Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

Artikel ini membutuhkan rujukan tambahan agar kualitasnya dapat dipastikan. Mohon bantu kami mengembangkan artikel ini dengan cara menambahkan rujukan ke sumber tepercaya. Pernyataan tak bersumber bisa saja dipertentangkan dan dihapus. Cari sumber: "Sejarah Microsoft Windows" – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR ( Pelajari cara dan kapan saatnya untuk menghapus pesan templat ini) Pada tahun 1983, minicraft mengumumkan pengembangan sebuah [[graphical user interface-antarmuka grafis]] untuk sistem operasi buatannya, MS-DOS yang telah dibuat untuk sistem IBM PC dan kompatibelnya semenjak tahun 1981.

Daftar isi • 1 Awal-awal Versi Windows • 1.1 Windows 1.0 • 1.2 Windows 2.x • 1.3 Windows 2.1x • 2 Kesuksesan dengan Windows 3.0 • 3 Beralih sementara ke IBM OS/2 • 3.1 Munculnya dualisme: Windows 3.1 turun ke pasar rumahan dan Windows NT turun ke pasar korporat • 3.2 Windows 3.1 • 3.3 Windows for Workgroups • 3.4 Windows NT • 4 Windows 95 • 5 Windows NT 4.0 • 6 Windows 98 • 7 Windows 2000 • 8 Windows Me • 9 Windows XP: menyatukan kedua jajaran produk • 10 Windows Server 2003 • 11 Windows Fundamentals for Legacy PCs sebagai platform thin client • 12 Windows Vista • 13 Windows Home Server • 14 Windows Server 2008 • 15 Windows 7 • 16 Windows 8 • 17 Windows 8.1 • 18 Windows 10 • 19 Sejarah sistem-sistem operasi Microsoft • 19.1 Pergerakan versi MS-DOS • 19.2 Pergerakan versi Windows kelas rumahan • 19.3 Pergerakan versi Microsoft/IBM OS/2 • 19.4 Pergerakan versi Microsoft berbasis Windows NT • 20 Sejarah Windows dalam garis waktu ( timeline) • 21 Catatan • 22 Referensi Awal-awal Versi Windows [ sunting - sunting sumber ] Windows 1.0 [ sunting - sunting sumber ] Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985.

Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama " Windows" akan lebih memikat konsumen.

Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tetapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama dengan yang dimiliki oleh MS-DOS. Lebih jauh lagi, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara tile saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya.

Selain itu, tidak ada semacam tempat yang digunakan untuk menyimpan berkas sebelum dihapus (Recycle Bin, pada MS-DOS ada perintah UNDELETE yang dapat memulihkan file yang terhapus), karena memang Apple berkeyakinan bahwa mereka memiliki hak terhadap paradigma tersebut. Microsoft pun kemudian membuang limitasi tersebut dari Windows dengan menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple. Itulah mengapa Windows sekarang selalu ada pembaruan untuk meningkatkan versinya ke versi yang terbaru.

Windows 2.x [ sunting - sunting sumber ] Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987. Versi ini sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya.

Sebagian besar popularitasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup. Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatan signifikan saat Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows, yang sebelumnya hanya dapat berjalan di platform Macintosh.

Beberapa ahli sejarawan komputer mencatat ini sebagai kemunculan sebuah aplikasi selain buatan Microsoft yang laku secara signifikan sebagai awal kesuksesan Microsoft Windows.

Windows versi 2.0x menggunakan model memori modus real yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabita saja. Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya, seperti DESQview yang berjalan dalam modus terproteksi yang ditawarkan oleh Intel 80286.

Windows 2.1x [ sunting - sunting sumber ] Selanjutnya, dirilislah dua versi Windows 2.1x, yakni Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Seperti halnya dengan versi sebelumnya, Windows/286 menggunakan model memori modus real, tetapi versi ini merupakan versi pertama yang mendukung High Memory Area (HMA).

Windows/386 2.1 bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC.

Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386. Versi 2.03 dan kemudian versi 3.0 mendapatkan tuntutan dari Apple karena versi 2.1 ini memiliki modus penampilan jendela secara cascade (bertumpuk), selain beberapa fitur sistem operasi Apple Macintosh yang "ditiru" oleh Windows, terutama masalah tampilan/ look microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… feel.

Hakim William Schwarzer akhirnya membatalkan semua 189 microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… tersebut, kecuali 9 microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… yang diajukan oleh Apple terhadap Microsoft pada tanggal 5 Januari 1989 Kesuksesan dengan Windows 3.0 [ sunting - sunting sumber ] Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990.

Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual. Versi ini pulalah yang menjadikan IBM PC dan kompatibelnya penantang serius terhadap Apple Macintosh.

Hal ini disebabkan dari peningkatan performa pemrosesan grafik pada waktu itu (dengan adanya kartu grafis Video Graphics Array (VGA)), dan juga modus terproteksi/modus 386 Enhanced yang mengizinkan aplikasi Windows untuk memakai memori lebih banyak dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh MS-DOS. Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standar, dan modus 386 Enhanced, dan kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel dari Intel 8086/ 8088, 80286, hingga 80386.

Windows 3.0 akan mencoba untuk mendeteksi modus mana yang akan digunakan, meski pengguna dapat memaksa agar Windows bekerja dalam modus tertentu saja dengan menggunakan switch-switch tertentu saat menjalankannya • win /r: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus real • win /s: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus standar • win /3: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus 386 Enhanced.

Versi 3.0 juga merupakan versi pertama Windows yang berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386. Karena adanya fitur kompatibilitas ke belakang, aplikasi Windows 3.0 harus dikompilasi dengan menggunakan lingkungan 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel 80386, yang notabene adalah prosesor 32-bit.

Windows 3.0 juga hadir dalam versi " multimedia", yang disebut dengan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0, yang dirilis beberapa bulan kemudian.

Versi ini dibundel dengan keberadaan "multimedia upgrade kit", yang terdiri atas drive CD-ROM dan sebuah sound card, seperti halnya Creative Labs Sound Blaster Pro. Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows setelahnya, seperti halnya Windows 3.1 dan Windows for Workgroups, dan menjadi bagian dari spesifikasi Microsoft Multimedia PC. Fitur-fitur yang disebutkan di atas dan dukungan pasar perangkat lunak aplikasi yang semakin berkembang menjadikan Windows 3.0 sangat sukses di pasaran.

Tercatat, dalam dua tahun sebelum dirilisnya versi Windows 3.1, Windows 3.0 terjual sebanyak 10 juta salinan. Akhirnya, Windows 3.0 pun menjadi sumber utama pemasukan Microsoft, dan membuat Microsoft melakukan revisi terhadap beberapa rencana awalnya. Beralih sementara ke IBM OS/2 [ sunting - sunting sumber ] Selama pertengahan hingga akhir 1980an, Microsoft dan IBM bekerja sama dalam mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut sebagai IBM OS/2.

OS/2 dapat menggunakan semua kemampuan yang ditawarkan oleh mikroprosesor Intel 80286 dan mampu mengakses memori hingga 16 Megabyte. OS/2 1.0 dirilis pada tahun 1987, yang memiliki fitur swapping dan multitasking, selain tentunya mengizinkan aplikasi MS-DOS untuk berjalan di atasnya.

OS/2 versi 1.0 hanyalah sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks/ command line saja. OS/2 versi 1.1 yang dirilis pada tahun 1988 menawarkan antarmuka grafis, yang disebut dengan Presentation Manager (PM). Presentation Manager ini menggunakan sistem koordinat yang sama dengan koordinat Cartesius, berbeda dengan sistem operasi Windows dan beberapa sistem GUI lainnya. Penggunaan sistem koordinat tersebut menyebabkan titik x,y 0,0 pada OS/2 diletakkan pada pojok kiri bawah layar, sementara pada Windows, peletakannya pada pojok kiri atas.

OS/2 versi 1.2, yang dirilis pada tahun 1989, memperkenalkan sebuah sistem berkas baru, yang disebut dengan High Performance File System (HPFS), yang ditujukan untuk menggantikan sistem berkas File Allocation Table (FAT).

Pada awal-awal tahun 1990an, hubungan antara Microsoft dan IBM pun meregang akibat munculnya sebuah konflik. Hal ini dikarenakan mereka saling bekerja sama dalam mengembangkan sistem operasi komputer pribadi masing-masing (IBM dengan OS/2 dan Microsoft dengan Windows-nya), keduanya memiliki akses terhadap kode masing-masing sistem microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai….

Microsoft menghendaki pengembangan lebih lanjut dari sistem operasi Windows buatannya, sementara IBM memiliki hasrat bahwa semua pekerjaan masa depannya haruslah dibuat berdasarkan sistem operasi OS/2. Dalam sebuah percobaan untuk mengakhiri konflik ini, IBM dan Microsoft akhirnya setuju bahwa IBM akan mengembangkan IBM OS/2 versi 2.0, untuk menggantikan OS/2 versi 1.3 dan Windows 3.0, sementara Microsoft harus mengembangkan sebuah sistem operasi baru, OS/2 versi 3.0, yang akan kemudian menggantikan OS/2 versi 2.0.

Persetujuan ini pun tidak berlangsung lama, sehingga hubungan IBM dan Microsoft pun dihentikan. IBM akhirnya melanjutkan pengembangan OS/2, sementara Microsoft mengganti nama sistem operasi OS/2 versi 3.0 (yang belum dirilis) menjadi Windows NT. Keduanya masih memiliki hak untuk menggunakan teknologi OS/2 dan Windows yang sudah dibentuk sampai pemutusan persetujuan; akan tetapi, Windows NT benar-benar ditulis sebagai sebuah sistem operasi yang baru dan sebagian besar kode bebas dari kode IBM OS/2.

Setelah versi 1.3 dirilis untuk membenarkan beberapa masalah dalam OS/2 versi 1.x, IBM akhirnya merilis OS/2 versi 2.0 pada tahun 1992.

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

Versi 2.0 ini menawarkan peningkatan yang signifikan, yakni sebuah GUI berorientasi objek, yang disebut dengan Workplace Shell (WPS), yang mencakup di dalamnya sebuah dekstop dan dianggap oleh banyak orang merupakan fitur terbaik di dalam OS/2. Microsoft pun akhirnya "menjiplak" beberapa elemen dari Workplace Shell pada sistem operasi Windows 95 yang dirilis tiga tahun kemudian. Versi 2.0 juga menawarkan API yang mendukung penuh instruksi 32-bit milik Intel 80386, sehingga menawarkan fitur multitasking yang bagus dan mampu mengalamatkan memori hingga 4 gigabyte.

Meskipun demikian, banyak hal di dalam internal sistem masih menggunakan kode 16-bit, yang mengharuskan device driver juga harus ditulis dengan menggunakan kode 16-bit juga, selain tentunya beberapa hal internal lainnya.

Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa OS/2 kekurangan driver perangkat keras. Versi 2.0 juga mampu menjalankan aplikasi DOS dan Windows 3.0, karena memang IBM juga masih memiliki hak untuk menggunakan kode DOS dan Windows setelah "perceraian" hubungan antara mereka.

Pada saat itu, memang tidak jelas siapa yang menjadi pemenang dalam perlombaan yang disebut " Desktop Wars", akan tetapi pada akhirnya OS/2 tidak mampu mendapatkan pangsa pasar yang cukup meskipun IBM pada akhirnya merilis beberapa versi OS/2 yang jauh lebih hebat lagi setelah versi 2.0 ini.

Munculnya dualisme: Windows 3.1 turun ke pasar rumahan dan Windows NT turun ke pasar korporat [ sunting - sunting sumber ] Windows 3.1 [ sunting - sunting microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… ] Sebagai respons dari dirilisnya IBM OS/2 versi 2.0 ke pasaran, Microsoft mengembangkan Windows 3.1, yang menawarkan beberapa peningkatan minor terhadap Windows 3.0 (seperti halnya kemampuan untuk menampilkan font TrueType Fonts, yang dikembangkan secara bersama-sama dengan Apple), dan juga terdapat di dalamnya banyak sekali perbaikan terhadap bug dan dukungan terhadap multimedia.

Versi 3.1 juga menghilangkan dukungan untuk modus real, sehingga hanya berjalan pada modus terproteksi yang hanya dimiliki oleh mikroprosesor Intel 80286 atau yang lebih tinggi lagi.

Microsoft pun pada akhirnya merilis Windows 3.11, yang merupakan versi Windows 3.1 yang mencakup semua tambalan dan perbaikan yang dirilis setelah Windows 3.1 diluncurkan pada tahun 1992.

Windows for Workgroups [ sunting - sunting sumber ] Kira-kira pada waktu yang sama, Microsoft merilis Microsoft Windows for Workgroups, yang tersedia baik sebagai tambahan untuk Windows 3.1 dan sebagai sebuah versi yang tercakup di dalamnya lingkungan dasar Windows dan tambahan kemampuan jaringan di dalam sebuah paket.

Windows for Workgroups mencakup driver jaringan komputer dan stack protokol yang lebih baik, dan juga mendukung jaringan secara peer-to-peer. Salah satu download opsional untuk Windows for Workgroups adalah stack protokol TCP/IP dengan nama kode " Wolverine", yang mengizinkan akses ke Internet melalui jaringan korporat. Windows for Workgroups dirilis dalam dua versi, Windows for Workgroups 3.1 dan Windows for Workgroups 3.11.

Tidak seperti versi-versi Windows sebelumnya, Windows for Workgroups 3.11 hanya berjalan di dalam modus 386 Enhanced, dan membutuhkan setidaknya mesin dengan prosesor Intel 80386SX. Semua versi tersebut terus menerus meningkatkan laju penjualan Windows versi 3.x. Meskipun Windows 3.1x masih memiliki banyak kekurangan, yang sebelumnya telah dikoreksi oleh OS/2, seperti nama berkas yang panjang (melebihi 11 karakter, dalam format 8.3), desktop, atau proteksi sistem terhadap kelakuan aplikasi yang tidak diinginkan, Microsoft secara cepat mengambil alih pasar GUI di pangsa pasar desktop untuk IBM PC dan kompatibelnya.

Windows API pun menjadi standar de-facto untuk perangkat lunak konsumen. Windows NT [ sunting - sunting sumber ] Selama waktu itu, Microsoft terus melanjutkan pengembangan sistem operasi yang barunya, yang disebut dengan Windows NT.

Arsitek utama dari Windows NT adalah Dave Cutler, yang merupakan salah satu dari pemimpin arsitek sistem operasi VMS di perusahaan Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Equipment Corporation (DEC), yang kemudian dibeli oleh Compaq yang sekarang bagian dari Hewlett-Packard. Microsoft merekrut Cutler pada tahun 1988 untuk membuat sebuah versi OS/2 yang bersifat portabel, tetapi akhirnya Cutler malahan membuat sistem operasi baru. Sebelum pindah ke Microsoft, Cutler sebenarnya sedang membuat sebuah sistem operasi penerus VMS di DEC, yang disebut dengan Mica.

Dan pada saat petinggi DEC menggagalkan proyek tersebut, ia keluar dari DEC dan membawa banyak pekerja ahli bersamanya ke Microsoft. DEC memiliki keyakinan bahwa Cutler membawa kode Mica untuk digunakan oleh Microsoft dan menuntutnya. Akhirnya, Microsoft pun kalah dan pada akhirnya disuruh membayar 150 juta dolar Amerika dan memiliki kesepakatan untuk mendukung chip CPU baru buaan DEC, DEC Alpha, yang kala itu tercatat sebagai sebuah chip tercepat, agar dapat berjalan di dalam Windows NT.

