Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

tirto.id - Manusia dapat menggerakkan tangan, kaki, jari jemari dan bagian tubuh lainnya adalah karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak yang ada pada manusia terdiri atas kesatuan organ yang bekerja sama menopang tubuh saat melakukan gerakan. Organ-organ yang bekerja sama dalam berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah gerak manusia bernama tulang, otot dan sendi, mengutip laman emodul.kemdikbud. Infografik SC Sistem Gerak pada Manusia. tirto.id/Sabit Tulang Tulang-tulang yang tersusun dalam tubuh manusia disebut dengan ‘rangka’.

Tulang adalah alat gerak pasif, yang tidak bisa bergerak sendiri melainkan digerakkan oleh otot yang menempel di tulang. Selain berfungsi sebagai alat gerak pasif, tulang juga berfungsi: 1.Memberikan bentuk tubuh 2.Menahan sekaligus menegakkan tubuh manusia 3.Tempat melekatnya otot 4.Melindungi organ-organ vital di dalam tubuh semisal jantung, otak, dan paru-paru 5.Penghasil sel darah di dalam sumsum tulang.

Berdasarkan bentuknya, tulang dikategorikan sebagai: tulang pipih, tulang pendek, tulang pipa, dan tulang tidak beraturan. Berdasarkan sifatnya, tulang terdiri atas tulang keras dan tulang rawan. Otot Otot adalah alat gerak aktif. Otot menutupi dan menempel pada tulang, sehingga dengan kerja otot maka tulang bisa digerakkan, dan tubuh juga bergerak.

Ada 3 macam otot dalam tubuh manusia yaitu: otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot memiliki 8 bagian sebagai pendukungnya yakni tendon, ventrikel, origo, isersio, normotrofi, atrofi, hipertrofi dan diskus interkalaris.

Tendon : urat otot, bagian ujung otot yang mengecil Ventrikel : empal otot, bagian tengah otot yang menggembung Origo: ujung otot yang melekat pada tempat yang tidak bergerak Insersio: ujung otot yang melekat pada tempat yang bergerak Nomotrofi: otot yang besarnya normal Atrofi: otot yang mengecil, lisut Hipertrofi: otot yang membesar Diskus interkalaris: bagian khas otot jantung yang merupakan batas.

• Otot polos Otot ini adalah otot yang menempel pada alat-alat tubuh bagian dalam seperti saluran cerna, dinding rahim, dan pembuluh darah. Berinti sel satu, bekerja di luar kesadaran, tidak mudah lelah, bekerja lambat dan teratur. • Otot jantung Otot ini berada di jantung, bekerja di luar kesadaran, dan tidak diperintah otak, memiliki banyak inti sel, tidak cepat lelah, bereaksi lambat, kerjanya dipengaruhi syaraf otonom.

• Otot lurik Memiliki banyak inti sel, dipengaruhi kesadaran, melekat pada rangka, bekerja cepat dan mudah lelah, bekerja tidak teratur. Merujuk laman rumahbelajar.id, selain memiliki bagian-bagian tertentu, otot juga memiliki 3 (tiga) karakteristik, yaitu: 1.Kontraktibilitas, kemampuan untuk memendek 2.Ekstensibilitas, kemampuan untuk memanjang 3.Elastisitas, kemampuan untuk kembali ke ukuran semula setelah memendek atau memanjang.

Sendi Sendi atau persendian adalah penghubung antara tulang dalam tubuh, yang memungkinkannya bergerak. Misalnya sendi antara tulang di jari jemari yang memungkinkan jari tangan bergerak. Berdasarkan sifat geraknya, persendian dibagi 3 yakni: 1.Sendi mati: Hubungan antar tulang yang sudah tidak dapat digerakkan lagi.

