Cara menurunkan panas badan dan pusing

cara menurunkan panas badan dan pusing

Panas badan atau demam biasanya juga disertai dengan pusing atau sakit kepala. Hal ini memang sering terjadi, karena demam berpengaruh juga dengan kelancaran metabolisme dalam tubuh. Jika demam terjadi, sakit kepala bisa ikut terjadi. Demam itu sendiri terjadi jika suhu tubuh manusia berada di atas suhu 37,3 derajad Celcius.

Penyebab dari demam yang diikuti dengan sakit kepala di antaranya infeksi bakteri dan virus. Pada dasarnya, jika gejalanya tidak parah, maka demam dan sakit kepala ini bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan sistem cara menurunkan panas badan dan pusing tubuh yang bekerja pada tubuh untuk memberantas penyebab demam. Karena demam dan sakit kepala ini sebenarnya hanya sebuah efek dari sistem imun tubuh yang sedang berperang melawan infeksi dan bakteri di dalam tubuh.

Demam dan sakit kepala bahkan bisa hilang sendiri tanpa diobati setelah beberapa hari ke depan. Namun tentu saja demam dan pusing tidak membuat tubuh merasa nyaman. Bahkan demam dan pusing ini menghambat pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu beberapa cara menurunkan panas badan dan pusing berikut ini bisa dipraktekkan untuk membuat kondisi menjadi lebih nyaman dan membantu sistem imun tubuh untuk bisa bekerja dengan lebih maksimal dalam memerangi bakteri dan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Baca juga: • Penyebab Anak Demam Tiba Tiba • Buah Penurun Panas Demam • Macam Macam Demam Pada Anak • Gejala Demam • Ciri Ciri Demam Pada Bayi 1. Istirahat yang cukup Jika demam mulai terjadi dan disertai dengan pusing, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah melakukan istirahat yang cukup. Hentikan semua pekerjaan yang harus dikerjakan untuk sementara waktu.

Mintalah izin untuk tidak masuk sekolah atau kantor selama beberapa hari untuk memulihkan keadaan. Karena pada dasarnya, istirahat yang cukup bisa membantu mengembalikan stamina dan memperkuat sistem imun tubuh dalam menghadapi infeksi di dalam tubuh. Sebaliknya, cara menurunkan panas badan dan pusing tubuh tetap dipaksa bekerja, demam dan pusing tidak akan mudah sembuh, karena tenaga tubuh tidak bisa dialihkan pada sistem imun untuk melawan infeksi yang ada.

2. Konsumsi banyak air hangat Air tentu dibutuhkan oleh metabolisme tubuh untuk memperlancar kinerja sistem imun. Selain itu, demam yang disertai sakit kepala biasanya juga terjadi jika tubuh mengalami dehidrasi, sehingga oksigen dalam tubuh tidak bisa mengalir dengan lancar hingga ke kepala.

Inilah yang harus dicegah. Caranya adalah dengan mengonsumsi air hangat yang banyak. Air hangat akan bisa menyesuaikan dengan suhu tubuh, sehingga tubuh tidak kaget. Selain itu air hangat akan bisa dicerna tubuh dengan cepat sehingga bisa membantu menggantikan cairan tubuh yang menguap karena suhu panas yang ada. 3. Hindari kafein untuk sementara waktu Kafein yang terkandung dalam beberapa jenis minuman dan makanan seperti kopi, teh, dan cokelat sebaiknya dihindari terlebih dahulu selama demam dan sakit kepala masih menyerang.

Hal ini dikarenakan kafein bisa berdampak buruk dari kondisi demam dan juga sakit kepala ini. Sebaiknya hindari juga konsumsi minuman soda dan minuman berenergi karena kedua jenis minuman ini juga mengandung sejumlah kafein.

Lebih baik konsumsi saja air putih yang hangat. Baca juga: • Obat Demam Untuk Ibu Hamil • Cara Mengatasi Anak Panas di Malam Hari • Cara Menurunkan Panas pada Anak Usia 3 Tahun • Cara Menurunkan Panas pada Anak Usia 4 Tahun • Cara Agar Bisa Sakit Demam Tinggi 4. Konsumsi sup kaldu hangat Ketika sedang panas badan dan pusing, salah satu makanan yang direkomendasikan adalah sup kaldu hangat.

Gunakan ayam dan beberapa jenis sayuran untuk membuat sup kaldu. Dan konsumsilah selagi hangat. Hal ini akan membantu meredakan gejala dari panas demam dan juga sakit kepala karena kandungan gizi dan nutrisinya yang sehat dan mudah dicerna oleh tubuh.

5. Hindari konsumsi makanan berat dan berlemak Saat tubuh terserang demam dan pusing, ada baiknya jika makanan berlemak dan makanan berat dihindari terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan tubuh dan sistem pencernaan harus mengeluarkan tenaga untuk mencerna makanan tersebut. Padahal lebih baik jika tenaga tersebut dialihkan untuk sistem imun agar sistem imun bekerja lebih maksimal.

Maka dari itu hindarilah makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan kemasan, dan makanan instan. Dan sementara waktu, beralihlah pada makanan yang dimasak dengan direbus atau dikukus.

cara menurunkan panas badan dan pusing

Juga perbanyaklah konsumsi buah untuk menambah nutrisi. 6. Berkumur dengan air garam yang hangat Beberapa demam dan sakit kepala ternyata disebabkan oleh aktifitas bakeri yang ada di rongga mulut dan tenggorokan. Salah satu gejalanya adalah muncul rasa sakit jika digunakan untuk menelan. Jika terjadi gejala seperti demikian, maka salah satu solusi yang direkomendasikan adalah berkumur dengan larutan garam yang hangat.

Cara ini akan membantu membunuh bakteri penyebab demam di daerah rongga mulut dan tenggorokan. Sebaiknya berkumurlah di bagian pangkal tenggorokan untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. 7. Cuka Sari Apel Cuka sari apel merupakan salah satu jenis produk yang dibuat langsung dari apel.

Cuka sari apel mengandung nutrisi layaknya apel, namun lebih mudah dikonsumsi karena sudah berbentuk seperti cairan. Cuka sari apel tentunya memiliki khasiat yang sama dengan apel, atau bahkan lebih hebat. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi apel saja, tentu dibutuhkan cukup waktu untuk mencernanya. Berbeda dengan cuka sari apel yang hanya butuh dikonsumsi secara langsung.

Cuka sari apel bisa membantu menurunakn demam dan juga sakit kepala dengan mengonsumsinya sesuai dosis. Selain itu, cuka sari apel bisa dijadikan alternatif kompres di aera dahi supaya pusing dan demam bisa lebih cepat sembuh.

Caranya adalah dengan mencampur cuka sari apel dengan air hangat dan menggunakannya untuk kompres dengan handuk atau kain kompres. Baca juga: • Obat Penurun Panas Anak 2 Tahun • Cara Menurunkan Panas pada Bayi 7 Bulan • Cara Menurunkan Panas pada Bayi 6 Bulan • Obat Tradisional Penurun Panas Bayi 9 Bulan • Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Orang Dewasa 8. Bawang putih Cara menurunkan panas badan dan pusing berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih.

Bawang putih ini sendiri adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat. Bawang putih mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi dan bisa membantu mengusir jamur serta bakteri yang menyebabkan infeksi demam dan sakit kepala.

Selain itu bawang putih juga mudah ditemukan sehingga efektif untuk pertolongan pertama demam dan pusing. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi langsung bawang putih. Jika tidak suka rasa dan aromanya yang cukup menyengat, maka bawang putih bisa dihancurkan dan dilarutkan ke dalam air hangat.

Aduk dan biarkan sari bawang putih menyerap ke dalam air hangat tersebut selama kurang lebih 10 menit. Kemudian saring airnya dan segera minum. Efek dari pengobatan dengan bawang putih ini akan cepat membuat demam dan sakit kepala membaik.

9. Jahe sama seperti bawang putih, jahe juga sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang bisa membantu meredakan beberapa gejala dari penyakit karena mengandung sifat anti inflamasi cara menurunkan panas badan dan pusing kuat. Termasuk gejala dari demam dan sakit kepala ini. Jahe juga bisa membuat suasana tubuh menjadi lebih rileks karena sifat hangatnya.

Jahe juga berpeluang besar dalam mempercepat keluarnya keringat sehingga tentu saja demam akan lebih cepat turun. Cara yang bisa dilakukan dengan jahe untuk menurunkan panas badan dan pusing adalah dengan menumbuk jahe lalu melarutkannya pada air panas.

Jika berkenan, tambahkan madu untuk menambah khasiat. Minum ramuan itu selama 3 kali sehari untuk hasil maksimal. Demam dan sakit kepala pun akan lebih cepat membaik. 10. Kunyit Selain jahe, akar rimpang kunyit ini juga memiliki khasiat serupa. Kunyit yang berwarna kuning ini memiliki sifat anti bakeri dan anti inflamasi yang bisa membantu menurunkan panas badan yang disebabkan oleh bakteri dan peradangan. Selain itu kunyit juga mengandung zat antioksidan yang efektif untuk menghilangkan radikal bebas sehingga demam dan pusing bisa segera diatasi.

Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit bubuk atau kunyit yang sudah ditumbuk pada segelas air hangat. Aduk hingga rata dan tambahkan madu untuk hasil maksimal.

Atau bisa juga mencampurkannya ke cara menurunkan panas badan dan pusing susu hangat. Minum selama 2 kali dalam sehari. Demam dan sakit kepala akan lebih cepat hilang. Baca juga: • Obat Panas Dalam untuk Anak • Gejala Panas Dalam • Macam Macam Panas Dalam • Cara Mengatasi Anak Panas di Malam Hari • Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Selain itu, beberapa tips berikut ini harus dilakukan jika ingin demam dan sakit kepala cara menurunkan panas badan dan pusing segera sembuh: • Hentikan merokok • Hindari asap rokok • Hentikan minum minuman beralkohol • Buatlah ruang tidur menjadi nyaman dengan sirkulasi udara dan cahaya yang baik • Jangan gunakan selimut tebal dan pakaian tebal Demikianlan cara menurunkan panas badan dan pusing yang bisa dilakukan.

Jika demam dan sakit kepala tidak kunjung sembuh dan justru muncul gejala penyakit lain yang semakin parah, segera berobatlah ke dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat. Tubuh manusia beraksi signifikan terhadap perubahan suhu di luar tubuh. Contohnya saat sedang melakukan aktivitas fisik yang cukup intens di luar ruangan pada hari yang panas, suhu tubuh bisa naik dari suhu normal (36o-37o C) sebanyak 1o-2o.

