Bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Sahabat ihram pernahkah anda mendengar istilah hizb? Hizb adalah amalan yang berfungsi untuk mahabbah atau haibah. Jika anda masih asing dengan istilah mahabbah atau haibah mungkin anda lebih familiar dengan kata pengasihan. Nah jika anda sudah pernah mendengarnya pernahkan anda embayangkan untuk mengamalkannya? nabi Yusuf alaihi salam pernah mengamalkannya.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Nabi Yusuf merupakan putra ke-7 dari 12 putra-putri Nabi Ya’qub AS. Keistimewaan Nabi Yusuf AS yang merupakan anugerah dari Allah SWT adalah berupa wajah yang sangat tampan serta tubuh yang sangat tegap. Sehingga beliau banyak dikejar para wanita karena ketampanannya tersebut. Perjalanan hidup Nabi Yusuf AS ternyata tidak selamanya mulus.

Beliau pernah dibuang oleh saudaranya sendiri karena dipicu oleh rasa iri akan perhatian yang diberikan oleh ayah mereka, Nabi Ya’qub AS. Dari berbagai perjalanan hidup yang pernah dialami oleh Nabi Yusuf AS akhirnya membuahkan beberapa doa yang terkenal dengan nama doa dan hizb Nabi Yusuf.

Amalan hizb nabi Yusuf khasiatnya sangat luar biasa, jika kita yakin kepada Allah SWT maka akan terasa khasiatnya. Namun perlu diketahui bahwa amalan hizb ini hanya untuk di maksudkan untuk kasih sayang dan cinta oleh semua manusia dan yang terpenting adalah agar kita bisa lebih mendekatkan diri karena Allah SWT.

Sedikit cerita sahabat ihram, bahwa Hizib adalah amalan doa/wirid yang dibuat oleh orang-orang terkhusus seperti para Wali atau Ulama. Hizib sangat banyak ragamnya dan biasanya dinamai sesuai nama penyusun Hizib tersebut.

Misalnya saja Hizib Nawawi adalah amalan hizib yang disusun oleh Syekh Muhyiddin Zakariyya Yahya An- Nawawi. Orang-orang yang mampu menyusun hizib tentu saja bukanlah orang sembarangan.

Mereka adalah orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk memahami rahasia-rahasia huruf dan ayat Allah. Sehingga, dengan karunia Allah tersebut, mereka bisa menyusun hizib yang punya berbagai macam manfaat.

Subhanallah begitupun sekelas nabi yusuf alaihi salam yang diyakini memiliki hizb.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Ia di yakini memiliki kekeuatan daya tarik sehingga amalan dzikirnya kemudian di yaknini sebagai hizb, yakni; Allahummaj ‘alnii nuuru Yusufa ‘ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatani. Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami, jadikanlah nur cahaya (ketampanan) Nabi Yusuf AS atas wajahku, barang siapa yang melihatku ia menjadi kagum dan cinta kasih kepadaku” Dengan beberapa ketentuan pengamalan yang saya sendiri juga beum berani membagikannya, karena yang demikian merasa belum dalam kapasitas saya.

Sahabat ihram hal-hal seperti ini ada baiknya sebagai sebuah pengetahuan saja. Di samping amalan hizb nabi Yusuf memilki amalan yang kedua yakni doa khusnul khotimah. Siapa yang tak ingin berpulang dengan keadaan yang menyenangkan ke hadapan sang pencipta Nya dengan tenang. Demikian itu adalah harapan seorang muslim, pun juga nabi yusuf. Ia adalah seorang rasul yang dikasihi allah tetapi masih meminta khusnul khotimah. Bagaimana kita yang hanyalah manusia biasa.

Maka patutlah kita meneladani nabi Yusuf yang senantiasa bertaubat dan mendekatkan diri dengan penuh kerendahan kepada allah melalui amalan ini: Wallahu a’lam bisshowab. Sesungguhnya manusia hanyalah berkewajiban untuk senantiasa berikhtiar dan berusaha semampunya. Selebihnya, biarlah Allah yang akan memutuskan untuk menghendaki atau tidak. Karena mengusahakan suatu hal tana do’a adalah kesombongan.

Dan berdoa maksimal tanpa mengupayakan tindakan merupakan suatu kebohogan. Maka kewajiban kita manusia adalah berupaya dalam usaha dan do’a agar Allah senantiasa menolong. Saudara Saudara Nabi Yusuf Aug 08, 2021 7 FAKTA TENTANG KARAKTER SAUDARA-SAUDARA YUSUF DALAM ALKITAB Kisah Nabi Yusuf dan Segala Bentuk Kesabarannya - Baca Baca 07: YUSUF dan Saudara-saudaranya - SarapanPagi Biblika Ministry Nabi Yusuf By Ibam.