Contoh antar segmen pada tulang belakang. 2.Sendi kaku: Hubungan antar tulang yang memungkinkan adanya sedikit gerakan (terbatas). Contoh persendian pergelangan kaki dan tangan.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

3.Sendi gerak: Hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan lebih bebas. Contoh: persendian pada lengan atas dengan gelang bahu, tulang paha dengan gelang pinggul. Sendi gerak berdasarkan arah pergerakan, terdiri dari 5 antara lain: 1.Sendi engsel: contoh: persendian pada tulang lutut yang menghubungkan tulang paha dan tulang kaki bawah 2.Sendi pelana: contoh: berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah pada ruas telapak tangan dan tulang pergelangan tangan.

3.Sendi peluru: contoh: persendian antara tulang paha dan pinggul 4.Sendi putar: contoh: persendian yang terdapat pada tulang tengkorak dan tulang leher 5.Sendi geser: contoh: persendian antara pergelangan tangan. Contoh soal Sistem Gerak Pada Manusia, merujuk pada laman Kemdikbud 1)Apabila otot trisep berkontraksi, maka yang akan terjadi adalah ….

a.Otot bisep kontraksi, lengan bawah turun b.Otot bisep relaksasi, lengan bawah turun c.Otot bisep kontraksi, lengan bawah naik d.Otot bisep relaksasi, lengan bawah naik Jawaban : B. Otot bisep relaksasi, lengan bawah turun 2)Berikut ini merupakan fungsi rangka manusia, kecuali . a.Sebagai alat gerak pasif b.Pelindung alat-alat tubuh yang vital c.Sebagai tempat melekatnya otot rangka d.Alat gerak aktif Jawaban : A.

Sebagai alat gerak pasif 3)Berikut ini yang tergolong tulang pipa adalah. a.Tulang paha, tulang betis dan tulang kering b.Tulang leher, tulang punggung dan tulang rusuk c.Tulang lengan atas, tulang hasta dan jari-jari d.Tulang dahi, tulang ubun-ubun dan tulang kepala belakang Jawaban : A. Tulang paha, tulang betis dan tulang kering 4)Berikut ini merupakan pernyataan yang benar tentang sifat istimewa otot jantung, adalah. a.Bentuknya seperti otot lurik, cara kerjanya seperti otot jantung, di luar kesadaran b.Bentuknya seperti otot polos tapi cara kerjanya seperti otot lurik c.Bentuknya dan cara kerjanya seperti otot polos, di luar kesadaran d.Menyusun alat-alat dalam dan bekerja di bawah kesadaran Jawaban : C.

Bentuknya seperti otot lurik, cara kerjanya seperti otot jantung, di luar kesadaran 5)Hubungan antara dua tulang atau lebih yang tidak memungkinkan adanya gerak sama sekali digolongkan ke dalam.

a.Sendi semi gerak b.Sendi mati c.Sendi kaku d.Sendi gerak Jawaban : B. Sendi mati 6) Berdasarkan bentuknya, tulang dikategorikan sebagai. kecuali a.Tulang Pipih b.Tulang pendek c.Tulang pipa d.Tulang beraturan. Jawaban: D.

Tulang beraturan 7)Salah satu dari pilihan di bawah ini adalah karakteristik otot. a.Kontraktibilitas, kemampuan untuk memanjang b.Kontraktibilitas, kemampuan untuk memendek c.Ekstensibilitas, kemampuan untuk memendek d.Elastisitas, kemampuan untuk memanjang Jawaban: B. Kemampuan untuk memendek 8.Persendian pada tulang lutut termasuk jenis persendian.

a.Sendi peluru b.Sendi pelana c.Sendi engsel d.Sendi putar Jawaban: C. Sendi engsel 9.Ada 3 macam otot dalam tubuh manusia, kecuali. a.Otot polos b.Otot lurik c.Otot batik d.Otot jantung Jawaban: C.

Otot batik 10. Persendian yang terdapat pada siku adalah ….

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

a. sendi pelana b. sendi peluru c. sendi engsel d. sendi putar Jawaban: C. Sendi engsel Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 dengan kajian tentang Penyakit atau Kelainan pada Organ Gerak Manusia.

Pernahkah kamu melihat orang yang sudah berusia lanjut berjalan bungkuk? Orang tua tersebut menderita kelainan tulang. Kelainan itu bisa diakibatkan karena usia dan sikap tubuh yang salah, misalnya pada saat duduk badannya membungkuk.

