Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

Sahabat Edukasi yang berbahagia. Dalam rangka menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah merupakan tugas TNI (Tentara Nasional Indonesia), sedangkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum dilakukan oleh Polri (Kepolisian Republik Indonesia), akan tetapi di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT / RW. Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.

Dalam pelaksanaan kegiatan ataupun aktivitas Siskamling, dilakukan dengan ronda. Ronda adalah berjalan berkeliling (patroli) untuk menjaga keamanan di kampung / desa setempat baik dengan jalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Dan dalam ronda biasa nya terbagi menjadi beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap lini perumahan warga yang termasuk dalam kampung / desa bersangkutan. Ada juga yang sambil mengambil jimpitan (berupa beras) yang disiapkan di dalam wadah kecil yang terletak di bagian depan setiap rumah.

Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuhn kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap dilingkungannya masing-masing.

Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan risribusi komunikasi serta informasi secara external (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Siskamling juga merupakan bentuk-bentuk pam swakarsa, merupakan suatu kesatuan komponen yang saling bergantung dan berhubungan, saling mempengaruhi untuk mendapatkan hasil daya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan ketertiban masyarakat dalam upaya mendukung terwujudnya masyarakat madani yang adil, makmur dan beradap berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menumbuh kembangkan sikap mental serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap setiap warga masyarakat, dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing Tujuan utama menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, serta rasa aman dilingkunganya masing-masing dan terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas maupun bencana alam.

Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai anggota masyarakat sekaligus sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk berpartisipasi aktif dalam upaya bela negara, salah satunya dengan berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di sekitar tempat tinggal kita dengan ronda / Siskamling berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh perangkat desa dalam hal ini ketua RT setempat.

Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi.! jumanto.com – Contoh Kerja Sama Di Lingkungan Masyarakat Atau Gotong Royong. Semangat kerja sama dalam kehidupan di masyarakat terwujud dalam banyak kegiatan baik itu keagamaan, sosial, budaya, ekonomi, kemanusiaan, dan bidang kehidupan lainnya.

Dengan beragam manfaatnya, kerja sama di masyarakat adalah contoh penerapan pancasila yang ke tiga, di mana dengan kerjasama maka akan terwujud persatuan Indonesia.

Kalian pun tentu punya banyak kegiatan kerja sama dalam lingkungan masyarakat, dalam berbagai event seperti lomba 17 Agustus, pengajian, kerja bakti, gotong royong, dan kegiatan bersama lainnya. Kegiatan seperti ini sudah membudaya di dalam lingkungan masyarakat Indonesia, sudah ada sejak dulu, dan nama kegiatannya pun beragam di berbagai daerah. Ada yang menamakan gotong royong dengan Ngacau gelamai, Alak tau, Marsialapari, Nugal, Ngayah, Gemohing, Song-osong lombhung, Sambatan, Mappalette Bola, Grebuhan, Liliuran, Nyambungan nyambungan, Alang tulung, Mapalusdan masih banyak lagi.

Baca juga: 17 contoh kerja sama di rumah. Isi Tulisan Ini Adalah: β€’ Contoh Bentuk Kerja Sama Di Masyarakat β€’ 1. Kerja bakti membersihkan got β€’ 2. Kerja sama membangun masjid β€’ 3.

Gotong royong membangun rumah β€’ 4. Musyawarah RT atau RW β€’ 5. Merawat orang meninggal β€’ 6. Membersihkan lingkungan setelah banjir β€’ 7. Menaman pohon bersama β€’ 8. Bekerja sama membangun jalan β€’ 9. Ronda, untuk menjaga keamanan daerah β€’ 10. Membersihkan lingkungan dan jalan β€’ 11. Koperasi, kerja sama dalam bidang ekonomi β€’ 12. Membantu orang hajatan β€’ 13. Memburu tikus di sawah β€’ 14. Mendorong truk yang macet β€’ 15. Kerja sama membuat acara 17 Agustusan β€’ Manfaat Yang Didapat β€’ Kesimpulan Contoh Bentuk Kerja Sama Di Masyarakat Makna kerja sama di lingkungan masyarakat bagi diri sendiri adalah mempererat rasa persaudaraan dan tentu saja sebagai ajang silaturrahim.

Beberapa bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat di antaranya: 1. Kerja bakti membersihkan got gambar kerja bakti membersihkan got dalam lingkungan masyarakat Got atau saluran pembuangan air adalah kebutuhan bersama yang harus dijaga, dirawat, dan dibersihkan secara bersama-sama.

Semua orang harus ikut berpartisipasi di dalamnya. Saat musim hujan tiba, biasanya banyak got mampet dan itu perlu dibersihkan. Membersihkan saluran air bersama-sama akan membuat pekerjaan cepat selesai sehingga lingkungan jadi lebih bersih dan sehat. 2. Kerja sama membangun masjid Di kampung-kampung seperti tempat saya, jika akan membangun masjid, merehabnya, atau membangun bagian tertentu dari masjid, sering dilakukan dengan cara kerja sama.

Hal ini karena masjid adalah milik bersama sehingga harus dirawat bersama-sama. Atau di lingkungan dengan agama nashrani, bisa dengan kerja sama membersihkan gereja, bagi agama Hindu dengan membersihkan pura, dan agama budha dengan membersihkan wihara. 3. Gotong royong membangun rumah kerja bakti membangun rumah di masyarakat ( sumber foto: flickr Edi Susanto) Bagi orang Jawa dulu, kita sering mendengar cerita bahwa dulu untuk membangun rumah itu tidak perlu sewa tukang, tapi dilakukan dengan gotong royong.

Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut ini juga saya saksikan saat dulu orang tua bikin rumah di Jawa.

Di tempat saya, Desa Sukabanjar, Pesawaran, Lampung, juga masih ada adat gotong royong, biasanya saat memasang genteng, itu dilakukan bersama-sama anggota masyarakat. Atau saat membuat pos ronda. 4. Musyawarah RT atau RW Bagaimanakah kerja sama di masyarakat dalam mengatasi suatu permasalahan? Caranya adalah dengan musyawarah, berkumpul bersama lalu mencari solusinya secara bersama. Bisa dilakukan saat acara tahlilan malam Jumat, perkumpulan di hari tertentu, atau dengan undangan resmi kepada anggota masyarakat.

5. Merawat orang meninggal Contoh bentuk kerjasama yang paling mudah dijumpai selain kerja bakti adalah bekerja bersama saat ada tetangga yang meninggal. Ada yang membuat tenda, ada yang membuat tempat pemandian, ada yang memandikan, mengkafani, menggali kubur, hingga prosesi pemakaman selesai.

Butuh banyak orang saat ada orang meninggal. 6. Membersihkan lingkungan setelah banjir Ini terjadi di kota-kota atau daerah-daerah yang jadi langganan banjir. Selain kerja sama di dalam masyarakat, ada juga kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dalam mengatasi lingkungan banjir ini.

7. Menaman pohon bersama Untuk menjaga kelestarian alam dan menghindari tanah longsor terutama di daerah perbukitan dan pegunungan, kegiatan yang dapat dilakukan adalah menanam pohon bersama. Atau bisa juga dilakukan oleh masyarakat pinggiran pantai dengan menanam tanaman bakau, tujuannya mengurangi abrasi pinggiran pantai oleh ombak.

8. Bekerja sama membangun jalan Agar kegiatan perekonomian semakin mudah, masyarakat bisa kerja bakti, bersama-sama membangun jalan sehingga akses ke desanya menjadi semakin mudah. Jika akses mudah, maka pengiriman barang makin mudah dan ekonomi juga bisa berjalan dengan lebih lancar. Bisa membangun jalan, jembatan, dan akses fasilitas lainnya. 9. Ronda, untuk menjaga keamanan daerah Baik di pedesaan maupun di perkotaan, kegiatan ronda bisa menjadi salah satu bentuk kerjasama dalam lingkungan masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan.

Kegiatan ronda dibagi dalam jadwal-jadwal per kelompok. 10. Membersihkan lingkungan dan jalan Untuk kesehatan lingkungan, masyarakat bisa secara rutin melakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar rumah, di jalan, membersihkan rumput yang tinggi, dan sampah-sampah yang berserakan.

11. Koperasi, kerja sama dalam bidang ekonomi Di dalam bidang ekonomi, kita bisa melihat kerjasama masyarakat dalam bentuk koperasi. Koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia yang merupakan perwujudan usaha dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota. Kesejahteraan anggota adalah tujuan utamanya. 12. Membantu orang hajatan gambar kerja sama dalam masyarakat saat ada hajatan ( sumber: Flickr Adi Sujiwo) Saat tetangga akan mengadakan hajatan baik itu pernikahan, khitan, atau acara lainnya, tetangga-tetangga sekitar dengan rela hati saling membantu yang punya hajat.

Kerja sama semacam ini banyak dijumpai dalam masyarakat kita. 13. Memburu tikus di sawah Wujud kerja sama di lingkungan masyarakat lainnya yang banyak di lakukan, terutama di daerah pertanian adalah berburu tikus bersama-sama. Hal ini bertujuan agar tikus cepat diberantas habis sehingga pertanian mereka aman dari tikus.

Kegiatan seperti ini banyak saya jumpai di Desa Pelumutan, desa saya dulu. 14. Mendorong truk yang macet Saat di tengah-tengah masyarakat ada kendaraan mogok, misalkan mobil atau truk, maka masyarakat juga biasanya dengan sukarela bekerja sama mendorong kendaraan tersebut. Hal ini merupakan kegiatan positif untuk menciptakan kebersamaan dan saling tolong menolong.

Baik itu di Ambon, Batak, Nias, Jogja, dan daerah lain, kerja sama seperti ini saya yakin ada. 15. Kerja sama membuat acara 17 Agustusan Dari tua hingga muda, pada acara 17 Agustus biasanya ramai acara lomba-lomba yang membutuhkan kerja sama anggota masyarakat. Ada yang membuat proposal, mengedarkan proposal, menjadi MC, menjadi panitia lomba, dan sebagainya. Angar anggota masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan pun dapat melakukan kegiatan kerjasama. Manfaat Yang Didapat β€’ Masyarakat menjadi semakin solid dan erat kekeluargaannya.

β€’ Ada rasa saling memiliki dan saling membutuhkan. β€’ Lingkungan jadi bersih, sehat, dan bagus. β€’ Ekonomi bisa berjalan lebih lancar. β€’ Pekerjaan jadi cepat selesai. β€’ Orang yang kesusahan jadi terhibur. β€’ Terpenuhinya fasilitas masyarakat dan makin lengkap. Baca juga: Cara Kerja Sama Piket Di Kelas. Kesimpulan Banyak sekali bentuk kerjasama di lingkunga masyarakat yang bisa dilakukan, baik dengan tetangga kanan kiri rumah, denga tetangga satu RT, RW, Dusun, hingga satu desa dan yang lebih luah, bangsa dan negara.

Bahkan antar masyarakat ASEAN dan dunia pun saling bekerja sama. Itulah beberapa contoh bentuk kerja sama di lingkungan masyarakat yang bisa diterapkan dan tidak hanya menjadi cerita. Baca juga: 15 Contoh kerja sama di sekolah. Search for: Isi Blog Isi Blog Artikel Paling Hot β€’ Dzonna Wa Akhwatuha (ΨΈΩŽΩ†ΩŽΩ‘ Zhonna dan Saudaranya) Beserta Contohnya β€’ Inna Wa Akhwatuha Dan Contohnya, Pada Isim Maupun Khobar β€’ Isim Kana dan Saudaranya Beserta Contohnya (Belajar Kitab Jurumiyah) β€’ Mubtada dan Khobar Beserta Contohnya (Belajar Kitab Jurumiyah) β€’ Naibul Fail: Contoh, Pengertian, Syarat, Pembagian, Penjelasan Lengkap
BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 DAFTAR ISI PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 1 2 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut .

8 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe B . 13 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe A . 19 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe B . 24 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe A . 29 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe B .

35 PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 2 41 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe A . 46 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe B . 52 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe A . 57 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe B .

63 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe A . Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe B . 70 76 PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 3 81 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe A . 87 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe B . 92 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe A . 98 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe B . Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe A . 104 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe B .

110 115 PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 4 121 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A . 126 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B . 132 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A . Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B . 138 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A . 144 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B . 149 155 PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 5 160 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A . 166 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B . Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A . 172 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B .

182 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A . 190 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B . 199 207 PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) 216 Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 1 .

Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 2 . Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 1 . Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 2 . Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 1 . Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 2 . PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) 225 Bank Soal PAS Tema 1 . 235 Bank Soal PAS Tema 2 . 245 Bank Soal PAS Tema 3 . 255 Bank Soal PAS Tema 4 . 265 Bank Soal PAS Tema 5 . By agung ade yulianto 1 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUMPULAN SOAL HARIAN KELAS 4 TEMA 1 : Indahnya Kebersamaan Sub Tema 1-3 Tipe A dan B By agung ade yulianto 2 SOAL BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T1-ST1-A KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 Soal Pilihan Ganda 1.

Perselisihan antarsuku dapat terjadi karena . a. saling menghormati b. senang bekerja sama c. menganggap suku sendiri lebih baik d. menghargai budaya suku lain 2. Contoh cara membina persatuan dalam keragaman adalah . a. merayakan hari kemerdekaan bersama b. mengunggulkan budaya suku sendiri dan merendahkan suku lain c. membuat berita jelek tentang suku lain d. tidak mau mempelajari budaya daerah lain 3. Salah satu akibat tidak adanya persatuan di suatu pemukiman adalah .

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut. menciptakan lingkungan yang aman karena rajin ronda malam b. menciptakan kerukunan warga karena warga saling membantu c. menjadikan lingkungan bersih karena selalu mengikuti kerja bakti membersihkan lingkungan d.

menjadikan lingkungan kotor karena tidak mengikuti kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan 4. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat . a. penjelas b. inti c. pertama d. tambahan 5. Kalimat utama adalah kalimat yang memuat . a. ide penjelas b. tokoh utama c. inti paragraf d. gagasan pendukung 6. Suatu paragraf dianggap memenuhi syarat kepaduan jika kalimat-kalimat di dalam paragraf tersebut saling . a. berkaitan b. bertentangan c. bersatu d. berlawanan 7. Perambatan bunyi melalui benda cair bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti pada saat .

a. kita berbicara b. tim SAR mencari korban c. menggunakan telepon d. mendengar bunyi petir By agung ade yulianto 3 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 8. Kuat dan lemah bunyi dipengaruhi oleh . a. frekuensi b. resonansi c. amplitudo d. massa 9. Bunyi merambat dengan sangat lambat melalui media . a. padat b. cair c. gas d. tanah 10. Suku Batak berasal dari Provinsi . a. Aceh b.

Sumatera Utara c. Sumatera Barat d. Sumatera Selatan 11. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut menunjukkan tarian daerah yang berasal dari Provinsi .

a. Jawa Tengah b. DI Yogyakarta c. Jawa Timur d. Bali 12. Bika ambon adalah makanan khas dari Provinsi . a. Sumatera Utara b.

Nusa Tenggara Timur c. Maluku d. Papua 13. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut menunjukkan sikap tangan . 4 a. nyempurit b. boyomangap c. ngruji d. Nyekithing By agung ade yulianto BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 14.

Tari Bungong Jeumpa adalah tarian daerah yang berasal dari Provinsi . a. Aceh b. Medan c. Maluku d. Jambi 15. Berikut ini yang tidak termasuk gerak dasar dalam tarian daerah yaitu gerak . a. kepala b. kaki c. tangan d. lutut Soal Isian 1. Gotong royong dengan tetangga merupakan wujud persatuan di lingkungan .

2. Masyarakat Indonesia harus mengutamakan rasa persatuan dan . 3. Pikiran pokok menjadi dasar pengembangan sebuah . 4. Dalam satu paragraf, terdapat gagasan . dan gagasan . 5. Simpangan terbesar atau jarak terjauh yang dapat dicapai oleh suatu getaran disebut . 6. Semakin kecil simpangan suatu getaran, maka bunyi yang terdengar semakin .

7. Bahasa Kutai digunakan oleh masyarakat di Provinsi . 8. Esa Mokan adalah lagu daerah yang berasal dari Provinsi . 9. Tari Bungong Jeumpa biasanya ditarikan secara . 10. Berdasarkan artinya, gerakan tangan kiri dibuka lebar termasuk contoh gerak . By agung ade yulianto 5 KISI-KISI BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T1-ST1-A KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS :4 SEMESTER :1 TEMA : 1.

Indahnya Kebersamaan SUBTEMA : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku KOMPETENSI DASAR JUMLAH IDENTIFIKASI SOAL SOAL PILIHAN GANDA 15 soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 soal 1 s/d 3 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, 3 soal dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan 3 soal 4 s/d 5 Bahasa Indonesia 2 soal 6 s/d 6 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 1 soal 7 s/d 9 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks 3 soal lisan, tulis, atau visual 3 soal 10 s/d 12 Ilmu Pengetahuan Alam 3 soal 13 s/d 15 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera 3 soal pendengaran 3 soal Ilmu Pengetahuan Sosial 3 soal 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah ISIAN 10 soal 1 s/d 2 2 soal 3 s/d 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 soal 5 s/d 6 2 soal 7 s/d 8 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, 2 soal 9 s/d 10 dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan 2 soal 2 soal Bahasa Indonesia 2 soal 2 soal 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang 2 soal diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 2 soal Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah By agung ade yulianto 6 KUNCI JAWABAN BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T1-ST1-A KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : c Pembahasan : Menganggap suku sendiri lebih baik daripada suku lain dapat menimbulkan perselisihan antarsuku. 2. Jawaban kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut a Pembahasan : Merayakan hari kemerdekaan bersama dapat membina persatuan. Kita dapat mengadakan kegiatan yang dapat diikuti oleh semua lapisan kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut.

3. Jawaban : d Pembahasan : Kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan hanya akan terlaksana jika masyarakat bersatu untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Jadi, jika tidak ada persatuan dalam masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan maka lingkungan akan kotor.

4. Jawaban : b Pembahasan : Kalimat utama disebut juga kalimat inti. Kalimat utama berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. 5. Jawaban : c Pembahasan : Kalimat utama atau kalimat pokok atau kalimat inti adalah kalimat yang memuat inti paragraf.

6. Jawaban : a Pembahasan : Paragraf dengan kalimat-kalimat yang saling berkaitan dianggap memiliki memenuhi syarat kepaduan.

7. Jawaban : b Pembahasan : Tim SAR memanfaatkan perambatan bunyi dalam air saat menolong korban kecelakaan yang tenggelam di laut. 8. Jawaban : c Pembahasan : Amplitudo adalah simpangan terbesar atau jarak terjauh yang dapat dicapai oleh getaran. Semakin besar amplitudo maka bunyi yang dihasilkan akan semakin kuat. Semakin kecil amplitudo maka bunyi yang dihasilkan semakin lemah.

9. Jawaban : c Pembahasan : Gas memiliki partikel penyusun yang sangat renggang sehingga bunyi merambat dengan lambat melalui media gas. 10. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : c Pembahasan : Gambar tersebut adalah tari Reog Ponorogo yang berasal dari Provinsi Jawa Timur.

12. Jawaban : a Pembahasan : Sudah jelas. 13. Jawaban : c Pembahasan : Gambar menunjukkan sikap tangan ngruji. Ngruji yaitu semua jari rapat tegak lurus, ibu jari masuk ditekuk merapat telapak tangan. 14. Jawaban : a Pembahasan : Sudah jelas. 15. Jawaban : d Pembahasan : Sudah jelas. By agung ade yulianto 7 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : rumah/tempat tinggal/masyarakat Pembahasan : Sudah jelas. 2. Jawaban : kesatuan Pembahasan : Rasa persatuan dan kesatuan harus diutamakan/dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

3. Jawaban : paragraf Pembahasan : Sudah jelas. 4. Jawaban : pokok/utama dan penjelas/pendukung Pembahasan : Sudah jelas. 5. Jawaban : amplitudo Pembahasan : Sudah jelas. 6. Jawaban : lemah Pembahasan : Bunyi yang dihasilkan dari simpangan terkecil akan terdengar lemah di telinga. 7. Jawaban : Kalimantan Timur Pembahasan : Sudah jelas. 8. Jawaban : Sulawesi Utara Pembahasan : Sudah jelas. 9. Jawaban : berkelompok Pembahasan : Tari Bungong Jeumpa adalah tarian daerah yang berasal dari Aceh.

Tarian ini biasanya ditarikan secara berkelompok oleh tiga orang penari atau lebih. 10. Jawaban : murni Pembahasan : Gerak murni adalah gerak yang tidak memiliki arti. Gerakan tangan kiri dibuka lebar tidak memiliki arti sehingga termasuk contoh gerak murni. By agung ade yulianto 8 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 MODEL T1-ST1-B Soal Pilihan Ganda 1. Dengan adanya keragaman, kita harus . a. bersyukur b. bersedih c. kecewa d.

marah 2. Salah satu akibat tidak adanya persatuan di suatu pemukiman adalah . a. menciptakan lingkungan yang aman karena rajin ronda malam b. menciptakan kerukunan warga karena warga kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut membantu c.

menjadikan lingkungan bersih karena selalu mengikuti kerja bakti membersihkan lingkungan d. menjadikan lingkungan kotor karena tidak mengikuti kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan 3. Upacara bendera di sekolah bermanfaat untuk . a. menjaga lingkungan sekolah tetap bersih b. menyehatkan seluruh warga sekolah c.

melatih kedisiplinan warga sekolah d. menjaga kebersihan kelas 4. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat . a. penjelas b. inti c. pertama d. tambahan 5. Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan . a. pendukung b. penjelas c. pokok d. ide 6. Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan .

a. pendukung b. penjelas c. pokok d. ide 7. Alat musik kecapi dimainkan dengan cara . a. dipukul b. dipetik c. ditiup d. digoyangkan 8. Kuat dan lemah bunyi dipengaruhi oleh . a. frekuensi b. resonansi c. amplitudo d. massa 9. Semakin sedikit getaran pada benda maka bunyi yang terdengar semakin . a. tinggi b. rendah c.

sedang d. samar By agung ade yulianto 9 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 10. Ayam betutu adalah makanan khas yang berasal dari Provinsi .

a. Jawa Tengah b. Jawa Timur c. Bali d. Nusa Tenggara Barat 11. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut menunjukkan upacara adat . a. Dugderan b. Tedhak Siten c. Labuhan d. Ngaben 12. Lagu Pitik Tukung merupakan lagu daerah yang berasal dari Provinsi .

a. Jawa Barat b. Jawa Tengah c. DI Yogyakarta d. Jawa Timur 13. Berikut ini merupakan bagian dari gerak kepala dan leher dalam tari, kecuali . a. pacak gulu b. mengangguk c. menggeleng d. berjalan jinjit 14. Gerak murni disebut juga gerak .

a. asli b. palsu c. tiruan d. buatan 15. Perhatikan gambar berikut! Gerakan pada hitungan 2 pada gerak dasar posisi duduk di atas adalah . a. b. By agung ade yulianto 10 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 c. d. Soal Isian 1. Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan untuk menyatukan rakyat . 2. Dayak, Asmat, dan Dani merupakan contoh keragaman . bangsa di Indonesia. 3. Perhatikan paragraf berikut! Tari Serimpi adalah salah satu tarian klasik dari Yogyakarta.

Tarian ini ditarikan oleh beberapa penari wanita cantik dan anggun. Tarian ini menggambarkan kesopanan dan kelemahlembutan yang ditunjukkan dari gerakan para penarinya. Awalnya, tari Serimpi merupakan tarian yang bersifat sakral dan hanya ditampilkan di lingkungan Keraton Yogyakarta. Hubungan yang ditunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut adalah . 4. Perhatikan paragraf berikut! Tarian daerah menceritakan keseharian masyarakat setempat.

Biasanya, tarian daerah ditampilkan pada upacara hari kelahiran, penyambutan tamu, pernikahan, dan hari besar keagamaan. Gerakan pada tarian daerah memiliki makna yang beragam. Beberapa tarian daerah dapat digunakan sebagai simbol penghormatan, penyampai pesan, dan hiburan. Hubungan yang ditunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut adalah . 5. Benda-benda yang bergetar dan dapat menghasilkan bunyi disebut . 6. Cara menghasilkan bunyi pada alat musik angklung dilakukan dengan cara .

7. Rumah Nuwou Sesat berasal dari Provinsi . 8. Perhatikan gambar berikut! Nama rumah adat pada gambar tersebut adalah rumah .

9. Perhatikan gambar berikut! Gerakan tangan pada gambar tersebut dikenal dengan istilah . 10. Perhatikan gambar berikut! Gerakan kaki pada gambar tersebut dikenal dengan istilah .

11 By agung ade yulianto KUNCI JAWABAN BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T1-ST1-B KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 Jawaban Soal Pilihan Ganda 1. Jawaban : a Pembahasan : Keragaman harus kita syukuri karena merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia. 2. Jawaban : d Pembahasan : Kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan hanya akan terlaksana jika masyarakat bersatu untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Jadi, jika tidak ada persatuan dalam masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan maka lingkungan akan kotor. 3. Jawaban : c Pembahasan : Upacara bendera dapat melatih kedisiplinan warga sekolah. Semua warga sekolah harus hadir tepat waktu untuk mengikuti upacara. 4. Jawaban : b Pembahasan : Kalimat utama disebut juga kalimat inti.

Kalimat utama berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. 5. Jawaban : c Pembahasan : Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan pokok. Gagasan pokok terletak pada kalimat utama. 6. Jawaban : c Pembahasan : Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan pokok. Gagasan pokok terletak pada kalimat utama. 7. Jawaban : b 8. Jawaban : c Pembahasan : Amplitudo adalah simpangan terbesar atau jarak terjauh yang dapat dicapai oleh getaran.

Semakin besar amplitudo maka bunyi yang dihasilkan akan semakin kuat. Semakin kecil amplitudo maka bunyi yang dihasilkan semakin lemah. 9. Jawaban : b Pembahasan : Tinggi rendah bunyi dipengaruhi oleh frekuensi atau banyaknya getaran tiap detik pada benda.

Semakin banyak getaran pada benda maka bunyi yang terdengar semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. 10. Jawaban : c Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : b Pembahasan : Gambar tersebut menunjukkan pelaksanaan upacara Tedhak Siten.

Tedhak Siten adalah upacara dalam tradisi budaya Jawa yang dilakukan ketika anak pertama belajar jalan dan dilaksanakan pada usia sekitar tujuh lapan (245 hari).

12. Jawaban : c 13. Jawaban : d Pembahasan : Gerak berjalan jinjit merupakan bagian dari gerak kaki, bukan gerak kepala. 14. Jawaban : a Pembahasan : Gerak murni disebut juga gerak asli atau gerak yang tidak memiliki arti. Gerak murni berguna untuk melengkapi gerakan tari.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

15. Jawaban : c Pembahasan : Gambar yang menunjukkan gerakan pada hitungan 2 dalam gerak dasar tari Bungong Jeumpa posisi duduk adalah gambar c. By agung ade yulianto 12 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : Indonesia 2.

Jawaban : suku Pembahasan : Suku Dayak berasal dari Kalimantan, sedangkan suku Dani dan Asmat berasal dari Papua. 3. Jawaban : saling berhubungan Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut adalah tari Serimpi.

Kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut juga membahas tentang tari Serimpi. Dengan demikian, hubungan antarkalimat dalam paragraf tersebut saling berhubungan.

4. Jawaban : saling berkaitan Pembahasan : Gagasan pokok dan kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut membahas tentang tarian daerah. Oleh karena itu, gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut saling berkaitan. 5. Jawaban : sumber bunyi 6. Jawaban : digoyangkan Pembahasan : Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan bilah angklung. Dengan demikian, getaran udara di dalam angklung dapat menghasilkan bunyi.

7.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

Jawaban : Lampung 8. Jawaban : Honai Pembahasan : Gambar tersebut adalah rumah adat Honai kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut berasal dari Provinsi Papua. 9. Jawaban : nyekithing Pembahasan : Gerak dasar nyekithing dilakukan dengan ruas ibu jari bersinggungan dengan ruas jari tengah paling depan, jari-jari lainnya melengkung searah jari tengah seperti pada gambar tersebut.

10. Jawaban : trecetan Pembahasan : Gerak kaki trecetan dilakukan dengan melangkahkan kaki dengan jinjit ke kanan atau ke kiri secara cepat seperti pada gambar tersebut. By agung ade yulianto 13 SOAL BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T1-ST2-A KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 Soal Pilihan Ganda 1. Gambar berikut menunjukkan kegiatan .

a. kerja bakti b. musyawarah c. ronda malam d. gotong royong 2. Salah satu manfaat gotong royong adalah . a. menambah biaya yang dikeluarkan b. menambah beban warga yang kurang mampu c. pekerjaan menjadi lebih berat dan cepat selesai d. mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat 3. Salah satu manfaat dari ronda malam adalah .

a. memberikan rasa aman kepada masyarakat b. mengurangi solidaritas masyarakat c. menimbulkan tindak kejahatan d. membutuhkan banyak biaya 4. Perhatikan paragraf di bawah ini! Pramuka adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Dengan mengikuti pramuka, siswa dilatih untuk hidup mandiri. Selain itu, siswa juga dibentuk memiliki jiwa pemberani dan bertanggung jawab.

