Jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang berada di Benua Asia. Kawasan regional ini bisa menjadi kekuatan dunia jiga dikelola dengan baik. Negara-negara yang tergabung dalam kawasan Asia Tenggara adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Filipina, Laos, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan Timor Leste. Lalu seperti apa geografi Asia Tenggara itu?. Berdasarkan letak geografis, Asia Tenggara berada diantara dua benua yaitu Asia di utara dan Australia di selatan serta dua samudera yaitu Hindia di barat dan Pasifik di timur.

Dampak dari posisi geografis ini adalah Asia Tenggara memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau serta dipengaruhi sirkulasi angin muson. Selain itu badai siklon kadang terjadi di batas utara dan selatan. Vietnam dan Filipina adalah negara yang rawan badai siklon di Asia Tenggara.

Baca juga: Faktor cuaca suatu daerah Asia Tenggara secara astronomis dilalui oleh garis khatulistiwa. Sebagian besar negara di Asia Tenggara beriklim tropis.

Ciri iklim tropis adalah suhu rata-rata tinggi sepanjang tahun (24-28⁰C), memiliki dua musim, curah hujan tinggi, perbedaan suhu tidak terlalu ekstrim saat kemarau dan hujan. Iklim tropis yang sebagian besar dimiliki oleh negara ASEAN ini mempengaruhi kondisi flora dan fauna.

Jenis hutan di Asia Tenggara didominiasi hutan tropis, sisanya sabana dan hutan musim. Wisata ASEAN Jumlah penduduk Asia Tenggara pada 2005 berjumlah 558.778 juta jiwa. Jumlah itu mencapai 15% dari seluruh populasi penduduk Asia. Indonesia adalah negara Asia Tenggara dengan populasi terbanyak dan Brunei adalah yang paling sedikit. Penduduk Asia Tenggara terdiri dari berbagai suku bangsa seperti Melayu, Negrito, Lao Yao, Cina, India, Arab, Khmer dan Man, Tho,M uong, Vietnam.

Mata pencaharian penduduk kawasan Asia Tenggara bervariasi mulai dari pertanian, pertambangan, pariwisata, perdagangan dan perindustrian. Pertanian masih mendominasi di Asia Tenggara dengan produk utama seperti padi, jagung, buah-buahan, palawija, teh dan lainnya.

Industri dan pariwisata kini menjadi sektor yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Singapura menjadi salah satu negara yang menjadikan pariwisata sebagai leading sector sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke negeri tersebut.

1. menurut john luwis gillin dan john philip gillin pengertian perubahan sosial menurut john luwis gillin dan john philip gillin adalah perubahan yang … terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.apa kelebihan dan kelemaan dari setiap pakar
tirto.id - Kondisi alam Indonesia dan negara-negara ASEAN termasuk Thailand dan Singapura merupakan salah satu gambaran potensi sumber daya alam dan ekonomi mereka.

Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara merupakan organisasi regional yang kini beranggotakan 10 negara. ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 saat wakil dari 5 negara Asia Tenggara meneken Deklarasi Bangkok. Pada tanggal itu, para Menteri Luar Negeri masing-masing negara pelopor pembentukan ASEAN menandatangi deklarasi tersebut.

Mengutip catatan di situs Seknas ASEAN-Indonesia, menteri-menteri tersebut berasal dari negara Indonesia (Adam Malik), Filipina (Narciso Ramos), Malaysia (Tun Abdul Razak), Thanat Khoman (Thailand), dan Singapura (S. Rajaratnam). Kelima negara yang membentuk ASEAN ini ternyata memiliki tujuan yang tertulis dalam Deklarasi Bangkok. Berikut ini tujuan pembentukan ASEAN: • Mempercepat tumbuhnya ekonomi, kemajuan sosial, dan budaya di ASEAN • Mengutamakan perdamaian dan stabilitas regional dengan cara menghormati negara-negara di kawasan ASEAN serta mengikuti anjutan piagam PBB • Mengutamakan kerja sama aktif serta saling tolong menolong dalam menghadapi kepentingan bersama, misal ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi • Saling tolong menolong dalam pelatihan dan fasilitas riset/penelitian • Melakukan kolaborasi dalam mengembangkan agrikultur, industri, perluasan wilayah dagang, transportasi, komunikasi, dan menaikkan taraf hidup warga negara • Melakukan promosi untuk pendidikan di kawasan Asia Tenggara • Mengutamakan hubungan baik dan lebih dekat dengan organisasi tingkat internasional yang mempunyai tujuan serta visi sama.

ASEAN kemudian terus berkembang dan jumlah anggotanya bertambah dari semula 5 menjadi 10 seperti sekarang.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

Berikut ini daftar negara-negara yang tergabung di ASEAN berdasarkan tanggal masuknya: • Indonesia: 8 Agustus 1967 • Malaysia: 8 Agustus 1967 • Singapura: 8 Agustus 1967 • Thailand: 8 Agustus 1967 • Filipina: 8 Agustus 1967 • Brunei Darussalam: 8 Januari 1984 • Vietnam: 28 Juli 1995 • Laos: 23 Juli 1997 • Myanmar: 23 Juli 1997 • Kamboja: 30 April 1999.

ASEAN juga memiliki struktur keorganisasian. Dalam struktur itu, kewenangan tertinggi ada pada KTT ASEAN yang merupakan pertemuan puncak antara pemimpin-pemimpin negara ASEAN. Di struktur ASEAN juga ada Sekretariat ASEAN, yakni sebuah organ yang berfungsi meningkatkan koordinasi antar-badan ASEAN dan implementasi berbagai kegiatan serta proyek dalam kerangka kerja sama ASEAN.

Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Sekretaris Jenderal. Mulai Januari 2018, orang yang ditetapkan KTT ASEAN sebagai Sekretaris Jenderal ASEAN adalah Jim Jock Hoi asal Brunei Darussalam. Ia akan mengemban tugas menjadi Sekjen hingga tahun 2022, tepatnya sampai bulan Desember.

