Cara cek ktp terdaftar atau tidak

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Cara Cek Status KTP Secara Online – KTP elektronik adalah kartu kependudukan yang memiliki sistem informasi yang jauh lebih akurat, lebih aman dan secara administrasi lebih tertib dari pada KTP lama. Sebab databasenya langsung terintegrasi di Kementerian Dalam Negeri.

Sistem KTP elektronik ini ditujukan untuk mengurangi kemungkinan seseorang memiliki KTP ganda atau lebih. Memiliki lebih dari satu KTP biasanya sering disalahgunakan untuk tindak kejahatan seperti terorisme, cyber crime dan hal-hal buruk lainnya.

Itulah mengapa selama program perpindahan KTP lama menjadi KTP elektronik masyarakat diminta untuk mengembalikkan KTP lama mereka. Secara sistem pemerintah juga dapat mengetahui apakah ada satu orang yang sama dengan dua database yang berbeda. Untuk itu penting bagi kita mengecek data diri kita apakah sudah tertera di DUKCAPIL atau belum.

Selain itu terkadang kita perlu memastikan bahwa data kita yang berada di data kependudukan nasional sudah benar dan tidak disalahgunakan oleh orang lain. Pada umumnya pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK) digunakan sebagai persyaratan untuk pendaftaran sekolah, CPNS, transaksi besar, pengurusan surat-surat penting dan masih banyak lainnya.

Akan tetapi kadang kita tidak pernah sempat untuk mendatangi kantor DUKCAPIL untuk sekedar mengkonfirmasi data. Sehingga ada beberapa layanan pengecekan KTP elektronik yang disediakan pemerintah untuk masyarakat, agar tidak harus datang ke kantor DUKCAPIL.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk pengecekan KTP elektronik hanya dari rumah saja. Terlebih lagi di saat pandemi seperti ini pemerintah menganjurkan kita untuk berada di rumah saja. Cara cek ktp terdaftar atau tidak 31.900 Cara Cek Status KTP Online Layanan pengecekan KTP elektronik yang dapat dilakukan secara online disediakan melalui beberapa pilihan.

Selain mudah diakses layanan ini akan menghemat waktu dan tenaga kita karena tidak perlu berkunjung jauh-jauh di balai desa setempat. Terutama untuk mereka yang berdomisili berbeda dari di alamat KTP, pengecekan KTP online ini perlu untuk diketahui. 1. Cara Cek KTP Melalui Website Dukcapil.kemendagri.go.id Salah satu cara untuk mengecek e-KTP dapat dilakukan dengan mengunjungi website Kemendagri atau pemerintah daerah yang bisa diakses melalui ponsel atau laptop.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Layanan website ini dapat diakses oleh semua orang dengan menggunakan browser di ponsel, laptop atau perangkat lainnya. Berikut langkah-langkah pengecekan e-KTP dengan mengunjungi website resmi kemendagri. a. Buka dukcapil.kemendragi.go.id Membuka halaman website resmi milik pemerintah untuk mengecek data kependudukan.

Kamu dapat mengetik dukcapil.kemendagri.go.id untukmasuk ke laman resmi kemendagri. Namun jika dirasa sulit untuk masuk, kamu dapat mengetikkan di google kemudian halaman website resmi pun akan tertulis jelas di sana sehingga kamu hanya perlu mengkliknya saja.

bSetelah link tertuju pada lama situs resmi kemendagri maka kamu akan dihadirkan pada sebuah laman Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Di halaman beranda ini kamu akan melihat sejumlah opsional segmen beranda, tentang kami, informasi publik, berita, produk hukum, galeri, publikasi dan ragam. b. Pilih segmen ‘ragam’ yang tertera pada menu bar beranda Kemudian akan ada dua pilihan yang muncul dari segmen tersebut yaitu ‘data diri’ dan ‘data kependudukan’. c. Pilih data kependudukan.

d. Masukkan 16 digit NIK Setelah memasuki lama baru pada ‘data kependudukan’ kamu hanya perlu memasukkan 16 digit nomor induk kependudukan (NIK) yang tertera di atas KTP elektronik. Pastikan nomor yang diketik sudah sesuai dengan nomor yang tertera di KTP. e. Jika valid maka data akan terlampir secara lengkap di lama tersebut.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Kamu juga dapat melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada satu hal yang terlewatkan atau salah dalam database tersebut. Sering kali beberapa masalah yang disadari ketika mengecek data kependudukan yakni salah penulisan ejaan nama, salah tanggal atau tahun lahir, salah penulisan alamat atau belum berganti status KTP. 2. Cara Cek KTP Online di Website Dukcapil Daerah Selain website kemendagri kamu dapat melakukan pengecekan di website pemerintah daerah.

Website setiap daerah ini juga berbeda-beda tergantung wilayah domisili kependudukannya. Ini dapat dijadikan pilihan jika untuk mengakses website kemendagri dirasa sulit.

a. Buka halaman website pemerintah daerah sesuai domisili KTP elektronik. Karena setiap daerah memiliki alamat website yang berbeda-beda kamu dapat mencari terlebih dahulu melalui google agar menemukan alamat yang valid.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Misalnya jika kamu tinggal di wilayah Jakarta maka alamat website resmi nya adalah datawarga-dukcapil.jakarta.go.id dengan tampilan website seperti ini. Jika kamu adalah warga Kendal maka alamat website yang dapat dikunjungi adalah dispendukcapil.kendalkab.go.id.

Tidak perlu takut jika kamu tidak tahu, kamu bisa searching langsung di google dengan kata kunci “Dukcapil [Nama Kabupaten]”. Berikut ini contoh pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk warga kabupaten Kendal. b. Buka website resmi kabupaten Kendal di browser dengan mengetikkan dispendukcapil.kendalkab.go.id Maka seperti inilah tampilan pada halaman utama website resmi kabupaten Kendal.