Berikut ini akan kita pelajari beberapa gangguan yang dapat memengaruhi pertumbuhan tulang kita. Macam-macam Kelainan pada Organ Gerak Pasif (Tulang) • Fraktura/Patah Tulang. Kelainan pada tulang akibat kecelakaan, baik kendaraan bermotor atau jatuh. Dibedakan menjadi 2 yaitu fraktura yang tertutup (patah tulang yang tidak sampai merobek kulit/otot) dan fraktura yang terbuka (patah tulang yang merobek/ menembus kulit/otot).

• Osteoporosis. Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan tulang. Hal ini karena tubuh sudah tidak mampu lagi menyerap dan menggunakan kalsium secara normal. • Fisura/Retak Tulang. Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan. • Lordosis. Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung pada daerah lumbalis. Hal ini akan mengakibatkan posisi kepala tertarik ke belakang. • Skoliosis. Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung ke arah samping.

Hal ini akan menyebabkan badan akan bengkok membentuk huruf “S”. • Kifosis. Kelainan tulang karena sikap duduk membungkuk sehingga tulang belakang membengkok ke belakang. Penyakit Yang Berkaitan Dengan Rangka Banyak penyakit yang dapat menyerang tulang. Pada masa pertumbuhan, anak-anak memiliki jaringan tulang yang masih muda sehingga anak-anak sangat memerlukan vitamin D. Kekurangan vitamin D dan zat kapur (kalsium) dapat menyebabkan gangguan pada tulang yaitu timbulnya penyakit rakitis.

Penyakit tersebut menyebabkan terjadinya pelunakan tulang sehingga tulang tumbuh membengkok, misalnya kaki berbentuk huruf O atau X. Penyakit rakitis dapat dicegah dan diobati dengan pemberian vitamin D dan kalsium. Vitamin D dan kalsium banyak terdapat dalam minyak ikan, mentega, kuning telur, susu, dan ikan. Selain itu, tubuh kita juga mempunyai provitamin D yang terdapat di bawah kulit kita.

Provitamin D adalah vitamin D yang belum sempurna sehingga masih berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah diolah.

Untuk mengolah provitamin D menjadi vitamin D yang sempurna diperlukan bantuan sinar ultraviolet.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

Sinar matahari banyak mengandung sinar ultraviolet, oleh sebab itu kita dianjurkan untuk berjemur badan pada pagi hari. Oleh karena rangka sangat berguna bagi kita, maka kita harus menjaga dan merawat rangka supaya tidak mengalami sakit maupun gangguan. Adapun cara menjaga dan merawat rangka yaitu: • Melakukan sikap duduk, berdiri, dan sikap tidur yang benar dalam kesehariannya. • Makan makanan yang bergizi, khususnya yang banyak mengandung zat kapur dan kalsium, dan banyak mengandung vitamin D.

• Banyak berolahraga. Macam-macam Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia Organ gerak aktif manusia, yaitu otot juga bisa mengalami kelainan, gangguan, atau penyakit. Berikut ini adalah beberapa kelainan dan penyakit pada otot manusia: • Hipertrofi, yaitu kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan.

• Atrofi, yaitu kelainan otot yang mengecil, lemah, fungsi otot yang menurun. Hal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf pada otot. • Stiff/kaku leher, yaitu kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak. • Tetanus, yaitu kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus menyebabkan otot menjadi kejang-kejang. Video Materi IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 “Penyakit Organ Gerak Manusia” Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 tentang Kelainan dan Penyakit Organ Gerak Manusia di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini.

Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya…. Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 “Penyakit Organ Gerak Manusia” Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 tentang Penyakit Organ Gerak Manusia di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah link di bawah ini: https://quizizz.com/join/quiz/5f34d72ac0d1e0001b280d3b/start Contoh Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 “Penyakit Organ Gerak Manusia” 1.