Gotong royong juga selalu ditanamkan dalam setiap kegiatan pramuka. Ringkasan isi paragraf tersebut adalah . a. Dengan mengikuti pramuka, kita jadi mandiri, pemberani, dan bertanggung jawab. b. Dengan menjadi pramuka, kita dapat bersenang-senang bersama teman di sekolah.

c. Dengan mengikuti pramuka, kita dapat bergotong royong di lingkungan sekolah dan rumah. d. Dengan mengikuti pramuka, kita jadi pintar melakukan berbagai kegiatan. 5. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Berikut ini yang bukan termasuk bentuk gagasan pendukung adalah . a. alasan b. contoh c.

inti kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut d. rincian 6. Kalimat-kalimat yang saling berkaitan dan saling mendukung dalam suatu paragraf akan memudahkan kita untuk menentukan . a. kalimat pendukung b. gagasan pokok c. kalimat utama d. hubungan antargagasan By agung ade yulianto 14 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 7. Bahaya membersihkan telinga dengan benda tajam adalah . a. telinga menjadi luka b. telinga menjadi bersih c.

telinga menjadi sehat d. telinga menjadi bau 8. Telinga bagian tengah yang berfungsi untuk menerima gelombang bunyi setelah ditangkap daun telinga adalah . a. gendang telinga b. rumah siput c. saluran eustachius d. saluran pendengaran 9. Dokter yang memeriksa kesehatan telinga adalah dokter . a. gigi b. THT c. saraf d. bedah 10. Cap Go Meh merupakan rangkaian hari raya . a. Idulfitri b.

Waisak c. Imlek d. Natal 11. Cici beribadah di kelenteng. Kelenteng adalah tempat ibadah agama . a.

Kristen b. Hindu c. Buddha d. Konghucu 12. Gambar tersebut merupakan tempat ibadah umat . 15 a. Islam b. Kristen c. Hindu d. Buddha 13. Gerakan melenggang dan menggeleng saat menari membutuhkan tenaga yang .

a. besar b. kuat c. lemah d. banyak 14. Gerak tari dibuat dan diperagakan berdasarkan . a. ruang, waktu, dan iringan b. ruang, waktu, dan gerak c. ruang, waktu, dan tenaga d. ruang, gerak, dan tenaga By agung ade yulianto BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 15. Formasi diagonal atau menyilang ditunjukkan pada gambar .

a. b. c. d. Soal Isian 1. Agar tercipta kebersamaan dalam masyarakat, keragaman bukan merupakan penghalang kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut .

2. Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut . 3. Perhatikan paragraf berikut! Dewasa ini banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Tanpa kita sadari, budaya-budaya tersebut menggeser budaya nasional. Sebagai generasi muda, kita harus berusaha mencegah pengaruh budaya asing agar budaya nasional tetap lestari. Oleh sebab itu, kita harus mengenal dan memperkenalkan budaya nasional pada dunia internasional.

Paragraf tersebut membahas tentang upaya pelestarian . 4. Ringkasan dibuat berdasarkan gagasan pokok. Sebelum membuat ringkasan, kita dapat mencatat gagasan pokok sambil . teks. 5. Perhatikan gambar berikut. Bagian telinga yang ditunjuk huruf A adalah . 6. Gendang telinga akan . saat menerima gelombang bunyi. 7. Eko beragama Buddha. Jadi, kitab suci Eko adalah .

8. Hari Raya Nyepi merupakan perayaan tahun baru agama Hindu berdasarkan kalender . 9. Susunan penari membentuk garis sejajar atau garis lurus dari kanan ke kiri disebut formasi . 10. Tari . dan . dapat dilakukan di ruang yang sempit karena tidak membutuhkan ruang yang luas. By agung ade yulianto 16 KISI-KISI BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T1-ST2-A KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS :4 SEMESTER :1 TEMA : 1.

Indahnya Kebersamaan SUBTEMA : 2. Kebersamaan dalam Keberagaman KOMPETENSI DASAR JUMLAH IDENTIFIKAS SOAL I SOAL PILIHAN GANDA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 15 soal 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan 3 soal Bahasa Indonesia 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang 3 soal 1 s/d 3 diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, 3 soal tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 2 soal 4 s/d 5 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran 1 soal 6 s/d 6 Ilmu Pengetahuan Sosial 3 soal 7 s/d 9 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di 3 soal 10 s/d 12 provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia 3 soal 13 s/d 15 Seni Budaya dan Prakarya 3 soal 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah 3 soal 3 soal ISIAN 10 soal 1 s/d 2 2 soal 3 s/d 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 soal 5 s/d 6 2 soal 7 s/d 8 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, 2 soal 9 s/d 10 dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan 2 soal 2 soal Bahasa Indonesia 2 soal 2 soal 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang 2 soal diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 2 soal Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah By agung ade yulianto 17 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban :c Pembahasan : Gambar tersebut menunjukkan kegiatan ronda malam. 2. Jawaban :d Pembahasan : Dengan gotong royong, persatuan dan kesatuan masyarakat akan semakin erat. 3. Jawaban :a Pembahasan : Ronda malam akan memberikan rasa aman kepada masyarakat karena setiap malam ada warga yang berkeliling dan berjaga.

4. Jawaban :a Pembahasan : Ringkasan yang baik dan tepat adalah yang sesuai dengan isi bacaan. Bacaan tersebut menceritakan manfaat mengikuti kegiatan pramuka, yaitu menjadi anak yang mandiri, pemberani, dan bertanggung jawab. 5. Jawaban :c Pembahasan : Gagasan pendukung dapat berupa alasan, rincian, atau contoh. Sementara itu, gagasan pokok merupakan inti permasalahan.

6. Jawaban :d Pembahasan : Hubungan antargagasan bisa kita tentukan jika gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf memiliki hubungan yang jelas. Kita juga bisa menentukannya jika kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut saling mendukung dan tidak berdiri sendiri. 7. Jawaban :a Pembahasan : Kita tidak boleh membersihkan telinga dengan benda yang tajam karena dapat melukai telinga.

8. Jawaban :a Pembahasan : Gendang telinga merupakan telinga bagian tengah yang berfungsi untuk menerima gelombang bunyi setelah ditangkap daun telinga. 9. Jawaban :b Pembahasan : THT merupakan kepanjangan dari Telinga, Hidung, dan Tenggorokan. Jika ingin memeriksakan kesehatan telinga, kita harus ke dokter THT.

10. Jawaban :c Pembahasan : Salah satu rangkaian perayaan Imlek adalah Cap Go Meh. 11. Jawaban :d Pembahasan : Umat Konghucu melaksanakan ibadahnya di kelenteng. 12. Jawaban :a Pembahasan : Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. 13. Jawaban :c Pembahasan : Gerakan melenggang dan menggeleng saat menari dilakukan dengan gerakan lambat. Oleh sebab itu, gerakan-gerakan tersebut membutuhkan tenaga yang kecil atau lemah.

14. Jawaban :c Pembahasan : Ruang, waktu, dan tenaga merupakan dasar dari gerak tari. Ketiga unsur tari tersebut saling berhubungan dan membentuk gerakan-gerakan tari.

15. Jawaban :d Pembahasan : Sudah jelas. By agung ade yulianto 18 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : bekerja sama Pembahasan : Keragaman bukan merupakan penghalang untuk bekerja sama menciptakan kebersamaan dalam masyarakat. 2. Jawaban : ronda Pembahasan : Ronda adalah kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan. 3. Jawaban : kebudayaan nasional Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut adalah upaya melestarikan kebudayaan nasional.

Dengan demikian, hal yang dibahas pada paragraf tersebut adalah upaya pelestarian kebudayaan nasional. 4. Jawaban : membaca Pembahasan : Saat membaca teks, kita sekaligus dapat mencatat gagasan pokok. Gagasan pokok tersebut kemudian disusun menjadi sebuah ringkasan. 5. Jawaban : tulang martil Pembahasan : Huruf A menunjukkan gambar telinga bagian tulang martil.

6. Jawaban : bergetar Pembahasan : Gelombang bunyi yang merambat melalui udara ditangkap oleh daun telinga. Gelombang bunyi masuk melalui lubang telinga dan diteruskan saluran pendengaran. Lalu, gelombang bunyi akan menggetarkan gendang telinga. 7. Jawaban : Tripitaka Pembahasan : Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka. 8. Jawaban : Saka Pembahasan : Berdasarkan kalender Saka, Hari raya Nyepi merupakan perayaan tahun baru bagi penganut agama Hindu.

9. Jawaban : sejajar Pembahasan : Formasi sejajar adalah susunan penari membentuk garis sejajar atau garis lurus dari kanan ke kiri. 10. Jawaban : tunggal, berpasangan Pembahasan : Tari tunggal atau tari berpasangan sebaiknya dilakukan di ruang yang sempit. Sebab tari tunggal atau berpasangan hanya ditarikan oleh satu atau dua orang penari saja.

Sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas. By agung ade yulianto 19 SOAL BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T1-ST2-B KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 Soal Pilihan Ganda 1.

Berikut ini bentuk kerja sama dalam masyarakat, kecuali . a. siskamling b. tawuran c. kerja bakti d. gotong royong 2. Salah satu manfaat gotong royong adalah . a. menambah biaya yang dikeluarkan b. menambah beban warga yang kurang mampu c. pekerjaan menjadi lebih berat dan cepat selesai d.

mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat 3. Salah satu cara bekerja sama dalam keragaman adalah . a. memilih tugas yang paling mudah b. tidak menghargai pendapat orang lain c. membagi tugas secara adil sesuai kemampuan d. membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri 4. Penyajian teks bacaan dalam bentuk singkat disebut . a. gagasan pokok b.

kalimat utama c. gagasan pendukung d. ringkasan 5. Ani-ani merupakan alat tradisional untuk menuai padi (1). Di Kalimantan Selatan, alat ini disebut ranggaman (2). Ani-ani terbuat dari sepotong papan tipis dan kayu ringan (3). Pada salah satu sisinya, dipasang mata pisau (4). Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor . a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) 6. Kalimat-kalimat yang saling berkaitan dan saling mendukung dalam suatu paragraf akan memudahkan kita untuk menentukan .

a. kalimat pendukung b. gagasan pokok c. kalimat utama d. hubungan antargagasan 7. Dokter yang memeriksa kesehatan telinga adalah dokter . a. gigi b. THT c. saraf d.

bedah By agung ade yulianto 20 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 8. Telinga memiliki . terhadap bunyi. a. saraf b. kepekaan c. sinyal d. rangsangan 9. Bagian dalam telinga yang berisi ujung-ujung saraf pendengaran dan cairan endolimfe adalah . a. gendang telinga b. rumah siput c. saluran eustachius d. saluran setengah lingkaran 10. Berikut ini pasangan agama dengan kitab sucinya yang benar adalah . a. Islam, kitab suci Tripitaka b.

Islam, kitab suci Alquran c. Katolik, kitab suci Weda d. Hindu, kitab suci Injil 11. Hari raya Natal jatuh pada tanggal . a. 22 Desember b. 23 Desember c. 24 Desember d. 25 Desember 12. Berikut ini yang dilakukan ketika Idulfitri adalah . a.

salat Id di lapangan b. misa di gereja c. melakukan renungan di rumah d. meditasi dan doa bersama di Candi Borobudur 13. Formasi tari Bungong Jeumpa saat posisi duduk yaitu .

a. formasi sejajar dan zig-zag b. formasi sejajar dan huruf V c. formasi zig-zag dan melingkar d. formasi melingkar dan menyilang 14. Gerak tari dibuat dan diperagakan berdasarkan . a. ruang, waktu, dan iringan b. ruang, waktu, dan gerak c. ruang, waktu, dan tenaga d. ruang, gerak, dan tenaga 15.

Berikut ini formasi tari Bungong Jeumpa saat posisi berdiri kecuali . a. formasi sejajar b. formasi huruf V c. formasi melingkar d. formasi menyilang By agung ade yulianto 21 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Soal Isian 1. Istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan yaitu . 2. Permainan lari bakiak mengajarkan kita agar . dengan orang lain.

3. Perhatikan paragraf berikut! Menjelang sore, lampu hias yang mereka buat sudah selesai. Sekarang mereka siap mengikuti lomba. Ternyata perbedaan tidak menghalangi untuk bekerja sama menyelesaikan lampu hias mereka. Walau agama Made dan teman-teman berbeda, mereka membiasakan budaya toleransi dan saling menghargai. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di . paragraf. 4. Perhatikan paragraf berikut!

Seni pahat adalah salah satu seni yang terkenal di Pulau Dewata. Uniknya, para pemahat terbaik berasal dari Desa Mas di daerah Ubud. Banyak seniman menghasilkan karyanya di Desa Mas. Dengan melihat karya-karya terbaik dari seniman pahat Desa Mas, diharapkan kita menjadi tertarik.

Hubungan antara gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut adalah . 5. Kita sebaiknya memeriksakan telinga ke dokter setiap . sekali. 6. Gangguan pendengaran yang ditandai dengan tumbuhnya tulang pendengaran yang berlebihan adalah .

7. Hari raya umat Islam yang dirayakan setiap tanggal 1 Syawal adalah . 8. Untuk menjaga persatuan, kita memerlukan sikap . dan kerja sama antarumat beragama. 9. Susunan posisi penari saat menari disebut . 10. Gerakan tari yang kita lakukan harus disesuaikan dengan . ruangan. By agung ade yulianto 22 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 MODEL T1-ST2-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1. Jawaban : b Pembahasan : Siskamling, kerja bakti, dan gotong royong merupakan bentuk kerja sama dalam masyarakat.

Kegiatan tersebut dapat terlaksana jika semua warga ikut andil di dalamnya. 2. Jawaban : d Pembahasan : Dengan gotong royong, persatuan dan kesatuan masyarakat akan semakin erat. 3. Jawaban : c Pembahasan : Agar kerja sama dapat berjalan baik, tugas harus dibagi secara adil sesuai dengan kemampuan.

Dengan demikian, tugas akan selesai tepat waktu dan hasilnya baik. 4. Jawaban : d Pembahasan : Ringkasan adalah penyajian teks bacaan dalam bentuk singkat. 5. Jawaban : a Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ani-ani.

Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat gagasan pokok. Jadi, kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor (1), yaitu Ani-ani merupakan alat tradisional untuk menuai padi. 6. Jawaban : d Pembahasan : Hubungan antargagasan bisa kita tentukan jika gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf memiliki hubungan yang jelas.

Kita juga bisa menentukannya jika kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut saling mendukung dan tidak berdiri sendiri. 7. Jawaban : b Pembahasan : THT merupakan kepanjangan dari Telinga, Hidung, dan Tenggorokan.

Jika ingin memeriksakan kesehatan telinga, kita harus ke dokter THT. 8. Jawaban : b Pembahasan : Kita dapat mendengar berbagai bunyi karena telinga kita peka terhadap bunyi. 9. Jawaban : b Pembahasan : Rumah siput berisi ujung-ujung saraf pendengaran dan cairan endolimfe.

Rumah siput berfungsi menerima rangsangan bunyi untuk diteruskan ke otak. 10. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : d Pembahasan : Hari raya Natal selalu dirayakan pada tanggal 25 Desember tiap tahunnya.

12. Jawaban : a Pembahasan : Kegiatan yang dilakukan ketika Idulfitri adalah salat Id di masjid atau lapangan kemudian berkunjung ke rumah tetangga dan kerabat. 13. Jawaban : a Pembahasan : Saat posisi duduk, tari Bungong Jeumpa hanya menggunakan dua jenis formasi yaitu sejajar dan zig-zag. 14. Jawaban : c Pembahasan : Ruang, waktu, dan tenaga merupakan dasar dari gerak tari. Ketiga unsur tari tersebut saling berhubungan dan membentuk gerakan-gerakan tari.

15. Jawaban : d Pembahasan : Saat posisi berdiri, tari Bungong Jeumpa menggunakan empat jenis formasi yaitu sejajar, huruf V, melingkar, dan zig-zag. Tidak ada formasi menyilang dalam tari Bungong Jeumpa. By agung ade yulianto 23 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : gotong royong Pembahasan : Gotong royong adalah istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan.

2. Jawaban : bekerja sama Pembahasan : Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan lari bakiak adalah kerja sama. 3. Jawaban : akhir Pembahasan : Kalimat utama paragraf tersebut adalah Walau agama Made dan teman-teman berbeda, mereka membiasakan budaya toleransi dan saling menghargai. 4. Jawaban : saling berkait Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut adalah seni pahat.

Kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut menjelaskan tentang seni pahat. Dengan demikian, hubungan antara gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf tersebut saling berkaitan. 5. Jawaban : enam bulan Pembahasan : Kita sebaiknya memeriksakan telinga ke dokter setiap enam bulan sekali. Dokter akan membersihkan kotoran yang mengering di telinga kita.

6. Jawaban : otosklerosis Pembahasan : Sudah jelas. Otosklerosis yaitu gangguan pendengaran yang ditandai dengan tumbuhnya tulang pendengaran yang berlebihan 7. Jawaban : Idulfitri Pembahasan : Pada tanggal 1 Syawal, seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idulfitri. 8. Jawaban : toleransi Pembahasan : Sikap toleransi dan kerja sama antarumat beragama diperlukan untuk menjaga persatuan.

9. Jawaban : formasi Pembahasan : Susunan posisi penari saat menari disebut formasi. Ketika menari bersama teman, kita perlu mengatur formasi atau posisi saat menari supaya menarik. 10. Jawaban : luas Pembahasan : Gerakan tari yang dilakukan harus disesuaikan dengan luas ruangan. Gerakan tari yang bervariasi dan beragam membutuhkan ruangan yang luas, sedangkan gerakan tari yang terbatas membutuhkan ruangan yang sempit.

By agung ade yulianto 24 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-A Soal Pilihan Ganda 1. Sikap kerja sama harus diterapkan di .

a. rumah b. sekolah c. masyarakat d. semua tempat 2. Sikap yang tidak menunjukkan kerja sama, yaitu . a. membersihkan halaman dengan adik b. melaksanakan piket kelas dengan teman c. bermain komputer sendiri d. mengerjakan tugas sekolah berkelompok 3. Uni terganggu dengan kebiasaan jail Tengil. Sikap Uni sebaiknya . a. marah kepada Tengil b.

menghina kebiasaan Tengil c. menegur Tengil dengan sopan d. tidak mau berbicara kepada Tengil 4. Berikut yang bukan termasuk cara menentukan gagasan pada teks lisan adalah . a. menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan \"siapa yang dibahas?\" b. menuliskan setiap kalimat dari teks yang dibacakan c. menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan \"apa yang sedang dibahas?\" d.

menuliskan kalimat pokok dari teks yang dibacakan 5. Contoh benda yang dapat memantulkan bunyi adalah . a. gabus b. keramik c. busa d. wol 6. Ember yang dibunyikan di halaman rumah akan terdengar . a. nyaring b. tidak nyaring c. kuat d. lemah 7. Semakin kecil dan panjang rongga gendang, maka bunyi yang terdengar semakin .

a. lemah b. nyaring c. kuat d. keras 8. Makanan khas dari Provinsi Riau yang berbahan dasar udang adalah . a. rendang b. otak-otak c. gulai belacan d. seruit 9. Dodol Betawi merupakan makanan khas dari Provinsi . a. DKI Jakarta b. Jawa Barat c. Jawa Tengah d. Jawa Timur By agung ade yulianto 25 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 10. Perhatikan gambar berikut! Makanan dari Gresik yang ditunjukkan gambar tersebut bernama nasi .

a. jamblang b. krawu c. gudeg d. pecel 11. Berikut ini contoh iringan yang digunakan dalam pementasan seni tari, kecuali .

a. rekaman lagu b. tifa c. gamelan d. topeng 12. Saat menarikan tari Bungong Jeumpa, ekspresi wajah kita harus . a. ceria dan bersemangat b. sedih dan murung c. bersemangat dan berteriak-teriak d. susah hati dan terharu 13. Saat pentas tari, gerakan-gerakan yang ditampilkan harus sesuai dengan . a. tata letak panggung b. formasi tari c. busana yang dikenakan d.

properti yang digunakan Soal Isian 1. Berbicara dengan . merupakan cara menghargai orang lain. 2. Kita harus bekerja sama dalam hal .

3. Ada beberapa langkah dalam menentukan gagasan pokok dari teks lisan. Setelah mendengarkan setiap paragraf yang dibacakan, kita bisa . kalimat dari teks yang kita dengar. 4. Perhatikan paragraf berikut! Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi Ò€œucapan selamat datangÒ€, meski tetap mengandung sesuatu yang sakral dan religius.

Pencipta bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi. Ide pokok paragraf tersebut adalah . 5. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli disebut . 6. Eko berteriak di lapangan bola yang luas, suara Eko tidak terdengar nyaring karena .

7. Suku bangsa mayoritas yang tinggal di Provinsi Bali adalah suku . 8. Perhatikan gambar berikut! Makanan khas yang berasal dari Provinsi Jawa Barat yang ditunjukkkan oleh gambar tersebut adalah . 9. Iringan tari harus sesuai agar dapat menyatu dengan .

tari. 10. Menarikan tari Bungong Jeumpa bersama teman harus . By agung ade yulianto 26 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KISI-KSI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-A JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS :4 SEMESTER :1 TEMA : 1. Indahnya Kebersamaan SUBTEMA : 3.

Bersyukur atas Keberagaman KOMPETENSI DASAR JUMLAH IDENTIFIKAS SOAL I SOAL PILIHAN GANDA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 15 soal 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan 3 soal Bahasa Indonesia 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang 3 soal 1 s/d 3 diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, 3 soal tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 1 soal 4 s/d 4 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran 2 soal 5 s/d 6 Ilmu Pengetahuan Sosial 3 soal 7 s/d 9 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di 3 soal 10 s/d 12 provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia 3 soal 13 s/d 15 Seni Budaya dan Prakarya 3 soal 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah 3 soal 3 soal ISIAN 10 soal 1 s/d 2 2 soal 3 s/d 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 soal 5 s/d 6 2 soal 7 s/d 8 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, 2 soal 9 s/d 10 dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan 2 soal 2 soal Bahasa Indonesia 2 soal 2 soal 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang 2 soal diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 2 soal Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah By agung ade yulianto 27 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-A Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : d Pembahasan : Sikap kerja sama harus diterapkan di semua tempat. Kita harus tetap bisa bekerja sama di rumah, sekolah, maupun masyarakat. 2. Jawaban : c Pembahasan : Bermain komputer sendiri tidak menunjukkan sikap kerja sama. 3. Jawaban : c Pembahasan : Jika kita terganggu dengan kebiasaan teman, sebaiknya kita tegur teman kita dengan sopan.

4. Jawaban : a Pembahasan : Menentukan gagasan pokok sama dengan menentukan ide pokok. Menjawab pertanyaan \"apa yang sedang dibahas?\" bukan termasuk cara menentukan gagasan pada teks lisan. 5. Jawaban : b Pembahasan : Keramik memiliki permukaan yang keras sehingga dapat memantulkan bunyi. 6. Jawaban : b Pembahasan : Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut rumah merupakan ruangan terbuka sehingga bunyi yang dipantulkan memerlukan waktu yang cukup lama untuk merambat dan mengakibatkan bunyi terdengar tidak nyaring.

7. Jawaban : b Pembahasan : Bentuk rongga pada gendang mempengaruhi bunyi yang dihasilkan. Semakin kecil dan panjang rongga pada gendang, maka semakin nyaring bunyi yang dihasilkan. 8. Jawaban : c Pembahasan : Sudah jelas. 9. Jawaban : a Pembahasan : Salah satu makanan khas dari Provinsi DKI Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut adalah dodol Betawi.

10. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : d Pembahasan : Topeng tidak termasuk iringan dalam seni tari. Topeng merupakan properti atau perlengkapan tari.

12. Jawaban : a Pembahasan : Sudah jelas. 13. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. By agung ade yulianto 28 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1.

Jawaban : santun Pembahasan : Salah satu cara menghargai orang lain, yaitu berbicara dengan santun. 2. Jawaban : kebaikan Pembahasan : Bekerja sama hanya boleh kita lakukan dalam hal kebaikan agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

3. Jawaban : menuliskan Pembahasan : Sebelum menentukan gagasan pokok dari teks lisan, kita terlebih dahulu mendengarkan setiap paragraf yang dibacakan.

Selanjutnya, kita bisa menuliskan kalimat dari teks yang kita dengar. 4. Jawaban : tari Pendet Pembahasan : Ide pokok disebut juga gagasan pokok, yaitu topik yang dibahas dalam paragraf. Ide pokok paragraf tersebut adalah tari Pendet.

5. Jawaban : gaung Pembahasan : Gaung dapat terjadi karena sumber bunyi dengan dinding pemantul mempunyai jarak yang jauh sehingga bunyi pantul yang dihasilkan terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli. 6. Jawaban : bunyi merambat ke segala arah Pembahasan : Lapangan bola merupakan ruang terbuka sehingga bunyi dapat merambat ke segala arah dan memerlukan waktu yang lama untuk dipantulkan oleh dinding- dinding di sekitar lapangan bola.

Jadi, bunyi tidak terdengar nyaring. 7. Jawaban : Bali Pembahasan : Sudah jelas. 8. Jawaban : serabi kadang Pembahasan : Sudah jelas. 9. Jawaban : gerakan Pembahasan : Sudah jelas.

10. Jawaban : kompak Pembahasan : Tari Bungong Jeumpa merupakan tarian yang ditarikan secara berkelompok dengan kompak. By agung ade yulianto 29 SOAL BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T1-ST3-B KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 Soal Pilihan Ganda 1. Perbuatan yang membutuhkan kerja sama dengan teman adalah . a. mengerjakan soal ujian b.

mengerjakan tugas kelompok c. membayar biaya sekolah d. merapikan tempat tidur 2. Made dan Dondo mempunyai perbedaan pendapat. Sikap mereka sebaiknya . a. mempertahankan pendapat b. saling menjelekkan pendapat c. memusuhi satu sama lain d. menerima pendapat yang lebih baik 3. Made dan teman-teman membantu berjualan penjual kantin.

Berikut hal yang dapat mereka lakukan, kecuali . a. menyiapkan minuman b. menyiapkan makanan c. menghabiskan makanan d. menjaga kebersihan 4. Berikut yang bukan termasuk cara menentukan gagasan pada teks lisan adalah . a. menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan \"siapa yang dibahas?\" b. menuliskan setiap kalimat dari teks yang dibacakan c. menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan \"apa yang sedang dibahas?\" d.

menuliskan kalimat pokok dari teks yang dibacakan 5. Agar kita bisa menentukan gagasan utama dari teks lisan, kita harus .

setiap paragraf yang dibacakan dengan saksama. a. mencatat b. mendengarkan c. mengamati d. membaca 6. Contoh benda yang dapat memantulkan bunyi adalah . a. gabus b. keramik c. busa d. wol 7. Gaung terjadi jika jarak sumber bunyi dan dinding pantul . a. sangat jauh b. agak jauh c. sangat dekat d. dekat By agung ade yulianto 30 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 8. Ember yang dibunyikan di halaman rumah akan terdengar .

a. nyaring b. tidak nyaring c. kuat d. lemah kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut. Makanan khas dari Provinsi Riau yang berbahan dasar udang adalah . a. rendang b. otak-otak c. gulai belacan d. seruit 10. Perhatikan gambar berikut! Makanan khas dari Sumatera Utara yang ditunjukkan gambar tersebut bernama .

a. pempek b. bika kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut c. lumpia d. jepa 11. Perhatikan gambar berikut! Makanan khas Madiun yang ditunjukkan gambar tersebut bernama nasi . 31 a. jamblang b. krawu c. gudeg d. pecel 12. Tempat pementasan tari perlu ditata agar penari merasa .

a. bangga b. kecewa c. puas d. nyaman 13. Berikut ini yang tidak termasuk kegiatan apresiasi adalah . a. mengenali b. menilai c. menghargai d. mengabaikan 14. Yang tidak termasuk kostum tari Bungong Jeumpa adalah . a. baju atasan b. celana panjang c. ikat kepala d. kipas By agung ade yulianto BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Soal Isian 1. Setiap orang mempunyai sifat dan kebiasaan yang . 2. Kita harus bekerja sama dalam hal . 3. Perhatikan paragraf berikut!