Windows NT 3.1 (bidang pemasaran Microsoft menghendaki Windows NT agar terlihat sebagai kelanjutan dari Windows 3.1) akhirnya muncul pertama kali dalam bentuk Beta bagi para pengembang perangkat lunak pada bulan Juli 1992 dalam sebuah perhelatan Professional Developers Conference (PDC) yang dilangsungkan di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

Microsoft juga mengumumkan keinginannya untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus bagi Windows NT sekaligus juga pengganti Windows 3.1 pada konferensi tersebut (yang diberi nama kode Chicago), yang kemudian akan menyatukan keduanya ke dalam sebuah sistem operasi yang padu.

Sistem operasi tersebut diberi nama Cairo. Ternyata Cairo merupakan sebuah proyek yang lebih rumit dibandingkan apa yang telah diantisipasi oleh Microsoft, dan hasilnya NT dan Chicago tidak "bersatu" sampai Windows XP diluncurkan.

Selain itu, bagian-bagian Cairo belum muncul di dalam sistem operasi Microsoft Windows hingga saat ini. Contohnya adalah subsistem WinFS, yang merupakan implementasi dari Object File System di dalam Cairo, memang sempat dikerjakan oleh Microsoft dalam beberapa waktu, tetapi pada akhirnya Microsoft mengumumkan bahwa mereka menghentikan pengembangan WinFS dan akan menggabungkan teknologi yang dikembangkan untuk WinFS di dalam produk dan teknologi Microsoft yang lainnya, khususnya adalah Microsoft SQL Server.

Dukungan device driver untuk Windows NT juga kurang begitu banyak karena memang mengembangkan driver untuk Windows NT dianggap rumit oleh beberapa pengembang, selain tentunya Windows NT juga memiliki superioritas dalam model abstraksi perangkat kerasnya. Masalah ini telah menghantui semua versi Windows NT hingga Windows NT 5.0 ( Windows 2000) keluar ke pasaran.

Para programmer pun mengeluh bahwa mengembangkan device driver untuk Windows NT adalah sesuatu hal yang rumit, dan para pengembang perangkat keras juga tidak mau mengambil risiko untuk mengembangkan device driver untuk sebuah sistem operasi yang memiliki pangsa pasar terbatas. Selain itu, meskipun Windows NT menawarkan performa yang baik dan mampu mengekspolitasi sumber daya sistem secara lebih efisien, dalam beberapa sistem dengan perangkat keras terbatas, Windows NT dianggap sebagai sistem yang boros sumber daya.

Hal ini mengakibatkan munculnya opini publik bahwa Windows NT hanya cocok untuk mesin-mesin yang besar dan juga jauh lebih mahal (seperti halnya workstation dengan DEC Alpha atau Intel Pentium yang kala itu memang masih baru). Windows NT juga microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… dapat bekerja untuk pengguna pribadi karena kebutuhan sumber dayanya yang tinggi. Selain itu, GUI yang digunakannya hanyalah salinan dari GUI Windows 3.1, yang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Workplace Shell milik OS/2, sehingga alasan Windows NT merupakan pengganti bagi Windows 3.1 tidaklah masuk akal.

Akan tetapi, fitur-fitur tersebutlah yang membuat Windows NT pilihan yang sempurna untuk pangsa pasar server jaringan lokal ( LAN), yang pada tahun 1993 sedang mengalami booming besar-besaran, seiring dengan komoditas jaringan di dalam kantor telah meningkat secara drastis. Fitur-fitur jaringan dalam Windows NT menawarkan beberapa pilihan konektivitas jaringan yang luas dan juga tentunya sistem berkas NTFS yang efisien.

Windows NT 3.51 merupakan primadona Microsoft saat terjun ke pasar ini, yang kemudian mengambil alih sebagian besar pangsa pasar yang sebelumnya dimiliki oleh Novell Netware beberapa tahun ke depan. Salah satu peningkatan terbesar dari Windows NT adalah Application Programming Interface (API) 32-bit yang baru, yang dibuat untuk menggantikan Windows API 16-bit yang sudah lama.

API 32-bit ini dinamakan dengan Win32 API, dan dari sanalah Microsoft menyebut API 16-bit yang lama sebagai Win16. Win32 API memiliki tiga buah implementasi utama: satu untuk Windows NT (yang merupakan Win32 API terlengkap dengan dukungan ANSI/ASCII ataupun Unicode), satu untuk Win32s (yang merupakan bagian dari Win32 yang dapat digunakan di atas sistem Windows 3.1), dan juga satu lagi untuk Chicago (yang hanya mendukung ANSI).

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

Hal ini menyebabkan kompatibilitas yang tinggi antara Chicago dan Windows NT, meskipun pada dasarnya kedua sistem tersebut adalah sangat jauh berbeda jika dilihat dari arsitektur dasarnya.

Windows NT merupakan sistem operasi Windows pertama yang dibuat dengan menggunakan kernel hibrida, setelah pada versi-versi sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic saja. Windows 95 [ sunting - sunting sumber ] Setelah Windows 3.11, Microsoft mulai memulai pengembangan sebuah versi Windows yang berorientasi kepada pengguna yang diberi nama kode Chicago.

Chicago didesain agar memiliki dukungan terhadap multitasking secara pre-emptive 32-bit seperti halnya yang terdapat di dalam OS/2 dan Windows NT, meskipun kernel 16-bit masih terdapat di dalamnya demi alasan kompatibilitas ke belakang. Win32 API yang pertama kali diperkenalkan pada Windows NT pun diadopsi sebagai sebuah standar antarmuka pemrograman baru yang berbasis 32-bit, dengan kompatibilitas Win16 juga dipertahankan dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan dengan " thunking".

GUI yang baru juga dimiliki oleh sistem operasi, meskipun pada awalnya Microsoft tidak merencanakannya sebagai bagian dari sistem operasi saat dirilis.

Memang beberapa elemen antarmuka pengguna yang dimiliki oleh Cairo dipinjam dan ditambahkan kepada sistem operasi tersbut sebagai aspek lainnya dari versi itu (khususnya fitur Plug and Play). Microsoft tidak mengganti semua kode Windows menjadi 32-bit; banyak bagian di dalamnya masih berupa 16-bit (meskipun tidak menggunakan modus real secara langsung), demi alasan kompatibilitas ke belakang, kinerja, dan waktu pengembangan.

Hal ini dan fakta bahwa banyaknya kelemahan dalam desain versi-versi Windows sebelumnya, membuat sistem operasi yang baru ini terganggu efisiensi dan stabilitasnya. Akhirnya, bagian marketing Microsoft menggunakan nama Windows 95 sebagai nama produk bagi Chicago, saat dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Microsoft memiliki dua keuntungan dari peluncuran ini: 1) adalah mustahil bagi para konsumen untuk menjalankan Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… 95 pada sistem operasi DOS bukan buatan Microsoft yang jauh lebih murah.

2) meskipun jejak-jejak DOS tidaklah pernah dicabut dari sistem operasi tersebut, malahan versi tersebut menancapkan sebuah versi DOS untuk dimuat sebagai bagian dari proses booting, Windows 95 berjalan dengan sendirinya di dalam modus 386 Enhanced, dengan menggunakan memori virtual dan model pengalamatan memori flat 32-bit.

Fitur-fitur itu menjadikan aplikasi Win32 untuk mengalamatkan RAM virtual sebanyak maksimal 2 gigabyte (dengan 2 gigabyte sisanya dicadangkan untuk sistem operasi), dan dalam teorinya mencegah aplikasi tersebut untuk mengganggu ruangan memori yang dimiliki oleh aplikasi Win32 lainnya tanpa adanya persetujuan dari sistem operasi.

Dalam hal ini, memang fungsionalitas Windows 95 mendekati apa yang dimiliki oleh Windows NT, meskipun Windows 95/ 98/ Me tidak mendukung memori melebihi 512 megabyte tanpa menyunting konfigurasi sistem yang merepotkan. Di balik kesuksesan Microsoft, IBM terus melanjutkan pasar OS/2, dengan memproduksi OS/2 microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… 3.0 dan OS/2 Warp (versi 4.0).

IBM merespons keluhan yang diajukan oleh para konsumen mengenai kebutuhan perangkat keras komputer yang tinggi yang diminta oleh OS/2 versi 2.0, OS/2 versi 3.0 pun dibuat jauh lebih ramping dengan melakukan optimalisasi pada ukuran dan kecepatan. Sebelum Windows 95 dirilis, OS/2 Warp 3.0 bahkan telah dibundel dalam beberapa penyedia perangkat keras mayor di Jerman. Akan tetapi, dengan dirilisnya Windows 95, OS/2 lagi-lagi kehilangan pangsa pasarnya kembali, diambil alih oleh Windows 95. Mungkin tidak mungkin untuk mencari tahu apa alasan mengapa OS/2 gagal dalam mendapatkan pangsa pasar yang besar.

Walaupun OS/2 terus dapat menjalankan aplikasi Windows 3.1, sebenarnya sudah tidak ada yang kekurangan lagi, kecuali pada sebagian kecil dari Windows API yang disebut Win32s. Tidak seperti Windows 3.1, IBM tidak memiliki akses terhadap kode sumber Windows 95 dan tidak mau menggunakan waktu dan sumber daya yang ada untuk melakukan emulasi terhadap Win32 API.

IBM juga memperkenalkan OS/2 pada kasus Amerika Serikat versus Microsoft, dengan menyalahkan taktik marketing pada bagian Microsoft, tetapi banyak orang mungkin setuju bahwa masalah di dalam bagian marketing IBM lah dan dukungannya yang sangat kurang dari para pengembang perangkat lunak yang meyebabkan kegagalan-kegagalan OS/2. Sebelum menggantinya dengan versi Windows yang baru, Microsoft merilis Windows 95 dalam lima versi berbeda, yakni sebagai berikut: • Windows 95 - rilis yang sebenarnya dari Windows 95 • Windows 95 A - mencakup pembaruan Windows 95 Original Service Release 1 (OSR1) yang dimasukkan secara langsung terhadap instalasi.

• Windows 95 B - mencakup beberapa pembaruan mayor lainnya, seperti halnya sistem berkas FAT32, dan Internet Explorer 3.0.

Versi ini juga dikenal dengan Windows 95 OSR2, atau banyak orang di Indonesia menyebutnya sebagai Windows 97. • Windows 95 B USB - atau Windows 95 OSR2.1 merupakan versi Windows 95 yang menawarkan dukungan terhadap perangkat keras berbasis bus Universal Serial Bus/USB.

• Windows 95 C - atau Windows 95 OSR2.5 mencakup semua fitur di atas, ditambah Internet Explorer 4.0. Versi ini merupakan versi yang paling terakhir dirilis dari seri Windows 95.

Windows 95 OSR2, OSR2.1 dan OSR2.5 tidaklah dirilis untuk publik, akan tetapi hanya kepada OEM saja yang mau menggunakan sistem operasi tersebut ke dalam komputer buatannya. Beberapa perusahaan OEM bahkan menjual hard disk baru dengan sistem operasi Windows 95 OSR2 di dalamnya. Selain fitur yang terkandung di dalam Windows 95, Microsoft juga memperkenalkan Microsoft Plus! for Windows 95 yang mencakup beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Windows 95.

Windows NT 4.0 [ sunting - sunting sumber ] Microsoft merilis Windows NT 4.0, sebagai penerus Windows NT 3.x yang sukses mengancam dominasi Novell Netware dan UNIX di pasar korporat. Windows NT 4.0 ini pada awalnya dikembangkan sebagai sebuah bagian dari usaha untuk memperkenalkan Windows NT kepada pasar workstation.

NT 4.0 memiliki antarmuka yang sama dengan Windows 95, tetapi menggunakan kernel yang sama dengan Windows NT, sehingga lebih stabil. Memang, ada sebuah patch tambahan yang tersedia untuk Windows NT 3.51 yang mampu membuat NT 3.51 agar mirip seperti NT 4.0, tetapi sangat tidak stabil dan memiliki banyak bug. Antarmuka pengguna tersebut pada awalnya memang dikembangkan di atas Windows NT, tetapi karena Windows 95 dirilis terlebih dahulu sebelum NT 4.0, maka orang cenderung berpikir "Windows NT 4.0 adalah jiplakan dari Windows 95." Windows NT 4.0 datang dalam empat versi: • Windows NT 4.0 Workstation • Windows NT 4.0 Server • Windows NT 4.0 Server, Enterprise Edition (yang mencakup dukungan terhadap clustering dan SMP hingga 8-way) • Windows NT 4.0 Terminal Server Windows 98 [ sunting - sunting sumber ] Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98.

Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tetapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95.

Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Windows 98 mengundang kontroversi saat Microsoft memasukkan microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web.

Hal ini membuka kasus baru, yang disebut sebagai Amerika Serikat versus Microsoft, yang menanyakan mengapa Microsoft repot-repot menjaga dominasinya di dalam sistem operasi komputer pribadi untuk berkompetisi dengan para pesaingnya seperti Netscape dan IBM dengan cara yang tidak jujur. Pada tahun 1999, Microsoft merilis Windows 98 Second Edition, sebuah rilis yang menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya.

Di sini, Microsoft menambahkan Internet Explorer 5.0 yang ada di Windows 2000. Selain itu, Internet Connection Sharing (ICS), yang merupakan sebuah bentuk dari Network Address Translation (NAT), yang mengizinkan beberapa mesin di dalam sebuah jaringan lokal agar dapat menggunakan satu buah jalur koneksi Internet bersama-sama pun diperkenalkan pada versi ini.

Banyak masalah minor di dalam Windows yang lama telah dikoreksi, yang menjadikan Windows 98 menurut banyak orang sebagai sebuah versi Windows 9x yang paling stabil di antara semua versi Windows 9x lainnya.

Windows 2000 [ sunting - sunting sumber ] Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau "NT 5.0". Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server.

Di antara fitur-fitur Windows 2000 yang paling signifikan adalah Active Directory, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesin lainnya.

Windows Terminal Services juga, yang pada Windows NT 4.0 hanya terdapat di dalam satu produk saja, pada Windows 2000 terdapat dalam semua versi server. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di dalamnya, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game). Windows 2000 juga merupakan versi Windows berbasis kernel NT terakhir yang tidak mengharuskan penggunanya untuk melakukan aktivasi terhadapnya.

Meskipun Windows 2000 dapat memperbarui komputer yang sebelumnya menjalankan Windows 98, Windows 2000 tidaklah dianggap sebagai produk yang cocok untuk pengguna rumahan. Alasannya banyak, di antaranya adalah kurangnya device driver untuk banyak perangkat pengguna seperti pemindai ( scanner) dan juga pencetak ( printer), pada saat dirilis. Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… tersebut akhirnya berbalik pada saat Windows XP dirilis oleh Microsoft.

Windows 2000 tersedia dalam enam edisi, yakni: • Windows 2000 Professional • Windows 2000 Server • Windows 2000 Advanced Server • Windows 2000 Datacenter Server • Windows 2000 Advanced Server Limited Edition • Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition Windows Me [ sunting - sunting sumber ] Pada bulan September 2000, Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition (dikenal juga dengan sebutan Windows Me atau Windows ME). Versi ini memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik.

Versi ini juga memasukkan fitur " System Restore," yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan. System Restore menjadi fitur yang masih dipertahankan pada Windows XP. Versi ini juga memperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama. Windows Me dibuat dalam waktu yang singkat, kira-kira hanya satu tahun, yang ditujukan hanya untuk mengisi kekosongan rilis antara Windows 98 dan Windows XP sebagai sistem operasi untuk kelas rumahan.

