan dan harus mulai lagi dari 0 untuk karir kalau begitu urusannya, dan tentu saja download lagu Cublak Cublak Suweng secara gratis termasuk pelanggaran. Nah ini nih yang membuat banyak cublak cublak suweng lirik ramai selain download lagu Cublak Cublak Suweng, soal cover lagu apakah boleh atau cublak cublak suweng lirik bolehin saja.

Coba dipikirkan dulu sebelum kita memberi pendapat kita, terutama di depan umum dan bisa dilihat banyak orang. Isu ini ramai kembali karena adanya seminar asosiasi bela hak cipta, salah satu pembicara mengatakan banyaknya orang yang mengcover lagu tanpa izin, alias black youtuber kalau diistilahkan oleh pembicara tersebut.

Apalagi kalau tidak bisa diajak mediasi atau dialog langsung saja dipidana, kenapa harus dihukum? Karena ada undang-undang no. 28 tahun 2014 tentang hak cipta.

Soal download-download lagu memang menarik. Karya-karya punyak hak ekonomi atau uang, nah itu untuk aransemen lagu, disrbarluaskan, telah diatur bahwa yang ingin punya hak seperti tersebut harus lapor untuk minta izin ke pemilik itu terlebih dahulu barulah boleh dan tidak bisa dipidana. Kalau tidak punya izin berarti namanya mencuri dong seperti download lagu Cublak Cublak Suweng, kita kan tidak mau mendukung maling di negara kita dan lingkungan kita deh agar lebih nyata contohnya.

Selain hak ekonomi, juga punya hak moral, itu adalah pengetahuan publik tentang siapa pencipta lagu tersebut. Sehingga kalau kita mengcover sebuah lagu harus dengan mencantumkan penulis lagu tersebut, jadi jelas bahwa cover lagu tidak bisa ngasal, apalagi kalu download dan diputar gratis di tempat umum, apalagi kegiatan tersebut yang menghasilkan banyak uang.

Di amerika sendiri, bawakan lagu sendiri, nah itu pun harus bikin daftar lagu yang akan dinyanyikan kemudian harus membayar ke lembaga pengumpul uang hak cipta. Kalau download lagu Cublak Cublak Suweng semabrangan bisa dipenjara. Tuh, bahkan pemilik hak cipta juga harus bayar royalti terhadap lagu yang sebenarnya adalah hak cipta mereka sendiri, walaupun ujungnya adalah dia yang dapat uangnya, tapi si artis harus ikuti prosedur seperti demikian kalau di amerika kalau mau download lagu Cublak Cublak Suweng.

Ribet? Ya memang, karena membuat lagu juga itu sudah ribet kan ya tidak seperti download lagu Cublak Cublak Suweng. Nah isu mengcover lagu di indonesia sebenarnya isu lama, sudah dari dahulu undang-undang ini dirancang dan berlaku, namun prakteknya masih belum maksimal dan penolakan masih banyak. Sama untuk download lagu juga begitu. Pernah beberapa tahun lalu ada kasus yang dari band Payung Teduh yang saking populernya, banyak yang cover, nah di youtube ada penyanyi cover yang penontonnya lebih banyak dibanding lagu pemilik asli.

Masalahnya ada saat pengcover lagu tidak minta izin dulu sehingga pemilik lagu menjadi kurang berkenan kemudian memnyuarakan pendapatnya, pendapatnya inilah yang mendapat banyak pro dan kontra sehingga ramai di masyarakat, banyak yang mendukung untuk download lagu Cublak Cublak Suweng gratis boleh dan banyak juga yang tidak boleh mp3 gratis.

Mendengarkan Lagu Cublak Cublak Suweng secara Streaming Hai kembali lagi! Mendengarkan lagu sudah jadi kegiatan kita sehari-hari. Tanpa lagu rasanya seperti ada yang urang dalam hidup ini, jenis lagu yang disukai orang ada bermacam-macam. Lagu paling populer adalah genre pop, zaman sekarang malah lebih spesifik lagi yaitu K-pop. Untuk mendengarkan lagu, kami punya rekeomendasi aplikasi terbaik untuk streaming lagu Cublak Cublak Suweng online, secara gratis dan tidak gratis digabung saja ya biar dicoba sendiri mana yang paling enak dipakai oleh kalian.