Setelah memasuki beranda kamu dapat melihat sejumlah segmen di menu bar atas kanan website yang bertuliskan profil, informasi, persyaratan, PPID, pelayanan online cek NIK dan FAQ. Kemudian setelah memilih segmen ‘cek NIK’ maka halaman selanjutnya yang akan tersedia di layar adalah halaman NIK. d. Masukkan 16 digit nomor NIK Selanjutnya kamu cara cek ktp terdaftar atau tidak perlu memasukan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga dan Nama Lengkap sesuai nama di KTP elektronik.

e. Klik button Cek NIK Ketika selesai mengisikan semua data yang diperlukan langkah terakhir yaitu memilih tombol ‘CEK NIK’ yang tertera di tengah layar. Dengan begitu data diri kamu akan semuanya muncul secara lengkap. 3. Cara Cek KTP melalui SMS dan WhatsApp Apabila pengecekan NIK melalui layanan website dirasa tidak praktis, masih ada layanan lain seperti mengirimkan pesan melalui SMS atau WhatsApp langsung ke nomor Kemendagri pun bisa dilakukan.

Kamu dapat mengirimkan pesan WhatsApp kepada Kemendagri menggunakan format pesan seperti ini. yaitu dengan mengetikkan Nomor Induk Kependudukan/kelurahan sesuai domisili KTP/kecamatan sesuai domisili KTP /kabupaten/kota sesuai domisili KTP yang kemudian dapat dikirimkan melalui nomor 081326912479. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu balasan untuk tentang informasi data dirimu dari kemendagri.

Jika membutuhkan informasi NIK namun jaringan internet dirumah sedang tidak bersahabat, kamu juga bisa menjangkau kemendagri melalui SMS. Dengan format CEK#KTP#Nomor Induk Kependudukan dan mengirim SMS tersebut ke nomor 08153639999 Jika kamu lebih suka bertanya secara langsung, dapat melakukan panggilan telepon atau menelepon Call Center Halo Dukcapil di nomor 1500-537. Kelebihan melakukan panggilan telepon melalui call center ini kamu dapat menanyakan segala permasalahan dan detail data lainnya.

4. Cara Cek KTP melalui Aplikasi Mengecek KTP elektronik juga bisa menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di Playstore atau AppStore. Aplikasi ini juga beragam, kamu dapat mengetikkan Cek KTP ID maka akan keluar sejumlah aplikasi yang dapat mengecek Nomor Induk Kependudukan.

Namun, sebelum mengunduh aplikasi tersebut sebaiknya melihat review dan rating terlebih dahulu. Karena aplikasi semacam ini belum banyak sehingga masih sering terjadi trial error ketika penggunaannya.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Jika kamu ragu kamu dapat menggunakan pengecekan cara lain. 5. Cara Cek KTP melalui Media Sosial Bagi para anak muda yang biasanya gencar dan aktif bermain sosial media, kini melakukan pengecekkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga dapat dilakukan di sosial media. Kamu dapat mengirim direct cara cek ktp terdaftar atau tidak di platform Twitter milik @ccdukcapil dengan mengetikkan format pesan seperti ini; NIK#Nama lengkap sesuai KTP#Nomor KK#Nomor Telepon#Keluhan.

Dengan begitu kamu hanya perlu menunggu respon. Tidak punya Twitter? Kamu juga bisa menghubungi melalui platform Facebook resmi yakni Halo Dukcapil.

Kamu dapat mengirim pesan melalui inbox dengan format yang serupa. Selain dua sosial media di atas kamu dapat melakukan pengecekan data via email dengan mengirimkan format #Nomor Induk Kependudukan#Nomor Kartu Keluarga#Nomor Telepon#Keluhan kirimkan email ke call center.dukcapil@gmail.com dengan begitu email kamu akan dibalas dalam setidaknya 1×24 jam. Masih ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK) kita.

Seperti mengecek e-KTP dengan menggunakan card reader KTP yang hanya ada di kantor dinas atau dukcapil yang bersangkutan. Mesin card reader ini bekerja dengan membaca chip yang ada pada KTP elektronik. Sehingga kamu dapat mengetahui data lengkap dengan mudah. Namun, kamu tetap perlu melakukannya secara offline dengan datang langsung ke kantor dukcapil.

Arti Deret Nomor KTP Nomor KTP yang terdiri dari 16 digit angka berderet di atas kartu kependudukan memang tampak banyak dan sulit untuk dihafalkan. Sehingga seringkali jika kita perlu mengisikan data diri pada kolom NIK kita harus melihat KTP terlebih dahulu karena tidak hafal.

Sebenarnya apa arti deret angka KTP yang cukup banyak itu? Digit nomor KTP tidak ini merupakan nomor seri yang menunjukan data kependudukan seseorang. Dari digit angkanya sistem database kependudukan dapat membaca asal usul dan status warganya. Sebagai contoh Nomor Induk Kependudukan diuraikan sebagai berikut. 11-22-33-44-55-66-7777 11 adalah dua digit angka pertama yang ada di NIK adalah kode Provinsi.

22 adalah dua digit angka pertama yang ada di NIK adalah kode Kabupaten atau Kotamadya. 33 adalah dua digit angka pertama yang ada di NIK adalah kode Kecamatan. 44 adalah dua digit angka pertama yang ada di NIK adalah tanggal lahir.

55 adalah dua digit angka pertama yang ada di NIK adalah bulan lahir. 66 adalah dua digit angka pertama yang ada di NIK adalah tahun lahir. 7777 adalah dua digit angka pertama yang ada di NIK adalah kode nomor registrasi kependudukan. Menarik kesimpulan dari tabel contoh diatas dapat diketahui bahwa deret Nomor Induk Kependudukan dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis. 6 digit awal pada deret angka NIK menunjukkan informasi mengenai dimana KTP elektronik tersebut diterbitkan serta asal usul daerah orang yang bersangkutan.

