Tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Sumber Gambar : amazonaws.com Tugas administrasi sangat luas intinya memastikan segala kegiatan yang bersifat administratif kantor agar berjalan dengan baik dan lancar.

Banyak dari kita yang belum mengetahui apa saja tugas seorang petugas admin kantor. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tugas seorang admin. 1. Membuat Agenda Kantor. Staff admin perkantoran memiliki tugas untuk membuat agenda kantor, Hal ini merupakan salah satu tugas administrasi yang paling penting.

Bagian administrasi Perkantoran wajib menyiapkan agenda untuk kegiatan-kegiatan kantor. Contohnya menjadwal meeting dengan pihak luar, menyiapkan pertemuan dengan klien, dan lain sebagainya. 2. Pembuatan Surat. Tugas seorang Staff Administrasi yang selanjutnya adalah membuatan surat untuk keperluan kantor. Surat yang dibuat bagian administrasi pada umumnya bersifat resmi. Contohnya surat domisili, surat perintah kerja, surat perpanjangan kontrak, surat pembelian, surat penjualan dan beberapa surat lainya.

3. Mengelola Dokumen Perusahaan. Tugas administrasi juga meliputi pengelolaan dokumen. Dokumen yang dimaksud adalah dokumen-dokumen penting perusahaan, baik laporan keuangan, catatan harian, notulensi rapat, dan lain-lain. Dalam menjalankan tugas ini, seorang pegawai administrasi harus memiliki skill perkantoran secara umum.

Pekerjaan ini membutuhkan fokus dan kesabaran yang besar. 4. Melakukan Entri Data. Tugas admin berikutnya adalah melakukan entri data perusahaan. Menginput dan mengolah data merupakan tugas admin perkantoran yang paling utama. Data yang diinput adalah data-data penting perusahaan. Mulai dari data transaksi dari klien, data-data konsumen, dan sebagainya. Administrasi perkantoran wajib memiliki ketelitian yang mendalam.

5.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Melakukan Pengarsipan Data. Pengarsipan data merupakan tugas utama bagian administrasi. Hal ini bertujuan agar data atau file tersimpan secara rapi dan terstruktur. Arsip data bisa dibedakan menjadi dua yaitu, arsip data fisik atau elektronik. Arsip data fisik meliputi laporan, bukti transaksi, surat jalan, dan sebagainya. Sedangkan arsip digital atau elektronik disimpan dalam bentuk file di komputer.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

6. Melakukan Perekapan Data. Selain penginputan data dan pengarsipan data, admin juga bertugas melakukan perekapan data. Tugas yang satu ini adalah salah satu tugas umum administrasi dalam sebuah perusahaan. Data-data yang sudah ada direkap kembali menjadi lebih ringkas dan tersimpan secara sistematis, sehingga menjadi lebih mudah untuk dicek ulang di kemudian hari.

pekerjaan ini juga membutuhkan fokus dan kesabaran yang besar 7. Memesan Persediaan Kantor. Staff administrasi juga memiliki taggung jawab untuk menyediakan perlengkapan kantor,seperti persediaan alat tulis kantor. Pegawai administrasi melakukan pengadaan alat-alat tulis kantor sehingga selalu tercukupi kebutuhan karyawan lainnya tiap saat.

8. Menyiapkan Akomodasi Kunjungan Kerja. Tugas admin lainnya adalah menyiapkan tiket dan akomodasi jika perusahaan akan melakukan kunjungan kerja ke luar kantor.

Bagian administrasi tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah kebutuhan perjalanan serta penginapan dan akomodasi lainnya. Itulah tugas-tugas pekerja administrasi perkantoran. Setelah mengetahui tugas-tugas staff admin, apakah kamu tertarik menjadi staff administrasi?

Semoga informasi di atas tentang gambaran umum strategi pemasaran, dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang dunia gambaran kerja administrasi perusahaan. Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com. Posisi ini memang posisi yang menjanjikan, juga bisa dibilang tahapan dari jenjang karir yang lebih baik dibanding staf-staf di bawahnya. Tentu saja untuk menjadi seorang admin Anda harus memiliki track record yang baik atau memang mempunyai latar belakang pendidikan yang menunjang ke sana.

Baca juga : Tujuan Karir Tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah, sebelum benar-benar terjun dan melamar di perusahaan untuk menjadi admin, alangkah baiknya jika Anda lebih dulu mengetahui apa saja sih, tugas administrasi umum yang digeluti setiap hari?

Simak ulasan di bawah ini sampai selesai, ya! Tugas Administrasi Umum Menjadi seorang admin tentu merupakan sebuah tanggung jawab yang tidak bisa disebut mudah. Kalau dilihat dari tugasnya saja, admin mengemban tugas yang kompleks. Jangan salah, yang akan Anda tangani nanti bukan hanya urusan berkas-berkas saja, lho! Anda sebagai admin juga harus memikirkan sumber daya yang dimiliki kantor, apakah benar termanfaatkan dengan baik oleh para karyawan atau tidak.

Begitu juga dengan sumber daya manusianya, menguasai benar dengan fasilitas yang diberikan atau tidak. Selain itu, tugas administrasi umum juga meliputi melakukan pendekatan dengan para staf yang lain.

Karena seorang admin pasti akan bekerja dan bersinggungan dengan masing-masing bagian defisi sehingga harus menjalin hubungan yang baik. Admin juga tentunya harus melakukan perekapan data, juga mengorganisirnya secara terstruktur. Nah, di atas merupakan tugas secara menyeluruh dari seorang admin. Untuk tugas khusus atau tugas intinya juga ada lho, berikut ulasannya!

2. Menerima Panggilan Telepon Salah satu tugas seorang admin adalah dalam bidang telekomunikasi yang satu ini. Admin memang yang paling berurusan dan bertanggung jawab untuk menjawab panggilan telepon dari luar. Admin juga yang nantinya akan menghubungkan panggilan tersebut kepada siapa panggilan itu ditujukan.

Ini biasanya berlaku di perusahaan kecil sampai menengah. Karena, di perusahaan besar panggilan telepon ini akan langsung ditangani Customer Service.

Selain itu, tugas administrasi umum juga sebagai orang yang menghubungkan antara kantor dengan relasi bisnis atau klien. Hubungan ini tentu saja untuk urusan bisnis kantor, dan sebagainya. Seorang admin lah yang biasanya akan mewakili kantor. 3. Membuatkan Agenda Ini juga merupakan tugas dari seorang admin.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Biasanya, setelah menjawab panggilan telepon dari klien, ada saja klien yang ingin bertemu dengan pimpinan perusahaan atau divisi lain. Selain admin yang harus menghubungkannya dengan divisi yang bersangkutan, admin juga harus membuatkan agenda untuk pertemuan tersebut. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan sendirian saja. Admin juga harus bekerja sama atau setidaknya bertanya dengan pimpinan perusahaan atau divisi bersangkutan tentang jadwal mereka.

Hal ini akan menghindarkan dari berbenturannya jadwal satu dengan yang lainnya. Karena itu, seorang admin haruslah komunikatif. Tugas administrasi umum yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan.

Menjadi seorang admin memang harus memiliki berbagai skill yang kompleks, ya. Mengentri atau merekap data merupakan tugas utama seorang admin. Baik itu data-data yang masuk dari klien, data rekapan bulanan, dan sebagainya. Untuk itu, ketelitian mendalam sangat diperlukan terutama dalam mengurutkan alamat, nomor telepon dari kantor-kantor klien supaya mudah dicari. Tenang saja, dalam hal ini seorang admin tidak bekerja sendirian. Jika dalam perusahaan tersebut sudah ada divisinya sendiri-sendiri, admin hanya tinggal mencatat hasil akhir rekapannya saja.

Misalnya untuk divisi gudang, berarti tugas Anda hanya harus berkoordinasi dengan bagian divisi yang mencatat semua rekap, dan membuat rekapan globalnya dengan divisi yang lain di dalam tugas rekapan Anda. 5. Pengarsipan Data Tugas administrasi umum selanjutnya adalah melakukan pengarsipan data kantor.

Mulai dari data dokumen sampai data-data lainnya haruslah diarsip supaya menjadi terorganisir dan mudah dicari. Pengarsipan ini pun dilakukan berkala, biasanya ada arsip per bulan. Nanti, di akhir tahun akan ada pembukuan yang merupakan bentuk dari pengarsipan per bulan yang diglobalkan. Nah, dengan demikian seluruh dokumen akan tertata rapi dan mudah dicari berdasarkan bulan juga tahunnya.

Itulah beberapa di antara tugas seorang admin di dalam kantor. Mengingat tugasnya yang begitu banyak dan vital, tidak heran kalau seleksi untuk menjadi admin termasuk ketat untuk sebuah kantor, ya. Biasanya, perkantoran akan menetapkan syarat-syarat tertentu seperti harus memiliki latar belakang pendidikan administrasi perkantoran, perempuan, dan single. Apa saja syarat menjadi administrasi umum? Selain itu, beberapa kantor juga mempertimbangkan pendidikan terakhir calon adminnya untuk menempati kantor mereka.

Ada yang mengizinkan D2 Administrasi Perkantoran, tapi jika kantor sudah termasuk bonafit, biasanya minimal pendidikan adalah S1 Administrasi karena tugas administrasi umum yang memang memerlukan skill dan kemampuan tinggi.

Prospek Menjadi Admin Apakah ke depannya admin perkantoran ini berprospek bagus? Tentu jawabannya adalah iya.

