Cara menyembuhkan bisul dengan cepat

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

Ini membawa muatan negatif yang membuatnya sangat adsorben di alam. Karena dapat mengikat zat seperti racun dan kotoran dengan afinitas yang besar, membantu dalam proses detoksifikasi. Dengan demikian, itu populer digunakan secara oral untuk mengobati penyakit seperti keracunan, diare, dan masalah pencernaan.

Secara topikal, tanah liat bentonit secara tradisional digunakan untuk menyembuhkan infeksi kulit, jerawat, dan dermatitis. Masker tanah liat ini mengandung mineral seperti potasium, kalsium, magnesium, dan silikat yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Tanah liat ini mengelupas cara menyembuhkan bisul dengan cepat dengan lembut dengan mengikat kotoran, minyak berlebih, dan kotoran lainnya pada kulit. Sehingga dapat membuka pori-pori, menghilangkan komedo, dan mengontrol sebum. Mineral dalam tanah liat bentonit menunda penuaan dini dengan menyerap radikal bebas yang terbentuk di kulit akibat paparan sinar UV yang berbahaya. Tabir surya dengan mineral bentonit dilaporkan menawarkan perlindungan parsial dari matahari.

Tanah liat bentonit telah digunakan dalam krim pelembab dan krim popok untuk mengobati dermatitis. Ini juga cara menyembuhkan bisul dengan cepat untuk menyembuhkan lesi kulit, eksim, psoriasis dan bisul karena sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi.

Tanaman obat keluarga atau disingkat TOGA pada dasarnya merupakan sekumpulan tumbuhan atau tanaman yang dipetik untuk dipakai sebagai bahan pembuatan obat herbal untuk mengobati penyakit. Ada banyak penyakit yang bisa diatasi hanya dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga karena mengandung senyawa-senyawa tertentu yang memberikan khasiat pengobatan. Klik disini untuk melihat berbagai produk tanaman obat yang kami jual.

Sejak zaman kerajaan dan nenek moyang, tanaman obat keluarga sudah lama dipakai. Bahkan hingga kini, penggunaannya belum bisa digantikan sebab khasiat dari tanaman obat keluarga memang masih manjur meski tanaman yang digunakan belum seluruhnya mendapatkan perhatian dari para peneliti. Tanaman-tanaman yang memberi efek pengobatan tersebut bisa dibudidaya sendiri di rumah atau memetiknya karena banyak juga yang tumbuh liar.

Tanaman obat keluarga sendiri ada banyak macamnya. Berikut ini kami sebutkan macam-macam tanaman obat keluarga beserta khasiatnya untuk mengobati beragam keluhan dan penyakit. Baca juga: Kumpulan Nama Bunga Lengkap (Dari A-Z) Beserta Gambar dan Penjelasannya 1. Daun Dewa Daun dewa yang termasuk tanaman obat keluarga ini mengandung beberapa senyawa kimia seperti saponin, minyak atsiri, flavonoid, polifenol, sterol, tannin, vanilat, asam klorogenat, asam p-kumarat, asam p-hidroksi benzoate, alkaloid, dan triterpenoid.

Selain senyawa tersebut, terdapat pula sifat-sifat kimiawi pada setiap zat kimia di dalamnya, seperti antikoagulan, diuretik, anti-peradangan, anti-bakteri, sitostatik, analgesik, anti-toksin, anti-kolestrol, anti-piretik, hipotensif, dan hipoglikemin. Daun dewa bisa dimanfaatkan sebagai tanaman untuk mengataasi penyakit stroke, rematik, gula tinggi (diabetes), sakit jantung, hipertensi, kanker, pendarahan cara menyembuhkan bisul dengan cepat pembengkakan payudara, luka, bekas gigitan binatang buas, kutil, ganglion (sejenis kista yang mucnul pada bagian tangan dan kaki), batuk darah, muntah darah, demam berdarah, kejang-kejang pada anak, wasir, keseleo, gangguan haid, dan beberapa sifat-sifat kimia tersebut yang termasuk fungsi pengobatannya.

Klik disini untuk melihat produknya. 2. Daun Seledri Daun seledri yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia merupakan tumbuhan yang diperkenalkan oleh penjajah Belanda untuk menyedapkan sup atau sebagai sayur lalapan.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan atau lalapan, daun seledri atau Apium graveolens L. ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Penggunaannya sebagai ramuan pembuatan obat herbal ditujukan untuk mengatasi banyak penyakit seperti asma, diabetes, masalah pada sendi, rematik, menurunkan tekanan darah, batuk, mata dan kering.

Meskipun biasa dijadikan tanaman obat keluarga, daun seledri juga bisa menimbulkan alergi pada orang yang sensitif, sehingga tidak semua orang dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Klik disini untuk melihat semua produk seledri yang kami jual. 3. Belimbing Belimbing adalah buah yang mempunyai cita rasa asam dan manis. Di dalamnya terkandung banyak air atau sari sehingga banyak diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Pada bagian buahnya terdapat banyak sekali kandungan vitamin C. Belimbing merupakan buah yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi beberapa gangguan terhadap kesehatan.

Orang yang mempunyai masalah pada organ ginjalnya disarankan untuk banyak konsumsi belimbing dikarenakan pada buah ini terkandung asam oxalat. Sedangkan untuk orang-orang dengan kolesterol tinggi atau diabetes tidak boleh konsumsi buah ini karena mengandung gula yang tinggi. Klik disini untuk meilhat semua produk belimbing yang kami jual.

4. Daun Kelor Daun kelor adalah tumbuhan dari suku Moringaceae cara menyembuhkan bisul dengan cepat mempunyai bentuk bulat seperti telur, ukurannya kecil-kecil, bertumpuk majemuk dalam satu tangkai, biasa digunakan untuk membuat sayur atau obat. Daun kelor yang termasuk dalam macam-macam tanaman obat keluarga ini dianjurkan oleh WHO, organisasi kesehatan dunia untuk dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak pada usia pertumbuhan dikarenakan mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Sedangkan pemanfaatan daun kelor sebagai TOGA umumnya untuk pencegahan penyakit, seperti panyakit jantung, kanker, diabetes, dan arthritis. Sudah banyak sekali penelitian atau studi ilmiah yang melibatkan daun kelor sebagai objek utama yang diteliti. Hal yang perlu diingat adalah tidak semua bagian daun kelor aman dimakan. Bagian akarnya lebih baik dihindari karena mengandung zat beracun yang bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Ibu hamil juga tidak dibolehkan konsumsi daun kelor.

Kami juga menjual beberapa produk tanaman kelor, mulai dari benih, stek, dan bibit tanamannya. 5. Daun Bayam Duri Bayam duri adalah tanaman yang pada bagian pangkal tangkai daunnya terdapat duri.

Selebihnya, bayam duri mempunyai warna dan bentuk yang tidak jauh berbeda dengan bayam biasa, termasuk manfaatnya. Bayam duri dikenal baik oleh masyarakat sebagai tanaman obat traidisonal untuk mengobati berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa dibantu pengatasannya oleh bayam duri antara lain kencing nanah, anyang-anyangan (kencing yang tidak lancar), bisul, demam, eksim, kurang darah, dan gangguan produksi ASI.

Kemampuan tersebut tentu tidak lepas dari berbagai kandungan kimia di dalamnya, seperti tanin, zat besi, kalium nitrat, hentriakontan, amarantin, spinasterol, dan rutin. Klik disini untuk melihat produk bayam duri yang kami jual. 6. Kangkung Kangkung adalah sayur yang ditanam sebagai makanan. Kangkung merupakan tumbuhan yang dapat ditemukan di banyak sekali daerah di kawasan Asia, termasuk Indonesia, terutama pada kawasan-kawasan berair. Kangkung biasa diolah menjadi tumisan atau ca kangkung, bumbu tauco, atau bahkan terasi.

Hampir seluruh bagian tanaman kangkung bisa dimakan, tapi yang paling umum adalah batang dan daunnya yang bisa dimakan matang ataupun cara menyembuhkan bisul dengan cepat, sama seperti bayam. Kangkung sendiri tergolong ke dalam tanaman obat keluarga yang mampu menyembuhkan penyakit urat syaraf lemah, sakit kepala sebalah atau migrain, insomnia, sariawan, sakit gigi, wasir, sembelit, cacar air, dan frambusia (puru/patek). Klik disini untuk melihat semua produk kangkung yang kami jual.

7. Daun Saga Daun saga merupakan tanaman perdu yang mempunyai rasa manis. Bagian biji daun saga merupakan bagian yang benar-benar tidak boleh dikonsumsi karena mengandung zat beracun yang apabila tertelan sangat berisiko terhadap kematian.

Tumbuhan daun saga banyak tumbuh liar di hutan. Pertumbuhannya optimal pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Pada bagian daunnya banyak terkandung senyawa saponin dan flavonoid. Daun saga berkhasiat untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan seperti sariawan, batuk pada bayi, batuk kering, batuk berdahak, tenggorokan gatal, amandel, radang mata, radang tenggorokan, panas dalam, gangguan jantung, hipertensi, dan bronkitis.

Daun saga juga diketahui mampu membantu membuat bayi tidur lebih nyenyak dan tidak rewel. Klik disini untuk melihat semua produk tanaman saga yang kami jual. 8. Daun Pacar Cina Daun pacar cina dihasilkan dari pohon kecil yang bisa tumbuh hingga ketinggian 6 meter. Pacar cina banyak ditanam dengan sengaja di pekarangan rumah atau tumbuh liar di lahan-lahan yang mendapat cukup sinar matahari.

Daunnya yang mempunyai bentuk bulat telur sungsang dan lonjong ini mempunyai sifat kimia berupa rasa pedas, manis, dan netral. Daun pacar cina mengandung garam-garam mineral, alkaloid, minyak atsiri, dan damar. Bagian daun, bunga, dan batang pada tanaman pacar cina (yang lebih sering bagian daunnya) bisa dioleh menjadi tanaman obat keluarga untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti luka memar, bisul, dan haid berlebihan.

Bagian bunganya bisa untuk mengatasi perut kembung, batuk, pusing, dan sulit menelan. Klik disini untuk melihat / membeli produk daun pacar cina yang kami jual. 9. Landep Nama tanaman ini, landep, mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan dan Asia tropik ini mempunyai banyak khasiat sebagai tumbuhan obat keluarga karena menyimpan ragam kandungan seperti saponin, garam kalium, flavonoid, tanin, dan silikat.

Bagian akarnya mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

Daun landep mempunyai khasiat untuk mengatasi rasa sakit ketika kencing atau sebagai peluruh kencing. Kemampuan tersebut dimiliki oleh daun landep karena mempunyai sifat diuretik dari kandungan-kandungan kimiawi yang secara alami berada di dalamnya. Selain bagian daunnya, bagian akar landep juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan demam. Sedangkan kulit kayunya mempunyai khasiat untuk meluruhkan dahak dan keringat.

10. Daun Miana Merah Daun miana merah adalah tanaman yang cukup populer di Indonesia, meski sebagian orang juga belum pernah mendengarnya. Daun miana yang juga mendapat sebutan lain daun iler mempunyai warna daun yang cukup mernarik yakni merah keunguan dengan tepi daun berwarna hijau.

Daun miana banyak dirawat sebagai tanaman hias karena memiliki daya tarik pada bagian daunnya. Selain itu, daun miana juga mempunyai karakteristik sebagai tanaman obat-obatan atau tanaman herbal.

Gangguan kesehatan seperti wasir atau ambeien bisa diobati oleh daun miana merah dengan cara meminumnya. Selain wasir, daun miana juga berkhasiat untuk membantu memecahkan dan mengeringkan bisul dengan cara megnompresnya beberapa menit hingga bisul sembuh dan kering. Terakhir, daun miana juga mampu menolong penderita diabetes dengan memnumnya secara rutin hingga kadar gula darah turun.

11. Daun Pepaya Pepaya menghasilkan buah yang nikmat, bisa disantap sebagai hidangan penutup atau hidangan di meja saat acara-acara tertentu. Selain menghasilkan buah, pepaya juga mempunyai daun yang sejak lama digunakan sebagai tanaman berkhasiat atau tanaman obat keluarga yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Daun pepaya bisa digunakan untuk mencegah kanker karena sarat akan getah putih seperti susu, Selain mengandung senyawa antikanker. Daun pepaya juga menyimpan senyawa karpain yang baik untuk menghambat kinerja beberapa jenis mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan.

Daun pepaya bisa juga dimanfaatkan untuk mengontrol tekanan darah serta mengobati demam berdarah dan nyeri haid. Klik disini untuk melihat aneka produk tanaman pepaya yang kami jual. 12. Jinten Hitam Jintan atau jinten hitam adalah tumbuhan herbal yang dikenal dengan nama lain Habbatusauda. Tanaman obat keluarga yang satu ini telah lama digunakan oleh umat Muslim karena memang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Maka tidak heran, bila habbatasauda sangat dicari di negara-negara timur tengah seebagai media pengobatan. Jinten hitam sendiri sudah diteliti dan dilaporkan memberi manfaat pada bidang farmasi untuk banyak jenis pengobatan seperti anti-bakteri, anti-jamur, analgesik, anti-radang, anti-maag, anti-hipertensi, antivirus, asma, alergi, gangguan imun, masalah pada saluran pencernaan, diabetes, kanker usur besar, dan epilepsi.

Perlu juga ketahui bahwasanya cara menyembuhkan bisul dengan cepat hitam memberikan beberapa efek samping sehingga pengonsumsiannya harus di bawah pantauan ahli pada dosis yang dianjurkan.

13. Pegagan Mungkin pegagan sudah dikenal oleh banyak penduduk Indonesia. Tetapi, apakah banyak yang tahu kalau daun pegagan ternyata mempunyai fungsi pengobatan tradisional? Tanaman yang banyak tumbuh di kawasan Afrika, Asia Tenggara, dan India ini telah digunakan sbeagai obat-obatan. Seperti di India, pegagan dipakai dalam tradisi Ayurvedic. Beberapa kondisi kesehatan yang terganggu bisa diatasi oleh daun pegagan, seperti sifilis, asma, dan psoriasis (masalah kulit).

Selain itu, pegagan juga banyak dimanfaat sebagai tanaman obat keluarga utnuk mengobati penyakit ulkus lambung, epilepsi,diare, demam, hepatitis, dan kelelahan mental. 14. Blustru Tanaman terna yang tumbuh merambat dengan sulur-sulur pada ketiak daunnya, blustru, mempunyai nama ilmiah Luffa cylindrica.

Pada bagian buahnya terkandung zat pahit bernama luffein, juga cucurbitacin, dan citrulline. Pada bijinya tersimpan cucurbitacin B, a-spinasterol, squalene, dan protein. Getahnya mengantongi vitamin B dan C, protein, lemak, xylan, dan saponin. Bagian dari tanaman blustru yang mempunyai fungsi pengobatan adalah daun, akar, dan batangnya. Daun blustru mempunyai sifat diuretik, anti-inflamasi, antelmintik, emetik, laktagoga, dan pencahar ringan. Akarnya juga mempunyai sifat anti-radang. Bagian batang bisa melancarkan aliran darah.

Secara keseluruhan, tanaman blustru bisa dimanfaatkan untuk membaut ramuan obat bisul, haid tidak teratur, sesak nafas, sakit pinggang, batuk, migrain, dan wasir. 15. Kemuning Dikutip dari berbagai sumber, pada bagian daun kemuning terkandung 60 senyawa minyak atsiri yang hampir memenuhi 0,01% diisi oleh cadinene dan seskuiterpen.

Selain minyak atsiri, ada juga senyawa alkaloid tanin, saponin, dan glikosida jantung. Pada kemuning juga terdapat flavonoid, alkaloid indol, dan kumarin. Daun kemuning yang mempunyai bentuk cantik seperti tanaman hias ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya koagulasi atau bekuan darah.

Selain itu, daun kemuning juga telah diuji lewat studi ekstrak etanol yang melibatkan tikus sebagai subjek penelitiannya dengan hasil terjadinya penurunan jumlah glukosa darah yang signifikan, sehingga ditarik kesimpulan bahwa daun kemuning juga baik untuk pengidap diabetes. 16. Daun Murbei Murbei atau mullberry merupakan buah yang senada dengan blackberry, warnanya merah kehitaman dengan rasa asam yang menyegarkan, biasa dikembangbiakkan sebagai tanaman pakan ulat sutera.

Tidak banyak yang tahu kalau pada bagian daun murbei tersimpan kemampuan luar biasa untuk kesehatan manusia. Menurut catatan pada sebuah jurnal hasil penelitian pada tahun 2012, daun murbei mengandung senyawa asam galik ( galic acid) yang bisa bekerja menurunkan tingkat glukosa pada darah.

Laporan tersebut diperkuat oleh hasil riset lain yang dijurnalkan juga bahwa daun murbei memberi dampak terhadap pasien diabetes tipe 2 dengan tanda terjadinya kestabilan kadar glukosa setelah mengonsumsi sukrosa murni yang terdapat pada daun murbei. 17. Kumis Kucing Kumis kucing telah diyakini sejak lama oleh penduduk Asia sebagai tanaman obat tradisional keluarga yang bisa mengobati penyakit yang berkaitan dengan ginjal.

Tanaman kumis kucing yang bisa tumbuh pada daerah beriklim tropis dan subtropis ini mengandung beberapa zat aktif seperti rosmarinic acid, flavonoid, lipophilic, sinensetin, orthosiphol, dan orthosiphon. Tanaman kumis kucing diambil bagian daunnya untuk dijadikan bahan peluruh batu ginjal. Hal tersebut dapat dilakoni oleh daun kumis kucing karena mempunyai sifat diuretik dengan meluruhkan atau membersihkan saluran kencing.

Selain itu, kandungan zat aktif di dalam kumis kucing juga dapat menyembuhkan penyakit asam urat, hipertensi, diabetes, dan beberapa penyakit lain meski dikonsumsi mandiri atau dicampur dengan macam-macam tanaman obat keluarga lainnya.

18. Daun Sirih Orang-orang yang tinggal di pelosok desa, sebut saja suku Bayan yang ada di daerah Nusa Tenggara Barat, mempunyai kebiasaan mengunyah daun sirih bersama kapur dan pinang. Kegiatan tersebut ternyata bukan sebatas tradisi atau budaya, tetapi berdasarkan penelitian ternyata mengunyah sirih ada hubungannya dengan penyakit kanker mulut serta pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat maliginan. Daun sirih juga mempunyai kegunaan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti batuk berdahak, sariawan, bronkitis, kulit berjerawat, sakit gigi, keputihan, demam berdarah, haid tidak teratur, asma, radang tenggorokan, gusi bengkak, mata merah dan cara menyembuhkan bisul dengan cepat, bau ketiak, menghilangkan bekas luka bakar, bisul, mimisan, pendarahan pada gusi, dan permukaan kulit yang terasa gatal.

19. Daun Salam Daun salam termasuk tanaman rempah yang dipakai sebagai bumbu penyedap masakan. Cara menyembuhkan bisul dengan cepat umum dipakai di dapur sebagai bahan pencampur masakan, daun salam juga banyak dijadikan tanaman herbal untuk memberikan manfaat kesehatan atau sebagai tanaman obat untuk ragam penyakit. Senyawa yang tertanam di daun salam dibantu oleh vitamin dan mineral untuk menghadirkan fungsi pengobatan. Salah satu penyakit yang bisa ditangani oleh daun salam aalah diabetes tipe 2 dengan cara menurunkan glukosa darah, kolesterol, dan kadar trigliserida di dalam tubuh.

Perubahannya akan terlihat setelah mengonsunsi daun salam bubuk minimal selama satu bulan. 20. Daun Jambu Biji Pasti Anda sering melihat iklan produk obat atau minuman untuk melancarkan gangguan pencernaan seperti diare.

Bila diperhatikan, kebanyakan produk tersebut menggunakan bahan dasar jambu biji. Ternyata memang benar, dari tinjuan medis diketahui bahwa jambu biji mempunyai ragam manfaat kesehatan, terlebih pada bagian daunnya yang banyak dipakai menjadi tanaman obat keluarga. Daun jambu biji bisa menanggulangi masalah diare. Masalah kesehatan yang banyak menimpa orang ini tidak bisa dianggap enteng.

Tercatat bahwa setiap tahun banyak orang yang meninggal akibat diare kronis. Untuk itu, segera gunakan daun jambu biji bila Anda sedang terkena diare. Diare harus ditangani dengan cepat dan sigap, jangan dipandang sebelah mata meski terkesan sebagai penyakit remeh. 21. Daun Sukun Sukun yang mempunyai nama latin Artocarpus altilis merupakan tumbuhan buah yang sering diolah menjadi camilan seperti keripik atau direbus, ada juga yang mengolah dagingnya untuk dijadikan sayur.

Selain nikmat dikonsumsi cara menyembuhkan bisul dengan cepat makanan, ternyata sukun, terutama bagian daunnya, mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Banyak penelitian yang melaporkan adanya senyawa khusus pada daun sukun yang berguna untuk penderita diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung, asam urat, dan kolesterol tinggi. Beberapa senyawa tersebut antara lain asam hidrosionat, polifenol, quercetin, tannin, artoindosionin, dan ortoindonesionin yang banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam bahan obat.

