Komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan soal sejarah materi persiapan proklamasi kemerdekaan dan perkembangan politik serta ekonomi pada awal kemerdekaan Indonesia.

Adapun materi yang terdapat dalam soal ini antara lain : 1. Persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia 2. Perkembangan politik dan ekomi pada awal kemerdekaan Indonesia Soal tentang persiapan proklamasi kemerdekaan dan perkembangan politik serta ekonomi pada awal kemerdekaan Indonesia meliputi dua jenis soal yaitu soal multiple choice dan esai. Berikut ini soalnya: A. Soal Pilihan Ganda Perkembangan Politik dan Ekonomi pada Masa Awal Kemerdekaan1. Wilayah republik Indonesia pada awal kemerdekaan dibagi menjadi 8 provinsi dan tiap-tiap provinsi dipimpin oleh seorang gubernur.

Hal tersebut berdasarkan … a. musyawarah para pendiri Republik Indonesia b. keputusan sidang PPKI anggal 18 Agustus 1945 c. sidang istimewa MPR d. kesepakatan Presiden dan DPR e. keputusan sidang PPKI tanggal 19 Agustus 1945 2. Pada bulan oktober 1946 pemerintah Indonesia memberlakukan mata uang ORI disebabkan karena … a. diberlakukannya mata uang Jepang b. ditariknya mata uang De Javasche Bank c. diberlakukannya mata uang NICA oleh sekutu d. upaya mengatasi kekacauan ekonomi e.

ditariknya mata uang Jepang oleh sekutu 3. Salah satu isi dari perjanjian konferensi Meja Bundar adalah … a. Republik Indonesia Serikat dan Belanda membentuk Uni Indonesia-Belanda b. Belanda tetap berkuasa sampai terrbentuknya Republik Indonesia Serikat c. RI merupakan Negara bagian dalam RIS d. Indonesia berbentuk Negara serikat dan merupakan uni dengan Belanda e. RIS akan dikepalai oleh seorang Presiden dan konstitusional 4. Tujuan dibentuknya pemerintahan darurat Republik Indonesia Bukit Tinggi adalah … a.

merintis dibentuknya Republik Indonesia serikat b. menggangalkan maksud Belanda menghancurkan TNI c. menunjukkan kepada dunia internasional bahwa pemerintah Indonesia masih ada d.

letak Bukit Tinggi aman dari pengawasan Belanda e. memindahkan pusat pemerintahan dari Yogyakarta ke Bukit Tinggi 5. Berikut ini adalah hasil konferensi Inter Indonesia, kecuali … a. Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat b.

BFO mendukung tuntutan RI agar pengakuan kedaulatan diberikan tanpa ikatan politik c. APRIS adalah angkatan perang nasional d. Negara Indonesia Serikat berganti nama menjadi RIS e. RI dan BFO membentuk panitia persiapan nasional untuk mengoordinasi kegiatan sebelum dan sesudah KMB 6. Tugas dari KTN yang dikirim oleh Dewan Keamanan PBB ke Indonesia adalah … a. membantu Belanda di Indonesia b.

melucuti senjata Belanda dan memulangkannya c. menyelesaikan sengketa Indonesia-Belanda d. mengajak Indonesia dan Belanda untuk berunding e. membantu Belanda menguasai kembali Indonesia 7. Perundingan antara Indonesia dan Belanda yang ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948 adalah perundingan … a. Inter Indonesia b. KMB c. Renvile d. Linggajati e. Roem Royen 8. Dibawah ini yang bukan merupakan tugas sekutu di Indonesia adalah … a.

membebaskan tawanan perang dan intemiran sekutu b. melucuti dan mengumpulkan senjata dari Jepang c. menegakkan kembali pemerintah Belanda di Indonesia d. menghimpun keterangan dan menurut penjahat parang e. menerima penyerahan kekuasaan dari Jepang 9. Rancana Kasimo yang dikenal dengan Plan Kasimo terinspirasi dari … a. revoluasi pangan dunia b. komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada IPTEK c.

peningkatan sumber daya alam d. masalah kelaparan dunia e. revolusi hijau 10. Maklumat pemerintah yang berisi tentang pembentukan parpol dikeluarkan pada tanggal … a.

3 September 1945 b. 12 November 1945 c. 13 November 1945 d. 12 September 1945 e. 3 November 1945 11. Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1) warisan pemerintah penjajah Jepang 2) pelaksanaan program RERA 3) Inflasi membumbung tinggi 4) krisis moneter 5) hilangnya kepercayaan investor 6) kas negara kosong Pernyataan di atas yang merupakan penyebab terjadinya krisis ekonomi pasca kemerdekaan adalah … a.

1,3,4 b. 2,5,6 c. komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada d. 1,3,6 e. 4,5,6 12. Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang autentik berbentuk … a. naskah asli tulisan tangan soekarno b. naskah tulisan yang ditandatangani Soekarno-Hatta c. naskah yang telah diketik oleh Sayuti Melik d. naskah ketikan yang ditandatangani Soekarno e.

naskah yang diketik dan ditandatangani Soekarno Hatta 13. Komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada … a. rakyat sangat menghendaki dilaksanakannya otonomi daerah b. badan ini berperan sebagai penyelenggara pemilihan umum c. badan ini merupakan bentukan para tokoh-tokoh nasional d. Presiden menghendaki kehadiran lembaga ini dalam membentuk tugasnya e. belum adanya DPR dan MPR yang harus dibentuk melalui pemilihan umum 14.

Tujuan PPKI mengadakan sidang pertama tanggal 18 Agustus 1945 adalah … a. memenuhi tuntutan golongan muda untuk segera membentuk negara b. realisasi hasil pertemuan di Dalat dengan Jenderal Terauchi c.

membentuk RI sebagai negara yang merdeka dan berdaulat d. membentuk organisasi pemerintahan dan memilih aparat-aparatnya e. mendapatkan pengakuan dunia internasional tentang eksistensi RI 15. Indonesia mengalami vacum of power pada pertengahan bulan Agustus 1945.

Hal ini dikarenakan a. Jepang memenangkan perang Asia Timur Raya b. tidak ada yang berani menguasai Indonesia c. pemerintah pendudukan Jepang dikalahkan oleh sekutu d. Jepang sengaja mengosongkan kekuasaannya di Indonesia e. Jepang kalah perang dan sekutu belum datang 16. Jepang menyerah kepada sekutu dalam perang Asia Pasifik setelah … a. Jepang tidak berhasil menguasai wilayah Asia Tenggara b. semangat tempur tentara Jepang yang mulai merosot c. kepulauan Saipan jatuh ke tangan sekutu d.

persiapan senjata dan amunisi Jepang habis e. bangsa Indonesia mendesak untuk meminta kemerdekaan 17. Pada tanggal 21 Juli 1947, Belanda melancarkan Agresi Militer I atas wilayah … a. Jawa, Bali, dan Madura b. Jawa, Sumaera, Jawa Timur, dan Kalimantan c.

Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera d. Kalimantan, Jawa, Sumatera, dan Sulawesi e. Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan 18. Salah satu pemicu terjadinya pertempura 10 November di Surabaya adalah … a.

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

belanda mengingkari hasil perundingan Renville b. tewasnya Gubernur Suryo c.

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

tewasnya Jenderal Mallaby d. Tewasnya Bridgen T.E.D Kelly e. pembebasan tawanan perang tanpa persetujuan 19. Dampak positif dari terjadinya Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli 1947 bagi RI adalah … a. Indonesia dan Belanda berhasil melakukan kompromi b.

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

Indonesia dikenal oleh dunia c. RI semakin muat mendapat dukungan Internasional d. Sutan Syahrir terpilih sebagai duta e. RI dapat mengungguli Belanda 20.