Karena, seperti yang diketahui, perkembangan industri di Indonesia semakin pesat. Sekarang ini banyak sekali perusahaan-perusahaan start up yang berkembang di tanah air, dan tentunya membutuhkan jasa seorang admin di setiap kantornya.

Mengingat hal ini, tentu peluang untuk menjadi seorang admin sangat tinggi untuk ke depannya. Karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari jurusan apa di kuliah, ambil saja jurusan Administrasi Perkantoran. Kelebihan lain yang ditawarkan dengan menjadi seorang admin adalah salary atau gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan staf-staf lainnya. Karena tugas administrasi umum yang juga banyak dan menuntut banyak keahlian, maka gaji untuk admin biasanya adalah di atas dari gaji staf di bawahnya pada umumnya.

Untuk itu, memang tidak perlu diragukan lagi jika Anda ingin menjadi seorang admin dalam sebuah kantor. Pengalaman menjadi seorang admin juga akan dihargai berbagai perusahaan lain jika saja suatu saat Anda ingin pindah kerja dan mencari suasana baru. Perusahaan lain yang melihat CV dan pengalaman Anda sebagai admin tentu akan lebih menghargai hal tersebut.

Bisa juga Anda ditempatkan lagi menjadi admin perusahaan tersebut karena pengalaman yang telah Anda tuliskan di CV. Seorang admin haruslah komunikatif dan bisa mendengarkan keluhan dari para staf di bawahnya, karena biasanya admin juga akan menjadi penghubung antara staf lain dengan atasan. Apabila ada masalah yang bersangkutan dengan kinerja, atasan Anda tentulah akan mencari admin sebagai orang pertama yang ditanyai. Tugas administrasi umum yang satu ini memang tidak diterangkan secara tertulis, namun biasanya akan sangat berpengaruh.

Admin yang baik akan disenangi seluruh staf yang lain, juga oleh atasan. Baca juga : Teknik Wawancara Nah, itu dia ulasan mengenai tugas administrasi umum di perkantoran.

Bagaimana, setelah tahu apakah Anda semakin tertarik untuk menjadi seorang admin? Semoga bermanfaat!
Uraiantugas.com - Hallo sahabat UT, Kali ini kami membahas tentang Apa saja Tugas Pengadministrasi Umum. Ikhtisar Jabatan ini adalah Melakukan kegiatan penerimaan, pencatatan, dan pendokumentasian dokumen administrasi. Berikut adalah Tugas Pengadministrasi Umum, Tanggung Jawab Pengadministrasi Umum dan Wewenang Pengadministrasi Umum.

Baca Juga : Tugas Pengolah Data Kerja Sama Tugas Pengadministrasi Umum • Memproses surat masuk sesuai dengan prosedur untuk tertib administrasi; • Memproses surat keluar sesuai dengan ketentuan agar tertib administrasi untuk kelancaran penyampaian; • Menata arsip surat dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan prosedur agar tertib administrasi; • Melayani peminjaman arsip surat dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan; • Menyusun daftar kebutuhan dan penyediaan alat tulis kantor sesuai dengan ketentuan untuk kelancaran pelaksanaan tugas; • Memberikan layanan kebutuhan alat tulis kantor sesuai dengan ketentuan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas; • Menginventarisasi Barang Milik Negara (BMN) sesuai dengan ketentuan untuk tertib administrasi; • Memberikan layanan administrasi kepegawaian di lingkungan; • Menyiapkan data pendukung mutasi pegawai; • Menyiapkan bahan dan dokumen layanan tata usaha kepegawaian; • Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban; dan • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

Baca Juga : Tugas Pengolah Data Sarana Pendidikan Wewenang Pengadministrasi Umum • Menolak peminjaman arsip dan dokumen yang tidak sesuai prosedur; • Menolak permintaan alat tulis kantor yang tidak sesuai prosedur; dan • Memberikan masukan kepada pimpinan.

Tugas Pengadministrasi Kemahasiswaan Dan Alumni Nah, kali ini kita akan menjelaskan mengenai tugas-tugas staf administrasi. Admin sendiri itu apa sih? Admin adalah seorang yang bekerja di sebuah perusahaan dan menempati posisi sebagai admin di kantornya / perusahaan.

Namun, banyak belum yang mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab seorang admin serta tujuan fungsi dan lain sebagainya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang admin.

Tugas Administrasi Secara Umum Banyak dari kita yang inginkan pekerjaan untuk jadi Staff Administrasi, walau pekerjaan ini semakin banyak di dominasi oleh wanita akan tetapi tidak tertutup peluang untuk pria untuk menempati tempat ini, tersebut pekerjaan serta tanggung jawab Staff Administrasi.

Pekerjaan paling penting untuk seseorang staff Administrasi yakni melakukan kegiatan service kantor, penyediaan sarana serta service administrasi perkantoran, sesuai sama ketetapan yang berlaku untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan. Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi Tanggung Jawab : Kelancaran serta keakuratan data penjualan serta data tagihan Tugas-tugas terkait dengan: Data Penjualan • Mencatat dan memeriksa status data penjualan mana yang suadah masuk serta yang belum juga supaya mempermudah untuk menindaklanjuti kekurangannya.

• Menginput data penjualan sehari-hari dengan cermat benar dan juga cocok. • Buat penagihan serta menindak lanjuti pengiriman data penjualan harian. • Selesainya memberikan informasi problem cacat (umpamanya masalah teknis penginputan/computer, keterlambatan data) pada Supervisor Adm.

untuk ditindaklanjuti Check Hasil Input • Memeriksa kembali tiap-tiap data yang sudah di input supaya tidak terjadi kekeliruan • Membuat cross cek dengan customers bila temukan selisih pada harga jual di Faktur dengan Data Komputer • Membuat cross cek 1 kali dalam 1 minggu dengan pihak pabrik Laporan • Tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah informasi ujung bln.

berupa faktur penjualan untuk diserahkan pada Supervisor Adm. sesudah dicek dengan informasi tagihan dari masing-masing counter. • Merekap tagihan dari counter per periode. • Mendistribusikan salinan faktur konsinyasi ke setiap counter. • Buat informasi penjualan serta tagihan customers serta pabrik • Merekap retur customers • Menolong Supervisor Adm.

dalam menyiapkan semua informasi yang terkait dengan penjualan (seperti informasi penjualan barang konsinyasi, dan lain-lain) Administrasi serta Pengarsipan • Menaruh berkas data penjualan yang telah serta belum juga diolah dengan rapi dan systematis hingga mempermudah bila satu waktu tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah akan di raih kembali.

• Merekap kebutuhan ATK serta keperluan yang lain seperti Kantong Plastik, Polybag, kardus, (brosur, POP) • Memajukan keperluan ATK pada Supervisor Admin untuk diperiksa serta membuat kesepakatan dari Business Retail Section Chief. Tugas Administrator Tanggung jawab admin sendiri memiliki artian yang luas, namun intinya memastikan seluruh kegiatan yang bersifat administratif / ketatausahaan kantor ataupun perusahaan berjalan dengan baik dan lancar.

Tugas pengurus sebagai berikut: • Memilah pos, surat, paket kiriman, pemesanan. • Menjawab dan menerima telepon, pengetikan, dokumen, surat menyurat offline ataupun online • Memesan persediaan media tulis kantor • Menyapa dan menanggapi klien • Membuat agenda kantor • Filling data entry / mengisi data entri perusahaan • Mengelola buku harian Tugas Staff Administrasi Filing/Rekap Data Tugas yang satu ini adalah salah satu tugas dari seorang staff admnistrasi yang tentu ini menjadi tugas administrasi umum dalam sebuah kantor, filing data meliputi surat domisili, surat bukti transaksi yang sudah diusahakan oleh perusahaan, surat-surat berharga asset perusahaan.

Hal ini paling berkaitan dengan tugas staff administrasi gudang tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah jarang berkaitan dengan dunia kantor dan lebih berfokus pada lapangan. Mungkin sebagian orang cuma memandang mudah tugas seorang admin, padahal ternyata pekerjaan ini juga membutuhkan fokus dan kesabaran yang besar kecuali merekap sebuah data perusahaan yang sudah ada sebelumnya, seorang pengurus juga mempunyai kewajiban untuk menjadikan data perusahaan.

Data apakah itu? Pasti data yang bersangkutan dengan perusahaan. Menjawab Telepon Masuk Jangan kamu kira tugas ini merupakan tugas yang mudah, banyak orang yang tidak bisa berbicara ramah malah justru grogi apabila berbicara lewat telepon. Sebagai seorang pengurus di perkantoran, staff admin wajib paham posisinya sebagai penyedia baik pelayanan ataupun jasa. Maka dari itu dia wajib mempunyai kode etik yang ramah dalam menjawab segala telepon yang masuk ke perusahaan dan memang terdapat hubungannya dengan Direksi.

Menjawab telepon masuk juga merupakan contoh tugas administrasi perkantoran dan dapat dikategorikan menjadi tugas rutin karena setiap hari seorang admin akan menerima telepon masuk baik itu untuk operasional perusahaan ataupun telepon dari kawan perusahaan. Pembuatan Surat Tugas seorang Staff Admin yang selanjutnya merupakan pembuatan surat keperluan kantor.

Surat yang diurus oleh seorang staff admin umumnya bersifat resmi dan memang ialah kebutuhan kantor. Beberapa surat yang sebagai tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah jawab seorang staff admin diantaranya merupakan surat domisili, surat perintah kerja, surat perpanjangan kontrak, surat pembelian, surat penjualan dan beberapa surat yang sebagai keperluan kantor. Inilah yang dimaksud dengan pembuatan data, seorang admin disebuah perusahaan pasti tentu biasa mendapatkan pekerjaan yang tidak terduga dari atasan, dan tentunya apabila seorang admin belum pernah mengerjakan tugas yang diberikan kepala sebelumnya, maka dia harus untuk belajar.