Dalam deret angka 6 digit menginformasikan kecamatan, kabupaten dan provinsi sehingga sistem akan tahu tempat kelahiran orang yang bersangkutan. Pada 6 digit angka setelahnya memberikan informasi tanggal kelahiran pemilik KTP elektronik tersebut, karena mengandung tanggal, cara cek ktp terdaftar atau tidak dan tahun lahir. Dari data tersebut sistem akan tahu berapa umur pemilik KTP saat ini.

Di dalam 6 deret angka ini berupa dd-mm-yy ini khusus bagi yang berjenis kelamin perempuan, tanggal lahir ditambahkan angka 40. Sebagai contoh, jika seseorang perempuan lahir pada tanggal 7 juli 1989 maka deret 6 angka pada NIK tersebut adalah 470789 dan bukan 070789. Sedangkan 4 digit angka terakhir yang ada pada Nomor Induk kependudukan menjelaskan nomor urut registrasi. Nomor registrasi ini diurutkan sesuai tanggal, bulan dan tahun lahir seseorang dalam suatu wilayah.

Contoh penjelasan Nomor Induk Kependudukan perempuan 13-71-01-47-07-89-0005. 13 merupakan kode Provinsi Sumatera Barat.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

71 merupakan kode Kabupaten / kota Padang. 01 merupakan kode kecamatan Padang Selatan. 47 merupakan kode penduduk perempuan yang lahir pada tanggal 7+40 sehingga menjadi 47. 07 menjelaskan bahwa orang tersebut lahir di bulan Juli. 89 menjelaskan bahwa orang tersebut lahir pada tahun 1989. 0005 menjelaskan bahwa orang tersebut adalah orang kelima yang terlahir pada tanggal tersebut.

Deretan angka yang banyak di atas KTP elektronik cara cek ktp terdaftar atau tidak memiliki makna yang dapat dibaca oleh sistem. Setelah mengetahui apa saja arti dari tiap digit angka KTP elektronik mungkin kamu akan menjadi lebih mudah untuk menghafal nomor KTP. Sehingga tidak perlu lagi selalu membuka dompet untuk melihat Nomor Induk Kependudukan setiap kali mengisikan data apapun. Selain mengurus KTP, Grameds sebagai Warga Negara Indonesia juga jika ingin menggunakan kendaraan harus memiliki surat & dokumen yang berlaku.

Untuk mempelajari langkah-langkah yang harus dilakukan, Buku Pintar Mengurus Surat & Dokumen Kendaraan Bermotor bisa dijadikan referensi.

Baca juga artikel terkait “Cara Cek KTP Online” : • Tips Menyusun CV • Cara Meningkatkan Follower Instagram • Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email • Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup • Contoh Surat Lamaran Kerja • Cara Menggunakan Zoom Meeting • Cara Mengubah Foto ke PDF • Cara Membuat Soal di Google Form • Cara Membuat Email di Gmail • Cara Menghitung Persen Recent Post • Rekomendasi Buku Tes BUMN + Latihan Soal dan Jawaban Mei 9, 2022 • Review Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari Mei 9, 2022 • Yuk, Berkenalan dengan 23 Member NCT!

Mei 9, 2022 • Review Novel Unfamiliar Twins Mei 9, cara cek ktp terdaftar atau tidak • Review Novel Layla Majnun Mei 9, 2022 • Memahami Arti Bad Mood dan Cara Mengatasinya Mei 9, 2022 • Review Novel Inevitably in Love Karya Cecilia Wang Mei 9, 2022 • 16 Ciri Istri Atau Pacar Selingkuh, Para Suami Harus Tau Mei 9, 2022 • Review Novel Mozachiko Karya Poppi Pertiwi Mei 9, 2022 • 10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Bertema English Classics Mei 9, 2022 Pernah nggak, sih, kamu berpikir untuk mengecek validitas dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)?

Buat kamu yang ingin mengecek ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Karena NIK yang tidak valid bisa saja dialami oleh siapa pun. Apalagi jika kamu baru sadari ketika mendaftar suatu layanan administrasi. NIK juga terdiri 16 digit angka yang vital untuk mengurus berbagai dokumen. Kurang lebih hampir semua urusan terkait administrasi membutuhkan KTP. Contohnya saja untuk daftar program Prakerja, BPJS Kesehatan, registrasi kartu, hingga daftar NPWP. Kesalahan ini bisa terjadi karena banyak faktor misalnya masalah sistem di Kemendagri, double data kependudukan, hingga memasukkan NIK yang keliru.

Karena itu, sangat penting untuk kamu mengecek kevalidan NIK KTP kamu. Bagaimana caranya? Yuk, simak cara cek NIK KTP Valid secara online ini, Bela. pexels.com/Anton Saat ini aplikasi percakapan seperti WhatsApp banyak digunakan untuk berbagai urusan, nggak terkecuali untuk mengecek validitas NIK KTP. Kamu bisa menghubungi call center Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pusat melalui WhatsApp dengan cara mengetikan kata kunci yang ingin kamu cari. Misalnya, dengan format berikut: • #NIK • #Nama_Lengkap • #Nomor_Kartu_Keluarga • #Nomor_Telp • #Permasalahan Kata kunci tersebut dapat langsung kamu kirimkan ke nomor WhatsApp 08118005373.

