Fungsi musik dalam tari adalah sebagai

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Musik Dalam Tari Musik merupakan denyut nadi dalam sebuah tarian. Musik dan tari merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dengan adanya musik dapat mengatur tempo dalam satu gerakan, memberikan suasana dalam tarian baik suasana sedih, genbira, tegang ataupun marah. Oha Graha mengungkapkan beberapa Fungsi Musik Dalam Taridiantaranya adalah ( 1997 : 44 ) 1. Fungsi Musik Dalam Tari adalah Memberi irama (membantu mengatur waktu) Kita kenal bahwa tari itu terdiri dari gerak-gerak yang berirama, mengatur atau menentukan irama, sangat sulit menari tanpa musik.

Dimana irama dalam tari yaitu pengatur waktu (tempo) cepat dan lambatnya dari suatu rangkaian gerak, dan perlu saling mengisi dan saling mengiringi. 2. Fungsi Musik Dalam Tari adalah Memberi ilustrasi atau gambaran suasana Dalam tari, suasana atau ilustrasi sangat erat hubungannya dengan watak fungsi musik dalam tari adalah sebagai, terutama pada tari tradisional yang sangat memerlukan berbagai suasana.

Adapun watak dalam suasana tari antara lain watak luguh/ halus, watak lenyap/ ganjen, dan gagah. 3. Fungsi Musik Dalam Tari adalah Membantu mempertegas ekspresi gerak Dalam tarian sudah barang tentu mempunyai tekanan-tekanan gerak yang diatur oleh tenaga. Mempertegas ekspresi gerak akan lebih sempurana di iringi atau di pertegas oleh hentakan instrumen musik sebagai pengiring tari.

4. Fungsi Musik Dalam Tari adalah Rangsangn bagi penari Sudarsono mengatakan elemen dasar dari tari adalah gerak dan ritme, Maka elemen dasar dari musik adalah nada Ritme dan Melodi. Sejak zaman prasejarah sampai sekarang dapat dikatakan dimana ada tari disitu pasti ada musik, musik dalam tari bukan hanya sekedar pengiring, tetapi musik adalah patner tari yang tidak boleh ditinggalkan, musik dapat memberikan suatu irama yang selaras sehingga dapat membantu mengatur ritme atau hitungan dan dapat juga memberikan gambaran dalam ekspresi suatu gerakan Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih iringan antara lain • Iringan disesuaikan dengan tema atau judul tari • Iringan disesuaikan dengan tema atau judul tari • Iringan disesuaikan dengan penari.

Maksudnya, yang menari anak-anak fungsi musik dalam tari adalah sebagai dewasa. • Iringan disesuaikan dengan kemampuan berkreasi para siswa. • Iringan disesuaikan dengan musik yang ad Sudarsono mengatakan elemen dasar dari tari adalah gerak dan ritme, Maka elemen dasar dari musik adalah nada Ritme dan Melodi. Sejak zaman prasejarah sampai sekarang dapat dikatakan dimana ada tari disitu pasti ada musik, musik dalam tari bukan hanya sekedar pengiring, tetapi musik adalah patner tari yang tidak boleh ditinggalkan, musik dapat memberikan suatu irama yang selaras sehingga dapat membantu mengatur ritme atau hitungan dan dapat juga memberikan gambaran dalam ekspresi suatu gerak (1997 : 46)
Fungsi Musik dalam Tari – Ibarat sayur tanpa garam, begitulah perumpamaan yang bisa disematkan saat mendengar istilah seni tari tanpa musik.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Bagaimana tidak, peran musik dalam kesenian akan selalu menjadi vital, terutama dalam seni tari. Pengertian Seni Tari adalah sebuah kesenian yang mengedepankan gerakan tubuh, baik tangan, kaki, kepala dan badan, dengan 3 unsur utamanya yakni raga, irama dan rasa.

Jika 3 unsur seni tari tersebut tidak lengkap, maka keefektifan tarian akan berakhir gagal, dalam artian, tidak berhasil menciptakan kesempurnaan dalam sebuah pertunjukkan yang sedang berlangsung.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Fungsi Musik dalam Seni Tari merupakan gerakan tubuh yang disesuaikan dengan irama musik yang dimainkan, agar pesona dan keindahannya semakin terpancar. Bayangkan jika tidak menggunakan musik, malah kesannya akan jadi aneh dan tidak memiliki daya tarik lagi, sama halnya dengan drama teater dan pewayangan.