Negara-negara ASEAN selama ini memiliki persamaan dan perbedaan dari berbagai segi yang jadi faktor pendorong adanya kerja sama. Salah satu aspek yang bisa menunjukkan persamaan dan perbedaan negara-negara ASEAN adalah keadaan alam di wilayah masing-masing. Keadaan Alam Negara-negara ASEAN Negara- negara anggota ASEAN memiliki potensi sumber daya alam dan ekonomi berlainan.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

Oleh karena itu, kerja sama di antara negara-negara tersebut menjadi penting. Salah satu gambaran potensi dari negara-negara anggota ASEAN bisa dilihat dari kondisi alam di wilayahnya masing-masing. Di bawah ini, penjelasan tentang kondisi alam di sebagian dari negara ASEAN, yakni Indonesia, Thailand, dan Singapura, sebagaimana dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial (2017) yang diterbitkan Kemdikbud.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

1. Keadaan Alam Indonesia Penjelasan tentang keadaan alam Indonesia dibagi menjadi empat macam, yakni letak dan batas, iklim, bentang alam, dan perairan. a. Letak dan batas negara Indonesia Secara astronomis, Indonesia terletak di antara 95 derajat BT-141 hingga 141 derajat BT dan 6 derajat LU sampai dengan 11 derajat LS. b. Iklim di Indonesia Indonesia termasuk sebagai negara beriklim tropis berdasarkan letaknya yang berada di antara dua garis 23 setengah derajat LU sampai 23 setengah derajat LS.

c. Bentang alam Indonesia Bentang ini dijabarkan sebagai relief atau ketinggian vertikal di daratan Indonesia. Di antaranya terdapat pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, peneplain, dan depresi. Berikut contoh masing-masingnya: • Pegunungan: pegunungan tertunggi terdapat di Gunung Jaya Wijaya, Papua. • Dataran tinggi: dataran tinggi di Magelang, Malang, dan Bandung. • Dataran rendah: terdapat di Sumatera bagian timur dan Jawa Barat sebelah utara. • Peneplain: terdapat di Pulau Bangka dan Belitung.

• Depresi: depresi Serayu yang terletak di sepanjang Cilacap-Purwokerto-Wonosobo. d. Perairan Secara umum, perairan Indonesia dibagi menjadi dua yakni perairan laut dan perairan darat. Pada perairan laut yang memiliki kedalaman kurang dari 200 meter, terdapat banyak ikan serta hasil laut lain. Sedangkan perairan darat (sungai, danau, dan air tanah), terdapat contoh berupa Danau Toba di Sumatera Utara dan masih banyak yang lainnya.

2. Keadaan Alam Thailand Penjelasan mengenai keadaan alam Thailand dibagi menjadi 3: letak dan batas negara, iklim, dan bentang alamnya. Berikut ini rincian terkait keadaan alam negara Thailand. a. Letak dan batas negara Thailand Wilayah Thailand derada di antara 6 derajat LU sampai 21 derajat LU dan 97 derajat BT hingga 106 derajat BT.

Thailand sebelah utaranya berbatasan dengan Myanmar dan Laos, lalu di barat dengan Myanmar, timur dengan Kamboja dan Laos, dan di sebelah selatan dengan Malaysia. b.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

Iklim di Thailand Seperti Indonesia, Thailand memiliki iklim tropis dengan temperatur kisaran 26 derajat celcius hingga 28 derajat celcius kala musim kemarau. Sedangkan wilayah Thailand sebelah utara punya udara yang lebih dingin dengan curah hujan yang juga lebih besar. c. Bentang alam Thailand Berdasarkan aspek ini, Thailand punya permukaan tanah yang berliku-liku di tengah negaranya, dataran tinggi di sebelah timur, hutan di bukit-bukit/pegunungan sebelah utara, dan bukit-bukit di daerah selatannya.

Thailand punya tanah subur di bagian dataran rendahnya, yakni daerah aliran Sungai Chao Phraya. Bahkan, ibu kota negara Thailand, yakni Bangkok, berada di wilayah dataran jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara tersebut.

3. Keadaan Alam Singapura Keadaan alam wilayah Singapura bisa dilihat dari segi letak geografis dan batas-batasnya, iklim, serta kondisi bentang alamnya. Berikut ini penjelasannya. 1. Letak dan batas negara Singapura Wilayah Singapura terletak di antara 1 derajat 11’ LU sampai 1 derajat 27’ LU dan 103 derajat 39’ BT hingga 104 derajat 5’ BT.

Secara garis besar, wilayah Singapura berbatasan dengan Selat Johor di sebelah barat dan utara, serta Selat Singapura di timur dan selatannya. 2. Iklim Seperti Indonesia dan Thailand, wilayah Singapura juga beriklim tropis. Suhu rata-rata yang biasa dirasakan di negara itu adalah 21 derajat celcius sampai 32 derajat celcius, dengan curah hujan di kisaran 2.438 mm setiap tahunnya. 3. Bentang alam Secara keseluruhan, Singapura memiliki daratan yang terkesan datar.

Namun, ada juga beberapa tempat di negara itu yang berupa perbukitan (ada di tengah agak ke utara) dan juga terdapat sungai-sungai pendek di sana. Sungai yang paling utama di Singapura adalah Sungai Ulu Pandan. Wilayah Singapura bagian tengah agak ke utara memiliki topografi perbukitan dengan puncak bukit agak membulat.

Beberapa bukit itu adalah bukit Timah (±178 m), bukit Gombak (± 133 m), bukit Panjang (± 154m), dan bukit Mandai (±129 m). Sementara wilayah Singapura bagian timur berupa dataran rendah, dataran alluvial serta sebagian berupa area yang dulunya rawa-rawa. Kemudian, wilayah barat daya Singapura memiliki relief yang bergelombang diliputi oleh rawa-rawa dan lembah-lembah yang kering, meskipun ada juga yang dialiri air.