Tari Guel merupakan tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Aceh, tepatnya masyarakat suku Gayo di Provinsi Aceh.

Guel berarti membunyikan. Para peneliti dan pencipta tari mengatakan tarian ini bukan hanya sekedar tari. Tari ini merupakan gabungan dari seni sastra, seni musik, dan seni tari itu sendiri. Guel menjadi tari tradisi terutama dalam upacara adat tertentu.

Tari ini juga merupakan apresiasi terhadap wujud alam yang kemudian dirangkai sedemikian rupa melalui gerak. Hal yang dibahas pada paragraf tersebut adalah . 4. Perhatikan paragraf berikut! Tari Bines merupakan tarian tradisional yang berasal dari ProvinsiAceh, tepatnya berasal dari Kabupaten Gayo Lues. Tarian ini muncul dan berkembang di Aceh Tengah kemudian dibawa ke Aceh Timur.

Tari Bines diperkenalkan oleh seorang ulama bernama Syech Saman dalam rangka berdakwah. Tari ini ditarikan oleh para wanita dengan cara duduk berjajar sambil menyanyikan syair yang berisikan dakwah atau informasi pembangunan. Para penari melakukan gerakan dengan perlahan kemudian berangsur-angsur menjadi cepat dan akhirnya berhenti seketika secara serentak. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di .

paragraf. 5. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli disebut . 6. Saat kita berteriak di dalam kamar mandi, suara kita terdengar nyaring. Hal ini membuktikan bahwa bunyi bersifat . 7. Gudeg merupakan makan khas yang berasal dari Provinsi . 8. . adalah nama pakaian adat yang berasal dari Provinsi Bali. 9. Gerakan ketika menarikan tari Bungong Jeumpa harus sesuai dengan irama dan . lagu pengiring.

10. Iringan tari harus sesuai agar dapat menyatu dengan . tari. By agung kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut yulianto 32 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut Pembahasan : Tugas kelompok harus dikerjakan oleh semua anggota kelompok dengan bekerja sama. 2. Jawaban : d Pembahasan : Saat ada perbedaan pendapat, kita harus tetap saling menghargai. Kita terima pendapat yang lebih baik dengan lapang dada. 3. Jawaban : c Pembahasan : Kita tidak boleh menghabiskan makanan yang dijual ketika membantu penjual di kantin berjualan.

4. Jawaban : a Pembahasan : Menentukan gagasan pokok sama dengan menentukan ide pokok. Menjawab pertanyaan \"apa yang sedang dibahas?\" bukan termasuk cara menentukan gagasan pada teks lisan. 5. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 6. Jawaban : b Pembahasan : Keramik memiliki permukaan yang keras sehingga dapat memantulkan bunyi. 7. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 8. Jawaban : b Pembahasan : Halaman rumah merupakan ruangan terbuka sehingga bunyi yang dipantulkan memerlukan waktu yang cukup lama untuk merambat dan mengakibatkan bunyi terdengar tidak nyaring.

9. Jawaban : c Pembahasan : Sudah jelas. 10. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : d Pembahasan : Sudah jelas. 12. Jawaban : d Pembahasan : Tempat untuk mementaskan tari yang ditata akan membuat penari merasa nyaman saat bergerak menari. 13. Jawaban : d Pembahasan : Mengabaikan tidak termasuk dalam kegiatan apresiasi karena apresiasi meliputi mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni.

14. Jawaban : d Pembahasan : Tari Bungong Jeumpa tidak menggunakan kipas dalam pementasannya. By agung ade yulianto 33 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : berbeda Pembahasan : Sifat dan kebiasaan setiap orang bisa berbeda-beda. 2. Jawaban : kebaikan Pembahasan : Bekerja sama hanya boleh kita lakukan dalam hal kebaikan agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

3. Jawaban : tari Guel Pembahasan : Hal yang dibahas dalam teks merupakan gagasan pokok atau topikdalam teks. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah tari Guel. 4. Jawaban : awal Pembahasan : Kalimat utama adalah kalimat yang memuat inti paragraf.

Kalimat utama pada paragraf tersebut terletak di awal paragraf, yaitu Tari Bines merupakan tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Aceh tepatnya berasal dari kabupaten Gayo Lues.

5. Jawaban : gaung Pembahasan : Gaung dapat terjadi karena sumber bunyi dengan dinding pemantul mempunyai jarak yang jauh sehingga bunyi pantul yang dihasilkan terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli.

6. Jawaban : dapat dipantulkan Pembahasan : Dinding kamar mandi mempunyai permukaan yang keras sehingga bunyi dapat dipantulkan oleh dinding. 7. Jawaban : DI Yogyakarta Pembahasan : Sudah jelas. 8. Jawaban : Payas Agung 9. Jawaban : tempo Pembahasan : Saat menari, gerakan tari harus sesuai dengan irama dan tempo lagu pengiring. 10. Jawaban : gerakan By agung ade yulianto 34 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUMPULAN SOAL HARIAN KELAS 4 TEMA 2 : Selalu Hemat Energi Sub Tema 1-3 Tipe A dan B By agung ade yulianto 35 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-A Soal Pilihan Ganda 1.

Pada malam hari, Uni tidak pernah belajar dalam kegelapan. Berarti, Uni telah . a. melakukan kewajibannya b. melaksanakan tugas c. menerima haknya d. bertanggung jawab 2. Berikut ini merupakan hak kita, kecuali .

a. mendapatkan air bersih b. menggunakan energi listrik c. memanfaatkan minyak bumi d. menghabiskan minyak bumi 3. Sikap yang harus kita hindari yaitu . a. menampung air hujan untuk menyiram tanaman b. menutup keran saat menggosok gigi c. membersihkan selokan dari sampah d. membuang sampah di sungai Gambar berikut digunakan untuk menjawab 2 pertanyaan di bawahnya. 4. Informasi yang tepat tentang sumber energi dari gambar di atas adalah .

36 a. Kegiatan menjemur kerupuk memanfaatkan energi panas. b. Kegiatan menjemur kerupuk membutuhkan energi matahari. c. Kerupuk yang tidak dijemur di bawah sinar matahari tidak bisa mengembang. d. Energi matahari berubah menjadi energi panas. 5. Gagasan pokok dari gambar di atas adalah . a. manfaat energi matahari bagi kehidupan sehari-hari b. kerupuk merupakan makanan camilan c. kegiatan menjemur kerupuk membutuhkan energi panas d. menjemur kerupuk dilakukan setiap hari 6. Perhatikan penggalan laporan percobaan berikut!

Alat dan bahan: 1. Dua helai sapu tangan 2. Ember 3. Air Cara kerja: 1. Basahi kedua sapu tangan dengan air. 2. Jemur satu sapu tangan di tempat yang terkena sinar matahari. 3. Jemur sapu tangan yang lain di dalam ruang tertutup.

4. Sapu tangan yang terkena sinar matahari secara langsung akan lebih cepat kering. By agung ade yulianto BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 5. Sapu tangan yang dijemur di ruangan tertutup lebih lama kering. Dari penggalan laporan di atas, informasi yang kita peroleh adalah . a. Sapu tangan yang dijemur di dalam ruangan berbau lebih harum.

b. Sapu tangan bisa kita basahi dengan air. c. Energi matahari bermanfaat untuk mengeringkan sapu tangan yang basah. d. Kegiatan mengeringkan sapu tangan membutuhkan energi air. 7. Benda yang menunjukkan timbulnya energi gerak adalah . a. balok b.

kincir c. buku d. pensil 8. Pada proses pembuatan garam, air laut akan . karena terkena panas matahari. a. menguap b. membeku c. mengembun d. mencair 9. Kecepatan perputaran turbin pada kincir angin dipengaruhi oleh . a. kelembaban angin b. kecepatan angin c. suhu udara d. panas matahari 10. Hasil perkebunan yang digunakan untuk bahan baku membuat gula merah adalah .

a. kina b. rosella c. kelapa d. tebu 11. Agar kekayaan alam bermanfaat untuk seluruh rakyat, maka harus . a. dimusnahkan b. dimiliki pejabat c. dilestarikan d. dikuasai swasta 12. Daerah Tembagapura di Papua merupakan daerah tambang . a. bijih besi b. nikel c. belerang d. tembaga By agung ade yulianto 37 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 13.

Perhatikan gambar garis paranada berikut. Ruas birama ditunjukkan pada nomor . a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 14. Nada re jika dituliskan dalam notasi angka berupa angka . a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 15. Nada yang tidak ada tanda titik di belakangnya dinyanyikan . a. panjang b. pendek c. pelan d. lambat Soal Isian 1. Minyak bumi akan habis, jadi kita .

menghemat penggunaannya. 2. Uni lebih senang pergi ke sekolah menggunakan sepeda. Uni telah melaksanakan kewajiban menghemat . 3. Informasi dari teks bisa kita dapatkan dengan cara . 4. Perhatikan gambar berikut!

Gambar tersebut memuat informasi tentang . 5. Energi matahari dapat membantu pembentukan pro-vitamin D dalam tubuh menjadi . 6. Matahari adalah salah satu sumber energi . di bumi. 7. Air dan udara termasuk sumber daya alam yang . 8. Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai potensi ikan terbesar setelah Bagansiapiapi adalah .

By agung ade yulianto 38 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 9. Perhatikan garis paranada berikut! Gambar nomor 4 disebut . 10. Tempo sedang disebut juga . KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-A JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS :4 SEMESTER :1 TEMA : 2.

Selalu Berhemat Energi SUBTEMA : 1. Sumber Energi KOMPETENSI DASAR JUMLAH IDENTIFIKASI SOAL SOAL PILIHAN GANDA 15 soal 3 soal 1 s/d 3 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 soal 4 s/d 6 3 soal 7 s/d 9 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga 3 soal masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 3 soal 10 s/d 12 13 s/d 15 Bahasa Indonesia 3 soal 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, 3 soal tulis, atau visual 3 soal Ilmu Pengetahuan Alam 3 soal 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan 3 soal sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi Seni Budaya dan Prakarya 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada ISIAN 10 soal 1 s/d 2 2 soal 3 s/d 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 soal 5 s/d 6 2 soal 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga 2 soal masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 2 soal Bahasa Indonesia 2 soal 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari By agung ade yulianto 39 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KOMPETENSI DASAR JUMLAH IDENTIFIKASI SOAL SOAL Ilmu Pengetahuan Sosial 2 soal 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya 7 s/d 8 alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai 2 soal tingkat provinsi 9 s/d 10 Seni Budaya dan Prakarya 2 soal 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada 2 soal KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-A Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : c Pembahasan : Uni tidak pernah belajar dalam kegelapan. Pasokan listrik di rumah Uni selalu cukup. Berarti, Uni telah mendapat haknya menggunakan energi listrik.

2. Jawaban : d Pembahasan : Yang tidak termasuk hak kita adalah menghabiskan minyak bumi. Kita boleh memanfaatkan minyak bumi, tetapi kita harus menghemat penggunaannya. 3. Jawaban : d Pembahasan : Kita harus menghindari sikap membuang sampah di sungai. Hak orang lain untuk mendapat air bersih akan hilang karena sungai kotor. 4. Jawaban : b Pembahasan : Informasi yang diperoleh dari gambar: Γ―β€šΒ· Gambar tersebut menceritakan tentang kegiatan menjemur kerupuk. Γ―β€šΒ· Kegiatan menjemur kerupuk membutuhkan energi matahari.

Γ―β€šΒ· Energi matahari bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. 5. Jawaban : a Pembahasan : Gagasan pokok dari gambar di atas adalah manfaat energi matahari bagi kehidupan sehari-hari.

6. Jawaban : c Pembahasan : Informasi yang diperoleh dari teks: Γ―β€šΒ· Energi matahari bermanfaat untuk mengeringkan sapu tangan yang basah. Γ―β€šΒ· Energi matahari bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. 7. Jawaban : b Pembahasan : Kincir dapat menunjukkan kepada kita tentang energi gerak karena kincir memiliki baling-baling yang dapat bergerak ketika terkena angin atau air. 8. Jawaban : a Pembahasan : Panas matahari akan membuat air laut menguap sehingga meninggalkan butiran- butiran garam.

9. Jawaban : b Pembahasan : Kecepatan angin mempengaruhi perputaran turbin pada kincir angin. Semakin besar kecepatan angin, maka perputaran turbin juga semakin cepat. 10. Jawaban : c Pembahasan : Hasil perkebunan yang digunakan untuk bahan baku membuat gula merah adalah kelapa.

11. Jawaban : c Pembahasan : Agar kekayaan alam bermanfaat untuk seluruh rakyat, maka harus dilestarikan. By agung ade yulianto 40 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 12. Jawaban : d Pembahasan : Daerah Tembagapura di Papua merupakan daerah tambang tembaga.

13. Jawaban : a Pembahasan : Ruas birama pada garis paranada di atas ditunjukkan pada nomor 1. Nomor 2 merupakan garis birama, nomor 3 disebut garis paranada, sedangkan nomor 4 adalah garis penutup birama. 14. Jawaban : b Pembahasan : Nada re jika dituliskan dalam notasi angka berupa angka 2.

15. Jawaban : b Pembahasan : Nada yang tidak ada tanda titik di belakangnya berarti dinyanyikan pendek. Nada tersebut dinyanyikan dengan hitungan satu ketukan. Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : wajib Pembahasan : Minyak bumi akan habis, jadi kita wajib menghemat penggunaannya.

2. Jawaban : minyak bumi Pembahasan : Uni lebih senang pergi ke sekolah menggunakan sepeda. Uni telah melaksanakan kewajiban menghemat minyak bumi. 3.

Jawaban : membaca teks dengan cermat Pembahasan : Menemukan informasi dari teks bisa kita lakukan dengan cara membaca teks dengan cermat. 4. Jawaban : alat-alat (peralatan) listrik Pembahasan : Informasi yang bisa kita dapatkan dari gambar di atas yaitu tentang alat-alat listrik. 5. Jawaban : vitamin D Pembahasan : Di dalam tubuh kita sudah terdapat provitamin D, sehingga perlu proses pembentukan untuk mendapatkan vitamin D.

Proses pembentukan vitamin D tersebut dapat dibantu dengan sinar matahari. 6. Jawaban : terbesar Pembahasan : Pancaran panas dari matahari dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi. 7. Jawaban : dapat diperbarui Pembahasan : Air dan udara termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. 8. Jawaban : Banyuwangi Pembahasan : Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai potensi ikan terbesar setelah Bagansiapiapi adalah Banyuwangi.

9. Jawaban : garis penutup Pembahasan : Gambar nomor 4 menunjukkan garis penutup. Nomor 1 merupakan ruas birama.

Nomor 2 merupakan garis birama, sedangkan nomor 3 disebut garis paranada. 10. Jawaban : moderato Pembahasan : Tempo sedang disebut juga moderato. By agung ade yulianto 41 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 By agung kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut yulianto 42 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-B Soal Pilihan Ganda 1. Kegiatan yang tidak termasuk melaksanakan kewajiban sehari-hari adalah .

a. mematikan lampu kamar saat pergi b. menggunakan air dengan bijaksana c. menyalakan televisi dan radio d. tidur siang setelah mematikan televisi 2. Menghemat energi listrik merupakan . setiap orang. a.

hak b. kewajiban c. tugas d. tanggung jawab 3. Made tidak pernah kekurangan air bersih. Berarti Made telah . a. menerima haknya b.

melaksanakan tugas c. melakukan kewajibannya d. bertanggung jawab Gambar berikut digunakan untuk menjawab 2 pertanyaan di bawahnya. 4. Salah satu informasi yang kita dapatkan dari gambar tersebut adalah . a. Setiap pagi, bayi harus dijemur di halaman berumput.

b. Kegiatan berjemur membutuhkan energi panas. c. Kegiatan berjemur membutuhkan energi matahari. d. Matahari selalu bersinar di pagi hari. 5. Informasi pada gambar bisa kita tuliskan dalam bentuk cerita. Cerita yang tepat sesuai kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut pada gambar yaitu .

a. Setiap pagi, adik bayi dijemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tulang karena mengandung vitamin D.

Vitamin D diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, apalagi pada masa pertumbuhan. b. Adik bayi dijemur di halaman berumput. Rumput membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Cahaya matahari bermanfaat bagi tumbuhan dan manusia. c. Setiap pagi, matahari selalu bersinar. Sinar matahari merupakan sumber energi.

Energi matahari bisa digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. d. Matahari bersinar cerah pada pagi hari. Semua orang melakukan aktivitasnya.

Udara pagi terasa sejuk dan menyegarkan. Saatnya memulai hari dengan penuh semangat. 6. Salah satu informasi yang kita dapatkan dari gambar tersebut adalah . a. Setiap pagi, bayi harus dijemur di halaman berumput. b. Kegiatan berjemur membutuhkan energi panas. c. Kegiatan berjemur membutuhkan energi matahari. By agung ade yulianto 43 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 d. Matahari selalu bersinar di pagi hari. 7. Benda akan cepat kering jika dijemur di tempat .

a. teduh b. sejuk c. panas d. tertutup 8. Baling-baling sederhana akan . jika ditiup. a. berputar b. berjalan c. beredar d. berloncatan 9. Matahari merupakan penghasil utama energi . a. panas b. bunyi c. gerak d. suara 10. Grafit merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai .

a. pembuatan alat listrik b. pelapis kaleng makanan c. bahan baku pensil d. perabot rumah tangga 11. Karena hasil pertaniannya, Indonesia terkenal sebagai .

a. negara kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut b.

negara industri c. negara maju d. negara agraris 12. Hasil pertanian yang dapat digunakan sebagai bahan makanan pokok adalah . a. kina b. cokelat c. nira d. sagu 13. Menyanyikan lagu harus sesuai tempo. Tempo adalah . a. bunyi yang berulang dengan teratur b. keselarasan bunyi lagu c.

keras lembutnya lagu d. cepat lambat lagu saat dinyanyikan 14. Perhatikan penggalan notasi berikut! Nada pada penggalan notasi angka di atas dinyanyikan . a. pendek b.

panjang By agung ade yulianto 44 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 c. tinggi d. rendah 15. Berikut ini merupakan bagian-bagian birama, kecuali . a. ruas birama b. garis birama c. garis penutup d.

jeda birama Soal Isian 1. Menghemat air merupakan . kita sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari. 2. Manusia berhak memanfaatkan air untuk memenuhi . 3. Gambar yang baik mampu memuat . yang ingin disampaikan. 4. Perhatikan gambar berikut!

Dari gambar di atas, kita mengetahui informasi tentang kegiatan . 5. Energi matahari dapat membantu pembentukan pro-vitamin D dalam tubuh menjadi . 6. Pakaian yang basah akan cepat kering jika dijemur di tempat . 7. Kayu, rotan, damar, dan kayu putih merupakan hasil . 8. Tebu diperoleh dari hasil .

9. Garis dalam notasi musik yang membatasi ruas birama disebut . 10. Garis birama tunggal artinya . By agung ade yulianto 45 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1. Jawaban : c Pembahasan : Kewajiban kita sehari-hari adalah hemat energi. Menyalakan televisi dan radio bersamaan berarti kita tidak menghemat energi.

Kita sebaiknya menyalakan salah satu alat elektronik saja. 2. Jawaban : b Pembahasan : Menghemat energi listrik merupakan kewajiban setiap orang. Dengan menghemat listrik, hak kita menggunakan listrik akan selalu terpenuhi. 3. Jawaban : a Pembahasan : Mendapatkan air bersih merupakan hak setiap orang.

Jadi, Made telah menerima haknya untuk mendapatkan air. 4. Jawaban : c 5. Jawaban : a Pembahasan : Cerita yang tepat sesuai informasi pada gambar yaitu Setiap pagi, adik bayi dijemur di bawah sinar matahari.

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tulang karena mengandung vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, apalagi pada masa pertumbuhan. 6. Jawaban : c Pembahasan : Informasi yang diperoleh dari gambar: Γ―β€šΒ· Gambar tersebut menceritakan tentang kegiatan berjemur.

Γ―β€šΒ· Berjemur dilakukan di pagi hari saat tampak matahari. Γ―β€šΒ· Berjemur membutuhkan energi matahari. Γ―β€šΒ· Energi matahari bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. 7. Jawaban : c Pembahasan : Sudah jelas.

8. Jawaban : a Pembahasan : Ketika ditiup terdapat energi angin yang mampu menggerakkan baling-baling sederhana sehingga baling-baling sederhana bergerak memutar. 9. Jawaban : a Pembahasan : Pancaran panas dari matahari dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan. 10. Jawaban : c Pembahasan : Grafit merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pensil. 11. Jawaban : d Pembahasan : Indonesia terkenal sebagai negara agraris.

Negara agraris adalah negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya dari pertanian. 12. Jawaban : d Pembahasan : Sagu dapat digunakan untuk bahan makanan pokok pengganti beras.

13. Jawaban : d Pembahasan : Tempo adalah cepat lambat lagu saat dinyanyikan. Saat menyanyikan lagu kita harus memperhatikan tempo. 14. Jawaban : a Pembahasan : Nada pada penggalan notasi angka di atas dinyanyikan pendek. Tanda garis mendatar di atas not menandakan bahwa nada berada dalam satu ketukan sehingga dinyanyikan pendek. 15. Jawaban : d Pembahasan : Birama terdiri dari beberapa bagian yaitu tanda birama, ruas birama, garis birama, dan garis penutup.

Jeda birama bukan termasuk bagian dari birama. By agung ade yulianto 46 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : kewajiban Pembahasan : Menghemat air merupakan kewajiban kita sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari. 2. Jawaban : kebutuhan sehari-hari Pembahasan : Manusia berhak memanfaatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 3. Jawaban : informasi Pembahasan : Gambar yang baik seharusnya mampu memuat sejumlah informasi yang bisa menambah pengetahuan pembacanya.

4. Jawaban : penambangan minyak bumi di laut lepas Pembahasan : Gambar tersebut menceritakan tentang kegiatan penambangan minyak bumi di laut lepas. 5. Jawaban : vitamin D Pembahasan : Di dalam tubuh kita sudah terdapat provitamin D, sehingga perlu proses pembentukan untuk mendapatkan vitamin D. Proses pembentukan vitamin D tersebut dapat dibantu dengan sinar matahari. 6. Jawaban : panas Pembahasan : Sudah jelas. 7. Jawaban : perhutanan Pembahasan : Kayu, rotan, damar, dan kayu putih merupakan hasil perhutanan.

8. Jawaban : perkebunan Pembahasan : Tebu diperoleh dari hasil perkebunan. 9. Jawaban : garis birama Pembahasan : Garis dalam notasi musik yang membatasi ruas birama disebut garis birama. 10. Jawaban : jeda Pembahasan : Garis birama tunggal pada tanda birama berarti jeda. By agung ade yulianto 47 SOAL BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 PENILAIAN HARIAN MODEL T2-ST2-A KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 Soal Pilihan Ganda 1.

Berikut ini cara menghemat kertas, kecuali . a. kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut kertas ketika benar-benar membutuhkan b. memaksimalkan penggunaan kertas saat menulis c. mencoret-coret buku ketika bosan d. memanfaatkan teknologi saat menulis atau membaca 2. Kewajiban kita dalam menggunakan kertas adalah .

a. menghabiskan kertas b. bermain menggunakan kertas c. menghemat penggunaannya d. membuang kertas 3. Kampanye dapat menjadi sarana menanamkan . hemat energi. a. kebiasaan b. keengganan c. kemampuan d. kemauan 4. Perhatikan petunjuk membunyikan radio berikut ini! (1) Putar tombol pencari gelombang.

(2) Tekan tombol on/off. (3) Atur volume yang diinginkan. (4) Jika ingin berpindah gelombang, putar tombol pencari gelombang ke arah kanan atau kiri.

(5) Berhenti memutar tombol gelombang jika sudah menemukan gelombang yang diinginkan. Urutan cara membunyikan radio yang tepat adalah . a. (2) Γ’β‚¬β€œ (1) Γ’β‚¬β€œ (3) Γ’β‚¬β€œ (4) Γ’β‚¬β€œ (5) b.

(2) Γ’β‚¬β€œ (1) Γ’β‚¬β€œ (3) Γ’β‚¬β€œ (5) Γ’β‚¬β€œ (4) c. (2) Γ’β‚¬β€œ (3) Γ’β‚¬β€œ (1) Γ’β‚¬β€œ (5) Γ’β‚¬β€œ (4) d. (1) Γ’β‚¬β€œ (3) Γ’β‚¬β€œ (2) Γ’β‚¬β€œ (4) Γ’β‚¬β€œ (5) 5. Gambar pada poster sebaiknya menggunakan warna . a. merah b. primer c.

sekunder d. mencolok 6. Perhatikan petunjuk pembuatan mainan parasut yang belum runtut berikut ini! 1) Gabungkan ujung benang, lalu ikatkan batu atau boneka. 2) Ikatkan benang sepanjang 30 cm ke semua lubang pada plastik.

3) Buatlah pola berbentuk lingkaran dari plastik. 4) Lemparkanlah ke udara, tampaklah orang terjun. 5) Gunting pola tersebut, lalu tandai untuk lubang benang. Urutan langkah-langkah yang benar dalam membuat mainan parasut adalah . a. 3) - 5) - 2) - 1) - 4) b. 3) - 5) - 2) - 4) - 1) By agung ade yulianto 48 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 c.

3) - 2) - 5) - 1) - 4) d. 3) - 5) - 1) - 2) - 4) 7. Contoh pemanfaatan energi listrik di sekolah adalah . a. menyalakan televisi b. menyalakan lampu penerangan jalan c.

menyalakan tangga berjalan d. menyalakan komputer 8. Saat menancapkan steker pada stopkontak, tangan harus dalam keadaan . a. basah b. kering c. lembab d. berair 9. Made mendengarkan radio di rumah. Perubahan energi yang terjadi saat Made menyalakan radio adalah perubahan energi listrik menjadi energi .

a. cahaya b. bunyi c. kimia d. gerak 10. Di bawah ini yang merupakan gambar pala adalah . a. b. c. 49 d. 11. Daerah penghasil cengkih di Indonesia adalah . a. Sumatra Utara b. Kalimantan Timur c. Sulawesi Tenggara d.

Maluku 12. Waktu yang dibutuhkan dalam pembentukan batu bara adalah . a. lima tahun b. puluhan tahun c. ratusan tahun d. jutaan tahun 13. Tanda titik di atas not angka berfungsi sebagai tanda . By agung ade yulianto Merdeka.com - Lingkungan sekitar kita merupakan alam yang begitu cantik dan indah.

Sejak jutaan tahun yang lalu, lingkungan alam telah ada dan memberikan banyak manfaatnya kepada umat manusia. Sudah selayaknya manusia senantiasa melakukan kebaikan kembali bagi lingkungan dan alam.

Hal itu dapat diwujudkan dengan melakukan beberapa kegiatan sebagai contoh melestarikan lingkungan sekitar. BACA JUGA: Jual Orangutan ke Polisi, Lima Pemuda Binjai Masuk Bui Konsep Lingkungan Hidup dan Berbagai Masalahnya, Perlu Diketahui Setiap hari, tak dipungkiri manusia akan menghasilkan sampah.

Sampah ini dapat menjadi sumber masalah lingkungan jika tidak ditangani dengan benar. Mulai dari diri sendiri, usahakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selalu sediakan tempat sampah di lingkungan sekitar tempat tinggal.

2. Pengelompokan Sampah Selain dengan tidak membuang sembarangan, contoh melestarikan lingkungan yang berikutnya yaitu dengan mengelola sampah. Caranya mudah, cukup kelompokkan sampah sesuai dengan kategorinya. Hal ini bisa diwujudkan dengan melabeli atau memberi warna berbeda pada setiap tempat sampah.

Pisahkan kategori sampah organik, anorganik, dan sampah lainnya. BACA JUGA: 10 Cara Melestarikan Lingkungan Alam dengan Langkah Sederhana, Wajib Dicoba Peran Pecinta Lingkungan dalam Menyelamatkan Bumi, Ketahui Definisinya Sampah organik digunakan bagi limbah sisa makanan, sayuran, hingga dedaunan kering. Sementara itu, sampah anorganik digunakan untuk mengumpulkan limbah plastik, styrofoam, hingga kemasan makanan.

Sampah lainnya dapat dibedakan untuk limbah botol, besi, kaleng, dan lain sebagainya. BACA JUGA: Perusakan Lingkungan Hidup: Pengertian, Penyebab dan Cara Mencegahnya 5 Cara Mengatasi Kerusakan Lingkungan Alam, Perlu Diketahui Selain itu, pohon juga dapat mengurangi kandungan karbon dioksida serta memurnikan udara sehingga lebih bersih untuk dihirup makhluk hidup. Buah serta berbagai bunga cantik juga senantiasa dapat diambil manfaatnya. 4. Hemat Energi Selain dengan melakukan reboisasi dan menanam banyak pohon, contoh melestarikan lingkungan selanjutnya adalah dengan hemat energi.