Jika Anda terus-menerus berada di area yang terlalu panas, maka tubuh Anda bisa demam.

cara menurunkan panas badan dan pusing

Anda kemudian juga bisa merasakan pusing karena suhu tubuh yang meningkat tersebut. Maka itu, menurunkan badan panas dan pusing cara menurunkan panas badan dan pusing diperlukan.

Apalagi jika kondisi meningkatnya suhu tubuh diikuti dengan kondisi tubuh tidak mengeluarkan keringat, ini berarti panas tersebut terjebak di dalam tubuh dan akhirnya membuat tubuh demam.

Berikut 5 Cara Menurunkan Panas dan Badan Pusing Jangan khawatir, kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa cara menurunkan panas badan dan pusing berikut ini.

1. Minum air Saat melakukan aktivitas fisik berat seperti berolahraga di tempat bersuhu panas untuk waktu yang lama, ada baiknya Anda mengkonsumsi air selama melakukan aktivitas tersebut. Usahakan untuk meminum air yang tidak terlalu dingin (bersuhu ruangan) karena dapat mengurangi suhu tubuh dari dalam. Selain itu, meminum air juga dapat mempertahankan tubuh tetap terhidrasi. Saat suhu tubuh panas, air di tubuh menguap lebih cepat dan menyebabkan tubuh lebih cepat kekurangan cairan.

Meminum air dapat menyeimbangakan kebutuhan cairan tubuh Anda. 2. Berpindah ke lokasi yang lebih sejuk Saat sedang beraktivitas di tempat bersuhu panas untuk beberapa waktu, Anda pasti akan mulai merasa kelelahan. Hal tersebut adalah wajar. Namun jika Anda sudah merasa terlalu panas bahkan pusing, sebaiknya segera berpindah atau mencari lokasi yang sejuk atau lebih dingin.

Selain berpindah ke tempat yang bersuhu lebih dingin, cara menurunkan panas badan dan pusing juga dapat dilakukan mengambil jeda waktu sejenak untuk mengistirahatkan tubuh Anda. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan saat Anda sudah terlanjur demam.

Pastikan ruangan atau kamar tempat Anda beristirahat tetap sejuk untuk membantu tubuh menurunkan panas badan. 3. Mandi air hangat Saat suhu tubuh panas atau Anda sudah mulai merasakan gejala demam dan pusing, sebaiknya mandi menggunakan air hangat agar tubuh merespon dengan menurunkan panas di dalam tubuh.

Rasa pusing juga akan berangsur-angsur berkurang. Jangan gunakan air dingin karena air dingin akan mengejutkan tubuh yang sedang panas dan membuat suhu tubuh Anda semakin meningkat. 4. Kurangi pergerakan Cara menurunkan panas badan dan pusing berikutnya adalah dengan mengurangi pergerakan tubuh.

Tubuh manusia akan melepaskan panas saat sedang aktif-aktifnya bergerak. Itu sebabnya Anda akan merasa panas atau gerah saat berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang berat. Namun selama beraktivitas Anda hanya merasa panas tetapi tidak mengeluarkan keringat, ini berarti panas terjebak di dalam tubuh dan dapat menyebabkan demam Saat mendapati gejala ini, Anda bisa mengurangi pergerakan tubuh Anda dengan beristirahat. Biarkan panas tubuh berkurang perlahan dari dalam. 5. Pakai pakaian tipis Jika Anda sudah terlanjur demam, maka cara menurunkan panas badan dan pusing yang dapat Anda lakukan adalah dengan beristirahat total.

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang tipis supaya tubuh tidak kepanasan saat Anda tidur. Menjaga tubuh tetap sejuk akan membuat tubuh lebih mudah memproses panas keluar dari tubuh berupa keringat. Pakaian yang tipis juga akan menyerap keringat Anda lebih cepat daripada pakaian berbahan tebal sehingga tidak akan terlalu mengganggu Anda.

Segeralah ganti baju jika baju yang Anda kenakan sudah basah karena keringat. Jangan sampai Anda semakin sakit karena masuk angin akibat tidur dengan pakaian basah.

Jika cara di atas tidak juga membuat Anda baikan. Maka cobalah berkonsultasi ke rumah sakit terdekat. Namun, sekarang ini Anda dapat berkonsultasi secara online dengan layanan telehealth. Coba tanyakan apakah rumah sakit Anda sudah cara menurunkan panas badan dan pusing platform online untuk berkonsultasi. Simak apa keuntungan konsultasi dokter secara online di sini!
Terkadang suhu badan meningkat disertai dengan sakit kepala atau pusing.

Baik itu pusing menyeluruh atau pusing hanya pada saat posisi-posisi tertentu dari tubuh. Namun, hal ini akan menghambat aktivitas sehari-hari. Setelah minum obat penurun panas badan, pusing dan sakit kepala ini belum tentu ikut langsung menghilang.

Panas dan pusing atau demam disertai sakit kepala, umumnya menjadi pertanda demam infeksi. Mulai dari demam infeksi yang ringan seperti demam flu, demam selesma, demam batuk pilek pada anak, sampai demam infeksi akut, misalnya demam virus (demam berdarah, demam kuning, demam roseola) dan demam karena bakteri (seperti demam tifus). Sama dengan demam tanpa panas, selama demam masih menunjukkan jenis demam biasa, maka biasa diatasi terlebih dahulu di rumah hingga demam tidak lebih dari 3 hari.

Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Orang Dewasa • Mandi Air Hangat Pada dasarnya orang yang badannya panas boleh mandi dengan air hangat.

Selain menyegarkan badan, mandi dapat membantu syaraf tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi pusing. Air hangat yang masuk ke tubuh melalui pori-pori juga menetralisir panas dan membuat tubuh kembali memproduksi keringat lebih banyak. • Istirahat Jika cara menurunkan panas badan dan pusing mengalami pusing adalah anak di bawah usia 2 tahun, maka gendonglah beberapa saat agar anak tertidur dan istirahat.

Sedangkan anak yang lebih besar dan orang dewasa bisa diminta untuk istirahat sejenak. Umumnya istirahat dengan tidur akan membuat penderita bangun dengan keadaaan lebih baik. • Perbanyak Minum Perbanyak minum air putih atau konsumsi makanan yang banyak mengandung cairan agar tidak dehidrasi. Cara ini juga membuat tubuh terus bermetabolisme sehingga keringat akan keluar dan kepala menjadi lebih ringan.

Bagi bayi yang menunjukkan tanda bayi dehidrasi, berilah ASI sebanyak dan sesering mungkin. • Hindari Kafein Kafein memicu sakit kepala. Bahkan bagi orang-orang tertentu, kafein menyebabkan kerja jantung meningkat. Oleh karena itu, orang yang sedang menderita demam panas dan pusing seharusnya menghindari konsumsi kafein.

• Memakai Baju Tipis Selama penderita panas tidak kedinginan, sebaiknya jangan menggunakan baju dan selimut tebal. Baju dan selimut tebal akan membuat panas dalam tubuh terperangkap. pakailah baju tipis yang menyerap keringat. Jika minum obat herbal turun panas, dengan sendirinya keringat akan keluar. Begitu pula jika minum air hangat. Bersamaan dengan keringat yang keluar, sakit kepala akan menghilang dengan sendirinya. • Kompres Air Hangat Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Orang Dewasa selanjutnya adalah dengan kompres demam pakai air hangat atau dingin.

Meskipun kebanyakan kompres diperuntukkan pada anak-anak, sesungguhnya juga efektif bagi orang dewasa. Basahilah kain dengan air panas atau hangat dan tempelkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha hingga panas turun dan kepala lebih ringan. Kain bisa berulang-ulang dibasahi air hangat jika sudah mulai dingin. • Jahe Minuman jahe atau di Indonesia terkenal dengan sebutan wedang jahe sangat menghangatkan tubuh.

Sangat cocok diminum penderita demam panas dan sakit kepala, khususnya demam flu. Hangat jahe akan melegakan tenggorokan. • Bawang Merah Bawang merah sebagai obat luar penurun panas demam. Iris tipis bawang merah dan campurkan dengan minyak kelapa. Bisa juga ditambahkan dengan asam jawa.

Campuran tersebut dapat digosokkan ke seluruh badan atau ditempelkan di dahi anak. Secara tradisional manfaat bawang merah untuk demam anak lebih banyak digunakan, tetapi juga cocok untuk penderita dewasa. • Sup Hangat Orang yang sakit biasanya sulit makan. Semangkuk sup hangat akan membangkitkan selera. Kandungan sup yang lengkap dan bergizi, serta cairannya yang banyak sangat membantu menurunkan panas dan pemulihan sakit.

Konsumsi sup hangat akan menyegarkan, menurunkan panas, dan menghilangkan pusing. Sup hangat termasuk makanan penurun demam. • Bawang Putih Bawang putih terkenal sebagai antibiotik alami dan anti inflamasi. Karena panas badan dan pusing bisanya disebabkan infeksi, maka sangat cocok konsumsi bawang putih langsung degan mengunyahnya.

Atau jika penderita tidak suka dengan aroma bawang putih, bisa diperbanyak dalam sup hangat yang dihidangkan. • Daun Singkong Kompres penurun panas dengan daun singkong mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu menurunkan panas dan mengatasi pusing.

Caranya tinggal menumbuk daun singkong hingga halus, ditambahkan sedikit minyak kelapa. dan ditempelkan pada dahi sebagai kompres. • Kunyit Sering disebutkan bahwa senyawa yang terkandung dalam kunyit merupakan zat penurun panas dan anti inflamasi atau anti radang. Minum sari kunyit yang dibuat sendiri atau dari bubuk kunyit yang saat ini banyak dijual akan membuat tubuh kembali sehat setelah istirahat. Tidak perlu tergesa-gesa pergi ke dokter jika Anda atau keluarga menderita panas dan pusing.

Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Orang Dewasa di rumah dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama. Jangan meminum obat kimia tanpa resep dokter. Segera konsultasi jika terlihat bukan gejala demam biasa, keluar bintik merah setelah demam pada anak, demam anak lebih dar 3 hari, dan demam naik berhari-hari. Semoga bermanfaat. Artikel ini disusun bersama David Nazarian, MD.

