Gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Kata ilustrasi sering kita dengar atau baca dengan berbagai bentuk penggunaannya. Kata tersebut bermaksud memberikan gambaran tentang peristiwa atau keadaan yang bukan sebenarnya. Misalnya, ilustrasi peristiwa yang sudah berlangsung menjelaskan peristiwa yang dijelaskan dalam naskah dan teks. Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin " Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkandengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa.

Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian.

Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diterangkan pengertian ilustrasi sebagai berikut.

• Gambar untuk memperjelas isi karangan atau buku. • Gambar, desain, atau diagram untuk menghias. • Keterangan tambahan. Namun dalam perkembangannya, ilustasi tidak lagi terbatas pada gambar yang mengiringi teks, tetapi berkembang ke arah yang lebih luas.

Kemudian ilustrasi diartikan sebagai gambar atau alat bantu yang menjelaskan sesuatu menjadi lebih jelas sehingga bermakna dan menarik. Perkembangan ini tentunya membuat cakupan ilustrasi menjadi makin luas dan sulit dibatasi. Pengertian di atas apabila dihubungkan dengan gambar akan mengarah pada istilah jurnalistik, yaitu gambar yang mengandung seribu makna.

Artinya, bahasa berupa gambar yang lebih komunikatif untuk diterima oleh pembaca. Berikut contoh-contoh tersebut. • Jika kita membaca majalah, pandangan kita tertuju pada gambar yang menarik mata sehingga kita tertarik untuk membacanya dan mengetahui isi dari majalah tersebut.

• Jika membaca buku pelajaran seperti biologi mengenai anatomi tubuh manusia, apabila tidak didukung dengan gambar anggota tubuh atau tengkorak manusia kita akan kesulitan menelaah materi pelajaran tersebut. • Jika membaca koran mengenai suatu bencana yang terjadi di suatu tempat, akan lebih baik jika dilengkapi gambar sehingga lebih komunikatif.

• Menarik perhatian orang. Sebuah buku atau majalah yang disertai dengan gambar yang menarik akan membuat orang tertarik mengetahui tentang isi buku tersebut. • Memudahkan memahami suatu keterangan atau penjelasan sebuah tulisan. • Sebagai sarana mengungkapkan pengalaman suatu kejadian yang diekspresikan dalam sebuah gambar.

• Gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan. • Sebagai nilai keindahan dalam perwajahan. Dalam menggambar ilustrasi manusia diperlukan pemahaman dan penguasaan proporsi dan anatomi tubuh manusia, baik tubuh manusia dewasa maupun anak-anak.

Proporsi adalah Perbandingan bagian perbagian atau bagian dengan keseluruhan. Anatomi adalah kedudukan susunan tulang dan otot yang menentukan besar kecil, cekung cembung (menonjol tidaknya) tubuh manusia yang menentukan bentuk keseluruhan tubuh. Dalam menggambar ilustrasi tumbuhan yang beranekaragam jenisnya memiliki dua cara, yaitu menggambar tumbuhan secara sederhana dan lengkap.

Dalam menggambar ilustrasi tumbuhan secara sederhana, tumbuhan tidak digambar secara detail, tetapi hanya berupa kesan bentuk tumbuhan. Menggambar secara lengkapilustrasi tumbuhan digambar dengan detail dan cermat bagian-perbagiannya. Langkah pertama dalam menggambar ilustrasi adalah menentukan gagasan.

Gagasan ilustrasi harus bersumber dari materi yang akan diilustrasikan. Setelah ada gagasan tentukan tokoh, adegan, suasana dan suasana pendukung adegan yang akan digambar. Sebelum gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk tahap berikutnya tentukan corak gambar dan media yang akan digunakan. Secara umum gaya gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk karya seni rupa dikenal dengan istilah representatif, deformatif, dan nonrepresentatif (abstrak).

Gaya dalam gambar ilustrasi adalah corak perwujudan gambar ilustrasi. Khusus dalam gambar ilustrasi tidak dikenal gaya abstrak, karena tujuan gambar ilustrasi adalah memperjelas. Gaya yang dikenal dalam gambar ilustrasi ada tiga, yaitu gaya representatif, dekoratif, dan karikatural. 1. Gaya Representatif Gambar ilustrasi dikatakan bergaya representatif apabila corak perwujudan gambarnya menyerupai keadaan nyata.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Gaya representatif dalam gambar ilustrasi sering digunakan untuk memperjelas suatu teks yang memerlukan gambar nyata. Gambar ilustrasi yang bergaya representatif dapat dikerjakan secara manual atau fotografi.

2. Gaya Dekoratif Gambar ilustrasi dikatakan bergaya dekoratif apabila perwujudan gambarnya bersifat menghias atau mendekor dengan cara menstilasi.

Sesuai dengan sifatnya, gaya dekoratif cocok untuk menghias halaman majalah atau koran yang kosong. Gambar bergaya dekoratif ini juga dapat digunakan untuk menghias tata panggung atau ruangan pesta.

3. Gaya Karikatural Gaya karikatural dalam gambar ilustrasi dapat diwujudkan dalam dua gaya, yaitu karikatur dan kartun. Gaya karikatur dalam gambar ilustrasi biasanya dibuat untuk kepentingan kritik, sedangkan gaya kartun dalam gambar ilustrasi dibuat untuk menghibur karena bersifat humor.

a. Karikatur Karikatur berasal dari bahasa Italia, yaitu caricare yang berarti mengubah bentuk atau deformasi. Karikatur umumnya bersifat menyindir dan melebih-lebihkan sesuatu. Tujuannya memberikan kritik atau perlawanan sosial. Gambar karikatur sering disebut seni merusak wajah objeknya karena penggambar dituntut mengubah ciri-ciri fisik, terutama raut wajah.

Raut wajah yang digambarkan dibuat sedemikian rupa hingga menggelikan dengan tetap memperhatikan ciri-ciri fisik model karikatur agar mudah dikenali. b. Kartun Gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk adalah gambar yang berfungsi untuk menghibur karena berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.

Gambar kartun banyak dijumpai pada majalah, surat kabar dan komik. Jenis Gambar Ilustrasi Komik berasal dari kata comic yang memiliki arti lucu atau jenaka. komik merupakan karya seni yang menggunakan rangkaian gambar tidak bergerak yang penyusunanya membentuk sebuah jalinan cerita. Berikut contoh ilustrasi komik. Pembahasan lengkapnya silahkan klik 15 Contoh Gambar Ilustrasi Komik Lucu dan Menarik Contoh Ilustrasi Vignette 4. Cerita (Cergam, Cerpen, dll) Suatu karya cerita biasanya dilengkapi dengan ilustrasi cerita.

Gambar Ilustrasi cerita ini mewakili cerita gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk terkandung di dalamnya. Sebuah cerita akan tampak menarik apabila disertai dengan ilustrasi yang menggambarkan isi cerita. Berikut contoh ilustasi cerita pendek. Contoh Ilustrasi Cerita 5. Reklame Gambar ilustrasi reklame yaitu gambar yang menyertai reklame untuk lebih memperjelas pesan dari produk yang ditawarkan.

6. Kartun Gambar ilustrasi kartun, yaitu gambar yang menonjolkan kejenakaan atau kelucuan dari suatu tokoh atau peristiwa yang digambarkan secara humor. 7. Karikatur Karikatur yaitu gambar ilustrasi yang bersifat lucu tetapi mengandung tujuan mengkritik atau bersifat sindiran sosial dari sebuah peristiwa yang sedang trending atau mendapat perhatian banyak orang.