Membuat Penjadwalan Butuh kamu ketahui bahwa penjadwalan yang bersifat global ini malah justru lebih biasa terjadi ketimbang yang bersifat private yang biasa menjadi tugas sekretaris.

Umumnya akan diusahakan bersama dengan klien yang memang telah dibuatkan hari untuk meet up bersamaan dengan klien yang berbeda. Supaya bisa menjelaskan bentuk kerja sama kepada banyak klien secara kolektif. Oops! We could not locate your form. Front Office Selain di back office, seorang pengurus juga bisa di tempatkan pada posisi front office. Karena memang pada posisi ini juga tidak bisa dijabatkan kepada orang yang sembarangan.

Seorang yang berada di posisi front office tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah pintar dan baik dalam berkomunikasi supaya bisa mengkondisikan suasana serta pelayanan pada perusahaan tempat dia bekerja. Semua pekerjaan dan jobdesk yang terdapat di kantor dan perusahaan telah diatur sesuai dengan fungsinya masing-masing. Keseluruhan fungsi tersebut tidak ada yang berada diatas atau dibawah, butuh kamu ketahui bahwa semua bagian dan staff sama-sama bersinergi untuk mencapai keberhasilan yakni memajukan dan mengembangkan perusahaan.

Apabila ada satu bagian ataupun staff saja yang tidak balance, maka kantor akan menemui masalah pada menjalankan visi dan misi perusahaan. Mempunyai Keahlian Lain Selain beberapa tugas diatas, seorang admin perkantoran juga akan paling terbantu apabila dia mempunyai keahlian beda dibidangnya, misalnya saja seperti keahlian mengoperasikan pelaksanaan autocad atau photoshop. apabila seorang admin mempunyai keahlian tersebut maka bisa dipastikan dia akan paling berguna dimata atasan.

Apabila kamu hendak menjadi seorang admin disebuah perusahaan maka tidak ada salahnya apabila kamu mulai belajar mengoperasikan kedua pelaksanaan yang paling dibutuhkan setiap perusahaan tersebut. Tugas Administrasi Perkantoran Menerima Panggilan Telepon Seorang admin kantor umumnya yang paling bertugas untuk urusan komunikasi melalui telepon, menerima dan membuat panggilan melalui telepon dari pihak luar.

Di sini butuh mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Untuk perkantoran skala kecil menengah, umumnya ya memang wajib bertugas untuk menjawab telepon.

Beda apabila untuk perusahaan skala besar, umumnya sudah terdapat divisi lain semisal Customer Service. Menjadikan Agenda Kantor Dari komunikasi melalui telepon, sering terdapat rekanan yang hendak jumpa dengan pimpinan perusahaan ataupun divisi lain.

Nah, tugas administrasi Perkantoran juga wajib menyiapkan agenda untuk kegiatan-kegiatan semacam ini. Tapi untuk mengagendakan jadwal pertemuan, butuh adanya komunikasi dengan bagian lain supaya jadwal bisa tersusun dengan benar dan tidak bertabrakan. Entri Data Perusahaan Nah, yang menjadi tugas penting di setiap kantor untuk pekerjaan ini umumnya merupakan masalah entri data (rekap data). Data transaksi dari klien, data informasi konsumen dan lainnya wajib direkap. Tenang, tidak semuanya di rekap sendiri.

apabila perusahaan sudah terdapat divisi lain, misal divisi gudang, umumnya tugas admin kantor cuma merekap kesimpulan yang telah diusahakan dari divisi lain.

Administrasi perkantoran wajib memiliki ketelitian yang mendalam. Data-data seperti alamat, nomor telepon, dan lainnya wajib direkap dengan terstruktur supaya mudah untuk dicarinya. Membuat Berkas Data Agar data-data mudah dikelola, maka butuh diusahakan pengarsipan. Ini juga yang menjadi tugas administrasi Perkantoran.

Sehingga data dokumen dan apapun itu bisa terorganisir dengan baik. Tugas Administrasi Gudang Data Pemesanan Barang Administrasi banyak bersangkutan dengan pemasok. Perjanjian produk yang returnable juga dapat menguntungkan perusahaan dibandingkan dengan sistem beli putus. Perjanijian ini lebih-lebih bisa sebegitu ketat, semisal wahid peritel luar negeri yang tersangkut kasus di KPPU, salah satunya karena diduga mengadakan perjanjian pada pemasok supaya harga yang masuk ke ritel tersebut wajib lebih murah dibanding ritel mana saja yang memesan barang sama dengan pemasok.

Ini ialah bentuk praktek monopoli. Hubungan dekat dengan pihak administrasi juga dijalankan dalam rangka menjalin supplier relationship management. Banyak sebab yang mempengaruhi supplier relationship management dan itu banyak menyangkut etika bisnis. Data Inventory Administrasi menjadi ujung tombak seluruh pencatatan arus muncul masuk barang, sehingga pengendalian operasional lebih dimudahkan dengan adanya ketepatan data.

Bukti pencatatan barang muncul masuk tentu mempengaruhi beberapa hal berikut : • Jumlah stok barang. • Klaim pembayaran barang masuk dan keluar. • Dasar memesan barang. • Mempelajari trend sales. Data persediaan ini menuntut ketepatan data secara r eal time dan bisa dipertanggungjawabkan. Tugas Administrasi Keuangan • Membuat perencanaan keuangan, mulai dari perencanaan peminjaman, penerimaan, pengeluaran, dan pembayaran.

• Menyusun informasi keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan • Mengelola modal kas, mulai dari membuka rekening, menentukan setoran, mengerjakan kas, menangani pembayaran atas kewajiban dan menjadikan catatan transaksi kas • Mengelola kredit dengan mengerjakan tagihan-tagihan • Mengurus surat berharga, salah satunya seperti menandatangi cek • Bekerja sama dalam menyusun kebijakan administrasi keuangan dengan bagian lain yang terkait sesuai dengan visi dan misi perusahaan Tugas Administrasi Marketing Sales Order (SO) Yang tersusun dari tujuan pengiriman, nama expedisi, nama barang, tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah barang, berat barang dan jumlah total modal yang wajib dibayarkan.

Delivery Order (DO) Yang isinya nyaris sama dengan SO akan tetapi tidak tercantum nilai rupiah di dalamnya. kedua slip ini (SO dan DO) ialah berkas admin marketing yang tidak diterbitkan ke pelanggan. Selanjutnya dilakukam penginputan Nota Penjualan yang berisi nyaris sama dengan SO. terus terus meng-input Surat Jalan (SJ) dengan isian yang sama dengan DO dan Nota penjualan dan SJ inilah yang nantinya tentu dibawa oleh marketing saat pengiriman barang ke pelanggan.

Alur selanjutnya saat sampai ditempat pelanggan, marketing menyerahkan Nota Penjualan dan Surat Jalan ke pelanggan, dan pelanggan membuat pengecek-an kondisi dan jumlah barang.

sesudah semua sesuai dengan yang tertera dalam kedua slip tersebut pelanggan wajib memberikan tanda tangan sebagai bukti barang sudah diterima sesuai orderan. Faktur/invoice dicetak sesudah Nota Penjualan dan SJ kembali ke admin marketing.

Credit Control Untuk membuat penagihan pembayaran dikemudian hari, tapi jika Nota Penjualan, SJ dan Invoice tersebut dibayar tunai maka alurnya merupakan menuju kasir untuk di buatkan Kas Bon bukti telah dilakukannya pembayaran dan modern dilanjutkan pada Credit Control untuk diusahakan pelunasan piutang. Tugas Administrasi Bank Tugas Penting dan Utama Staff Administrasi Bank • Melakukan kegiatan pelayanan kantor, penyediaan pelayanan dan layanan administrasi perkantoran,sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan.

• Mengelola kas kecil dan kas besar untuk menjadikan dan menyusun data keuangan • Memelihara dokumen dan sistem data yang terdapat ditempat kerjanya. • Melakukan kegiatan administrasi seperti surat menyurat input data, rekap data, dan dokumentasi. • Tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah informasi bulanan berupa informasi kegiatan dan informasi keuangan.

• Supporting dalam kegiatan audit. Tanggung Jawab Penting Secara Umum • Melakukan aktifitas persiapan ruang kerja dan peralatan kantor untuk seluruh pegawai, untuk memastikan ketersediaan ruangan kerja dan peralatan kantor untuk setiap pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatan. • Melakukan aktifitas renovasi gedung kantor/kerja, untuk memastikan semua gedung kantor selalu siap operasional. • Melaksanakan kegiatan surat-menyurat, dokumentasi dan pengarsipan, untuk memastikan dukungan administrasi untuk kelancaran dan kelangsungan kegiatan seluruh karyawan.

• Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya kualitas sasaran kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada atasan. • Membuat perkiraan biaya tahunan yang bersangkutan dengan kegiatan office administration, sebagai rekomendasi pembuatan aturan departemen General Affair. • Melaksanankan akan adanya kebutuhan dan pengadaan alat tulis kantor, peralatan kantor, peralatan kebersihan dan keamanan kantor serta layanan fotokopi dan penjilidan.

• Mengawasi pelaksanaan kebersihan dan kenyamanan ruang kantor dan keamanan kantor. Keterampilan yang Dimiliki Staff Administrasi Jika Anda berniat untuk bekerja sebagai staff administrasi, diperlukan keterampilan dan kompetensi yang harus dimiliki agar Anda bisa bekerja di bidang administrasi dengan maksimal.