Setelah kamu mengirimkan format di atas, kamu akan menerima balasan berupa nomor NIK sesuai dengan identitas kamu. Bukan hanya WhatsApp, kamu juga bisa mengecek validitas NIK melalui SMS di nomor 08118005371 dan via Hotline Call Center Dukcapil di nomor 1500-537.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

pexels.com/pixabay Selain via WhatsApp, kamu juga bisa menghubungi akun media sosial resmi dari Dukcapil untuk mengetahui validitas NIK kamu. Akun yang dapat kamu hubungi untuk mengecek data tersebut yakni di Facebook Halo Dukcapil atau Twitter @ccdukcapil. Kamu bisa menghubunginya dengan cara mengirim pesan atau direct message ke akun-akun tersebut dengan format sebagai berikut.

• #NIK • #Nama_Lengkap • #Nomor_Kartu_Keluarga • #Nomor_Telp • #Permasalahan pexels.com/Christina Morillo Untuk yang satu ini, kamu perlu cari tahu terlebih dahulu apakah daerah kamu sudah melayani cek NIK KTP secara online atau belum.

Beberapa daerah yang sudah melayani cek NIK secara online antara lain, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Tangerang Selatan, D.I Yogyakarta, Kota Solo, Kota Serang, serta Kota Bekasi. Kamu bisa mencarinya di mesin pencari dengan mengetikan kata kunci Dukcapil disertai dengan kota tempat kamu tinggal.

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke situs Dukcapil sesuai daerah dan kemudian kamu dapat mengecek validitas NIK kamu di situs tersebut. Dok. Pribadi Cara selanjutnya untuk mengecek validitas NIK adalah melalui aplikasi Cek KTP. Kamu cukup mengunduhnya via PlayStore dan AppStore. Namun, sayangnya aplikasi ini masih rawan keamanannya. Gunakanlah dengan bijak dan jangan lupa untuk menghapus aplikasi dan data yang kamu masukan ke dalam aplikasi tersebut setelah selesai digunakan.

Hal ini dimaksudkan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penyalahgunaan data. Dok. Internet Cara terakhir adalah langsung mengunjungi kantor Dukcapil. Ini bisa dibilang sebagai langkah terakhir jika cara-cara sebelumnya gagal kamu lakukan. Kamu hanya perlu mengunjungi lokasi pembuatan kartu kependudukan tersebut dan sampaikan maksud dan tujuan kamu.

Di kantor Dukcapil biasanya memiliki card reader yang dapat mengecek status NIK KTP. Itulah lima cara cek validitas NIK KTP secara online, semoga membantu, Bela. Baca Juga: Langkah Mengurus Pindah Alamat KTP Baca Juga: Syarat Pengajuan Buat KTP Baru Karena Hilang Baca Juga: Cara Cek NIK KTP Online yang Mudah dan Praktis
JAKARTA, KOMPAS.com – Nomor Induk Kependudukan (NIK) biasanya tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

Namun terkadang, NIK seseorang tidak tercatat di Dukcapil Nasional. Bagaimana cara cek NIK KTP secara online? Cek NIK KTP secara online ( cara cek no NIK KTP secara online) diperlukan untuk mengetahui status NIK, apakah valid atau tidak. Jika ternyata NIK tidak valid, Anda bisa langsung mengurus dan melaporkannya ke Dinas Cara cek ktp terdaftar atau tidak dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.

Selain itu, cek NIK KTP secara online biasanya dibutuhkan sebelum mengurus beberapa hal. Seperti pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, pembukaan rekening bank, termasuk saat akan mengikuti seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Cek NIK KTP secara online berguna agar tidak menjadi hambatan saat mengurus administrasi di kemudian hari. Baca juga: Produk Baja RI Bebas Bea Masuk Anti Dumping ke India Mengutip dari laman disdukcapil.pontianakkota.go.id, NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan bunyi pasal 1 point 12 UU No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. NIK tersebut berlaku seumur hidup dan selamanya, yang diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi Pelaksana kepada setiap penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. NIK sendiri terdiri dari 16 digit kode. Penyusunannya terdiri dari, 6 digit pertama kode provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, 6 digit kedua adalah tanggal, bulan, tahun kelahiran dan 4 digit terakhir merupakan nomor urut penerbitan NIK yang diproses secara otomatis dengan SIAK.

Baca juga: Erick Thohir: Proyek DME Bakal Pangkas Impor LPG 1 Juta Ton per Tahun Nah, bagi Anda yang ingin melakukan cek NIK KTP secara online, tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil. Anda cukup menyiapkan ponsel dan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini. 1. Cara cek NIK KTP secara online via cara cek ktp terdaftar atau tidak Disdukcapil Kota/Kabupaten Pertama, cara cek NIK KTP secara online bisa dilakukan melalui laman resmi Dukcapil masing-masing kabupaten/kota domisili Anda.

Misalnya Dukcapil DKI Jakarta, Kota Tangerang Selatan, Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Solo, dan lainnya. Anda bisa mencarinya di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci Dukcapil disertai kota domisili Anda sesuai KTP.

Setelah itu, kunjungi situs Dukcapil kota/kabupaten. Lalu, masukkan NIK serta data lainnya dan tinggal ikuti langkah-langkah yang diminta. Baca juga: Terus Merosot, Harga Bitcoin Sudah Turun Hampir 50 Persen dari Level Tertinggi 2. Cara cek NIK KTP secara online via WhatsApp Kedua, cara cek NIK KTP secara online bisa juga dilakukan melalui aplikasi WhatsApp.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Tentu saja, untuk menggunakan cara ini Anda membutuhkan koneksi internet dan aplikasi WhatsApp yang diunduh melalui Google Play Store atau App Store.