8. Tanda/ Simbol Gambar ilustrasi tanda/ simbol yaitu gambar yang bertujuan untuk menerangkan atau sebagai tanda dari keadaan sesuatu. Baca juga: 1. Gambar sebagai bahasa teknik Maksudnya adalah gambar merupakan sebuah alat untuk menyatakan maksud dari seseorang sarjana teknik. Oleh karena itu gambar sering juga disebut sebagai bahasa teknik atau bahasa untuk sarjana teknik.

Keterangan-keterangan dalam gambar dalam gambar, yang tidak dapat dinyatakan dalam bahasa, harus diberikan secukupnya sebagai lambang-lambang. Oleh karena itu, berapa banyak dan berapa tinggi mutu keterangan yang dapat diberikan dalam gambar, tergantung dari bakat perancang gambar itu sendiri. 2. Sebagai media penyampaian informasi Gambar mempunyai tugas meneruskan maksud dari perancang dengan tepat kepada orang-orang yang bersangkutan, kepada perancang proses, pembuatan, pemeriksa, perkaitan dan sebagainya.

3. Pengawetan, penyimpanan dan penggunaan keterangan Gambar merupakan data teknisi yang sangat ampuh, dimana teknologi dari suatu perusahaan didapatkan dan dikumpulkan. Oleh karena itu gambar bukan saja diawetkan untuk mensuplai bagian-bagian produk untuk perbaikan atau untuk diperbaiki, tetapi gambar diperlukan juga untuk disimpan dan dipergunakan sebagai bahan informasi untuk rencana-rencana baru dikemudian hari.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

jawaban: Gambar ilustrasi adalah gambar yang dimana digunakan untuk memperjelas ide cerita atau narasi. Fungsi dari gambar ilustrasi ini adalah : untuk memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas dan memperkaya sebuah cerita atau narasi. Memudahkan dalam memahami suatu keterangan atau penjelasan sebuah tulisan.

Recent Posts • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas35434814 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas22846591 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas36258489 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas28218660 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas1908498
Baca juga: Siswa, Ini Lho Ciri-ciri Poster yang Baik dan Cara Membuatnya Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi: A.

Pengertian Ilustrasi Kata Ilustrasi berasal dari bahasa latin, yakni "Ilustrare" yang berarti menjelaskan atau menerangkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilustrasi merupakan gambar (foto, lukisan) untuk memperjelas paparan halaman, isi suatu buku atau karangan dan sebagainya. Sementara dilansir dari sumber belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, gambar ilustrasi adalah karya seni rupa dua dimensi, sebagai penjelas dari maksud suatu cerita, berita, maupun pesan. Kesimpulannya, ilustrasi dapat diartikan sebagai gambar berupa foto atau lukisan yang digunakan untuk memperjelas suatu karangan, cerita, isi buku, maupun sebuah keadaan.

Misalnya, gambar anak-anak yang memakai seragam sedang membaca buku sambil duduk di suatu ruangan. Gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk tersebut merupakan ilustrasi dari ruangan kelas di sekolahan.

Seorang yang membuat ilustrasi disebut ilustrator. Ilustrator merupakan bagian dari perancang grafis (graphic designer), yakni profesi yang berhubungan dengan ilustrasi, tipografi, fotografi, gambar bergerak (graphic motion) atau animasi. Perancang grafis sendiri bertugas dan bertanggung jawab atas sebuah tampilan ilustrasi agar tampak menarik, sehingga bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

Dalam menciptakan ilustrasi, seorang perancang grafis tentu membutuhkan pemikiran khusus, untuk menggabungkan elemen-elemen desain, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, memiliki kegunaan, maupun sebagai sesuatu yang mudah diingat. Dalam buku 'Pendidikan Seni Rupa; oleh Dedi Nurhadiat, disebutkan bahwa dalam menggambar ilustrasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang ilustrator antara lain: - Tata letak dan proporsi huruf - Tata letak dan proporsi gambar - Warna - Kalimat yang digunakan - Teknik gambar yang digunakan - Bahan dan alat yang digunakan - Target tujuan pembuatannya untuk siapa B.

Fungsi Gambar Ilustrasi Sementara itu, gambar ilustrasi memiliki fungsi, di antaranya: - Memberikan gambaran singkat mengenai isi cerita atau suatu gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk - Sebagai nilai tambah untuk memperjelas, memperkuat memperindah, sebuah cerita atau pesan - Menarik perhatian bagi para pembaca atau khalayak yang meihatnya - Memudahkan untuk memahami sesuatu, ditampilkan dalam cerita atau pesan - Sarana ekspresi dari suatu kejadian atau perasaan yang diungkapkan melalui sebuah gambar C.

Jenis-Jenis Ilustrasi Adapun jenis-jenis gambar ilustrasi yang perlu diketahui adalah: 1. Berdasarkan bentuknya, ilustrasi dapat berbentuk: - Kartun - Karikatur - Komik - Vignette 2. Berdasarkan objeknya, ilustrasi terdiri dari: - Gambar manusia - Gambar hewan - Gambar tumbuhan - Gambar bentuk benda mati.

3. Berdasarkan bentuk naskah dan perannya, ilustrasi dapat dibedakan menjadi: - Ilustrasi komik - Ilustrasi judul cerpen - Ilustrasi bacaan - Ilustrasi sudut halaman Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan fungsi gambar ilustrasi.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Semoga detikers semakin memahami gambar ilustrasi, ya! Fungsi gambar ilustrasi adalah memberikan gambaran atau memperjelas isi teks atau sesuatu yang diilustrasikan dengan tujuan agar pembaca lebih tertarik dan tidak merasa bosan. Agar kalian bisa lebih memahami kita akan membahas fungsi dan tujuan gambar ilustrasi secara detail pada artikel ini.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Menurut website contoh seni menggambar Ilustrasi adalah sebuah karya seni rupa dua dimensi berupa visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, ataupun dengan teknik gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk dengan tujuan untuk memperjelas suatu pengertian.

Daftar isi • Fungsi gambar ilustrasi • Fungsi Gambar Ilustrasi Menurut Para Ahli • Fungsi Gambar Ilustrasi menurut Arifin & Kusrianto • Tujuan Gambar Ilustrasi Fungsi gambar ilustrasi Ilustrasi adalah suatu gambar atau bentuk yang menggambarkan suasana, keadaan maupun abstrak lainnya yang tidak tampak untuk memperoleh pikiran representative dengan hal yang ingin digambarkan.

Terdapat banyak fungsi gambar ilustrasi yang bisa kita lihat dari keindahannya atau apa yang disampaikan dari ilustrasi tersebut. Banyak orang yang mengira bahwa gambar biasa sama dengan ilustrasi, padahal keduanya berbeda.

Contoh gambar ilustrasi Fungsi gambar ilustrasi menurut website contohseni yaitu • Memberi gambaran singkat mengenai isi cerita atau suatu pesan yang diilustrasikan • Sebagai nilai tambah untuk memperjelas, memperkuat memperindah, sebuah cerita atau pesan yang diilustrasikan • Memudahkan untuk memahami sesuatu, ditampilkan dalam cerita atau pesan yang diilustrasikan • Sarana ekspresi dari suatu kejadian atau perasaan yang diungkapkan melalui sebuah gambar ilustrasi • Menarik perhatian orang.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Orang akan tertarik untuk mengetahui isi buku atau membeli majalah yang disertau dengan gambar yang menarik. • Memudahkan seseorang untuk memahami suatu keterangan atau penjelasan sebuah tulisan. • Sebagai sarana mengungkapkan pengalaman suatu peristiwa atau kejadian yang diekspresikan dalam sebuah gambar. • Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan sebagai nilai keindahan dalam perwajahan. • Gambar ilustrasi berfungsi untuk memberikan gambaran dari isi tulisan atau cerita yang ingin disampaikan, seperti pada komik atau novel bergambar.