- ppt download Kisah Nabi Yusuf Dan Saudara-Saudaranya - Dunia Nabi Mukjizat dan Kisah Nabi Yusuf: Selalu Sabar - Popmama.com 4 Hal Inspiratif Dari Kisah Nabi Yusuf AS - PortalMadura.com Mukjizat dan Kisah Nabi Yusuf: Selalu Sabar - Popmama.com Komik Alkitab Anak: Yusuf dan Saudara-Saudaranya Yusuf - Bio-Kristi 07: YUSUF dan Saudara-saudaranya - SarapanPagi Biblika Ministry KISAH NABI: Kisah Nabi Yusuf Lengkap, Masa Kecil yang Terbuang, Hingga Ketampanannya yang Memesona - Halaman all - Pos-kupang.com Kisah Nabi Yusuf a.s Saudara-Saudara Nabi Yusuf Bukanlah Nabi Sejarah Cerita Kisah Nabi Yusuf AS dan Mukjizatnya Kisah Nabi Yusuf yang Dibuang Saudaranya ke Sumur hingga Jadi menafsir Mimpi Raja Mesir - MalangTIMES Nabi Yusuf Menyandera Benyamin - Ebook Anak Mukjizat dan Kisah Nabi Yusuf: Selalu Sabar - Popmama.com Cerita Nabi - Nabi - Kisah Nabi Yusuf menjadi menteri – Bertemu saudara dan Nabi Ya’qub ayahnya ☺ Jangan Lupa #LIKE dan #SHARE ☺ (Y) ~ atau berikan Komentar ~ (Y) • Saudara Nabi Yusuf as Kekurangan Makanan - Ebook Anak Keteladanan dan Kepemimpinan Nabi Yusuf - Republika Online Baca Kisah Nabi Yusuf, Dimasukkan ke Sumur oleh Para Saudaranya hingga Jadi Anak Angkat Al Aziz - Tribun-medan.com Allah Mendengar Rencana Buruk 10 Saudara Tiri Nabi Yusuf - Buku anak, Persaudaraan, Membaca buku Nabi Yakub Amat Menyayangi Nabi Yusuf - Ebook Anak Dakwah Islamiah - Kisah Nabi Yusuf AS Yang Sebenarnya Mimpi Nabi Yusuf Yusuf adalah putra Nabi Ya’qub, diantara dua belas orang anak-anak Ya’qub, Yusuf dan Bunyaminlah yang paling dicintai.

Hal ini menimbulkan Tafsir Surat Yusuf 11-14 - BUJUK RAYU SAUDARA-SAUDARA NABI YUSUF AS - Dr. Musthafa Umar, Lc. MA - YouTube Nabi Yusuf a.s Bertemu Dengan Ayahnya - Islam Paripurna Kisah Dijatuhkannya Nabi Yusuf ke Sumur – Jalan Sirah Saat Nabi Yusuf Dibuang Ke Sumur Oleh Saudara-saudaranya - Islampos Nabi Yusuf as - WikiShia Nabi Yusuf New - PDF Kisah Nabi Yusuf dan kasih sayang tak terbatas untuk keluarga tercinta Kisah Nabi Yusuf AS Dilempar Kakaknya Kedalam Sumur - Kartun Anak Muslim Indonesia - YouTube Nabi Yusuf A.s.

- LDII PURWAKARTA Belajar arti cinta dan memaafkan dari kisah nabi yusuf - centangbiru.com Kisah Nabi Ya’kub: Dahsyatnya Mimpi Yusuf, Terealisasi Setelah 40 Tahun Kisah Nabi Yusuf dan kasih sayang tak terbatas untuk keluarga tercinta KISAH NABI DAN ROSUL : NABI YUSUF SANG PENGUNGKAP TABIR MIMPI - Shopee Indonesia Pelajaran dari Kisah Nabi Yusuf - PORTAL ISLAM Tafsir Surah Yusuf 7-10; Kebencian dan Rasa Hasud Saudara Nabi Yusuf Nabi Yusuf As.

Kisah Nabi Yusuf, Cerita Terindah dalam Al-Qur’an (3) Teladan dari Kesabaran dan Sifat Pemaaf Nabi Yusuf AS - Pondok Yatim & Dhuafa Kisah Nabi Yusuf - PDF kisah Nabi Yusuf A.S Kisah Nabi Yusuf, Si Tampan Berhati Mulia Tafsir Surah Yusuf Ayat 8: Awal Kedengkian Saudara-Saudara Nabi Yusuf Kisah Nabi Yusuf Terbaru (2021) - PosKata Kisah Nabi Yusuf AS, Kesabaran, dan ‘Luapan’ Ujian Berat Kisah Nabi Yusuf ‘Alaihissalam Ketampanan dan Kearifan Yang Luar Biasa - Bukubiruku Jurnal Online UIN Raden Fatah Palembang Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha, Dari Sumur, Penjara dan Tahta Raja YUSUF DAN SAUDARA SAUDARANYA - YouTube Kisah Nabi Yusuf As: Menakwilkan Mimpi dan Menjadi Penguasa Mesir Kisah Nabi Yusuf AS: Dibuang Saudaranya hingga Digoda Istri Majikan Kisah Nabi Yusuf AS dan Mukjizat Nabi Yusuf - Pondok Islami - Menebar Berkah Berbagi Manfaat Presentasi nabi yusuf keel 7 (sastra arab ugm) tolong jawab no 1-4 mohon bantuanya bahasa arab bukan Inggris salah - Brainly.co.id Cerita Kisah Nabi Yusuf Lengkap dengan Kisah Cinta dan Mukjizatnya Cerita Kisah Nabi Yusuf Lengkap dengan Kisah Cinta dan Mukjizatnya Kisah Nabi Yusuf Menjalani Kehidupan Yang Penuh Tantangan jumlah saudara nabi Yusuf ada 11 yaitu….saudara kandung dan….lainnya saudara beda ibu​ - Brainly.co.id Nabi Paling Tampan yang Diceburkan Ke Sumur - Ebook Anak Kisah Nabi Yusuf – geoenviron Kisah Nabi Yusuf As Lengkap Dari Awal sampai Akhir Terbaru - TABIR DAKWAH PAI Kelas 3 Pelajaran 6: Kisah Keteladanan Nabi Yusuf a.s.

dan Nabi Syu’aib a.s. » maglearning.id Kisah Nabi Yusuf dari Dikhianati Saudara hingga Ahli Tafsir Mimpi Cerita Nabi Yusuf Dibuang Ke Sumur - PDF Belajar dari Nabi Yusuf: Memaafkan Tanpa Mendendam Kisah Nabi Yusuf ‘Alaihissalam (bagian – 01) – Cerita kisah cinta penggugah jiwa KISAH NABI YUSUF A.S. By: Dito. - ppt download Kisah Nabi Yusuf As: Menakwilkan Mimpi dan Menjadi Penguasa Mesir Kisah Nabi Yaqub Singkat Brainly 4 Pelajaran Penting dan Inspiratif dari Kisah Nabi Yusuf : Okezone Muslim Yusuf - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Kisah Malang Nabi Yusuf yang Dibuang Saudaranya - Hafiz Fans Club Kisah Nabi Yusuf, Dimusuhi hingga Difitnah karena Tampan Kisah Keteladanan Nabi Yusuf a.s.