Di pinggir lembah-lembah itu, berdiri bukit-bukit kecil, seperti bukit faber, bukit Pasir Panjang, dan bukit Sesop. tirto.id - ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) dibentuk sebagai himpunan negara-negara di Asia Tenggara dengan visi untuk menjaga stabilitas kawasan. Keberadaan organisasi ini diharapkan pula bisa mendukung kerja sama dan perkembangan negara-negara Asia Tenggara. Delia Albert, dalam tulisannya berjudul “Staying the Course: from a Southeast Asian Community to an Asean Community” di buku An Evolving ASEAN Vision and Reality (2019), menjelaskan bahwa setidaknya ada 4 faktor utama yang menjadi latarbelakang terbentuknya ASEAN.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

Pertama, sengketa teritorial maritim di Asia Tenggara oleh Indonesia dengan Malaysia, Malaysia dengan Filipina, dan Singapura dengan Malaysia. Kedua, perang Vietnam menjadi pemicu karena adanya konflik kepentingan antara Blok Timur dan Blok Barat yang turut mempengaruhi stabilitas negara di Asia Tenggara.

Ketiga, ancaman perluasan pengaruh komunisme dari Cina ke kawasan Asia Tenggara. Keempat, adanya konflik di antara negara-negara Asia Tenggara karena kolonialisasi. Oleh karena faktor-faktor di atas, lima negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, bersepakat meneken Deklarasi Bangkok yang menjadi tonggak pendirian ASEAN pada 8 Agustus 1967. Baca jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi, Politik hingga Pendidikan Setelah kerja sama 5 negara pendiri ASEAN berlangsung selama belasan tahun, jumlah anggota organisasi kawasan itu pun bertambah.

Hingga kini, ASEAN beranggotakan 10 negara. Sepuluh anggota ASEAN adalah sebagai berikut: • Indonesia (Bergabung sejak 8 Agustus 1967) • Malaysia (Bergabung sejak 8 Agustus 1967) • Filipina (Bergabung sejak 8 Agustus 1967) • Singapura (Bergabung sejak 8 Agustus 1967) • Thailand (Bergabung sejak 8 Agustus 1967) • Brunei Darussalam (Bergabung sejak 8 Januari 1984) • Vietnam (Bergabung sejak 28 Juli 1995) • Laos (Bergabung sejak 23 Juli 1997) • Myanmar (Bergabung sejak 23 Juli 1997) • Kamboja (Bergabung sejak 30 April 1999).

Pembentukan ASEAN memiliki beberapa tujuan. Sejumlah tujuan pembentukan ASEAN tertuang dalam Deklarasi Bangkok yang isinya adalah sebagai berikut: • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara; • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional; • Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi; • Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada; • Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Apabila mencermati sejumlah poin dalam Deklarasi Bangkok di atas, salah satu unsur penting yang melandasi pendirian ASEAN adalah kehendak negara-negara pendiri untuk memperkuat kerja sama di level regional.

Kerja sama antarnegara Asia Tenggara perlu digalang mengingat letak geografis wilayahnya yang saling berdekatan. Selain itu, perbedaan kondisi alam membuat masing-masing negara memiliki keunggulan sumber daya yang berlainan. Perbedaan ini menjadi salah satu faktor pendorong kerja sama yang saling mengisi di antara negara-negara Asia Tenggara. Bagaimana gambaran perbedaan kondisi alam negara-negara ASEAN? Berikut ini pemaparan soal gambaran singkat kondisi bentang alam 4 negara ASEAN, yakni Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan Laos, seperti dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial (2017) terbitan Kemdikbud.

1. Keadaan Alam Negara Myanmar Myanmar memiliki wilayah seluas 678.036 kilometer. Di bagian utara, wilayah Myanmar berbatasan dengan Tiongkok. Sementara di bagian selatan, Myanmar berbatasan dengan Laut Andaman, serta di bagian barat dengan Teluk Benggala.

Di bagian timur, wilayah Myanmar berbatasan dengan Laos dan Thailand. Iklim di Myanmar dikategorikan sebagai iklim muson tropis. Hal ini menandakan Myanmar memiliki curah hujan yang tinggi dan lembab, suhu tahunan 22 – 27 derajat celcius, dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dilihat dari segi letak lintang, wilayah Myanmar mengalami dua jenis musim.

Bagian selatan lebih beriklim tropis, sedangkan Myanmar bagian utara beriklim subtropis. Baca juga: Kondisi Penduduk Negara Asean: Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar Daratan di Myanmar terbentuk oleh dua lipatan pegunungan yang berjajar dari utara ke selatan. Di bagian barat Myanmar, terdapat deretan pegunungan Letha, bukit Chin, serta pegunungan Araka Yoma. Myanmar pun punya dataran rendah lumayan luas. Dataran rendah di wilayah Myanmar terbentang mengikuti alur Sungai Irrawaddy dan Sungai Sittang hingga ke pedalaman Mandalay.

Sedangkan di bagian arah timur laut wilayah Myanmar, terdapat aliran sungai Salween yang melintasi plato Shan melalui lembah. 2. Keadaan Alam Negara Kamboja Negara Kamboja memiliki wilayah seluas 181.300 km2, dengan batas bagian utara adalah Thailand dan Laos, bagian timur Vietnam, bagian selatan Laut Cina Selatan, dan bagian barat Thailand. Wilayah Kamboja punya iklim tropis muson, dengan suhu rata-rata per tahun mencapai 27 derajat celcius.

Kamboja memiliki Sungai Mekong yang terbentang melintasi jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara negara tersebut dari utara ke selatan. Sungai Mekong, tak hanya melintasi wilayah Kamboja, tapi juga kawasan milik Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Di Kamboja, Sungai Mekong memiliki peran penting karena menjadi jalur transportasi kapal yang utama.

Transportasi kapal itu bisa menghubungkan Phnom Penh (ibu kota Kamboja), dengan delta Sungai Mekong di Vietnam. Baca juga: Kondisi Penduduk Negara Asean: Thailand, Kamboja, Laos, Filipina Kamboja juga memiliki Tonle Sap, danau air tawar terbesar di kawasan Asia Tenggara. Perairan di darat yang menjadi semacam paduan danau dan sungai itu menjadi titik penting keanekaragaman hayati sehngga ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO pada 1997.

