China eastern airlines jatuh

china eastern airlines jatuh

WUZHOU - Data penerbangan maskapai China Eastern Airlines Boeing 737-800 telah merinci tiga menit terakhir dari pesawat yang jatuh mengerikan. Pesawat dengan 132 orang itu jatuh di pegunungan terpencil di Teng, Kota Wuzhou, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, kemarin. Situs pelacak penerbangan FlightRadar24 menunjukkan tidak ada lagi data untuk penerbangan MU5735 setelah pukul 14.22 waktu setempat. Baca juga: Ini Kronologi Jatuhnya China Eastern Airlines, Diduga Tak Ada yang Selamat Dalam dua menit 15 detik, pesawatterjun bebas dari ketinggian 29.100 kaki (8.869 meter) ke 9.075 kaki (2.766 meter) antara pukul 14.19 hingga 14.20.

Sisanya, yakni 10 hingga 20 detik pesawat stabil, namun situasi sudah kacau. Ketinggian terakhir yang dilaporkan pesawat adalah 3.225 kaki (982 meter). Komentator penerbangan Sally Gethin mengatakan; "Sementara gaya gravitasi dari terjun 6.000 meter akan menjatuhkan pilot, data penerbangan mungkin telah china eastern airlines jatuh 10 hingga 20 detik di mana satu atau lebih pilot sadar dan china eastern airlines jatuh menyelamatkan pesawat," katanya kepada The Sun, Selasa (23/3/2022).

Meskipun Gethin mengatakan terlalu dini untuk berspekulasi, fakta bahwa China Eastern Airlines telah mengandangkan armada Boeing 737 mereka, bisa menjadi pertanda lebih banyak masalah keselamatan dengan pesawat. “Pesawat 737-800 memiliki catatan keamanan yang sangat baik,” katanya. “Ada ribuan dari mereka yang beroperasi di seluruh dunia, sekitar 1.000 saja di China." Beijing - Jatuhnya pesawat penumpang maskapai China Eastern Airlines di pegunungan Guangxi, China bagian selatan, menjadi kecelakaan pesawat pertama di China sejak tahun 2010.

China selama satu dekade terakhir disebut sebagai salah satu negara dengan catatan keselamatan penerbangan paling aman di dunia. Seperti dilansir Channel News Asia dan AFP, Senin (21/3/2022), menurut Jaringan Keselamatan Penerbangan China, kecelakaan pesawat fatal terakhir di wilayah China terjadi tahun 2010.

Saat itu, sebuah pesawat jenis Embraer E-190 milik maskapai Henan Airlines jatuh saat mendekati Bandara Yichun, Provinsi Heilongjiang, dengan jarak pandang rendah. Sedikitnya 44 orang, dari total 96 orang di dalam pesawat, tewas dalam kecelakaan tersebut. Baca juga: Pesawat China Eastern Jatuh, Menukik 25 Ribu Kaki Hanya dalam 3 Menit! Seluruh 141 orang yang ada di dalam pesawat tersebut tewas.

Sementara itu, kecelakaan pesawat paling fatal di China terjadi tahun 1994 silam, saat jatuhnya sebuah pesawat maskapai China Northwest Airlines menewaskan seluruh 160 orang yang ada di pesawat.

china eastern airlines jatuh

Kecelakaan terbaru terjadi di area pegunungan Guangxi, China bagian selatan, ketika sebuah pesawat Boeing 737 milik maskapai China Eastern Airlines terjatuh saat tengah mengudara dari Kunming menuju menuju Guangzhou.

Lihat video 'Ngeri! Detik-detik Pesawat Eastern Airlines Jatuh di Pegunungan China': [Gambas:Video 20detik]
KOMPAS.com - Pesawat China Eastern Airlines dilaporkan jatuh di pegunungan China selatan dalam penerbangan domestik pada Senin (21/3/2022).

china eastern airlines jatuh

Dikutip dari Reuters, Selasa (22/3/2022), pesawat itu mengangkut 132 orang yang terdiri dari 123 penumpang, dan 9 awak. Reuters menyebutkan, dari kecelakaan pesawat tersebut tidak ada tanda-tanda korban selamat. Baca juga: Pesawat China Eastern Airlines Jatuh, Angkut 132 Orang Maskapai China Eastern Airlines pun mengatakan sangat berduka bagi penumpang dan awak, tetapi mereka tidak menyebutkan china eastern airlines jatuh banyak orang yang tewas di pesawat Boeing 737 itu.