Dr. David Nazarian adalah Dokter Penyakit Dalam dan Pemilik My Concierge MD, klinik kesehatan di Beverly Hills California, yang mengkhususkan diri menangani kesehatan pribadi, kesehatan eksekutif, dan alternatif.

Dr. Nazarian mengkhususkan diri dalam uji kesehatan komprehensif, terapi IV Vitamin, terapi sulih hormon, penurunan berat badan, dan terapi plasma kaya trombosit. Dia berpengalaman lebih dari 16 tahun dalam fasilitasi dan pelatihan medis dan merupakan Diplomate of the American Board of Internal Medicine. Dia mendapatkan gelar B.S. dalan Psikologi dan Biologi dari University of California, Los Angeles, gelar M.D.dari Sackler School of Medicine, dan menyelesaikan program residensi di Huntington Memorial Hospital, yang berafiliasi dengan University of Southern California.

Ada 31 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 128.055 kali. Kombinasi demam dan sakit badan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, dengan penyebab paling umum adalah virus seperti pilek dan flu.

[1] X Teliti sumber Gastroenteritis karena virus (flu perut), pneumonia (biasanya bakteri), dan infeksi saluran kemih (bakteri) juga menyebabkan demam dan sakit badan. [2] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Infeksi bakteri dapat diatasi dengan antibiotik, tetapi virus biasanya dibiarkan sembuh sendiri.

Sakit otot yang tidak disertai demam memiliki banyak penjelasan, dan perawatannya tergantung penyebab. Terlepas dari itu, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk meminimalkan rasa tidak nyaman dan mempercepat proses pemulihan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/14\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-1-Version-2.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-1-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/14\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-1-Version-2.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-1-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kunjungi dokter.

Jika Anda mengalami tanda-tanda demam yang disertai sakit badan, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi dokter. Dokter dapat mendiagnosis penyebabnya dan merekomendasikan perawatan. Perawatan untuk sakit otot yang disertai demam biasanya memerlukan intervensi profesional.

[3] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Gigitan serangga atau kutu dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti Lyme, yang harus dirawat oleh dokter. • Penggantian obat dapat memicu gejala-gejala menyerupai flu. Jangan pernah mengganti obat sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter. • Penyakit metabolik biasanya ditunjukkan dengan rasa sakit yang lebih ringan dan meningkat bila berolahraga.

Kondisi ini harus ditangani oleh dokter. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2b\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2b\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minumlah ibuprofen atau asetaminofen (Tylenol).

[4] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber [5] X Sumber Tepercaya Cleveland Clinic Kunjungi sumber Kedua obat bebas resep ini membantu menurunkan demam dan mengurangi sakit badan. Ibuprofen mencegah peningkatan suhu tubuh dan menurunkan kadar hormon "prostaglandin" yang menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan peradangan. [6] X Teliti sumber Asetaminofen mengurangi nyeri di sistem saraf pusat dan menurunkan demam, tetapi tidak mengurangi radang.

[7] X Teliti sumber Minum kedua obat tersebut bergantian mungkin lebih efektif untuk mengatasi demam dan sakit badan daripada hanya memilih salah satu. [8] X Teliti sumber • Jangan menggandakan dosis. Ikuti petunjuk di kemasan. • Menggunakan dua obat secara bergantian dapat mencegah efek samping negatif yang disebabkan oleh minum satu obat terlalu banyak.

• Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (AINS) dapat menyebabkan pendarahan gastrointestinal (GI), seperti gastritis dan tukak lambung. Ini karena AINS merusak lapisan pelindung di dalam perut. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/de\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/de\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jangan memberikan aspirin kepada anak-anak.

Walaupun aman bagi orang dewasa, penggunaan aspirin pada anak-anak dapat menyebabkan sindrom Reye—penyakit otak dan lever serius setelah terkena flu atau cacar. [9] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Kondisi ini bisa berakibat fatal.

Jika Anda menduga anak Anda mengalaminya, carilah bantuan medis segera. Gejala-gejalanya muncul segera setelah anak minum aspirin, antara lain: [10] X Teliti sumber • Lesu • Kekacauan mental • Kejang-kejang • Mual dan muntah {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/68\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/68\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tanyakan tentang obat antivirus untuk flu kepada dokter.

Infeksi virus biasanya menyebar melalui kontak langsung dan kurang memadainya kebersihan. Meskipun infeksi virus seperti flu hanya perlu cara menurunkan panas badan dan pusing sampai hilang dengan sendirinya, Anda bisa meminta obat antivirus kepada dokter cara menurunkan panas badan dan pusing memperpendek durasinya. [11] X Sumber Tepercaya Centers for Disease Control and Prevention Kunjungi sumber [12] X Teliti sumber Gejala-gejala infeksi virus meliputi rasa sakit dan lelah disertai demam 38°C atau lebih tinggi.

Beberapa pasien juga mungkin mengalami gejala pernapasan atas seperti sakit kepala, hidung berair, kedinginan, nyeri sinus, dan sakit tenggorokan. • Vaksin flu tahunan dapat mengurangi kemungkinan terkena flu dengan signifikan. • Dokter mungkin meresepkan oseltamivir jika Anda tidak merasakan gejala-gejala lebih dari 48 jam.

Dosis yang umum untuk obat ini adalah 75 mg dua kali sehari dalam 48 jam sejak kemunculan gejala. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8c\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-5-Version-2.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-5-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8c\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-5-Version-2.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-5-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minumlah antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri.

[13] X Teliti sumber [14] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Dokter akan meresepkan antibiotik jika ia menduga gejala Anda disebabkan oleh infeksi bakteri. Antibiotik tidak efektif untuk melawan infeksi virus. Akan tetapi, antibiotik dapat membunuh bakteri di dalam tubuh dan/atau menghentikan reproduksinya. Ini menunjang pertahanan alami tubuh untuk melawan infeksi.

• Jenis antibiotik yang diminum bergantung pada infeksi bakteri spesifik yang Anda alami. • Dokter akan meminta analisis lab pada sampel darah untuk menentukan bakteri apa yang menimbulkan gejala-gejala yang Anda rasakan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c8\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-6-Version-2.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-6-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c8\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-6-Version-2.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-6-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Istirahat dan bersantai.

[15] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Menurut studi, kurang tidur dapat menekan fungsi kekebalan, dan istirahat dapat meningkatkannya. [16] X Sumber Tepercaya PubMed Central Kunjungi sumber Tubuh harus melawan infeksi yang menyebabkan demam dan sakit badan.

cara menurunkan panas badan dan pusing

Walaupun Anda sudah minum obat untuk meringankan gejala yang dirasakan, tubuh membutuhkan istirahat dan harus tetap kuat untuk melawan infeksi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a5\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-7.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a5\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-7.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan air hangat untuk menurunkan demam.

[17] X Teliti sumber Cobalah berendam dalam air hangat-hangat kuku atau menempatkan handuk dingin pada tubuh untuk menurunkan suhu badan. Ingat bahwa Anda tidak boleh melakukannya jika kedinginan. Cara ini akan membuat Anda menggigil, dan justru dapat meningkatkan suhu badan. • Jangan mandi dengan air dingin karena suhu tubuh akan turun terlalu cepat. Mandilah dengan air hangat.

cara menurunkan panas badan dan pusing

{INSERTKEYS} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/12\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-8.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/12\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-8.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cukupi kebutuhan tubuh akan air.

Saat suhu tubuh tinggi karena demam, tubuh kehilangan air dengan lebih cepat. [18] X Sumber Tepercaya FamilyDoctor.org Kunjungi sumber Dehidrasi akan lebih parah jika demam disertai muntah atau diare. Tubuh sangat bergantung pada air untuk melakukan fungsinya yang mendasar, jadi kecukupan hidrasi tubuh akan mempercepat pemulihan.

Minumlah air dingin untuk menghidrasi dan mendinginkan tubuh. • Minuman olahraga seperti Gatorade dan Power Aid bagus diminum jika Anda mengalami masalah GI. Minuman ini dapat membantu mengembalikan elektrolit yang hilang. [19] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Cairan bening seperti kaldu atau sup juga bagus untuk diminum bila Anda muntah dan diare.

Ingat bahwa kondisi ini menyebabkan hilangnya cairan, jadi Anda harus mencoba mengembalikannya dan menghidrasi tubuh sebanyak mungkin. • Minum teh hijau akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teh hijau dapat memperparah diare, jadi jika demam dan sakit badan Anda disertai diare, jangan minum teh hijau.

[20] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3f\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-9.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3f\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-9.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Konsumsilah makanan tinggi antioksidan.

Makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan mempermudah tubuh melawan infeksi. Makanan yang Anda perlukan antara lain: [21] X Teliti sumber • Blueberry, ceri, tomat, dan buah berwarna tua lainnya (ya, tomat adalah buah!) • Sayur-sayuran seperti labu dan paprika • Hindari junk food dan makanan yang melalui proses berat, seperti donat, roti putih, gorengan, dan permen.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/39\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-10.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/39\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-10.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pakailah kaus kaki basah.

Teknik ini akan membantu menurunkan suhu tubuh. Basahi kaus kaki katun tipis dengan air hangat dan peras. Pakailah dan lapisi lagi dengan kaus kaki tebal (ini akan membantu kaki tetap hangat). Pakailah saat Anda tidur. [22] X Teliti sumber • Tubuh akan mengalirkan darah dan cairan limfatik di seluruh tubuh saat Anda tidur dan merangsang sistem kekebalan.

• Anda dapat memakai kaus kaki basah selama 5–6 malam. Kemudian, hentikan selama 2 malam sebelum dilanjutkan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/bf\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-11.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/bf\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-11.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/da\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-12.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/da\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-12.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Istirahatkan otot-otot yang terlalu banyak digunakan.

[24] X Sumber Tepercaya National Health Service (UK) Kunjungi sumber Penyebab sakit otot tanpa demam yang paling umum adalah penggunaan berlebihan. Anda mungkin terlalu lama berolahraga di pusat kebugaran atau terlalu memaksa diri saat lari.

Akibatnya, otot-otot Anda terasa sakit karena penumpukan asam laktat di otot. [25] X Teliti sumber Rasa sakit akan hilang sendiri jika Anda mengistirahatkan otot-otot tersebut dan membiarkannya pulih. Cukup hentikan olahraga sementara sampai Anda merasa lebih baik. • Untuk mencegah sakit otot, berolahragalah dengan teratur supaya tubuh tidak kaget. Lakukan aktivitas fisik serius dengan bertahap, jangan tiba-tiba.

