Batuk pilek obatnya apa

batuk pilek obatnya apa

Menderita batuk tentu suatu yang tidak mengenakan. Karena sangat mengganggu aktivitas dan akan menurunkan daya tahan tubuh. Berbagai macam jenis obat batuk paling ampuh telah diciptakan untuk menangkal penyakit ini.

Dari mulai herbal warisan nenek moyang sampai yang banyak kita temui di Apotik. Semuanya tentu dapat menjadi obat batuk yang mampu menangkal penyakit ini, apabila penggunaannya tepat. Dalam penyembuhan batuk pada era moderen ini, tentunya obat-obat dari Apotik menjadi pilihan. Hal ini disebabkan karena terbukti efektif dan juga sangat praktis.

Jadi tidak salah apabila penyakit itu menyerang, Apotik menjadi tujuan utama. Dan hebatnya lagi banyak pilihan obat di sana dengan dibekali oleh resep pemakaian. Jadi dapat membuat batuk kita segera sembuh.

Lalu obat apa saja yang ada di Apotik? Simak ulasannya berikut. Selvigon syirup yang akan menghatam batukmu Selvigon Syirup Obat ini tentu terkenal untuk menyebuhkan jenis batuk yang iritatif atau disebabkan alergi. Tapi kandungan pipazatate HCI yang terkandung di dalamnya juga ampuh untuk mengatsi batuk yang batuk pilek obatnya apa kering.

Ciri obat batuk paling ampuh ini, adalah berbentuk botol dengan kemasan warna putih. Dan penawar ini memiliki efek samping untuk orang yang mengkonsumsinya, berupa sendasi ringan, mual dan mutah.

Jadi sangat diajurkan dalam pemakaiannya sesuai aturan, karena apabila tidak akan menyebabkan overdosis berujung kematian. Benacol syirup yang akan menyembuhkan batuk Bentuk Benacol Berbicara batuk tentu merupakan penyakit tergolong susah sembuh apabila tidak tepat obatnya. Jadi sangat diperlukan penanganan yang tepat dengan obat batuk paling ampuh. Salah satunya dapat menggunakan Benacol syirup, obat dengan kemasan warna putih dan merah ini bisa dikatakan mampu sembuhkan batukmu.

Dengan komposisi dextromethophan, ammon, diphenhydramine, menthol dan guaiacolsufonate yang pas untuk melawan penyakitmu itu. Selain itu obat ini juga dapat dikatakan sangat ramah untuk kantong karena dijual pada kisaran harga dua puluh ribu rupiah saja.

OBH Combi yang akan bantu lepas dari batuk OBH Combi OBH Combi, tentu obat batuk yang sering digunakan banyak orang, dengan harga yang bersahabat dan mudah sembuhkan batuk adalah kelebihannya. Jadi tidak heran obat ini menjadi primadona di tengah masyarakat. Kandungan ekspektoran, antihistamin, dekongestan dan analgesic-antipiretik di dalamnya juga sangat terbukti ampuh sembuhkan batuk.

Dan hebatnya lagi, obat batuk paling ampuh ini juga dapat sembuhkan berbagai penyakit lain, seperti gejala flu, demam, sakit kepala, bersin dan hidung tersumbat. Namun dalam penggunaanya harus tetap menggunakan aturan pakai agar dalam penyembuhan tidak terjadi apa-apa pada tubuh kita. Dextral obat bentuk tablet yang mempunyai banyak khasiat Obat batuk tablet Dextral Berbagai macam obat batuk paling ampuh tentu tidak hanya berbentuk cair saja.

Karena Dextral hadir dengan kemasan tablet. Meskipun akan sedikit susah saat mengkonsumsinya, tapi obat ini bisa dikatakan praktis untuk dibawa kemana-mana. Penawar ini sendiri sangat cocok untuk batuk kering dan seperti halnya OBH tadi, kadungan di dalamnya juga akan membantu meringankan masalah pilek dan flu. Namun bagi penderita gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma serta hipertensi sangat tidak dijurkan tapi apabila terpaksa harus menggunakan resep dari dokter.

Jadi bagaimana apa kalian ingin mencobanya?. Grafed obat batu non cair yang akan menangkal batuk Obat batuk Grafed Sama halnya dengan Dextral, obat batuk Grafed ini juga memiliki bentuk berupa tablet. Dalam dirinya terdapat kandungan pseudoefedrin dan tripolidin yang ampuh mengobati batuk.

Saat pengunaannya disarankan setelah makan karena apabila sebelumnya akan dapat mengganggu tubuh penggunanya. Grafed sendiri merupakan produksi dari perusahaan Gracia Pharmindo yang produknya dapat ditemui di Apotik di seluruh Indonesia. Obat batuk paling ampuh ini dibandrol dengan harga Rp 2100 per-tablet. Meskipun tergolong tidak murah tapi obat ini dapat dijadikan alternative ketika obat lain tidak mampu sembuhkan batukmu.

Pilihan obat batuk paling ampuh tentu sangat lah banyak. Baiknya yang dijual di apotik seperti ulasan tadi atau menggunakan resep dari nenek moyang yang berbahan herbal.

Jadi kita tidak perlu kuwatir apabila batuk menyerang. Namun meskipun sudah banyak penawarnya, kedisplinan dalam menjaga kesehatan dari dalam diri kita tetaplah yang utama. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana.

Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia. Obat tradisional merupakan cara alami yang bisa menjadi alternatif disamping obat medis dari dokter.

Selain alami, obat tradisional juga sudah teruji karena merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang hingga kini. Obat tradisional batuk pilek obatnya apa memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan obat – obat kimia dokter yang biasanya diresepkan.

Mengapa Memilih Obat Tradisional? Obat tradisional bersifat herbal dan sangat aman bagi tubuh. Karena itu banyak orang yang memilih pengobatan tradisional sebagai media jika tidak ingin mengonsumsi obat kimia. Obat tradisional pun menjadi alternatif pilihan karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan obat dari dokter.

Selain itu obat tradisional juga dipercaya lebih manjur daripada obat kimia (Baca: Bahaya Obat Batuk Kimia). Banyak sekali penyakit yang bisa diatasi dengan obat tradisional mulai penyakit yang ringan seperti batuk pilek hingga penyakit yang berat.

Penyakit – penyakit ringan seperti batuk batuk pilek obatnya apa dapat menyerang tubuh berkali – kali dalam waktu yang berdekatan maka dari itu banyak orang yang lebih memilih mengatasinya menggunakan obat tradisional dibandingkan dengan menggunakan obat kimia atau harus mengunjungi dokter. Batuk pilek obatnya apa artikel ini akan dibahas mengenai berbagai tips dan cara mengatasi batuk dan pilek secara tradisional.

Penyakit batuk dan pilek Penyakit batuk dan pilek merupakan penyakit yang sangat mudah sekali menyerang tubuh manusia. Penyakit pilek disebut juga Influenza atau disingkat menjadi Flu. Pilek terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada lapisan hidung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan produksi lendir menjadi lebih banyak. Penyebab dan Penularan Penyakit ini disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang biasanya muncul dari penyakit ini diantaranya demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, batuk – batuk, mudah leleah, lemas, dan perasaan tidak nyaman.

Biasanya pilek ditandai dengan adanya bersin – bersin pada penderita. Penularan penyakit ini dapat terjadi secara langsung dan tidak langsung. Pada penularan langsung terjadi karena adanya virus yang masuk ke dalam tubuh karena menghirup butiran – butiran bersin yang dikeluarkan oleh penderita flu.

Sedangkan penularan tidak langsung bisa terjadi ketika seseorang memegang benda yang telah terkontaminasi virus penyebab flu dan virus tersebut masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut. Jadi biasanya orang yang menderita flu disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menularkan atau mengontaminasi ruangan dengan virus agar terhindar dari penularan penyakit flu.

Pilek biasanya berlangsung selama satu minggu, namun jika pilek muncul disertai batuk bisa bertahan hingga tiga minggu. Pada tahap awal munculnya penyakit ini akan terasa berat. Gejala yang muncul pertama ialah nyeri pada tenggorokan yang kemudian disusul dengan gejala lain seperti iritasi dan nyeri pada hidung, bersin – bersin, hidung beringus dan akhirnya tersumbat. Lalu setelah itu tubuh merasa lemas, batuk dan suara parau. Selain virus pilek juga bisa dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan juga alergi yang diderita pasien.

Namun sebenarnya gejala – gejala yang ditimbulkan oleh penyakit pilek merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami proses penyembuhan dari penyakit ini. Bahkan gejala – gejala yang timbul tanpa diobati pun akan hilang dengan sendirinya. Berikut penjelasan mengenai beberapa gejala dan proses apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita : β€’ Gejala demam Gejala demam merupakan cara tubuh kita untuk membunuh virus dengan menciptakan lingkungan yang lebih panas daripada suhu normal agar virus tidak berah dan pergi dari tubuh.

Selain itu tubuh yang panas akan membuat protein dan sel – sel daya tahan tubuh (immune) pembunuh kuman dalam darah akan beredar lebih cepat dan bekerja lebih efektif.

Sehingga jika demam yang ringan dibiarkan selama satu atau dua hari, justru akan memberikan kesembuhan yang lebih cepat dan merupakan cara alami menyembuhkan penyakit ini.

batuk pilek obatnya apa

β€’ Batuk Batuk batuk pilek obatnya apa cara tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir yang tebal yang berpotensi membawa kuman menuju paru – paru dan ke seluruh tubuh. Batuk juga membantu mengeluarkan dahak yang membandel yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. β€’ Hidung tersumbat.

Gejala ini terjadi ketika aliran darah pada daerah hidung meningkat sehingga proses pembuangan pun akan meningkat (pengeluaran lendir). Aliran darah yang meningkat dapat menghangatkan daerah yang terinfeksi dan membantu sekresi membawa kuman keluar dari dalam tubuh. Jadi sebenarnya penyakit flu atau influenza dapat menghilang dengan sendirinya dari tubuh. Namun memang gejala – gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini menimbulkan ketidaknyamanan pada diri kita. dengan membiarkan beberapa gejala ini tanpa menghilangkannya merupakan sebuah cara penyembuhan yang alami tanpa menggunakan obat.

Namun jika anda tidak nyaman dengan gejala tersebut anda dapat mengonsumsi obat untuk menghilangkan beberapa gejala yang membuat diri tidak nyaman. Pilihlah obat – obatan tradisional atau cara tradisional dan sebisa mungkin hindari penggunaan obat kimia. Sebenarnya obat berbahan kimia dapat mengganggu kestabilan tubuh dan juga fungsi organ. Hati dan ginjal akan bekerja lebih keras jikan anda terlalu sering mengonsumsi obat – obatan kimia yang diresepkan dokter.

Obat tradisional menjadi alternatif yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko dari obat kimia. Berikut akan dijabarkan mengenai cara – cara pengobatan dan obat tradisional untuk meredakan dan juga menyembuhkan penyakit flu atau influenza pada tubuh. Obat dan juga cara mengobati batuk dan pilek secara tradisional Seperti yang dijelaskan pilek merupakan penyakit yang umum terjadi dan sanga sering menyerang tubuh manusia. Penyakit pilek dapat membuat penderita tidak nyaman dengan gejala – gejala yang ditimbulkannya.

Sebenarnya gejala yang membuat tidak nyaman tersebut sebenarnya merupakan sebuah cara penyembuhan alami. Walaupun begitu banyak juga penderita pilek yang ingin menghilangkan dengan segera semua gejala pilek yang ia derita. Obat dan cara tradisional dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan gejala – gejala pilek tanpa efek samping.

Berikut beberapa cara dan juga obat tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit pilek. 1. Menghilangkan pilek dengan mandi menggunakan air hangat.

Salah satu gejala dari pilek adalah mengalami demam. Biasanya penderita akan berusaha menghilangkan rasa demam itu dengan minum air yang segar. Selain itu biasanya juga penderita ingin mengguyur badannya yang panas dengan air yang dingin. Hal itu justru tidak dianjurkan untuk dilakukan karena sebenarnya demam merupakan cara tubuh untuk mengusir virus dengan menghangatkan tubuh. Virus sangat suka dengan udara dingin dan dapat tahan di udara yang sejuk. Dengan mandi menggunaka air hangat anda membantu tubuh dalam upaya mengusir virus agar tidak lagi menghinggap.

Selain itu dengan mandi air hangat membuat tubuh segar karena semua pori – pori kulit batuk pilek obatnya apa. Jadi hindari mandi menggunakan air dingin karena justru semakin membuat virus betah dan tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengusir penyakit ini. 2. Menyembuhkan pilek dengan meminum air hangat. Minum air hangat dapat membantu tenggorokan untuk meredakan pilek dan batuk. Hal ini juga dapat mengurangi rasa yang tidak nyaman yang ada pada tenggorokan dan juga membantu mengencerkan lendir tenggorokan dan membuangnya ke luar tubuh.

Hindarilah mengonsumsi minuman dingin atau air batuk pilek obatnya apa serta makanan yang dingin. Selain membuat tenggorokan semakin sakit dan batuk, air es atau dingin juga dapat membuat tubuh dingin. Hal itu akan membuat virus semakin betah tinggal di dalam tubuh dan tidak akan pergi. Tujuan dari meminum air hangat juga membuat tubuh menjadi hangat, selain itu juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat sakit pilek dan batuk. Perbanyaklah konsumsi air hangat hingga anda sembuh.