Dilihat dari segi kondisi tanah, wilayah Kamboja Tengah termasuk daerah subur. Kawasan subur itu terbentu dari bentangan pegunungan yang berjajar serta menjadi pembatas wilayah Kamboja dan Thailand. 3. Keadaan Alam Negara Laos Letak wilayah Laos berada di antara 14 derajat Lintang Utara–22 derajat Lintang Utara dan 100 derajat Bujur Timur–107 derajat Bujur Timur.

Di sebelah barat, wilayah Laos berbatasan dengan Thailand dan Myanmar. Kemudian, di sebelah utara, berbatasan dengan Cina dan Vietnam. Sementara di sebelah timur, wilayah Laos berbatasan dengan Vietnam, dan di sebelah selatan dengan Kamboja.

Laos beriklim tropis dengan suhu rata-rata tahunan 26 derajat Celcius pada bagian utara, dan 28 derajat Celcius pada bagian selatan. Negara ini memiliki tiga musim.

Pertama, musim hujan yang panas terjadi antara bulan Juni–Oktober pada saat adanya pengaruh angin musim barat daya yang datang ke wilayah Laos. Kedua, musim kemarau yang sejuk yang terjadi antara bulan November–Februari pada saat angin bertiup dari arah timur laut.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

Ketiga, Musim pancaroba yang kering dan panas yang terjadi antara bulan Maret–Mei, pada masa peralihan antara musim kemarau dan musim hujan. Baca juga: Kondisi Penduduk Negara Asia Tenggara: Indonesia, Singapura, Brunei Laos merupakan negara pegunungan, dengan kawasan hutan tropis yang belum banyak terjamah.

Hanya sekitar 5 persen dari lahan di Laos cocok untuk pertanian. Meski begitu, lahan pertanian yang 5 persen itu menyediakan sampai 80 persen lapangan kerja.

Memiliki wilayah seluas 236.804 km2, Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang jalan masuk ke wilayahnya tanpa melalui laut. Sebagian besar wilayah Laos adalah pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi. Dari segi geografis, wilayah Laos terdiri dari 4 kesatuan geografis yang utama, yakni: • Barisan pegunungan lipatan dari utara ke selatan yang bertopografi kasar.

Di bagian utara barisan pegunungan, lipatannya terpotong-potong. Puncak gunung tertinggi berada pada Gunung Phou Bia (2.820 m). Datarannya ada di plato Xiangkhoang. • Lereng barat Pegunungan Annam; • Plato Bolovens • Daerah lembah Sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan "urat nadi" negara Laos. 4. Keadaan Alam Negara Vietnam Vietnam memiliki wilayah dengan luas 513.

120 km2. Wilayah negara yang memiliki ibu kota di Hanoi itu sekira 6,25% luas Indonesia. Letak astronomis Vietnam adalah di antara 23 derajat LU - 9 derajat LU dan 105 derajat BT - 109 derajat BT. Wilayah Vietnam berbatasan dengan Teluk Siam Laos dan Kamboja di sebelah barat, Tiongkok di utara dan timur, serta Laut Cina Selatan di sebelah selatan. Wilayah Vietnam memiliki 2 zona iklim yang berbeda. Vietnam sebelah utara beriklim sedang, dan di bagian selatan beriklim tropis.

Di Vietnam Utara yang beriklim sedang, terjadi dua musim yang berbeda, yaitu musim hujan dari bulan November sampai April, dan musim panas dari bulan Mei sampai Oktober.

Sedangkan di Vietnam Selatan yang beriklim tropis, ada tiga musim, yaitu musim dingin dari bulan November-Januari, musim panas pada Februari sampai April atau Mei, dan musim hujan dari bulan Mei atau Juni sampai Oktober. Secara umum, dari segi geografis, daratan Vietnam terdiri atas 5 wilayah, yakni: • Daerah pegunungan utarama dengan ketinggian kurang lebih 3000 meter • Delta Sungai Merah (wilayah lokasi Hanoi) • Barusan pegunungan Annam sebagai penghubung Vietnam Utara dan Vietnam Selatan • Garis pesisir pantai antara pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan • Delta sungai Mekong di sebelah selatan Vietnam.
• Acèh • Afrikaans • Alemannisch • አማርኛ • العربية • Asturianu • Kotava • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Basa Bali • Boarisch • Žemaitėška • Bikol Central • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Български • भोजपुरी • বাংলা • Brezhoneg • Bosanski • Català • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Cebuano • کوردی • Čeština • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Zazaki • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Føroyskt • Français • Arpetan • Nordfriisk • Frysk • 贛語 • Galego jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara Avañe'ẽ • 客家語/Hak-kâ-ngî • עברית • हिन्दी • Hrvatski • Magyar • Հայերեն • Ilokano • Íslenska • Italiano • 日本語 • Jawa • ქართული • Qaraqalpaqsha • Қазақша • ភាសាខ្មែរ • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Къарачай-малкъар • Kurdî • Кыргызча • Latina • Lingua Franca Nova • Lingála • ລາວ • Lietuvių • Latviešu • Basa Banyumasan • Malagasy • Minangkabau • Македонски • മലയാളം • Монгол • मराठी • Bahasa Melayu • မြန်မာဘာသာ • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Occitan • ਪੰਜਾਬੀ • Kapampangan • Polski • پنجابی • Português • Română • Русский • Саха тыла • ᱥᱟᱱᱛᱟᱲᱤ • Sardu jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara Sicilianu • سنڌي • Srpskohrvatski / српскохрватски • ၽႃႇသႃႇတႆး • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Shqip • Српски / srpski • Sunda • Svenska • Kiswahili • தமிழ் • తెలుగు • Тоҷикӣ • ไทย • Türkmençe • Tagalog • Türkçe • Татарча/tatarça • ئۇيغۇرچە / Uyghurche • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Vèneto • Tiếng Việt • West-Vlams • Winaray • Wolof • მარგალური • ייִדיש • Yorùbá • 中文 • 文言 • Bân-lâm-gú • 粵語 Halaman ini berisi artikel tentang kawasan geografis di Asia.