Jangan lupa lakukan peregangan yang baik sebelum dan setelah berolahraga. • Tingkatkan konsumsi elektrolit selama periode pemulihan. Sakit otot bisa disebabkan oleh defisiensi elektrolit seperti kalium atau kalsium. • Minumlah minuman olahraga seperti Gatorade atau Powerade untuk mengembalikan elektrolit yang hilang karena olahraga.

{/INSERTKEYS}

cara menurunkan panas badan dan pusing

{INSERTKEYS} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0c\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-13.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0c\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-13.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Atasi cedera atau trauma otot dengan metode RICE.

[26] X Sumber Tepercaya PubMed Central Kunjungi sumber Tulang retak dan ligamen sobek membutuhkan pertolongan medis, tetapi ketegangan atau nyeri otot dapat dirawat sendiri. Sakit otot seperti ini biasanya merupakan akibat trauma dari cedera olahraga. Gejala yang biasanya timbul adalah nyeri dan/atau bengkak di bagian yang cedera.

Anda mungkin akan sulit menggerakkan tangan dan kaki dengan bebas sampai cedera pulih. Cedera ini dirawat dengan metode RICE: Rest (istirahat), Ice (es), Compress (kompres), dan Elevate (angkat).

[27] X Teliti sumber • Istirahatkan otot-otot yang cedera sebisa mungkin. • Tempelkan es pada bagian yang cedera untuk mengurangi bengkak. Es juga mengebaskan ujung-ujung saraf di area tersebut sehingga meringankan rasa sakit untuk sementara. Tempelkan kantung es selama 15–20 menit setiap kali penggunaan. • Kompres dapat mengurangi bengkak dan juga membantu menstabilkan tangan dan kaki. Ini sangat membantu jika bagian yang cedera adalah kaki dan Anda sulit berjalan.

Cukup balut ketat area yang cedera dengan perban elastis atau trainer’s tape. • Mengangkat bagian tubuh yang cedera hingga melebihi jantung akan mempersulit pemompaan darah ke area tersebut.

Pengaturan gravitasi ini akan mengurangi bengkak. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f4\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-14.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-14.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f4\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-14.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-14.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ambil tindakan untuk mencegah ketegangan otot dari pekerjaan kantor.

[28] X Sumber Tepercaya American Psychological Association Kunjungi sumber Walaupun tampaknya janggal, gaya hidup orang kantoran yang banyak duduk dapat menyebabkan sakit otot. Duduk di satu tempat untuk periode waktu yang lama dapat menyebabkan sakit punggung bagian bawah, sirkulasi darah ke tangan dan kaki tidak mencukupi, dan penambahan lingkar perut.

Menatap layar komputer selama berjam-jam sehari juga dapat mengakibatkan sakit kepala dan mata tegang. • Untuk mengatasi sakit otot seperti ini, minumlah obat bebas resep seperti Tylenol atau aspirin. • Ambil jeda dengan menjauh dari meja kerja dari waktu ke waktu dan meringankan ketegangan di punggung dan leher.

• Istirahatkan mata dengan mengambil jeda setiap 20 menit. Lihatlah objek lain yang jaraknya 6 meter selama 20 detik. • Olahraga teratur dan menambah asupan air juga dapat membantu.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/59\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-15.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/59\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-15.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Diskusikan obat yang Anda minum dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda.

Obat yang Anda minum untuk mengatasi masalah yang sama sekali tidak berhubungan dapat menyebabkan sakit badan. Rasa sakit mungkin mulai muncul begitu Anda minum obat tersebut atau setelah dosisnya ditambah. Selain itu, beberapa obat psikoaktif dapat menyebabkan kondisi yang disebut Rhabdomyolysis. Ini adalah kondisi serius yang diasosiasikan dengan penggunaan statin serta cedera otot. Kondisi ini membutuhkan perhatian segera di IGD oleh dokter terlatih.

Kunjungi dokter secepatnya jika nyeri otot yang Anda rasakan disertai urine berwarna gelap dan Anda juga minum salah satu obat berikut: [29] X Teliti sumber • Antipsikotik • Statin • Amfetamina • Kokaina • Antidepresan seperti SSRI • Antikolinergik {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/35\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-16.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-16.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/35\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-16.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-16.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tingkatkan asupan elektrolit untuk mengatasi ketidakseimbangan elektrolit.

[30] X Teliti sumber [31] X Teliti sumber "Elektrolit" adalah nama yang diberikan pada mineral tertentu dalam tubuh yang membawa muatan elektrik. [32] X Teliti sumber Contohnya adalah kalium, kalsium, dan magnesium. Mineral ini memengaruhi hidrasi dan fungsi otot, serta fungsi tubuh yang penting lainnya. Defisiensi elektrolit dapat menimbulkan ketegangan dan rasa sakit di otot. • Elektrolit akan hilang ketika berkeringat, tetapi di pasaran tersedia banyak produk yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit, di antaranya suplemen makanan.

• Contoh produk elektrolit adalah minuman olahraga seperti Gatorade dan Powerade. Sayangnya, air putih bukan sumber elektrolit alami. • Jika rasa sakit tidak hilang dengan perawatan rumahan, bicaralah dengan dokter mengenai perawatan lanjutan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4a\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-17.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-17.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4a\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-17.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-17.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ikuti petunjuk medis untuk menangani berbagai gangguan otot.

Ada banyak tipe gangguan otot yang menimbulkan rasa sakit kronis yang umum. Jika Anda mengalami rasa sakit seperti ini dan tidak dapat menentukan apa penyebabnya, bicaralah dengan dokter. Berikan detail riwayat medis Anda, riwayat keluarga, daftar obat yang diminum, dan gejala-gejala yang dirasakan.

Dokter akan menentukan tes apa yang harus dilakukan untuk menentukan akar rasa sakit Anda. Berikut contoh-contoh gangguan otot: • Dermatomyositis atau polymyositis: [33] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber [34] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Penyakit radang otot ini lebih banyak diderita wanita daripada pria. Gejala-gejalanya antara lain hilangnya atau melemahnya otot disertai rasa sakit dan sulit menelan.

Perawatannya meliputi steroid dan imunomodulator. Dokter akan melakukan tes darah untuk menentukan apakah Anda mengalami kondisi ini. Ada autoantibodi spesifik yang terlibat dalam beberapa penyakit ini.

Misalnya, dalam kasus polymyositis, dokter akan mencari antibodi Antinuklear, Ant-Ro, dan Anti-La sebagai penanda diagnosis. • Fibromyalgia: [35] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber Kondisi ini bisa terjadi karena faktor genetik, trauma, kecemasan, atau depresi.

Gejalanya adalah rasa sakit yang konstan di seluruh tubuh, biasanya terpusat di punggung bawah atau daerah bahu. Gejala lainnya adalah sakit kepala, sakit rahang, lelah, dan gangguan memori atau kognisi lambat. Diagnosis fibromyalgia harus ditandai dengan 11 titik nyeri di lokasi jaringan lunak tertentu. Perawatannya antara lain teknik mengatur stres seperti yoga dan meditasi, dan mungkin obat pereda nyeri. Kadang pasien juga dirujuk kepada psikiater untuk menjalani perawatan depresi dan kemudian dilanjutkan dengan SSRI.

[36] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fa\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-18.jpg\/v4-460px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-18.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fa\/Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-18.jpg\/v4-728px-Reduce-Fever-and-Body-Ache-Step-18.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Carilah pertolongan medis darurat jika dibutuhkan.

Ada kalanya Anda ingin menunggu saja sampai nyeri otot sembuh sendiri sambil beristirahat di rumah. Akan tetapi, beberapa gejala membutuhkan perhatian medis segera. Carilah pertolongan medis darurat jika Anda mengalami beberapa hal berikut: [37] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Rasa sakit parah atau meningkat, atau tidak sembuh dengan obat • Otot sangat lemah atau kebas • Demam tinggi atau menggigil • Sulit bernapas atau pusing • Nyeri dada atau perubahan dalam penglihatan • Sakit otot dengan urine berwarna gelap • Sirkulasi darah menurun, atau lengan dan kaki dingin, pucat, atau kebiru-biruan • Gejala lain yang tidak Anda ketahui penyebabnya • Darah dalam air kencing Artikel ini disusun bersama David Nazarian, MD.

Dr. David Nazarian adalah Dokter Penyakit Dalam dan Pemilik My Concierge MD, klinik kesehatan di Beverly Hills California, yang mengkhususkan diri menangani kesehatan pribadi, kesehatan eksekutif, dan alternatif.

{/INSERTKEYS}

cara menurunkan panas badan dan pusing

Dr. Nazarian mengkhususkan diri dalam uji kesehatan komprehensif, terapi IV Vitamin, terapi sulih hormon, penurunan berat badan, dan terapi plasma kaya trombosit. Dia berpengalaman lebih dari 16 tahun dalam fasilitasi dan pelatihan medis dan merupakan Diplomate of the American Board of Internal Medicine.

Dia mendapatkan gelar B.S. dalan Psikologi dan Biologi dari University of California, Los Angeles, gelar M.D.dari Sackler School of Medicine, dan menyelesaikan program residensi di Huntington Memorial Hospital, yang berafiliasi dengan University of Southern California.

Artikel ini telah dilihat 128.055 kali.
Meskipun panas demam bukanlah suatu penyakit dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun gejala ini bisa merepotkan bagi siapapun khususnya orang dewasa. Orang dewasa yang terkena demam akan merasakan tubuh yang lemas, tidak bertenaga, pusing, dan juga tidak dapat berkonsentrasi sehingga dapat mengurangi kualitas kinerjanya di kantor. Baca juga: • Macam macam Demam pada Anak • Penyebab Demam pada Ibu Hamil • Macam macam Panas Dalam • Obat penurun panas anak yang bagus Oleh karena itu, saat panas terjadi sebaiknya penderita maupun keluarganya melakukan langkah dan untuk menurunkan panas demam agar segera pulih dan beraktivitas kembali seperti biasa.

Menurunkan panas demam ini mudah untuk dilakukan dan umumnya tidak memerlukan biaya yang besar. Cara Menurunkan Panas Demam 1. Kompres air hangat Kompres air hangat adalah jenis pegobatan yang murah namun efektif yang sudah banyak dketahui banyak orang.