Pada bulan september 1945, rakyat Indonesia serta para pemimpin menyambut sekutu yang diwakili oleh Inggris di Indonesia karena melaksanakan tugas internasional yaitu … a. membantu Indonesia untuk melaksanakan kemerdekaannya b. menempatkan tentara sekutu di bekas kekuasaan Belanda c.

melucuti senjata tentara Jepang yang sudah menyerah d. mengembalikan kekuasaan Belanda di Indonesia e. mengambil alih kekuasaan Belanda atas Indonesia 21. Dalam menegakkan kedaulatan RI, sengketa Indonesia dengan Belanda pada periode 1945 – 1946 diakhiri dengan diadakannya perjanjian Linggarjati yang artinya … a. semua tuntutan Belanda ditolak oleh pemerintah RI b. wilayah RI sesuai dengan tuntutan, bekas wilayah Belanda c. dukungan internasional mulai mengalir untuk Indonesia d. Belanda secara tidak langsung terusir dari wilayah RI e.

Indonesia memperoleh pengakuan kedaulatan dari Belanda 22. Usaha yang dilakukan untuk mempertahankan diri dari pendudukan Belanda sebagai akibat diserang dan didudukinya Yogyakarta sebagai ibu kota RI dalam agresi militer Belada II adalah … a. di Bukit Tinggi pemerintahan darurat RI didirikan b. para pemimpin RI diungsikan ke tempat yang lebih aman c. memperkuat pertahanan untuk kembali merebut Yogyakarta d.

melaporkan tindakan Belanda kepada Belanda e. melakukan serangan umum 1 Maret 1949 pimpinan Suharto 23. Berikut ini merupakan upaya-upaya menata kehidupan ekonomi di Indonesia, kecuali … a. Plan Kasimo b. menerapkan sistem Ali Baba c. menerapkan sistem ekonomi gerakan benteng d. nasionaisasi de Javasche Bank e.

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

melaksanakan Konferensi Asia Afrika 24. Alasan kalangan pemuda menuntut agar kemerdekaan Indonesia terlepas dari pengaruh Jepang adalah … a.

kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia b. kemerdekaan Indonesia adalah hak bangsa Indonesia sendiri c. kemerdekaan Indonesia harus lahir dari sikap yang radikal d. dalam pelaksanaan proklamasi kemerdekaan PPKI harus diikutsertakan e. rakyat Indonesia merupakan hak bangsa Indonesia sendiri 25.

Berikut ini yang bukan merupakan latar belakang pembentukan Tentara Keamanan Rakyat adalah … a. untuk menghadapi ancaman dari luar yang menghendaki runtuhnya negara Indonesia b. desakan anggota BKR akan pentingnya tentara kebangsaan dalam suatu negara c.

tindakan provokasi dari pasukan Jepang d. kesadaran pemerintah Indonesia sejak awal untuk membentuk tentara kebangsaan e. keamanan rakyat semakin terancam dengan kedatangan tentara sekutu 26. Keadaan ekonomi pada masa awal kemderdekaan masih kacau disebabkan karena … a. pengaturan kegiatan ekonomi dipegaruhi sistem buatan Belanda b. kesulitan masalah keuangan negara c. gangguan dari pihak luar d.

korupsi yang dilakukan oleh pejabat pemerintah e. belum memiliki pemimpin negara B. Soal Esai : Perkembangan Politik dan Ekonomi pada Masa Awal Kemerdekaan1. Sebutkan tiga hasil keputusan rapat PPKI tanggal 22 Agustus 1945! 2. Jelaskan tujuan diadakannya rapat raksasa di lapangan Ikada! 3. Sebutkan hasil kesepakatan dari KMB! 4. Sebutkan alat-alat perlengkapan negara yang dibentuk pada rapat PPKI! 5. Mengapa bidang pendidikan pada masa pendudukan Jepang mengalami kemerosotan?

6. Apa tujuan Jepang menguasai Tarakan, Balikpapan, dan Palembang? 7. Sebutkan tokoh-tokoh yang ikut serta dalam perumusan teks proklamasi! 8. Apa tugas dari Komite Nasional Indonesia Daerah? 9. Apakah yang menjadi penyebab munculnya pertempuran lima hari di Semarang? 10. Bagaimanakah tanggapan DIY atas berita kemerdekaan Indonesia?

Demikian soal sejarah : perkembangan politik dan ekonomi pada awal kemerdekaan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Dalam: Sejarah KOMPAS.com - Negara Kesatuan Republik Indonesia resmi berdiri seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan yang disampaikan pada 17 Komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada 1945. Pasca proklamasi tersebut, Indonesia harus menghadapi tantangan untuk menyelesaikan kelengkapan struktur negara.

Dilansir dari situs resmi Dewan Perwakilan Rakyat, Pemerintah Pusat RI berhassil melengkapi pemerintahan, salah satunya dengan membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat pada 29 Agustus 1945. KNIP merupakan Badan Pembantu Presiden dengan anggota terdiri dari pemuka-pemuka masyarakat di berbagai golongan dan daerah.

Termasuk di dalamnya mantan anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Baca juga: Pembentukan BPUPKI dan PPKI KNIP ini dibentuk di seluruh Indonesia dan berpusat di Jakarta.

Tujuan pembentukan Komite Nasional Indonesia adalah sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk merdeka berdasarkan kedaulatan rakyat. Tugas KNIP Dalam buku Siliwangi dari Masa ke Masa (1979), Komite Nasional adalah penjelmaan kebulatan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indoneisa berdasarkan Kedaulatan Rakyat.

Pada sidang II KNIP tanggal 16-17 diusulkan kedudukan dan tugas-tugas KNIP, sebagi berikut: • Sebelum terbentuk MPR dan DPR, Komite Nasional Indonesia Pusat diserahi kekuasaan legislatif dan ikut menetapkan Garis-Garis Besar Haluan Negara. • Pekerjaan sehari -hari KNIP dijalankan oleh sebuah Badan Pekerja yang dipilih di antara dan bertanggung jawab kepada KNIP.

Baca juga: Daftar Anggota PPKI Usaha-usaha KNIP Usaha-usaha KNIP adalah: • Menyatakan kemauan rakyat Indonesia untuk hidup sebagai bangsa yang merdeka. • Mempersatukan rakyat dari segala lapisan dan jabatan, supaya terpadu pada segala tempat di seluruh Indonesia, persatuan kebangsaan yang bulat dan erat. • Membantu mententeramkan rakyat dan turut menjaga keselamatan umum. • Membangun pemimpin dalam menyelenggarakan cita-cita bangsa Indonesia dan di daerah, serta membantu pemerintah daerah untuk kesejahteraan umum.

Komite Nasional di pusat memimpin dan memberi petunjuk kepada komite-komite Nasional di daerah. Di daerah didirikan pusat daerah, untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil. Komite Nasional yang berada di pusat, pusat daerah, dan daerah dipimpin oleh seorang ketua dan beberapa orang anggota pengurus. Bertanggung jawab kepada Komite Nasional.
Contoh Soal PG dan Jawaban Sejarah Peminatan K13 Kelas XI Semester 2~Part-8 - Soal pilihan ganda sejarah peminatan kelas 11 semester genap kurikulum 2013 SMA/MA bagian ke-8 merupakan lanjutan komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada ke-7 (soal nomor 66-75) dengan materi yang berbeda.

Bagian ke-7 berisikan materi soal tentang kehidupan bangsa Indonesia pada zaman pendudukan Jepang, sedangkan bagian kedelapan yang sedang Anda baca ini, diambil dari Bab 4, "Indonesia Merdeka", seperti soal tentang pemikiran dalam piagam PBB, proklamasi kemerdekaan Indonesia, serta pembentukan perangkat kenegaraan RI.

Berikut dibawah ini soal pg sejarah peminatan kelas xi semester genap kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban, dimulai dari pertanyaan nomor 76.

76. Sebagai realisasi pelasnaan tugas BPUPKI kemudian mengadakan sidang-sidang. Secara garsi besar sidang-sidang BPUPKI itu terbagi menjadi dua kali sidang. Sidang BPUPKI diadakan pada tanggal … a.

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

26 Mei – 1 Juni 1945 b. 27 Mei – 1 Juni 1945 c. 28 Mei – 1 Juni 1945 d. 29 Mei – 1 Juni 1945 e. 30 Mei – 1 Juni 1945 Jawaban: d 77. Sidang pertama BPUPKI membahas tentang … a. Merancang UUD 1945 b. Batang tubuh 1945 c. Dasar bagi negar Indonesia merdeka d.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia e. Pembukaan UUD 1945 Jawaban: c 78. Wakil pertemuan dan golongan muda saat pertemuan antara golongan mudan dan golongan tua adalah ….