Keterampilan yang harus dimiliki diantaranya adalah sebagai berikut. 1. Teliti Seorang staff administrasi dituntut untuk menjadi orang yang teliti, karena pekerjaan sebagai staff administrasi berhubungan dengan merekap dan mengorganisir data yang ada di perusahaan, selain itu staff administrasi juga bertanggung jawab dalam menyusun agenda kerja perusahaan. 2. Cermat dan Tenang Keterampilan kedua yang harus dimiliki oleh staff administrasi adalah dapat bekerja dengan tenang dan cermat ketika bekerja di bawah tekanan.

Hal ini diperlukan, mengingat pekerjaan akan langsung dipertanggung jawabkan langsung kepada atasan. Bisa dikatakan seorang staff administrasi juga harus memiliki mental yang tahan banting dengan pekerjaan yang diterimanya. 3. Dapat Bekerjasama dengan Tim Staff administrasi akan selalu bekerja sama dengan pihak internal dan pihak eksternal perusahan dengan berbagai sifat dan karakter yang berbeda.

Oleh karena itu, dengan karakter yang berbeda-beda tersebut diharapkan kepada mereka yang bekerja sebagai staff administrasi bisa bekerja sama dengan tim dengan baik dan optimal dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Fungsi Staff Administrasi Dengan adanya staff administrasi di perusahaan tentu akan membuat pekerjaan di kantor lebih mudah karena tugas yang dilakukannya berkaitan langsung dengan manajemen perusahaan.

Adapun fungsi dari staff administrasi adalah sebagai berikut. • Pekerjaan bisa dilakukan secara efektif dan efisien • Tugas-tugas kantor bisa diselesaikan dengan baik karena adanya manajemen yang baik dan tersusun. • Kerjasama dengan divisi lain dapat terstruktur dengan baik • Pengarsipan dokumen terorganisir dengan baik dan memudahkan semua divisi untuk bekerja.

Tips Sukses Menjadi Staff Administrasi Menjadi seorang staff administrasi memang bukanlah pekerjaan yang mudah, dibutuhkan kecermatan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Meski begitu, masih ada peluang untuk Anda bisa sukses dalam menjalankan pekerjaan sebagai staff administrasi. Adapun tips dan kiat suksesnya sebagai berikut. 1. Menjaga Hubungan Baik dengan Sesama Rekan Kerja Untuk bisa menjalankan pekerjaan dengan baik, tentu kita akan berhubungan dengan rekan kerja.

Kunci utamanya adalah menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dengan meningkatkan skill komunikasi Anda kepada rekan kerja. Dengan meningkatkan skill komunikasi Anda, maka pesan apapun yang dimaksudkan dapat tersampaikan dengan baik dan menghindari Anda tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah rekan kerja terjadi miss komunikasi.

Hal ini juga tidak berlaku terhadap sesama staff saja, namun juga berlaku kepada para klien perusahaan. 2. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri Seperti yang sudah diketahui, bahwa bekerja sebagai staff administrasi harus tahan banting terhadap pekerjaan karena cukup padat yang harus dikerjakan. Apalagi mereka juga perlu ketelitian yang mengandalkan indera penglihatan. Maka dari itu, jagalah kesehatan diri sendiri agar bisa bekerja dengan maksimal, jangan sampai keasyikan bekerja namun melupakan pentingnya kesehatan diri sendiri.

Mulailah untuk menjalani hidup yang sehat dengan mengatur pola makan yang baik, berolahraga, dan istirahat yang cukup untuk mengoptimalkan tubuh Anda kembali. 3. Membuat Skala Prioritas Kerja Tugas seorang staff administrasi memang padat. Dengan pekerjaan yang banyak tersebut perlunya manajemen waktu yang baik agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan efektif dan efisien.

Maka dari itu, prioritaskan pekerjaan yang sekiranya bisa dikerjakan lebih dahulu dan juga dikerjakan belakangan. Dengan begitu, Anda bisa memiliki ritme kerja yang baik dan sesuai dengan skala prioritas tersebut. 4. Bisa Mengoperasikan Aplikasi dengan Efektif Sudah sepatutnya seorang staff administrasi dituntut untuk bisa mengoperasikan berbagai macam aplikasi/ software komputer diantaranya adalah Microsoft Excel, Microsoft Word, Power Point, Publisher, sampai aplikasi editing foto.

Maka dari itu, jika Anda belum bisa menggunakannya sedari sekarang, mulailah belajar secara otodidak, karena saat ini sudah banyak tutorial belajar software di internet. Bila sudah memahami sistem kerjanya, maka akan memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas administrasi perusahaan. 5. Displin Waktu Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan, menuntut staff administrasi untuk bisa disiplin pada waktu, yakni bisa menggunakan waktunya dengan baik dan tepat waktu.

Hal tersebut bisa dimulai dari datang ke kantor tepat waktu, mengatur jadwal sendiri dan dengan tim agar bisa mencapai target yang telah ditentukan. Jika hal ini tidak dilakukan, banyak pekerjaan yang tidak tercapai dengan baik dan Anda hanya akan keteteran dalam mengerjakan seluruh pekerjaannya.

6. Membuat Daftar Kegiatan Seorang staff administrasi harus memiliki daftar list kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya. Karena dengan begitu, pekerjaan dapat terorganisir dengan baik dan tidak terbengkalai. Dengan membuat daftar kegiatan juga menghindari jika ada pekerjaan ada yang terlewat. Jika semua list daftar kegiatan telah selesai dikerjakan maka selanjutnya bisa membuat daftar kegiatan lain yang mulai dikerjakan keesokan harinya.

Pentingnya Administrasi Bagi Perusahaan Dalam masa usaha yang sudah serba modern ini, prinsip administrasi sangat membantu dalam perkembangan perusahaan. Guna menggerakan kegiatan usahanya, maka sebuah usaha perlu memahami alur administrasi di perusahaannya. Jika seorang wirausahawan sudah memahami sistem administrasinya maka usahanya dapat berkembang dengan baik. Lalu apa saja prinsip yang harus ada di dalam administrasi?

• Adanya sekelompok orang yang melakukan kegiatan dalam perusahaan yang saling terikat. • Terdapat tujuan yang diharapkan akan tercapai oleh perusahaan. • Adanya saling kerjasama untuk menjalankan suatu kegiatan dalam perusahaan Pada prinsipnya tugas administrasi di dalam perusahaan apapun, baik itu perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur wajib melakukan kegiatan administrasi dengan sebaik-baiknya.

Pentingnya administrasi dalam memperlancar kegiatan operasional perusahaan diantaranya: • Untuk mengembangkan usaha yang berjalan karena dapat mengembangkan perusahaan Dapat menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan untuk dapat mengukur kinerjanya.

• Agar pemilik perusahaan dapat menunjukkan bukti-bukti kegaitan usaha yang dilakukan dalam perusahaannya. • Sebagai pertimbangan pemilik perusahaan untuk dapat mengambil keputusan • Sebagai monitoring perusahaan dalam mengontrol usaha yang dilakukan.

Pentingnya Pencatatan Keuangan Perusahaan Berbasis Aplikasi Selain itu, pentingnya pencatatan keuangan yang termasuk tugas administrasi juga merupakan hal yang penting agar perusahaan dapat menyusun pencatatan keuangannya dengan baik. Kenapa pencatatan keuangan juga harus dicatat dengan baik oleh perusahaan? • Untuk mengetahui kondisi usaha dan dapat menjadi tolak ukur atau pembanding dengan kondisi sekarang dan kondisi tahun lalu. • Menjadi warga negara yang baik dengan melaporkan hasil pajak usaha berdasarkan dengan kegiatan perusahaan yang dilakukan berdasarkan laporan keuangan neraca atau laporan laba rugi.

• Dapat menjadikan laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk kelangsungan usaha. • Dan adanya pencatatan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan dengan melihat perkembangan keuangan dari waktu ke waktu yang dapat digunakan sebagai keputusan perusahaan untuk berinvestasi. Jadi kesimpulannya adalah seberapa penting adminsitrasi bagi suatu perusahaan? Jawabannya adalah sangat penting karena administrasi juga merupakan penggerak atau bisa dikatakan sebagai fungsi dari perusahaan untuk mengambil keputusan, mengevaluasi kegiatan usaha yang dilakukan.

Dan semua itu akan tercapai apabila tugas administrasi dapat berjalan dengan baik dan bertanggung jawab dengan tugasnya. Nah, setelah mengetahui tugas-tugas staff administrasi, apakah kamu tertarik menjadi staff administrasi?

Selain menjadi staff administrasi ada hal lain yang perlu kamu ketahui loh. Apa itu? Ada loh, aplikasi yang bisa membantu kinerja HRD apalagi kalau bukan JojoTimes? Apa JojoTimes itu? JojoTimes itu adalah aplikasi untuk absensi secara online. Jadi, kita bisa scan foto untuk absen. Dan kita bisa absen dengan jarak beberapa radius meter dari kantor. Dan juga JojoTimes bisa mendeteksi penipuan loh, misal apabila foto yang discan tidak memiliki kemiripan diatas 50% maka absen akan dianggap penipuan.