Kompres ini dapat dilakukan dengan menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Kain tersebut lalu diletakkan di atas dahi maupun di lipatan tangan, ketiak, maupun kaki. Handuk yang sudah terasa dingin dapat dicelupkan kembali ke air hangat, kemudian ditempelkan kembali ke atas dahi. Lakukan terus hingga penderita merasa nyaman dan mengantuk. Air hangat yang digunakan untuk mengompres berfungsi untuk mengirimkan sinyal kepada hipotalamus agar menurunkan suhu badan yang tinggi, sehingga suhunya dapat normal kembali.

2. Berikan baju yang nyaman Baju yang terlalu tebal atau berbahan panas seperti kain wol hanya akan menambah buruk kondisi panas demam seseorang. Pakaian yang terlalu tebal atau panas akan emmerangkap suhu tubuh sehingga panas tubuhnya tidak dapat keluar dengan lancar. Oleh karena itu, gantilah pakaian penderita dengan pakaian berbahan nyaman agar memudahkan kulit untuk bernapas dan mengeluarkan suhu tubuhnya.

Baca juga: • Cara Mencegah Demam pada Anak • Cara Mengobati Demam • Cara Mengatasi Demam pada Bayi Setelah Imunisasi • Cara Mengatasi Anak Panas di Malam Hari Selain itu, apabila penderita demam mengeluarkan keringat, segera seka keringat yang keluar dan gantilah pakaiannya dengan pakaian yang bersih. Pakaian yang terkena keringat kemungkinan akan tercampur bakteri sehingga dapat beresiko menyerang penderita demam, karena daya tahan tubuhnya sedang melemah.

Selain itu, mengganti pakaian yang basah karena keringat akan mencegahnya cara menurunkan panas badan dan pusing masuk angin. 3. Tidak berselimut Sama layaknya pakaian yang tebal dan panas, pemakaian selimut saat demam pun tidak dianjurkan. Suhu tinggi dan panas dalam tubuh akan sulit dikeluarkan jika penderita demam memakai selimut, apalagi selimut yang tebal. Namun, apabila suhu ruangan terasa dingin penderita bisa memakai selimut yang cara menurunkan panas badan dan pusing dan nyaman.

4. Banyak istirahat Jika seseorang yang terkena demam memaksakan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, maka demamnya akan semakin lama untuk sembuh. Hal itu disebabkan karena pada saat seseorang yang demam melakukan aktivitas seperti biasanya (misalkan bekerja), sistem pertahanan tubuhnya bekerja keras secara ganda, yaitu untuk melawan radang yang menyebabkan demam dan juga melawan bibit penyakit yang masuk di lingkungan saat ia keluar rumah.

Baca juga: • Cara mencegah demam berdarah dengan 3M • Cara mencegah DBD • Cara menurunkan panas anak tanpa obat • Buah Penurun Panas Demam • Makanan Penurun Demam • Cara Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah Agar panas demamnya segera turun, maka hal terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas yang terlalu banyak menguras energi.

Beristirahat cukup saat sakit akan membantu sistem pertahanan tubuh bekerja lebih baik untuk memulihkan kesehatan dan melawan sumber penyakit. [AdSesne-B] 5. Mengatur suhu ruangan Cara Menurunkan Panas Demam, Saat seseorang mengalami panas demam, suhu ruangan yang stabil akan membantunya merasa leih baik. Suhu ruangan sebaiknya diatur agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Jika ruangan kamar dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC, suhunya dpat diatur menjadi sekitar 20ºC.

Namun, apabila kamar tidak dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan, jendela kamar dapat dibuka agar kamar tidak pengap dan sirkulasi udara dapat menjadi lebih baik.

Hindari penggunaan kipas angin dengan kecepatan tinggi karena akan membuat perut menjadi kembung atau masuk angin. 6. Minum air kelapa Air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang mirip dengan komposisi cairan di dalam tubuh. Meminum air kelapa memiliki manfaat yang amat baik untuk penderita panas demam karena dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang saat demam dan menurunkan panas. Baca juga: • Ciri ciri Anak Demam • Gejala Demam • Gejala Panas Dalam • Cara Menurunkan Panas pada Anak Usia 4 Tahun • Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa Tanpa Obat 7.

Menghindari minuman kafein dan bersoda Minuman kafein (kopi, teh) dan bersoda akan membuat seseorang merasa lebih sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil karena kopi, teh, dan soda memiliki kandungan zat siuretik yang dapat mempercepat aliran darah ke ginjal dan mempercepat pembentukan urin.

Penderita cara menurunkan panas badan dan pusing yang terlalu sering buang air kecil akan lebih mudah terkena dehidrasi.

cara menurunkan panas badan dan pusing

Oleh karena itu, pada saat demam hindarilah minuman yang mengandung kafein dan juga soda. 8. Banyak minum air Cara menurunkan panas badan dan pusing yang ampuh untuk membantu meredakan demam adalah dengan cara menghidrasi tubuh sebaik mungkin.

Caranya, dengan banyak minum atau sebanyak delapan gelas per harinya. Kurang minum akan menyebabkan seseornag kekurangan cairan tubuh sehingga dapat beresiko dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membantu proses penyembuhan dan menurunkan panas demam. 9. Menghindari makanan asam Makanan yang bersifat asam akan mebaikkan kadar asam dalam tubuh dan memperparah bagian tubuh yang terkena radang saat demam.

Oleh karena itu, pada saat demam sebaiknya konsumsi makanan bertekstur lembut dan menghindari konsumsi makanan yang bersifat asam, misalkan mangga muda. Baca juga: • Cara Mengatasi Anak Panas Tinggi dan Kejang • Ciri ciri Demam Berdarah pada Bayi • Menurunkan Demam Anak • Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing 10. Makan makanan bergizi Makan makanan yang bergizi amat baik untuk meregenerasi sel-sel tubuh dan membantu pembangunan sistem pertahanan tubuh menjadi lebih baik.

Kebutuhan gizi seseorang akan lebih terpenuhi saat ia mengonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, hindari jajan sembarangan yang tidak dapat cara menurunkan panas badan dan pusing kebersihannya karena kemungkinan bibit penyakit yang ada di sana dapat memeperparah kondisi tubuh yang sedang demam. 11. Menghindari air dingin untuk kompres Masih banyak terjadi salah kaprah di kalangan masyarakat tentang penggunaan air dingin untuk kompres panas demam.

Padahal, penggunaan cara menurunkan panas badan dan pusing dingin untuk kompres akan mengirimkan sinyal pada hipotalamus untuk menaikkan suhu tubuh, karena suhu dingin pada dahi akan ditangkap otak sebagai suhu rendah di lingkungan sekitar tubuh.

Akibatnya, hipotalamus akan mengatur pusat pengendali suhu tubuh untuk menaikkan lagi suhunya, sehingga demam akan semakin tinggi. Baca juga: • Mengatasi demam pada anak 2 tahun • Mengatasi demam pada ibu menyusui • Demam naik turun disertai batuk pilek • Obat penurun panas anak 2 tahun Penggunaan kompres air dingin bukan untuk kompres panas demam, melainkan digunakan pada saat tubuh terkena benturan keras dari luar.

Kompres air dingin akan membantu menghentikan pendarahan dan meredakan memar, bukan untuk menurunkan suhu tubuh saat sedang terkena demam.

12. Mandi air hangat Mandi air hangat dapat menjadi terapi untuk menurunkan suhu panas saat demam. Air hangat dpat membuka pori-pori, melancarkan peredaran darah, dan merilekskan badan. Oleh karena itu, penderita panas demam dianjurkan untuk mandi dengan air bersuhu hangat (tidak terlalu panas) untuk penyembuhan. Baca juga: • Cara Mengatasi Demam pada Anak di Malam Hari • Cara Menurunkan Panas Pada Anak Usia 3 Tahun • Demam Remiten • Demam Septik 13.

Menghangatkan dengan minyak gosok Cara Menurunkan Panas Demam dnegan menggunakan minyak gosok seperti minyak angin atau minyak kayu putih memiliki efek menghangatkan badan dan membuat tubuh terasa nyaman. Suhu yang hangat akan membantu tubuh melepaskan panas tubuh karena pori-pori tubuh menjadi terbuka.

14. Pijat Penderita demam dapat melakukan terapi pijat untuk melancarkan peredaran darah dan membuat istirahat lebih nyaman. Pemijatan hendaknya dilakukan dengan lembut, karena beberapa penderita panas demam juga merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh akibat radang.

Baca juga: • Ciri ciri Demam Berdarah pada Orang Dewasa • Macam macam Demam • Cara Cepat Menurunkan Panas Badan Anak • Cara menurunkan demam anak dengan bawang merah 15. Menjaga kehigienisan pakaian dan lingkungan Saat tubuh diserang panas demam, sistem pertahanan tubuhnya sedang menurun. Oleh karena itu, hendaknya kebersihan dan kehigienisan pakaian, lingkungan, dan juga alat makan selalu dijaga.

Pakaian, lingkungan, dan alat makan yang bersifat kotor akan membawa bibit penyakit dan mudah menyerang penderita demam karena tubuhnya sedang lemah. Jika penderita demam diobati tanpa diiringi dengan kebersihan lingkungan sekitarnya, maka proses pemulihan akan berlangsung lebih lama. 16. Konsumsi vitamin C Vitamin C memiliki fungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengobati radang akibat infeksi saat demam, meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak, dan mempercepat proses pemulihan. Oleh karena itu, penderita demam dapat mengonsumsi vitamin C baik dalam bentuk suplemen vitamin secara langsung maupun dari buah dan sayur-sayuran.

17. Mengukur suhu tubuh Pengukuran suhu tubuh dapat membantu seseorang untuk mengontrol kondisi tubuhnya saat demam. Apabila ditemukan gejala demam yang tidak wajar seperti suhu tubuh yang naik turun selama berhari-hari secara berturut-turut, ditemukan bercak-cercak merah, maupun tanda-tanda lainnya, maka sebaiknya ia segera memeriksakan kondisi fisiknya ke dokter.

Pengukuran suhu tubuh terbaik dilakukan dengan menggunakan termometer, baik termometer air raksa maupun termometer digital. Untuk hasil yang lebih akurat, dapat digunakan termometer digital karena hasil pengukuran yang diperlihatkan lebih rinci daripada termometer air raksa. 18. Menghindari makanan yang sulit dicerna Makanan yang sulit dicerna dan bergizi kurang baik seperti goreng-gorengan, makanan berlemak tinggi, junk food, makanan instan, maupun makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melawan penyakit.

