Mapel jurusan ipa

mapel jurusan ipa

Bulan Mei ini merupakan masa pendaftaran peserta didik baru yang ingin masuk SMA (Sekolah Menengah Atas). Baik pendafataran melalui jalur prestasi, zonasi maupun tes. Jalur pendafataran tersebut dilaksanakan berurutan dari pendaftaran jalur prestasi yang dilihat dari nilai dan peringkat ketika di SMP, dilanjutkan pendaftaran dan penerimaan berdasarkan zonasi dengan radius 12 Km.

Peserta didik yang yang tidak masuk dalam jalur prestasi maupun zonasi dapat ikut melalui jalur tes yang dilaksanakan serentak di seluruh SMA Mapel jurusan ipa. Pelaksanaan tes yang serentak diseluruh sekolah negeri menuntut peserta didik dan orang tua berfikir matang dengan penuh pertimbangan untuk memilih sekolah tertentu.

Hal yang juga perlu untuk difikirkan dan dipertimbangakan adalah jurusan yang akan dipilih si anak ketika diterima di salah satu sekolah. Sekolah menengah atas saat ini pada umumnya menggunakan kurikulum 2013, yang mana penjurusan dilakukan semenjak peserta didik duduk di kelas X (sepuluh) atau kelas 1 SMA. Penentuan jurusan biasanya dilihat dari minat/keinginan anak, rekomendasi dari SMP dan hasil psikotes.

Hal yang menjadi perhatian adalah umumnya peserta didik tidak memiliki dasar yang kuat dalam memilih jurusan IPA atau IPS. Tidak jarang diantara mereka bingung memilih jurusan dan ada pula yang mengikuti keinginan orang tua, atau sekedar ikut-ikutan teman. Pemilihan yang tidak tepat dapat menjadi masalah dikemudian hari bagi si peserta didik, karena akan sulit baginya untuk mengikuti selama 3 tahun hingga di kelas XII (dua belas). Pemahaman tentang jurusan IPA atau IPS sebaiknya dimiliki oleh peserta didik dan orang-orang di mapel jurusan ipa sekitarnya termasuk guru dan orang tua.

Jurusan IPA atau dalam kurikulum 2013 disebut MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan jurusan dengan mata pelajaran peminatan terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Jurusan IPS (Ilmu Penegtahuan Sosial) merupakan jurusan dengan mata pelajaran peminatan Geografi, Ekonomi, Sejarah, dan Sosiologi. Peserta didik dalam memilih jurusan harusnya diarahkan untuk mengenali dirinya sendiri, apa yang ia sukai, dan bidang pekerjaan apa yang ia inginkan.

Jika ditanyakan kepada peserta didik “apa alasan memilih IPA?” sebagian mereka menjawab “disuruh orang tua”, sebagian lain menjawab “tidak menyukai pelajaran IPS karena banyak menghafal”, hanya segelintir anak yang tegas menjawab memilih IPA karena ingin masuk kuliah fakultas tertentu dan bekerja sebagai profesi tertentu. Demikian pula jika bertanya pada peserta didik IPS, hanya sedikit siswa yang mamu menjawab dengan tegas bahwa ia memilih IPS karena ingin kuliah pada fakultas tertentu dan menjadi profesi tertentu.

Pemikiran-pemikiran peserta didik inilah yang butuh diarahkan bahwa memilih IPA/MIPA atau IPS harusnya bukan disuruh orang mapel jurusan ipa karena yang akan menjalaninya nanti adalah mereka sendiri. Bukan pula memilih MIPA karena dianggap MIPA lebih baik, keren dan bergengsi, lalu menganggap IPS itu kurang baik dan tidak bergengsi.

Tidak tepat juga jika alasan memilih MIPA karena tidak suka hafalan dan memilih IPS karena tidak suka berhitung. Akan ada hafalan dan hitungan di jurusan apapun yang dipilih.

mapel jurusan ipa

Tabel unsur, nama latih mahluk hidup, macam-macam pola gerak dan gaya pada benda adalah contoh kecil hafalan yang ada pada pelajaran peminatan MIPA. Neraca perdagangan, pendapatan perkapita, pertumbuhan penduduk merupakan contoh hitungan pada pelajaran peminatan IPS. Bukan berarti jika masuk MIPA bebas dari hafalan atau sebaliknya pada IPS bebas hitung-hitungan.

mapel jurusan ipa

Dan jurusan MIPA maupun IPS mempunyai peluang yang sama untuk sukses. Pemilihan jurusan sebaiknya menggunakan pertimbangan untuk jangka panjang dengan mempertimbangkan kemampuan dan kecenderungan anak, pendidikan selanjutnya yang akan ditempuh, pekerjaan yang akan ditekuni, dan peluang-peluang kerja dimasa yang akan datang.