Fitur-fitur yang terdapat di dalam Windows Me (seperti Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1) bahkan bisa diperoleh secara gratis dari situs Windows Update, kecuali System Restore. Hasilnya, Windows Me pun tidak dianggap sebagai sebuah sistem operasi yang unik di antara saudara-saudaranya dari keluarga Windows 9x, Windows 95 dan Windows 98. Windows Me juga dikritik karena munculnya masalah microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…, dan juga dukungan terhadap MS-DOS yang berjalan di dalam modus real.

Orang-orang bahkan microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Windows Me sebagai Windows Mistake Edition. Windows Me merupakan sistem operasi terakhir yang dibuat berdasarkan kernel monolithic Windows 9x dan MS-DOS. Versi ini pun menjadi versi terakhir sistem operasi Windows yang tidak memiliki Windows Product Activation (WPA). Windows XP: menyatukan kedua jajaran produk [ sunting - sunting sumber ] Tampilan Windows XP menampilkan folder Sample Pictures, Sample Music, dan Control Panel, dengan tema Luna dan desktop Bliss.

Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode " Whistler" selama pengembangan). Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut.

Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/ 32-bit yang sudah menua. Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen.

Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007. Windows XP tersedia dalam beberapa versi: • Windows XP Home Edition, yang ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan.

• Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tetapi tidak memiliki Windows Media Player, karena memang peraturan Uni Eropa tidak memperbolehkannya.

• Windows XP Professional, yang ditujukan bagi para power user dan pebisnis. • Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tetapi tidak memiliki Windows Media Player, karena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.

• Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk desktop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan. • Windows XP Media Center Edition 2003 • Windows XP Media Center Edition 2004 • Windows XP Media Center Edition 2005, yang dirilis pada 12 Oktober 2004.

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

• Windows XP Tablet PC Edition, yang ditujukan untuk PC Tablet ( PC/ netbook dengan layar sentuh) • Windows XP Tablet PC Edition 2005 • Windows XP Embedded, yang ditujukan untuk sistem benam ( embedded system) • Windows XP Starter Edition, yang ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang.

• Windows XP Professional x64 Edition, yang dirilis pada 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64-bit yang berbasiskan set instruksi x86-64 ( AMD64 atau Intel EM64T). • Windows XP 64-bit Edition, merupakan sebuah versi Windows XP yang ditujukan untuk jajaran prosesor Intel Itanium, yang mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi 32-bit dengan menggunakan emulator perangkat lunak.

Versi ini sama saja dengan Windows XP Professional, dari segi fitur-fiturnya. Produk ini dihentikan pada bulan September 2005 saat vendor terakhir workstation berbasis prosesor Itanium menghentikan produk-produknya sebagai "workstation", karena memang mereka cenderung memfokuskan Itanium sebagai basis komputer server.

• Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Server 2003). Windows Server 2003 [ sunting - sunting sumber ] Desktop dan menu Start Windows Server 2003.

Pada tanggal 24 April 2003, Microsoft meluncurkan Windows Server 2003, sebuah pembaruan untuk sistem operasi Windows 2000 Server, yang menawarkan banyak fitur-fitur keamanan yang baru, pemandu " Manage Your Server wizard" yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya, dan juga peningkatan kinerja.

Windows Server 2003 menggunakan kernel Windows NT versi 5.2. Di dalam Windows Server 2003, beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam lingkungan server dinonaktifkan secara default, terutama " Windows Audio" dan " Themes" demi alasan kestabilan; Agar dapat menggunakan suara dan tampilan yang sama dengan Windows XP, pengguna harus mengaktifkannya secara manual, melalui snap-in Microsoft Management Console Services.msc Selain itu, akselerasi perangkat keras untuk kartu grafis juga dimatikan; lagi-lagi pengguna harus mengaktifkannya secara manual, tentu saja jika device driver yang digunakan "bisa dipercayai".

Pada bulan Desember 2005, Microsoft merilis Windows Server 2003 R2, yang merupakan Windows Server 2003 Service Pack 1 ditambah dengan beberapa paket tambahan. Di antara semua fitur-fitur barunya adalah fitur-fitur manajemeuntuk kantor-kantor cabang, dan integrasi identitas yang luas. Windows Server 2003 tersedia dalam lima buah edisi: • Windows Server 2003, Web Edition • Windows Server 2003, Standard Edition • Windows Server 2003, Enterprise Edition (32-bit dan 64-bit) • Windows Server 2003, Datacenter Edition • Windows Server 2003, Small Business Server Windows Fundamentals for Legacy PCs sebagai platform thin client [ sunting - sunting sumber ] Tampilan desktop Windows Fundamentals for Legacy PCs Pada bulan Juli 2006, Microsoft merilis sebuah versi Windows XP Service Pack 2, yang ditujukan untuk pasar thin-client, yang disebut sebagai Windows Fundamentals for Legacy PCs (WinFLP).

WinFLP hanya tersedia bagi para pelanggan Microsoft Software Assurance. Tujuan dibuatnya WinFLP adalah untuk memberikan pilihan upgrade kepada para pelanggannya yang masih menggunakan Windows 95, Windows 98, Windows Me, dan Windows NT Workstation.

Sebagian besar aplikasi pengguna dijalankan di atas mesin jarak jauh dengan menggunakan Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Services atau Citrix. Pada tahun 2009, Microsoft merilis Windows Thin PC yang merupakan penerus dari WinFLP. Windows Vista [ sunting - sunting sumber ] Setelah meraih kesukesan besar dengan Windows XP, Microsoft tidak lantas berhenti begitu saja mengembangkan Windows.

Versi terbaru dari Windows, disebut dengan Windows Vista, dirilis pada tanggal 30 November 2006 [1] bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007.

Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi " administrator-by-default" yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih "memikat", yang disebut dengan Windows Aero GUI, aplikasi yang baru (seperti halnya Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place).

Selain itu, Windows Vista juga menawarkan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru (versi 11). Windows Vista, menampilkan antarmuka grafis Aero-nya yang memikat, Welcome screen dan menu Start.

Windows Vista menggunakan nomor versi 6.0, sehingga memang terdapat perbedaan versi yang signifikan jika dibandingkan dengan Windows XP yang menggunakan nomor versi 5.1 atau Windows Server 2003 (5.2). Karena, memang Windows Vista memiliki banyak perbedaan yang mendasar, khususnya pada bagian arsitektur dasar sistem operasi. Windows Vista dijual dalam beberapa edisi: • Windows Vista Starter • Windows Vista Home Basic • Windows Vista Home Premium • Windows Vista Business • Windows Vista Enterprise • Windows Vista Ultimate Windows Home Server [ sunting - sunting sumber ] Windows Home Server Console Windows Home Server (sebelumnya memiliki nama kode Q singkatan dari Quattro) merupakan sebuah produk server yang diturunkan dari Windows Server 2003, yang didesain khusus untuk digunakan oleh para konsumen dari pengguna rumahan.

Sistem operasi ini diperkenalkan pada tanggal 7 Januari 2007 oleh Bill Gates. Windows Home Server dapat dikonfigurasikan dan dipantau dengan menggunakan program console yang dapat diinstalasikan pada sebuah PC klien.

Windows ini memiliki fitur Media Sharing, backup terhadap drive lokal dan drive jarak jauh, dan duplikasi berkas. Windows Server 2008 [ sunting - sunting sumber ] Windows Server 2008, adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dijadwalkan untuk dirilis pada tanggal 27 Februari 2008.

Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode " Windows Server Codenamed Longhorn." Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003.

Windows 7 [ sunting - sunting sumber ] Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000.

Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain.

Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh ke mana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah daripada Windows Vista. Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga tersedia dalam 6 edisi yaitu: • Windows 7 Starter • Windows 7 Home Basic • Windows 7 Home Premium • Windows 7 Professional • Windows 7 Ultimate • Windows 7 Enterprise Windows 8 [ sunting - sunting sumber ] Layar mulai Windows 8 Pengembangan Windows 8 dimulai sebelum Windows 7 diluncurkan pada tahun 2009.

Tanggal 13 September 2011, build 8102 (Windows 8 Developer Preview) dirilis ke publik. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro dan sejumlah sampel aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft.

Pada tanggal 29 Februari 2012, Microsoft meluncurkan Windows 8 Consumer Preview, versi beta dari Windows 8, build 8250. Untuk pertama kalinya sejak Windows 95, tombol Start tidak lagi muncul di taskbar, meski layar Start-nya masih harus dibuka dengan mengklik sudut kiri bawah layar dan tombol Start di kotak Charm. Pada tanggal 1 Agustus 2012, Windows 8 (build 9200) dirilis dengan nomor build 6.2.9200.16384.

Microsoft mengadakan acara peluncuran pada 25 Oktober 2012 dan meluncurkan Windows 8 untuk publik keesokan harinya. Fitur: • Desain aplikasi Windows 8 UI, yang bisa dibuat dari bahasa pemograman apa saja, seperti misalnya bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, dan JavaScript, dan bahasa pemrograman aplikasi desktop seperti C, C++, C#, dll.

• Hilangnya tombol Mulai (digantikan oleh Layar Mulai dan Charms). • Hilangnya tombol Mulai pada desktop • Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet). • Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone • Portabel di USB ( Windows To Go).

• Windows Explorer menggunakan ribbon seperti Office 2010 & 2007, juga berganti nama menjadi 'File Explorer. • Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me- load-nya tiap booting.

• Fitur pengembalian (recovery) baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan. • Rancangan baru dari Windows Task Manager. • Proses aktivasi yang mudah. • Diperkenalkannya Layar Kunci (Lock Screen).

• Bursa Windows, sebagai tempat membeli atau menginstal aplikasi Windows 8 UI. • Aplikasi media penyimpanan awan baru yang disebut Skydrive. • Antivirus yang sudah terintegrasi dengan Windows Defender. • Pilihan jenis log-in yang beragam, yaitu sandi akun Microsoft/lokal, sandi gambar, dan PIN. Edisi: • Windows 8 Windows 8 microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… edisi standar Windows untuk arsitektur IA-32 dan x64.

Dokumantasi yang didapat dari ImageX tool dan buku Paul Thurrott di Windows 8 juga menyebutkan versi ini sebagai "Core". Edisi ini membawa fitur-fitur yang ditunjukkan untuk pengguna rumahan dan memberikan semua fitur standar Windows 8 seperti Layar Mulai, ubin langsung, Bursa Windows, Internet Explorer 10, dan lain-lain.

• Windows 8 Pro Windows 8 Pro sebanding dengan Windows 7 Professional dan Ultimate dan ditunjukkan pada pengguna tingkat lanjut atau pengguna rumahan tingkat lanjut (dengan Windows Media Center meskipun harus membelinya lagi ).

Fitur tambahan meliputi kemampuan untuk menerima koneksi Remote Desktop, ikut serta dalam Domain Windows Server, Enkripsi Berkas Sistem, Hyper-V, pemuatan (booting) Virtual Hard Disk, Group Policy, BitLocker dan BitLocker To Go.

• Windows 8 Enterprise Windows 8 Enterprise menyediakan semua fitur di Windows 8 Pro (kecuali kemampuan untuk memasang Windows Media Center), dengan fitur tambahan untuk membantu organisasi TI (lihat tabel dibawah).

Edisi ini tersedia untuk pengguna Software Assurance atau pelanggan MSDN dan TechNet Professional, dan dirilis tanggal 16 Agustus 2012. • Windows RT Windows RT hanya akan tersedia terpasang di perangkat berbasis ARM seperti tablet PC. Windows RT akan terpaket dengan versi microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… teroptimalkan untuk sentuh dari versi desktop Microsoft Office 2013 Home and Student (Microsoft Office RT 2013) berisi Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, dan mendukung kemampuan enkripsi perangkat.

Beberapa fitur kantoran seperti Group Policy dan dukungan domain tidak didukung. Windows 8.1 [ sunting - sunting sumber ] Layar Mulai Windows 8.1 Update 1 Rilis selanjutnya setelah Windows 8 adalah Windows 8.1, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blue.

Tanggal 26 Juni 2013, build 9431 (Windows 8.1 Free Preview) dirilis ke publik. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi dengan tombol Mulai baru, booting langsung ke desktop, layar kunci yang disempurnakan dan sejumlah aplikasi Metro yang baru. Pada tanggal 27 Agustus 2013, Windows 8.1 (build 9600) dirilis dengan nomor build 6.3.9600.16384. Microsoft mengadakan acara peluncuran pada 17 Oktober 2013 dan meluncurkan Windows 8.1 untuk publik keesokan harinya.

Fitur: • Aplikasi standar baru: Calculator (Modern UI), Alarm, Sound Recorder, Reading List, Food & Drink, Help & Tips, dan sebuah File Manager berbasis Modern UI (menyatu bersama aplikasi SkyDrive Modern UI).

• Kembalinya Tombol start pada windows dan Hilangnya aplikasi Messaging. • Terintegrasi dengan UWP Internet Explorer 11 (Preview). UWP Internet Explorer 11 Preview di Windows 8.1 Preview • PC Settings, merangkum pengaturan-pengaturan Control Panel (berbasis Modern UI).

• Windows PowerShell v40: sejumlah perintah baru untuk mengelola Start Screen, Windows Defender, dll. • Bursa Windows 2.0: Tampilan Baru dan lebih fleksibel, memperbarui aplikasi secara otomatis. • Boot ke desktop: Windows 8.1 bisa booting langsung ke desktop tanpa harus ke Layar Mulai. • Latar Layar Mulai: Warna dan Pola latar belakang di Layar Mulai Windows 8 bisa diatur sesuka hati, bahkan bisa disamakan dengan desktop. • Search Heroes: Di Windows 8, kita hanya bisa mencari aplikasi, pengaturan, dan files.

Di Windows 8.1, selain mencari aplikasi, pengaturan, dan files, kita juga bisa mencari orang-orang terkenal, artis, kota, atau apa saja; karena pencarian Windows 8.1 sudah terintegrasi dengan internet lewat Bing.

• Multitugas fleksibel: Di Windows 8, kita hanya bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan. Di Windows 8.1, kita bisa menjalankan 3 atau 4 aplikasi secara bersamaan, tergantung ukuran layar. • Layar Mulai fleksibel: Kustomisasi lebih fleksibel, menggrup,menempel, melepas, dan mengubah ukuran ubin aplikasi menjadi lebih mudah. • Tampilan Baru File Explorer: Pustaka (Library) disembunyikan secara default (namun menjadi satu dibawah This PC) dan Computer (Komputer) berubah nama menjadi This PC (PC ini).

Sama seperti Windows 8, Windows 8.1 juga tersedia dalam 4 edisi yaitu: • Windows 8.1 • Windows 8.1 Pro • Windows 8.1 Enterprise • Windows RT 8.1 Windows 10 [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Windows 10 Windows 10 merupakan versi terkini dari sistem operasi Microsoft Windows.

Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Sejarah sistem-sistem operasi Microsoft [ sunting - sunting sumber ] Pergerakan versi MS-DOS [ sunting - sunting sumber ] • MS-DOS dan PC-DOS • Windows 95 (MS-DOS 7.0) • Windows 95 OEM Service Release 2.x, Windows 98 (MS-DOS 7.1) • Windows ME (MS-DOS 8.0) Pergerakan versi Windows kelas rumahan [ sunting - sunting sumber ] • Windows 1.0 • Windows 2.0 • Windows 286/2.1 dan 386/2.1 • Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 3.1 for Workgroups, Windows 3.11, Windows 3.11 for Workgroups (WfW) • Windows 95 microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… 4.0) • Windows 98 (Windows 4.1) • Windows Millennium Edition (Windows 4.9) Pergerakan versi Microsoft/IBM OS/2 [ sunting - sunting sumber ] • OS/2 1.0 • OS/2 1.1 • OS/2 1.2 • OS/2 1.3 Pergerakan versi Microsoft berbasis Windows NT [ sunting - sunting sumber ] • Windows NT 3.1 • Windows NT 3.5 • Windows NT 3.51 • Windows NT 4.0 • Windows 2000 (Windows NT 5.0) • Windows XP dan Windows Fundamentals for Legacy PCs (Windows NT 5.1) • Windows Server 2003, Windows XP 64-bit Edition 2003, dan Windows XP Professional x64 Edition (Windows NT 5.2) • Windows Vista dan Windows Server 2008 (Windows NT 6.0) • Windows 7, Windows Thin PC, dan Windows Server 2008 R2 (Windows NT 6.1) • Windows 8, Windows RT, microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Windows Server 2012 (Windows NT 6.2) • Windows 8.1, Windows RT 8.1, dan Windows Server 2012 R2 (Windows NT 6.3) • Windows 10, Windows Server 2016, dan Windows Server 2019 (Windows NT 10.0) Sejarah Windows dalam garis waktu ( timeline) [ sunting - sunting sumber ] Tanggal 16-bit 32-bit 64-bit 20 November 1985 Windows 1.0 - - 9 Desember 1987 Windows 2.0 - - 22 Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… 1990 Windows 3.0 - - 6 April 1992 Windows 3.1 - - 27 Oktober 1992 Windows for Workgroups 3.1 - - 27 Juli 1993 - Windows NT 3.1 - 8 November 1993 Windows for Workgroups 3.11 - - 21 September 1994 - Windows NT 3.5 - 30 Mei 1995 - Windows NT 3.51 - 24 Agustus 1995 Windows 95 - 24 Agustus 1996 - Windows NT 4.0 - 25 Juni 1998 Windows 98 - 9 Mei 1999 Windows 98 SE - 17 Februari 2000 - Windows 2000 - 14 September 2000 Windows Me - 25 Oktober 2001 - Windows XP - 24 April 2003 - Windows Server 2003 18 Desember 2003 - Windows XP Media Center Edition 2003 - 12 Oktober 2004 - Windows XP Media Center Edition 2005 - 25 April 2005 - - Windows XP Professional x64 Edition 8 Juli 2006 - Windows Fundamentals for Legacy PCs - 30 November 2006 - Windows Vista untuk penggunaan dalam bisnis 30 Januari 2007 - Windows Vista untuk penggunaan dalam rumahan.

Dirilis dalam 50 negara secara serentak. 4 November 2007 - Windows Home Server 27 Februari 2008 [1] - Windows Server 2008 22 Oktober 2009 - Windows 7 22 Oktober 2009 - - Windows Server 2008 R2 6 April 2011 - - Windows Home Server 2011 4 September 2012 - - Windows Server 2012 26 Oktober 2012 - Windows 8 18 Oktober 2013 [2] [3] - Windows 8.1 18 Oktober 2013 - - Windows Server 2012 R2 29 Juli 2015 - Windows 10 (10240) 26 September 2016 [info 1] [4] - - Windows Server 2016 2 Oktober 2018 - - Windows Server 2019 14 Januari 2021 - Windows 10X (Batal diluncurkan) 5 Oktober 2021 - - Windows 11 Catatan [ sunting - sunting sumber ] • ^ New Windows Server Visual Studio SQL Server to Launch in February • ^ Antoine Leblond (27 Agustus 2013).

"Readying Windows 8.1 for release (UPDATED)". Windows blog. Diakses tanggal 3 September 2013. • ^ Vishal Gupta (28 Agustus 2013). "Windows 8.1 Releases to Manufacturing (RTM), General Availability on October 17th, 2013". AskVG.com. Diakses tanggal 3 September 2013. • ^ Foley, Mary Jo. "Microsoft's Windows Server 2016 hits general availability". ZDNet (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-17. • Halaman ini terakhir diubah pada 13 Februari 2022, pukul 06.02.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

• Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • • • Afrikaans • Aragonés • Ænglisc • العربية • مصرى • অসমীয়া • Asturianu • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Boarisch • Žemaitėška • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Български • বাংলা • Brezhoneg • Bosanski • Català • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Cebuano • کوردی • Corsu • Čeština • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Zazaki • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Võro • Føroyskt • Français • Furlan • Frysk • Gaeilge • Galego • ગુજરાતી • Hausa • 客家語/Hak-kâ-ngî • עברית • हिन्दी • Hrvatski • Hornjoserbsce • Magyar • Հայերեն • Interlingua • Ilokano • Íslenska • Italiano • 日本語 • La .lojban.

• Jawa • ქართული • Qaraqalpaqsha • Taqbaylit • Қазақша • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Ripoarisch • Kurdî • Кыргызча • Latina • Lëtzebuergesch • Limburgs • Ligure • Lombard • Lingála • ລາວ • Lietuvių • Latviešu • Malagasy • Македонски • മലയാളം • Монгол • मराठी • Bahasa Melayu • မြန်မာဘာသာ • Dorerin Naoero • Plattdüütsch • नेपाली • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Occitan • ଓଡ଼ିଆ • Polski • پنجابی • پښتو • Português • Runa Simi • Română • Русский • Русиньскый • Саха тыла • ᱥᱟᱱᱛᱟᱲᱤ • Sardu • Sicilianu • Scots • Srpskohrvatski / српскохрватски • සිංහල • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Soomaaliga • Shqip • Српски / srpski • Svenska • Ślůnski • தமிழ் • తెలుగు • Тоҷикӣ • ไทย • Tagalog • Türkçe • Татарча/tatarça • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Vèneto • Vepsän kel’ • Tiếng Việt • West-Vlams • Winaray • 吴语 • IsiXhosa • მარგალური • ייִדיש • Yorùbá • Vahcuengh • 中文 • 文言 • Bân-lâm-gú • 粵語 Microsoft Windows Perusahaan / pengembang Microsoft Diprogram dalam C, C++ dan bahasa rakitan [1] Keluarga Windows 9x, Windows CE dan Windows NT Status terkini Aktif Model sumber Sumber tertutup / Sumber berbagi Rilis perdana 20 November 1985 ; 36 tahun lalu ( 1985-11-20) (bernama Windows 1.0) Target pemasaran Komputer pribadi Ketersediaan bahasa Multi bahasa Metode pemutakhiran Windows Update, Windows Anytime Upgrade, Windows Store, Windows Server Update Service Dukungan platform ARM, IA-32, x86-64 dan Itanium Kernel type Hibrid (keluarga Windows NT), DOS (16-bit Windows dan seri Windows 9x/ME) Antarmuka bawaan Grafis ( Windows Shell) Lisensi Perangkat lunak komersial proprietari Situs web resmi microsoft .com /windows Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows saja adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI).

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS.

Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS.

Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. Artikel utama: Sejarah Microsoft Windows Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI (Graphical User Interface), Microsoft menciptakan Windows 1.0 Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program).

Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas.

Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

Versi-versi Windows [ sunting - sunting sumber ] Logo Windows 11 yang berbentuk sama dengan Logo Microsoft Sudah dirilis [ sunting - sunting sumber ] • 16-bit, berjalan di atas MS-DOS • 1985 November - Windows 1.0 • 1987 9 Desember - Windows 2.0 • 1990 22 Mei - Windows 3.0 • 1992 Agustus - Windows 3.1 • 1992 Oktober - Windows for Workgroups 3.1 • 1993 November - Windows for Workgroups 3.11 (Versi terakhir tanpa Menu Mulai) • Hibrida ( 16-bit/ 32-bit), berjalan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya) • 1995 24 Agustus - Windows 95 (Versi: 4.00.950) (Versi pertama dengan Menu Mulai) • 1998 25 Juni - Windows 98 (Versi: 4.1.1998) • 1999 5 Mei - Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222) • 2000 - Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000) • Berbasis kernel Windows NT • 1993 Agustus - Windows NT 3.1 • 1994 September - Windows NT 3.5 • 1995 Juni - Windows NT 3.51 • 1996 29 Juli - Windows NT 4.0 (Versi 4.0.1381) • 2000 17 Februari - Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195) • 2001 - Windows XP (Versi: NT 5.1.2600) • 2003 - Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790) • 2006 - Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000) (Versi pertama yang mendukung tema mode Aero) • 2007 - Windows Home Server (Versi 6.0.1800.24) • 2008 - Windows Server 2008 (Versi 6.0.6001) • 2009 22 Oktober - Windows 7 (Versi 6.1 Build 7600) (Versi terakhir dengan Menu Mulai) (Versi terakhir dengan tema mode Aero) • 2009 22 Oktober - Windows Server 2008 R2 (Versi 6.1.7600) • 2012 4 September - Windows Server 2012 (Versi 6.2 Build 9200) • 2012 26 Oktober - Windows 8 (Versi 6.2 Build 9200) (Versi pertama dengan Layar Mulai) • 2013 18 Oktober - Windows 8.1 (Versi 6.3 Build 9600) (Versi pertama dengan Tombol Mulai yang dimodifikasi) • 2013 18 Oktober - Windows Server 2012 R2 (Versi 6.3 Build 9600) • 2015 29 Juli - Windows 10 (Versi 10.0 Build 10240) (Versi pertama dengan Menu Mulai yang dimodifikasi) • 2016 microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Windows Server 2016 (Versi 10.0 Build 14393) • 2019 - Windows Server 2019 • 2021 - Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… 11 (Versi pertama dengan ikon Taskbar yang terpusat di tengah, serta menu mulai yang dimodifikasi.) Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Ubuntu • Linux • MacOS • Android • ChromeOS • Sejarah Microsoft Windows • Daftar versi Microsoft Windows Referensi [ sunting - sunting sumber ] • Halaman ini terakhir diubah pada 5 April 2022, pukul 10.55.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
10. Pada skema pergiliran keturunan (metagenesis) tumbuhan paku homospora, yang termasuk struktur yang memiliki kromosom haploid dan diploid secara be … rurutan adalah .

a. haploid: spora, protalium, anteridium; diploid: zigot, tumbuhan paku, sporofil b. haploid: spora, protalium, zigot; diploid: sporangium, tumbuhan paku, sporofil c. haploid: zigot, tumbuhan paku, sporofil; diploid: anteridium, arkegonium, ovum d.

haploid: zigot, tumbuhan paku, tropofil; diploid: anteridium, arkegonium, protalium e. haploid: zigot, tumbuhan paku, sporofil; diploid: anteridium, arkegonium, sel induk spora​ Hallo Mawar E, kakak bantu jawab ya Jawabannya : Sistem operasi Pembahasan: Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows saja adalah keluarga sistem operasi.

yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Jadi jawaban nya adalah sistem operasi Semoga membantu ya
Syarikat / Pembangun Microsoft Diaturcarakan dalam C, C++ dan Bahasa assembly [1] Keluarga OS Windows 9x, Windows CE dan Windows NT Keadaan Dikeluarkan secara umum Model sumber Closed source / Shared source Keluaran asal 20 November 1985 ; 36 tahun yang lalu ( 1985-11-20) (sebagai Windows 1.0) Versi stabil terkini Windows 8 NT 6.2 (Build 9200) (26 Oktober 2012 ; 9 tahun yang lalu ( 2012-10-26)) Windows Server 2012 NT 6.2 (Build 9200) (4 September 2012 ; 9 tahun yang lalu ( 2012-09-04)) [ +/−] Versi tak stabil terkini Non [ +/−] Sasaran pemasaran Pengkomputeran peribadi Bahasa yang ada Berbilang bahasa ( penyenaraian pek bahasa Windows 7 tersedia) Kaedah pengemaskinian Windows Update, Windows Anytime Upgrade Pelantar disokong ARM, IA-32, x86-64 dan Itanium Jenis inti Hibrid (Windows NT family), DOS (Windows 16-bit dan siri Windows 9x/ME) Antara muka pengguna lalai Grafik ( Windows Shell) Lesen Proprietari perisian komersil Laman sesawang windows .microsoft .com Microsoft Windows ialah sebuah sistem pengendalian yang dibangunkan dan dipasarkan oleh Microsoft.

Sehingga kini, terdapat pelbagai versi Windows, antaranya Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan terbaharu ialah Windows 11 yang dilancarkan oleh Microsoft pada tahun 2021. Isi kandungan • 1 Keluarga Microsoft Windows • 1.1 Suasana pengendalian 16-bit • 1.2 Suasana pengendalian hibrid 16/32-bit • 1.3 Sistem pengendalian hibrid 16/32-bit • 1.4 Sistem pengendalian 32-bit (keluarga NT) • 1.5 Sistem pengendalian terbenam (untuk peranti elektronik) • 2 Garisan masa setiap versi Windows • 3 Fungsi • 4 Ciri-ciri utama • 5 Antaramuka asas Microsoft Windows • 6 Perisian percuma dalam Windows • 7 Kelemahan dan Kelebihan Microsoft Windows • 7.1 Kelemahan • 7.2 Kelebihan • 8 Rujukan Keluarga Microsoft Windows [ sunting - sunting sumber ] Pada asalnya, Microsoft Windows hanyalah sekadar berfungsi untuk menyediakan suasana pengendalian antaramuka grafik pengguna yang lebih mudah digunakan kepada pengguna MS-DOS, namun penggunaan Windows yang semakin meluas menjelang pertengahan dekad 1990-an menyebabkan Microsoft menaik taraf perisian Windows kepada sebuah sistem pengendalian.

Windows NT mula diperkenalkan pada tahun 1993 kepada pengguna perniagaan dengan menggunakan antaramuka yang serupa dengan Windows 3.x. Bermula tahun 2001, kesemua versi terkini Windows menggunakan teknologi NT sepenuhnya yang lebih stabil.

Suasana pengendalian 16-bit [ sunting - sunting sumber ] • Windows 1.0 • Windows 2.0 Suasana pengendalian hibrid 16/32-bit [ sunting - sunting sumber ] • Windows 3.0 dan Windows 3.1 Sistem pengendalian hibrid 16/32-bit [ sunting - sunting sumber ] • Windows 95 • Windows 98 • Windows Me Sistem pengendalian 32-bit (keluarga NT) [ sunting - sunting sumber ] • Windows NT • Windows 2000 • Windows XP • Windows Vista • Windows 7 • Windows 8 • Windows 8.1 • Windows 10 • Windows 11 Sistem pengendalian terbenam (untuk peranti elektronik) [ sunting - sunting sumber ] • Windows CE • Windows Mobile Garisan masa setiap versi Windows [ sunting - sunting sumber ] Tarikh pelancaran Nama produk Versi Nota November 1985 Windows 1.01 1.01 Tidak disokong November 1987 Windows 2.03 2.03 Tidak disokong Mac 1989 Windows 2.11 2.11 Tidak disokong Mei 1990 Windows 3.0 3.0 Tidak disokong Mac 1992 Windows 3.1 3.1 Tidak disokong Oktober 1992 Windows For Workgroups 3.1 3.1 Tidak disokong Julai 1993 Windows NT 3.1 3.1 Tidak disokong Disember 1993 Windows For Workgroups 3.11 3.11 Tidak disokong Januari 1994 Windows 3.2 (Dilancarkan dalam versi Cina Mudah sahaja) 3.2 Tidak disokong September 1994 Windows NT 3.5 3.5 Tidak disokong Mei 1995 Windows NT 3.51 3.51 Tidak disokong Ogos 1995 Windows 95 4.0.950 Tidak disokong Julai 1996 Windows NT 4.0 4.0 Tidak disokong Jun 1998 Windows 98 4.10.1998 Tidak disokong Mei 1999 Windows 98 SE 4.10.2222 Tidak disokong Februari 2000 Windows 2000 5.0.3700.6690 Sokongan Lanjutan sehingga 13 Julai 2010 [2] September 2000 Windows Me 4.90.3000 Tidak disokong Oktober 2001 Windows XP 5.1.2600 Sokongan dilanjutkan hingga 8 April 2014 untuk Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… dan 13 Julai 2010 untuk SP2.

