Obat sakit perut mules dan mencret

obat sakit perut mules dan mencret

Obat mulas kerap digunakan untuk mengatasi rasa tidak nyaman di perut, seperti melilit atau sakit perut. Namun, obat mulas tidak boleh digunakan sembarangan. Agar efektif, pilihan obat mulas harus disesuaikan dengan penyebab munculnya keluhan tersebut. Umumnya, mulas bisa hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, pada beberapa kasus, rasa tidak nyaman di perut ini bisa bertahan lama dan menyebabkan penderitanya sulit melakukan aktivitas.

Beragam Obat Mulas Sesuai Penyebabnya Dalam menangani mulas, Anda perlu mengetahui dulu penyebabnya dan tidak boleh sembarangan menggunakan obat. Obat mulas yang digunakan harus sesuai dengan penyebab rasa mulas yang Anda rasakan. Berikut ini adalah jenis-jenis obat mulas yang dapat digunakan untuk mengatasi beragam kondisi penyebab rasa mulas: 1. Obat mulas akibat sembelit Sembelit atau konstipasi merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada siapa saja.

Orang yang sedang mengalami sembelit akan merasakan sensasi tidak nyaman di perutnya, seperti mulas, sakit perut, dan rasa begah atau penuh di perut. Munculnya kondisi ini dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu kurangnya asupan serat dan kurangnya asupan cairan. Untuk mengatasi perut mulas yang disebabkan oleh sembelit, Anda dapat mengonsumsi obat pencahar, seperti bisacodyl. Obat ini bekerja dengan cara merangsang pergerakan usus untuk memperlancar buang air besar (BAB).

2. Obat mulas akibat diare Sensasi tidak nyaman di perut bisa juga disebabkan oleh diare. Biasanya, orang yang mengalami diare akan merasakan mulas yang disertai keinginan BAB. Selain itu, feses yang dikeluarkan pun cenderung lembek, bahkan encer. Agar kondisi ini cepat membaik, Anda bisa mengonsumsi obat diare, seperti loperamide dan bismuth subsaliclayte.

Loperamide berguna untuk memperlambat gerakan usus dan membuat feses menjadi lebih padat. Sementara bismuth subsalicalayte berguna untuk menyeimbangkan cairan di usus serta memperlambat pertumbuhan bakteri.

3. Obat mulas akibat haid Pada wanita, sensasi tidak nyaman di perut dapat dirasakan saat haid atau menstruasi. Keluhan ini muncul akibat tubuh menghasilkan lebih banyak hormon prostaglandin untuk merangsang kontraksi otot rahim. Apabila nyeri haid muncul, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, obat sakit perut mules dan mencret paracematol.

obat sakit perut mules dan mencret

Anda juga bisa mengonsumsi ibuprofen atau aspirin, namun harus sesuai dengan anjuran dokter. 4.

obat sakit perut mules dan mencret

Obat mulas akibat asam lambung Naiknya asam lambung juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, seperti mulas, perut kembung, melilit, dan sering bersendawa. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi beberapa obat yang dijual bebas, seperti antasida, obat golongan antagonis H2, dan obat golongan penghambat pompa proton ( proton pump inhibitor/PPI). Memanfaatkan Obat Mulas Alami Selain obat-obatan medis, ada juga beberapa jenis bahan alami yang dipercaya mampu mengatasi mulas.

Bahan-bahan alami tersebut meliputi: Jahe Jahe dipercaya mampu mengurangi rasa tidak nyaman dan nyeri di daerah perut. Meski demikian, efektivitas jahe dalam mengurangi rasa mulas masih perlu diteliti lebih lanjut.

Daun mint Daun mint juga dianggap mampu mengurangi mulas. Ini karena kandungan mentol dalam daun mint bersifat analgesik, sehingga dapat mengurangi mulas dan nyeri di perut. Cuka sari apel Bahan alami lain yang juga dipercaya mampu mengurangi mulas adalah cuka sari apel. Selain itu, cuka sari apel juga baik untuk pencernaan karena dapat menghambat pemecahan zat pati, sehingga zat ini dapat lolos ke usus untuk menjadi makanan bagi bakteri baik yang hidup di situ.

Beberapa jenis obat mulas di atas dapat Anda gunakan sesuai penyebab keluhan rasa mulas yang Anda alami. Namun, segera periksakan ke dokter jika sakit perut berlangsung selama berhari-hari atau jika disertai dengan mual, demam, nyeri saat buang obat sakit perut mules dan mencret kecil, sulit bernapas, dan adanya darah pada tinja atau urine.

Buka Tutup • Sakit perut melilit atau kolik abdomen menimbulkan nyeri spasmodik parah pada perut yang disebabkan oleh distensi (ketegangan), obstruksi (penyumbatan), atau peradangan; • Langkah-langkah mengobati sakit perut melilit adalah: Perhatikan penyebabnya, kompres air hangat, mengonsumsi obat pereda nyeri, obat pencahar, tetap bergerak, dan atur pola makan; • Pada orang dewasa, sakit perut melilit dapat muncul secara tiba-tiba atau berkembang secara bertahap dan menjadi kronis.

Oleh karena itu, periksakan diri terlebih dahulu ke dokter dan konsumsi obat untuk meredakan rasa sakitnya; • Sakit perut melilit atau kram perut pada wanita hamil bisa saja menandakan kondisi yang lebih serius sehingga harus segera diperiksakan ke dokter.

Batu empedu atau batu ginjal juga dapat menjadi penyebab nyeri perut melilit pada orang dewasa; • Klik untuk membeli obat anti-nyeri serta obat lambung dan saluran pencernaan lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD; • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Kolik abdomen adalah istilah medis untuk sensasi melilit atau nyeri spasmodik parah pada perut yang disebabkan oleh distensi (ketegangan), obstruksi (penyumbatan), atau peradangan. Pada orang dewasa, rasa sakit spasmodik dapat muncul secara tiba-tiba atau berkembang secara bertahap dan menjadi kronis.

Sakit perut melilit pada orang dewasa memiliki banyak kemungkinan penyebab, beberapa di antaranya berpotensi serius. Gunakan obat sakit perut melilit tanpa resep dokter jika rasa sakit tidak begitu serius. Pada kasus yang lebih serius, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Kram Perut: Penyebab, Bahaya, dan Pengobatannya Langkah-langkah mengobati sakit perut melilit 1. Tentukan apakah ada tanda bahaya Ketika sakit perut melilit terjadi, coba periksa apakah ada atau tidak adanya perdarahan dari rektum (anus) dan jalan lahir (pada wanita). Selain itu, jangan lupa untuk mengukur suhu obat sakit perut mules dan mencret Anda dengan menggunakan termometer. Perdarahan dan demam merupakan tanda-tanda yang menunjukkan masalah serius, seperti keguguran, kehamilan ektopik, penyumbatan usus, atau infeksi.

Jika mengalami kondisi demikian, segera berkonsultasi dengan dokter. 2. Kompres hangat Rasa sakit melilit pada perut bisa terjadi akibat ketegangan otot-otot dinding perut ataupun organ dalam. Maka dari itu, istirahatlah sejenak dalam posisi berbaring sambil mengompres bagian perut yang sakit dengan bantal pemanas atau botol yang berisi air hangat. Lakukan kompres hangat selama 15-20 menit. Tindakan ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah dan merelaksasi otot-otot yang tegang.

3.

obat sakit perut mules dan mencret

Minum obat pereda nyeri Obat-obatan umum yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri seperti ibuprofen atau naproxen bisa digunakan sebagai obat sakit perut melilit pada kasus yang ringan. Obat ini dapat meringankan gejala obat sakit perut mules dan mencret peradangan jika kolik disebabkan oleh gastroenteritis (diare), kolitis ulserativa, atau penyakit Crohn ( radang usus). The University of Maryland Medical Center memperingatkan bahwa ibuprofen dan penghilang rasa sakit lainnya harus digunakan secara hati-hati, terutama untuk mengobati sakit perut melilit yang tidak dikatehui penyebabnya.