3. Perbanyaklah minum air hingga anda merasa sehat. Air putih merupakan obata yang mujarab untuk menurunkan panas tubuh. Hal ini juga dipertegas dengan adanya dalil yang juga menyebutkan hal yang sama. Banyak meminum air putih juga merupakan saran yang diberikan pada dokter untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Selain itu ada yang menyebutkan bahwa rahasia dari umur panjang adalah rutin mengonsumsi air putih yang banyak. Karena banyaknya manfaat air putih inilah disarankan bagi penderita batuk pilek untuk banyak mengonsumsinya. Karena selain menggantikan cairan tubuh, air putih juga berfungsi untuk membersihkan tubuh dari virus dan kuman penyebab pilek.

Air putih juga mampu membersihkan dahak membandel pada tenggorokan yang sering menyebabkan batuk. Air putih juga membantu organ pembersih darah seperti ginjal untuk melakukan tugasnya dengan maksimal. Namun yang perlu diperhatikan adalah air yang kita minum janganlah air yang dingin atau air es.

Minumlah air yang hangat maka itu akan membantu anda untuk meredakan batuk pilek.Baca lebih lanjut: Terapi Air Putih 4. Menghilangkan batuk dan pilek dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Sayur – sayuran dan buah – buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan dan juga kekebalan terhadap virus dan kuman penyebab penyakit.

Perbanyak makan buah dan sayur dapat membantuk meningkatkan daya tahan tubuh (immunitas) untuk melawan penyakit. Dengan begitu anda akan terhindar dari berbagai penyakit termasuk batuk pilek. Itulah sebabnya mengapa ketika kita pilek dan batuk, orang tua kita atau orang yang merawat kita membawakan dan memberi kita buah – buahan untuk dikonsumsi.

Karena buah – buahan merupakan obat alami dan cara alami untuk mengatasi batuk pilek (Baca: Buah batuk pilek obatnya apa Buah Batuk). 5. Beristirahat total. Kondisi badan yang lemah dan lelah menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun.

Hal ini tentu akan mempengaruhi kondisi tubuh sehingga rentan terserang virus dan kuman penyebab penyakit. Dengan mengisitrahatkan tubuh akan membuat tubuh lebih berkonsentrasi dalam mengusir virus dan kuman penyebab flu dan batuk pada tubuh.

Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih sehat dan cepat pulih. Kondisi tubuh orang yang terkena flu juga lemah, dan sangat disarankan untuk mengistirahatkan tubuh agar sistem kekebalan tubuh anda menjadi stabil dan kembali seperti semula.

6. Menghilangkan pilek dengan aroma bawang. Bawang yang selama ini kita kenal sebagai salah satu dari banyak rempah – rempah yang ternyata bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi flu. Aroma bawang – bawangan (bawang daun, bawang merah, bawang putih) dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung.

Caranya, peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar lima menit. Cobalah metode ini secara rutin hingga gejala flu dan batuk hilang dengan sendirinya. 7. Usir pilek dengan terapi uan tradisional. Penguapan merupakan cara tradisional yang dikenal ampuh untuk mengusir pilek dan hidung terumbat yang disertai batuk. Banyak orang yakin setelah melakukan terapi ini maka lendir dalam hidung akan keluar dengan sendirinya dan penyakit akan menghilang.

Cara yang digunakan ialah dengan memasukkan air panas ke dalam suatu baskom atau wadah. Lalu gunakan hirup dan gunakan handuk untuk menutupi kepala anda.

batuk pilek obatnya apa

Handuk berfungsi untuk menjaga uap tetapi didalam. Panas dari uang airlah yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit pilek dan batuk. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa menambahan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah – rempah lainnya yang dapat meredakan hidung tersumbat dan tenggorokan sakit.

Lakukan cara ini hingga anda merasa lebih baik dan sehat. 8. Berkumur dengan air garam. Mungkin anda akan bertanya – tanya mengapa bisa air garam meredakan penyakit seperti flu dan batuk? Namun hal ini benar adanya. Di Jepang, banyak orang yang berkumur dengan air garam setiap pagi untuk mencegah terjadinya penyakit flu dan batuk. Selain digunakan untuk membersihkan bakteri, berkumur dengan air garam juga berfungsi untuk meredakan batuk, menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi pada tenggorokan.

Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok the garam ke dalam segelas air hangat. anda juga dapat menambahkan kunyit, cuka apel, dan jahe agar hasilnya lebih maksimal.

9. Menggunakan aroma menthol atau mint. Menghirup aroma mentol atau mint juga dapat meredakan penyakit flu dan juga batuk pada tenggorokan. Anda bisa mengonsumsinya atau menghirupnya untuk menghilangkan gejala tidak nyaman pada hidung dan juga tenggorokan. Caranya adalah sangat mudah, oleskan minyak kayu putih ke dekat hidung anda, tenggorokan dan juga ke bagian dada. Rasa hangatnya mampu melegakan area tersebut dan aroma mentolnya mampu melegakan hidung yang tersumbat. Dan untuk batuk pilek obatnya apa anda dapat mengonsumsi the yang diberi daunt mint untuk melegakan tenggorokan anda dari dahak dan lendir yang membandel.

10. Konsumsi cabai atau makanan yang mengandung cabai. Zat Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai yang dipercaya dan sudah terbukti efektif dalam membantu membersihkan rongga hidung. Itulah sebabnya mengapa orang yang mengonsumsi cabai akan mengeluarkan banyak ingus atau lendir dari hidung.

Ketika penyakit flu menyerang maka konsumsilah sup hangat yang pedas atau mengandung banyak lada atau cabai yang bisa melegakan hidung anda dan meredakan penyakit flu pada diri anda.

Namun tetap jaga porsi pedas dari cabai tersebut jangan sampai membuat anda batuk pilek obatnya apa perut. Selain itu cabai juga dapat mengeluarkan banyak keringat dari tubuh anda, hal ini sangat bagus dalam upaya melawan virus. Karena ketika pembuangan racun dari keringat sangat lancar maka penyakit juga akan ikut terbuang melalui keluarnya keringat – keringat tersebut.

11. Campuran madu batuk pilek obatnya apa jahe. Madu merupakan makanan yang sangat diyakini memiliki berbagai fungsi. Madu memiliki rasa yang manis namun tidak menimbulkan batuk pada tenggorokan.

Madu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh bahkan hadits pun mengatakan hal itu. Madu juga memiliki manfaat untuk meredakan batuk pilek. Campurkan madu dengan jahe dan konsumsi maka batuk pilek obatnya apa merupaka obat alami yang bisa digunakan untuk meredakan batuk pilek. Caranya dengan seperti ini, ambil dua ruas jahe dan kemudian parut dan campurkan dengan madu.

lalu makanlah tiga kali sehari dan lihatlah hasilnya. Dalam beberapa saat anda akan sembuh dan tidak lagi mengalami batuk pilek. 12. Konsumsi rempah – rempah yang memiliki rasa hangat. Selain madu anda juga bisa mengonsumsi rempah – rempah yang memiliki rasa yang hangat seperti jahe, kencur, sreh, dan kemangi. Atau bisa juga semua rempah – rempah berikut disatukan dan direbus dengan air yang secukupnya, lalu minumlah rebusan air tersebut.

lakukan hal tersebut hingga penyakit berangsur – angsur menghilang. 13. Campuran jeruk nipis dengan kecap. Banyak yang yakin jika jeruk nipis dicampur dengan kecap merupakan obat yang manjur untuk mengatasi pilek dan sakit tenggorokan. Jeruk nipis sendiri dinilai mampu mengencerkan lendir pada tenggorokan. Caranya adalah dengan mencarmpur satu sendok kecap dengan jeruk nipis lalu minum.

Rasanya memang sedikit asam dan manis namun ini merupakan obat tradisional yang digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. 14. Meminum air jeruk hangat atau air jeruk nipis hangat. Jeruk mengandung banyak vitamin C yang dipercaya meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh (immunitas).

Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, maka usaha tubuh untuk mengusir penyakit bisa menjadi lebih mudah. Selain itu jeruk memiliki sifat asam yang mampu mengencerkan lendir pada tenggorokan untuk mengurangi rasa gatal dan sakit pada batuk. Jadi konsumsilah air jeruk hangat ketika anda sedang merasakan akan pilek. 15. Menggunakan bantal yang tinggi. Dengan meninggikan bantal anda akan dapat mengatasi permasalahan hidung tersumbat.

Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang. Cara ini memang tidak membuat flu menghilang, namun cara ini dapat mengatasi permasalahan hidung yang tersumbat. Untuk itu cara ini bisa dilakukan sebagai upaya untuk membuat gejala penyakit flu menjadi sedikit ringan. 16. Mengonsumsi permen jahe. Jahe dikenal sebagai pelega tenggorokan.

Selain itu jahe juga mampu meningkatkan vitalitas tubuh. Jahe sangat mudah didapatkan. Jika anda mengalami batuk anda bisa mengonsumsi jahe yang sudah dijadikan manisan. Caranya adalah dengan iris jahe tipis dan direbus menggunakan air gula. Biarkan mengering dan nikmatilah permen jahe alami tersebut.

Artikel Batuk Pilek Lainnya β€’ Obat Batuk Berdahak Tradisional β€’ Cara Mengobati Batuk pilek obatnya apa Berdarah β€’ Obat Batuk Anak β€’ Makanan yang Dilarang Saat Batuk β€’ Gejala Batuk Kering dan Gatal β€’ Penyebab Dahak Berdarah β€’ Makanan Penyebab Batuk Parah β€’ Ciri Batuk Paru Paru β€’ Cara Menghilangkan Pilek β€’ Penyebab Pilek β€’ Penyebab Hidung Berair β€’ Penyebab Ingus Berdarah Kental Saat Flu β€’ Cara Menghilangkan Ingus Yang Kental Itulah beberapa cara tradisional dalam menanggulangi atau mengurangi gejala penyakit flu dan batuk pada tubuh kita.

Dengan menggunakan cara tradisional anda bisa menghindari efek buruk yang ditimbulkan oleh obat kimia. Karena obat kimia memiliki efek samping dan juga memiliki dampak buruk bagi organ tubuh anda. Selain itu cara – cara diatas tergolong lebih mudah dan lebih murah. Sejak dulu nenek moyang kita belum mengenal obat kimia, mereka menggunakan cara tradisional untuk meredakan penyakit flu dan batuk.

Selain itu penggunaan obat kimia yang berkepanjangan dapat anda terjangkit banyak penyakit kronis seperti ginjal dan hati karena kelebihan zat kimia dalam tubuh bisa menjadi racun bagi tubuh.

Penyakit flu sebenarnya juga merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, hanya saja gejala – gejala yang ditimbulkan sangat membuat penderita tidak nyaman dan akhirnya memilih untuk meredakan gejala tersebut dengan berobat.

Namun cara yang paling mudah sebenarnya adalah sengan menjaga pola hidup, asupan makanan dan juga kebersihan diri. Demikianlah artikel tentang obat tradisional batuk pilek, semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan tubuh anda. Terima kasih. Recommended Post β€’ Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi β€’ Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat β€’ Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

batuk pilek obatnya apa

β€’ 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat β€’ Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
Definisi Apa itu batuk berdahak? Batuk adalah mekanisme refleks tubuh untuk mengeluarkan partikel asing yang terdapat pada saluran pernapasan.

Batuk dapat disebut berdahak jika disertai dengan keluarnya lendir (dahak) dari tenggorokan. Batuk berdahak disebut juga batuk produktif. Lendir atau dahak merupakan cairan berserat sebagai hasil sekresi akibat terjadinya inflamasi atau peradangan di saluran pernapasan. Peradangan tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi kuman penyakit, seperti bakteri atau virus. Dalam kondisi normal, saluran pernapasan sebetulnya memproduksi lendir sebanyak 100 mililiter per hari.

Lendir ini berfungsi menjaga kelembapan dan mendukung kerja sistem pernapasan. Enzim antibodi yang dimilikinya berfungsi melindungi lapisan saluran organ dari zat-zat iritan, seperti debu, mikroorganisme, dan bakteri.

Namun, infeksi menyebabkan timbulnya rangsangan terhadap membran mukosa (lendir) untuk memproduksi lendir secara berlebihan. Perisitiwa ini disebut juga dengan ekspektorasi. Lendir yang diproduksi secara berlebihan oleh saluran pernapasan dapat menggumpal menjadi lendir yang kental sehingga menyumbat saluran napas dan memicu terjadinya batuk. Akibat dahak yang menumpuk di saluran napas, Anda juga dapat merasakan sesak di dada dan tenggorokan selama mengalami batuk batuk pilek obatnya apa.

Seberapa umumkah kondisi ini? Batuk termasuk penyakit ringan yang umum dan mudah disembuhkan. Namun, batuk berdahak yang terus-menerus terjadi dapat menandakan gangguan kesehatan serius.