(RTM dan SP1 tidak disokong). Mac 2003 Windows XP 64-bit Edition 2003 5.2.3790 Tidak disokong April 2003 Windows Server 2003 5.2.3790 Tidak disokong bagi versi RTM. Sokongan bagi Pek Servis 1, R2 dan Pek Servis 2. April 2005 Windows XP Professional x64 Edition 5.2.3790 Sokongan semasa Julai 2006 Windows Fundamentals for Legacy PCs 5.1.2600 Sokongan semasa November 2006 (pelesenan jilid)/Januari 2007 (runcit) Windows Vista 6.0.6002 Sokongan semasa.

Bertukar versi ke NT 6.0.6001 dengan SP1 (4 Februari 2008), seterusnya ke NT 6.0.6002 dengan SP2 (28 April 2009). Julai 2007 Windows Home Server 5.2.4500 Sokongan semasa Februari 2008 (dirancang) Windows Server 2008 6.0.6002 Sokongan semasa. Bertukar versi ke NT 6.0.6002 dengan SP2 (28 April 2009). 2010 atau lebih kemudian (dirancang) Windows 7 dan Windows Server 2008 R2 6.1.7600 Sokongan semasa 2011 Windows 8 TIADA SOKONGAN 2015 Windows 10 Fungsi [ sunting - sunting sumber ] Sistem Pengoperasian ialah sistem yang menentukan program apa yang perlu dilaksanakan, dan sumber apa (memori atau I/O) yang perlu digunakan.

Sistem Pengoperasian (OS) membekalkan perkhidmatan ( service) kepada program lain, contohnya kod ( driver) yang membenarkan Ahli Program menulis program untuk mesin tanpa perlu mengetahui lebih terperinci tentang alat elektronik pada sistem komputer.

Selain itu, fungsi sistem pengoperasian Microsoft Windows ialah sebagai susunan arahan yang dapat difahami oleh komputer. Ia dibuat untuk mengarahkan komputer melaksanakan, mengawal, menjadualkan, dan menyelaraskan sesuatu operasi komputer. Ciri-ciri utama [ sunting microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… sunting sumber ] Paparan muka hadapan Windows Vista, keluaran windows terkini. Terdapat pelbagai microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… utama dalam sistem operasi Windows terutama Windows XP antaranya ialah mementingkan tiga aspek utama iaitu tetapan, kemas kini dan tahap keselamatan.

Windows XP ini juga menjadikan lebih mudah untuk menyusun dan menguruskan sumber microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… melalui peralatan sekuriti mantap, mudah dicapai dan intuitif dengan tetapan yang dipertingkatkan antaranya seperti pusat sekuriti Windows dan pengurusan berpusat bagi Windows Firewall dan Internet Explorer (IE) Di samping itu, Windows XP SP2 ini juga membaiki keupayaan pengguna untuk memastikan sentiasa selamat melalui penyaluran lebih banyak maklumat bagi membuat keputusan yang membabitkan sekuriti dan tahap rahsia mereka.

Ini termasuk kemas kini untuk pemacu penting serta sekuriti dan sokongan teknologi baru yang mana semuanya menyediakan pengalaman pengguna akhir lebih baik selain membolehkan pengkomputeran lebih produktif.Teknologi baru yang diperkenalkan itu ialah pengadang pop-up IE, menjadikan kegiatan melayari internet lebih menyeronokkan selain membolehkan pengguna mengurangkan iklan serta kandungan yang tidak diingini.

Selain itu, disediakan bar maklumat IE yang menyediakan maklumat terbaik mengenai tetapan IE di samping memberi amaran kepada pengguna mengenai kawalan dan muat turun yang tidak ditandatangani.

Selain daripada itu, permukaan Windows juga adalah berlainan dengan Windows yang sebelumnya. Dalam Microsoft Windows XP, permukaannya adalah lebih cantik yang disebut sebagai Luna. Permukaan Windows XP juga boleh diubah-ubah sama ada yang telah sedia ada ataupun dengan menggunakan aplikasi lain antaranya yang popular ialah StyleXP, WindowBlinds dan lain-lain. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna Windows boleh menukarkan latar belakang ( theme) Windows mengikut kemahuan pengguna antaranya pengguna boleh menukarkan permukaan Windows kepada permukaan perisian Mac OS X (Aqua), Linux dan lain-lain yang boleh dimuat turun di internet.

Dalam perisian Windows juga dimuatkan perisian yang sedia ada seperti Disk Defragmenter, Internet Explorer (IE), Paint, Wordpad dan sebagainya. Antaramuka asas Microsoft Windows [ sunting - sunting sumber ] Sebaik sahaja proses but selesai, akan dapat dilihat paparan antaramuka bagi Windows.

Sebahagian besar bahagian paparan dikenali sebagai desktop dengan beberapa ikon bagi perisian aplikasi serta beberapa ikon sistem seperti My Computer (dikenali sebagai Computer dalam Windows Vista), Recycle Bin dan sebagainya. Recycle Bin ialah folder sistem khas bagi menyimpan fail-fail yang hendak dibuang daripada cakera keras.

Di sebelah bawah pula terdapat satu jalur nipis yang dikenali sebagai bar tugasan. Bar tugasan yang asas menempatkan menu Start, dulang sistem dan beberapa butang bagi program-program aplikasi yang dibuka (jika ada). Bar ini membolehkan pengguna menukar program yang dibuka dengan pantas dan mudah tanpa mematikan program-program lain. Ciri tersebut menjadikan Windows sebagai sistem pengendalian berbilang tugasan ( multi-tasking). Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… sistem pula menempatkan jam, kawalan suara, ikon peringatan sistem serta beberapa ikon bagi program yang berjalan secara latar belakang seperti perisian antivirus.

Menu Start menempatkan senarai penuh program yang dipasang dalam Windows, pautan ke Panel Kawalan, Bantuan dan perintah untuk log keluar akaun Windows serta perintah menutup Windows. Komputer akan dimatikan secara automatik setelah proses menutup Windows selesai.

Kebanyakan program aplikasi memaparkan antaramuka asas berbentuk segiempat yang dikenali sebagai tetingkap. Sebuah tetingkap mempunyai bar tajuk, bar menu, bar peralatan, ruang program serta bar status. Bar tajuk memaparkan ikon program, tajuk program, serta butang-butang Minimize (mengecilkan dan menyembunyikan program di dalam bar tugasan), Maximize (membesarkan tetingkap sehingga memenuhi ruang desktop)/ Restore (mengembalikan tetingkap yang dibesarkan kepada saiz asal) dan Close (menutup program).

Semua arahan dalam Windows boleh dijalankan dengan mudah dengan menggunakan tetikus serta papan kekunci untuk memasukkan teks serta beberapa perintah. Perisian percuma dalam Windows [ sunting - sunting sumber ] Windows Media Player 11 yang didatangkan percuma dalam Windows Vista • Internet Explorer • Windows Media Player • Windows Movie Maker • Windows Defender Kelemahan dan Kelebihan Microsoft Windows [ sunting - sunting sumber ] Kelemahan [ sunting - sunting sumber ] Terdapat beberapa kelemahan dalam sistem pengoperasian Windows antaranya ialah gangguan virus, penggodam, worm, dan lain-lain.

Kelebihan [ sunting - sunting sumber ] Dalam sistem pengoperasian Microsoft Windows terdapat banyak kelebihan terutamanya dalam Windows XP (SP2). Antara konsep keselamatan yang telah dipertingkatkan dalam Windows XP SP2 ialah: • Membantu melindungi PC daripada fail sisipan yang merbahaya. Caranya, dengan mengingatkan pengguna akan mana-mana fail sisipan yang mungkin tidak selamat. SP2 membantu melindungi PC daripada virus-virus yang boleh merebak melalui Internet Explorer, Outlook Express, dan Windows Messenger.

• Menambah baik ciri perlindungan aspek privasi pengguna terutamanya apabila berada dalam microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai….

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

SP2 membantu melindungi maklumat persendirian pengguna dengan menggunakan ketetapan keselamatannya yang melindungi PC pengguna daripada fail dan kandungan yang dipindah terima melalui Internet Explorer. • Menghindari pindah terima yang berpotensi tidak selamat. Pemantauan pindah terima Internet Explorer microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Internet Explorer Information Bar akan mengingatkan pengguna mengenai pindah terima yang mungkin berbahaya di samping memberikan pengguna pilihan untuk menyekat fail-fail yang mungkin berniat jahat.

• Mengurangkan gangguan tetingkap timbulan. Ciri baru SP2 yang dinamakan Internet Explorer Pop-Up Blocker menjadikan pelayaran Internet pengguna lebih menyeronokkan. Caranya dengan membantu pengguna mengurangkan iklan-iklan yang tidak diingini dan kandungan yang muncul apabila melayari web. • Menyediakan perlindungan firewall sejak PC pengguna dimulakan sehingga PC dimatikan. SP2 dilengkapi Firewall Windows dalaman yang berkuasa dan pada asasnya sedia diaktifkan.

Hal ini membantu melindungi Windows XP daripada pelbagai virus dan cecacing yang boleh merebak menerusi Internet. • Menyediakan pusat kawalan keselamatan yang lebih baik. SP2 dilengkapi pusat kawalan keselamatan lebih baik yang dikenali sebagai Windows Security Center. Pusat ini membolehkan pengguna melihat status keselamatan dengan mudah dan mengurus ketetapan utama keselamatan pada satu tempat yang selesa.

• Menyediakan kemas kini keselamatan yang mudah. Penambahbaikan ciri Automatic Updates Windows XP telah memudahkan lagi proses untuk mengemas kini Windows. Selain itu, teknologi baru juga ditambah untuk membantu pengguna internet dailan memindah terima kemas kini dengan lebih efisyen. • Menyediakan perlindungan terhadap alamat e-mel. SP2 juga telah membuat penambahbaikan terhadap aplikasi Outlook Express dalam usaha untuk mengurangkan kemasukan e-mel yang tidak dikehendaki.

Caranya, dengan membataskan kemungkinan alamat e-mel pengguna dieksplotasi oleh penghantar spam. • Mencegah kelumpuhan (crash) akibat pemasangan perisian tambahan pelayar Web. Ciri baru Add-On Manager dalam Internet Explorer memudahkan pengguna melihat dan mengawal perisian tambahan.

Hal ini dikatakan dapat mengurangkan berlakunya kelumpuhan dan pengguna boleh melayari web dengan bebas. • Memudahkan penggunaan tanpa wayar. SP2 terus menyokong penggunaan tanpa wayar dengan memudahkan lagi proses untuk mencari dan berhubung dengan rangkaian tanpa wayar di rumah atau dalam perjalanan. Rujukan [ sunting - sunting sumber ] Altamira Software · aQuantive · Blue Ribbon Soundworks · Bungie · Calista Technologies · Colloquis · Connectix · Consumers Software · Danger · Farecast · FASA Interactive · Fast Search & Transfer · Firefly · Forethought · GIANT Company Software · Groove Networks · Hotmail · Jellyfish.com · Korea Telecom · LinkExchange · Lionhead Studios · Massive Incorporated · Onfolio · PlaceWare · Powerset · ProClarity · Rare · ScreenTonic · Teleo · Tellme Networks · Vermeer Technologies · Visio Corporation · VXtreme · WebTV Networks · Winternals · Yupi Berkaitan Aero · ClearType · Desktop Window Manager · DirectX · Windows Explorer · Bar tugasan · Menu Start · Cangkerang Windows ( Shell namespace · Folder khas · File associations) · Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Search ( Carian tersimpan, iFilters) · Antaramuka Peranti Grafik · Windows Imaging Format · Tenggekan TCP/IP generasi seterusnya · Rangka Kerja .NET · Audio · Cetakan ( Spesifikasi Kertas XML) · Windows Script Host ( VBScript, JScript) · COM ( OLE, Automasi OLE, DCOM, ActiveX, Storan berstruktur) Backup and Restore Center · Calculator · Calendar · Character Map · Cmd.exe · Contacts · Control Panel ( Applets) · Device Manager · Disk Cleanup · Disk Defragmenter · DVD Maker · Event Viewer · Fax and Scan · Internet Explorer · Journal · Mail · Magnifier · Management Console · Media Center · Meeting Space · Mobile Device Center · Mobility Center · Movie Maker · Narrator · Notepad · Paint · Photo Gallery · PowerShell · Private Character Editor · Problem Reports and Solutions · Remote Assistance · Sidebar · Snipping Tool · Sound Recorder · Sysprep · System Configuration · System File Checker · System Restore · Unix subsystem · Windows Installer · Windows Media Player · Windows Speech Recognition · Task Manager · Windows Update · WordPad · WinSAT Inti Domains · Active Directory · DNS · Group Policy · Roaming user profiles · Distributed Transaction Coordinator · MSMQ · SharePoint Services · Windows Media Services · Rights Management Services · IIS · Terminal Services · WSUS · Network Access Protection · DFS Replication · Remote Differential Compression · Print Services Reka bentuk • Afrikaans • Ænglisc • العربية • Aragonés • অসমীয়া • Asturianu • Azərbaycanca • تۆرکجه • Bahasa Indonesia • বাংলা • Bân-lâm-gú • Башҡортса • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Boarisch • Bosanski • Brezhoneg • Български • Català • Cebuano • Čeština • Corsu • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Dorerin Naoero • Eesti • Ελληνικά • English • Español • Esperanto • Euskara • فارسی • Føroyskt • Français • Frysk • Furlan • Gaeilge • Galego • ગુજરાતી • 客家語/Hak-kâ-ngî • 한국어 • Hausa • Հայերեն • हिन्दी • Hornjoserbsce • Hrvatski • Ilokano • Interlingua • IsiXhosa • Íslenska • Italiano • עברית • Jawa • ಕನ್ನಡ • ქართული • Қазақша • Кыргызча • Kurdî • ລາວ • Latina • Latviešu • Lëtzebuergesch • Lietuvių • Ligure • Limburgs • Lingála • La .lojban.

• Lombard • Magyar • Македонски • Malagasy • മലയാളം • मराठी • მარგალური • مصرى • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Монгол • မြန်မာဘာသာ • Nederlands • नेपाली • 日本語 • Norsk bokmål • Norsk nynorsk • Occitan • ଓଡ଼ିଆ • Oʻzbekcha/ўзбекча • پنجابی • پښتو • Plattdüütsch • Polski • Português • Qaraqalpaqsha • Ripoarisch • Română • Runa Simi • Русиньскый • Русский • Саха тыла • ᱥᱟᱱᱛᱟᱲᱤ • Sardu • Scots • Shqip • Sicilianu • සිංහල • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Ślůnski • Soomaaliga • کوردی • Српски / srpski • Srpskohrvatski / српскохрватски • Suomi • Svenska • Tagalog • தமிழ் • Taqbaylit • Татарча/tatarça • తెలుగు • ไทย • Tiếng Việt • Тоҷикӣ • Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… • Українська • اردو • Vahcuengh • Vèneto • Vepsän kel’ • Võro • 文言 • West-Vlams • Winaray • 吴语 • ייִדיש • Yorùbá • 粵語 • Zazaki • Žemaitėška • 中文 Sunting pautan • Laman ini kali terakhir disunting pada 10:31, 10 Januari 2022.