4. Minum obat sakit perut melilit yang ampuh Jika sakit perut melilit terasa tidak tertahankan, biasanya penderita sampai tidak bisa jalan atau hanya berbaring dengan menekuk tubuh menujukkan bagian yang sakit.

Hal ini biasa kita sebut sebagai kolik abdomen. Sebagai pertolongan awal, gunakan obat antispasmodik yang obat sakit perut mules dan mencret ekstrak belladona dan papaverin. Contoh obatnya adalah spasminal dan spasmal.

Obat-obat sakit perut melilit tersebut berfungsi merelaksasikan otot polos pada organ-organ dalam. Namun, penggunaannya harus memperhatikan risiko efek samping dan sesuai petunjuk dokter. 5. Minum obat pencahar Konsumsi obat pencahar ketika mengalami sakit perut yang ringan dan tidak buang air besar dalam beberapa hari.

Bisa jadi, sakit perut Anda disebabkan oleh konstipasi akibat feses yang mengeras dan susah untuk dikeluarkan. Di samping itu, konsumsilah makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Jangan lupa untuk minum cairan tambahan karena sangat berguna untuk mencegah serta mengatasi sembelit dan sakit perut melilit. 6. Bergerak ringan Jika rasa sakit tidak begitu hebat dan dapat ditahan, pergilah untuk berjalan-jalan ringan untuk melancarkan jalannya pencernaan. Jika tidak memungkinkan berjalan, Anda bisa menggantinya dengan mandi hangat.

Dalam beberapa kasus, langkah ini untuk sementara dapat meringankan rasa sakit pada perut melilit, terutama jika disebabkan oleh timbunan gas dalam usus. 7. Atur pola makan Hindari makan dalam porsi besar sekaligus. Selain itu, akan lebih baik bagi Anda untuk tidak mengonsumsi kafein, alkohol, gandum, susu, cokelat, makanan pedas, dan makanan yang terasa asam.

Makanan-makanan itu dapat memicu sakit perut melilit, terutama jika Anda mengidap maag, sindrom iritasi usus, dan intoleransi laktosa. Baca juga: Mengatasi Kolik Abdomen (Kram Perut) yang Menyakitkan Perhatikan kondisi berikut • Sakit perut melilit atau kram parah pada wanita hamil bukan kondisi yang normal.

Jika terjadi, segera hubungi dokter; • Batu empedu atau batu ginjal sering menyebabkan nyeri perut melilit pada orang dewasa. Jika Anda mengalami sakit perut melilit disertai dengan rasa sakit yang menjalar sampai ke punggung atau ke pinggang dan terasa lebih mendesak ketika menarik napas, segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Biagioli, Elena & Tarasco, Valentina & Lingua, Carla & Moja, Lorenzo & Savino, Francesco.

(2016). Pain-relieving agents for infantile colic. The Cochrane database of systematic reviews. 9. CD009999. 10.1002/14651858.CD009999.pub2. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/308173391_Pain-relieving_agents_for_infantile_colic) Curtis, Laila & Burford, John & England, G.

& Freeman, Sarah. (2019). Risk factors for acute abdominal pain (colic) in the adult horse: A scoping review of risk factors, and a systematic review of the effect of management-related changes. PLOS ONE. 14. e0219307. 10.1371/journal.pone.0219307. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/334410672_Risk_factors_for_acute_abdominal_pain_colic_in_the_adult_horse_A_scoping_review_of_risk_factors_and_a_systematic_review_of_the_effect_of_management-related_changes) Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini.

obat sakit perut mules dan mencret

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app
Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya.

Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak. Annisa merupakan seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Selain bekerja sebagai dokter di RSUD Pondok Gede Bekasi, Dokter Annisa juga menangani pasien di salah satu klinik di Jakarta.

Wanita yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan di bidangnya ini juga sering melakukan edukasi obat sakit perut mules dan mencret kesehatan lewat media sosialnya.

Antasida adalah obat yang berperan untuk menetralkan asam di lambung. Dari asal katanya sendiri, antasida terdiri dari kata anti (lawan) dan acid (asam).

Bisa diartikan bahwa antasida adalah jenis obat yang bersifat berlawanan dengan asam, yakni basa. Obat ini umumnya mengandung kalsium karbonat, magnesium karbonat, aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan lainnya. Asam lambung sendiri berfungsi membantu proses percernaan protein oleh enzim agar bisa diserap oleh tubuh. Namun, ketika produksinya berlebihan, asam lambung bisa mengakibatkan perih di lambung dan terasa seperti terbakar.

Oleh karena itu, obat antasida yang bersifat basa bertugas untuk menetralkan kondisi di saluran pencernaan. Obat jenis ini biasanya dikonsumsi secara oral dan boleh dikunyah. Pengobatan dispepsia atau nyeri lambung umumnya dilakukan dengan sejumlah obat yang bekerja simtomatis. Hal ini dimaksudkan untuk meringankan gejala sakit perut dengan menurunkan keasaman isi lambung.

Contoh obat-obat ini adalah antasida, H2 blockers, penghambat pompa proton, dan antikolinergik. Antasida sendiri adalah obat yang dapat menetralkan asam lambung sehingga berguna untuk menghilangkan nyeri tukak lambung yang ringan. Salah satu obat untuk mengatasi naiknya asam lambung adalah jenis antagonis reseptor H2 ( H2 receptor blocker) yang mengandung famotidine dalam jumlah tinggi. Bahan ini dapat membantu mengurangi asam lambung dan efektif mengatasi rasa nyeri akibat asam lambung berlebih.

Oleh obat sakit perut mules dan mencret itu, obat ini sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami nyeri lambung. Reseptor histamine-2 pada dinding sel mukosa lambung cenderung akan meningkatkan sekresi asam lambung ketika mendapat stimulasi. Antagonis reseptor H2 dapat memblokir stimulasi tersebut dan menekan gejala naiknya sekresi asam lambung.

obat sakit perut mules dan mencret

Jadi, untuk Anda yang mengalami gejala asam lambung naik, seperti heartburn, pilihlah obat jenis ini. Hilangnya selera makan bisa dipicu oleh masalah hidup atau stres yang berkepanjangan. Karena selera makan menurun, penderita bisa menjadi lemas atau badannya mungkin mengurus. Untuk mengatasi masalah hilangnya nafsu makan, cobalah obat tradisional, misalnya obat Cina atau kampo Jepang yang ringan di lambung. Obat jenis ini disebut-sebut efektif dalam meningkatkan aliran darah di lambung dan dapat memperbaiki fungsi pencernaan.

Selain ringan di perut, obat dengan bahan-bahan tradisional juga bisa membantu meningkatkan kesehatan perut tanpa membebaninya.

Obat semacam ini merupakan pilihan paling tepat untuk mengatasi masalah turunnya nafsu makan. Namun, kondisinya bisa berbeda jika Anda kehilangan nafsu makan karena penyakit. Hilangnya selera makan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyakit, efek samping obat, atau faktor psikologis. Untuk meningkatkan selera makan, Anda dapat mengonsumsi vitamin-vitamin ataupun beberapa obat herbal. Carilah obat-obatan herbal yang mengandung kunyit ( curcuma longa), temulawak ( curcuma zanthorrhiza), dan sambiloto.

Sistem pencernaan berfungsi untuk memecah makanan yang Anda konsumsi menjadi nutrisi yang baik untuk tubuh. Jika sistem ini terganggu, nutrisi dalam tubuh juga akan terganggu. Obat jenis digestiva bekerja dengan membantu fungsi sistem pencernaan seraya menyehatkannya. Oleh karena itu, sebagian besar obat tipe ini biasanya mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan.

Dengan begitu, nutrisi makanan bisa diserap oleh tubuh dengan lebih baik. Obat tipe digestiva direkomendasikan bagi Anda yang mengalami penurunan fungsi sekresi asam lambung. Hal ini bisa obat sakit perut mules dan mencret faktor usia atau kebiasaan makan yang kurang baik. Jadi, pilihlah obat tipe ini saat mengalami gangguan pencernaan agar Anda bisa kembali makan dengan nikmat. Obat jenis digestiva adalah obat yang mengandung enzim-enzim pencernaan, seperti pancreatin, lactase, dan amilase.