22. Kayu Manis Kayu manis adalah rempah tradisional yang telah lama digunakan oleh manusia sebagai bumbu penyedap masakan. Kayu manis bisa juga dikonsumsi sebagai suplemen untuk meringankan beragam penyakit seperti jantung, radang sendi, perut kembung, dan kulit dengan menambahkan madu sebagai campurannya untuk memberikan rasa manis. Di dalam kayu manis tertanam antimikroba yang kuat, anti-peradangan, anti-infeksi, dan anti-koagulan.

Ada juga antioksidan, polifenol, kalsium, zat besi, mangan, dan serat pada kayu manis. Keberadaan komponen aktif di dalam kayu manis membuatnya baik dipergunakan sebagai tanaman obat keluarga untuk mengontrol gula darah, meningkatkan kewaspadaan mental, mencegah penyakit jantung, meningkatkan fungsi usus besar, mencegah kanker, mengurangi peradangan konstan jaringan internal otak, mengurangi nyeri rematik, dan mengobati infeksi cara menyembuhkan bisul dengan cepat pernafasan.

23. Daun Dadap Ayam Daun dadap ayam berasal dari pohon setinggi 1 – 25 meter dengan batang dan ranting yang didominasi oleh duri. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama lain seperti dadap blendung, dadap laut, theutheuk, galala kokotu, lola kohori, dan beberapa nama lain. Daun dadap ayam mempunyai rasa yang pahit dan bersifat antipiretik, antelmintik, dan insektisif.

Kandungan pada daun dadap ayam ada alkaloid eritralina, kholina, minyak lemak, resin, betaina, kholina, hepaforina, erisotiofina, dan erisovina. Kegunaan dari daun dadap ayam sebagai tanaman keluarga untuk mengobati batuk, demam, disentri, haid tak teratur, dan pelancar asi. Daun dadap ayam diaplikasikan sebagai obat luar untuk mengobati radang dan penyakit kulit. 24. Adas Pulosari Adas adalah tanaman rempah yang kerap dipakai sebagai bumbu masak.

Tanaman ini dikenal dengan nama lain pulosari sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai adas pulosari. Rempah yang mudah ditemukan di Indonesia ini sudah lama dijadikan komoditi ekspor. Hal tersebut tak lepas dari kelebihan yang dimiliki oleh adas pulosari. Sebagai salah satu tanaman obat keluarga yang berkhasiat, adas pulosari sudah tentu menyimpan banyak kandungan seperti minyak atsiri, anetol, pinen, dipenten, fenkon, limonen, felandren, asam anistat, anisaldehid, dan minyak lemak.

Adas pulosadri bisa dimanfaat sebagai ramuan obat untuk meredakan batuk, sakit perut, mual, diare, dan perut kembung. Tanaman ini juga bisa dikonsumsi untuk mengobati ambeien, ambeien berdarah, bau mulut, biduran, dan batu empedu. 25. Brotowali Brotowali adalah tanaman obat tradisional yang tempat pertumbuhannya terbilang fleksibel. Keberadaan brotowali ada di berbagai daerah di nusantara, mulai dari Jawa, Bali, hingga ke Ambon.

Brotowali banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu atau bisa juga diolah menjadi bahan dasar pembuatan obat tradisional.

Brotowali mempunyai sifat analgesik, alkaloid, antipiretik, antineoplastik, antidiabetik, antioksidan, antidepresan, antiporotik, anti-alergi, dan imunologi. Keseluruhan sifat tersebut menjadikan brotowali sebagai tanaman obat keluarga yang serbaguna, bisa dipakai untuk memenyembuhkan luka, menyembuhkan penyakit kulit, mengontrol gula darah, menurunkan panas demam, menyembuhkan nyeri rematik, menghilangkan gatal, menyembuhkan malaria, dan mengobati diare.

26. Kemukus Kemukus merupakan tanaman rambat yang masih asing di Indonesia. Tanaman rambat bernama kemukus ini mempunyai bentuk daun yang serupa dengan daun sirih, banyak digunakan sebagai bumbu masakan.

Sifatnya yang hangat serta banyaknya kandungan minyak atsiri di dalamnya membuat kemukus banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Bagian yang banyak menyimpan minyak arsiri beserta senyawa kimia yang mempunyai fungsi pengobatan terletak pada bijinya. Biji kemukus dipakai untuk mengobati beberapa macam penyakit seperti flu pada bayi, mengembalikan energi, mengobati asma dan sesak nafas, serta mengatasi keputihan dengan cepat. Penggunaan kemukus tida boleh berlebihan karena bisa menyebabkan keracunan, iritasi pada saluran kemih, iritasi pada ginjal, dan iritasi pada usus. Klik disini untuk melihat semua produk tanaman obat yang kami jual.

27. Jeruk Nipis Jeruk nipis menjadi buah yang sangat akrab di tengah masyarakat di Indonesia. Buah yang banyak tersebar di Asia dan Amerika Tengah ini mempunyai rasa daging buah yang asam. Di dalamnya terkandung banyak vitamin C dan asam sitrat.

Jeruk nipis bisa digunakan untuk menyedapkan masakan, membuat minuman penyegar, bahan pembuat asam stirat, serta campuran jamu. Tanaman obat keluarga jeruk nipis bisa dijadikan herbal alami untuk menghilangkan sumbatan vital energi, meluruhkan dahak, mengobati batuk, cara menyembuhkan bisul dengan cepat kencing dengan sifat diuretiknya berikut keringat, serta mendukung proses pencernaan bekerja lebih baik.

Selain itu, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati ambeien, amandel, anyang-anyangan, batu ginjal, batuk disertai influenza, demam, difteri, haid tidak teratur, vertigo, radang tenggorokan, panu, pegal linu, sakit gigi, dan tekanan darah tinggi. 28. Delima Delima adalah buah dengan bentuk bulat yang mempunyai warna merah menyala, putih, atau ungu. Buah dengan ukuran yang cara menyembuhkan bisul dengan cepat jauh berbeda dengan buah jeruk ini banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.

Nama latinnya Punica Granatum, berasal dari Timur Tengah dengan segudang khasiat dalam bidang pengobatan tradisional. Bagian biji, daging buah, kulit buah, daun, bunga, kulit kayu, hingga akar tanaman delima bisa digunakan sebagai obat tradisional. Beberapa khasiat dari buah dengan rasa nikmat ini di bidang pengobatan antara lain untuk obat cacingan, pembersih lambung, disentri, keputihan, rasir, nyeri lambung, muntah darah, radang gusi, pendarahan, penurun demam, sariawan, obat batuk, hipertensi, rematik, dan bronkitis.

29. Cabai Merah Cabai merah adalah bumbu pemedas masakan yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Orang Padang banyak menggunakan cabai sebagai bahan makanan pokok untuk membuat masakan Padang. Cabai juga termasuk tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Di dalamnya terkadnung beragam senyawa yang berguna untuk kesehatan manusia. Menurut beberapa penelitian, cabai merah mengandung antioksidan yang bisa menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Selain itu, cabai juga mengandung senyawa bernama Capsaicin dan Lasparaginase yang berperan sebagai zat cara menyembuhkan bisul dengan cepat. Kandungan kapsikol yang terdapat di cabai merah juga bisa mengurangi pegal-pegal, encok, kulit gatal, sakit gigi, dan gangguan rematik. 30. Mengkudu Pace, kudu, cangkudu, kodhuk, atau tibah adalah sebutan pada beberapa daerah besar di Indonesia yang merujuk pada buah mengkudu.

Buah mengkudu dihasilkan dari pohon yang dapat tumbuh mencapai 3 – 8 m pada ketinggian rendah hingga 1500 mdpl. Buah mengkudu sering digunakan oleh masyarakat untuk sayur, rujak, dan bahan obat-obatan. Tanaman obat keluarga dengan tampilan buah yang unik ini mengandung sejumlah senyawa kimia yang bisa melakukan banyak fungsi pengobatan atau pemeliharaan kesehatan, seperti melancarkan sistem peredaran darah, membunuh bakteri pembuat infeksi, mencegah kanker, mengobati batuk, meningkatkan imunitas, mengobati sakit kuning, mengobati perut kembung, luka pada usur halus, radang lambung, dan masih banyak lagi.

31. Kapulaga Kapulaga adalah tanaman asli Bhutan, Bangladesh, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan yang kerap dipakai sebagai bahan rempah untuk membuat bumbu masakan tertentu, atau diolah menjadi campuran jamu dan obat-obatan herbal tradisional.

Masyarakat di Indonesia telah lama memanfaatkan kapulaga sebagai obat tradisional. Bagian yang digunakan antara lain akar, buah, dan batangnya. Ragam khasiat dari biji kapulaga bisa untuk membantu mengatasi berbagai keluhan yang berhubungan dengan saluran pencernaan, seperti sakit perut, susah buang air besar, diare, dan gangguan pencernaan lain. Kapulaga juga bisa melancarkan sirkulasi darah dan menormalkan tekanan darah sehingga cocok untuk penderita hipertensi.

Bukan hanya itu, kapulaga juga dilaporkan mempunyai sifat diuretik yang bisa melancarkan pengeluaran urin sehingga baik untuk ginjal. 32. Bangle Bangle juga termasuk tanaman rempah-rempah yang digolongkan dalam suku temu-temuan. Bagian rimpangnya yang banyak dipakai sebagai bumbu dapur dan juga bahan pengobatan. Banyak yang mengira kalau bangle adalah jahe karena tampilannya yang sangat mirip, padahal aslinya berbeda baik darai segi rasa ataupun khasiatnya sebagai tanaman obat keluarga.

Bangle di negara Thailand banyak digunakan untuk minyak pijat. Sementara di negara lain, termasuk Indonesia, bangle banyak dimanfaatkan untuk mengobati demam, sakit perut, sakit kepala, sakit kuning, cacingan, rematik, perut kembung, batuk berdarah, dan masuk angin.

Bagian yang digunakan untuk pembuatan obat lebih sering rimpang dan daunnya. 33. Jahe Pasti semua orang sudah kenal dengan rempah yang satu ini. Jahe merupakan tanaman obat keluarga berbentuk rimpang yang mempunyai rasa dominan pedas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron. Bagian rimpang jahe banyak dipakai sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Varietas jahe ada jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah yang bisa Anda tanam sendiri di rumah.

Banyak orang yang mengenal bahwa jahe dinikmati sebagai minuman yang bisa menghangatkan tubuh. Padahal, jahe juga bisa dipakai untuk mengobati berbagai jenis masalah perut, seperti mabuk, sakit perut, mual, diare, perut kembung, morning sickness, muntah pasca operasi, dan hilangnya nafsu cara menyembuhkan bisul dengan cepat.

Selain itu, jahe juga mempuynai kegunaan lain untuk masalah nyeri otot, nyeri haid, nyeri punggung bawah, nyeri dada, bronkitis, dan infeksi saluran pernapasan atas. 34. Kencur Kencur atau cekur (nama lainnya) adalah tanaman obat yang mirip dengan jahe, tergolong dalam suku temu-temuan. Rimpang kencur mengandung banyak minyak atsiri dan alkaloid yang berperan sebagai stimulan.

Kencur biasa ditanam di halaman rumah sebagai tanaman obat tradisional. Kencur biasa diramu menjadi bahan obat untuk mengobati influenza, batuk, masuk angin, keseleo, membersihkan darah kotor, mengobati mulas, radang lambung, daire, sakit kepala, dan batu ginjal.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

Pengobatan kencur bisa dilakukan secara mandiri di rumah atau ke pusat pengobatan tradisional yang telah berpengalaman dalam melakukan terapi penyakit dari bahan herbal.

35. Kunyit Jahe, kencur, dan kunyit ibarat tiga serangkai yang tidak bisa dipisahkan. Jika jahe dan kencur berguna untuk menyedapkan masakan, begitupun kunyit. Kembali pada kaitannya dengan tanaman obat keluarga, apakah kunyit termasuk? Sudah pasti. Kunyit bisa dijadikan bahan obat traidisonal ataupun bahan pemelihara kondisi tubuh agar tidak gampang sakit.

Kunyit banyak dipilih sebagai terapi pengobatan tradisional karena diyakini lebih efektif daripada menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Dari beberapa penggunaannya, diketahui bahwa kunyit biasa dipakai untuk menghilangkan rasa gatal, membunuh virus, mencegah depresi, menurunkan tekanan darah, meredakan demam, mengusir bau badan, mengatasi gatal akibat cacar air, obat malaria, diare, penambah stamina, obat radang gusi, dan telat datang bulan. 36. Temulawak Pada urutan terakhir ada temulawak yang juga berasalkan dari anggota temu-temuan atau Zingiberaceae.

Temulawak ditemukan pertama cara menyembuhkan bisul dengan cepat di Indonesia tepatnya di Pulau Jawa, begitu menurut Wikipedia. Sekarang ini, temulawak sudah banyak dibudidayakan di beberapa negara tetangga seperti Filipina, Thailand, dan Malaysia. Pembudidayaannya semakin melebar ke negara-negara Asia Tenggara lain karena temulawak mempunyai banyak khasiat pengobatan. Rimpang temulawak bisa dianggaps sebagai sahabat sejak zaman nenek moyang kita.

Sejak dulu hingga sekarang, secara turun-temurun temulawak telah dipakai untuk mengobati diare, perut kembung, maag, sakit kuning, dan badan pegal-pegal. Temulawak juga menyimpan antioksidan yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah. Di dalamnya juga terdapat kandungan minyak atsiri dan kurkumin yang berperan sebagai anti-radang. Setidaknya, macam-macam tanaman obat keluarga tersebut yang paling banyak ditanam dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pembuatan ramuan obat tradisional.

Memang banyak yang menganggap bahwa pengobatan dengan bahan yang diperoleh langsung dari alam mempunyai khasiat yang luar biasa, akan tetapi jangan sampai Anda ceroboh. Oleh karena itu, dalam penggunananya, jika Anda masih awam, lebih baik minta saran langsung oleh mereka yang sudah lama menggunakan metode pengobatan tradisional ini. Intip yuk produk tanaman obat yang kami jual disini. • Benih & Bibit Tanaman (2552) • Berupa Biji (Benih) (1203) • Benih Kemasan Asli (1042) • Bintang Asia (24) • Cap Bunga Matahari (4) • Dramaga (39) • Johnsons Seeds (46) • Kapal Terbang (45) • Cara menyembuhkan bisul dengan cepat You Seed (60) • Mr Fothergills (277) • New Day Seed (26) • Panah Merah (210) • Takii Seed (2) • Benih Kemasan Repack (120) • Berupa Tanaman (Hidup) (1336) • Tanaman Buah (340) • Alpukat (7) • Anggur (7) • Apel (3) • Belimbing (4) • Berry (5) • Blueberry (1) • Buah Naga (3) • Cempedak (2) • Cherry (7) • Delima (6) • Duku (3) • Durian (14) • Jambu (20) • Jeruk (35) • Kelapa (2) • Kelengkeng (11) • Kiwi (3) • Kurma (1) • Labu (21) • Mangga (21) • Manggis (4) • Markisa (3) • Melon (15) • Nanas (3) • Nangka (4) • Pepaya (14) • Pir (3) • Pisang (3) • Plum (2) • Rambutan (3) • Sawo (9) • Semangka (18) • Sirsak (2) • Srikaya (3) • Strawberry / Stroberi (8) • Tin (3) • Tanaman Cara menyembuhkan bisul dengan cepat (52) • Tanaman Herba (119) • Basil (17) • Kemangi (3) • Ketumbar (8) • Kucai (6) • Mint (12) • Parsley (8) • Sage (3) • Seledri (11) • Tanaman Hias (1371) • Bonsai (4) • Kaktus (37) • Pengusir Nyamuk (24) • Penutup Dinding (6) • Penutup Tanah (24) • Pohon (67) • Pohon Bunga (44) • Pohon Peneduh (17) • Sukulen (29) • Tanaman Air (20) • Tanaman Aquascape (3) • Tanaman Gantung (91) • Tanaman Hias Bunga (889) • Adenium (11) • Ageratum (1) • Alamanda (3) • Alyssum (2) • Amaranthus (1) • Amarilis (7) • Angelonia (2) • Anggrek (26) • Anthurium (7) • Antirrhinum (3) • Aquilegia (1) • Aster (17) • Azalea (7) • Bougenville (7) • Bunga Harum (32) • Bunga Kertas (20) • Bunga Matahari (28) • Bunga Pendek (87) • Bunga Terompet (18) • Calendula (4) • Camelia (5) • Celosia (15) • Cempaka (7) • Cosmos (14) • Dahlia (9) • Daisy (7) • Dianthus (13) • Geranium (8) • Gladiol (7) • Gloxinia (3) • Gomphrena (3) • Heliconia (4) • Hibiscus (13) • Hollyhock (5) • Hoya (4) • Hydrangea (3) • Kalanchoe (10) • Krisan (29) • Lavatera (3) • Lavender (8) • Lily (17) • Mandevilla (4) • Marigold (31) • Mawar (28) • Melati (9) • Morning Glory (12) • Nasturtium (11) • Nigella (2) • Nona Makan Sirih (4) • Pacar Air (6) • Pansy (10) • Petrea (2) • Petunia (33) • Phlox (5) • Poppy (13) • Portulaca (2) • Stek Portulaca / Moss Rose (1) • Rudbeckia (3) • Salvia (7) • Scabiosa (2) • Sedap Malam (1) • Soka (8) • Statice (2) • Stock (6) • Tabebuia (3) • Teratai (8) • Thunbergia (3) • Torenia (3) • Umbi Bunga (8) • Vinca (79) • Viola (6) • Violces (7) • Wijaya Kusuma (9) • Zephyranthes (4) • Zinnia (21) • Tanaman Hias Daun (390) • Aglaonema (42) • Bambu (23) • Begonia (22) • Bromelia (8) • Calathea (13) • Cemara (18) • Coleus (20) • Keladi (19) • Pakis / Paku (13) • Palem (11) • Philodendron (16) • Puring (24) • Rumput (14) • Sansevieria (13) • Sirih (9) • Suplir (2) • Tanaman Indoor (198) • Tanaman Merambat (72) • Tanaman Pembatas (23) • Tanaman Tahan Panas (198) • Tillandsia (10) • Vertical Garden (31) • Tanaman Obat (179) • Tanaman Pakan Ternak (2) • Tanaman Sayuran (635) • Asparagus (1) • Bawang (10) • Bawang Daun (6) • Bayam (27) • Beet (5) • Brokoli (7) • Buncis (8) • Cabe (94) • Cabe Hias / Cabe Unik (47) • Cabe Pelangi / Cabe Rainbow (5) • Cabe Ungu (5) • Caisim (7) • Chard (4) • Edible Flower (19) • Jagung (25) • Kacang Kapri (1) • Kacang Panjang (9) • Kailan (8) • Kale (14) • Kangkung (19) • Kembang Kol (9) • Kenikir (4) • Kubis (12) • Lobak (5) • Microgreens (20) • Okra (7) • Oyong (4) • Padi (1) • Pagoda (1) • Pakcoy, Pak Choi & Bok Choy (15) • Paprika (23) • Paria (12) • Pea & Bean (2) • Rhubarb (1) • Rocket (Arugula) (6) • Sawi (38) • Selada (73) • Terong (30) • Timun (23) • Tomat (52) • Turnip & Parsnip (3) • Wortel (13) • Hobi & Koleksi (39) • Berkebun (39) • Benih Tanaman (38) • Lihat Semua Penjual di Bibitonline (3814) • BB Plant (1336) • BB Seed (2478) • Makanan Sehat (84) • Perlengkapan Aquarium (148) • Aksesoris Aquarium (141) • Filter Aquarium (35) • Filter Gantung Aquarium cara menyembuhkan bisul dengan cepat • Media Filter Aquarium (29) • Lampu Aquarium (4) • Lampu Led Aquarium (4) • Obat Ikan Hias (5) • Pompa Aquarium (52) • Pompa Air Aquarium (30) • Pompa Udara (Aerator) Aquarium (16) • Wave Maker Aquarium (1) • Selang Aquarium (6) • Perlengkapan Berkebun (1159) • Ajir / Penyangga Tanaman (31) • Irigasi (23) • Selang (13) • Konstruksi Greenhouse (34) • Paranet (13) • Plastik UV (13) • Media Tanam (72) • Hidrogel (15) • Obat Pertanian (91) • Fungisida (13) • Herbisida (9) • Insektisida (28) • Nematisida (2) • Pestisida (18) • Rodentisida (3) • Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) (21) • Peralatan Berkebun (249) • Brongsong Buah (5) • Cangkul (5) • Garu (3) • Gembor (3) • Gunting (13) • Kawat Bonsai (14) • Lampu Tanaman (6) • Peralatan Bonsai (18) • Sekop (7) • Sprayer (16) • Perlengkapan Aquascape (61) • Pupuk Cair Aquascape (9) • Substrate Aquascape (9) • Perlengkapan Hidroponik (441) • Fertigasi & Irigasi (107) • Fitting Pipa & Talang Hidroponik (51) • Hidroponik Kit (7) • Media Tanam Hidroponik (33) • Netpot (12) • Nutrisi Hidroponik (61) • pH Meter (8) • TDS Meter (4) • Pupuk (203) • Probiotik (7) • Pupuk Cair (81) • Pupuk Kimia (93) • Pupuk Organik (54) • Pupuk Cara menyembuhkan bisul dengan cepat (111) • Wadah Tanam (219) • Planter Bag (26) • Polybag (32) • Pot Tanaman (132) • Tray Semai (16) • pot tawon (8) • Produk Lain-Lain (37) • Obat Herbal (4) • Uncategorized (1) Produk Terbaru • Benih Bibit Tomat Ungu Indigo Rose Sayuran Sayur Buah Unik Haira Seed Rp 15.000 • Benih Bibit Bunga Zinnia Luminosa Pink 20 Biji Tanaman Hias Haira Seed Rp 12.000 • Benih Bibit Bunga Zinnia Orange King 20 Biji Haira Seed Tanaman Hias Rp 12.000 • Benih Bibit Bunga Zinnia California Giant Biji Tanaman Hias Haira Seed Rp 12.000 • Benih Bibit Bunga Zinnia Cherry Queen 20 Biji Tanaman Hias Haira Seed Rp 12.000 Bibitonline.com (dimiliki oleh: Bibit Bunga Group) adalah situs no.1 di Indonesia untuk produk benih tanaman, bibit tanaman / tanaman hidup, perlengkapan berkebun, & pertanian.