Pernyataan yang benar mengenai rangka adalah A. tulang-tulang yang tersusun secara teratur B. tulang-tulang yang tersusun secara tidak berurutan C.

tulang-tulang lunak yang teratur D. tulang-tulang keras yang tersusun rapi 2. Di bawah ini yang bukan merupakan fungsi rangka adalah A. tempat melekatnya otot B.

menegakkan tubuh C. membentuk daging D. membentuk tubuh 3. Pada kehidupan sehari-hari otot sering disebu… A. kulit B. daging C. tulang D. otot 4. Rongga dada terbentuk dari tulang… dan tulang A. selangka dan belikat B. rusuk dan dada C. gelang bahu dan rusuk D. dada dan selangka 5. Hubungan antara tulang-tulang manusia disebu.

A. rangka B. daging C. otot D. sendi 6. Penyakit yang dapat menyerang tulang adalah … A. polio B. gondongan C. beri-beri D. kista 7. Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah makanan yang banyak mengandung … A. vitamin A B. vitamin C C. vitamin D D. vitamin K 8. Makanan yang tidak mengandung Kalsium adalah … A. susu B. ikan C. buah-buahan D. jagung 9. Berikut ini cara-cara membiasakan sikap tubuh yang benar agar terhindar dari dampak buruk dari sikap tubuh yang salah, kecuali … A.

punggung selalu dalam posisi tegak ketika duduk B. membawa beban yang terlalu berat di punggung C. punggung selalu dalam posisi tegak ketika berdiri D. membawa beban yang seimbang sebelah kiri dan kanan 10. Yang merupakan gambar dari sendi geser adalah 11. Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah A. sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah B. sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah C. sendi yang bergerak ke dua arah D. persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain 12.

Gambar di bawah ini yang benar mengenai sikap duduk yang benar adalah. 13. Gangguan pada tulang belakang dengan tulang belakang membengkok ke kiri dan kanan disebut …. A. kifosis B. lordosis C. skoliosis D. artesis 14. Orang yang memiliki penyakit rakhitis ditunjukkan pada gambar … 15. Kita dapat berjalan dengan tegak karena memiliki … A. kaki B. daging C. leher D. rangka 16. Di bawah ini adalah bagian tubuh yang membantu manusia untuk bergerak, kecuali ….

A. tulang B. otot C. sendi D. kulit 17. Supaya rangka tubuh kita tetap sehat, sebaiknya kita jaga dengan … A. banyak makan makanan berlemak B. banyak istirahat C. banyak berolahraga D. banyak berjemur 18. Rangka tersusun oleh … A. tulang dan daging B.

tulang dan otot C. tulang dan kulit D. berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah yang bersambungan 19. Agar tulang tumbuh kuat, kita perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung … a. kalsium dan magnesium b. fosfor dan sumsum c. kalsium dan fosfor d. sumsum dan magnesium 20. Satu-satunya tulang pada rangka kepala yang dapat digerakkan adalah tulang … A. hidung B. pipi C. rahang atas D. rahang bawah 21. Rangka badan melindungi organ … A. paru-paru B.

otak C. mata D. hidung 22. Penyakit tulang yang ditandai dengan keroposnya tulang disebut … A. rakitis B. osteoporosis C. polio D. skoliosis 23. Penyakit tulang yang ditandai dengan semakin mengecilnya ukuran tulang disebut … A. rakitis B. osteoporosis C. polio D. lordosis 24. Berikut ini yang merupakan sumber vitamin D adalah … A. berjemur di pantai B. berjemur di pagi hari C. berjalan-jalan tanpa alas kaki di siang hari D. berjemur di sore hari 25. Kelainan pada tulang belakang yang menyebabkan tubuh menjadi bungkuk adalah .

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

. . A. lordosis B. kifosis C. skoliosis D. osteoporosis Kunci Jawaban Latihan Soal Kelainan dan Penyakit Organ Gerak Manusia 1. A 6. A 11. B 16. C 21. A 2. C 7. C 12. D 17. C 22. B 3. B 8. D 13. C 18.

B 23. C 4. B 9. B 14. C 19. C 24. B 5.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

D 10. B 15. D 20. D 25. B Demikianlah modul online BDR Materi IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 tentang Kelainan dan Penyakit Organ Gerak Manusia serta cara merawatnya.

Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan ( maglearning.id). • Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk membagikan di Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah di jendela yang baru) • Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk mengirim ini lewat surel kepada seorang teman(Membuka di jendela yang baru) •
9.

Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah (A). sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah (B) sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah (C) sendi yang bergerak ke dua arah (D) persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain 10. Gangguan pada tulang belakang dengan tulang belakang membengkok ke kiri dan kanan disebut . (A) kifosis (B) lordosis (C) scoliosis (D) artesis Bantu Jawab Yah☺​ TOLONG JAWAB BESUK DI KUMPULKAN 1.

Unsur di bedakan menjadi 2 yaitu . 2. Emas merupakan zat tunggal yang berupa . 3. Iklan elektronik menyam … paikan informasi dalam bentuk . dan . 4. Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan . seluruh rakyat Indonesia. 5. Lagu Indonesia Raya adalah lagu ciptaan . 6. Menyublim adalah perubahan wujud .

menjadi . 7. Surat undangan dari Dinas Pendidikan termasuk jenis surat undangan . 8. Salah satu tugas BPUPKI adalah. 9. Teks Proklamasi Kemerdekan di bacakan oleh Ir.Soekarno di . 10. Tari Golek berasal dari . 9.Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah??

A.sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah B.sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah C.sendi yang bergerak ke dua arah D.persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain please answer collected tomorrow :) ​ ☞ j a w a b a n b e s e r t a p e n j e l a s a n ☟ A.

s e n d i y a n g m e m u n g k i n k a n g e r a k a n k e s e m u a a r a h. ☞ s e n d i p e l u r u untuk b e r g e r a k k e s e l u r u h a r a h. ☞ s e n d i e n g s e l untuk b e r g e r a k k e s a t u a r a h. ☞ s e n d i p e l a n a untuk b e r g e r a k k e d u a a r a h .
Berikut merupakan deskripsi dari sendi gulung, sendi geser, dan sendi putar. • Sendi gulung/sendi kondiloid/sendi ellipsoid merupakan sambungan dua tulang yang berbentuk oval dan mangkuk.

Contohnya persendian pada metakarpal dengan falangus. • Sendi geser atau sendi luncur adalah hubungan antartulang yang terdiri dari tulang yang memiliki permukaan yang datar, sehingga memungkinkan gerakan meluncur satu sama lain. Contohnya adalah sendi pada pergelangan tangan.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

• Sendi putar adalah sendi yang satu tulang bergerak mengelilingi tulang lain (poros/pivot). Contohnya adalah sendi tulang atlas dan tulang leher. • Sendi peluru adalah sambungan tulang yang memungkinkan pergerakan ke segala arah karena struktur tulang penyusun sendi ini berbentuk bola dan mangkuk. Contoh sendi peluru terdapat pada gelang bahu dan tulang lengan atas. Dengan demikian, pernyataan yang benar mengenai jenis sendi dan deskripsinya ditunjukkan oleh nomor 1 dan 2 (A).
Soal Pilihan Ganda Sistem Gerak Manusia 1.

Pernyataan yang benar mengenai rangka adalah … A. tulang-tulang yang tersusun secara teratur B. tulang-tulang yang tersusun secara tidak berurutan C. tulang-tulang lunak yang teratur D. tulang-tulang keras yang tersusun rapi 2. Di bawah ini yang bukan merupakan fungsi rangka adalah A. tempat melekatnya otot B.

menegakan tubuh C. membentuk daging D. membentuk tubuh 3. Pada kehidupan sehari-hari otot sering disebu… A. kulit B. daging C. tulang D. otot 4. Rongga dada terbentuk dari tulang… dan tulang A. selangka dan belikat B. rusuk dan dada C. gelang bahu dan rusuk D. dada dan selangka 5. Hubungan antara tulang-tulang manusia disebut… A. rangka B. daging C. otot D.

sendi 6. Penyakit yang dapat menyerang tulang adalah … A. polio B. gondongan C. beri-beri D. kista 7. Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah makanan yang banyak menganding … A. vitamin A B. vitamin C C. vitamin D D. vitamin K 8. Makanan yang tidak mengandung Kalsium adalah … A.