Seseorang yang sedang sakit termasuk saat panas demam memerlukan tambahan energi untuk membangun sistem pertahanan tubuhnya, menyembuhkan radang, dan juga aktivitas tubuh lainnya.

Makanan yang sulit dicerna dan tidak bergizi akan memperlambat proses penyembuhan meskipun dibarengi dengan konsumsi obat-obatan. Oleh karena itu, hindarilah jenis makanan tersebut dan ganti dengan konsumsi makanan bergizi baik. 19. Meminum air gula aren Cara Menurunkan Panas Demam dengan menggunakan Gula aren diolah dari tandan bunga jantan pohon aren.

Selain digunakan sebagai campuran kue, gula aren juga ternyata dapat diolah menjadi minuman untuk menurunkan panas demam. Iris-iris gula aren secukupnya hingga halus, lalu rebus dengan air hingga mendidih. Saring rebusan air gula aren dan minum selagi hangat. 20. Meminum seduhan air kunyit Kandungan kurkumin, turmeron, zingiberen, dan minyak atsiri yang berkhasiat sebagai zat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi (peradangan) pada kunyit sangat bermanfaat untuk menurunkan panas saat seseorang sedang mengalami demam.

Cara mengolah kunyit menjadi obat demam pun sangat mudah, cukup bersihkan bagian timpang kunyit, kemudian parut dan seduh dengan air panas secukupnya. Air seduhan kunyit kemudian diperas dan disaring, kemudian dicampurkan dengan air jeruk nipis dan madu.

Minum sebanyak tiga kali dalam sehari untuk menurunkan panas. Apabila penderita demam memiliki masalah pada lambung, penambahan air jeruk nipis boleh dilewati. 21. Konsumsi buah dan sayur Buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, terlebih pada saat seseorang mengalami demam. Buat dan sayur kaya akan vitamin dan mineral, terutama vitamin C yang berguna untuk mengobati radang, melawan infeksi, dan membantu proses penyembuhan.

Selain itu, kandungan air dalam buah dan sayur akan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, tidak kekurangan cairan tubuh. 22. Makan sup ayam Siapa yang bisa menolak kelezatan sup ayam? Kabar baiknya, makanan lezat dan mudah dibuat ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengobati demam. Sup adalah makanan bergizi lengkap yang mengandung vitamin, mineral, serat, protein dan juga karbohidrat karena terdiri atas rempah, kaldu, daging, dan juga sayur-sayuran.

Kandungan tersebut amat bermanfaat untuk mengobati radang, infeksi, membangun sistem kekebalan, sekaligus menghidrasi tubuh dengan kuah yang dikandungnya. Karena itu, konsumsilah sup selagi menderita panas demam. 23. Meminum teh herbal Beberapa jenis teh herbal seperti teh hijau dan teh serai mampu menurunkan suhu tubuh tinggi, menyembuhkan infeksi, dan menghangatkan badan.

Selain itu, jenis teh herbal lainnya memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan demam yang disertai gejala flu, misalkan teh sage dan teh peppermint. 24. Meminum ramuan sambiloto Daun dan batang sambiloto biasa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis cara menurunkan panas badan dan pusing dan gangguan pada tubuh, termasuk gejala panas demam.

Kandungan andrografolid lactones, glucosides, diterpene, dan flavonoidnya mampu menurunkan suhu tinggi pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari sambiloto, rebus 10 gram daun sambiloto kering dengan 25 gram umbi kunyit yang sudah dimemarkan dalam 200 cc air.

Rebus hingga air bersisa setengahnya, kemudian saring. Jika air sambiloto sudah mulai menghangat, tambahkan madu kemudian aduk rata. Ramuan sambiloto dapat diminum secara rutin setiap hari setelah makan hingga panas demam turun. 25. Minum obat penurun panas Cara yang cepat dan efektif untuk menurunkan panas adalah dengan cara meminum obat farmasi untuk menurunkan panas. Jenis obat penurun panas yang dapat diminum adalah parasetamol, ibuprofen (jika disertai radang), hingga aspirin (jika disertai dengan gejala flu).

Untuk mengonsumsi obat penurun panas, ikuti dosis yang dianjurkan agar demam bisa sembuh dengan baik dan mencegah terjadinya efek samping yang membahayakan.

cara menurunkan panas badan dan pusing

Baca juga: • Obat Tradisional Penurun Panas • Obat Panas Dalam untuk Anak • Obat Demam Anak 1 Tahun • Ciri Ciri Panas Dalam pada Bayi • Cara Mengatasi Demam pada Bayi Usia 1 Bulan • Cara Mengatasi Kejang pada Anak • Penanganan Kejang Demam pada Anak di Rumah Berikut adalah pembahasan dari Cara Menurunkan Panas Demam yang wajib anda ketahui. Karena dengan cara ini sangat memudahkan anda untuk mengatasi panas demam yang sedang terjadi.
Advertisement Beruntung, ada beberapa cara menurunkan panas entah karena demam atau kegerahan yang bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah dan di kantor.

Cara menurunkan panas secara alami Orang-orang yang sedang kepanasan atau malah sakit demam disarankan untuk jangan dulu banyak bergerak. Semakin banyak gerak, semakin panas suhu tubuh Anda nantinya. Maka, hindari aktivitas fisik berlebihan sementara ini dan perbanyak istirahat. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam dan suhu panas tubuh agar tak ganggu aktivitas: 1. Kompres air hangat Saat sedang demam atau kepanasan, Anda mungkin terbiasa mengompres badan dengan air dingin atau es batu yang dibungkus kain Ternyata, cara ini justru tidak dianjurkan oleh dokter dan tenaga kesehatan.

Kompres dingin lebih tepat digunakan untuk meredakan nyeri otot, bukan sebagai cara menurunkan demam. Kenapa? Peningkatan suhu badan sejatinya adalah reaksi alamiah kekebalan tubuh untuk mempertahankan diri melawan infeksi. Jika Anda menempelkan kompres dingin, otak justru akan menerjemahkannya sebagai gangguan atau ancaman terhadap proses alamiah tersebut.

Sebagai akibatnya, tubuh akan semakin meningkatkan temperatur inti dan membuat badan makin terasa panas. Selain itu, kompres dingin juga riskan menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba sehingga memicu badan jadi menggigil. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari kompres dingin atau mandi air dingin saat demam maupun kepanasan. Baca Juga • 10 Penyebab Badan Menggigil Tiba-tiba, Apa Saja?

• Cara Daftar Rapid Test di SehatQ, Sudah Tahu? • Pentingnya Tes TUBEX untuk Deteksi Tifus Hanya Dalam 10 Menit 2. Rendam kaki di air suam kuku Salah satu cara menurunkan demam dan panas di badan adalah mencoba merendam kaki di air suhu normal atau suam kuku.

Rendam kaki setidaknya selama 20 menit. Tips ini dapat membantu mendinginkankan dan merilekskan badan Anda. Untuk menambah sensasi menenangkan, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak atsiri yang disukai, seperti minyak peppermint. 3. Konsumsi sayur dan buah yang banyak airnya Buah semangka cocok dimakan saat badan terasa panas Untuk menurunkan panas, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang tinggi kandungan airnya.

Anda bisa mengonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi smoothie buah dan sayur. Tambahkan sedikit es batu untuk sensasi yang lebih menyejukkan. Beberapa contoh makanan dengan kandungan air yang tinggi, yaitu: • Semangka • Stroberi • Jeruk • Timun • Seledri 4. Minum air kelapa Air kelapa mengandung berbagai vitamin, mineral, dan elektrolit. Kandungan tersebut membantu kita untuk lebih segar dan berenergi ketika tubuh lemas karena suhu tubuh yang naik.

Air kelapa segar menjadi pilihan yang baik urunkan demam secara alami dibandingkan air kelapa kemasan. Apabila Anda membeli produk kemasan, perhatikan dengan saksama label komposisinya, terutama kandungan gula. Alternatifnya, Anda bisa minum teh herbal hangat racikan sendiri untuk menurunkan demam secara alami. Seduh teh tawar bersama potongan jahe, sereh, atau irisan lemon, dan madu untuk menambah rasanya.

Baca Juga • 13 Obat Penurun Panas Anak Alami yang Efektif untuk Demam • 8 Cara Mengatasi Masuk Angin pada Anak dengan Efektif • Mengenal Berbagai Gejala Tifus yang Dapat Mengganggu Kesehatan Anda 5. Kenakan pakaian yang menyerap keringat Apabila sedang kepanasan karena demam atau suhu terik tapi Anda tetap harus beraktivitas, cobalah untuk mengenakan bahan pakaian alami sebagai cara menurunkan panasnya.

Ambil contoh, baju berbahan katun dan linen. Pasalnya, panas dapat keluar dari tubuh lebih mudah dengan bahan-bahan alami tersebut dibandingkan dengan kain sintetis seperti akrilik dan nilon. cara menurunkan panas badan dan pusing. Oleskan lidah buaya Lidah buaya dapat dioleskan ke kulit untuk menurunkan panas Punya stock gel lidah buaya di rumah atau kantor? Ambil sedikit gelnya untuk dioleskan ke bagian kulit.

Sebab, gel lidah buaya dapat membantu menurunkan panas. Untuk hasil yang optimal, tempatkan gel lidah buaya tersebut ke lemari es sebelum dioleskan.

7. Minum obat demam  Jika berbagai cara menurunkan panas secara alami di atas tak kunjung meredakan panas, minumlah obat demam. Begitu juga jika Anda sedang mencari cara menurunkan demam pada anak.

Pilihlah obat demam yang aman untuk anak. 8. Mengonsumsi cabai Mengonsumsi cabai memang dapat membuat Anda merasa hangat, namun ternyata, mengonsumsi cabai juga bisa membantu Anda menurunkan suhu tubuh.

Sebab, kandungan capsaicin yang dimiliki cabai dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh sedang kepanasan. Hasilnya, tubuh dapat mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya dan suhu tubuh akan menurun. Penyebab suhu badan naik dan terasa panas Normalnya, suhu tubuh orang dewasa antara 36,6-37.4 ºCelsius.

Suhu tubuh yang normal biasanya diatur oleh hipotalamus dan sistem saraf otonom tubuh. Ada beragam faktor yang membuat tubuh menjadi panas. Beberapa di antaranya, yaitu: • Demam dan infeksi.

• Menderita hipertiroidisme, yaitu kondisi ketika tubuh menghasilkan hormon tiroid terlalu banyak. • Menghabiskan waktu di cuaca yang panas. • Mengenakan baju berbahan sintetis. • Mengonsumsi makanan pedas, berminyak, dan makanan kering.

• Mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol. • Menjalani aktivitas fisik yang intens. • Gejala penyakit tertentu, seperti arthritis, leukemia, dan gangguan saraf. • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, cara menurunkan panas badan dan pusing antibiotik, opioid, dan antihistamin. • Dehidrasi atau kekurangan cairan. Baca Cara menurunkan panas badan dan pusing • 13 Obat Penurun Panas Anak Alami yang Efektif untuk Demam • Kompres Hangat vs.

Kompres Dingin, Kenali Manfaat dan Penggunaannya • Lakukan Ini Jika Panas Anak Tidak Turun Setelah Minum Obat Catatan dari SehatQ Cara menurunkan demam dan suhu panas di atas bisa diterapkan sendiri di rumah. Apabila suhu tubuh masih tinggi dan Anda tidak juga merasa fit, Anda sangat disarankan untuk segera menemui dokter.

Sebab, panas yang tak kunjung hilang dapat menjadi tanda gawat darurat tertentu.Saat tubuh sedang tidak sehat, maka ia akan menunjukkan gejala tertentu yang menandakan adanya penyakit yang akan menyerang.

Salah satu pertandanya adalah demam. Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh mengalami peningkatan di atas suhu normal. Jenis demam ada banyak, salah satunya adalah demam yang terjadi akibat masuknya virus penyebab demam ke dalam tubuh. Demam ini disebut dengan demam virus. Sebenarnya demam bukanlah penyakit, namun cara tubuh untuk mempertahankan diri dari serangan benda asing yang masuk. Benda asing yang dimaksud adalah virus atau bakteri. Demam atau panas tubuh biasanya dating dengan gejala lain, seperti pusing dan dingin.

Ada banyak penyebab panas dingin dan pusing yang dialami seseorang. Tubuh panas dingin dan pusing bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari bayi hingga anak anak. Inilah beberapa cara menyembuhkan panas dingin dan pusing yang ampuh. • Banyak Minum Air Putih Air putih adalah sumber cairan utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan metabolisme.

Terutama saat tubuh sedang demam, konsumsi air putih harus diperbanyak untuk mencegah dehidrasi. Hubungan dehidrasi dengan demam memang sangat erat karena suhu yang panas mudah menguapkan air yang ada di dalam tubuh. • Minum Air Hangat Saat gejala panas dingin dan pusing mulai dirasa, segera ambil langkah pencegahan yang tepat agar demam tidak menjadi semakin parah.

Salah satunya adalah dengan minum banyak air hangat. Suhu hangat air akan meredakan panas yang ada di dalam tubuh secara perlahan serta gejala lain yaitu dingin dan pusing. Hindari minum es atau minuman dingin lain saat tubuh sedang panas.

• Cukup Istirahat Tubuh yang lelah lebih mudah terserang penyakit. Hal ini karena sistem imun tubuh sedang rendah saat seseorang lelah sehingga virus dan bakteri mudah masuk. Mengistirahatkan untuk adalah cara mengatasi demam sesuai usia, yaitu untuk orang dewasa yang terlalu lelah bekerja.

Tidurlah di ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang lancer. • Larutan Air Garam Salah satu cara mengobati panas dingin secara alami adalah dengan merendam kaki ke dalam larutan air garam.

Air garam mampu membuat tubuh terasa lebih rileks dan tenang, sehingga pusing cepat menghilang. Larutkan sedikit garam ke dalam air hangat.

cara menurunkan panas badan dan pusing

Ambil wadah baskom besar atau ember agar kedua kaki dapat masuk secara bersamaan. Rendam kaki di dalam air hingga suhu air menurun dan tidak terasa hangat lagi. • Kompres Air Hangat Jangan menyepelekan manfaat kompres demam saat tubuh sedang panas. Cara sederhana ini sangat ampuh untuk menurunkan panas yang disertai badan dingin dan pusing. Kompres air hangat mampu menyerap panas yang ada di dalam tubuh dan mengembalikan suhu tubuh ke angka yang normal.

Kompres dengan air hangat lebih disarankan karena suhu hangat mampu menyerap panas yang ada di dalam tubuh. Sedangkan kompres dengan air dingin atau air es dapat mendinginkan tubuh namun sifatnya hanya sementara.

Setelah kompres diangkat, tubuh akan kembali panas. • Minyak Kayu Putih Minyak yang berasal dari tumbuhan alami memang bisa memberikan sensasi menenangkan pada tubuh yang sedang tidak sehat. Salah satu minyak tersebut adalah minyak kayu putih. Penggunaan minyak kayu putih untuk demam yang disertai badan dingin dan pusing memang sangat umum.

Rasa hangat dan bau harum minyak kayu putih membuat tubuh bisa berisitirahat dengan nyenyak dan cepat pulih seperti semula. • Obat Penurun Panas Salah satu cara cepat dan ampuh untuk segera meredakan panas tubuh adalah dengan meminum obat penurun panas badan. Jenis dan dosis obat tentu tidak bisa sembarangan, namun harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Obat penurun cara menurunkan panas badan dan pusing yang ampuh biasanya adalah obat yang memiliki kandungan paracetamol seperti Sanmol yang mudah didapatkan di apotek terdekat. • Kunyit Putih Sama halnya dengan kunyit kuning, kunyit putih dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan panas dingin dan pusing pada seseorang. Haluskan kunyit putih, peras sarinya lalu campur dengan madu. Dapat diseduh dengan air hangat sebelum diminum oleh penderita. Kunyit putih dikenal sebagai obat herbal demam meriang yang berkhasiat.

• Teh Jahe Obat penurun demam untuk dewasa yang banyak disukai adalah teh panas yang dicampur dengan jahe. Sensasi hangat yang diberikan oleh minuman tersebut akan memulihkan metabolisme tubuh yang menurun akibat serangan virus dan penyakit. • Bawang Merah Satu lagi bahan alami yang bisa menyembuhkan gejala panas dingin dan pusing.

Bawang merah sering digunakan ibu ibu jaman dahulu untuk menyembuhkan anak yang sedang demam. Bawang putih mampu cara menurunkan panas badan dan pusing tubuh anak yang terasa dingin. Cara menurunkan demam dengan bawah merah yang benar adalah dengan mengiris bawang merah menjadi 2 bagian, lalu digosokkan ke punggung anak secara merata. Itulah berbagai cara menyembuhkan panas dingin dan pusing yang bisa diterapkan pada bayi, anak anak, maupun dewasa. Perlu diingat bahwa menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang paling utama sebelum penyakit menyerang.

Jalani gaya hidup sehat dengan istirahat cukup dan rajin olahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat.
Ada berbagai macam cara menurunkan demam dan pusing. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi gejala influenza yang umumnya berupa demam karena asam urat disertai rasa sakit kepala, kemudian juga batuk pilek maupun hidung tersumbat. Mulai dari pengobatan alami hingga memakai obat resep.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu sebaiknya pahami mana pengobatan yang paling cocok dan tepat, agar penyakit dapat segera mereda.

Karena bisa jadi setiap orang memiliki pilihan masing-masing yang disesuaikan kondisi fisik dan dana. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menurunkan demam dan pusing secara alami maupun medis. Pengobatan Alami Ada beberapa cara pengobatan untuk mengatasi demam karena alergi serta sakit kepala yang dapat dilakukan dengan alami, di antaranya sebagai berikut: • Manfaat kompres demam baik memakai handuk dingin maupun dengan memakai kompres instan.

Dengan demikian maka demam akan mereda dan sakit kepala yang umumnya terjadi juga karena efek demam dapat hilang dengan sendirinya. • Menggunakan uap minyak kayu putih, ini adalah cara yang mudah dan alami, dengan metode ini maka bukan hanya demam yang dapat pulih namun membantu gejala batuk pilek mereda pula dengan sendirinya. Sehingga gejala demam biasa yang disertai rasa sakit di kepala dapat segera sembuh.

• Makan makanan yang penuh gizi terutama kaya akan vitamin C dan mineral ataupun jenis vitamin lain yang tinggi. Karena dengan makanan bernutrisi maka resiko terserang penyakit seperti demam dapat dihindari. Menggunakan metode alami memiliki beberapa kelebihan, di antaranya yaitu sebagai berikut: • Tanpa efek samping karena terbuat dari bahan dasar alami sehingga tidak berbahaya terutama jika overdosis tidak timbul efek lain pada tubuh. • Lebih mudah cara menurunkan panas badan dan pusing karena umumnya bahan dasarnya ada di sekitar kita.

Memakai pengobatan alami juga memiliki kelemahan, yaitu sebagai berikut: • Masih mungkin menimbulkan resiko alergi sehingga harus tetap memperhatikan kondisi setelah pemakaian obat. • Efek sembuh yang lebih lama karena tidak bekerja pada pusat demam.

Pengobatan Medis Selanjutnya dapat pula menggunakan pengobatan secara medis yang umumnya berupa pemberian: • Obat penurun panas badan parasetamol yang bekerja untuk mengurangi penyebab demam lassa secara perlahan. • Penggunaan ibuprofen yang bukan hanya mengatasi demam namun juga dapat membantu untuk meredakan sakit kepala atau pusing yang mengganggu. Menggunakan pengobatan medis ini memiliki kelebihan yaitu sebagai berikut: • Dapat bekerja efektif langsung pada pusat penyakit yaitu pada saraf hipotalamus sehingga dapat menyembuhkan gejala demam denggi dan pusing dengan cepat.

• Mudah didapat di beberapa toko obat dan apotik sehingga tidak susah mencarinya. Karena biasanya dokter akan memberikan resep sesuai dengan obat yang ada di pasaran.

Obat medis memiliki beberapa kelemahan yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut: • Memiliki efek samping yang berbeda pada tiap penderita, sehingga harus berhati-hati dalam pemakaiannya. • Rentan terjadi efek berbahaya jika dipakai secara berlebihan atau over dosis.

Karena itu sebaiknya selalu turuti resep yang diberikan dari dokter dengan sungguh-sungguh. Demikian beberapa jenis cara menurunkan demam dan pusing, baik yang alami maupun yang medis. Jika kondisi penyakit masih ringan, sebaiknya gunakan cara alami saja.

cara menurunkan panas badan dan pusing

Lain halnya jika penyakit sudah parah dan tidak kunjung sembuh. Sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai. Sehingga penyakit cepat sembuh dan aktivitas dapat berjalan dengan lancar kembali.
Ladies, pernah tidak saat kondisi sedang normal dan tiba-tiba tubuh kalian demam tanpa ada sebab yang jelas? Tentu saja hal itu sangat mengganggu baik kenyamanan tubuh kita atau aktivitas yang sedang kita lakukan.