• Teks disediakan dengan Lesen Creative Commons Pengiktirafan/Perkongsian Serupa; terma tambahan mungkin digunakan. Lihat Terma Penggunaan untuk butiran lanjut. • Dasar privasi • Perihal Wikipedia • Penafian • Paparan mudah alih • Pembangun • Statistik • Kenyataan kuki • •
Microsoft Windows dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corporation yang didirikan oleh Bill Gates bersama dengan Paul Allen, pada tanggal 4 April 1975.

Pada awalnya, Microsoft Corporation memulai bisnis sistem operasi dengan membeli lisensi DOS (Disk Operating System) dari sebuah perusahaan bernama Seattle Computer Products (SCP), mengubah namanya menjadi MS-DOS dan kemudian bekerjasama dengan perusahaan IBM untuk mem-bundle perangkat keras yang dibuat oleh IBM, yaitu IBM Personal Computer, di tahun 1980.

Dalam perjanjian lisensi tersebut. Microsoft dibolehkan untuk tetap menjual lisensi MS-DOS kepada perusahaan lain, di saat yang sama, seperti kepada Compaq, Hewlett-Packard (HP), Dell, Tandy, dll) Namun, setelah MS-DOS versi 3, Microsoft mulai mengembangkan Microsoft Windows 1.0, yaitu perluasan antarmuka untuk MS-DOS yang berbasis grafis (GUI – Graphical User Interface).

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

PERKEMBANGAN MICROSOFT WINDOWS • Microsoft Windows 1.0 Microsoft Windows 1.0 yang lahir pada tanggal 20 November 1985, sebenarnya bukanlah sebuah sistem operasi penuh, melainkan hanya perluasan antarmuka grafis yang disediakan untuk MS-DOS, pada saat itu. Awalnya, Microsoft hendak menamai Windows 1.0 dengan nama Interface Manager. Namun kepala pemasaran Microsoft saat itu, berhasil meyakinkan para petinggi Microsoft, bahwa nama “Windows” akan lebih memikat konsumen.

Windows 1.0 memiliki masalah dan kelemahan yang sama dengan yang dimiliki oleh MS-DOS, karena memang hanya ditujukan sebagai perluasan antar-muka grafis saja, dan bukan sebagai Sistem Operasi murni.

Selain itu, pada saat itu Apple Inc. juga menuntut agar Microsoft membatasi kemampuannya, sehingga Windows 1.0 tidak memiliki fitur “Recycle Bin”, yaitu sebuah ruang yang disediakan untuk menampung file-file yang telah dihapus oleh User, sebelum mereka benar-benar menghapusnya secara fisik, dari disk. Selain itu, Windows juga tidak diperkenankan untuk mengatur “jendela”-nya secara cascade (bertumpuk), melainkan hanya tile (berjejer), karena fitur-fitur tersebut diyakini Apple, adalah fitur yang menjadi milik Apple.

• Microsoft Windows 2.0 Microsoft mengeluarkan Windows 2.0 pada 9 Desember 1987, dan menjadi populer karena mampu mengintegrasikan Microsoft Excel 2.0 dan Microsoft Word 2.0 untuk berjalan dalam mode Windows, sehingga menjadi lebih menarik bagi User. Windows 2.0 menjadi lebih populer sejak masuknya Aldus PageMaker ke dalam Windows, yang sebelumnya hanya dapat dijalankan pada mesin Macintosh. Windows 2.0 memakai modus real dalam pemakaian memory-nya, dan mampu mengakses memory hingga 1 MB.

• Microsoft Windows 2.1 Lahir pada tanggal 27 Mei 1988, pada versi ini, Microsoft menawarkan 2 (dua) versi Windows, yaitu Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1.

Windows/286, seperti pada versi Windows 2.0, memakai model memory modus real, yaitu sebuah modus di mana prosesor Intel x86 berjalan seolah-olah dirinya adalah sebuah prosesor Intel 8086 atau Intel 8088, meski ia merupakan prosesor Intel 80286 atau lebih tinggi, namun dengan kecepatan yang lebih tinggi bila dibandingkan bila menggunakan processor 8286 sebenarnya. Modul real hanya dapat menjalankan instruksi 16 bit saja, dan tidak mendukung multi-tasking.

Windows/286 juga adalah Windows yang mendukung High Memory Area (HMA). Sedangkan Windows/386 memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), dan sudah mendukung multi-tasking, meskipun belum secara penuh/sempurna. • Microsoft Windows 3.0 Microsoft Windows 3.0 yang dirilis pada tanggal 22 Mei 1990, mencapai kesuksesan besar dan signifikan bila dibandingkan para pendahulunya.

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, dan juga sudah mampu menjalankan multi-tasking secara penuh, sehingga user dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, secara sempurna.

Hal ini karena pada versi 3.0 ini, Microsoft sudah microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… virtual-memory. Windows 3.0 juga menjadi penantang serius bagi Apple Macintosh pada saat itu, karena adanya peningkatan performa pemrosesan grafik pada waktu itu, yaitu dengan keberadaan kartu grafis Video Graphics Array (VGA), juga modus terproteksi/modus 386 Enhanced yang mengizinkan aplikasi Windows untuk memakai memori lebih banyak dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh MS-DOS.

Tidak seperti Windows 2.1, pada Windows 3.0 ini Microsoft hanya mengeluarkan 1 (satu) versi Windows 3.0, namun dapat dijalankan dengan 3 (tiga) modus, yaitu modus real (seperti DOS, Windows 1.0, Windows 2.0 dan Windows/286 2.1), lalu modus terproteksi (seperti Windows/386 2.1) dan modus baru yang diperkenalkan, yaitu modus 386 Enhanced. Windows secara otomatis akan mendeteksi kebutuhan modus yang akan dijalankan user.

Namun begitu, user juga dapat “memaksa” Windows untuk langsung dijalankan dalam salah satu dari 3 (tiga) modus microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…, dengan parameter sebagai berikut: • win /r: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus real • win /s: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus standar • win /3: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus 386 Enhanced Namun dengan alasan kompabilitas dengan versi-versi sebelumnya, Microsoft terpaksa hanya membuat Windows 3.0 ini dengan kemampuan 16 bit, sehingga tidak menggunakan kemampuan processor Intel 80386 yang sudah mendukung kemampuan 32 bit.

Beberapa bulan setelahnya, yaitu pada bulan Oktober 1991, Microsoft meluncurkan Microsoft Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0. Versi ini dibundel dengan keberadaan “multimedia upgrade kit”, yang terdiri atas drive CD-ROM dan sebuah sound card, seperti Creative Labs Sound Blaster Pro.

Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows sesudahnya, seperti Windows 3.1 dan Windows for Workgroups, dan menjadi bagian dari spesifikasi Microsoft Multimedia PC. Karena kesuksesannya, Windows 3.0 menjadi sumber utama pemasukan Microsoft pada saat itu. • Microsoft Windows 3.1 Dirilis pada bulan April 1992, Microsoft Windows 3.1 menjadi penerus dari Windows 3.0, setelah sebelumnya Microsoft bekerjasama dengan IBM untuk membuat OS/2, dimana kerjasama tersebut berakhir pada tahun tahun 1992, karena ketidaksesuaian pendapat di antara mereka, juga karena masing-masing pihak saling mengembangkan sistem operasi masing-masing, pada saat itu.

Namun peningkatan dari Windows 3.0 ke Windows 3.1, bukanlah peningkatan atau perubahan yang besar. Perbaikan tersebut adalah perbaikan terhadap bug yang ada pada Windows 3.0, juga dukungan terhadap True Type Fonts (TTF), yang dikembangkan bersama Apple. Dalam versi ini, Microsoft juga menghilangkan modus Real, sehingga hanya bisa dijalankan pada modus terproteksi atau yang lebih tinggi, yaitu modus 386 Enhanched.

Windows 3.1 juga sudah mengintegrasikan dukungan terhadap multimedia, seperti pada Microsoft Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0. Tidak lama sesudahnya, Microsoft juga merilis Windows 3.1.1, yang berisi perbaikan dan patch / tambalan dari bug yang ada pada Windows 3.1. • Microsoft Windows for Workgroup Microsoft merilis 2 (dua) versi dari Windows for Workgroup, yaitu Windows for Workgroup 3.1 dan Windows for Workgroup 3.1.1.

Untuk kali ini, Microsoft memutuskan bahwa Windows hanya bisa berjalan pada modus 386 Enhanched, dan membutuhkan komputer dengan processor minimal Intel 80386SX. Dengan dukungan driver jaringan, membuat Windows for Workgroups bisa terhubung ke internet melalui jaringan korporat. Versi ini dengan cepat menguasai pasar Sistem Operasi GUI (Graphical Interface User). Windows API (Application Programming Interface) juga menjadi standar dalam pengembangan perangkat lunak / software pada saat itu.

• Microsoft Windows NT 3.x Microsoft Windows NT 3.1 dikembangkan dalam waktu hampir bersamaan dengan Windows 3.1.1. Diluncurkan pada bulan Juli 1992, Microsoft sebenarnya bermaksud untuk membuat Windows NT 3.1 sebagai penerus dari Windows 3.1. Namun meskipun Windows NT 3.1. mampu mengeksplor atau menggunakan kemampuan hardware secara maksimal, Windows NT 3.1 ternyata kurang diminati oleh pasar, karena kurang tersedianya driver untuk banyak hardware yang ada pada saat itu.

Selain itu, Windows NT 3.1 dianggap sebagai sistem operasi yang boros dan membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Namun sebaliknya, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Windows NT 3.1 sebenarnya merupakan pilihan yang sempurna untuk pangsa pasar server jaringan lokal (LAN), yang pada tahun 1993 sedang mengalami booming besar-besaran, seiring dengan komoditas jaringan di dalam kantor yang meningkat secara drastis.

Fitur-fitur jaringan dalam Windows NT menawarkan beberapa pilihan konektivitas jaringan yang luas dan juga tentunya sistem berkas NTFS yang efisien. Hal ini menyebabkan Microsoft terus mengembangkan Windows NT. Dan versi Windows NT 3.51 merupakan primadona Microsoft saat terjun ke pasar ini, yang kemudian mengambil alih sebagian besar pangsa pasar selama beberapa tahun ke depan, yang sebelumnya dimiliki oleh Novell Netware.

Salah satu peningkatan terbesar dalam versi ini adalah dengan dibuatnya API (Application Programming Interface) 32 Bit, untuk menggantikan API 16 Bit. Microsoft menamakannya Win32-API. Sedangkan versi 16bit sebelumnya dinamai Win16. Windows NT juga merupakan sistem operasi buatan Microsoft pertama yang menggunakan kernel hybrida, setelah sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic saja.

• Microsoft Windows 95 Microsoft meluncurkan Windows 95 pada tanggal 24 Agustus 1995, dan kembali merebut pangsa pasar OS/2 produksi IBM.

Windows 95 berjalan dalam modus 386 Enhanced, dengan menggunakan memori virtual dan model pengalamatan memori flat 32-bit. Fitur-fitur tersebut menjadikan aplikasi Win32 untuk mengalamatkan RAM virtual sebanyak maksimal 2 GB (dengan 2 GB sisanya dicadangkan untuk sistem operasi), dan dalam teorinya mencegah aplikasi tersebut untuk mengganggu ruangan memori yang dimiliki oleh aplikasi Win32 lainnya tanpa adanya persetujuan dari sistem operasi.

Selain itu, Win32 API yang pertama kali diperkenalkan pada Windows NT pun diadopsi sebagai sebuah standar antarmuka (GUI – Graphical User Interface) pemrograman baru yang berbasis 32-bit, namun dengan kompatibilitas terhadap Win16 yang tetap dipertahankan dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan dengan “thunking”. GUI yang baru juga dimiliki oleh Windows 95, meskipun pada awalnya Microsoft tidak merencanakannya sebagai bagian dari Windows 95, saat dirilis. Beberapa elemen GUI yang dimiliki oleh Cairo dipinjam dan ditambahkan kepada Windows 95 sebagai aspek lainnya dari versi itu (khususnya fitur Plug and Play).

Microsoft tidak mengganti semua kode sumber Windows menjadi 32-bit. Banyak bagian di dalamnya masih berupa kode sumber 16-bit, untuk alasan kompatibilitas ke belakang, kinerja, dan waktu pengembangan. Ini menjadi salah satu penyebab Windows 95 terganggu efisiensi dan stabilitasnya, selain fakta tentang banyaknya kelemahan dalam desain versi-versi Windows sebelumnya. Sebelum menggantinya dengan versi Windows yang baru, Microsoft merilis Windows 95 dalam lima versi berbeda, yakni sebagai berikut: • Windows 95 – yaitu versi rilis yang sebenarnya dari Windows 95 • Windows 95 A – mencakup pembaruan Windows 95 Original Service Release 1 (OSR1) yang dimasukkan secara langsung terhadap file instalasi.

• Windows 95 B – mencakup beberapa pembaruan mayor lainnya, seperti halnya sistem berkas FAT32, dan Internet Explorer 3.0. Versi ini juga dikenal dengan Windows 95 OSR2, atau banyak orang di Indonesia menyebutnya sebagai Windows 97.

• Windows 95 B USB – atau Windows 95 OSR2.1 merupakan versi Windows 95 yang menawarkan dukungan terhadap perangkat keras berbasis bus Universal Serial Bus/USB. • Windows 95 Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… – atau Windows 95 OSR2.5 mencakup semua fitur di atas, ditambah Internet Explorer 4.0.

Versi ini merupakan versi yang paling terakhir dirilis dari seri Windows 95. Windows 95 OSR2, OSR2.1 dan OSR2.5 tidak dirilis untuk publik, melainkan hanya kepada OEM (Orifinal Equipment Manufacturer – suatu perusahaan yang memproduksi produk atau komponen yang kemudian dibeli oleh perusahaan lain ataupun ritel dengan memakai merek dagang dari perusahaan pembeli tersebut) saja yang mau menggunakan sistem operasi tersebut ke dalam komputer buatannya.

Beberapa perusahaan OEM bahkan menjual hard disk baru dengan sistem operasi Windows 95 OSR2 di dalamnya. Selain fitur yang terkandung di dalam Windows 95, Microsoft juga memperkenalkan Microsoft Plus! for Windows 95 yang mencakup beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Windows 95. • Microsoft Windows NT 4.0 Microsoft Windows NT 4.0 adalah versi versi keempat dari sistem operasi berbasis kernel NT yang diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 29 Juli 1996.

Windows NT 4.0 mendukung beberapa platform perangkat keras, mulai dari Intel IA-32 (x86), PowerPC dari IBM, MIPS, dan DEC Alpha dari Digital Equipment Corporation. Sama seperti halnya pendahulunya (Windows NT 3.51), Windows NT 4.0 ini merupakan sistem operasi yang murni 32-bit, yang mendukung beberapa aplikasi DOS, OS/2 modus karakter, Windows 16-bit, Windows 32-bit, serta aplikasi POSIX ( Portable Operating System Interface for UNI X, yaitu sebuah standar yang dicetuskan oleh Institute of Electical and Electronics Engineers (IEEE) yang mendefinisikan sekumpulan layanan dalam sistem operasi.

Program-program yang mendukung standar POSIX dapat secara mudah di-port dari satu sistem ke sistem lainnya). Karena merupakan sistem operasi 32-bit, Windows NT 4.0 mendukung hingga 4 GB memori fisik. Windows NT microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… sebagai penerus Windows NT 3.x, sukses mengancam dominasi Novell Netware dan UNIX di pasar korporat. Windows NT 4.0 pada awalnya dikembangkan sebagai sebuah bagian dari usaha untuk memperkenalkan Windows NT kepada pasar workstation.