Untuk organisasi negara-negara Asia Tenggara, lihat Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Semenanjung Indochina dan Semenanjung Malaka, Serta Wilayah Kepulauan Melayu. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat.

Asia Tenggara Bahasa lain • Afro-Asia: Arab • Austro-Asia: Khmer, Mon, Vietnam, Nikobar, Asli, dll.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

• Austronesia: Indonesia, Tagalog, Melayu, Tetun, Jawa, Sunda, Cebu, Madura, Iloko, Hiligaynon, Minangkabau, Batak, Bikol, Banjar, Dayak, Bali, Waray-waray, Kapampangan, Pangasinan, Bugis, Cham, Aceh, Iban, Kadazan, Moken, dll.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara Kreol: Chavacano, Tok Pisin, Kristang, Betawi, Ambon • Dravida: Tamil, Hindi, Telugu, Malayalam • Indo-Eropa: Inggris, Prancis, Portugis, Spanyol, Hindi, Punjabi, Belanda, Rohingya • Tai–Kadai: Thai, Laos, Shan • Tionghoa-Tibet: Myanmar, Arakan, Karen, Mandarin, Kanton, Min • dan banyak lainnya Zona waktu • Bandung • Bangkok • Cebu • Davao • Hanoi • Ho Chi Minh • Jakarta • Kuala Lumpur • Manila • Quezon • Singapura • Surabaya • Yangon Asia Tenggara Dibedakan dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) yang Terdiri atas Semenanjung Indochina dan Semenanjung Malaka dan Asia Tenggara Maritim (ATM) yang Terdiri Atas Kepulauan Filipina Dan Nusantara ( Indonesia, Malaysia, Singapura, Timor Leste, dan Brunei Darussalam) Atau Yang Lebih Sering Disebut Kepulauan Melayu.

• Negara-negara yang termasuk ke dalam ATD adalah • Kamboja • Laos • Malaysia • Myanmar • Thailand • Vietnam • Negara-negara yang termasuk ATM adalah • Brunei • Filipina • Indonesia • Malaysia • Singapura • Timor Leste • Meskipun terdapat bagian dari wilayah Malaysia yang tersambung dengan benua utama Asia, Malaysia tetap dikategorikan sebagai negara ATM karena alasan budaya.

• Semua negara Asia Tenggara terhimpun ke dalam organisasi ASEAN. Timor Leste yang sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia telah mengajukan diri menjadi anggota ASEAN walaupun oleh beberapa pihak, atas alasan politis, negara ini dimasukkan ke kawasan Pasifik.

[4] Secara geografis (dan juga secara historis) sebenarnya Taiwan dan pulau Hainan juga termasuk Asia Tenggara, sehingga diikutkan pula. Namun, karena alasan politik, Taiwan dan pulau Hainan lebih sering dimasukkan ke kawasan Asia Timur. Kepulauan Cocos dan Pulau Natal, yang terletak di selatan Jawa, oleh beberapa pihak dimasukkan sebagai Asia Tenggara meskipun secara politik berada di bawah administrasi Australia.

Sebaliknya, Pulau Papua dimasukkan sebagai Asia Tenggara secara politik meskipun secara geologi sudah tidak termasuk Kedalam benua Asia. Daftar isi • 1 Sejarah penamaan • 2 Geografi • 2.1 Geologi • 2.2 Geografi • 3 Sejarah • 4 Ekonomi • 5 Demografi • 5.1 Agama • 6 Lingkungan • 7 Rujukan • 8 Pranala luar • 9 Lihat pula Sejarah penamaan [ sunting - sunting sumber ] Nama untuk kawasan ini pertama kali dipakai pada abad ke-20.

Sebelumnya, Asia Tenggara dikenal dengan nama India Belakang (jika dibandingkan dengan anak benua India). Subkawasan Asia Tenggara terdiri dari sebelas negara, beberapa di antaranya berada di daratan utama ( mainland), yang juga dikenal sebagai Asia Tenggara Daratan ( Indochina) dan sebagian lagi seluruhnya merupakan kepulauan (Asia Tenggara Maritim), yang dikenal dengan istilah beragam, seperti Kepulauan Selatan ( Nan Yang, Tiongkok, dan Vietnam), Kepulauan Melayu ( Malay Archipelago menurut A.R.

Wallace), Malayunesia (Logan), Indonesia (Logan, dan Adolf Bastian), Hindia Timur ( Oost-Indie, Belanda), Malaysia, Insulinde (oleh orang Hindia Belanda di awal abad ke-20), atau Nusantara (oleh masyarakat Indonesia). Agak menarik bahwa Semenanjung Malaya biasanya dimasukkan dalam wilayah kepulauan meskipun masih tersambung dengan benua Asia.

Subkawasan Negara Bendera Ibu kota Mata uang Pemerintahan Bahasa Resmi Lambang Indochina Kamboja Phnom Penh Riel Kerajaan ( Raja) Kamboja & Prancis Laos Vientiane Kip Republik ( Presiden) Laos Myanmar Naypyidaw Kyat Republik ( Presiden) Myanmar Vietnam Hanoi Đồng Republik ( Presiden) Vietnam Thailand Bangkok Baht Kerajaan ( Raja) Thai Semenanjung Malaya Malaysia Kuala Lumpur Ringgit Kerajaan ( Sultan/ Yang diPertuan Agong) Malaysia, Inggris, Mandarin & Tamil Kepulauan Melayu Indonesia Jakarta Rupiah Republik ( Presiden) Bahasa Indonesia Filipina Manila Peso Republik ( Presiden) Filipino ( Tagalog), Inggris & Spanyol Singapura Singapura Dolar Singapura Republik ( Presiden) Inggris, Mandarin, Melayu & Tamil Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan Dolar Brunei Kerajaan Islam ( Sultan) Melayu & Inggris Timor Leste Dili Dolar Amerika Serikat Republik ( Presiden) Tetun & Portugis Geografi [ sunting - sunting sumber ] Geologi [ sunting - sunting sumber ] Asia Tenggara Asia Tenggara terletak pada pertemuan lempeng-lempeng geologi, dengan aktivitas kegempaan (seismik) dan gunung berapi (vulkanik) yang tinggi.