Terdapat dua jenis batuk yang umumnya dikeluhkan banyak orang, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Dalam istilah medis, keduanya juga dikenal dengan sebutan batuk produktif dan non-produktif berdasarkan produksi dahak yang dihasilkan.

batuk pilek obatnya apa

Tanda-tanda & gejala Apa saja tanda-tanda dan gejala yang menyertai batuk berdahak? Gejala-gejala yang muncul menandakan seberapa parah batuk berdahak yang Anda alami. Penting untuk lebih sensitif terhadap munculnya gejala-gejala yang menyertai jenis batuk ini untuk bisa mengenali penyakit penyebab batuk berdahak yang Anda alami. Berikut adalah gejala-gejala lain yang biasanya muncul bersamaan selama mengalami batuk berdahak: β€’ Sakit tenggorokan β€’ Tubuh menggigil β€’ Sesak napas β€’ Batuk menerus yang disertai dengan keluarnya dahak β€’ Hidung tersumbat dan beringus Dalam beberapa kasus batuk berdahak, dahak yang dikeluarkan juga dapat berwarna kemerahan karena disertai darah.

Kondisi ini dinamakan dengan hemoptisis (batuk berdarah). Apabila warna merah yang terlihat pada dahak cukup pekat, Anda sebaiknya langsung meminta pertolongan dokter sebagai langkah pengobatannya. Kapan saya harus periksa ke dokter? Segera berkonsultasi dengan dokter jika atuk berdahak yang dialami telah berlangsung hingga dua minggu lebih.

Apalagi jika Anda semakin kesulitan untuk bernapas, batuk disertai dengan keluarnya darah, dan warna kulit yang berubah pucat membiru. Lendir yang tampak kental dan berbau juga dapat menandakan terjadinya infeksi yang lebih serius.

Anda sebaiknya segera ke dokter jika: batuk pilek obatnya apa Batuk berdahak tidak berangsur sembuh selama lebih dari dua minggu. β€’ Terdapat rasa nyeri di dada sehingga merasa sesak napas, meskipun tidak memiliki alergi atau asma. β€’ Munculnya ruam pada permukaan kulit. β€’ Dahak semakin kental dan berubah warna menjadi lebih pekat.

β€’ Batuk berdahak disertai darah. β€’ Intesitas batuk semakin tinggi di malam hari. β€’ Untuk anak-anak di bawah umur 2 tahun, saat suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius atau lebih selama lebih dari satu hari. β€’ Terserang demam dan suhu tubuh naik hingga 40 derajat Celcius. β€’ Otot tubuh terasa nyeri. β€’ Mengalami kejang. Penyebab Apa penyebab batuk berdahak? Batuk disertai dahak yang ringan umumnya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan akibat virus atau bakteri.

Penyakit paling umum yang menjadi penyebab batuk berdahak adalah pilek dan flu. Apabila batuk berdahak telah berlangsung selama lebih dari 3 minggu atau lebih (kronis), Nottingham Respiratory Research Unit menyatakan kemungkinan terdapat beberapa penyebab yang mendasarinya.

Beberapa penyakit pernapasan yang jadi penyebab batuk berdahak, yaitu: β€’ Asma: kondisi yang disebabkan penyempitan dan penebalan dinding saluran nafas dan produksi dahak yang bertambah. Batuk asma bisa disertai gejala mengi dan sesak napas. β€’ Bronkiektasis: peradangan pada cabang batang tenggorokan (bronkus).

yang menyebabkan penebalan pada dinding bronkus sehingga memicu produksi dahak yang berlebih. Dahak yang menumpuk menjadi tempat kolonisasi bakteri menyebabkan peradangan semakin parah. β€’ Bronkitis kronis: terjadi saat mengalami batuk berdahak selama lebih dari 3 bulan akibat peradangan yang terjadi di saluran bronkus, yaitu saluran yang membawa udara dari hidung dan tenggorokan turun ke paru-paru. β€’ Bronkitis eosinofilis: inflamasi atau peradangan yang diakibatkan oleh eosinofil yang terdapat pada sistem pernapasan.

Eosinofil sendiri merupakan salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi mengatasi peradangan dan mengendalikan sistem kekebalan tubuh. β€’ Imunodefisiensi: kondisi saat tubuh kehilangan kemampuan melindungi diri dari serangan bakteri, virus dan parasit akibat menurunnya produksi zat immunoglobulin.

β€’ Pneumonia: merupakan infeksi akut paru-paru yang sebagian besar disebabkan oleh bakteri, dan beberapa kemungkinan lain oleh virus ataupun jamur. Akibat pneumonia, proses sekresi lendir di sekitar paru menjadi lebih intensif sehing ga paru pun menghasilkan lendir yang cukup banyak.

β€’ PPOK: kondisi terganggunya fungsi paru-paru dan saluran pernapasan yang membawa udara kaya masuk yang disebabkan oleh penyakit pernapasan yang terjadi secara bersamaan seperti bronkitis kronis dan emfisema. Penyebab utama PPOK adalah kebiasaan merokok. β€’ Cystic fibrosis:merupakan penyakit genetik yang mengakibatkan penebalan lendir pada berbagai organ. Gangguan yang menjadi penyebab batuk berdahak ini disebakan karena tubuh kekurangan protein cystic fibrosis trans membrane regulator (CFTR).

Diagnosis Bagaimana mendiagnosis penyakit dengan kondisi ini? Saat berkonsultasi, dokter biasanya menanyakan berapa lama batuk telah berlangsung berikut seberapa parah gejala yang dialami. Beberapa penyebab batuk disertai lendir dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik sederhana. Saat Anda berkonsultasi ke dokter, biasanya batuk pilek obatnya apa akan menanyakan kekentalan dan warna dahak Anda. Dahak yang memperlihatkan warna seperti karat batuk pilek obatnya apa ( rust coloured ) dapat menunjukan infeksi pneumonia.

Sementara dahak berwarna hitam dan berbau busuk, bahkan disertai nanah, dapat menandakan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri anaerob atau diakibatkan oleh abses paru. Jika batuk telah berlangsung cukup lama disertai sejumlah gejala serius, seperti demam, penurunan berat badan, dan sering kehilangan kesadaran, dokter akan mengadakan serangkaian tes di antaranya seperti tes: β€’ X-ray atau CT-Scan untuk mengetahui kinerja paru-paru β€’ Tes darah β€’ Tes lab untuk menganalisis kondisi dahak β€’ Pengukuran denyut nadi ( pulse oximetry) untuk mengukur kadar oksigen di dalam tubuh.

Pengobatan Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda. Bagaimana cara mengobati batuk berdahak? Penting untuk diketahui bahwa obat batuk berdahak bukan bertujuan meringankan batuk seperti jika Anda minum obat untuk batuk kering. Obat batuk berdahak bertujuan untuk merangsang batuk supaya lebih efektif untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir dan iritan lainnya. Selain itu, obat batuk berdahak, baik yang diperoleh dari apotek dan yang dibuat secara tradisional di rumah, harus dapat membantu mengencerkan dahak atau lendir yang menumpuk di sepanjang jalur pernapasan, sekaligus mengurangi jumlahnya.

Inilah beberapa karakteristik obat batuk yang aman dikonsumsi untuk menyembuhkan batuk berdahak: 1. Ekspektoran Obat batuk berdahak ekspektoran mengandung bahan-bahan aktif seperti bromhexineguaifenesin, ipecacuanha yang berfungsi secara efektif untuk mengencerkan dahak. 2. Dekongestan Dekongestan dapat mengurangi lendir yang mengalir dalam hidung Anda.

batuk pilek obatnya apa

Obat batuk ini bekerja dengan mengurangi pembengkakan di hidung dan membuka saluran udara. 3. Mukolitik Kandungan bromhexine dan asetilsistei di dalamnya bekerja dengan mengubah sifat fisik lendir sehingga menjadi lebih encer. Contoh obat-obatan yang mengandung mukolitik adalah bromheksi, asetilsisitein, dan ambroksol. 4. Obat kombinasi Kandungannya terdiri atas ekspektoran dan mukolitik sehingga dapat menghilangkan lendir yang menghambat saluran pernapasan.

Setiap obat kombinasi umumnya juga mengandung dekongestan dan antihistamin. 5. Dornase-alfa Dornase-alfa adalah obat pengencer lendir yang sering digunakan oleh orang dengan cystic fibrosis. Obat batuk berdahak ini biasanya harus dengan resep dokter.

Obat ini digunakan dengan dihirup melalui nebulizer. 6. Balsam Mentol Kombinasi senyawa kampor dan mentol yang terkandung dalam balsem usap dapat membuat tenggorokan terasa lebih lega, menurunkan frekuensi dan gejala batuk, serta membuat nafas terasa lebih lega 7. Ibuprofen Ibuprofen mengatasi batuk berdahak yang disertai demam dan membantu meredakan sakit pada tenggorokan. Adakah pantangan dalam pengobatan batuk berdahak?

Selain mengetahui jenis-jenis obat yang bisa digunakan untuk batuk berdahak, Anda juga sebaiknya mewaspadai beberapa kandungan obat apotek yang dapat membahayakan kesehatan seperti berikut ini. β€’ Ibu hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi batuk pilek obatnya apa yang mengandung calcium iodide, alkohol, dan kodein. Kodein dapat mengakibatkan gangguan pernapasan pada bayi, sementara alkohol dan iodide bisa menimbulkan kecanduan saat bayi dilahirkan. β€’ Beberapa obat supresan lainnya yang mengandung kodein berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih untuk waktu yang lama.

Risiko dari mengonsumsi kodein dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan bahkan kematian. β€’ Anda yang mengidap diabetes, sakit jantung, gangguan tiroid sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat batuk nonapotek. β€’ Sebelum mengonsumsi, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap kandungan yang terdapat di dalam obat. Penggunaan obat batuk apotek sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan bijak. Pelajari selalu kandungan obat, efek samping, dan cara penggunaan yang tertera pada kemasannya.

Jika setelah mengonsumsi obat batuk nonresep ternyata tak kunjung membuat gejala batuk berdahak Anda membaik, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat yang lebih manjur. Pengobatan di rumah Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini?

Pengobatan tidak hanya dapat dilakukan dengan minum obat batuk. Beberapa langkah perawatan sederhana di rumah juga dapat diterapkan untuk meringankan batuk tanpa khawatir akan efek samping obat-obatan kimia. Pengobatan batuk berdahak alami seperti berikut ini dianggap lebih aman dan efektif menyembuhkan: β€’ Perbanyak istirahat dengan mengurangi aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari.

β€’ Perbanyaklah minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama mengalami batuk berdahak. β€’ Berkumur dengan air garam setiap tiga jam sehari selama mengami gejala batuk.

β€’ Minum madu yang telah dilarutkan dalam perasan lemon dan teh untuk menghilangkan lendir yang menggumpal di tenggorokan. β€’ Mengonsumsi jahe dan bawang putih mentah secara langsung. β€’ Menghindari makanan yang dilarang saat batuk, seperti gorengan dan makanan cepat saji karena dapat memperparah terjadinya batuk.

β€’ Jaga suhu tubuh tetap hangat, salah satu caranya adalah dengan mandi air hangat. Suhu air yang tinggi dapat membantu mengencerkan dahak. Bagaimana cara meredakan batuk berdahak pada anak? Tak jarang saat terserang infeksi pernapasan termasuk batuk rejananak-anak juga mengalami batuk berdahak. Pengobatan batuk berdahak untuk anak-anak tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Apalagi, berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP)anak-anak dibawah umur empat tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan batuk nonresep yang mudah diperoleh di apotek.

Tidak hanya batuk yang menerus, kurang lancarnya aliran udara dalam saluran pernapasan juga menyebabkan anak-anak merasa sesak napas sehingga sulit untuk tidur di malam hari.

Nah, untuk mengatasi batuk berdahak ini Anda batuk pilek obatnya apa memberikan 1/2 sendok madu sebelum mereka tidur untuk mempercepat penyembuhannya di malam hari.

Namun, pemberian madu bisa memicu botulisme pada anak berumur di bawah 12 bulan. Bila ada pertanyaan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk solusi terbaik mengatasi penyakit yang Anda alami. Martin, M., & Harrison, T. (2015).

Causes of chronic productive cough: An approach to management. Respiratory Medicine, 109(9), 1105-1113. doi: 10.1016/j.rmed.2015.05.020 Darmanto, D. (2009). Respirologi (Respiratory Medicine).Γ‚ Jakarta: Buku Kedokteran. Gilchrist, F. (2019). An approach to the child with a wet cough. Paediatric Respiratory Reviews, 31, 75-81.

doi: 10.1016/j.prrv.2018.11.002 De Blasio, F., Virchow, J., Polverino, M., Zanasi, A., Behrakis, P., & Kilinç, G. et al. (2011). Cough management: a batuk pilek obatnya apa approach. Cough, 7(1), 7. doi: 10.1186/1745-9974-7-7 Begic, E., Begic, Z., Dobraca, A., & Hasanbegovic, E. (2017). Productive Cough in Children and Adolescents – View from Primary Health Care System.

Medical archives (Sarajevo, Bosnia and Herzegovina), 71(1), 66Γ’β‚¬β€œ68. https://doi.org/10.5455/medarh.2017.71.66-68 Brightling, C. (2006). Chronic Cough Due to Nonasthmatic Eosinophilic Bronchitis.

