Tahu kupat pak gombloh

tahu kupat pak gombloh

Tak hanya kaya budaya, Indonesia juga dikenal kaya akan beragam jenis kuliner lezat. Hampir setiap daerah punya kuliner kebanggaan masing-masing. Beberapa di antaranya bahkan ada yang mirip, meski ternyata sedikit berbeda. Salah satunya tahu kupat dan kupat tahu. Dua makanan ini bisa dibilang serupa, tapi tak sama. Memangnya apa sih perbedaan dua kuliner yang bahan baku utamanya dari kedelai ini?

tahu kupat pak gombloh

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. travelingyuk.com Tahu kupat merupakan kuliner lezat yang berasal dari Solo. Sesuai namanya, tahu kupat berbahan dasar ketupat dan tahu putih yang digoreng. Tahu kupat biasa disajikan dengan irisan kol, taoge, bakwan, dan mie. Kombinasi antara beragam bahan makanan ini disiram dengan kuah kecap berwarna cokelat kehitaman, lalu ditaburi kacang goreng utuh. Yang membedakan adalah tahu kupat disiram kuah kecap berwarna cokelat kehitaman dan ditaburi kacang goreng utuh.

Sedangkan, kupat tahu menggunakan kuah dengan campuran bumbu kacang yang ditumbuk kasar.

tahu kupat pak gombloh

Selain itu, kupat tahu biasanya tidak menggunakan tahu putih, melainkan tahu kuning. Yap, dua makanan ini memang serupa, tapi ternyata tak sama lho. Baca Juga: 10 Perbedaan Pie dan Pia yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Pilih instagram.com/solofoodgram Buat kamu yang berencana main ke Solo, wajib banget buat nyobain tahu kupat legendaris Pak Gombloh yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor tahu kupat pak gombloh. Warung ini memang terlihat sederhana, tapi tak pernah sepi pengunjung.

Soal rasa, gak perlu ditanyakan lagi deh. Setiap jam makan siang, para pengunjung harus rela antre demi menikmati sepiring tahu kupat yang dibanderol sekitar Rp7.000 saja. Sudah enak, murah pula! Nah, kalau kamu main ke Magelang, kupat tahu tentu menjadi kuliner yang gak boleh kamu lewatkan. Sedangkan untuk warung kupat tahu, salah satu yang legendaris adalah Kupat Tahu Pojok, yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar Nomor 14, Magelang. Jangan salah, warung sederhana yang sudah ada sejak 1942 ini kerap jadi langganan para artis hingga Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, lho.

Kupat Tahu Pojok punya resep yang diwariskan turun temurun. Gak heran warung ini tak pernah sepi pengunjung. Harga seporsi kupat tahu hanya Rp12 ribu saja. Baca Juga: 10 Jenis Garam yang Harus Kamu Tahu, Kegunaannya Beda-beda Lho! Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic? Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan Tahu kupat sering sekali disamakan dengan kupat tahu.

Padahal, kuliner khas Solo tersebut berbeda dengan kupat tahu. Tahu kupat sendiri memiliki ciri khas yang terletak pada bumbunya di mana tahu kupat diguyur dengan saus kecap. Bagi kamu yang penasaran bagaimana rasa dari tahu kupat, berikut ini lima rekomendasi tahu kupat termaknyus di Solo yang wajib kamu coba.

Tahu Kupat Pak Gombloh (instagram.com/rudy_papachang) Tidak hanya terkenal, Tahu Kupat Pak Gombloh juga disematkan sebagai kuliner legendaris di Solo karena sudah beroperasional sejak tahun 1973. Rumah makan ini memang tidak begitu luas, tahu kupat pak gombloh selalu ada antrean pembeli terutama wisatawan.

Keistimewaan Tahu Kupat Pak Gombloh terletak dari rasanya yang konsisten. Porsinya pun pas, bikin perut auto kenyang.

tahu kupat pak gombloh

Harga per porsinya juga ramah dompet, lho. Sekitar Rp8 ribu saja. Jika kepengin tambahan telur, hanya keluar kocek Rp3 ribu.

tahu kupat pak gombloh

Tempat makan Tahu Kupat Pak Gombloh juga berada di tengah kota, lho. Tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan No.75, Laweyan. Kamu bisa berkunjung ke sini mulai pukul 06.00-16.00. Tahu Kupat Sari Pak Brewok (instagram.com/yudharachman91) Dimasak menggunakan kompor berbahan baku arang, jadi daya tarik Tahu Kupat 'Sari' Pak Brewok yang berlokasi di Jalan R.M Said No.197, Mangkubumen. Selain itu, kuah Tahu Kupat Pak Brewok juga lebih nendang karena cukup kental. Seporsinya dihargai Rp10 ribu saja.