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

a. Syodanco b. Mr. Ahmad Subarjo c. Sukarni d. Wikanan e. Jusuf Kunto Jawaban: d 79. Berikut ini adalah anggota PPKI yang termasuk dalam golongan tua, kecuali . a.

Wikana b. Ahmad Subarjo c. Ir. Soekarno d. Iwa Kusuma Sumantri e. Moh. Hatta Jawaban: a 80. Usaha mengamankan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.00 dini hari. Ir. Soekarno dijemput oleh Chairul Saleh dan Muwardi, sedangkan Moh. Hatta dijemput oleh … a. Wikanan dan Darwis b. Chairul Saleh dan Sukarni c. Cahirul Salen dan Jusuf Kunto d. Wikanan dan sutan Syahrir e. Sukarni dan Jusuf Kunto Jawaban: e 81. Terjadinya peristiwa Rengasdengklok, dikarenakan adanya perbedaan pendapat tentang … a.

Tempat pelaksanaan proklamasi b. Komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada pelaksanaan proklamasi c.

Penandatanganan naskah proklamasi d. Tokoh yang membacakan naskah proklamasi e. Pembaca teks proklamasi Jawaban: b 82. Golongan muda memilih Rengasdengklok untuk mengamankan Soekarno Hatta atas dasar pertimbangan … a. Militer b. Strategis c. Psikologi d. Ekonomi e. Politis Jawaban: a 83. Perumusan naskah teks proklamasi kemerdekaan dilakukan dirumah … a. Shigetada Nishijima b. Moh. Hatta c. Ir. Soekarno d. Prof.

Dr. Mr Sopomo e. Laksamana Maeda Jawaban: e 84. Republik Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi dan tiap-tiap provinsi dipimpinoleh gubernur. Hal ini didasarkan pada … a. Kepututsan sidang PPKI pertama b. Keputusan sidang PPKI tanggal 19 Agustus 1945 c. Musyawarah para pendiri negara RI d. Sidang istimewa MPR e. Kesepakatan antara Presiden dan DPR Jawaban: b 85.

Komite Nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada … a. Rakyat sangat menghendaki dilaksanakan otonomi daerah b. Badan ini berperan sebagai penyelenggara pemilihan umum c. Badan ini merupakan bentukan para tokoh nasional d.

Presiden menghendaki kehadiran lembaga ini dalam membantu tugasnya e. DPR dan MPR belum ada yang harus dibentuk komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada pemilihan umum Jawaban: d 86.

Akhir tahun 1942, posisi pasukan tentara Jepang di Pasifik sudah mulai terdesak. Untuk menarik dukungan penduduk setempat, maka Jepang merencanakan memberikan kemerdekaan kepada … a. Malaysia dan Birma b. Indonesia dan Malaysia c. Birma dan Filipina d. Indonesia dan Birma e. Indonesia dan Filipina Jawaban: c 87. Saiko Shikikan (Kumaikci Harada) mengeluarkan Osamu Seirei No.

36 dan 37 tentang pembentukan Chuo Sangi Kai dan Chuo Sangi In. hal yang boleh dirundingkan atau dibahas dalam Chuo Sangi In antara lain … a. Persatuan Indonesia b.

Pemerintahan Indonesia c. Pengembangan pemerintahan militer d. Calon para pemimpin Indonesia e. Kemerdekaan Indonesia Jawaban: c 88. Dari segi perjuangan untuk segera mencapai kemerdekaan, keberadaan Chuo Sangi In tidak banyak berarti, namun badan ini memiliki peran, yaitu … a. Sebagai inspirasi bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan b. Semakin menambah wawasan dan pengalaman bagi para anggota c.

Menjembatani hubungan antara Indonesia dengan Jepang d. Menyiapkan Indonesia merdeka e. Menjadi awal lahirnya Indonesia merdeka Jawaban: b 89. Yang mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai pada tanggal 1 Maret 1945 adalah … a.

Shigetada Nishijima b. PM Kaiso c. Kumaikici Harada d. Kaisar Hirohito e. PM Tojo Jawaban: c 90. BPUPKI diresmikan pada tanggal … a. 24 Mei 1945 b. 25 Mei 1945 c. 26 Mei 1945 d. 27 Mei 1945 e. 28 Mei 1945 Jawaban: e Lanjut ke soal UKK => Contoh Soal UAS/PAT Sejarah Peminatan Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban ★ Sejarah SMA Kelas 11 Semester 2 Komite Nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada … a.

Rakyat sangat menghendaki dilaksanakannya otonomi daerah b. Badan ini berperan sebagai penyelenggara pemilihan umum c. Badan ini merupakan bentukan bara tokoh – tokoh nasional d. Presiden menghendaki kehadiran lembaga ini dalam membentuk tugasnya e. Belum adanya DPR dan MPR yang harus dbentuk melalui pemilihan umum Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah?

klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Sejarah Indonesia Bab 9 SMA Kelas 10 Segera setelah menduduki Madiun pada tanggal 18 September 1948, PKI menangkap dan membunuh tokoh pemerintahan dan partai yang tidak mau tunduk kepada PKI dan dalam waktu yang singkat menguasai beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dua tokoh PKI yang menjadi dalam eristiwa Madiun adalah A. Aidit dan tan Malaka B. Musso dan Amir Syarifuddin C. Musso dan tan Malaka D. Aidit dan Amir Syarifuddin E.

Musso dan Aidit Materi Latihan Soal Lainnya: • IPS Semester 2 Genap SMP Kelas 7 • UTS Seni Budaya SD Kelas 3 • Makanan dan Minuman - Bahasa Arab MI Kelas 2 • Bahasa Inggris SMA Kelas 10 • PTS Bahasa Indonesia Semester 2 Genap SMP Kelas 7 • Membaca Sastra dan Non Sastra - Bahasa Indonesia SD Kelas 6 • Tema 5 Semester 2 Genap SD Kelas 2 • Penilaian Tengah Semester Bahasa Inggris SD Kelas 4 • UTS 1 Ganjil Matematika SD Kelas 4 • PAI SD Kelas 1 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tips : Jika halaman ini selalu menampilkan soal yang sama secara beruntun, maka pastikan kamu mengoreksi soal terlebih dahulu dengan menekan tombol "Koreksi" diatas.

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •
19. Komite Nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada … a.

rakyat sangat menghendaki dilaksanakannya otonomi daerah b. badan ini berperan sebagai penyelenggara pemilihan umum c. badan ini merupakan bentukan para tokoh nasional d. Presiden menghendaki kehadiran lembaga ini dalam membantu tugasnya e. DPR dan MPR belum adan yang harus dibentuk melalui pemilihan umum Jemimaelora May 2019 - 0 Replies 1.

Akhir tahun 1942, posisi pasukan tentara Jepang di Pasifik sudah mulai terdesak. Untuk menarik dukungan penduduk setempat, maka Jepang merencanakan memberi kemerdekaan kepada … a.

Malaysia dan Birma b. Indonesia dan Malaysia c. Birma dan Filipina d. Indonesia dan Birma e. Indonesia dan Filipina Answer
★ SMA Kelas 11 / Sejarah SMA Kelas 11 Semester 2 Komite Nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada … a. Rakyat sangat menghendaki dilaksanakan otonomi daerah b. Badan ini berperan sebagai penyelenggara pemilihan umum c. Badan ini merupakan bentukan para tokoh nasional d.

Presiden menghendaki kehadiran lembaga ini dalam membantu tugasnya e. DPR dan MPR belum ada yang harus dibentuk melalui pemilihan umum Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Peradaban di Dunia - Sejarah SMA Kelas 10 Penyebab terjadinya perang Peloponessos antara Athena dan Sparta adalah… A.