Obat-obat ini mampu membantu proses pencernaan lambung, terutama pada keadaan defisiensi zat. Jenis obat-obatan digestiva ini dapat mengurangi gejala-gejala tidak nyaman. Obat ini bisa membantu Anda yang mengalami rasa kembung, banyak buang angin, dispepsia, ataupun rasa penuh di perut. Diare bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya salah makan, stres, alergi, atau udara dingin. Namun, ada juga diare akut yang disebabkan oleh virus dan bakteri jahat.

Untuk mengatasi diare yang tidak terlalu parah, obat generik sudah dapat mengatasinya. Sementara itu, untuk diare yang disebabkan oleh bakteri atau virus, sebaiknya Anda menggunakan obat khusus antidiare. Diare akut biasanya ditandai dengan buang air besar dalam frekuensi yang tidak wajar, feses bercampur darah, hingga disertai demam. Jika Anda sudah mengonsumsi obat antidiare, tetapi gejalanya tidak juga sembuh, kami sarankan untuk konsultasi ke dokter.

Pengobatan diare umumnya terdiri atas rehidrasi sebagai prioritas utama pengobatan. Selain itu, diare juga bisa diatasi dengan memberikan terapi simtomatik dan terapi definitif. Pemberian antibiotik dapat obat sakit perut mules dan mencret pada pasien dengan gejala atau tanda diare dengan infeksi. Infeksi ini bisa dideteksi apabila timbul gejala, seperti demam, feses berdarah, feses berlendir, dan jika ditemukannya bakteri pada feses. Untuk mengatasi gastritis yang diakibatkan stres, Anda dapat mencoba obat herbal, misalnya yang menggunakan resep traditional Chinese medicine (TCM).

Obat herbal semacam ini mengandung berbagai bahan aktif yang sudah terkenal khasiatnya. Obat jenis ini khususnya bermanfaat untuk menstabilkan pikiran, meredakan rasa cemas, dan mengurangi sakit perut. Di sisi lain, obat ini juga bisa mengatasi masalah perut akibat makan atau minum yang berlebihan. Beberapa gejala nyeri perut memang berkaitan dengan stres atau depresi. Pengobatan dini pertama yang diberikan untuk meringankan gejala nyeri bertujuan untuk menekan asam lambung.

Hal ini bisa dilakukan dengan pemberian obat berjenis H2 blocker dan PPI. Selain itu, Anda juga disarankan menghindari faktor pemicunya seperti mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Mulailah dengan mengatur pola makan dengan porsi lebih sedikit dan hindarilah makanan pemicu.

Anda tidak pernah tahu kapan akan mengalami sakit perut. Oleh karena itu, sebaiknya selalu bawa obat sakit perut jenis kunyah yang bisa diminum tanpa air saat Anda bepergian.

Tidak seperti obat perut biasa, obat ini bisa diminum di mana saja. Cukup dimasukkan ke dalam mulut seperti saat makan permen atau mengonsumsi troche. Pada keadaan terdesak, Anda dapat mengonsumsi obat yang bisa diminum tanpa air seperti antasida.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa langsung mengunyahnya. Penggunaan obat kunyah ditujukan untuk meningkatkan serta mempercepat kerja obat dalam menurunkan asam lambung. Obat-obat seperti ini sebaiknya digunakan pada saat perut kosong. Jika Anda ingin menstok obat sakit perut, sebisa mungkin pilihlah obat yang bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Beberapa obat sakit perut dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia tiga tahun ke atas sehingga seluruh keluarga bisa mengonsumsinya. Hal ini akan menjadi pilihan yang baik bagi Anda dan anak Anda.

Memilih obat sakit perut yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga tentunya sangat baik. Namun, jika Anda ingin kotak obat lebih rapi sekaligus menghemat biaya obat, ada baiknya memilih produk yang bisa dikonsumsi anak-anak. Perhatikanlah keterangan batas usia minimum yang boleh mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan yang disertakan pada kemasan.

Ketika anak ataupun Anda sendiri mengalami nyeri perut ringan tanpa diiringi gejala lain, minumlah obat sesuai gejala dan usia. Jangan lupa untuk memperhatikan anjuran dosis yang tertulis. Namun, apabila nyeri perut tidak menghilang dalam waktu 24 jam, segera periksakan diri ke dokter. Anda juga harus segera ke dokter apabila mengalami gejala seperti muntah-muntah berlebih ataupun demam tinggi.

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat sakit perut yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.

Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa. Untuk Anda yang menderita atau mulai merasakan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD), jangan anggap remeh! Penyakit asam lambung bisa berbahaya jika tidak diatasi dengan baik.

Jadi, sebaiknya sediakan obat yang satu ini. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan mendapatkan resepnya. Obat ini mengandung famotidine yang terkenal sebagai obat H2 blocker receptor mujarab. Famotidine bekerja dengan mengurangi asam lambung sehingga tidak menyebabkan heartburn, reflux, atau kembung. Karena obat ini termasuk golongan obat keras, Anda perlu berhati-hati dan jangan lupa baca efek sampingnya, ya!

Isi Boks isi 5 strip x 6 tablet Bentuk Tablet Kandungan Famotidine Jenis Antagonis reseptor H2 Target usia Dewasa Kegunaan Mengobati GERD, ulkus duodenum (luka pada saluran pencernaan), nyeri di bagian atas perut, sindrom Zollinger-Ellison Bagi Anda yang tidak bisa minum obat tablet, tetapi sering mengalami perut kembung atau sendawa berlebihan, cobalah produk ini. Magalat mengandung dua bahan aktif, yakni magaldrat dan simetichone yang mampu mengurangi gas berlebih di saluran cerna serta menetralkan asam lambung.

Bebas kembung dan sendawa, aktivitas jadi lancar jaya! Isi Botol isi 100 ml Bentuk Sirup Kandungan Magaldrate anhydrous dan simethicone Jenis Antasida Target usia Anak-anak usia 6 tahun ke atas dan dewasa Kegunaan Mengatasi kembung, perut bergas, dan asam lambung Setelah mengalami dehidrasi akibat diare, badan Anda juga akan lebih segar berkat kandungan Menthae herba di dalamnya.

Selain itu, produk ini juga efektif mengatasi gangguan obat sakit perut mules dan mencret lainnya, seperti kembung atau mual. Isi 12 saset x @2 g Bentuk Bubuk Kandungan Viticis cannabifolia, Menthae herba, Coptidis rhizoma, Elsholtziae herba Jenis Obat tradisional Cina Target usia Anak-anak dan dewasa Kegunaan Mengatasi diare, kembung, mual Gejala seperti nafsu makan menurun, perut kembung, dan susah buang air besar dapat memengaruhi metabolisme Anda.

Hal ini bisa menyebabkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi tidak terserap dengan baik. Untuk mengatasi gejala masalah pencernaan tersebut, kami merekomendasikan Vitazym dari Kalbe ini.

Produk ini mengandung enzim dan vitamin yang bekerja sama memperbaiki metabolisme dan saluran pencernaan. Enzim amilase, protease, dan lipase di dalamnya membantu pemecahan karbohidrat, protein, dan lipid dari makanan. Sementara vitamin B kompleks baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

obat sakit perut mules dan mencret

Hasilnya, pencernaan Anda kembali sehat! Isi Boks isi 10 strip x @10 tablet Bentuk Tablet Kandungan Amilase, protease, lipase, asam desoksikolat, dimetilpolisiloksan, vitamin B kompleks Jenis Digestiva Target usia Anak-anak dan orang dewasa Kegunaan Meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki kondisi lingkungan saluran pencernaan Po Chai Pills sudah sangat terkenal di daratan Cina sejak ratusan tahun lalu.