Selain itu, Fungsi Musik dalam Tari juga merupakan sarana untuk mengungkapan emosional jiwa, meliputi cetusan rasa dan disertai kehendak, serta sebagai ekspresi diri manusia melalui gerak-gerak ritmis yang indah. Daftar Isi • Pengertian Seni Musik • Fungsi Musik dalam Tari yang sangat Penting • Peran Musik sebagai Penyalur Rangsangan • Mendeskripsikan Suasana dalam Tarian • Fungsi Musik sebagai Pengatur Gerak Tari • Membangkitkan Emosional Penonton • Pengontrol Ritme Gerak • Pembuka dan Penutup Tampilan • Cara memilih Lagu yang Pas untuk Pertunjukkan Tari • Relevansi Lagu dengan asal daerah Tarian • Keterkaitan lagu dengan Tema Tarian • Lagu disesuaikan dengan Usia Penari • Related posts: Pengertian Seni Musik Seni musik adalah pengelompokan musik ke dalam kategori klasik, dengan tolok ukur dari sejarah musik, diluar nilai seni itu sendiri.

Menurut ahli Sejarah, kata “Musik” berasal dari sekumpulan nama dewi kesenian bangsa Yunani Purba, yaitu Musae. Sedangkan “Seni” adalah keahlian seseorang dalam menciptakan karya bermutu, punya nilai dan kesan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, Pengertian Seni musik adalah bidang seni yang berhubungan dengan alat musik, dan irama yang keluar dari alat musik itu. Fungsi Fungsi musik dalam tari adalah sebagai dalam Tari yang sangat Penting Manfaat Musik dalam seni tari sampai kapanpun tidak akan pernah terpisahkan.

Namun dibalik kenyataan tersebut, fungsi musik dalam tari nyatanya memiliki peran yang digolongkan kedalam beberpa poin oleh Senipedia, yakni adalah : Peran Musik sebagai Penyalur Rangsangan Manfaat musik dalam kesenian tari bisa memberikan rangsangan, dalam rangka mempengaruhi indra, dan membangkitkan perasaan tertentu seperti kegembiraan, kesedihan dan keberanian yang sejalan dengan tema tarian.

Gerak dan ritme adalah elemen dasar seni tari, sedangkan Nada, Ritme dan Melodi akan datang dari Musik. Kombinasi dari elemen-elemen ini bisa memberikan kesan yang kuat serta penjiwaan yang maksimal dari para penari.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Mendeskripsikan Suasana dalam Tarian Hampir seluruh Jenis Tari Tradisional di Indonesia mengandung pesan, kesan dan makna didalamnya, dan juga hampir keseluruhannya diiringi oleh musik daerah masing-masing. Dalam kasus ini, musik bertugas memberikan gambaran suasana dan ilustrasi keadaan yang ada pada tema tarian terntu, sesuai dengan maknanya, baik bagi para penari maupun penonton yang sedang menyaksikan.

Misalnya Tari Piring asal Sumatera Barat, keceriaan musik akan terdengar dalam tarian ini, karena Makna Tari Piring erat dengan kebahagiaan dan puji-pujian terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Fungsi Musik sebagai Pengatur Gerak Tari Sangat sulit membayangkan bagaimana jadinya bilamana Sebuah pementasan tari tidak diiringi musik. Tidak perlu memikirkan yang lain, sebut saja seperti pengaturan tempo gerakan, pastinya akan sangat sulit.

Fungsi Musik dalam Tari adalah gerakan-gerakan yang berirama dengan tempo pas, dan tempo gerakan itu sendiri diatur oleh musik pengiringnya, sehingga terciptalah varian gerak yang tersusun dan rapi, serta menyuguhkan suatu keindahan. Membangkitkan Emosional Penonton Pada pementasan seni tari, penonton termasuk elemen penting, ekspresi dan reaksi dari mereka akan mampu menumbuhkan semangat dan keseriusan bagi penari selama penampilan.