• Gambar ilustrasi berfungsi sebagai sarana untuk mengungkapkan pengalaman dari kejadian yang dirasakan dalam bentuk gambar. • Gambar ilustrasi berfungsi mempermudah seseorang untuk memahami keterangan atau penjelasan dari sebuah tulisan. • Gambar ilustrasi berfungsi untuk menarik perhatian seseorang yang melihatnya. Di mana sebuah buku atau majalah yang disisipkan gambar ilustrasi, lebih banyak membuat orang tertarik untuk mengetahui isi buku atau cerita.

Hal penting yang membedakan antara gambar biasa dengan gambar ilustrasi dapat dilihat dari fungsi gambar ilustrasi yang mempresentasikan gambar tersebut, sedangkan gambar biasa belum tentu memiliki makna dari apa yang ingin disampaikan. Fungsi Gambar Ilustrasi Menurut Para Ahli Gambar Ilustrasi bukan lagi terbatas pada gambar yang mengiringi teks atau cerita, tetapi juga pada hal yang lebih luas dengan tujuan yang sama yaitu untuk menarik atau sebagai alat bantu menjelaskan sesuatu yang diilustrasikan agar lebih jelas dan menarik.

Berikut ini adalah beberapa fungsi gambar ilustrasi menurut para ahli yang telah kami rangkum yaitu Contoh gambar ilustrasi Fungsi Gambar Ilustrasi menurut Arifin & Kusrianto Dikutip dalam buku Arifin gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk Kusrianto tahun 2009 halaman 70-71 bahwa fungsi ilustrasi dibagi menjadi beberapa jenis.

Adapun beberapa fungsi gambar ilustrasi (menurutnya), sebagai berikut: • Fungsi Deskriptif Fungsi deskriptif memiliki arti yaitu menggambar ilustrasi menggantikan uraian verbal berbasis tulisan atau teks.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Melalui fungsi deskriptif ini seseorang dapat memahami tulisanmu dengan gambar ilustrasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat dengan cara menyenangkan atau menarik. • Fungsi Kualitatif Fungsi kualitatif memiliki arti fungsi gambar ilustrasi yaitu memberikan gambaran umum dari data-data statistik, seperti diagram, grafik, tabel atau foto yang dapat memudahkan seseorang dalam membaca atau memahami data kualitatif yang berasal dari observasi, survei, eksperimen maupun berbagai macam penelitian lainnya.

• Fungsi Ekspresif Fungsi ekspresif gambar ilustrasi yaitu untuk menyatakan suatu perasaan, situasi ataupun konsep yang abstrak atau tidak dimengerti dengan hanya membaca teks dengan tujuan agar tepat sasaran, lebih ekspresif serta berbentuk konkret atau nyata. Contoh fungsi ekspresif yaitu bisa memperlihatkan ekspresi suprasegmental seperti senang, marah, sedih, kecewa dan lainnya. • Fungsi Analitis atau Struktural Fungsi analitis gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk struktural gambar ilustrasi adalah untuk memberikan rincian bagian dari suatu benda atau hal lainnya yang kita ilustrasikan.

Dalam hal ini, cara menggambar ilustrasi mungkin tidak mudah, karena harus memperlihatkan suatu cara maupun proses yang detail sehingga lebih mudah dipahami dan dianalisis oleh pembaca.

Hal yang biasa dipresentasikan dalam gambar ilustrasi tersebut dapat berupa teks deskriptif, eksplanasi, prosedur, narasi atau hal abstrak lainnya yang tidak bisa dimengerti jika kita hanya membaca teks saja. Untuk memahami lebih detail simak tujuan gambar ilustrasi beserta fungsinya melalui pembahasan dibawah ini.

Tujuan Gambar Ilustrasi Tujuan dan fungsi gambar ilustrasi saling berkaitan satu sama lain. Penggunaan gambar ilustrasi pasti memiliki tujuan dan fungsi yang jelas. Seperti fungsi gambar ilustrasi yang telah dijelaskan diatas yaitu untuk menggambarkan atau memperjelas teks atau sesuatu yang diilustrasikan. Tujuan gambar ilustrasi adalah memperjelas atau memberikan gambaran isi atau cerita yang diilustrasikan agar mudah dipahami dan menarik pembaca.

Gambar ilustrasi karikatur Tujuan gambar ilustrasi menurut website contoh seni adalah sebagai berikut. • Mempermudah seseorang dalam memahami serta mengingat informasi yang disampaikan dalam teks, cerita, atau sesuatu yang diilustrasikan. • Gambar Ilustrasi memiliki makna dan untuk memperjelas atau menegaskan pesan maupun informasi yang ingin disampaikan kepada seseorang yang membaca atau melihatnya.

• Gambar ilustrasi dapat memberikan representative atau gambaran mengenai hal abstrak dan tidak diketahui. • Gambar Ilustrasi mempunyai makna keindahan yang bertujuan untuk memberikan variasi atau hiasan dari informasi yang akan disampaikan agar pembaca lebih tertarik.

• Gambar ilustrasi dapat memancing pembaca dalam membaca buku cerita atau lainnya untuk berimajinasi lebih luas dan tidak terbatas.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Menurut Putra dan Lakoro (2012, hlm.2), tujuan menggambar ilustrasi pada buku adalah untuk menghiasi atau menerangkan cerita, puisi, tulisan atau informasi lainnya. • Gambar Ilustrasi dapat mengisi ruang yang kosong dalam suatu layout atau tata letak sebuah karangan atau halaman cerita sebagai variasi agar tidak membosankan. Gambar ilustrasi covid-19 Demikian pembahasan Fungsi gambar ilustrasi dan tujuan gambar ilustrasi secara lengkap.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kalian dalam mencari informasi yang terpercaya. Harapan kami website contoh seni bisa menjadi pusat kalian dalam mencari materi dan informasi tentang seni dan budaya indonesia. Pos terkait • Naturalisme : Pengertian, Fungsi, Tokoh, dan 10 Contoh Lukisan Naturalisme • 15 Contoh Gambar Ilustrasi Pemandangan Yang Mudah Digambar • 25 Gambar Ilustrasi Hewan Yang Mudah Digambar • Gambar Ilustrasi Karikatur dan 17 Contohnya • Gambar Ilustrasi Kartun dan 20 Contohnya • 30 Contoh Gambar Ilustrasi Komik
Dzikry Follow Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Beranda » Ilustrasi » 16 Tujuan dan Fungsi Gambar Ilustrasi beserta Contohnya 16 Tujuan dan Fungsi Gambar Ilustrasi beserta Contohnya 16 Februari 2021 2 min read Ilustrasi merupakan suatu bentuk atau gambar yang menggambarkan suasana, keadaan maupun abstrak lainnya yang tidak tampak untuk memperoleh pikiran representative dengan hal yang ingin digambarkan.

Ada banyak fungsi gambar ilustrasi yang bisa dilihat dari keindahannya atau apa yang disampaikan dari ilustrasi tersebut. Tak sedikit yang mengira bahwa gambar biasa sama dengan ilustrasi, padahal keduanya berbeda. Baca juga : kelebihan dan kekurangan koran Kunci dasar yang membedakan antara gambar biasa dengan ilustrasi dapat dilihat dari fungsi gambar ilustrasi yang mempresentasikan gambar tersebut, sedangkan gambar biasa belum tentu memiliki makna dari apa yang ingin disampaikan.