Ribuan produk: tanaman hias, bibit bunga, bibit sayuran, bibit buah, perlengkapan hidroponik, aquascape, dll kami jual dengan harga murah & lengkap di toko online bibitonline.com.
• Алтай тил • العربية • مصرى • Azərbaycanca • Žemaitėška • Беларуская • Български • Banjar • বাংলা • Català • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Čeština • Чӑвашла • Dansk • Dagbanli • Deutsch • डोटेली • Ελληνικά • Emiliàn e rumagnòl • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • Estremeñu • فارسی • Suomi • Français • Gaeilge • Avañe'ẽ • 客家語/Hak-kâ-ngî • עברית • हिन्दी • Hrvatski • Kreyòl ayisyen • Magyar • Հայերեն • Ido • Íslenska • Italiano • 日本語 • Jawa • Taqbaylit • Қазақша • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Kurdî • Latina • Lëtzebuergesch • Lingála • Lietuvių • Latviešu • Minangkabau • Македонски • മലയാളം • मराठी • Кырык мары • Bahasa Melayu • မြန်မာဘာသာ • Plattdüütsch • नेपाली • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Diné bizaad • ਪੰਜਾਬੀ • Picard • Polski • پښتو • Português • Runa Simi • Română • Русский • ᱥᱟᱱᱛᱟᱲᱤ • سنڌي • Srpskohrvatski / српскохрватски • සිංහල • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Soomaaliga • Shqip • Српски / srpski • Sunda • Svenska • Kiswahili • Sakizaya • தமிழ் • తెలుగు • ไทย • Tagalog • Türkçe • Татарча/tatarça • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Tiếng Việt • Walon • Winaray • 吴语 • Vahcuengh • 中文 • Bân-lâm-gú • 粵語 Lintah adalah kelompok hewan dalam keluarga cacing beruas ( Annelida) yang berbadan pipih serta memiliki alat pengisap darah di ujung kepala dan ujung ekornya.

Sekitar tiga perempat spesies lintah hidup sebagai parasit yang mengisap darah inangnya, sedangkan sisanya merupakan pemangsa. Secara taksonomi, hewan ini dikelompokkan sebagai subkelas Hirudinea. Hewan ini berkerabat dengan Oligocheata (seperti cacing tanah) yang sama-sama memiliki tubuh lunak, berotot, beruas, dapat memendek serta memanjang, memiliki klitelum, serta bersifat hermafrodit. Lintah dibedakan dari kerabatnya tersebut oleh kedua alat pengisapnya, serta oleh ketaksesuaian antara cincin-cincin tubuh luarnya dengan ruas-ruas tubuh dalamnya.

Tubuhnya berotot dan relatif padat. Berbeda dengan Annelida lainnya yang memiliki selom (rongga tubuh) berukuran besar, selom lintah telah berubah menjadi saluran-saluran kecil. Kebanyakan lintah hidup di habitat air tawar, sementara sebagian kecil hidup di darat atau di air laut. Spesies cara menyembuhkan bisul dengan cepat paling umum dikenal di antaranya adalah lintah medis ( Hirudo medicinalis) yang bersifat hematofagus (pemakan darah).

Spesies ini melekatkan pengisapnya di tubuh inang, lalu mengeluarkan senyawa peptida bernama hirudin untuk mencegah penggumpalan darah sebelum mengisapnya. Spesies ini memiliki rahang untuk menembus kulit inangnya, sedangkan sebagian spesies lain memiliki probosis (semacam belalai) yang dapat dijulurkan dan menusuk kulit seperti tombak.

Sebagian kecil spesies lintah tidak mengisap darah tetapi memangsa hewan-hewan avertebrata kecil. Lintah berkembang biak dengan bertelur dan menyimpan telur-telurnya dalam sarung khusus; lintah air tawar biasanya melekatkan telur ini ke suatu benda di bawah permukaan air.

Salah satu kelompok lintah air tawar, Glossiphoniidae, mengerami telurnya. Lintah darat sering meletakkan sarung telurnya di tempat tersembunyi di bawah kayu, dalam celah-celah, atau di tanah yang lembap.

Hampir 700 spesies lintah telah diketahui; sebagian besar lintah hidup di air tawar, selebihnya sekitar 100 hidup di air laut dan sekitar 90 hidup di darat.

Hingga abad ke-19, lintah umum digunakan untuk mengisap darah pasien. Dalam ilmu pengobatan di berbagai budaya sejak zaman kuno, hal ini dianggap dapat menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Dalam bidang kedokteran modern, penggunaan lintah dibatasi untuk mengobati beberapa penyakit sendi seperti epikondilitis dan osteoartritis, varikosa, dan untuk pemulihan setelah bedah mikro. Hirudin yang dihasilkan lintah digunakan sebagai obat antikoagulan untuk menyembuhkan beberapa kelainan terkait penggumpalan darah.

Daftar isi • 1 Ragam dan asal usul • 1.1 Evolusi • 2 Anatomi dan fisiologi • 2.1 Reproduksi dan pertumbuhan • 2.2 Makanan dan pencernaan • 2.3 Sistem saraf • 2.4 Pertukaran gas • 2.5 Gerakan • 3 Interaksi dengan manusia • 3.1 Gigitan • 3.2 Dalam pengobatan • 3.3 Budaya • 3.4 Polusi air • 4 Referensi • 5 Pranala luar Ragam dan asal usul Placobdelloides siamensis, lintah yang hidup sebagai parasit bagi kura-kura di Thailand.

Kiri: sisi dorsal (punggung), kanan: sisi ventral (perut) beserta banyak anak lintah. [1] Sekitar 680 cara menyembuhkan bisul dengan cepat lintah telah dideskripsikan; sekitar 100 di antaranya hidup di laut, 90 di darat, dan sisanya hidup di air tawar. [2] [3] Lintah terkecil memiliki panjang 1 cm, sedangkan lintah terbesar, yaitu lintah raksasa amazon ( Haementeria ghilianii) dapat mencapai panjang 30 cm.

Lintah dapat ditemukan di seluruh benua, kecuali Antarktika, [2] tetapi paling banyak ditemukan di danau-danau dan kolam-kolam di daerah cara menyembuhkan bisul dengan cepat iklim sedang di paruh Bumi utara. Kebanyakan lintah air tawar lebih menyukai daerah pinggir danau atau kolam yang tenang, dangkal, dan ditumbuhi tumbuhan, atau genangan dekat sungai atau aliran air lambat, dan hanya sedikit yang mampu bertahan di air deras.

Lintah dapat ditemui dengan kepadatan tinggi di tempat-tempat yang cocok, seperti misalnya 10.000 ekor lintah per m 2 yang tercatat di lingkungan air penuh polutan organik di Illinois, Amerika Serikat.

Beberapa spesies melakukan estivasi (tidak aktif atau dorman pada musim kemarau) dan mampu bertahan hidup walaupun kehilangan 90% bobot tubuhnya. [4] Di antara lintah air tawar terdapat kelompok Glossiphoniidae, hewan yang berbentuk pipih dan bertindak sebagai parasit di tubuh hewan seperti kura-kura, dan merupakan satu-satunya hewan Annelida yang mengerami telurnya dan membawa anak-anaknya di bagian bawah tubuhnya. [5] Anggota kelompok lintah darat Haemadipsidae umumnya merupakan hewan asli daerah tropis dan subtropis, [4] sedangkan kelompok Hirudinidae yang hidup di air memiliki jangkauan yang lebih luas di seluruh dunia.

Kedua kelompok ini memperoleh makanannya dari mengisap darah mamalia, termasuk manusia. [4] Sementara itu, ikan adalah inang utama untuk famili Piscicolidae, yang hidup di air laut atau tawar dan memiliki tubuh berbentuk silinder dan pengisap berbentuk corong.

[6] Tidak semua lintah mengisap darah; kelompok Erpobdelliformes, yang hidup di air maupun bersifat amfibi, merupakan karnivora dan memiliki mulut tak bergigi yang cukup besar untuk menelan bulat-bulat berbagai larva, moluska, dan hewan-hewan Annelida.

[7] Sementara itu, lintah menjadi mangsa ikan, burung, dan sejumlah avertebrata. [8] Seluruh lintah digolongkan dalam subkelas Hirudinea, yang berasal dari bahasa latin hirudo atau hirudinis, yang berarti lintah. [9] Nama ini berasal dari nama Les hirudinées yang diberikan ahli alam Prancis Jean-Baptiste Lamarck pada 1818.

[10] Imbuhan -bdella yang sering muncul di nama kelompok-kelompok lintah berasal dari kata Yunani cara menyembuhkan bisul dengan cepat bdella, yang juga berarti lintah. [11] Dalam taksonomi tradisional, kelompok lintah dibagi ke dalam dua infrakelas, yaitu Acanthobdellidea dan Euhirudinea.

[12] Euhirudinea (secara harfiah berarti "lintah sejati") memiliki pengisap di ujung kepala dan ujung ekornya, dan secara tradisional dibagi menjadi dua kelompok yaitu " Rhynchobdellida" yang memiliki probosis ("belalai"), dan sisanya digolongkan sebagai " Arhynchobdellida" ("yang tanpa probosis"), termasuk sejumlah spesies yang memiliki rahang.

[13] Pohon filogenetika lintah dan kerabat-kerabatnya dalam kelompok Annelida di bawah ini berasal dari analisis molekul terhadap susunan DNA pada tahun 2019.

Dua kelompok yang sebelumnya dianggap kelas, " Oligochaeta" (termasuk cacing tanah) dan " Polychaeta", adalah kelompok parafiletik, yaitu kelompok yang baru bisa menjadi klad sempurna jika digabungkan dengan kelompok-kelompok di bawahnya dalam pohon filogenetika tersebut. Kelompok Cara menyembuhkan bisul dengan cepat adalah kerabat terdekat dari klad lintah, yaitu Hirudinida, yang isinya kurang lebih sama dengan subkelas tradisional Hirudinea, tetapi tidak sama persis.

Kelompok utama lintah adalah Rhynchobdellida and the Arhynchobdellida, yang keduanya bergabung membentuk sebuah klad yang juga setingkat dengan cara menyembuhkan bisul dengan cepat lintah lain, Acanthobdella. [13] Annelida " Polychaeta" (kecuali "Oligochaeta") Clitellata " Oligochaeta" (kecuali Lumbriculidae) Lumbriculidae Branchiobdellida simbion Hirudinida Acanthobdella Euhirudinea Arhynchobdellida Erpobdellidae Hirudiniformes Rhynchobdellida Glossiphoniidae Oceanobdelliformes Piscicolidae ektoparasit Ozobranchidae parasit Evolusi Fosil yang kemungkinan berasal dari lintah zaman Silur di Wisconsin, Amerika Serikat Kelompok paling tua dalam Annelida adalah Polychaeta, yang terbentuk melalui evolusi pada zaman Kambrium dan banyak ditemukan di Serpih Burgess sekitar 500 juta tahun lalu.

Oligochaeta berevolusi dari Polychaeta dan kelompok lintah berevolusi dari Oligochaeta. Spesies-spesies Oligochaeta maupun lintah tidak memiliki bagian keras sehingga jarang menjadi fosil. [14] Fosil lintah tertua yang ditemukan berasal dari zaman Jura sekitar 150 juta tahun lalu, tetapi sebuah fosil hewan Annelida yang tampaknya memiliki sebuah pengisap berukuran besar ditemukan di Wisconsin pada tahun 1980-an.

Jika fosil ini berasal dari seekor lintah, hal ini mengindikasikan adanya riwayat evolusi kelompok ini sejak sekitar 437 juta tahun lalu, yaitu pada zaman Silur.

[15] [16] Anatomi dan cara menyembuhkan bisul dengan cepat Semua anggota kelompok lintah menunjukkan kemiripan sangat tinggi dalam morfologinya, dan sangat berbeda dari anggota Annelida lainnya yang umumnya berbentuk silinder dengan selom (rongga tubuh) tunggal berisi cairan.

Dalam tubuh lintah, selom telah berubah menjadi empat saluran yang membujur di tubuhnya, dan bagian dalam tubuhnya berisi dermis yang padat yang memisahkan organ-organ. Umumnya tubuh lintah berbentuk pipih di lokasi dorsal (punggung) dan ventral (perut) dan mengecil di ujung anterior (depan) dan posterior (belakang/ekor).

Selain otot-otot longitudinal (membujur) dan sirkular (melingkar) di dinding tubuh, lintah juga memiliki otot diagonal yang membuatnya mampu melenturkan tubuhnya dalam berbagai bentuk. Kebanyakan lintah memiliki pengisap di ujung anterior (kepala) dan posterior (ekor), tetapi sebagian lintah primitif hanya memiliki satu pengisap di ekor.

[4] [17] Penampang lintang tubuh lintah yang menunjukkan anatominya: tubuhnya berupa padatan, selom (rongga tubuh) hanya tersisa sebagai empat saluran.

Lintah memiliki otot-otot sirkular, longitudinal, dan diagonal sehingga tubuhnya kuat dan lentur. Seperti anggota Annelida lainnya, lintah adalah hewan beruas, tetapi ruas-ruas tubuh lintah tertutup oleh anulus atau cincin di bagian luar tubuhnya.

[18] Permukaan tubuh lintah terbagi menjadi 102 cincin, [19] sedangkan tubuhnya hanya memiliki 33 ruas.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

Lima ruas terdepan digolongkan sebagai kepala, tempat beradanya otak anterior, oselus dorsal (mata sederhana) serta pengisap di bagian ventral. Sebanyak 21 ruas selanjutnya merupakan pertengahan tubuh, yang masing-masing memiliki ganglion saraf, dan secara keseluruhan memiliki organ reproduksi ( gonopori), yaitu sebuah organ betina serta testis sebanyak sembilan pasang.

Tujuh ruas terakhir ditempati otak posterior dan melebur bersama membentuk pengisap bagian ekor. [4] Dinding tubuh lintah terdiri dari sebuah lapisan kutikula (kulit ari), sebuah lapisan epidermis (kulit luar), dan sebuah lapisan tebal yang terdiri dari jaringan ikat berserat yang juga ditempati otot-otot sirkular, diagonal, dan longitudinal.

Lintah juga memiliki otot dorsoventral. Keempat saluran pengganti selom membujur di sepanjang tubuh lintah, dan dua saluran utamanya berada di sisi kiri dan kanan. Saluran ini menggantikan fungsi sistem hema (pembuluh darah) yang ada di anggota Annelida lainnya.

Epitelium yang melapisi saluran ini terdiri dari sel kloragogen yang digunakan untuk menyimpan nutrisi dan dalam ekskresi (pembuangan). Lintah memiliki 10 hingga 17 metanefridium (sejenis organ ekskresi) di bagian pertengahan tubuh.

Umumnya, kotoran dari organ-organ ini mengalir lewat sebuah saluran menuju sebuah kandung kemih, lalu dibuang melalui sebuah bukaan yang disebut nefridiopori. [4] Reproduksi dan pertumbuhan Lintah bersifat hermafrodit protandri, artinya organ reproduksi jantannya yaitu testis matang terlebih dahulu sebelum ovarium.

Sepasang lintah berkopulasi cara menyembuhkan bisul dengan cepat menjajarkan tubuh mereka dengan kepala satu lintah searah dengan ekor lintah lainnya, dan bersentuhan di daerah klitelum sehingga gonopori jantan salah satu lintah menyentuh gonopori betina lintah lainnya. Sebuah spermatofora berisi sperma dikeluarkan dari penis menuju gonopori betina, dan sperma yang dikandungnya kemudian dipindahkan ke vagina dan kemungkinan disimpan di sana.

[4] Sebagian lintah tanpa rahang (Rhynchobdellida) dan lintah tanpa probosis (Arhynchobdellida) tidak memiliki penis sehingga berkopulasi dengan suntikan hipodermik. Sepasang lintah saling melilitkan tubuh mereka dan "mencengkeram" satu sama lain dengan pengisapnya. Sebuah spermatofora disuntikkan dari salah satu lintah melalui integumen lintah lainnya, biasanya di daerah klitelum.

Sperma kemudian dilepas dan mengalir menuju kantong telur, kadang melalui saluran pengganti selom maupun melalui jalur jaringan-jaringan khusus. [4] Sekian waktu setelah kopulasi, lintah mengeluarkan telur-telur yang kecil dan relatif tanpa kuning telur.

Dalam kebanyakan spesies, sebuah sarung yang berisi albumin disekresikan oleh klitelum dan diisi satu atau banyak telur saat melewati gonopori betina. [4] Contohnya, spesies Erpobdella punctata di Amerika Utara menghasilkan sekitar sepuluh sarung yang masing-masing berisi sekitar lima telur. [20] Lintah air menempatkan sarung ini di sebuah benda yang tenggelam di bawah air, cara menyembuhkan bisul dengan cepat lintah darat menempatkannya di cara menyembuhkan bisul dengan cepat batu atau di tanah yang lembap.

Sarung telur Hemibdella soleae ditempelkan ke seekor ikan yang menjadi inang. [4] [21] Kelompok Glossiphoniidae mengerami telurnya dengan menempatkan sarung telur di permukaan substrat dan menutupinya dengan bagian ventral tubuhnya, atau dengan melekatkan sarung telur ke permukaan perutnya. Kelompok ini bahkan menggendong anak-anaknya yang baru lahir untuk mencari makanan pertamanya. [22] Saat musim kawin, kebanyakan lintah air laut meninggalkan inangnya dan hidup bebas di kawasan estuari.

Lintah-lintah tersebut mengeluarkan sarung telurnya di sana, induknya mati setelah itu (dalam kebanyakan spesies). Saat telurnya menetas, anak-anak lintah mencari calon-calon inang saat cara menyembuhkan bisul dengan cepat mendekati pantai. [22] Kebanyakan lintah memiliki daur hidup tahunan atau setengah tahun. [4] Makanan dan pencernaan Bekas gigitan lintah di pangkal puting sapi perah Sekitar tiga perempat spesies lintah bersifat parasit yang mengisap darah inangnya, sedangkan sisanya merupakan predator.

Sebagian lintah memiliki faring yang dapat dijulurkan, yang disebut probosis atau belalai, dan sebagian lain memiliki faring yang tidak dapat dijulurkan, yang kadang dilengkapi rahang. [4] Lintah tanpa probosis dapat memiliki rahang di bagian depan mulutnya, dan memiliki tiga gigi yang membentuk sebuah sudut tertentu.

Saat mengisap darah, ketiga gigi ini menusuk kulit inang, menorehkan bekas berbentuk huruf Y. Mulut lintah berada di bagian ventral di ujung anterior. Mulut ini terhubung dengan faring, esofagus, tembolok (pada beberapa spesies), lambung, dan usus belakang yang terhubung dengan anus yang terletak di atas pengisap ekor.

Lambung lintah dapat berbentuk silinder sederhana, sedangkan tembolok (jika ada) merupakan pembesaran usus di bagian tengah yang terdiri dari beberapa pasang sekum (usus buntu) yang menyimpan darah yang telah dicerna. Lintah mengeluarkan senyawa hirudin yang bersifat antikogulan (pencegah menggumpalnya darah) sehingga darah dapat dicerna sebelum menggumpal.

[4] Sebagian lintah mengisap darah manusia atau mamalia lainnya, sedangkan lintah lain mengisap darah hewan-hewan lainnya, seperti ikan, kura-kura, dan burung.

[23] Seekor lintah medis dewasa dapat mencukupi kebutuhannya dengan hanya mengisap darah dua kali setahun, dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mencerna darah yang diisapnya. [17] Lintah predator memiliki tubuh yang mirip, tetapi banyak yang memiliki sebuah probosis alih-alih rahang. Probosis ini normalnya disimpan di dalam mulut, dan digunakan untuk menyerang mangsa seperti sebuah tombak. Lintah-lintah ini menggunakan strategi menunggu dan menyergap mangsanya jika kesempatan muncul.