Sementara ATD relatif stabil, dan merupakan daratan tua, ATM sangatlah dinamis karena di sana bertemu dua lempeng benua besar: lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia[dan inilah yang menciptakan gempa], ditambah dengan lempeng Filipina yang lebih kecil. Tiga pulau besar di Indonesia: Sumatra, Jawa, dan Kalimantan baru terpisah dari benua Asia sekitar 10 ribu tahun yang lalu akibat naiknya muka air laut karena usainya Zaman Es terakhir.

Jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara Papua secara geologi termasuk dalam benua Australia, yang juga terpisah karena peristiwa yang sama. Kedua lempeng besar itu bertemu pada busur cekungan yang memanjang ke selatan dari Teluk Benggala di barat Myanmar, dan Thailand, terus menuju sisi barat Sumatra, lalu membelok ke timur membentuk Palung Jawa yang memanjang di selatan Jawa dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Akibatnya gempa bumi sering terjadi di daerah-daerah sekitarnya, seperti Gempa bumi Samudra Hindia 2004. Desakan lempeng Indo-Australia mengangkat permukaan pulau-pulau yang ada di dekatnya, sehingga terbentuklah deretan gunung berapi aktif. Pulau Jawa adalah pulau dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia. Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

Di sebelah timur Filipina terdapat pula Palung Mindanao, dan Palung Mariana yang merupakan pertemuan antara lempeng Filipina, dan lempeng Pasifik.

Di Filipina juga terdapat aktivitas kegunungapian yang tinggi. Puncak tertinggi yang berada di Gunung Kinabalu (4.101 m; Kalimantan) dan Puncak Jaya di Pulau Papua, Indonesia (5.030 m). Terdapat beberapa klaim, dan perebutan wilayah, dan batas perairan di kawasan ini, yang melibatkan negara-negara di kawasan ini maupun yang melibatkan negara di luar Asia Tenggara (terutama Tiongkok dan Taiwan dalam kasus Kepulauan Spratly).

Geografi [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Geografi Asia Tenggara Geografi Asia Tenggara dapat dikategorikan menjadi dua bagian, daratan, dan kepulauan. Negara-negara yang berada di daratan termasuk Myanmar, Kamboja, Laos, Thailand, Malaysia, dan Vietnam, sedangkan negara-negara yang berada di kepulauan termasuk Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Asia Tenggara secara astronomis terletak pada 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. Asia Tenggara terletak diantara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Samudra Hindia berada di sebelah selatan dan barat. Dan Samudra Pasifik berada di sebelah timur. Seluruh wilayah Asia Tenggara dipengaruhi oleh angin muson yang bertiup dari barat laut dan kembali bertiup dari tenggara. Sehingga dengan angin ini memberi curah musim hujan yang cukup dapat diprediksi. [5] Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Sejarah Asia Tenggara Dengan ditemukannya Homo floresiensis di Pulau Flores pada 2003 menandakan bahwa daerah kepulauan Asia Tenggara ini paling tidak telah ditinggali oleh manusia sejak 18.000 tahun lalu, dengan perkiraan terjauh sampai 94.000 tahun yang lalu.

Sejarah Asia Tenggara sebelum zaman kerajaan tidak diketahui banyak. Beberapa kerajaan berawal di daratannya, yang sekarang Myanmar, Kamboja, dan Vietnam. Kerajaan pertama yang berkembang di kepulauan Asia Tenggara adalah Sriwijaya. Dari sejak abad ke-5 ibu kota Sriwijaya, Palembang, merupakan pelabuhan utama antara India dan Tiongkok. Dan kemudian diikuti oleh Majapahit, Sailendra, dan Mataram.

Pedagang Muslim mulai memasuki daerah ini pada abad ke-12. Pasai merupakan kesultanan pertama. Karena kondisi geografis yang berdekatan dengan India dan Tiongkok, kawasan ini banyak terpengaruh oleh kebudayaan India, dan China. Selat Malaka merupakan jalur perdagangan yang ramai sejak berabad-abad lalu, dan masih bertahan hingga sekarang. Ekonomi [ sunting - sunting sumber ] Kebanyakan ekonomi negara-negara di Asia Tenggara masih digolongkan negara berkembang, hanya Singapura yang digolongkan ke dalam negara maju.

Ekonomi kawasan Asia Tenggara masih banyak tergantung pada hasil alam, dengan pengecualian Singapura. Dengan pembentukan kawasan perdagangan bebas Asia Tenggara oleh negara-negara ASEAN diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan ini.

Demografi [ sunting - sunting sumber ] Penduduk asli Asia Tenggara terdiri dari berbagai macam suku yang jumlahnya sangat banyak. Kamboja Khmer (94%), Tionghoa (4%), Etnis Vietnam (1%), lainnya (kebanyakan suku Cham) (1%) Laos Lao Daratan Rendah (56%), Lao Theung (34%), Lao Soung (10%) Myanmar Burma (68%), Shan (9%), Karen (6%), Rakhine (4%), lainnya (termasuk suku Tionghoa, dan Indo-Arya) (13%) Thailand suku Thai (75%), Tionghoa (14%), suku Melayu (4%), Khmer (3%), lainnya (4%) Vietnam Etnis Vietnam (88%), Tionghoa (4%), Thai (2%), lainnya (6%) Brunei Melayu (69%), Tionghoa (18%), suku pribumi Brunei (6%), lainnya (7%) Filipina Filipino (80%), Tionghoa (10%), Indo-Arya (5%), bangsa Eropa dan Amerika (2%), Arab (1%), lainnya (2%) Indonesia suku Jawa (41,7%), suku Sunda (15,4%), suku Melayu (3,4%), suku Madura (3,3%), suku Batak (3.0%), suku Minangkabau (2,7%), suku Betawi (2,5%), suku Bugis (2,5%), suku Banten (2,1%), suku Banjar (1,7%), suku Bali (1,5%), suku Sasak (1,3%), suku Makassar (1,0%), suku Cirebon (0,9%), suku Tionghoa (0,9%), suku Aceh (0,43%), suku Toraja (0,37%), sisanya ratusan suku kecil dari Rumpun Melanesia dan Melayu-Polinesia.