Aplikasi JojoTimes ini sudah digunakan di beberapa perusahaan besar. Artikel Terbaru • Definisi Pekerja Penuh Waktu Adalah … 31 Juli, 2021 • Mengenal Apa itu Above the Line dan Below the Line Marketing 25 Juli, 2021 • Seperti Ini Peran dan Tugas Auditor Eksternal 25 Juli, 2021 • Mengenal Apa itu Big Four Kantor Akuntan Publik 25 Juli, 2021 • Rumus Aktiva Tetap, Pengertian dan Jenis-jenisnya 25 Juli, 2021 Arsip Arsip Kategori • Akuntansi (289) • Bank (9) • Bisnis (1.260) • Ekonomi (540) • Entrepreneurship (159) • Etos Kerja (333) • Events (9) • Human Resource (560) • Insight Jojonomic (15) • Keuangan (391) • Kisah Sukses (36) • Manual Guide (34) • Marketing (296) • News (68) • Pajak (183) • Pengetahuan (187) • Review (72) • Technology (57) • Tips & Trick (327) • Uncategorized (1) Hubungi Kami • Talavera Office Suite, 18th Floor, Jalan TB Simatupang, kav 22-26, RT.1/RW.1, Cilandak Bar., Kec.

Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430 • 02129715823 • marketing@jojonomic.com This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website.

Out of these, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. These cookies will be stored in your browser only with your consent. You also have the option to opt-out of these cookies. But opting out of some of these cookies may affect your browsing experience.

• Produk • Productivity & Colaboration • Tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah Times • Jojo Task • Jojo Timesheet • Jojo Chat • Jojo Leave • Jojo Meet • Back • Sales & Marketing • Jojo MarketingIntellegence • Jojo LeadManager • Jojo SalesTeam • Jojo SalesPipeline • Jojo CampaignManager • Back • Finance • Jojo Expense • Jojo Invoice • Jojo AssetManagement • Jojo E-Budgeting • Jojo CashCard • Back • Human Resource • Jojo Payroll • Jojo E-learning • Jojo Recruitment • Jojo Performance • Jojo People • Back • Operation • JojoCX – CustomerExperience • Jojo Command Center • Jojo Digital Document • Jojo Procurement • Jojo Travel • Jojo HSE • Back • Intelligence & Customization • Jojo Analytics • Jojo Flow • Jojo Link • Jojo API • Jojo Live • Back • Back • Login • Coba Gratis • Hubungi Sales • ID • EN × Close Panel
Bagi kaum milenial, staff administrasi mungkin menjadi profesi yang cukup didambakan, khususnya oleh para wanita.

Pekerjaannya yang banyak di kantor dan tak harus terjun langsung ke lapangan menjadi alasan mengapa profesi ini amat diinginkan. Selain itu, mungkin banyak pula diantara anda yang memang memiliki passion di bidang administrasi. Lantas apa saja sih tugas administrasi ? Berikut ulasan lengkap tugas administrasi (umum, perkantoran, gudang, penjualan, keuangan) Dalam dunia kerja, administrasi sendiri dibagi menjadi begitu banyak sektor, mulai administrasi umum, perkantoran, administrasi keuangan, administrasi penjualan, administrasi gudang dan masih banyak lainnya.

Tanggung jawab dan tugas administrasi dari masing-masing sektor tersebut tentunya berbeda. Nah berikut ini adalah detail pekerjaan dari masing-masing sektor administrasi. Daftar Isi • Tugas Administrasi Umum • 1.

Menerima, Menyortir, dan Mencatat Surat Keluar-Masuk • 2. Memberikan Lembar Pengantar Surat • 3. Mengelompokkan Dokumen/Surat • 4. Mendokumentasikan Surat • 5. Melaporkan Hasil Tugas • 6. Melaksanakan Tugas Lain • Tugas Administrasi Perkantoran • Menerima dan Menjawab Telepon • Membuat Agenda Kantor • Entry Data Perusahaan • Arsip Data • Keahlian Lain • Tugas Administrasi Gudang • 1.Mencatat Manual Surat Jalan • 2.

Mengecek Barang di Gudang • 3. Membuat Surat Jalan • 4. Mengecek Barang yang Akan Dikirim • 5. Membuat Laporan Mingguan • Tugas Administrasi Keuangan • 1. Membantu Perencanaan Keuangan • 2. Menyusun Laporan Keuangan • 3. Mengelola Uang Kas • 4. Mengelola Kredit • 5. Mengurus Surat Berharga • Tugas Administrasi Penjualan Tugas Administrasi Umum Jika dilihat secara umum, tugas administrasi umum ialah menyimpan, mencatat serta tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah surat atau dokumen di lingkungan perusahaan sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga pelaksanaan tugas perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Untuk detail atau uraian tugasnya adalah sebagai berikut. 1. Menerima, Menyortir, dan Mencatat Surat Keluar-Masuk Tugas penting pertama yang harus dilakukan oleh bagian staff administrasi tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah ialah menerima, menyortir serta mencatat surat keluar dan surat masuk, sesuai ketentuan yang berlaku sehingga memudahkan pencariannya.

Untuk menghindari kesalahan pada pelaksanaan tugas ini, berikut tahapan pelaksanaannya. • Mempelajari kemudian menerima surat • Menyortir surat sesuai dengan jenis dan sifatnya • Mengagendakan serta mencatat surat. 2. Memberikan Lembar Pengantar Surat Surat resmi yang masuk ataupun keluar dari sebuah perusahaan haruslah memiliki lembar pengantar.

Tujuannya ialah untuk mempermudah pengendalian. Surat pengantarnya pun harus dibuat sesuai dengan ketentuan perusahaan. Berikut tahapan dalam memberikan lembar pengantar surat: • Mempelajari surat masuk • Mengisi dan memberi lembar pengantar sesuai dengan isi surat • Menyampaikan surat pada atasan. 3. Mengelompokkan Dokumen/Surat Tugas administrasi umum selanjutnya ialah mengelompokkan dokumen maupun surat sesuai dengan jenis dan sifatnya agar lebih tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah didistribusikan.

Pengelompokkan surat dan dokumen juga akan memudahkan dalam pengarsipan dan penyimpanan. Berikut adalah tahapan pengelompokkan dokumen atau surat berdasarkan jenis/sifatnya: • Mempelajari setiap surat masuk untuk pimpinan • Mengelompokkan surat ataupun dokumen berdasarkan sifat dan jenisnya • Mendistribusikan surat kemudian membuat tanda terima pada divisi yang dituju.

4. Mendokumentasikan Surat Dokumentasi surat masuk atau keluar juga sangat dibutuhkan untuk menjaga ketertiban administrasi. Tentunya pendokumentasian ini harus dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku di perusahaan. Di bawah ini adalah tahapan pengelompokkan tugas pendokumentasian surat: • Mengumpulkan dokumen/surat/arsip sesuai pelaksanaan tugas • Menyiapkan map folder, box arsip sera rak arsip • Menyimpans emua arsip dengan rapi.

5. Melaporkan Hasil Tugas Pelaporan hasil tugas pada pimpinan dapat dilakukan secara tertulis maupun lisan. tugas administrasi umum ini bisa dilakukan setiap minggu, bulan atau bahkan tahun guna bahan evaluasi atau tanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku. Tahapan untuk melaporkan hasil tugas adalah sebagai berikut: • Membuat konsep laporan hasil tugas • Konsultasikan konsep bersama dengan pimpinan • Mem-fix kan laporan tugas.

6. Melaksanakan Tugas Lain Selain melaksanakan 5 tugas administrasi umum di atas, staf admin juga harus kali melakukan tugas lain sesuai dengan perintah pimpinan serta ketentuan perusahaan. Berikut tahapan untuk melaksanakan tugas lain. • Mempelajari tugas • Menjalankan tugas • Melaporkan hasil tugas.

Itulah tugas administrasi umum yang harus dilakukan setiap harinya. Jadi dalam tugasnya, setiap dokumen atau surat memang harus dicatat/dokumentasikan dengan baik sehingga tidak ada penyalahan hak administrasi dari pihak lain. Tugas Administrasi Perkantoran Staf administrasi perkantoran sudah sangat umum di masyarakat umum, namun tidak banyak dari kita yang mengetahui betul apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang administrasi di perkantoran.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tugas lengkap staf adiministrasi perkantoran : • Menerima dan Menjawab Telepon Untuk perkantoran skala kecil dan menengah, sebagian besar tugas pokok dari seorang administrasi perkantoran yakni menerima dan menjawab telepon. Biasanya panggilan telepon ini dari pihak luar yang telah diterima oleh resepsionis atau bagian Front Office untuk kemudian diteruskan pada bagian administrasi.

Sementara pada beberapa perkantoran besar, tugas staff administrasi perkantoran merangkap sebagai Customer Service (CS). Untuk itu staff administrasi pada perkantoran sangat membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. • Membuat Agenda Kantor Pada beberapa perusahaan kecil, tugas adiminstrasi perkantoran juga membuat agenda kantor.

Karena tidak semua perusahaan kecil memiliki sekretaris, sehingga staff administrasilah yang merangkap sebagai sekretaris. Disini staff administrasi harus mampu menyiapkan semua agenda jadwal pertemuan dengan client maupun perusahaan lain untuk kemudian dibuat laporan ke pimpinan.

• Entry Data Perusahaan Nah, tugas utama seorang staff administrasi perkantoran kecil hingga besar yaitu melakukan input dan pengolahan data. Tugas entry data meliputi data transaksi dari klien, data-data konsumen, sebelum diteruskan ke bagian akuntan.

• Arsip Data Tanggung jawab lain yang harus diselesaikan staff administrasi yakni arsip data. Mulai dari map, ordner, perforator, stapler, dan sebagainya. Arsip data sendiri ada 2 jenis, ialah arsip data fisik dan elektronik.