worksheet Kecemburuan, Emosi yang Berbahaya - Republika Online kisah Nabi Yusuf A.S Kupas Tuntas Seputar Puasa Kisah Nabi Yusuf Lengkap dan Singkat - Penulis Cilik Keluarga Nabi Yakub Pindah Ke Mesir - Saat Teduh Dengan Tuhan Kesedihan Telah Menggempurnya Begitu Hebat, Beginilah Kesabarannya Bertahan Halaman 1 - Kompasiana.com Tafsir Surat Yusuf Ayat 7-9: Ketika Nabi Yusuf Hendak Dibunuh Saudara Kandungnya - Islami[dot]co HIKMAH DISINGKIRKANNYA NABI YUSUF OLEH SAUDARANYA" Kisah Nabi Yusuf AS Singkat dan Lengkap - Bagian 1 Yusuf dan Saudara-Saudaranya - Cerita Alkitab Kisah Nabi Yusuf ‘alaihissalam dan Nabi Ya’qub ‘alaihissalam 5 Rahasia Besar Kisah Nabi Yusuf yang Mukmin Harus Tahu KISAH LENGKAP NABI YUSUF AS - Caro Denai • Apa yang dilakukan Nabi Yusuf a.

s. ketika saudara- Sebutkan kelebihan Nabi Yusuf a. s.!saudaranya mengakui kesalahan dan minta Ketampanan dan Selalu Dicintai, Penyebab Nabi Yusuf Mendapat Banyak Cobaan Saudara Nabi Yusuf a.s Datang pertama kali ke istana untuk A.mencari Nabi Yusuf .B.meminta bahan - Brainly.co.id Sejarah Singkat Nabi Yusuf AS 4 Saudara Kandung Yesus Di Alkitab - RUBRIK KRISTEN Allah Mendengar Rencana Buruk 10 Saudara Tiri Nabi Yusuf - Membaca buku, Allah, Belajar Cerita di Balik Disingkirkannya Nabi Yusuf AS oleh Saudara Tirinya - Islam NU Online Jual Buku Komik Cerita Alkitab Anak - YUSUF DAN SAUDARA-SAUDARANYA di Lapak PRINTZ - Bukalapak Mukjizat dan Kisah Nabi Yusuf: Selalu Sabar - Popmama.com Berikut Yang Bukan Pengukuran Secara Fisik Terjadinya Pencemaran Air Adalah Jelaskan Bagaimana Air Dapat Menghasilkan Energi Listrik Mengompol Toko Wayang Kulit Apakah Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menginformasikan Pertunjukan Musik Obat Penurun Panas Pada Bayi Syukuran Puput Puser Bayi Negara Dominion Adalah Biografi Tentang Al Khawarizmi Duluan Ayam Apa Telur
Anda termasuk orang yang dibenci oleh anggota keluarga sendiri?

Pernah mengalami dicaci maki, haknya diambil, atau disisihkan oleh saudara kandung? Lalu merasa mengalam ujian hidup paling berat diantara manusia lainnya? Tanyakan pada diri anda, apakah nasip anda lebih buruk dari kisah Nabi Yusuf?

Nabi Yusuf tidaklah sekedar dicaci maki, haknya diambil atau disisihkan diantara keluarga. Namun sampai hendak dibunuh. Penyebabnya sama seperti umumnya pertikaian antar anggota keluarga; yaitu rasa iri. Kalau sekelas Nabi Yusuf bisa mengalaminya, mengapa manusia yang derajadnya di bawah Nabi Yusuf tidak mungkin mengalaminya? Mengapa kita tak bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf belajar bersabar dari Nabi Yusuf? Kisah ujian hidup yang dialami Nabi Yusuf ini difirmankan Allah dalam ayat 7-9: لَقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِلسَّائِلِينَ () إِذْ قَالُوا لَيُوسُفُ وَأَخُوهُ أَحَبُّ إِلَى أَبِينَا مِنَّا وَنَحْنُ عُصْبَةٌ إِنَّ أَبَانَا لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ () اقْتُلُوا يُوسُفَ أَوِ اطْرَحُوهُ أَرْضًا يَخْلُ لَكُمْ وَجْهُ أَبِيكُمْ وَتَكُونُوا مِنْ بَعْدِهِ قَوْمًا صَالِحِينَ Laqad kaana fii yuusufa wa ikhwatihi aayaatul lissaailiin.

Idz qaaluu layuusufu wa akhuuhu ahabbu ilaa abiinaa minnaa wa nahnu ‘ushbatun inna abaanaa lafii dhalaalim mubiin. Uqtuluu yuusufa awithrahuuhu ardhay yakhlu lakum wajhu abiikum wa takuunuu mim ba’dihi qaumang shalihiin. Artinya: “Sesungguhnya ada beberapa tanda-tanda kekuasaan Allah pada (kisah) Yusuf dan saudara-saudaranya bagi orang-orang yang bertanya.