[24] Makanan predator-predator ini adalah avertebrata kecil seperti siput, cacing tanah, dan larva serangga. Mangsa tersebut kemudian diisap dan ditelan bulat-bulat. Sebagian Rhynchobdellida mengisap jaringan-jaringan lunak mangsanya sehingga dapat dikatakan bersifat pertengahan antara predator dan pengisap darah. [4] Seekor lintah menyerang mangsanya.

Saat lintah sedang lapar, hewan ini menggunakan pengisap anteriornya untuk mengisap darah inangnya. Begitu pengisap ini terpasang, lintah menggunakan daya isap serta mukosa untuk tetap melekat, dan menyuntikkan hirudin ke dalam aliran darah inang.

Umumnya, lintah pengisap darah tidak memiliki inang tetap, dan melepaskan dirinya setelah selesai makan tanpa menimbulkan akibat berarti bagi inangnya.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

Namun, sebagian lintah air laut terus melekat kepada inangnya sampai saatnya kawin. Jika seekor inang memiliki banyak lintah seperti ini, hal tersebut bisa membahayakan inang tersebut hingga dapat menyebabkan kematian. [22] Salah satu sifat lintah yang tidak umum adalah tidak adanya enzim amilase, lipase, dan endopeptidase.

[4] Akibat ketiadaan endopeptidase, mekanisme pencernaan protein tidak bisa dilakukan seperti kebanyakan hewan lain yang menggunakan endopeptidase untuk memecah protein menjadi molekul-molekul peptida yang kemudian diuraikan oleh eksopeptidase. [25] Namun, lintah memiliki eksopeptidase dalam ususnya yang berfungsi memisahkan asam cara menyembuhkan bisul dengan cepat satu per satu dari molekul panjang protein, kadang dibantu enzim protease dari bakteri-bakteri yang hidup sebagai endosimbion di usus belakangnya.

[26] Strategi pencernaan yang mengandalkan eksopeptidase ini merupakan hasil evolusi yang membedakan Hirudinea dengan Oligocheata, dan mungkin menyebabkan lambatnya pencernaan lintah.

[4] Kekurangan enzim pencernaan dan vitamin B kompleks dalam lintah digantikan oleh enzim-enzim dan vitamin-vitamin yang dihasilkan mikroflora yang berendosimbiosis dengan lintah. Dalam lintah medis, zat-zat tersebut dihasilkan oleh dua bakteri yang ber simbiosis mutualisme dengan lintah, yaitu Aeromonas veronii dan sebuah spesies Rikenella yang belum tercirikan. Lintah yang tak mengisap darah (seperti Erpobdella punctata) merupakan inang bagi tiga bakteria yang bersimbiosis, yaitu spesies dari Pseudomonas, Aeromonas, dan Klebsiella.

Bakteri ini disebarkan dari induk lintah ke anaknya saat pembentukan sarung telur. [25] Sistem saraf Diagram sederhana sistem saraf lintah medis Sistem saraf lintah terdiri dari beberapa sel saraf berukuran besar sehingga banyak digunakan sebagai organisme model untuk penelitian sistem saraf avertebrata. Saraf utama (yang kadang dibandingkan dengan otak) terletak di bagian depan, yang terdiri dari gumpalan jaringan saraf di bagian prostomium (di depan mulut), ganglion terdepan ("supraesofagus"), dan ganglion empat ruas berikutnya yang menyatu membentuk satu ganglion besar ("subesofagus").

Sebuah tali saraf membujur dari "otak" ini di dalam salah satu saluran pengganti selom (tepatnya saluran bagian ventral/perut), dengan 21 pasang ganglion di ruas ke-6 hingga ruas ke-26.

Di ruas ke-27 hingga ke-33, pasangan-pasangan ganglion lainnya menyatu membentuk ganglion ekor (kaudal). [4] Beberapa sel indra terhubung langsung ke ganglion otak, tetapi ada juga sel indra dan sel saraf penggerak yang terhubung ke ganglion tali di bagian ventral yang ada di setiap ruas.

[17] Berbagai spesies lintah memiliki antara dua hingga sepuluh alat penglihatan sederhana yang disebut oselus bintik pigmen, tersusun berpasangan di bagian depan tubuhnya. Selain itu ada papila indra yang tersusun dalam sebuah barisan di sebuah anulus di setiap ruas. Setiap papila mengandung banyak sel indra. Sebagian lintah Rhynchobdellida memiliki kemampuan mengganti warna secara drastis dengan memindahkan pigmen di sel-sel kromatofora. Proses ini dikendalikan oleh sistem saraf tetapi fungsinya tidak jelas karena perubahan warna ini tidak terlihat terkait dengan warna di sekelilingnya.

[4] Lintah dapat mendeteksi sentuhan, getaran, gerakan benda-benda yang dekat, serta zat-zat kimia yang dilepaskan inangnya. Lintah air tawar dapat merayap atau berenang menuju seekor calon inang yang berada di kolamnya dalam waktu beberapa detik. Spesies yang membutuhkan inang berdarah panas cenderung bergerak menuju benda yang lebih hangat. Banyak lintah menghindari cahaya, tetapi sebagian lintah pengisap darah bergerak menuju cahaya saat mereka ingin makan, kemungkinan untuk meningkatkan peluang menemukan inang.

[17] Pertukaran gas Lintah hidup di lingkungan yang lembap dan umumnya melakukan respirasi melalui kulitnya. Kelompok Piscicolidae adalah satu-satunya pengecualian: tonjolan lateral (menuju sisi kiri dan kanan) dari dinding tubuh membentuk insang.

Sebagian anggota Rhynchobdellida memiliki pigmen hemoglobin di luar sel yang mampu mengangkut oksigen, tetapi ini hanya mencukupi untuk setengah dari kebutuhan pengangkutan oksigen di tubuh lintah, cara menyembuhkan bisul dengan cepat sisanya terjadi melalui difusi.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

{INSERTKEYS} [4] Gerakan Lintah bergerak menggunakan otot longitudinal dan sirkularnya, dan gerakannya merupakan adaptasi dari gerakan peristalsis yang ada pada Annelida lain seperti cacing tanah, yaitu mendorong diri sendiri dengan cara berseling mengontraksikan (menegangkan dan memendekkan) lalu memanjangkan bagian tubuhnya ( lihat ilustrasi di bawah). Lintah menggunakan kedua pengisapnya (yang terletak di ujung depan dan ujung ekor tubuhnya) untuk bergerak kedepan dengan bergelung.

Dalam gerakan ini, pengisap ekor dilekatkan ke sebuah permukaan, lalu bagian depan tubuhnya dijulurkan oleh gerakan peristalsis otot-otot sirkularnya hingga pengisap depan menyentuh permukaan sejauh mungkin di depan. Selanjutnya, ujung belakang dilepaskan dan ditarik oleh otot-otot longitudinal sehingga ekornya maju dan dapat melekat di permukaan dekat ujung depan. Kemudian ujung depan dilepas lagi dan gerakan sebelumnya diulangi, dan demikian seterusnya.

[17] [27] Lintah dapat menjelajahi daerah sekitarnya dengan menggerakkan kepalanya atau melambaikan tubuhnya. [28] Kelompok Hirudinidae dan Erpobdellidae dapat berenang dengan cepat menggunakan gerakan naik turun seperti gelombang, sedangkan kelompok Glossiphoniidae merupakan perenang yang buruk dan akan menggulung dan tenggelam ke dasar jika diganggu. [29] • Lintah dapat dilepas dengan ditarik langsung, karena gigitannya tidak mencapai ke bawah kulit dan kepalanya tidak akan tertinggal di tempat gigitan.

[30] [31] Gigitan Gigitan lintah biasanya hanya mengejutkan saja dan tidak berbahaya untuk manusia. [32] Tindakan yang disarankan adalah melepaskan lintah, menghentikan keluarnya darah, dan menghindari infeksi. [33] Segelintir orang memiliki reaksi alergi atau anafilaksis sehingga membutuhkan perawatan medis secepatnya.

Di antara gejala reaksi ini adalah bisul merah atau bintil yang terasa gatal di sekujur tubuh, bengkak-bengkak di sekitar bibir atau mata, perasaan pusing atau ingin pingsan, dan kesulitan bernapas. [32] Seekor lintah yang melekat di kulit luar akan melepaskan diri setelah kenyang, yang dapat dicapai setelah 20 menit hingga 2 jam.

[32] Air garam telah terbukti dapat mempercepat lepasnya lintah, tetapi dapat menyebabkan masuknya darah dari lintah ke tubuh manusia sehingga meningkatkan risiko infeksi. [33] Perdarahan dari luka yang ditimbulkan dapat berlanjut setelah lintah melepaskan diri, [32] yang dapat dihentikan dengan perban atau obat penghenti perdarahan.

[33] Jika lintah mengisap di bagian dalam tubuh, seperti bagian dalam hidung, ada kemungkinan diperlukan tindakan medis. [34] Bakteri, virus, dan parasit dari darah sebelumnya yang diisap lintah dapat bertahan selama beberapa bulan di tubuh lintah, tetapi hanya sedikit kasus penularan patogen melalui lintah yang pernah dilaporkan.

Beberapa contoh yang pernah dilaporkan melibatkan Streptococcus, Clostridium tetani, virus demam babi klasik, dan Aeromonas. Namun, dalam penggunaan lintah medis untuk pengobatan ( dijelaskan di bagian selanjutnya), infeksi cukup sering terjadi, terutama infeksi Aeromonas hydrophila yang hidup dalam simbiosis di saluran pencernaan lintah.

[23] [35] Terdapat banyak kepercayaan bahwa liur lintah mengandung senyawa anestesia yang dapat menghilangkan rasa sakit di bagian yang digigit, tetapi hal ini belum pernah dibuktikan. [36] Zat seperti morfin telah ditemukan dalam berbagai lintah, tetapi hanya di jaringan saraf dan bukan di kelenjar liur. Zat tersebut digunakan oleh lintah untuk mengatur sel imun (kekebalan) dan bukan untuk membius daerah gigitan di inang.

[37] Kekuatan gigitan lintah berbeda-beda, dapat cukup menyakitkan atau hampir tidak terasa oleh inang, tergantung spesies dan ukuran lintah yang menggigit. [38] [39] Dalam pengobatan Beberapa spesies lintah, termasuk lintah yang disebut lintah medis atau Hirudo medicinalis, telah digunakan untuk membuang darah dengan tujuan pengobatan sejak 2.500 tahun yang lalu. Teks Ayurweda menjelaskan penggunaan lintah untuk pembuangan darah di India Kuno. Di Yunani Kuno, pembuangan darah dilakukan berdasarkan teori humor yang pada waktu itu merupakan teori utama pengobatan di Yunani, dan ditulis di Koleksi Hipokratik dari abad ke-5 SM.

Menurut teori ini, kesehatan seseorang tergantung dari keseimbangan antara empat humor yaitu darah, empedu kuning, empedu hitam, dan flegma (ingus). Jika seorang tabib menganggap pasien memiliki terlalu banyak darah sehingga menganggu keseimbangan, lintah digunakan untuk membuangnya. [40] [41] Plinius Tua (23/24–79 M) menulis bahwa lintah juga digunakan untuk pengobatan di Romawi Kuno, khususnya untuk mengobati pirai sehingga ada pasien yang sampai kecanduan.

[42] Dalam bahasa Inggris kuno, kata untuk lintah adalah lǣce juga digunakan untuk menyebut seorang tabib, dan ilmu pengobatan disebut juga lǣcecraft (bahasa Inggris modern: leechcraft) atau "ilmu/keterampilan lintah". [43] [44] Puisi karya William Wordsworth pada tahun 1802, Resolution and Independence (Kebulatan Tekad dan Kemandirian), menggambarkan para pemungut lintah di Britania yang menjelajahi negara tersebut untuk menangkap lintah liar.

Akibat aktivitas tersebut, keberadaan lintah menurun drastis kecuali di tempat seperti Romney Marsh. Pada tahun 1863, rumah sakit di Britania sudah berganti mengandalkan impor sebagai sumber lintahnya.

Sekitar tujuh juta ekor lintah diimpor ke ibu kota London pada tahun itu. [43] • Ilustrasi para "pencari lintah", 1814 Pada abad ke-19, kebutuhan lintah terus meningkat hingga peternakan lintah (hirudikultura) dapat menjadi usaha yang menguntungkan.

[45] Penggunaan lintah menurun drastis seiring ditinggalkannya teori humor dalam dunia pengobatan, tetapi pada tahun 1980-an penggunaan ini sedikit mencuat dengan adanya bedah mikro, operasi bedah yang menggunakan mikroskop.

Operasi ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah akibat kurangnya penyaluran darah; lintah dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan di jaringan dan membantu penyembuhan, terutama untuk mengembalikan aliran darah setelah bedah mikro untuk memasang kembali anggota tubuh yang lepas. [46] [47] Di antara penggunaan klinis lainnya adalah untuk varikosa, kram otot, tromboflebitis, dan penyakit sendi seperti epikondilitis dan osteoartritis. [48] [49] [50] [51] Cairan sekresi lintah mengandung beberapa zat bioaktif dengan efek antiradang, antikoagulan, dan antimikroba.

Salah satu bahan aktifnya adalah hirudin, protein kecil yang merupakan komponen antikoagulan dalam air liur lintah. Zat ini banyak digunakan sebagai antikoagulan untuk mengobati kelainan-kelainan terkait penggumpalan darah, dan diproduksi sebagai obat menggunakan teknologi DNA rekombinan. [52] [53] Komplikasi yang dapat terjadi dari penggunaan lintah medis adalah penularan penyakit dan kehilangan darah.

[35] Budaya Dalam Kitab Amsal di Perjanjian Lama, lintah digambarkan sebagai simbol keserakahan. [54] Dalam bahasa Indonesia, "lintah darat" adalah ungkapan untuk tengkulak atau orang yang memberi pinjaman uang dengan bunga sangat tinggi. [55] Dalam bahasa Inggris, leech (lintah) dapat berarti seseorang yang mengakrabi atau mengikuti orang lain demi mencari keuntungan bagi dirinya.

[56] Polusi air Estrogen sintesis, yang digunakan dalam obat kontrasepsi, dapat memasuki ekosistem air tawar melalui sistem air limbah kota, dan dapat memengaruhi sistem reproduksi lintah yang terpapar. Sekalipun lintah tidak sesensitif ikan terhadap bahan ini, tetap ditemukan perubahan-perubahan fisiologi dalam lintah setelah terjadi pemaparan, termasuk memanjangnya kantong sperma dan bulbus vestibuli, dan mengurangi berat epididimis.

[57] Referensi • ^ Chiangkul, Krittiya; Trivalairat, Poramad; Purivirojkul, Watchariya (2018). "Redescription of the Siamese shield leech Placobdelloides siamensis with new host species and geographic range".

Parasite. 25: 56. doi: 10.1051/parasite/2018056 . ISSN 1776-1042. • ^ a b Sket, Boris; Trontelj, Peter (2008). "Global diversity of leeches (Hirudinea) in freshwater". Hydrobiologia. 595 (1): 129–137. doi: 10.1007/s10750-007-9010-8. • ^ Fogden, S.; Proctor, J. (1985). "Notes on the Feeding of Land Leeches ( Haemadipsa zeylanica Moore and H. picta Moore) in Gunung Mulu National Park, Sarawak". Biotropica. 17 (2): 172–174. doi: 10.2307/2388511. JSTOR 2388511. • ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s Ruppert, Edward E.; Fox, Richard, S.; Barnes, Robert D.

(2004). Invertebrate Zoology (edisi ke-7th). Cengage Learning. hlm. 471–482. ISBN 978-81-315-0104-7. • ^ Siddall, Mark E. (1998). "Glossiphoniidae". American Museum of Natural History . Diakses tanggal 1 Mei 2018. • ^ Meyer, Marvin C. (Juli 1940). "A Revision of the Leeches (Piscicolidae) Living on Fresh-Water Fishes of North America". Transactions of the American Microscopical Society. 59 (3): 354–376. doi: 10.2307/3222552. JSTOR 3222552. • ^ Oceguera, A.; Leon, V.; Siddall, M.

(2005). "Phylogeny and revision of Erpobdelliformes (Annelida, Arhynchobdellida) from Mexico based on nuclear and mitochondrial gene sequences" (PDF). Revista Mexicana de Biodiversidad. 76 (2): 191–198. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-06-16 . Diakses tanggal 2018-05-01. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ "Leeches". Australian Museum. 14 November 2019 . Diakses tanggal 3 Juni 2020. • ^ "Hirudinea etymology".

Fine Dictionary . Diakses tanggal 9 Juli 2018. • ^ Lamarck, Jean-Baptiste (1818). Histoire naturelle des animaux sans vertèbres ... précédée d'une introduction offrant la détermination des caractères essentiels de l'animal, sa distinction du végétal et des autres corps naturels, enfin, l'exposition des principes fondamentaux de la zoologie.

Volume 5. Paris: Verdière. • ^ Scarborough, John (1992). Medical and Biological Terminologies: Classical Origins. University of Oklahoma Press. hlm. 58. ISBN 978-0-8061-3029-3. • ^ WoRMS (2018). "Hirudinea". World Register of Marine Species . Diakses tanggal 7 Mei 2018. • ^ a b Phillips, Anna J.; Dornburg, Alex; Zapfe, Katerina L.; Anderson, Frank E.; James, Samuel W.; Erséus, Christer; Moriarty Lemmon, Emily; Lemmon, Alan R.; Williams, Bronwyn W.

(2019). "Phylogenomic Analysis of a Putative Missing Link Sparks Reinterpretation of Leech Evolution".

Genome Biology and Evolution. 11 (7): 1712–1722. doi: 10.1093/gbe/evz120. ISSN 1759-6653. PMC 6598468 . PMID 31214691. • ^ Margulis, Lynn; Chapman, Michael J. (2009). Kingdoms and Domains: An Illustrated Guide to the Phyla of Life on Earth. Academic Press. hlm. 308. ISBN 978-0-08-092014-6. • ^ Thorp, James H.; Covich, Alan P.

(2001). Ecology and Classification of North American Freshwater Invertebrates. Academic Press. hlm. 466. ISBN 978-0-12-690647-9. • ^ Mikulic, D. G.; Briggs, D. E. G.; Kluessendorf, J. (1985). "A new exceptionally preserved biota from the Lower Silurian of Wisconsin, U.S.A." Philosophical Transactions of the Royal Society of London B.

311: 75–85. • ^ a b c d e Brusca, Richard (2016). Hirudinoidea: Leeches and Their Relatives. Invertebrates. Sinauer Associates. hlm.

591–597. ISBN 978-1-60535-375-3. • ^ Buchsbaum, Ralph; Buchsbaum, Mildred; Pearse, John; Pearse, Vicki (1987). Animals Without Backbones (edisi ke-3rd). The University of Chicago Press. hlm. 312–317. ISBN 978-0-226-07874-8. • ^ Payton, Brian (1981). Muller, Kenneth; Nicholls, John; Stent, Gunther, ed. Neurobiology of the Leech. Cold Spring Harbor Laboratory. hlm. 35–50. ISBN 978-0-87969-146-2.

• ^ Sawyer, R.T. (1970). "Observations on the Natural History and Behavior of Erpobdella punctata (Leidy) (Annelida: Hirudinea)". The American Midland Naturalist. 83 (1): 65–80. doi: 10.2307/2424006. JSTOR 2424006. • ^ Gelder, Stuart R.; Gagnon, Nicole L.; Nelson, Kerri (2002). "Taxonomic Considerations and Distribution of the Branchiobdellida (Annelida: Clitellata) on the North American Continent". Northeastern Naturalist. 9 (4): 451–468. doi: 10.1656/1092-6194(2002)009[0451:TCADOT]2.0.CO;2.

JSTOR 3858556. • ^ a b c Rohde, Klaus (2005). Marine Parasitology. CSIRO Publishing. hlm. 185. ISBN 978-0-643-09927-2. • ^ a b Ahl-Khleif, A.; Roth, M.; Menge, C.; Heuser, J.; Baljer, G.; Herbst, W. (2011).

"Tenacity of mammalian viruses in the gut of leeches fed with porcine blood". Journal of Medical Microbiology. 60 (6): 787–792. doi: 10.1099/jmm.0.027250-0 . PMID 21372183. • ^ Govedich, Fredric R.; Bain, Bonnie A.

(14 Maret 2005). "All about leeches" (PDF) . Diakses tanggal 19 Januari 2010. • ^ a b Sawyer, Roy T. "Leech biology and behaviour" (PDF). biopharm-leeches.com. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 10 September 2011. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ Dziekońska-Rynko, Janina; Bielecki, Aleksander; Palińska, Katarzyna (2009). "Activity of selected hydrolytic enzymes from leeches (Clitellata: Hirudinida) with different feeding strategies".

Biologia. 64 (2). doi: 10.2478/s11756-009-0048-0 . • ^ Elder, H. Y. (1980). Elder, H. Y.; Trueman, E. R., ed. Peristaltic Mechanisms. Society for Experimental Biology, Seminar Series: Volume 5, Aspects of Animal Movement.