Adapun sesuatu yang dipresentasikan tersebut dapat berupa teks deskriptif, eksplanasi, prosedur, narasi atau hal abstrak lainnya yang tidak bisa dimengerti. Untuk mengetahui lebih lanjut simak tujuan ilustrasi beserta fungsinya melalui pembahasan dibawah ini. Tujuan Gambar Ilustrasi Ada yang mengatakan jika ilustrasi berasal dari kata ilusi yang artinya angan-angan untuk hiasan belaka. Penggunaan ilustrasi bukan tanpa sebab, melainkan ada beberapa tujuan yang harus dipenuhi melalui gambar ilustrasi, salah satunya untuk membantu orang angkat lebih mudah dan cepat memahami yang dimaksud.

Adapun berikut ini merupakan tujuan gambar ilustrasi, di antaranya yaitu • Mempermudah gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk dalam memahami serta mengingat informasi yang disampaikan. • Ilustrasi mengandung makna yang bertujuan untuk gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk atau menegaskan pesan maupun informasi yang ingin disampaikan kepada seseorang yang dituju.

• Dapat memberikan representative atau gambaran mengenai hal abstrak dan tidak diketahui. • Ilustrasi memiliki kandungan keindahan yang bertujuan untuk memberi variasi lain atau hiasan dari informasi yang akan disampaikan, agar lebih menarik serta menyenangkan.

• Dapat memancing pembaca dalam membaca buku cerita untuk berimajinasi lebih luas. • Menurut Putra dan Lakoro (2012, hlm.2), tujuan ilustrasi gambar pada buku yaitu untuk menghiasi atau menerangkan cerita, puisi, tulisan atau informasi lainnya. • Ilustrasi dapat mengisi ruang yang kosong dalam suatu layout atau tata letak.

Fungsi Gambar Ilustrasi Ilustrasi bukan lagi terbatas pada gambar yang mengiringi teks, tetapi juga pada hal yang lebih luas dengan tujuan yang sama yaitu untuk menarik atau sebagai alat bantu menjelaskan sesuatu agar lebih jelas.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi gambar ilustrasi, di antaranya yaitu: • Memiliki fungsi nilai keindahan untuk perwajahan. • Berfungsi untuk memberikan gambaran dari isi tulisan atau cerita yang ingin disampaikan, seperti pada komik atau novel bergambar. • Sebagai sarana untuk mengungkapkan pengalaman dari kejadian yang dirasakan dalam bentuk gambar.

• Memudahkan seseorang untuk memahami keterangan atau penjelasan dari sebuah tulisan. • Untuk menarik perhatian seseorang yang melihatnya. Di mana sebuah buku atau majalah yang disisipkan gambar ilustrasi, lebih banyak membuat orang tertarik untuk mengetahui isi buku.

Fungsi Gambar Ilustrasi menurut Para Ahli Sedangkan menurut Arifin & Kusrianto (2009, hlm.70-71), fungsi ilustrasi dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun beberapa fungsi gambar ilustrasi (menurutnya), sebagai berikut: 1. Fungsi Deskriptif Fungsi deskriptif artinya ilustrasi gambar menggantikan uraian verbal berbasis tulisan atau teks. Melalui ilustrasi deskriptif ini seseorang dapat memahami tulisanmu lebih mudah dan lebih cepat dengan cara menyenangkan.

2. Fungsi Kualitatif Fungsi kualitatif artinya fungsi gambar ilustrasi untuk memberikan gambaran umum dari data-data statistik, seperti diagram, grafik, tabel atau foto yang memudahkan seseorang dalam membaca atau mencerna data kualitatif yang berasal dari observasi, survei, eksperimen maupun berbagai macam penelitian lainnya. 3. Fungsi Ekspresif Fungsi ekspresif artinya ilustrasi gambar berfungsi untuk menyatakan suatu perasaan, situasi ataupun konsep yang abstrak atau kurang dimengerti oleh teks dengan tujuan agar tepat sasaran, lebih mengena serta berbentuk konkret.

Contoh fungsi ekspresif yaitu memperlihatkan ekspresi suprasegmental seperti senang, marah, sedih dan lainnya. 4. Fungsi Analitis atau Struktural Fungsi analitis atau struktural dalam ilustrasi gambar yaitu untuk memberikan rincian bagian dari suatu benda atau hal lainnya. Dalam hal ini, cara gambar ilustrasi mungkin tidak mudah, karena akan memperlihatkan suatu sistem maupun proses secara mendetail sehingga lebih mudah dipahami dan dianalisis.

Contoh Ilustrasi Gambar yang Sering Ditemui Setelah mengetahui tujuan dan fungsi gambar ilustrasi, mungkin Anda seringkali melihat contoh ilustrasi gambar dalam kehidupan sehari-hari namun tidak menyadarinya. Adapun berikut contoh gambar ilustrasi, yaitu: • Saat menemukan majalah, mungkin Anda akan tertarik pada gambarnya terlebih dahulu sebelum mengetahui isi atau membaca majalah tersebut.

• Ketika membaca koran mengenai bencana yang terjadi pada suatu tempat pasti disuguhkan gambar untuk lebih mudah mengetahui kejadian yang terjadi. • Saat membaca buku biologi mengenai anatomi tubuh manusia pasti disisipkan gambar untuk menelaah materi pelajaran tersebut dengan mudah. Penutup Itulah beberapa hal mengenai gambar ilustrasi yang bisa Anda ketahui mulai dari tujuan, fungsi gambar ilustrasi beserta contohnya. Tanpa adanya gambar ilustrasi, mungkin kita akan sulit mengetahui atau memahami isi teks atau tulisan yang dibaca
Pengertian Ilustrasi – Apa itu yang maksud dengan Ilustrasi?

Ilustrasi merupakan sebuah gambar yang melukiskan tujuan tertentu seperti contohnya pada cerpen. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas materi mengenai Ilustrasi meliputi Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis Dan Contoh. Simaklah ulasannya di bawah ini. Daftar Menu Artikel • Pengertian Ilustrasi • Manfaat Ilustrasi • Fungsi Ilustrasi • Fungsi Deskriptif • Fungsi Ekspresif • Fungsi Analitis atau Struktura • Fungsi Kualitatif • Tujuan Ilustrasi • Jenis-Jenis Ilustrasi • Contoh Ilustrasi • • Komik • Cover • Majalah • Share this: • Related posts: Pengertian Ilustrasi Pengertian Ilustrasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Belanda ilustratie yang memiliki arti suatu hiasan dengan gambar.

Jika secara terminologi ilustrasi merupakan suatu gambar yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk menjelaskan suatu kejadian. Menurut para ahli (Soedarso,1990) menyatakan bahwa ilustrasi adalah sebuah gambar yang melukiskan tujuan tertentu seperti contohnya pada cerpen. Ilustrasi Ilustrasi sebagai seni rupa yang mempunyai tujuan atau peran dalam menyampaikan maksud-maksud tertentu untuk menerangkan suatu peristiwa.

Demikian pula bahwa ilustrasi mempunyai fungsi penting dalam perkembangan dunia ilustrasi hingga saat ini. Fungsi ilustrasi inilah yang menjadi sebuah perjalanan sejarah gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk akan berkembang demi perkembangan seni.