(Yaitu) ketika mereka berkata: “Sesungguhnya Yusuf dan saudara kandungnya (Bunyamin) lebih dicintai oleh ayah kita dari pada kita sendiri, Padahal kita (ini) adalah satu golongan (yang kuat). Sesungguhnya ayah kita adalah dalam kekeliruan yang nyata. Bunuhlah Yusuf atau buanglah dia ke suatu daerah (yang tak dikenal) supaya perhatian ayahmu tertumpah kepadamu saja, dan bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf itu hendaklah kamu menjadi orang-orang yang baik.” (QS: Yusuf ayat 7-9) Rasa Iri Yang Memuncak Surat Yusuf ayat 7-9 mengkisahkan rasa iri dan dengki yang memuncak dari para saudara-saudara Nabi Yusuf.

Dan rasa iri dan dengki ini dilatar belakangi rasa kasih sayang Nabi Ya’qub kepada Yusuf serta saudara seibunya, melebihi rasa kasih sayang Nabi Ya’qub kepada 10 saudara Yusuf lain yang berbeda ibu. Padahal ke-10 orang tersebut adalah suatu golongan yang kuat, dalam artian memiliki posisi yang lebih unggul daripada Nabi Yusuf.

Keunggulan mereka, berdasar keterangan Imam Ar-Razi, disebabkan mereka: 1) Lebih tua secara usia; 2) Berkesempatan merawat Nabi Ya’qub lebih sering; 3) Yang menjadi tumpuan dalam berbagai hal. Mereka kemudian memiliki ide untuk melenyapkan Nabi Yusuf dari hadapan ayah mereka. Entah dengan dibunuh atau di buang di daerah tak dikenal.

Mereka berharap dengan tindakan mereka itu, cinta ayah mereka akan beralih pada mereka. Setelah itu, mereka tinggal bertaubat kepada Allah dan menjadi manusia yang baik. Alasan Nabi Ya’qub Lebih Mencintai Nabi Yusuf daripada yang Lainnya Dari sini mungkin ada bertanya, bukankah tindakan Nabi Ya’qub lebih menyayangi sebagian anaknya daripada yang lain, sampai menimbulkan rasa iri dan dengki, adalah suatu tindakan yang tak seharusnya dilakukan? Imam ar-Razi mencoba menjawab pertanyaan ini.

Bahwa yang dimaksud menyayangi lebih daripada yang lain, bukan dalam artian mengistimewakan satu anak dan mengabaikan yang lain. Namun, lebih kepada kecondongan hati yang berada di luar kemampuan manusia. Apabila kita memiliki 10 anak dan yang paling kecil lahir dengan kelainan fisik, lalu kita berulang-ulang menunjukkan kasih sayang agak lebih pada si kecil disebabkan kelainannya itu, apakah hal itu suatu kesalahan?

Mengingat ke-9 saudara yang lain, tidak memerlukan perhatian lebih dari sang ayah sebagaimana kepada anak yang paling kecil? Begitulah tindakan Nabi Ya’qub. Imam ar-Razi mengungkapkan, ada beberapa kemungkinan kenapa Nabi Ya’qub lebih mencintai Nabi Yusuf daripada yang lainnya.

Diantaranya, karena ibu Nabi Yusuf meninggal saat Nabi Yusuf masih kecil. Kemungkinan yang lain, karena Nabi Ya’qub mengetahui ada bakat tersendiri dalam Nabi Yusuf, yang tidak dimiliki saudaranya yang lain.

Breaking News • Jam sekolah kembali normal • Menjadi Kegiatan Tahunan Santri Al-Hikmah Lanjut di Timur Tengah • PENGABDIAN • Sejarah Shalawat Badar • Hukum Berkurban dan Memberikan Daging Kurban Bagi Umat Non Muslim • Hadits Larangan Wanita Wangi bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf Pendapat Mazhab Syafii • fasal pembatalan sholat • Tiga syarat wanita bahagia di dunia dan akhirat • Apakah Menyentuh Lawan Jenis Dapat Membatalkan Wudhu • Manusia Sebagai Makhluk Sosial • Home • Profil • Sekilas Pandang • Sejarah • Visi & Misi • STRUKTUR ORGANISASI • Masyayikh • Al-Maghfurlah KH.

Kholil Bin Mahalli • Al-Maghfurlah KH. Suhaemi Bin Abd. Ghoni • Al-Maghfurlah KH. Mochammad Masruri Abdul Mughni • Unit Pendidikan • TK • MIT • SMP • MTs • SMA • SMK • MADRASAH ALIYAH (MA) • MMA • AKPER • STAIA • Ma’had ‘Aly • Tahfidzul Qur’an • Kegiatan • Ekstrakulikuler dan Spesifikasi • Jadwal Harian Santri • Galery • Download • Kitab Pasaran Ramadhan 1441 H/ 2020 • Video • PSB 2022 • Kontak • Search for • Switch skin • Random Article Nama Yusuf disebut dalam Al-Qur’an kurang dari dua puluh enam kali, yaitu pada surat al-An’am:84 ; yusuf:4,7,8,9,10,11,17,21,29,46,51,56,58,69,77,80,84,85,87,89, 90(dua kali ),94,99; dan al-Mukminun:34.

Nabi Yusuf Asadalah salah satu putra Nabi Yaq’ub, yang selanjutnya juga diangkat oleh Allah menjadi Nabi dan Rosul-Nya. Diriwayatkan bahwa diantara 12 orang anak Yaq’ub, Yusuf dan Bunyamin adalah dua orang anak yang paling dicintai, sehingga hal ini menimbulkan iri hati saudara-saudaranya yang lain.

Apalagi Yusuf memang memiliki wajah yang sangat rupawan dan bentuk tubuhnya pun bagus. Terlebih lagi ibunya, Rahil, meninggal lebih dahulu, sehingga Ia dan Bunyamin menjadi lebih disayangi oleh Nabi Yaq’ub As, karena sudah tidak beribu lagi. Diceritakan bahwa suatu malam Yusuf bermimpi melihat 11 bintang, bulan dan matahari bersujud kepadanya. Esok harinya, Yusuf kecil pun menceritakan hal itu kepada ayahnya.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Al-Qur’an sendiri dengan jelas menggambarkan bagaimana penuturan Nabi Yusuf dan jawaban ayahnya, Nabi Yaq’yub saat mendengar penuturan Yusuf, dalam surat yusuf ayat 4-5, “ (ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada Ayahnya: “ Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintangmatahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku”. Ayahnya berkata: “ Hai anakku, janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan) mu.

Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia” Tanpa sepengetahuan Yusuf dan ayahnya, ternyata salah seorang saudaranya mengetahui pembicaraan ayahnya itu. Sejak saat itu, mereka makin membenci Yusuf dan selalu berusaha mencelakainya, sehingga akhirnya mereka pun menemukan muslihat untuk menyingkirkan Bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf, yaitu dengan mengajak Yusuf berburu binatang hutan.

Mula-mula Nabi Yaq’ub tidak mengijinkan tapi setelah mereka menunjukkan kesanggupannya menjaga Yusuf dari bahaya, maka nabi Yaq’ub tidak melarangnya lagi. Tinggal Bunyamin yang menemani Nabi Yaq’ub di rumah. Di tengah hutan mereka hendak membunuh yusuf, namun tidak sampai hati, dan atas usul salah seorang dari mereka, akhirnya yusuf dimasukkan ke dalam sumur, setelah sebelumnya baju yusuf dilepas lebih dahulu.kemudian mereka membunuh hewan, darahnya ditumpahkan ke baju yusuf.

Setelah pulang, mereka berkata kepada ayahnya bahwa Yusuf telah dimakan serigala hingga bajunya berlumuran darah. Nabi Yaq’ub sangat sedih mendengar berita itu.demikian sangat sedihnya sehingga matanya menjadi buta.yusuf sendiri ditemukan oleh segerombolan kholifah yang hendak mengambil air, lalu dibawa sebagai tawanan, lalu dijualnya di negeri mesir sebagai budak.

Akhirnya yusuf dibeli oleh menteri kerajaan bernama Qithfir, yang lalu diserahkan kepada istrinya, Zulaikha. Karena tidak mempunyai anak, Qithfir dan istrinya sepakat menjadikan Yusuf kecil sebagai anak angkatnya. Namun karena ketampanannya, perhatian Zulaikaha bukan sebagai seorang ibu dan anak, Zulaikaha tertarik kepada Yusuf sebagai seorang wanita kepada seorang laki-laki dewasa, sehingga suatu hari ia berusaha memperdayai Yusuf agar mau berbuat tidak pantas dengannya.

Yusuf hampir tergoda, namun Ia segera ingat kepada tuhan. Yusuf pun menolak ajakan Zulaikha dan segera melarikan diri dari dalam kamar. Zulaikaha mengejar dan berhasil memegang baju belakang Yusuf, pada saat itu tiba-tiba Qithfir datang. Terjadilah saling tuduh menuduh. Namun, akhirnya ketahuan siapa sebenarnya siapa yang ingin berbuat keji. Meskipun tidak bersalah, untuk meredam berita, akhirnya Yusuf dipenjara.

Tapi toh berita itu tetap tersebar di kalangan elit mesir. Di dalam penjara, Yusuf ditempatkan bersama dua orang pelayan raja, yaitu Nabo (kepala bagian minuman) dan Malhab (kepala bagian makanan kue-kue). Keduanya dituduh hendak membunuh raja dengan menaruh racun dalam makanan dan minuman. Di dalam penjara, Nabo dan Malhah menceritakan mimpinya kepada Yusuf, yang kemudian mimpi tersebut ditafsirkan oleh Yusuf. Beberapa hari kemudian tafsir mimpi itu terbukti kebenarannya, Nabo dibebaskan dari tuduhan dan diperbolehkan bekerja di istana lagi.

Sedang malhab dihukum mati karena terbukti kebenarannya hendak meracuni raja. Pada suatu hari raja memanggil semua penasehat dan tukang ramalnya untuk mengartikan mimpi sang raja.

Namun tidak ada seorang pun yang mampu memberikan jawaban memuaskan. Raja sangat kecewa.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Pada saat itu, Nabo pun ingat akan kepandaian Yusuf sewaktu berada di penjara, sehingga ia pun memberanikan diri untuk menceritakan tentang kepandaian yusuf dalam menafsirkan mimpi. Akhirnya, yusuf pun dipanggil ke istana, dan diangkat menjadi menteri ekonomi.

Yusuflah yang mengepalai pembendaharaan negera. Ia menjadi kepala gudang agar dapat menanggulang keserakahan para pejabat dan penindasan mereka terhadap rakyat kecil terutama jika nanti tiba musim paceklik. Yusuf pun mampu menunaikan semua tanggung jawab itu dengan baik. Bahkan ketika paceklik melanda, dan saudara-saudaranya pun datang ke Mesir untuk menukar emas dengan bahan-bahan makanan. Diriwayatkan bahwa paceklik dan kemarau panjang pada masa itu melanda hampir seluruh negeri, tak terkecuali dengan daerah palestina, tempat tinggal nabi Yaq’ub dan saudara-saudaranya yusuf.

Karena tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi kemarau panjang dan paceklik, mereka pun kelabakan. Rakyatnya pun banyak yang menderita kelaparan. Mendengar di Mesir banyak tersedia bahan makanan dan boleh dituka rdengan emas, maka anak-anak nabi Yaq’ub pun pergi ke Mesir untuk menukar emas yang mereka miliki dengan bahan makanan, akhirnya Yusuf pun dapat berkumpul dengan ayah dan saudara-saudaranya dalam suasana haru dan bahagia.