Malaysia Melayu dan Orang Asli (60%), Tionghoa (30%), Tamil (6,4%), lainnya (2%) Singapura Tionghoa (76%), Melayu (15%), Indo-Arya (7%), lainnya (2%) Timor Leste Austronesia, suku Melayu, suku Portugis Eropa Agama [ sunting - sunting sumber ] Agama yang dianut oleh penduduk Asia Tenggara sangat beragam, dan tersebar di seluruh wilayah. Agama Buddha menjadi mayoritas di Thailand, Myanmar, dan Laos serta Vietnam dan Kamboja. Agama Islam dianut oleh mayoritas penduduk di Indonesia, Malaysia, dan Brunei dengan Indonesia menjadi negara dengan penganut Islam terbanyak di dunia.

Agama Kristen menjadi mayoritas di Filipina dan Timor Leste. Di Singapura, agama dengan pemeluk terbanyak adalah agama yang dianut oleh orang Tionghoa seperti Buddha, Taoisme, dan Konfusianisme. Walaupun begitu, di beberapa daerah, ada kantong-kantong pemeluk agama yang bukan mayoritas seperti Hindu di Bali dan Kristen di NTT, Papua, Sulawesi Utara dan Papua Barat atau Islam di Filipina bagian selatan.

Lingkungan [ sunting - sunting sumber ] Garis khayal Wallace yang memisahkan fauna Australasia dengan Asia Tenggara. Beraneka ragam hewan hidup di Asia Tenggara; di pulau Kalimantan, dapat ditemukan orang utan, Gajah Asia, Badak Sumatra dan Macan Dahan ( Neofelis nebulosa diardi). Binturong dapat ditemukan di pulau Palawan. Kerbau, baik yang dipelihara maupun yang liar, tersebar di sepanjang Asia Tenggara, sedangkan kancil dapat ditemukan di Sumatra, dan Kalimantan.

Kancil sendiri merupakan hewan yang sering muncul dalam cerita-cerita rakyat di Indonesia, dan banyak dikenal anak-anak. Burung-burung yang cantik seperti burung merak dan srigunting ( drongo) hidup di subkawasan Asia ini hingga sejauh sebelah timur Indonesia.

Babirusa (babi dengan empat gading), anoa, dan komodo juga terdapat di Indonesia. Burung Enggang banyak dicari untuk paruhnya, dan diperdagangkan ke Jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara.

Tanduk badak juga turut diperdagangkan. Kepulauan Indonesia dipisahkan Garis Wallace. Garis ini berada di sepanjang sebuah perbatasan lempeng tektonik, dan memisahkan spesies Asia (Barat) dari spesies Australasia (Timur). Pulau-pulau antara Jawa/Kalimantan, dan Papua yang membentuk kawasan campuran di mana kedua spesies ada dinamakan Wallacea. Perairan dangkal di terumbu karang ( coral reef) di Asia Tenggara mempunyai tingkat biodiversitas tertinggi untuk ekosistem laut di dunia, di mana ikan-ikan, dan moluska banyak dijumpai.

Ikan hiu paus ( rhincodon typus) juga hidup di Laut China Selatan. Pepohonan, dan tanaman lainnya di kawasan ini adalah tumbuhan tropis; di beberapa negara di mana terdapat gunung-gunung yang cukup tinggi, tanaman bersuhu menengah dapat ditemukan. Wilayah-wilayah hutan hujan ( rainforest) ini saat ini banyak mengalami penebangan liar, khususnya di Kalimantan.

Meskipun Asia Tenggara kaya akan flora, dan fauna, kawasan ini menghadapi penebangan hutan yang berat, sehingga mengakibatkan hilangnya habitat berbagai spesies terancam seperti orang utan, dan Harimau Sumatra.

Pada saat yang sama, kabut asap juga merupakan peristiwa yang lazim. Kabut asap terburuk yang pernah terjadi berlangsung pada tahun 1998 yang menyebabkan beberapa negara diselimuti kabut yang tebal. Menghadapi masalah ini, beberapa negara di Asia Tenggara menandatangani Persetujuan ASEAN mengenai Pencemaran Kabut Asap Lintas Perbatasan ( ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution) untuk melawan pencemaran yang diakibatkan kabut asap. Rujukan [ sunting - sunting sumber ] • ^ " "World Population prospects – Population Division "".

population.un.org (dalam bahasa Inggris). Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa, Divisi Kependudukan.

2019. Diakses tanggal 9 November 2019. • ^ " "Overall total population" – World Population Prospects: The 2019 Revision" (xslx). population.un.org (Data khusus yang diperoleh melalui situs web) (dalam bahasa Inggris).

Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa, Divisi Kependudukan. 2019. Diakses tanggal 9 November 2019. • ^ a b "World Economic Outlook Database, October 2019". IMF.org. International Monetary Fund. 15 October 2019. Diakses tanggal 3 September 2019.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

• ^ Timor Leste Resmi Ajukan Diri Jadi Anggota ASEAN, detikNews, diakses tanggal 17 Maret 2011. • ^ Kristina.

