Proposal usaha telur asin

proposal usaha telur asin

E-Book Contoh Proposal Usaha Telur Asin Anda butuh Tambahan Modal untuk Usaha Telur Asin Anda ? agar Semua Impian Anda dibawah ini Bisa Tercapai ? Namun, sebelum mengulas lebih jauh perlu dipahami bersama, Bahwa bagi para Pelaku Usaha Telur Asin Salah satu kendala utama dalam membangun & mengembangkan usaha pada umumnya adalah : Terbatasnya Jumlah Modal Sementara itu, Untuk mendapatkan Modal Usaha TIDAKLAH MUDAH !!!

Apa penyebabnya ? Pelaku Usaha Tidak mampu menyajikan Proposal Usaha yang memenuhi ketentuan Investor/Bank/Lembaga Keuangan karena Sumber Referensi pembuatan Proposal Usaha yang Mereka dapat Tidak memberikan Informasi yang memadai (Yang Seharusnya mereka butuhkan) Oleh Karena itu : Jangan buang-buang waktu dengan Menyusun Proposal Sendiri secara Asal-asalan Ataupun mengikuti Proposal usaha telur asin Referensi Proposal Usaha yang Tidak jelas Kapabilitas & Akurasi Datanya Yang pada umumnya hanya mengandalkan 4 Informasi Dan Tidak memiliki Konsep Bisnis yang Jelas Tidak terlihat Daya Dukung yang Kuat Tidak menunjukan Proyeksi Keuangan yang Realistis Tidak Prospektif Tidak Menarik Serta Tidak memberikan Pemahaman : – Jenis Modal Usaha yang cocok untuk dijalankan – Kelebihan-kekurangan tiap Sumber Modal Usaha,dll.

Lihat Perbandingan Ilustrasi dibawah ini : Jadi, Tidak Heran bila Banyak Pengajuan Pinjaman Modal dari Pelaku Usaha Telur Asin Dengan Proposal Usaha Asal-asalan Yang Tidak Di Setujui oleh Investor/ Bank/Lembaga Keuangan Dan Kini…. Kami Menyajikan Secara Komprehensif & Jauh Lebih Lengkap Paket E-Book CONTOH PROPOSAL USAHA TELUR ASIN E-Book Contoh Proposal Usaha Telur Asin Rp. 225.000,- TERDIRI DARI : Berikut penjelasan Kami : Paket CPU : Proposal Usaha Telur Asin Proposal Usaha sudah dibuat sesuai dengan parameter kondisi usaha Telur Asin terkini & bisa digunakan sebagai panduan untuk pembuatan Proposal Usaha Telur Asin Anda untuk ditujukan ke Investor/Bank/Lembaga Keuangan.

Isi Proposal Usaha sudah disusun dengan mempertimbangkan proyeksi keuangan yang realistis, mampu memberikan gambaran perkembangan usaha yang telah dicapai dan yang sedang berjalan serta mampu memberikan gambaran rencana kebijakan yang akan dilakukan di waktu mendatang.

Dilengkapi dengan Dasar penentuan kenaikan volume penjualan, porsi hutang terhadap kas lancar, tingkat suku bunga efektif per bulan dan memuat semua aspek informasi yang dibutuhkan oleh Investor/Bank/Lembaga Keuangan. Dibuat oleh tenaga-tenaga lulusan terbaik S1 Ekonomi dari Universitas Negeri ternama di Yogyakarta.

Jumlah halaman : 43 Halaman ;Jumlah pinjaman : Rp 75.500.000,- Pay Back Period : 12 Bulan ; B/C Ratio : 0,3 ; R/C Ratio : 1,3 Format file PDF Perhatian: • Jumlah pinjaman tersebut hanyalah sebagai percontohan namun tetap realistis & disesuaikan dengan volume produksi dan parameter usaha lainnya. Anda bisa merubah jumlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan Anda. • Apabila ada kesamaan nama, alamat, No Hp, Email dll pada Contoh Proposal Usaha tsb maka hanya suatu kebetulan belaka & tidak dimaksudkan untuk suatu tujuan tertentu.

Paket E-Book : Solusi Jitu Meraih Modal Hal yg paling prinsip adalah : Investor/Bank/Lembaga Keuangan tidak akan pernah mau mencairkan pinjaman Modal untuk isi Proposal Usaha yang tidak jelas, tidak mampu menunjukan Prospek Usaha yang menarik & tidak mampu memberikan gambaran kondisi keuangan usaha dengan baik. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk memahami pula semua hal terkait Prosedur, Pilihan Jenis Modal Usaha, Kelebihan-Kekurangan tiap Sumber Modal Usaha, Mekanisme Pengajuan Kredit, Proses Evaluasi Kredit, Tips Sukses Pengajuan Modal Usaha, Pemahaman-Pencegahan-Penanganan-Penyelesaian Kredit Macet, dll.

Jumlah halaman : 159 Halaman – Format file PDF Template Proposal Usaha Setelah Anda pelajari semua Paket Contoh Proposal Usaha Telur Asin, maka saatnya Anda membuat Proposal usaha telur asin Usaha nyata sesuai parameter kondisi proposal usaha telur asin yang Anda jalankan. Untuk keperluan ini, Kami sudah menyediakan Template Proposal Usaha dengan tampilan Cover Proposal Usaha yang cukup elegan. Template Proposal Usaha ini sudah bisa langsung Anda gunakan dengan langsung memasukkan data-data parameter kondisi sesuai Usaha Telur Asin yang Anda jalankan.

Jumlah halaman : 38 Halaman – Format file Word Laporan Keuangan Lengkap Usaha Telur Asin Laporan keuangan suatu usaha menjadi cerminan kondisi kesehatan keuangan usaha tersebut. Hanya usaha dengan kondisi keuangan sehat yang akan diminati oleh Investor/Bank/Lembaga. Laporan Keuangan tsb meliputi : Analisa Ekonomi, Laporan Arus Kas, Laporan Laba-Rugi, Laporan Neraca, Rencana Arus Kas 1 Thn & Rencana Arus Kas 5 Thn.

File laporan keuangan dalam format file excel sehingga Anda bisa merubah parameter data/angka sesuai dengan kebutuhan Anda. Sangat membantu Pelaku Usaha dalam mengatur manajemen keuangan, pemasaran dan pengawasan operasional sehingga diharapkan akan dapat mengurangi resiko kebangkrutan & meningkatkan profitabilitas.

Bisa didapatkan perkiraan keuntungan yang akan digunakan untuk membayar cicilan kredit sehingga Investor/Bank/Lembaga Keuangan juga akan yakin bahwa proses pelunasan pinjaman modal bisa termonitor dengan baik.

Sangat membantu Investor/Bank/Lembaga Keuangan untuk mendapatkan gambaran jelas target profit yang bisa didapatkan dengan meminjamkan Modal Usahanya pada Anda. Format file Excel Credit Scoring – Pinjaman Modal Usaha Credit Scoring adalah Sistem yang digunakan oleh Investor/Bank/Lembaga Keuangan untuk menentukan Layak/Tidak Layak proposal usaha telur asin pengajuan kredit Modal Usaha.

Anda juga berhak untuk mengetahui kemungkinan pengajuan Pinjaman Modal Usaha yang Anda ajukan akan Di Setujui/Tidak Di Setujui oleh Investor/Bank/Lembaga Keuangan.

Credit Scoring – Pinjaman Modal Usaha kami terdiri dari 220 pertanyaan yang kami rangkum dari Teori Analisis Kredit dengan Metode 5C, 7P & 3R. Format file Excel PERBANDINGAN SUMBER REFERENSI PROPOSAL USAHA Tentunya. . Anda sudah bisa Menilai & Sepakat bahwa E-Book Contoh Proposal Usaha Telur Asin kami tersebut sudah Sangat Layak untuk Harga Rp 225.000,- Dengan dana Rp.

225.000,- Anda berpeluang mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Puluhan….bahkan Ratusan Juta…. Dengan Rp 225.000,- Anda Tidak perlu Pusing-pusing ataupun melakukan Trial Error, Buang Waktu, Buang Tenaga, Proposal usaha telur asin Modal,dll Anda bisa Lebih Fokus pada Usaha Anda Coba Anda Bandingkan pilihan berikut : Investasi Rp.

225.000,- proposal usaha telur asin 1 buah E-Book Contoh Proposal Usaha Telur Asin Dan berpeluang Secepatnya untuk … – Memperbesar Usaha Anda – Menambah Kapasitas Produksi – Memperluas Area Pemasaran – Meningkatkan Omzet Penjualan, – Menambah Jumlah SDM – Menambah Margin Usaha,dll atau Anda khawatir hilang Rp. 225.000,- Namun tanpa Anda sadari, pada Akhirnya.