Untuk mendengarkan lagu dengan cara streaming lagu Cublak Cublak Suweng paling pertama adalah spotify, mendengar kata spotify mungkin sudah tidak asing untuk kita semua.

Kalau biasanya melihat warna hijau, maka ada spotify biru nih. Fiturnya sama dengan mendengarkan musik spotify warna hijau. Bedanya, ini lebih versi unlocked dan sedikit lebih simple atau sederhana pemakaiannya untuk streaming lagu Cublak Cublak Suweng. Kedua juga ada namanya deezer nih guys, banyak lagu diupdate di sini karena banyak akun artis resmi tapi secara resmi, apalagi mode random banyak disukai, banyak beredar versi premium dari aplikasi ini lalu kemudian di-hack sehingga bisa secara gratis mendengarkan semua lagu yang ada di dalamnya menggunakan aplikasi ini untuk streaming lagu Cublak Cublak Suweng tapi tinggal berhati-hati takutnya ada kode untuk mencuri data pribadi kita atau iklan yang ada terus dan sering muncul bahkan walau aplikasi sudah kita tutup.

Ada juga aplikasi resso, bila kalian mencari cara streaming lagu Cublak Cublak Suweng beserta dengan lirik nyanyi apa sih lagu Cublak Cublak Suweng ini, mungkin ini adalah yang cocok dengan kalian. Ini jawabannya, fiturnya keren, selain ada liriknya juga menjadi agak sedikit sosial media karena orang jadi tahu kita sedang dengarkan lagu apa. Kalian juga bisa membuat playlist termasuk masukkan streaming lagu Cublak Cublak Suweng di sini, kalau versi berbayarnya mempunyai kualitas audio yang lebih tinggi dibanding yang gratisnya.

Ada juga spotify versi lebih kecil, yaitu namanya spotify lite, podcast yang ada berupa bincang-bincang juga sekarang ada di spotify, versi lite membuat fokus mendengarkan suara menjadi lebih mudah. Size aplikasi lite juga ukuran file yang kecil. Ada juga yang bisa dibilang enak mendengarkan streaming lagu Cublak Cublak Suweng di sini, pakai audiomack.

Banyaknya adalah lagu barat, untuk lagu bukan berbahasa inggris tidak sebanyak yang lain, tapi fitur untuk ditonton offlinenya paling nyaman dibanding yang lain. Joox juga populer, khususnya di cublak cublak suweng lirik karena banyak kerjasama dengan telkomsel membuatnya cepat terkenal dan strateginya memasukkan banyak lagu korea dan dipajang di paling depan maka dengan cepat menjadi terkenal.

cublak cublak suweng lirik

Streaming lagu Cublak Cublak Suweng dengan joox juga streaming dengan ada lirik sehingga bisa karaoke, tiap memutar lagu akan ada di bawahnya lirik lagunya yang sedang dinyanyikan dan kalimat setelahnya sehingga kita bisa bersiap-siap untuk bernyanyi. Keuntungan menggunakan joox premium adalah bebas iklan dan bisa offline juga.

Joox untuk streaming lagu Cublak Cublak Suweng kalau saya pribadi yang paling saya rekomendasikan karena tampilan lirik paling enak dibaca untuk mengikuti lagu, kalau diaplikasi lain baik yang gratis mauipun yang berbayar saya pikir kalah enaknya dan cepatnya.

cublak cublak suweng lirik

Tidak lupa ada juga langit musik, ini untuk streaming lagu Cublak Cublak Suweng yang dibuat orang indonesia, walau sederhana tampilannya tapi tidak mengurangi kemampuan untk streaming lagu guys.

Meskin langit musik cublak cublak suweng lirik terkenal nampaknya masih terus eksis walau sudah lama. TIPS PENCARIAN LIRIK FAVORIT ANDA ANDA MENGETAHUI JUDUL DAN NAMA PENYANYI • Ketikkan nama penyanyi dan judul lagu, berikan tanda kutip di judul lagu, misal: Yovie "Menjaga Hati"; • bila tidak berhasil, coba untuk mengilangkan tanda kutip, misal: Yovie Menjaga Hati; atau • dapat juga dengan mengeklik menu A B C D., lalu cari berdasarkan nama artis.