Sumber : Sketsa Al Qur’an Tinggalkan Balasan Batalkan balasan Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai * Komentar * Nama * Email * Situs Web Simpan nama, email, dan situs web saya pada peramban ini untuk komentar saya berikutnya. Δ Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445
Dalam surat Yusuf ayat 19-20, Allah SWT berfirman: وَجَاءَتْ سَيَّارَةٌ فَأَرْسَلُوا وَارِدَهُمْ فَأَدْلَى دَلْوَهُ قَالَ يَا بُشْرَى هَذَا غُلَامٌ وَأَسَرُّوهُ بِضَاعَةً وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَعْمَلُونَ () وَشَرَوْهُ بِثَمَنٍ بَخْسٍ دَرَاهِمَ مَعْدُودَةٍ وَكَانُوا فِيهِ مِنَ الزَّاهِدِينَ Wajaaat sayyaaratung faarsaluu waaridahum faadlaa dalwahu qaala yaa busyraa haadzaa ghulaamuw waasarruuhu bidzaa’ataw wallaahu ‘aliimum bimaa ya’lamuun.

Wasyarauhu bitsamanim bakhsin daraahima ma’duudatiw wakaanuu fiihi minaz zaahidiin. Artinya: “Kemudian datanglah kelompok orang-orang musafir, lalu mereka menyuruh seorang pengambil air, maka dia menurunkan timbanya. Dia berkata: ‘Oh, kabar gembira. Ini ada seorang anak muda!’. Kemudian mereka menyembunyikan dia sebagai barang dagangan. Dan Allah Maha mengetahui apa yang mereka kerjakan. Dan mereka menjual Yusuf dengan harga yang murah, Yaitu beberapa dirham saja.

Dan mereka merasa tidak tertarik hatinya kepada Yusuf.” (QS: Yusuf ayat 19-20) Imam al-Razi menjelaskan, ayat di atas menjelaskan begitu mudahnya Allah menyelamatkan nyawa Nabi Yusuf dari musibah tersebut.

Ada beberapa musafir yang hendak mengambil air di sumur, tempat Nabi Yusuf dibuang. Salah satu dari mereka kemudian memergoki keberadaan Nabi Yusuf. Meski kemudian Nabi Yusuf dijadikan budak yang hendak dijual, tapi dengan itu nyawa Nabi Yusuf pun terselamatkan.

Para penyimak kisah Nabi Yusuf dapat mengambil pelajaran, tentang bagaimana Allah bisa dengan mudah mentakdirkan segala hal meski itu di luar apa yang diperkirakan manusia. Orang yang mengalami ujian hidup sebagaimana yang dialami Nabi Yusuf bisa saja merasa putus asa, dan bertanya dalam hati: “Mana mungkin aku bisa selamat?” Ia kemudian memiliki keyakinan bahwa kali ini habislah hidupnya.

Atau, ia kemudian terdorong berbuat jahat. Yaitu melakukan hal-hal yang dilarang Allah demi menghindari ketakutan yang mendera hatinya. Semisal yang ia alami adalah ujian ekonomi, ia memilih mencuri demi lari dari rasa takut berupa bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf kelaparan. Padahal ia sendiri tidak tahu, bagaimana Allah mengatur rizki untuknya. Kisah diselamatkannya Nabi Yusuf dari sumur memberi pelajaran, kita harus bersabar dalam menghadapi segala musibah dari Allah.

Janganlah putus asa terhadap datangnya jalan keluar. Meski diluar logika manusia. Sebab Allah kuasa mengatur segala-galanya agar bisa terjadi sesuai dengan kehendak-Nya. Beda Pendapat dalam Kata Ganti “Mereka Menyembunyikan Dia” Salah satu kekurangan terjemah al-Qur’an adalah hanya bisa menunjukkan satu pendapat ulama saja tatkala ada perbedaan dalam penafsiran. Hal ini terkadang menimbulkan sikap fanatik kepada pembacanya, sehingga menyebut apa yang tidak disinggung dalam terjemahan al-Qur’an sebagai terjemahan atau pemahaman yang keliru.

Salah satunya adalah tentang kata ganti dalam redaksi ayat “ Kemudian mereka menyembunyikan dia sebagai barang dagangan”. Bila diperhatikan dalam terjemahan di atas, kata ganti “mereka” kembali kepada musafir yang mengambil Nabi Yusuf dari dalam sumur. Sebenarnya pemahaman ini adalah pemahaman sebagian ulama saja. Ibnu katsir menjelaskan bahwa ada pendapat yang menyatakan bahwa kata ganti “mereka” tidak kembali kepada para musafir, melainkan pada saudara-saudara Nabi Yusuf.

Lalu bagaimana penjelasan lengkapnya? Penjelasan lengkapnya adalah saat para musafir mengetahui keberadaan Nabi Yusuf, para saudara Nabi Yusuf menyembuyikan identitas asli Nabi Yusuf sebagai saudara mereka.

Mereka bahkan menyatakan bahwa ia adalah budak mereka yang hendak dijual. Nabi Yusuf memilih diam dan membiarkan dirinya dijual daripada dibunuh oleh saudara-saudaranya.
MENELUSURI kisah komplot saudara-saudara Nabi Allah Yusuf A.S melalui tadabbur surah Yusuf ayat 7-18, kita akan memperolehi pengajaran yang banyak.

Firman Allah S.W.T: Advertisement ۞ لَّقَدۡ كَانَ فِی یُوسُفَ وَإِخۡوَتِهِۦۤ ءَایَـٰتࣱ لِّلسَّاۤىِٕلِینَ “Demi sesungguhnya! (Kisah) Nabi Yusuf dengan saudara-saudaranya itu mengandungi beberapa pengajaran bagi orang-orang yang bertanya (mengenai hal mereka untuk mengambil iktibar).” (Yusuf: 7) Kisah yang paling baik adalah kisah yang mempunyai banyak pengajaran. Sebab itu Imam Baghawi ketika mentafsirkan ayat ‘ahsanul qasas’ merujuk terus pada surah Yusuf sebagai surah terbaik kerana sarat dengan pengajaran.

