Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

Contoh Soal Teks Eksplanasi Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban – Teks Eksplanasi (Explanation Text) merupakan sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Ciri-ciri teks eksplanasi : • Strukturnya terdiri dari pernyataan bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …, urutan sebab akibat dan interpretasi seperti yang telah dijelaskan diatas tadi. • Memuat informasi berdasarkan fakta “faktual”.

• Faktualnya itu memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan seperti sains dan yang lainnya. 1 – 10 Contoh Soal Teks Eksplanasi Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 1. Di dalam teks eksplanasi secara umum membahas tentang berbagai fenomena sebagai berikut, kecuali … Jawaban : D 2. Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … a.

Reorientasi b. Koda c. Konklusi d. Interpretasi Jawaban : D 3. Dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah … a. Abstraksi b. Tesis c. Argumentasi d. Pernyataan umum Jawaban : D four. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a. Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c.

Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan Jawaban : A 5. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah … a. Kesimpulan / intisari dari gagasan yang dibahas b. Konflik pada tokoh-tokoh dalam novel c. Pernyataan tantang topik yang sedang dibahas d. Informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik Jawaban : B Simak Juga : Soal Teks Biografi Pilihan Ganda dan Jawaban 6.

Teks eksplanasi bertujuan … a. Menyatakan hasil laporan observasi b. Menyajikan hiburan c. Menyajikan informasi berupa fakta secara jelas kepada pembacanya d. Menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan suatu hal Jawaban : C 7. Inti dari teks eksplanasi berada pada bagian … a. Penutup b. Aspek yang dilaporkan c. Argumen d. Sebab-akibat Jawaban : B Kutipan berikut untuk soal nomor 8 dan 9 Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia.

Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. 8. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.

Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari … a. Kronologis (urutan peristiwa) b. Sebab atau akibat c. Pengenalan obyek d. Asal-asul peristiwa Jawaban : C 9. Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah … a. Belakangan ini b.

Menjadikan c. Tidak berlebihan d. Berdampak Jawaban : A Kutipan berikut untuk soal nomor x – 12 Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata bio yang berarti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta logos yang berarti “ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains.

Perkembangan bioteknologi tak hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi saja, namun juga pada disiplin ilmu terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer, biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya. 10. Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan teks di atas ialah … a. Bioteknologi adalah cabang dari keilmuan biologi b. Bioteknologi bukanlah keilmuan murni c.

Bioteknologi diciptakan untuk mencari keuntungan d. Bioteknologi adalah hasil penerapan teknologi terhadap prosesi biologis Jawaban : D 11 – 20 Soal Teks Eksplanasi Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban eleven. Berikut ini adalah tanggapan yang tepat dan sesuai dengan teks di atas … a. Istilah pada bioteknologi berasal dari kata bio, teknos, dan logos. b. Kemajuan ilmu teknologi turut menunjang proses perkembangan bioteknologi c.

Pengembangan ilmu tertentu sangat membutuhkan teknologi d. Bioteknologi dikembangkan untuk kepentingan hajat hidup orang banyak Jawaban : D 12.

Teks tentang bioteknologi di atas menggunakan pola pengembangan … a. Contoh b. Definisi c. Klasifikasi d. Kronologis Jawaban : B Kutipan berikut untuk soal nomor 13 – 14 Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan animal didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia.

13. Kalimat yang tepat Untuk melanjutkan teks di atas adalah … a. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Commonwealth of australia b. Republic of indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan creature melebihi wilayah manapun yang ada di dunia c.

Australia adalah negara tetangga Indonesia d. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia Jawaban : A 14. Berikut ini adalah pernyataan yang sesuai dengan teks di atas ialah … a. Faktor geologis dapat berpengaruh pada jenis flora dan fauna b.

Diperlukan adanya penelitian lebih lanjut mengapa wilayah Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan Australia c. Tidak perlu dirisaukan mengenai wilayah Indonesia bagian timur pernah menyatu atau tidak dengan Australia d. Urgensi pelestarian flora dan fauna dapat didasarkan pada faktor geologi Jawaban : A 15. Bagian-bagian (aspek) yang dapat dinilai dari laporan hasil analisis pada teks eksplanasi ialah … a.

Kelengkapan bagian laporan b. Kata yang baku c. Ejaan serta tanda baca yang baku d. Full jumlah halaman Jawaban : A sixteen. Bacalah teks berikut. Arus urbanisasi yang kian meningkat perlu mendapat perhatian yang serius dari aparat pemerintah. Oleh sebab itu, diharapkan seluruh masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi guna menekan arus urbanisasi yang kian meningkat. Berbagai masalah kini bermunculan akibat arus urbanisasi yang sulit dihentikan. Kota-kota semakin padat. Secara otomatis tempat tinggal menjadi kurang memadai.

Lapangan kerja menjadi berkurang sehingga tidak mustahil bila banyak terjadi kasus kriminalitas demi sesuap nasi. Kesehatan menjadi menurun karena lingkungan yang kumuh, dan semakin banyaknya pencemaran. Hal-hal semacam itu tentunya sangat mengganggu jalannya pembangunan. Berikut ini adalah kesimpulan dari informasi yang disajikan pada paragraf di atas, kecuali … a. Arus Urbanisasi mengakibatkan lapangan kerja di kota menjadi berkurang.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

b. Urbanisasi menyebabkan padatnya penduduk. c. Pemerintah sangat memperhatikan arus urbanisasi yang kian meningkat. d. Banyaknya kasus kriminalitas juga diakibatkan tingginya urbanisasi.

e. Padatnya penduduk kota lingkungan menjadi kumuh dan kesehatan masyarakat menurun. Jawaban : C Lihat Juga : Contoh Soal Teks Berita Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut ini untuk menjawab soal nomor 17 s.d.

20 ! (1) Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). (2) Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. (3) Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang.

(4) Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir. (v) Baik banjir yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, perlu diwaspadai dan diatasi. 17. Pernyataan umum dalam paragraf di atas terletak pada kalimat nomor ….

a. 1 b. 2 c. 3 d. iv e. v Jawaban : A 18. Urutan peristiwa sebab akibat dalam paragraf tersebut adalah …. a. ane, 2, iii b. 1, 3, 5 c. three, 4, 5 d. 2, three, 5 e. 2, iii, 4 Jawaban : E 19.

Jenis kalimat yang digunakan dalam kalimat nomor 1 paragraf di atas adalah …. a. kalimat definisi b. kalimat interogatif c. kalimat imperatif d. kalimat kompleks e. kalimat deskriptif Jawaban : A 20. Ciri bahasa yang dipakai dalam kalimat (5) dalam teks paragraf di atas adalah ….

a. Menggunakan istilah asing dan berupa klausa simpleks b. Menggunakan konjungsi dan verba relasional c. Menggunakan verba material dan berupa kalimat definisi d. Menggunakan konjungsi sebab akibat dan berupa klausa kompleks due east. Menggunakan verba relasional dan istilah asing Jawaban : B 21 – xxx Soal Teks Eksplanasi Pilihan Ganda dan Jawaban 21.

Bacalah teks berikut. Gempa es adalah gempa yang terjadi di daerah Antartika akibat adanya gletser. Seorang peneliti mempelajari bagaimana gletser membuat gempa es di Antartika. Gempa es tersebut disebabkan oleh gravitasi dan gelombang pasang-surut.

Gaya gravitasi menyebabkan aliran Es Whilans tertarik. Tarikan gaya gravitasi menimbulkan daratan es pecah dengan lebar sekitar 96.5 km dan panjang sekitar 482 km ke arah Laut Ross. Gelombang dan pasang mendorong lempeng Es Ross, menghantam gletser yang turun, Gletser terhenti.

Saat gelombang surut, es tiba-tiba maju dengan gerakan yang setara dengan gempa berkekuatan 7 pada skala Richter. Teks di atas memiliki struktur…. a. Pernyataan umum, aspek yang dilaporkan b. Tujuan, langkah-langkah c. Orientasi, krisis, reaksi, koda d.

Pernyataan umum, urutan sebab-akibat eastward. Pernyataan umum, argumentasi, reorientasi Jawaban : D 22. Bacalah kutipan berikut ini : Gunung es terbuat dari kumpulan bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung.

Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan.

Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat. Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut. Topik teks di atas adalah…. a. Fenomena gunung es b. Proses terjadinya gunung es c. Pecahan gletser d. Air tawar membantu terjadinya es e.

Gunung es tidak terlihat dari atas Jawaban : B 23. Perhatikan langkah membuat teks eksplanasi Berikut. • ane. Menentukan topik • 2. Menyusun tulisan • iii. Membuat kerangka karangan • 4. Menyunting tulisan Langkah-langkah yang tepat untuk membuat teks eksplanasi adalah…. a.

ane-2-three-4 b. 4-3-1-2 c. 1-3-2-4 d. 2-3- 4-ane e. 2-three-1-4 Jawaban : C 24. Kalimat pernyataan umum yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kekeringan yaitu…. a. Bencana kekeringan sudah terjadi di mana mana. b. Kekeringan menyebabkan kebakaran. c. Kekeringan diakibatkan ketiadaannya air dalam waktu yang lama d.