Tidak ada orang asing yang ikut dalam penerbangan itu. Sementara itu, pihak Boeing (BA.N) mengatakan siap membantu China Eastern dan telah menghubungi regulator keselamatan transportasi AS atas insiden tersebut. Detik-detik jatuhnya pesawat China Eastern Airlines Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) dan maskapai menyampaikan, pesawat kehilangan kontak di atas Kota Wuzhou. Pesawat China Eastern Airlines ini memiliki rute penerbangan dari Kunming menuju Guangzhou.

Data dari FlightRadar24 menunjukkan, penerbangan telah meninggalkan Kunming pada pukul 13.11 waktu setempat.

china eastern airlines jatuh

Menukik tajam sebelum jatuh Media China membawa rekaman video yang tampaknya menunjukkan pesawat jatuh menukik dengan sudut sekitar 35 derajat vertikal di antara pepohonan. Pesawat berusia 6 tahun ini telah terbang pada ketinggian 29.100 kaki pada pukul 06.20.

china eastern airlines jatuh

Kemudian, pesawat mulai turun dengan cepat ke 7.425 kaki sebelum pulih ke 8.600 kaki. Tak lama setelah itu, pesawat turun dengan cepat lagi dan menurut data terakhir yang dilacak bahwa pesawat sudah berada di posisi 3.225 di atas permukaan laut (mdpl). Baca juga: Pesawat Boeing 737 China Eastern Airlines Jatuh, Picu Kebakaran Hutan Berita Terkait Kronologi Jatuhnya Pesawat China Eastern Airlines, Angkut 132 Kru dan Penumpang Pesawat Boeing 737 China Eastern Airlines Jatuh, Picu Kebakaran Hutan China Eastern Airlines Jatuh dari Ketinggian 8.800 Meter dalam 3 Menit [POPULER TREN] Profil Rara, Pawang Hujan MotoGP Mandalika - Ibu Bunuh Anak di Brebes 6 Kecelakaan Pesawat Boeing dalam 10 Tahun Terakhir Berita Terkait Kronologi Jatuhnya Pesawat China Eastern Airlines, Angkut 132 Kru dan Penumpang Pesawat Boeing 737 China Eastern Airlines Jatuh, Picu Kebakaran Hutan China Eastern Airlines Jatuh dari Ketinggian 8.800 Meter dalam 3 Menit [POPULER TREN] Profil Rara, Pawang Hujan MotoGP Mandalika - Ibu Bunuh China eastern airlines jatuh di Brebes 6 Kecelakaan Pesawat Boeing dalam 10 Tahun Terakhir tirto.id - Pesawat China Eastern Airlines dengan nomor penerbangan MU5735 jatuh dan menabrak gunung di Guangxi, China pada Senin (21/3/2022).

Sebanyak 132 penumpang dan awak di dalam pesawat diduga setelah pesawat itu jatuh di gunung China selatan.

Belum ada konfirmasi resmi mengenai korban tujuh jam setelah kecelakaan itu, meningkatkan china eastern airlines jatuh bahwa hanya ada sedikit kemungkinan untuk menemukan korban yang selamat. Proses evakuasi setelah Boeing 737-800 jatuh di dekat Wuzhou di wilayah otonomi Guangxi Zhuang dilakukan dengan melibatkan 600 petugas pemadam kebakaran. Penerbangan MU5735, yang membawa 123 penumpang dan sembilan awak, menghilang dalam perjalanan ke Guangzhou setelah lepas landas dari Kunming di Provinsi Yunnan pada pukul 13.10 waktu setempat.