Sehingga pemilihan jurusan lebih terarah dan jelas. Sebagai contohseorang anak ingin menjadi pengacara maka jelas langkah dari sekarang dimulai dengan masuk jurusan IPS di SMA dilanjutkan masuk Fakultas Hukum di Universitas. Atau si anak ingin menjadi dokter harus kuliah di Fakultas kedokteran di universitas dan memilih jurusan MIPA di SMA. Contoh lain yang juga mungkin terjadi, si anak sudah memiliki minat, untuk menjadi seorang guru maka si anak dapat melihat guru dari jurusan apa yang lebih banyak dibutuhkan, dan tentunya mapel jurusan ipa minati.

Tentunya pertimbangan dan pemilihan jurusan yang tepat dapat menunjang kesusksesan anak dimasa yang akan datang. JAKARTA - Jurusan IPA terkenal dengan banyaknya pelajaran hitung-menghitung. Namun, sebagian anak IPA rupanya ada yang tidak mapel jurusan ipa berhitung. Hal ini membuat mereka tak segan-segan berpindah ke rumpun ilmu soshum saat memilih jurusan di kuliah.

Mungkin tak banyak yang tahu, di rumpun saintek pun ada jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA yang malas menghitung. Baca juga: 7 Jurusan yang Cocok untuk Calon Diplomat dan Duta Besar Berikut daftar jurusan kuliah untuk anak IPA yang malas menghitung: 1. Teknik Lingkungan Jurusan ini mempelajari tentang pengelolaan limbah, tindakan kuratif dan preventif untuk menyelamatkan mapel jurusan ipa hidup.

Pengelolaan lingkungan tersebut dilakukan melalui pendekatan rekayasa teknik. Beberapa mata kuliah yang diajarkan ialah kesehatan lingkungan, rekayasa dan proses biologi, pencemaran tanah dan pengelolaan sumber daya air. Kampus-kampus yang terdapat jurusan ini di antaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, dan Universitas Pelita Bangsa.

2. Akuakultur (Budidaya Perairan) Jurusan akuakultur mempelajari tentang penangkaran, pemeliharaan dan pengembangbiakan biota laut. Hal yang dipelajari antara lain mengenai manajemen kesehatan ikan, bioteknologi akuakultur dan pengembangan industri perikanan. Beberapa mata kuliah yang akan didapatkan ialah limnologi, akuariologi, biota laut dan manajemen kualitas air.
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASAOlimpiade Penemu 2012 - Siswa SMA 1 Jepara menyiapkan alat peraga untuk pembuatan bioetanol dari alga dalam kompetisi Olimpiade Penemu 2012 tingkat Jawa Tengah di Taman Pintar, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/10/2012).

Peserta yang lolos dalam kompetisi karya ilmiah bidang matematika, fisika, ilmu komputer dan ekologi ini nantinya dipersiapkan untuk tingkat Asia Pasifik. KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah bukanlah hal mudah. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2020. Bagi siswa kelas 12 dengan peminatan IPA, bisa jadi ada yang masih merasa bingung jurusan kuliah apa yang akan kamu pilih nantinya.

Jurusan kuliah apa saja yang bisa dipilih oleh siswa SMA peminatan IPA? Bila masih bingung, mungkin panduan 25 pilihan jurusan kuliah dari Rencanamu.id ini dapat menjadi pertimbangan. Pastinya, kamu harus memilih sesuai apa yang menjadi minat dan bakat yang kamu miliki. Berikut 25 jurusan kuliah yang dapat dipilih siswa SMA IPA.

Urutan pilihan tidak didasarkan pada pemeringkatan atau jumlah peminat, tetapi disusun secara acak: 1.

mapel jurusan ipa

Pendidikan Kedokteran Mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan. Pada dasarnya ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera.

Baca juga: 25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik mapel jurusan ipa Anak IPS, Lengkap dengan Prospek Kerja Para mahasiswa yang mapel jurusan ipa jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi Prospek kerja jurusan: Dokter Anak, Dokter Kandungan dan Ginekologi, Dokter Pengobatan Nuklir atau Dokter Pengobatan Olahraga. 2. Ilmu Gizi Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia. Ilmu Gizi juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya.

Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia Prospek kerja jurusan: Ahli Diet dan Nutrisi, Praktisi Keluarga dan Umum. 3. Farmasi Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia Prospek kerja jurusan: Spesialis Kimia, Dokter Pengobatan Preventif dan Apoteker 4.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah jurusan yang mempelajari bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja ataupun proyek. Bagaimana penanganan bahaya yang ada di tempat kerja dipelajari di bangku kuliah. Begitu pula langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisasi kecelakaan kerja serta risiko lain yang dapat terjadi di lokasi proyek atau tempat kerja. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi Prospek kerja jurusan: Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja 5.

mapel jurusan ipa

Teknologi Pangan Program studi Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumer. Jurusan ini juga mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan, yang dapat berefek kepada tubuh. Selain itu, jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makanan memengaruhi ekonomi, psikologi, dan kultur kita.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia Prospek kerja jurusan: Quality Control, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan 6. Astronomi Ilmu Astronomi mempelajari benda-benda langit. Program studi ini menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit.

Dipelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta mapel jurusan ipa dan kosmologi. Jurusan ini dibagi menjadi tiga keahlian, yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi. Pastinya, Ilmunya sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika Prospek kerja jurusan ini: Astronom, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa dan Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa 7.

Statistika Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, mapel jurusan ipa, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi statistika sendiri adalah sebagai pijakan pengambilan keputusan. Tanpa analisis data akurat, pengambilan keputusan tepat tidak akan pernah bisa terjadi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika Prospek kerja jurusan: Peneliti Survei, Ahli Statistik, dan Aktuaria 8. Bioteknologi Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia.

Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi Prospek kerja jurusan: Ahli Biomedis, Teknisi Pembangkit Biomassa, Peneliti Bioinformatika 9. Biokimia Ilmu Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang mapel jurusan ipa dalam makhluk hidup.

Jangkauan ilmu Biokimia sangat luas. Tidak hanya mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia Prospek kerja jurusan: Peneliti Bioinformatika, Ahli Biologi Molekul dan Sel, Ahli Biokimia dan Biofisika 10.

Teknik Lingkungan Jurusan Teknik Lingkungan akan mempelajari tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia Prospek kerja jurusan ini: Ahli Ekologi Industri, Ahli Lingkungan atau Konsultan Lingkungan 11.

Budidaya Perairan (Akuakultur) Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya. Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan.

Jurusan ini sangat dibutuhkan di Indonesia, karena 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia Prospek kerja jurusan: Pengajar Ilmu Agrikultural, Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan, Manajer Akuakultural atau Ahli Konservasi Tanah dan Air 12. Rekayasa Pertanian Rekayasa pertanian merupakan jurusan yang mengombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah mencapai swasembada kebutuhan pokok serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia, Biologi Prospek kerja jurusan: Ahli Teknik Pertanian, Peneliti Tanah dan Tumbuhan atau Manager Pertanian dan Mapel jurusan ipa 13. Agroekoteknologi Jurusan ini merupakan gabungan beberapa program studi di Fakultas Pertanian, yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, serta Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Agroekoteknologi mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah melalui cara berpikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi.

Jadi, kamu akan diajarkan untuk melakukan inovasi-inovasi, untuk membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi Prospek kerja jurusan ini: Manager Pertanian dan Peternakan, Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca atau Peneliti Tanah dan Tumbuhan 14. Kehutanan Ilmu Kehutanan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri.

Bahannya tdak terbatas bagaimana menghasilkan dan memperoleh hasil hutan saja, Ilmu Kehutanan juga menitikberakan pada pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Fisika Prospek kerja jurusan: Spesialis Konservasi Alam, Konsultan Lingkungan, Ahli Konservasi Hutan, atau Pengawas Hutan. 15. Arsitektur Kamu yang mengambil jurusan ini akan mempelajari soal desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), serta fungsi bangunan (utilitas). Cocok untuk kamu yang suka mapel jurusan ipa Matematika, Seni Budaya Prospek kerja jurusan: Arsitek, Manajer Konstruksi, Desainer Interior 16.

Oseanografi Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, seperti gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Matematika Prospek kerja jurusan: Teknik Kelautan, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan dan Offshore Navigator 17. Teknik Industri Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri, baik dari sisi manajemen maupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin.

Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin ilmu lain, seperti Matematika, Fisika, Fisiologi, bahkan Manajemen. Fokus Teknik Industri adalah perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi mapel jurusan ipa membutuhkan peran manusia, material, peralatan, dan energi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika Prospek kerja jurusan: Sales Engineer, Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Manufaktur, Teknisi Produksi Manufaktur 18.

Teknik Pertambangan Program studi pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik berfokus pada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral, seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya. Mahasiswanya mapel jurusan ipa soal proses pertambangan, yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai pemasaran hasil tambang.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Kimia Prospek kerja jurusan: Ahli Tambang dan Geologi, Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas), Ahli Teknik Energi, Teknisi Geologi dan Perminyakan 19. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) Teknik Planologi ini mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Berbeda dengan jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik.

Selain itu, Perencanaan Wilayah Kota tidak merancang suatu bangunan, tapi merancang seluruh wilayah secara keseluruhan. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Geografi Prospek kerja jurusan: Perencanaan Kota dan Wilayah, Surveyor Bangunan, Ajudan Perencanaan Kota dan Wilayah 20.

Teknik Elektro Teknik elektro merupakan ilmu teknik mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Yang dipelajari mahasiswa jurusan ini adalah aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait.

mapel jurusan ipa

Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatan pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti Elektronika, Listrik, Instrumentasi, sampai Teknik Komputer dan Telekomunikasi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika Prospek kerja jurusan: Ahli Robotik, Ahli Teknik Mekatronik, Ahli Teknik Elektronik, Spesialis Teknik Telekomunikasi 21.

Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan) Jurusan ini memberikan pengetahuan terkait kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan, serta pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Teknik Penerbangan mempelajari soal teknik pesawat. Aeronautika berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer bumi, seperti pesawat komersial, helikopter, pesawat militer. Sedangkan Astronautika berkaitan dengan aspek penerbangan di luar atmosfer bumi, seperti roket dan satelit.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Fisika Prospek kerja jurusan: Ahli Aerospace dan Teknisi Operasi Aerospace, Mekanik dan Teknisi Servis Pesawat, atau Teknisi Penerbangan 22. Teknik Informatika Jurusan ini mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan implementasinya, terutama di bidang bisnis dan usaha. Tak hanya teori, Teknik Informatika juga mewajibkan para mahasiswa mempraktikkan apa yang telah dipelajari.

Nah, untuk menguasai teknik informatika dengan baik, paling tidak kamu memahami logika dan matematika. Mahasiswa teknik informatika akan mapel jurusan ipa banyak waktunya dengan pemrograman, yang merupakan perwujudan dari algoritma (matematika dan logika). Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika Prospek kerja jurusan: Programmer Komputer, Analis Riset Operasional, Web Developer atau Developer Software, Aplikasi.

23. Cyber Security Pada umumnya, jurusan ini mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri serta pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya ( cyber attack). Jurusan ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya.

Jurusan Cyber Security memiliki dasar yang kuat pada komputer sains dan kemampuan berpikir kritis mengenai teknologi dunia maya masa kini. Cocok mapel jurusan ipa kamu yang suka pelajaran: TIK, Matematika Prospek kerja jurusan: Cyber Police atau Spesialis Forensik Komputer 24. Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Pada umumnya, Jurusan Ekonomi Pembangunan menjadi satu dengan Ilmu Ekonomi. Ekonomi pembangunan memang salah satu bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang.

Kebanyakan calon mahasiswa yang memilih jurusan Ilmu Ekonomi adalah mahasiswa yang menghindari Matematika. Ironisnya, mereka kurang memahami kalau Ilmu Ekonomi justru menggunakan ilmu matematika "tingkat dewa". Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi Prospek kerja jurusan: Ekonom, Konselor Peminjaman, atau Analis Keuangan 25.

Pendidikan Intelijen Ilmu Intelijen dirancang khusus untuk kamu yang ingin berkarier sebagai seorang intelijen, baik di pemerintahan maupun swasta. Kamu akan dibekali cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks.

Jurusan ini menitikberatkan pada perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, dengan penekanan pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis. Cocok untuk kamu yang mapel jurusan ipa pelajaran: Matematika, Biologi Prospek kerja jurusan ini: Analis Intelijen, Detektif dan Investigator Swasta [POPULER NUSANTARA] Dirampok, Turis Jepang Nekat Lompat dari Apartemen - Wacana Pembubaran BNN Tuai Reaksi Keras https://regional.kompas.com/read/2019/11/28/06530071/-populer-nusantara-dirampok-turis-jepang-nekat-lompat-dari-apartemen-wacana https://asset.kompas.com/crops/aG4ZCNH9laqtZG75s4diciYnCrk=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2019/11/27/5dde08a756cc9.jpg Jika kamu jurusan IPA maka salah satu syarat agar dapat melanjutkan ke kelas berikutnya adalah nilai-nilai pelajaran IPA tidak boleh merah.

Logis memang.

mapel jurusan ipa

Tapi kalau direnungi lebih lanjut, apa iya? Bukankah tidak ada manusia yang sempurna dalam segala hal. Mata pelajaran ciri khas IPA adalah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Karena saya guru mata pelajaran matematika maka saya contohkan matematika. Matematika sendiri diantaranya terdiri dari kalkulus, aljabar, geometri, dan statistik. Waktu saya kuliah, kami di jurusan ini dan juga mereka yang kuliah di jurusan-jurusan lain pernah mengalami yang namanya tidak lulus. Saya sendiri pernah mengalami tidak lulus di mata kuliah struktur aljabar I.

Diantara 79 teman seangkatan saya, hanya satu orang yang tidak pernah tidak lulus. Walaupun saya pernah tidak lulus pada salah satu mata kuliah tapi IPK saya selisih 0,3 lebih baik dibanding dengan IPK teman saya yang selalu lulus itu.

Saya dan dia termasuk yang pertama lulus s1 di angkatan kami.

mapel jurusan ipa

Memang, bangku kuliah berbeda bangku SMA. Tapi jika orang yang mempelajari satu spesifkasi mata pelajaran SMA di tingkat lebih lanjut aja tidak selalu lulus alias pernah dapat nilai merah.

Kok ini yang mempelajari banyak hal yang berbeda diharuskan lulus. Memang dasar waktu penjurusan adalah bahwa seorang anak yang dijuruskan ke IPA maka nilai mata pelajaran ciri khas IPA tidak boleh merah. Di jurusan IPS syaratnya juga sama. Tapi jika seorang anak ada satu nilai merah di mata pelajaran ciri khas IPA,ada satu nilai merah di mata pelajaran ciri khas IPS, dan anak ini masih bisa dikategorikan naik kelas maka lucunya pasti dia masuk di jurusan IPS.