Caranya, Anda mengirim pesan dengan format nama lengkap sesuai KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota, lalu kirim ke nomor 0813-2691-2479. Contoh: Angga Dwi Cahyono/3171234567890001/Palmerah/Palmerah/Jakarta Barat. 3. Cara cek NIK KTP secara online via media sosial Dukcapil Selanjutnya, cara cek NIK KTP secara online yang bisa Anda pilih adalah melalui media sosial resmi Dukcapil dengan nama Halo Dukcapil di Facebook dan @ccdukcapil di Instagram dan Twitter.

Anda juga bisa menghubungi akun resmi sosial media Dukcapil tiap masing-masing daerah baik Facebook, Instagram, maupun Twitter untuk cek NIK KTP secara online. Baca juga: Rencana Buyback Saham BRI Diyakini Tidak Pengaruhi Kondisi Keuangan Perseroan 4.

Cara cek NIK KTP secara online via Email Cara cek KTP secara online berikutnya bisa dilakukan melalui email. Anda dapat mengirim email ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Adapun format email untuk cek NIK KTP secara online adalah sebagai berikut: #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan.

Meski cara cek No KTP ini membutuhkan waktu setidaknya 1x24 jam tapi tetap bisa dicoba sebagai opsi. Kompas.com/Retia Kartika Dewi Cara cek NIK KTP secara online tanpa harus datang ke kantor Dukcapil 5. Cara cek NIK KTP secara online via call center Selain itu, cara cek NIK KTP secara online juga bida dilakukan dengan menghubungi call center Halo Dukcapil dari Kementerian Dalam Negeri.

Namun, untuk melakukan cara cek NIK KTP ini memang harus memiliki pulsa telepon yang cukup. Baca juga: IMF Sebut Pemulihan Ekonomi 2022 Lebih Sulit Dibanding 2020, Apa Sebabnya? Sebelum cara cek ktp terdaftar atau tidak cara cek NIK KTP secara online ini, harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan petugas saat verifikasi seperti NIK dan nomor KK. Call center Halo Dukcapil ini bisa dihubungi dengan menelepon ke nomor 1500537 dan menjelaskan kepada petugas ingin cek NIK KTP secara online.

Petugas Halo Dukcapil akan merespons cepat dan membantu sinkronisasi data NIK jika ditemukan nomor KTP tersebut tidak terdaftar. 6. Cara cek NIK KTP secara online via SMS Cara cek NIK KTP secara online terakhir adalah melalui SMS atau pesan singkat. Pastikan terlebih dahulu pulsa terisi dan cukup untuk mengirim pesan singkat. Adapun format SMS untuk cek NIK KTP secara online sebagai berikut Cek#KTP#NIK lalu kirim ke nomor Dukcapil di 0815-3636-9999.

Baca juga: Selain Omicron, Ekonomi RI 2022 Juga Dipengaruhi oleh Kenaikan Tarif Listrik, Elpiji, BBM hingga Cukai Rokok Itulah beberapa cara cek NIK KTP secara online secara mudah dan praktis.

Cara cek NIK KTP online diperlukan untuk mengetahui apakah NIK yang dimiliki sudah terdaftar di Dukcapil Nasional atau belum. GNI Ekspor Perdana 13.650 Ton Feronikel ke China Senilai 23 Juta Dollar AS https://money.kompas.com/read/2022/01/24/194700526/gni-ekspor-perdana-13.650-ton-feronikel-ke-china-senilai-23-juta-dollar-as https://asset.kompas.com/crops/yADO2CFinViyCx9tPlAIm2m7CEQ=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2022/01/24/61ee970b81bb6.jpg Efek Cara cek ktp terdaftar atau tidak Goreng dan Pertamax, BPS Catat Inflasi April 2021 Meroket 3,47 Persen IHSG Sesi I Sempat Tinggalkan 6.900, Asing Jual Saham Rp1,6 Triliun Mesin-Mesin Pertumbuhan Pulih, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,01 Persen di Kuartal I/2022 IHSG Anjlok Hampir 3 Persen, Saham ANTM, BMRI, BBCA, BBRI Tekan Indeks Bisnis-27 LIVE : Harga emas masih terkapar (12:20 WIB) LIVE : Rupiah turun 77 poin (12:17 WIB) LIVE : IHSG lesu sesi I (11:30 WIB) Bisnis.com, JAKARTA - Nomor Induk Kependudukan ( NIK) adalah nomor identitas penduduk yang tercantum pada KTP.

Namun, NIK terkadang tak tercatat di Dukcapil nasional. Untuk mengetahui status NIK valid atau tidak, kini masyarakat tidak harus datang ke kantor Dukcapil, tapi cukup dengan mengecek melalui SMS atau WhatsApp saja.

Penasaran bagaimana caranya?

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Apabila nomor Anda tidak terdaftar, maka laporkan dengan langkah berikut ini : 1. Dukcapil Bawalah KTP dan KK asli ke kantor dukcapil yang terdekat dengan domisili Anda 2. Call Centre laporkan melalui call centre di nomor 1500537 3. Media sosial Anda juga bisa melaporkannya melalui media sosial dukcapil di Facebook dengan nama akun Halo Dukcapil dan twitter di @ccdukcapil.

Terpopuler • Sinopsis Film Viral, Sci-fi Horor tentang Virus Cara cek ktp terdaftar atau tidak di Bioskop Trans TV • Bunda, Begini Cara Mengelola THR Anak agar Tak Habis Sia-sia • Cara Membeli Tiket Bioskop Online: TIX ID hingga M-Tix XXI • Hepatitis Akut pada Anak Cara cek ktp terdaftar atau tidak oleh Anjing?