Berikut fungsi ilustrasi. • Menarik perhatian pembaca. Ilustrasi dapat digunakan untuk memberi gambaran lengkap mengenai isi sebuah karya. Salah satu contohnya adalah pada majalah atau buku.

Sebuah ilustrasi sangatlah bagus untuk membuat para pembaca penasaran dan membuat mereka ketagihan untuk membacanya lebih lanjut. • Memudahkan dalam memahami suatu tulisan. Adanya ilustrasi dapat membantu kita menemukan makna dari sebuah tulisan yang kita baca secara menyeluruh. • Sebagai sarana mengekspresikan ide atau pikiran melalui sebuah gambar. Sehingga banyak diantara mereka yang gemar menggambar untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan, menyalurkan hobi, mengungkapkan curahan hati dan lain – lain.

• Menjelaskan secara singkat sebuah tulisan atau cerita. • Meningkatkan nilai estetika sebuah gambar atau tulisan. Adanya ilustrasi menjadikan seseorang lebih mudah dalam memaknai sebuah pesan yang ingin disampaikan. • Sebagai sarana untuk berkomunikasi. Pada umumnya sebuah gambar dapat mendeskripsikan gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk tulisan. • Memberikan hiburan sehingga pembaca tidak bosan saat membaca sebuah tulisan. • Menjelaskan sebuah konsep melalui gambar. Fungsi Ilustrasi • Fungsi Deskriptif Fungsi deskriptif ilustrasi adalah menggantikan uraian mengenai sesuatu secara verbal dan juga naratif serta menggunakan kalimat yang panjang.

Ilustrasi tersebut bertujuan guna melukiskan sehingga dapat lebih cepat serta lebih mudah untuk dipahami. • Fungsi Ekspresif Fungsi ekspresif ilustrasi adalah menyatakan dan memperlihatkan sesuatu perasaan, maksud, situasi, gagasan, ataupun konsep yang sifatnya abstrak menjadi sesuatu yang nyata sehingga lebih mudah untuk dipahami. tujuan ilustrasi adalah untuk menghiasi atau menerangkan cerita, tulisan, Puisi ataupun informasi yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut tujuan ilustrasi.

• Ilustrasi bertujuan guna memperjelas informasi atau pesan yang ingin disampaikan. • Ilustrasi bertujuan untuk memberi berbagai variasi dalam bahan ajar sehingga menjadi lebih menarik, komunikatif, memotivasi, serta para pembaca juga dapat dengan mudah untuk memahami pesan yang disampaikan. • Ilustrasi bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam mengingat konsep serta gagasan yang disampaikan dengan melalui ilustrasi.

Jenis-Jenis Ilustrasi Ilustrasi telah membawa perkembangan yang pesat dan sampai saat ini Ilustrasi terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut jenis-jenis ilustrasi. • Gambar Ilustrasi Naturalis Merupakan suatu gambar ilustrasi yang mempunyai warna dan bentuk yang sama dengan kenyataan di alam tanpa suatu penambahan atau pengurangan.• Gambar Ilustrasi Dekoratif Merupakan gambar yang memiliki fungsi untuk menghiasi sesuatu dengan sebuah bentuk yang disederhanakan ataupun dilebih-lebihkan dengan gaya-gaya tertentu.• Gambar Kartun Merupakan gambar yang mempunyai bentuk lucu atau memiliki ciri khas tertentu.

Pada umumnya, gambar kartun banyak menghiasi komik, cerita bergambar, dan majalah anak-anak.• Gambar Karikatur Merupakan gambar sindirian atau kritikan yang dalam penggambarannya terdapat penyimpangan proporsi tubuh. Gambar karikatur biasanya ditemukan di koran atau majalah.• Cerita Bergambar Merupakan sejenis gambar atau komik yang diberi teks.

Cerita bergambar menggunakan teknik gambar yang dibuat dengan dasar cerita dengan sudut pandang yang menarik.• Ilustrasi Buku Pelajaran Mempunyai fungsi guna menerangkan teks atau peristiwa baik yang ilmiah ataupun yang berupa gambar bagian. Memiliki bentuk berupa gambar natural, bagan, foto.• Ilustrasi Khayalan.

Merupakan gambar dari hasil pengolahan daya cipta secara imajinatif atau khayal. Ilustrasi khayalan pada umumnya terdapat pada ilustrasi cerita, komik, novel, dan roman.• Tabel Tabel dapat untuk menyajikan suatu kegiatan, data serta menganalisis data tersebut ke dalam bentuk kolom dan baris• Pie Chart Gambaran sesuatu yang memiliki bentuk lingkaran atau kepingan-kepingan dengan jumlah komponen 3600.• Organization chart Suatu cara metode penyajian data yang berbentuk struktur organisasi berdasarkan tingkatan atau hierarki.• Bar chart Bar chart dapat digunakan untuk melihat kecenderungan data dengan berdasarkan pengamatan menurut waktu.• Graph chart Graph chart digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dengan cara menggunakan system koordinat.• Combination chart Merupakan kombinasi antara bar chart dan graph chart• Flowcart Flowcart adalah gambar atau bagan yang menunjukkan urutan serta hubungan antar proses beserta instruksi-instruksinya.• Peta Peta merupakan suatu gambar atau lukisan keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi, baik itu darat maupun laut.

Contoh Ilustrasi Setelah mengetahui berbagai manfaat dan fungsi dari ilustrasi kini akan kita bahas mengenai contoh-contoh gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi mampu menyalurkan ide yang dituangkan dalam sebuah gambar. • Komik Komik merupakan suatu karya seni yang memadukan rangkaian gambar untuk disusun sebagai sebuah cerita yang menarik.

• Cover Setiap buku pasti memiliki cover atau sampul. Sehingga menjadikan sebuah buku semakin menarik dan indah untuk dipandang. Dengan mengunakan ilustrasi semakin menarik perhatian para pembaca .Misalnya pada buku – buku pelajaran, dengan gambar akan membantu siswa lebih mudah mempelajari suatu materi. • Majalah Dalam sebuah majalah terutama majalah fashion, Tentu ilustrasi memiliki nilai yang sangat penting.

Mengapa? Hal ini dikarenakan ilustrasi membantu konsumen untuk mengenal lebih dalam produk yang ditawarkan sehingga dapat merangsang ketertarikan konsumen untuk membelinya. Demikianlah ulasan kami mengenai materi ILUSTRASI, Semoga bermanfaat. Artikel Lainnya : • Budi Pekerti – Pengertian, Tujuan Dan Macam-Macam • Penegrtian Mitos – Ciri-Ciri, Jenis, Fungsi, Unsur dan Contoh • Macam-Macam Keluarga – Pengertian, Ciri Dan Fungsi Related posts: • Pengertian Keputusan Dan Pengambilan Keputusan [Lengkap] • Jenis – Jenis Meteor – Pengertian, Sejarah dan Teori Terbentuknya Meteor • Upaya Penegakan Ham Posted in Umum Tagged contoh seni ilustrasi, manfaat ilustrasi, pengertian ilustrasi dalam desain grafis, pengertian ilustrasi karya sastra, pengertian ilustrasi menurut para ahli, pengertian sketsa, sejarah ilustrasi, teknik ilustrasi Materi Terbaru • Pengertian Keputusan Dan Pengambilan Keputusan gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk • Jenis – Jenis Meteor – Pengertian, Sejarah dan Teori Terbentuknya Meteor • Upaya Penegakan Ham • Bentuk Bentuk Bela Negara • Contoh Konflik Sosial • Pasal Tentang Ham • Contoh Perjanjian Internasional • Cara Kerja Proyektor – Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis • Benua Asia, Ciri-ciri, Peta, Karakteristik, Gambar dan Pembagian Wilayah • Shalat Jum’at – Rukun-Rukun, Syarat Dan Hukum Khutbah • Macam – Macam Alat Ukur Lengkap Dengan Fungsinya • Pengertian Ringkasan – Bentuk, Tujuan, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Contoh • Jenis – Jenis Validitas Beserta Penjelasannya [Lengkap] • Jenis – Jenis Tenaga Kerja Dan Contohnya [Lengkap] • Pengertian Vitamin – Jenis-Jenis, Manfaat, Fungsi dan DampakGambar Ilustrasi- Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Unsurnya Lengkap– Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Gambar Ilustrasi yang meliputi Pengertiannya, Fungsinya, Tujuannya, Janisnya dan Unsur – unsur dalam Gambar Ilustrasi ini.