Cara ini dapat dilakukan dengan menghemat penggunaan listrik. Usahakan untuk menggunakan listrik sesuai kebutuhan. Selain meningkatkan pengeluaran, menggunakan listrik secara berlebihan juga dapat merusak lingkungan hidup. Pilih berbagai alat elektronik dengan penggunaan listrik yang minim. Jika siang hari, matikan berbagai perangkat elektronik yang tidak digunakan kembali. BACA JUGA: Menteri LHK Tinjau Pengelolaan Sampah Pelabuhan Tanjung Priok Jelang Mudik Kapal Pengangkut BBM Pertamina Bocor di Laut Aceh, Keselamatan Ekosistem Terancam 5.

Hemat Penggunaan Air Air merupakan elemen dasar yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bertahan. Kini, ketersediaan air bersih di bumi disebut semakin mulai berkurang. Maka dari itu, ada baiknya untuk mulai menghemat penggunaan air. Gunakan air secara bijak dan secukupnya saja. Misalnya, pilih teknologi pemancar air untuk mandi serta mencuci pakaian jika telah menumpuk cukup banyak.

Β©modernfarmer.com 6. Alat Transportasi Publik Tak hanya listrik, menghemat energi juga dapat diwujudkan dengan memilih alat transportasi ramah lingkungan. Kini, banyak ditemui beragam teknologi yang disematkan pada kendaraan untuk mengurangi polusi udara dan menghemat bahan bakar.

BACA JUGA: Mengenal Pengelolaan Lingkungan Hidup, Berikut Penjelasannya Membelah Hutan, Proyek Kereta Maya Meksiko Dihentikan karena Rusak Lingkungan Namun, akan lebih baik jika memilih untuk menggunakan alat transportasi publik.

Dengan ini, maka penggunaan bahan bakar dapat menjadi lebih efektif dan efisien. 7. Mengurangi Penggunaan Kertas Saat ini, kertas merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan bagi siapa saja.

Dampaknya, lebih banyak terjadi penebangan pohon sebagai bahan baku produksi kertas. Maka dari itu, ada baiknya untuk segera beralih dari kertas. Kurangi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mulai menerapkan teknologi tepat guna. Manfaatkan teknologi digital untuk saling berkomunikasi dan melakukan berbagai kegiatan lainnya. Selain menyelamatkan lingkungan, meminimalisir penggunaan kertas juga dapat menghemat waktu dan biaya. 8. Mengurangi Bahan Kimia Contoh melestarikan lingkungan berikutnya yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan kimia.

Terlebih penggunaannya terhadap ekosistem hewan dan tumbuhan. Misalnya saja, penggunaan pestisida secara berlebihan akan membuat ekosistem di sekitarnya perlahan kian rusak, tanah semakin tak subur. Usahakan untuk menggunakan cara alami jika untuk melakukan kegiatan yang senantiasa berhubungan dengan ekosistem.

Β©www.euractiv.com 9. Menjaga Daya Hidup Hewan Cara selanjutnya adalah dengan menjaga daya hidup hewan. Terlebih bagi hewan yang mendekati kepunahan. Tetap bantu daya hidup hewan dengan tidak merusak ekosistem dan habitat alaminya.

Jika perlu, kembangkan suaka margasatwa demi keberlangsungan hidupnya. Langkah selanjutnya, kita senantiasa turut meningkatkan kualitasnya agar hewan tersebut dapat dilindungi dan terjaga dari kepunahan. 10. Tidak Membakar Sampah Langkah terakhir sebagai wujud melestarikan lingkungan adalah dengan tidak membakar sampah. Hasil pembakaran sampah dapat mempengaruhi udara hingga menyebabkan polusi.

Terlebih jika limbah plastik dibakar, maka dapat memicu munculnya dioksin. Dioksin merupakan salah satu zat berbahaya yang dapat mengancam kelestarian makhluk hidup jika terhirup serta masuk ke dalam tubuh. Topik berita Terkait: β€’ β€’ Lingkungan Hidup β€’ Penyebab Kerusakan Lingkungan β€’ Mobil Ramah Lingkungan β€’ Buang Sampah β€’ Sampah Plastik β€’ Buang Sampah Sembarangan β€’ Listrik β€’ Hutan β€’ Tanam Pohon β€’ Air Bersih β€’ Hemat Energi β€’ Satwa Indonesia β€’ Pestisida Adalah β€’ Viral Hari Ini β€’ VIRAL β€’ Ragam Konten β€’ Trending β€’ Yogyakarta 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Barisan Prajurit Kopaska TNI Menangis di Hutan, Alasannya Bikin Haru 4 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

5 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas Selengkapnya
Artikel ini disusun oleh tim penyunting terlatih dan peneliti yang memastikan keakuratan dan kelengkapannya. Tim Manajemen Konten wikiHow memantau hasil penyuntingan staf kami secara saksama untuk menjamin artikel yang berkualitas tinggi. Ada 9 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman.

Artikel ini telah dilihat 27.861 kali. Menciptakan dunia yang lebih bersih dan indah harus dimulai dengan membersihkan lingkungan di sekitar kita. Setelah terbiasa menjaga kebersihan dan kerapian rumah, Anda bisa mulai mengerahkan tenaga untuk mempercantik kota tempat tinggal Anda bersama teman dan tetangga.

Bergotong royong membersihkan lingkungan diikuti dengan kerja bakti secara berkala dapat mempercantik lingkungan hidup setiap orang.

Jangan tunda lagi. Ayo, segera bersihkan rumah dan lingkungan sekitar Anda, dan jaga kebersihannya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/1f\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-1-Version-3.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-1-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/1f\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-1-Version-3.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-1-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tambahkan tanaman.

Untuk mempercantik lingkungan rumah, cobalah menanam pohon atau bunga di sekitar rumah. Tidak perlu berlebihan dan mengubah rumah Anda menjadi toko tanaman. Sepetak bunga warna-warni yang cerah, atau beberapa tanaman hias yang cantik dapat menambah keindahan alami rumah Anda. [1] X Teliti sumber β€’ Selain mempercantik lingkungan rumah Anda, tanaman dapat menyerap karbon dioksida dari udara dan mengeluarkan oksigen sehingga udara di sekitar rumah menjadi lebih segar.

β€’ Jangan lupa untuk memangkas dahan tanaman dan pohon yang tidak beraturan sehingga tidak mengganggu orang yang berlalu-lalang di jalan. [2] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/eb\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-2-Version-3.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-2-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/eb\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-2-Version-3.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-2-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Rapikan rumput di halaman.

Rumput yang dibiarkan tumbuh tinggi terlihat tidak rapi. Jadi, bantulah lingkungan dengan memangkas rumput secara teratur. Gunakan mesin pemotong rumput atau gunting kebun agar rumput tidak tumbuh liar dan jangan lupa memangkas tanaman pagar agar tetap terlihat rapi. [3] X Teliti sumber β€’ Selain memotong rumput, Anda juga harus menyiangi gulma dan menangani petak-petak rumput yang kering. Jangan lupa menangani masalah-masalah seperti itu.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2e\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-3-Version-3.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-3-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2e\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-3-Version-3.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-3-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Rawatlah trotoar.

Di kebanyakan kota, pemilik rumah juga bertanggung jawab atas kebersihan trotoar di depan rumah mereka. Pastikan Anda membersihkan kotoran yang bertebaran di atas trotoar sehingga orang bisa berjalan dengan nyaman di depan rumah. Saat musim kemarau biasanya dedaunan mulai rontok sehingga harus sering-sering disapu.

[4] X Teliti sumber β€’ Tidak ada salahnya membaca peraturan daerah untuk memastikan Anda tidak akan dikenakan denda karena tidak menjaga kebersihan trotoar, terutama jika Anda tinggal di kota besar.

Meluangkan sedikit waktu untuk membersihkan trotoar tidak hanya menjaga kebersihan lingkungan, tetapi menghindarkan Anda dari keharusan membayar denda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/49\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-4.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/49\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-4.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pastikan selokan di sekitar rumah Anda bersih.

Selokan berfungsi mengalirkan air hujan dari jalanan sehingga tidak terjadi genangan atau banjir. Pastikan selokan bebas dari sampah dan kotoran. Sebaiknya Anda membersihkan selokan secara rutin agar kondisinya selalu bersih dan tidak tersumbat sehingga air dapat mengalir dengan lancar. [5] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/53\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-5.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/53\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-5.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pungutlah sampah.

Sampah yang dibuang sembarangan sungguh tidak sedap dipandang mata. Lebih buruk lagi, sampah-sampah itu bisa membahayakan anak-anak, binatang, dan lingkungan. Jika Anda melihat sampah tercecer di lingkungan sekitar, jangan mengandalkan orang lain untuk mengurusnya.

Tunjukkan sikap proaktif dan jagalah kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda. [6] X Teliti sumber [7] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/05\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-6.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/05\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-6.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bersihkan kotoran yang ditinggalkan hewan peliharaan Anda.

Jika Anda mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, terutama anjing, pastikan Anda membersihkan kotorannya. Tidak ada orang yang ingin melihat atau mencium baunya, apalagi menginjaknya secara tidak sengaja.

Bawalah kantong plastik dan ikuti anjing Anda untuk mengambil kotoran yang ditinggalkannya. Buang kantong plastik itu di tempat sampah. Kotoran hewan yang dibiarkan begitu saja dapat menyebarkan penyakit dan mendorong perkembangbiakan lalat. [8] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c1\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-7.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c1\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-7.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah kebun komunitas.

Sama seperti tanaman yang dapat mempercantik rumah, kebun komunitas bisa menjadi cara yang efektif untuk menciptakan lingkungan yang hijau di sekitar tempat tinggal Anda. Kumpulkan beberapa tetangga yang tertarik dengan ide tersebut dan bersedia membantu merawat kebun.

Pikirkan jenis tanaman yang akan ditanam, dan carilah ruang terbuka yang bisa dijadikan kebun. [9] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/31\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-8.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/31\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-8.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jaga kebersihan jalan.

Jalan raya dan area semacam ini termasuk ruang publik yang terkadang luput dari upaya pembersihan. Aturlah misi pembersihan jalan di lingkungan Anda. Selain itu, Anda bisa melakukan gerakan mengadopsi jalan di sekitar tempat tinggal dan menugaskan sekelompok orang yang untuk bertanggung jawab membersihkannya.

Pastikan setiap kelompok bisnis, sosial, atau organisasi lain setuju untuk menjaga kebersihan ruas jalan tertentu, dan sebagai gantinya nama mereka akan dipasang untuk menunjukkan bahwa mereka yang membersihkannya.

β€’ Setiap pemerintah daerah atau kota memiliki peraturan sendiri untuk proses adopsi jalan dan apa konsekuensinya. Pastikan Anda memeriksa proses aplikasi dan pemeliharaan jalan umum.

Contohnya, di negara lain Anda harus mengisi formulir, mendapatkan pengarahan dan mendapatkan peralatan dari pemerintah kota dan pembersihan jalan dilakukan setidaknya dua kali setahun. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/72\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-9.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/72\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-9.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Laporkan keberadaan grafiti.

Grafiti, gambar-gambar yang dibuat di dinding dan tempat-tempat umum lainnya termasuk ilegal dan merusak pemandangan. Jika Anda melihat gambar seperti ini pada bagunan atau sarana publik, laporkan kepada pihak berwenang setempat.

[10] X Teliti sumber β€’ Jika Anda melihat grafiti di dinding kantor, atau properti pribadi, bicaralah dengan pemilik untuk mengetahui apakah bisa dibersihkan.

Dia mungkin mengizinkan Anda membersihkannya. [11] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b9\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-10.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b9\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-10.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bicaralah dengan para tetangga tentang program kerja bakti membersihkan lingkungan.

Pekerjaan yang dilakukan di lingkungan Anda sebaiknya dilakukan secara berkelompok. Jadi, ajaklah para tetangga untuk bergabung. Dengan mengenal tetangga lebih baik, Anda mungkin akan melihat masalah yang sama di lingkungan sekitar.

Mengambil kesepakatan tentang apa yang harus dilakukan adalah langkah awal yang baik untuk memulai program kerja bakti. β€’ Pada tahap awal, pertimbangkan untuk menetapkan peran masing-masing. Siapa yang akan mengurus pembagian kerja, komunikasi, penyediaan alat, dan hal lain yang diperlukan untuk melaksanakan program tersebut. Jika Anda ingin melibatkan kelompok yang lebih besar, bicarakan dengan ketua RT setempat.

[12] X Teliti sumber β€’ Jangan takut untuk menghubungi organisasi yang sudah ada. Jika Anda tinggal di Jakarta, pasukan oranye biasanya bersedia membantu Anda untuk mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan. Organisasi keamanan lingkungan mungkin bersedia menangani masalah seperti grafiti dan pelakunya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e4\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-11.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e4\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-11.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bicarakan dengan pihak berwenang setempat.

Banyak kota yang mendorong warganya untuk ikut berpartisipasi menjaga kebersihan. Mereka tidak kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut bersedia membantu mengomunikasikan program Anda, tetapi juga memberikan beberapa peralatan, seperti sapu lidi, sarung tangan, kantong sampah dan mungkin cat untuk menangani grafiti.

Tidak tertutup kemungkinan mereka bersedia memberikan tempat sampah portabel berukuran besar. [13] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f6\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-12.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f6\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-12.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah rencana untuk acara kerja bakti membersihkan lingkungan.

Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dalam acara kerja bakti ini. Pastikan Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan, dan pastikan berapa jumlah orang yang akan terlibat dan apa tujuan yang ingin dicapai. [14] X Teliti sumber [15] X Teliti sumber [16] X Teliti sumber β€’ Jangan membuat program yang terlalu besar, seperti membersihkan seluruh kota.

Sebaiknya Anda berfokus pada membersihkan sampah di area tertentu seperti gang, menyiangi gulma dan menghijaukan area yang terbengkalai, atau menghapus grafiti dengan cat. Buatlah program yang bisa diselesaikan dalam satu hari atau beberapa jam saja. β€’ Pertimbangkan lokasi Anda. Anda harus memastikan ada tempat untuk menampung sampah, dan untuk parkir atau memudahkan peserta mencapai lokasi. Berhati-hatilah agar tidak menyebabkan kemacetan atau menimbulkan masalah bagi orang yang tinggal di sekitar lokasi.

β€’ Kumpulkan peralatan yang dibutuhkan. Pastikan Anda memiliki peralatan yang tepat. Contohnya, jika Anda berencana membersihkan suatu lokasi, jangan lupa menyiapkan sapu lidi, sekop, serta kantong sampah. Jika Anda menggunakan alat berat, pastikan orang yang menggunakannya memiliki pengalaman dan memiliki izin untuk mengoperasikannya.

Untuk berjaga-jaga, jangan lupa menyiapkan kotak P3K. [17] X Teliti sumber β€’ Jika harus menangani bahan kimia berbahaya, Anda membutuhkan rencana untuk mengumpulkan bahan-bahan tersebut dan menempatkannya di lokasi yang tepat. Carilah informasi tentang pusat pengumpulan di kota Anda, dan gunakan peralatan yang tepat untuk menangani bahan kimia seperti itu.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8d\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-13.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8d\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-13.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Publikasikan apa yang akan Anda lakukan.

Orang tidak akan tahu bahwa mereka dapat membantu jika Anda tidak mengumumkan program tersebut. Tempelkan poster di lingkungan Anda, tuliskan pesan di media sosial sehingga teman-teman Anda mengetahuinya, dan lihatlah siapa yang bersedia datang dan membantu. Semakin banyak orang yang berpartisipasi, semakin baik. [18] X Teliti sumber β€’ Jika Anda menempel poster, jangan lupa untuk melepasnya setelah acara selesai.

Jangan membiarkan poster tetap menempel di sana sampai terlepas sendiri dan menjadi sampah. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fe\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-14.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-14.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fe\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-14.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-14.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan pembersihan lingkungan.

Inilah saatnya untuk melakukan apa yang diperlukan untuk membersihkan lingkungan Anda. Setelah membuat rencana, datang dan laksanakan program tersebut. Pastikan Anda menugaskan seseorang untuk mengawasi pekerjaan, membantu orang mengidentifikasi area yang harus dibersihkan, dan memonitor kemajuan pekerjaan. [19] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8a\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-15.jpg\/v4-460px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8a\/Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-15.jpg\/v4-728px-Keep-Your-Neighborhood-Clean-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tuntaskan program Anda.

Setelah menyelesaikan seluruh pekerjaan, jangan lupa membersihkan sampah yang tersisa. Setelah selesai, area tersebut harus lebih bersih dibandingkan sebelumnya dan pastikan sampah dibuang ke tempat yang semestinya. [20] X Teliti sumber β€’ Setelah selesai, carilah cara untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada setiap orang yang berpartisipasi. Menyediakan makanan kecil seperti pisang goreng, pastel, lemper dan es teh manis atau mengadakan acara makan-makan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merayakan kesuksesan.

[21] X Teliti sumber β€’ Pikirkan tentang program selanjutnya. Selalu ada cara lain untuk membuat lingkungan Anda lebih baik. Pikirkan apa yang berhasil dan tidak berhasil dalam program membersihkan lingkungan ini, dan carilah cara untuk memperbaikinya.
BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 DAFTAR ISI PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 1 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe A .

2 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe B . 8 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe A . 13 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe B . 19 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe A . 24 Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe B .

29 PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 2 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe A . 35 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe B . 41 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe A . 46 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe B . 52 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe A . 57 Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe B . 63 PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 3 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe A . 70 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe B . 76 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe A . 81 Bank Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe B .

87 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe A . 92 Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe B . 98 PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 4 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A .

104 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut . 110 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A . 115 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B . 121 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A .

126 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B . 132 PENILAIAN HARIAN ( PH ) TEMA 5 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A .

138 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B . 144 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A . 149 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B . 155 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A .

160 Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B . 166 PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 1 . 172 Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 2 . 182 Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 1 . 190 Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 2 .

199 Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 1 . 207 Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 2 . 216 PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS ) Bank Soal PAS Tema 1 . 225 Bank Soal PAS Tema 2 . 235 Bank Soal PAS Tema 3 . 245 Bank Soal PAS Tema 4 . 255 Bank Soal PAS Tema 5 . 265 By agung ade yulianto 1 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUMPULAN SOAL HARIAN KELAS 4 TEMA 1 : Indahnya Kebersamaan Sub Tema 1-3 Tipe A dan B By agung ade yulianto 2 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 MODEL T1-ST1-A Soal Pilihan Ganda 1.

Perselisihan antarsuku dapat terjadi karena . a. saling menghormati b. senang bekerja sama c. menganggap suku sendiri lebih baik d.

menghargai budaya suku lain 2. Contoh cara membina persatuan dalam keragaman adalah . a. merayakan hari kemerdekaan bersama b. mengunggulkan budaya suku sendiri dan merendahkan suku lain c.

membuat berita jelek tentang suku lain d. tidak mau mempelajari budaya daerah lain 3. Salah satu akibat tidak adanya persatuan di suatu kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut adalah . a. menciptakan lingkungan yang aman karena rajin ronda malam b. menciptakan kerukunan warga karena warga saling membantu c.

menjadikan lingkungan bersih karena selalu mengikuti kerja bakti membersihkan lingkungan d. menjadikan lingkungan kotor karena tidak mengikuti kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan 4.

Kalimat utama disebut juga dengan kalimat . a. penjelas b. inti c. pertama d. tambahan 5. Kalimat utama adalah kalimat yang memuat . a. ide penjelas b.

tokoh utama c. inti paragraf d. gagasan pendukung 6. Suatu paragraf dianggap memenuhi syarat kepaduan jika kalimat-kalimat di dalam paragraf tersebut saling . a. berkaitan b. bertentangan c. bersatu d. berlawanan 7. Perambatan bunyi melalui benda cair bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti pada saat . a.

kita berbicara b. tim SAR mencari korban c. menggunakan telepon d. mendengar bunyi petir By agung ade yulianto 3 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 8. Kuat dan lemah bunyi dipengaruhi oleh . a. frekuensi b. resonansi c. amplitudo d. massa 9. Bunyi merambat dengan sangat lambat melalui media . a. padat b. cair c. gas d. tanah 10. Suku Batak berasal dari Provinsi .

a. Aceh b. Sumatera Utara c. Sumatera Barat d. Sumatera Selatan 11. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut menunjukkan tarian daerah yang berasal dari Provinsi . a. Jawa Tengah b. DI Yogyakarta c. Jawa Timur d. Bali 12. Bika ambon adalah makanan khas dari Provinsi . a. Sumatera Utara b. Nusa Tenggara Timur c. Maluku d. Papua 13. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut menunjukkan sikap tangan . a. nyempurit b. boyomangap c. ngruji d.

Nyekithing By agung ade yulianto 4 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 14. Tari Bungong Jeumpa adalah tarian daerah yang berasal dari Provinsi . a. Aceh b. Medan c. Maluku d. Jambi 15. Berikut ini yang tidak termasuk gerak dasar dalam tarian daerah yaitu gerak .

a. kepala b. kaki c. tangan d. lutut Soal Isian 1. Gotong royong dengan tetangga merupakan wujud persatuan di lingkungan . 2. Masyarakat Indonesia harus mengutamakan rasa persatuan dan . 3. Pikiran pokok menjadi dasar pengembangan sebuah . 4. Dalam satu paragraf, terdapat gagasan . dan gagasan . 5. Simpangan terbesar atau jarak terjauh yang dapat dicapai oleh suatu getaran disebut . 6. Semakin kecil simpangan suatu getaran, maka bunyi yang terdengar semakin . 7. Bahasa Kutai digunakan oleh masyarakat di Provinsi .

8. Esa Mokan adalah lagu daerah yang berasal dari Provinsi . 9. Tari Bungong Jeumpa biasanya ditarikan secara . 10. Berdasarkan artinya, gerakan tangan kiri dibuka lebar termasuk contoh gerak . By agung ade yulianto 5 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 MODEL T1-ST1-A JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS : 4 SEMESTER : 1 TEMA : 1. Indahnya Kebersamaan SUBTEMA : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku KOMPETENSI DASAR PILIHAN GANDA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan Bahasa Indonesia 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah ISIAN Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan Bahasa Indonesia 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah JUMLAH SOAL IDENTIFIKASI SOAL 15 soal 3 soal 3 soal 1 s/d 3 3 soal 2 soal 4 s/d 5 1 soal 6 s/d 6 3 soal 3 soal 7 s/d 9 3 soal 3 soal 10 s/d 12 3 soal 3 soal 13 s/d 15 10 soal 1 s/d 2 3 s/d 4 5 s/d 6 7 s/d 8 9 s/d 10 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal By agung ade yulianto 6 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 MODEL T1-ST1-A Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : c Pembahasan : Menganggap suku sendiri lebih baik daripada suku lain dapat menimbulkan perselisihan antarsuku. 2. Jawaban : a Pembahasan : Merayakan hari kemerdekaan bersama dapat membina persatuan.

Kita dapat mengadakan kegiatan yang dapat diikuti oleh semua lapisan masyarakat. 3. Jawaban : d Pembahasan : Kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan hanya akan terlaksana jika masyarakat bersatu untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Jadi, jika tidak ada persatuan dalam masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan maka lingkungan akan kotor.

4. Jawaban : b Pembahasan : Kalimat utama disebut juga kalimat inti. Kalimat utama berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. 5. Jawaban : c Pembahasan : Kalimat utama atau kalimat pokok atau kalimat inti adalah kalimat yang memuat inti paragraf.

6. Jawaban : a Pembahasan : Paragraf dengan kalimat-kalimat yang saling berkaitan dianggap memiliki memenuhi syarat kepaduan. 7. Jawaban : b Pembahasan : Tim SAR memanfaatkan perambatan bunyi dalam air saat menolong korban kecelakaan yang tenggelam di laut. 8. Jawaban : c Pembahasan : Amplitudo adalah simpangan terbesar atau jarak terjauh yang dapat dicapai oleh getaran. Semakin besar amplitudo maka bunyi yang dihasilkan akan semakin kuat.

Semakin kecil amplitudo maka bunyi yang dihasilkan semakin lemah. 9. Jawaban : c Pembahasan : Gas memiliki partikel penyusun yang sangat renggang sehingga bunyi merambat dengan lambat melalui media gas. 10. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : c Pembahasan : Gambar tersebut adalah tari Reog Ponorogo yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. 12. Jawaban : a Pembahasan : Sudah jelas. 13. Jawaban : c Pembahasan : Gambar menunjukkan sikap tangan ngruji.

Ngruji yaitu semua jari rapat tegak lurus, ibu jari masuk ditekuk merapat telapak tangan. 14. Jawaban : a Pembahasan : Sudah jelas. 15. Jawaban : d Pembahasan : Sudah jelas. By agung ade yulianto 7 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : rumah/tempat tinggal/masyarakat Pembahasan : Sudah jelas. 2. Jawaban : kesatuan Pembahasan : Rasa persatuan dan kesatuan harus diutamakan/dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

3. Jawaban : paragraf Pembahasan : Sudah jelas. 4. Jawaban : pokok/utama dan penjelas/pendukung Pembahasan : Sudah jelas. 5.

Jawaban : amplitudo Pembahasan : Sudah jelas. 6. Jawaban : lemah Pembahasan : Bunyi yang dihasilkan dari simpangan terkecil akan terdengar lemah di telinga. 7. Jawaban : Kalimantan Timur Pembahasan : Sudah jelas.

8. Jawaban : Sulawesi Utara Pembahasan : Sudah jelas. 9. Jawaban : berkelompok Pembahasan : Tari Bungong Jeumpa adalah tarian daerah yang berasal dari Aceh. Tarian ini biasanya ditarikan secara berkelompok oleh tiga orang penari atau lebih. 10. Jawaban : murni Pembahasan : Gerak murni adalah gerak yang tidak memiliki arti. Gerakan tangan kiri dibuka lebar tidak memiliki arti sehingga termasuk contoh gerak murni.

By agung ade yulianto 8 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 MODEL T1-ST1-B Soal Pilihan Ganda 1. Dengan adanya keragaman, kita harus . a. bersyukur b. bersedih c. kecewa d. marah 2. Salah satu akibat tidak adanya persatuan di suatu pemukiman adalah . a. menciptakan lingkungan yang aman karena rajin ronda malam b. menciptakan kerukunan warga karena warga saling membantu c.

menjadikan lingkungan bersih karena selalu mengikuti kerja bakti membersihkan lingkungan d. menjadikan lingkungan kotor karena tidak mengikuti kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan 3. Upacara bendera di sekolah bermanfaat untuk . a. menjaga lingkungan sekolah tetap bersih b.

menyehatkan seluruh warga sekolah c. melatih kedisiplinan warga sekolah d. menjaga kebersihan kelas 4. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat . a. penjelas b. inti c. pertama d. tambahan 5. Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan . a. pendukung b. penjelas c. pokok d. ide 6.

Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan . a. pendukung b. penjelas c. pokok d. ide 7. Alat musik kecapi dimainkan dengan cara . a. dipukul b. dipetik c. ditiup d. digoyangkan 8. Kuat dan lemah bunyi dipengaruhi oleh . a. frekuensi b. resonansi c. amplitudo d. massa 9. Semakin sedikit getaran pada benda maka bunyi yang terdengar semakin .

a. tinggi b. rendah c. sedang d. samar By agung ade yulianto 9 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 10. Ayam betutu adalah makanan khas yang berasal dari Provinsi . a. Jawa Tengah b. Jawa Timur c. Bali d. Nusa Tenggara Barat 11. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut menunjukkan upacara adat . a. Dugderan b. Tedhak Siten c. Labuhan d. Ngaben 12. Lagu Pitik Tukung merupakan lagu daerah yang berasal dari Provinsi .

a. Jawa Barat b. Jawa Tengah c. DI Yogyakarta d. Jawa Timur 13. Berikut ini merupakan bagian dari gerak kepala dan leher dalam tari, kecuali .

a. pacak gulu b. mengangguk c. menggeleng d. berjalan jinjit 14. Gerak murni disebut juga gerak . a. asli b. palsu c. tiruan d. buatan 15. Perhatikan gambar berikut! Gerakan pada hitungan 2 pada gerak dasar posisi duduk di atas adalah . a. b. By agung ade yulianto 10 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 c. d. Soal Isian 1. Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan untuk menyatukan rakyat . 2. Dayak, Asmat, dan Dani merupakan contoh keragaman .

bangsa di Indonesia. 3. Perhatikan paragraf berikut! Tari Serimpi adalah salah satu tarian klasik dari Yogyakarta. Tarian ini ditarikan oleh beberapa penari wanita cantik dan anggun.