. Anda harus kehilangan Peluang mengembangkan Usaha Anda Jadi, Mana yang Anda pilih ? Kami telah menawarkan Sebuah KUNCI SUKSES Yang Bisa Anda Pergunakan Untuk memasuki GERBANG KESUKSESAN ANDA Salam Sukses NB: Silahkan Klik “Share” di kiri bawah. Bila sekiranya informasi tentang E-Book Contoh Proposal Usaha ini menarik & penting, Anda bisa share info halaman ini untuk disampaikan pada rekan Anda melalui media sosial Facebook, Twitter, Email, dll. Mencari pekerjaan di masa sekarang ini merupakan hal yang cukup sulit.

Banyak sekali calon pekerja yang berkeinginan untuk bekerja di Instansi pemerintahan atau swasta, tetapi lapangan pekerjaan saat ini sangat terbatas, hal ini menyebabkan jumlah pengangguran semakin banyak.

Dilihat dari segi ekonomi individual yang tidak terbatas, oleh karena itu sebagai calon tenaga kerja kita harus mampu berfikir kreatif dan inovatif yang mampu membaca peluang serta pandai memanfaatkan peluang tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak terfokus hanya pada 1 jenis pekerjaan saja. Wirausaha merupakan salahsatu untuk mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran.

Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagian besar kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu usaha yang mudah dikembangkan yaitu “Pembuatan Telor Asin Beraroma AS-SYIFA” karena banyak orang yang mengonsumsinya.

Cara pembuatannya yang relative mudah, peralatan yang digunakan cukup simple, dan hasil produksi tidak begitu mahal serta potensi usahanya yang sangat tinggi mendorong saya untuk menekuni usaha ini. Menurut saya, usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan dengan sungguh-sungguh dan mempunyai kualitas yang bagus.

Saya sadar bahwa usaha ini tidak akan langsung berkembang pesat, tetapi saya akan terus berjuang untuk terus menjalankan usaha ini.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat.
Inovasi berbagai pengolahan pangan merupakan salah satu usaha produsen untuk menarik minat konsumen yang ada di pasar. Bentuk inovasi pangan yang sedang berkembang di masyarakat atau negara Indonesia sekarang ini salah satunya adalah pengolahan hasil dari peternakan itik, berupa telur maupun daging.

Hal ini dikarenakan output dari hasil pertenakan seperti daging dan telur itik, tidak dapat bertahan lama setelah dipanen. Telur itik memiliki struktur kulit yang keras dan tidak mudah retak, hal ini menjadi gambaran untuk pengolahan telur itik lebih lanjut menjadi telur asin agar bisa lebih awet pada saat dikonsumsi.Dari sekian banyak telur yang dihasilkan oleh hewan unggas, sebagai salah satunya adalah telur itik yang sering dikonsumsi masyarakat dari segala kalangan, dan belum dioptimalkan potensinya untuk diolah lebih lanjut ke dalam bentuk olahan.

Hal ini dikarenakan telur dikonsumsi dalam bentuk masakan langsung, seperti digoreng, dll. pengolahan telur itik menjadi “Telur Asin Aneka Rasa”, dengan berbagai varietas rasa yang bisa dibuat, yaitu telur asin rasa Soto, telur asin rasa Gulai dan telur asin rasa Asap.

Hingga saat ini potensi pengolahan telur asin dengan berbagai rasa masih kurang dikenal oleh masyarakat umum. Di sisi lain, sebagian besar masyarakat baru mengenal kalau telur asin itu hanya memiliki satu rasa saja yaitu asin atau sesuai dengan namanya. Kalangan masyarakat sekarang sudah banyak yang berkecimpung proposal usaha telur asin peternak itik, tapi dengan masih minimnya ide untuk mengolah hasil ternak itik tadi berupa telur, yang sebenarnya dapat diolah lebih lanjut.

Adanya pengolahan menjadi telur asin aneka rasa tadi, diharapkan dapat menambah nilai jual telur itik serta menjadi daya tarik tersendiri, karena telur asin sangat praktis untuk di konsumsi sebagai lauk makan sekaligus mengandung protein dan bergizi tinggi. Bila didasarkan pada faktor demografi, segmentasi pasar untuk produk telur asin cenderung pada segmen kelompok ekonomi menengah karena disesuaikan dengan harga dan target pasar yang ada.

Selain itu diasumsikan kelompok masyarakat ekonomi menengah merupakan kelompok masyarakat yang peduli akan kesehatan, sehingga produk ini cocok untuk mereka • Targetting Produk yang ditawarkan memiliki beberapa rasa,yaitu rasa jahe,cabe,jeruk. Penyediaan bahan baku dan pembantu akan didapatkan dari pedagang-pedagang di pasar tradisional dikarenakan harganya relatif lebih murah daripada di toko ataupun supermarket. Telur asin aneka rasa akan menjadikan para pedagang pasar tradisional sebagai mitra telur asin dalam memasok bahan baku dan bahan pembantu.

Produksi telur asin aneka rasa ini akan dilaksanakan pada tahap awal akan dilakukan dalam bentuk pengerjaan usaha rumah tangga.

proposal usaha telur asin

Setelah itu pada tahap selanjutnya, dalam pembuatan telur asin proposal usaha telur asin rasa akan diikut sertakan ibu-ibu dan remaja putri. Hal ini dilakukan mengingat warga cangkupan/ tujuan awal dari kewirausahaan ini juga dapat untuk memberdayakan warga sekitar. Pemberdayaan masyarakat ini juga merupakan salah satu usaha kita untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas. Untuk meracik telur asin aneka rasa, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih telur yang berkualitas.

Selama ini, jenis telur yang banyak digunakan dalam usaha telur asin adalah telur itik. Hal ini dikarenakan, telur itik memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan cenderung mudah rusak. Untuk memilih telur itik yang masih baik, langkahnya cukup mudah. Masukkan telur itik ke dalam wadah berisi air. Perhatikan, apabila telur tenggelam maka hal tersebut berarti telur layak untuk diolah. Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bahan. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah abu gosok atau bubuk bata merah, bubuk garam atau garam kasar, wadah untuk membuat adonan, wadah untuk menyimpan telur serta penambah rasa pada telur tergantung varian apa yang hendak Anda buat.

• Proses Pembuatan Telur Asin Setelah bahan-bahan siap, selanjutnya yang Anda lakukan adalah membuat adonan garam. Langkah pertama adalah campurkan bahan-bahan abu gosok atau bubuk bata merah dalam wadah bersama bubuk garam serta campuran bahan penambah rasa, misalnya rasa soto. Untuk membuatnya kental, tambahkan air secukupnya. Setelah dihasilan kekentalan yang pas, balurkanlah adonan tersebut pada telur yang telah dibersihkan sebelumnya.

Setelah itu simpanlah dalam wadah penyimpanan yang telah disediakan selama tujuh hari hingga sepuluh hari, tergantung kadar asin yang Anda inginkan. Selain membaluri telur dengan adonan garam tadi, cara membuat telur asin aneka rasa juga bisa dengan metode perendaman telur bersama adonan garam tadi.

Caranya, susun telur itik yang telah dibersihkan dalam wadah dengan hati-hati. Setelah itu tuang semua adonan ke dalam wadah tersebut. Pastikan semua telur tertutupi adonan dengan sempurna. Masa perendaman sama dengan masa pembaluran, tujuh hingga sepuluh hari tergantung pada selera Anda. Dalam menjalankan kegiatan usaha salah satu bagian rumah sebagai lokasi pabrik kecil dalam memproduksi berbagai macam telur asin aneka rasa.

Ini menjadi keunggulan sendiri, karena tidak perlu menyewa ataupun membeli tempat untuk melakukan kegiatan produksinya. Lokasi pabrik yaitu berada di Jalan Jln.Karing Kec.Murah Mulia Kab.Aceh Utara. Dengan begitu modal yang diperlukan pun tidak terlalu banyak. • ► 2017 (2) • ► July (2) • ▼ 2016 (20) • ► October (1) • ▼ August (14) • Makalah Tentang Paragraf • Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Nasional • Makalah Kesulitan Belajar • Makalah Tasawuf • Makalah Psikolog • Makalah Jaringan • Proposal Usaha Kerupuk Ikan Tongkol Renyah • Makalah Dasar-Dasar Simulasi dan Pemodelan • Proposal Usaha Telur Asin Aneka Rasa • Pengertian SDLC • Makalah Paragraf Bahasa Indonesia • Analisis Sistem Informasi • Makalah Pentingnya Bahasa • Makalah Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia • ► May (4) • ► January (1) Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas petunjuknya saya dapat menyelesaikan makalah sesuai dengan tugas yang diamanahkan kepada sayasehingga proposal ini dapat terselesaikan secara tuntas.

Dan tentunya dengan karunia-Nya jualah penulis dapat menyelesaikan penulisan Makalah ini pada waktunya. Proposal ini saya akui masih banyak kekurangan.