Adanya wajib militer yang diberlakukan masyarakat di Athena B. Adanya Dominasi kota Athena, terhadap negara-negara kota (polis) di Yunani Kuno. C. Adanya sengketa pajak bumi masyarakat Athena dan negara bagian di Sparta yaitu Troya D.

Adanya pengekangan terhadap suara masyarakat Athena oleh masyarakat Sparta E. Adanya penyimpangan hukum yang dilakukan para Archon Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Materi Latihan Soal Lainnya: • Tema 4 Subtema 1 SD Kelas 4 • Telinga Sebagai Indera Pendengaran - IPA SD Kelas 4 • Segi Banyak - Matematika SD Kelas 4 • PPKn SD Kelas 1 • Masa Kemerdekaan (1945–1950) - IPS SMP Kelas 9 • IPA Tema 1-4 SD Kelas 5 • PTS Fisika Semester 2 Genap SMA Kelas 10 • Bahasa Inggris SD Kelas 4 part 2 • PAI Bab 8 SD Kelas 6 • Ulangan Harian Tema 1 Sub Tema 4 - SD Kelas 1 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •Kasman Singodimedjo Tempat bersidang Gedung Kesenian Jakarta (Sidang pleno pertama) Komite Nasional Indonesia Pusat (sering disingkat dengan KNIP) dibentuk berdasarkan Pasal IV, Aturan Peralihan, Undang-Undang Dasar 1945 dan dilantik serta mulai bertugas sejak komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada 29 Agustus 1945 sampai dengan 15 Februari 1950.

[1] KNIP merupakan Badan Pembantu Presiden, yang keanggotaannya terdiri dari pemuka-pemuka masyarakat dari berbagai golongan dan daerah-daerah termasuk mantan Anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. [2] KNIP ini diakui sebagai cikal bakal badan legislatif di Indonesia, sehingga tanggal pembentukannya diresmikan menjadi Hari Jadi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. [1] Informasi lebih lanjut: Daftar anggota Komite Nasional Indonesia Pusat Anggota KNIP terdiri dari 137 orang, dimana yang bertindak sebagai pimpinan adalah: [1] [2] • Mr.

Kasman Singodimedjo - Ketua • Mas Sutardjo Kertohadikusumo - Wakil Ketua I • Mr. J. Latuharhary - Wakil Ketua II • Adam Malik - Wakil Ketua III Badan Pekerja [ sunting - sunting sumber ] Berhubung dengan keadaan dalam negeri yang genting, pekerjaan sehari-hari KNIP dilakukan oleh satu Badan Pekerja, yang keanggotaannya dipilih dikalangan anggota, dan bertanggung jawab kepada KNIP.

Badan Pekerja KNIP pada saat itu (BP-KNIP) dibentuk tanggal 16 Oktober 1945 yang diketuai oleh Sutan Sjahrir dan penulis oleh Soepeno dan beranggotakan 28 orang. [3] [4] Pada tanggal 14 November 1945, Sutan Syahrir diangkat menjadi Perdana Menteri, sehingga BP-KNIP diketuai oleh Soepeno dan penulis dr.

Abdul Halim. [5] Kemudian pada tanggal 28 Januari 1948, Soepeno diangkat menjadi Menteri Pembangunan dan Pemuda pada Kabinet Hatta I, sehingga ketua adalah Mr. Assaat Datu Mudo, dan penulis tetap dr. Abdul Halim.

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

{INSERTKEYS} [6] Pada tanggal 21 Januari 1950, Mr. Assaat diangkat menjadi Pelaksana Tugas Presiden Republik Indonesia dan dr. Abdul Halim diangkat menjadi Perdana Menteri, serta sebagian besar anggauta BP-KNIP diangkat menjadi Menteri dalam Kabinet Halim tsb. BP-KNIP tidak punya kantor tetap, waktu di Jakarta di Jl. Pejambon dan Jl. Cilacap (1945), waktu di Cirebon di Grand Hotel Ribberink (1946), waktu di Purworejo di Grand Hotel Van Laar (1947), dan waktu di Yogyakarta di Gedung Perwakilan Malioboro (1948-1950).

[7] Para anggota BP-KNIP tercatat antara lain: Sutan Syahrir, Mohamad Natsir, Soepeno, Mr. Assaat Datuk Mudo, dr. Abdul Halim, Tan Leng Djie, Soegondo Djojopoespito, Soebadio Sastrosatomo, Soesilowati, Rangkayo Rasuna Said, Adam Malik, Soekarni, Sarmidi Mangunsarkoro, Ir.

Tandiono Manoe, Nyoto, Mr. Abdul Gafar Pringgodigdo, Abdoel Moethalib Sangadji, Hoetomo Soepardan, Mr. A.M. Tamboenan, Mr. I Gusti Pudja, Mr. Lukman Hakim, Manai Sophiaan, Tadjudin Sutan Makmur, Mr. Mohamad Daljono, Sekarmadji Kartosoewirjo, Mr. Prawoto Mangkusasmito, Sahjar Tedjasoekmana, I.J.

Kasimo, Mr. Kasman Singodimedjo, Maruto Nitimihardja, Mr. Abdoel Hakim, Hamdani, dll. [8] Maklumat Wakil Presiden [ sunting - sunting sumber ] Atas usulan KNIP, dalam sidangnya pada tanggal 16- 17 Oktober 1945 di Balai Muslimin, Jakarta, [3] diterbitkan Maklumat Wakil Presiden Nomor X (dibaca: eks) Tanggal 16 Oktober 1945, yang dalam diktumnya berbunyi: [2] “ Bahwa Komite Nasional Indonesia Pusat, sebelum terbentuknya Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat diserahi kekuasaan legislative dan ikut menetapkan Garis-garis Besar Haluan Negara, serta pekerjaan Komite Nasional Indonesia Pusat sehari-hari berhubung dengan gentingnya keadaan dijalankan oleh sebuah Badan Pekerja yang dipilih di antara mereka dan yang bertanggung jawab kepada Komite Nasional Indonesia Pusat.

” Sejak diterbitkannya Maklumat Wakil Presiden tersebut, terjadi perubahan-perubahan yang mendasar atas kedudukan, tugas, dan wewenang KNIP. Sejak saat itu mulailah lembaran baru dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia, yakni KNIP diserahi kekuasaan legislatif dan ikut menetapkan Garis-garis Besar Haluan Negara.

[2] Sidang-sidang [ sunting - sunting sumber ] KNIP telah mengadakan sidang-sidang di antaranya adalah: [1] • Sidang Pleno II di Jakarta tanggal 16– 17 Oktober 1945 [4] • Sidang Pleno III di Jakarta pada 25– 27 November 1945. [4] • Sidang Pleno IV di Surakarta pada 28 Februari–8 Maret 1946; • Sidang Pleno V di Kota Malang pada 25 Februari– 6 Maret 1947 [4] • Sidang Pleno VI di Yogyakarta pada 6–15 Desember 1949 [9] Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ a b c d Sejarah DPR RI.

www.dpr.go.id Diarsipkan 2008-05-22 di Wayback Machine., diakses pada 1 Juni 2008 • ^ a b c d Perkembangan Kelembagaan Majelis Permusyawaratan Rakyat. www.mpr.go.id, diakses pada 1 Juni 2008 • ^ a b Dini S. Setyowati. Putra Fajar, Menuju Jalan Perundingan • ^ a b c d "M.

Sjafe'i Hassanbasari. Dekret dan Maklumat yang Pernah Ada. Kompas, 26 Juni 2001". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-09-13 . Diakses tanggal 2008-05-31. • ^ Pada kartu anggauta BP-KNIP milik Soegondo Djojopoespito ditemukan, bahwa yang menanda tangani adalah Soepeno (ketoea) dan A.Halim (penoelis) tertanggal Djakarta 25-11-1945, Museum Sumpah Pemuda Jakarta • ^ Berdasarkan biografi Assaat berada di Yogyakarta sejak Januari 1948, sehingga cocok dengan tanggal 28 Januari 1948 • ^ Berdasarkan ingatan Sunaryo Joyopuspito yang ikut orang tuanya mulai dari Jakarta - Cirebon - Purworejo - Yogyakata 1945-1950 • ^ Belum ditemukan data resmi, namun seingatan Sunaryo Joyopuspito yang pada masa kecilnya mengenal para anggota BP-KNIP 1947-1949 • ^ Dewan Perwakilan Rakjat Gotong Rojong (1970).