Tarian ini menggambarkan kesopanan dan kelemahlembutan yang ditunjukkan dari gerakan para penarinya. Awalnya, tari Serimpi merupakan tarian yang bersifat sakral dan hanya ditampilkan di lingkungan Keraton Yogyakarta. Hubungan yang ditunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut adalah . 4. Perhatikan paragraf berikut! Tarian daerah menceritakan keseharian masyarakat setempat. Biasanya, tarian daerah ditampilkan pada upacara hari kelahiran, penyambutan tamu, pernikahan, dan hari besar keagamaan.

Gerakan pada tarian daerah memiliki makna yang beragam. Beberapa tarian daerah dapat digunakan sebagai simbol penghormatan, penyampai pesan, dan hiburan. Hubungan yang ditunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut adalah . 5. Benda-benda yang bergetar dan dapat menghasilkan bunyi disebut . 6. Cara menghasilkan bunyi pada alat musik angklung dilakukan dengan cara .

7. Rumah Nuwou Sesat berasal dari Provinsi . 8. Perhatikan gambar berikut! Nama rumah adat pada gambar tersebut adalah rumah .

9. Perhatikan gambar berikut! Gerakan tangan pada gambar tersebut dikenal dengan istilah . 10. Perhatikan gambar berikut! Gerakan kaki pada gambar tersebut dikenal dengan istilah . By agung ade yulianto 11 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 MODEL T1-ST1-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1. Jawaban : a Pembahasan : Keragaman harus kita syukuri karena merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia.

2. Jawaban : d Pembahasan : Kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan hanya akan terlaksana jika masyarakat bersatu untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Jadi, jika tidak ada persatuan dalam masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan maka lingkungan akan kotor. 3. Jawaban : c Pembahasan : Upacara bendera dapat melatih kedisiplinan warga sekolah. Semua warga sekolah harus hadir tepat waktu untuk mengikuti upacara. 4. Jawaban : b Pembahasan : Kalimat utama disebut juga kalimat inti. Kalimat utama berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. 5. Jawaban : c Pembahasan : Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan pokok.

Gagasan pokok terletak pada kalimat utama. 6. Jawaban : c Pembahasan : Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan pokok. Gagasan pokok terletak pada kalimat utama. 7. Jawaban : b 8. Jawaban : c Pembahasan : Amplitudo adalah simpangan terbesar atau jarak terjauh yang dapat dicapai oleh getaran. Semakin besar amplitudo maka bunyi yang dihasilkan akan semakin kuat.

Semakin kecil amplitudo maka bunyi yang dihasilkan semakin lemah. 9. Jawaban : b Pembahasan : Tinggi rendah bunyi dipengaruhi oleh frekuensi atau banyaknya getaran tiap detik pada benda. Semakin banyak getaran pada benda maka bunyi yang terdengar semakin tinggi, begitu juga sebaliknya.

10. Jawaban : c Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : b Pembahasan : Gambar tersebut menunjukkan pelaksanaan upacara Tedhak Siten. Tedhak Siten adalah upacara dalam tradisi budaya Jawa yang dilakukan ketika anak pertama belajar jalan dan dilaksanakan pada usia sekitar tujuh lapan (245 hari). 12. Jawaban : c 13. Jawaban : d Pembahasan : Gerak berjalan jinjit merupakan bagian dari gerak kaki, bukan gerak kepala. 14. Jawaban : a Pembahasan : Gerak murni disebut juga gerak asli atau gerak yang tidak memiliki arti.

Gerak murni berguna untuk melengkapi gerakan tari. 15. Jawaban : c Pembahasan : Gambar yang menunjukkan gerakan pada hitungan 2 dalam gerak dasar tari Bungong Jeumpa posisi duduk adalah gambar c. By agung ade yulianto 12 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : Indonesia 2. Jawaban : suku Pembahasan : Suku Dayak berasal dari Kalimantan, sedangkan suku Dani dan Asmat berasal dari Papua.

3. Jawaban : saling berhubungan Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut adalah tari Serimpi. Kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut juga membahas tentang tari Serimpi. Dengan demikian, hubungan antarkalimat dalam paragraf tersebut saling berhubungan. 4. Jawaban : saling berkaitan Pembahasan : Gagasan pokok dan kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut membahas tentang tarian daerah.

Oleh karena itu, gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut saling berkaitan. 5. Jawaban : sumber bunyi 6.

Jawaban : digoyangkan Pembahasan : Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan bilah angklung. Dengan demikian, getaran udara di dalam angklung dapat menghasilkan bunyi.

7. Jawaban : Lampung 8. Jawaban : Honai Pembahasan : Gambar tersebut adalah rumah adat Honai yang berasal dari Provinsi Papua. 9. Jawaban : nyekithing Pembahasan : Gerak dasar nyekithing dilakukan dengan ruas ibu jari bersinggungan dengan ruas jari tengah paling depan, jari-jari lainnya melengkung searah jari tengah seperti pada gambar tersebut. 10. Jawaban : trecetan Pembahasan : Gerak kaki trecetan dilakukan dengan melangkahkan kaki dengan jinjit ke kanan atau ke kiri secara cepat seperti pada gambar tersebut.

By agung ade yulianto 13 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 MODEL T1-ST2-A Soal Pilihan Ganda 1. Gambar berikut menunjukkan kegiatan . a. kerja bakti b. musyawarah c. ronda malam d. gotong royong 2. Salah satu manfaat gotong royong adalah . a. menambah biaya yang dikeluarkan b.

menambah beban warga yang kurang mampu c. pekerjaan menjadi lebih berat dan cepat selesai kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut. mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat 3. Salah satu manfaat dari ronda malam adalah .

a. memberikan rasa aman kepada masyarakat b. mengurangi solidaritas masyarakat c. menimbulkan tindak kejahatan d. membutuhkan banyak biaya 4. Perhatikan paragraf di bawah ini! Pramuka adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Dengan mengikuti pramuka, siswa dilatih untuk hidup mandiri. Selain itu, siswa juga dibentuk memiliki jiwa pemberani dan bertanggung jawab. Gotong royong juga selalu ditanamkan dalam setiap kegiatan pramuka.

Ringkasan isi paragraf tersebut adalah . a. Dengan mengikuti pramuka, kita jadi mandiri, pemberani, dan bertanggung jawab. b. Dengan menjadi pramuka, kita dapat bersenang-senang bersama teman di sekolah. c. Dengan mengikuti pramuka, kita dapat bergotong royong di lingkungan sekolah dan rumah.

d. Dengan mengikuti pramuka, kita jadi pintar melakukan berbagai kegiatan. 5. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Berikut ini yang bukan termasuk bentuk gagasan pendukung adalah . a. alasan b. contoh c. inti masalah d. rincian 6. Kalimat-kalimat yang saling berkaitan dan saling mendukung dalam suatu paragraf akan memudahkan kita untuk menentukan .

a. kalimat pendukung b. gagasan pokok c. kalimat utama d. hubungan antargagasan By agung ade yulianto 14 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 7. Bahaya membersihkan telinga dengan benda tajam adalah .

a. telinga menjadi luka b. telinga menjadi bersih c. telinga menjadi sehat d. telinga menjadi bau 8. Telinga bagian tengah yang berfungsi untuk menerima gelombang bunyi setelah ditangkap daun telinga adalah .

a. gendang telinga b. rumah siput c. saluran eustachius d. saluran pendengaran 9. Dokter yang memeriksa kesehatan telinga adalah dokter . a. gigi b. THT c. saraf d. bedah 10. Cap Go Meh merupakan rangkaian hari raya .

a. Idulfitri b. Waisak c. Imlek d. Natal 11. Cici beribadah di kelenteng. Kelenteng adalah tempat ibadah agama . a. Kristen b. Hindu c. Buddha d. Konghucu 12. Gambar tersebut merupakan tempat ibadah umat . a. Islam b. Kristen c. Hindu d. Buddha 13. Gerakan melenggang dan menggeleng saat menari membutuhkan tenaga yang . a. besar b. kuat c. lemah d. banyak 14. Gerak tari dibuat dan diperagakan berdasarkan . a. ruang, waktu, dan iringan b. ruang, waktu, dan gerak c.

ruang, waktu, dan tenaga d. ruang, gerak, dan tenaga By agung ade yulianto 15 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 15. Formasi diagonal atau menyilang ditunjukkan pada gambar . a. b. c. d. Soal Isian 1. Agar tercipta kebersamaan dalam masyarakat, keragaman bukan merupakan penghalang untuk . 2. Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut . 3. Perhatikan paragraf berikut! Dewasa ini banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Tanpa kita sadari, budaya-budaya tersebut menggeser budaya nasional. Sebagai generasi muda, kita harus berusaha mencegah pengaruh budaya asing agar budaya nasional tetap lestari. Oleh sebab itu, kita harus mengenal dan memperkenalkan budaya nasional pada dunia internasional. Paragraf tersebut membahas tentang upaya pelestarian . 4.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

Ringkasan dibuat berdasarkan gagasan pokok. Sebelum membuat ringkasan, kita dapat mencatat gagasan pokok sambil . teks. 5. Perhatikan gambar berikut. Bagian telinga yang ditunjuk huruf A adalah . 6. Gendang telinga akan . saat menerima gelombang bunyi. 7. Eko beragama Buddha. Jadi, kitab suci Eko adalah . 8. Hari Raya Nyepi merupakan perayaan tahun baru agama Hindu berdasarkan kalender .

9. Susunan penari membentuk garis sejajar atau garis lurus dari kanan ke kiri disebut formasi . 10. Tari . dan . dapat dilakukan di ruang yang sempit karena tidak membutuhkan ruang yang luas. Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut agung ade yulianto 16 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 MODEL T1-ST2-A JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS : 4 SEMESTER : 1 TEMA : 1.

Indahnya Kebersamaan SUBTEMA : 2. Kebersamaan dalam Keberagaman KOMPETENSI DASAR PILIHAN GANDA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan Bahasa Indonesia 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah ISIAN Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan Bahasa Indonesia 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah JUMLAH SOAL IDENTIFIKAS I SOAL 15 soal 3 soal 3 soal 1 s/d 3 3 soal 2 soal 4 s/d 5 1 soal 6 s/d 6 3 soal 3 soal 7 s/d 9 3 soal 3 soal 10 s/d 12 3 soal 3 soal 13 s/d 15 10 soal 1 s/d 2 3 s/d 4 5 s/d 6 7 s/d 8 9 s/d 10 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal By agung ade yulianto 17 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : c Pembahasan : Gambar tersebut menunjukkan kegiatan ronda malam. 2. Jawaban : d Pembahasan : Dengan gotong royong, persatuan dan kesatuan masyarakat akan semakin erat. 3. Jawaban : a Pembahasan : Ronda malam akan memberikan rasa aman kepada masyarakat karena setiap malam ada warga yang berkeliling dan berjaga. 4. Jawaban : a Pembahasan : Ringkasan yang baik dan tepat adalah yang sesuai dengan isi bacaan.

Bacaan tersebut menceritakan manfaat mengikuti kegiatan pramuka, yaitu menjadi anak yang mandiri, pemberani, dan bertanggung jawab. 5. Jawaban : c Pembahasan : Gagasan pendukung dapat berupa alasan, rincian, atau contoh.

Sementara itu, gagasan pokok merupakan inti permasalahan. 6. Jawaban : d Pembahasan : Hubungan antargagasan bisa kita tentukan jika gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf memiliki hubungan yang jelas. Kita juga bisa menentukannya jika kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut saling mendukung dan tidak berdiri sendiri.

7. Jawaban : a Pembahasan : Kita tidak boleh membersihkan telinga dengan benda yang tajam karena dapat melukai telinga.

8. Jawaban : a Pembahasan : Gendang telinga merupakan telinga bagian tengah yang berfungsi untuk menerima gelombang bunyi setelah ditangkap daun telinga. 9. Jawaban : b Pembahasan : THT merupakan kepanjangan dari Telinga, Hidung, dan Tenggorokan. Jika ingin memeriksakan kesehatan telinga, kita harus ke dokter THT. 10. Jawaban : c Pembahasan : Salah satu rangkaian perayaan Imlek adalah Cap Go Meh.

11. Jawaban : d Pembahasan : Umat Konghucu melaksanakan ibadahnya di kelenteng. 12. Jawaban : a Pembahasan : Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. 13. Jawaban : c Pembahasan : Gerakan melenggang dan menggeleng saat menari dilakukan dengan gerakan lambat.

Oleh sebab itu, gerakan-gerakan tersebut membutuhkan tenaga yang kecil atau lemah. 14. Jawaban : c Pembahasan : Ruang, waktu, dan tenaga merupakan dasar dari gerak tari.

Ketiga unsur tari tersebut saling berhubungan dan membentuk gerakan-gerakan tari. 15. Jawaban : d Pembahasan : Sudah jelas. By agung ade yulianto 18 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : bekerja sama Pembahasan : Keragaman bukan merupakan penghalang untuk bekerja sama menciptakan kebersamaan dalam masyarakat.

2. Jawaban : ronda Pembahasan : Ronda adalah kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan. 3. Jawaban : kebudayaan nasional Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut adalah upaya melestarikan kebudayaan nasional. Dengan demikian, hal yang dibahas pada paragraf tersebut adalah upaya pelestarian kebudayaan nasional. 4. Jawaban : membaca Pembahasan : Saat membaca teks, kita sekaligus dapat mencatat gagasan pokok.

Gagasan pokok tersebut kemudian disusun menjadi sebuah ringkasan. 5. Jawaban : tulang martil Pembahasan : Huruf A menunjukkan gambar telinga bagian tulang martil. 6. Jawaban : bergetar Pembahasan : Gelombang bunyi yang merambat melalui udara ditangkap oleh daun telinga.

Gelombang bunyi masuk melalui lubang telinga dan diteruskan saluran pendengaran. Lalu, gelombang bunyi akan menggetarkan gendang telinga. 7. Jawaban : Tripitaka Pembahasan : Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka.

8. Jawaban : Saka Pembahasan : Berdasarkan kalender Saka, Hari raya Nyepi merupakan perayaan tahun baru bagi penganut agama Hindu. 9. Jawaban : sejajar Pembahasan : Formasi sejajar adalah susunan penari membentuk garis sejajar atau garis lurus dari kanan ke kiri. 10. Jawaban : tunggal, berpasangan Pembahasan : Tari tunggal atau tari berpasangan sebaiknya dilakukan di ruang yang sempit.

Sebab tari tunggal atau berpasangan hanya ditarikan oleh satu atau dua orang penari saja. Sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas. By agung ade yulianto 19 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 MODEL T1-ST2-B Soal Pilihan Ganda 1. Berikut ini bentuk kerja sama dalam masyarakat, kecuali .

a. siskamling b. tawuran c. kerja bakti d. gotong royong 2. Salah satu manfaat gotong royong adalah . a. menambah biaya yang dikeluarkan b. menambah beban warga yang kurang mampu c. pekerjaan menjadi lebih berat dan cepat selesai d.

mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat 3. Salah satu cara bekerja sama dalam keragaman adalah . a. memilih tugas yang paling mudah b.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

tidak menghargai pendapat orang lain c. membagi tugas secara adil sesuai kemampuan d. membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri 4.

Penyajian teks bacaan dalam bentuk singkat disebut . a. gagasan pokok b. kalimat utama c. gagasan pendukung d. ringkasan 5. Ani-ani merupakan alat tradisional untuk menuai padi (1). Di Kalimantan Selatan, alat ini disebut ranggaman (2).

Ani-ani terbuat dari sepotong papan tipis dan kayu ringan (3). Pada salah satu sisinya, dipasang mata pisau (4). Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor . a. (1) b. (2) c.

(3) d. (4) 6. Kalimat-kalimat yang saling berkaitan dan saling mendukung dalam suatu paragraf akan memudahkan kita untuk menentukan . a. kalimat pendukung b. gagasan pokok c. kalimat utama d. hubungan antargagasan 7. Dokter yang memeriksa kesehatan telinga adalah dokter . a. gigi b. THT c. saraf d. bedah By agung ade yulianto 20 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 8.

Telinga memiliki . terhadap bunyi. a. saraf b. kepekaan c. sinyal d. rangsangan 9. Bagian dalam telinga yang berisi ujung-ujung saraf pendengaran dan cairan endolimfe adalah . a. gendang telinga b. rumah siput c. saluran eustachius d. saluran setengah lingkaran 10. Berikut ini pasangan agama dengan kitab sucinya yang benar adalah . a. Islam, kitab suci Tripitaka b. Islam, kitab suci Alquran c. Katolik, kitab suci Weda d.

Hindu, kitab suci Injil 11. Hari raya Natal jatuh pada tanggal . a. 22 Desember b. 23 Desember c. 24 Desember d. 25 Desember 12. Berikut ini yang dilakukan ketika Idulfitri adalah . a. salat Id di lapangan b. misa di gereja c. melakukan renungan di rumah d. meditasi dan doa bersama di Candi Borobudur 13. Formasi tari Bungong Jeumpa saat posisi duduk yaitu . a. formasi sejajar dan zig-zag b. formasi sejajar dan huruf V c. formasi zig-zag dan melingkar d. formasi melingkar dan menyilang 14.

Gerak tari dibuat dan diperagakan berdasarkan . a. ruang, waktu, dan iringan b. ruang, waktu, dan gerak c. ruang, waktu, dan tenaga d. ruang, gerak, dan tenaga 15. Berikut ini formasi tari Bungong Jeumpa saat posisi berdiri kecuali . a. formasi sejajar b. formasi huruf V c. formasi melingkar d. formasi menyilang By agung ade yulianto 21 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Soal Isian 1. Istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan yaitu . 2. Permainan lari bakiak mengajarkan kita agar .

dengan orang lain. 3. Perhatikan paragraf berikut! Menjelang sore, lampu hias yang mereka buat sudah selesai. Sekarang mereka siap mengikuti lomba. Ternyata perbedaan tidak menghalangi untuk bekerja sama menyelesaikan lampu hias mereka. Walau agama Made dan teman-teman berbeda, mereka membiasakan budaya toleransi dan saling menghargai. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di . paragraf. 4. Perhatikan paragraf berikut! Seni pahat adalah salah satu seni yang terkenal di Pulau Dewata.

Uniknya, para pemahat terbaik berasal dari Desa Mas di daerah Ubud. Banyak seniman menghasilkan karyanya di Desa Mas. Dengan melihat karya-karya terbaik dari seniman pahat Desa Mas, diharapkan kita menjadi tertarik.

Hubungan antara gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut adalah . 5. Kita sebaiknya memeriksakan telinga ke dokter setiap . sekali. 6. Gangguan pendengaran yang ditandai dengan tumbuhnya tulang pendengaran yang berlebihan adalah . 7. Hari raya umat Islam yang dirayakan setiap tanggal 1 Syawal adalah . 8. Untuk menjaga persatuan, kita memerlukan sikap .

dan kerja sama antarumat beragama. 9. Susunan posisi penari saat menari disebut . 10. Gerakan tari yang kita lakukan harus disesuaikan dengan . ruangan. By agung ade yulianto 22 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 MODEL T1-ST2-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1. Jawaban : b Pembahasan : Siskamling, kerja bakti, dan gotong royong merupakan bentuk kerja sama dalam masyarakat.

Kegiatan tersebut dapat terlaksana jika semua warga ikut andil di dalamnya. 2. Jawaban : d Pembahasan : Dengan gotong royong, persatuan dan kesatuan masyarakat akan semakin erat.

3. Jawaban : c Pembahasan : Agar kerja sama dapat berjalan baik, tugas harus dibagi secara adil sesuai dengan kemampuan. Dengan demikian, tugas akan selesai tepat waktu dan hasilnya baik. 4. Jawaban : d Pembahasan : Ringkasan adalah penyajian teks bacaan dalam bentuk singkat. 5. Jawaban : a Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ani-ani.

Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat gagasan pokok. Jadi, kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor (1), yaitu Ani-ani merupakan alat tradisional untuk menuai padi. 6. Jawaban : d Pembahasan : Hubungan antargagasan bisa kita tentukan jika gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf memiliki hubungan yang jelas. Kita juga bisa menentukannya jika kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut saling mendukung dan tidak berdiri sendiri.

7. Jawaban : b Pembahasan : THT merupakan kepanjangan dari Telinga, Hidung, dan Tenggorokan. Jika ingin memeriksakan kesehatan telinga, kita harus ke dokter THT.

8. Jawaban : b Pembahasan : Kita dapat mendengar berbagai bunyi karena telinga kita peka terhadap bunyi. 9. Jawaban : b Pembahasan : Rumah siput berisi ujung-ujung saraf pendengaran dan cairan endolimfe. Rumah siput berfungsi menerima rangsangan bunyi untuk diteruskan ke otak. 10. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : d Pembahasan : Hari raya Natal selalu dirayakan pada tanggal 25 Desember tiap tahunnya.

12. Jawaban : a Pembahasan : Kegiatan yang dilakukan ketika Idulfitri adalah salat Id di masjid atau lapangan kemudian berkunjung ke rumah tetangga dan kerabat. 13. Jawaban : a Pembahasan : Saat posisi duduk, tari Bungong Jeumpa hanya menggunakan dua jenis formasi yaitu sejajar dan zig-zag.

14. Jawaban : c Pembahasan : Ruang, waktu, dan tenaga merupakan dasar dari gerak tari. Ketiga unsur tari tersebut saling berhubungan dan membentuk gerakan-gerakan tari.

15. Jawaban : d Pembahasan : Saat posisi berdiri, tari Bungong Jeumpa menggunakan empat jenis formasi yaitu sejajar, huruf V, melingkar, dan zig-zag. Tidak ada formasi menyilang dalam tari Bungong Jeumpa. By agung ade yulianto 23 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : gotong royong Pembahasan : Gotong royong adalah istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. 2. Jawaban : bekerja sama Pembahasan : Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan lari bakiak adalah kerja sama.

3. Jawaban : akhir Pembahasan : Kalimat utama paragraf tersebut adalah Walau agama Made dan teman-teman berbeda, mereka membiasakan budaya toleransi dan saling menghargai. 4. Jawaban : saling berkait Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut adalah seni pahat. Kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut menjelaskan tentang seni pahat. Dengan demikian, hubungan antara gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf tersebut saling berkaitan.

5. Jawaban : enam bulan Pembahasan : Kita sebaiknya memeriksakan telinga ke dokter setiap enam bulan sekali. Dokter akan membersihkan kotoran yang mengering di telinga kita. 6. Jawaban : otosklerosis Pembahasan : Sudah jelas. Otosklerosis yaitu gangguan pendengaran yang ditandai dengan tumbuhnya tulang pendengaran yang berlebihan 7. Jawaban : Idulfitri Pembahasan : Pada tanggal 1 Syawal, seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idulfitri.

8. Jawaban : toleransi Pembahasan : Sikap toleransi dan kerja sama antarumat beragama diperlukan untuk menjaga persatuan. 9. Jawaban : formasi Pembahasan : Susunan posisi penari saat menari disebut formasi. Ketika menari bersama teman, kita perlu mengatur formasi atau posisi saat menari supaya menarik.

10. Jawaban : luas Pembahasan : Gerakan tari yang dilakukan harus disesuaikan dengan luas ruangan. Gerakan tari yang bervariasi dan beragam membutuhkan ruangan yang luas, sedangkan gerakan tari yang terbatas membutuhkan ruangan yang sempit. By agung ade yulianto 24 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-A Soal Pilihan Ganda 1. Sikap kerja sama harus diterapkan di .

a. rumah b. sekolah c. masyarakat d. semua tempat 2. Sikap yang tidak menunjukkan kerja sama, yaitu . a. membersihkan halaman dengan adik b. melaksanakan piket kelas dengan teman c. bermain komputer sendiri d. mengerjakan tugas sekolah berkelompok 3.

Uni terganggu dengan kebiasaan jail Tengil. Sikap Uni sebaiknya . a. marah kepada Tengil b. menghina kebiasaan Tengil c. menegur Tengil dengan sopan d. tidak mau berbicara kepada Tengil 4. Berikut yang bukan termasuk cara menentukan gagasan pada teks lisan adalah . a. menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan "siapa yang dibahas?" b.

menuliskan setiap kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut dari teks yang dibacakan kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut. menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan "apa yang sedang dibahas?" d. menuliskan kalimat pokok dari teks yang dibacakan 5. Contoh benda yang dapat memantulkan bunyi adalah .

a. gabus b. keramik c. busa d. wol 6. Ember yang dibunyikan di halaman rumah akan terdengar . a. nyaring b. tidak nyaring c. kuat d. lemah 7. Semakin kecil dan panjang rongga gendang, maka bunyi yang terdengar semakin . a. lemah b. nyaring c. kuat d. keras 8. Makanan khas dari Provinsi Riau yang berbahan dasar udang adalah . a. rendang b. otak-otak c. gulai belacan d. seruit 9. Dodol Betawi merupakan makanan khas dari Provinsi . a. DKI Jakarta b. Jawa Barat c.

Jawa Tengah d. Jawa Timur By agung ade yulianto 25 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 10. Perhatikan gambar berikut! Makanan dari Gresik yang ditunjukkan gambar tersebut bernama nasi . a. jamblang b. krawu c. gudeg d. pecel 11. Berikut ini contoh iringan yang digunakan dalam pementasan seni tari, kecuali . a. rekaman lagu b. tifa c.

gamelan d. topeng 12. Saat menarikan tari Bungong Jeumpa, ekspresi wajah kita harus . a. ceria dan bersemangat b. sedih dan murung c. bersemangat dan berteriak-teriak d. susah hati dan terharu 13. Saat pentas tari, gerakan-gerakan yang ditampilkan harus sesuai dengan . a.

tata letak panggung b. formasi tari c. busana yang dikenakan d. properti yang digunakan Soal Isian 1. Berbicara dengan . merupakan cara menghargai orang lain. 2. Kita harus bekerja sama dalam hal .

3. Ada beberapa langkah dalam menentukan gagasan pokok dari teks lisan. Setelah mendengarkan setiap paragraf yang dibacakan, kita bisa . kalimat dari teks yang kita dengar. 4. Perhatikan paragraf berikut! Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi β€œucapan selamat datang”, meski tetap mengandung sesuatu yang sakral dan religius.

Pencipta bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi. Ide pokok paragraf tersebut adalah . 5. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli disebut . 6. Eko berteriak di lapangan bola yang luas, suara Eko tidak terdengar nyaring karena . 7. Suku bangsa mayoritas yang tinggal di Provinsi Bali adalah suku . 8.

Perhatikan gambar berikut! Makanan khas yang berasal dari Provinsi Jawa Barat yang ditunjukkkan oleh gambar tersebut adalah . 9. Iringan tari harus sesuai agar dapat menyatu dengan . tari. 10. Menarikan tari Bungong Jeumpa bersama teman harus . By agung ade yulianto 26 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KISI-KSI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-A JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS : 4 SEMESTER : 1 TEMA : 1.

Indahnya Kebersamaan SUBTEMA : 3. Bersyukur atas Keberagaman KOMPETENSI DASAR PILIHAN GANDA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan Bahasa Indonesia 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut teks lisan, tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah ISIAN Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan Bahasa Indonesia 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual Ilmu Pengetahuan Alam 3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Ilmu Pengetahuan Sosial 3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah JUMLAH SOAL IDENTIFIKAS I SOAL 15 soal 3 soal 3 soal 1 s/d 3 3 soal 1 soal 4 s/d 4 2 soal 5 s/d 6 3 soal 3 soal 7 s/d 9 3 soal 3 soal 10 s/d 12 3 soal 3 soal 13 s/d 15 10 soal 1 s/d 2 3 s/d 4 5 s/d 6 7 s/d 8 9 s/d 10 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal By agung ade yulianto 27 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-A Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : d Pembahasan : Sikap kerja sama harus diterapkan di semua tempat. Kita harus tetap bisa bekerja sama di rumah, sekolah, maupun masyarakat. 2. Jawaban : c Pembahasan : Bermain komputer sendiri tidak menunjukkan sikap kerja sama. 3. Jawaban : c Pembahasan : Jika kita terganggu dengan kebiasaan teman, sebaiknya kita tegur teman kita dengan sopan. 4. Jawaban : a Pembahasan : Menentukan gagasan pokok sama dengan menentukan ide pokok.

Menjawab pertanyaan "apa yang sedang dibahas?" bukan termasuk cara menentukan gagasan pada teks lisan. 5. Jawaban : b Pembahasan : Keramik memiliki permukaan yang keras sehingga dapat memantulkan bunyi. 6. Jawaban : b Pembahasan : Halaman rumah merupakan ruangan terbuka sehingga bunyi yang dipantulkan memerlukan waktu yang cukup lama untuk merambat dan mengakibatkan bunyi terdengar tidak nyaring.