Oleh kerena itu saya harapkan kepada para guru, dan teman sekalian untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini, sehingga kedepannya dapat lebih baik. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, merambat kepada setiap aspek kehidupan, tingkat persaingan yang semakin tinggi memaksa setiap orang lebih jeli dalam membaca setiap peluang dalam usaha mengembangkan keterampilan dan keahliannya untuk menjawab tantangan zaman.

Rendahnya tingkat keterampilan dan keahlian yang dimiliki oleh sebagian besar penduduk Indonesia merupakan salah satu alasan kenapa angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Padahal usaha yang dilakukan pemerintah dalam memberantas kemiskinan dan kebodohan sudah menjadi agenda utama dari pemerintah.

Salah satu contoh yaitu dengan mencetuskan wajib belajar 9 Tahun dan memberikan pinjaman dengan suku bunga ringan untuk meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia tersebut. Namun semua itu ternyata tidaklah cukup, karena belum didukung oleh sumber daya manusia yang terampil dan berkeahlian yang dapat dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha, menciptakan lapangan kerja sendiri, atau berkreasi yang menghasilkan tentunya yang dapat berdampak pada penekanan terhadap tingginya angka pengangguran, tingginya angka kemiskinan yang ada di Indonesia tersebut.

Peluang untuk mendapatkan penghasilan yang memadai dan menguragi pengangguran sangat banyak dan berada di sekitar kita. Salah satu diantaranya produksi telur yang dihasilkan oleh hewan proposal usaha telur asin yang dipelihara secara manual oleh masyarakat menciptakan peluang yang sangat tepat.

Telur-telur yang hanya dikonsumsi secara sederhana dan kebutuhan untuk jamu sebenarnya cukup menjajikan jika dikelola oleh tenaga-tenaga terampil sehingga telur yang dibuat menjadi makanan sederhana bisa dihasilkan telur yang bergizi tinggi sebagai makanan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Contohnya pembuatan telur asin yang sangat laku keras dipasaran.

Telur merupakan alat dan cara berkembang biak bagi unggas dan sebagian proposal usaha telur asin. Telur secara alami disiapkan oleh induknya untuk menunjang kehidupan dan perkembangan embrio dengan sempurna.

S elain dibungkus dengan kulit yang keras sebagai pelindung, telur juga dilengkapi dengan bahan makanan yang lengkap. Telur asin adalah telur itik yang diolah dalam keadaan utuh, dimana kandungan garam didalam telur dapat menghambat perkembangan organisme dan sekaligus memberikan aroma yang khas, sehingga telur dapat disimpan dalam waktu relatif lama.

Ada beberapa cara pengasinan telur itik, tetapi pad dasarnya dapat dibagi 2 yaitu cara basah dan cara kering. Cara basah yaitu dengan merendam telur itik dalam larutan garam jenuh, sedangkan cara kering yaitu dengan menggunakan bahan pembungkus, baik dari bahan tanah liat, bubuk bata atau menggunakan garam atau bahan lain yang telah dicampur dengan garam.

Adalah pengasinan telur yang menggunakan bubuk bata merah, garam, Ciu/arak, sendawa dan gula merah penggunaan Ciu/arak sebagai pembentuk pasta berguna untuk menghilangkan bau amis pada telur itik. Sendawa untuk mempertahankan warna putih telur dan kuning telur gula merah untuk menetralisasi rasa pahit sendawa Dari yang telah di paparkan pada halaman-halaman sebelumnya, dapat di simpulkan bahwa, kandungan gizi dalam telur asin, Warisno (2005:3) Menyatakan bahwa telur bebek juga mengandung mineral kalsium dan magnesium.

proposal usaha telur asin

Telur memenuhi kriteria sebagai bahan makanan yang bernilai biologi tinggi karena proteinnya mudah dicerna dengan koefisien cerna 96%.

Dibandingkan dengan daging sapi, beras, dan jagung, nilai biologi protein telur bebek paling tinggi karena mudah dicerna oleh tubuh, telur sangat cocok dikonsumsi terutama oleh anak balita (membutuhkan protein 15 gram per hari).

Penulis mengharapkan tentunya hal ini menjadi satu hal yang bermanfaat bagi pembaca. Kemudian keterampilan dan keahlian yang telah diperoleh dari makalah ini dapat berdaya guna bagi kita semua, bahkan bisa menimbul pengusaha telur asin yang memiliki pangsa pasar yang luas, mampu memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitar, dan juga untuk dapat mempersiapkan diri dalam kompetisi persaingan yang sehat dalam hal penciptaan peluang kerja yang produktif.

Terakhir penulis mengharapkan kiranya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembacanya, dan tidak lupa penulis juga mengharapkan kritikan dan saran yang sifatnya membangun untuk lebih menyempurnakan isi daripada makalah ini. Mudah - mudahan Tuhan selalu melimpahkan ridho dan kasih sayang-Nya kepada kita semua.

Amin.
PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN TELUR ASIN AN-NUR Disusun Oleh : Muh. Masrukhin Shufi PAI 2 E Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Jl. Tentara Pelajar 55B Kebumen, Jawa Tengah KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah Swt.

yang telah memberikan rahmatnya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Agung Muhammad Saw. Alhamdulillah berkat ridho Allah Swt. dan dukungan dari semua pihak akhirnya penyusun dapat menyelesaikan proposal ini.

Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas individu makul Entrepreneurship Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah mendukung penyusunan proposal ini. Semoga semuanya mendapatkan pahala dan berkah dari Proposal usaha telur asin Swt. Akhirnya semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amiin Penyusun DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I : PENDAHULUAN BAB I : PEMBAHASAN BAB II : PENUTUP BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Latar belakang utama pendirian usaha produksi telur asin ini adalah ajakan dari rekan kerja yang sudah punya terlebih dahulu usaha produksi telur asin. Melihat prospek yang bisa dibilang lumayan dan melihat proses, kendala, serta strategi pasarnya maka saya berencana untuk ikut mendirikan usaha produksi telur asin. B. Manfaat Usaha a) Manfaat Ekonomi Usaha produksi telur asin ini tentu sangat membantu ekonomi keluarga.

Khususnya dalam aspek income. Diharapkan proposal usaha telur asin pendirian usaha ini yang nantinya akan terus berkembang, menjadikan sumber income yang menjanjikan untuk selanjutnya dapat digunakan lagi untuk mengembangkan usaha yang diharapkan nantinya tidak hanya keluarga yang merasakan profitnya tetapi orang lain juga dapat merasakannya. b) Manfaat Sosial 1) Bagi Pemilik Dengan pendirian proposal usaha telur asin produksi telur asin ini diharapkan dapat memberikan manfaat sosial berupa terjalinnya hubungan kerjasama dengan berbagai mitra.

2) Bagi Masyarakat Dengan pendirian usaha produksi telur asin ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat sosial bagi masyarakat khususnya dalam hal kemudahan memperoleh telur asin untuk pemenuhan kebutuhan lauk yang mempunyai nilai kandungan gizi yang tinggi serta rasa yang enak.

C. Rumusan Masalah a) Mengapa memilih usaha produksi telur asin? b) Bagaimana cara pemasaran telur asin? c) Bagaimana cara mempertahankan usaha telur asin? BAB II PEMBAHASAN A. Profil Usaha Nama Produk : Telur Asin An-Nur Jenis Produk : Makanan Alamat tempat produksi : Sidomukti RT.02 RW.04, Ambal, Kebumen Nama Pemilik : Muh. Masrukhin Shufi B. Visi, Misi dan Tujuan 1) Visi Menciptakan kemudahan memperoleh sumber gizi yang mempunyai kualitas dan mutu yang baik sebagai pemenuhan akan lauk pauk dalam lingkungan masyarakat.

2) Misi Memberikan kualitas yang terbaik. Memberikan jaminan mutu. Memberikan pelayanan terbaik. 3) Tujuan Usaha Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Menumbuhkan jiwa berwirausaha. Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan. C. Produk Produk kami hanya ada satu dan mempunyai mutu tinggi serta terjamin yaitu telur asin yang kami beri nama AN-Nur. D. Analisis SWOT 1. Faktor internal a) Strengths (Kekuatan) – Harga yang terjangkau.