Tepuk tangan, ekspresi WOW dan sorakan penonton pada momen-momen tertentu, akan bisa memicu kekompakan penari untuk memberikan pertunjukan terbaik.

Nah, emosional yang muncul dari penonton tentunya datang dari iringan musik yang dimainkan, dan gerakan tarian yang seiring serta berkaitan. Bahkan jika tidak ada musik, saat penonton mengekspresikan emosional, tentu bisa mengganggu kefokusan penari karena akan terkesan ribut. Pengontrol Ritme Gerak Gerakan yang ada pada sebuah tarian tentu tidaklah monoton dari awal hingga akhir, didalamnya terdapat gerakan lemah gemulai, lembut, sedang hingga gerakan cepat. Seluruh gerakan tersebut diatur oleh iringan musik yang menemani, dan setiap ritme gerakan, maka fungsi musik dalam tari adalah sebagai / musik yang dimainkan juga akan secara otomatis menyesuaikan, yang kemudian diikuti oleh penari.

Selain itu, Musik dalam tari berfungsi sebagai penanda sekaligus pemberi kode dalam pergantian gerak, antara gerak sebelum dan sesudahnya, sehingga ritme akan terus mengalir dengan sejajar. Pembuka dan Penutup Tampilan Musik juga berperan dalam memberikan notifikasi baik kepada penari maupun penonton, tentang kapan harus fungsi musik dalam tari adalah sebagai hingga waktu tampilan berakhir.

Ini juga berguna agar penetasan sesuai dengan waktu yang disediakan, tidak keluar dari konsep pertama, dalam artian tidak kurang maupun berlebih. Selain itu, dengan adanya musik di awal dan penutup, pertunjukan tari menjadi lebih efektif, karena pelaku dan penikmat bisa tahu kapan harus fokus dan kapan harus mencairkan suasana. Cara memilih Lagu yang Pas untuk Pertunjukkan Tari Dari 6 Fungsi musik dalam tari diatas, setidaknya kamu sudah mengetahui bagaimana andil sebuah musik iringan, dalam memberikan peranan penting bagi suatu pementasan tarian.

Namun meskipun begitu, tidak berarti semua jenis musik / lagu bisa dijadikan iringan dalam pertunjukkan. Hal ini dikarenakan jenis musik yang beragam sehingga setiap tarian punya jenis yang cocok dan yang tidak. Untuk itu, ada beberapa poin yang harus lebih dulu dipahami dan dipertimbangkan sebelum menetapkan musik / lagu iringan. Dibawah ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam memilih lagu yang akan dijadikan latar sebuah seni tari : Relevansi Lagu dengan asal daerah Tarian Maksudnya, Lagu yang dipilih harus sesuai dengan tema yang terkandung dalam tarian, begitu juga dengan alat musik yang digunakan.

Kita umpamakan saja tari tersebut berkaitan erat dengan Karakteristik dan penyebutan suatu daerah, sebut saja Tari Saman misalnya, yang mengusung lagu “ Bungong Jeumpa“, sebagai lagu asli tanah Aceh. Keterkaitan lagu dengan Tema Tarian Tema di daerah itu sangat beragam, ada yang tergantung dari keadaan daerah pada masa penciptaannya, ada pula berdasarkan suatu sebab-akibat yang terjadi.

Misalnya Tari Piring, yang berlatar puji-pujian kepada Allah SWT karena telah dikaruniai hasil panen melimpah, sehingga tema lagu yang dibawakan bernuansa ceria dan bahagia. Lagu disesuaikan dengan Usia Penari Pelakon yang terdiri dari kalangan dewasa dan anak-anak akan memiliki perbedaan dalam beberapa hal, dan yang paling mencolok adalah soal lagu pengiringnya.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Cukup sesuaikan nuansa dengan usia. Meski iringan lagu dan musik telah ditentukan atau tidak bisa diubah, namun masih bisa di arangsemen demi menyesuaikan demografi kategori umur dari penari. Selain 3 poin diatas, tips memilih lagu untuk tari yang lainnya adalah, dengan menyesuaikan lagu dengan kemampuan berkreasi penari, serta kelengkapan alat musik yang tersedia.