Yovie dimulai dengan Y, klik Y. Lihat daftar lagu, dan dapatkan yang Anda cari. ANDA TAK MENGETAHUI JUDUL LAGU, TAPI MENGETAHUI NAMA PENYANYI • Ketik nama penyanyi, misal: YOVIE, akan muncul banyak halaman, telusuri dan pilih dari halaman-halaman tersebut; atau • klik menu A B C D E . berdasarkan nama artis Y, cari Yovie, dan cari lirik yang Anda cari.

ANDA TAK MENGETAHUI JUDUL LAGU, TAPI MENGETAHUI SYAIR • Ketikkan penggalan syair yang Anda ketahui, misal: Tanpamu tiada berarti Tak mampu lagi berdiri Cahaya kasihmu menuntunku Kembali dalam dekapan tanganmu • Masukkan kata-kata penting.

cublak cublak suweng lirik

Misal: tiada berarti berdiri cahaya dekapan. • Hindari kata-kata yang berkemungkinan memiliki ada dua versi atau lebih. Misal: tanpamu dapat ditulis tanpa mu. TETAP TIDAK DAPAT MENEMUKAN LIRIK YANG ANDA CARI • Pilih menu Cublak cublak suweng lirik B C D E . berdasarkan nama artis atau judul lagu. • Bila masih tidak dapat menemukan lirik yang Anda cari, mungkin kami bisa membantu Anda.

Silakan menghubungi kami. EDITOR'S PICK • Pengalaman Baru Mocca Gelar Konser Perdana di Metaverse • Recycle Lagu 'Sekali Ini Saja', Rossa Merasa Dituntun Almarhum Glenn Fredly Saat Proses Rekaman • Bersiap Luncurkan Album Baru, Vicky Shu Fokus Turunkan Berat Badan • Sudah Diperbolehkan Pemerintah, Rossa Siap Gelar Konser 25 Tahun Berkarier di Empat Kota Secara Offline • Daftar Lengkap Pemenang Grammy 2022, Olivia Rodrigo dan Billie Eilish Bersaing Ketat!

cublak cublak suweng lirik

• Lagu Catatanku Milik Melly Goeslaw Kini Dinyanyikan oleh Rafathar Malik Ahmad, Begini Proses Rekamannya • Berawal dari Obrolan Biasa, Mayangsari dan Melly Goeslaw Hadirkan Album Kompilasi "Melly Goeslaw Masterpieces" • Rilis Album 'IT'S PERSONAL', Raisa Ungkap Dukungan Manis dari Hamish Daud
Lirik Lagu Cublak cublak suweng - Lagu ini ditulis Sunan Giri sebagai dakwah menyebarkan agama Islam, pada lagu cublak cublak suweng ini beliau berpesan untuk mencari kekayaan duniawi jangan mengikuti hawa nafsu tetapi kembali ke hati nurani, hati yang bersih, mementingkan kehidupan diakhirat nanti.

Dengan mengutamakan akhirat, kebahagiaan dunia akan mengikuti. Informasi Lagu Cublak cublak suweng Judul : Cublak cublak cublak suweng lirik suweng Pecipta : Sunan Giri Daerah : Provinsi Jawa Tim ur Golongan : Lagu daerah / Lagu wajib daerah Lirik Lagu Cublak cublak suweng Cublak cublak suweng Suwenge teng gelenter Mambu ketundhung gudèl Tak gento lela lelo Sapa ngguyu ndele' ake Sir-sir pong dele kopong Sir-sir pong dele kopong Sir-sir pong dele kopong Arti Lagu Cublak cublak suweng Tempat Suweng Suweng-nya berserakan Baunya dituju anak Kerbau Bapak ompong menengok kanan kiri Cublak cublak suweng lirik tertawa dia yg menyembunyikan Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Kata suweng pada lagu ini sangat ditekankan, suweng diartikan sebagai; Suwung, Sepi, Sejati atau Harta Abadi.