Cuaca yang kering sangat buruk untuk kesehatan. e. Kekeringan merupakan salah satu fenomena alam ketika musim kering terjadi dalam waktu yang cukup lama. Jawaban : Due east 25.

Bacalah kutipan berikut : Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang.

Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.

Perhatikan pernyataan berikut ini! • 1. Banjir disebabkan oleh alam dan manusia. • 2. Curah hujan merupakan faktor dari alam. • three. Perubahan tata guna lahan merupakan faktor manusia. • iv. Erosi dan kerusakan bangunan merupakan faktor dari manusia. Pernyataan di atas yang benar adalah …. a. 1, two, three bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai ….

1 dan 3 c. ii dan 4 d. 4 saja due east. 1,2,iii,4 Jawaban : A Lihat Juga : Contoh Soal Teks Berita Pilihan Ganda dan Jawaban Kutipan berikut untuk soal nomor 26 – 28 • (one) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. • (2) Peristiwa tersebut tidak hanya penting diketahui oleh rakyat Indonesia sendiri, tetapi juga harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. • (three) Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang.

26. Cuplikan di atas mengenalkan fenomena …. a. peristiwa proklamasi sebagai peristiwa bersejarah b. bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka c. pentingnya dunia mengenal peristiwa proklamasi d. Soekarno Hatta sebagai tokoh proklamator Indonesia e. para pejuang berhasil memrpoklamasikan kemerdekaan Indonesia Jawaban : A 27.

Paragraf di atas disusun dengan pola …. a. kausalitas b. generalisasi c. spesialisasi d. kronologis eastward. komparasi Jawaban : A 28. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu dan konjungsi penyebaban dalam cuplikan di atas dinyatakan dengan nomor …. a. (1) b. (2) c. (iii) d.

(1) dan (2) e. (2) dan (3) Jawaban : C Kutipan berikut untuk soal nomor 29 – 30 Presiden Sukarno beserta rombongan memasuki lapangan. Presiden melakukan pidato dan bendera Merah Putih pun dikibarkan. Untuk menghindari insiden dengan tentara Jepang, Bung Karno hanya menyampaikan sedikit pesan kepada rakyat agar tetap percaya kepada pimpinan. Masyarakat kembali ke tempat mereka masing-masing dengan tertib dan tenang. 29. Teks di atas menjelaskan peristiwa …. a. Pidato Presiden Sukarno di lapangan b.

penyambutan Presiden Sukarno c. perlawanan rakyat terhadap Jepang d. ketertiban dan ketenangan masyarakat e. hubungan baik pemimpin dengan rakyatnya Jawaban : E thirty. Keterangan cara dinyatakan dalam kalimat …. a. pertama b. kedua c. ketiga d.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

keempat eastward. pertama dan keempat Jawaban : D 31 – 40 Contoh Soal Teks Eksplanasi dan Kunci Jawaban 31. Berikut ini yang tidak termasuk kalimat yang menggunakan keterangan waktu … a. Pada usia dua minggu, embrio manusia merupakan sebuah cakram pipih. b.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

Pada bulan ketiga, bentuk manusia telah terwujud. c. Pada tahap ini, embrio disebut fetus. d. Selama bulan keenam, alis dan bulu mata timbul. e. Lemak ditimbun di bawah kulit sehingga perlahan-lahan menghilangkan keriput pada kulit.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

Jawaban : E Kutipan berikut untuk soal nomor 32 – 33 Teks I Masuknya pengaruh India ke Indonesia diketahui sejak abad ke-iv Masehi, yaitu dengan ditemukannya tulisan (prasasti) di Borneo Timur. Prasasti-prasasti itu ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa. Tradisi tulis-menulis itu tentunya membutuhkan pengetahuan bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … dan pada waktu itu kebiasaan tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana.

Kaum Brahmana merupakan kasta atau golongan yang tertinggi di kalangan orang-orang Hindu. Teks Ii Pengaruh dari pemakaian NAPZA sangat berbeda untuk setiap orang. Hal tersebut tergantung berapa banyak yang ia gunakan, cara pemakaian, kondisi badan, serta faktor lainnya. Adapun pengaruh jangka pendek yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut. 32. Perbedaan kedua cuplikan teks di atas adalah ….

a. teks I prosedural kompleks, Teks II eksplanasi kompleks b. teks I berpola kronologis, teks II berpola kausalitas c. teks I bertema sejarah, teks Two bertema kesehatan d. teks I menggunakan keterangan cara, teks II menggunakan keterangan waktu e. teks I menggunakan konjungsi, teks II tidak menggunakan konjungsi Jawaban : C 33. Persamaan kedua cuplikan teks tersebut adalah …. a. sama-sama berkategori genre faktual b. sama-sama berpola kronologis c. sama-sama menjelaskan suatu proses d.

sama-sama merupakan bagian dari teks eksplanasi e. sama-sama menggunakan kata ganti persona Jawaban : D Kutipan berikut untuk soal nomor 34 – 35 Penggunaan yang dimulai dengan coba-coba kemudian menjadi ketergantungan (adiksi) baik fsik (bila tidak dipenuhi timbul rasa sakit) maupun psikis (rasa rindu yang dalam untuk menggunakannya) mengakibatkan overdosis dan terjadinya gejala putus obat pada penghentian penggunaan.

Terjadinya ketergantungan melalui proses, pada awalnya menggunakan kembali untuk mendapatkan efek yang diinginkan. 34. Persamaan teks di atas dengan cerpen adalah …. a. sama-sama memiliki tema b. sama-sama memiliki latar c. sama-sama memiliki jalan cerita d. sama-sama menggunakan sudut pandang east. sama-sama menggunakan fakta Jawaban : C 35. Konjungsi yang bermakna kronologis dinyatakan dengan kata ….

a. yang b. pada c. kemudian d. untuk e. maupun Jawaban : C Simak Juga : Contoh Soal Pidato Pilihan Ganda dan Jawaban 36. Teks eksplanasi adalah…. a. Teks yang berisi tentang penjelasan. b. Teks yang berisi tentang cara mengerjakan sesuatu. c. Teks yang berisi tentang pendapat. d. Teks yang menceritakan suatu kejadian. e. Teks yang menggambarkan suatu objek.

Jawaban : A 37. Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian…. a. pernyataan umum b. sebab-akibat c. aspek yang dilaporkan d. argumen e. penutup Jawaban : B 38. Tahap pernyataan umum berisi tentang…. a. apa yang akan dijelaskan b. alasan-alasan penulis c.

pendapat penulis d. penutup sebuah teks e. urutan peristiwa Jawaban : A 39. Aspek sebab-akibat berisi hal berikut ini, kecuali …. a. penyebab terjadinya peristiwa b. akibat terjadinya bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … c.

runtutan peristiwa d. hubungan sebab-akibat peristiwa e. tanggapan penulis Jawaban : Due east 40. Manusia pasti memiliki kelenjar keringat yang berjumlah sekitar dua juta. Kelenjar tersebut dapat menghasilkan 2.8 liter keringat setiap hari. Keringat ini dapat menimbulkan bau yang dapat mengganggu kenyamanan. Bau badan disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut berasal dari diri sendiri maupun dari luar. Faktor yang berasal dari diri sendiri, yakni berat badan, keadaan emosional, penyakit fisik, dan kegiatan otot.

Berat badan seseorang terkadang menentukan jumlah keringat yang keluar, orang yang memiliki berat badan lebih akan mengeluarkan banyak keringat. Orang yang baru emosi atau yang baru melakukan kegiatan otot (misalnya, olahraga) juga mengeluarkan banyak keringat.

Keringat yang keluar jika bercampur dengan kuman atau penyakit kulit akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Faktor dari luar diri sendiri adalah suhu udara luar dan kelembaban udara. Udara yang cukup panas akan memicu seseorang mengelurkan keringat yang banyak. Teks di atas termasuk jenis teks…. a. Teks eksplanasi b. Teks prosedur kompleks c.

Teks cerita ulang d. Teks cerpen e. Teks anekdot Jawaban : A 41 – fifty Contoh Soal Teks Eksplanasi Pilihan Ganda dan Jawaban 41. Cermatilah kutipan berikut : Imsonia Hampir semua orang pernah mengalami tidak dapat tidur. Kekurangan tidur menyebabkan penurunan kinerja mental dan fisik.