– Kualitas dan mutu terjamin. – Garansi bila barang rusak (pecah/ retak cangkangnya) b) Weakness (Kelemahan) – Persaingan pasar yang lumayan ketat. – Barang rentan rusak (pecah/ retak cangkangnya) 2. Faktor eksternal a) Opportunities (Kesempatan) – Banyak masyarakat yang membutuhkan telur asin untuk lauk yang mudah didapat – Produk yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

proposal usaha telur asin

b) Threats (Ancaman) – Pesaing – Cuaca – Kualitas dan stok bahan baku/mentah E. Rencana Usaha a) Rencana Jangka Pendek Usaha produksi telur asin yang kami rintis bertujuan untuk menambah pengalaman bisnis, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan.

b) Rencana Jangka Menengah Usaha donat yang kami rintis pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian menjadi seorang pengusaha yang sukses. Pelanggan adalah raja, maka kepuasan pelanggan menjadi hal yang utama bagi kami. Selain itu, kami akan melakukan promosi usaha ini, baik secara lisan, lewat media sosial, dan media lainnya. c) Rencana Jangka Panjang Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan kualitas serta kuantitas dari produk kami.

Diharapkan dengan peningkatan tersebut proposal usaha telur asin kami akan semakin berkembang yang pada akhirnya akan memperbesar dan memperlebar usaha kami sehingga diharapkan dapat dirasakan juga oleh masyarakat sekitar tempat usaha kami. F. Analisis Pasar dan Pemasaran a) Target Pasar Target pasar kami adalah warung-warung yang ada di desa-desa baik itu warung kecil maupun warung besar. Serta warung makan – warung makan yang ada di pinggir jalan dan dipasar. b) Pesaing Usaha telur asin memang sudah banyak pelaku usahanya.

Akan tetapi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi, membuat kami yakin bisa bersaing dengan para pengusaha telur asin lainnya. Terlebih kami punya komitmen untuk menjaga kualitas dan mutu produk kami, serta jaminan garansi apabila terdapat kerusakan pada produk kami. c) Sasaran Pembeli Sasaran pembeli produk kami adalah dari semua kalangan masyarakat umum. Karena hampir semua orang dari anak-anak, remaja, maupun orang dewasa suka mengkonsumsi telur asin baik sebagai hidangan lauk maupun sekedar hanya untuk cemilan yang bergizi.

G. Strategi Pemasaran a) Dari mulut ke mulut b) Dengan media sosial (facebook,twitter,instagram,bbm,dll) c) Pengembangan Pasar (jangkauan pasar yang luas dan merata) d) Pengembangan Produk (peningkatan mutu dan kualitas serta garansi produk) H. Analisis Operasional a) Desain produk Membuat marker brand berupa stempel nama produk pada telur asin.

b) Tempat usaha Tempat usaha adalah rumah sendiri sehingga lebih nyaman dan efisien. c) Pengawasan kualitas Penerapan quality control berupa final inspection pada produk sebelum dilepas ke pasar. I. Analisis aspek SDM Semua kegiatan yang berkaitan dengan usaha kami baik itu berupa kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi sumber daya manusianya proposal usaha telur asin adalah anggota keluarga sendiri.

Tetapi diharapkan nantinya bila usaha kami sudah berkembang, kami dapat melibatkan masyarakat sekitar rumah kami untuk ikut bergabung. J. Analisis aspek finansial a) Harga – Harga grosir untuk mitra proposal usaha telur asin dan rumah makan): Rp 2.500/butir – Harga eceran: Rp 3.000/butir b) Modal awal Dandang besar : Rp 250.000 Kendi besar : Rp 75.000 Stempel produk : Rp 45.000 Abu gosok : Rp 10.000 Garam : Rp 15.000 Telur bebek mentah : Rp 1.250 x 50 = Rp 62.500 Jumlah modal awal : Rp 457.500 K.

Metode Pelaksanaan Program a) Metode pengumpulan data Mencatat segala aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha produksi telur asin ini. Kritik dan saran dari konsumen sangat mendukung kemajuan usaha ini.

b) Metode Analisa Pasar Menganalisa suasana pasar, sehingga tahu langkah apa yang harus diambil jika terjadi masalah. c) Metode penjualan atau pemasaran produk Penjualan, pemasaran, dan penawaran produk akan terus dilakukan sampai pada saatnya anti pasarlah yang meminta produk kami. BAB III PENUTUP Demikianlah proposal usaha produksi telur asin ini. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Allah Swt.

karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal usaha kami. Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.

Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya.
Mencari pekerjaan dimasa sekarang ini merupakan hal yang cukup sulit. Banyak sekali calon pekerja yang berkeinginan untuk bekerja di instansi pemerintahan atau swasta,tetapi lapangan pekerjaan saat ini sangat terbatas, hal ini menyebabkan jumlah pengangguran semakin banyak.

Dilihat dari segi ekonomi individual tentu saja masalah pengangguran itu sangat merugikan karena manusia mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas. Oleh karena itu sebagai calon tenaga kerja, kita harus mampu berpikir kreatif dan inovatif yang mampu membaca peluang serta pandai memanfaatkan peluang tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak terfokus hanya pada satu jenis pekerjaan saja.

Wirausaha merupakan salah satu usaha untuk mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagaian besar kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat banyak, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Salah satu usaha yang mudah dikembangkan yaitu pembuatan telur asin aneka aroma “ SAUY UNAN” karena banyak orang yang mengkonsumsinya. Cara pembuatannya yang relatif mudah, peralatan yang digunakan cukup simpel dan hasil produksi tidak begitu mahal serta potensi usahanya yang sangat tinggi mendorong saya untuk menekuni usaha ini. Usaha pembuatan telur asin adalah salah satu jenis industri makanan yang umumnya berskala mikro dan kecil.

Bahan baku utama yang akan dijadikan telur asin adalah telur itik, sedangkan jenis telur lainnya tidak lazim dilakukan karena kebiasaan dari masyarakat kita yang menganggap telur asin berasal dari telur itik.

Teknologi yang diperlukan untuk memproduksi telur asin secara umum merupakan teknologi yang sederhana. Oleh karena itu perbedaan proses produksi dan kualitas produk telur asin ditentukanberdasarkan cara pengolahannya. Pengasinan telur merupakan salah satu cara penambahan umur simpan telur. Telur asin merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapat dan berharga relatif murah.

Telur asin sebagai bahan makanan yang telah diawetkan mempunyai daya tahan terhadap kerusakan yang lebih tinggi dibandingkan telur mentah. Telur umumnya mengandung protein 13%, lemak 12%, mineral dan vitamin. Selain lebih awet telur asin juga digemari karena rasanya yang relatif lebih lezat dibandingkan telur tawar biasa. Konsumen terbesar produk telur asin adalah masyarakat menengah ke bawah, karena telur asin dapat dijadikan sumber protein hewani yang murah.

Disamping untuk konsumen rumah tangga, konsumenlainnya yang sangat potensial adalah restoran, rumah makan, kapal-kapal laut, rumah sakit, asrama-asrama, perusahaan jasa boga dan sebagainya. Perkembangan proposal usaha telur asin telur asin akan mendorong perkembangan peternakan itik akan berdampak kepada peningkatan pendapatan para peternak itik yang umumnya merupakan masyarakat pedesaan.

Industri telur asin juga dapat mengurangi ketergantungan terhadap sumber protein mahal seperti daging. 4. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menjadi adonan yang kental agar dapat melekat pada kulit telur. Untuk mendapatkan tingkat kekentalan yang tepat, adonan dapat dicoba untuk ditempelkan pada kulit telur.

Apabila adonan tersebut dapat melekat dengan baik dan mudah, bararti tingkat kekentalannya telah tepat. Dalam pembuatan setiap adonan, kadar air yang dibutuhkan disesuaikan dengan tingkat kekeringan media.

Makin tinggi tingkat kekeringannya, maka makin banyak pula air yang diperlukan. Kebutuhan air dinyatakan cukup apabila adonan sudah dapat menempel pada kulit telur. Adonan yang mendapat air dalam jumlah yang kurang ataupun berlebihan, akan mengakibatkan adonan tidak dapat menempel pada kulit telur.

proposal usaha telur asin

d. Peram dalam wadah selama 10-15 hari (setelah 15 hari telur akan mengandung minyak). Semakin lama disimpan kadar garam dalam telur akan semakin tinggi sehingga telur akan semakin awet tetapi rasanya akan semakin asin. Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka. Dengan cara pemeraman ini, sebagian kecil (5%-10%) dari garam akan terserap kedalam telur. Oleh karena itu, bila adonan pembalut akan dipergunakan lagi, maka perlu ditambahkan garam pada adonan tersebut sebanyak 5%-10% dari total berat garam semua.

e. Setelah diras pemeraman cukup waktunya (+/- 10-15 hari ). segera bongkar adonan pembalut pada telur. Agar tidak merusak telur pada saat pengbongkaran, adonan pembalut sebaiknya tambahkan sedikit air hingga adonan yang kering menjadi sedikit basah dan gembur. Dengan demikian, adonan dapat dibongkar dengan lebih mudah dan aman. Setelah itu, pisahkan telur yang baik dan telur yang kurang baik atau kulitnya retak atau memperlihatkan tanda-tanda kebusukan.

f. Telur yang telah diperam selama 15 hari dicuci bersih dengan air sabun, kemudian ditiriskan sebentar, lalu di masak dalam panci dengan kadar air dalam panci secukupnya/ukuran telunjuk ke telur yang paling atas. Telur dalam panci direbus dengan api kecil dan jangan ditutup, jika airnya telah panas maka api sedikit demi sedikit dibesarkan hingga mendidih.