Sedangkan gelenter dalam bahasa jawa berarti beresakan, karena sesungguhnya harta yang kita cari sudah berserakan dipelosok bumi. Gudel adalah istilah yang digunakan masyarakat jawa sebagai anak kerbau untuk melambangkan orang bodoh. kalimat "mambu ketundhung gudèl" Bermakna bahkan orang bodoh (minim pendidikan) mencari harta duniawi tersebut dengan penuh nafsu ego, tindakan korupsi, jual beli jabatan tujuannya untuk mencari kebahagiaan sesaat. Orang bodoh tersebut seperti orang tua ompong yang sedang kebingungan (Pak empo lera-lere).

Meskipun berlimpah harta, namun bukan harta atau kebahagiaan abadi. Mereka kebingungan dan selalu gelisah karena dikuasai oleh keserakahannya sendiri.

Sopo ngguyu Ndhelikake = Siapa tertawa dia yg menyembunyikan.

cublak cublak suweng lirik

Mengandung pesan bahwa siapa yang bijaksana, merekalah yang menemukan kebahagian abadi yang hakiki. Mereka adalah orang orang yang tersenyum dalam menjalani setiap cerita hidup, walaupun berada hidup tengah-tengah dunia yang penuh keserakahan.

Sir (hati nurani/suara hati) pong dele kopong (kedelai kosong tanpa isi).

cublak cublak suweng lirik

Maksudnya hati nurani yang kosong. Untuk sampai kepada kebahagiaan abadi harus menghindari dari kecintaan kepada kekayaan duniawi, rendah hati, tidak meremehkan orang lain, serta selalu melatih kepekaan Sir / hati nuraninya.

Sir-sir pong dele kopong Sir-sir pong dele kopong Makna lirik yang terkandung pada lirik Cublak-cublak suweng adalah untuk mencari harta janganlah menuruti hawa nafsu tetapi semuanya kembali ke hati nurani yang bersih. Tidak dipengaruhi hawa nafsu. Dengan hati nurani akan lebih mudah menemukan kebahagian, dan tidak tersesat jalan hingga lupa akan akhirat.

Dari segi kultural lagu dolanan Cublak-cublak suweng dapat memberikan ajaran kepada anak agar tidak menuruti hawa nafsu, menjaga harmoni dengan alam, sesama manusia dan orang tua. ARTIKEL TERKAIT • Lirik Lagu '2021' Milik Lauv, Lengkap dengan Terjemahan Bahasa • Lirik Lagu 'Selamat Pagi' Milik Good Morning Everyone • Lirik Lagu Dari Atas Dada Paha, 'Jatah Mantan' yang Viral di TikTok • Lirik Lagu 'Save Your Tears' Milik The Weeknd, dengan Terjemahan • Lirik Lagu 'Malibu' Milik Miley Cyrus, Lengkap dengan Terjemahan
Cublak-Cublak Suweng adalah salah satu lagu daerah yang biasa dinyanyikan saat melakukan permainan daerah.

Bagi Anda yang tinggal di pulau Jawa, pasti tidak asing dengan lagu ini. Jadi, lagu Cublak-Cublak Suweng diciptakan oleh wali songo bernama Syekh Maulana Ainul Yakin atau yang dikenal dengan nama Sunan Giri pada tahun 1442 M. Lagu ini digunakan untuk menyebarkan agama Islam di pulau Jawa melalui jalur kebudayaan. Lalu, bagaimana lirik dan tangga nada lagu Cublak-Cublak Suweng ? Tangga nada merupakan urutan nada yang disusun urut, seperti do, re, mi, fa, sol, la, si, do.

Ada banyak sekali jenis tangga nada dalam musik. Beberapa di antaranya adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok sehingga perlu pemahaman lebih untuk mengetahui letak perbedaannya.
Informasi lirik, makna dan sejarah lagu Cublak Cublak Suweng. Merupakan salah satu lagu daerah yang berasal dari Provinsi Jawa Timur.