Selama tidur merupakan periode REM (rapyd center move) yang fungsinya untuk konsolidasi memori. Insomnia sering disebabkan oleh keadaan cuaca, suara bising, cahaya yang terang, penyakit fisik, dan gangguan mental emosional. Cuaca sangat berpengaruh terhadap seseorang. Jika cuaca sangat ekstrem (sangat panas atau dingin), orang akan banyak mengeluarkan keringat dan mudah emosi karena merasa tidak nyaman.

Dalam keadaan seperti ini orang akan sulit tidur. Selain hal di atas, suara yang bising dan pencahayaan yang sangat terang juga mengganggu kenyamanan seseorang untuk tidur.

Sebab-sebab di atas merupakan faktor pemicu insomnia dari luar, sedangkan faktor dari dalam diri adalah penyakit fisik dan gangguan mental emosional. Penyakit fisik yang akut atau parah menyebabkan seseorang tidak bisa tidur. Orang yang sedang sakit pasti akan terjaga karena merasakan sakitnya. Gangguan mental juga menyebabkan seseorang susah untuk memejamkan mata. Syaraf-syaraf yang ada di dalam tubuh sulit dikendalikan sehingga tidak bisa memejamkan mata. Pernyataan umum teks di atas adalah .… a.

Penyebab insomnia adalah keadaan cuaca, suara bising, cahaya yang terang, penyakit fisik, dan gangguan mental emosional. b. Hampir semua orang pernah mengalami tidak dapat tidur. c. Kekurangan tidur menyebabkan penurunan kinerja mental dan fisik. d. Selama tidur merupakan periode REM (rapyd eye motion) yang fungsinya untuk konsolidasi memori.

e. Insomnia termasuk penyakit yang sering diderita oleh manusia. Jawaban : A 42. Cermatilah kutipan berikut : Kesuksesan seseorang tidak datang begitu saja. Ada beberapa factor yang mendukung kesuksesan seseorang. Faktor tersebut bisa berasal dari faktor genetik, usaha keras, dan dekat dengan Tuhan.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

Faktor genetik adalah faktor yang bawaan. Faktor genetik yang mendukung kesuksesan adalah kecerdasan. Walaupun kecerdasan tidak sepenuhnya faktor genetik, tetapi kecerdasan seseorang bisa juga berasal dari bawaan.

Orang yang cerdas dapat memahami suatu informasi dengan cepat dan jelas. Selain itu, orang yang cerdas juga kreatif dalam melakukan suatu hal. Kesuksesan juga datang dari usaha keras. Usaha keras diwujudkan dengan pantang menyerah. Ketika menghadapi suatu cobaan, tidak putus asa tetapi berusaha untuk mencari solusi.

Kesuksesan bisa diraih jika dekat dengan Tuhan. Orang yang sukses tentunya orang yang selalu mendekatkan dirinya kepada Tuhan. Orang yang selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan. Sebab-akibat teks di atas, kecuali…. a. Faktor genetik/turunan bisa menyebabkan seseorang memiliki kecerdasan sehingga memiliki daya kreativitas.

b. Orang yang berjiwa pantang menyerah tidak putus asa. c. Dengan usaha keras, orang akan pantang menyerah. d. Orang yang dekat dengan Tuhan, doanya mudah dikabulkan. due east.

Kesuksesaan akan memberikan kehidupan yang nyaman. Jawaban Soal Teks Eksplanasi : E 43. Cermatilah kutipan berikut : ADHD (attention Deficite Hyperactivity Disorder) merupakan gangguan kesehatan jiwa yang sering terjadi pada anak.

ADHD ini bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … oleh kerusakan ringan pada struktur otak, kurangnya aktivitas di daerah frontal otak, dan faktor keturunan. Otak terdiri dari otak besar dan otak kecil. Belahan-belahan otak tersebut dihubungkan oleh neuron. Pada penderita ADHD, neuron penghubung otak tersebut rusak sehingga penderita tidak dapat menafsirkan makna atau gerakan sehingga mereka kurang focus dan berlari ke jalanan tanpa melihat sekelilingnya.

Pada penderita ADHD, daerah yang mengendalikan ingatan (memori) dan emosi berukuran lebih kecil daripada orang normal. Hal ini menyebabkan penderita ADHD sering kehilangan atau melupakan sesuatu, kurang sadar, dan mudah emosi. Penderita ADHD, terkadang berasal dari gen atau keturunan.

Walaupun tidak semua penderita ADHD merupakan keturunan penderita, tetapi faktor keturunan juga memicu seseorang menderita ADHD. Perhatikan pernyataan berikut ini! • 1. Teks tersebut terdapat unsur sebab-akibat. • 2. Teks tersebut memiliki struktur pernyataan umum ^ aspek yang dilaporkan. • 3. Teks tersebut memberikan penjelasan. • iv. Teks di atas merupakan teks observasi. Pernyataan yang benar adalah…. a. 1, 2, 3 b. ane dan three c. 2 dan 4 d. 4 e. 1,ii,3,4 Jawaban Soal Teks Eksplanasi : B 44.

Dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah … a. Abstraksi b. Tesis c. Argumentasi d. Pernyataan umum e. Koda Jawaban : D 45. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a.

Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c. Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan east. Terdapat unsur persuasif di dalamnya Jawaban : A 46.

Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan …. a. apa dan siapa b. kapan dan dimana c. bagaimana dan mengapa d. berapa dan bagaimana e. siapa dan mengapa Jawaban : C 47.

Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi, kecuali …. a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup b. memuat informasi sesungguhnya/fakta c. memuat informasi yang bersifat keilmuan d. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena due east.

berisi langkah-langkah kerja Jawaban : East Kutipan berikut untuk nomor 48 dan 49. Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Republic of indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir dengan masuknya Korea Selatan sebagai kekuatan empat besar dunia.

Jadi, K-Pop telah dikenal di Indonesia lebih kurang x tahun terakhir. 48. Paragraf tersebut termasuk struktur teks eksplanasi bagian …. a. pernyataan umum b. deretan penjelas c. proses d.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

penutup eastward. simpulan Jawaban : A 49. Istilah populer berarti …. a. tidak disukai oleh khalayak luas b. banyak dibicarakan orang c. mendapat perhatian orang banyak d. dikenal dan disukai orang banyak eastward. memiliki pecinta tersendiri Jawaban Soal Teks Eksplanasi : D l. Perhatikan teks berikut! Kekeringan diklasifikasikan menjadi dua: kekeringan alamiah dan kekeringan antropogenik.

Kekeringan alamiah terjadi akibat tingkat curah hujan di bawah normal dalam satu musim, kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah, kekurangan kandungan air di dalam tanah sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan tanaman tertentu pada periode waktu tertentu pada wilayah yang luas, pasokan komoditi ekonomi kurang dari kebutuhan normal.

Kekeringan antropogenik adalah kekeringan yang disebabkan oleh ketidakpatuhan pada aturan. Kekeringan antropogenik terjadi karena kebutuhan air lebih besar dari pasokan yang direncanakan akibat ketidak-patuhan pengguna terhadap pola tanam/pola penggunaan air dan kerusakan kawasan tangkapan air, sumber air akibat perbuatan manusia.

Teks eksplanasi di atas dikembangkan dengan pola pengembangan …. a. Pengembangan proses b. Pengembangan sebab-akibat c. Pengembangan umum-khusus d. Pengembangan deduksi east. Pengembangan induksi Jawaban : B 51 – sixty Contoh Soal Teks Eksplanasi Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Baca kutipan berikut untuk soal no 51 – 52 Musim kemarau atau musim kering adalah musim di daerah tropis yang dipenuhi oleh arrangement muson.

Untuk dapat disebut musim kemarau, curah bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … per bulan harus di bawah 60 mm per bulan (20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berurut-turut. Wilayah tropika di Asia Tenggara dan Asia Selatan, Australia bagian timur laut, Afrika dan sebagian Amerika Selatan mengalami musim ini. Musim kemarau adalah pasangan dari musim penghujan dalam wilayah dwimusim. Musim kemarau panjang adalah musim kemarau yang sangat panas dalam jangka waktu yang panjang.

Gejala ENSO dikenal dapat memperpanjang durasi musim ini sehingga mengakibatkan kekeringan berkepanjangan. • (1) Agar selalu terhindar dari bencana alam gempa bumi • (two) Penduduk dekat gunung berapi harus selalu waspada • (3) Gempa bumi sering terjadi di daerah gunung yang berapi • (four) Gempa bumi adalah getaran yang terjadi karena pergerakan lapisan bumi Urutan kalimat tersebut yang tepat adalah ….

a. (4), (three), (ii), (1) b. (3), (2), (iv), (one) c. (one), (3), (2), (4) d. (one), (ii), (iii), (4) e. (2), (ane), (3), (4) Jawaban Soal Teks Eksplanasi : A 52. Kata cloth di atas bermakna ….

a. gedung-gedung b. bahan bangunan c. rumah d. harta benda eastward. kerusakan tanah Jawaban : D 53. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 53 – 54! • (1) Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat. • (two) Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air lautan yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.