Ramuan herbal ini berbentuk pil-pil kecil dalam satu botol untuk dosis sekali minum. Produk ini bisa Anda gunakan saat melakukan perjalanan jarak jauh agar tidak mabuk di jalan. Selain mengatasi mabuk perjalanan, obat ini juga ampuh untuk mengatasi diare dan meredakan asam lambung. Isi 10 botol kecil x @1,89 g Bentuk Pil kecil Kandungan Poria, Cortex magnoliae offticinalis, Radix puerariae lobatae, Herba methae, Rhizoma atractylodis, dll Jenis Obat tradisional Cina Target usia Anak-anak dan dewasa Kegunaan Meredakan mulas, diare, mual, keracunan makanan, dan demam Produk ini mengandung kaolin dan pektin yang mujarab untuk membantu Anda mengatasi diare.

Kedua bahan ini memiliki fungsi untuk memadatkan feses, menyerap racun, dan membasmi bakteri jahat di saluran pencernaan. Karena berbentuk sirup, produk ini memberikan reaksi lebih cepat. Selain itu, ia juga bisa menjadi solusi jika anak-anak Anda yang berusia tiga tahun ke atas mengalami diare.

Isi Botol isi 60 ml Bentuk Sirup Kandungan Kaolin, pektin Jenis Antidiare Target usia Anak-anak usia 3 tahun ke atas dan dewasa Kegunaan Mengatasi diare Obat tradisional Cina yang berasal dari Thailand ini dikenal juga dengan nama Ya-Hom powder.

Obat ini memiliki manfaat mengobati berbagai jenis penyakit ringan, mulai dari masuk angin, diare, hingga keracunan makanan.

Hebatnya lagi, obat ini tidak memiliki efek samping karena murni berbahan herbal. Produk ini cocok untuk persediaan obat keluarga Anda!

Isi 12 saset x @25 gr Bentuk Bubuk Kandungan Agastache herba, Lysimachia herba, citrus peel, cinnamon bark, Chinese mint (Mentha arvensis), Sichuan lovage rhizome, licorice root, Clove flower, Aquillaria agallocha, Angelica anomalla rhizome dan menthol. Jenis Obat tradisional Cina Target usia Anak-anak dan dewasa Kegunaan Mengatasi mual, diare, muntah, keracunan makanan, flu Obat obat sakit perut mules dan mencret cita rasa mint ini memiliki kandungan yang efektif untuk membantu menurunkan asam lambung dengan cepat.

Anda juga bisa mengonsumsinya dengan mudah, cukup dikunyah dan tidak membutuhkan air. Sangat praktis, bukan? Untuk Anda yang punya riwayat sakit mag, Mylanta Tablet ini wajib untuk dibawa ke mana-mana. Isi Strip isi 10 tablet Bentuk Tablet Kandungan Aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon Jenis Antasida Target usia Anak-anak 6 tahun ke atas dan dewasa Obat sakit perut mules dan mencret Meredakan gejala mag Kembung bisa datang mendadak dan sangat mengganggu kenyamanan Anda saat beraktivitas.

Untuk meredakannya, Promag Herbal Gazero berbentuk saset ini bisa menjadi pilihan yang baik. Gazero mengandung delapan bahan herbal yang berkhasiat, seperti jahe merah, peppermint, madu, dan royal jelly. Meminumnya langsung atau mencampurnya dengan air hangat membuat kembung reda dan perut terasa hangat! Isi 6 saset x @10 ml Bentuk Cair Kandungan Jahe merah, adas, kunyit, akar manis, peppermint, nanas, madu, dan royal jelly Jenis Obat herbal Target usia Anak-anak dan dewasa Kegunaan Meredakan kembung, mual, begah, dan menjaga asam lambung Polysilane menjadi salah satu primadona di kalangan obat mag.

Selain karena enak diminum, efeknya juga ampuh dan cukup cepat dirasakan. Produk ini hadir dengan tiga zat aktif, yakni dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida. Ketiganya bekerja sama untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi gas di saluran pencernaan. Bagi Anda yang merasakan kembung, nyeri di ulu hati, dan sendawa berlebihan, segeralah minum Polysilane cair ini. Isi Botol isi 100 ml Bentuk Cair Kandungan Dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida Jenis Antasida Target usia Anak-anak di atas 6 tahun dan dewasa Kegunaan Meredakan gejala mag SANBE Nama produk Polysilane Suspensi Promag Herbal Gazero Mylanta Puyer Cap Lima Pagoda Guanistrep Po Chai Pills Vitazym Tay Pin San Magalat Famocid Keunggulan Mengandung trio zat aktif yang ampuh meredakan gejala maag Kembung reda, perut pun jadi hangat!

Segar di mulut, segar juga di lambung Mengatasi berbagai jenis penyakit tanpa efek samping Basmi racun dan bakteri jahat di saluran pencernaan Kecil pilnya, besar khasiatnya!

Kombinasi enzim dan vitamin untuk metabolisme yang lebih baik Stop diare dan nyeri perut dengan bahan alami Gas berlebih di lambung teratasi, aktivitas jadi lebih lancar Atasi masalah lambung kronis dengan ahlinya! Harga mulai dari Rp 39.700,00 Rp 14.000,00 Rp 8.500,00 Rp 23.300,00 Rp 5.800,00 Rp 62.500,00 Rp 16.500,00 Rp 40.500,00 Rp 37.000,00 Rp 28.500,00 Isi Botol isi 100 ml 6 saset x @10 ml Strip isi 10 tablet 12 saset x @25 gr Botol isi 60 ml 10 botol kecil x @1,89 g Boks isi 10 strip x @10 tablet 12 saset x @2 g Botol isi 100 ml Boks isi 5 strip x 6 tablet Bentuk Cair Cair Tablet Bubuk Sirup Pil kecil Tablet Bubuk Sirup Tablet Kandungan Dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida Jahe merah, adas, kunyit, akar manis, peppermint, nanas, madu, dan royal jelly Aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon Agastache herba, Lysimachia herba, citrus peel, cinnamon bark, Chinese mint (Mentha arvensis), Sichuan lovage rhizome, licorice root, Clove flower, Aquillaria agallocha, Angelica anomalla rhizome dan menthol.

Kaolin, pektin Poria, Cortex magnoliae offticinalis, Radix puerariae lobatae, Herba methae, Rhizoma atractylodis, dll Amilase, protease, lipase, asam desoksikolat, dimetilpolisiloksan, vitamin B kompleks Viticis cannabifolia, Menthae herba, Coptidis rhizoma, Elsholtziae herba Magaldrate anhydrous dan simethicone Famotidine Jenis Antasida Obat herbal Antasida Obat tradisional Cina Antidiare Obat tradisional Cina Digestiva Obat tradisional Cina Antasida Antagonis reseptor H2 Target usia Anak-anak di atas 6 tahun dan dewasa Anak-anak dan dewasa Anak-anak 6 tahun ke atas dan dewasa Anak-anak dan dewasa Anak-anak usia 3 tahun ke atas dan dewasa Anak-anak dan dewasa Anak-anak dan orang dewasa Anak-anak dan dewasa Anak-anak usia 6 tahun ke atas dan dewasa Dewasa Kegunaan Meredakan gejala mag Meredakan kembung, mual, begah, dan menjaga asam lambung Meredakan gejala mag Mengatasi mual, diare, muntah, keracunan makanan, flu Mengatasi diare Meredakan mulas, diare, mual, keracunan makanan, dan demam Meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki kondisi lingkungan saluran pencernaan Mengatasi diare, kembung, mual Mengatasi kembung, perut bergas, dan asam lambung Mengobati GERD, ulkus duodenum (luka pada saluran pencernaan), nyeri di bagian atas perut, sindrom Zollinger-Ellison Tautan produk • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada obat sakit perut mules dan mencret Lihat di Bukalapak • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Shopee • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Lazada • Lihat di Bukalapak • Lihat di Blibli • Susu dan produk olahannya karena tinggi kandungan lemak yang sulit dicerna sehingga justru menyebabkan gangguan pencernaan.

Bagi sebagian orang dengan intoleransi laktosa, minum susu justru obat sakit perut mules dan mencret perut jadi sakit. • Soda atau minuman berkarbonasi karena dapat menyebabkan penumpukan gas di perut sehingga perut terasa tidak nyaman. • Kacang-kacangan karena mengandung serat yang tinggi sehingga justru bisa menghasilkan produksi gas berlebih.