• Asal Kata Ilustrasi • Pengertian Ilustrasi • Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli • Menurut Rohidi • Menurut Soedarso • Menurut Martha Thoma • Menurut Fariz • Manfaat Ilustrasi • Fungsi Ilustrasi • Fungsi Deskriptif • Fungsi Ekspresif • Fungsi Analitis atau Struktura • Fungsi Kualitatif • Tujuan Ilustrasi • Jenis-Jenis Ilustrasi • Gambar Ilustrasi Naturalis • Gambar Ilustrasi Dekoratif • Gambar Kartun • Gambar Karikatur • Cerita Bergambar • Ilustrasi Buku Pelajaran • Ilustrasi Khayalan.

• Tabel • Pie chart • Organization Chart • Bar Chart • Graph Chart • Combination Chart • Flowcart • Peta • Unsur Gambar Ilustrasi • Gambar Manusia • Gambar Binatang • Gambar Tumbuhan • Benda-benda lainnya • Share this: Asal Kata Ilustrasi Pada awalnya asal kata ilustrasi berasal dari kata bahasa latin yaitu : “Illustrare” yang mana artinya adalah untuk menerangkan atau menjelaskan.

Ilustrasi ini biasanya di gunakan untuk menjelaskan tentang suatu peristiwa. Didalam bahasa belanda, kata ilustrasi ini di sebut dengan nama “Ilustratie” yang artinya adalah untuk hiasan dengan suatu gambar ataupembuatan sesuatu yang jelas. Salah satu contoh gambar ilustrasi : Gambar Ilustrasi Kata ilustrasi juga bisa dikatakan berasal dari sebuah kata yaitu : ilusi, yang mana memiliki sebuah arti yakni sebagai suatu gambaran tentang sebuah angan – angan yang dapat menyerupai suatu hiasan.

Biasanya gambar-gambar pada ilustrasi ini ialah suatu karya seni rupa tipe 2 dimensi yang mempunyai suatu tujuan guna untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian Ilustrasi Pengertian ilustrasi ialah suatu bentuk visual dari suatu kalimat ataupun teks.

Kata ilustrasi bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu teks ataupun kalimat yang khususnya bagi anak-anak yang mana belum bisa membaca. Dengan cara menggambarkan tentang adegan pada suatu cerita, maka sebuah gambar tersebut pada umumnya bisa menerangkan mengenai suatu karakter atau keseluruhan dari isi cerita.

Dengan adanya sebuah ilustrasi ini juga bisa berfungsi untuk menarik bagi para pembaca supaya dapat tertarik untuk membacanya.

Maka untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan pengertian ilustrasi ini menurut para ahli dibawah ini ! Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli Ada beberapa definisi mengennia kata ilustrasi ini menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut : Menurut Rohidi Menurut Rohidi beliau berpendapat bahwa pengertian dari ilustrsi ialah berkaitan dengan suatu seni rupa yang memberikan penggambaran tentang sesuatu melalui suatu elemen rupa guna untuk menerangkan, menjelaskan atau pun memperindah mengenia sebuah teks, agar pembacanya bisa gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk secara langsung melewati mata sendiri, kesan, dan juga sifat-sifat gerak yang berasal dari cerita yang telah disajikan.

Menurut Soedarso Menurut Soedarsono bahwa pengertian ilustrasi ialah suatu seni lukis atau suatu seni gambar yang mana diabadikan untuk demi kepentingan lain, yang mana bisa memberikan sebuah penjelasan atau mengiringi tentang sebuah pengertian, yang umpamanya pada cerita pendek pada suatu majalah. Menurut Martha Thoma Menurut Martha Thoha bahwa yang di maksud dari pengertian ilustrasi ialam didalam hubungannya dengan lukisan yang berkembang sepanjang alur adalah sama dalam sejarah serta didalam banyak suatu hal, keduanya adalah sama.

Dan secara tradisional pada keduanya mengambil sebuah inspirasi karya-karya mengenai kesusastraan, tapi hanya saja pada lukisan ini diciptakan guna untuk menghiasi dinding ataupun suatu langit-langit, sedangkan pada ilustrasi ini dibuat untuk menghiasi mengenai suatu naskah, mencatat suatu peristiwa ataupun juga membantu untuk menjelaskan sebuah cerita. Menurut Fariz Menurut Fariz, pengertian ilustrasi yaitu sebagai alat ekspektasi dari ketidakmungkinan serta tidak berbeda jauh dengan suatau angan-angan, yang mana lebih bersifat virtual atau pun maya.

Ilustrasi ini hadir di dalam berbagai hal yang diverikasi. Manfaat Ilustrasi Ada beberapa hal mengenai manfaat dari ilustrasi ini.

Beberapa manfaat dari ilustrasi gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk adalah sebagai berikut : • Untuk dapat menarik perhatian orang • Untuk memudahkan didalam memahami suatu keterangan atau suatu penjelasan pada sebuah tulisan • Untuk sebagai sarana didalam mengungkapkan sebuah pengalaman mengenai suatu kejadian yang bisa diekspresikan dengan suatu media gambar.

• Untuk memberikan tentang gambaran-gambaran yang terkait oleh isi dalam sebuah cerita atau sebuah tulisan yang bisa disampaikan. • Untuk sebagai nilai tentang keindahan didalam perwajahan. Fungsi Ilustrasi Ada beberapa fungsi dari ilustrasi ini. beberapa fungsi tersebut antara lain adalah sebagai berikut : Fungsi Deskriptif Yang dimaksud dari fungsi deskriptif ilustrasi ialah untuk menggantikan uraian tentang sesuatu secara verbal dan secara naratif dengan memakai kalimat yang cukup panjang.

Pada ilustrasi tersebut bertujuan guna untuk gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk sehingga bisa lebih cepat dan serta lebih mudah ketika dipahami. Fungsi Ekspresif Yang dimaksud dari fungsi ekspresif ilustrasi gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk untuk menyatakan dan memperlihatkan tentang suatu perasaan, situasi, maksud, gagasan, maupun konsep yang mana sifatnya bisa abstrak menjadi sesuatu yang dianggap nyata sehingga bisa lebih mudah untuk kita pahami. Fungsi Analitis atau Struktura Yang di maksud dengan fungsi analtis ilustrasi ialah suatu ilustrasi yang bisa menunjukkan tentang rincian bagian-bagian dari sesuatu sistem ataupun suatu benda atau juga suatu proses dengan cukup detail, supaya bisa lebih mudah untuk dipahami.