Penutup Demikianlah, ulasan mengenai Pengertian Seni Musik, Fungsi Musik dalam Tari dan tips cara memilih Lagu untuk pengiring tari tradisional. Baca juga : • 10 Fungsi Musik dalam Pementasan Teater • 5 Jenis Alat Musik Berdasarkan Bunyi beserta Contoh • 6 Perbedaan Musik Tradisional dan Modern • Fungsi Properti Tari Semoga ulasan ini bisa memberi manfaat serta wawasan baru bagi kamu, mengenai hubungan musik dengan seni tari.

Terima kasih dan jangan lupa baca ulasan lainnya. ( Referensi) Tulisan Terbaru • CARA DOWNLOAD DRAMA KOREA + SUBTITLE INDO • Pantun Malam Minggu • Pantun Selamat Berbuka Puasa • 30+ ANIME 3D TERBAIK, TAMPAK SEPERTI ASLINYA • Pantun Hari Raya Idul Fitri • Pantun Selamat Malam • Pantun Motivasi Hidup • Situs Freelancer Indonesia • Pantun Motivasi Sukses • Pantun Motivasi Kerja Merdeka.com - Fungsi musik dalam tari ada banyak macamnya.

Musik sendiri merupakan sebuah hal yang tak mungkin dapat dipisahkan di dalam dunia seni tari. Sebab melalui musik, semua jenis tarian yang tercipta fungsi musik dalam tari adalah sebagai seluruh penjuru dunia akan terkesan lebih hidup dan berwarna. Bukan hanya tarian tradisional, segala bentuk tarian modern juga akan selalu membutuhkan irama dan denyut nadi yang bernama musik.

Sekalipun musik hanya terdengar lirih, namun tarian akan tetap berdetak dan merasuk hingga ke jiwa sang penari sendiri. Sejak zaman dahulu, berbagai musik sebagai pengiring tarian pun sudah mulai diciptakan.

Meski hanya berbekal dengan alat musik sederhana dari lingkungan sekitar, namun tarian tradisional yang tercipta pada masa lampau dinilai lebih memiliki makna magis. Sebagai contohnya, musik dapat mengantarkan sang penari menuju kepada rasa emosionalnya yang terdalam. Saking dalamnya, beberapa fenomena pernah menangkap betapa magisnya kekuatan musik pada sang penari.

BACA JUGA: Sudah Memaafkan, Ini Alasan Andika Kangen Band Tetap Somasi Tri Suaka dan Zidan Cerita di Balik Kesuksesan Album, Raisa Ungkap Caranya Atur Susunan Lagu Lantas, sebenarnya apa saja yang menjadi fungsi musik dalam tari tersebut?

Berikut ulasannya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Simbol Budaya Fungsi musik dalam tarian yang pertama adalah sebagai simbol budaya. Yang dimaksud menjadi simbol budaya di sini, musik akan selalu hadir melengkapi gerakan tarian. Kedua unsur ini lah yang kemudian membentuk sebuah budaya dari masyarakat. Tentu saja, iringan musik dalam tarian akan selalu berkaitan erat dengan bagian dari kebiasaan yang akan diingat oleh masyarakat tempat tarian tersebut berasal.

BACA JUGA: Sudah Berdamai, Ini Momen Andika Mahesa dan Tri Suaka Nyanyi Bareng Rela ke Lampung Demi Minta Maaf, Ini Potret Tri Suaka Bareng Andika Kangen Band ©2017 Merdeka.com Dilihat dari perbedaannya, musik yang telah mendarah daging menjadi bagian budaya tersebut sangat beragam.

Jadi, bukan hanya alunan musiknya saja yang menjadi identitas suatu masyarakat, melainkan juga bentuk hingga jenis dari alat musik itu sendiri. Beberapa contohnya yaitu meliputi gamelan hingga non gamelan yang berupa perkusi. BACA JUGA: Main di Tiga Judul Film, Tria Ungkap Awal Mula The Changcuters Terjun di Dunia Akting Tantri Ceritakan Momen Terendah Bersama Kotak, Sempat 'Perang Dingin' & Ingin Fungsi musik dalam tari adalah sebagai Pesan tersebut seolah dikomunikasikan oleh penari dalam wujud gerakan yang begitu indah.