Windows NT 4.0 memiliki antarmuka (GUI) yang sama dengan Windows 95, tapi menggunakan kernel yang sama dengan Windows NT, sehingga lebih stabil. Antarmuka pengguna tersebut pada awalnya memang dikembangkan di atas Windows NT, tetapi karena Windows 95 dirilis terlebih dahulu sebelum NT 4.0, maka orang cenderung berpikir “Windows NT 4.0 adalah jiplakan dari Windows 95.” Windows NT 4.0 datang dalam empat versi: • Windows NT 4.0 Workstation • Windows NT 4.0 Server • Windows NT 4.0 Server, Enterprise Edition (yang mencakup dukungan terhadap clustering dan SMP hingga 8-way) • Windows NT 4.0 Terminal Server • Microsoft Windows 98 Windows 98 diluncurkan pada tanggal 25 Juni 1998.

Windows 98 dianggap sebagai revisi minor dari Windows 95, namun dengan tingkat kestabilan yang lebih bagus, dan dukungan driver terhadap hardware yang lebih banyak. Windows 98 juga mendukung FAT32 yang lebih baik, dan mengizinkan ukuran partisi harddisk yang lebih besar dari 2 GB, yang merupakan batasan pada Windows 95.

Dukungan terhadap USB juga dirasakan lebih baik dibanding pada versi Windows 95. Windows 98 juga dibundling dengan browser produk dari Microsoft sendiri yaitu Internet Explorer, dan menjadikannya sebagai browser default. Namun karena aplikasi tersebut tidak bisa dicabut (di-uninstall), maka hal tersebut akhirnya malah menimbulkan kontroversi dan menghasilkan tuntutan terhadap Microsoft dari para kompetitornya seperti Netscape dan IBM di pengadilan, untuk membolehkan pengguna agar bisa mencabut Internet Explorer dan tidak menjadikannya sebagai browser default.

Pada tahun 1999, Microsoft meluncurkan Windows 98 Second Edition atau disingkat Windows 98SE, yang berisi banyak peningkatan terhadap Windows 98. Salah satu fitur yang diperkenalkan adalah Internet Connection Sharing/ICS, yaitu sebuah fitur yang mengizinkan beberapa mesin / komputer untuk menggunakan satu jalur koneksi internet untuk dipakai secara bersama, dalam sebuah jaringan lokal (LAN – Local Area Network).

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

Fitur ini merupakan bentuk baru dari Network Address Translation/NAT. NAT sendiri adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Windows 98SE dianggap sebagai versi Windows paling stabil diantara semua versi Windows 9x. • Microsoft Windows 2000 Windows 2000 diluncurkan pada tanggal 17 Februari 2000, dikenal juga dengan Windows NT 5.0.

Pada versi ini, Microsoft menambahkan banyak peningkatan, diantaranya adalah • Active Directory, yaitu sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesin lainnya • Image Preview • Browser Explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0. • Dukungan untuk Microsoft DirectX. Sebelumnya dalam Windows NT 4.0 hanya mendukung akselerasi OpenGL saja.

• Windows Media Player 6.4 terintegrasi. Akan tetapi, versi Windows Media Player tersebut dapat diinstalasikan di dalam versi Windows NT 4.0. • Plug And Play yang lebih canggih, sehingga memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart. • Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Model atau dikenal juga dengan WDM. • Dukungan untuk manajemen daya yang lebih baik, yaitu ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang dapat menghemat daya, terutama ketika digunakan pada komputer portabel seperti laptop atau notebook.

• Terminal Service yang telah terintegrasi. Sebelumnya pada Windows NT 4, Microsoft meluncurkan sebuah versi Windows NT tersendiri yang disebut dengan Windows NT 4 Terminal Services. Windows 2000 pun banyak disebut sebagai sistem operasi yang paling stabil pada zamannya oleh banyak pengamat.

Namun beberapa kompetitornya seperti Novell tidak menganggapnya demikian. Active Directory, sebuah arsitektur layanan direktori yang dimasukkan ke dalam Windows 2000, microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… lebih baik dibandingkan dengan Novell Directory Services (NDS).

Meskipun Windows 2000 dapat di-upgrade dari komputer yang menjalankan Windows 98, namun Windows 2000 dianggap tidak cocok untuk pengguna rumahan. Alasannya antara lain adalah kurangnya device driver untuk banyak perangkat pengguna seperti scanner dan printer, pada saat dirilis.

Windows 2000 tersedia dalam enam edisi, microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… • Windows 2000 Professional, ditujukan untuk workstation / pengguna biasa • Windows 2000 Server • Windows 2000 Advanced Server • Windows 2000 Datacenter Server • Windows 2000 Advanced Server Limited Edition • Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition • Microsoft Windows ME (Millenium Edition) Windows Me diluncurkan pada tanggal 14 September 2000, sebagai pengganti Windows 98.

Dibuat dalam waktu cukup singkat, yaitu sekitar 1 (satu) tahun, Windows Me dilengkapi dengan beberapa fitur baru, antara lain System Restore, yang memungkinkan User untuk me-restore atau mengembalikan Windows pada posisi waktu yang dipilih (restore point), saat terjadi kesalahan atau error. Restore point ini dibuat secara otomatis oleh Windows, saat terjadi perubahan tertentu seperti instalasi file baru, misalnya.

Namun bisa juga dibuat secara manual oleh User sendiri.

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

Fitur lainnya, antara lain adalah dengan diperkenalkannya Windows Movie Maker versi pertama. Windows Me sebenarnya lebih ditujukan bagi para pengguna rumahan, namun cukup populer saat awal peluncurannya, hingga akhirnya malah menuai banyak kritik karena ketidakstabilannya, sampai beberapa pihak menyebut bahwa Windows Me bukanlah akronim dari Windows Millenium Edition, melainkan Windows Mistake Edition.

Windows Me menjadi versi terakhir Windows yang tidak memiliki Windows Product Activation (WPA). • Microsoft Windows XP Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001.

Dikembangkan oleh Microsoft pada pertengahan tahun 2000, di mana pada saat bersamaan mereka juga tengah mengembangkan Windows Me, yang semula dimaksudkan sebagai “Windows NT versi rumahan” (sekaligus sebagai penerus Windows 98). Namun karena Windows Me gagal di pasaran, dan orang masih lebih suka untuk memakai Windows 98, akhirnya Microsoft memutuskan untuk menggabungkan dua sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk, dan hasilnya adalah Windows XP.

Windows XP muncul dalam beberapa versi yaitu: • Windows XP Home Edition, yang ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan. • Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tetapi tidak memiliki Windows Media Player, karena memang peraturan Uni Eropa tidak memperbolehkannya. • Windows XP Professional, yang ditujukan bagi para power user dan pebisnis. • Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tetapi tidak memiliki Windows Media Player, karena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

• Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk dektop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan.

• Windows XP Media Center Edition 2003 • Windows XP Media Center Edition 2004 • Windows XP Media Center Edition 2005, yang dirilis pada 12 Oktober 2004.

• Windows XP Tablet PC Edition, yang ditujukan untuk PC Tablet (PC dengan layar sentuh) • Windows XP Tablet PC Edition 2005 • Windows XP Embedded, yang ditujukan untuk sistem benam (embedded system) • Windows XP Starter Edition, yang ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang (untuk mengurangi dominasi Linux di negara-negara berkembang tersebut, termasuk di Indonesia).

• Windows XP Professional x64 Edition, yang dirilis pada 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64-bit yang berbasiskan set instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T). • Windows XP 64-bit Edition, merupakan sebuah versi Windows XP yang ditujukan untuk jajaran prosesor Intel Itanium, yang mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi 32-bit dengan menggunakan emulator perangkat lunak.

Versi ini sama saja dengan Windows XP Professional, dari segi fitur-fiturnya. Produk ini dihentikan pada bulan September 2005 saat vendor terakhir workstation berbasis prosesor Itanium menghentikan produk-produknya sebagai “workstation”, karena memang mereka cenderung memfokuskan Itanium sebagai basis komputer server. • Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Server 2003).

Windows XP diketahui sebagai sebuah sistem operasi yang memiliki kestabilan yang telah ditingkatkan dari pendahulunya, dan microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… memiliki efisiensi yang lebih baik daripada Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 Professional.

Hal ini dikarenakan Windows XP menerapkan sebuah teknik manajemen software microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… dapat menghindari apa yang disebut dengan “neraka DLL” atau “DLL HELL”. Selain itu, tampilan Windows XP pun dirombak, hingga menjadi lebih mudah untuk digunakan. Berikut ini adalah fitur dari Windows XP Professional (karena dianggap paling lengkap): • Dukungan terhadap sistem domain Active Directory Active Directory adalah sistem domain yang digunakan di dalam Windows Server 2000 dan Windows Server 2003.

Dengan menggunakan Active Directory, sistem-sistem Microsoft Windows dapat diatur dari satu tempat saja yaitu dari sistem yang menjalankan Active Directory itu sendiri. Fitur ini sangat berguna jika diaplikasikan dalam perusahaan yang cukup besar, karena akan menyederhanakan semua proses autentikasi.

• Peningkatan pengaturan kontrol akses[sunting - sunting sumber] Sebagai sistem operasi yang ditujukan untuk pengguna korporasi, tentunya Windows XP telah dilengkapi dengan fitur pengaturan kontrol akses. Fitur tersebut digunakan untuk membatasi akses terhadap siapa saja yang tidak memiliki hak akses terhadap sebuah objek tertentu. Meskipun hal ini bukanlah teknologi baru, karena telah diimplementasikan dalam sistem operasi berbasis UNIX, implementasi fitur ini dalam Windows XP telah diterapkan secara lebih canggih dibandingkan dengan UNIX, mengingat sistem operasi UNIX membatasi akses dengan menggunakan atribut file permission.

Sistem operasi sebelumnya, seperti Windows 9x, tidak dilengkapi dengan fitur ini, sehingga setiap orang akan memiliki hak untuk mengakses setiap berkas tanpa kesulitan. • Mendukung sistem berkas terenkripsi (EFS)[sunting - sunting sumber] Windows XP memiliki sistem enkripsi EFS.

Sistem ini merupakan sistem untuk memproteksi data penting sehingga tidak dapat dibuka user lain apalagi komputer lain, kecuali dengan membuka dengan kode. Sistem ini cukup handal meskipun tak sehandal sistem pihak ketiga. File yang terenkripsi akan berubah warnanya menjadi hijau. Window XP menjadi versi Windows paling populer yang pernah dikeluarkan oleh Microsoft. Dan meskipun support terhadapnya telah dihentikan oleh pihak Microsoft sejak 8 April 2014, yang berarti tidak akan ada lagi update untuk peningkatan kinerja maupun patch/tambalan untuk menutupi lubang-lubang keamanan yang ada padanya, namun nyatanya sampai sekarang masih saja banyak yang menyukai Windows XP, karena kesederhanaan dan kestabilannya.

• Microsoft Windows Server 2003 Windows Server 2003 yang dirilis pada tanggal 24 April 2003, merupakan sebuah versi sistem operasi yang ditujukan untuk pasar server korporat. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server. Windows Server 2003 menggunakan kernel Windows NT versi 5.2. Di dalam Windows Server 2003, beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam lingkungan server dinonaktifkan secara default, terutama “Windows Audio” dan “Themes” demi alasan kestabilan; Agar dapat menggunakan suara dan tampilan yang sama dengan Windows XP, pengguna harus mengaktifkannya secara manual, melalui snap-in Microsoft Management Console Services.msc Selain itu, akselerasi perangkat keras untuk kartu grafis juga dimatikan; lagi-lagi pengguna harus mengaktifkannya secara manual, tentu saja jika device driver yang digunakan “bisa dipercayai”.

Pada bulan Desember 2005, Microsoft merilis Windows Server 2003 R2, yang merupakan Windows Server 2003 Service Pack 1 ditambah dengan beberapa paket tambahan. Di antara semua fitur-fitur barunya adalah fitur-fitur manajemeuntuk kantor-kantor cabang, dan integrasi identitas yang luas. Windows Server 2003 tersedia dalam lima buah edisi: • Windows Server 2003, Web Edition • Windows Server 2003, Standard Edition • Windows Server 2003, Enterprise Edition (32-bit dan 64-bit) • Windows Server 2003, Datacenter Edition • Windows Server 2003, Small Business Server • Microsoft Windows Vista Setelah sukes besar dengan Windows XP, Microsoft meluncurkan Windows Vista pada tanggal 8 November 2006 bagi kalangan bisnis, sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007.

Windows Vista dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibanding dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi “administrator-by-default” yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih “memikat”, yang disebut dengan Windows Aero GUI. Beberapa aplikasi yang baru juga ditambahkan seperti Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place).

Selain itu, Windows Vista juga menawarkan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru, yaitu IE versi 11.

Windows Vista dijual dalam beberapa edisi: • Windows Vista Starter • Windows Vista Home Basic • Windows Vista Home Premium • Windows Vista Business • Windows Vista Enterprise • Windows Vista Ultimate Windows Vista memiliki daftar panjang untuk ratusan fitur-fitur baru, di antaranya: • Fasilitas Pencarian (Quick Search): • Windows Sidebar: • Internet Explorer 7+: • Windows Media Player 11: • Windows Media Center: • Windows Live Show : • User Account Control: • Windows Firewall With advanced security: • Windows Defender: microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Windows Mail: • Windows Update: • Parental Control: • Windows Sideshow: • Speech recognition: • New Fonts: • Games: • Windows Calendar: • Windows Photo Gallery: • Windows DVD Maker: • Windows Collaboration: • SuperFetch: • ReadyBoost: • ReadyDrive: • Touchscreen: • Problem Reports and Solutions: • Virtual Folder: Antarmuka baru Vista, Windows Aero, dibangun di atas sebuah mesin baru yang bernama Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… Window Manager.

Windows Aero, juga dikenal sebagai Aero Glass, menambahkan dukungan untuk grafik 3D (dikenal sebagai Flip 3D), jendela transparan, animasi, dan efek visual lainnya. Windows Aero membutuhkan kartu grafis high-end dan kapasitas perangkat keras seperti: • memori grafis 64MB direkomendasikan untuk set layar 1024×768, dan 128MB untuk 1600×1200+.

• minimal 32 bit per pixel • 3D hardware accelleration yang mendukung DirectX 9.0 • memori dengan lebar pita (bandwidth) direkomendasikan 2GB/s • mampu menggambar ~1.5 juta segitiga/detik, dengan satu jendela hingga ~150 segitiga • mendukung driver Windows Display Driver Model (WDDM).

Vista juga menawarkan model Aero lainnya: • Mode Standard, adalah varian Windows Aero tanpa tranparan, animasi, dan efek grafis lainnya seperti Flip 3D. • Mode Windows Classic, juga tersedia sebagai antarmuka yang paling dasar. Classic memiliki tampilan yang mirip dengan Windows 2000 dan tidak menggunakan Desktop Composition Engine yang baru. Classic memerlukan driver-driver Windows XP Display Driver Model (XPDM) atau WDDM dan kartu grafis yang mendukung Windows 2000.