Arsip data fisik berupa bukti transaksi pembayaran seperti kwitansi, faktur, struk, surat jalan, laporan harian dan sebagainya. Sementara arsip data elektronik, berupa file-file yang ada di dalam PC Komputer. • Keahlian Lain Beberapa perusahaan memberikan pelatihan dan bahkan menuntut bagian administrasi untuk memiliki ketrampilan di luar Microsoft Office, misalnya Corel Draw, Photoshop, dan sebagainya. Tugas Administrasi Gudang Untuk kestabilan pencatatan stok barang dalam gudang, staff administrasi gudang memiliki tanggung jawab penuh akan hal tersebut.

Namun bukan hanya memastikan stok gudang, tugas administrasi gudang lebih dari itu. Berikut adalah perinciannya. 1.Mencatat Manual Surat Jalan Sebelum memulai pengecekan barang, staf admin harus terlebih dahulu membuat catatan surat jalan yang keluar ataupun pernah dibuat sebelumnya.

Pencatatan manual ini bertujuan sebagai pengingat apakah ada surat jalan yang akan digunakan untuk mengirim barang pada konsumen atau tidak. 2. Mengecek Barang di Gudang Tugas selanjutnya adalah mengecek langsung barang di gudang dan mencatat hasilnya. Pengecekan ini harus dilakukan secara kontinyu sehingga tidak ada gesekan antara stok real dan stok pada catatan Anda. Jika pun ada selisih antara stok real dan stok pada catatan, Anda akan lebih mudah mencari sumbernya.

Pencatatan pun harus dilakukan sedetail mungkin. Terlebih lagi untuk barang dengan kode atau seri yang beragam. 3. Membuat Surat Jalan Pembuatan surat jalan ini biasanya akan dilakukan setiap kali akan ada pengiriman barang.

Tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah di perusahaan-perusahaan biasanya sudah ada software atau program khusus yang digunakan untuk keperluan pembuatan surat jalan.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Jadi yang harus dilakukan staf administrasi hanya melakukan input dan melakukan print out. 4. Mengecek Barang yang Akan Dikirim Setelah surat jalan dibuat, kemudian staff admins harus melakukan pengecekan barang yang hendak dikirim.

Pengecekan ini harus dilakukan untuk menghindari kesalahan pengiriman barang atau ketidaksesuaian jumlah barang yang dikirim dengan po dari customer. 5. Membuat Laporan Mingguan Laporan ini mencakup laporan barang masuk, barang keluar serta barang return dari customer. Semua harus tercatatkan dengan rapi dan jumlah barang pada laporan harus sesuai dengan barang real di gudang. Fungsi adanya staff administrasi gudang sangatlah penting bagi sebuah perusahaan, yakni agar tidak ada selisih antara stok real dan stok pada catatan.

Tugas Administrasi Keuangan Hampir di setiap perusahaan dari sektor apapun pasti memiliki administrasi keuangan yang bertugas mengontrol keuangan perusahaan. Tugas administrasi keuangan sendiri sangatlah banyak dan tanggung jawabnya pun begitu besar. Berikut adalah detailnya. 1. Membantu Perencanaan Keuangan Tugas pertama yang harus dijalankan oleh seorang staff administrasi keuangan adalah membuat perencanaan keuangan. Mulai dari perencanaan peminjaman, pengeluaran, penerimaan hingga pembayaran dana pada perusahaan.

2.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Menyusun Laporan Keuangan Tugas lain yang tak kalah pentingnya ilah menyusun laporan keuangan. Setiap perusahaan sendiri memiliki aturan tersendiri, seperti penyerahan laporan harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Laporan keuangan ini nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan. 3. Mengelola Uang Kas Selain memegang kendali pada pencatatan transaksi di perusahaan, staff administrasi keuangan juga memiliki tugas untuk mengelola uang kas.

Mulai dari membuka rekening, menentukan setoran wajib, mengatur kas, menghandle pembayaran atas kewajiban serta pembuatan transaksi kas.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

4. Mengelola Kredit Tagihan yang masuk pada perusahaan juga menjadi tanggung jawab staff administrasi keuangan untuk melakukan pembayaran. 5. Mengurus Surat Berharga Surat berharga perusahaan juga menjadi salah satu tanggung jawab staf administrasi keuangan. Tugas administrasi keuangan pada surat berharga ini sebenarnya cukup simple, seperti tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah cek, mengecek nominal pada cek dan lain sebagainya.

Selain tugas-tugas di atas, staff administrasi keuangan juga harus bekerja sama untuk menyusun kebijakan administrasi keuangan dengan bagian lain yang berkaitan langsung dengan visi misi perusahaan. Tugas Administrasi Penjualan Administrator sales/administrasi penjualan memiliki peran penting guna memaksimalkan kinerja tim penjualan dan membuat relasi penting antara wiraniaga dan klien.

Dapat dikatakan bila tugas seorang administrasi penjualan tidak mudah, misalnya saja membuat laporan kepada eksekutif penjualan, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan kompetitif, memproses semua dokumen penjualan dan mengatur janji antara tim penjualan dan konsumen.

Berikut adalah tugas umum administrasi penjualan : • Menangani permintaan pelanggan • Mengejar harga jual • Menekan target penjualan harian • Membuat relasi yang baik kepada semua pelanggan • Menjawab semua permintaan pelanggan melalui telepon • Membuat laporan harian/bulanan • Mempertahankan catatan klien • Menangani setiap panggilan masuk dan korespondensi • Memperbarui repetisi status pesanan dan rincian pengiriman sehingga pelanggan selalu tahu akan informasi atau status pesanan • Mmenghasilkan prospek klien dan meningkatkan jumlah pelanggan Sebagian besar seorang administrasi penjualan menghabiskan waktunya untuk menangani informasi dan pertanyaan pelanggan.

Admin sales yang baik dan efisien tentu akan memberikan kontribusi terhadap pelayanan yang berkualitas dan membantu tim penjualan mencapai setiap targetnya. Itulah detail-detail tugas administrasi dari masing-masing sektor. Dapat dilihat bagaimana besarnya tugas dan tanggung jawab yang harus dipikul seorang staff administrasi demi kelancaran dan kestabilan sebuah organisasi perusahaan.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Ada baiknya, anda juga harus mengetahui apa sih sebenarnya materi kewirausahaan dan tipsnya.
Tugas Staff Administrasi Perkantoran Secara Umum – Bagi kalian yang mau bekerja sebagai seorang staff administrasi dalam sebuah perkantoran ada beberapa tugas penting yang harus kamu ketahui dan nantinya akan kamu laksanakan jika kamu berhasil menduduki jabatan dibidang administrasi. pada umumnya seorang staff administrasi pasti memiliki jobdesk yang sudah diatur dalam sebuah perusahaan dan sudah dijelaskan oleh seorang HRD pada saat melakukan interview ataupun training pekerjaan.

Staff Administrasi Staff administrasi biasanya adalah seorang perempuan yang terdiri dari 2 orang atau lebih untuk melakukan pencatatan, mengurus surat-surat, membuat agenda dan beberapa tehnis pekerjaan lainnya.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Pada artikel ini akan saya menjelaskan Tugas Staff Administrasi Perkantoran Secara Umum, berikut ini ulasannya untuk anda. Baca juga : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Ceo Table of Contents • Tugas Staff Administrasi • 1. Menjawab dan Menerima Telpon Masuk • 2. Melakukan Arsip data Perusahaan • 3. Membuat agenda atau kegiatan Kantor • 4.

Memesan persediaan alat tulis kantor • 5. Memilah Surat, Paket Kiriman dan Pemesanan • Skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi staff administasi Karena seorang staff administrasi bertugas untuk menerima telpon yang masuk ke dalam perusahaan, anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan setiap costumer yang ingin mengetahui setiap informasi yang ada dalam perusahaan. Latihlah cara bicara anda mulai dari sekarang jika anda ingin menjadi staff administrasi kantor.

menjawab telpon masuk mungkin bisa menjadi tugas rutin anda setiap hari, apalagi jika anda ditempatkan diperusahaan besar yang sudah memiliki pelanggan yang banyak, anda harus melakukan hal ini setiap harinya. Pengarsipan data bertujuan untuk mempermudah perusahaan dalam mengelola setiap data yang ada, jadi anda yang mau bekerja sebagai staff administrasi harus mampu mengarsip data-data kantor dengan baik, pada saat ini sudah banyak aplikasi atau website untuk mengarsip surat-surat/data tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah, jadi tugas yang satu ini cukup dibilang mudah untuk dilakukan. Setelah anda selesai melakukan komunikasi di telpon dengan costumer, anda harus membuat agenda lagi apa yang telah anda bicarakan sebelumnya.

dalam proses menyusun agenda, anda harus melakukannya sebaik mungkin agar nantinya tidak ada tabrakan jadwal. jenis penjadwalan kegiatan ini dilakukan secara universal bukan secara private seperti yang dilakukan oleh seorang sekretaris kantor.

Anda juga memiliki tugas untuk memesan persediaan alat tulis jika sudah habis, tugas yang satu ini tentu sangatlah mudah untuk dilakukan. ketersediaan alat tulis sangat dibutuhkan di setiap kantor, jadi anda harus melakukan pengecekan setiap harinya dan memastikan ketersediaannya. 5. Memilah Surat, Paket Kiriman dan Pemesanan • Memiliki kemampuan komunikasi dan berhitung yang baik • Bisa menggunakan aplikasi administrasi yang bersifat offline ataupun yang online • Dapat bersikap tenang walaupun berada dibawah tekanan jika sewaktu-waktu ada konsumen yang marah-marah pada saat menelpon • Mampu bekerja secara tim • Memiliki ketelitian dan semangat kerja yang bagus.