• Makanan pedas karena bisa memicu iritasi usus, kemudian muncul diare, mual, dan muntah. • Buah-buahan citrus karena bisa menyebabkan peningkatan produksi asam dalam lambung sehingga perut akan terasa nyeri. • Pepaya. Buah ini memiliki enzim papain yang kuat. Enzim ini bekerja memecah protein pada makanan supaya mudah dicerna. Jadi, mengonsumsi pepaya bisa mengatasi sembelit dan kembung.

• Pisang. Buah ini terasa lembut dicerna oleh lambung sehingga aman untuk perut. Selain itu, pisang juga bisa menggantikan produksi kalium dan elektrolit yang hilang setelah diare atau muntah. • Makanan dengan probiotik. Makanan ini bisa menyeimbangkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan.

• Jahe. Sifatnya yang anti-inflamasi dapat meredakan sakit perut, radang usus, dan rasa mual. Susu memang mengandung gizi yang lengkap, tetapi minum susu saat sakit perut justru membuat perut makin sakit.

Pasalnya, susu mengandung gula atau laktosa yang sulit dicerna oleh usus. Alih-alih perut menjadi tenang, Anda justru bisa diare. Selain itu, kandungan lemak dalam susu juga justru memicu kenaikan asam lambung sehingga perut terasa nyeri. Jenis susu yang relatif aman dikonsumsi saat sakit perut adalah susu rendah lemak dan susu skim. Susu nabati, seperti susu almon dan susu kedelai juga bisa dijadikan pilihan.

Selain masalah perut yang sudah kami bahas di artikel ini, ada juga beberapa artikel yang membahasnya secara lebih khusus. Anda bisa mendapat rekomendasi produk yang lebih spesifik sesuai gelaja yang Anda alami, seperti obat untuk sembelit dan diare.

obat sakit perut mules dan mencret

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca artikelnya di sini. Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman.

obat sakit perut mules dan mencret

Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Namun, tentu tak sembarang lotion calamine bisa digunakan, ya. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Delapan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak! Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka.

Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan.

Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca! Ketika musim kemarau tiba, tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu sehingga menyebabkan mata gatal dan berair.

Pada saat seperti ini, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Namun, karena penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya, dan memberikan rekomendasi produknya.

Ada obat tetes mata yang bagus, seperti dari merk Visine, Insto, Rohto, dan lainnya. Simak pembahasannya berikut ini! Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih.

Karena itu, kami akan menjelaskan obat sakit perut mules dan mencret memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.

Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, Killbac, dan lainnya.

Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran.

obat sakit perut mules dan mencret

Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu.

Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. Obat Sakit Perut Alami – Berbagai Obat yang Digunakan untuk Mengobati Sakit Perut, Ada banyak penyebab sakit perut. Asam lambung, konstipasi, kontraksi otot perut, atau bisul dapat menyebabkan sakit perut.

Tergantung pada penyebab sakit perut, dokter akan merekomendasikan perawatan yang tepat. Obat Sakit Perut Alami Obat sakit perut mules di apotik alami untuk dewasa mencret melilit anak buah untuk obat sakit perut Obat yang digunakan untuk mulas dan asam lambung refluks (GERD) Untuk mengobati refluks asam, Anda dapat menggunakan obat untuk mengurangi atau menetralisir asam lambung, obat untuk mengurangi nyeri perut, atau untuk memperkuat sfingter esofagus.

Obat untuk mengurangi atau menetralisir asam lambung Obat kembung over-the-counter. Obat-obatan yang mengandung bahan simetri yang dapat membantu mengurangi gas.

Contoh obat yang menghilangkan gas termasuk simetikon (Mylanta® dan Gas-X®). Obat-obatan untuk mengurangi produksi asam. Disebut H-2-reseptor blocker, obat-obatan ini dijual bebas dan termasuk cimetidine (Tagamet HB®), famotidine (Pepcid AC®), nizatidine (Axid AR®) dan ranitidine (Zantac 75®). Versi yang lebih kuat dari obat ini tersedia sebagai resep.

Inhibitor pompa proton mengurangi asam lambung dengan menghentikan produksi asam atau “pompa” asam. Inhibitor pompa proton termasuk lansoprazole (Prevacid®) dan omeprazole (Prilosec®). Obat untuk memperkuat sfingter esofagus Obat Sakit Perut – Agen prokinetik mengurangi nyeri perut yang disebabkan oleh refluks asam dengan membantu sistem pencernaan lebih cepat. Dengan demikian, saat makanan di perut akan berkurang dan mengurangi kemungkinan sakit perut di bagian atas.

Dokter Anda mungkin meresepkan obat metoclopramide (Reglan®), tetapi obat ini tidak berhasil untuk semua orang dan mungkin memiliki efek samping yang signifikan. Obat-obatan digunakan untuk sembelit Anda bisa mendapatkan obat pencahar untuk melunakkan tinja atau membantu dengan memberi kontraksi otot untuk bisa buang air besar. Obat untuk melunakkan kotoran Obat pencahar untuk melunakkan kotoran bekerja dengan menjaga cairan dalam kotoran Anda, membuatnya tidak kering dan mudah untuk keluar.

Obat pencahar yang umum diresepkan termasuk ispaghula, metilselulosa dan sterculia. Saat menggunakan obat pencahar jenis ini, Anda harus minum banyak cairan, dan tidak meminumnya sebelum tidur. Biasanya perlu dua hingga tiga hari sebelum Anda merasakan efek laksatif. Obat Sakit Perut – Jenis pencahar lain untuk melunakkan tinja Anda adalah pencahar osmotik.

Alih-alih menyimpan cairan dalam tinja, obat ini bekerja dengan meningkatkan jumlah cairan di perut Anda. Ini melunakkan tinja dan menstimulasi tubuh Anda obat sakit perut mules dan mencret menghapusnya. Jenis obat ini sering digunakan saat membentuk obat pencahar tidak berfungsi.

Pencahar osmotik umumnya diresepkan termasuk laktulosa dan makrogol. Seperti membentuk obat pencahar, pastikan Anda minum cukup cairan. Biasanya membutuhkan dua hingga tiga hari sebelum Anda merasakan efek pencahar. Obat untuk merangsang buang air besar Obat Sakit Perut – Beberapa orang mungkin mengalami masalah saat mengeluarkan kotoran karena kontraksi otot. Bahkan jika tinja Anda tidak keras, Anda perlu kontraksi dari otot-otot untuk bisa buang air besar.

Jenis pencahar yang merangsang otot-otot yang melapisi saluran pencernaan Anda, membantu membuang produk-produk limbah di sepanjang usus besar ke anus Anda. Obat obat sakit perut mules dan mencret yang paling sering diresepkan adalah senna, bisacodyl dan sodium picosulphate. Obat pencahar ini biasanya hanya digunakan dalam jangka pendek, dan mereka obat sakit perut mules dan mencret bekerja dalam waktu 6 hingga 12 jam.

Obat-obatan digunakan untuk sakit perut yang berhubungan dengan bakteri Mulas, atau sakit maag, sering disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori. Hubungi dokter Anda jika Anda mencurigai infeksi H. pylori. Ini biasanya dilakukan ketika Anda telah mencoba dan gagal pengobatan rumah lainnya. Untuk mengurangi asam di perut Anda, obat berikut dapat membantu: • Antasida: Obat ini bekerja dengan menetralkan asam lambung dan cepat mengurangi rasa sakit. Efek samping bisa termasuk sembelit atau diare, tergantung pada bahan utama dalam obat.

Antasida dapat membantu meredakan gejala, tetapi tidak dapat menyembuhkan maag Anda. • Asam blocker atau Histamin (H-2) blockers: Obat ini mengurangi jumlah asam dengan menghalangi reseptor histamin di perut. Beberapa obat dapat termasuk ranitidine (Zantac ®), famotidine (Pepcid ®), cimetidine (Tagamet ®) dan nizatidine (Axid ®).