Kalau memang keputusan salah satu syarat agar dapat melanjutkan ke kelas berikutnya berdasarkan kepada syarat waktu penjurusan. Ya… itu seh memang lain lagi mapel jurusan ipa. Mungkin saja si pembuat kebijakan berpikir masa’ ketika penjurusan saja nilai mata pelajaran ciri khas tidak boleh merah, eh setelah di juruskan kok malah boleh merah. Kalau sudah begitu, selamat berjuang agar naik kelas deh.

Semoga sukses ya. Gak lah. Biasa aja. Dulu seh saya sekolah dari hari senen sampai sabtu. Jam 7.00 – 13.15.Trus Kursus seminggu 3x jam 14.00 – 16.00. Pulang ke rumah magrib. Istirahat sampai jam 19.00. Tidur dulu jam 19.00 – 21.00. Belajar jam 21.00 – 2.00. Kalau sabtu pulang skul sampai minggu sore libur belajar. Minggu malam mulai lagi mempersiapkan diri buat hari senen.

Biasanya untuk dapat diterima di jurusan IPA berarti nilai-nilai mapel ciri khas IPA tidak boleh di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Mapel ciri khas IPA yaitu mat, kim, fis, bio. Sedang nilai KKM pada setiap sekolah berbeda. Begitu juga untuk dapat diterima di jurusan IPS. Nilai-nilai mapel ciri khas IPS tidak boleh di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

menurut mu…misalkan mata pelajaran cri khas IPA milas KKM nya sepeti: biologi 7 mtk 7 fisika 7 kimia 7 jadi kita ambil rata2 nya 7 +7 + 7 +7 /4 = 7 begitu juga dengan IPS kita ambil rata2 nya juga… jadi siswa yang pengen msuk ke jurusan IPA harus rata2 7 pada mapel jurusan IPA,menurutmu bisa g kyak gtu….

sekarang kan penjurusan dimulai kelas 2. itu nilai yang jadi patokan nilai semester 1 apa semester 2… trus. jadi untuk masuk ke jurusan ipa rata2 harus berapa… untuk masuk ke jurusan ips rata2 harus berapa… @rleni mat x = 63 itu maksudnya gimna… itu rata ipa atau ips… atau rata2 semua pelajaran… terimakasih. duhhh,, lg bingung nih. masuk ipa atsau ips eah, pengen masuk ipa tapi nilai mtk ma fisika aq jlek. bio ma ipa sih lumayan. memang dari dulu aq nya kalo nerima mapel mtk tuh susah bgt masuk di kepala, tapi disisi lain q juga ada niat serius belajar kalo udh masuk di jurusan ini >.< mohon kasih masukan ibu,, supaya ngga salah dlm mnentukan jurusan ^^
Mata pelajaran merupakan subjek yang harus dipelajari dalam suatu sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah lanjutan.

Dalam sekolah lanjutan seperti Sekolah Menengah Atas atau SMA misalnya, terdapat beberapa mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh murid atau pelajar. Mata pelajaran yang harus dipelajari oleh pelajar di SMA sangat bermacam-macam. Mapel jurusan ipa pelajaran yang harus dipelajari di SMA di antaranya adalah fisika, biologi, kimia, matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, geografi, sosiologi, sejarah, ekonomi, serta beberapa mata pelajaran lain seperti Pendidikan Kewarganegaraan dan bahasa daerah.

Meskipun mata pelajaran bahasa daerah diwajibkan oleh beberapa daerah, namun di kota besar seperti ibu kota misalnya tidak diwajibkan. Dari berbagai mata pelajaran tersebut, beberapa di antaranya dikelompokkan menjadi dua jenis minat yaitu peminatan Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA dan peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS. Mata pelajaran yang termasuk dalam peminatan IPA di SMA adalah matematika, kimia, fisika, dan biologi.

Tentunya, beberapa mata pelajaran lain termasuk di dalamnya. Selain keempat mata pelajaran tersebut, mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan juga wajib dipelajari oleh pelajar SMA yang memilih peminatan IPA. Meskipun jumlah mata pelajaran yang wajib dipelajari setelah memilih peminatan di SMA lebih sedikit dibanding sebelum memilih peminatan, namun materi pelajaran yang diberikan juga semakin sulit.

Terlebih dengan kurikulum sekarang yang ritme pembelajarannya cepat. Pelajar SMA akan membutuhkan banyak motivasi untuk belajar.

Selain itu, para pelajar SMA juga membutuhkan pengelolaan stres yang tepat agar pelajar tidak merasa stres atau tertekan dengan proses pembelajaran di sekolah. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran SMA jurusan IPA yang wajib dipelajari. Nama matematika berasal dari bahasa Yunani ‘mathema’ yang artinya pengetahuan, pemikiran, atau pembelajaran.