Lama rebusan kurang lebih 45menit agar telur asin tahan hinnga 10 hari (tidak bau). Telur yang sudah masak kemudian ditiriskan kembali. 1. Kebijakan produk (product) a. Mutu Telur asin aneka aroma “ SAUYUNAN ” dibuat dengan cara alami namun bermutu tinggi, lebih tahan lama, dan rasa lebih nikmat karena sudah ditambahkan berbagai bahan beraroma tajam didalamnya.

Pengendalian terhadap kualitas mutu dilakukan setiap melakukan kegiatan produksi yakni dengan memperhatikan bahan baku adonan sebelum proses produksi supaya mutunya lebih terjaga lagi.

b. Merek Pemberian nama merek dilakukan agar konsumen mudah mengingat produk yang dihasilkan. Merek “ SAUYUNAN” ini dibuat secara tidak sengaja, dan hanya asal sebut saja karena keceplosan dalam bicara. Walaupun pemberian namanya hanya asal, tetapi nilai jual dari merek tersebut cukup bagus, karena simpel dan mudah diingat oleh konsumen. c. Tampilan Leaflet dibagikan kepada calon yang berada di sekitar tempat produksi.

Isi leaflet akan menjelaskan keunggulan dari telur asin beraroma ”007” sehingga diharapkan calon konsumen akan tertarik. b. Kemasan/stempel pada kuit telur Stempel akan dibuat semenarik mungkin dan berisi kalimat iklan proposal usaha telur asin menarik sehingga dapat pula berfungsi sebagai media promosi.

c. Manusia Manusia merupakan media yang efektif untuk mengenalkan suatu produk. Dengan perantara orang baik melalui cerita ataupun ajakan, diharapkan konsumen akan lebih tertarik proposal usaha telur asin membeli telur asin beraroma “007”.

Keterangan: Modal awal bisa tertutupi laba setelah ± 5x proses produksi. Dalam satu bulan, proses produksi bisa dilakukan 15x (2 hari sekali memproduksi telur asin) Laba bersih dalam satu bulan (misal produksi dilakukan 15x dalam satu bulan) diperkirakan: = 15 kali produksi X laba bersih tiap proses produksi = 15 X Rp 180.000 = Rp 2.700.000 ASAL USUL UNGGAS DAN KOMERSIAL STOCK (FINAL STOCK) MATA KULIAH TEKNOLOGI PRODUKSI UNGGAS DAN ANEKA TERNAK Oleh : NURKIRMAN NIRM : 04.

2 .15.0 665 DOSEN PEMBIMBING Ir. H. Sudradjat, MS NIP. 19550817 198303 1 039 JURUSAN PENYULUHAN PETERNAKAN SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN (STPP) BOGOR 2016 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pembuatan makalah ini dilatar belakangi oleh keingintahuan kami tentang hal-hal mengenai unggas.

proposal usaha telur asin

Unggas adalah jenis hewan ternak kelompok burung yang dimanfaatkan untuk daging atau telurnya. Yang termasuk unggas antara lain ayam, itik, angsa, burung dan kalkun. Yang paling populer adalah ayam ayam sangat digemari karena karena rasanya enak, mudah dimasak, dan cepat empuk. Saat ini produksi ayam sudah banyak sehingga mudah untuk mendapatkannya. Untuk kalkun sering dihidangkan pada hari raya Natal, atau di Amerika biasa dihidangkan pada hari yang disebut “Thanks Givings Day”. Ayam terbagi 2, yaitu ay SINOPSIS Judul : FERMENTASI JERAMI PADI Fermentasi jerami adalah suatu proses anaerob (tanpa membutuhkan udara) dengan memanfaatkan campuran beberapa bakteri seperti: Mikroba proteolitik, lignolitik, selulolitik dan lipolitik.

Produksi jerami padi sawah di lahan rata-rata 7,85 ton/ha dapat difermentasi menjadi 2,5-3, 5 ton/ha/musim berkurang menyusut dengan rendemen 40-50% Pembuatan starter/mikroba Alat yang digunakan untuk pembuatan starter adalah: - 2 buah drum plastik bervolume 60-80 liter - Pompa/motor sirkulasi 1 unit - Selang/paralon secukupnya Bahan yang diperlukan untuk pembuatan starter adalah berupa : jamur Trichoderma sp, air bersih, Za, TSP, KClTep ung berasGula merah/pasir/tetes, mineral.

PEMBUATAN JERAMI FERMENTASI 1. Alat dan Bahan jerami fermentasi. Alat yang digunakan dalam pembuatan jerami fermentasi adalah: ember, emrat, timbangan, tali plastik, garpu, cangkul, golok, karung dll.

Bahan yang digunakan dalamUSAHA TELUR ASIN NAMA KELOMPOK : PUTRI FEBRIANTANIA M (0610963043) R. YISKA DEVIARANI S (0610963045) SHANTY MESURINGTYAS (0610963059) WIDIA NUR D (0610963067) YOLANDA KUMALASARI (0610963071) PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2009 PENDAHULUAN Pengasinan telur merupakan salah satu cara penambahan umur simpan telur.

Telur asin merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapat dan berharga relatif murah. Telur asin sebagai bahan makanan yang telah diawetkan mempunyai daya tahan terhadap kerusakan yang lebih tinggi dibandingkan telur mentah.

Telur umumnya mengandung protein 13%, lemak 12%, mineral dan vitamin. Selain lebih awet telur asin juga digemari karena rasanya yang relatif lebih lezat dibandingkan telur tawar biasa.

Konsumen terbesar produk telur asin adalah masyarakat menengah ke bawah, karena telur asin dapat dijadikan proposal usaha telur asin protein hewani yang murah. Disamping untuk konsumen rumah tangga, konsumen lainnya yang sangat potensial adalah restoran, rumah makan, kapal-kapal laut, rumah sakit, asramaasrama, perusahaan jasa boga dan sebagainya. Perkembangan industri telur asin akan mendorong perkembangan peternakan itik akan berdampak kepada peningkatan pendapatan para peternak itik yang umumnya merupakan masyarakat pedesaan.

Industri telur asin juga dapat mengurangi ketergantungan terhadap sumber protein mahal seperti daging. PROFIL USAHA Usaha pembuatan telur asin adalah salah satu jenis industri makanan yang umumnya berskala mikro dan kecil. Bahan baku utama yang akan dijadikan telur asin adalah telur itik, sedangkan jenis telur lainnya tidak lazim dilakukan karena kebiasaan dari masyarakat kita yang menganggap telur asin berasal dari telur itik.

Teknologi yang diperlukan untuk memproduksi telur asin proposal usaha telur asin umum merupakan teknologi yang sederhana. Oleh karena proposal usaha telur asin perbedaan proses produksi dan kualitas produk telur asin ditentukan berdasarkan cara pengolahannya. POLA PEMBIAYAAN Pola pembiayaan usaha produksi telur asin berasal dari biaya sendiri. PERSAINGAN DAN PELUANG Upaya yang harus dilakukan adalah menjaga mutu sehingga pelanggan puas dan tidak pindah ke pengusaha proposal usaha telur asin.

Persaingan yang mungkin akan terjadi adalah persaingan untuk mendapatkan bahan baku yang murah, dimana petani itik petelur dapat saja memilih untuk menetaskan telur dibandingkan menjual telur tawar kepada produsen telur asin.

Perluasan pasar dilakukan dengan pencarian pelanggan baru. Untuk mencapai tujuan ini akan memperkerjakan beberapa orang agen pemasaran. Telur asin yang memiliki rasa lezat umumnya memiliki keunggulan pemasaran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan telur asin dengan rasa biasa. Faktor rasa bagi pembeli menjadi hal yang sangat penting, oleh karena itu harus mampu memproduksi telur asin dengan rasa yang lezat agar dapat melakukan penjualan ke luar daerah.

HARGA     Harga bahan baku utama industri ini adalah telur itik tawar yang dibeli dengan harga Rp 550 - Rp 650 per butir. Harga telur asin yang dijual kepada konsumen berkisar antara Rp 750 – Rp 1.000 per butir.

Perbedaan harga ditentukan berdasarkan ukuran telur asin, harga telur proposal usaha telur asin dengan ukuran lebih besar dapat mencapai Rp 100 lebih mahal dibandingkan dengan telur yang berukuran lebih kecil. Daerah penjualan turut mempengaruhi perbedaan harga, harga telur asin di kota-kota besar relatif lebih mahal dibandingkan harga telur asin di kota-kota kecil atau daerah pedesaan. JALUR PEMASARAN Pola pemasaran produk telur asin ini terbagi tiga, yaitu : 1.