Chest, 129(1), 116S-121S. doi: 10.1378/chest.129.1_suppl.116s Bronchiectasis - American Lung Association - American Lung Association. (2020). Retrieved 7 April 2020, from https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/bronchiectasis Chronic Bronchitis - American Lung Association. (2020). Retrieved 7 April 2020, from https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/chronic-bronchitis#targetText=Key%20Facts%20about%20Chronic%20Bronchitis,fatigue%20and%20at%20times%20wheezing Asthma medications: Know your options.

(2020). Retrieved 7 April 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/asthma/in-depth/asthma-medications/art-20045557 Pneumonia - American Lung Association - American Lung Association.

(2020). Retrieved 7 April 2020, from https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/pneumonia Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) - American Lung Association - American Lung Association. (2020). Retrieved 7 April 2020, from https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/copd Cystic Fibrosis (CF) - American Lung Association.

(2020). Retrieved 7 April 2020, from https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/cystic-fibrosis AAP. (2020). Cough and Cold Medicine – Not for Children. Retrieved 15 June 2020, from https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/aap-press-room-media-center/Pages/Cough-and-Cold-Medicine-Not-for-Children.aspx Pilek adalah batuk pilek obatnya apa yang sangat mudah menular dan disebabkan oleh berbagai macam, misalnya virus, alergi, hingga ketidakseimbangan hormon.

Meski penularannya sangat mudah dan cepat, namun ada banyak pilihan obat pilek paling ampuh yang bisa membantu kamu agar cepat sembuh.

Beberapa obat tersebut bahkan bisa dibeli di apotek atau supermarket terdekat tanpa resep dokter. Namun, sebenarnya obat pilek ini hanya mengurangi sumbatan pada hidung atau reaksi alerginya, ya.

Umumnya pilek dapat sembuh dengan sendirinya, seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh, terutama jika kamu mengonsumsi makanan bernutrisi, minum banyak cairan, dan rutin berolahraga. Obat pilek memang membantu mengurangi hidung tersumbat, tapi selebihnya butuh imunitas tubuh yang baik untuk melawan virus di dalam tubuh. Jika pilek sudah sangat mengganggu, kamu bisa mengonsumsi obat pilek untuk dewasa. Ada banyak merek dan varian obat pilek dengan efek dan kandungan terbaik yang bisa kamu pilih.

Berikut ini adalah 16 rekomendasi obat pilek terbaik dan paling ampuh untuk orang dewasa. Tapi, jika pilek yang kamu alami sudah lebih dari satu minggu, konsultasikan masalah kesehatanmu pada dokter.

Penyebab pilek dan hidung tersumbat Pilek merupakan kondisi ketika kamu mengalami banyaknya lendir atau batuk pilek obatnya apa berlebih di dalam rongga hidung.

Lendir ini bisa bertekstur kental, encer, bening, atau keruh, tergantung dari penyebabnya. Lendir pada hidung merupakan hal yang normal, karena lendir berfungsi menjaga saluran pernapasan tetap lembap sehingga kamu dapat bernapas dengan lega. Lendir juga berfungsi membunuh bakteri merugikan yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Tapi, batuk pilek obatnya apa beberapa kondisi yang membuat produksi lendir menjadi berlebihan sehingga kamu malah susah bernapas.

Misalnya, ketika tubuh terpapar virus dan terpapar alergen sehingga alergi pun muncul (seperti debu, udara dingin, asap rokok, dan lainnya), akibatnya rongga hidung mengalami peradangan. Lendir yang berlebihan ini membuat hidung menjadi berair dan menyumbat saluran pernapasan.

Penyebab pilek lainnya selain virus dan reaksi alergi adalah sinusitis. Pada sinusitis, peradangan terjadi pada lapisan mukosa sinus yang terletak di rongga tulang wajah sekitar hidung. Saat meradang, cairan mukosa sinus menjadi berlebihan sehingga saluran penghubung sinus dengan hidung menjadi tersumbat. Ini bedanya pilek dan flu Lebih dari 200 virus dapat menyebabkan pilek. Gejala pilek berupa hidung berair, hidung tersumbat, dan disertai bersin. Namun, sebelum menentukan obat pilek yang cocok, kamu harus tahu jika pilek berbeda dengan flu.

batuk pilek obatnya apa

Flu merupakan penyakit pada pernapasan yang menyebabkan demam, sakit kepala, pilek, batuk, sakit tenggorokan, hingga nyeri otot, yang disebabkan oleh tubuh yang terinfeksi virus flu. Sedangkan pilek belum tentu disebabkan oleh virus flu (seperti yang disebutkan di awal ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan pilek) dan hanya menyebabkan hidung berair serta demam yang singkat.

batuk pilek obatnya apa

Demam pada flu cenderung berlangsung lebih lama. Pilek menyerang saluran pernapasan bagian atas, sementara flu bisa menyerang saluran napas bawah, bahkan hingga ke paru-paru. Baik pilek maupun flu sebenarnya dapat dicegah jika kamu memiliki imunitas tubuh yang baik. Penyebab pilek cenderung disertai batuk Pilek biasanya tidak muncul sendirian, kadang ada batuk yang menyertainya seakan tidak mau lepas dari pilek.

Lalu, kenapa pilek diikuti batuk? Alasannya, rangsangan dari produksi lendir yang berlebih saat pilek akan sampai ke ujung saraf pada saluran napas, sehingga tubuh akan melepaskan senyawa untuk melawan virus tersebut.

Pelepasan senyawa ini membuat tenggorokan terasa sakit dan gatal sehingga timbul batuk. Rekomendasi obat pilek terbaik untuk orang dewasa Apa saja obat pilek yang sering jadi andalan untuk mengurangi hidung mampet dan pilek?

Ini rekomendasi obat pilek terbaik untuk dewasa, dan jika pilek masih berlanjut batuk pilek obatnya apa disertai lendir berwarna hijau, segera konsultasikan dengan dokter.

1. SidoMuncul Tolak Angin Flu, obat herbal untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat Obat pilek herbal terbaik untuk dewasa, bantu atasi hidung tersumbat. (Foto: Bukalapak) Saat mengalami pilek dan kamu mencari obat herbal yang diformulasikan khusus untuk mengatasi gejala selesma seperti sakit kepala dan hidung tersumbat, obat herbal pilek ini bisa jadi pilihan pertama. SidoMuncul Tolak Angin Flu tidak hanya membantu meredakan pilek dan hidung tersumbat, tapi juga mengurangi rasa pegal di tubuh ketika kamu mengalami selesma.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa langsung meminum obat herbal ini dari sachetnya atau dicampur dengan setengah gelas air hangat. Produk batuk pilek obatnya apa SidoMuncul ini adalah jamu dalam wujud cair yang dikemas dalam bentuk sachet yang praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana pun.

Tidak hanya mudah dikonsumsi, proses pembuatannya pun telah berstandar GMP (Good Manufacturing Practice) sehingga kualitasnya sangat terjaga. Kandungan buah adas, madu, kayu ules, daun cengkeh, jahe, mint, echinacea, meniran, batuk pilek obatnya apa panax ginseng membuat aroma Tolak Angin Flu segar ketika diseduh.

Sebagai informasi, adas--salah satu kandungan yang ada di Tolak Angin Flu--merupakan tanaman rempah yang memiliki aroma manis dan sedikit pedas. Dalam situs Alodokter disebutkan jika adas mengandung berbagai zat kimia yang bersifat antivirus, antiradang, dan antibakteri sehingga membantu meningkatkan daya imunitas tubuh. Ditambah kandungan tanaman herbal lainnya, tentu membuat khasiat Tolak Angin lebih optimal dalam mengurangi selesma. Menghirup uap segarnya Tolak Angin Flu ketika dicampur air panas akan membantu meredakan hidung tersumbat dan membuat pikiran lebih rileks, sehingga rasa pusing berkurang.

Selain itu, kandungan tanaman herbal yang ada batuk pilek obatnya apa Tolak Angin Flu juga membantu menjaga daya tahan tubuh. 2. Panadol Paracetamol, tidak menimbulkan rasa kantuk dan aman untuk lambung Batuk pilek obatnya apa Paracetamol untuk batuk pilek obatnya apa meredakan pilek pada orang dewasa.

(Foto: Panadol) Rekomendasi obat pilek yang kedua yaitu Panadol Paracetamol. Obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen memang dapat meredakan gejala pilek seperti hidung tersumbat dan pusing. Panadol adalah salah satu merek obat pilek terbaik yang sudah cukup populer di Indonesia. Keunggulan lainnya yaitu obat ini tidak menimbulkan rasa kantuk, sehingga kamu tetap dapat menjalankan aktivitas setelah mengonsumsi obat ini tanpa perlu mengganggu daya kerja obat.

Tentunya hal tersebut sangat bermanfaat bagi kamu yang sehari-hari sibuk dengan berbagai aktivitas. Selain itu, obat ini juga terbilang cukup ringan dan aman dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki gangguan pada lambung. 3. Triaminic Pilek, bikin napas lebih lega Obat pilek anak, bisa untuk dewasa. (foto: Bukalapak) Obat Triaminic Pilek mengandung pseudoephedrine yang akan membantu mengurangi hidung tersumbat sehingga kamu bisa bernapas lebih lega dan nyaman. Lalu ada kandungan Chlorpheniramine maleate yang akan meredakan gejala alergi seperti bersin serta gatal pada rongga hidung.

Mungkin kamu mengira obat ini khusus untuk anak, padahal bisa dikonsumsi orang dewasa. Dosis untuk orang dewasa tentunya dilebihkan, yaitu 2 sendok takar untuk sekali minum, dan dikonsumsi 3 kali sehari. Obat ini akan efektif atasi pilek dengan catatan ditambah istirahat yang cukup dan banyak konsumsi cairan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Obat Pilek Anak yang Aman dan Bisa Membantu Sembuhkan Gejala Flu. 4. Sanmol Paracetamol, penghilang rasa sakit dan penurun demam Obat pilek untuk dewasa, foto: Bukalapak Selain untuk menurunkan gejala pilek dan flu, Sanmol juga dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan penurun demam. Sanmol mengandung paracetamol yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, demam, sakit punggung, hingga nyeri akibat haid.

5. Rhinos SR, mampu meredakan bersin-bersin, hidung tersumbat, serta rasa gatal di hidung Obat pilek untuk dewasa, foto: Bukalapak Familiar dengan obat pilek yang satu ini? Selain bentuknya yang unik, Rhinos SR juga merupakan obat yang baik digunakan untuk meringankan gejala-gejala pilek, seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, serta rasa gatal di hidung. Rhinos SR mengandung loratadine untuk meredakan gejala alergi seperti bersin, gatal di hidung, dan hidung tersumbat.

Rhinos juga mengandung pseudoehedrine untuk meredakan hidung tersumbat dan berair. Rhinos SR adalah obat pilek yang bersifat lepas lambat sehingga cukup dikonsumsi dua kali per hari. Aktivitas harian kamu pun tidak lagi terusik dengan ritual minum obat. Obat ini juga tidak akan membuat kamu mengantuk sehingga aman untuk dikonsumsi sebelum menjalankan aktivitas sehari-hari.

FYI, Rhinos termasuk obat keras sehingga untuk mendapatkannya harus menggunakan resep dokter, ya. Walau ada beberapa apotek atau toko obat yang menjualnya secara bebas, tapi konsultasikan dulu ke dokter jika ingin menggunakan Rhinos SR.

Soalnya untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, obat batuk pilek ini berisiko menimbulkan efek samping. 6. Actifed Kuning, aman untuk anak di atas 6 tahun Obat pilek untuk dewasa, foto: Bukalapak Mungkin kamu lebih familiar dengan obat batuk Actifed, namun Actifed warna kuning diperuntukkan saat kamu mengalami pilek dan reaksi alergi pada saluran pernapasan.

Actifed mengandung pseudophedrine yang akan meredakan gejala hidung tersumbat pada rongga hidung sehingga membantumu bernapas lega kembali dan tripolidine atau antihistamin yang akan mengurangi reaksi alergi. Obat pilek ini juga aman digunakan oleh anak di atas 6 tahun dengan dosis setengah dari dosis orang dewasa.

Baca Juga: Ini 11 Rekomendasi Obat Batuk yang Efektif Redakan Batuk Berdahak dan Kering. 7. Siladex Batuk Pilek, obatnya bebas gula Obat pilek untuk dewasa, Siladex. (Foto: Bukalapak) Obat pilek dan batuk dengan rasa mint ini membantu melegakan pernapasan sekaligus membuat tenggorokan lebih nyaman. Siladex mengandung dextromethorpan yang akan menekan batuk di sistem saraf pusat sehingga mengurangi keinginan untuk batuk.

Kandungan lainnya yang berfungsi melegakan hidung tersumbat dan mengurangi gatal di hidung adalah pseudoephedrine. Zat aktif ini memang selalu ada di dalam obat pilek. Selain untuk dewasa, obat pilek ini juga bisa dikonsumsi anak usia 6-12 tahun. Tentunya dengan dosis yang lebih kecil dibandingkan untuk orang dewasa, ya. 8. Hufagripp Pilek, efektif juga untuk dewasa Obat pilek yang juga efektif untuk orang dewasa. (foto: Hufa) Rekomendasi obat pilek terbaik selanjutnya yaitu Hufagripp Pilek.