Dengan harga segitu, kamu bisa request pedas sesuai seleramu, lho. Pada hari biasa, kedai ini buka pukul 06.00-12.00. Sedangkan di hari Minggu, mulai pukul 07.30-12.00.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Solo yang Dulunya Hanya untuk Rakyat Biasa Tahu Kupat Pak Hadi (instagram.com/mandhezz) Dibandingkan dengan tempat makan tahu kupat lainnya, Tahu kupat Pak Hadi tempatnya cukup luas dengan area parkir memadai. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Honggowongso No.120, Laweyan ini buka mulai pukul 08.00-17.00.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp8 ribu per porsi, banyak pelanggan mengaku puas dengan Tahu Kupat Pak Hadi.

tahu kupat pak gombloh

Alasannya karena memiliki porsi melimpah dengan rasa yang pas. Ada satu alasan lagi yang jadi daya tarik Tahu Kupat Pak Hadi yakni bakwan. Yups, bakwan yang dijadikan pelengkap punya rasa yang maknyus banget di lidah. Bumbunya sempurna, gak bikin lidah sebatas menikmati adonan tepung saja seperti kebanyakan bakwan.

Tahu Kupat Sido Mampir (instagram.com/gakbosenkulineran) Tahu kupat Sido Mampir terletak di Jalan Gajahmada No.83, Banjarsari. Tahu kupat pak gombloh makan tahu kupat ini buka mulai pukul 08.00-18.00. Tahu kupat di sini juga tahu kupat pak gombloh ramai oleh pembeli, lho. Pasalnya tahu kupat di sini porsinya melimpah dengan rasa yang tidak mengecewakan lidah.

Rasanya pun dirasa pas karena tidak terlalu manis yang bikin penikmatnya jadi enek. Seporsinya dihargai sekitar Rp12-15 ribu per porsi. Setelah menikmati tahu kupat di sini, kamu mesti jajal juga segarnya es beras kencur yang sering dielu-elukan oleh pelanggan. Dijamin puas, deh. Tahu Kupat Mas Pri (instagram.com/kelafaran) Namanya boleh hampir serupa. Tapi, tahu kupat ini bukanlah cabang dari tempat makan yang disebutkan sebelumnya, ya.

Tahu kupat Sido Mampir Mas Pri berlokasi di Jalan Gatot Subroto No.165, Serengan. Ini salah satu tahu kupat di Solo yang memiliki kuah kental, lho. Porsinya pun melimpah! Pulang dari sini, dijamin perut kenyang deh. Seporsinya dihargai sekitar Rp10 ribu saja per porsi. Tempat makan ini buka mulai pukul 06.00-16.00. Itulah tadi lima rekomendasi tahu kupat termaknyus di Kota Solo.

Ketika melipir ke kota berjuluk 'Spirit of Java' ini sempatkan untuk menikmatinya, ya. Baca Juga: 6 Spot Kuliner Legendaris Khas Solo, Rasanya Menggugah Selera Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan
apabila anda berlibur ke solo/surakarta hadiningrat jgn lp berkunjung kraton surakarta yg penuh dgn aneka budaya khas solo serta jgn lupa mencicipi kuliner solo, tahu kupat slh satu dr sekian byk kuliner solo yg paling byk di cari pr pelangan dan TAHUKUPAT PAKGOMBLOH rajanya tahukupat di solo beralmt di jl.perintis kemerdekaan no.62 sondakan(kabangan) laweyan solo.datang dan buktikan di sini kami sll menjaga citarasa dan kekhasan yg asli dr dulu tanpa menambahkan dgn aneka makanan yg laen Jodoh makan siang itu akhirnya ada di Warung Tahu Kupat Pak Gombloh Solo yang berada di Jl Perintis Kemerdekaan, tak jauh dari Pasar Kabangan, karena kebetulan dilewati, perut sudah lapar, dan namanya cukup menarik untuk dijajal.

tahu kupat pak gombloh

Menjelang jam setengah empat sore saya baru masuk ke warung dan memesan sepiring tahu kupat dan segelas teh hangat pahit. Sebelumnya, hampir jam 3 sore ketika kami akhirnya melangkahkan kaki tahu kupat pak gombloh meninggalkan Situs Krendhowahono di Karanganyar, dan perut sesiang itu masih belum juga diisi makanan membuat para cacing blingsatan.