Menjual langsung produk ke pasar-pasar setempat. Daerah pemasaran hanya berkisar pada pasar-pasar yang terdapat pada kabupaten yang sama dengan daerah produsen telur asin yang bersangkutan. 2. Memperkerjakan tenaga-tenaga pemasaran di kota-kota besar untuk mendapatkan pesanan dalam jumlah yang besar dan harga yang cukup baik.

Para tenaga pemasaran tersebut akan menjual telur asin ke rumah-rumah makan atau konsumen secara langsung. Kota yang menjadi daerah pemasaran utama untuk produksi telur asin dari wilayah ini adalah DKI Jakarta dan sekitarnya. 3. Pemesanan langsung dari agen-agen penjual telur asin yang berada dari luar daerah produsen telur asin, dimana para agen tersebut akan memasok telur asin ke restoran, kapal dan perkantoran. Dari ketiga jenis pemasaran di atas, untuk pemesanan yang hanya memerlukan angkutan darat semua produk diangkut dengan kendaraan, sedangkan untuk pemesanan lintas pulau menggunakan sarana angkutan udara.

Gb. Skema jalur pemasaran telur asin KENDALA PEMASARAN   Kendala pemasaran yang dihadapi adalah harga bahan baku yang meningkat setiap saat manakala terjadi kegagalan panen padi.

Lonjakan harga bahan baku ini memaksa untuk menaikkan harga, kenaikan harga dapat menyebabkan konsumen beralih ke produk pangan lain. Persepsi masyarakat akan bahaya dari konsumsi garam yang berlebihan. Telur asin yang memiliki kandungan garam yang cukup tinggi menjadi makanan yang cukup dijauhi oleh mereka yang ingin mengurangi konsumsi garamnya.

LOKASI USAHA Lokasi usaha industri telur asin berorientasi pada daerah produksi telur itik sebagai sumber bahan baku utama, yaitu pada daerah persawahan. Wilayah Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon merupakan salah satu sentra industri telur asin terbesar di Jawa Barat, karena pada daerah persawahan yang besar ini terdapat cukup banyak usaha peternakan itik.

FASILITAS PRODUKSI DAN PERALATAN Ruangan proses produksi industri telur asin tidak harus memenuhi suatu standar tertentu, namun diperlukan beberapa ruangan dengan tingkat pencahayaan yang berbeda.

Ruangan untuk melakukan penyortiran dan pencucian telur harus ruangan yang terang, sedangkan ruangan untuk pengasinan telur cukup tertutup dan hangat.

Peralatan yang banyak digunakan dalam proses produksi telur asin adalah ember atau baskom untuk tempat pencampuran adonan dengan telur serta tempat untuk mencuci telur. Adapun peralatan lainnya berupa panci tempat perebusan telur dan kompor. Disamping itu dibutuhkan tempat penyimpanan telur untuk menyimpan telur asin pada proses pengasinan. BAHAN BAKU Bahan baku utama telur asin adalah telur itik yang diperoleh dari peternak lokal dengan cara membeli di tempat peternakan itik.

Untuk menjaga mutu dari telur asin yang dihasilkan, maka bahan baku telur itik berukuran besar, masih segar dan tidak retak. TENAGA KERJA Tenaga kerja yang terlibat dalam industri telur asin sebanyak :   10 orang dengan upah Rp 250.000 – Rp 400.000 per bulan 2 orang tenaga pemasaran dengan upah Rp 500.000 per bulan Jika usaha ini sudah berkembang pesat maka diperlukan tenaga :  Seorang tenaga administrasi untuk mengawasi dan bertanggung jawab terhadap keuangan umum dan pemesanan dengan upah Rp 600.000 per bulan.

 Untuk membina dan menjalin proposal usaha telur asin dengan klien dan bertanggung jawab terhadap keseluruhan kegiatan usaha adalah seorang manajer dengan upah Rp 1.000.000 per bulan. Kecuali untuk manajer, seluruh pekerja tidak diharuskan mempunyai spesialisasi keahlian atau tingkat pendidikan minimum tertentu selama mereka mampu mengerjakan tugas yang telah menjadi tanggung jawabnya.

TEKNOLOGI Telur asin dibuat dengan cara pemeraman, yaitu pembungkusan atau penyalutan telur yang dilumuri dengan adonan pengasin (garam dan tanah liat). Cara pengasinan telur dengan metode pembungkusan dengan menggunakan adonan garam dan tanah liat. PROSES PRODUKSI Diagram alir proses pembuatan telur asin adalah sebagai berikut: Gb. diagram alir proses produksi Proses produksi dengan cara pembungkusan dengan adonan dan pemeraman yang digunakan pada industri telur asin adalah sebagai berikut: a.

Penseleksian telur itik Penseleksian telur itik dilakukan pada saat pembelian telur di peternak itik dimana telur dengan kualitas jelek tidak akan dibeli, yaitu pengamatan kekuatan kulit telur (dites dengan membenturkan dua butir telur satu sama lain) serta pengamatan keutuhan kulit telur (diamati secara visual apabila terdapat keretakan).

b. Pembuatan adonan Adonan yang digunakan dalam proses pemeraman telur itik adalah campuran antara garam, tanah liat atau serbuk bata merah. Garam menjadi bahan pembantu utama karena berfungsi sebagai pencipta rasa asin dan sekaligus bahan pengawet serta dapat mengurangi kelarutan oksigen (oksigen diperlukan oleh bakteri), menghambat kerja enzim proteolitik (enzim perusak protein), dan menyerap air dari dalam telur.

Perbandingan kebutuhan bahan adonan untuk garam dan tanah liat adalah 1 : 3, kemudian dilakukan pengadukan hingga rata dan berbentuk seperti bubur kental. c. Pemeraman Proses perendaman dalam adonan pengasin adalah salah satu faktor penentu derajat keasinan telur asin.

Proses ini diawali dengan memasukkan telur itik yang telah diseleksi ke dalam wadah/ember yang telah berisi adonan. Setelah seluruh lapisan telur tertutup oleh adonan, maka telur tersebut dipindahkan kedalam kotak kayu yang telah disiapkan untuk proses pemeraman selama 10 hari.

Semakin lama dibungkus dengan adonan maka akan banyak garam yang merembes proposal usaha telur asin ke dalam telur sehingga telur menjadi semakin awet dan asin. d. Pencucian Pencucian telur dilakukan dengan tujuan menghilangkan sisa-sisa adonan pengasin yang masih melekat pada telur. Pencucian ini dilakukan dengan cara menggosok kulit telur dengan sikat yang telah dibasahi cairan sabun.

Setelah dicuci diakukan perendaman untuk menjamin hilangnya sisa-sisa adonan proposal usaha telur asin sabun yang masih menempel pada kulit telur.

e. Perebusan Proses perebusan bertujuan untuk mematangkan telur asin mentah. Proses ini dilakukan pada panci perebus dengan kapasitas panci berkisar antara 500 - 1.500 butir untuk sekali rebus. Proses perebusan sendiri dilakukan selama kurang lebih 3-5 jam. Setelah direbus telur asin dapat dikonsumsi hingga 21 hari. f. Penirisan dan Pemberian Cap Setelah dilakukan perebusan, telur asin dikeluarkan dari panci perebus dan dilakukan proses penirisan. Proses ini dilakukan di atas wadah dimana telur diangin-anginkan hingga kering dan tidak terlalu panas.

Proses selanjutnya adalah pemberian cap merek dagang dan kode produksi. g. Penyimpanan Pada tahapan akhir proses produksi, telur asin yang telah diberi cap merek akan dikemas dalam berbagai macam bentuk pengemas, seperti pengemas plastik.

Namun hanya sekitar 25% dari total produksi telur asin dikemas dalam pengemas plastik tersebut. Selanjutnya untuk keperluan pengiriman ke konsumen, sebelum dibawa proposal usaha telur asin mobil pengangkut, dilakukan pengepakan dan penyimpanan dalam kotak-kotak kayu.

JENIS DAN MUTU PRODUKSI Jumlah telur asin yang diproduks tergantung permintaan dan pasokan bahan baku dari peternak itik.

proposal usaha telur asin

Perbedaan harga jual telur asin ditentukan oleh besar kecilnya telur asin, dimana perbedaan harga telur asin untuk ukuran proposal usaha telur asin dan kecil berkisar antara Rp 100 - Rp 200. Konsep jaminan mutu diterapkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Kualitas telur ditentukan oleh : 1. Kualitas bagian dalam (kekentalan putih dan kuning telur, posisi kuning telur, dan ada tidaknya noda atau bintik darah pada putih atau kuning telur), dan 2. Kualitas bagian luar (bentuk dan warna kulit, permukaan telur, keutuhan, dan kebersihan kulit telur).