Saya kongsikan 8 pengajaran utama dalam kisah ini. 1. Prasangka buruk menjadi picu yang membarahkan hasad dan dendam: إِذۡ قَالُوا۟ لَیُوسُفُ وَأَخُوهُ أَحَبُّ إِلَىٰۤ أَبِینَا مِنَّا وَنَحۡنُ عُصۡبَةٌ إِنَّ أَبَانَا لَفِی ضَلَـٰلࣲ مُّبِینٍ (Yusuf: 8) Tuduhan bahawa ayahnya (Nabi Yaaqub) tidak berlaku adil dalam memberikan kasih sayang dan melebihkan dua adik bongsu mereka iaitu Yusuf dan Bunyamin. Yang menjadikan ia amatlah buruk kerana salah sangka terhadap ayah mereka hanya menjadi buah mulut sesama mereka tanpa mendapatkan penjelasan yang tuntas daripada si ayah.

Suatu perkara yang sukar untuk diberi sama-rata adalah kasih sayang.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Maka tidak sepatutnya kita memahami adil itu mestilah sama-rata, bahkan diberikan mengikut keperluan. Yusuf dan Bunyamin selayaknya diberi perhatian yang lebih kerana masih lagi kecil. Bukanlah salah Yusuf kerana disayangi lebih oleh ayahnya, tetapi adalah satu yang salah dengki pula kepada orang yang disayangi. Hanya kerana sikap kita yang benci tanpa sebab yang jelas lagi benar, akhirnya ia berterusan merosakkan jiwa kita.

2. Hasad dengki menjadi sumbu kepada tindakan yang tidak rasional lagi emosional: ٱقۡتُلُوا۟ یُوسُفَ أَوِ ٱطۡرَحُوهُ أَرۡضࣰا یَخۡلُ لَكُمۡ وَجۡهُ أَبِیكُمۡ وَتَكُونُوا۟ مِنۢ بَعۡدِهِۦ قَوۡمࣰا صَـٰلِحِینَ (Yusuf: 9) Prasangka mereka tidak terhenti setakat di situ, ia membarah menjadi satu pakatan jahat untuk membunuh Nabi Yusuf. Ia bukan tindakan minda separa sedar, bahkan tekad mereka dinyatakan dengan penuh komitmen. Jiwa yang didorong oleh kebencian, sememangnya sukar untuk membuat pertimbangan yang baik lalu keputusannya juga adalah merosakkan.

3. Sikap individualistik yang merosakkan umat: یَخۡلُ لَكُمۡ وَجۡهُ أَبِیكُمۡ Sikap mementingkan diri adalah penyakit yang menghancurkan umat. Ia hanya mahu semua menjadi miliknya seorang dan tidak mempedulikan nasib orang lain.

Saudara-saudara Nabi Yusuf bertekad mahu menghapuskan Yusuf dengan sangkaan mereka akan mendapatkan semula perhatian sang ayah tanpa memikirkan nasib Yusuf. Pada mereka, apa nak jadi pada Yusuf bukan masalah kami, yang penting nasib kami mesti diutamakan. Inilah yang dikhuatiri berlaku hari ini, apabila keputusan pemimpin bukan dibuat demi ummat, sebaliknya demi kepentingan sesuatu pihak semata.

Tetaplah umat mendapat sengsara dan masalah tidak pernah selesai dan isu berterusan menjadi polemik. 4. Merancang taubat adalah suatu penipuan: وَتَكُونُوا۟ مِنۢ بَعۡدِهِۦ قَوۡمࣰا صَـٰلِحِینَ Akhir ayat kesembilan surah Yusuf ini menjelaskan perihal perancangan mereka adalah dengan sepenuh hati, bukan masalah mental.

Komitmen menghapuskan Yusuf dilapik dengan janji mahu bertaubat menjadi orang baik. Ini bermakna, mereka tahu bahawa membunuh adalah satu jenayah besar dan berdosa.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Kemudian mereka merancang pula untuk bertaubat sesudahnya. Kata As Syahid Sayyid Qutb, golongan yang merancang taubat bererti mereka merancang penipuan. Seakan-akan memperkecilkan dosa besar apatah lagi menipu Tuhan. Dosa kerana kejahatan membunuh, dosa menipu Tuhan lagi. Mereka menyangka ia perbuatan yang baik, bahkan ia perbuatan jahat yang disangka baik. Firman Allah yang bermaksud: “Katakanlah (wahai Muhammad): “Mahukah Kami khabarkan kepada kamu akan orang-orang yang paling rugi amal-amal perbuatannya?

“(Iaitu) orang-orang yang telah sia-sia amal usahanya dalam kehidupan dunia ini, sedang mereka menyangka bahawa mereka sentiasa betul dan baik pada apa sahaja yang mereka lakukan”.” (Al-Kahf: 103-104) Taubat dilakukan kerana kealpaan, terlupa, tersilap dan kejahilan. Apabila mengetahui ia adalah jahat tetapi masih melakukannya dikhuatiri ia tidak termasuk dalam kategori taubat yang diterima kecuali dengan sepenuh keinsafan.

5.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Bermulut manis tetapi berhati serigala, tiga janji yang dimungkiri. Golongan yang berkomplot amat gemar bersumpah dan berkata manis. Ia dibuktikan melalui surah Al Munafiqun ayat 1 dan 2. Allah menjelaskan dalam ayat tersebut perihal golongan Munafiq yang berkomplot di belakang Baginda S.A.W tetapi sering bersumpah di hadapan Nabi dan umat Islam dengan kata-kata yang manis. Ia bertujuan mendapatkan sokongan orang ramai yang tidak tahu cerita sebenar dan seterusnya memastikan kerja jahat mereka berjalan lancar.