• Proton Pump Inhibitor (PPI): Obat ini bekerja dengan menghambat produksi asam dari menghambat pompa protonobat. Obat ini termasuk omeprazole (Prilosec ®), lansoprazole (Prevacid ®), rabeprazole (Aciphex ®), esomeprazole (Nexium ®) dan pantoprazole (Protonix ®). • Obat-obatan yang memperkuat lapisan perut dan usus kecil. Suatu jenis obat yang disebut agen sitoprotektif dapat membantu melindungi perut dan usus kecil. Anda bisa mendapatkan resep obat seperti sukralfat (carafmakan ®) atau bismuth subsalicylate (Pepto-Bismol ®).

Ketika dokter Anda memastikan bahwa ulkus lambung Anda disebabkan oleh infeksi H.pylori, Anda mungkin perlu minum antibiotik selain obat-obatan yang disebutkan di atas.

Durasi pengobatan biasanya berkisar antara 2 minggu hingga 4 minggu. Anda mungkin perlu mengulangi perawatan jika bakteri masih terdeteksi. Anda harus mendiskusikan dengan dokter atau apoteker Anda bagaimana menggunakan obat ini, dosis yang tepat dan efek samping dan interaksi dengan obat lain, herbal atau suplemen yang Anda gunakan.

Baca juga: • Setelah Makan Kenapa Malah Sakit Perut Ditag Kesehatan
Pilihan obat untuk mengatasi diare Sebenarnya, diare bisa sembuh sendiri dengan diberikan perawatan rumahan seperti minum air putih yang banyak atau minum cairan elektrolit untuk mengganti cairan yang hilang. Namun, gejala sakit perut yang membuat Anda jadi sering bolak-balik ke toilet tentunya terasa sangat mengganggu. Untuk itu, Anda bisa minum obat-obatan yang berfungsi untuk mengurangi frekuensi buang air besar.

Berikut adalah pilihannya. 1. Loperamide (imodium) obat mencret untuk orang dewasa Loperamide ( Imodium ) adalah obat yang bekerja untuk memperlambat gerak usus agar menghasilkan feses dalam bentuk lebih padat. Anda bisa memperoleh obat ini dengan resep dokter atau membelinya langsung di apotek. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, atau tablet yang meleleh. Ada juga loperamide dalam bentuk cair, tapi obat ini hanya bisa didapatkan melalui resep dokter.

Orang dewasa biasanya diresepkan dosis obat mencret ini sebanyak 4 mg dalam bentuk tablet atau kapsul telan. Dosis yang diminum tidak boleh lebih dari 16 mg dalam waktu 24 jam. Khusus untuk tablet kunyah, orang dewasa tidak boleh minum dosis obat diare ini lebih dari 8 mg per hari. 2. Bismuth subsalicylate (pepto-bismol) obat mencret untuk orang dewasa Sebenarnya, obat ini lebih sering digunakan untuk mengatasi nyeri perut dan gejala maag. Akan tetapi, obat ini juga memiliki sifat antidiare dan antiperadangan yang baik untuk menghambat penyebaran bakteri penyebab diare.

Obat ini bekerja memperkuat dinding lambung dan usus kecil untuk melindungi organ pencernaan Anda dari infeksi bakteri. Obat ini dapat dibeli di apotek, tapi Anda membutuhkan resep dari dokter. Bismuth subsalicylate bisa menyebabkan efek samping berupa menghitamnya feses dan lidah. Obat sakit perut mules dan mencret, efek ini dapat menghilang setelah Anda menghentikan pengobatan.

obat sakit perut mules dan mencret

Hindari menggunakan bismuth subsalicylate jika feses Anda berdarah atau mengandung lendir. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk orang dewasa yang sedang hamil karena mengandung salisilat. Menurut FDA, salisilat dapat meningkatkan risiko perdarahan dan masalah pada jantung janin apabila digunakan dengan dosis berlebihan atau jangka panjang. 3. Attapulgite Attapulgite adalah zat yang memperlambat kerja usus besar agar dapat menyerap lebih banyak air sehingga tekstur feses jadi lebih padat.

Sakit perut akibat mencret juga akan berangsur-angsur pulih setelah minum obat ini. Obat bisa diminum sebelum atau sesudah makan; pilih salah satu waktunya yang paling nyaman untuk Anda.

Jangan lupa juga untuk tetap minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi selama diare. Attapulgite umum ditemukan dalam beragam obat diare untuk orang dewasa. Namun, obat ini juga umum menimbulkan efek samping, yaitu berupa sembelit setelah mencret dan kembung. 4. Oralit obat mencret untuk orang dewasa Oralit adalah obat yang mengandung senyawa elektrolit dan mineral seperti natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, natrium bikarbonat, dan trisodium citrate dihydrate.

Senyawa-senyawa tersebut berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Oralit tersedia obat sakit perut mules dan mencret bentuk serbuk atau bubuk sehingga harus dilarutkan dulu dengan air.

Gunakan air matang untuk melarutkan oralit. Obat ini dapat diminum dengan atau tanpa makan dulu. Efeknya akan mulai terasa sekitar 8-12 jam setelah dikonsumsi. Anda bisa membeli oralit di apotek atau di toko obat tanpa resep dokter.

Beberapa ahli meyakini minum oralit atau cairan sejenis yang mengandung elektrolit lebih baik untuk mengatasi diare dibanding hanya minum air mineral saja. 5. Suplemen probiotik obat mencret untuk orang dewasa Suplemen probiotik sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi mencret pada orang dewasa yang disebabkan infeksi bakteri E.

coli dan Salmonella. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu melawan bakteri penyebab diare dan peradangan usus. Selain itu, probiotik juga berfungsi menyeimbangkan jumlah bakteri baik yang hidup alami di usus untuk menjaga kelancaran kerja sistem pencernaan. Suplemen probiotik untuk diare tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk dan ekstrak cairan.

Masing-masing obat tersebut mungkin mengandung jenis probiotik yang berbeda. Sebelum membeli, konsultasikan dulu dengan dokter agar dosisnya dapat disesuaikan dengan kondisi Anda. Obat antibiotik untuk diare Bila diare disebabkan oleh infeksi yang parah, Anda mungkin akan membutuhkan obat antibiotik untuk menyembuhkannya.

Antibiotik akan membantu melawan, memperlambat, dan menghancurkan pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Meski begitu, obat antibiotik yang diresepkan tidak boleh sembarangan. Sebab, antibiotik dapat memunculkan efek samping berupa gangguan pencernaan yang dapat memperparah masalah tersebut. Berikut pilihan antibiotik yang diresepkan dokter untuk mengatasi diare. 1. Cotrimoxazole Cotrimoxazole adalah antibiotik yang mengandung dua jenis zat obat, yaitu sulfametoksazol dan trimetoprim.

Obat ini diberikan untuk pasien yang mengalami mencret parah karena infeksi bakteri Obat sakit perut mules dan mencret. coli. Dosis untuk orang dewasa adalah dua tablet diminum dua kali sehari.

Sementara, dosis untuk anak-anak akan bergantung pada berat badan. Efek samping yang umum dari antibiotik ini adalah sakit kepala. 2. Cefixime Cefixime digunakan untuk diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi.

Diare yang disebabkan oleh bakteri ini juga biasanya memunculkan gejala muntaber. Meski demikian, cefixime dapat berpotensi menyebabkan mual dan rasa tidak nyaman pada perut. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang tidak terlalu berat untuk dicerna saat meminum obat ini. 3. Metronidazole Antibiotik satu ini bekerja untuk mengobati infeksi bakteri pada lambung atau usus. Obat ini dapat ditemukan berupa tablet atau cair. Dosis yang diberikan akan bergantung pada kondisi Anda, tapi biasanya harus diminum tiga kali sehari sebanyak 250-750 mg.

Konsumsi obat ini tidak disarankan untuk ibu hamil, terutama bila kandungan masih berada pada trisemester pertama. Sebab, efeknya dapat membahayakan bayi dalam kandungan.