Meski obat ini untuk anak, tapi bisa digunakan oleh orang dewasa dengan dua sendok takar sekali minum (minum sebanyak 3 kali sehari, ya). Obat pilek yang satu ini memiliki kombinasi kandungan yang sangat tepat untuk mengobati pilek pada anak dengan efektif. Hufagripp Pilek mengandung Pseudoephedrine HCl (untuk mengatasi hidung tersumbat) dan Chlorpenamine Maleate (untuk mengatasi alergi rhinitis).

9. Biogesic Paracetamol, bantu redakan sakit kepala Paracetamol, membantu meredakan pilek. (Foto: Bukalapak) Seperti yang disebutkan sebelumnya, pilek dapat diredakan dengan parasetamol.

Biogesic Paracetamol merupakan salah satu obat pereda nyeri untuk mempercepat proses penyembuhan gejala pilek dengan menjaga kualitas istirahatmu. Pada saat mengalami pilek, batuk pilek obatnya apa kamu pasti membutuhkan istirahat yang berkualitas, salah satunya yaitu dengan tidur yang nyenyak. Cukup minum 1-2 tablet setiap hari, dan konsultasikan kondisi pilekmu dengan dokter untuk menentukan penggunaan yang tepat.

10. Procold Flu, meredakan pilek yang termasuk gejala flu Obat pilek untuk dewasa, foto: Bukalapak Jika pilek ditambah batuk berdahak dan demam tinggi (wajib cek suhu, jika di atas 38 derajat Celcius menandakan kamu demam), kemungkinan kamu mengalami flu, sehingga butuh obat flu untuk meredakannya. Selain Panadol, ada pula Procold yang juga sudah cukup terkenal dan teruji sebagai obat flu terbaik yang efektif untuk meredakan flu, batuk, pilek, serta bersin yang berkepanjangan.

Selain itu, gejala hidung tersumbat dan sakit kepala karena flu juga bisa diatasi oleh obat yang satu ini. Selain itu, obat pil Procold Flu & Batuk ini juga dapat meredakan batuk, umumnya batuk berdahak. Tapi jika pilek tidak disertai demam, pilih obat pileknya saja, ya, bukan obat flu dan batuk. Baca Juga: 15 Rekomendasi Obat Flu Alami untuk Anak.

11. Botanina Redam Gentle Breathe Aromatherapy Spray Redakan pilek dengan aromatherapy. (Foto: Bukalapak) Jika pilek kamu masih tergolong ringan, yaitu tidak disertai demam dan batuk, belum tentu kamu membutuhkan obat minum. Agar hidung tidak lagi tersumbat dan kamu bisa bernapas lebih nyaman, semprotkan aromatherapy ini pada sarung bantal atau area kerah baju, lalu hirup aroma lavender, lemon, dan tea treenya yang segar.

Napas jadi lebih lega dan pikiran pun lebih tenang. Aroma ini juga membantu mengurangi sakit kepala. 12.

batuk pilek obatnya apa

Beauty Barn Bree Eazy Obat pilek untuk dewasa, Beauty Barn Bree Eazy, foto: Bukalapak Pilihan aromaterapi lainnya yang membantu melegakan pernapasan sehingga membuatmu lebih lega adalah Beauty Barn Bree Eazy. Aromanya segar, membuatmu lebih rileks, sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak, sehingga istirahat lebih maksimal, dan mempercepat proses pemulihan tubuh dari pilek. Beauty Barn juga aman digunakan untuk anak, karena menggunakan bahan yang natural. Minyak ini tidak untuk digunakan langsung pada kulit, ya, kamu bisa meneteskannya pada sarung bantal, seprai, atau kerah baju untuk menghirup aroma segarnya.

13. OB Combi Batuk Pilek OB Combi Batuk Pilek (Foto: Bukalapak) Dibanderol dengan harga mulai Rp20.000, OB Combi Batuk Pilek dapat dengan mudah kamu temukan di supermarket atau Bukalapak. Sesuai namanya, OB Combi ini dapat meredakan batuk sekaligus pilek akrena mengandung diphenhydramine yang bisa meredakan gejala akibat reaksi alergi, rhinitis alergi, dan common cold, serta dextromethorphan yang bisa meredakan batuk kering yang muncul akibat infeksi tertentu.

Obat pilek dewasa ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan. 14. OBH Tropica Extra OBH Tropica Extra (Foto: Bukalapak) Dengan rasa menthol, obat pilek OBH Tropica Extra bisa langsung efektif melegakan pernapasan akibat lendir yang menyumbat di hidung. OBH Tropica Extra mengandung paracetamol (acetaminophen) yang dapat menurunkan demam serta pereda nyeri saat influenza menyerang. Selain itu, di dalamnya juga terkandung ephedrin HCl yang bisa menjadi nasal dekongestan yang mengurangi pembengkakan dan penyumbatan pada hidung.

Salah satu rekomendasi obat pilek terbaik ini dibanderol dengan harga mulai Rp30.000. 15. Neo Pim-Tra-Kol Neo Pim-Tra-Kol (Foto: Bukalapak) Obat pilek yang satu ini cukup ampuh meredakan gejala flu, seperti pilek, demam, bahkan hingga bersin yang disertai batuk karena mengandung paracetamol, guaifenesin, dan phenylephrine hydrochloride.

Meski tersedia dalam rasa cherry dan melon yang ramah anak, obat ini juga bisa digunakan untuk dewasa dengan dosis 15 ml dan diminum 3 kali sehari. Obat pilek ini dibanderol dengan harga Rp15.000. 16. Vicks Vaporub Vicks Vaporub untuk redakan hidung tersumbat tanpa obat (Foto: Bukalapak) Terakhir, jika kamu termasuk orang yang susah atau enggan minum obat saat pilek, kamu wajib sedia Vicks Vaporub ini di rumah.

Seperti namanya, balsam batuk pilek obatnya apa bisa kamu gosok di sekitar dada, hidung, atau kening untuk memperlancar napas batuk pilek obatnya apa tersumbat akibat ingus.

Vicks Vaporub mengandung minyak eucalyptus, menthol, dan camphora. Setelah mengusapkannya, kamu bakal terasa lebih hangat batuk pilek obatnya apa bernapas dengan lebih lega. Jadi, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan mempercepat proses penyembuhan influenza yang sedang menyerang. Nah, itulah 16 rekomendasi obat pilek terbaik dan paling ampuh untuk orang dewasa.

Perlu diketahui, salah satu kandungan yang umumnya terdapat pada obat pilek adalah paracetamol. Paracetamol dapat membantu meringankan gejala pilek, seperti hidung tersumbat. Paracetamol juga cenderung aman dan ampuh untuk semua kalangan, termasuk anak-anak, wanita hamil, hingga ibu menyusui walau lebih amannya jika penggunaannya di bawah pengawasan dokter. Namun, jika kamu sedang minum obat lain, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dulu. Semoga bermanfaat!
Perlu kamu tahu kalau batuk dan pilek batuk pilek obatnya apa disebabkan oleh virus.

Kabar baiknya, itu bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, mungkin kamu merasa aktivitasmu banyak terganggu jika batuk dan pilekmu gak sembuh-sembuh, bahkan bisa jadi berhari-hari. Minum antibiotik pun gak mempan karena itu untuk mengobati bakteri. Terus gimana dong? Dilansir dari berbagai sumberberikut ini IDN Times rangkum ulasan tips atau cara mengobati batuk pilek dalam semalam yang bisa kamu terapkan. Mau tahu info selengkapnya, simak di bawah ini!

pexels.com/bruce mars Batuk dan pilek biasanya menyebabkan lendir atau ingus berlebihan yang menumpuk di belakang tenggorokan (postnasal drip). Dengan memperbanyak minum, tubuhmu akan terhidrasi dengan baik dan selaput lendirmu akan tetap lembap. Selain itu, lendir akibat postnasal drip akan menipis. Adapun, cara ampuh untuk meredakan tenggorokan dengan minum teh hangat yang telah dicampur madu. thestreetsofbarangaroo.com Mengisap permen ternyata juga bisa meredakan batukmu loh.

Namun, bukan sembarang permen ya. Pilihlah permen pelega tenggorokan yang mengandung mentol. Dengan begitu, hidung tersumbat dan nyeri tenggorokan akan lega. Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Mulai Khawatir dengan Sakit Tenggorokanmu amazon.com Terakhir, hindari begadang dan tidurlah dengan cukup. Gak masalah jika kamu tidur agak lebih lama, asal kondisimu bisa membaik. Itu tadi cara mengobati batuk pilek dalam semalam tanpa obat yang mudah. Batuk dan pilek biasanya terjadi pas pergantian musim atau cuaca lagi gak menentu.

Karena itu, jaga dirimu dengan baik ya. Jangan lupa olahraga agar tubuhmu tetap fit! Baca Juga: Biar Gak Gampang Sakit Saat Main Game, Terapkan 10 Tips Sehat Ini Berita Terpopuler β€’ Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu β€’ 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits β€’ 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan β€’ Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri β€’ Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini β€’ 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter β€’ PPKM Seluruh Indonesia Berakhir Hari Ini, Pemerintah Akan Umumkan Evaluasi β€’ BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei β€’ 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak!
Batuk pilek atau common cold adalah infeksi virus ringan di saluran pernapasan bagian atas.

Virus batuk pilek bisa menular secara langsung melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, atau secara tidak langsung melalui sentuhan pada benda yang terkontaminasi virus. Batuk pilek atau yang juga dikenal sebagai selesma dapat dialami oleh siapa saja.

Pada orang dewasa, batuk pilek rata-rata terjadi sebanyak 2–3 kali dalam setahun. Sedangkan pada bayi dan anak-anak, batuk pilek umumnya terjadi lebih sering. Masa inkubasi atau jangka waktu sejak virus penyebab batuk pilek, masuk ke dalam tubuh hingga menimbulkan keluhan umumnya adalah 2–3 hari.

Penderita juga akan merasakan gejala batuk pilek yang parah dan sangat mengganggu setelah 2–3 hari berikutnya, dan akan mulai pulih setelah memasuki hari ke 7 atau 10. Perlu diketahui bahwa batuk pilek dan flu merupakan dua penyakit yang berbeda, tetapi sering kali sulit dibedakan karena gejalanya mirip. Perbedaan dari keduanya adalah jenis virus yang menjadi penyebabnya serta gejala yang menyertainya.

Terdapat beragam mikroorganisme yang dapat menyebabkan batuk pilek, termasuk salah satunya virus Corona penyebab COVID-19. Oleh karena itu, jika Anda mengalami batuk pilek, sebaiknya periksakan diri ke dokter guna memastikan kondisi.

Klik tautan di bawah ini agar Anda dapat diarahkan ke pemeriksaan COVID-19 terdekat: β€’ Rapid Test Antibodi β€’ Swab Antigen (Rapid Test Antigen) β€’ PCR Penyebab Batuk Pilek Pada sebagian besar kasus, batuk pilek disebabkan oleh infeksi Human rhinovirus (HRV). Selain HRV, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh coronavirusadenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV).

Virus masuk ke dalam tubuh manusia melalui hidung, mulut, atau mata, sebelum menimbulkan gejala. Hal ini terjadi ketika seseorang tanpa sengaja menghirup percikan liur penderita batuk pilek yang disemburkan ke udara melalui bersin atau batuk. Selain itu, virus juga bisa masuk ketika seseorang menyentuh hidung, mulut, atau mata, tanpa terlebih dahulu mencuci tangan setelah menyentuh permukaan benda yang telah terkontaminasi virus batuk pilek, seperti gagang pintu.

Berikut ini adalah sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena batuk pilek: β€’ Aktivitas di tempat umum β€’ Daya tahan tubuh lemah β€’ Riwayat penyakit kronis β€’ Usia muda (anak-anak) β€’ Kebiasaan merokok β€’ Udara dingin Gejala Batuk Pilek Seseorang yang sakit batuk pilek ( common cold) dapat mengalami gejala berupa: β€’ Hidung tersumbat atau berair β€’ Tenggorokan gatal atau nyeri telan β€’ Bersin-bersin β€’ Suara serak β€’ Batuk ringan β€’ Demam ringan β€’ Sakit kepala β€’ Sakit telinga β€’ Hilang nafsu makan β€’ Mata berair β€’ Tubuh terasa sedikit lelah β€’ Pegal di sendi dan otot β€’ Daya penciuman dan pengecapan berkurang β€’ Tekanan pada wajah dan telinga Meskipun gejala batuk pilek ( common cold) sangat mirip dengan flu, tetapi terdapat beberapa perbedaan antara gejala yang ditimbulkan oleh keduanya, yaitu: β€’ Gejala demam dan sakit kepala lebih sering muncul pada flu dibandingkan pada batuk pilek β€’ Keluhan nyeri otot dan rasa tidak enak badan pada flu terasa lebih berat dibandingkan pada batuk pilek β€’ Flu sering kali menimbulkan nyeri dada, sedangkan batuk pilek jarang menimbulkan gejala tersebut atau bila muncul hanya bersifat ringan β€’ Batuk batuk pilek obatnya apa sering kali menimbulkan gejala bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan, sedangkan flu jarang Kapan harus ke dokter Lakukan pemeriksaan ke dokter jika gejala batuk pilek tidak membaik setelah 10 hari, bertambah buruk, disertai sesak napas batuk pilek obatnya apa nyeri dada, serta batuk terjadi terus menerus disertai dengan dahak.