Fungsi Kualitatif Yang dimaksud dari fungsi kualitatif ilustrasi yang mana sering digunakan untuk membuat film kartun, daftar, foto, tabel, gambar, sketsa, simbol, dan grafik. Tujuan Ilustrasi Selain fungsi diatas, ilustrasi ini juga memiliki tujuan dari dibuatnya. Adapaun beberapa tujuan dari ilustrasi adalah sebagai berikut : • Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas tentang informasi atau pesan yang mana akan disampaikan.

• Tujuan ilustrasi adalah untuk memberikan berbagai hal variasi didalam bahan ajar sehingga menjadi lebih menarik, komunikatif, memotivasi, serta agar para pembaca bisa dengan mudah untuk memahami tentang suatu pesan yang telah disampaikan. • Tujuan ilustrasi adalah untuk memudahkan bagi para pembaca didalam mengingat tentang suatu konsep serta suatu gagasan yang dapat disampaikan dengan melalui sebuah ilustrasi.

Jenis-Jenis Ilustrasi Ada beberapa jenis dari ilustrasi ini yang wajib kalian ketahui. Beberapa jenis dari ilustrasi tersebut adalah sebagai berikut : Gambar Ilustrasi Naturalis Yang merupakan sebuah gambar ilustrasi yang memiliki warna dan juga bentuk yang dapat dikatakan sama dengan kenyataan pada alam tanpa adanya suatu penambahan dan juga suatu pengurangan.

Gambar Ilustrasi Dekoratif Pada jenis ilustrasi ini ialah suatu gambar yang mempunyai fungsi untuk menghiasi tentang sesuatu dengan sebuah model bentuk yang sudah disederhanakan ataupun juga bisa dilebih-lebihkan dengan suatu gaya-gaya model tertentu. Gambar Kartun Ialah sebuah gambar yang memiliki bentuk yang lucu atau mempunyai ciri yang khas tertentu. Dan pada umumnya, suatu gambar kartun banyak menghiasi sebuah komik, buku cerita bergambar, dan suatu untuk majalah anak-anak.

Gambar Karikatur Gambar karikatur ialah jenis gambar sindirian atau kritikan yang mana didalam penggambarannya terdapat beberapa penyimpangan proporsi dari tubuh aslinya. Gambar karikatur ini biasanya dapat ditemukan pada koran atau pada majalah. Cerita Bergambar Cerita bergambar ialah sejenis gambar atau komik yang mana dapat diberikan teks.

Pada cerita bergambar ini memakai teknik gambar yang bisa dibuat dengan sebuah dasar cerita dengan sudut pandang yang cukup menarik. Ilustrasi Buku Pelajaran Pada ilustrasi dalam buku pelajaran ini memiliki fungsi guna utuk menerangkan sebuah teks atau peristiwa baik itu yang ilmiah maupun yang berupa suatu gambar bagian.

Mem[unyai sebuah bentuk yang berupa gambar bagan, natural, dan foto. Ilustrasi Khayalan. Ilustrasi gambar ialah suatu ilustrasi dari gambar pada hasil pengolahan daya suatu cipta secara imajinatif atau secara khayal. Pada ilustrasi khayalan pada umumnya terdapat pada ilustrasi komik, cerita, novel, dan ada roman. Tabel Jenis tabel ini bisa untuk menyajikan sebuah kegiatan, suatu data serta menganalisis data itu ke dalam suatu bentuk kolom dan pada baris. Pie chart Ialah sebuah gambaran sesuatu yang mempunyai bentuk lingkaran atau bentuk kepingan-kepingan dengan sejumlah komponen yakni : 3600.

Organization Chart Suatu cara metode penyajian data yang berbentuk struktur organisasi berdasarkan tingkatan atau hierarki. Bar Chart Bar chart dapat digunakan untuk melihat kecenderungan data dengan berdasarkan pengamatan menurut waktu.

Graph Chart Graph chart digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dengan cara menggunakan system koordinat. Combination Chart Ialah sebuah kombinasi antara bar chart dengan graph chart. Flowcart Pengertian flowcart ialah suatu gambar atau bagan yang dapat menunjukkan tentang urutan serta hubungan antara proses dan juga instruksi – instruksinya. Peta Peta ialah suatu gambaran atau lukisan pada keseluruhan atau sebagian saja dari permukaan bumi, yakni baik itu darat maupun pada laut.

Unsur Gambar Ilustrasi Didalam gambar ilustrasi, terdapat beberapa unsur – unsurnya yaitu sebagai berikut : Gambar Manusia Unsur yang perlu di pahami adalah unsur anaomi pada tubuh manusia seperti : keduudkan bentuk dari susunan tulang dan juga otot yang mana dapat menentukan tentang besar kecilnya, cekung cembungnya, menonjol atau tidaknya pada tubuh manusia serta untuk bisa menentukan tentang bentuk dari keseluruhan tubuh manusia.

Gambar Binatang Unsur yang perlu dipahami sama dengan unsur pada gambar manusia, yaitu unsur proporsi bentuk tubuh dan anatomi susunanya. Gambar Tumbuhan Ada dua cara yang perlu dilakukan yaiut: • Menggambarkan secara lengkap • Dan dengan secara sederhana • Benda-benda lainnya Benda – benda lainnya yang di maksud disini adalah benda yang terdapat pada alam atau benda buatan manusia itu sendiri dengan tujuan sebagai penghias dan pelengkap pada gambar.

Demikianlah pembahasan makalah mengenai Gambar Ilustrasi. Semoga bermanfaat ya …. Baca juga : • Perbedaan Visi Dan Misi • Pengertian Diksi • Kerangka Karangan • Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli Materi Terbaru • Pengertian Lemak • 12 Saraf Kranial • Kesetimbangan Benda Tegar • Skema Pergerakan Flagela Sel Sperma • Neuroglia • Fungsi Medula Oblongata • Pengertian Porifera • Anatomi Anus • Contoh Cerita Fabel • Pengertian Mulut • Fungsi Cerebellum • Pengertian Usus Besar • Prinsip Kultur Jaringan • Vesica Urinaria • Fungsi Laring
Sumber Gambar : kartunster Blog Ilustrasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Belanda ilustratie yang memiliki arti suatu hiasan dengan gambar.

Secara terminologi ilustrasi merupakan suatu gambar yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk menjelaskan suatu kejadian. Menurut para ahli (Soedarso,1990) menyatakan bahwa ilustrasi adalah sebuah gambar yang melukiskan tujuan tertentu seperti contohnya pada cerpen.

Menurut Para ahli lainnya juga berpendapat bahwa ilustrasi adalah sebuah gambar yang berkaitan dengan seni rupa. Ilustrasi ini dapat menjelaskan tentang makna dari sebuah tulisan sehingga membantu pembaca untuk memahami makna dari tulisan tersebut (Rohidi, 1984). • Definisi Ilustrasi • Manfaat Ilustrasi • Fungsi Ilustrasi • Tujuan Ilustrasi • Jenis Ilustrasi • Contoh Ilustrasi Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ilustrasi mengandung makna sebuah gambar yang menjelaskan isi dari suatu buku atau menjelaskan sebuah tulisan sehingga membantu pembaca dalam memaikan imajinasinya untuk mengartikan tulisan lewat sebuah gambar.

Manfaat Ilustrasi Sebuah ilustrasi memiliki banyak arti dan makna. Ia membantu kita dalam memahami makna tersirat dalam suatu tulisan melalui gambar. Berikut ini adalah fungsi dari ilustrasi yang kan dikaji secara mendalam: 1. Menarik perhatian pembaca. Ilustrasi dapat digunakan untuk memberi gambaran lengkap mengenai isi sebuah karya.