Seperempat abad Dewan Perwakilan Rakjat Republik Indonesia. hlm. 10. Sumber [ sunting - sunting sumber ] • Cribb, Robert (2001) Parlemen Indonesia 1945-1959" (Indonesian Parliaments 1945-1959) in Panduan Parlemen Indonesia (Indonesian Parliamentary Guide ), Yayasan API, Jakarta, ISBN 979-96532-1-5 • Kahin, George McTurnan (1952) Nationalism and Revolution in Indonesia Cornell University Press, ISBN 0-8014-9108-8 • M.

C. Ricklefs (1982), A History of Modern Indonesia, Macmillan Southeast Asian reprint, ISBN 0-333-24380-3 • Simanjuntak, P.H.H (2003) Kabinet-Kabinet Republik Indonesia: Dari Awal Kemerdekaan Sampai Reformasi (Cabinets of the Republic of Indonesia: From the Start of Independence to the Reform Era, Penerbit Djambatan, Jakarta, ISBN 979-428-499-8 • Pimpinan ( Ketua • Wakil Ketua) • Badan Musyawarah • Komisi ( I • II • III • IV • V • VI • VII • VIII • IX • X • XI) • Badan Legislasi • Badan Anggaran • Badan Kerja Sama Antar-Parlemen • Mahkamah Kehormatan Dewan • Badan Urusan Rumah Tangga • Panitia khusus • Panitia kerja • Badan Akuntabilitas Keuangan Negara ( telah dihapus) Periode • 1945–1950 (KNIP) • 1950 (DPR RIS) • 1950-1956 (DPRS) • 1956-1959 • DPR Peralihan • 1960–1965 (DPR-GR) • 1965-1966 (DPR-GR tanpa PKI) • 1966–1971 (DPR-GR/DPR Orde Baru) • 1971–1977 • 1977–1982 • 1982–1987 • 1987–1992 • 1992–1997 • 1997–1999 • 1999–2004 • 2004–2009 • 2009–2014 • 2014–2019 • 2019–2024 Anggota • Halaman ini terakhir diubah pada 16 Desember 2021, pukul 03.22.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Pertanyaan Dibentuknya Komite Nasional pada awal kemerdekaan didasarkan pada alasan .... a. badan ini merupakan bentukan para tokoh-tokoh nasional b.

badan ini berperan sebagai penyelenggara pemilihan umum c. presiden menghendaki kehadiran lembaga ini dalam membantu tugas-tugasnya d. rakyat sangat menghendaki dilaksanakannya otonomi daerah e. belum adanya DPR dan MPR yang harus dibentuk melalui pemilihan umum Hai Rahmat S, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat adalah yang c.

presiden menghendaki kehadiran lembaga ini dalam membantu tugas-tugasnya Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, para pemimpin bangsa Indonesia terus berjuang membenahi tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembenahan tersebut dilakukan dengan mengambil keputusan yaitu mengesahkan UUD 1945, memilih presiden dan wakil presiden dan membentuk Komite Nasional Indonesia untuk membantu presiden untuk sementara waktu karena MPR dan DPR belum terbentuk.

Semoga membantu yaa :)) 1. pada 1971 Roy Tomlinson dan rekannya berhasil menciptakan situs penyedia surat elektronik atau email hasil temuan Roy Tomlinson tersebut bermanfaat bagi manusia karena A. mempercepat pertukaran informasi B. mengakomodasi kepentingan pribadi C.

memudahkan interaksi dengan banyak orang D. memperlancar komunikasi antar orang banyak E. memudahkan masyarakat menjalankan aktivitas Masa Reformasi dimulai dengan mengembalikan hak-hak rakyat, baik dalam tataran elite maupun rakyat pada umumnya.

SEBAB Reformasi melakukan beberapa koreksi terhadap penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan Orde Baru. A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, tetapi pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan salah.
yuliuskendek.id - Apa kabar Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik?

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal sejarah kelahiran Pancasila dilengkapi dengan kunci jawaban mata pelajaran PPKn kelas VII Kurikulum Merdeka revisi 2021. Sekiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal sejarah kelahiran Pancasila dilengkapi dengan kunci jawaban mata pelajaran PPKn kelas VII Kurikulum Merdeka.

Gambar: freepik.com 1. Pancasila berasal dari bahasa .... A. Yunani B. Sansekerta C. Jawa D. Indonesia 2. Masa sidang II BPUPKI dilaksanakan pada tanggal .... A. 9-12 Mei 1945 B. 7-16 April 1945 C. 11-17 Juli 1945 D. 10-17 Juli 1945 3. Makmurnya negeri Indonesia mengundang orang asing datang dari Tiongkok, India, Arab, lalu Eropa. Mula-mula mereka semua berdagang.

{/INSERTKEYS}

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

Namun bangsa-bangsa Eropa kemudian mulai menjajah Nusantara. Berikut ini adalah bangsa Eropa yang pernah menjajah Indonesia, kecuali .

A. Belgia B. Belanda C. Portugis D. Inggris 4. Berikut ini adalah anggota istimewa BPUPKI, kecuali . A. Tanaka Minoru B. Ide Teitiro C. Masuda Toyohiko D. H. Agus Salim 5. Memasuki abad ke-20 (masa kebangkitan nasional), upaya melawan penjajah tidak lagi dengan perang tetapi melalui gerakan politik. Organisasi yang pertama kali berdiri pada masa kebangkitan nasional adalah .

A. Budi Utomo B. Muhammadiyah C. Syarikat Islam D. Nahdlatul Ulama 6. Pidato Soekarno 1 Juni 1945, berisi tentang, kecuali . A. Gotong royong B. Demokrasi C. Pancasila D. Trisila 7. Jepang membentuk lembaga yang dinamai Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Tugas lembaga ini adalah . A. memuluskan usaha Jepang mengalahkan tentara sekutu. B. menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa Jepang adalah saudara tua.

C. membantu Jepang untuk memenangkan Perang Asia Timur Raya. D. membuat rencana atau menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk menjadikan Indonesia merdeka. 8. Otto Iskandar Dinata merupakan anggota panitia . A. PPKI B.

BPUPKI C. Sembilan D. Delapan 9. BPUPK didirikan pada tanggal 29 April 1945, dipimpin oleh . A. Ir. Soekarno B. Muhammad Yamin C. Mr. Supomo D. Radjiman Wedyodiningrat 10. K.H. Kahar Moezakkir merupakan anggota panitia . A. Lima B. Delapan C. Sembilan D. Piagam Jakarta 11. Pada tanggal 28 Mei 1945, BPUPK diresmikan. Kantornya berada di . A. Istana Kepresidenan B. Istana Negara C. Gedung DPR/MPR RI D. Gedung Chuo Sangi-in atau Gedung Pancasila 12.

Pengakuan terhadap eksistensi bangsa Indonesia sebagai negara yang berTuhan tercantum dalam alinea ke [.] Dalam pembukaan UUD NKRI 1945. A. Kesatu B. Kedua C. Ketiga D. Keempat 13. Tokoh nasional yang mengusulkan rancangan dasar negara adalah sebagai berikut, komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada . A. Supomo B. K.H. Wakhid Hasyim C. Ir. Soekarno D. Muhammad Yamin 14. Penegasan tentang perjuangan pergerakan kemerdekan tercantum dalam alinea ke [.] Pembukaan UUD Komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada 1945.

A. Kesatu B. Kedua C. Ketiga D. Keempat 15. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Kebangsaan Indonesia. 2) Internasionalisme atau perikemanusiaan. 3) Mufakat atau demokrasi. 4) Kesejahteraan sosial. 5) Ketuhanan Yang Maha Esa. Adalah usulan dasar negara yang disampaikan oleh . A. Supomo B. Muhammad Hatta C. Ir. Soekarno D. Muhammad Yamin 16. Lambang Garuda Pancasila mulai diperkenalkan pada tahun . A. 1950 B. 1951 C. 1945 D. 1946 17. Nama Pancasila yang digunakan sebagai nama dasar negara Indonesia merdeka diusulkan oleh .