Ada satu tempat lagi yang akan saya kunjungi untuk menutup rangkaian kunjungan ke Solo dan sekitarnya, yaitu Petilasan Pajang. Setelah gagal menemukan petilasan keraton Sultan Hadiwijaya itu pada pagi harinya, rupanya Pak Jum berusaha mencari informasi selagi duduk di warung menunggui saya selesai dari situs, atau mungkin selagi menunggu di tempat sebelumnya. Inisiatif yang patut dipuji. Tampak muka Warung Tahu Kupat Pak Gombloh dengan sejumlah motor pelanggan yang tengah parkir di halamannya.

Parkir di sini gratis. Warungnya sedang saja, cukup sederhana namun terlihat lumayan bersih. Seperti biasa rombong tempat makanan ada di bagian depan, dan pelanggan yang sudah hafal menu makan dan minum biasanya langsung pesan di dekat rombong sebelum mencari tempat duduk.

Menu utama tentu saja tahu kupat, dan konon Warung Tahu Kupat Pak Gombloh ini merupakan rajanya makanan tahu kupat di daerah Solo.

tahu kupat pak gombloh

Warungnya memang tidak menyediakan makanan lain selain tahu kupat ini. Sedangkan untuk minuman ada pilihan teh hangat, es teh, jeruk hangat, es jeruk, lemon tea hangat, dan es lemon tea. Meja panjang bangku panjang menjadi pilihan sebagai tempat duduk di warung ini. Ada pula yang duduk menghadap ke tembok.

Pilihan pengaturan tempat duduk yang wajar mengingat luas ruangan yang terbatas, dan pengunjung pun tampaknya tak keberatan berbagi tempat bersama orang yang tak dikenal. Tak harus menunggu lama, sepiring tahu kupat sudah mendarat di atas meja di depan saya. Cukup memikat penyajiannya. Beginilah penyajian tahu kupat di warung Pak Gombloh yang cukup membangkitkan selera saya yang memang sedang menderita penyakit lapar ini.

Leleran kecap manis dan air bawang mengguyur sebagian tahu goreng dan bakwan di bagian atas, dan sisanya turun ke bawah menyapa ketupat, mie kuning, kol, dan toge. Ada pula taburan kacang goreng, sesuatu tahu kupat pak gombloh saya sukai, serta irisan seledri. Rasanya yang enak manis gurih ditambah memang tahu kupat pak gombloh sudah lapar membuat sepiring tahu kupat itu sesaat kemudian sudah pindah menjadi santapan penghuni perut. Suasana di dalam Warung Tahu Kupat Pak Gombloh saat itu masih cukup ramai meskipun jam makan siang sudah jauh lewat, namun selalu ada saja yang mampir karena lapar rasa.

Kabarnya lagi, jika jam makan siang telah tiba orang harus rela antri untuk mendapatkan tempat duduk. Boleh dicoba jika Anda sedang berkunjung di sekitar Laweyan.
SOLO, KOMPAS.com — Berburu kuliner lezat di kota kelahiran Presiden Jokowi seperti tiada habisnya. Kota budaya yang kaya akan tradisi tradisional yang masih terjaga rupanya menyimpan banyak aneka kuliner yang siap menggoyang lidah Anda bila berkunjung di Kota Solo, Jawa Tengah. Aneka kuliner masakan Solo yang terkenal khas dan murah menjadikan banyak orang berburu saat musim liburan tiba.

Bukan saat liburan saja, beberapa kuliner legendaris yang sejak dulu kala sudah ada tak pernah sepi akan pembeli. Baca juga: Menikmati Kupat Lodoh di Jajanan Malam Desa Olehsari Glagah Banyuwangi Dari aneka kuliner yang ada, tahu kupat menjadi salah satu makanan khas Kota Solo. Dan, salah satu warung tahu kupat yang legendaris di Solo adalah Tahu Kupat Pak Gombloh yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No 62, Laweyan, Kota Solo. Saban hari, warung tahu kupat besutan Pak Gombloh tak pernah sepi pembeli dari mulai buka pukul 06.00 hingga tutup pukul 15.00 WIB.

KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI Pelayan tahu kupat Pak Gombloh di Solo, Jateng, menyiapkan racikan makanan untuk disuguhkan kepada pembeli. Ramainya warung tahu kupat Pak Gombloh bukan tanpa sebab. Selain rasa yang lezat, harga murah menjadikan tahu kupat Pak Gombloh menjadi buruan warga.

Baca juga: Kupat Tahu Petis yang Dicicip Jokowi, Hidangan Bandung yang Cukup Populer Satu piring tahu kupat berisi irisan tahu berbentuk dau kecil-kecil, potongan kupat, tauge, mi kuning, sayur kol, kacang goreng, taburan daun seledri, potongan bakwan plus kuah kecap yang kental hanya Rp 6.500.