PRODUKSI OPTIMUM Tingkat produksi ditentukan oleh ketersedian bahan baku. Produksi telur asin sebanyak 150.000 butir per bulan menjadi produksi optimum dengan jam kerja selama 8 jam per hari dan proposal usaha telur asin hari dalam seminggu.

KENDALA PRODUKSI Faktor kritis usaha telur asin ini adalah ketersediaan dan kontinuitas bahan baku, dimana bila terjadi kegagalan panen pasokan bahan telur itik tidak akan cukup.

Oleh karena itu harus mendatangkan telur itik dari daerah lain. Faktor kritis lain terdapat pada waktu penseleksian telur, karena mutu telur yang akan diolah merupakan hal dominan dalam penentuan mutu produk telur asin. POLA USAHA 1. Bahan baku didapatkan dengan cara membeli telur itik ke peternak secara langsung.

Pembelian bahan baku secara langsung dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan kualitas bahan baku yang baik serta menjamin kesinambungan ketersediaan pasokan telur itik. 2. Biaya investasi sebagian besar diperlukan untuk pembelian sarana transportasi, yang terdiri dari satu unit mobil pick up untuk pembelian telur itik, tanah liat dan garam, satu unit mobil boks untuk pengangkutan produk telur asin ke konsumen dan satu unit sepeda motor untuk keperluan operasional lain. 3. Produk yang dipilih untuk usaha ini adalah telur asin yang telah direbus.

BIAYA INVESTASI DAN OPERASIONAL  Biaya investasi yang dibutuhkan pada tahap awal usaha telur asin ini meliputi tanah dan bangunan (jika tidak ada lahan sendiri) serta prasarana angkutan dan peralatan, dengan total biaya sebesar Rp 50.000.000. Komponen terbesar adalah kendaraan (75%) yang terdiri dari mobil pick up untuk sarana angkutan bahan baku telur itik dari peternak, mobil boks untuk sarana angkutan pemasaran telur asin dan sepeda motor untuk operasional harian dan peralatan produksi dan pengemas (25%).

 Biaya operasional pertahun sebesar Rp 120.000.000 dengan asumsi bahwa pada tahun pertama hingga tahun ke tiga usaha ini sudah dapat beroperasi dengan kapasitas 100%. Jadi biaya operasional per bulannya sebesar Rp.10.000.000 (tiap harinya mengeluarkan sekitar Rp 330.000 untuk biaya operasionalnya). PRODUKSI DAN PENDAPATAN Berdasarkan kapasitas yang ada, produksi telur asin per bulan sebanyak 150.000 butir. Dengan harga jual telur sebesar Rp 800 per butir, maka untuk satu tahun produksi untuk memperoleh pendapatan sebesar Rp 1.440.000.000, namun dengan asumsi kerusakan yang ada, maka setiap tahun diperoleh pendapatan sebesar Rp 1.400.000.000.

jadi tiap bulannya diperoleh pendapatan berkisar sebesar Rp 115.000.000 (bruto). ASPEK SOSIAL EKONOMI    Keberadaan usaha telur asin meningkatkan nilai tambah telur-telur itik yang dihasilkan di daerah yang bersangkutan.

Adanya usaha telur asin ini juga mendorong berkembangnya usaha peternakan itik petelur, sehingga peningkatan permintaan telur asin akan meningkatkan pula produk telur itik. Dari segi pemenuhan gizi masyarakat telur asin dapat menjadi salah satu sumber protein yang dapat dijadikan pengganti daging. Dengan harga yang murah dan rasa yang lezat, telur asin akan memiliki pasar yang luas yang tidak saja ditujukan bagi masyarakat menengah kebawah melainkan juga bagi masyarakat menengah ke atas.

Secara umum keberadaan dan pengembangan industri telur asin memberi dampak yang positif bagi wilayah sekitarnya, karena semakin terbukanya peluang kerja serta peningkatan pendapatan masyarakat dan sekaligus peningkatan pendapatan daerah.

Satu unit usaha telur asin mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 12 orang, dengan upah Rp 400.000 - Rp 800.000 per orang per bulan. ASPEK DAMPAK LINGKUNGAN Proses produksi dalam usaha proposal usaha telur asin asin akan menghasilkan limbah padat dan limbah cair.   Limbah padat umumnya berupa sisa-sisa telur yang tidak ikut diproduksi atau sisa-sisa pecahan telur akibat proses produksi yang tidak ditangani dengan hati-hati. Selain itu ada pula limbah padat yang berasal dari sisa-sisa adonan pengasin yang dibuang setelah proses pengasinan.

Limbah-limbah padat ini umumnya tidak berbahaya bagi lingkungan.

proposal usaha telur asin

Penanganan limbah yaitu dengan cara menguburkannya di dalam tanah dimana untuk bahan organik akan terurai menjadi bahan-bahan anorganik unsur hara tanah. Limbah cair yang dihasilkan dari air sisa pencucian telur yang mengandung sabun pada umumnya langsung dibuang ke saluran air tanpa pengolahan terlebih dahulu. Dalam jangka waktu yang lama limbah sabun ini dikhawatirkan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan yang besar, karena itu tindakan pengolahan limbah secara sederhana sepertinya sudah menjadi keharusan.

Penanganan limbah cair yang dihasilkan dari industri telur asin ini yaitu dengan cara pembuatan bak penampung limbah cair sederhana. Related Documents
Contoh Proposal usaha telur asin Usaha Telur Asin haruslah wajib ada sebelum mendirikan suatu usaha.

Wirausaha yang berhasil salah satunya adalah dalam usahanya terencana dan tertata. Cara untuk memfokuskan wirausaha ini, adalah dengan menyusun rencana usaha atau disebut dengan Contoh Proposal Usaha Telur Asin. Gunanya, memberikan informasi yang terperinci, unik dan menarik mengenai usaha yang dikelolanya sehingga dapat memberikan keyakinan dan ketertarikan pihak lain untuk bekerjasama, yang dituangkan dalam bentuk proposal.

Proposal usaha tetap harus dibuat sekalipun bisnis anda dalam skala usaha kecil. Membuat proposal usaha itu penting untuk menopang bisnis yang anda jalankan.

Dengan membuat proposal usaha kecil, usaha akan proposal usaha telur asin menjadi lebih baik. Contoh Proposal Usaha Telur Asin ini bisa dijadikan bahan referensi untuk mulai membuka usaha anda.

proposal usaha telur asin

Bahasa dalam proposal usaha yang anda buat mencerminkan kesungguhan anda dalam bisnis. Itulah sebabnya, kata-kata dan kalimat yang anda susun harus tampak profesional.

proposal usaha telur asin

Begitu pula, tampilan dalam proposal usaha anda harus menggambarkan bidang usaha yang anda tawarkan. Membuat proposal usaha berarti merencanakan kesuksesan sejak dini. Dengan membuat proposal usaha kecil, yang dianggap sebagai bisnis rumahan maka punya peluang berkembang pesat. Internet telah menyediakan semuanya untuk anda yang baru memulai usaha dengan modal kecil. Untuk membuat proposal usaha kecil tidak sulit karena contohnya telah tersedia di internet.

Anda tinggal download Contoh Proposal Usaha Telur Asin. Kreativitas anda diperlukan untuk membuat strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Modifikasi mutlak harus dilakukan agar usaha anda memiliki nilai lebih dari yang lain. Setelah anda memahami garis besar penulisan proposal, baru anda dapat mempelajari contoh-contoh proposal yang ada.

Bila anda hanya memakai contoh proposal yang sudah ada tanpa pernah memahami hal dasar dalam proses penyusunannya, proposal anda hanya akan menjadi proposal yang kosong. Kenapa? Karena isi di dalamnya terkadang tidak sesuasi dengan proposal yang akan anda ajukan. Tapi bila anda benar-benar menyusun proposal berdasarkan analisis yang anda punya, proposal anda akan menjadi menarik dan bagus.

Ketika anda melakukan tanya jawab dengan orang lain anda tidak akan pernah ragu membahas proposal anda dan akan mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan tegas dan proposal usaha telur asin diri karena anda sudah benar-benar mengusai materi. Pengertian Contoh Proposal Usaha Telur Asin adalah penawaran atau permintaan kerjasama usaha secara tertulis seperti jual-beli, permodalan dan lain sebagainya. Contoh proposal usaha ini juga dapat kita artikan sebagai sebuah rencana kerja yang disusun secara sistematis untuk sebuah kegiatan formal yang ditujukan kepada seseoarang atau badan hukum untuk disetujui dan dikabulkan.