Teks eksplanasi di atas adalah …. a. penyebab gempa b. penyebab terjadiya seismic sea wave c. akibat tsunami d. akibat gempa e. proses terjadinya laut Jawaban : B 54. Maksud kata Hal ini pada kalimat (2) adalah …. a. naik dan turunnya dasar laut b. tekanan ke arah vertikal dalam perut bumi c.

gempa d. seismic sea wave e. gelombang besar yang bergerak Jawaban : A 55. Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah …. a. deretan penjelas, pernyataan umum, interpretasi b. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi c. pernyataan umum, interpretasi, deretan penjelas d. bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …, deretan penjelas, pernyataan umum e. pernyataan umum, interpretasi, koda Jawaban : B 56.

Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut! • (i) Proses terjadinya gempa bumi • (2) Penyebab terjadinya gempa bumi • (3) Definisi gempa bumi • (4) Akibat gempa bumi • (v) Simpulan gempa bumi Jika dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah ….

a. (3), (ane), (ii), (four), (5) b. (1), (two), (iii), (four), (five) c. (three), (4), (1), (5), (ii) d. (2), (iv), (v), (1), (three) e. (five), (2) (3), (4), (ane), Jawaban : A 57. Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 57-59! • (one) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajib kita bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah.

• (2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. • (3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 30 kilometer per jam dilautan. • (4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah.

Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor …. a. (one) dan (two) b. (two) dan (3) c. (three) dan (four) d. (4) dan (5) e. (ane) dan (5) Jawaban : A 58. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor …. a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5) Jawaban : E 59. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai konjungsi syarat adalah nomor ….

a. (one) b. (2) c. (3) d. (iv) e. (5) Jawaban Soal Teks Eksplanasi : A Sudah selesai membaca dan berlatih soal teks eksplanasi ini ?

Ayo lihat dulu Daftar Soal Bahasa Indonesia lainnya Bagian Akhir Atau Penutup Dari Sebuah Teks Eskplanasi Disebut Sebagai Source: https://soalkimia.com/soal-teks-eksplanasi/ Terbaru • Cara Menghapus Pintasan Di Layar Utama Xiaomi • Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta • Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp • How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf • Lingkungan Ternak Ayam Cocok Gak Buat Rumah Tinggal • Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster • Panduan Ht Baofeng Uv 82 Bahasa Indonesia • Jelaskan Cara Mengubah Interval Nada D Mayor Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized 19.

Bacalah penggalan teks drama berikut kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya!Tamu : “Assalamualaikum!” (dua orang teman Heni yaitu Siska dan Ika berdiri di luar)Heni : “Waalaikumsalam. Mari masuk tean-teman!” (sambil membuka pintu)Siska : “Sedang apa Hen?

Kamu baik-baik saja kan?”Ika : “Iya, kamu rindu kepadamu, lama tidak bertemu!”Heni : “Ya, beginilah pekerjaanku, teman-teman. Saya harus membantu ibu membuat kue”.Ibu Heni: “Eeh, ada teman-temannya Heni. Mari, silakan duduk.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

Kami senang kalian mau menengok kami”.Ika : “Maaf bu, kedatangan kami untuk menyampaikan surat dari kepala sekolah. Kata beliau, Heni diminta masuk sekolah lagi.

Semua biaya sekolah akan dibantu. Lagi pula Heni mendapat biaya pendidikan dari pemerintah daerah”.Heni : “Terima kasih, teman-teman.” (menerima surat ika, tampak air matanya berlinang-linang.)Ibu Heni: “Terima kasih, Nak.

Persahabatan kalian memang tulus.”Anak-anak: “Sama-sama, Bu. Kami senang bisa saling membantu.” Tokoh-tokoh yang ada dalam drama tersebut yaitu …. * 5 points a. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak. b. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni c. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, kepala sekolah d. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak e. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni Perhatikan teks eksplanasi berikut ini!

Banjir di Jakarta (1)Jakarta merupakan ibu kota dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. (2)Jakarta sebagai ibu kota pun tak lepas dari permasalahan, baik itu permasalahan sosial maupun permasalahan yang berkenaan dengan lingkungan.

(3)Salah satu permasalahan lingkungan yang sudah menjadi hal yang lumrah terjadi di ibu kota Indonesia ini adalah permasalahan banjir. (4)Banjir seolah-olah telah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Jakarta. (5)Jakarta sering kali di landa banjir karena ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab hal tersebut terjadi, salah satunya adalah faktor kurangnya kawasan resapan air.

(6) Ibu kota negara Indonesia ini seperti yang telah diketahui, daerahnya dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi. (7)Hal ini karena memang Jakarta dijadikan sebagai pusat perekonomian dan bisnis. (8)Oleh karena itu, adanya kondisi tersebut membuat lahan atau kawasan resapan air menjadi berkurang dan ketika hujan datang dengan intensitas yang tinggi mengakibatkan banjir.

(9)Tak hanya itu, penyebab dari banjir di Jakarta ini juga terjadi lantaran masyarakat masih membuang sampah sembarangan ke sungai. (10)Masyarakat banyak sekali yang belum teredukasi untuk membuang sampah pada tempatnya dan mereka juga belum banyak memahami mengenai sistem daur ulang sampah. (11)Oleh karena itu, banyak sekali sampah yang dibuang ke sungai oleh masyarakat.

(12) Hal ini akan menyebabkan banjir ketika curah hujan sedang tinggi. (13)Banjir Jakarta ini tentu saja memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan masyarakatnya.

(14)Adanya bencana banjir ini sehingga membuat ratusan orang harus mengungsi dan parahnya ratusan orang meninggal dunia. (15)Banjir di Jakarta ini juga mengakibatkan muncul penyakit seperti diare dan lain-lain. (16)Masyarakat pun juga akhirnya tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. (17)Banjir di Jakarta ini dampaknya sangat signifikan bagi kehidupan masyarakat Jakarta dan bencana alam ini harus segera diatasi.

(18)Menghentikan bencana yang seolah-olah telah menjadi agenda tahunan ini perlu sebuah usaha yang serius dari pihak pemerintah dan juga masyarakat. (19)Masyarakat harus ikut andil dalam mengatasi bencana banjir tak berkesudahan ini.

(20) Masyarakat harus memiliki kesadaran terhadap lingkungan agar permasalahan ini pun dapat terselesaikan. 5. Tentukan ciri-ciri umum teks eksplanasi!
Teks eksplanasi merupakan salah satu bentuk teks yang ada dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Sebagaimana bentuk teks lain seperti teks deskriptif atau teks eksposisi, teks eksplanasi pun memiliki bagian-bagian tersendiri.

Salah satunya adalah bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai interpretasi. Lantas, apa saja bagian-bagian dari teks eksplanasi itu? Berikut penjelasan selengkapnya untuk kamu. Pada uraian di atas, sudah disebutkan bahwa bagian akhir atau penutup dari sebuah teks bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … disebut dengan interpretasi.

Sekarang saatnya, kita untuk mengenal bagian-bagian teks eksplanasi secara utuh. Berikut adalah penjelasan tentang bagian atau struktur teks eksplanasi yang dilansir dari buku “Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan” karya Taufiqur Rahman (2017: 38 – 39).

Hai, Gusmau H. Kakak bantu jawab ya :) Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai interpretasi. Untuk mengetahui alasan dari jawaban tersebut, simak penjelasan berikut. Teks eksplanasi adalah tulisan yang berisi penjelasan suatu fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Teks eksplanasi memiliki struktur tertentu yang membedakan dengan teks lainnya. Struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

1. Identifikasi bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … bagian awal yang berisi penjelasan umum tentang fenomena yang dibahas, seperti fenomena sosial, budaya, dan lainnya. Bagian ini juga berisi latar belakang kejadian atau penjelasan tentang fenomena yang dibahas.

2. Penggambaran rangkaian kejadian/proses kejadian: bagian inti yang berisi rincian proses kejadian suatu fenomena yang dibahas. Pada bagian ini menjawab pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa”. 3. Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … bagian akhir yang berisi komentar atau penilaian tentang fenomena yang dijelaskan sebelumnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai interpretasi.

Semoga membantu ya :) 19. Bacalah penggalan teks drama berikut kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya!Tamu : “Assalamualaikum!” (dua orang teman Heni yaitu Siska dan Ika berdiri di luar)Heni : “Waalaikumsalam. Mari masuk tean-teman!” (sambil membuka pintu)Siska : “Sedang apa Hen? Kamu baik-baik saja kan?”Ika : “Iya, kamu rindu kepadamu, lama tidak bertemu!”Heni : “Ya, beginilah pekerjaanku, teman-teman. Saya harus membantu ibu membuat kue”.Ibu Heni: “Eeh, ada teman-temannya Heni.