Dengan penambahan musik, maka suasana atau gambaran yang ingin disampaikan kepada penonton menjadi semakin jelas.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho Berbagai jenis alunan musik pun juga dinilai sangat mempengaruhi latar suasana di dalam tarian itu sendiri. Beberapa karakter suasana yang ingin dibangun dalam tari yakni berupa watak halus, keras, indah, atau pun gagah. BACA JUGA: 4 Fakta Adelia Lontoh, Istri Duta Sheila On 7 yang Kini Curi Perhatian Tetap Manggung saat Hamil, Intip Potret Fathia Izzati Pamer Baby Bump Terlebih, jika tarian tersebut menggunakan musik sebagai latarnya.

Maka fungsi musik dalam tari yang satu ini menjadi sesuatu hal penting.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

©Liputan6.com/Johan Tallo Hampir mustahil bagi penari untuk dapat menyesuaikan irama dan menentukan waktu di setiap gerakan tanpa dibantu dengan alunan musik. Dimana irama dalam tari yaitu pengatur waktu cepat atau lambatnya dari suatu rangkaian gerak serta saling mengiringi. Saat tempo yang dimainkan oleh penari cukup baik, maka kekompakan penari pun juga dapat dilakukan dengan baik pula.

Sebab, semua penari akan memiliki sebuah nada ketukan yang sama saat melakukan pergantian gerakan secara bersama-sama.

Mustahil bagi penari dapat menunjukkan gerakan yang sama tanpa iringan musik di belakangnya. Meningkatkan Rasa Emosional Fungsi musik dalam tari yang keempat adalah sebagai instrumen yang meningkatkan rasa emosional dari sang penari.

Bagi penari, emosi merupakan salah satu hal penting yang diperhatikan. ©Liputan6.com/Johan Tallo Sebab, penari dinilai mampu membawakan tarian dengan lebih indah saat mereka mengilhami setiap gerakan yang dibawakannya.

Musik merupakan sarana yang dapat membantu penari agar lebih dekat dengan penghayatan terhadap tarian itu sendiri.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Bahkan, sejak zaman prasejarah, musik tersebut merupakan bagian dari tari yang tak boleh ditinggalkan. Di beberapa tarian, musik bahkan dapat mengundang hawa mistis tatkala sang penari terlalu terbawa fungsi musik dalam tari adalah sebagai suasana yang berhasil dibangun. Mempertegas Gerak Fungsi musik dalam tari yang terakhir adalah untuk mempertegas gerakan.

Dalam seni tari, tentu terdapat banyak gerakan yang ditonjolkan dengan tekanan-tekanan tertentu. Tekanan tersebut diatur oleh tenaga yang ada di dalam tubuh. Hal ini tak lain untuk memberikan suasana dan kesan yang lebih dalam bagi penonton saat mengamati setiap gerakan tari. ©2020 Mladen ANTONOV / AFP Untuk mendapatkan energi tersebut, di sana lah musik hadir untuk melengkapi gestur penari. Mempertegas ekspresi gerakan tari akan lebih sempurna saat terdengar hentakan atau perpindahan nada dari musik yang mengalun merdu dan jelas.

Pada beberapa tarian seperti karakter yang tegas, maka musik juga akan menyesuaikan. Hal tersebut juga berlaku saat tarian pada karakter lembut, maka iringan musiknya akan terdengar lebih halus. 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 VIDEO: Iptu Asep Saefuloh, Polisi Dimaki Penumpang Alphard Fungsi musik dalam tari adalah sebagai Sukaresik Selengkapnya
MLADEN ANTONOV / AFPPenari tradisional Thailand yang mengenakan pelindung wajah tampil di Kuil Erawan, yang dibuka kembali setelah pemerintah Thailand melonggarkan langkah-langkah untuk memerangi penyebaran coronavirus novel COVID-19, di Bangkok pada 4 Mei 2020.