Matematika mempelajari tentang struktur, ruang, besaran, dan perubahan. Matematika selalu mengalami perubahan dan digunakan pada berbagai bidang dalam kehidupan.

stocksnap.io Beberapa bidang yang menggunakan matematika di antaranya adalah kedokteran atau medis, teknik, ilmu alam dan ilmu sosial seperti ekonomi dan psikologi. Ilmu matematika terdiri dari matematika terapan dan matematika murni. Matematika murni merupakan bidang ilmu yang khusus mempelajari matematika untuk perkembangan matematika itu sendiri. Sebaliknya, matematika terapan merupakan bidang ilmu yang mempelajari matematika yang melingkupi penggunaan atau penerapan matematika ke bidang-bidang lain.

Dalam perkembangannya, matematika terapan terkadang mengarah pada pengembangan ilmu-ilmu baru seperti statistika dan teori permainan. Selain matematika, mata pelajaran SMA jurusan IPA yang menjadi ciri khas peminatan iPA adalah mapel jurusan ipa, biologi dan kimia.

Fisika merupakan ilmu alam yang mempelajari dan memahami bagaimana alam semesta bekerja. Fisika mempelajari gerak dan perilaku materi dalam lingkup ruang dan waktu, termasuk energi dan gaya yang berkaitan dengan konsep perilaku materi tersebut. Fisika merupakan salah satu ilmu yang paling tua. Selama lebih dari dua ribu tahun, fisika menjadi bagian dari ilmu alam bersama dengan biologi dan kimia serta cabang tertentu matematika.

Namun, setelah revolusi ilmiah pada abad ke-17, mapel jurusan ipa fisika berkembang sebagai program penelitian mapel jurusan ipa. Fisika berkontribusi dalam pengembangan teknologi yang berasal dari pemikiran teoretis. Misalnya elektromagnetisme atau fisika nuklir yang mengarah pada pengembangan televisi, komputer, peralatan rumah tangga serta senjata nuklir.

Selain itu, termodinamika juga mengalami kemajuan yang mengarah pada pengembangan industrialisasi. Sebaliknya, kemajuan mekanika memberikan inspirasi dalam pengembangan kalkulus. Jika fisika mempelajari tentang materi tak hidup, maka biologi khusus mempelajari tentang kehidupan mapel jurusan ipa hal-hal mapel jurusan ipa berkaitan dengan makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang makhluk hidup termasuk pertumbuhannya, fungsi, struktur, evolusi, persebaran serta taksonominya.

Meskipun cakupan biologi modern sangat luas, namun dalam perkembangannya dibagi menjadi cabang-cabang. stocksnap.io Dasar dari ilmu biologi adalah sel sebagai satuan dasar kehidupan, satuan dasar pewarisan yang berupa gen serta serta evolusi yang dianggap sebagai mekanisme pendorong yang menyebabkan munculnya spesies baru. Biologi juga menyakini bahwa makhluk hidup bertahan dengan mengonsumsi untuk mengubahnya menjadi energi dan menyalurkannya ke seluruh tubuh untuk menjaga kestabilan tubuh.

Kimia merupakan cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang struktur, susunan, sifat serta perubahan materi. Bidang ilmu mapel jurusan ipa dianggap sebagai jembatan yang menghubungkan ilmu alam lainnya seperti fisika dan biologi ini mempelajari tentang atom, sifat-sifatnya, pembetukan ikatan kimia serta interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul dan reaksi kimia.

Ilmu alam sering dipandang sebagai ilmu yang rumit. Selain itu, materi pelajaran IPA yang mengandalkan banyak perhitungan dan logika umumnya membutuhkan lebih banyak waktu untuk dipelajari. Karena itulah tidak sedikit pelajar SMA yang mengikutibimbingan belajar di luar jam sekolah. Sayangnya, metode belajar tersebut akan sangat memberatkan bagi keluarga yang kondisi keuangannya tidak terlalu baik.

Karena itulah belajar gratis merupakan pilihan yang tepat. Dengan adanya internet yang dapat diakses oleh berbagai kalangan, cara tersebut dapat dilakukan. Caranya adalah belajar melalui platform edukasi online sperti edutore.com yang dikembangkan oleh Gramedia. Dengan adanya platform tersebut, pelajar SMA bisa mendapatkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah tanpa dipungut biaya.
Un sma smk pilih mapel peminatan kejar paket c mapel komplet.

Pelajaran sma jurusan ipa. Misalnya saja zinc, perak, hingga uranium. Itulah mengapa jurusan ipa sedikit diuntungkan, ditambah lagi prospek kerja untuk jurusan teknik lumayan dibutuhkan. Biasanya matematika terbagi menjadi dua yaitu matematika wajib dan matematika peminatan. Banyak pilihan jurusan saat kuliah. Diantaranya adalah ekonomi, sejarah, geografi dan sosiologi.

Kalo anak ipa diuntungkan bisa ngambil jurusan teknik, anak ips diuntungkan apa dong ? Banyak jurusan di universitas yang cocok bagi para lulusan ipa. Friday, august 17, 2018 mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 kurikulum 2013. Mata pelajaran yang termasuk dalam peminatan ipa di sma adalah matematika, kimia, fisika, dan biologi. Dengan kata lain, meskipun materinya masih materi dasar, tetapi pelajar sma kelas 10 akan diberikan banyak mata pelajaran sekaligus.