• Kronologi Mobil Dokter Tirta Ditabrak Rombongan Pemuda, Soroti Hal Ini
• Kartu Kredit • Semua • Welcome Bonus • Dining • Cashback • Reward • Travel • No Fee • Premium • Gasoline • First Card • Pinjaman • Kredit Tanpa Agunan • Kredit Multiguna • Kredit Mobil Baru • Kredit Mobil Bekas • Kredit Motor • Kredit Pemilikan Rumah • Asuransi • Asuransi Mobil • Asuransi Kesehatan & Telemedicine • Asuransi Perjalanan • Bantuan Darurat Jalan Baru • Top-up & Tagihan Baru • Pulsa • Listrik PLN • Paket Data • Voucher Game • BPJS Baru • PDAM • Telkom • Pascabayar • Data Roaming Internasional • Internet & TV Kabel Baru • Angsuran Kredit Baru • Zakat Baru • Reksa Dana Baru • Simpanan • Tabungan • Tabungan Berjangka • Tabungan Syariah • Deposito • Deposito Syariah • E-Money • Semua • Kartu • Aplikasi • Artikel • Promo • Lainnya • Daftar Pusat Service • Daftar Bengkel Asuransi • Lembaga Keuangan • Daftar Istilah • Ruang Edukasi • Blog • Masuk - Daftar • Kartu Kredit • Semua • Welcome Bonus • Dining • Cashback • Reward • Travel • No Fee • Premium • Gasoline • First Card • Pinjaman • Kredit Tanpa Agunan • Kredit Multiguna • Kredit Mobil Baru • Kredit Mobil Bekas • Kredit Motor • Kredit Pemilikan Rumah • Asuransi • Asuransi Mobil • Asuransi Kesehatan & Telemedicine • Asuransi Perjalanan • Bantuan Darurat Jalan Baru • Top-up & Tagihan Baru • Pulsa • Listrik PLN • Paket Data • Voucher Game • BPJS Baru • PDAM • Telkom • Pascabayar • Data Roaming Internasional • Internet & TV Kabel Baru • Angsuran Kredit Baru • Zakat Baru • Masuk Daftar KTP elektronik (e-KTP) merupakan kartu kependudukan yang dikeluarkan pemerintah dan didukung sistem informasi yang lebih akurat, aman, serta tertib administrasi, karena langsung terintegrasi dengan database kependudukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pusat.

Setiap penduduk tidak akan bisa memiliki KTP lebih dari 1 atau ber-KTP ganda, apalagi sampai rangkap banyak. Walaupun orang yang bersangkutan berpindah-pindah tempat tinggal bahkan keluar Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun Pulau sekalipun, maka NIK-nya akan tetap sama dan jumlahnya hanya satu (1). Sistem ini dibuat pemerintah untuk mengurangi kemungkinan seseorang dapat mempunyai KTP lebih dari 1 untuk tujuan yang tidak baik atau kriminal, seperti terorisme dan menyembunyikan diri dari penangkapan polisi karena melakukan korupsi.

Integrasi Data Kependudukan untuk Berbagai Pelayanan Publik Pemerintah sudah merencanakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat dalam e-KTP akan diintegrasikan dengan identitas lainnya untuk keperluan lain, seperti: pembuatan SIM, Paspor, maupun identitas yang lain.

Saat ini sebagian besar penduduk Indonesia sudah memiliki e-KTP yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, karena pemerintah sudah mengadakan proses pembuatan e-KTP secara massal sejak tahun 2013. Namun apakah Anda sudah tahu, NIK dalam e-KTP Anda sudah terdaftar dalam database kependudukan pusat atau belum?

Sebagian besar orang awam mungkin belum tahu dan belum mengerti apakah e-KTP yang dimiliki benar-benar asli atau palsu. Dengan kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih, sebaiknya Anda mengetahui apakah NIK yang terdapat dalam e-KTP Anda sudah tersimpan dalam database kependudukan pusat atau belum, dengan menggunakan cara cek e-KTP online. Cara Cek e-KTP Mudah Dan Cepat Contoh e-KTP via jawapos.com Cek status e-KTP online berguna untuk mengetahui apakah data kependudukan seseorang telah terdaftar dalam pusat data kependudukan nasional dengan benar atau belum.

Cara cek e-KTP sebagai berikut: 1. Cek NIK di website Kemendagri atau Pemerintah Daerah. • Anda bisa langsung cek NIK secara online melalui situs resmi https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/. Caranya: Buka situs di browser, lalu cari menu e-KTP dan isikan NIK pengguna (tekan tombol enter).

Jika data KTP valid dan terkoneksi, maka pengguna akan mendapat tampilan yang berisi cara cek ktp terdaftar atau tidak lengkap seperti di dalam KTP. • Cek via situs Dukcapil pemerintah daerah. Sebagai contoh: Bila Anda penduduk kota Bogor, maka Anda bisa cek e-KTP bisa dilakukan dengan membuka situs Disdukcapil kota Bogor. Caranya: Masukkan nomor NIK yang terdapat pada e-KTP ke dalam kolom yang sudah tersedia, kemudian tekan Cek. Tunggu beberapa detik, kemudian akan muncul status data pribadi yang sudah terdaftar dengan sistem e-KTP.

2. Cek NIK melalui Disdukcapil • Cek via SMS : kirimkan SMS dengan format: Cek#KTP#NIK. Lalu kirim ke nomor Disdukcapil Kemendagri [0815-3636-9999]. • Cek NIK via WhatsApp: kirimkan pesan WA dengan format: nama lengkap sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Lalu kirim ke nomor WhatsApp Disdukcapil [0813-2691-2479]. • Cek NIK via Sosial Media (FB dan Twitter Dukcapil): Cek via akun resmi sosial media Dukcapil.

Akun facebook resmi Disdukcapil adalah 'Halo Dukcapil' dan akun Twitter resmi Disdukcapil adalah '@ccdukcapil'. • Caranya: Hubungi melalui personal chat atau kirimkan pesan bukan postingan. Format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan • Cek NIK via Call Center Halo Dukcapil.