Setelah gagal tiba sesuai jadwal pada pukul 02.52 siang, pesawat berstatus "di luar jangkauan" ketika dilihat di aplikasi bandara Guangzhou. Menurut VariFlight, penyedia data penerbangan sipil China, pesawat terbang pada ketinggian hampir 8.900 meter (29.200 kaki) sebelum melambat dan kehilangan ketinggian pada pukul 14.19.

Tiga menit kemudian, ketika ketinggiannya tercatat sekitar 1.300 meter, pesawat menghilang dari radar. Media melaporkan bahwa puing-puing telah ditemukan di lokasi dan tim medis setempat mengirim ambulans ke tempat kejadian dan mendirikan pos pertolongan pertama. Seorang penduduk desa setempat mengatakan kepada portal online Jimu News, ia melihat badan pesawat telah hancur dan terjadi kebakaran di sekitar lokasi kejadian.

Seorang pengemudi truk bernama Li mengatakan kepada media lokal bahwa dia melihat momen saat China Eastern Airlines jatuh. “Saya berada sekitar dua hingga tiga kilometer jauhnya, saya tidak dapat mendengar suaranya tetapi asap hitam ada di sana, itu tampak seperti ledakan,” kata Li, dikutip SCMP. Dia mengatakan seluruh kejadian hanya berlangsung beberapa detik dan pada saat dia mengambil telepon untuk memotret, dia hanya bisa menangkap asap.

china eastern airlines jatuh

China Eastern Airlines Pakai Boeing 737-800 China Eastern mengatakan akan mengandangkan semua pesawat Boeing 737-800 mulai Selasa (22/3/2022). Maskapai membuat saluran bantuan telepon darurat untuk keluarga.

china eastern airlines jatuh

Mereka juga mendirikan pusat informasi dan maskapai menyatakan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga korban, mengubah situs webnya menjadi hitam dan putih. Bandara Kunming dan Guangzhou juga mulai memberikan bantuan kepada keluarga yang menunggu di sana.

china eastern airlines jatuh

Pemeriksaan keamanan akan dilakukan di sektor penerbangan sementara Presiden Xi Jinping mengatakan dia terkejut mengetahui tentang insiden tersebut dan telah memerintahkan tanggapan darurat segera. Boeing 737-800 yang jatuh pada hari Senin memiliki catatan keselamatan yang baik dan merupakan pendahulu dari model 737 MAX yang telah di- grounded di China selama lebih dari tiga tahun setelah kecelakaan fatal di Indonesia pada 2018 dan Ethiopia pada 2019.

Boeing mengatakan sedang berusaha mengumpulkan lebih banyak informasi tentang kecelakaan itu. Administrasi Penerbangan Federal AS mengatakan mengetahui laporan tersebut dan bersedia membantu penyelidik jika diminta.
Wuzhou - Kabar pilu datang dari maskapai China Eastern Airlines.

china eastern airlines jatuh

China eastern airlines jatuh ini jatuh menukik vertikal di perbukitan. Pesawat Boeing 787-800 China Eastern Airlines jatuh di desa dekat Kota Wuzhou, Porvinsi Guangxi, Senin (21/3).

Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) menyebut pesawat itu membawa 123 penumpang dengan 9 awak. Dilansir dari Reuters, media lokal China memberitakan bahwa tak ada tanda-tanda korban yang selamat.

Ini jelas membuat dunia penerbangan berduka. Pesawat China Eastern Airlines lepas landas dari ibu kota Provinsi Yunnan, Kunming menuju ibu kota Provinsi Guangdong, Guangzhou, yang berbatasan dengan Hong Kong.

Pesawat kemudian gagal tiba sesuai dengan waktu yang ditentukan pihak Menara Pengendali Lintas Udara di Guangzhou. Belakangan baru diketahui China Eastern jatuh di perbukitan dekat Kota Wuzhou, Provinsi Guangxi, China. Baca juga: Ini Profil Gunung di China yang Terbakar Akibat Kejatuhan China Eastern "Lokasi tepat kecelakaan berada di Pedesaan Langna di daerah Teng," kata salah satu pejabat desa kepada AFP.