susu B. ikan C. buah-buahan D. jagung 9. Berikut ini cara-cara membiasakan sikap tibuh yang benar agar terhindar dari dampak buruk dari sikap tubuh yang salah, kecuali … A. punggung selalu dalam posisi tegak ketika duduk B. membawa beban yang terlalu berat di pnggung C. punggung selalu dalam posisi tegak ketika berdiri D. membawa beban yang seimbng sebelah kiri dan kanan 10. Yang merupakan gambar dari sendi geser adalah 11. Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah A.

sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah B. sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah C. sendi yang bergerak ke dua arah D. persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain 12. Gambar di bawah ini yang benar mengenai sikap duduk yang benar adalah. 13. Gangguan pada tulang belakang dengan tulang belakang membengkok ke kiri dan kanan disebut ….

A. kifosis B. lordosis C. skoliosis D. artesis 14. Orang yang memiliki penyakit rakhitis ditunjukkan pada gambar … 15.

Kita dapat berjalan dengan tegak karena memiliki … A. kaki B. daging C. leher D. rangka 16. Di bawah ini adalah bagian tubuh yang membantu manusia untuk bergerak, kecuali …. A. tulang B. otot C. sendi D. kulit 17. Supaya rangka tubuh kita tetap sehat, sebaiknya kita jaga dengan … A. banyak makan makanan berlemak B.

banyak istirahat C. banyak berolahraga D. banyak berjemur 18. Rangka tersusun oleh … A. tulang dan daging B. tulang dan otot C. tulang dan kulit D. tulang yang bersambungan 19. Agar tulang tumbuh kuat, kita perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung … a. kalsium dan magnesium b. fosfor dan sumsum c. kalsium dan fosfor d. sumsum dan magnesium 20. Satu-satunya tulang pada rangka kepala yang dapat digerakkan adalah tulang … A.

hidung B. pipi C. rahang atas D. rahang bawah Sumber : https://www.muttaqin.id/2018/05/soal-ipa-organ-gerak-manusia-tulang-jawaban.html-- Mari bersyukur bahwa di dalam tubuh kita ada sesuatu yang bernama sendi.

Sendi adalah bagian tubuh berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah menghubungkan tulang-tulang kita. Selain sebagai penghubung tulang, sendi juga memberikan fleksibilitas untuk bergerak. Bayangkan, tanpa sendi, tulang-tulang kita hanya akan mengambang di dalam otot tanpa ada yang menyatukan.

Tulang hanya akan berdekatan, tapi tak bisa berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah. Tanpa sendi, tulang jadi sendu. Ya ya ya, banyak sekali bukan? Bayangkan semua sendi itu mengisi tubuh kita. Tiga. Ratus. Enam. Puluh. Sadis. Yah, meskipun ada begitu banyak sendi di dalam tubuh kita, tetap cuma dia yang mengisi hatiku.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

Sebentar… ini kenapa mendadak curhat ya? Oke, tidak mungkin kita membahas 360 sendi itu satu per satu. Bisa-bisa nyeri sendi leher bacanya. Pertama, kita harus tahu dulu seperti apa sih bentuk sendi itu? Benda seperti apa yang katanya “menghubungkan” tulang-tulang kita? Apakah cair menyerupai lem? Atau lembek kayak nasi? Well, jawabannya… beda-beda. Ada yang tahu ini sendi apa? (sumber: giphy.com) Meskipun fungsinya sebagai penghubung antartulang, tapi sendi tidak berbentuk seperti cairan kayak lem.

Sendi juga tidak selembek nasi. Sendi juga tidak keriting, bersuara indah, dan jago main gitar karena kalau itu namanya… Sendi Sandhoro ITU SHANDY BHANG! (sumber: medcom via YouTube) Satu hal yang pasti, sendi ini menyerupai “bantalan” yang berada di antara tulang-tulang kita.

Dan, sama halnya seperti tulang, bentuk sendi juga berbeda-beda. Kok bisa gitu?