A. Supomo B. Ir. Soekarno C. Muhammad Yamin D. Muhammad Hatta 18. Pada masa sejarah awal ditemukan sarana upacara keagamaan, seperti nekara atau gong perunggu yang ditemukan di banyak tempat, mulai dari Sumatra hingga Alor, Nusa Tenggara Timur.

Dari temuan tersebut menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila sudah ada sejak zaman dahulu yaitu nilai . A. Persatuan B. Keadilan Sosial C. Ketuhanan D. Kemanusiaan 19. Panitia yang dibentuk oleh BPUPK untuk merumuskan kata-kata yang menjadi isi dari Pancasila adalah . A. Panitia Perumus B. Komite Pancasila C. Panitia Sembilan D. Komite Dasar Negara 20. Latar belakang dibentuknya BPUPKI adalah . A. Jepang ingin menarik simpati Belanda B. Penderitaan bangsa Indonesia akibat dijajah oleh bangsa lain C.

Belanda menyerah kepada Jepang D. Jepang menguasai Indonesia 21.

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

Berikut ini yang bukan anggota Panitia Sembilan adalah . A. AA Maramis B. Abdurrahman Wahid C. Ahmad Subarjo D. Abdulkahar Muzakir 22. BPUPKI dalam bahasa Jepang adalah . A. Bo Ei Banzai B. Dokuritsu Junbi Inkai C. Dokuritsu Junbi Cosakai D. Irasshaimase Kudasai 23. Perumusan Pancasila dilakukan melalui diskusi seru. Anggota Panitia Sembilan berbineka atau berlatar belakang dari berbagai kalangan berbeda.

Mereka memiliki pendapat yang berbeda-beda pula. Anggota Panitia Sembilan yang berpendapat bahwa negara Indonesia yang akan dibentuk harus berdasarkan agama adalah . A. Muhammad Yamin B. AA Maramis C.

K.H. Wachid Hasyim D. Ir. Soekarno 24. Tanggal 1 Juni dikenal sebagai hari lahirnya Pancasila dikarenakan .

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

A. Istilah Pancasila ditemukan pada tanggal 1 Juni 1945 B. Istilah Pancasila diusulkan sebagai dasar negara pada tanggal 1 Juni 1945 C. Nilai-nilai Pancasila muncul pada tanggal 1 Juni 1945 D.

Pancasila disahkan tanggal 1 Juni 1945 25. Soekarno, Hatta, dan beberapa anggota lain mengingatkan bahwa negara Indonesia sebaiknya tidak berdasarkan keagamaan. Kalau negara Indonesia berdasar agama, dasar agamanya tentu Islam karena sebagian besar penduduk beragama Islam. Hal ini membuat kelompok penganut kebangsaan khawatir. Yang menjadi kekhawatiran kelompok penganut kebangsaan tersebut adalah . A. Indonesia akan menjadi negara yang kuat B.

akan membuat umat selain Islam merasa tidak nyaman C. Indonesia akan menjadi negara Islam D. Syariat Islam harus ditegakkan di bumi Indonesia 26. Istilah Pancasila sebenarnya sudah ada sejak zaman kerajaan di Nusantara, istilah Pancasila terdapat di kitab karangan Mpu Prapanca yang bernama . A. Kitab Arjunawijaya B. Kitab Kunjarakarna C. Kitab Sutasoma D. Kitab Negarakertagama 27. Wahid Hasyim komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada beberapa anggota berpendapat bahwa negara Indonesia yang akan dibentuk harus berdasarkan agama.

Tanpa didasarkan agama, negara akan rusak karena mengabaikan nilai ketuhanan. Karena itu, Indonesia tidak boleh menjadi negara sekuler. Yang dimaksud negara sekuler adalah . A. negara yang memberi kebebasan warga negaranya memilih agama B. negara yang mewajibkan warga negaranya menganut satu agama C. negara yang mengabaikan nilai ketuhanan D. negara yang berdasarkan agama 28. Kebesaran hati para pendiri negara pada sidang menjelang ditetapkannya UUD 1945 adalah .

A. Menerima usulan dari tokoh negara asing B. Memahami aspirasi sebagian besar rakyat Indonesia C. Bersedia berunding dengan pemerintah Jepang D. Bersedia merevisi sila pertama dari isi Piagam Jakarta 29. Bunyi sila pertama yang menjadi kesepakatan bersama Panitia Sembilan yang dituangkan dalam Piagam Jakarta adalah . A. Ketuhanan Yang Maha Esa B. Ketuahanan yang berkebudayaan C.

Ketuhanan dalam Pancasila D. Ketuhanan, dengan kewajiban menjalan kan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya 30. Para pendiri negara dalam menyampaikan gagasannya mengenai rumusan dasar negara selalu diliputi nilai nilai. (Pilihan jawaban lebih dari satu) A. Antipenjajah dan penjajahan B. Ketakwaan terhadap Tuhan C. Jiwa semangat merdeka D. Mementingkan kepentingan golongan di atas kepentingan bersama 31.

Karena tugasnya sudah berakhir, BPUPK pun dibubarkan. Tiba waktunya bagi para pemimpin bangsa untuk memikirkan bagaimana cara mendirikan negara. Saat itu kekuatan Jepang mulai melemah. Apalagi setelah pasukan Sekutu membom kota Hiroshima dengan bom atom pada tanggal . A. 9 Agustus 1945 B. 12 Agustus 1945 C. 6 Agustus 1945 D. 7 Agustus 1945 32. Pancasila yang resmi dan sah tercantum dalam . A. Batang Tubuh UUD NRI 1945 B. Penjelasan UUD NRI 1945 C.

Piagam Jakarta D. Pembukaan UUD NRI 1945 33. Jenderal Jepang menyebut Indonesia boleh merdeka setelah tanggal 24 Agustus 1945. Jepang seolah-olah akan membantu Indonesia untuk merdeka, sehingga Indonesia akan merasa berhutang budi dan terus bergantung pada Jepang.

Saat itu juga, disepakati membentuk . A. PPKI B. KNIP C. BPUPKI D. MPR RI 34. Sila pertama dalam Piagam Jakarta yang dirubah karena ada protes dari masyarakat Indonesia bagian timur . A. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia B.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan C. Kemanusiaan yang adil dan beradab D. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat-syariat Islam bagi para pemeluk-pemeluknya 35. Sebelumnya, semua sudah sepakat dengan rumusan, "Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya" untuk sila pertama. Beberapa kalangan merasa rumusan sila ketuhanan itu terlalu bernuansa Islam.

Melalui para tokoh yang mewakilinya, mereka menghubungi Hatta minta agar rumusan tersebut diubah. Setelah diubah rumusan itu berbunyi . A. Ketuhanan B. Ketuhanan yang Maha Kuasa C. Ketuhanan yang berkebudayaan D. Ketuhanan Yang Maha Esa 36.

Pancasila Dikenalkan pertama kali oleh Ir. Soekarno pada tanggal . A. Tanggal 29 April 1945 B. Tanggal 31 Mei 1945 C. Tanggal 29 Mei 1945 D. Tanggal 1 Juni 1945 37. Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI melaksanakan sidang dan menghasilkan beberapa keputusan, kecuali .

A. Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) B. Mengangkat Soekarno sebagai presiden seumur hidup C. Menetapkan Pembukaan dasar hukum tertulis yang di dalamnya ada rumusan Pancasila D. Menetapkan Soekarno dan Muh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden RI 38. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk oleh Pemerintah Jepang pada tanggal . A.

8 Agustus 1945 B. 18 Agustus 1945 C. 7 Agustus 1945 D. 19 Agustus 1945 39. Salah satu contoh adanya nilai Ketuhanan pada masa Sejarah Awal ialah . A. Adanya kepercayaan Animisme dan Dinamisme B. Adanya agama Hindu dan Budha C. Adanya lukisan yang terdapat di dalam Gua D. Adanya agama Islam dan Kristen 40. Jendral Jepang yang ditemui oleh para pendiri negara di Saigon Vietnam dalam pembentukan PPKI ialah .