Murah bukan? Sedangkan untuk minuman ada pilihan teh hangat, es teh, jeruk hangat, es jeruk, es lemon tea dan lemon tea hangat. Harga minumannya pun tak mahal, segelas es jeruk hanya Rp 3.500 dan es teh Rp 2.500. KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI Para penikmat kuliner menyantap Tahu Kupat Pak Gombloh di Solo, Jawa Tengah.Meski harga murah, kelezatan sepiring tahu kupat pak gombloh kupat besutan Pak Gombloh tetap terjaga.

tahu kupat pak gombloh

Sejak buka usaha tahu kupat mulai tahun 1973, cita rasanya tetap konsisten hingga saat ini. Baca juga: Kupat Tahu Gempol Legendaris yang Rasanya Jempolan Kekentalan kuah kecap, kuah air bawang dan tahunya yang panas saat disajikan menjadi ciri khas keunggulan tahu kupat Pak Gombloh. Dengan demikian, rasa tahu kupat Pak Gombloh yang enak, manis dan gurih menjadi santapan yang cocok bagi perut Anda yang hobi berburu kuliner.

Andapun dipastikan akan ketagihan hingga melahap seluruh sajian sampai kuahnya ludes sampai tetes terakhir. Bagi kuliner pecinta rasa pedas, Anda bisa meminta beberapa tambahan cabe sesuai selera. Tak hanya itu, untuk menambah kenikmatan bersantap tahu kupat tersedia pula kerupuk khas kota Solo. KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI Dari pinggir jalan, warung Tahu Kupat Pak Gombloh di Solo, Jateng, yang penuh dipadati pengunjung.

tahu kupat pak gombloh

Bila ingin menikmati agak santai, disarankan datang ke warung tahu ini pagi hari. Pasalnya bila jam makan siang tiba, pembeli harus rela antre untuk mendapatkan tempat duduk. Apalagi Warung Pak Gombloh hanya menyediakan beberapa tahu kupat pak gombloh kayu panjang plus kursi panjang. Untuk mencapai lokasi warung Tahu Kupat Pak Gombloh tidaklah susah. Bagi Anda yang sudah ramah dengan aplikasi Android, sudah bisa ditemukan di mesin pencarian google.

Lokasi, alamat dan petanya sudah lengkap.
• TAGs: • GranDhika Iskandarsyah • Kirab Jaka Tingkir • Nasi Jamblang Mang Dul • Ballon Atraction Pekalongan 2022 • Lapangan Mataram • Jembatan Cisomang • Singaparna • Travoy • LANSA 508 • Monyet Misterius • Sasaku Lombok Merchandise • Dusun Aiq Genit • Tempat Wisata di Sekitar Bintaro • arus rip • lamaran lewat baliho • Kisah lamaran unik • Arus Balik Mudik Lebaran • Sop Empal Yoeni • Pura Babakan • Desa Tua “Tahun 1973 dulu kan pengelolanya bapak, (sekarang) saya meneruskan,” kata Rini saat ditemui TribunTravel, Selasa (25/1/2022).

Menurut cerita Rini, sang ayah pertama kali membuka warung tahu kupat di pinggir jalan. Baca juga: Tidak Ada Grebeg Sudiro, Kota Solo Hanya Pasang Lampion saat Imlek 2022 Menggunakan gerobak dan tenda sederhana, sang ayah mulai merintis usaha kuliner tersebut.

“Dulu di seberang jalan. Jualannya pakai tenda itu, sekarang udah ada tempat sendiri,” ungkapnya.

tahu kupat pak gombloh

Tahu Kupat Pak Gombloh (Tribun Travel/Sinta Agustina) Cita rasa autentik Meski banyak warung tahu kupat di Solo, namun Tahu Kupat Pak Gombloh tidak pernah sepi pembeli. Bahkan tak sedikit pembeli yang rela antre untuk menunggu meja kosong. “Kalau kata orang-orang yang ke sini ya, rasanya, konsisten. Itu aja sih,” ujar Rini. Ia mengatakan bahwa tahu kupat buatannya sebenarnya tidak jauh berbeda dari yang lain. Baca juga: 6 Tempat Makan Nasi Liwet Enak di Solo Buat Menu Sarapan, Sudah Buka Mulai Jam 5 Pagi Hanya saja Rini masih konsisten menggunakan resep yang sama dari peninggalan sang ayah.

tahu kupat pak gombloh

“Untuk keistimewaannya saya kira semua sama ya, yang membedakan dari tempat lain itu mungkin autentik rasanya,” jelas Rini.




2022 www.videocon.com