Beragam informasi tentang dunia kerja dapat Anda temukan lengkap pada website ini. Untuk Anda yang sedang mencari informasi seputar pekerjaan Admin, Akunting, Asisten,Supervisor, Manajer, Marketing, Sales dan beragam jenis pekerjaan lainnya dapat dengan mudah mendapatkan informasinya, kami menyajikan informasi setulus hati untuk Anda.Tenaga administrasi umum adalah pekerjaan yang melayani kebutuhan administrasi untuk kantor. Administrator umum mempunyai peran yang sangat penting untuk kelancaran bisnis dalam sebuah perusahaan.

Tugas administrasi umum dapat mencakup menerima panggilan telepon dan mengarahkan pengunjung, membuat spreadsheet dan presentasi, serta melakukan pengarsipan. Selain itu, seorang administrator umum juga sering kali bertanggung jawab atas proyek dan tugas tertentu.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tugas detail administrasi umum, berikut adalah penjelasan lengkapnya. Bacaan Lainnya • 5 Tugas Pokok Administrasi PLN, Kualifikasi dan Besar Gaji • 7 Tugas Administrasi Bank, Kualifikasi dan Besar Gaji • 8 Tugas Administrasi Sekolah yang Wajib, Kualifikasi dan Besar Gaji Daftar Tugas Pokok Administrasi Umum Ada beberapa tugas yang erat kaitannya dengan peran seorang administrasi umum, beberapa di antaranya adalah : 1.

Menerima Panggilan Telepon Seorang administrasi umum mempunyai tugas untuk menerima panggilan telepon dan menjawab pertanyaan di telepon.

Tenaga administrasi umum bertugas menghandle segala komunikasi via telepon yang datang dari pihak luar. Jadi, tugas administrasi umum bukan hanya menerima panggilan telepon saja, namun juga melakukan panggilan jika memang diperlakukan. Dengan adanya tugas ini, maka seorang administrasi umum perlu mempunyai kecakapan komunikasi. Memang tugas satu ini hampir sama dengan Customer Service, namun untuk sebuah bisnis yang skalanya masih kecil, tugas ini biasanya dilimpahkan kepada seorang administrasi umum.

2. Bertugas Menjadwalkan Agenda Kantor Tugas selanjutnya dari seorang administrasi umum adalah membuat jadwal agenda kantor dan mengatur dengan program atau kegiatan-kegiatan yang lain. Administrasi umum perlu mengatur jadwal meeting rutin atau dadakan, agenda kantor rutinan maupun rapat divisi dan manajemen. Administrasi umum perlu melakukan komunikasi di antara berbagai divisi kantor agar bisa membuat agenda yang sinkron dan tidak berbenturan dengan agenda lainnya.

Kemampuan dalam manajemen waktu sangat diperlukan untuk tugas satu ini. 3. Rekap Data Kantor Tenaga administrasi umum bertugas untuk merekap berbagai data penting dalam kantor. Beberapa data yang perlu direkap bisa berupa bukti transaksi, surat kepemilikan aset, data pribadi klien, data karyawan dan lain sebagainya. Rekapitulasi data kantor adalah hal yang sangat penting dalam sebuah kantor dan tugas ini membutuhkan fokus dan ketelitian. 4. Mengarsip Data Setelah melakukan rekapitulasi data kantor, maka tugas selanjutnya yang masih berkaitan dengan peran administrasi umum adalah mengarsip data-data tersebut.

Berbeda dengan merekap ya! Tugas satu ini adalah lebih kepada melakukan arsip atau pengarsipan. Fungsi dari melakukan pengarsipan data ini adalah agar semua dokumen bisa terorganisir dengan rapi dan apabila hendak dibutuhkan, data atau dokumen akan mudah dicari. Kesabaran dan ketelitian adalah hal yang sangat diperlukan untuk melakukan tugas tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah administrasi umum satu ini.

5. Membuat Surat Selanjutnya, tugas penting dari seorang administrasi umum adalah membuat surat keluar. Tenaga administrasi umum memegang peranan untuk membuat berbagai surat yang diperlukan untuk kantor. Surat yang harus dikeluarkan oleh administrasi umum adalah surat yang sifatnya resmi dan memang untuk keperluan kantor. Beberapa contoh surat yang menjadi tanggung jawab administrasi umum adalah surat keterangan kerja, surat perintah, surat tugas, surat keputusan dan berbagai jenis keperluan surat lainnya yang didasarkan oleh kebutuhan kantor.

6. Mencatat Surat Masuk dan Mengarsipkannya Selain membuat surat masuk, tugas dari administrasi umum juga mencatat surat-surat yang masuk ke kantor dan mengarsipkannya.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Pengarsipan tidak hanya berdasarkan surat masuk saja, namun juga surat keluar. Adapun tanggung jawab administrasi umum sendiri adalah : • Merencanakan, mengatur, dan mengelola kegiatan departemennya, kantor, atau divisi dengan sebaik mungkin. • Melaksanakan tugas administratif seperti pengarsipan, mengetik, menyalin, memindai dll. • Menulis surat dan email atas nama staf tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah lainnya.

• Merawat komputer dan sistem pengarsipan manual. • Mengkoordinasikan prosedur kantor. • Membalas email, telepon atau SMS. • Mengembangkan dan memperbaharui sistem administrasi untuk membuatnya lebih efisien. • Menerima, mengurutkan, dan mendistribusikan surat. • Menjawab panggilan telepon dan meneruskannya. • Mengelola janji dengan staf. • Mengkoordinasikan perbaikan peralatan kantor. • Memfotokopi dan mencetak dokumen. Kisaran Gaji Administrasi Umum Untuk bekerja sebagai administrasi umum, maka kisaran gaji yang dimiliki adalah berdasarkan Upah Minimum Kerja (UMK) yang berlaku.

Namun ada pula kantor yang memberikan gaji sekitar Rp3.000.000,- per bulannya. Namun kisaran gaji ini tergantung dengan jenis perusahaannya. Semakin besar perusahaannya, maka akan semakin besar pula kisaran gaji yang diberikan diberikan. Terlebih, jika mempunyai pengalaman yang bagus selama bertahun-tahun, maka kisaran gaji yang bisa diraih bisa mencapai Rp 7.000.000 hingga Rp 9.000.000 per bulan. Kualifikasi atau Persyaratan Administrasi Umum Tugas administrasi umum mengharuskan orang dalam posisi ini untuk memiliki keterampilan mengetik yang sangat baik, keterampilan lisan dan tulisan yang kuat, dan kemampuan untuk berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Administrasi umum harus dapat bekerja secara mandiri atau dalam tim dengan staf administrasi lainnya. Pengetahuan tentang komputer, perangkat lunak dan basis data sangat diperlukan. Administrasi umum juga harus dapat mengoperasikan peralatan kantor seperti mesin fotokopi, mesin faks, sistem telepon multi-line, dan scanner. Meskipun tidak diperlukan gelar formal, sekolah tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah, sekolah teknik, dan sebagainya, banyak kantor yang lebih menyukai seorang kandidat yang mempunyai kursus atau sertifikasi.

Dengan sertifikasi, maka karir Anda menjadi seorang administrator akan jauh lebih sukses. Dalam melaksanakan tugas administrasi ke depannya, Anda tidak akan lagi beradaptasi lagi karena sudah akrab dengan tugas-tugas tersebut. Berikut adalah detail mengenai syarat umum menjadi seorang administrasi umum : • Pria atau wanita. • Maksimal berusia 30 tahun. • Minimal pendidikan adalah SMA/SMK sederajat, lulusan S1 lebih disukai.

Adapun skill atau kemampuan yang diperlukan untuk mendaftar lowongan pekerjaan ini adalah : • Mempunyai pengetahuan yang bagus mengenai sistem mengelola operasional kantor. • Mempunyai analisis yang bagus. • Profesionalisme. • Menguasai penyelesaian masalah yang bagus. • Komunikasi lisan yang bagus. • Kemampuan mengetik yang cepat dan tepat. • Multitasking. • Bisa kerja tim.

• Sabar dan disiplin. • Setidaknya 3 tahun pengalaman di lapangan atau di bidang terkait (jika ingin melamar di posisi kepala administrasi umum). Lalu keterampilan apa sih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang administrator sukses?

Keterampilan penting yang harus disiapkan agar Anda menjadi kandidat yang layak untuk diperhitungkan oleh perusahaan yang Anda lamar adalah : • Keterampilan organisasi dan presentasi yang luar biasa dan perhatian terhadap detail. • Cekatan dalam menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan. • Kapasitas untuk melakukan banyak tugas dan memprioritaskan beban kerja. • Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan. • Kapasitas untuk bekerja sendiri atau sebagai bagian dari tim.

Baca juga: Tugas Administrasi Sekolah Bagi Anda yang sangat tertarik untuk menjadi seorang administrasi umum, maka persiapkan diri untuk melamar pekerjaan di posisi ini mengingat banyak sekali orang yang tertarik melamar pekerjaan menjadi staff admin. Tugas administrasi umum tidak serumit yang dibayangkan, apalagi jika Anda akrab sekali dengan pengalaman menjadi seorang sekretaris di organisasi kelas.
MENU • Home • Pendidikan • Pilih Jurusan • Pilih Kampus • Tips • Karir • Tips Karir • Job Description • Bisnis • Marketing • Peluang Usaha • Tips • Wirausaha • Digital Marketing • Tips Trik • Lainnya • Artikel Islam • Tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah • Kata Bijak • Arti Kata • Otomotif • Insight • Motivasi • Referensi • IPS • Pendidikan Kewarganegaraan • Sejarah • Ekonomi • IPA • Wawasan Kebangsaan • Kewirausahaan • Tugas administrasi umum – Administrasi adalah sebuah bidang yang tak pernah lepas dari bagian sebuah perkantoran.