A. Hirohitho B. Kunaiki Koiso C. Terauchi D. Kumakichi Harada 41. Di masa Kerajaan Nusantara kala itu, terdapat suatu kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang sangat dicintai dan dilindungi oleh rakyatnya, karena raja tersebut memimpin dan mengasihi rakyatnya dengan adil tanpa pilih kasih, sehingga seluruh rakyatnya bisa hidup dengan sejahtera. Menurut kalian, sila dalam Pancasila yang menunjukkan sikap seorang raja tersebut ialah sila ke- .

A. 2 B. 3 C. 4 D. 5 42. Siapakah ketua dan wakil Ketua PPKI . A. Ir. Soekarno dan Moh Hatta B. Ir. Soekarno dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat C.

Ir. Soekarno dan Mr. Moh. Yamin D. Dr. Radjiman Wedyodiningrat dan Moh Hatta 43. Burung Garuda sebagai lambang negara saat ini, merupakan rancangan dari seorang tokoh yang bernama . A. Sultan Hamid II B. Ir. Soekarno C. Moh. Hatta D. Tan Malaka 44. Tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada sekutu, dan pasukan tentara Inggris belum dtang ke Indonesia sehingga pada saat itu terjadilah . A. Kekosongan kekuasaan B. peristiwa rengasdengklok Komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada.

Perebutan kekuasaan D. Penulisan teks proklamasi 45. Pada masa penjajahan, terjadi perlawanan secara kedaerahan. Sisingamangaraja XII merupakan seorang tokoh yang memimpin perlawanan di daerah .

komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada

A. Jawa Barat B. Banten C. Sulawesi D. Sumatera Utara 46. Alasan penambahan anggota PPKI yang semula 21 orang menjadi 27 orang yaitu, kecuali .

A. Memiliki makna strategis untuk Indonesia B. PPKI tunduk dan bekerja untuk Jepang C. PPKI murni dibentuk bangsa Indonesia D. Menghilangkan kesan bahwa PPKI bentukan Jepang hilang 47. Setelah perlawanan dilakukan secara kedaerahan, pada awal abad ke-20 perlawanan mulai dilakukan secara nasional melalui gerakan yang bersifat politik dan pendidikan.

Masa ini disebut dengan . A. Masa Kerajaan Nusantara B. Masa Penjajahan C. Masa Kebangkitan Nasional D. Masa Sejarah Awal 48. Mendengar menyerahnya Jepang dari sekutu, mengakibatkan golongan muda mendesak Bung Karno dan Bung Hatta untuk segera memprokamasikan kemerdekaan. Yang bukan golongan muda yaitu . A. Singgih B. A A Maramis C.

Soekarni D. Joesoef Koento 49. Salah satu sikap yang dapat diteladani dari kisah perjuangan rakyat Indonesia dari masa Kerajaan Nusantara sampai masa Kebangkitan Nasional yang mencerminkan sila ketiga Pancasila yaitu . A. Semangat untuk bersatu menuju Indonesia merdeka B. Adil dalam memimpin suatu wilayah C.

Percaya terhadap keberadaan Tuhan D. Saling mengasihi karena merasa senasib dan sepenanggungan akibat penjajahan 50. Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada . A. 15 Agustus 1945 B. 16 Agustus 1945 C. 14 Agustus 1945 D. 17 Agustus 1945 51. Di lingkungan sekolah, sikap yang dapat diteladani dari para pendiri bangsa adalah . A. Melakukan piket secara terburu-buru B. Merusak tanaman sekolah C. Bersedia bekerja sama tanpa memandang suku, ras, agama D. Hanya berteman dengan yang memiliki kesamaan asal daerah 52.

Perubahan rumusan sila pertama Pancasila dalam Piagam Jakrat sebelum sidang PPKI dilakukan berdasarkan hasil . A. Musyawarah mufakat B. Permintaan tentara Jepang C. Pemungutan suara D. Putusan pemimpin sidang 53. Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat merupakan . A. Ketua BPUPKI B.

Wakil Ketua BPUPKI C. Ketua PPKI D. Penasehat BPUPKI 54. Pasca Proklamasi, tugas pendiri Negara belum selesai. Melalui PPKI yang dipandang sebagai perwakilan rakyat maka PPKI bersidang yg pertama kali pada . A. 19 Agustus 1945 B. 22 Agustus 1945 C.

17 Agustus 1945 D. 18 Agustus 1945 55. Salah satu alasan Jepang menjanjikan kemerdekaan Indonesia yaitu . A. Jepang berhutang budi dengan Indonesia B. Indonesia telah menderita ratusan tahun C.

Jepang semakin terdesak melawan sekutu D. Sebagai rasa terima kasih dari Jepang kepada Indonesia 56. Dimana lokasi berlangsungnya pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Bung Karno . A. Lapangan IKADA Jakarta B.

Gedung Chuo Sangi In C. Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta D. Jalan Pejambon Nomor 6 Jakarta 57. Latar belakang negara Republik Indonesia memilih Burung Garuda sebagai lambang negara adalah karena diharapkan Negara Republik Indonesia memiliki sifat - sifat burung Garuda.

Di bawah ini yang bukan cerminan sifat burung Garuda adalah . A. Megah B. Besar C. Kuat D. Melindungi 58. Warga negara Indonesia timur keberatan dengan salah satu isi Piagam Jakarta karena . A. Piagam Jakarta tidak mendapat dukungan Jepang B. perumus naskan Piagam Jakarta bukan dari warga Indonesia bagian timur C. isi Piagam Jakarta memberikan kesempatan kepada warga negara Indonesia Barat menjadi Presiden D. sila pertama dalam Piagam Jakarta tidak mengakomodasi komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada seluruh rakyat Indonesia 59.

Nilai Ketuhanan sudah tercermina dalah kehidupan bangsa Indonesia sejak zaman leluhur, bukti sejarah menemukan satu jenis alat musik yang digunakan sebagai alat untuk melaksanakan ritual keagamaan, alat musik tersebut adalah . A. Rebana B. Kecapi C. Gendang D. Nekara 60. Pancasila dan UUD 1945 ditetapkan saat . A. Sidang Panitia Sembilan B. Sidang Paripurna C. Sidang BPUPKI D. Sidang PPKI 61. Candi Prambanan juga merupakan salah satu bukti sejarah di jaman kerajaan Nusantara yang menunjukkan bahwa kehidupan di zaman tersebut sudah menunjukkan adanya kehidupan beragama.

Candi Prambanan didirikan untuk umat beragama . A. Islam B. Kristen C. Hindu D. Buddha 62. Manakah dari sikap berikut yang menggambarkan pengamalan Pancasila sila kedua . A. gemar melakukan kegiatan kemanusiaan B. tidak memaksakan suatu agama kepada orang lain C. mengembangkan rasa cinta tanah air D.

tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat boros 63. Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928 semakin memperkuat nilai Persatuan bangsa Indonesia di jaman penjajahan, di bawah ini komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada bukan merupakan isi Sumpah Pemuda adalah .

A. Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia B. Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia C. Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia D. Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia 64.

Semangat persatuan dan sikap rela berkorban menghiasi proses perumusan dasar negara. Pesan Mr. Soepomo dalam perumusan saat sidang BPUPKI yaitu .

A. menempatkan Peri Kemanusiaan sebagai sila pertama B. mengusulkan dasar negara Indonesia berdasarkan kekeluargaan C. mengusulkan dasar negara harus memenuhi kesejahteraan rakyat D.

memberi pandangan adanya unsur ketuhanan yang berkebudayaan dalam dasar negara 65. Di bawah ini yang bukan merupakan tokoh-tokoh yang memberikan ide tentang rumusan dasar negara adalah . A. Dr. Soepomo B. Ir. Soekarno C. Moh. Hatta D. Muhammad Yamin 66.