7. Jawaban : b Pembahasan : Bentuk rongga pada gendang mempengaruhi bunyi yang dihasilkan. Semakin kecil dan panjang rongga pada gendang, maka semakin nyaring bunyi yang dihasilkan. 8. Jawaban : c Pembahasan : Sudah jelas. 9. Jawaban : a Pembahasan : Salah satu makanan khas dari Provinsi DKI Jakarta adalah dodol Betawi. 10. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas.

11. Jawaban : d Pembahasan : Topeng tidak termasuk iringan dalam seni tari. Topeng merupakan properti atau perlengkapan tari. 12.

Jawaban : a Pembahasan : Sudah jelas. 13. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. By agung ade yulianto 28 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1.

Jawaban : santun Pembahasan : Salah satu cara menghargai orang lain, yaitu berbicara dengan santun. 2. Jawaban : kebaikan Pembahasan : Bekerja sama hanya boleh kita lakukan dalam hal kebaikan agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. 3. Jawaban : menuliskan Pembahasan : Sebelum menentukan gagasan pokok dari teks lisan, kita terlebih dahulu mendengarkan setiap paragraf yang dibacakan. Selanjutnya, kita bisa menuliskan kalimat dari teks yang kita dengar.

4. Jawaban : tari Pendet Pembahasan : Ide pokok disebut juga gagasan pokok, yaitu topik yang dibahas dalam paragraf. Ide pokok paragraf tersebut adalah tari Pendet. 5. Jawaban : gaung Pembahasan : Gaung dapat terjadi karena sumber bunyi dengan dinding pemantul mempunyai jarak yang jauh sehingga bunyi pantul yang dihasilkan terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli. 6. Jawaban : bunyi merambat ke segala arah Pembahasan : Lapangan bola merupakan ruang terbuka sehingga bunyi dapat merambat ke segala arah dan memerlukan waktu yang lama untuk dipantulkan oleh dinding dinding di sekitar lapangan bola.

Jadi, bunyi tidak terdengar nyaring. 7. Jawaban : Bali Pembahasan : Sudah jelas. 8. Jawaban : serabi kadang Pembahasan : Sudah jelas. 9. Jawaban : gerakan Pembahasan : Sudah jelas. 10. Jawaban : kompak Pembahasan : Tari Bungong Jeumpa merupakan tarian yang ditarikan secara berkelompok dengan kompak.

By agung ade yulianto 29 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-B Soal Pilihan Ganda 1.

Perbuatan yang membutuhkan kerja sama dengan teman adalah . a. mengerjakan soal ujian b. mengerjakan tugas kelompok c. membayar biaya sekolah d. merapikan tempat tidur 2. Made dan Dondo mempunyai perbedaan pendapat. Sikap mereka sebaiknya . a. mempertahankan pendapat b. saling menjelekkan pendapat kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut.

memusuhi satu sama lain d. menerima pendapat yang lebih baik 3. Made dan teman-teman membantu berjualan penjual kantin.

Berikut hal yang dapat mereka lakukan, kecuali . a. menyiapkan minuman b. menyiapkan makanan c. menghabiskan makanan d. menjaga kebersihan 4. Berikut yang bukan termasuk cara menentukan gagasan pada teks lisan adalah .

a. menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan "siapa yang dibahas?" b. menuliskan setiap kalimat dari teks yang dibacakan c. menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan "apa yang sedang dibahas?" d. menuliskan kalimat pokok dari teks yang dibacakan 5.

Agar kita bisa menentukan gagasan utama dari teks lisan, kita harus . setiap paragraf yang dibacakan dengan saksama. a. mencatat b. mendengarkan c. mengamati d. membaca 6. Contoh benda yang dapat memantulkan bunyi adalah . a. gabus b. keramik c. busa d. wol 7. Gaung terjadi jika jarak sumber bunyi dan dinding pantul . a. sangat jauh b. agak jauh c. sangat dekat d. dekat By agung ade yulianto 30 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 8.

Ember yang dibunyikan di halaman rumah akan terdengar . a. nyaring b. tidak nyaring c. kuat d. lemah 9. Makanan khas dari Provinsi Riau yang berbahan dasar udang adalah . a. rendang b. otak-otak c. gulai belacan d. seruit 10. Perhatikan gambar berikut! Makanan khas dari Sumatera Utara yang ditunjukkan gambar tersebut bernama . a. pempek b. bika ambon c. lumpia d. jepa 11. Perhatikan gambar berikut! Makanan khas Madiun yang ditunjukkan gambar tersebut bernama nasi .

a. jamblang b. krawu c. gudeg d. pecel 12. Tempat pementasan tari perlu ditata agar penari merasa . a. bangga b. kecewa c. puas d. nyaman 13. Berikut ini yang tidak termasuk kegiatan apresiasi adalah . a. mengenali b. menilai c. menghargai d. mengabaikan 14. Yang tidak termasuk kostum tari Bungong Jeumpa adalah .

a. baju atasan b. celana panjang c. ikat kepala d. kipas By agung ade yulianto 31 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Soal Isian 1. Setiap orang mempunyai sifat dan kebiasaan yang . 2. Kita harus bekerja sama dalam hal . 3. Perhatikan paragraf berikut! Tari Guel merupakan tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Aceh, tepatnya masyarakat suku Gayo di Provinsi Aceh. Guel berarti membunyikan. Para peneliti dan pencipta tari mengatakan tarian ini bukan hanya sekedar tari.

Tari ini merupakan gabungan dari seni sastra, seni musik, dan seni tari itu sendiri. Guel menjadi tari tradisi terutama dalam upacara adat tertentu. Tari ini juga merupakan apresiasi terhadap wujud alam yang kemudian dirangkai sedemikian rupa melalui gerak. Hal yang dibahas pada paragraf tersebut adalah . 4. Perhatikan paragraf berikut! Tari Bines merupakan tarian tradisional yang berasal dari ProvinsiAceh, tepatnya berasal dari Kabupaten Gayo Lues.

Tarian ini muncul dan berkembang di Aceh Tengah kemudian dibawa ke Aceh Timur. Tari Bines diperkenalkan oleh seorang ulama bernama Syech Saman dalam rangka berdakwah. Tari ini ditarikan oleh para wanita dengan cara duduk berjajar sambil menyanyikan syair yang berisikan dakwah atau informasi pembangunan. Para penari melakukan gerakan dengan perlahan kemudian berangsur-angsur menjadi cepat dan akhirnya berhenti seketika secara serentak.

Kalimat utama paragraf tersebut terletak di . paragraf. 5. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli disebut . 6. Saat kita berteriak di dalam kamar mandi, suara kita terdengar nyaring. Hal ini membuktikan bahwa bunyi bersifat . 7. Gudeg merupakan makan khas yang berasal dari Provinsi . 8. . adalah nama pakaian adat yang berasal dari Provinsi Bali.

9. Gerakan ketika menarikan tari Bungong Jeumpa harus sesuai dengan irama dan . lagu pengiring. 10. Iringan tari harus sesuai agar dapat menyatu dengan . tari. By agung ade yulianto 32 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 MODEL T1-ST3-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : b Pembahasan : Tugas kelompok harus dikerjakan oleh semua anggota kelompok dengan bekerja sama. 2. Jawaban : d Pembahasan : Saat ada perbedaan pendapat, kita harus tetap saling menghargai. Kita terima pendapat yang lebih baik dengan lapang dada. 3. Jawaban : c Pembahasan : Kita tidak boleh menghabiskan makanan yang dijual ketika membantu penjual di kantin berjualan.

4. Jawaban : a Pembahasan : Menentukan gagasan pokok sama dengan menentukan ide pokok. Menjawab pertanyaan "apa yang sedang dibahas?" bukan termasuk cara menentukan gagasan pada teks lisan. 5. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 6. Jawaban : b Pembahasan : Keramik memiliki permukaan yang keras sehingga dapat memantulkan bunyi. 7. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas.

8. Jawaban : b Pembahasan : Halaman rumah merupakan ruangan terbuka sehingga bunyi yang dipantulkan memerlukan waktu yang cukup lama untuk merambat dan mengakibatkan bunyi terdengar tidak nyaring. 9. Jawaban : c Pembahasan : Sudah jelas. 10. Jawaban : b Pembahasan : Sudah jelas. 11. Jawaban : d Pembahasan : Sudah jelas. 12. Jawaban : d Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut : Tempat untuk mementaskan tari yang ditata akan membuat penari merasa nyaman saat bergerak menari.

13. Jawaban : d Pembahasan : Mengabaikan tidak termasuk dalam kegiatan apresiasi karena apresiasi meliputi mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni. 14. Jawaban : d Pembahasan : Tari Bungong Jeumpa tidak menggunakan kipas dalam pementasannya. By agung ade yulianto 33 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : berbeda Pembahasan : Sifat dan kebiasaan setiap orang bisa berbeda-beda. 2. Jawaban : kebaikan Pembahasan : Bekerja sama hanya boleh kita lakukan dalam hal kebaikan agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

3. Jawaban : tari Guel Pembahasan : Hal yang dibahas dalam teks merupakan gagasan pokok atau topikdalam teks. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah tari Guel. 4. Jawaban : awal Pembahasan : Kalimat utama adalah kalimat yang memuat inti paragraf. Kalimat utama pada paragraf tersebut terletak di awal paragraf, yaitu Tari Bines merupakan tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Aceh tepatnya berasal dari kabupaten Gayo Lues. 5. Jawaban : gaung Pembahasan : Gaung dapat terjadi karena sumber bunyi dengan dinding pemantul mempunyai jarak yang jauh sehingga bunyi pantul yang dihasilkan terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli.

6. Jawaban : dapat dipantulkan Pembahasan : Dinding kamar mandi mempunyai permukaan yang keras sehingga bunyi dapat dipantulkan oleh dinding.

7. Jawaban : DI Yogyakarta Pembahasan : Sudah jelas.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

8. Jawaban : Payas Agung 9. Jawaban : tempo Pembahasan : Saat menari, gerakan tari harus sesuai dengan irama dan tempo lagu pengiring. 10. Jawaban : gerakan By agung ade yulianto 34 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUMPULAN SOAL HARIAN KELAS 4 TEMA 2 : Selalu Hemat Energi Sub Tema 1-3 Tipe A dan B By agung ade yulianto 35 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-A Soal Pilihan Ganda 1.

Pada malam hari, Uni tidak pernah belajar dalam kegelapan. Berarti, Uni telah . a. melakukan kewajibannya b. melaksanakan tugas c.

menerima haknya d. bertanggung jawab 2. Berikut ini merupakan hak kita, kecuali . a. mendapatkan air bersih b. menggunakan energi listrik c. memanfaatkan minyak bumi d. menghabiskan minyak bumi 3. Sikap yang harus kita hindari yaitu . a. menampung air hujan untuk menyiram tanaman b. menutup keran saat menggosok gigi c. membersihkan selokan dari sampah d. membuang sampah di sungai Gambar berikut digunakan untuk menjawab 2 pertanyaan di bawahnya.

4. Informasi yang tepat tentang sumber energi dari gambar di atas adalah . a. Kegiatan menjemur kerupuk memanfaatkan energi panas. b. Kegiatan menjemur kerupuk membutuhkan energi matahari.

c. Kerupuk yang tidak dijemur di bawah sinar matahari tidak bisa mengembang. d. Energi matahari berubah menjadi energi panas. 5. Gagasan pokok dari gambar di atas adalah . a. manfaat energi matahari bagi kehidupan sehari-hari b.

kerupuk merupakan makanan camilan c. kegiatan menjemur kerupuk membutuhkan energi panas d. menjemur kerupuk dilakukan setiap hari 6. Perhatikan penggalan laporan percobaan berikut! Alat dan bahan: 1. Dua helai sapu tangan 2. Ember 3. Air Cara kerja: 1. Basahi kedua sapu tangan dengan air.

2. Jemur satu sapu tangan di tempat yang terkena sinar matahari. 3. Jemur sapu tangan yang lain di dalam ruang tertutup. 4. Sapu tangan yang terkena sinar matahari secara langsung akan lebih cepat kering. By agung ade yulianto 36 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 5. Sapu tangan yang dijemur di ruangan tertutup lebih lama kering. Dari penggalan laporan di atas, informasi yang kita peroleh adalah . a. Sapu tangan yang dijemur di dalam ruangan berbau lebih harum. b. Sapu tangan bisa kita basahi dengan air.

c. Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut matahari bermanfaat untuk mengeringkan sapu tangan yang basah. d. Kegiatan mengeringkan sapu tangan membutuhkan energi air. 7. Benda yang menunjukkan timbulnya energi gerak adalah .

a. balok b. kincir c. buku d. pensil 8. Pada proses pembuatan garam, air laut akan . karena terkena panas matahari. a. menguap b. membeku c. mengembun d.

mencair 9. Kecepatan perputaran turbin pada kincir angin dipengaruhi oleh . a. kelembaban angin b. kecepatan angin c. suhu udara d. panas matahari 10. Hasil perkebunan yang digunakan untuk bahan baku membuat gula merah adalah .

a. kina b. rosella c. kelapa d. tebu 11. Agar kekayaan alam bermanfaat untuk seluruh rakyat, maka harus . a. dimusnahkan b. dimiliki pejabat c. dilestarikan d. dikuasai swasta 12. Daerah Tembagapura di Papua merupakan daerah tambang . a. bijih besi b. nikel c. belerang d. tembaga By agung ade yulianto 37 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 13. Perhatikan gambar garis paranada berikut. Ruas birama ditunjukkan pada nomor . a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 14. Nada re jika dituliskan dalam notasi angka berupa angka .

a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 15. Nada yang tidak ada tanda titik di belakangnya dinyanyikan . a. panjang b. pendek c. pelan d. lambat Soal Isian 1. Minyak bumi akan habis, jadi kita .

menghemat penggunaannya. 2. Uni lebih senang pergi ke sekolah menggunakan sepeda. Uni telah melaksanakan kewajiban menghemat .

3. Informasi dari teks bisa kita dapatkan dengan cara . 4. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut memuat informasi tentang . 5. Energi matahari dapat membantu pembentukan pro-vitamin D dalam tubuh menjadi . 6. Matahari adalah salah satu sumber energi .

di bumi. 7. Air dan udara termasuk sumber daya alam yang . 8. Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai potensi ikan terbesar setelah Bagansiapiapi adalah . By agung ade yulianto 38 9. Perhatikan garis paranada berikut!

Gambar nomor 4 disebut . 10. Tempo sedang disebut juga . KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS : 4 SEMESTER : 1 TEMA : 2. Selalu Berhemat Energi SUBTEMA : 1. Sumber Energi BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 MODEL T2-ST1-A KOMPETENSI DASAR JUMLAH SOAL IDENTIFIKASI SOAL PILIHAN GANDA 15 soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 soal 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 3 soal 1 s/d 3 Bahasa Indonesia 3 soal 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual 3 soal 4 s/d 6 Ilmu Pengetahuan Alam 3 soal 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari 3 soal 7 s/d 9 Ilmu Pengetahuan Sosial 3 soal 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi 3 soal 10 s/d 12 Seni Budaya dan Prakarya 3 soal 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada 3 soal 13 s/d 15 ISIAN 10 soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 soal 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 2 soal 1 s/d 2 Bahasa Indonesia 2 soal 3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual 2 soal 3 s/d 4 Ilmu Pengetahuan Alam 2 soal 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari 2 soal 5 s/d 6 By agung ade yulianto 39 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KOMPETENSI DASAR Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi Seni Budaya dan Prakarya 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada JUMLAH SOAL IDENTIFIKASI SOAL 7 s/d 8 9 s/d 10 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-A Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : c Pembahasan : Uni tidak pernah belajar dalam kegelapan. Pasokan listrik di rumah Uni selalu cukup. Berarti, Uni telah mendapat haknya menggunakan energi listrik. 2. Jawaban : d Pembahasan : Yang tidak termasuk hak kita adalah menghabiskan minyak bumi.

Kita boleh memanfaatkan minyak bumi, tetapi kita harus menghemat penggunaannya. 3. Jawaban : d Pembahasan : Kita harus menghindari sikap membuang sampah di sungai. Hak orang lain untuk mendapat air bersih akan hilang karena sungai kotor. 4. Jawaban : b Pembahasan : Informasi yang diperoleh dari gambar: βˆ™ Gambar tersebut menceritakan tentang kegiatan menjemur kerupuk.

βˆ™ Kegiatan menjemur kerupuk membutuhkan energi matahari. βˆ™ Energi matahari bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. 5. Jawaban : a Pembahasan : Gagasan pokok dari gambar di atas adalah manfaat energi matahari bagi kehidupan sehari-hari. 6. Jawaban : c Pembahasan : Informasi yang diperoleh dari teks: βˆ™ Energi matahari bermanfaat untuk mengeringkan sapu tangan yang basah.

βˆ™ Energi matahari bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. 7. Jawaban : b Pembahasan : Kincir dapat menunjukkan kepada kita tentang energi gerak karena kincir memiliki baling-baling yang dapat bergerak ketika terkena angin atau air.

8. Jawaban : a Pembahasan : Panas matahari akan membuat air laut menguap sehingga meninggalkan butiran butiran garam. 9. Jawaban : b Pembahasan : Kecepatan angin mempengaruhi perputaran turbin pada kincir angin. Semakin besar kecepatan angin, maka perputaran turbin juga semakin cepat. 10. Jawaban : c Pembahasan : Hasil perkebunan yang digunakan untuk bahan baku membuat gula merah adalah kelapa.

11. Jawaban : c Pembahasan : Agar kekayaan alam bermanfaat untuk seluruh rakyat, maka harus dilestarikan. By agung ade yulianto 40 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 12. Jawaban : d Pembahasan : Daerah Tembagapura di Papua merupakan daerah tambang tembaga. 13. Jawaban : a Pembahasan : Ruas birama pada garis paranada di atas ditunjukkan pada nomor 1. Nomor 2 merupakan garis birama, nomor 3 disebut garis paranada, sedangkan nomor 4 adalah garis penutup birama.

14. Jawaban : b Pembahasan : Nada re jika dituliskan dalam notasi angka berupa angka 2. 15. Jawaban : b Pembahasan : Nada yang tidak ada tanda titik di belakangnya berarti dinyanyikan pendek. Nada tersebut dinyanyikan dengan hitungan satu ketukan.

Jawaban Soal Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut 1. Jawaban : wajib Pembahasan : Minyak bumi akan habis, jadi kita wajib menghemat penggunaannya.

2. Jawaban : minyak bumi Pembahasan : Uni lebih senang pergi ke sekolah menggunakan sepeda. Uni telah melaksanakan kewajiban menghemat minyak bumi. 3. Jawaban : membaca teks dengan cermat Pembahasan : Menemukan informasi dari teks bisa kita lakukan dengan cara membaca teks dengan cermat. 4. Jawaban : alat-alat (peralatan) listrik Pembahasan : Informasi yang bisa kita dapatkan dari gambar di atas yaitu tentang alat-alat listrik. 5. Jawaban : vitamin D Pembahasan : Di dalam tubuh kita sudah terdapat provitamin D, sehingga perlu proses pembentukan untuk mendapatkan vitamin D.

Proses pembentukan vitamin D tersebut dapat dibantu dengan sinar matahari. 6. Jawaban : terbesar Pembahasan : Pancaran panas dari matahari dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi.

7. Jawaban : dapat diperbarui Pembahasan : Air dan udara termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. 8. Jawaban : Banyuwangi Pembahasan : Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai potensi ikan terbesar setelah Bagansiapiapi adalah Banyuwangi. 9. Jawaban : garis penutup Pembahasan : Gambar nomor 4 menunjukkan garis penutup. Nomor 1 merupakan ruas birama. Nomor 2 merupakan garis birama, sedangkan nomor 3 disebut garis paranada.

10. Jawaban : moderato Pembahasan : Tempo sedang disebut juga moderato. By agung ade yulianto 41 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 By agung ade yulianto 42 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-B Soal Pilihan Ganda 1.

Kegiatan yang tidak termasuk melaksanakan kewajiban sehari-hari adalah . a. mematikan lampu kamar saat pergi b. menggunakan air dengan bijaksana c.

menyalakan televisi dan radio d. tidur siang setelah mematikan televisi 2. Menghemat energi listrik merupakan . setiap orang.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

a. hak b. kewajiban c. tugas d. tanggung jawab 3. Made tidak pernah kekurangan air bersih. Berarti Made telah . a. menerima haknya b. melaksanakan tugas c.

melakukan kewajibannya d. bertanggung jawab Gambar berikut digunakan untuk menjawab 2 pertanyaan di bawahnya. 4. Salah satu informasi yang kita dapatkan dari gambar tersebut adalah . a. Setiap pagi, bayi harus dijemur di halaman berumput.

b. Kegiatan berjemur membutuhkan energi panas. c. Kegiatan berjemur membutuhkan energi matahari. d. Matahari selalu bersinar di pagi hari. 5. Informasi pada gambar bisa kita tuliskan dalam bentuk cerita. Cerita yang tepat sesuai informasi pada gambar yaitu . a. Setiap pagi, adik bayi dijemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tulang karena mengandung vitamin D.

Vitamin D diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, apalagi pada masa pertumbuhan. kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut. Adik bayi dijemur di halaman berumput.

Rumput membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Cahaya matahari bermanfaat bagi tumbuhan dan manusia. c. Setiap pagi, matahari selalu bersinar. Sinar matahari merupakan sumber energi. Energi matahari bisa digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. d. Matahari bersinar cerah pada pagi hari. Semua orang melakukan aktivitasnya. Udara pagi terasa sejuk dan menyegarkan. Saatnya memulai hari dengan penuh semangat. 6. Salah satu informasi yang kita dapatkan dari gambar tersebut adalah .

a. Setiap pagi, bayi harus dijemur di halaman berumput. b. Kegiatan berjemur membutuhkan energi panas. c. Kegiatan berjemur membutuhkan energi matahari. By agung ade yulianto 43 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 d. Matahari selalu bersinar di pagi hari. 7. Benda akan cepat kering jika dijemur di tempat . a. teduh b. sejuk c. panas d. tertutup 8. Baling-baling sederhana akan . jika ditiup. a. berputar b. berjalan c. beredar d. berloncatan 9. Matahari merupakan penghasil utama energi . a. panas b.

bunyi c. gerak d. suara 10. Grafit merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai . a. pembuatan alat listrik b. pelapis kaleng makanan c. bahan baku pensil d. perabot rumah tangga 11. Karena hasil pertaniannya, Indonesia terkenal sebagai . a. negara perkebunan b. negara industri c. negara maju d. negara agraris 12. Hasil pertanian yang dapat digunakan sebagai bahan makanan pokok adalah .

a. kina b. cokelat c. nira d. sagu 13. Menyanyikan lagu harus sesuai tempo. Tempo adalah . a. bunyi yang berulang dengan teratur b. keselarasan bunyi lagu c. keras lembutnya lagu d. cepat lambat lagu saat dinyanyikan 14. Perhatikan penggalan notasi berikut! Nada pada penggalan notasi angka di atas dinyanyikan . a. pendek b. panjang By agung ade yulianto 44 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 c. tinggi d. rendah 15. Berikut ini merupakan bagian-bagian birama, kecuali . a. ruas birama b.

garis birama c. garis penutup d. jeda birama Soal Isian 1. Menghemat air merupakan . kita sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari. 2. Manusia berhak memanfaatkan air untuk memenuhi . 3. Gambar yang baik mampu memuat . yang ingin disampaikan. 4. Perhatikan gambar berikut! Dari gambar di atas, kita mengetahui informasi tentang kegiatan . 5. Energi matahari dapat membantu pembentukan pro-vitamin D dalam tubuh menjadi . 6. Pakaian yang basah akan cepat kering jika dijemur di tempat . 7.

Kayu, rotan, damar, dan kayu putih merupakan hasil . 8. Tebu diperoleh dari hasil . 9. Garis dalam notasi musik yang membatasi ruas birama disebut . 10. Garis birama tunggal artinya . By agung ade yulianto 45 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 MODEL T2-ST1-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1. Jawaban : c Pembahasan : Kewajiban kita sehari-hari adalah hemat energi. Menyalakan televisi dan radio bersamaan berarti kita tidak menghemat energi.

Kita sebaiknya menyalakan salah satu alat elektronik saja. 2. Jawaban : b Pembahasan : Menghemat energi listrik merupakan kewajiban setiap orang. Dengan menghemat listrik, hak kita menggunakan listrik akan selalu terpenuhi. 3. Jawaban : a Pembahasan : Mendapatkan air bersih merupakan hak setiap orang. Jadi, Made telah menerima haknya untuk mendapatkan air. 4. Jawaban : c 5. Jawaban : a Pembahasan : Cerita yang tepat sesuai informasi pada gambar yaitu Setiap pagi, adik bayi dijemur di bawah sinar matahari.

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tulang karena mengandung vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, apalagi pada masa pertumbuhan. 6. Jawaban : c Pembahasan : Informasi yang diperoleh dari gambar: βˆ™ Gambar tersebut menceritakan tentang kegiatan berjemur.

βˆ™ Berjemur dilakukan di pagi hari saat tampak matahari. βˆ™ Berjemur membutuhkan energi matahari. βˆ™ Energi matahari bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. 7. Jawaban : c Pembahasan : Sudah jelas. 8. Jawaban : a Pembahasan : Ketika ditiup terdapat energi angin yang mampu menggerakkan baling-baling sederhana sehingga baling-baling sederhana bergerak memutar.

9. Jawaban : a Pembahasan : Pancaran panas dari matahari dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan. 10. Jawaban : c Pembahasan : Grafit merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pensil. 11. Jawaban : d Pembahasan : Indonesia terkenal sebagai negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya dari pertanian.

12. Jawaban : d Pembahasan : Sagu dapat digunakan untuk bahan makanan pokok pengganti beras. 13. Jawaban : d Pembahasan : Tempo adalah cepat lambat lagu saat dinyanyikan. Saat menyanyikan lagu kita harus memperhatikan tempo. 14. Jawaban : a Pembahasan : Nada pada penggalan notasi angka di atas dinyanyikan pendek. Tanda garis mendatar di atas not menandakan bahwa nada berada dalam satu ketukan sehingga dinyanyikan pendek.

15. Jawaban : d Pembahasan : Birama terdiri dari beberapa bagian yaitu tanda birama, ruas birama, garis birama, dan garis penutup. Jeda birama bukan termasuk bagian dari birama. By agung ade yulianto 46 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : kewajiban Pembahasan : Menghemat air merupakan kewajiban kita sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.

2. Jawaban : kebutuhan sehari-hari Pembahasan : Manusia berhak memanfaatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 3. Jawaban : informasi Pembahasan : Gambar yang baik seharusnya mampu memuat sejumlah informasi yang bisa menambah pengetahuan pembacanya. 4. Jawaban : penambangan minyak bumi di laut lepas Pembahasan : Gambar tersebut menceritakan tentang kegiatan penambangan minyak bumi di laut lepas.

5. Jawaban : vitamin D Pembahasan : Di dalam kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut kita sudah terdapat provitamin D, sehingga perlu proses pembentukan untuk mendapatkan vitamin D.

Proses pembentukan vitamin D tersebut dapat dibantu dengan sinar matahari. 6. Jawaban : panas Pembahasan : Sudah jelas. 7. Jawaban : perhutanan Pembahasan : Kayu, rotan, damar, dan kayu putih merupakan hasil perhutanan. 8. Jawaban : perkebunan Pembahasan : Tebu diperoleh dari hasil perkebunan.

9. Jawaban : garis birama Pembahasan : Garis dalam notasi musik yang membatasi ruas birama disebut garis birama. 10. Jawaban : jeda Pembahasan : Garis birama tunggal pada tanda birama berarti jeda. By agung ade yulianto 47 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 MODEL T2-ST2-A Soal Pilihan Ganda 1.

Berikut ini cara menghemat kertas, kecuali . a. menggunakan kertas ketika benar-benar membutuhkan b. memaksimalkan penggunaan kertas saat menulis c. mencoret-coret buku ketika bosan d. memanfaatkan teknologi saat menulis atau membaca 2. Kewajiban kita dalam menggunakan kertas adalah . a. menghabiskan kertas b. bermain menggunakan kertas c. menghemat penggunaannya d.

membuang kertas 3. Kampanye dapat menjadi sarana menanamkan . hemat energi. a. kebiasaan b. keengganan c. kemampuan d. kemauan 4. Perhatikan petunjuk membunyikan radio berikut ini! (1) Putar tombol pencari gelombang. (2) Tekan tombol on/off. (3) Atur volume yang diinginkan. (4) Jika ingin berpindah gelombang, putar tombol pencari gelombang ke arah kanan atau kiri.