CUP Archive. hlm. 84–85. ISBN 978-0-521-29795-0. • ^ Sawyer, Roy (1981). Kenneth, Muller; Nicholls, John; Stent, Gunther, ed. Neurobiology of the Leech. Cold Spring Harbor Laboratory. hlm. 7–26. ISBN 978-0-87969-146-2. • ^ Smith, Douglas Grant (2001). Pennak's Freshwater Invertebrates of the United States: Porifera to Crustacea. John Wiley & Sons. hlm. 305. ISBN 978-0-471-35837-4. • ^ Burke, Don (2005). The complete Burke's backyard: the ultimate book of fact sheets. Murdoch Books.

ISBN 978-1-74045-739-2. • ^ Fujimoto, Gary; Robin, Marc; Dessery, Bradford (2003). The Traveler's Medical Guide. Prairie Smoke Press. ISBN 978-0-9704482-5-5. • ^ a b c d Victorian Poisons Information Centre: Leeches Victorian Poisons Information Centre. Retrieved 28 Juli 2007 • ^ a b c Conley, K.; Jamal, Z.; Juergens, A.

(2020). "Leech Bite". StatPearls. • ^ Chow, C. K.; Wong, S. S.; Ho, A. C.; Lau, S. K. (2005). "Unilateral epistaxis after swimming in a stream". Hong Kong Medical Journal. 11 (2): 110–2.

PMID 15815064. Ringkasan – Reuters. • ^ a b Daane, S. (2010). "Leeches". {/INSERTKEYS}

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

Plastic Surgery Secrets Plus. hlm. 721–723. doi: 10.1016/B978-0-323-03470-8.00111-3. • ^ Meir, Rigbi; Levy, Haim; Eldor, Amiram; Iraqi, Fuad; Teitelbaum, Mira; Orevi, Miriam; Horovitz, Amnon; Galun, Rachel (1987). "The saliva of the medicinal leech Hirudo medicinalis—II. Inhibition of platelet aggregation and of leukocyte activity and examination of reputed anaesthetic effects".

Comparative Biochemistry and Physiology C. 88 (1): 95–98. doi: 10.1016/0742-8413(87)90052-1. • ^ Laurent, V.; Salzet, B.; Verger-Bocquet, M.; Bernet, F.; Salzet, M. (2000). "Morphine-like substance in leech ganglia. Evidence and immune modulation". European Journal of Biochemistry. 267 (8): 2354–2361. doi: 10.1046/j.1432-1327.2000.01239.x. PMID 10759861.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

• ^ Siddall, Mark; Borda, Liz; Burreson, Gene; Williams, Juli. "Blood Lust II". Laboratory of Phylohirudinology, American Museum of Natural History. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-18. Diakses tanggal 15 December 2013. • ^ Yi-Te Lai; Jiun-Hong Chen (2010). 臺灣蛭類動物志: Leech Fauna of Taiwan-Biota Taiwanica. 國立臺灣大學出版中心. hlm. 89. ISBN 978-986-02-2760-4. • ^ Payton, Brian (1981).

Muller, Kenneth; Nicholls, John; Stent, Gunther, ed. Neurobiology of the Leech. Cold Spring Harbor Laboratory. hlm. 27–34. ISBN 978-0-87969-146-2. • ^ Mory, Robert N.; Mindell, David; Bloom, David A.

(2014). "The Leech and the Physician: Biology, Etymology, and Medical Practice with Hirudinea medicinalis". World Journal of Surgery. 24 (7): 878–883. doi: 10.1007/s002680010141. hdl: 2027.42/42411. • ^ Pliny (1991). Natural History: A Selection. Diterjemahkan oleh Healy, John F. Penguin Books. hlm. 283. ISBN 978-0-14-044413-1. • ^ a b Marren, Peter; Mabey, Richard (2010). Bugs Britannica. Chatto & Windus.

hlm. 45–48. ISBN 978-0-7011-8180-2. • ^ Clark Hall, J. R. (1960) [1894]. A Concise Anglo-Saxon Dictionary (edisi ke-4th). University of Toronto Press. hlm. 208. ISBN 978-0-8020-6548-3. • ^ The Journal cara menyembuhkan bisul dengan cepat Agriculture.

William Blackwood & Sons. 1859. hlm. 641. • ^ Cho, Joohee (4 Maret 2008). "Some Docs Latching Onto Leeches". ABC News. Diakses tanggal 27 April 2018. • ^ Adams, Stephen L. (1988). "The Medicinal Leech: A Page from the Annelids of Internal Medicine".

Annals of Internal Medicine. 109 (5): 399–405. doi: 10.7326/0003-4819-109-5-399. PMID 3044211. • ^ Teut, M.; Warning, A. (2008). "Leeches, phytotherapy and physiotherapy in osteo-arthrosis of the knee—a geriatric case study". Forsch Komplementärmed. 15 (5): 269–72. doi: 10.1159/000158875. PMID 19001824. • ^ Michalsen, A.; Moebus, S.; Spahn, G.; Esch, T.; Langhorst, J.; Dobos, G.J. (2002). "Leech therapy for symptomatic treatment of knee osteoarthritis: Results and implications of a pilot study".

Alternative Therapies in Health and Medicine. 8 (5): 84–88. PMID 12233807. • ^ Sig, A. K.; Guney, M.; Uskudar Guclu, A.; Ozmen, E. (2017). "Medicinal leech therapy—an overall perspective". Integrative Medicine Research. 6 (4): 337–343. doi: 10.1016/j.imr.2017.08.001. PMC 5741396 cara menyembuhkan bisul dengan cepat. PMID 29296560. • ^ Abdualkader, A. M.; Ghawi, A. M.; Alaama, M.; Awang, M.; Merzouk, A.

(2013). "Leech Therapeutic Applications". Indian Journal of Pharmacological Science. 75 (2 (Maret-April)): 127–137. PMC 3757849. PMID 24019559. • ^ Haycraft, John B. (1883). "IV. On the action of a secretion obtained from the medicinal leech on the coagulation of the blood".

Proceedings of the Royal Society of London. 36 (228–231): 478–487. doi: 10.1098/rspl.1883.0135. • ^ Fischer, Karl-Georg; Van de Loo, Andreas; Bohler, Joachim (1999). "Recombinant hirudin (lepirudin) as anticoagulant in intensive care patients treated with continuous hemodialysis". Kidney International. 56 (Suppl. 72): S46–S50.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

doi: 10.1046/j.1523-1755.56.s72.2.x. PMID 10560805. • ^ "Proverbs 30:15 - Ellicott's Commentary for English Readers". BibleHub. Diakses tanggal 27 April 2018. • ^ "lintah darat". Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

2016. • ^ "Leech". Merriam-Webster. Diakses tanggal 27 April 2018. • ^ Kidd, Karen A.; Graves, Stephanie D.; McKee, Graydon I.; Dyszy, Katarzyna; Podemski, Cheryl L. (2020). "Effects of Whole-Lake Additions of Ethynylestradiol on Leech Populations". Environmental Toxicology and Chemistry. 39 (8): 1608–1619. doi: 10.1002/etc.4789. ISSN 1552-8618. Pranala luar Wikimedia Commons memiliki media mengenai Hirudinea.

Wikispecies mempunyai informasi mengenai Hirudinea. Kategori tersembunyi: • Halaman dengan rujukan yang menggunakan parameter yang tidak didukung • Infobox yang menggunakan parameter tidak dikenal • Pranala Commons ada di Wikidata • Artikel Wikipedia dengan penanda GND • Artikel Wikipedia dengan penanda LCCN • Artikel Wikipedia dengan penanda LNB • Artikel Wikipedia dengan penanda NDL • Artikel Wikipedia dengan penanda MA • Artikel Wikipedia dengan penanda ganda • Artikel pilihan • Semua artikel pilihan • Halaman ini terakhir diubah pada 4 Desember 2021, pukul 04.36.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan cara menyembuhkan bisul dengan cepat • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • • Mengutip dari Mayoclinic.com, sariawan merupakan lesi atau bisul kecil yang terjadi pada jaringan lunak yang ada dalam mulut atau gusi.

Sariawan ini tidak menular meski begitu, selain terasa menyakitkan sariawan juga dapat menyebabkan kesulitan bicara dan makan. Biasanya sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam satu hingga dua pekan. Apabila sariawan tidak segera sembuh dan semakin parah dalam kurun waktu tersebut sebaiknya cara menyembuhkan bisul dengan cepat kondisi tersebut pada dokter gigi.

Jenis Sariawan Selanjutnya, ukuran dari sariawan mayor lebih besar dari sariawan ringan dan terasa sangat sakit. Bentuknya juga bulat, namun jika sudah terlalu besar tepiannya menjadi tidak beraturan.

Untuk penyembuhannya juga memakan waktu yang lebih lama hingga enam minggu dan dapat meninggalkan bekas. Sedangkan sariawan herpetiformis ini jarang terjadi, meskipun sekilas namanya seperti herpes, sariawan ini tidak disebabkan oleh infeksi virus herpes.

Ukurannya juga beragam, ada yang kecil dan besar terkadang yang berukuran kecil bergabung menjadi satu dan pinggiran lukanya tidak beraturan.

Sariawan herpetiformis ini dapat sembuh dalam kurun waktu satu hingga dua minggu tanpa bekas luka. Berikutnya: Penyebab sariawan tidak dapat dipastikan, pasalnya.
Farmasi, salah satu sediaan dalam pembuatan yang rujit (bahasa sundannya) ialah sediaan ungueta atau biasa sering di kenal dengan salep, karena komposisi pembuatannya dari adeps lanae (lemak kambing) yang membuat sediaan harus rapih dalam pengerjaannya.

Dengan kerujitan itu saya akan membagikan artikel tentang Sediaan Salep (UNGUENTA) Lengkap • Menurut Farmakope Indonesia Edisi III: Salep adalah sediaan setengah padat berupa massa lunak yang mudah dioleskan dan digunaka untuk pemakaian luar. • Menurut farmakope edisi IV sediaan setengah padat ditujukan untuk pemakaian topical pada kulit atau selaput lendir.

• Menurut Formularium Nasional salep adalah sedian berupa masa lembek, mudah dioleskan, umumnya lembek dan mengandung obat, digunakan sebagai obat luar untuk melindungi atau melemaskan kulit, tidak berbau tengik.

Salep tidak boleh berbau tengik. Kecuali dinyatakan lain kadar bahan obat dalam salep yang mengandung obat keras atau narkotik adalah 10%. • Pemerian : tidak boleh berbau tengik • Kadar : kecuali dinyatakan lain dan untuk salep yang mengandung obat keras atau narkotik, kadar bahan obat adalah 10%. • Dasar salep (Ds) : kecuali dinyatakan lain, sebagai bahan dasar salep (basis salep) digunakan vaselin putih (vaselin album).

Tergantung dari sifat bahan obat dan tujuan pemakaian salep, dapat dipilih beberapa bahan dasar salep sebagai berikut • Ds. Senyawa hidrokarbon : vaselin putih, vaselin kuning (vaselin flavum), malam putih (cera album), malam kuning (cera flavum), atau campurannya. • Ds. Serap : lemak bulu domba (adeps lanae), campuran 3 bagian kolesterol, 3 bagian stearil-alkohol, 8 bagian mala putih dan 86 bagian vaselin putih, campuran 30 bagian malam kuning dan 70 bagian minyak wijen.

• Ds. Yang dapat dicuci dengan air atau Ds. Emulsi, misalnya emulsi minyak dalam air (M/A). • Ds. Yang dapat larut dalam air, misalnya PEG atau campurannya. • Unguenta : salep yang mempunyai konsistensi seperti mentega, tidak mencair pada suhu biasa, tetapi mudah dioleskan tanpa memakai tenaga.

• Cream (krim) : salep yang banyak mengandung air, mudah diserap kulit, suatu tipe yang dapat dicuci dengan air. • Pasta : salep yang cara menyembuhkan bisul dengan cepat lebih dari 50% zat padat (serbuk), suatu salep tebal, karena merupakan penutup atau pelindung bagian kulit yang diolesi.

• Cerata : salep berlemak yang mengandung persentase lilin (wax) yang tinggi sehingga konsistensinya lebih keras (ceratum labiale) • Gelones/spumae/jelly : salep yang lebih cara menyembuhkan bisul dengan cepat, umumnya cair dan sedikit mengandung atau tanpa mukosa, sebagai pelicin atau basisnya terdiri atas campuran sederhana dari minyak dan lemak dengan titik lebur rendah.

Contoh: starch jellies (10% amilum dengan air mendidih). 2. Menurut farmakologi / teraupetik dan penetrasinya, salep dapat dibagi : • Salep epidermis (epidermic ointment ; salep penutup) guna melindungi kulit dan menghasilkan efek lokal, tidak diabsorpsi, kadang-kadang ditambahkan antiseptik, astringensia untuk meredakan rangsangan atau anestesi lokal.

Ds yang baik adalah ds. senyawa hidrokarbon. • Salep endodermis : salep bahan obatnya menembus kedalam kulit, tetapi tidak melalui kulit, terabsorpsi sebagaian, digunakan untuk melunakkan kulit atau selaput lendir.

Ds yang terbaik adalah minyak lemak. • Salep diadermis : salep yang bahan obatnya menembus kedalam tubuh melalui kulit dan mencapai efek yang diinginkan, misalnya salep yang mengandung senyawa merkuri iodida. • Dasar Salep Hidrokarbon Dasar salep ini dikenal sebagai dasar salep berlemak, antara lain vaselin putih dan salep putih. Hanya sejumlah kecil komponen berair yang dapat dicampurkan kedalamnya. Salep ini dimaksudkan untuk memperpanjang kontak bahan obat dengan kulit dan bertindak sebagai pembalut penutup.

Dasar salep hidrokarbon digunakan terutama sebagai emolien, sukar dicuci, tidak mengering dan tidak tampak berubah dalam waktu lama. 2. Dasar Salep Serap Dasar salep serap ini dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama terdiri atas dasar salep yang dapat bercampur dengan air membentuk emulsi air dalam minyak (parafin hidrofilik dan lanolin anhidrat), dan kelompok kedua terdiri atas emulsi air dalam minyak yang dapat bercampur dengan sejumlah larutan air tambahan (lanolin).

Dasar salep ini cara menyembuhkan bisul dengan cepat berfungsi sebagai emolien. 3. Dasar Salep yang dapat dicuci dengan air. Dasar salep ini adalah emulsi minyak dalam air, antara lain cara menyembuhkan bisul dengan cepat hidrofilik (krim). Dasar salep ini dinyatakan juga sebagai dapat dicuci dengan airkarena mudah dicuci dari kulit atau dilap basah sehingga lebih dapat diterima untuk dasar kosmetika.

Cara menyembuhkan bisul dengan cepat bahan obat dapat menjadi lebih efektif menggunakan dasar salep ini dari pada dasar salep cara menyembuhkan bisul dengan cepat. Keuntungan lain dari dasar salep ini adalah dapat diencerkan dengan air dan mudah menyerap cairan yang terjadi pada kelainan dermatologik. 4. Dasar Salep Larut Dalam Air Cara menyembuhkan bisul dengan cepat ini disebut juga dasar salep tak berlemak dan terdiri dari konstituen larut air. Dasar salep jenis ini memberikan banyak keuntungannya seperti dasar salep yang dapat dicuci dengan air dan tidak mengandung bahan tak larut dalam air, seperti paraffin, lanolin anhidrat atau malam.

Dasar salep ini lebih tepat disebut gel. Pemilihan dasar salep tergantung pada beberapa faktor yaitu khasiat yang diinginkan, sifat bahan obat yang dicampurkan, ketersediaan hayati, stabilitas dan ketahanan sediaan jadi. Dalam beberapa hal perlu menggunakan dasar salep yang kurang ideal untuk mendapatkan stabilitas yang diinginkan. Misalnya obat-obat yang cepat terhidrolisis, lebih stabil dalam dasar salep hidrokarbon daripada dasar salep yang mengandung air, meskipun obat tersebut bekerja lebih efektif dalam dasar salep yang mangandung air.

Beberapa contoh – contoh dasar salep : cara menyembuhkan bisul dengan cepat Bersifat antiseptika (mencegah infeksi) • Bersifat protektiva (bahan yang mampu melindungi kulit yang luka atau yang sakit) • Bersifat emolien (bahan yang mampu menghaluskan dan melemaskan kulit) • Bahan-bahan yang dapat mengurangi rasa gatal - Bahan-bahan yang cepat menguap sehingga terjadi pendinginan setempat Misalnya : kamfer,menthol - Bahan-bahan yang dapat menahan rasa sakit setempat Misalnya : phenol, anaesthesin 2.

Peleburan Dengan metode peleburan, semua atau beberapa komponen dari salep dicampurkan dengan melebur bersama dan didinginkan dengan pengadukan yang konstan sampai mengental. Komponen-komponen yang tidak dicairkan biasanya ditambahkan pada campuran yang cara menyembuhkan bisul dengan cepat mengental setelah didinginkan dan diaduk. • Zat padat dan larut dalam dasar salep Camphorae - Dilarutkan dalam dasar salep yang sudah dicairkan didalam pot salep tertutup (jika tidak dilampaui daya larutnya) - Jika dalam resepnya terdapat minyak lemak (Ol.

sesami), camphorae dilarutkan lebih dahulu dalam minyak tersebut - Jika dalam resep terdapat salol, menthol, atau zat lain yang dapat mencair jika dicampur (karena penurunan titik eutektik), camphorae dicampurkan supaya mencair, baru ditambahkan dasar salepnya - Jika camphorae itu berupa zat tunggal, camphorae ditetesi lebih dahulu dengan eter atau alkohol 95%, kemudian cara menyembuhkan bisul dengan cepat dengan dasar salepnya.

Pellidol - Larut 3% dalam dasar salep, pellidol dilarutkan bersama-sama dengan dasar salepnya yang dicairkan (jika dasar salep disaring tetapi jangan lupa harus ditambahkan pada penimbangannya sebanyak 20% ).

- Jika pellidol yang ditambahkan melebihi daya larutnya, maka digerus dengan dasar salep yang mudah dicairkan. Iodum - Jika kelarutannya tidak dilampaui, kerjakan seperti pada camphorae - Larutkan dalam larutan pekat KI atau NaI (seperti pada unguentum iodii dari Ph. Belanda V) - Ditetesi dengan etanol 95% sampai larut, baru ditambahkan dasar salepnya • Zat padat larut dalam air Protargol - Taburkan diatas air, diamkan ditempat gelap selama ¼ jam sampai larut - Jika dalam resep terdapat gliserin, tambahkan gliserin tersebut, baru ditambahkan airnya dan tidak perlu ditunggu ¼ jam lagi karena dengan adanya gliserin, protargol atau mudah larut.

Colargol - Dikerjakan seperti protargol Argentum nitrat (AgNO 3) - Walaupun larut dalam air, zat ini tidak boleh dilarutkan dalam air karena akan meninggalkan bekas noda hitam pada kulit yang disebabkan oleh terbentuknya Ag2O, kecuali pada resep obat wasir. Fenol/fenol - Sebenarnya fenol mudah larut dalam air, tetapi dalam salep tidak dilarutkan karena akan menimbulkan rangsangan atau mengiritasi kulit dan juga tidak boleh diganti dengan Phenol liquifactum (campuran fenol dan air 77-81,5% FI ed.III).

• Bahan yang ditambahkan terakhir pada suatu massa salep : -Ichtyol Jika ditambahkan pada massa salep yang masih panas atau digerus terlalu lama, akan terjadi pemisahan. -Balsem-balsem dan minyak yang mudah menguap. Balsem merupakan campuarn damar dan minyak mudah menguap ; jika digerus terlalu lama, damarnya akan keluar. -Air Ditambahkan terakhir karena berfungsi sebagai pendingin; disamping itu, untuk mencegah permukaan mortir menjadi licin.

-Gliserin Harus ditambahkan ke dalam dasar salep yang dingin, karena tidak bisa bercampur dengan cara menyembuhkan bisul dengan cepat dasar salep yang sedang mencair dan harus ditambahkan sedikit demi sedikit karena tidak mudah diserap oleh dasar salep. -Marmer album Dimasukkan terakhir karena dibutuhkan dalam bentuk kasar, yang akan memberikan pengaruh percobaan pada kulit. • Zat padat tidak larut dalam air Umumnya dibuat serbuk halus dahulu, misalnya : - Belerang (tidak boleh diayak) - Ac.

Boricum (diambil bentuk yang pulveratum) - Oxydum zincicum (diayak dengan ayakan No. 100/B40). - Mamer album (diayak dengan ayakan No.25/ B10) - Veratrin (digerus dengan minyak, karena jika digerus tersendiri akan menimbulkan bersin). • Sebagai pelarut bahan obat Air - Terjadi reaksi Contohnya, jika aqua calcis bercampur dengan minyak lemak akan terjadi penyabunan sehingga cara penggunaannya adalah dengan diteteskan sedikit demi sedikit kemudian dikocok dalam sebuah botol bersama dengan minyak lemak, baru dicampur dengan bahan lainnya.

- Tak terjadi reaksi o Jumlah sedikit : teteskan terakhir cara menyembuhkan bisul dengan cepat demi sedikit o Jumlah banyak : diuapkan atau diambil bahan berkhasiatnya saja dan berat airnya diganti dengan dasar salepnya Spiritus/etanol/alkohol - Jumlah sedikit : teteskan terakhir sedikit demi sedikit - Jumlah banyak : o Tahan panas : Tinct.