Salah satu contohnya adalah pada majalah atau buku. Sebuah ilustrasi sangatlah bagus untuk membuat para pembaca penasaran dan membuat mereka ketagihan untuk membacanya lebih lanjut. 2. Memudahkan dalam memahami suatu tulisan. Adanya ilustrasi membantu kita menemukan makna dari sebuah tulisan yang kita baca secara menyeluruh. 3.

Sebagai sarana mengekspresikan ide atau pikiran melalui sebuah gambar. Banyak diantara mereka yang gemar menggambar untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan, menyalurkan hobi, mengungkapkan curahan hati dan lain – lain. 4. Menjelaskan secara singkat sebuah tulisan atau cerita. 5. Meningkatkan nilai estetika sebuah gambar atau gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk. Adanya ilustrasi menjadikan seseorang lebih mudah dalam memaknai sebuah pesan yang ingin disampaikan. 6. Sebagai sarana untuk berkomunikasi.

Pada umumnya sebuah gambar dapat mendeskripsikan sebuah tulisan. 7. Memberikan hiburan sehingga pembaca tidak bosan saat membaca sebuah tulisan. 8. Menjelaskan sebuah konsep melalui gambar. Fungsi Ilustrasi Selain ke delapan fungsi yang telah disebutkan di atas, berikut akan dikaji lebih dalam lagi mengenai fungsi ilustrasi: 1. Fungsi Deskriptif, yaitu digunakan untuk menjabarkan arti dari sebuah tulisan yang panjang melalui sebuah gambar.

2. Fungsi Ekspresif, yaitu mengekspresikan suatu ide atau gagasan melalui sebuah gambar. 3. Fungsi Analitis mengekspresikan secara detail bagian – bagian suatu benda. 4. Fungsi Kualitatif, yaitu pada umumnya digunakan dalam pembuatan tabel, grafik, foto, simbol, gambar dan lain – lain. Tujuan Ilustrasi Ada pun tujuan atau manfaat dari ilustrasi ini adalah pertama, untuk memperjelas mengenai informasi yang akan kita sampaikan. Kedua, untuk menarik perhatian sehingga dapat merangsang dan memotivasi pembaca agar tidak bosan.

Ketiga, mempermudah dalam mengingat konsep, ide dan gagasan yang ingin disampaikan melalui sebuah gambar. Selain itu, berikut akan dikaji lebih dalam mengenai tujuan dari ilustrasi: 1. Menarik perhatian para pembaca. Seorang penulis dikatakan berhasil jika tulisan yang ia buat menjadikan pembaca merasa penasaran sehingga tertarik untuk membacanya lebih lanjut. 2. Memperjelas makna yang terkandung dalam sebuah tulisan.

Tanpa adanya ilustrasi pembaca akan kesulitan untuk memahami makna sebuah tulisan. Dengan adanya ilustrasi dapat membantu pembaca dan mengarahkan mereka untuk terus membaca tulisan kita. Jadi, pandai – pandailah dalam menampilkan ilustrasi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ilustrasi yang menarik tentu memiliki nilai lebih dibandingkan dengan ilustrasi yang tidak sesuai dengan tema yang kita angkat.

3. Ilustrasi dapat digunakan sebagai logo suatu perusahaan. Satu hal yang harus digaris bawahi adalah di dalam logo tersebut mengandung identitas perusahaan. Identitas ini sangatlah penting bagi perusahaan dalam hal promosi produk mereka. Salah satu contohnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Dengan ilustrasi yang baik dalam kemasan makanan atau minuman tersebut dapat menarik perhatian para pembeli atau konsumen mereka.

4. Meyakinkan pembaca terhadap berbagai pesan yang ingin disampaikan. 5. Menciptakan kesan yang bermakna dalam produk yang dipromosikan.

6.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Memperlihatkan keunikan suatu produk. Ilustrasi menjadi alat untuk menonjolkan keunikan suatu produk. Salah satu contohnya adalah saat kita ingin menawarkan sebuah produk sabun dengan bahan alami. Ilustrasi yang di buat adah menggambarkan produk tentang sabun berbahan alami. 7. Menarik pembaca untuk membaca judul. Dalam sebuah tulisan ternyata judul memiliki pengaruh yang besar terhadap minat pembaca untuk membaca isinya hingga akhir.

Disinilah ilustrasi sangat dibutuhkan 8. Sebagai sarana untuk mengkomunikasikan sebuah produk kepada konsumen.

Contohnya adalah pada kemasan suatu produk membutuhkan desain yang menarik agar konsumen tertarik untuk membeli. Macam Jenis Ilustrasi Berikut ini akan dikaji apa saja sih macam atau jenis ilustrasi yang dapat kita gunakan untuk menuangkan ide dan gagasan kita: 1. Gambar Ilustrasi Naturalis Gambar ilustrasi naturalis memiliki warna dan bentuk yang senada dengan bentuk asli yang ada di alam. 2. Gambar Ilustrasi Dekoratif Gambar ilustrasi dekoratif banyak digunakan untuk mewarnai suatu bentuk dengan gaya tertentu.

3. Gambar Kartun Gambar kartun banyak dijumpai pada buku atau majalah untuk anak – anak. Hal ini dikarenakan dengan adanya gambar gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk menarik perhatian anak – anak untuk betah berlama – lama membaca.

Selain memberikan banyak edukasi, hal ini juga mampu menambah kosa kata anak serta melatih mereka untuk memaikan imajinasi mereka. 4. Gambar Karikatur Gambar karikatur pada umumnya banyak dijumpai di koran atau majalah. Bisa jadi gambar itu mengekspresikan sebuah kritik dan saran. 5. Ilustrasi Buku Pelajaran Ilustrasi buku pelajaran digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian baik yang bersifat ilmiah maupun menggambarkan tentang suatu gambar.

6. Cerita Bergambar Dalam cerita bergambar seperti pada komik, sebuah ilustrsi dapat digunakan untuk menyatakan suatu tempat dan mendeskripsikan sebuah serita dengan sudut pandang yang membuat pembaca tertarik untuk mengikuti cerita tersebut.

7. Ilustrasi Khayalan Pada ilustrasi khayalan biasanya gambar yang dibuat mengekspresikan suatu imajinasi yang banyak digunakan dalam berbagai cerita seperti novel, komik dan lain – lain.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

Contoh Ilustrasi Setelah mengetahui berbagai manfaat dan fungsi dari ilustrasi kini akan kita bahas mengenai contoh – contoh gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi mampu menyalurkan ide yang dituangkan dalam sebuah gambar. 1. Komik Komik merupakan suatu karya seni yang memadukan rangkaian gambar untuk disusun sebagai sebuah cerita yang menarik.

2. Cover Setiap buku pasti memiliki cover atau sampul. Dengannya menjadikan sebuah buku semakin menarik dan indah untuk dipandang. Dengan adanya ilustrasi semakin menarik perhatian para pembaca. Terutama pada buku – buku pelajaran, dengan gambar akan membantu siswa lebih mudah mempelajari suatu materi.

3. Majalah Dalam sebuah majalah terutama majalah fashion, tentu ilustrasi memiliki nilai yang sangat penting. Mengapa? Hal ini dikarenakan ilustrasi membantu konsumen untuk mengenal lebih dalam produk yang ditawarkan sehingga dapat merangsang ketertarikan konsumen untuk membelinya.

gambar ilustrasi mempunyai fungsi untuk

VIDEO PPT GAMBAR ILUSTRASI KELAS 8




2022 www.videocon.com