Thailand mulai melonggarkan pembatasan terkait dengan COVID -19 pada 3 Mei dengan memungkinkan berbagai bisnis untuk dibuka kembali, tetapi memperingatkan bahwa langkah-langkah yang lebih ketat akan diberlakukan kembali jika kasus meningkat lagi.

KOMPAS.com - Pementasan tari mequpakan sebuah kegiatan seni yang bersifat kompleks. Dalam buku Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi (2012) karya Sumandiyo Hadi, meskipun inti tari adalah rangkaian gerak ritmis tubuh dengan tujuan, sebuah penampilan tari harus didukung oleh unsur lain. Tanpa dukungan unsur lain sebuah penampilan tari tidak akan berhasil. Salah satu unsur tersebut adalah musik pengiring. Fungsi utama musik sebagai pengiring tari adalah untuk memberikan tuntunan irama, ketukan, atau tempo.

Sehingga pemilihan musik pengiring harus disesuaikan dengan irama dan tema tarian. Baca juga: Hari Tari Internasional 2020 Selain itu, terkadang musik pengiring digunakan untuk memperjelas tema tarian. Misalnya lagu kebunku untuk mengiringi tarian bertema cinta alam semesta. Terdapat tiga fungsi musik sebagai pengiring tari, yaitu: • Musik tari berfungsi sebagai iringan ritmis • Musik tari berfungsi sebagai ilustrasi atau pendukung suasana • Musik tari berfungsi sebagai kombinasi harmonis antara iringan ritmis dan ilustrasi Musik pengiring Musik tari digunakan sebagai ilustrasi atau pendukung susana.

Musik pengiring garus menimbulkan kesan “berbicara“ atau komunikasi dan merupakam kesatuan sempurna antara musik dan tari. Musik pengiring sdbagai ilustrasi banyak digunakan untuk koreografi dalam bentuk sajian yang bersifat literal atau bercerita.

Baik tipe dramatik ataupun dramatari. Analisi musik pengiring tari adalah kombinasi antara musik yang ritmis sesuai dengan gerak tarinya dan sebagai ilustrasi.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Sebagain besar garapan tari menggunakan musik untuk menghindari sifat monoton atau statis dan lebih bervariatif, serta untuk kepentingan harmoni antara tari dan musik. Baca juga: Jenis Tata Rias Seni Tari
Tari dan musik adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dalam konteks seni pertunjukan tari, keberadaan unsur musik memiliki peran penting dalam memberikan warna dan karakter penyajian gerak yang ingin disampaikan.

Selain itu, peran musik dalam tari mampu memberikan penekanan nilai estetika terhadap makna gerak dan keindahan gerak yang dibawakan dalam sebuah penyajian tari.

Dalam penyajian tari tradisional, unsur musik begitu dominan dan kuat sehingga mampu membuat tari yang dibawakan memiliki karakter penyajian yang disesuaikan dengan tema dan tujuan dari penyajian tari tersebut. 1. Jenis Musik dalam Tari Dua jenis musik yang terdapat dalam tari, yaitu musik internal dan musik eksternal.

Musik internal adalah musik yang ditimbulkan atau dihasilkan dari diri penari sendiri.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Misalnya teriakan, tepukan tangan, siulan, nyanyian, dan sebagainya. Musik eksternal adalah musik yang ditimbulkan dari luar diri penari. Musik eksternal dimaksud, seperti gending-gending gamelan, suara-suara yang ditimbulkan dari alat-alat musik atau benda-benda lainnya yang digunakan untuk musik tari. Namun demikian, tidak sedikit dalam penggarapan tarian karya baru menjadikan musik internal dan musik eksternal digunakan keduanya dalam satu garapan tari.

TARI GAMBYONG Tarai daerah nusantara sangat beragam baik dalam bentuk maupun musik pengiring tariannya. Beberapa contoh musik internal dan eksternal dalam tarian daerah nusantara antara lain sebagai berikut.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

No. Nama Tari Jenis Musik Pengiring 1. Tari Gambyong Tari gambyong akan diiringi dengan musik dari seperangkat gamelan dan tembang Jawa.(eksternal) 2. Tari Zapin Arab Zapin biasanya diiringi oleh beberapa instrumen muzik tradisional dan genre lagunya biasanya genre Samrah.Instrumen yang terlibat pula ialah Biola, Marwas dan Gambus.(eksternal) 3. Tari Remo Tari remo ditarikan diiringi dengan musik gamelan dalam suatu gending yang terdiri dari bonang, saron, gambang, gender, slentem, siter, seruling, ketuk, kenong, kempul dan gong dan irama slendro.(eksternal) 4.