Mari, silakan duduk. Kami senang kalian mau menengok kami”.Ika : “Maaf bu, kedatangan kami untuk menyampaikan surat dari kepala sekolah. Kata beliau, Heni diminta masuk sekolah lagi. Semua biaya sekolah akan dibantu. Lagi pula Heni mendapat biaya pendidikan dari pemerintah daerah”.Heni : “Terima kasih, teman-teman.” (menerima surat ika, tampak air matanya berlinang-linang.)Ibu Heni: “Terima kasih, Nak. Persahabatan kalian memang tulus.”Anak-anak: “Sama-sama, Bu.

Kami senang bisa saling membantu.” Tokoh-tokoh yang ada dalam drama tersebut yaitu …. * 5 points a. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak. b. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni c. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, kepala sekolah d.

Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak e. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni Perhatikan teks eksplanasi berikut ini! Banjir di Jakarta (1)Jakarta merupakan ibu kota dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. (2)Jakarta sebagai ibu kota pun tak lepas dari permasalahan, baik itu permasalahan sosial maupun permasalahan yang berkenaan dengan lingkungan.

(3)Salah satu permasalahan lingkungan yang sudah menjadi hal yang lumrah terjadi di ibu kota Indonesia ini adalah permasalahan banjir. (4)Banjir seolah-olah telah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Jakarta.

(5)Jakarta sering kali di landa banjir karena ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab hal tersebut terjadi, salah satunya adalah faktor kurangnya kawasan resapan air.

(6) Ibu kota negara Indonesia ini seperti yang telah diketahui, daerahnya dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi. (7)Hal ini karena memang Jakarta dijadikan sebagai pusat perekonomian dan bisnis.

(8)Oleh karena itu, adanya kondisi tersebut membuat lahan atau kawasan resapan air menjadi berkurang dan ketika hujan datang dengan intensitas yang tinggi mengakibatkan banjir. (9)Tak hanya itu, penyebab dari banjir di Jakarta ini juga terjadi lantaran masyarakat masih membuang sampah sembarangan ke sungai. (10)Masyarakat banyak sekali yang belum teredukasi untuk membuang sampah pada tempatnya dan mereka juga belum banyak memahami mengenai sistem daur ulang sampah.

(11)Oleh karena itu, banyak sekali sampah yang dibuang ke sungai oleh masyarakat. (12) Hal ini akan menyebabkan banjir ketika curah hujan sedang tinggi. (13)Banjir Jakarta ini tentu saja memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan masyarakatnya. (14)Adanya bencana banjir ini sehingga membuat ratusan orang harus mengungsi dan parahnya ratusan orang meninggal dunia. (15)Banjir di Jakarta ini juga mengakibatkan muncul penyakit seperti diare dan lain-lain. (16)Masyarakat pun juga akhirnya tidak dapat beraktivitas seperti biasanya.

(17)Banjir di Jakarta ini dampaknya sangat signifikan bagi kehidupan masyarakat Jakarta dan bencana alam ini harus segera diatasi. (18)Menghentikan bencana yang seolah-olah telah menjadi agenda tahunan ini perlu sebuah usaha yang serius dari pihak pemerintah dan juga masyarakat. (19)Masyarakat harus ikut andil dalam mengatasi bencana banjir tak berkesudahan ini.

(20) Masyarakat harus memiliki kesadaran terhadap lingkungan agar permasalahan ini pun dapat terselesaikan. 5. Tentukan ciri-ciri umum teks eksplanasi!
Soal: Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi? _____________________________________ Jawaban Pendahuluan Hai gaes, Kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis teks yakni teks eksplanasi. Pertanyaannya adalah ”Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi?” Check this out, gaes! Pembahasan Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut interpretasi.

Sebuah teks eksplanasi dapat dikatak baik apabila memenuhi kaidah struktur yang sistematis. Adapun struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut: 1. Pernyataan Umum, merupakan bagian pembuka dari teks eksplanasi yang terletak pada bagian awal paragraf. Bagian ini memuat topik ataupun permasalahan yang akan dibahas. Bagian pernyataan harus ditulis dengan jelas dan semenarik mungkin agar dapat menarik minat pembaca untuk membacanya.

2.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

Deretan Penjelas, merupakan bagian isi yang menjelaskan secara terperinci tentang latar belakang sebuah peristiwa terjadi. Bagian ini harus mampu menjawab pertanyaan “bagaimana” sehingga penjelasan-penjelasan yang disajikan menggambarkan proses terjadinya suatu peristiwa. 3. Interpretasi, merupakan bagian penutup dari sebuah eksplanasi. Bagian ini memuat pertanyaaan, saran, dan juga kesimpulan terkait dengan proses dari peristiwa yang dijelaskan.

Kesimpulan Jadi kesimpulannya, bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut interpretasi. Bagian penutup ini biasanya bersifat pilihan karena biasanya tidak semua teks ekplanasi memuat bagian ini. Pelajari Lebih Lanjut Baca tentang “Pengertian teks eksplanasi” di sini ya brainly.co.id/tugas/778159 Baca tentang “Apa tujuan teks eksplanasi?” di sini ya brainly.co.id/tugas/40254 Baca juga tentang “Bagaimana cara membuat teks eksplanasi?” di sini ya brainly.co.id/tugas/67318 Semoga semangat belajarnya tetap terjaga ya gaes!

---------------------------------------------------------------------------------- Detail Jawaban Kelas : VII Pelajaran : IPS Kategori : Bab 4 – Dinamika Interaksi Manusia Kata kunci : Teks eksplanasi Kode : 7.10.2004
bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai? Jawaban Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai interpretasi. Untuk mengetahui alasan dari jawaban tersebut, simak penjelasan berikut.

Teks eksplanasi adalah tulisan yang berisi penjelasan suatu fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Teks eksplanasi memiliki struktur tertentu yang membedakan dengan teks lainnya. Struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

1. Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … fenomena: bagian awal yang berisi penjelasan umum tentang fenomena yang dibahas, seperti fenomena sosial, budaya, dan lainnya. Bagian ini juga berisi latar belakang kejadian atau penjelasan tentang fenomena yang dibahas.

2. Penggambaran rangkaian kejadian/proses kejadian: bagian inti yang berisi rincian proses kejadian suatu fenomena yang dibahas. Pada bagian ini menjawab pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa”. 3. Interpretasi: bagian akhir yang berisi komentar atau penilaian tentang fenomena yang dijelaskan sebelumnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai interpretasi. Originally posted 2022-03-02 12:20:49. Itulah tadi jawaban dari bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai, semoga membantu. Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu PKB-GPAI difokuskan untuk pengembangan keprofesian Guru Pendidikan Agama Islam secara berkelanjutan yang proses dan kegiatannya dirancang untuk meningkatkan, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional Guru PAI di sekolah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap dan berkesinambungan dalam rangka peningkatan kinerja dan pemenuhan kompetensi profesional Guru PAI di sekolah yaitu meliputi?

dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap. Kategori SMA Navigasi Tulisan Postingan Baru • apa fungsi fakta dan pendapat dalam teks persuasi • parotitis adalah gangguan sistem pencernaan yang disebabkan • proses pengujian data yang dilakukan sejarawan disebut • sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun yang berarti • vested interest adalah • pergerakan nasional indonesia dipelopori oleh • pasangan atom yang merupakan isotop adalah • dari himpunan berikut yang merupakan himpunan kosong adalah • tempat terjadinya fertilisasi • ruang lingkup sosiologi adalahBreaking News • Yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Pantun Adalah • Yang Dimaksud Dengan Proporsi Adalah • Garis Yang Bersudut Dapat Menciptakan Kesan • Komponen Fisik Yang Dihasilkan Dari Kegiatan Senam Ritmik Adalah • Bunyi Vokal Akhir Pada Baris Baris Puisi Disebut • Tujuan Pemerintah Kolonial Belanda Melaksanakan Sistem Tanam Paksa Adalah • Bagaimana Proses Pengakuan Kedaulatan Indonesia Terjadi • Seni Rupa Yang Memiliki Panjang Dan Lebar Disebut • Zat Berikut Yang Tidak Dihasilkan Oleh Hati Adalah • Apa Peran Soepomo Dalam Bpupki Bagian Akhir Atau Penutup Dari Sebuah Teks Eksplanasi Disebut Sebagai.

Penutup / interpretasi bagian terakhir dari teks ekplanasi adalah closing yang mengandung intisari atau kesimpulan dari fenomena yang telah dibahas. Soal inti teks eksplanasi terdapat pada bagian? Bagian Akhir Atau Penutup Dari Sebuah Teks Eskplanasi from berbagiteks.blogspot.com Dalam sebuah paragraf yang baik selalu terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas.