Ratanhiae, panaskan diatas tangas air sampai sekental sirop atau sepertiga bagian. o Tak tahan panas : - Diketahui pembandingnya, maka diambil bagian-bagiannya saja, misalnya tinct. iodii - Tak diketahui pembandingnya, teteskan terakhir sedikit demi sedikit - Jika dasar salep lebih dari 1 macam, harus diperhitungkan menurut perbandingan dasar salepnya. K. Ketentuan Umum cara Pembuatan Salep (1) Peraturan Salep Pertama Zat-zat yang dapat larut dalam campuran lemak dilarutkan kedalamnya, jika perlu dengan pemanasan.

(2) Peraturan Salep Kedua Bahan-bahan yang dapat larut dalam air, jika tidak ada peraturan-peraturan lain dilarutkan lebih dahulu dalam air, asalkan air yang digunakan dapat diserap seluruhnya oleh basis salep.

Jumlah air yang dipakai dikurangi dari basis. (3) Peraturan Salep Ketiga. Bahan-bahan yang sukar atau hanya sebagian dapat larut dalam lemak dan air, harus diserbuk lebih dahulu kemudian diayak dengan pengayak B40. (4) Peraturan Salep Keempat Salep-salep yang dibuat dengan jalan mencairkan, campurannya harus digerus sampai dingin.

• Ichtyol, sebab jika ditambahkan pada masa salep yang panas atau digilas terlalu lama dapat terjadi pemisahan. • Balsem-balsem dan minyak atsiri, balsem merupakan campuran dari damar dan minyak atsiri, jika digerus terlalu lama akan keluar damarnya sedangkan minyak atsiri akan menguap. • Air, berfungsi sebagai pendingin dan untuk mencegah • permukaan mortir menjadi licin.

• Gliserin, harus ditambahkan kedalam dasar salep yang • dingin, sebab tidak bias campur dengan bahan dasar salep yang sedang mencair dan ditambahkan sedikit- sedikit sebab tidak bias diserap dengan mudah oleh dasar salep. M. Pengawetan salep Preparat farmasi setengah padat seperti salep, sering memerlukan penambahan pengawet kimia sebagai antimikroba, pada formulasi untuk mencegah pertumbuhan mikro organisme yang terkontaminasi.

Pengawet-pengawet ini termasuk hidroksibenzoat, fenol-fenol, asam benzoat, asam sorbat, garam amonium kuarterner dan campuran lainnya. Preparat setengah padat harus pula dilindungi melalui kemasan dan penyimpanan yang sesuai dari pengaruh pengerusakan oleh udara, cahaya, uap air (lembap) dan panas serta kemungkinan terjadinya interaksi kimia antara preparat dengan wadah.

O. Pengemasan dan penyimpanan salep Salep biasanya dikemas baik dalam botol atau dalam tube, botol dapat dibuat dari gelas tidak bewarna, warna hijau, amber atau biru atau buram dan porselen putih.

Botol plastik juga dapat digunakan. Wadah dari gelas buram dan berwarna berguna untuk salep yang mengandung obat yang peka terhadap cahaya. Tube dibuat dari kaleng atau plastik, beberapa diantaranya diberi tambahan kemasan dengan alat bantu khusus bila salep akan digunakan untuk dipakai melalui rektum, mata, vagina, telinga, atau hidung. Tube umumnya diisi dengan bertekanan alat pengisi dari bagian ujung belakang yang terbuka (ujung yang berlawanan dari ujung tutup) dari tube yang kemudian ditutup dengan disegel.

Tube salep untuk pemakaian topikal lebih sering dari ukuran 5 sampai 30 gr. Botol salep dapat diisi dalam skala kecil oleh seorang ahli farmasi dengan mengemas sejumlah salep yang sudah ditimbang kedalam botol dengan memakai spatula yang fleksibel dan menekannya kebawah, sejajar melalui tepi botol guna menghindari kemungkinan terperangkapnya udara didalam botol. Salep dalam tube lebih luas pemakaiannya daripada botol, disebabkan lebih mudah dan menyenangkan digunakan oleh pasien dan tidak mudah menimbulkan keracunan.

Pengisian dalam tube juga mengurangi terkena udara dan menghindari kontaminasi dari mikroba yang potensial, oleh karena itu akan lebih stabil dan dapat tahan lama pada pemakaian dibandingkan dengan salep dalam botol. Kebanyakan salep harus disimpan pada temperatur dibawah 30 0C untuk mencegah melembek apalagi dasar salepnya bersifat dapat mencair. • Obat bisul, koreng dan borok Obat bisul, koreng, dan borok yang telah lama dikenal ialah salep diachylon dan salep ichthyol.

Selain itu penyakit koreng juga dapat diobati dengan asam salisilat, salep yang mengandung sulfa, penisilina, dan belerang. Contoh obat yang digunakan untuk obat bisul, koreng, dan borok : - Unguentum O1. Jec. Aselli (mengandung minyak ikan) - Unguentum sulfuris salicylatum (megandung asam salisilat dan belerang) - Unguentum sulfanilamida (mengandung sulfinamida) - Unguentum penisilin (mengandung penisilina) 2.

Obat eskema Untuk eskema biasanya digunakan salep yang mengandung bahan teer (misalnya ichthyol, pix liquida, oleum cadium), belerang, asam salisilat, solutio acetatis alumini basicus. Contoh salep skema : - Pasta zinci salicylata lassar (mengandung asam salisilat, seng oksida, amilum tritici dan vaselin kuning) - Mixtura agitanda ichthyloii (mengandung ichthyol,seng oksida, talk, gliserin dan air) - Untuk eskem basah digunakan campuran seng oksida, oleum olivarum, air kapur yang sama banyaknya.

Untuk penyakit eskema sekarang terkenal obat-obat modern, antara lain : - Salep allercyl, buatan Pabrik Bode Scenhemic - EBIZALF, buatan pabrik USFI - Cortimycin krim, buatan pabrik Medial, kenrose Indonesia - Dexatropic Krim, buatan pabrik Organon 3. Obat kudis Untuk penyakit kudis biasanya digunakan salep yang mengandung belerang, teer, natrium benzoat dan gammexaan.

Cara menyembuhkan bisul dengan cepat obat kudis : - Linimentum sulfuris, mengandung oleum cocos dan belerang sama banyak. - Emulsum benzoatis benzylici, mengandung natrium benzoat, emulgide, minyak wijen dan air. - Unguentum sulfuris, mengandung belerang dan vaselin. Contoh obat patten modern yang digunakan untuk penyakit kudis : - Crotaderm krim, buatan pabrik Bayer - Pagoda selep, buatan pabrik Afiat - Herocyn selep, buatan pabrik Coronet 4.

Obat kurab, panu, dan kutu air Kurab, panu dan kutu air biasanya disebabkan oleh infeksi dengan kapang-kapang. Obat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini ialah asam salsilat, belerang, jodium.

Contoh obat kurab, panu, dan kutu air : - Salicyl spiritus 5-10% - Unguentum sulfuris salicylatum, mengandung asam salisilat, belerang, dan vaselin kuning - Unguentum whitfield, mengandung asam benzoat, asam salisilat, lanolin dan vaselin putih.

Contoh obat patten modern yang digunakan untuk pengobatan kurab, panu dan kutu air : - Kalpanax tingtur buatan pabrik Kalbe Farma - Radas tingtur cara menyembuhkan bisul dengan cepat pabrik Prafa - Pantox tingtur, buatan pabrik Cendo
Jakarta - Dahak yang menyumbat saluran pernapasan memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Adanya dahak biasanya merupakan tanda kalau saluran pernapasan kalian mengalami peradangan yang dipicu oleh berbagai penyakit.

Dahak biasanya berbentuk kental dan sulit dikeluarkan, karena fungsinya untuk menangkap debu, alergen dan virus agar tidak masuk ke saluran pernapasan. Tapi jika kalian merasa dahak di saluran pernapasan sudah membandel dan mengganggu, ada berbagai cara untuk mengeluarkannya dengan cepat, mulai dari minum obat pengencer dahak hingga cara alami dan tradisional lainnya. Baca juga: Selalu Dituding 'Racuni' Perokok Pasif, Perokok Aktif Curhat Susahnya Berhenti Jika kalian tidak suka meminum obat pengencer dahak, berikut adalah 11 cara mengeluarkan dahak secara cepat dan alami seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

1. Uap Hangat Salah satu cara alami untuk mengeluarkan dahak sekaligus melegakan pernapasan adalah dengan menghirup uap hangat. Atau kalian juga bisa menghirup uap hangat dari makanan seperti sup ayam atau teh hangat. 2. Minum Air Putih Minum banyak air putih, terutama air hangat dapat mengeluarkan dahak dan melonggarkan saluran pernapasan yang tersumbat.

Selain air putih, kalian juga bisa mengonsumsi sup ayam, teh tanpa kafein dan jus lemon hangat. 3. Kumur Air Garam Kumur dengan air garam dapat mengeluarkan dahak yang mengganggu di tenggorokan dan susah keluar. Cara ini bahkan bisa membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan. Caranya campurkan tiga perempat sendok te garam dengan air hangat. Setelah itu, kumur dengan posisi kepala menengadah selama 30-60 detik. Ulangi jika diperlukan. 4. Minyak Kayu Putih Minyak kayu putih merupakan salah satu obat dahak susah keluar yang ampuh.

Minyak kayu putih yang dioleskan di dada bisa membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. 5. Makan Makanan Pedas Siapa sangka makanan pedas bisa membantu mengeluarkan dahakdari tenggorokan. Makanan pedas yang mengandung capsaicin yang biasa di temukan di cabai bisa membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan sinus secara sementara.

Baca juga: Non-Perokok Tapi Meninggal karena Kanker Paru, Dokter Jelaskan Kemungkinannya 6. Madu Madu memiliki sifat anti peradangan dan antibakteri. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa menghirup uap dari air hangat yang dicampur dengan madu dapat mengeluarkan dahak dan mengurangi penyempitan bronkus. 7. Jahe Jahe merupakan pengencer dahak alternatif yang alami dan mudah ditemukan di mana saja. Caranya mudah, cukup campurkan potongan jahe ke dalam minuman hangat kalian.

8. Daun Mint Daun mint mengandung mentol yang berfungsi untuk mengurangi produksi dahak dan mengencerkan dahak yang kental. Caranya mudah, cukup campurkan daun mint ke dalam minuman hangat seperti teh agar dahak cepat keluar. 9. Lobak Lobak disebut dapat melegakan tenggorokan yang tersumbat akibat dahak.

Tidak hanya itu, lobak juga disebut mampu mengatasi radang tenggorokan dan menyembuhkan flu dan batuk. Caranya cukup dengan menambahkan lobak ke dalam sup hangat kalian.

10. Bawang Bawang merupakan salah satu pengencer dahak alami karena dapat bekerja seperti ekspektoran di dalam tubuh. Bumbu dapur ini ternyata mengandung senyawa iritasi yang dapat merangsang kalian untuk batuk dan mengeluarkan dahak. Caranya cukup dengan menambah potongan bawang pada sup hangat kalian. 11. Pakai Humidifier Udara yang lembab dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak secara cepat. Untuk membuat udara di sekitar lebih lembab, kalian bisa gunakan humidifier. Alat ini bisa kalian nyalakan terus menerus dalam sehari.

Tapi, pastikan kalian mengganti airnya setiap hari dan bersihkan humidifier sesuai petunjuknya. Simak Video " Simak! Imbauan IDAI soal Munculnya Hepatitis Akut Misterius" [Gambas:Video 20detik] (vmp/vmp) MOST POPULAR • 1 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 2 Caisar Diduga Nyabu Saat Live TikTok, Begini Ciri-ciri Pemakai Sabu • 3 Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Wajib Tahu!

• 4 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 5 Kemenkes Buka Suara Kasus Anak Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius • 6 Hasil Kolonoskopi Diungkap, Begini Kondisi Raja Cara menyembuhkan bisul dengan cepat Usai Masuk RS • 7 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar? • 8 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius? Ini Penjelasan Pakar IDI • 9 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • 10 Mengenal Cacar Monyet: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan • SELENGKAPNYAPMS adalah sebuah nama kondisi penyakit yang memiliki kepanjangan Penyakit Menular Seksual dan kini lebih dikenal dengan nama IMS atau Infeksi Menular Seksual.

Infeksi atau penyakit ini penularannya bisa melalui cairan tubuh, seperti halnya cairan vagina, sperma, dan darah. Namun, sebenarnya penyebaran pun bisa tetap terjadi tanpa adanya hubungan seksual, seperti misalnya bayi yang tertular oleh ibunya, entah ketika masih di dalam kandungan atau setelah dilahirkan.

Penyebaran melalui jarum suntik juga dapat terjadi, apalagi jika jarum suntik tersebut sudah dipakai berulang kali atau bahkan malah dipakai bergantian. Sebuah jarum suntik sebaiknya digunakan oleh satu orang saja dan bukan beberapa orang dengan jarum yang sama karena penularan infeksi menjadi lebih mudah.

Di bawah ini adalah sejumlah penyebab PMS atau penyakit menular seksual yang bisa Anda perhatikan dan waspadai. (Baca juga: jenis penyakit menular penyebab dan pencegahannya) • Pemakaian Pil KB Pelaku seksual yang melakukannya di luar nikah selalu khawatir akan terjadinya kehamilan, maka akhirnya memilih untuk menggunakan pil KB supaya kehamilan dapat dicegah.

Pil KB pun dipercaya sebagai sebuah cara untuk memberikan perlindungan dari PMS (Penyakit Menular Seksual) yang padahal pendapat seperti itu tidaklah tepat. Melindungi risiko kehamilan betul, tapi ancaman PMS tidak dapat dicegah hanya dengan pil KB. • Pemakaian Obat Terlarang Kebanyakan manusia tak lagi stabil mentalnya ketika mengonsumsi obat-obatan terlarang sehingga mengambil keputusan pun bisa sangat salah. Salah satu keputusan tidak benar adalah dengan melakukan hubungan seks di luar nikah serta menggunakan jarum suntik yang biasanya secara bergiliran.

Keduanya adalah cara tepat untuk menaikkan risiko seseorang bisa terserang Hepatitis maupun HIV AIDS. • Konsumsi Minuman Keras Meminum minuman beralkohol dan menjadikannya sebuah kebiasaan apalagi jika konsumsi secara banyak dan terlalu sering. Pikiran pun akhirnya menjadi tidak jernih sehingga salah mengambil keputusan. Contoh keputusan di bawah pengaruh alkohol yang begitu sering kita jumpai adalah perilaku seks yang menyimpang. Saat kehilangan kesadaran, Anda pun tak tahu siapa yang menjadi pasangan melakukan hubungan seksual; tentu ini menjadi penyebab dari munculnya PMS.

(Baca juga: bahaya minuman keras bagi kesehatan) • Tidak Mendapat Bekal Pengetahuan tentang Seks Perempuan adalah makhluk yang paling mudah dan sering terserang infeksi penyakit menular seksual, khususnya yang masih pada usia remaja dan juga dewasa muda. Pada usia yang masih terlalu muda, wanita akan sangat gampang terserang gonorea maupun klamidia dan juga PMS lainnya dikarenakan belum berkembangnya serviks wanita secara sempurna.

• Hubungan Seks tanpa Kondom Sama halnya dengan pil KB, kondom adalah cara pencegahan supaya sang wanita tidak hamil ketika melakukan hubungan seks, terutama yang di luar nikah. Dengan menggunakan kondom, penularan PMS dapat dicegah saat melakukan hubungan seks dan risiko transmisi juga akan berkurang dengan cara ini.

Maka ketika tidak menggunakannya, sama saja Anda mengundang virus, bakteri atau parasit untuk menginfeksi Anda. • Bergonta-ganti Pasangan dalam Berhubungan Seks Seks di luar nikah serta seks bebas semakin meluas saja dan inilah yang memicu orang untuk semakin gencar untuk bereksperimen dalam melakukan hubungan seks.

Melakukannya dengan banyak pasangan adalah hal yang akan meningkatkan risiko penyebab PMS karena kita tidak pernah tahu penyakit seksual apa yang diderita oleh setiap orang yang menjadi pasangan Anda. Pasangan-pasangan Anda pun juga berkemungkinan besar adalah tipe yang sering bergonta-ganti pasangan saat melakukan hubungan seks. (Baca juga: perbedaan hiv dan aids) • Melakukan Seks untuk Gaya Hidup dan Kebutuhan Ekonomi Melakukan hubungan seks demi bisa bergaya hidup mewah atau paling tidak memenuhi kebutuhan ekonomi adalah sesuatu yang sebenarnya termasuk di dalam seks bebas.

Pada kasus seks bebas, ada dua macam yang bisa terjadi, melakukannya dengan orang yang sama atau berganti-ganti pasangan. Risiko penularan PMS jelas menjadi lebih tinggi karena melakukan hal tersebut.

• Virus, Bakteri dan Parasit Karena berganti-ganti pasangan ketika melakukan hubungan seksual, kemudian juga menggunakan jarum suntik yang sudah dipakai orang lain, maka ada beragam parasit, bakteri dan virus penyakit menular seksual yang bisa menular dan menyebar ke tubuh Anda. Jenis penyakit-penyakit seksual yang menular dapat disebabkan salah satu dari ketiga faktor tersebut. (Baca juga: cara mengetahui terkena hiv aids) Jenis-jenis PMS 1.

HIV Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah sebuah virus yang berbahaya dan berisiko menyerang sistem kekebalan tubuh yang akan terjadi melalui hubungan seks tak aman.

Bahkan virus ini juga mudah menyebar dan menular ke orang lain apabila berbagi jarum suntik atau alat suntik lainnya, seperti juga melalui transfusi darah. Infeksi ini dan juga penyakit yang diakibatkannya tak akan mampu dilawan karena melemahnya sistem kekebalan tubuh. Sayangnya, sampai sekarang belum ada pengobatan yang diketahui mampu membasmi HIV secara ampuh karena pada umumnya obat HIV yang sudah ditemukan hanyalah dapat membuat usia penderitanya lebih panjang dengan meredakan gejala yang ditimbulkan oleh virus HIV tersebut.

Gejala HIV AIDS sendiri kurang begitu jelas karena gejala awal dari HIV sendiri adalah gejala flu ringan yang seperti biasanya di mana penderita akan merasa sakit tenggorokan, mengalami demam dan juga muncul ruam. Tubuh penderita pun akhirnya malah semakin lemah dan mudah terserang beragam infeksi karena sistem kekebalan tubuh telah terserang oleh virus HIV.

Satu-satunya cara supaya mengetahui apakah seseorang telah terkena infeksi virus HIV, tes HIV-lah yang perlu untuk dilakukan, diikuti dengan konseling. Untuk melakukan tes HIV, Anda bisa datang ke klinik KTS atau Konseling dan Tes HIV Sukarela (Voluntary Counseling and Testing). (Baca juga: penyebab aids) 2. Herpes Genital Kondisi penyakit menular seksual ini adalah kondisi yang pemicunya diketahui adalah virus herpes simpleks atau bisa juga disebut dengan istilah HSV.

Setelah beberapa hari terkena infeksi HSV, maka gejala herpes genital akan timbul dan contoh gejala awalnya adalah seperti munculnya lepuhan luka yang warnanya merah dan terasa sakit di bagian genital. Biasanya ketika buang air kecil baru terasa sakit atau paling tidak area tersebut akan terasa gatal. Metode diagnosis dengan mengambil sampel cairan luka yang timbul bisa dilakukan, atau bisa juga penderita melakukan tes darah.

Virus ini sebenarnya memiliki sifat tidak aktif atau istilahnya dorman. Ia akan bersembunyi yang letaknya di dalam tubuh namun tidak akan memicu gejala apapun.

Hanya saja, sekalinya virus ini balik aktif, akan timbul luka lagi yang biasanya ukurannya lebih kecil dan tak akan terasa begitu sakit. Luka tersebut tak akan terlalu mengganggu karena pada dasarnya ada antibodi yang sudah dihasilkan oleh tubuh terhadap virus sehabis pertama kali kena infeksinya.

Tubuh dengan antibodi yang sudah ada bakal membasmi virus yang muncul kembali. Sayangnya, obat untuk menyembuhkan total herpes genital ini belumlah ada, tapi Anda tetap bisa mengendalikan gejala yang terjadi menggunakan obat-obat bersifat anti virus. 3. Kutil Kelamin Kutil genital adalah nama lain dari kondisi PMS satu ini dan dikenal sebagai sebuah kondisi penyakit menular seksual yang penyebabnya adalah virus human papillomavirus atau disingkat HPV. Namanya kutil kelamin, itu artinya pada area alat kelamin akan muncul adanya kutil, atau biasanya akan muncul juga di sekitar dubur.

Penderita tak akan merasa sakit di bagian tersebut, namun kutil akan cenderung memunculkan rasa gatal dan juga kulit yang kemerahan yang terkadang bisa disertai dengan gejala berdarah di bagian tersebut. Virus ini akan menyebar tak hanya lewat hubungan seksual tapi jika penderita mengalami kontak langsung dengan kulit orang lain, maka orang tersebut akan dapat tertular.