Kamu bisa cobain tes kepribadian berikut ini untuk bisa menentukan. Materi kelas 11 sma ipa biologi. Sama halnya dengan ipa, ada 4 pelajaran peminatan yang diajarkan di jurusan ips.

Minimal, terdapat dua jurusan yaitu jurusan ilmu pengetahuan alam ( ipa) dan jurusan ilmu pengetahuan sosial ( ips). Jika kamu masih bingung dalam menentukan pilihan jurusan saat sma.

Di indonesia pilihan untuk institut khusus anak ipa ada banyak, mulai dari ipb, itb, its, dan sebagainya. Karena itulah pelajar sma kelas 10 akan membutuhkan banyak energi untuk mempelajari banyak mata pelajaran mapel jurusan ipa mulai dari matematika, biologi, fisika, kimia, sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Kamu sudah mantap ingin masuk sma jurusan ipa maka kamu harus belajar semua mata pelajaran yang berkaitan dengan ipa. Terkadang ada beberapa sekolah yang menambahkan pelajaran jurusan ips ke ipa. Sekolah menengah atas (sma) biasanya punya beberapa penjurusan.

Padahal anak ipa bisa mengambil jurusan anak ips? Tentunya, beberapa mata pelajaran lain termasuk di dalamnya. Lulusan dari 10 jurusan kuliah ini paling dibutuhkan dunia kerja Materi kelas 11 sma ipa dan ipsberikut kumpulan materi jenjang sma kelas 11 untuk jurusan ipa (saintek) dan ips (soshum).

Berikut beberapa nama fakultas dan jurusan di universitas versi bahasa inggris. Selain itu, ilmu ini berkaitan erat dengan fisika, biologi, dan geologi. Walaupun begitu, lulusan jurusan ips tidak bisa mengambil kuliah dengan jurusan anak ipa. Pelajaran ipa yang diambil ketika masuk jurusan ipa yaitu kimia, biologi, fisika, dan matematika. Untuk penilaian tes hal yang perlu kamu perhatikan adalah. Pelajaran pelajaran tersebut dinilai lebih mudah ketimbang pelajaran ipa.

Selain keempat mata pelajaran tersebut, mata pelajaran bahasa inggris, bahasa indonesia dan pendidikan kewarganegaraan juga wajib dipelajari oleh pelajar sma yang memilih peminatan ipa. Untuk sejarah yang didapatkan adalah sejarah wajib. Di sma, ada beberapa jurusan yang dapat dipilih, yaitu ipa, ips, dan bahasa (tergantung sma yang menyediakan jurusan, biasanya hanya ipa dan ips). Ketika kamu memilih jurusan ipa kemudiaan lulus sma, kamu akan lebih mudah menemukan berbagai pilihan jurusan ketika kamu masuk perguruan tinggi.

Ukuran yang digunakan adalah pelajaran “berat” saat sma, seperti matematika, fisika, atau kimia. Jika ada sedang mencari mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10. Mata pelajaran ipa satu ini mempelajari tentang sifat, struktur, dan susunan dari suatu materi yang ada di alam. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Ri – Contoh Jadwal Pelajaran Sma Kelas X Untuk Minat Mia 5 Hari Belajar Facebook 2 Kenali Lebih Dekat Jurusan Ipa Di Sma Sebelum Mendaftar Memahami Jurusan Ipa Ips Dan Bahasa Di Sekolah – Educenter Jadwal Pelajaran Sma Tp 2017-2018 Tunjukkan Potensi Terbaikmu Biologi Mata Pelajaran Favorit Unas Mapel jurusan ipa 2017 Jual Stiker Mata Pelajaran Sma Ips Kurtilas – Kab Sukabumi – Gerai Agusty Tokopedia Un Sma-smk Pilih Mapel Peminatan Kejar Paket C Mapel Komplet Doc Jadwal Pelajaran Kelas Xii Ipa 3 Senin Kamis Mapel jurusan ipa Jumat Sabtu Nda Lind – Academiaedu Mata Pelajaran Sma Jurusan Ipa Jadwal Un Dan Usbn Jenjang Sma Sma Negeri 2 Ngawi Contoh Jadwal Pelajaran Sma Jurusan Ipa Dalam Bahasa Inggris Tips Belajar Efektif Ala Anak Ipa Vs Anak Ips Kamu Yang Mana Colle On Twitter Cm Alumni Anak Ipa Pernah Dapet Mata Pelajaran Sehari Gini Semua Ga Sekarang Pada Kuliah Jurusan Apa Nih Httpstcovxemvgzvya Twitter Bahan Materi Belajar Un Sma Semua Mata Pelajaran Un Sma-smk Pilih Mapel Peminatan Kejar Paket C Mapel Komplet Ujian Nasional Sma 2017 Hanya 4 Mata Pelajaran Dan Bisa Dipilih Siswa Lho Ini Tipsnya Rencanamu Mata Pelajaran Un Sma-smk Pilih Mapel Peminatan Kejar Paket C Mapel KompletKOMPAS.com - Pendaftaran masuk perguruan tinggi hingga kini masih dibuka.