Dalam kisah ini, Allah menzahirkan tiga janji-janji manis anak-anak Nabi Yaaqub terhadap Yusuf, iaitu: i. Akan sentiasa menasihati dengan nasihat yang baik. ii. Akan menjaga Yusuf sebaik-baiknya. iii. Akan melindungi Yusuf dari segala bahaya. Tiga janji manis ini disebut di hadapan Nabi Yaaqub yang akhirnya melunturkan hati beliau untuk melepaskan Yusuf bersama mereka.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Ada riwayat yang menyebutkan, ketika Yusuf sudah jauh dari pandangan ayahnya, ketika itulah mereka menampar, memukul dan memaki hamun Yusuf semahu-mahunya tanda kejayaan memperdaya sang ayah. 6. Berbohong dan melaziminya adalah sifat golongan berkepentingan. Mereka yang suka berbohong dan akhirnya menjadikan ia satu kelaziman adalah sifat golongan pragmatik. Apa-apa yang mendukung kepentingannya, akan diolah supaya dilihat releven dan logik. Saudara-saudara Yusuf berulang kali membohongi ayahnya dan Yusuf sendiri.

Cerita Yusuf lebih disayangi merupakan cerita bohong pertama yang dibuat, kemudian bersambung pula dengan bohong Yusuf dimakan serigala, berbohong lagi dengan baju Yusuf dilumur darah palsu (binatang). Apabila mereka tahu Yusuf selamat dalam perigi, sekali lagi menipu bahawa ia adalah budak suruhan dan dijual dengan harga yang rendah. Dan ia menjadi sebati hinggalah apabila Yusuf sudah besar dan menjadi Menteri pun, masih lagi meneruskan pembohongan mereka.

Berbohong menjadi perlambangan kecerdikan apabila orang lain terpedaya dengannya. Malanglah bagi pemimpin yang meniru sikap Yahudi yang berterusan berbohong demi kepuasan sendiri. 7. Kejahatan berlaku dengan Izin Allah, ia juga terungkai dengan izinNya. Allah izinkan perbuatan komplot terhadap Yusuf berlaku, walhal boleh sahaja mewahyukan kepada Nabi Yaaqub sejak dari awal untuk mematahkan komplot tersebut.

Dan akhirnya Allah jualah yang mentakdirkan ia terungkai dengan jalan cerita yang amat mendidik. Ternyata kerja agama itu tidak mudah dan singkat jalannya.

Ditambah pula dalam kita mengajak orang kepada kebaikan, ada pula yang menyeru kepada jalan sebaliknya.

bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf

Manusia dikurniakan akal untuk berfikir, dalam masa yang sama juga dikurniakan nafsu dan didorong pula oleh hasutan syaitan. 8. Keyakinan dan kesabaran orang beriman kunci kejayaan: ….فَصَبۡرࣱ جَمِیلࣱۖ وَٱللَّهُ ٱلۡمُسۡتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ (Yusuf: 18) Tidak ada kunci yang penting buat orang beriman selain memiliki keyakinan dan kesabaran dalam melalui mehnah hidup.

Keyakinan Nabi Yaaqub bahawa anaknya masih hidup dan selamat, bukanlah sangkaan kosong, sebaliknya ilham dari Allah dengan beberapa maklumat yang menjadi petunjuk. Tetapi ia tidak dinyatakan dengan jelas sebagai gambaran untuk kita bahawa petunjuk itu perlu dicari dengan teliti dan bersabar. Barangkali masih banyak lagi pengajaran yang boleh dikutip dan disesuaikan dengan realiti hari ini.

Ini hanya sebahagian kecil untuk panduan kita bersama. Al- Quran mendidik kita untuk tidak bertindak dengan mendahulukan emosi. Kata Dr Solah, kalaulah generasi nenek moyang Yahudi sudah sebegini (terkecuali para Nabi Bani Israel dan mereka yang soleh), maka bagaimana pula dengan cucu-cucunya? Ternyata hari ini umat sedang melihat sendiri akan kejahatan tangan golongan Yahudi. USTAZ MOHD ADLAN MOKHTARUDDIN Penolong Rektor II (Hal Ehwal Pelajar) Kolej Universiti Islam Zulkifli Muhammad (KUIZM) – HARAKAHDAILY 20/5/2021 Rujukan: As Syakhsiah Al Yahudiah min Khilalil Quran Dr.

Solah Abdul Fattah Al KhalidiJawaban: 1. Bagaimana usul salah satu saudara nabi yusuf ketika hendak mencelakakan nabi yusuf seorang di antara saudara Yusuf mengusulkan untuk membunuh Yusuf atau membuangnya ke tempat yang jauh agar perhatian ayahnya hanya tertumpah kepada mereka saja, setelah itu mereka bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, akan tetapi di antara mereka ada yang menolak usulan dibunuhnya Yusuf, ia hanya mengusulkan agar Yusuf dimasukkan ke dalam sumur yang berada jauh agar nanti ditemukan oleh kafilah yang lewat, lalu mereka mengambil dan menjualnya.

Ternyata usulan inilah yang dipandang baik dan diterima mereka. Dengan demikian, kesimpulan kesepakatan mereka adalah hendaknya Yusuf diasingkan dan dijauhkan dari tengah-tengah mereka. 2. Ayahnya----Nabi Ya’qub a.s segera mengingatkan Yusuf agar tidak menceritakan mimpinya itu kepada saudara-saudaranya yang nantinya setan akan merusak hubungan mereka dan berhasad kepadanya atas pemberian Allah itu.
none

KISAH NABI YUSUF AS MULAI DARI DICEMBURUI OLEH SAUDARANYA HINGGA DIFITNAH




2022 www.videocon.com