"Letak Geografis Wilayah Asia Tenggara, Diapit Dua Samudra". detikedu. Diakses tanggal 2021-10-22. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • (Inggris) Entri Southeast Asia Diarsipkan 2005-08-07 di Wayback Machine. di Microsoft® Encarta® Online Encyclopedia 2005, diakses 11 November 2005. Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • ASEAN • Sungai Naf ( Bangladesh, Myanmar) • Tepi Macclesfield ( RRT, RT, Vietnam) • Kepulauan Paracel ( RRT, RT, Vietnam) • Kepulauan Pratas ( RRT, RT) • Sabah ( Malaysia, Filipina) • Beting Scarborough ( Filipina, RRT, RT) • Kepulauan Spratly ( Brunei, Malaysia, Filipina, RRT, RT, Vietnam) Gerakan separatis Afrika Utara ( Maghreb) · Sub-Sahara · Tengah · Selatan · Barat · Timur Oseania Australasia ( Australia) · Melanesia · Mikronesia · Polinesia Amerika Utara ( b.

utara · b. tengah) · Tengah · jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara Karibia) · Selatan ( Kerucut Selatan) · ( Latin · Anglo) Kutub Antarktika · Arktika Asia Timur ( Timur Jauh · Asia-Pasifik) · Tenggara ( Indochina · Kepulauan Melayu) · Selatan · Barat ( Kaukasus Selatan) · ( Timur Dekat · Timur Tengah) · Tengah · Utara ( Siberia) Samudra Antartik · Arktik · Atlantik · Hindia · Pasifik Eropa Barat · Tengah · Timur ( Kaukasus Utara) · Utara ( Skandinavia) · Selatan ( Balkan) Kategori tersembunyi: • CS1 sumber berbahasa Inggris (en) • Wikipedia pages with incorrect protection templates • Templat webarchive tautan wayback • Artikel Wikipedia dengan penanda GND • Artikel Wikipedia dengan penanda VIAF • Artikel Wikipedia dengan penanda NDL • Artikel Wikipedia dengan penanda NKC • Artikel Wikipedia dengan penanda MA • Artikel Wikipedia dengan penanda NARA • Artikel Wikipedia dengan penanda WORLDCATID • Halaman ini terakhir diubah pada 30 April 2022, pukul 15.16.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku.

Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Sumber Daya Alam Kawasan Asia Tenggara (Hutan, Pertanian, Tambang) - Materi SMA Online • Home • Materi SMA • • Materi Kelas 10 • • Biologi • Ekonomi • Geografi • Sejarah • Sosiologi • Materi Kelas 11 • • Antropologi • Biologi • Ekonomi • Geografi • Sejarah • Sosiologi • Materi Kelas 12 • • Antropologi • Biologi • Ekonomi • Geografi • Sejarah • Sosiologi • Penjaskes • Materi SMP • • Materi Kelas 7 • • Materi IPA • Materi IPS • Materi Kelas 8 • • Materi IPA • Materi IPS • Materi Kelas 9 • • Materi IPA • Materi IPS • Daftar Isi Lebih dari 50% kawasan Asia Tenggara ditumbuhi hutan.

Hutan menghasilkan berbagai jenis kayu.

jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara

Hutan di Asia Tenggara terdiri atas beberapa jenis, antara lain hutan hujan tropis (khatulistiwa), hutan monsun tropis, hutan belukar, hutan gunung, hutan pantai, dan hutan rawa.

Sebagian besar jenis hutan yang tumbuh adalah hutan hujan tropis. Tanaman perdagangan yang lain adalah tebu, kelapa, teh, abaka, dan jute. Kawasan Asia Tenggara menghasilkan sekitar 80% gula dunia. Negara Filipina adalah penghasil gula terbesar di Asia Tenggara.

Daerah utama penghasil tebu adalah Dataran Tengah Luzon dan Kepulauan Visayan (Negros, Pane, dan Cebu) di Filipina dan Indonesia (Jawa, Kalimantan, dan Sumatra).

Teh tumbuh subur di dataran tinggi yang berhawa sejuk dan cukup air. Teh banyak dihasilkan di Dataran Tinggi Cameron (Malaysia) dan Priangan (Jawa, Indonesia).

Kelapa tumbuh subur di daerah pantai yang panas dan lembap sepanjang tahun. Filipina adalah penghasil terbesar kelapa di Asia Tenggara. Kelapa banyak dihasilkan dari Kepulauan Visayan (Pulau Samar dan Cebu) di Filipina dan pantai barat Sumatra (Indonesia). Cebu menjadi pusat pengumpulan dan pemrosesan kopra (kelapa jelaskan gambaran umum keadaan hutan di kawasan asia tenggara yang utama.

• Antropologi Kelas 11 [11] • Antropologi Kelas 12 [12] • Biologi Kelas 10 [36] • Biologi Kelas 11 [34] • Biologi Kelas 12 [21] • Ekonomi Kelas 10 [5] • Ekonomi Kelas 11 [15] • Ekonomi Kelas 12 [6] • Geografi Kelas 10 [20] • Geografi Kelas 11 [25] • Geografi Kelas 12 [10] • IPA Kelas 8 [14] • IPA Kelas 9 [3] • IPS Kelas 8 [6] • IPS Kelas 9 [4] • PAI Kelas 10 [4] • Penjaskes Kelas 12 [20] • Sejarah Kelas 10 [29] • Sejarah Kelas 11 [71] • Sejarah Kelas 12 [9] • Sosiologi Kelas 10 [7] • Sosiologi Kelas 11 [14] • Sosiologi Kelas 12 [4] • TIK Kelas 7 [3] Materi SMA Online adalah sebuah blog pendidikan yang berisikan kumpulan materi-materi pelajaran yang dikhususkan untuk pelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA).

Walaupun ada materi Pelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) hal ini dimaksudkan untuk menunjang materi pelajaran yang ada, sehingga siswa tidak terlalu sulit untuk mencari bahan pelajaran yang diinginkan.

gambaran hutan di asia tenggara secara umum adalah Lebih dari 50% kawasan Asia Tenggara ditumbuhi hutan.

Hutan menghasilkan berbagai jenis kayu. Hutan di Asia Tenggara terdiri atas beberapa jenis, antara lain hutan hujan tropis (khatulistiwa), hutan monsun tropis, hutan belukar, hutan gunung, hutan pantai, dan hutan rawa. Sebagian besar jenis hutan yang tumbuh adalah hutan hujan tropis.

1. menurut john luwis gillin dan john philip gillin pengertian perubahan sosial menurut john luwis gillin dan john philip gillin adalah perubahan yang … terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.apa kelebihan dan kelemaan dari setiap pakar

PROFIL NEGARA VIETNAM




2022 www.videocon.com