4. Azythromycin Termasuk dalam antibiotik golongan makrolida, obat azythromycin biasanya diberikan untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri Campylobacter jejuni. Memang, obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa sakit perut ringan, rasa ingin buang air besar, mual, muntah, sembelit, atau perut kembung. Untungnya, efek samping ini termasuk ringan dan dapat membaik dengan sendirinya. 5. Ciprofloxacin Obat ini berfungsi untuk membasmi bakteri Campylobacter jejuni dan Salmonella enteritidis.

Obat ini baru akan diberikan bila antibiotik lini pertama seperti cotrimoxazole dan cefixime tidak menunjukkan efek pada pasien. 6. Levofloxacin Antibiotik golongan fluoroquinolone ini sering digunakan untuk mengobati diare wisatawan karena kemampuannya dalam mempercepat durasi penyakit dan bisa ditoleransi lebih baik oleh tubuh.

Efeknya akan terasa sekitar 6 – 9 jam setelah dosis pertama. Ingat, pemakaian obat antibiotik tidak boleh sembarangan. Anda harus memeriksakan diri terlebih dahulu agar obat antibiotik yang diberikan cocok dengan kondisi Anda.

Aturan pakai obat diare untuk orang dewasa yang sedang mencret Sebelum minum obat diare, penting untuk selalu ke dokter untuk mengetahui penyebab kondisi Anda dan jenis serta takaran dosis yang tepat.

Bila Anda menggunakan obat diare yang dijual di apotek, baca aturan pakai dan gunakan dosis obat diare sesuai ketentuan.

Pasalnya ada beberapa obat diare untuk orang dewasa yang punya cara pakai tertentu. Jika masih bingung tentang cara pakai, tanyakan pada dokter atau apoteker cara pakai obat yang Anda beli.

Ada beberapa hal lain juga yang harus diperhatikan orang dewasa yang ingin minum obat diare, yaitu: • Apabila sedang menggunakan obat resep untuk kondisi penyakit lain, tanyakan dokter Anda apakah boleh minum obat diare yang dijual bebas atau tidak. • Jangan minum dua jenis obat diare yang berbeda secara bersamaan tanpa konsultasi dengan dokter. • Jika diare yang Anda alami sampai menyebabkan feses berdarah, sebaiknya tidak menggunakan obat yang dijual bebas di pasaran. • Jangan berikan obat diare yang ditujukan untuk orang dewasa pada anak-anak atau bayi.

Kecuali jika dokter memberikan izin. Minum obat yang dijual apotek atau toko obat umumnya ampuh untuk mengobati mencret. Namun, bila gejala diare masih saja muncul setelah minum obat, jangan tunda konsultasi ke dokter. Batas maksimal obat sakit perut mules dan mencret Anda melakukan pengobatan rumahan adalah 2 atau 3 hari. Lebih dari itu, segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih efektif.

Jika obat di apotek saja belum cukup ampuh, dokter dapat meresepkan obat antibiotik, obat mencret dengan dosis yang lebih kuat, atau perawatan medis lain tergantung dari apa penyebab diare Anda.

Mendapatkan pengobatan dokter lebih awal bisa mencegah terjadinya komplikasi diare yang berbahaya. Hal lain yang harus dilakukan selain minum obat obat sakit perut mules dan mencret Gaya hidup Anda sehari-hari ternyata dapat memengaruhi keparahan dan durasi gejala yang dirasakan.

Oleh sebab itu, bila Anda ingin penyembuhannya lebih cepat, Anda sebaiknya tak hanya berpaku pada obat-obatan. Lakukan juga kebiasaan-kebiasaan sehat seperti: • minum banyak cairan untuk menghindari Anda dari dehidrasi, • makan makanan sehat yang rendah serat dan mudah dicerna, salah satu caranya Anda bisa menjalani diet BRAT, • mengonsumsi makanan yang tinggi probiotik seperti yogurt dan tempe, • menghindari makan makanan yang membuat diare semakin parah, misalnya makanan obat sakit perut mules dan mencret, gorengan, dan yang diberi banyak pemanis buatan, dan • makan dalam porsi kecil, hal ini dilakukan agar beban kerja usus tidak terlalu berat.

Bila Anda masih memilih pertanyaan seputar obat diare, konsultasikan kepada dokter Anda. — Treatment for Diarrhea. (2016). National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease.

Retrieved 4 December 2020, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/diarrhea/treatment Probiotics. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 4 December 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/14598-probiotics Antidiarrheal Medicines: OTC Relief for Diarrhea. (n.d.).

Family Doctor. Retrieved 4 December 2020, from https://familydoctor.org/antidiarrheal-medicines-otc-relief-for-diarrhea/ Oralit Powder. (n.d.). TabletWise. Retrieved 4 December 2020, from https://www.tabletwise.com/indonesia/oralit-powder Co-trimoxazole. (2017). Medline Plus. Retrieved 4 December 2020, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a684026.html Acute Diarrhea in Adults.

(2014). American Family Physician. Retrieved 4 December 2020, from https://www.aafp.org/afp/2014/0201/p180.html
Perut mules (mulas) merupakan sensasi perasaan yang tidak nyaman yang dirasakan pada perut.

Mules/melilit/ kram perut sering disamartikan dengan sakit perut oleh masyarakat awam karena disertai dengan rasa nyeri pada perut. Mules pada umumnya terjadi karena ukuran perut yang bertambah besar dari dalam, sehingga menekan dan mengurangi ruang bebas yang terdapat di perut. Istilah medisnya adalah kolik abdomen. Rasa mules yang normal merupakan rangsangan untuk segera buang air besar, buang air kecil, bersendawa, atau buang angin (kentut).

Oleh karena itu, ketika perut terasa mules kenali dulu apa yang menjadi penyebabnya apakah mules yang normal atau mules yang disebabkan oleh suatu penyakit, sehingga penanganan yang tepat terhadap perut mules dapat segera dilakukan. Pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa penyebab perut mules dan cara mengatasinya. Pesan Sekarang Penyebab Perut Mules dan Cara Mengatasinya Kembung Perut yang kembung berarti perut sedang terisi penuh dengan udara atau gas.

Seseorang yang mengalami perut kembung akan sering bersendawa dan buang angin. Ada banyak penyebab perut kembung yang dapat menyebabkan gas berlebihan pada saluran pencernaan. Salah satunya adalah akibat mengkonsumsi makanan yang menghasilkan banyak gas seperti susu laktosa dan produk olahannya, brokoli, toge, kol, buncis dan kacang-kacangan.

Cara mengatasi perut mules yang disebabkan oleh kembung dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat simetikon yang dapat melarutkan gelembung udara.

Konstipasi Konstipasi atau sembelit berarti susah buang air besar. Seseorang yang sedang mengalami sembelit akan merasakan sensasi mules pada perutnya. Sembelit biasanya disebabkan oleh 2 hal yaitu kurang banyak minum cairan dan kurang banyak mengkonsumsi serat.

Cara mengatasi perut mules yang disebabkan sembelit adalah dengan mengkonsumsi obat pencahar seperti bisacodil yang dapat merangsang untuk segera buang air besar. Diare Diare atau mencret berarti sering buang air besar yang cair atau lembek.

Seseorang yang sedang mengalami diare akan merasakan perutnya terasa mules disertai dengan hasrat untuk buang air besar. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan karena diare dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi akibat banyaknya cairan yang terbuang bersama tinja. Diare pada umumnya dapat terjadi karena disebabkan oleh infeksi kuman, oleh karena itu jagalah kebersihan perorangan teutama dengan seringan mencuci tangan.

Cara mengatasi perut mules yang disebabkan oleh diare dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat antidiare seperti loperamid yang dapat mengurangi pergerakan saluran pencernaan.

Asam Lambung Tinggi Peningkatan asam lambung pada penyakit maag dapat menyebabkan timbulnya perut mules yang terasa pada daerah ulu hati. Kadang-kadang disertai dengan heartburnyaitu perut mules yang disertai sensasi seperti terbakar pada daerah dada. Heartburn dapat terjadi sebagai akibat dari naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan. Asam lambung tersebut akan mengiritasi daerah kerongkongan sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang panas pada daerah dada.