Sedangkan untuk kasus batuk pilek pada anak, penanganan segera oleh dokter sangat dianjurkan bila: β€’ Demam terjadi pada bayi baru lahir hingga bayi berusia 12 minggu β€’ Demam meningkat atau berlangsung selama lebih dari 2 hari β€’ Gejala batuk pilek makin parah atau sudah berlangsung lebih dari 3 minggu β€’ Anak merasakan nyeri di tenggorokan ( radang amandel) atau telinga, mengi, sulit bernapas, sangat rewel atau mengantuk, serta hilang nafsu makan Diagnosis Batuk Pilek Umumnya, dokter dapat mendiagnosis batuk pilek hanya melalui tanya jawab terkait gejala dan pemeriksaan fisik.

Namun, jika pasien dicurigai menderita flu atau kondisi lain, dokter akan melakukan pemeriksaan berupa: β€’ Swab test, untuk menguji virus flu dengan memeriksa sampel lendir di dalam hidung pasien β€’ Rontgen dada, untuk menyingkirkan kemungkinan gejala disebabkan oleh penyakit lain, seperti bronkitis atau pneumonia Pengobatan Batuk Pilek Batuk pilek merupakan infeksi virus yang tergolong ringan.

Penanganan khusus tidak diperlukan, karena umumnya batuk pilek dapat sembuh dengan sendirinya dalam 7 hingga 10 hari. Meski begitu, gejala batuk mungkin dapat bertahan beberapa hari setelahnya. Untuk meringankan gejala batuk pilek, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu: β€’ Beristirahat dengan cukup β€’ Meningkatkan asupan cairan dengan minum banyak air putih β€’ Mengonsumsi makanan bergizi seimbang, yang kaya akan serat dan rendah lemak β€’ Menggunakan petroleum jelly untuk melembapkan kulit area hidung dan bibir β€’ Berkumur dengan air garam hangat β€’ Menggunakan obat semprot pembersih hidung ( nasal rinse) β€’ Menggunakan pelembap ruangan ( humidifier) β€’ Mengonsumsi tablet hisap pereda nyeri tenggorokan β€’ Mengonsumsi suplemen zinc dan vitamin C β€’ Mengonsumsi obat batuk pilek yang dijual bebas, seperti dekongestan untuk meredakan gejala hidung tersumbat, ekspektoran untuk meredakan gejala batuk, serta paracetamol dan ibuprofen untuk meredakan gejala demam dan sakit kepala Meskipun dijual bebas di apotek, penting untuk membaca petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan.

Bila perlu, tanyakan kepada apoteker batuk pilek obatnya apa dokter, terutama terkait keamanan obat tersebut jika digunakan oleh bayi, anak-anak, ibu hamil atau menyusui, serta penderita penyakit tertentu. Penting untuk diingat, hindari penggunaan antibiotik, karena tidak akan efektif untuk mengatasi batuk pilek. Hindari juga memberikan aspirin pada anak yang menderita batuk pilek, karena dapat memicu terjadinya sindrom Reye.

Komplikasi Batuk Pilek Batuk pilek umumnya dapat membaik dengan sendirinya. Namun, pada penderita gangguan sistem imun, batuk pilek dapat memburuk dan menimbulkan batuk pilek obatnya apa, jika tidak mereda setelah 10 hari. Komplikasi tersebut dapat berupa: Infeksi telinga bagian tengah ( otitis media) Batuk pilek dapat menyebabkan penumpukan cairan pada ruang di belakang selaput gendang telinga, yang berisiko memicu infeksi bakteri atau virus.

batuk pilek obatnya apa

Otitis media sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini ditandai dengan nyeri di telinga dan keluarnya cairan kuning batuk pilek obatnya apa hijau dari hidung. Serangan asma Serangan asma bisa timbul pada penderita batuk pilek yang memiliki riwayat asma, terutama anak-anak. Gejala serangan asma yang dapat terjadi adalah sesak napas dan mengi.

Jika terjadi serangan asma, penderita disarankan untuk menggunakan obat asma dan beristirahat, atau segera menghubungi dokter. Sinusitis Gejala sinusitis yang bisa muncul adalah nyeri di bagian wajah, batuk, demam, sakit kepala, tenggorokan kering, sesak napas, serta kehilangan kemampuan mengecap dan mencium bau.

Bronkitis Bronkitis terjadi akibat iritasi pada lapisan dari cabang batang tenggorokan (bronkus). Gejala bronkitis antara lain sesak napas, batuk berdahak, demam, menggigil, dan lemas. Bronkiolitis Bronkiolitis merupakan peradangan pada bronkiolus, yaitu saluran udara yang merupakan percabangan dari bronkus. Gejalanya antara lain sesak napas, kulit membiru, bengek (mengi), serta sulit menelan makanan dan minuman.

Pneumonia Pneumonia merupakan peradangan pada paru-paru. Beberapa gejala pneumonia yang dapat muncul yaitu sesak napas, batuk berdahak, demam tinggi, dan nyeri dada. Pencegahan Batuk Pilek Hingga saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah batuk pilek (selesma).

batuk pilek obatnya apa

Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari penyebaran virus batuk pilek, yaitu: β€’ Mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang β€’ Menambah asupan bahan makanan sumber vitamin C β€’ Minum air putih dalam jumlah yang cukup β€’ Mengenakan masker ketika berada di tempat umum atau di dekat orang sakit β€’ Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan atau sebelum mengolah makanan β€’ Membersihkan tangan dengan hand sanitizer jika tidak ada air β€’ Berolahraga secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh β€’ Memenuhi kebutuhan ASI untuk bayi β€’ Menerapkan etika batuk dan bersin β€’ Tidur dan beristirahat secara cukup β€’ Menghindari paparan asap rokok β€’ Menjaga kebersihan rumah Selain upaya-upaya di atas, mengonsumsi probiotik yang mengandung bakteri baik juga diduga bermanfaat dalam mencegah infeksi saluran pernapasan atas, termasuk batuk pilek.

Di samping itu, mengonsumsi vitamin C, vitamin D, atau zinc juga dapat membantu menghindari risiko terserang batuk pilek. Meski demikian, kedua hal tersebut masih memerlukan penelitan lebih lanjut.β€’ 10 Alasan Menstruasi Terlambat yang Perlu Diketahui β€’ 10 Buah Penurun Darah Tinggi β€’ 10 Cara Mengatasi Haid Terlambat dengan Mudah Ada banyak jenis obat batuk pilek yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Untuk menyembuhkan batuk dan pilek, simak cara memilih obat batuk pilek terbaik berikut ini yang ampuh dan aman dikonsumsi oleh orang dewasa. Cara Memilih Obat Batuk Pilek Terbaik Penyakit batuk sering disertai dengan pilek hingga gejala demam. Pilihlah obat yang sesuai dengan gejala yang kamu rasakan sehingga obat tersebut akan bekerja lebih maksimal. Untuk itu, simak cara memilih obat batuk pilek terbaik berikut ini.

1. Pilih yang antialergi Tidak semua orang dewasa cocok dengan segala jenis obat. Ada beberapa kandungan obat batuk pilek yang bisa menyebabkan alergi pada orang yang mengonsumsinya. Oleh karena itu, sebelum memilih obat batuk dan pilek yang akan kamu minum, cek terlebih dahulu kandungan yang tertera pada kemasan obat.

Pastikan bahwa obat yang kamu pilih termasuk dalam kategori antialergi. 2. Cari tahu efek sampingnya Meminum obat juga bisa memberikan efek samping. Salah satu efek yang sering ditemui adalah munculnya rasa kantuk.

Jika kamu hendak bepergian atau berkendara, sebaiknya tunda dulu meminum obat batuk dan pilek yang memberikan efek samping yang satu ini agar tidak mengganggu aktivitasmu. 3. Hindari obat dengan antihistamine agar tidak menimbulkan rasa kantuk Banyak obat batuk dan pilek yang mengandung antihistamine karena efektif dalam menyembuhkan kedua penyakit tersebut.

Namun, antihistamine dapat menimbulkan rasa kantuk sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi ketika kamu hendak bepergian atau berkendara. 4. Cobalah obat yang bersifat lepas lambat ( sustained release) Obat batuk pilek umumnya harus dikonsumsi tiga kali per hari.

Hanya saja, beberapa orang terkadang lupa mengonsumsi obat pada batuk pilek obatnya apa hari karena terlalu sibuk bekerja. Jika kamu termasuk tipe seperti itu, maka konsumsilah obat yang bersifat lepas lambat atau sustained release.

Jenis obat ini dirancang dengan dosis yang tepat sehingga dapat bekerja maksimal walaupun hanya dikonsumsi dua kali per hari. 5. Konsumsi obat dalam wujud cair atau sirup untuk waktu penyembuhan yang paling cepat Saat ini, banyak obat batuk dan pilek yang dijual dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet, kapsul, puyer, hingga cair atau sirup.

Untuk penyembuhan yang lebih efektif, obat dalam wujud cair atau sirup umumnya dapat bekerja dengan lebih cepat dibandingkan dengan tablet, kapsul, dan puyer. Jadi, sebaiknya kamu turut mempertimbangkan hal tersebut sebelum membeli obat batuk dan pilek. Itulah cara memilih obat batuk pilek untuk orang dewasa. Lalu, apa saja obat batuk dan pilek yang direkomendasikan?

Simak berikut ini. Pilihan Obat Batuk dan Pilek untuk Orang Dewasa Meski terlihat ringan, batuk dan pilek sebenarnya membutuhkan penanganan yang tepat. Jika tidak, maka bisa membuatnya semakin parah. Untungnya, ada banyak pilihan obat batuk pilek di apotek yang dapat membantu kamu cepat sembuh.

Obat-obatan di bawah ini mungkin juga bisa kamu temukan juga di toko obat atau supermarket terdekat. Inilah pilihan obat batuk dan pilek terbaik untuk orang dewasa.

1. Paracetamol Paracetamol mampu membantu meringankan gejala penyakit batuk dan pilek. Biasanya, orang yang terserang batuk dan pilek akan mengalami serangkaian gejala lainnya, seperti demam, pusing, serta badan nyeri atau pegal-pegal. Nah, paracetamol mampu membantu meredakan berbagai gejala tersebut. Paracetamol adalah obat pereda nyeri dan penurun demam yang dijual bebas tanpa resep dokter. Obat ini efektif untuk semua kalangan, termasuk orang dewasa.

2. Ibuprofen Sama seperti paracetamol, ibuprofen juga cukup manjur untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri akibat batuk dan pilek. Ibuprofen merupakan obat batuk dan pilek yang dijual di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Kamu bisa menemukan obat ini dengan mudah di apotek atau supermarket terdekat. 3. Antihistamin Obat batuk pilek lainnya yang bisa kamu beli di apotek adalah antihistamin.

Antihistamin adalah obat batuk pilek paling ampuh jika gejalanya diakibatkan oleh alergi. Obat ini efektif untuk meredakan gejala batuk dan pilek yang disebabkan karena alergi seperti hidung meler, tenggorokan gatal, mata berair, dan bersin-bersin. Antihistamin bekerja untuk menghalangi efek histamin yang sebenarnya berfungsi untuk melawan virus dan bakteri.

Namun, bagi orang yang memiliki alergi, histamin dalam tubuhnya tidak bekerja sebagaimana mestinya, sehingga timbul reaksi alergi ketika tubuh kemasukan zat yang sebenarnya tidak berbahaya. 4. Dekongestan Hidung tersumbat karena pilek memang membuat kita sulit bernapas lega.

Hidung tersumbat karena pilek atau flu disebabkan oleh pembuluh darah di sinus yang meradang hingga membengkak. Ditambah lagi produksi lendir yang berlebihan, inilah yang semakin membuat kita kesulitan bernapas. Kabar baiknya, kamu bisa mencoba obat batuk pilek dekongestan di apotek tanpa resep dokter. Obat ini bekerja untuk mengecilkan pembengkakan pada saluran hidung serta mengurangi produksi lendir agar kamu bisa bernapas lebih lega.

Obat ini tersedia di apotek dalam berbagai bentuk, seperti pil, tablet, sirup, hingga semprot hidung. 5. Ekspektoran Selain hidung tersumbat, pilek juga bisa memicu batuk berdahak. Maka, obat batuk dan pilek yang paling ampuh untuk meredakan gejala satu ini adalah ekspektoran. Ekspektoran berfungsi untuk mencairkan lendir di tenggorokan dan mengencerkan dahak yang menyelimuti paru-paru agar bisa lebih mudah dikeluarkan.

Ekspektoran juga mengandung guaifenesin yang bertugas untuk meningkatkan kadar air di dalam lendir dan mengencerkannya. Ekspektoran tersedia dalam bentuk sirup maupun tablet. Kamu bisa mengonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan. Gunakan obat-obat di atas sesuai batuk pilek obatnya apa petunjuk pemakaian yang ada di label kemasan.

Pastikan kamu juga tidak menggunakan obat-obatan di atas melebihi dosis aman atau melebihi jangka waktu penggunaan yang direkomendasikan.