Hubungi nomor 1500-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri. • Cek NIK via email. Gunakan format: #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Kirim ke alamat email ( callcenter.dukcapil@gmail.com ). 3. Cek NIK dengan cara menggunakan card reader e-KTP. Cara ini lebih mudah dan praktis karena tidak menggunakan bantuan PC atau komputer. Card reader ini akan membaca chip yang berada di dalam e-KTP dengan cepat, sehingga memudahkan pengecekan data yang terdapat dalam e-KTP.

Sayangnya, card Reader ini hanya digunakan oleh instansi terkait saja seperti kantor Dinas Kependudukan dan kantor Catatan Sipil. Sehingga untuk mengeceknya Anda harus mendatangi kantor instansi yang terkait tersebut.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

4. Cara ketiga sangat praktis yakni cek e-KTP melalui applikasi Cek KTP ID & NIK Online. Anda bisa download gratis dari Google Play/App Store. Untuk pencekan ini, Setelah download App, Anda bisa langsung memasukkan NIK Anda dan klik Cari/Cek.

Dalam cara cek ktp terdaftar atau tidak detik, data lengkap identitas akan keluar. Baca Juga: Perpanjang SIM Online, Seperti Apa Prosesnya? Arti 16 Digit NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP Nomor Induk Kependudukan via dukcapil.ponorogo.go.id Setiap orang di dunia memiliki Nomor Identitas / Single Identity Number / Personal Identity Number.

Begitu pula di Indonesia, setiap warga negara wajib memiliki nomor identitas yang dinamakan NIK cara cek ktp terdaftar atau tidak Induk Kependudukan) yang tertera di dalam Kartu Keluarga dan KTP.

(NIK) Nomor Induk Kependudukan yang terdapat di dalam e-KTP merupakan nomor yang unik, khas, tunggal, dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia dan berlaku seumur hidup dan selamanya, yang diberikan Negara kepada penduduk.

NIK akan dikenakan pada setiap orang ketika terdaftar sebagai penduduk Indonesia, dan NIK tersebut tidak akan dapat diubah sampai orang tersebut meninggal dunia. Untuk mengetahui/mengecek identitas seorang penduduk dapat dilihat dari Nomor Induk Kependudukannya (NIK). NIK seseorang tersebut ditentukan dan dikelola oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). NIK terdiri dari 16 digit angka, misalnya (ABCDEFDDMMYY9999) yang dapat diuraikan sebagai berikut : AB 2 digit awal Kode Provinsi CD 2 digit kedua Kode Kabupaten / Kotamadya EF 2 digit ketiga Kode Kecamatan DD 2 digit keempat Tanggal Lahir MM 2 digit kelima Bulan Lahir YY 2 digit keenam Tahun Lahir 9999 4 digit terakhir Nomor Register Kependudukan Baca Juga: e-KTP yang Hilang, Ini Cara dan Syarat Mengurusnya Penjelasan: Dari tabel di atas dapat diuraikan sebagai berikut: • 6 Digit pertama menunjukkan informasi mengenai tempat di mana NIK e-KTP tersebut diterbitkan, dengan perincian sebagai berikut: 2 digit merupakan kode provinsi, 2 digit merupakan kode kota/kabupaten, dan 2 digit merupakan kode kecamatan.

• 6 Digit selanjutnya menunjukkan tanggal lahir pemilik e-KTP tersebut, dengan format sebagai berikut: 2 digit menunjukkan tanggal lahir, 2 digit menunjukkan bulan kelahiran, dan 2 digit menunjukkan tahun kelahiran.

• 4 Digit terakhir menunjukkan nomor urut registrasi kependudukan, di mana nomor urut registrasi ini sesuai dengan urutan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran yang sama dalam 1 wilayah yang dimulai dari 0001. Catatan: Khusus untuk jenis kelamin perempuan/wanita, tanggal lahir ditambahkan dengan angka 40.

Berikut contoh NIK berdasarkan jenis kelamin: • 1101011310780010 = jenis kelamin laki-laki, yang lahir tanggal 13 • 9101015310710010 = jenis kelamin perempuan, yang lahir tanggal 13 Contoh NIK: 1371011709860005, maka penjelasan dari NIK tersebut: • 13 menunjukkan kode provinsi : Provinsi Sumatra Barat • 71 menunjukkan kode kabupaten/kota : Kota Padang • 01 menunjukkan kode kecamatan : Kecamatan Padang Selatan • 17 menunjukkan kode tanggal lahir : lahir tanggal 11, (bila penduduk tersebut perempuan, maka tanggalnya ditambah 40, sehingga 17 + 40 menjadi 57) • 09 menunjukkan kode bulan lahir : lahir bulan 09/ bulan September • 86 menunjukkan kode tahun lahir : lahir tahun 1986 • 0005 menunjukkan kode nomor urut registrasi, contoh menunjukkan urutannya adalah: 5, artinya penduduk tersebut urutan ke-5 dari sekian banyak penduduk yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat yang membuat KTP.

Penduduk dapat mengecek status e-KTPnya dengan cara mengirimkan SMS. Misalnya penduduk Kota Depok untuk mengecek status e-KTPnya cukup mengirimkan SMS, dengan format: NIK#nomor NIK, kemudian tinggal kirim ke nomor layanan SMS Gateway Disdukcapil, yaitu ke nomor 082111014433.

Kemudian penduduk Kota Depok akan mendapatkan balasan SMS informasi kependudukan sebagai berikut : • Tidak Ada Status = Artinya biodata yang Anda miliki sudah terdaftar di database SIAK Disdukcapil namun tidak menjalankan perekaman data KTP Elektronik. • Terima kasih Telah Merekam e-KTP = Artinya Anda sudah melakukan perekaman data e-KTP.