Cara mengatasi perut mules yang disebabkan oleh asam lambung tinggi adalah dengan mengkonsumsi obat antasida, histamin blocker, dan proton pump inhibitor yang dapat mengurangi produksi asam lambung. Nyeri Haid Pada banyak perempuan, perut mules dan melilit juga dapat dirasakan pada saat mereka sedang mengalami haid. Apabila nyeri haid ini terjadi, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat, mengkompres perut dengan menggunakan air hangat, mengkonsumsi jamu yang terbuat dari kunyit dan asam jawa, serta memperbanyak asupan makanan yang kaya magnesium dan zat besi untuk menggantikan sejumlah nutrisi yang hilang bersama darah haid.

Kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan perut mules : • Sumbatan (obstruksi) saluran cerna • Peradangan organ berongga seperti pada usus, kandung empedu, ginjal, hati dan lain-lain Demikianlah beberapa penyebab perut mules dan cara mengatasinya. Apabila cara tersebut tidak dapat mengatasi perut mules yang terjadi, sebaiknya segera menghubungi dokter Anda untuk mengetahui apa yang menjadi peyebab perut mules Anda, agar dapat segera dilakukan pengobatan yang tepat.

Bösner, Stefan & Haasenritter, Jorg & Becker, Annette & Hani, Maren & Keller, Heidemarie & Sönnichsen, Andreas & Karatolios, Konstantinos & Schaefer, Juergen & Baum, Erika & Donner-Banzhoff, Norbert.

(2009). Heartburn or angina? Differentiating gastrointestinal disease in primary care patients presenting with chest pain: A cross sectional diagnostic study. International Archives of Medicine. 2.

1-7. 10.1186/1755-7682-2-40. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/227114502_Heartburn_or_angina_Differentiating_gastrointestinal_disease_in_primary_care_patients_presenting_with_chest_pain_A_cross_sectional_diagnostic_study) Burgess, Jeffrey & Ven, Peter & Karcher, Michael. (2017).

Effect on Acid Reflux Symptoms Occurring during Sleep of an Oral Adhering Disc Containing only Food Ingredients. Journal of Gastrointestinal & Digestive System. 07. 10.4172/2161-069X.1000524. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/320265679_Effect_on_Acid_Reflux_Symptoms_Occurring_during_Sleep_of_an_Oral_Adhering_Disc_Containing_only_Food_Ingredients) Lee, Shou-Wu & Lien, Han-Chung & Lee, Teng-Yu & Yang, Sheng-Shun & Yeh, Hong-Jeh & Chang, Chi-Sen.

(2014). Heartburn and regurgitation have different impacts on life quality of patients with gastroesophageal reflux disease. World journal of gastroenterology : WJG.

20. 12277-82. 10.3748/wjg.v20.i34.12277. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/265792429_Heartburn_and_regurgitation_have_different_impacts_on_life_quality_of_patients_with_gastroesophageal_reflux_disease) Domingues, Gerson & Prado Moraes-Filho, Joaquim & Fass, Ronnie. (2018). Refractory Heartburn: A Challenging Problem in Clinical Practice.

Digestive Diseases and Sciences. 63. 1-6. 10.1007/s10620-018-4927-5. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/322619867_Refractory_Heartburn_A_Challenging_Problem_in_Clinical_Practice) Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Obat sakit perut mules dan mencret akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di appJakarta - Diare atau mencret sering kali mengganggu aktivitas dan membuat perut menjadi terasa tidak nyaman.

Meski demikian, banyak cara sederhana dan obat mencret alami yang bisa dicoba serta dibuat di rumah untuk mengatasi kondisi ini. Kondisi sering buang air besar ini disebabkan oleh masalah pencernaan yang menyebabkan tinja menjadi encer. Meski diare atau mencret ini bisa hilang dengan sendirinya, terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejalanya.

Pasalnya, diare memang bisa menghambat produktivitas sehari-hari. Jadi tidak ada salahnya mempercepat penyembuhannya dengan sejumlah cara sederhana, tetapi efektif. Baca juga: 10 Obat Alami untuk Diare yang Rawan Menyerang Usai Banjir Dikutip dari laman Medical News Today, berikut 5 cara atau obat mencret alami untuk menangani diare. 1. Banyak minum air putih Menghidrasi tubuh dengan meminum air putih merupakan hal esensial untuk mengatasi diare.

Pasalnya, diare menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh, termasuk air. Oleh karenanya, tubuh berpotensi kehilangan elektrolit, seperti natrium dan klorida.

Apabila mengalami diare, kamu juga bisa mencampurkan satu liter air dengan setengah sendok teh garam dan 6 sendok teh gula. Resep ini bisa membantu penyerapan cairan di dalam tubuh agar lebih efektif. Dengan demikian, tubuh lebih cepat kembali terhidrasi. Di sisi lain, hindari konsumsi minuman yang bisa menyebabkan gejala diare semakin parah, seperti minuman berkafein, alkohol, dan minuman panas. 2. Mengurangi porsi makan Saat mengalami diare, mengurangi porsi makan juga bisa menjadi salah satu obat mencret alami yang bisa dilakukan di rumah.

Sejumlah jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan, kentang, ubi, sup, sayur matang, dan makanan mengandung protein. Pilihan lain yang bisa dicoba saat sedang diare adalah diet BRAT, yakni dengan mengonsumsi banana atau pisang, rice atau nasi, apple sauce atau saus apel, dan toast atau roti panggang. Sebab, diet ini merupakan kombinasi makanan rendah serat dan tinggi pati yang bisa membantu memperlancar pencernaan.

Namun, perlu diingat bahwa diet ini hanya boleh dilakukan tidak lebih dari dua hari. 3. Menghindari sejumlah jenis makanan Sejumlah jenis makanan bisa menyebabkan iritasi dan tekanan pada saluran pencernaan, seperti makanan tinggi lemak, makanan berminyak, makanan pedas, makanan dengan pemanis buatan, dan makanan tinggi fruktosa. Beberapa dokter juga akan menyarankan untuk menghindari produk susu lantaran bisa menyebabkan diare menjadi semakin parah pada sejumlah orang. Probiotik juga bisa jadi obat mencret alami.

Selengkapnya di halaman berikut. Berita Terkait • Pria Nekat Jadi Relawan Minum Bakteri Dibayar Ratusan Juta, Begini Nasibnya • 7 Obat Diare Alami, Aman, dan Bikin Perut Nyaman! • Obat Diare Anak, Bantu Redakan Gejala Omicron Secara Alami • Pengobatan Rumahan Ini Efektif Atasi Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan • Awas Tertukar Gejala Omicron Vs Flu, Segera Tes COVID-19 Jika Merasakan ini • Sejumlah Pasien Omicron Keluhkan Gejala Baru Mual-Diare, Begini Mengatasinya • Pasien Omicron Keluhkan Gejala COVID-19 Mual dan Diare, Ternyata Ini Sebabnya • Muncul Gejala Baru Omicron di Pencernaan, Kok Bisa Beda-beda Sih?

MOST POPULAR • 1 4 Anak RI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Status Vaksin COVID-nya • 2 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 3 Caisar Diduga Nyabu Saat Live TikTok, Begini Ciri-ciri Pemakai Sabu • 4 Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Wajib Tahu! • 5 Hepatitis Misterius Menyerang Anak Usia Berapa Sih? Dokter Ungkap Faktanya • 6 Pemerintah Pastikan Biaya Perawatan Pasien Hepatitis Ditanggung BPJS Kesehatan • 7 Kemenkes Buka Suara Kasus Anak Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius • 8 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 9 Nasib PPKM RI Diumumkan Hari Ini, Begini Riwayat COVID-19 Sepekan Terakhir • 10 Hasil Kolonoskopi Diungkap, Begini Kondisi Raja Salman Usai Masuk RS • SELENGKAPNYA

Cara Tepat Mencegah dan Menghentikan Diare




2022 www.videocon.com