Itulah rekomendasi obat batuk pilek terbaik untuk orang dewasa. Lalu, bagaimana cara mencegah tertularnya penyakit batuk dan pilek? Simak berikut ini. Cara Mencegah Tertular Penyakit Batuk dan Pilek Agar tidak tertular penyakit batuk dan pilek, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya kedua penyakit tersebut.

1. Sering mencuci tangan Virus dapat hinggap dan menempel di tangan. Untuk itu, cucilah tangan secara teratur untuk menghindari dan menyebarkan virus. Kalau bisa, gunakan sabun dan air yang mengalir untuk mencuci tangan. Pembersih tangan yang mengandung alkohol adalah pilihan yang tepat jika sabun dan air tidak tersedia.

2. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Hampir mustahil untuk menghindari semua virus dan kuman, namun dengan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka akan mengurangi peluang datangnya virus dan kuman yang menempel.

Waktu tidur yang cukup, rajin berolahraga, dan rajin mengonsumsi makanan bergizi adalah cara paling ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 3. Periksa ke dokter agar tidak semakin parah Setelah kamu mengetahui cara untuk mencegah tertularnya penyakit batuk dan pilek di atas, lalu bagaimana jika sudah tertular? Kapan waktu terbaik untuk memeriksa kondisi ke dokter agar tidak semakin parah? Jika batuk dan pilek berlangsung selama dua minggu lebih dengan gejala parah atau tidak ada tanda-tanda sembuh, maka saatnya kamu memeriksanya ke dokter.

Kamu mungkin memiliki risiko komplikasi batuk dan pilek yang lebih tinggi dan harus konsultasi dengan dokter ketika gejala awal sudah muncul, karena mungkin saja kamu memerlukan pengobatan antivirus.

Itulah cara untuk memilih obat batuk pilek terbaik untuk orang dewasa serta rekomendasinya. Pilihlah obat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keadaan tubuh kamu. Dengan demikian, kamu akan segera pulih dan kembali nyaman dalam menjalani aktivitas. Penyakit batuk dan pilek memang harus segera diatasi. Karena kalau tidak, dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Bijaklah sebelum membeli dengan memerhatikan jenis obat, terutama yang berhubungan dengan komposisinya.

Jika kamu mengalami pilek lebih dari seminggu, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter menggunakan Okadoc ya! Kamu bisa buat janji batuk pilek obatnya apa dokter langsung atau konsultasi virtual lewat video call untuk berbagai masalah kesehatan lho! Yuk download aplikasi Okadoc sekarang juga di Play Store dan App Store. ASI & MPASI 11 Bayi & Anak-Anak 40 COVID-19 18 Diet & Nutrisi 86 Gaya Hidup 153 Gigi 23 Ibu & Bayi 10 Ibu Hamil 35 Info & Promo 10 Kebugaran 45 Kecantikan 114 Kehamilan 72 Kesehatan 208 Kesehatan Mental 1 Kulit 78 Misc 3 Penyakit A-Z 132 Persalinan 10 Prakonsepsi 15 Pria 22 Rambut 8 Resep 26 Tips Parenting 1 Vaksinasi 3 Wanita 34 β€’ Okadoc adalah Healthcare Startup dari Dubai yang bertekad untuk menghadirkan pengalaman pelayanan kesehatan terbaik untuk kamu.

Kamu bisa membaca beragam konten kesehatan dan juga bisa menggunakan aplikasi Okadoc untuk menemukan & membuat janji dengan dokter atau rumah sakit terdekat yang sesuai dengan kebutuhan kesehatanmu. β€’ Tautan Penting
β€’ [ May 4, 2022 ] Penjelasan Ketika Tes Kehamilan Negatif tapi Hamil Hamil β€’ [ May 3, 2022 ] Tanda-tanda Awal Keguguran Spontan Yang Perlu Anda Cermati Tips β€’ [ April 11, 2022 ] Apa yang Terjadi Ketika Hamil 9 Minggu?

Kalender Kehamilan β€’ [ April 2, 2022 ] 18 Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan – Mau Tahu Apa saja Itu? Info β€’ [ March 6, 2022 ] Perkembangan Janin Tiap Minggu dan Tiap Bulan Hamil β€’ [ February 28, 2022 ] Ciri Ciri Hamil 1 Minggu Hamil β€’ [ February 23, 2022 ] Apa Saja Ciri-Ciri Hamil Anggur (Mola Hidatosa)?

Hamil β€’ [ February 1, 2022 ] Apa Arti Mimpi Hamil dalam Islam? Hamil β€’ [ May 9, 2022 ] Kelahiran normal, inilah yang harus Anda ketahui Hamil β€’ batuk pilek obatnya apa May 9, 2022 ] 5 manfaat menggunakan minyak esensial selama kehamilan Hamil β€’ [ May 9, 2022 ] Perbedaan tanda hamil dan keputihan sebelum haid Hamil β€’ [ May 9, 2022 ] Efek Mendengkur Saat Hamil dan Cara Mengatasinya Hamil β€’ [ May 9, 2022 ] 10 tanda kehamilan yang langka Hamil Sakit tenggorokan dan batuk adalah 2 penyakit karena flu yang biasanya muncul secara bersamaan.

Saat terkena flu, biasanya akan diawali dengan gejala demam, pusing, dan tenggorokan menjadi kering dan sakit. Jika gejala seperti di atas yang Anda rasakan, maka kemungkinan Anda sedang terserang flu. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza, biasanya akan menyerang orang yang daya tahan tubuhnya sedang menurun. Sakit tenggorokan maupun batuk yang dialami saat flu bisa disembuhkan jika Anda mengobati sumber penyakitnya. Jadi ketika flu sudah diobati, biasanya gejala yang menyertainya juga akan menghilang.

Untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk karena flu ini Anda bisa menggunakan obat apotik yang banyak dijual secara bebas.

Dengan catatan penyakit yang Anda alami itu hanya batuk flu biasa, bukan jenis batuk yang berbahaya. Jika gejala batuk dan sakit tenggorokan tidak juga berkurang lebih dari 3 hari maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan resep obat yang lebih ampuh. Berikut ini adalah 10 obat batuk flu disertai sakit tenggorokan yang bisa Anda beli di apotik: 1. Bisolvon Flu Syr 60ml Obat untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan karena flu yang pertama adalah Bisolvon Flu Syr 60ml.

Obat ini berbentuk sirup yang bisa digunakan untuk meredakan gejala flu, khususnya batuk berdahak dan demam. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: bromhexine Hcl 4mg, fenilefrin hcl 5mg, parasetamol 150mg, ctm 2mg β€’ Indikasi: Untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin, yang disertai batuk β€’ Dosis: >12 th: 3 x 10 ml, 6-12 th: 3 x 5 ml, 2-6 th: 2 x 5 ml per hari β€’ Penyajian: Sesudah makan β€’ Perhatian: Hipersensitif terhadap komponen, gangguan fungsi hati parah, gangguan fungsi ginjal dan diabetes melitus β€’ Efek Samping: Dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sakit kepala, insomnia, alergi, takikardi, aritmia ventrikuler, mulut kering, palpitasi β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 44.529,- / Botol β€’ Produsen: Boehringer ingelheim β€’ Kata kunci: flu, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk berdahak, pengencer dahak, pilek.

2. Obh Combi Anak Batuk Flu Rasa Jeruk 60ml Obh Combi Anak Batuk Flu Rasa Jeruk 60ml merupakan obat batuk pilek dan demam untuk anak dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak. Produk ini dapat digunakan untuk meredakan batuk yang disertai gejala-gejala flu pada anak seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat Batuk dan Pilek obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Succus Liquiritiae 100 mg, Paracetamol 120 mg, Ammonium Chloride 50 mg, Pseudoephedrine HCL 7,5 mg, Chlorpheniramine Maleate 1,0 mg β€’ Indikasi: Meredakan batuk yang disertai gejala-gejala flu pada anak seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin β€’ Dosis: Umur 2-5 thn : 3 x Sehari 1 sendok takar (@ 5 ml) β€’ Penyajian: Berikan sesudah makan β€’ Cara Penyimpanan: Simpan pada suhu ruangan dan hindari dari cahaya matahari β€’ Perhatian: Hipersensitif terhadap komponen obat β€’ Efek Samping: Mengantuk β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 13.191,- / Botol β€’ Produsen: Combiphar β€’ Kata kunci: Batuk pilek, demam, flu, obat batuk flu anak 3.

Bodrexin Flu Dan Batuk Syr 56ml Bodrexin flu & batuk adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala flu seperti demam, sakit kepala, disertai batuk dengan dahak/mukus yang berlebihan. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Per 5 mL mengandung Paracetamol 100 mg, pseudoephedrine HCl 7.5 mg, glyceryl guaiacolate 20 mg, bromhexine HCl 2 mg, chlorpheniramine maleate 0.5 mg.

β€’ Indikasi: Untuk meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk berdahak β€’ Dosis: Anak 6-12 tahun 3 sendok takar 3 kali sehari β€’ Penyajian: Berikan bersama makanan. β€’ Perhatian: Gangguan fungsi hati dan ginjal, batuk pilek obatnya apa, glaukoma, hipertrofi batuk pilek obatnya apa, hipertiroid, retensi urin.

Penggunaan bersama dengan obat yang menekan fungsi SSP. Dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi hati pada pasien alkoholik. Anak <6 tahun. Hamil dan laktasi. β€’ Efek Samping: Dapat menyebabkan kantuk, gangguan GI, gangguan psikomotorik, takikardia, aritmia, mulut kering, palpitasi, retensi urin. Kerusakan hati (pada dosis besar dan penggunaan jangka lama) β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 9.865,- / Botol β€’ Produsen: PT. Tempo Scan Pacific β€’ Kata kunci: batuk, pilek, flu, dahak, mukus, demam, sakit kepala, batuk berdahak 4.

Bodrex Flu Dan Batuk Tidak Berdahak Syr 60ml Obat sakit tenggorokan dan batuk karena flu yang selanjutnya adalah Bodrex Flu & Batuk Tidak Berdahak Syr 60ml. Obat ini cocok untuk mengobati batuk kering yang sering membuat tenggorokan menjadi perih. BACA JUGA 13 Obat Apotik Untuk Mengobati Radang Amandel (Tonsilitis) Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Per 5 mL mengandung Paracetamol 150 mg, pseudoephedrine HCl 10 mg, dextromethorphan HBr 4 mg β€’ Indikasi: Meredakan gejala flu yang disertai dengan batuk kering β€’ Dosis: Dewasa : 3 kali sehari 15 mL.

Anak : 3 kali sehari 7.5 mL β€’ Penyajian: Sebaiknya diberikan bersama makanan β€’ Perhatian: Gangguan fungsi hati batuk pilek obatnya apa ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, penyakit jantung, DM.

Dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi hati pada pasien yang mengkonsumsi alkohol. Pasien dalam kondisi lemah fisik dan hipoksia. Hipertensi. Anak <2 tahun β€’ Efek Samping: Gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, penyakit jantung, DM.

Dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi hati pada pasien yang mengkonsumsi alkohol. Pasien dalam kondisi lemah fisik dan hipoksia. Hipertensi. Anak <2 tahun. Hamil, laktasi β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 9.907,- / Botol β€’ Kata kunci: batuk, tidak berdahak, batuk kering, flu, flu dan batuk, antitusif 5. Bodrex Flu Dan Batuk Berdahak Syr 60ml Untuk sakit tenggorokan karena flu yang disertai batuk berdahak maka obat ini bisa digunakan. Bodrex dalam kemasan botol ini berisi obat sirup yang bisa diminum saat terkena flu.

Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Per 5 mL obat ini mengandung Paracetamol 150 mg, pseudoephedrine HCl 10 mg, glyceryl guaiacolate 50 mg β€’ Indikasi: Meredakan gejala flu yang disertai dengan batuk berdahak β€’ Dosis: Dewasa : 3 kali sehari 15 mL. Anak : 3 kali sehari 7.5 mL β€’ Penyajian: Diminum setelah makan β€’ Perhatian: Pasien dengan hipertensi atau punya kecenderungan hipertensi atau stroke, seperti kelebihan BB dan lanjut usia.

Pasien dengan tukak batuk pilek obatnya apa, gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, retensi urin, penyakit jantung, DM. β€’ Efek Samping: Gangguan GI; gangguan psikomotorik, takikardi, aritmia, palpitasi dan retensi urin; mengantuk.

Kerusakan hati (pada dosis besar dan penggunaan jangka lama) β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 9.907,- / Botol β€’ Kata kunci: batuk, flu, berdahak, dewasa, sakit tenggorokan 6. Obh Combi Dewasa Batuk Flu Rasa Madu 100ml Obat ini khusus untuk mengatasi flu dengan gejala batuk, pilek, pusing, serta sakit pada tenggorokan.

Diperuntukkan untuk orang dewasa atau anak di atas 12 tahun. Penggunaannya sebaiknya tidak dilakukan pada jam kerja karena dapat menyebabkan kantuk. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: succus Liquiritiae Extract 167 mg, Paracetamol 150 mg, Ammonium Chloride 50 mg, Ephedrine HCl 2,5 mg, Chlorpheniramine Maleate 1 mg, Alkohol 2% β€’ Indikasi: meredakan batuk yang disertai gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin.