Kutil ini sendiri munculnya adalah kurang lebih sebulan sampai tiga bulan sesudah terkena infeksi HPV, namun meski ada sebagian orang yang kena infeksi tidak mengalami munculnya kutil. Kemunculan kutil tidak hanya pada sekitar daerah dubur atau genital saja, tapi bisa juga muncul di daerah tenggorokan maupun mulut seseorang yang melakukan seks oral. Pemeriksaan fisik adalah yang akan dilakukan para dokter demi mengetahui dan mendiagnosis ada tidaknya kutil kelamin yang dialami oleh pasien dengan berfokus pada area yang kena infeksi, juga melalui tes khusus yang memang didesain untuk mendiagnosis HPV.

Kabar buruknya, penanganan untuk benar-benar membasmi HPV belumlah ada dan cara mengatasinya hanyalah dengan menggunakan krim, menempuh terapi laser, atau prosedur pembekuan. Cara alternatifnya adalah dengan melakukan pengangkatan kutil alias dengan melakukan operasi, tapi bila kutil tersebut berubah menjadi besar dan perlu untuk diangkat. Kanker rektum, kanker penis, serta kanker serviks merupakan serangkaian risiko kondisi yang bisa dialami oleh orang-orang yang terinfeksi oleh virus HPV.

Walau tak semua jenis virus HPV itu berhubungan dengan risiko kanker, tetap saja penting bagi Anda yang telah mengalami gejala untuk segera memeriksakan diri, terutama memeriksa ada tidanya sel kanker setelah kena infeksi. (Baca juga: bahaya hiv aids) 4. Klamidia Jenis penyakit menular seksual satu ini merupakan kondisi seksual yang umum dan bakterilah yang menyebabkannya, nama dari bakteri tersebut adalah Klamidia trachomatis.

Gejala tidak dirasakan oleh beberapa orang sama sekali, sehingga orang yang kena infeksi pun tak akan sadar bahwa ia sudah terkena infeksi alias tertular. Gejala yang terjadi pada pria dan wanita cukup berbeda, dan berikut adalah gejala yang terjadi pada pria: • Muncul rasa sakit di area testikel yang kemudian membengkak. • Terasa panas atau gatal pada area lubang penis. • Saat buang air kecil akan terasa sakit. • Akan keluar kotoran yang warnanya putih atau jernih di ujung penis.

Sedangkan, untuk gejala pada wanita tentu berbeda dengan pria, seperti di bawah ini: • Terasa sensasi seperti terbakar disertai rasa gatal pada area vagina. • Ketika melakukan hubungan seksual terasa sakit. • Muncul rasa sakit ketika menstruasi. • Ketika buang air kecil merasakan sakit dan muncul rasa seperti terbakar. • Ada bau tak biasa menyertai keluarnya cairan vagina yang dianggap tak wajar. Daerah anggota tubuh yang mudah terserang antara lain adalah bagian mata, tenggorokan, dan juga rektum.

Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk dikonsumsi pasien sebagai cara mengatasi penyakit ini dan seperti yang sudah diresepkan dokter, obat harus habis walaupun kondisi telah membaik.

Untuk memastikan bahwa Anda benar-benar terserang bakteri klamidia ini, penting untuk melakukan pemeriksaan demi mendapatkan diagnosis yang cara menyembuhkan bisul dengan cepat tepat, seperti misalnya tes urin atau bisa juga dengan mengambil sampel cairan yang berasal dari alat kelamin. Salah satu tes ini perlu dilakukan lagi setelah menjalani pengobatan seperti resep dokter.

Ini bertujuan untuk benar-benar mengetahui apakah infeksi sudah sembuh total. (Baca juga: cara mencegah aids) 5. Kencing Nanah Kondisi ini juga diketahui sebagai Gonore tergolong dalam PMS dan bakterilah yang menciptakan kondisi ini, yaitu Neisseria gonorrhoeae di mana gejala tak dirasakan oleh penderita. Gejala apapun tidak ditunjukkan oleh sejumlah penderita penyakit ini, maka memang terhitung sulit untuk memperkirakan kondisi sebenarnya dari penyakit ini.

Pada wanita dan pria, gejala kencing nanah ini bisa berbeda, berikut adalah gejala pada wanita: • Cepat lelah. • Mengalami demam. • Kelamin dan area sekitarnya terasa gatal. • Terganggunya siklus menstruasi. • Ketika melakukan hubungan seks, pendarahan akan terjadi, atau bisa juga sesudah melakukannya. Saat mengalami menstruasi pun pendarahan berlebihan bisa terjadi. • Ketika melakukan hubungan seks maupun sesudahnya akan terasa sakit di bagian bawah perut. • Saat buang air kecil terasa sakit dan disertai dengan rasa seperti terbakar.

• Terlalu sering buang air kecil. • Encernya cairan vagina yang warnanya pun hijau atau kuning menandakan ketidaknormalan. (Baca juga: cara menghilangkan bisul secara alami) Sementara itu, pria memiliki gejala yang cukup berbeda, yaitu: • Area testikel yang terasa sakit. • Buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. • Ketika buang air kecil akan terasa sakit dan merasa adanya sensasi terbakar. • Ada kotoran yang keluar di ujung penis yang warnanya hijau, kuning dan putih menunjukkan adanya ketidakwajaran.

Bagian-bagian tubuh yang akan terkena oleh infeksi ini antara lain adalah mata, tenggorokan, serta rektum dan untuk memastikan memang seseorang terinfeksi, tentu diagnosis penting adanya.

Tes urin adalah salah satu metode diagnosis yang dianjurkan, atau lainnya adalah dengan mengambil sampel cairan yang berasal dari organ yang kena infeksi supaya mendapatkan hasilnya. Antibiotik adalah obat yang diberikan oleh dokter untuk mengatasi infeksi bakteri tersebut dan kencing nanah ini pun akan membaik secara berangsur. Minum obat antibiotik harus benar-benar mengikuti resep dokter dan dosis yang sudah diberikan berikut juga dengan jangka waktu yang sudah diberitahukan.

Hal ini bertujuan supaya infeksi dapat sembuh total karena jika tak diobati secara benar, kencing nanah cara menyembuhkan bisul dengan cepat menimbulkan kemandulan bagi pria dan wanita. (Baca juga: cara menyembuhkan bisul dengan cepat kekurangan boron) 6. Sifilis Salah satu jenis dari PMS ini disebabkan juga oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum dan penyakit ini cara menyembuhkan bisul dengan cepat juga dengan sebutan raja singa.

Munculnya luka di bagian alat kelamin adalah gejala awal dari raja singa ini, bahkan luka tersebut bisa juga muncul di bagian mulut. Meski tidaklah terasa sakit, infeksi sangat mudah ditularkan dari sana di mana luka ini akan ada di sana sekitar satu sampai dua setengah bulan lamanya. Infeksi apapun yang tak ditangani secara cepat dan baik akan dapat berkembang menjadi lebih parah, termasuk juga sifilis ini. Apabila diabaikan, ada gejala-gejala yang akan timbul, yaitu seperti di bawah ini: • Sakit kepala • Persendian yang terasa nyeri.

• Demam • Ruam yang sudah muncul akan berlanjut. • Rambut rontok yang akan menyebabkan pitak. • Impotensi, demensia, kebutaan, kelumpuhan, masalah pendengaran serta kematian bisa terjadi jika dibiarkan lebih lama lagi. Kepastian ada tidaknya infeksi ini pada tubuh seseorang bisa dilakukan dengan melakukan tes darah sebab dengan tes darah, gejala yang terkadang tak mudah dikenali sebagai penyakit sifilis pun dapat terdeteksi. Sifilis biasanya diobati dengan antibiotik di mana obat ini juga sebagai bentuk pencegahan untuk sifilis tidak menjadi lebih serius.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan dan diikuti antara lain adalah: • Dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual lebih dulu sebelum infeksi sifilis benar-benar dinyatakan sembuh dan hilang. • Periksakan kesehatan bersama dengan pasangan Anda untuk mengetahui kondisi kedua-duanya. • Periksakan juga orang yang kiranya pernah melakukan hubungan intim dengan Anda apabila Anda memang cara menyembuhkan bisul dengan cepat menderita sifilis.

(Baca juga: pemeriksaan tpha pada sifilis) 7. Trikomoniasis Jenis penyakit ini juga termasuk di dalam PMS, namun penyebabnya bukanlag dari virus maupun bakteri, melainkan parasit bersel satu yang disebut juga dengan Trichomonas vaginalis di mana penularannya sangat gampang dengan melalui hubungan seksual. Sayangnya, penderita pria kebanykan tidak sadar sama sekali akan infeksi satu ini sebab gejala sama sekali tidak tampak hingga akhirnya pasangan wanitanya terkena infeksi juga dan gejala pun baru dapat terlihat.

Karena gejala yang dialami oleh wanita dan pria berbeda, maka lihat dulu beberapa gejala yang dialami wanita: • Pada area vagina akan terasa gatal dan sakit. • Ditemukan kotoran vagina yang bentuknya encer disertai dengan buih; selain baunya kurang sedap, warnanya pun adalah kuning.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

• Saat buang air kecil terasa sakit. • Saat melakukan hubungan intim bersama pasangan terasa tidak nyaman. Sementara itu, gejala-gejala pada pria adalah sebagai berikut: • Pada kulup terjadi inflamasi. • Warna putih pada cairan penis yang keluar. • Sesaat sesudah ejakulasi atau buang air kecil akan merasakan sensasi terbakar.

• Penis mengalami iritasi di bagian dalamnya. Metode diagnosis untuk mengetahui ada tidaknya infeksi serta seberapa seriusnya kondisi pasien, pengambilan sampel cairan, tes urin serta pemeriksaan fisik dianjurkan untuk ditempuh oleh pasien. Dibandingkan dengan pria, kondisi yang dialami oleh wanita lebih gampang untuk dideteksi.

Sebagai obatnya, antibiotiklah yang akan diberikan oleh dokter. (Baca juga: penyebab keputihan) 8.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

Kutu di Rambut Kemaluan Hati-hati karena penyakit menular seksual juga bisa berupa kutu yang hidup di rambut kemaluan Anda di mana bentuknya adalah serangga parasit kecil. Kutu ini pun mampu bertahan hidup di bulu mata, alis, jenggot, rambut tubuh, maupun bulu ketiak manusia. Yang kutu ini mangsa adalah darah manusia dan biasanya kemampuan kutu ini hanyalah merangkak dari rambut ke rambut, jadi tidak akan bisa melompat dari penderita ke orang lain.

Gejala dari penyakit ini pun tak banyak, tapi cukup serius dan perlu mendapat perhatian khusus, seperti terasa gatal di bagian yang kena infeksi, lalu terjadi iritasi atau peradangan yang diakibatkan oleh garukan penderita.

Cara mengasi adanya kutu ini bisa sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan sampo khusus maupun krim khusus sehingga Anda bisa mengurungkan niat untuk mencukur rambut kemaluan.

Cek langsung ke bagian rambut kemaluan atau rambut lainnya di mana Anda yakin rasa gatal berasal dari sana. (Baca juga: cara menghilangkan kutu rambut) 9.

Scabies atau Kudis Kita mungkin sudah sangat seirng mendengar nama penyakit kulit satu ini karena biasanya berada dalam satu paket yaitu panu, kurap dan kudis. Kudis sendiri merupakan infeksi kulit di mana tungau Sarcoptes scabiei-lah yang menjadi penyebab kudis. Mata kita biasa tak akan mampu melihatnya dan parasit ini akan menyebar dengan cepat jika ada kontak langsung yang terjadi antara pihak penderita dengan orang lain, seperti melalui handuk, peralatan tidur, maupun pakaian.

Akan ada ruam yang muncul di kulit yang meski hal ini sangat jarang terjadi. Yang pasti dan paling utama, ada rasa gatal yang sangat mengganggu dan terjadi biasanya di malam hari.

Rasa gatal tersebut akan dapat dirasakan di bagian tubuh tertentu, seperti area kelamin, pergelangan kaki, dan juga pergelangan tangan. Untuk mengatasinya, memakai sampo dan krim khusus sudah terbilang cukup, tapi jangan kaget jika rasa gatal terkadang masih bisa dirasakan sesudah pengobatan dan ini berlangsung hanya dalam beberapa hari saja.

(Baca juga: penyakit kelamin – cara mengobati hiv aids – ciri-ciri hiv aids) Cara Mengatasi PMS Untuk tidak mudah tertular penyakit serius, apalagi penyakit menular seksual, beberapa langkah untuk mengatasi bisa dilihat di bawah ini: • Menghindari tindakan hubungan seksual sebelum menikah. Kebanyakan remaja yang pacaran akan melakukan hubungan seksual di zaman sekarang diakibatkan pergaulan yang salah dan tidak terkendali.

Pacaran adalah sebuah langkah untuk menuju ke jenjang yang lebih serius dan hubungan intim bisa dilakukan setelah sah menjadi suami istri.

• Tidak berkunjung ke tempat prostitusi. Ini adalah cara mengatasi agar Anda tidak tergoda untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan yang berganti-ganti dan yang bukan merupakan istri/suami Anda. Tempat ajang perzinahan ini jelas juga sangat penuh dengan penyakit seksual.

• Tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti pasangan setiap kali. Menikah dan memiliki satu pasangan saja yang bisa diajak berhubungan seksual tentu adalah yang terbaik daripada melakukan penyimpangan yang bisa berujung pada penyakit menular seksual serius. HIV, herpes genitalis, sifilis dan kencing nanah adalah contoh dari PMS yang dapat menular bila bergonta-ganti pasangan seks. • Menghindari seks oral dan anal. Seksanal merupakan kegiatan seksual yang penetrasi penis dilakukan ke dalam lubang anus sehingga akan menyebabkan masuknya banyak bakteri dan virus pada luka atau robekan di daerah anus.

Sedangkan pada seks oral, kegiatan seksual ini memfokuskan penis yang dimasukkan ke dalam mulut pasangannya sehingga akan membuat iritasi pada kulit bibir serta kanker mulut.

• Tidak berhubungan seksual dengan yang menderita PMS. Ini sudah sangat jelas karena bila Anda mengabaikan hal ini, maka akan dengan mudah Anda akan tertular parasit, bakteri atau virus yang akan ditularkan dari cairan reproduktif pasangan Anda.

• Memanfaatkan kondom saat berhubungan seksual. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kondom mampu mencegah penularan infeksi dari PMS, meski tidaklah sepenuhnya. Ini dikarenakan sel sperma ukurannya termasuk setara dengan ukuran pori-pori pada kondom, jadi sebenarnya kemungkinan tertularnya infeksi PMS dan terjadinya kehamilan memang masih ada meski kecil. Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
"HIV/AIDS" kenapa penulisannya demikian, karena memang ini merupakan dua kondisi medis yang saling berkaitan.

HIV/AIDS adalah penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia, di mana sistem kekebalan tubuh yang menjadi benteng perelindungan tubuh terhadap penyakit, menjadi rusak karenanya. Acquired Immune Deficiency Syndrome disingkat AIDS adalah kondisi tahap akhir dari infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Jika seseorang memiliki HIV positif dan tidak diobati, maka kondisi akan memburuk dan akan menjadi penyakit AIDS di mana sistem kekebalan tubuh begitu terganggu sehingga berhenti bekerja (defisiensi).

Sistem kekebalan tubuh tidak mampu lagi melindungi seseorang dari penyakit atau infeksi. Penyakit HIV/AIDS ini menjadi momok yang mengerikan karena virus penyebabnya dapat ditularkan dari orang dengan HIV positif melalui pertukaran cairan tubuh, yakni melalui hubungan seksual, transfusi darah, penggunaan jarum suntik terkontaminasi atau menular dari ibu ke anak selama kehamilan.

Meskipun belum ada obat yang bisa menyembuhkan HIV/AIDS, obat ART telah terbukti sangat efektif menghambat perkembangan penyakit ini.

Penyebab HIV AIDS dan Cara Penularan Mencegah lebih baik daripada mengobati, itulah kata-kata yang pas dalam kondisi ini. Virus HIV mudah menyebar melalui hal-hal di bawah ini: • Berhubungan seksual dengan penderita HIV positif tanpa pelindung (kondom) • Berisiko tinggi pada orang yang memiliki partner seksual yang banyak (berganti-ganti pasangan) • Transfusi darah yang terkontaminasi • Penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi atau bersama-sama • Penggunaan pernak-pernik yang tidak aman, misalnya tindik dengan alat yang tidak steril, atau menggambar tato dengan alat terkontaminasi.

• Ibu ke anak saat dalam kandungan, kelahiran, menyusui Virus HIV tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia dan mati dengan cepat ketika cairan tubuh telah mengering.

Inilah sebabnya mengapa HIV tidak dapat disebarkan oleh serangga, tidak dapat menyebar seperti virus flu (memegang permukaan fasilitas umum, batuk, bersin, dll) Gejala HIV/AIDS Gejala HIV dapat bervariasi dari orang ke orang. Pada tahap awal, beberapa orang mengalami gejala penyakit yang mirip dengan flu seperti demam, sakit kepala atau sakit tenggorokan selama beberapa minggu lalu gejala menghilang.

Seseorang yang terinfeksi HIV bisa bertahan selama bertahun-tahun bahkan tanpa mengembangkan gejala apapun. Apabila hal ini dibiarkan selama bertahun-tahun, maka kondisi bisa memburuk hingga akhir sistem kekebalan tubuh menjadi lumpuh dan bisa berlahir ke tahap penyakit berikutnya yaitu AIDS.

Pada penyakit AIDS seseorang akan sangat rentan terkena penyakit infeksi, yang kita kenal dengan istilah infeksi oportunistik (terjadi ketika daya tahan tubuh lemah, padahal jika daya tahan tubuh normal infeksi ini tidak berbahaya).

Infeksi oportunistik pada orang dengan AIDS dapat mempengaruhi hampir semua organ tubuh dan inilah cara menyembuhkan bisul dengan cepat membuat penyakit AIDS menjadi membahayakan. Beberapa gejala dan ciri-ciri HIV yang telah berubah menjadi AIDS meliputi: • Demam terus menerus. • Cara menyembuhkan bisul dengan cepat ekstrim yang tidak berhubungan dengan stres atau kurang tidur. • Diare persisten (terus menerus). • Berat badan menjadi turun ( gizi buruk). • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher, pangkal paha, dan lain-lain.

• Sakit atau sulit menelan. • Cara menyembuhkan bisul dengan cepat mengalami sariawan, atau sariawan tak kunjung sembuh. • Sakit kepala, kebingungan dan pelupa • Peningkatan risiko terkena berbagai jenis kanker seperti sarkoma kaposi, limfoma, kanker serviks, dan lain-lain.

Namun walaupun HIV/AIDS sangat berbahaya dan sangat menular, kita tidak boleh mengucilkan penderita HIV/AIDS dan masih bisa beraktivitas sebagaimana orang normal, karena HIV/AIDS tidak akan tertular melalui : • Orang bersalaman • Berciuman • Orang berpelukan • Makan bersama / piring dan gelas • Tinggal serumah • Gigitan Nyamuk Stadium HIV/AIDS Stadium satu: Infeksi akut atau seroconvertion Terdapat dua hingga enam minggu masa jeda (window periode) setelah terpapar dengan human immunodeficincy virus yang mana orang tersebut menjadi terinfeksi.

Selama stadium ini, tubuh berusaha untuk melawan virus, hingga menyebabkan gejala awal yang seringkali mirip dengan gejala flu. Stadium ini biasanya berlangsung satu hingga dua minggu dan diikuti oleh stadium tanpa gejala. Stadium dua: Stadium Asimptomatis/Tanpa Gejala Jika gejala awal terlalui, hal ini berarti sudah melewati stadium kedua. Infeksi saat ini mengambil kendali tubuh saat sistem kekebalan tubuh kalah dalam perlawanan sepenuhnya.

Hal ini biasanya terjadi dalam periode yang lama, kadang berlangsung selama sepuluh tahun atau lebih lama, dan selama itu pasien tidak merasakan gejala sama sekali. Namun di dalam tubuh, virus secara bertahap menyerang sel-T CD4, yang seharusnya secara normal berada di antara cara menyembuhkan bisul dengan cepat hingga 1400 sel per mikroliter.

Ini adalah stadium dimana banyak individu yang terinfeksi tanpa diketahui menularkan virus tersebut ke orang lain. Stadium Tiga: AIDS Stadium ketiga secara luas dikenal sebagai AIDS, yang merupakan stadium akhir infeksi ini. Faktor yang menentukan stadium ini adalah saat jumlah sel CD4 turun hingga dibawah 400 per mikroliter.

Bila ada tanda-tanda seperti gejala HIV/AIDS segera hubungi tenaga ahli dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tidak semua dokter memiliki keahlian atau terlatih dalam menangani HIV atau AIDS, tetapi dokter umum dapat mendiagnosa penyakit dan menyingkirkan kemungkinan penyakit lainnya.