Sebuah perusahaan/perkantoran tentu saja akan selalu memiliki pegawai administrasi untuk mengurus segala keperluan terkait pengarsipan, administrasi pada perusahaan. Maka dari itu seorang administrasi selalu akan dibutuhkan di setiap perusahaan. lowongan terkait administrasi akan selalu terbuka luas. Daftar Isi Artikel • Pengertian Administrasi • Tugas Administrasi Umum • Tugas – Fungsi Administrasi Umum • Skill yang Dibutuhkan Administrasi Umum Pengertian Administrasi Sebelum masuk ke tugas, fungsi, dan syarat untuk menjadi admin yang baik, mari kita bahas mengenai pengertian bidang administrasi secara umum.

Administrasi merupakan sebuah kegiatan dalam bentuk aktivitas catat-mencatat-surat menyurat, pembukuan, dan kegiatan tata usaha perkantoran lainnya untuk memenuhi tujuan sebuah target organisasi. Sedangkan menurut George R Terry, administrasi merupakan kegiatan perencanaan, pengendalian, serta pengorganisasian kegiatan perkantoran untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Baca juga : Jobdesk Administrasi Gudang Tugas Administrasi Umum 1.

Menerima telepon Tugas administrasi paling sederhana adalah menerima panggilan telepon dari pihak lain. Walaupun terkesan sederhana, tugas administrasi dalam menerima telepon harus memperhatikan etika dan gaya bahasa yang digunakan. Admin juga harus pandai dalam berkomunikasi secara lugas, baik, dan menempatkan pada formal atau informal. 2. Membuat dan merencanakan agenda kantor Seorang admin akan mengatur dan membuat agenda kantor yaitu membuat jadwal-jadwal penting perusahaan seperti mengatur jadwal meeting, bertemu client, dna beberapa agenda penting lainnya terkait perusahaan.

Di sini ia harus memiliki kemampuan dalam merencanakan baik agar jadwal yang dibuat dapat terencana dengan baik.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

3. Membuat surat-menyurat Tugas satu ini sudah tak asing lagu bagi para admin. Untuk keperluan membuat surat-menyurat perkantoran tentu saja akan diserahkan sepenuhnya pada admin perusahaan. Mereka akan membuat berbagai surat tarkait kegiatan perusahaan sepertiu surat jalan, surat perintah kerja, surat kontrak pekerjaan, dan berbagai surat lainnya.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Biasanya surat perusahaan pun sudah memiliki template tersendiri dan para admin pun hanya mengganti beberapa bagian surat. Tapi tak jarang, admin harus membuatkan surat terbaru yang diminta. 4. Melakukan arsip data Sudah pasti semua data kantor akan dikelola di bagian administrasi. Tugas admin adalah untuk merapikan dan mengarsipkan data-data tersebut ke dalam file digital maupun arsip offline.

Administrasi akan bertugas untuk merapikan dan menata secara rapi agar dokumen mudah dicari dan tidak hilang. 5, Entry Data Entry data/memasukkan data merupakan tugas pokok seorang admin.

Ia harus teliti dalam meng input data-data penting yang berhubungan dengan kegiatan organisasi/perusahaan tersebut. Maka dari itu admin juga harus familiar dengan segala alat-alat komputer dan softwarenya seperti Microsoft word, excel, dan lainyya.

6. Mempersiapkan akomodasi kunjungan kerja Tak jarang perusahaan akan melakukan kerja sama dengan perusahaan lain yang memungkinkan untuk keluar kota untuk melakukan pertemuan. Nah tugas administrasi adalah menyiapkan segala persiapan akomodasi seperti tiket perjalanan dan penginapan untuk menunjang kunjungan kerja luar kota/negeri.

7. Mengurus email kantor Setiap kantor/perusahaan selalu memiliki email sebagai identitas utama dan narahubung pada klien atau konsumen. Admin di sini akan bertugas untuk mengelola seperti mengirim dan membalas email yang masuk dan akan disampaikan pada pihak sesuai yang tertera dalam email tersebut. 8. Memesan alat-alat kantor Tugas administrasi secara umum akan mengatur segala manajemen kantor termasuk juga dalam memesan alat-alat kantor untuk menunjang segala pekerjaan.

Admin harus menganggarkan secara baik anggaran untuk alat-alat kantor. 9. Memungkinkan untuk handle sosial media Sosial media saat ini menjadi media paling ampuh sebagai branding perusahaan, hubungan dengan klien atau konsumen, dan media promosi. Seorang admin juga akan memungkinkan ditugaskan menghandle sosial media kantor/perusahaan seperti membalas komentar klien, membuat postingan, dan lain sebagainya.

10.

tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah

Kelola buku harian Tugas admin selanjutnya adalah mengelola dan mencatat, merekap, dan menyusun segala kegiatan harian di kantor. Admin akan mengelola pencatatan tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah baik pada seluruh kegiatan yang berlangsung agar menjadi sebuah rekapan dokumentasi data-data terkait kegiatan yang berlangsung. Baca juga : Tugas Administrasi Keuangan dan Kualifikasi Tugas – Fungsi Administrasi Umum Ada beberapa fungsi administrasi secara umum.

Berikut ini akan diuraikan beberapa di antaranya: 1. Pengorganisasian Administrasi selalu berhubungan dengan pengorganisasian dalam berbagai bidang. Pengorganisasian yang dimaksud di sini adalah seperti hubungan kerja antar individu dalam kantor, atau mengatur pengorganisasian berbagai data perusahaan. 2. Perencanaan Kegiatan perencanaan yang dimaksud adalah seperti mengelola dokumen, entry data, penyusunan data-data, dan kegiatan administrasi lain.

3. Pengordinasian Dalam tugas administrasi sangat penting untuk berkoordinasi dengan baik agar tidak menimbulkan miss komunikasi yang akan membuat segala tugas akan kacau dan tidak terkontrol dengan baik.

4. Penyusunan anggaran Fungsi administrasi selanjutnya adalah sebagai pihak dalam penyusunan dan pengelolaan anggaran perkantoran yang bertujuan agar anggaran dapat direncanakan dengan sebaik-baiknya.

5. Pelaporan Adminstrasi dalam kantor/perusahaan berfungsi sebagai pihak yang membuat segala laporan administrasi, kegiatan perusahaan dan lainnya yang nant tugas kegiatan administrasi umum dalam sebuah kantor adalah diserahkan pada tertinggi jabatan untuk menjadi sebuah evaluasi.

Baca juga : 10 Persyaratan dan Skills Yang Dibutuhkan Staff Administrasi Perkantoran Skill yang Dibutuhkan Administrasi Umum 1. Menguasai program komputer Hal pertama yang harus dikuasai seorang administrasi umum adalah menguasai komputer baik dalam penggunaannya maupun menjalankan segala program komputer layaknya Microsoft word, excel, power point, dan lain sebagainya untuk memperlancar berbagai pekerjaan terkait administrasi di kantor.

2. Kemampuan menulis Karena tugas administrasi umum yang selalu berhubungan dengan membuat surat menyurat, maka seorang admin harus memiliki kemampuan menulis yang baik agar segala surat atau dokumen yang dibuat tidak terjadi kesalahan.

3. Komunikasi yang baik Bagian administrasi biasanya terdiri dari beberapa orang dan pekerjaannya akan selalu berhubungan dengan siapapun bahkan dengan klien.

Maka dari itu admin harus memiliki skill komunikasi yang baik agar tugas yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi miss komunikasi. 4. Teliti dan rapi Karena tugas administrasi yang selalu berhubungan dengan pengarsipan dan segala penataan dokumen penting kantor/perusahaan, maka seorang admin harus teliti dna terbiasa rapi untuk menata segala arsip-arsip dan dokumen kantor yang disimpan dalam ruang maupun digital.

5. Disiplin Disiplin juga merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan. Buang jauh-jauh kebiasaan telat dan molor, karena menjadi seorang admin kamu akan memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan. 6. Scheduling Salah satu tugas administrasi umum di banyak perusahaan adalah mengatur jadwal perusahaan terkait pertemuan dengan klien, meeting, agenda internal dan eksternal, dan lain sebagainya.

Kemampuan dalam mengatur jadwal dengan baik sangat benar-benar dibutuhkan agar jadwal dibuat secara baik tanpa ada yang bertabrakan. Itulah beberapa tugas administrasi umum yang terdapat di kebanyakan perkantoran/perusahaan.

Jika kamu tertarik dan ingin menekuni karir sebagai seorang admin, Kamu harus mengetahui dasar-dasar tugas dan skill yang dibutuhkan agar saat bekerja nanti dapat berjalan dengan baik. Baca juga : 10 Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi Perkantoran Posting terkait: • 10 Tugas Admin Proyek Serta Kualifikasinya • Tugas Staff Operasional • Jobdesk Administrasi Gudang – Tugas, Kualifikasi dan Gajinya • Admin Sales – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi dan Gajinya • 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Admin Marketing • 10 Tugas Admin Marketing Disertai Tanggung Jawab dan Gajinya Posting pada Job Description, Karir Ditag Staff Administrasi

KEGIATAN ADMINISTRASI PERKANTORAN




2022 www.videocon.com