Tari Saman Tari saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah.(internal).

5. Tari Kecak Tari Kecak tidak diiringi dengan alat musik/gamelan, tetapi hanya diiringi dengan paduan suara sekitar 70 - 100 orang pria.(internal) 6. Tari Merak Tari Merak diringi seperangkat alat musik gamelan Sunda. (eksternal) 7. Tari Rampai Tari Rampai dirirngi dari olahan vokal maupun lagu yang disertai puji-pujian kepada Nabi Muhammad, serta suara tepukan-tepukan dari fungsi musik dalam tari adalah sebagai badan penari.

(internal) 8. Tari Seudati Tari Seudati tidak diiringi alat musik, melainkan hanya dengan beberapa bunyi yang berasal dari tepukan tangan ke dada dan pinggul, hentakan kaki ke lantai, dan petikan jari.(internal) 9. Tari Topeng Cirebon Musik pengiring tari topeng Cirebon ini adalah menggunakan gamelan khas Cirebon.(eksternal) Musik dalam tari memiliki peran penting dalam memperkuat keutuhan penyajian tari.

Kedudukannya tidak hanya mampu sebagai pengiring tarian saja, melainkan mampu pula berperan sebagai penguat suasana dan penekanan terhadap penyampaian dari makna gerak yang dipresentasikan. Keberadaan musik dalam tari merupakan hal yang sangat penting.

fungsi musik dalam tari adalah sebagai

Peranan atau kedudukan musik dalam tari bukan sebagai pengiring, melainkan sebagai musik tari. Musik memiliki kedudukan penting dalam tari, Beberapa fungsi musik dalam tari antara lain sebagai berikut. • Memberi irama (membantu mengatur waktu). Sebuah tarian terdiri dari gerak-gerak yang berirama, mengatur atau menentukan irama, sangat sulit menari tanpa musik.

Dimana irama dalam tari yaitu pengatur waktu (tempo) cepat dan lambatnya dari suatu rangkaian gerak, dan perlu saling mengisi dan saling mengiringi. • Memberi ilustrasi atau gambaran suasana. Dalam tari, suasana atau ilustrasi sangat erat hubungannya dengan watak penari, terutama pada tari tradisional yang sangat memerlukan berbagai suasana. Adapun watak dalam suasana tari fungsi musik dalam tari adalah sebagai lain watak luguh/ halus, watak lenyap/ ganjen, dan gagah.

• Membantu mempertegas ekspresi gerak. Dalam tarian sudah barang tentu mempunyai tekanan-tekanan gerak yang diatur oleh tenaga. Mempertegas ekspresi gerak akan lebih sempurana di iringi atau di pertegas oleh hentakan instrumen musik sebagai pengiring tari.

• Rangsangn bagi penari. Elemen dasar dari tari adalah gerak dan ritme, Maka elemen dasar dari musik adalah nada Ritme dan Melodi. Dimana ada tari disitu pasti ada musik, musik dalam tari bukan hanya sekedar pengiring, tetapi musik adalah partner tari yang tidak boleh ditinggalkan, musik dapat memberikan suatu irama yang selaras sehingga dapat membantu mengatur ritme atau hitungan dan dapat juga memberikan gambaran dalam ekspresi suatu gerak.

Dilihat dari penampilan, jenis, dan cara penyusunannya musik tari sangat beragam dan bervariasi. Terdapat musik tari yang dibuat dan dihasilkan dari alat-alat musik tradisional, seperti gamelan. Selain itu, terdapat pula musik tari yang dibuat dan dihasilkan dari alat-alat nongamelan, perkusi, dan berbagai benda lainnya yang dapat menimbulkan bunyi tertentu atau bunyi yang dikehendaki.

SENI MUSIK kelas xii - FUNGSI MUSIK




2022 www.videocon.com