Interpretasi biasanya berisi kesimpulan jawaban yang benar diberikan: Kronologis (urutan peristiwa) pengenalan obyek. Source: terkaitteks.blogspot.com Pertanyataan umum dalam teks eksplanasi, pernyataan umum dapat juga disebut sebagai bagian.

Latihan 2 bahasa indonesia tema f worksheet from files.liveworksheets.com. Source: terkaitteks.blogspot.com Bagian penutup atau akhir dari teks eksplanasi yaitu ialah interpretasi. Ulasan merupakan bagian akhir atau penutup dari teks eksplanasi yang berisi intisari atau simpulan dari topik atau. Source: terkaitteks.blogspot.com Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai general. Penutup atau bagian akhir adalah part paling akhir yang ada dalam teks eksplanasi kompleks.

Source: berbagiteks.blogspot.com Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut interpretasi. Paragraf yang disusun dari kalimat utama kemudian diikut. Source: sebutkanitu.blogspot.com Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut interpretasi. Dalam sebuah paragraf yang baik selalu terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas. Source: cobasebutkan.blogspot.com Kali ini admin menulis bagian akhir penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai.

Teks eksplanasi ini dapat memberikan sebuah penjelasan yang berdasar. Source: berbagiteks.blogspot.com Untuk mengetahui alasan dari jawaban tersebut, simak penjelasan berikut. Pada uraian di atas, sudah disebutkan bahwa bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut dengan interpretasi. Source: cobasebutkan.blogspot.com Seorang pengguna telah bertanya 👇 bagian akhir penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai ini jawaban terbaik 👇 jawaban yang benar diberikan: Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai interpretasi.

Source: berbagiteks.blogspot.com Penutup / interpretasi bagian terakhir dari teks ekplanasi adalah closing yang mengandung intisari bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … kesimpulan dari fenomena yang telah dibahas. Paragraf yang disusun dari kalimat utama kemudian diikut. Source: berbagiteks.blogspot.com Bagian akhir penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai. Bagian akhir/penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai.

Source: berbagiteks.blogspot.com Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut interpretasi. Teks eksplanasi yaitu ialah sebuah teks yang dimana telah menerangkan sebuah proses ataupun fenomena alam serta sosial.tujuan dari teks eksplanasi yaitu ialah untuk dapat menjadi penjelas dari suatu peristiwa. Source: berbagiteks.blogspot.com Jadi pada bagian ini penulis, teks eksplanasi menuliskan kesimpulan yang isinya berupa kesan atau pendapat penulis mengenai fenomena alam atau sosial yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Secara umum, struktur teks eksplanasi dibagi. Source: terkaitteks.blogspot.com Teks eksplanasi merupakan teks yang bertujuan untuk memperjelas suatu peristiwa. Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai apa?

Source: calahantheady.blogspot.com Nah ini nih masalahnya, setelah saya tadi mencari informasi, ternyata jawaban ini lebih tepat untuk pertanyaan yang lain. Paragraf yang disusun dari kalimat utama kemudian diikut. Source: cookderearthe.blogspot.com Secara umum, struktur teks eksplanasi dibagi. Bagian akhir penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai. Source: berbagiteks.blogspot.com Untuk mengetahui alasan dari jawaban tersebut, simak penjelasan berikut.

Bagian penutup atau akhir dari teks eksplanasi yaitu ialah interpretasi. Source: cobasebutkan.blogspot.com Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai general. Berikut adalah penjelasan tentang bagian atau struktur teks eksplanasi yang dilansir dari buku “teks dalam kajian struktur dan kebahasaan”.

Source: cookderearthe.blogspot.com Penutup atau bagian akhir adalah part paling akhir yang ada dalam teks eksplanasi kompleks. Nah ini nih masalahnya, setelah saya tadi mencari informasi, ternyata jawaban ini lebih tepat untuk pertanyaan yang lain.

Source: berbagiteks.blogspot.com Pertanyataan umum dalam teks eksplanasi, pernyataan umum dapat juga disebut sebagai bagian. Interpretasi sendiri memiliki arti pemberian kesan, pendapat, atau bisa juga tafsiran.

Source: terkaitteks.blogspot.com Bagian ini biasanya ditulis dalam 2 atau 3 paragraf. Soal inti teks eksplanasi terdapat pada bagian? Bagian Akhir / Penutup Dari Sebuah Teks Eskplanasi Disebut Sebagai. Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai general.

Pada bagian terakhir teks eksplanasi ada interpretasi. Dalam sebuah paragraf yang baik selalu terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

Kronologis (Urutan Peristiwa) Pengenalan Obyek. Nah ini nih masalahnya, setelah saya tadi mencari informasi, ternyata jawaban ini lebih tepat untuk pertanyaan yang lain. Bagian akhir dari sebuah teks eksplanasi disebut.

Pertanyataan umum dalam teks eksplanasi, pernyataan umum dapat juga disebut sebagai bagian. Bagian Akhir Atau Penutup Dari Sebuah Teks Eksplanasi Disebut Sebagai. Penutup atau bagian bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … adalah part paling akhir yang ada dalam teks eksplanasi kompleks.

Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut interpretasi. Secara umum, struktur teks eksplanasi dibagi. Pada Uraian Di Atas, Sudah Disebutkan Bahwa Bagian Akhir Atau Penutup Dari Sebuah Teks Eksplanasi Disebut Dengan Interpretasi. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan teks eksplanasi ketika sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar di. Jadi pada bagian ini penulis, teks eksplanasi menuliskan kesimpulan yang isinya berupa kesan atau pendapat penulis mengenai fenomena alam atau sosial yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Proses kejadian sering disebut sebagai urutan sebab akibat dari suatu fenomena. Bagian Akhir Atau Penutup Dari Sebuah Teks Eksplanasi Disebut Sebagai Interpretasi. Paragraf yang disusun dari kalimat utama kemudian diikut. Soal inti teks eksplanasi terdapat pada bagian? Bagian akhir penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai. • Yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Pantun Adalah 16 mins ago • Yang Dimaksud Dengan Proporsi Adalah 5 hours ago • Garis Yang Bersudut Dapat Menciptakan Kesan 11 hours ago • Komponen Fisik Yang Dihasilkan Dari Kegiatan Senam Ritmik Adalah 2 days ago • Bunyi Vokal Akhir Pada Baris Baris Puisi Disebut 2 days ago • Yang Bukan Merupakan Ciri Ciri Pantun Adalah 16 mins ago • Pergerakan Lempeng Jenis Yang Terjadi Pada Bagian B Adalah August 31, 2021 • Banyak Lingkaran Pada Pola Ke-10 Adalah August 31, 2021 • Pancasila Sebagai Dasar Negara Dipergunakan Untuk August 31, 2021 • Periodisasi Sejarah Indonesia September 1, 2021
Tahukah Grameds pengertian teks eksplanasi ?

Saat membaca koran atau postingan di media sosial, pernahkah Kamu menemukan pembahasan tentang proses terjadinya suatu peristiwa?

Misalnya saja, proses terjadinya suatu fenomena atau bencana alam, baik itu penjelasan tentang proses tsunami, banjir, hujan, atau yang lainnya. Teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu peristiwa tersebut adalah pengertian teks eksplanasi. Teks eksplanasi sendiri dapat dipahami sebagai sebuah teks yang memiliki isi tentang proses mengapa dan bagaimana kejadian-kejadian alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya yang dapat terjadi di bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … manusia.

Sebuah peristiwa di sekitar Kita yang mengandung sifat hubungan antara sebab dan akibat atau suatu proses terjadinya ini cenderung akan ditulis dalam bentuk eksplanasi.

Teks eksplanasi pada dasarnya menyajikan rentetan kejadian atau peristiwa yang tidak hanya dirasakan sebagai bahan untuk dibaca oleh pembaca. Salah satu tujuan pembuatan teks eksplanasi adalah sebagai bentuk pembelajaran kepada pembaca sehingga mengetahui sekaligus memahami proses terjadinya peristiwa dan alasan peristiwa tersebut bisa terjadi.

Penjelasan tentang teks eksplanasi sebenarnya sudah pernah dijelaskan dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 8, dan diulang lagi ketika menginjak kelas 11. Nah, artikel ini akan menjelaskan tentang materi teks eksplanasi, mulai dari pengertian teks eksplanasi, tujuan, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, dan tentunya contoh sekaligus pembahasannya. Daftar Isi • A. Pengertian Teks Eksplanasi • 1. Barwick (2007:50) • 2. Kosasih (2014:178) • 3. Restuti (2013:85) • 4.

Mahsun (2013:189) • 5. Teks Eksplanasi Menurut Bahasa • Anda Mungkin Juga Menyukai • B. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi • C. Tujuan Teks Eksplanasi • D. Struktur Teks Eksplanasi • 1. Identifikasi Fenomena • 2. Rangkaian Kejadian • 3. Interpretasi • E. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi • F. Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi • 1. Observasi peristiwa yang terjadi di sekitar • bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai ….