• Microsoft Windows Server 2008 Diluncurkan secara resmi pada tanggal 4 Februari 2008, Windows Server 2008 dimaksudkan untuk menggantikan Windows Server 2003. Windows Server 2008 dibangun dari kode yang sama seperti Windows Vista; karenanya Windows Server 2008 memiliki arsitektur dan fitur-fitur yang sama dengannya. Windows Server 2008 memiliki 2 tipe OS yaitu : • Windows Server 2008 • Windows Server 2008 R2 Windows Server memiliki beberapa varian atau jenis operating sistem, beberapa diantara kegunaan dari tiap tipe windows server adalah sebagai berikut : • Standard : digunakan untuk bisnis skala kecil sampai menengah, fungsi dasar Windows Server seperti domain controller, file dan print server, DNS server, DHCP server, dan application server sudah dapat digunakan untuk versi ini.

• Enterprise : digunakan untuk bisnis skala besar, biasanya digunakan untuk menjalankan aplikasi khusus seperti SQL Server 2008 Enterprise Edition (database server) dan Exchange Server 2007 (email server). • Datacenter : digunakan untuk bisnis skala sangat besar, untuk versi ini memiliki lisensi virtual image yang tidak terbatas dan versi ini hanya tersedia melalui OEM Manufacturer.

Untuk menggunakan versi ini sudah harus memilih hardware server yang membutuhkan biaya sangat besar. • Web Server : didesain khusus untuk fungsi web application server (aplikasi berbasis web).

Pada versi ini, fungsi umum seperti Windows Deployment Server dan Active Directory Domain Services tidak dapat digunakan. • Core : untuk semua versi Windows Server yang memiliki tipe core, tidak menyediakan fitur full desktop dan di-manage melalui command shell (mode text). • Microsoft Windows 7 Windows 7 dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009, dan memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain.

Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh di bagiam manapun di desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi kebutuhan hardware untuk Windows 7 juga lebih ringan dan dengan harga yang lebih murah daripada Windows Vista. Satu hal yang cukup menarik adalah bahwa ternyata Windows 7 tidak bisa digunakan dengan jumlah memori yang terpasang melebihi kemampuannya.

Jumlah ini berbeda di setiap versi Windows 7, dan juga berpengaruh pada arsitektur yang dipakai (apakah 32-bit atau 64-bit). Ringkasnya adalah seperti tabel di bawah ini: Versi Pembatasan Memory (Maksimal) 32 Bit 64 Bit Windows 7 Ultimate 4 GB 192 GB Windows 7 Enterprise 4 GB 192 GB Windows 7 Professional 4 GB 192 GB Windows 7 Home Premium 4 GB 16 GB Windows 7 Home Basic 4 GB 8 GB Windows 7 Started *) 2 GB – *) Windows 7 Started Edition tidak memiliki versi 64 Bit.

Selain itu, jumlah maksimal inti prosesor dalam satu buah komputer yang didukung oleh Windows 7 adalah 32 inti/core untuk 32-bit, dan 256 core untuk 64-bit. Jumlah maksimal dari prosesor (secara fisik) pada sebuah komputer yang didukung oleh Windows 7 adalah 2 untuk Professional, Enterprise, dan Ultimate, 1 untuk Starter, Home Basic, dan Home Premium Windows 7 tersedia dalam 6 edisi yaitu: • Windows 7 Starter • Windows 7 Home Basic • Windows 7 Home Premium • Windows 7 Professional • Windows 7 Ultimate • Windows 7 Enterprise Windows 7 menjadi versi Windows yang juga sangat sukses di pasaran, seperti halnya Windows XP, karena kestabilan dan dukungan terhadap hardware dan software (aplikasi) yang cukup melimpah.

Microsoft berencana menghentikan dukungannya terhadap Windows 7 pada tanggal 14 Januati 2020. • Microsoft Windows 8 Microsoft secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012. Dibuat untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD.

Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 didesain untuk perangkat tablet sentuh (hal ini mungkin yang menyebabkan Microsoft menghilangkan tombol “Start” yang sudah menjadi ciri khas Windows selama bertahun-tahun, meskipun User masih bisa mengaktifkannya dengan mengklik sudut kiri bawah layar, dan beralih pada mode Desktop). Fitur-fitur yang tersedia pada Windows 8 adalah: • Desain aplikasi Windows 8 UI, yang bisa dibuat dari microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… pemograman apa saja, seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll.

• Hilangnya tombol Start (digantikan oleh Start-Screen dan Charms). • Hilangnya tombol Start pada desktop • Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet). • Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone • Portabel di USB (Windows To Go).

Fitur ini memungkinkan Windows untuk bisa berjalan pada USB Flashdisk atau yang sejenis, seperti seakan-akan diinstall di situ. • Windows Explorer menggunakan ribbon seperti Office 2010 & 2007, juga berganti nama menjadi ‘File Explorer.

• Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting. • Fitur pengembalian (recovery) baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan. • Rancangan baru dari Windows Task Manager.

• Proses aktivasi yang mudah. • Diperkenalkannya Layar Kunci (Lock Screen). • Windows Store, sebagai tempat membeli atau menginstal aplikasi Windows 8 UI. • Aplikasi media penyimpanan awan baru yang disebut Skydrive. • Antivirus yang sudah terintegrasi dengan Windows Defender. • Pilihan jenis log-in yang beragam, yaitu sandi akun Microsoft/lokal, sandi gambar, dan PIN. Windows 8 tersedia dalam beberapa edisi, yaitu: • Windows 8, setara dengan Windows 7 Starter, Home Basic, dan Home Premium.

• Windows 8 Pro, setara dengan Windows 7 Professional. • Windows 8 Enterprise, setara dengan Windows 7 Enterprise dan Ultimate. • Windows RT, versi Windows khusus untuk perangkat berprosesor ARM / mobile. • Microsoft Windows 8.1 Windows 8.1 adalah paket layanan untuk sistem operasi Windows 8 dan RT. Pertama kali diperkenalkan dan dirilis sebagai beta publik pada bulan Juni 2013, Windows 8.1 dirilis untuk manufaktur pada tanggal 27 Agustus 2013, dan mencapai ketersediaan umum pada tanggal 17 Oktober 2013, hampir setahun setelah rilis ritel dari pendahulunya.

Windows 8.1 tersedia gratis untuk pengguna salinan ritel Windows 8 dan Windows RT melalui Windows Store. Tidak seperti paket layanan untuk versi Windows sebelumnya, pengguna yang memperoleh Windows 8 di luar salinan ritel atau instalasi pra-muat (yaitu, lisensi volume) harus mendapatkan Windows 8.1 melalui media instalasi baru dari langganan masing-masing atau saluran perusahaan.

Meskipun tidak secara eksplisit dipasarkan sebagai paket layanan, kebijakan siklus hidup dukungan Microsoft memperlakukan Windows 8.1 mirip dengan paket layanan Windows sebelumnya: Ini adalah bagian dari siklus hidup dukungan Windows 8, dan menginstal Windows 8.1 diperlukan untuk menjaga akses ke dukungan dan Windows Update setelah 12 Januari 2016. Pada tanggal 8 April 2014, Microsoft merilis “Windows 8.1 Update”, yang mencakup semua pemutakhiran terakhir ditambah fitur-fitur baru, bersamaan dengan berakhirnya dukungan terhadap Windows XP.[33][34] Pertama diungkapkan oleh wakil presiden Microsoft Joe Belfiore di Mobile World Congress pada tanggal 23 Februari 2014 dan dirincikan secara penuh pada konferensi Build Microsoft pada tanggal 2 April.

Belfiore juga mencatat bahwa update akan menurunkan persyaratan sistem minimum untuk Windows, sehingga dapat diinstal pada perangkat dengan sesedikit 1 GB RAM dan penyimpanan 16 GB.[35] Tidak seperti Windows 8.1 itu sendiri, pembaruan kumulatif ini didistribusikan melalui Windows Update, dan harus diinstal agar dapat menerima patch lebih lanjut untuk Windows 8.1.

Pada edisi 2014 dari Build selama bulan April, perwakilan Microsoft Terry Myerson meluncurkan perubahan antarmuka pengguna lanjutan untuk Windows 8.1, termasuk kemampuan untuk menjalankan aplikasi Metro gaya dalam jendela desktop dan menu Mulai yang direvisi, yang menciptakan kompromi antara desain menu Mulai yang digunakan oleh Windows 7 dan layar Mulai dengan menggabungkan daftar aplikasi di kolom pertama dengan kedua yang dapat digunakan untuk menampilkan ubin aplikasi.

Myerson menyatakan bahwa perubahan ini akan terjadi dalam pembaruan masa depan, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. Microsoft juga memperkenalkan sebuah konsep yang dikenal sebagai “Aplikasi Universal Windows”, di mana aplikasi Windows Runtime dapat diporting ke Windows Phone 8.1 dan Xbox One sementara berbagi basis kode yang sama.

Meskipun tidak sepenuhnya menyatukan ekosistem aplikasi Windows dengan Windows Phone, itu akan memungkinkan para pengembang untuk menyinkronkan data antara versi aplikasi mereka pada setiap platform, dan bundel akses ke Windows, Windows Phone, dan versi Xbox One dari sebuah aplikasi dalam pembelian tunggal. Fitur: • Aplikasi standar baru: Calculator (Modern UI), Alarm, Sound Recorder, Reading List, Food & Drink, Help & Tips, dan sebuah File Manager berbasis Modern UI (menyatu bersama aplikasi SkyDrive Modern UI).

• Kembalinya Tombol start pada windows (karena permintaan banyaknya permintaan dari user) dan Hilangnya aplikasi Messaging. • Terintegrasi dengan Internet Explorer 11 (Preview). • Internet Explorer 11 Preview di Windows 8.1 Preview • PC Settings, merangkum pengaturan-pengaturan Control Panel (berbasis Modern UI).

• Windows PowerShell v40: sejumlah perintah baru untuk mengelola Start Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…, Windows Defender, dll. • Bursa Windows 2.0: Tampilan Baru dan lebih fleksibel, memperbarui aplikasi secara otomatis. • Boot ke desktop: Windows 8.1 bisa booting langsung ke desktop tanpa harus ke Layar Mulai.

• Latar Layar Mulai: Warna dan Pola latar belakang di Layar Mulai Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… 8 bisa diatur sesuka hati, bahkan bisa disamakan dengan desktop. • Search Heroes: Di Windows 8, kita hanya bisa mencari aplikasi, pengaturan, dan files.

Di Windows 8.1, selain mencari aplikasi, pengaturan, dan files, kita juga bisa mencari orang-orang terkenal, artis, kota, atau apa saja; karena pencarian Windows 8.1 sudah terintegrasi dengan internet lewat Bing. • Multitugas fleksibel: Di Windows 8, kita hanya bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan. Di Windows 8.1, kita bisa menjalankan 3 atau 4 aplikasi secara bersamaan, tergantung ukuran layar. • Layar Mulai fleksibel: Kustomisasi lebih fleksibel, menggrup, ,menempel, melepas, dan mengubah ukuran ubin aplikasi menjadi lebih mudah.

• Tampilan Baru File Explorer: Pustaka (Library) disembunyikan secara default (namun menjadi satu dibawah This PC) dan Computer berubah nama menjadi This PC. Sama seperti Windows 8, Windows 8.1 juga tersedia dalam 4 edisi yaitu: • Windows 8.1 • Windows 8.1 Pro • Windows 8.1 Enterprise • Windows RT 8.1 • Microsoft Windows 10 Windows 10 diluncurkan secara resmi pada tanggal 29 Juli 2015, dan akan menjadi versi terakhir dari seluruh rangkaian sistem operasi Microsoft Windows.

Pihak Microsoft mengatakan bahwa untuk selanjutnya, mereka hanya akan mengeluarkan update atau patch secara teratur, dan tidak akan mengeluarkan versi lanjutan dari Windows. Untuk mendongkrak jumlah penggunanya, Microsoft juga menyediakan update gratis bagi para pengguna Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1, untuk menjadikan sistem operasi yang mereka pakai, menjadi sistem operasi Windows 10, untuk jangka waktu terbatas, yaitu antara tanggal 29 Juli 2015 sampai tanggal 29 Juli 2016, dengan catatan bahwa Windows yang mereka pakai adalah yang memiliki linsensi yang sah/original.

Setelah waktu tersebut, mereka yang ingin mendapatkan Windows 10, harus membelinya Adapun edisi yang tersedia untuk Windows 10 adalah: • Windows 10 Home: dirancang untuk digunakan dalam komputer meja, laptop, dan tablet. Edisi ini termasuk semua fitur tingkat-konsumen dan setara dengan versi dasar dari Windows 8, 8.1, Windows 7 Home Basic dan Home Premium.

Di versi ini pengguna tidak dapat mematikan fitur Windows Update. • Windows 10 Pro: sebanding dengan Windows 8 Pro, Windows 7 Professional dan Ultimate, dan Windows Vista Business dan Ultimate. Edisi ini dibangun dari edisi Home dan menambahkan fitur penting untuk bisnis, dan memiliki fitur yang setara dengan Windows 8.1 Pro.

• Windows 10 Enterprise: memberikan semua fitur dari Windows 10 Pro, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dan akan memberikan fungsi yang setara dengan Windows 8.1 Enterprise dan hanya tersedia melalui lisensi volume.

• Windows 10 Education: memberikan semua fitur Windows 10 Enterprise, dirancang untuk digunakan di sekolah, kampus dan universitas. Edisi ini akan tersedia melalui Lisensi Volume Akademi Microsoft, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise. • Windows 10 Enterprise LTSB: Versi ini dikeluaran oleh Microsoft dengan tujuan memberikan opsi kepada kalangan enterprise untuk dapat mempunyai kontrol penuh terhadap update Windows sehingga pengguna dapat menolak update yang ditawarkan oleh Microsoft.

Sedangkan untuk perangkat bergerak, Microsoft menyediakan edisi Windows 10 seperti berikut ini: • Microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai… 10 Mobile: dirancang untuk telepon cerdas dan tablet kecil. Edisi ini termasuk semua fitur konsumen dasar.

microsoft windows dalam sistem komputer disebut sebagai…

Ini merupakan suksesor secara de facto dari Windows Phone 8.1 dan Windows RT. • Windows 10 Mobile Enterprise: memberikan semua fitur Windows 10 Mobile, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise, tetapi dioptimalkan untuk perangkat bergerak.

• Windows 10 IoT Core: akan dirancang khusus untuk digunakan dalam footprint kecil, perangkat berbiaya rendah dan skenario Internet of Things ( IoT) dan akan mirip dengan Windows Embedded. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Microsoft_Windows https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_NT_4.0 https://id.wikipedia.org/wiki/POSIX https://id.wikipedia.org/wiki/Produsen_peralatan_asli https://id.wikipedia.org/wiki/Penafsiran_alamat_jaringan https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_2000 https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Vista https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Server_2008 http://idnnetwork.com/macam-macam-versi-windows-server-2008/ https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_7 https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_8.1 https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_10 Juni 2017 M S S R K J S 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 « Feb Arsip • Juni 2017 • Februari 2017 • Januari 2017 Tulisan Terakhir • Sistem Operasi Microsoft Windows 1 Juni 2017 • Belajar Pemrograman C++ : Studi Kasus Toko Es Krim 11 Februari 2017 • Membuat Multi Domain Di Localhost Dengan XAMPP 29 Januari 2017 • Fitur Instant Tethering untuk Android dari Google 23 Januari 2017 • Penggunaan Perintah cin, cout, gets, getch dan getche dalam C++ 22 Januari 2017jawaban: Sistem Operasi Windows Penjelasan: Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows saja adalah keluarga sistem operasi.

yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Recent Posts • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas17997107 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas13565319 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas522704242 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas11844395 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas522961541

Vidio Presentasi #Umsida #Aplikasikomputer




2022 www.videocon.com