Lagu Cublak cublak suweng ditulis Sunan Giri sebagai dakwah menyebarkan agama Islam, pada lagu cublak cublak suweng ini beliau berpesan untuk mencari kekayaan duniawi jangan mengikuti hawa nafsu tetapi kembali ke hati nurani, hati yang bersih, mementingkan kehidupan diakhirat nanti.

Dengan mengutamakan akhirat, kebahagiaan dunia akan cublak cublak suweng lirik. Daftar Isi Lirik / Syair Cublak cublak suweng Suwenge teng gelenter Mambu ketundhung gudèl Tak gento lela lelo Sapa ngguyu ndele’ akeSir-sir pong dele kopong Sir-sir pong dele kopong Sir-sir pong dele kopong Lagu wajib populer: Mengheningkan Cipta. Arti Asal Kata Tempat Suweng Suweng-nya berserakan Baunya dituju anak Kerbau Bapak ompong menengok kanan kiri Siapa tertawa dia yg menyembunyikanHati nurani kedelai kosong tanpa isi Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Hati nurani kedelai kosong tanpa isi Makna Syair Kata suweng pada lagu ini sangat ditekankan, suweng diartikan sebagai; Suwung, Sepi, Sejati atau Harta Abadi.

Sedangkan gelenter dalam bahasa jawa berarti beresakan, karena sesungguhnya harta yang kita cari sudah berserakan dipelosok bumi. Gudel adalah istilah yang digunakan masyarakat jawa sebagai anak kerbau untuk melambangkan orang bodoh.

kalimat “mambu ketundhung gudèl” Bermakna bahkan orang bodoh (minim pendidikan) mencari cublak cublak suweng lirik duniawi tersebut dengan penuh nafsu ego, tindakan korupsi, jual beli jabatan tujuannya untuk mencari kebahagiaan sesaat. Orang bodoh tersebut seperti orang tua ompong yang sedang kebingungan (Pak empo lera-lere).

Meskipun berlimpah harta, namun bukan harta atau kebahagiaan abadi. Mereka kebingungan dan selalu gelisah karena dikuasai oleh keserakahannya sendiri. Sopo ngguyu Ndhelikake = Siapa tertawa dia yg menyembunyikan. Mengandung pesan bahwa siapa yang bijaksana, merekalah yang menemukan kebahagian abadi yang hakiki. Mereka adalah orang orang yang tersenyum dalam menjalani setiap cerita hidup, walaupun berada hidup tengah-tengah dunia yang penuh keserakahan. Sir (hati nurani/suara hati) pong dele kopong (kedelai kosong tanpa isi).

Maksudnya hati nurani yang kosong. Untuk sampai kepada kebahagiaan abadi harus menghindari dari kecintaan kepada kekayaan duniawi, rendah hati, tidak meremehkan orang lain, serta selalu melatih kepekaan Sir / hati nuraninya. Walaupun sederhana, arti syair lagu cublak-cublak suweng sangat dalam dan penuh pesan.

Lagu daerah terdekat: Bubuy Bulan Not Angka Next post Lirik Lagu Rek Ayo Rek Jawa Timur – Arti dan Makna Provinsi • Aceh • Bali • Bangka Belitung • Banten • Bengkulu • DKI Jakarta • Gorontalo • Jambi • Jawa Barat • Jawa Tengah • Jawa Timur • Kalimantan Barat • Kalimantan Selatan • Kalimantan Tengah • Kalimantan Timur • Lampung • Maluku • Maluku Utara • Nusa Tenggara Barat • Nusa Tenggara Timur • Papua • Riau • Sulawesi Selatan • Sulawesi Tenggara • Sulawesi Utara • Sumatera Barat • Sumatera Selatan • Sumatera Utara • Yogyakarta About Disclaimer Kebijakan Privasi Kontak SitemapCublak cublak suweng Suwenge teng gelenter Mambu ketundhung gudèl Tak gento lela lelo Sapa ngguyu ndele' ake Sir sir pong dele bodong Sir sir pong dele bodong * ada beberapa versi dengan lirik sedikit berbeda * artikel terkait tentang penjelasan lagu ini klik disini [ Lirik Lagu Cublak cublak suweng - Lagu Daerah Jawa Timur, ada di http://liriknusantara.blogspot.com/2013/03/cublak-cublak-suweng.htmll ]
tirto.id - Lagu Cublak-cublak Suweng umum dikenal sebagai lagu iringan permainan atau dolanan anak di kalangan masyarakat Jawa.