β€’ Dosis: > 12 thn : sehari, 3 x 3 sendok takar (@ 5 ml β€’ Penyajian: Sesudah makan β€’ Perhatian: Hipersensitif terhadap salah satu komponen obat β€’ Efek Samping: Dapat menyebabkan kantuk β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 17.027,- / Botol β€’ Produsen: Combiphar β€’ Kata kunci: batuk berdahak, flu, demam, mengencerkan dahak 7. Obh Combi Dewasa Batuk Flu Mint 100ml Obat batuk Obh Combi varian rasa mint bisa dipilih bagi Anda yang mengalami flu dengan gejala hidung tersumbat.

Kandungan mint di dalamnya bisa membuat tenggorokan menjadi lebih lega dan hidung tersumbat hilang. Keterangan obat: β€’ Kategori: Batuk pilek obatnya apa batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Succus Liquiritiae Extract 167 mg, Paracetamol 150 mg, Ammonium Chloride 50 mg, Ephedrine HCl 2,5 mg, Chlorpheniramine Maleate 1 mg, Alkohol 2% β€’ Indikasi: Meredakan batuk yang disertai gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin.

β€’ Dosis: > 12 thn : sehari, 3 x 3 sendok takar (@ 5 ml β€’ Penyajian: Diminum sesudah makan β€’ Perhatian: Hipersensitif terhadap kandungan obat β€’ Efek Samping: Dapat sebabkan mengantuk β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 17.306,- / Botol β€’ Produsen: Combiphar β€’ Kata kunci: Batuk berdahak, flu, demam, mengencerkan dahak 8.

Flutrop Tab 100s Flutrop diproduksi oleh PT. Tropica Mas dan telah terdaftar pada BPOM. Pada setiap tablet Flutrop mengandung 30mg pseudoefedrin HCl dan 2,5mg triprolidin. Kombinasi antar kedua kandungan pada Flutrop dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan flu, sinusitis dan kondisi alergi. BACA JUGA Alami Radang Amandel Bernanah? Ini Penyebab & Cara Mengobatinya Flutrop juga berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan pada mukosa rongga hidung dan membantu menghentikan gejala hidung berair (pilek).

Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat keras β€’ Komposisi: pseudoefedrin HCl 30mg, triprolidin HCl 2,5mg β€’ Indikasi: gejala yang berhubungan dengan flu, sinusitis dan kondisi alergi, untuk mengurangi pembengkakan mukosa pada rongga hidung dan membantu menghentikan gejala hidung berair. β€’ Dosis: dewasa dan anak >12 tahun: 3 kali sehari 1 tablet. anak 6-12 tahun: 3 kali sehari 1/2 tablet. anak 2-6 taun: 3 kali sehari 1/4 tablet. β€’ Penyajian: diminum setelah makan β€’ Cara Penyimpanan: simpan di tempat sejuk dan kering, terhindar dari paparan sinar matahari langsung β€’ Perhatian: hipertensi, penyakit jantung, DM, hipertiroid, peningkatan TIO, pembesaran prostat, disfungsi hati dan ginjal, dapat mengganggu kemampuan mengendara dan menjalankan mesin.

β€’ Efek Samping: mengantuk, gangguan tidur, ruam kulit, kekeringan pada hidung, mulut dan tenggorokan, retensi urin yang terjadi kadang-kadang β€’ Kemasan: 10 Tablet / Strip β€’ Harga: Rp 1.003,- / Tablet β€’ Produsen: Tropica Mas β€’ Kata kunci: flu, sinusitis, kondisi alergi, hidung berair, pilek 9.

Mixagrip Flu & Batuk Tablet Mixagrip Flu & Batuk mengandung bahan aktif parasetamol, dextromethorphan HBr, Pseudoefedrin Hcl. Kandungan bahan aktif tersebut bekerja sebagai analgesik- antipiretik, antitusif dan dekongestan hidung, yang digunakan untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai dengan batuk.

Mixagrip Flu & Batuk tidak boleh digunakan pada penderita tekanan darah tinggi berat, dan bagi pasien yang menerima terapi obat anti depresan golongan penghambat Monoamin Oksidase (MAO).

Hentikan penggunaan jika mengalami susah tidur, jantung berdebar dan pusing selama penggunaan Mixagrip Flu & Batuk. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Paracetamol 500 mg, dextromethorphan HBr 10 mg, Pseudoefedrin HCl 30 mg β€’ Indikasi: untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai dengan batuk β€’ Dosis: Dewasa: 1 kaplet 3-4 kali sehari.

Anak 6-12 tahun : 1/2 kaplet 3-4 kali sehari β€’ Cara Penyimpanan: simpan di tempat sejuk dan kering, terhindar dari paparan sinar matahari langsung β€’ Perhatian: Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, dan retensi urin. Tidak dianjurkan untuk anak < 6 tahun. Hati-hati untuk penderita batuk pilek obatnya apa (kekurangan oksigen).

Dapat menyebabkan depresi pernapasan dan susunan saraf pusat pada penggunaan dosis besar atau pada pasien dengan gangguan fungsi pernapasan (misal asthma, emfisema). β€’ Efek Samping: gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, aritmia, palpitasi, retensi urin, mengantuk, sakit kepala, insomnia, gelisah, tremor. β€’ Kemasan: 4 Tablet / Strip β€’ Harga: Rp 2.398,- / Strip β€’ Kata kunci: batuk, obat batuk, alergi, flu 10.

Sanaflu Forte Tab Str 4s Sanaflu forte merupakan obat yang mengandung bahan aktif Paracetamol 650 mg, fenilpropanolamin HCl 15 mg, yang dapat meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, dan hidung tersumbat.

Parasetamol termasuk jenis obat analgesik yang bisa dipakai untuk menurunkan demam. Fenilpropanolamin HCl termasuk jenis dekongestan yang digunakan untuk mengobati sumbatan pada hidung yang berhubungan dengan alergi. Sanaflu forte kontraindikasi dengan pasien hipertensi berat, pasien yang mendapat terapi MAOI, dan gangguan fungsi ginjal/hati.

Sanaflu forte diproduksi oleh Sanbe. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Paracetamol 650 mg, fenilpropanolamin HCl 15 mg β€’ Indikasi: meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, dan hidung tersumbat β€’ Dosis: Dewasa : 1 kaplet 3 kali sehari, Anak usia 6-12 tahun : 1/2 kaplet 3 kali sehari β€’ Penyajian: Diberikan bersama makanan β€’ Cara Penyimpanan: Simpan ditempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya matahari β€’ Perhatian: Hipertensi, berpotensi hipertensi atau stroke, gangguan fungsi ginjal/hati, glaukoma, hipertrofi prostat, retensi urin, β€’ Efek Samping: Dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal, gangguan psikomotor, takikardi, aritmia, palpitasi, pusing β€’ Kemasan: 1 Strip β€’ Harga: Rp 1.801,- / Strip β€’ Produsen: Sanbe β€’ Kata kunci: flu, demam, pusing, hidung tersumbat 11.

Flutamol Syr Flutamol adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala flu seperti batuk pilek obatnya apa, sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin disertai batuk. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Paracetamol 125 mg, glyceryl guaiacolate 12.5 mg, phenylpropanolamine HCl 3.5 mg, chlorpheniramine maleate 0.5 mg, vit C 25 mg β€’ Batuk pilek obatnya apa Flutamol syrup berfungsi untuk mengobati gejala influenza seperti demam, sakit batuk pilek obatnya apa, hidung tersumbat, bersin disertai batuk.

β€’ Dosis: Dewasa & anak >12 tahun 3-4 x sehari 4 sendok teh. Anak 7-12 tahun 3-4 x sehari 2 sendok teh. β€’ Penyajian: Diminum setelah makan.

β€’ Perhatian: Dapat mengganggu konsentrasi mengemudi atau menjalankan mesin. Hamil, laktasi. β€’ Efek Samping: Mual, muntah, konstipasi. β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 19.751,- / Botol β€’ Produsen: Pyridam β€’ Kata kunci: Obat demam, sakit kepala, obat pusing, batuk pilek, batuk berdahak, ekspektoran, flu, obat batuk BACA JUGA Mengapa Makanan dan Minuman Manis Menyebabkan Sakit Tenggorokan?

Baca juga: 5 Buah Untuk Mengobati Batuk Kering Dan Berdahak Dengan Cepat 12. Etaflusin Syr 60ml Obat flu disertai dengan gejala sakit tenggorokan dan batuk selanjutnya adalah Etaflusi Syr 60ml. Obat ini bisa dibeli secara bebas di apotik, bisa digunakan baik untuk anak maupun dewasa. Perhatikan dosis dan aturan pakai di bawah ini dalam menggunakannya.

Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas β€’ Komposisi: Tiap sendok takar (5 ml) mengandung : Parasetamol 100 mg Glisenl Guaiakolat 20 mg CTM 1 mg Efedrin HCl 3 mg Natrium sitrat 50 mg Etanol 8,33 % β€’ Indikasi: Untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk.

β€’ Dosis: Anak-anak 6-12tahun :1 sendok takar (5ml) 3 xsehari Dewasa (>12tahun) : 3 sendok takar (15 ml) 3 xsehari β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 7.307,- / Botol β€’ Produsen: Batuk pilek obatnya apa.

Errita Pharma β€’ Kata kunci: flu, demam, batuk 13. Decolsin Cap Str 4’S Digunakan untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala dan tenggorokan, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: parasetamol 400 mg, pseudoefedrin 30 mg, ctm 1 mg, dextromethorphan 10 mg, guafenesin 50 mg β€’ Indikasi: meredakan batuk menyertai flu β€’ Dosis: 3 x sehari 1 tablet β€’ Penyajian: sesudah makan β€’ Perhatian: hipersensitivitas komponen, hati-hati pada pasien hipertensi, gangguan fungsi hati berat, gangguan jantung β€’ Efek Samping: dapat menyebabkan kantuk, gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, takikardi, aritmia β€’ Kemasan: 1 Strip β€’ Harga: Rp 2.887,- / Strip β€’ Produsen: Westmont β€’ Kata kunci: flu, influenza, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk 14.

Fludexin Syr 60ml Fludexin Syr 60ml adalah obat yang berfungsi mengatasi gejala flu, seperti pilek, batuk, rinitis alergik, sinusitis, serta radang pada tenggorokan. Bisa digunakan untuk anak maupun dewasa. Obat ini dijual bebas di apotik, namun harap perhatikan efek sampingnya.

Penggunaan obat tidak disarankan pada saat jam kerja atau saat hendak mengemudi/ mengoperasikan mesin. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Tiap 5 mL mengandung Paracetamol 120 mg, chlorpheniramine maleate 0.5 mg, phenylephrine HCl 1.75 mg, dextromethorphan HBr 3.5 mg β€’ Indikasi: Mengatasi flu, pilek, batuk, rinitis alergik, sinusitis β€’ Dosis: Anak 6 – 12 tahun: 2 sendok takar (10 ml) 3 kali sehari.

β€’ Penyajian: Sebaiknya diberikan bersama makanan β€’ Cara Penyimpanan: Simpan ditempat sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung β€’ Perhatian: Dapat mengganggu kemampuan mengemudi atau menjalankankan mesin.

Anak dibawah 2 tahun β€’ Efek Samping: Gangguan saluran pencernaan, keringat berlebih, rasa haus, mulut kering, palpitasi, tremor. β€’ Kemasan: 1 Botol β€’ Harga: Rp 33.495,- / Botol β€’ Produsen: Dexa Medica β€’ Kata kunci: Batuk, Sinusitis, Pilek, Alergi 15. Neozep F Tab Str 4’S Obat flu dengan gejala sakit tenggorokan dan batuk yang terakhir adalah Neozep F Tab Str 4’S.

Obat ini digunakan untuk meredakan flu yang cukup menyiksa. Bisa dibeli secara bebas di apotik, namun harap perhatikan cara penggunaan dan aturan pakai di bawah ini. Keterangan obat: β€’ Kategori: Obat batuk dan pilek, obat bebas terbatas β€’ Komposisi: Mengandung fenilpropanolamin hcl 15 mg, ctm 2mg, paracetamol 250mg, salisilamida 150 mg β€’ Indikasi: Untuk meringankan gejala flu seperti demam,sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin β€’ Dosis: dewasa : 3-4 kali sehari 1 tablet.

anak-6-12 thn : 3-4 kali sehari 1/2 tablet β€’ Penyajian: Dikonsumsi sesudah makan β€’ Cara Penyimpanan: Harap simpan di tempat sejuk dan kering, terhindar dari paparan sinar matahari langsung β€’ Perhatian: penderita dengan gangguan jantung dan diabetes melitus, penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat β€’ Efek Samping: Dapat menyebabkan kantuk, gangguan pencernaan, takikardia, aritmia, mulut kering, retensi urin, iritasi lambung, penggunaan dengan dosis besar dan jangka panjang menyebapkan kerusakan hati.

β€’ Kemasan: 1 Strip β€’ Harga: Rp 2.412,- / Strip β€’ Kata kunci: flu, pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin Pengunjung Cara Tips Kesehatan: β€’ obat radang tenggorokan di apotik

CARA CEPAT MENGOBATI BATUK PILEK PADA ANAK, RAMUAN INI TERBUKTI AMPUH !!




2022 www.videocon.com