Diagnosis Semua jenis pemeriksaan atau tes HIV untuk menegakkan diagnosis didasarkan pada dasar-dasar imunologi. Berikut ini beberapa informasi singkat tentang tes lanjutan untuk diagnosis HIV/AIDS: • Tes untuk mendeteksi antigen HIV • Tes untuk mendeteksi antibodi terhadap HIV • Uji ELISA • Uji diferensiasi antibodi • Uji Western blot • Tes antigen p24 • PCR untuk tes HIV RNA plasma Langkah Pengobatan Ada dua tujuan utama dari pengobatan HIV, yaitu mencegah virus merusak sistem kekebalan tubuh dan menunda atau menghentikan perkembangan infeksi.

Hal ini dapat dicapai melalui: • Obat Antiretroviral (ARV) yang digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi HIV bekerja dengan cara menghentikan atau mengganggu reproduksi virus dalam tubuh. ARV tidak menyembuhkan infeksi HIV melainkan untuk mencegah replikasi virus lebih lanjut sehingga dengan demikian dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. • Obat ini harus diminum secara teratur pada waktu yang tepat setiap hari. Jika tidak, akan membuat virus bermutasi dan menyebabkan resistensi terhadap pengobatan.

• Di samping pengobatan dengan antiretroviral, orang dengan HIV sangat membutuhkan konseling dan dukungan psikososial. Kualitas hidup juga yang tinggi juga perlu dipertahankan dengan kebersihan dasar, nutrisi yang cukup dan air bersih. Komplikasi Orang dengan AIDS sangat rentan terhadap infeksi.

Beberapa jenis infeksi dan penyakit berikut ini sering menyerang orang dengan HIV/AIDS: • Tuberkulosis (TBC) • Herpes Simplex • Sarkoma Kaposi • Limfoma • Pneumonia Pneumocystis (PCP) • Sariawan • Infeksi cytomegalovirus (CMV) • Toksoplasmosis Cara Mencegah HIV/AIDS Dengan membatasi paparan faktor risiko, kita dapat mengurangi risiko terkana infeksi HIV.

Langkah-langkah pencegahan yang dapat kita lakukan meliputi: • Penggunaan kondom dengan benar dan konsisten saat berhubungan seksual yang penuh dengan resiko.

• Setia dengan pasangan, hindari berganti-ganti partner. • Bagi tenaga medis, gunakan alat pelindung diri saat menolong pasien contohnya menggunakan sarung tangan. • Minum obat ARV segera setelah 'berhubungan' ketika diketahui bahwa cara menyembuhkan bisul dengan cepat positif HIV, atau seorang tenaga medis yang terluka oleh alat-alat medis yang dicurigai terkontaminasi. Obat antiretroviral digunakan dalam waktu 72 jam setelah paparan HIV untuk mencegah infeksi.

• Penularan Ibu ke Bayi selama kehamilan, persalinan atau menyusui dapat sepenuhnya dicegah jika ibu dan anak diberikan obat antiretroviral • Sunat atau khitan pada laki-laki dapat mengurangi risiko infeksi HIV pada pria sekitar 60%.

• Penggunaan alat-alat steril yang menimbulkan perlukaan pada tubuh, misalnya jarum suntik, pisau bedah, dan sebagainya. 10. Fakta-fakta tentang HIV/AIDS • HIV/AIDS adalah masalah kesehatan yang meresahkan seluruh dunia. Ada 32juta orang terjangkit HIV/AIDS per 2016 di seluruh dunia • HIV tidak sama dengan AIDS • HIV/AIDS belum bisa disembuhkan dan tidak ada vaksin yang dapat mencegah penularan HIV. • Semua suku,ras,sex,etnis,orientasi sexual memiliki kemungkinan yang sama besar dalam terjangkit HIV/AIDS • Penularan HIV/AIDS paling banyak tertular melalui jarum suntik, termasuk tato dan pemasangan anting.

Dan yang ke2 adalah melalui hubungan seksual. • HIV merupakan penyumbang terbesar dalam infeksi TBC di seluruh dunia. • HIV/AIDS tidak akan tertular dengan cara memakai peralatan makan yang sama, gigitan nyamuk atau berenang di kolam renang yang sama dengan penderita HIV/AIDS.

• Walaupun tidak bisa disembuhkan, namun HIV/AIDS bisa ditangani dengan konsumsi obat ARV yang dikonsumsi seumur hidup. • Saat ini kemungkinan penularan HIV/AIDS dari ibu ke bayi bisa diminimalisasi hingga 1% • Saat seseorang tertusuk jarum suntik yang mengandung virus HIV, infeksi HIV bisa dicegah dengan pemberian ARV profilaksis sama seperti terapi ARV pada pasien HIV selama 6 bulan dan diskrining tiap 1 bulan sekali, walaupun tidak menjamin 100% bebas dari infeksi.

Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins.

(gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya. Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti.

Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app
Apotek Online untuk Beli Obat yang Praktis Kata orang untuk menjaga kesehatan itu sangat mahal sekali, kenapa? Jika sudah sakit maka tidak ada lagi artinya hidup karena anda sudah tidak bisa lagi beraktivitas seperti biasa sehingga juga akan memberikan dampak pada semua aspek kehidupan anda.

Apalagi hidup di Indonesia yang masih banyak lingkungan tidak sehat sehingga bisa memberikan penyakit apa saja pada kita. Maka dari itu penting untuk terus menjaga kesehatan. Salah satunya caranya adalah dengan beli obat di apotek online dengan mudah dan praktis agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Kini sudah banyak apotik terdekat dari lokasi Anda yang bisa diandalkan ketika ingin membeli obat secara online. Jadi tidak perlu lama menunggu untuk pengiriman. Keuntungan dalam membeli sebuah obat dari apotik online adalah Anda akan terkoneksi dengan banyak apotik terdekat dari posisi Anda. Misalkan Anda sedang berada di kantor, dengan memesan obat secara online, tentu obat akan langsung dikirim dari apotik paling dekat dengan kantor Anda.

Begitu juga jika Anda sedang berada di luar kota, maka kami juga akan mengirimkan obat yang Anda pesan langsung dari apotik terdekat dari posisi Anda pada kota itu. Maka dari itu, kini untuk mendapatkan obat apa saja akan semakin mudah dengan cara online ini, sebab obat tidak akan dikirim dari satu tempat saja, tapi terkoneksi dengan banyak apotik yang ada di seluruh Indonesia.

Cara untuk jaga kesehatan tentu tidak hanya dengan beli obat secara online, bisa dengan menjalani gaya hidup sehat atau kecepatan dalam mengobati penyakit tertentu agar tidak terus menjadi buruk. Namun memang penyakit datang tidak bisa dikira-kira, banyak yang sudah menjalani hidup sehat tapi penyakit tetap saja ada. Maka dari itu perlu persiapan yang matang untuk dapat menyembuhkan penyakit secara cepat. Bicara masalah kecepatan dan kepraktisan, apotik terdekat serta online selalu siap mendukung hidup sehat Anda.

Seiring perkembangan teknologi dan inovasi, kini apapun menjadi sangat mudah dan praktis. Termasuk dalam beli obat di apotek online. Anda bisa memesan obat apa saja berdasarkan resep dokter hanya dari telepon genggam atau chat aplikasi. Apotik online merupakan inovasi terbesar karena adanya gratis biaya kirim ke seluruh Indonesia, maka dari itu pesan obat kini semakin mudah mau dikirim kemana saja dan tentunya murah.

Anda bisa menemukan berbagai macam obat yang bisa dibeli secara online, seperti obat batuk dan flu, alat kontrasepsi dan hormon, obat jantung, obat alergi, vitamin dan suplemen, obat demam, obat kolesterol, obat asma, obat diabetes, obat herbal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pastikan kesehatan Anda tetap terjaga dengan beli obat secara mudah dan cara menyembuhkan bisul dengan cepat melalui apotik online yang ada di HDmall.

Keuntungan Apotik Online untuk Kesehatan Anda Penyakit bisa datang kapan saja, tidak kenal tempat dan waktu. Belum lagi kalau cara menyembuhkan bisul dengan cepat sedang di luar kota, terkadang kita tidak tahu dimana toko apotek terdekat berada.

Tidak hanya itu, dengan inovasi teknologi, anda juga bisa melakukan konsultasi dokter secara online sehingga diagnosa penyakit dapat diketahui dengan cepat tanpa mesti ke rumah sakit. Apalagi jika apotik yang terdekat dari lokasi Anda bisa pesan obat secara online, tentu saja hal ini menjadi keuntungan tersendiri. Dengan konsultasi dokter ini, lalu anda akan mendapatkan resep obat yang kemudian akan langsung diantarkan ke rumah anda. Nah, untuk tahu langsung keuntungan menggunakan apotek online dari toko kesehatan masa kini, yuk kita cek di bawah: • Memudahkan pasien untuk membeli obat, baik itu aplikasi maupun website sehingga penyakit bisa langsung diatasi tanpa perlu makan waktu lama • Kerahasiaan penyakit antara pasien dan dokter lebih terjaga sebab semua konsultasi dilakukan secara online yang kerahasiaannya terjaga dengan baik • Bagi pasien bisa menghemat pengeluaran dan waktu sebab tidak perlu mengunjungi dokter atau beli obat secara langsung ke toko kesehatan • Pasien bisa lebih puas untuk melakukan konsultasi pada dokter tanpa dikejar waktu, begitu juga dokter bisa bebas berkomunikasi tentang penyakit pasien • Keluarga pasien yang sedang dilanda penyakit tidak perlu khawatir, sebab pasien bisa segera tahu langkah apa yang akan diambil untuk mengobati penyakitnya • Obat yang dibeli secara online akan lebih terjamin sebab sudah diverifikasi dengan baik • Anda sebagai pasien juga bisa melihat riwayat penyakit dan obat apa saja yang telah dipesan pada hari lalu sehingga terdokumentasikan dengan baik • Ada juga pengingat minum obat melalui aplikasi setelah anda memesan obat yang telah diresepkan oleh dokter Pengiriman Obat Terjamin dari Hdmall Demi memuaskan Anda dalam belanja online bersama HDmall, kami memberikan banyak pelayanan terbaik, salah satunya adalah pengiriman obat.

HDmall memberikan gratis ongkir seluruh Indonesia dengan maksimal biaya kirim 30.000 rupiah. Lalu apa saja kurir pengiriman yang ada di HDmall?

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

HDmall bisa mengirimkan pesanan obat ke kota apa saja? Serta berapa lama pengiriman akan tiba di alamat rumah Anda? Tentu pertanyaan ini menjadi sangat penting agar Anda bisa tahu betapa bagusnya layanan dari HDmall. Untuk menjawab pertanyaan Anda, berikut penjelasannya di bawah: Kirim Obat Ke Area Jakarta dan Sekitarnya • Go Send (3 jam) • Westbike messenger (6-8 jam) • JET express (12 jam) • Pos Indonesia (24 jam) • JNE (24 jam) • J&T (3 hari) • Wahana (3 hari) Kirim Obat Ke Area Yogyakarta Kota • Go Send (3 jam) • JET express (12 jam) • Pos Indonesia (24 jam) • JNE (24 jam) • J&T (3 hari) • Wahana (3 hari) Kirim Obat Ke Area Kab.

Sleman • Go Send (3 jam) • JET express (12 jam) • Pos Indonesia (24 jam) • JNE (24 jam) • J&T (3 hari) • Wahana (3 hari) Kirim Obat Ke Area Kab. Bantul • Go Send (3 jam) • JET express (12 jam) • Pos Indonesia (24 jam) • JNE (24 jam) • J&T (3 hari) • Wahana (3 hari) Kirim Obat Ke Area Kota Cara menyembuhkan bisul dengan cepat • Go Send (3 jam) • JET express (12 jam) • Pos Indonesia (24 jam) • JNE (24 jam) • J&T (3 hari) • Wahana (3 hari) Kirim Obat Ke Area Kota Depok • Go Send (3 jam) • JET express (12 jam) • Pos Indonesia (24 jam) • JNE (24 jam) • J&T (3 hari) • Wahana (3 hari) Kirim Obat Ke Area Kota Tangerang • Go Send (3 jam) • JET express (12 jam) • Pos Indonesia (24 jam) • JNE (24 jam) • J&T (3 hari) • Wahana (3 hari) Kirim Obat Ke Area Pulau Jawa • Go Send (*3 jam) • Pos Indonesia (7 hari) • J&T (7 hari) Kirim Obat Ke Area Pulau Sumatera • Go Send (*3 jam) • Pos Indonesia (7-14 hari) • J&T (7-14 hari) Kirim Obat Ke Area Pulau Kalimantan • Go Send (*3 jam) • Pos Indonesia (7-14 hari) • J&T (7-14 hari) Kirim Obat Ke Area Pulau Bali • Go Send (*3 jam) • Pos Indonesia (7-14 hari) • J&T (7-14 hari) Kirim Obat Ke Area Lombok, NTB, NTT • Pos Indonesia (14-21 hari) • J&T (14-21 hari) Kirim Obat Ke Area Pulau Cara menyembuhkan bisul dengan cepat • Go Send (*3 jam) • Pos Indonesia (14-21 hari) • J&T (14-21 hari) Kirim Obat Ke Area Maluku & Papua • Pos Indonesia (1-2 bulan) • J&T (1-2 bulan) Toko Kesehatan Online di Genggaman Anda Toko kesehatan kini telah banyak menyediakan beli obat secara online, salah satunya adalah HDmall.

Kami tidak hanya memberikan kemudahan pada anda untuk membeli obat atau konsultasi online, tapi kami juga menyediakan berbagai macam informasi penting mengenai kesehatan sehingga anda bisa mencegah berbagai macam penyakit yang mungkin bisa saja terjadi pada masa mendatang. HDmall sebagai apotik online dan terdekat dari lokasi Anda hadir sebagai solusi kesehatan yang bisa diandalkan kapan saja.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat berbagai macam review rumah sakit terbaik untuk dijadikan perbandingan. Honestdocs hadir di Indonesia untuk tujuan yang mulia, yakni membuat Indonesia sejahtera dengan semakin sadar akan gaya hidup yang sehat.

cara menyembuhkan bisul dengan cepat

Dengan begitu, gaya hidup sehat ini akan menular ke tempat-tempat lain. Beberapa obat dari apotek online yang dapat kami kirimkan kepada Anda: • Requip PD 24Hour 8 mg Tab 28S • Polacel Tab 100S • Postinor • Fargoxin 0,25 mg Tab • Fosrenol Tab 90S • Afolat Tab 100S • Vitamin B6 KF 10 mg Tab 1000S • Pyrazinamide Dexa 500 mg Tab 100S • Ricovir 300 mg Tab 30S • Thiamycin 500 mg Cap • Lincophar 500 mg • Mefinal 500 mg Tab • Tetrasanbe 500 mg • Rytmonorm 150 mg Tab • Fresubin Vanilla 200 ml • Dan lainnya Apa Kata Konsumen Tentang Kami?

(Termasuk dari Profil Akun Google Bisnis Kami) • Sangat membantu 👍👍👍👍 • Makasih honestdocs saya sangat terbantu sekali krna obat sy sdh cari2 kmna sangat sulit tapi alhamdulillah dengan adanya honestdocs sy bisa dptkan obtx.sngat amanah dan terpercaya barangx juga cepet smpai kurirx ramah🙏🏻🙏🏻 • Terima kasih honestdocs semoga sukses selalu karena saya terbantu dengan ada nya toko obat online • Pelayanan cepat, ramah, dan sangat membantu utk pencarian obat. Bahkan bisa request tempat utk pembelian obat nya agar tdk terlalu jauh dari lokasi.

• Terbantu banget dengan adanya HonestDocs saat saya lagi nyari obat yg susah dicari. Obatnya jg cepet sampenya. 😄🙏Makasi banyak ya. Padahal saya cerewet banget, karena masih baru pake layanan ini. Eh, ternyata adminnya tetep sabar dan ramah.

Proses pendataannya juga cepet. Sukses selalu buat HonestDocs • Sangat baik dan ramah,dan pengiriman cepat,produknya baik.pengemasan baik😊😊😊 • Layanan fast response • Sangat membantu, sangat bermanfaat.

pelayanan cepat, responsif, informatif, solutif dan ramah. Terima kasih, sukses dan sehat selalu. N.b : saya pesan obat utk keluarga yg di luar kota, ternyata sangat bisa dan cepat. Salut! • Respon cepat, pengiriman cepat sangat bagus dan sangat membantu sekali. • Proses cepat • Respon cepet, ga ribet ga perlu ke apotek ngantri. makasih honestdocs🥰🥰🥰 • Adminnya fast response, pengiriman jga cepat • Jaga jarak jaga kesehatan pesan saja obat obatan yang ada butuhkan dari sini.

Tak perlu keluar rumah deh. Terimakasih my honey HonestDocs 🙏 • Responsif, memberikan berbagai alternatif dan biaya sebanding dengan pelayanannya • Recommended Seller.!!! • Pertama kali beli obat disini.

Simple, tanya-tanya stok trs dibantu pemesanan by WhatsApp kemudian dikonfirmasi pembayarannya. Satu hari kemudian sudah diterima. Kalian sangat membantu saya. Terimakasih. • Pengalaman pertama membeli via HonestDocs, sangat responsif, harga bersaing dengan yang lain & kebetulan pengiriman jg cepat. Thank you • Senengnya lagi gk bs kemana manaada honestdocs yg membantu mencarikan obat yg saya butuhkan. Terima kasih ya • Mantulll sekali pesen lsg kirim 👍🏻⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️ • Sesuai pesanan dan cepat.

👍😊 • Membantu sekali.dan obat yg tidak ada pun dicarikan • Layanan di prima • Terima kasih HonestDocs, sangat dibantu sekali • Pengiriman cepat • Sangat membantu dan pelayanan sangatlah baik fast respon.sukses selalu • So helpfull n quite fast respond • Respon cepat n ramah, pengiriman cepat, produk lmyn komplit Makasiiiihhh 👃 • Obat yang datang sesuai yang diharapkan.

Keep up the good work! • Sangat membantu saat kita kesulitan mencari obat, pengiriman juga cepat.terima kasih HonestDoc • Pelayanan ramah dan cepat, trima kasi semoga berkah selalu😊 • Super helpful and easy to use • Verry good servise. • Sesuai • Pelayannan cepet bgt.the best pokoknya.makasih ya honestdocs • Response admin baik, pengiriman baik, packing rapi • Terima kasih.pelayanannya cepat. • I didn't expect to find this practical application, the ordering process until the payment is very easy.

And the shipping is very fast too! thanks. • Recommended seller.👍👍👍 • Pengiriman tepat waktu. • Bagus, terpercaya • Respon sangat cepat. Trims • Bismilah semoga asiku berlimpah amin • Fast respon, saya sudah ngerasainnya, bageur pisan da admin nya juga • Nice support 👍 • Mudah sekali applikasinya dan tdk bertele2. Respon cepat pula.

Buat saya di luar negeri, adanya servis seperti ini di Indonesia, sungguh memuaskan. • Super mantaap👍👍 Respon seller & pengiriman super cepat👍👍 Terima kasih ya kak😊👍 • Sangat bagus hitungan beberapa menit lgsg proses langsung dikirim • Cukup membantu cara menyembuhkan bisul dengan cepat sy yg kebetulan lagi diluar kota perlu obat dadakan.tapi respon nya kurang cepat z (lama balas chat)semoga kedepannya lebih baik pelayanan nya.makasih 🙏 • Pengiriman cepat,kurirnya juga ramah.terimakasih untuk pelayanan nya baik sekali.

• Untuk pelayanan bagus cepat.dan ramah orang nya.seneng belanja disini lagi saat saat butuh cara menyembuhkan bisul dengan cepat obatnya langsung bisa diantar.terima kasih ya sukses selalu • Pesanan dtg tepat waktu. pelayanan oke. • Sangat membantu skali untuk yg sangat sibuk gak sempat ke dokter dan antri 😍😍😍😍 • Terima kasih.pengirimannya cepat. • Alhamdulillah nyampenya cepet😍 • Respon cepat • Heihei helpful,informatif daaaaaan ramah bangetttt • Pelayanan bagus, pengantaran juga cepat 👍 • Proses pengiriman nya cepat • Alhamdulillah gak lama,kemarin langsung di kirim,terimakasih • Pesan pagi, siang sampai 👍 • Fast response and excellent service!

Most importantly, legit and high quality products • Fast respons, thanks. • Top bgt. • Terima kasih,honest docs obat yang dibutuhkan cepat terkirim dan bisa bayar ditempat😊 • Respon cepat dan pengirimannya juga cepat. • Pelayanan baik. Obat yg dicaripun ada, bisa free konsultasi hehehe • Tepat dan cepat • Pengiriman sesuai target trims, tidak mengecewakan,pokonya mantul bangeeeeeeeeeeeet😊 • Terima kasih obat sdh diterima • Pengiriman cepat.

Obat sesuai pesanan. Trima kasih HonestDocs • Cepat tanggap dan sangat membantu! Fast respond! • Pelayanan cepat, akomodatif dan pengiriman barang cepat plus gratis ongkir. terima kasih • Sudah 2x beli si Honestdocs di bantu konsultasi juga. Jika obat yang dicari tidak ada, di rekomendasikan obat lain dengan fungsi yang sama.

Terima Kasih

5 cara mengobati bisul dengan cepat /obat bisul alami #sehat




2022 www.videocon.com