Pihak maskapai penerbangan segera menyediakan sambungan hotline untuk para keluarga maupun kerabat korban yang masuk dalam daftar manifes di pesawat tersebut. Sementara itu, dari data FlightRadar24, pelacakan penerbangan berakhir pada pukul 14.22 waktu setempat, dengan ketinggian 982 meter dan kecepatan 376 knot.

china eastern airlines jatuh

Pesawat ini seharusnya mendarat di Guangzhou pada pukul 15.05 waktu setempat, namun tidak terjadi karena mengalami kecelakaan. Situs web China Eastern Airlines menampilkan warna hitam dan putih sebagai respons atas kecelakaan yang terjadi dan tanda penghormatan kepada para korban. Selama ini, keselamatan industri penerbangan China termasuk yang terbaik di dunia selama satu dekade terakhir. Kejadian ini pun menodai predikat aman tersebut.
Jakarta, CNBC Indonesia - Peristiwa jatuhnya pesawat terbang kembali terjadi, Senin (21/3/2022) sore waktu setempat.

Kali ini menimpa Boeing 737-800 milik China Eastern Airlines. Pesawat yang mengangkut 132 orang itu seharusnya menuju Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, dari Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan. Diketahui MU5735 meninggalkan Kunming pukul 13.11. Baca: Puing Pesawat China Eastern Ditemukan, Begini Penampakannya Seharusnya pesawat mendarat pukul 15.05.

Namun MU5735 tersebut hilang kontak di atas kota Wuzhou, Wilayah Otonom Guangxi Zhuang. Pesawat itu diketahui jatuh di area pegunungan. People's Daily mengutip seorang pejabat china eastern airlines jatuh pemadam kebakaran provinsi yang mengatakan tidak ada tanda-tanda korban selamat di antara puing-puing.

Lalu apa penyebabnya? China Eastern sendiri mengatakan penyebab kecelakaan masih diselidiki. Para ahli mengatakan masih terlalu dini menarik kesimpulan tentang penyebab potensial, mengingat langkanya informasi.

Namun dari segi usia, pesawat itu baru berumur enam tahun. Penerbangan pesawat sehari sebelumnya juga memulai penurunan normal dari ketinggian yang sama dan mendarat dengan selamat.

china eastern airlines jatuh

Tapi dari data FlightRadar24, China Eastern yang jatuh sempat turun cepat ke 7.425 kaki sebelum pulih sebentar ke 8.600 kaki, dari ketinggian 29.000. Namun kemudian turun lagi. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 14.22 waktu setepat. Flight Radar24 tak mencatat data lagi setelah itu.

china eastern airlines jatuh

"Ketinggian yang dilacak terakhir adalah 3.225 kaki di atas permukaan laut," tulis Reuters. Mengutip The Sun yang meminta keterangan ahli, kemungkinan pilot tak berdaya menyelamatkan pesawat. Sebab, terjunnya pesawat setinggi itu akan membuat penumpang dan awak tidak sadarkan diri.

"Sementara gaya gravitasi dari terjun 6.000 meter akan menjatuhkan pilot, data penerbangan mungkin telah menunjukkan 10 hingga 20 detik di mana satu atau lebih pilot sadar dan mencoba menyelamatkan pesawat," kata komentator penerbangan Sally Gethin. Namun ia mengaku kesimpulan itu belum tentu benar. Pesawat Boeing 737-800 sendiri selama ini dikenal memiliki sistem keamanan terbaik. Sebenarnya kecelakaan selama fase penerbangan pelayaran relatif jarang meskipun periode ini menyumbang sebagian besar waktu di sebuah penerbangan.

Kecelakaan selama china eastern airlines jatuh penurunan, ketika pesawat pertama kali meninggalkan ketinggian jelajah, bahkan lebih jarang terjadi. Berdasarkan data Boeing tahun lalu, yang diambil dari 2011 hingga 2020, 13% kecelakaan fatal terjadi saat fase pelayaran sementara 17% saat turun.

Sebanyak 28% kecelakaan terjadi saat pendekatan akhir dan 26% pendaratan.

China Eastern Airlines Boeing jet crashes in China, reports CCTV




2022 www.videocon.com