Gejala demam tanpa sebab ini biasanya ada dari berbagai faktor, seperti stress, infeksi penyakit, konsumsi obat-obat tertentu, kurang istirahat, dan lainnya. Jika terjadi pada anak bayi, kemungkinan faktor tumbuh gigi yang menjadi penyebab demam. Tapi ternyata, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan demam secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Cara apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menurunkan deman tanpa minum obat? Berikut cara-caranya. 1. Kompres Dahi dengan Handuk atau Plester Penurun Panas Mengkompres Dahi/Foto : freepik.com Kalau tiba-tiba badan deman, baik orang dewasa atau anak-anak pasti yang pertama dilakukan kompres dahi untuk menurunkan cara menurunkan panas badan dan pusing.

Biasanya bisa dengan handuk dingin atau plester penurun panas cara menurunkan panas badan dan pusing biasa dijual di apotek. Mengompresnya dengan handuk dingin bisa menurunkan suhu panas di tubuh kita. Baiknya jangan lebih dari 20 menit mengompres dahi dengan handuk dingin, bisa dijeda 10 menit sekali supaya suhu dingin pada handuk tetap terjaga.

Lebih efektif lagi bisa menggunakan plester penurun panas yang cukup ditempelkan ke dahi dan bisa digunakan selama tidur. 2. Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C/Foto : freepik.com Saat demam, tubuh kita menjadi lemas karena kekurangan kandungan vitamin atau mineral di tubuh. Pastikan konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi dan vitamin terutama vitamin C, seperti jeruk, semangka, buah beri, buah-buahan tersebut bisa dikonsumsi langsung atau sebagai jus.

Jika dikonsumsi dalam bentuk jus pastikan tidak ada gulanya jadi murni dari sari buah-buahan tersebut. Perbanyak Minum Air Mineral/Foto : freepik.com Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat suhu tubuh kita panas badan menjadi lemas dan mudah pusing. Untuk itu dianjurkan untuk memperbanyak cara menurunkan panas badan dan pusing air mineral agar tubuh tidak kekurangan cairan dan tidak mudah dehidrasi.

Jika kurang memperbanyak minum air mineral, maka tubuh semakin kurang cairan, demam tidak turun, dan memicu terjadinya panas dalam yang membuat kamu tidak nyaman. 4. Minum Teh Herbal atau Air Kelapa Minum Teh Herbal atau Air Kelapa/Foto : freepik.com Beberapa teh herbal yang mengandung antioksidan atau mineral lebih, seperti teh jahe yang memiliki antioksidan yang bisa melawan demam dan membuat perut menjadi hangat.

Jika tidak suka teh herbal, kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa. Kandungan mineral yang tinggi dan vitamin bisa membantu menurunkan suhu tubuh kamu, pastikan air kelapa yang kamu konsumsi air kelapa murni tanpa gula atau air kelapa kemasan. Memakai Kaus Kaki Basah/Foto : freepik.com Cara ini mungkin tidak banyak dilakukan beberapa orang.

Tapi nyatanya teknik memakai kaus kaki basah ini bisa membantu menurunkan demam dengan cepat. Kamu cukup menyiapkan kaus kaki yang sudah dibasahi dengan air, lalu gunakan seperti kaus kaki biasa. Lapisi dengan kaus kaki kering untuk menjaga suhu di kaus kaki basahnya, kemudian gunakan selama tidur. [Gambas:Instagram] 6. Istirahat yang Cukup dan Gunakan Pakaian Ringan Istirahat yang Cukup dan Gunakan Pakaian Ringan/Foto : freepik.com Terakhir dan yang paling penting, istirahat cukup dan jangan beraktivitas untuk menurunkan suhu tubuh dan menjadi rileks.

Pastikan kamu tidur menggunakan pakaian yang berbahan ringan jangan yang tebal dan membuat kamu menjadi gerah. Suhu ruangan juga sebaiknya sejuk, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas jadi membuat kamu tidur dengan nyenyak. Nah, itu dia cara menurunkan demam secara alami tanpa mengkonsumsi obat. Namun, jika kamu merasa demam tidak kunjung menurun dan badan kamu menjadi tidak enak, lebih baik langsung kunjungi dokter untuk tindakan lebih lanjut ya, Ladies!

(kik/kik)
Tubuh kita memang tidak selamanya bisa bugar. Banyak faktor yang mengalami tubuh kehilangan kebugaran itu. Faktor makanan, terkena virus maupun bakteri, dan juga karena faktor lainnya yang tidak disadari oleh tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh memang berperan dalam memangkal segala penyakit yang hinggap dalam tubuh. Namun, tidak selamanya dapat dilakukan. Terlebih ketika sistem kekebalan itu mengalami penurunan berbagai penyakit akan mudah untuk hinggap. Salah satu penyakit akibat sistem kekebalan tubuh yang menurun adalah badan panas kepala pusing dan mual.

Jenis penyakit ini tidak dapat dianggap remeh karena dapat menimbulkan dampak yang luas biasa. Adapun dampak itu berupa sistem metebolisme tubuh yang tidak dapat bekerja secara maksimal. Untuk itu, penting bagi anda menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu, penting juga mengetahui penyebab akan badan panas kepala pusing dan mual. Penting juga untuk mengetahui penyebab kepala pusing mendadak. Bahaya Badan Panas, Kepala Pusing dan Mual Untuk mengatahui akan bahayanya artikel berikut membahasanya sebagai pembelajaran untuk anda.

• Keracunan Badan panas kepala pusing dan mual pertama dalah keracunan. Tubuh memang memiliki sistem imun dan organ yang mampu menetralisir racun. Meskipun demikian, ketika tubuh anda mengalami keracunan akan mengalami badan panas, kepala pusing dan mual. Hal ini disebabkan karena virus yang menyerang sistem tubuh akibat dari keracunan.

Selain itu, tubuh juga memerlukan sebuah kerja untuk menetralisir racun itu. Adanya gejala itu bisa jadi sebagai peringatan bagi tubuh karena terkena racun. Baca juga ciri-ciri keracunan makanan. • Perubahan Cuaca Badan panas, kepala pusing, dan mual berikutnya disebabkan oleh perubahan cuaca.

Cuaca yang tidak menentu juga berdampak pada tubuh. Utamanya berkaitan dengan sistem imun tubuh. Cuaca ini juga dapat membawa sebagian penyakit dan virus dan hinggap dalam tubuh anda. Selain itu, tubuh juga memerlukan adaptasi atas perubahan cuaca itu. Sehingga, tidak jarang akan disertai gejala semacam badan panas, kepala pusing, dan mual. Penting juga untuk anda ketahui 15 makanan untuk penderita asam lambung.

• Kelelahan Badan panas, kepala pusing, dan mual selanjutnya berupa kelelahan. Aktivitas memang baik untuk tubuh karena akan meregangkan otot-otot dan sekaligus untuk berolah raga. Namun, penting untuk anda ketahui olah raga yang berlebih juga tidak baik untuk tubuh. Tubuh yang mengalami kelelahan dan menurunkan energi serta kekurangan cairan tubuh. Sehingga, tidak jarang ketika kelelahan akan mengalami cara menurunkan panas badan dan pusing panas, kepala pusing, dan mual.

Tentu hal ini akan menganggu rutinitas sehari-hari anda. Penting untuk menjaga aktivitas sehari-hari yang seimbang dan baik. Baca juga bahaya akibat kurang tidur malam. • Masuk Angin Badan panas kepala pusing dan mual berikutnya berupa masuk angin. Jenis penyakit ini memang begitu familier di masyarakat. Karena hampir semua pernah mengalaminya. Masuk angin ini biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang menurun dan juga akibat kelelahan.

Akibat yang ditimbulkan dari masuk ingin ini biasanya berupa kepala pusing mual dan juga badan panas disertai dengan dingin yang mengigil. Meskipun terkesan sepele masuk angin ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Untuk itu, penting memahami gejala yang ditimbulkan dari masuk angin. Baca juga terkait cara mengobati darah kotor. • Stress Berkepanjangan Badan panas, kepala pusing, dan mual selanjutnya berupa stress berkepanjangan. Stress ini penyebab utama berupa pikiran yang kekerja secara lebih.

Maksudnya bukan untuk bekerja secara normal, tetapi memikirkan sesuatu masalah yang begitu berat. terkadang hingga berlatur-larut. Karena beban pikiran yang begitu menekan inilah yang menyebabkan badan panas kepala pusing dan mual. • Kurangnya Asupan Makanan Yang Bernutrisi Tubuh seperti halnya sebuah motor yang membutuhkan suplai makanan.

Namun, tubuh berbeda dengan mesin. Tubuh lebih membutuhkan makanan yang kaya akan nilai gizi juga vitamin. Karena dengan itulah sistem organ tubuh akan bekerja secara lebih maksimal. Ketika tubuh tidak terpenuhi akan kandungan gizi itu akan mengalami berbagai gejala penyakit salah satunya badan panas, kepala pusing, dan mual.

Hal ini disebabkan oleh sistem imun tubuh yang menurun akibat kurang makanan yang bernutrisi. • Membuat Minuman Tradisional Minuman tradisional ini penting untuk membantu anda menngatasi berbagai penyakit.

Adapun minuman tradisional itu berupa jahe, temulawak, dan kunyit. Tanaman tradisonal ini akan membantu mengembalikan dan menjaga tubuh tetap bugar. Sehingga, berbagai macam penyakit akan sulit untuk masuk dalam tubuh. • Memenuhi Kebutuhan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Makanan ini cara menurunkan panas badan dan pusing tidak asing ditelinga kita karena telah diajarkan di sekolah dasar.

Namun, dalam kenyataan sering diabaikan. Makanan 4 sehat 5 sempurna ini sangat baik untuk memberikan asupan nustrisi dalam tubuh. Selain itu, susu juga akan membuat sistem imun dalam tubuh juga semakin kuat. Untuk itu, penting bagi anda memenuhi kebutuhan makanan 4 sehat 5 sempurna. Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!

Demam 3 Hari dan Sudah Berobat, Tapi Tiap Malam Suhu Badan Tinggi, Gimana Cara Turunkan Demamnya?




2022 www.videocon.com