Di balik nuansa cerianya, lagu ini memuat ajakan untuk menghindari sifat serakah. Lagu Cublak-cublak Suweng berisi seruan untuk menjaga keseimbangan antara urusan duniawi dan ukhrawi sebagai bagian dari nilai kehidupan. Merunut sejarahnya, lagu Cublak-cublak Suweng digubah oleh Sunan Giri sekitar tahun 1442 M sebagaimana diterangkan dalam Jurnal Ilmu Budaya (2019).

Pada masa tersebut, cublak cublak suweng lirik yang juga dikenal sebagai Raden Paku ini tengah menyiarkan dakwah agama melalui jalur kebudayaan. Makna lagu dolanan Cublak-cublak Suweng diinterpretasikan dari perumpamaan-perumpamaan yang terkandung di dalam lirik.

cublak cublak suweng lirik

Artinya, permaknaan lagu tidak diperoleh secara langsung dari lirik yang tertera. Berikut merupakan lirik lagu dolanan Cublak-cublak Suweng yang menggunakan bahasa Jawa beserta artinya dalam bahasa Indonesia: Cublak-cublak suweng Suwenge ting gelenter Mambu ketundhung gudel Pak empong lera lere Sapa ngguyu ndhelikkake Sir sir, pong dhele kopong Arti: Tempat anting Antingnya berserakan Berbau anak kerbau yang terlepas Bapak ompong yang menggeleng-gelengkan kepalanya Siapa yang tertawa dia yang menyembunyikan Hati nurani, kedelai kosong tidak ada isinya Berdasarkan makna bahasa, cublak suweng berarti tempat suweng atau anting yang merupakan perhiasan perempuan.

Secara umum, diartikan sebagai tempat harta berharga. Sedangkan gelenter sama artinya dengan berantakan atau tidak beraturan.

cublak cublak suweng lirik

Penggalan lirik pada bagian awal tersebut bermaksud menggambarkan harta yang dicari manusia keberadaannya berserakan di berbagai penjuru dunia. Adapun gudel yang secara harfiah berarti anak kerbau, di kalangan cublak cublak suweng lirik Jawa umum dimaknai sebagai simbol orang bodoh. Penggalan lirik mambu ketundhung gudel, yang berkelanjutan dengan penggalan lirik sebelumnya, menggambarkan orang bodoh yang terobsesi untuk mencari harta dengan penuh nafsu duniawi.

Sebab terlena akan harta, orang bodoh tersebut digambarkan bak orang tua ompong yang kebingungan dan gelisah dalam penggalan lirik berikutnyapak empo lera-lere. Ia diselimuti harta, tetapi tidak bahagia. Sopo ngguyu ndhelikake, berarti siapa yang tertawa, ia yang menyembunyikan. Mengandung pesan bahwa orang yang bijaksana adalah orang yang akan menemukan ketenangan dan kebahagian abadi. Adalah orang-orang yang tidak terbuai oleh nafsu duniawi yang akan menemukan kedamaian hakiki. Oleh karenanya, manusia perlu mengasah hati nurani yang kosong untuk mencapai kedamaian abadi.

Laku ini dilangsungkan melalui upaya menjaga keharmonisan dengan makhluk lain; sesama manusia dan alam semesta, yang berorientasi terhadap ukhrawi. Makna tersebut tersirat dalam penggalan lirik terakhir yang berbunyi sir sir, pong dhele kopong. Lagu Cublak-cublak Suweng menegaskan bahwa kunci kebahagiaan manusia terletak pada keselarasan antara yang tampak dan yang tak tampak, yakni ihwal duniawi dan ukhrawi.

Keselarasan inilah yang akan menyelamatkan manusia dari kegelisahan hidup.

sholawat jawa terbaru cublak cublak suweng




2022 www.videocon.com