Dasar pembentukan Pancasila sebagai dasar negara dan sumber hukum negara berasal dari . A. UUDS 1950 B. negarakertagama C. sutasoma D. piagam Jakarta 67. Lembaga yang menetapkan Pancasila adalah . A. KNIP B. BPUPK C. PPKI D. Panitia Sembilan 68. Selama proses perumusan dasar negara, anggota BPUPKI tidak bisa menemukan jalan keluar. Oleh karena itu dibentuklah . A. PPKI B. Panitia kecil C. Panitia Sembilan D. Piagam Jakarta 69. Panitia Sembilan diketuai oleh . A. Muhammad Yamin B.

A.A. Maramis C. KRT Radjiman Wedyodiningrat D. Ir. Soekarno 70. Rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh M. Yamin pada tanggal 29 Mei 1945 adalah . A`. peri kebangsaan B. kekeluargaan C. peri kemanusiaan D. mufakat atau demokrasi 71. Rumusan Pancasila yang benar dan sah terdapat di dalam . A. Mukadimah B. Jakarta Charter C. Piagam Jakarta D. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 72. Kemerdekaan bangsa Indonesia diyakini bangsa Indonesia sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Pernyataan ini tercantum pada .

A. Pembukaan UUD 1945 alinea I B. Pembukaan UUD 1945 alinea II C. Pembukaan UUD 1945 alinea III D. Pembukaan UUD 1945 alinea IV 73. Pancasila sebagai .

Negara A. Konstitusi Negara B. Bentuk Negara C. Semboyan Negara D. Dasar dan Ideologi Negara 74. BPUPKI melaksanakan rapat di Gedung Chuo Sangi In yang sekarang dikenal dengan nama Gedung . A. Perumusan Pancasila B. Garuda C. Pancasila D. Proklamasi 75. Fondamen, filsafat, pikiran yang mendalam merupakan nama lain dari .

A. Filosofische Grondbig B. Filosofische Gronder C. Filosofische Grunbad D. Filosofische Grondslag 76. Pasal Rancangan UUD yang disusun oleh Panitia Kecil Perancang UUD terdiri atas . A. 16 bab dan 37 pasal B. 16 bab dan 38 pasal C. 15 bab dan 34 pasal D. 15 bab dan 35 pasal 77. BPUPKI dibentuk pada tanggal . A. 25 Mei 1945 B. 29 Mei 1945 C.

29 April 1945 D. 28 April 1945 78. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di . A. Jl. Pegangsaan Timur No. 56 B. Gelora Bung Karno C. Lapangan tembak senayan D. Rengas Dengklok 79. Masa sidang I BPUPKI membahas tentang . A. Pidato Soekarno B.

Rancangan Undang-Undang C. Pembentukan anggota istimewa D. Perumusan dasar negara Indonesia merdeka 80. Berikut yang merupakan hasil dari sidang PPKI 18 Agustus 1945 . (Pilihan jawaban lebih dari satu) A. memilih Presiden dan Wakil Presiden Indonesia B. membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) C. mengesahkan UUD NRI Tahun 1945 D. membentuk panitia sembilan
Contoh Soal UAS/PAT Sejarah Peminatan Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban~Part-2 - Melanjutkan soal UAS/PAT sejarah peminatan kelas 11 semester genap bagian ke-1 (soal nomor 1-15), bagian kedua/terakhir tulisan penilaian akhir tahun sejarah SMA/MA dengan pertanyaan dimulai dari nomor 16 berikut ini.

16. Berikut ini yang bukan merupakan latar belakang pembentukan Tentara Keamanan Rakyat adalah… komite nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada. Untuk menghadapi ancaman dari luar yang menghendaki runtuhnya negara Indonesia b. Desakan anggota BKR akan pentingnya tentara kebangsaan dalam suatu negara c. Tindakan provokasi dari pasukan Jepang d. Kesadaran pemerintah Indonesia sejak awal untuk membentuk tentara kebangsaan e. Keamanan rakyat semakin terancam dengan kedatangan tentara sekutu Jawaban: c 17.

Komite Nasional dibentuk pada awal kemerdekaan didasarkan pada … a. Rakyat sangat menghendaki dilaksanakannya otonomi daerah b. Badan ini berperan sebagai penyelenggara pemilihan umum c. Badan ini merupakan bentukan bara tokoh – tokoh nasional d. Presiden menghendaki kehadiran lembaga ini dalam membentuk tugasnya e.

Belum adanya DPR dan MPR yang harus dbentuk melalui pemilihan umum Jawaban: e 18. Tugas PPKI mengadakan sidang pertama tanggal 18 Agustus 1945 adalah . a. Memenuhi tuntutan golongan muda untuk segera membentuk negara b. Relaisasi hasil pertemuan di Dalan dengan Jendral Terauchi c. Membentuk RI sebagai negara yang merdeka dan berdaulat d. Membentuk organisasi pemerintahan dan memilih apara-aparatnya e. Mendapatkan pengaukuan dunia internasional tentang eksistensi RI Jawaban: c 19.

Alasan kalangan pemuda menuntut agar kemerdekaan Indonesia terlepas dari pengaruh Jepang adalah . a. Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia b.

Kemerdekaan Indonesia adalah hak bangsa Indonesia sendiri c. Kemerdekaan Indonesia harus lahir dari sikap yang radikal d. Dalam pelaksanaan proklamasi kemerdekaan PPKI harus diikutsertakan e. Rakyat Indonesia merupakah hak bangsa indonesia sendir.

Jawaban: b 20. Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang autentik berbentuk … a. Naskah asli tulisan tangan Soekarno b. Naskah tulisan yang ditandatangani Soekarno – Hatta c.

Naskah yang telah diketik oleh Sayuti Melik d. Naskah ketikan yang ditandatangani Soekarno e. Naskah yang diketik dan ditandatangani Soekarno – Hatta Jawaban: e Note: untuk soal nomor 21-25 berbentuk essay 21.

Jelaskan mengenai latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok! Jawaban: Peristiwa Rengasdengklok dilatar belakangi karena adanya perbedaan pendapat antara golongan tua dengan golongan muda.

Golongan tua seperti Ir. Soekarno dan Moh. Hatta menginginkan bahwa proklamasi didiskusikan terlebih dahulu dengan PPKI sedangkan golongan muda memaksa agar cepat-cepat diumumkan kemerdekaan, selain itu golongan muda tidak suka dengan PPKI yang tak ingin negara Jepang ikut campur dan tidak terpengaruh oleh Jepang. 22.

Sebutkan (3) hak istimewa yang dimiliki oleh VOC! Jawaban: Hak istimewa yang dimiliki oleh VOC: a. Hak monopoli dagang di wilayah-wilayah antara Amerika Selatan dan Afrika b. Hak memiliki angkatan perang dan membangun benteng pertahanan c. Hak menyatakan perang dan atau membuat perjanjian secara adil dengan penguasa pribumi d.

Hak mengangkat pengawas e. Hak memungut pajak 23. Jelaskan ciri-ciri suatu pemerintahan itu demokrasi! Jawaban: a.

Adanya keterlibatan warga negara (rakyat) dalam pengambilan keputusan politik, baik langsung maupun tidak langsung (perwakilan). b. Adanya persamaan hak bagi seluruh warga negara dalam segala bidang c. Adanya kebebasan dan kemerdekaan bagi seluruh warga negara d. Adanya pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat. 24. Sebutkan dampak pendudukan Jepang di Indonesia dibidang politik! Jawaban: Jepang membuat kebijakan mewajibkan penggunaan bahasa Jepang, dan membentuk pemerintahan militer dengan angkatan darat dan laut.

Angkatan darat berpusat di Batavia sementara di Sumatera berpusat di Bukit Tinggi. 25. Sebutkan beberapa organisasi yang tumbuh pada masa pergerakan nasional. Jelaskan pula tujuan dari organisasi tersebut! Jawaban: Budi Utomo, Indesche Partij, Sarikat Islam, dan lain-lain. Baca juga: 100+ Soal Sejarah Peminatan Kelas XI Semester Genap K13, Persiapan Belajar UAS/PAT/UKK

Kelompok 1 Sejarah BAB 2 : Indonesia pada Masa Awal Kedemerkaan sampai Masa Demokrasi Liberal




2022 www.videocon.com