Selain perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta ( PTS) juga masih membuka penerimaan mahasiswa baru ( PMB). Jika jalur SNMPTN 2021 dan SBMPTN 2021 telah usai, kini masih ada jalur seleksi mandiri di PTN atau PMB di berbagai PTS. Secara khusus bagi kamu anak IPA dan saat ini masih bingung mencari jurusan kuliah yang cocok, maka harus segera menentukan jurusan kuliah.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Berikut Prospek Kerjanya Melansir Rencanamu.id, berikut ini ada 10 jurusan kuliah terbaik bagi anak IPA serta prospek kerjanya. Tentunya, semua harus disesuaikan dengan minat dan bakat yang mapel jurusan ipa miliki. Jangan sampai nanti kamu salah pilih jurusan kuliah. Berikut beberapa jurusan kuliah untuk anak IPA. Tetapi ini bukan berdasarkan pemeringkatan jurusan yang terbaik.

1. Pendidikan Kedokteran Jurusan ini sangat bergengsi bagi anak IPA. Tentu karena biaya kuliahnya dikenal sangat mahal. Maka semua harus disesuaikan dengan kemampuan dirimu serta keuangan orang tuamu. Nantinya, mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan. Pada dasarnya ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, mapel jurusan ipa • mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan • mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan.

Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Biologi. Berita Terkait 7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Berikut Prospek Kerjanya Ingin Bangun Kota Layak Huni? Ini 4 Jurusan Kuliah yang Cocok Tips Tentukan Pilihan Jurusan Kuliah ala Akademisi Unpar Jadi Jurusan Kuliah Populer, Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika 7 Tips agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah Berita Terkait 7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Berikut Prospek Kerjanya Ingin Bangun Kota Layak Huni?

Ini 4 Jurusan Kuliah yang Cocok Tips Tentukan Pilihan Jurusan Kuliah ala Akademisi Unpar Jadi Jurusan Kuliah Populer, Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika 7 Tips agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah Panduan Belajar dari Rumah di TV Edukasi SD Kelas 1-6, Selasa 22 Juni 2021 https://edukasi.kompas.com/read/2021/06/22/104150971/panduan-belajar-dari-rumah-di-tv-edukasi-sd-kelas-1-6-selasa-22-juni-2021 https://asset.kompas.com/crops/w9TelZ9vvgrKZiwAubqmlHHE60U=/33x0:603x380/195x98/data/photo/2020/08/28/5f47f221e13f2.jpg
Salah Satu perbedaan SNMPTN Undangan 2012 dan SNMPTN 2013 adalah jumlah nilai yang diinput.

Jika pada SNMPTN 2012 cuma mata pelajaran yang di UN kan, maka pada SNMPTN 2013 ini mapel yang diinput sesuai dengan kurikulum. Berikut ini kurikulum mapel sesuai jurusan dan jenis sekolah: Kurikulum SMA-IPA:1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Bahasa Indonesia 4. Bahasa Inggris 5. Matematika 6. Fisika 7. Kimia 8. Biologi 9. Sejarah 10. Seni Budaya 11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 12. Teknologi Informasi dan Komunikasi 13.

Keterampilan/Bahasa Asing Kurikulum SMA-IPS: 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Bahasa Indonesia 4. Bahasa Inggris 5. Matematika 6.

mapel jurusan ipa

Sejarah 7. Geografi 8. Ekonomi 9. Sosiologi 10. Seni Budaya 11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 12. Teknologi Informasi dan Komunikasi 13. Keterampilan/Bahasa Asing Kurikulum SMA-Bahasa: 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3.

Bahasa Indonesia 4. Bahasa Inggris 5. Matematika 6. Sejarah 7. Sastra Indonesia mapel jurusan ipa. Bahasa Asing 9.

Antropologi 10. Seni Budaya 11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 12. Teknologi Informasi dan Komunikasi 13. Keterampilan/Bahasa Asing Kurikulum MA/Agama: 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Bahasa Indonesia 4. Bahasa Inggris 5. Matematika 6. Sejarah 7. Tafsir dan Ilmu Tafsir 8.

Ilmu Hadis 9. Ushul Fiqih 10. Seni Budaya 11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 12. Teknologi Informasi dan Komunikasi 13. Keterampilan/Bahasa Asing Kurikulum SMK 1.

Pendidikan Agama 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Bahasa Indonesia 4. Bahasa Inggris 5. Matematika 6. Seni Budaya 7.

mapel jurusan ipa

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 8. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi 9. Kewirausahaan Keterangan: untuk SMK, belum termasuk mapel yang sesuai jurusan masing-masing yang ditentukan masing-masing sekolah.

Kelas 9 SMP - IPA - Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2




2022 www.videocon.com