Contoh Proposal Usaha Telur Asin berfungsi sebagai alat untuk membantu mengambarkan rencana kerja kita secara keseluruhan, sehingga si penerima proposal dapat lebih mengetahui secara terperinci hal-hal apa yang kita ajukan terkait proposal tersebut. Bila anda yang ingin mendirikan suatu usaha semisal Usaha Kecil Menengah (UKM), sebaiknya anda haruslah melengkapi juga dengan membuat sebuah proposal usaha dalam hal ini yakni sebuah proposal usaha kecil menengah.

Hal ini sangat penting sekali, karena manfaat sebuah proposal usaha sangat besar sekali bila anda dapat memaksimalkan fungsi dari proposal usaha tersebut. Bila anda belum bisa membuat sebuah proposal usaha, anda bisa mencari informasi tentang contoh proposal usaha atau tentang sistematika penyusunan sebuah proposal usaha kecil menengah.

Contoh Proposal Usaha Telur Asin merupakan media komunikasi yang sangat penting bagi seorang pengusaha, karena proposal usaha berfungsi untuk membantu anda dalam menerangkan kepada orang lain khususnya pihak investor tentang usaha yang akan atau sedang anda jalankan. Sebuah proposal usaha tidak hanya berfungsi untuk pengajuan dana ke investor saja tapi sebuah proposal usaha juga berfungsi membantu anda dalam mengidentifikasi pasar serta jenis bisnis atau usaha yang akan anda dirikan.

Sebelum anda membuat Contoh Proposal Usaha Telur Asin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu yang pertama hasil studi kelayakan usaha yang membahas tentang segmen dan target market yang dibidik, yang kedua yaitu kebutuhan investasi atau modal, selanjutnya adalah biaya operasional.

Bila Anda ingin mendirikan suatu Usaha Kecil, Anda tentu membutuhkan dana untuk modal. Terkadang, modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit dan anda tidak mampu mengatasinya seorang diri. Satu-satunya cara adalah dengan membuat proposal usaha dan mengajukannya pada pihak investor sehingga anda mendapat bantuan atau pinjaman berupa dana untuk modal usaha. Fungsi proposal usaha adalah untuk memberi gambaran pada pihak investor tentang usaha kecil atau bisnis yang akan anda jalankan.

Semakin baik dan semakin jelas suatu proposal, maka pihak investor biasanya tidak akan ragu untuk menginvestasikan sejumlah uang untuk usaha kecil anda. Contoh Proposal Usaha Telur Asin merupakan suatu rangkuman rencana usaha dan gagasan pemikiran yang bersifat realistis. Proposal usaha sangat membantu kita dalam berwirausaha.

Manfaat proposal usaha telur asin Contoh Proposal Usaha Telur Asin diantaranya yaitu berguna untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang nyata, membantu wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategi yang, diharapkan dari sudut pandang pihak lain serta membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dijalaninya.

Bagaimana caranya memulai suatu usaha supaya dapat berhasil dan sukses ? Pertanyaan ini seringkali muncul kepada para pengusaha. Namun demikian, belum pernah ditemukan jawaban yang pasti. Pada umumnya keberhasilan suatu usaha tergantung pada kemampuan untuk menemukan peluang dalam pasar dan mengelola sumber-sumber daya yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang menarik bagi pelanggan serta mengambil resiko-resiko yang ada.

Seorang pengusaha dengan ide bisnis yang baik belum tentu menjamin keberhasilan suatu usaha. Untuk memulai suatu usaha tentunya tidak terlepas dari masalah perencanaan.

Ide bisnis yang ada harus dikembangkan dalam bentuk rencana usaha meskipun usaha yang akan dibuka sangat sederhana. Dalam pikiran pengusaha, meskipun perencanaan tersebut tidak tertulis, pasti sudah ada jawaban atas berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan usaha, misalnyausaha yang akan dibuka, mengapa memilih usaha tersebut, dimana lokasinya, siapa konsumennya dan sebagainya.

Jadi pada dasarnya perencanaan atau Contoh Proposal Usaha Telur Asin merupakan faktor yang sangat penting dalam memulai suatu usaha. Contoh Proposal Usaha Telur Asin yang baik adalah contoh yang mampu menjelaskan isi dan tujuan dari proposal itu sendiri dan disusun secara sistematis dengan penggunaan kata yang tepat dan tidak membingungkan, dan dilengkapi dengan perincian anggaran dana, biasanya proposal digunakan sebagai penggalang dana untuk sebuah usaha. Penulisan Contoh Proposal Usaha Telur Asin ada tata cara dan kode etik yang harus di perhatikaan sehingga kesalahan dalam penulisan proposal usaha atau proposal bisnis dapat dikurangi sedangkan untuk menghindari kesaahan-kesalahan tersebut di sini akan kami paparkan bagaimana, tata cara menulis proposal usaha atau proposal bisnis yang baik, sehingga kesalahan tersebut dapat di minimalisir diantaranya yaitu tulislah proposal usaha atau proposal bisnis secara jelas, singkat, padat, lalu buatlah komentar yang baik dan benar, hadapi tantangan yang mungkin muncul, serta pemakaian gambar-gambar di dalam proposal usaha harus menggunakan gambar yang bagus dan mudah dipahami.

Sebelum memulai sebuah usaha, Contoh Proposal Usaha Telur Asin menjadi satu elemen penting yang perlu disusun sehingga memudahkan dalam mencari dan mendapatkan modal operasional bisnis kita. Contoh proposal yang baik dan benar, laporan proposal untuk membuka usaha, telah menjadi alat komunikasi yang tak terbantahkan proposal usaha telur asin para wirausahawan untuk menjelaskan profil usaha yang akan digarapnya. Wirausahawan harus dapat mencerminkan pribadi di dalam pembuatan Contoh Proposal Usaha Telur Asin yang dibuat.

Seorang wirausahawan untuk mengerjakan semua itu harus original dan tentunya berbeda cara menyusunannya, dan tidak sekedar menyalin proposal usaha dari orang lain. Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang berupa gambar semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru.

Pembuatan contoh proposal tidaklah mudah, karena sebelum membuat kita perlu melakukan beberapa survey dan penelitian dari segala segi sehingga bisa terperinci dari banyak faktor. Tempat yang strategis sangat membantu untuk membuat usaha. Harus pula dipastikan bahwa pemaparan peluang usaha yang tertuang dalam sebuah proposal telah menerangkan peluang yang terbuka lebar, seperti halnya hal yang mebuat usaha tersebut merupakan benar-benar spesial, dan memiliki perbedan dengan para kompetitor.

Hal-hal yang membedakan usaha yang hendak anda bangun tersebut dengan usaha-usaha serupa lainnya, dapat berupa lokasi usaha, penggunaan teknologi yang tepat, serta ide yang belum pernah terjamah proposal usaha telur asin ini. Hal seperti inilah yang harusnya dituangkan dalam sebuah proposal yang dibuat tersebut. Contoh Proposal Usaha Telur Asin dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam membuka bisnis rumahan dan anda perlu contoh proposal usaha yang benar agar dapat menjamin bisnis berjalan lancar.

Karena dengan membuat contoh proposal anda bisa menarik datangnya investor bagi usaha yang sedang anda jalani saat ini. Agar calon investor itu tertarik untuk berinvestasi pada usaha anda, maka sebaiknya contoh proposal yang anda buat haruslah sebaik mungkin dan bisa membuat orang lain sedemikian percaya.

Bagi Anda yang mau membangun usaha Telur Asin, baik itu dalam skala proposal usaha telur asin ataupun yang berskala besar dan Anda masih membutuhkan dukungan modal dari investor lain, maka Anda akan membutuhkan Contoh Proposal usaha telur asin Usaha Telur Asin proposal usaha telur asin berbobot agar Investor mau menginvestasikan dananya untuk usaha Telur Asin yang Anda usulkan.

Proposal Usaha Telur Asin menjadi syarat utama yang harus kita berikan ke para investor karena Proposal Usaha Telur Asin sendiri telah menjadi media komunikasi penting bagi para wirausahawan untuk menerangkan profil usaha Telur Asin atau bisnis Telur Asin yang akan dikembangkan. Para wirausahawan harus dapat mereflesikan gambaran usaha Telur Asin atau prospek baru usaha Telur Asin yang akan dikembangkannya dan sekaligus mencerminkan pribadi di dalam pembuatan proposal usahanya.

proposal usaha telur asin

Fungsi proposal usaha Telur Asin sangat vital karena kondisi dimana kemampuan finansialmanajemen ataupun faktor2 usaha lain dapat diatasi dengan mempertimbangkan Proposal Usaha Telur Asin sebagai bahan indicator kesuksesan usaha Telur Asin.

Sebagai bahan indikator kesuksesan usaha Telur Asin nantinya. . Sebagai contoh, berikut bisa anda simak Contoh Proposal Usaha Telur Asin.

Pembuatan telur asin




2022 www.videocon.com