(5) Berhenti memutar tombol gelombang jika sudah menemukan gelombang yang diinginkan. Urutan cara membunyikan radio yang tepat adalah . a. (2) – (1) – (3) – (4) – (5) b. (2) – (1) – (3) – (5) – (4) c. (2) – (3) – (1) – (5) – (4) d. (1) – (3) – kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut – (4) – (5) 5.

Gambar pada poster sebaiknya menggunakan warna . a. merah b. primer c. sekunder d. mencolok 6. Perhatikan petunjuk pembuatan mainan parasut yang belum runtut berikut ini! 1) Gabungkan ujung benang, lalu ikatkan batu atau boneka. 2) Ikatkan benang sepanjang 30 cm ke semua lubang pada plastik. 3) Buatlah pola berbentuk lingkaran dari plastik. 4) Lemparkanlah ke udara, tampaklah orang terjun. 5) Gunting pola tersebut, lalu tandai untuk lubang benang. Urutan langkah-langkah yang benar dalam membuat mainan parasut adalah .

a. 3) - 5) - 2) - 1) - 4) b. 3) - 5) - 2) - 4) - 1) By agung ade yulianto 48 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 c. 3) - 2) - 5) - 1) - 4) d. 3) - 5) - 1) - 2) - 4) 7. Contoh pemanfaatan energi listrik di sekolah adalah . a. menyalakan televisi b. menyalakan lampu penerangan jalan c. menyalakan tangga berjalan d. menyalakan komputer 8. Saat menancapkan steker pada stopkontak, tangan harus dalam keadaan .

a. basah b. kering c. lembab d. berair 9. Made mendengarkan radio di rumah. Perubahan energi yang terjadi saat Made menyalakan radio adalah perubahan energi listrik menjadi energi . a. cahaya b. bunyi c. kimia d. gerak 10. Di bawah ini yang merupakan gambar pala adalah . a. b. c. d. 11. Daerah penghasil cengkih di Indonesia adalah .

a. Sumatra Utara b. Kalimantan Timur c. Sulawesi Tenggara d. Maluku 12. Waktu yang dibutuhkan dalam pembentukan batu bara adalah . a. lima tahun b. puluhan tahun c. ratusan tahun d. jutaan tahun 13. Tanda titik di atas not angka berfungsi sebagai tanda . By agung ade yulianto 49 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 a. panjang pendek nada b. tinggi rendah nada c. tinggi rendah suara d.

panjang pendek bunyi 14. Birama lagu Aku Anak Indonesia adalah . a. 2/4 b. 3/4 c. 4/4 d. 6/8 15. Yang tidak termasuk kegiatan apresiasi seni musik yaitu . a. mengenal b. menilai c. menghargai d. mencontoh Soal Isian 1. Kampanye hemat energi dapat disampaikan melalui . 2. Mencuci sepeda menggunakan ember dan lap menunjukkan pelaksaan kewajiban menghemat .

3. Kalimat yang digunakan dalam teks petunjuk biasanya berupa kalimat . 4. Menentukan topik dan tujuan poster merupakan salah satu langkah-langkah . 5. Saat melakukan percobaan perubahan energi dengan kertas spiral yang didekatkan di atas lilin, terjadi perubahan energi .

menjadi energi . 6. Eko menyalakan kipas angin karena cuaca sangat panas. Perubahan energi yang terjadi saat Eko menyalakan kipas angin adalah .

7. Batu bara termasuk dalam golongan batuan . 8. Salah satu khasiat dari tanaman obat adalah untuk . penyakit. 9. Lagu Aku Anak Indonesia memiliki tanda birama . 10. Garis lengkung melismatis biasanya terletak di . nada atau notasi angka By agung ade yulianto 50 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 MODEL T2-ST2-A JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS : 4 SEMESTER : 1 TEMA : 2.

Selalu Berhemat Energi SUBTEMA : 2. Manfaat Energi JUMLAH SOAL 15 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal KOMPETENSI DASAR IDENTIFIKASI SOAL PILIHAN GANDA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 1 s/d 3 Bahasa Indonesia 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda 4 s/d 6 Ilmu Pengetahuan Alam 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi Seni Budaya dan Prakarya 7 s/d 9 10 s/d 12 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada 13 s/d 15 ISIAN Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga 10 soal 2 soal 02 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 1 s/d 2 Bahasa Indonesia 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda 3 s/d 4 Ilmu Pengetahuan Alam 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi Seni Budaya dan Prakarya 5 s/d 6 7 s/d 8 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada 9 s/d 10 By agung ade yulianto 51 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 MODEL T2-ST2-A Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : c Pembahasan : Kita tidak boleh membiasakan diri mencoret-coret buku ketika bosan. Hal tersebut akan menghabiskan kertas tanpa ada manfaatnya. 2. Jawaban : c Pembahasan : Kita mempunyai hak menggunakan kertas. Tetapi, dalam menggunakannya kita wajib bersikap hemat.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

3. Jawaban : a Pembahasan : Kampanye dapat menjadi sarana menanamkan kebiasaan menghemat energi. Melalui kampanye, kita akan mengetahui kewajiban-kewajiban yang telah dan belum kita laksanakan. 4. Jawaban : a Pembahasan : Urutan cara membunyikan radio yang tepat adalah (2) – (1) – (3) – (4) – (5).

(2) Tekan tombol on/off. (1) Putar tombol pencari gelombang. (3) Atur volume yang diinginkan. (4) Jika ingin berpindah gelombang, putar tombol pencari gelombang ke arah kanan kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut kiri.

(5) Berhenti memutar tombol gelombang jika sudah menemukan gelombang yang diinginkan. 5. Jawaban : d Pembahasan : Gambar pada poster sebaiknya menggunakan warna mencolok agar menarik perhatian. 6. Jawaban : a Pembahasan : Urutan membuat parasut yang tepat adalah 3) - 5) - 2) - 1) - 4). 3) Buatlah pola berbentuk lingkaran dari plastik. 5) Gunting pola tersebut, lalu tandai untuk lubang benang.

2) Ikatkan benang sepanjang 30 cm ke semua lubang pada plastik. 1) Gabungkan ujung benang, lalu ikatkan batu atau boneka. 4) Lemparkanlah ke udara, tampaklah orang terjun. 7. Jawaban : d 8. Jawaban : b Pembahasan : Jika tangan dalam keadaan basah saat menancapkan steker pada stopkontak, maka tubuh kita dapat tersetrum.

9. Jawaban : b 10. Jawaban : c Pembahasan : Gambar pala ditunjukkan pada pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a adalah jahe. Pilihan jawaban b adalah kencur. Pilihan jawaban d adalah kunyit. 11. Jawaban : d 12. Jawaban : d Pembahasan : Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya. 13. Jawaban : b Pembahasan : Tanda titik di atas not angka berfungsi sebagai tanda tinggi rendah nada.

14. Jawaban : c Pembahasan : Lagu Aku Anak Indonesia memiliki tanda birama 4/4. 15. Jawaban : d By agung ade yulianto 52 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Pembahasan : Apresiasi seni adalah penilaian terhadap suatu karya seni. Apresiasi meliputi pengenalan, penilaian, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.

Jadi, yang tidak termasuk kegiatan apresiasi seni musik adalah mencontoh. Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : poster Pembahasan : Kampanye hemat energi dapat disampaikan melalui poster. 2. Jawaban : air Pembahasan : Mencuci sepeda menggunakan ember dan lap menunjukkan pelaksaan kewajiban menghemat air.

3. Jawaban : perintah halus Pembahasan : Kalimat yang digunakan dalam teks petunjuk biasanya berupa kalimat perintah halus. 4. Jawaban : membuat poster Pembahasan : Langkah-langkah membuat poster yaitu: βˆ™ menentukan topik dan tujuan poster βˆ™ membuat kerangka poster βˆ™ membuat kalimat singkat dan meyakinkan βˆ™ menentukan gambar yang tepat. 5. Jawaban : energi panas menjadi energi gerak Pembahasan : Kertas spiral yang didekatkan dengan nyala api dari lilin akan bergerak memutar sehingga hal tersebut membuktikan adanya perubahan energi panas menjadi energi gerak.

6. Jawaban : energi listrik menjadi energi gerak Pembahasan : Kipas angin akan bergerak jika tersambung dengan listrik sehingga terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. 7. Jawaban : sedimen Pembahasan : Batu bara termasuk dalam golongan batuan sedimen.

8. Jawaban : menyembuhkan Pembahasan : Salah satu khasiat dari tanaman obat adalah untuk menyembuhkan penyakit. 9. Jawaban : 4/4 Pembahasan : Lagu Aku Anak Indonesia memiliki tanda birama 4/4. 10. Jawaban : atas Pembahasan : Garis lengkung melismatis biasanya terletak di atas nada atau notasi angka.

By agung kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut yulianto 53 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 MODEL T2-ST2-B Soal Pilihan Ganda 1. Setelah melaksanakan kewajiban, kita akan memperoleh . a. pujian b.

hadiah c. hak d. sanksi 2. Melaksanakan kewajiban dengan baik berarti melaksanakan kerja sama secara . a. langsung b. tidak langsung c. sementara d. berkala 3. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara . a. semena-mena b. setengah hati c.

hak didahulukan d. seimbang 4. Perhatikan petunjuk cara pembuatan layang-layang yang belum runtut berikut ini! 1) Menyediakan bahan. 2) Merekatkan kertas pada rangka layang-layang. 3) Membuat rangka layang-layang.

4) Menghiasi layang-layang. Urutan cara membuat layang-layang yang benar adalah . a. 1) - 2) - 3) - 4) b. 1) - 3) - 2) - 4) c. 1) - 3) - 4) - 2) d. 1) - 2) - 4) - 3) 5. Poster biasanya dipasang di . a. dalam ruangan b. dinding c. tempat umum d. papan tulis 6. Hal pertama yang perlu dilakukan ketika membuat suatu benda adalah .

a. melengkapi benda dengan hiasan b. menyiapkan alat dan bahan c. memotong sesuai ukuran d. memajangnya sebagai benda hiasan 7. Contoh pemanfaatan energi listrik di rumah adalah . a. menyalakan televisi b. menyalakan bel sekolah c. menyalakan lampu lalu lintas d. menyalakan lampu di ruang kelas By agung ade yulianto 54 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 8. Energi diperlukan untuk . a. tidur b. bermain c.

berjalan d. melakukan usaha atau kegiatan 9. Contoh pemanfaatan energi listrik di sekolah adalah . a. menyalakan televisi b. menyalakan lampu penerangan jalan c. menyalakan tangga berjalan d. menyalakan komputer 10. Daerah penghasil pala terbaik di Indonesia adalah . a. Pulau Nias b. Pulau Siau c. Pulau Roti d. Pulau Komodo 11.

Di bawah ini yang merupakan gambar merica adalah . a. b. c. d. 12. Waktu yang dibutuhkan dalam pembentukan batu bara adalah . a. lima tahun b. puluhan tahun c. ratusan tahun d. jutaan tahun 13. Yang tidak termasuk kegiatan apresiasi seni musik yaitu . a. mengenal b. menilai c. menghargai d.

mencontoh 14. Birama lagu Aku Anak Indonesia adalah . By agung ade yulianto 55 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 a. 2/4 b. 3/4 c. 4/4 d. 6/8 15. Lagu Aku Anak Indonesia diciptakan oleh . a. A.T. Mahmud b. Ibu Sud c. Pak Kasur d. Sudharnoto Soal Isian 1. Teliti dalam menulis berarti telah melaksanakan kewajiban menghemat . 2. Melaksanakan kewajiban menghemat kertas sebaiknya dimulai dari lingkungan .

3. Poster sebaiknya bersifat persuasif. Persuasif artinya . 4. Gambar yang diberi tulisan untuk menyampaikan suatu informasi atau imbauan disebut . 5. Energi yang ada di dalam bahan-bahan kimia dan dihasilkan dari reaksi kimia disebut . 6. Saat melakukan percobaan perubahan energi dengan kertas spiral yang didekatkan di atas lilin, terjadi perubahan energi . menjadi energi . 7. Kencur merupakan sumber daya alam yang dapat .

8. Selain sebagai obat dan jamu, tanaman obat juga dimanfaatkan untuk . masakan. 9. Tanda titik yang berfungi untuk menandai panjang pendeknya suatu nada terletak di . notasi angka. 10. Dua nada yang disatukan oleh garis mendatar di atasnya berada dalam . ketukan By agung ade yulianto 56 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 MODEL T2-ST2-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : c Pembahasan : Setelah kita melaksanakan kewajiban, kita akan mendapatkan hak. 2. Jawaban : b Pembahasan : Kerja sama dapat dilaksanakan secara tidak langsung. Apabila kita melaksanakan kewajiban dengan baik, berarti secara tidak langsung kita telah bekerja sama untuk menjaga keseimbangan hak dan kewajiban. 3. Jawaban : d Pembahasan : Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.

Dengan demikian, hak kita akan tetap terpenuhi di masa depan. 4. Jawaban : b Pembahasan : Urutan membuat layang-layang yang benar adalah 1) - 3) - 2) - 4).

1) Menyediakan bahan. 3) Membuat rangka layang-layang. 2) Merekatkan kertas pada rangka layang-layang. 4) Menghiasi layang-layang. 5. Jawaban : c Pembahasan : Poster biasanya ditempel di tempat umum agar bisa dilihat oleh banyak orang. 6. Jawaban : b Pembahasan : Hal yang pertama kali dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan untuk membuat benda tersebut.

7. Jawaban : a Pembahasan : Sudah jelas. 8. Jawaban : d Pembahasan : Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kegiatan. Setiap gerakan kita memerlukan energi. 9. Jawaban : d Pembahasan : Sudah jelas. 10. Jawaban : b Pembahasan : Daerah penghasil pala terbaik di Indonesia adalah Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara. 11. Jawaban : b Pembahasan : Gambar merica ditunjukkan pada pilihan jawaban b.

Pilihan jawaban a adalah jahe. Pilihan jawaban c adalah kunyit. Pilihan jawaban d adalah pala. 12. Jawaban : d Pembahasan : Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya. By agung ade yulianto 57 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 13. Jawaban : d Pembahasan : Apresiasi seni adalah penilaian terhadap suatu karya seni. Apresiasi meliputi pengenalan, penilaian, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.

Jadi, yang tidak termasuk kegiatan apresiasi seni musik adalah mencontoh. 14. Jawaban : c Pembahasan : Lagu Aku Anak Indonesia memiliki tanda birama 4/4. 15. Jawaban : a Pembahasan : Lagu Aku Anak Indonesia diciptakan oleh A.T. Mahmud. Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : kertas Pembahasan : Teliti dalam menulis berarti telah melaksanakan kewajiban menghemat kertas.

2. Jawaban : rumah Pembahasan : Melaksanakan kewajiban menghemat kertas sebaiknya dimulai dari lingkungan rumah. 3. Jawaban : meyakinkan Pembahasan : Poster biasanya bersifat persuasif atau meyakinkan. 4. Jawaban : poster Pembahasan : Sudah jelas. 5.

Jawaban : energi kimia Pembahasan : Sudah jelas. 6. Jawaban : energi panas menjadi energi gerak Pembahasan : Kertas spiral yang didekatkan dengan nyala api dari lilin akan bergerak memutar sehingga hal tersebut membuktikan adanya perubahan energi panas menjadi energi gerak.

7. Jawaban : diperbaharui Pembahasan : Kencur merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. 8. Jawaban : bumbu Pembahasan : Selain sebagai obat dan jamu, tanaman obat juga dimanfaatkan untuk bumbu masakan.

9. Jawaban : belakang Pembahasan : Tanda titik yang berfungi untuk menandai panjang pendeknya suatu nada terletak di belakang notasi angka. 10. Jawaban : satu Pembahasan : Dua nada yang disatukan oleh garis mendatar di atasnya berada dalam satu ketukan. Masing-masing nada tersebut memiliki nilai Β½ ketukan. By agung ade yulianto 58 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 MODEL T2-ST3-A Soal Pilihan Ganda 1.

Berikut ini termasuk sikap ramah lingkungan, kecuali . a. menggunakan energi alternatif, misalnya tenaga surya b. membangun rumah yang memaksimalkan penerangan alami c. mendaur ulang barang-barang bekas seperti plastik, besi, dan kaca d. menebangi pohon-pohon di sekitar rumah 2. Perilaku berikut yang termasuk menghemat energi adalah . a. menyalakan lampu dan televisi saat tidur b. menyalakan kipas angin dan radio saat tidur c. meninggalkan rumah dengan semua lampu menyala d.

menyalakan satu lampu kecil saat tidur 3. Kekurangan energi disebabkan dari kebiasaan . dalam menggunakan energi. a. boros b. hemat c. bijak d. irit 4. Setelah membaca teks bacaan, kita bisa menuliskan petunjuk berdasarkan .

a. isi bacaan b. pesan bacaan c. langkah-langkah percobaan d. alat dan bahan 5. Rice cooker menggunakan energi listrik. Sebelum menggunakan rice cooker kita seharusnya memperhatikan petunjuk penggunaannya. (1) Tekan tombol on atau power. (2) Pasang steker /colokan pada stop kontak. (3) Angkat nasi setelah 30 menit. (4) Pastikan tegangan rice cooker sama dengan tegangan listrik di rumah. (5) Masukkan beras yang telah dicuci ditambah air secukupnya. Urutan penggunaan rice cooker yang tepat adalah .

a. (4) – (2) – (5) – (1) – (3) b. (2) – (4) – (1) – (5) – (3) c. (5) – (4) – (2) – (1) – (3) d. (4) – (2) – (1) – (5) – (3) 6.

Sebelum menulis teks petunjuk berdasarkan percobaan, kita terlebih dahulu menentukan informasi dari . a. percobaan yang dilakukan b.

alat yang digunakan c. kelompok percobaan d. bahan yang diperlukan 7. Energi alternatif memberi keuntungan bagi manusia karena . By agung ade yulianto 59 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 a. memerlukan biaya yang besar b. penggunaannya memerlukan prosedur tertentu c. terpeliharanya lingkungan sekitar d.

memerlukan tenaga yang lebih besar 8. Sebagian besar energi alternatif yang ada di bumi digunakan sebagai sumber energi . a. gerak b. panas c. cahaya d. listrik 9. Langkah pertama yang kita lakukan saat membuat baterai buah adalah . a. memperhatikan nyala lampu LED dan menulis hasil pengamatan b. memotong jeruk nipis, apel, dan kentang menjadi dua bagian c. menancapkan koin logam dan paku pada setiap potongan jeruk nipis, apel, dan kentang d. menghubungkan dua ujung kabel penjepit buaya pada lampu LED 10.

Bagian tanaman jarak yang menghasilkan minyak adalah . a. akar b. daun c. biji d. buah 11. Makanan pada gambar di samping berbahan dasar . a. singkong b. tepung terigu c. beras ketan d. sagu 12. Umbi singkong dapat diolah menjadi tepung . a. maizena b. tapioka c. beras d. terigu 13. Lagu yang ceria dapat membuat kita . a. mengantuk b. sedih c. bersemangat d. terharu 14. Lagu Kring-Kring Ada Sepeda memiliki tempo . a. cepat b. lambat c. sedang By agung ade yulianto 60 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 d.

agak lambat 15. Lagu bertempo sedang sebaiknya kita nyanyikan dengan kecepatan . a. lambat b. sedang c. cepat d. pelan Soal Kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut 1. Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah . 2. Orang yang bertanggung jawab akan . penggunaan energi. 3. Tujuan membuat kerangka poster adalah . 4. Kosakata yang kita gunakan untuk menuliskan teks petunjuk adalah .

5. Kutub negatif pada rangkaian baterai buah terletak di bagian . 6. Sel surya dapat mengubah energi matahari menjadi energi . 7. Salah satu pemanfaatan sumber daya alam adalah sebagai energi . 8. Ketela pohon dan ubi kayu adalah nama lain dari . 9. Lagu Kring-kring Ada Sepeda dinyanyikan ekspresi wajah . 10. Tempo lagu Kring-Kring Ada Sepeda adalah .

By agung ade yulianto 61 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 MODEL T2-ST3-A JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS : 4 SEMESTER : 1 TEMA : 2.

Selalu Berhemat Energi SUBTEMA : 3. Energi Alternatif KOMPETENSI DASAR PILIHAN GANDA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari Bahasa Indonesia 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda Ilmu Pengetahuan Alam 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi Seni Budaya dan Prakarya 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada ISIAN Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari Bahasa Indonesia 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda Ilmu Pengetahuan Alam 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi Seni Budaya dan Prakarya 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada JUMLAH SOAL IDENTIFIKASI SOAL 1 s/d 3 4 s/d 6 7 s/d 9 10 s/d 12 13 s/d 15 15 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 10 soal 1 s/d 2 3 s/d 4 5 s/d 6 7 s/d 8 9 s/d 10 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal By agung ade yulianto 62 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 MODEL T2-ST3-A Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : d Pembahasan : Menebangi pohon-pohon di sekitar rumah termasuk sikap yang kurang ramah lingkungan. Menebangi pohon akan menyebabkan udara menjadi semakin panas. 2. Jawaban : d Pembahasan : Menyalakan satu lampu kecil saat tidur akan menghemat penggunaan energi listrik pada malam hari.

3. Jawaban : a Pembahasan : Kebiasaan boros dalam menggunakan energi akan menyebabkan kekurangan energi di masa depan. 4. Jawaban : a Pembahasan : Menulis teks petunjuk berdasarkan teks bacaan bisa kita lakukan dengan membaca teks bacaan, menemukan informasi dari teks bacaan, kemudian menuliskan panduan/petunjuk berdasarkan isi teks bacaan.

5. Jawaban : c Pembahasan : Urutan penggunaan rice cooker yang tepat adalah (5) – (4) – (2) – (1) – (3). (5) Masukkan beras yang telah dicuci ditambah air secukupnya. (4) Pastikan tegangan rice cooker sama dengan tegangan listrik di rumah. (2) Pasang steker /colokan pada stop kontak. (1) Tekan tombol on atau power. (3) Angkat nasi setelah 30 menit. 6. Jawaban : a Pembahasan : Sebelum menuliskan instruksi atau panduan sesuai urutan langkah-langkah percobaan, kita terlebih dahulu menentukan informasi dari percobaan yang dilakukan.

7. Jawaban : c Pembahasan : keuntungan menggunakan energi alternatif adalah terpeliharanya lingkungan sekitar. Dengan penggunaan energi alternatif mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah dari minyak bumi, batu bara atau gas bumi. 8. Jawaban : d Pembahasan : Energi listrik merupakan sebagian besar dari energi alternatif yang ada di bumi.

9. Jawaban : b Pembahasan : Langkah yang kita lakukan saat membuat baterai buah yaitu: 1. Memotong buah jeruk, apel dan kentang. 2. Menancapkan koin logam pada salah satu sisi jeruk nipis, apel dan kentang yang sudah dipotong. 3. Menancapkan paku pada salah satu sisi yang lain dari jeruk nipis, apel dan kentang.

4. Menghubungkan penjepit buaya pada salah satu koin yang tertancap di buah. 5. Melilitkan penjepit buaya yang terhubung dengan paku yang tertancap di buah dengan bola lampu.

6. Melilitkan penjepit buaya yang terhubung dengan logam yang tertancap pada buah dengan bola lampu. 7. Memerhatikan nyala lampu LED dan menulis kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut pengamatan. By agung ade yulianto 63 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 10. Jawaban : c Pembahasan : Bagian tanaman jarak yang menghasilkan minyak adalah biji. 11. Jawaban : a Pembahasan : Nama makanan pada gambar di samping adalah getuk.

Getuk adalah makanan yang berbahan dasar singkong. 12. Jawaban : b Pembahasan : Nama lain dari tepung singkong adalah tepung tapioka atau tepung kanji.

13. Jawaban : c Pembahasan : Lagu yang dinyanyikan dengan nada ceria tentu dapat membuat kita bersemangat. Sebaliknya, lagu yang sedih akan membuat kita ikut sedih dan terharu. 14. Jawaban : c Pembahasan : Lagu Kring-Kring Ada Sepeda memiliki tempo sedang. 15. Jawaban : b Pembahasan : Lagu bertempo sedang sebaiknya kita nyanyikan dengan kecepatan sedang pula. Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : menjaga kelestarian lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan Pembahasan : Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga kebersihan lingkungan.

2. Jawaban : menghemat Pembahasan : Orang yang bertanggung jawab akan menghemat penggunaan energi. 3. Jawaban : membantu isi poster tidak keluar dari topik Pembahasan : Tujuan membuat kerangka poster adalah membantu isi poster tidak keluar dari topik yang telah ditentukan.

4. Jawaban : kosakata baku Pembahasan : Saat menulis teks petunjuk, kita menggunakan kosakata baku. 5. Jawaban : paku Pembahasan : Paku terbuat dari besi yang dapat berfungsi sebagai kutub negatif. 6. Jawaban : listrik Pembahasan : Sel surya dapat mengumpulkan energi cahaya dari matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. 7. Jawaban : alternatif Pembahasan : Salah satu pemanfaatan sumber daya alam adalah sebagai energi alternatif. 8. Jawaban : singkong Pembahasan : Ketela pohon dan ubi kayu adalah nama lain dari singkong.

9. Jawaban : ceria dan bersemangat Pembahasan : Lagu Kring-kring Ada Sepeda dinyanyikan ekspresi wajah ceria dan bersemangat.

Sebab lagu ini bernuansa gembira. 10. Jawaban : sedang Pembahasan : Tempo lagu Kring-Kring Ada Sepeda adalah sedang. By agung ade yulianto 64 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 By agung ade yulianto 65 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 MODEL T2-ST3-B Soal Pilihan Ganda 1. Berikut ini termasuk hak terhadap lingkungan, kecuali . a. memanfaatkan lingkungan b.

tinggal di lingkungan yang bersih c. tinggal di lingkungan yang kotor d. merasakan udara segar 2. Perilaku masyarakat yang baik adalah . a. mencuci kendaraan menggunakan selang b. mematikan lampu pada siang hari c. membakar kertas-kertas yang tidak dipakai d.

membiarkan keran yang bocor 3. Berikut ini termasuk sikap hemat energi di rumah, kecuali . a. menutup keran air ketika ditinggalkan b. mematikan lampu yang tidak diperlukan c. menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat yang dekat d. merebus air sedikit-sedikit 4. Setelah membaca teks bacaan, kita bisa menuliskan petunjuk berdasarkan . a. isi bacaan b. pesan bacaan c. langkah-langkah percobaan d.

alat dan bahan 5. Perhatikan gambar berikut! Pesan yang ingin disampaikan poster tersebut adalah . a. imbauan agar mencabut stop kontak b. imbauan agar mematikan televisi c. imbauan agar menghemat energi listrik d. langkah-langkah menghemat energi By agung ade yulianto 66 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 6. Urutan petunjuk menonton televisi yang tepat adalah . a. (1) Tekan tombol on. (2) Pilih stasiun yang akan ditonton. (3) Matikan tombol off jika sudah selesai menonton.

(4) Masukkan steker ke stop kontak. b. (1) Masukkan steker ke stop kontak. (2) Pilih stasiun yang akan ditonton. (3) Tekan tombol on. (4) Matikan tombol off jika sudah selesai menonton. c. (1) Masukkan steker ke stop kontak. (2) Tekan tombol on. (3) Pilih stasiun yang akan ditonton. (4) Matikan tombol off jika sudah selesai menonton. d. (1) Masukkan steker ke stop kontak.

(2) Pilih stasiun yang akan ditonton. (3) Tekan tombol on. (4) Matikan tombol off jika sudah selesai menonton. 7. Perhatikan gambar berikut ini.

Gambar tersebut merupakan penggunaan energi alternatif berupa . a. angin b. aliran air c. sinar matahari d. gelombang air laut 8.

Pembangkit listrik yang menggunakan energi surya sebagai sumber energi penghasil listrik disebut . a. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) b.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) c. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) d. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) 9. Energi panas bumi berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi yang berupa . a. air panas b. batu panas c. uap panas d. tanah panas 10. Gambar di bawah ini yang merupakan jagung adalah .

a.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

b. c. By agung ade yulianto 67 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 d. 11. Nasi merupakan salah satu sumber . a. protein b. karbohidrat c. vitamin d. mineral 12. Gambar di bawah ini yang merupakan singkong adalah . a. b. c. d. 13. Pernafasan saat bernyanyi . dengan pernafasan saat kita berbicara sehari-hari. a.

sama b. berbeda c. mirip d. sesuai 14. Perhatikan penggalan notasi berikut! Dalam penggalan notasi lagu Kring-Kring Ada Sepeda di atas, nada rendah ditunjukkan oleh notasi . a. la dan si b. fa dan si c. si dan sol d.

sol dan la 15. Bernyanyi harus memperhatikan kecepatan suara atau sesuai . a. tempo lagu b. tinggi rendah nada c. panjang pendek nada d. birama lagu By agung ade yulianto 68 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Soal Isian 1. Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah .

2. Kelestarian lingkungan dapat dijaga dengan sikap . dan . 3. Cara menggunakan lampu senter (1) Tutup kembali bagian yang sudah dibuka. (2) Tekan tombol dengan baik. (3) Masukkan baterai dengan posisi kepala menghadap ke depan.

(4) Buka tutup bagian belakang. Urutan cara menggunakan lampu senter yang benar adalah . 4. Setelah membaca teks bacaan dengan saksama dan menemukan informasi, selanjutnya kita menuliskan panduan berdasarkan . 5. Pemanfaatan sumber energi yang berlebihan dan tidak terkendali dapat menyebabkan .

6. Biodiesel adalah bahan bakar bio yang dihasilkan dari . 7. Kulit singkong dapat dimanfaatkan sebagai . ternak. 8. Daun singkong yang sudah tua dapat digunakan sebagai . ternak. 9. Pencipta lagu Aku Anak Indonesia yaitu .

10. Saat menyanyikan syair lagu, setiap kata harus diucapkan dengan . By agung ade yulianto 69 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 MODEL T2-ST3-B Jawaban Soal Pilihan Ganda 1. Jawaban : c Pembahasan : Yang tidak termasuk hak kita terhadap lingkungan adalah lingkungan yang kotor. 2.

Jawaban : b Pembahasan : Mematikan lampu pada siang hari merupakan perilaku yang baik. Perilaku tersebut menunjukkan sikap menghemat energi. 3. Jawaban : d Pembahasan : Merebus air sedikit-sedikit memerlukan lebih banyak bahan bakar gas. Kita sebaiknya merebus air cukup banyak dalam sekali waktu kemudian disimpan.

4. Jawaban : a Pembahasan : Menulis teks petunjuk berdasarkan teks bacaan bisa kita lakukan dengan membaca teks bacaan, menemukan informasi dari teks bacaan, kemudian menuliskan panduan/petunjuk berdasarkan isi teks bacaan. 5. Jawaban : c Pembahasan : Poster tersebut berisi pesan imbauan agar masyarakat menghemat energi listrik. 6. Jawaban : c Pembahasan : Urutan petunjuk menonton televisi: (1) Masukkan steker ke stop kontak.

(2) Tekan tombol on. (3) Pilih stasiun yang akan ditonton. (4) Matikan tombol off jika sudah selesai menonton. 7. Jawaban : c Pembahasan : Gambar tersebut adalah panel surya yang dipasang di atas genteng suatu rumah atau bangunan.

Panel surya dapat mengubah energi cahaya dari sinar matahari menjadi energi listrik. 8. Jawaban : a 9. Jawaban : c Pembahasan : Di bawah permukaan bumi terbentuk lapisan batuan yang sangat panas, sehingga energi panas bumi yang dihasilkan berupa uap panas. 10. Jawaban : d Pembahasan : Gambar jagung ditunjukkan pada pilihan jawaban d. Pilihan jawaban a adalah ubi ungu. Pilihan jawaban b adalah singkong.

Pilihan jawaban c adalah ubi jalar. 11. Jawaban : b Pembahasan : Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat. Contoh sumber karbohidrat lainnya antara lain jagung, kentang, sagu, ubi, dan singkong. 12. Jawaban : b Pembahasan : Gambar singkong ditunjukkan pada pilihan jawaban b. Pilihan jawaban a adalah talas. Pilihan jawaban c adalah ubi jalar. Pilihan jawaban d adalah ubi ungu. 13. Jawaban : b Pembahasan : Pernafasan saat bernyanyi berbeda dengan pernafasan saat kita berbicara sehari hari.

Saat bernyanyi, kita harus mengatur nafas kita dengan baik. Sehingga lagu yang kita nyanyikan akan terdengar baik. 14. Jawaban : c Pembahasan : Dalam penggalan notasi lagu Kring-Kring Ada Sepeda di atas, nada rendah ditunjukkan oleh notasi si dan sol. Yaitu angka 7 dan 5 dengan tanda titik di bawahnya. 15. Jawaban : a By agung ade yulianto 70 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Pembahasan : Bernyanyi harus memperhatikan kecepatan suara atau sesuai tempo lagu.

Tempo yaitu cepat lambat lagu saat dinyanyikan. Setiap lagu memiliki tempo yang berbeda-beda. Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : menjaga kelestarian lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan Pembahasan : Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga kebersihan lingkungan.

2. Jawaban : ramah lingkungan dan hemat energi Pembahasan : Kelestarian lingkungan dapat dijaga dengan sikap ramah lingkungan dan hemat energi.

3. Jawaban : (4) – (3) – (1) – (2) Pembahasan : Urutan cara menggunakan lampu senter yang benar: (4) Buka tutup bagian belakang. (3) Masukkan baterai dengan posisi kepala menghadap ke depan. (1) Tutup kembali bagian yang sudah dibuka.

(2) Tekan tombol dengan baik. 4. Jawaban : isi teks bacaan Pembahasan : Saat menulis teks petunjuk dari sebuah bacaan, hal pertama yang kita lakukan adalah membaca teks bacaan dengan saksama.

Selanjutnya, menemukan informasi dari teks bacaan. Kemudian, menuliskan panduan atau instruksi sesuai isi teks bacaan. 5. Jawaban : kelangkaan Pembahasan : Beberapa sumber energi sangat terbatas jumlahnya, apabila dimanfaatkan secara berlebihan maka dapat menyebabkan kelangkaan.

6. Jawaban : biji-biji tumbuhan Pembahasan : Biodiesel merupakan bahan bakar energi alternatif yang diolah dari biji-biji tumbuhan yang dapat berfungsi sebagai pengganti bahan bakar solar. 7. Jawaban : makanan Pembahasan : Kulit singkong dapat dimanfaatkan sebagai makanan ternak.

8. Jawaban : makanan Pembahasan : Daun singkong yang sudah tua dapat digunakan sebagai makanan ternak. 9. Jawaban : A.T. Mahmud Pembahasan : Pencipta lagu Aku Anak Indonesia yaitu A.T.

Mahmud. 10. Jawaban : jelas Pembahasan : Saat menyanyikan syair lagu, setiap kata harus diucapkan dengan jelas. By agung ade yulianto 71 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUMPULAN SOAL HARIAN KELAS 4 TEMA 3 : PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP Sub Tema 1-3 Tipe A dan B By agung ade yulianto 72 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 MODEL T3-ST1-A Soal Pilihan Ganda 1. Disiplin dalam merawat tanaman akan mengembangkan sikap . a. acuh tak acuh b. tidak peduli c. bertanggung jawab d.

sewenang-wenang 2. Kita harus . sikap yang merusak tumbuhan. a. melaksanakan b. melakukan c. menghindari d. mengembangkan 3. Sikap tidak bijak terhadap tumbuhan akan berdampak . a. kelestarian tumbuhan terjaga b. lingkungan menjadi nyaman c. kelangkaan tumbuhan d. air bersih tetap tersedia 4.

Informasi yang didapat kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut kata tanya berapa adalah . a. keterangan suatu tempat b. penjelasan tentang alasan terjadinya suatu hal c.

penjelasan hasil menghitung jumlah secara tepat berupa bilangan d. berupa benda, pengertian, penjelasan, atau penegasan 5. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan benda, keadaan, atau perbuatan yaitu . a. siapa b. mengapa c. apa d. bagaimana 6. Informasi yang didapat dari kata tanya bagaimana adalah . a. keterangan banyak atau sedikit b. keterangan alasan terjadinya sesuatu hal c. keterangan waktu d. penjelasan tentang keadaan atau proses terjadinya sesuatu By agung ade yulianto 73 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 7.

Perhatikan gambar berikut! Bagian bunga yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut adalah . a. kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut b. benang sari c. mahkota bunga d.

kelopak bunga 8. Beberapa jenis tumbuhan memiliki batang yang ada di dalam tanah. Batang yang ada di dalam tanah tersebut berfungsi untuk . a. menopang tubuh tumbuhan b. mengedarkan zat makanan hasil fotosintesis c. mengedarkan air dan mineral d. menyimpan cadangan makanan 9. Tanaman pangan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah . a. ubi b. jagung c. singkong d. padi 10. Teluk Tomini terletak di .

a. Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat b. Kabupaten Polewali, Provinsi Sulawesi Barat c. Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara d. Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara 11. Bagian daratan yang mempunyai ketinggian 400-600 meter di atas permukaan laut adalah . a. gunung b. dataran tinggi c. dataran rendah d. pantai 12. Danau yang terletak di Provinsi Papua adalah . a. Danau Kerinci b. Danau Poso c.

Danau Sentani d. Danau Towuti 13. Karya seni yang dilakukan dengan teknik menempelkan bahan hingga membentuk sebuah karya disebut teknik . a. tempel b.

kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut

potong c. lipat By agung ade yulianto 74 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 d. anyam 14. Contoh bahan alam yang bisa digunakan untuk membuat kolase yaitu . a. karet b. ranting c. tutup botol d. serat sintetis 15. Orang yang dapat menilai serta memberikan tanggapan terhadap karya seni disebut .

a. peminat seni b. pelaku seni c. pencipta seni d. kritikus seni Soal Isian 1. Terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir merupakan dampak dari sikap . terhadap tumbuhan. 2. Dengan melaksanakan kewajiban, hak kita terhadap makanan akan . 3. Orang yang bertanya dalam wawancara disebut . 4. Sebutan yang tepat untuk orang yang diwawancarai adalah . 5. Bagian tubuh buah yang kita makan adalah .

6. Bibit padi yang unggul akan menghasilkan padi yang . 7. Nama tanjung yang berada di Pulau Nusa Penida, Bali adalah . 8. Nama teluk yang terletak di Provinsi Banten adalah Teluk . 9. Karya seni yang dilakukan dengan menempelkan bahan hingga membentuk sebuah karya disebut karya seni . 10. Teknik yang digunakan oleh para seniman untuk membuat karyanya dapat .

By agung ade yulianto 75 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 MODEL T3-ST1-A JENIS SOAL : Penilaian Harian KELAS : 4 SEMESTER : 1 TEMA : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup SUBTEMA : 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku KOMPETENSI DASAR PILIHAN GANDA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari Bahasa Indonesia 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan Ilmu Pengetahuan Alam 3.1 Memahami hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi Seni Budaya dan Prakarya 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel ISIAN Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari Bahasa Indonesia 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan Ilmu Pengetahuan Alam 3.1 Memahami hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi Seni Budaya dan Prakarya 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel JUMLAH SOAL IDENTIFIKASI SOAL 1 s/d 3 4 s/d 6 7 s/d 8 9 s/d 9 10 s/d 12 13 s/d 15 15 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 2 soal 1 soal 3 soal 3 soal 3 soal 3 soal 10 soal 1 s/d 2 3 s/d 4 5 s/d 5 6 s/d 6 7 s/d 8 9 s/d 10 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal 1 soal 1 soal 2 soal 2 soal 2 soal 2 soal By agung ade yulianto 76 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 MODEL T3-ST1-A Jawaban Soal Pilihan Ganda 1.

Jawaban : c 2. Jawaban : c 3. Jawaban : c 4. Jawaban : c Pembahasan : Kata tanya berapa digunakan untuk menanyakan jumlah. Informasi yang didapat berupa penjelasan hasil menghitung jumlah secara tepat berupa bilangan.

Informasi juga bisa berupa keterangan banyak atau sedikit jika jumlah sulit dihitung secara tepat. 5. Jawaban : c Pembahasan : Kata tanya apa/apakah digunakan untuk menanyakan benda, keadaan, atau perbuatan. Informasi yang didapat berupa benda, pengertian, penjelasan, atau penegasan. 6. Jawaban : d Pembahasan : Kata tanya bagaimana digunakan untuk kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut keadaan atau proses terjadinya suatu hal.

Informasi yang didapat berupa penjelasan tentang keadaan atau proses terjadinya sesuatu. 7. Jawaban : b Pembahasan : Bagian bunga yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut adalah benang sari yang merupakan alat perkembangbiakan jantan pada bunga. 8. Jawaban : d Pembahasan : Batang tumbuhan yang ada di dalam tanah berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Contoh tumbuhan yang memiliki batang di dalam tanah adalah kentang.

9. Jawaban : d Pembahasan : Tanaman pangan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah padi karena beras adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. 10. Jawaban : c 11. Jawaban : b Pembahasan : Bagian daratan yang mempunyai ketinggian 400-600 meter di atas permukaan laut adalah dataran tinggi.

Gunung adalah permukaan tanah yang menjulang lebih tinggi dari daerah sekitarnya, tingginya lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah adalah bagian daratan yang datar dengan ketinggian antara 0-200 meter di atas permukaan laut.

Pantai adalah bagian daratan yang berbatasan langsung dengan laut dan merupakan daerah pasang surut air laut. 12. Jawaban : c Pembahasan : Danau yang terletak di Provinsi Papua adalah Danau Sentani.

Danau Kerinci terletak di Provinsi Sumatra Barat. Danau Poso terletak di Provinsi Sulawesi Tengah. Danau Towuti terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. 13. Jawaban : a Pembahasan : Sudah jelas. 14. Jawaban : b Pembahasan : Contoh bahan alam yang bisa digunakan untuk membuat kolase yaitu ranting. Serat sintetis dan karet termasuk bahan olahan. Sedangkan tutup botol termasuk bahan bekas.

15. Jawaban : d Pembahasan : Sudah jelas. By agung ade yulianto 77 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 Jawaban Soal Isian 1. Jawaban : tidak bijak Pembahasan : Bencana alam tanah longsor dan banjir terjadi akibat penggundulan hutan. Hal tersebut merupakan sikap tidak bijak terhadap tumbuhan. 2. Jawaban : terpenuhi Pembahasan : Sudah jelas. 3. Jawaban : pewawancara Pembahasan : Sudah jelas.

4. Jawaban : narasumber Pembahasan : Sudah jelas. 5. Jawaban : daging buah Pembahasan : Sudah jelas. 6. Jawaban : unggul Pembahasan : Bibit padi yang unggul akan menghasilkan padi yang unggul juga. Padi yang unggul nantinya akan meningkatkan hasil panen petani. 7. Jawaban : Tanjung Bakung Pembahasan : Sudah jelas.

8. Jawaban : Banten Pembahasan : Sudah kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut. 9. Jawaban : teknik tempel Pembahasan : Karya seni yang dilakukan dengan menempelkan bahan hingga membentuk sebuah karya disebut karya seni teknik tempel.

Karya seni teknik tempel terdiri atas kolase, mozaik, dan montase. 10. Jawaban : berbeda-beda Pembahasan : Teknik yang digunakan oleh para seniman untuk membuat karyanya dapat berbeda-beda. Setiap seniman biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam menciptakan sebuah karya. By agung ade yulianto 78 BANK SOAL KELAS 4 SEMESTER 1 MODEL T3-ST1-B Soal Pilihan Ganda SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 1.

Kewajiban kita terhadap tumbuhan adalah . a. menghabiskannya b. memanfaatkannya c. melestarikannya d. merusaknya 2. Merusak tumbuhan merupakan tindakan . kewajiban terhadap tumbuhan. a. melalaikan b. menghiraukan c. melaksanakan d. mengindahkan 3. Contoh sikap bijak terhadap makanan adalah . a. membiarkan toples terbuka setelah mengambil makanan b. kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut makanan sebanyak-banyaknya c.

menyisakan makanan saat makan d. mengambil makanan secukupnya 4. Saat melakukan wawancara, informasi atau penjelasan dari narasumber sebaiknya . a. dicatat atau direkam b. dijalankan c. dipatuhi d. disebarluaskan 5.

Berikut yang termasuk kriteria pertanyaan wawancara yang baik adalah . a. berupa pertanyaan tertutup b. setiap pertanyaan bisa berdiri sendiri c. diawali dengan kata tanya 5W + 1H d. pertanyaan sesuai keinginan narasumber 6. Memperkenalkan diri kepada narasumber merupakan sikap dan keterampilan yang dilakukan pada tahap . a. ketika melakukan wawancara b. sebelum melakukan wawancara c.

setelah melakukan wawancara d. perkenalan 7. Perhatikan gambar berikut! By agung ade yulianto 79 Top queries Clicks Impressions CTR Position dengan adanya perbedaan kita tetap dapat saling membantu selain itu kita dapat saling melengkapi hal tersebut merupakan pengertian dariUpaya Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Di Masyarakat Selain dari rumah, upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dapat juga kita lakukan di masyarakat dengan melakukan hal-hal, seperti berikut ini.

1. Bercocok Tanam Dengan Bijak Bercocok tanam dengan bijak dapat meningkatkan hasil panen. Untuk memberantas hama tanaman, kita dapat menggunakan musuh alami sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan pestisida yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Kita juga dapat merotasi tanaman sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem.

2. Menggunakan Produk Dalam Negeri Menggunakan produk dalam negeri dapat mengurangi jumlah barang-barang impor yang mungkin saja mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Selain itu, menggunakan produk dalam negeri juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. 3. Menjaga Flora Dan Fauna Langka Dengan menjaga kelestarian hutan dan tidak melakukan perburuan liar, kita sudah turut menjaga flora dan fauna langka.

Dengan begitu, keseimbangan ekosistem tetap terjaga. 4. Menjaga Kelestarian Hutan Hutan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan karena menjadi paru-paru dunia yang dapat menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, daerah resapan air terbesar sehingga dapat mencegah banjir bandang, erosi, dan tanah longsor, serta tempat tinggal aneka flora dan fauna.

Sebagai upaya menjaga kelestarian hutan, kita dapat menanam sejuta pohon, tidak membuka lahan dengan membakar hutan, tidak melakukan penebangan pohon secara liar, dan melaporkan pada pihak berwajib jika mengetahui adanya praktik illegal logging. 5. Melakukan AMDAL Sebelum membangun sesuatu, seperti gedung atau jalan, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus melakukan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan). Hal ini dilakukan agar pembangunan tersebut tidak merusak kelestarian lingkungan hidup dan mencari solusi atas konsekuensi yang akan dihadapi.

6. Reboisasi Kondisi hutan saat ini memang sudah sangat memprihatinkan akibat banyaknya penebangan pohon secara liar dan praktik illegal loging. Dengan kondisi yang seperti ini, hutan tidak mampu lagi meresap air sehingga terjadi banjir bandang, erosi, dan tanah longsor. Karena itu, kita harus melakukan reboisasi untuk tetap menjaga kelestariannya. Dengan melakukan keenam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup di masyarakat tersebut, berarti kita turut menjaga keseimbangan ekosistem yang ada.
Salah satu contoh kerjasama di rumah yaitu membantu membersihkan rumah bersama keluarga.

Namun apakah hanya itu saja? Apalagi contoh kerja sama di rumah? Bagaimana dengan contoh kerjasama di sekolah atau lingkungan masyarakat? Kerja sama sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk mencapai tujuan tertentu. Kerja sama dilakukan secara bersama-sama untuk memudahkan dan meringankan suatu pekerjaan. Sebagai mahkluk sosial, manusia pasti pernah dan butuh kerja sama dengan manusia lain.

Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat bekerja. Berkat adanya kerja sama, setiap individu dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien serta meningkatkan produktivitas. Contoh Kerjasama di Lingkungan Rumah 3 Contoh Kerjasama di Lingkungan Masyarakat Secara tidak sadar mungkin kamu telah melakukan contoh kerjasama di rumah.

Baik bersama ayah, ibu, kakak, adik atau anggota keluarga lain yang tinggal bersama. Kerjasama dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ringan hingga berat. Berikut 10 contoh kerjasama di lingkungan rumah: β€’ Membersihkan rumah Salah satu bentuk kerjasama di rumah yaitu membersihkan rumah setiap akhir pekan atau waktu-waktu tertentu. Setiap anggota keluarga bisa saling bekerja sama untuk membersihkan rumah.

Sehingga kebersihan rumah akan selalu terjaga. β€’ Memasak Memasak bersama-sama adalah salah satu contoh kerjasama di lingkungan rumah.

Anak-anak bisa membantu ibunya memasak seperti memotong cabai atau sayur, mengambilkan piring dan lain sebagainya. Selain bisa meringankan pekerjaan, anak-anak juga bisa belajar memasak. β€’ Menyiram tanaman Apakah kamu memiliki kebun atau pot bunga yang dirawat bersama? Hal itu merupakan salah satu kerjasama di rumah. Kamu bisa berbagi tugas dengan anggota keluarga yang lain untuk menyiram tanaman dan merawat tanaman. β€’ Memelihara binatang Selain tanaman, banyak keluarga yang memelihara binatang peliharaan baik kucing, anjing, kelinci atau hewan peliharaan yang lain.

Kamu bisa bekerja sama di rumah untuk bergantian menjaga dan memberi makan hewan peliharaan. β€’ Membersihkan kamar Salah satu contoh kerja sama membersihkan rumah yaitu setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas kebersihan kamar masing-masing. Hal ini akan membantu pekerjaan rumah dan waktunya bisa digunakan untuk melakukan kegiatan lain.

Kamu juga bisa saling bekerja sama dengan kakak atau adik untuk membersihkan kamar bersama-sama. β€’ Berdiskusi Tidak hanya dalam melakukan suatu pekerjaan, berdiskusi juga termasuk kerja sama di lingkungan rumah. Sebuah keluarga bisa mengadakan musyawarah untuk menentukan sesuatu seperti destinasi liburan di akhir pekan atau hanya untuk saling bertukar pikiran. β€’ Melakukan tugas dan peran yang berbeda Kerjasama dirumah tidak hanya melakukan satu kegiatan bersama-sama.

Tetapi bisa juga melakukan kegiatan yang berbeda-beda sesuai dengan tugas dan perannya di dalam rumah. Misalnya ayah yang bekerja sedangkan ibu bertugas mengurus rumah dan anak-anak. β€’ Mencuci piring dan pakaian Kebiasaan mencuci piring dan pakaian sendiri setelah digunakan merupakan contoh kerjasama di lingkungan keluarga. Hal ini untuk meringankan pekerjaan ibu di rumah.

β€’ Menghemat energi Melakukan penghematan energi bisa dilakukan dengan kerjasama dalam keluarga. Misalnya mematikan tv atau lampu saat tidak digunakan, mematikan kran air dan penghematan energi lainnya. Antar anggota keluarga bisa saling mengingatkan untuk menghemat energi. β€’ Saling berbagi dan saling menghargai Salah satu manfaat kerjasama di rumah adalah terciptanya keluarga yang rukun dan harmonis.

Sesama anggota keluarga saling membantu sehingga tidak ada pekerjaan yang terlalu sulit. Selain kerjasama membersihkan rumah, saling berbagi dan menghargai pendapat juga termasuk kerjasama. Baca juga : Penjelasan Lengkap Rumus Akar Di Excel Dan Penggunaannya Contoh Kerjasama di Lingkungan Sekolah Bukan hanya contoh kerjasama di rumah, tetapi kamu melakukan kerjasama dimanapun termasuk di sekolah.

Kerjasama di sekolah dilakukan antar murid baik kakak kelas atau adik kelas, guru, kepala sekolah hingga petugas sekolah. Adanya kerjasama di sekolah akan membuat siswa menjadi nyaman menuntut ilmu sehingga proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan lebih lancar.

Contoh kerja sama di sekolah yaitu: β€’ Kerja bakti Di sekolah biasanya murid-murid akan disuruh untuk melakukan kerja bakti membersihakn lingkungan sekitar sekolah.

Termasuk menyapu halaman, mencabut rumput liar, merawat dan menyiram tanaman atau kegiatan lainnya. Selain melatih kerja sama, kegiatan ini juga melatih murid untuk mencintai dan membersihkan lingkungan sekitar mereka. β€’ Kerja kelompok Bukan hanya pekerjaan rumah yang dilakukan secara individu, tetapi murid juga diwajibkan untuk mengerjakan tugas atau kerja kelompok.

Hal ini untuk melatih kerja sama antar sesama siswa. β€’ Jadwal piket Salah satu bentuk kerja di sekolah adalah adanya jadwal piket. Jadwal piket dibentuk disetiap kelas yang berisi 5 hingga 7 orang setiap harinya. Siswa diwajibkan membersihkan kelas mereka seperti menyapu, menata meja dan kursi, mengelap kaca, membersihkan papan tulis atau menata buku. β€’ Kegiatan ekstrakulikuler Di sekolah pasti ada kegiatan ekstrakulikuler setelah jam pelajaran berakhir.

Ada banyak jenis ekstrakulikuler yang bisa dilakukan siswa seperti kegiatan olahraga, pramuka ataupun prakarya. Kegiatan ini harus dilakukan oleh banyak orang sehingga melatih kerja sama antar siswa. β€’ Proses belajar mengajar Kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan contoh kerja sama yang dilakukan antara siswa dengan guru. Contoh Kerjasama di Lingkungan Masyarakat Beberapa contoh kerjasama di rumah juga bisa diterapkan di lingkungan masyarakat.

Karena dalam hidup bertetangga kita harus saling rukun sehingga menciptakan lingkungan masyarakat yang aman dan nyaman.

Beberapa contoh contoh kerjasama di lingkungan masyarakat yaitu: β€’ Siskamling Siskamling biasanya dilakukan oleh laki-laki dewasa di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan untuk menjaga keamanan wilayah mereka dari penjahat atau pencuri. Biasnaya akan ada pos ronda dan jadwal siskamling di setiap rt.

β€’ Kerja bakti Bukan hanya di rumah atau sekolah, kerja bakti juga biasa dilakukan di lingkungan masyarakat. Kerja bakti bisa dilakukan secara rutin setiap bulan atau dalam rangka menyambut hari besar nasional seperti hari raya kemerdekaan. Kerjasama di lingkungan masyarakat misalnya membersihkan selokan, memotong rumput belukar, membersihkan jalan dan lain sebagainya.

β€’ Membantu saat hajatan Di lingkungan masyarakat biasanya ketika ada hajatan antar warga akan saling membantu dan bekerja sama. Baik laki-laki maupun perempuan akan saling bergotong royong untuk membantu warganya yang sedang hajatan. β€’ Membantu saat berduka Selain suasana pesta, saat tetangga berduka maka kita juga harus membantu mereka. Misalnya ketika sakit maka kita bisa menolong untuk mengantarkan tetangga yang sakit tersebut. Ketika ada anggota keluarga yang menginggal maka kita bisa bekerja sama untuk membantu pemakamannya.

β€’ Musyawarah RT/RW Contoh kerja sama di lingkungan masyarakat yang lain adalah adanya musyawarah di tingkat RT/RW. Kegiatan ini biasa dilakukan untuk memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan warga. Sekarang kamu sudah tahu contoh kerjasama di rumah, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Kerjasama akan mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang aman dan nyaman serta hubungan yang harmonis. Related posts β€’ Produk Investasi Syariah Untuk Pemula yang Cocok Jadi Instrumen Investasi Anda β€’ Bedanya Trading Saham dan Investasi Saham Apa?, Simak Ini Dulu!

β€’ Sempat Viral! Ini Fakta Investasi Binomo yang Sangat Menarik β€’ Apa sih bedanya Unicorn, Decacorn, Hectocorn ? β€’ 5 Hal Penting Yang Mesti DI Perhatikan Sebelum Mulai Investasi. β€’ 5 Tips Cara Menyiapkan Dana Pensiun
Nationalgeographic.co.id - Hampir setiap hari kita mendengar tentang kabar buruk yang menghantui Bumi. Mulai dari mencairnya es di Kutub, lautan yang penuh sampah, hingga spesies terancam punah.

Ini semua tidak lepas dari faktor perubahan iklim serta pemanasan global yang semakin parah. 'Menyelamatkan Bumi' terdengar sangat berat, padahal kita bisa menjaganya dengan melakukan hal-hal sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 15 di antaranya: 1. Jangan membuang sampah sembarangan Membuang sampah tidak pada tempatnya akan mengotori lingkungan dan berdampak pada ekosistem di sekitarnya.

Selain itu, sampah yang tercecer--terutama yang sulit terurai--pada kegiatan yang dilakukan dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keamanan disebut akan terbawa ke lautan dan membahayakan hewan-hewan di sana. Mereka akan mengonsumsinya karena mengira itu makanannya. Hal ini dapat membuat banyak hewan laut mati akibat terjerat sampah, terutama plastik.

Berbelanja daring secara tidak langsung akan menambah jumlah sampah. Pasalnya, barang-barang yang dikirim ke rumah Anda, terkadang dibungkus dengan plastik. Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi plastik adalah dengan membatasi pembelian online. Anda bisa membeli kebutuhan di toko terdekat lalu membawanya dengan tote bag –tanpa kantung plastik atau kemasan.

Hasil Pembelajaran Kolaboratif Kelas IX 4 SMPN 179 JAKARTA Merayakan HUT RI ke 76




2022 www.videocon.com