Menentukan fokus • 3. Mencatat urutan peristiwa • 4. Membuat kerangka teks eksplanasi • 5. Menyusun teks eksplanasi • G. Contoh Teks Eksplanasi • Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Pengertian Teks Eksplanasi • • Kategori Ilmu Bahasa Indonesia • Materi Terkait A. Pengertian Teks Eksplanasi Pengertian teks eksplanasi telah banyak dibahas oleh para ahli, mulai dari pembahasan definisi secara istilah hingga arti teks eksplanasi secara harfiah. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian teks eksplanasi dari para ahli yang berhasil dirangkum.

1. Barwick (2007:50) Pendapat yang pertama tentang pengertian teks eksplanasi adalah dari Barwick. Barwick mengungkapkan bahwa teks eksplanasi dapat didefinisikan sebagai sebuah teks yang menjelaskan dan mendeskripsikan suatu proses dan alasan dapat terjadi sesuatu di dunia, atau tempat manusia hidup. 2. Kosasih (2014:178) Selanjutnya, pendapat yang kedua mengenai pengertian teks eksplanasi diungkapkan oleh Kosasih.

Kosasih menyebutkan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang memiliki keterkaitan dengan genre pada teks. Teks eksplanasi sendiri dapat diartikan sebagai sebuah teks yang menjelaskan tentang suatu proses atau peristiwa terkait proses, asal usul, atau bisa juga disebut perkembangan dari suatu fenomena atau berupa peristiwa alam, sosial, atau budaya. 3. Restuti (2013:85) Pendapat yang ketiga tentang pengertian teks eksplanasi yaitu dari Restuti.

Restuti mengungkapkan bahwa teks eksplanasi memiliki makna sebagai sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan terkait proses terjadinya peristiwa atau fenomena alam maupun sosial. 4. Mahsun (2013:189) Pendapat tentang pengertian teks eksplanasi yang terakhir berasal dari Mahsun.

Dalam bukunya, Mahsun menjelaskan bahwa teks eksplanasi memiliki struktur yang ditata dan disusun dengan tiga bagian utama. Tiga bagian atau struktur dari teks eksplanasi yaitu meliputi pernyataan umum sebagai pembuka, deretan penjelasan sebagai isi, dan interpretasi sebagai penutup. Rp 24.000 5. Teks Eksplanasi Menurut Bahasa Apabila dikaji menggunakan keilmuan bahasa, maka pengertian teks eksplanasi pada bentuk yang terdiri dari dua kata yang digabung, yaitu kata teks dan kata eksplanasi.

Kata teks sendiri memiliki arti sebagai sebuah tulisan yang panjang. Sementara itu, kata eksplanasi merupakan kata yang diserap dari bahasa Inggris explain, kata explain ini memiliki arti yakni menjelaskan. Jadi, definisi teks eksplanasi secara harfiah adalah sebuah teks yang memiliki fungsi untuk memperjelas suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi di sekitar manusia. Setelah menyimak berbagai penjelasan tentang pengertian teks eksplanasi dari beberapa ahli dan definisi berdasarkan bahasa, maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan proses atau alasan suatu peristiwa dapat terjadi.

Pengertian teks eksplanasi sendiri banyak dipahami sebagai sebuah teks yang mengandung penjelasan tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Kejadian yang dapat dijelaskan oleh teks eksplanasi dapat berwujud kejadian alam maupun kejadian sosial di sekitar manusia yang memiliki hubungan antara sebab dan akibat atau sebuah proses, misalnya seperti bencana alam, fenomena alam, insiden sosial, hingga lahirnya suatu budaya baru.

B. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi Setelah Kamu memahami pengertian teks eksplanasi secara menyeluruh, pada bagian ini akan dijelaskan tentang ciri-ciri dari teks eksplanasi. Ciri-ciri dari teks eksplanasi dapat berguna untuk mengetahui teks eksplanasi dengan teks yang tidak eksplanasi. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri teks eksplanasi, diantaranya yaitu: 1.

Informasi yang dalam teks eksplanasi dibuat berdasarkan fakta atau kejadian yang sebenarnya. 2. Pembahasan dalam teks eksplanasi adalah tentang suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau memiliki keterkaitan dengan suatu ilmu pengetahuan. 3. Penjelasan yang disajikan dalam teks eksplanasi bersifat informatif, sehingga tidak ada maksud untuk memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas. 4. Penjelasan pada teks eksplanasi juga berfokus pada hal umum atau generik dan tidak ada partisipasi dari manusia.

Misalnya saja, seperti tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, tanah longsor, angin puting beliung, dan lain sebagainya. C. Tujuan Teks Eksplanasi Bagi Kamu yang sedang membaca atau bahkan membuat teks eksplanasi, pemahaman tentang pengertian teks eksplanasi dan ciri-ciri di atas akan sangat berguna untuk menganalisis maksud dari teks eksplanasi.

Sebelum Kamu menganalisis teks eksplanasi, Kamu perlu memahami tujuan dari teks eksplanasi. Pada dasarnya, teks eksplanasi memiliki tujuan untuk membuat pembaca mampu menjelaskan fenomena atau peristiwa yang sedang terjadi, dengan menjelaskan proses atau sebab dan akibat dari peristiwa tersebut. Selain itu, teks eksplanasi juga dapat dijelaskan dengan menyebut mengenai hukum sebab dan akibat suatu peristiwa.

Pembahasan dari teks eksplanasi biasanya terdiri dari alasan mengapa peristiwa itu terjadi dan akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Hal ini yang membuat teks eksplanasi sering juga disebut sebagai teks yang berisi kumpulan berbagai informasi dan fakta. D. Struktur Teks Eksplanasi Pada bagian ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang struktur dari teks eksplanasi. Pemahaman struktur ini akan sangat berguna untuk membedakan teks eksplanasi dengan teks yang lain.

Struktur sendiri memiliki peran sebagai kerangka atau susunan dari sebuah teks. Nah, berikut ini adalah tiga struktur utama dari teks eksplanasi yang perlu diketahui, diantaranya yaitu: 1. Identifikasi Fenomena Bagian yang pertama dari struktur teks eksplanasi adalah identifikasi fenomena.

Identifikasi fenomena sendiri dapat dipahami sebagai penjelasan dari sebuah teks eksplanasi tentang gambaran umum tentang suatu fenomena atau peristiwa alam yang akan dibahas. Bagian ini terletak di awal teks eksplanasi dan biasanya digunakan untuk mengenalkan tentang proses terjadi sebuah peristiwa atau fenomena alam. 2. Rangkaian Kejadian Bagian yang kedua dari struktur teks eksplanasi yaitu rangkaian kejadian.

Setelah memahami secara umum fenomena yang akan dibahas pada sebuah teks eksplanasi, maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai penyebab sekaligus akibat yang dapat terjadi dari fenomena tersebut. Rangkaian kejadian ini memiliki peran sebagai isi atau bisa dikatakan sebagai badan dari teks eksplanasi.

Pada bagian ini, Kamu dapat membuat deskripsi atau penjelasan tentang sebab dan akibat ke dalam beberapa paragraf. Beberapa orang yang sering menyebut bagian isi dari teks eksplanasi ini sebagai deretan penjelas.

Hal ini dikarenakan rangkaian kejadian berisi berbagai penjelasan tentang proses dari peristiwa atau fenomena yang terjadi. 3. Interpretasi Bagian yang ketiga dari teks eksplanasi yang perlu Kamu ketahui yaitu interpretasi.

Interpretasi ini sendiri berada di bagian akhir dari teks eksplanasi atau memiliki peran sebagai penutup dari penjelasan suatu peristiwa yang dibahas. Selain itu, interpretasi juga memuat pembahasan tentang ulasan atau penarikan kesimpulan dari penulis tentang peristiwa tersebut Pada bagian ini, Kamu dapat memberikan pernyataan atau tanggapan tentang fenomena yang telah Kamu angkat dalam teks eksplanasi.

E. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Selanjutnya, setelah memahami struktur dari teks eksplanasi, Kamu akan dijelaskan tentang kaidah kebahasaan dari teks eksplanasi.

Kaidah kebahasaan dalam sebuah teks memiliki fungsi sebagai bahasa khas dari teks tertentu. Kaidah kebahasaan dapat digunakan untuk membedakan berbagai teks dalam materi Bahasa Indonesia, misalnya seperti membedakan teks eksplanasi dengan dengan teks yang lain.