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

Ya karena sendi kita “menyesuakan” bentuk tulang. Ini bukan berarti tulang pipa di kaki dihubungkan dengan sendi yang berbentuk pipa juga ya… Baca juga: Tulang Penyusun Rangka Tubuh Manusia Dan ya, seperti yang dibahas di awal, sendi dapat membantu kita untuk bergerak.

Tapi, tidak semua sendi membantu menggerakkan tulang-tulang kita. Ada juga beberapa sendi yang tidak bisa bergerak sama sekali. Makanya, kita dapat membagi sendi ke dalam 3 jenis, berdasarkan sifat gerakannya: 1.

Sendi Mati ( Sinartrosis) Sedih banget sendi yang ini. Dari namanya, jelas kalau sendi mati adalah sendi yang tidak bisa bergerak. Diam. Mati. Mungkin, awal mula dari sendi mati adalah keseringan sendi… rian.

Contoh: sendi yang terdapat pada tulang tengkorak. 2. Sendi Kaku ( Amfiartrosis) Sendi kaku adalah sendi yang dapat digerakkan, tapi terbatas.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

Memang agak-agak posesif gitu dia. Tidak bisa bebas dan agak terkekang. Contoh: sendi yang terdapat pada tulang antarruas tulang belakang dan tulang rusuk.

3. Sendi Gerak ( Diartrosis) Seperti namanya, sendi gerak adalah sendi yang dapat digerakkan secara leluasa.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

Nah, sendi gerak ini lah yang paling populer di antara sendi lainnya. Bukan, ini bukan karena dia paling gaul dan masuk ke dalam jajaran selebgram, tapi karena sendi ini cukup banyak sehingga bisa kita kategorikan lagi ke dalam beberapa sendi.

Apa aja tuh? Berikut adalah macam-macam sendi berdasarkan arah gerakannya: 4. Sendi Geser ( plane) Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain.

Contoh: sendi pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

5. Sendi Engsel ( hinge) Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk.

Ada yang sudah kebayang sendi ini ada di mana? Yak, betul. Sendi engsel ada pada tulang lutut dan siku. 6. Sendi Gulung ( condylar) Sendi gulung adalah sendi yang punya gerakan dua arah.

Bisa bergerak ke depan dan ke belakang, bisa juga ke kanan dan ke kiri. Contoh: sendi antara tulang pengumpil (radius) dan tulang pergelangan tangan. Sendi geser, engsel, dan gulung (sumber: Crashcourse via YouTube) 7. Sendi Putar ( pivot) Sendi putar adalah salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain.

Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar di sana. Hayo, kayak apa? Yak, betul. Sendi ini lah yang membuat kepala kita bisa berputar menoleh ke kiri dan kanan. Beda kan cara kita menoleh dengan ikan yang hanya bisa menengok ke kiri dan kanan. Cuma matanya aja lirak-lirik.

Contoh sendi putar: sendi antara tulang leher dan tulang tengkorak. 8. Sendi Peluru ( ball and socket) Bukan. Ini bukan sendi yang bisa nembak kok. Sendi peluru adalah sendi yang bisa bergerak ke segala arah. Salah satu tulangnya berbentuk mirip bola dan tulang lainnya seperti mangkuk.

berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sendi peluru adalah

Contoh: hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu. Sendi putar, peluru, dan pelana (sumber: Crashcourse via YouTube) 9. Sendi Pelana ( saddle) Pasti pernah denger kata pelana kan?

Iya, ada sendi yang bentuknya mirip seperti “pelana kuda”. Sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu seperti gerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri. Sendi pelana bisa kita temuin di tulang pangkal ibu jari. Gimana, sudah paham, kan, tentang fungsi dan macam-macam sendi yang ada di dalam tubuh manusia? Kalau kamu penasaran dan ingin melihat sendi ini dalam bentuk video, tonton aja di ruangbelajar!

Referensi: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTS Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang Kemendikbud. Artikel ini diperbarui pada 14 Juli 2021.

PERSIAPAN PENILAIAN HARIAN




2022 www.videocon.com