• Data Teridentifikasi Ganda= Artinya biodata yang Anda miliki telah terekam ganda oleh data e-KTP dengan Nomor Induk Kependudukan yang berbeda. • Siap Cetak = Artinya Data Hasil perekaman e-KTP akan dicetak sesudah selesai menjalani tahap Ajudicated.

• Sudah dicetak = Artinya e-KTP Anda sudah diprint. Untuk penduduk Kota Depok, supaya lebih jelas dalam cara cek status e-KTP online, maka sebaiknya Anda perhatikan setiap langkah yang harus diambil sebagai berikut: • Terdaftar sebagai penduduk kota Depok dan memiliki E-KTP.

• Catat NIK yang berada pada e-KTP Anda • Ketik SMS menggunakan format penulisan NIK#nomor NIK. Misalnya: NIK#3276061312660003 lalu kirim ke 0821-1101-4433 • Maka Anda akan memperoleh balasan dengan format No. NIK No. KK Nama TMP/TGL-LAHIR JENIS KELAMIN DAN STATUS E-KTP. Selain Kota Depok yang sudah diinformasikan seperti di atas, masih banyak lagi kota di seluruh Indonesia yang memberikan informasi bagaimana cara mengecek status e-KTP online, seperti di Jakarta, Batam, Bandung, Surabaya dan lain sebagainya.

Anda tinggal mencari informasinya melalui internet, mengenai cara dan nomor layanan yang dapat dihubungi. Anda Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya! Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! e- KTP Berlaku Seumur Hidup e-KTP kini berlaku seumur hidup, artinya Anda tidak perlu lagi memperpanjang KTP bila tidak ada perubahan data yang signifikan.

Selain itu, pencekan KTP elektronik ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan mencek identitas Anda pribadi ataupun orang lain. Misalnya, Anda sedang melakukan bisnis online dan guna menghindari penipuan dan lain sebagainya, Anda bisa mencari tahunya dengan cek identitas nomor KTP secara online.

Baca Juga: Cara Buat e-KTP Tanpa Sesuai Domisili Kategori • Asuransi • Asuransi Jiwa • Asuransi Kendaraan • Asuransi Kesehatan • Asuransi Perjalanan • Asuransi Umum • BPJS • Belanja • Berita • Bisnis • Deposito • Dokumen Anda • Emas • Fintech • Gaya Hidup • Info Umum • Inspirasi • Investasi • Karir • Kartu Kredit • Keluarga • Kredit HP • Kredit Mobil • Kredit Motor • Kredit Multiguna • Kredit Pemilikan Rumah • Kredit Tanpa Agunan • Kuis • Liburan dan Kuliner • Otomotif • Pajak • Peluang Usaha • Pendidikan • Perbankan • Pernikahan • Pinjaman • Properti • Quotes Motivasi • Ragam • Reksadana • Review Handphone • Saham • Seputar Ramadan • Siaran Pers • Tabungan • Tips Bisnis • Tips Kesehatan • Tips Keuangan • Unit Link • Wawancara Khusus • Wirausaha Selengkapnya
Jakarta - Sebenarnya cara untuk cek NIK secara online sangat mudah untuk dilakukan.

Langkah pengecekannya pun cukup mudah, sehingga tidak memakan waktu dan prosedur lama di mana saja dan kapan saja.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Dengan cara cek NIK secara online ini, masyarakat sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Berdasarkan situs resmi suku Dinas Dukcapil di Indonesia berikut beberapa cara untuk cek NIK secara online: 1. Email Cara cek NIK melalui Email adalah dengan mengirimkan email kepada callcenter.dukcapil@gmail.com, dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Setelah selesai mengirimkannya, tunggu balasan selama kurang lebih satu kali 24 jam untuk mengetahui pengecekan NIK.

2. Media Sosial Cara pengecekan NIK juga tersedia melalui akun Twitter atau Instagram resmi Dukcapil yaitu @dukcapilkemendagri. Selain itu, Dukcapil juga bisa dihubungi melalui media sosial lainnya seperti Facebook. 3. SMS Cek NIK melalui SMS hanya dengan menggunakan format Cek#KTP#NIK lalu kirimkan ke nomor disdukcapil Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) di nomor 0815-3636-9999.

4. WhatsApp Detikers juga dapat mengecek NIK melalui aplikasi pesan singkat ke WhatsApp di nomor 0813-2691-2479. Dengan mengirimkan data seperti nama lengkap yang sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. 5.

cara cek ktp terdaftar atau tidak

Situs Resmi Kemendagri Pengecekan NIK juga dapat diakses melalui situs resmi yang disediakan Kemendagri, yaitu https://dukcapil.kemendagri.go.id/. Dengan cara mencari menu e-KTP dan isi NIK yang dimiliki. Jika nomor KTP tersebut sesuai, maka akan diarahkan pada tampilan yang berisi data lengkap sesuai dengan KTP. 6. Call Center Dukcapil Selain cara di atas, detikers juga dapat menghubungi call center Halo Dukcapil melalui nomor telpon 1500-537. Apabila ingin mengecek nomor NIK, maka Anda harus menyiapkan data seperti NIK dan nomor KK.

Nantinya, petugas akan meminta Anda untuk membacakan NIK tersebut dan mencocokkannya. Apabila tidak valid maka Anda dapat langsung mengajukan sinkronisasi data tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk melakukan cek NIK secara online. Selain praktis, melalui beberapa cara di atas tentunya membuat masyarakat tidak perlu mengunjungi kantor Dukcapil terdekat. Tonton juga Video: Soraya Cassandra, Hijaukan Secuil Lahan di Tanah Urban [Gambas:Video 20detik] (fdl/fdl)

CARA CEK NO NIK KTP & NO KK VALID ATAU TIDAK ONLINE ATAU TIDAK




2022 www.videocon.com