Berikut ini beberapa kaidah kebahasaan yang perlu diperhatikan dalam menyusun teks eksplanasi, diantaranya yaitu: 1. Isi teks berdasarkan fakta yang sebenarnya terjadi, hal ini termasuk nonsastra. 2. Banyak memakai konjungsi kausalitas atau sebab akibat (seperti: sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga, dst.) dan konjungsi kronologis atau hubungan waktu (seperti: kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya, dst.).

3. Banyak menggunakan kata ganti berwujud kata benda dan kata bukan kata ganti orang seperti demonstrasi, banjir, gempa, gerhana, embrio, dan lain sebagainya. 4. Banyak menggunakan kata kerja pasif seperti terlihat, terbagi, terwujud, terakhir, dimulai, ditimbun, dilahirkan. 5. Banyak menggunakan istilah teknis atau ilmiah sesuai topik yang sedang dibahas.

6. Banyak menggunakan kata kopula, seperti adalah dan merupakan. F. Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi 1. Observasi peristiwa yang terjadi di sekitar Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan untuk menulis teks eksplanasi adalah mengamati peristiwa yang terjadi di sekitar. Dalam kehidupan sehari-hari pasti Kamu banyak menemukan peristiwa atau kejadian yang terjadi. Setiap peristiwa atau kejadian pasti memiliki keunikannya masing-masing.

bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …

Maka dari itu, peristiwa atau kejadian ini bisa dijadikan bahan utama dalam penyusunan teks eksplanasi yang baik dan menarik. Supaya teks eksplanasi yang Kamu buat dapat dengan mudah dipahami, Kamu dapat membahas hal di sekitarmu, misalnya seperti pembahasan tentang udara yang selalu Kita hirup, penyebab udara di pagi lebih terasa dingin dibandingkan udara pada saat waktu siang hari.

Kamu juga bisa membahas tentang, bagaimana proses terbentuknya embun pada saat pagi hari dan kenapa pada saat memasuki waktu sore hari tidak ada embun. Nah, segala hal yang memiliki proses yang berubah atau berhubungan sebab akibat dapat dilakukan observasi. 2. Menentukan fokus Pada saat Kamu melakukan pengamatan untuk mendapatkan informasi atau data dari peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, hal yang perlu Kamu lakukan berikutnya adalah fokus terhadap peristiwa yang Kamu amati atau observasi.

Selain itu fokus, Kamu juga perlu menentukan batasan terhadap peristiwa, seperti seberapa dalam atau seberapa luas fokus yang Kamu ambil dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Menentukan fokus menjadi penting agar tulisan yang akan Kamu buat tidak melebar ke mana-mana. 3. Mencatat urutan peristiwa Selain menentukan fokus, hal yang juga penting untuk dilakukan pada saat pengamatan untuk mendapatkan bahan menulis teks eksplanasi adalah mencatat urutan peristiwa.

Dalam melakukan pencatatan, ada baiknya Kamu mencatat dengan cermat peristiwa yang sedang Kamu amati, bahkan Kamu dapat mencatat semua hal yang Kamu amati. Hal ini akan meminimalisir kekurangan bahan ketika menulis teks eksplanasi. Selain itu, pencatatn akan diperlukan untuk membuktikan kebenaran dari pengamatan yang telah Kamu lakukan. 4. Membuat kerangka teks eksplanasi Setelah mendapatkan informasi atau data, urutan kejadian, hingga fakta dari hasil pengamatan, langkah berikutnya yang perlu Kamu lakukan adalah menyusun kerangka teks eksplanasi terlebih dahulu.

Pada tahap ini, Kamu dapat menentukan atau membagi setiap bagian dari peristiwa tersebut agar sesuai dengan struktur teks eksplanasi. Struktur dari teks eksplanasi sendiri yaitu meliputi identifikasi fenomena atau pernyataan umum, dilanjut dengan rangkaian peristiwa, dan yang terakhir adalah interpretasi atau ulasan dari penulis.

5. Menyusun teks eksplanasi Setelah melakukan beberapa langkah di atas, langkah berikutnya yang perlu Kamu lakukan adalah menulis teks eksplanasi. Kerangka atau struktur teks eksplanasi yang telah Kamu memiliki tujuan agar Kamu lebih mudah dalam menyusun teks secara menyeluruh.

Pada saat Kamu menulis teks eksplanasi, Kamu dapat berangkat dari apa yang sudah Kamu buat di kerangka teks eksplanasi. Selain itu, dalam menulis teks eksplanasi, Kamu sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga memudahkan pada saat dibaca. G. Contoh Teks Eksplanasi Banjir Mendengar kata banjir memang sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita. Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS).

Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.

Penyebab Alami Banjir Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi berkurang. Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran permukaan (run-off) di atas tanah dan sebagian meresap ke dalam tanah, yang tentunya bergantung pada kondisi tanahnya. Ketika suatu kawasan hutan diubah menjadi pemukiman, hutan yang bisa menahan aliran permukaan cukup besar diganti menjadi permukiman dengan resistensi aliran permukaan kecil.

Akibatnya ada aliran permukaan tanah menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit aliran sungai yang besar. Penyebab Banjir karena Faktor Sosial Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya.

Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman, debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali. Angka 6 dan angka 20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis permukiman.

Demikian pula untuk perubahan yang lainnya akan terjadi peningkatan debit puncak yang signifikan. Deforestasi, degradasi lingkungan dan pembangunan kota yang penuh dengan bangunan beton dan jalan-jalan aspal tanpa memperhitungkan drainase, daerah resapan, dan tanpa memperhatikan data intensitas hujan dapat menyebabkan bencana alam banjir. Pembuangan sampah di DAS membuat sungai tersumbat sampah. Jika air melimpah, air akan keluar dari sungai karena daya tampung saluran berkurang. Kawasan padat penduduk di sepanjang sungai/drainase dapat menjadi penghambat aliran dan daya tampung sungai.

Masalah kawasan kumuh dikenal sangat penting sebagai faktor sosial terhadap masalah banjir daerah perkotaan. Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Pengertian Teks Eksplanasi Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1
Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai apa?

Teks eksplanasi merupakan teks yang bertujuan untuk memperjelas suatu peristiwa. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan teks eksplanasi ketika sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Teks eksplanasi bisa menjadi penjelasan dari sebuah proses atau suatu kejadian tertentu. Penjelasan pada teks eksplanasi bisa merujuk pada hal-hal alamiah ataupun teori dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Salah satu ciri dari teks eksplanasi adalah menggunakan kalimat pasif.

Kemudian, pada umumnya sebagian besar teks eksplanasi menggunakan bahasa atau penjelasan secara ilmiah. Selain itu, pembahasannya biasanya fokus pada hal-hal umum atau generik. Baca Juga : Awas Salah! Ini Karakteristik atau Ciri dari Teks Eksplanasi yang Benar yaitu Memuat Isi Bagian Akhir Atau Penutup dari Sebuah Teks Eksplanasi Disebut Sebagai?

Dalam membuat teks eksplanasi kamu tidak boleh sembarangan. Karena ada struktur-struktur yang harus kamu ketahui.

Berikut struktur teks eksplanasi yang baik dan benar. 1. Pernyataan umum Biasanya pernyataan umum berisi tentang berbagai macam proses dalam suatu peristiwa. Misalnya saja adalah proses terjadinya, proses terbentuk, dan masih banyak lagi lainnya. 2. Deretan penjelas Fungsi utama dari suatu teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu.

Oleh karena itu dalam teks eksplanasi terdapat deretan kalimat penjelas peristiwa itu dapat terjadi. 3. Interpretasi atau penutup Bagian terakhir yaitu interpretasi atau bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …. Pada bagian ini kamu perlu menjelaskan kesimpulan dari suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Ketika ingin membuat teks eksplanasi kamu harus membuat kerangkanya terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar nantinya penjelasan yang kamu berikan bisa diterima oleh audiens dengan baik. Jangan sampai audiens merasa kesulitan menangkap pesan yang ingin kamu sampaikan. Membuat teks eksplanasi sendiri bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Walaupun terlihat cukup sederhana akan tetapi untuk membuat teks eksplanasi dengan baik dan benar dibutuhkan skill yang tersendiri.

Baca Juga : Teks Eksplanasi Bertujuan untuk Menyajikan Informasi Berupa Fakta dan Memberikan Pemahaman yang Jelas? Setelah membaca mengenai struktur dari penulisan teks eksplanasi seharusnya kamu tidak kesulitan lagi untuk menjawab pertanyaan bagian akhir dari sebuah teks eksplanasi. Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi disebut sebagai interpretasi. Klik dan dapatkan info kost di dekatmu: Kost Jogja Harga Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai … Kost Jakarta Harga Murah Kost Bandung Harga Murah Kost Denpasar Bali Harga Murah Kost Surabaya Harga Murah Kost Semarang Harga Murah Kost Malang Harga Murah Kost Solo Harga Murah Kost Bekasi Harga Murah Kost Medan Harga Murah

Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan kelas 9 semester 2




2022 www.videocon.com