Mesin perontok padi sederhana

mesin perontok padi sederhana

Mesin Perontok Padi Mesin perontok padi adalah alat untuk merontokkan padi dari batang jeraminya. Kalau dulu untuk merontokkan padi dengan cara digebukkan ke dalam kayu. Maka dengan menggunakan Mesin Perontok Padi ini, anda cukup memasukkan padi ke dalam Mesin Perontok Padi yang dapat berjalan sendiri. Memang untuk merontokkan padi ada yang menggunakan pedal dengan sistem perontok rotary yang hampir sama dengan model kami.

Namun dengan sistem pedal, tentunya kapasitas terbatas, dan sangat bergantung kepada kekuatan pekerja. Dan dengan mesin perontok padi yang sekarang, operasional mesin cukup sederhana, cukup dengan memegang bagian ujung gagang jerami padi.

Kemudian ditempelkan ke dalam gerigi perontok padi, maka padi akan terontok sempurna. Mesin ini disediakan juga tempat menaruh batang padi yang siap dirontokkan, sehingga jarak waktu antara perontokan pengambilan bahan baku cepat. Dengan adanya sebuah teknologi pertanianbisa untuk memudahkan para petani maksudnya adalah para petani tidak sangat terbantu dari segi tenaga, karena juga yang dahulu akan dikerjakan menggunakan atau memakai tenaga dari manusia mesin perontok padi sederhana sebagian juga pekerjaan tersebut akan dikerjakan dengan tenaga mesin.

Mesin perontok padi ini yang akan paling banyak digunakan atau di pakai oleh para petani adalah mesin padi yang power tresher, hal ini akan dikarenakan mesin tersebut akan sangatlah simple dan juga dengan mudah di berpindah dari sawah yang satu dengan yang lain karena difasilitasi dengan adanya roda seperti contohnya gerobak.

mesin perontok padi sederhana

Combine harvester adalah salah satu tipe pada mesin panen yang menjadi kegiatan memotong, memegang, merontok dan juga membersihkan yang akan dilakukan atau di gunakan sekaligus. Mesin combine harvester dioperasikan dengan oleh dua orang operator, satu operator akan bertugas mesin perontok padi sederhana mengendalikan agar mesin combine harvester, operator yang lain juga akan bertugas memegang karung pada saat akan memasukkan gabah ke dalam karung.

Tipe combine harvester ini berdasarkan dengan cara perontokannya dibagi menjadi dua macam, yaitu tipe whole feeding dimana semua hasil akan potongan (jerami dan juga padi) akan masuk ke dalam di bagian perontokan ( thresher). Tipe whole feeding digunakan atau di pakai untuk memanen gandum, kemudian akan berkembang dan juga diadopsi untuk bisa memanen padi, serta juga tipe Head feed type combine harvester, mesin panen padi dimana hanya akan bagian malainya yang masuk ke dalam bagian perontok ( thresher).

Dan juga sedangkan jerami akan dijepit oleh pada di bagian pembawa ( conveying). Bagian-bagian dari Combine Harvester dan fungsinya : Header Unit, ini terdiri atas beberapa pengarah ( reel guide) dan juga pisau pemotong ( cutter bar). Reel guide atau juga pengarah batang padi yang berfungsi untuk bisa mengarahkan batang padi ke sistem pemotong ( cutting). Selain itu juga bisa memegang batang padi supaya ke dalam posisi tegak selama proses pemotongan. Komponen ini akan pengarah ini sangat juga bisa membantu ke dalam keberhasilan proses pemotongan batang padi.

Sedangkan pisau pemotong ( cutter bar) juga berfungsi sebagai memotong batang padi. Pisau yang akan di pakai atau digunakan dirancang khusus agar bisa mampu menahan gaya pantulan yang bisa ditimbulkan oleh batang padi. Conveyor Unit, juga berfungsi untuk akan membawa hasil pemotongan batang padi ke dalam bagian mesin perontok ( thresher unit). Komponen perontok ( T hresher Mesin perontok padi sederhana, berfungsi untuk bisa memisahkan antara butir gabah dari malainya.

Proses pemisahan juga dikarenakan adanya efek tumbukan antara malai padi dengan gigi perontok pada bagian thresher. Pada pengoperasiannya melakukan kecepatan putar drum thresher diatur dengan antara 600-800 rpm.

Hal ini akan untuk meminimalkan kerusakan dan juga kehilangan butiran gabah pada proses perontokan.

mesin perontok padi sederhana

Kecepatan pada putaran drum thresher yang lambat dapat juga mengakibatkan kehilangan ( loss) yang sangat tinggi karena gabah tidak akan terontok, sebaliknya jika drum thresher itu terlalu tinggi akan juga bisa mengakibatkan kualitas di gabah hasil rontokan yang jelek karena banyak gabah yang pecah atau juga patah. Pemisah dan Pembersih ( c leaner and s eparator) berfungsi juga untuk memisahkan dan juga mesin perontok padi sederhana butiran gabah dengan jerami setelah dalam proses perontokan.

Proses pemisahan ini akan dilakukan untuk memisahkan mesin perontok padi sederhana gabah masak ( mature grain) yang akan diinginkan dari sekam, jerami, debu dan juga kotoran, memisahkan biji gabah masak ( mature grain) terhadap pada biji gabah tidak masak ( immature grain). Proses ini pembersihan akan di laksanakan atau dilakukan setelah akan perontokan padi oleh thresher.

Dengan menggunakan atau memakai hembusan udara dari blower akan juga membersihkan butiran gabah ( mature grain) dari jerami, kotoran dan juga butiran gabah yang akan tidak matang ( immature grain). Untuk bisa agar mendapatkan tingkat kebersihan yang sangat baik, kecepatan putaran kipas pada blower sebaiknya lebih sebesar 70-300 rpm dan juga kecepatan angin pada outlet juga sebesar 4-8 m/s.

Grain Output, merupakan sebuah bagian tempat keluarnya gabah bersih hasil pembersihan di dalam cleaner dan juga separator. Main Frame, merupakan sebuah bagian kerangka utama dari combine harvester tempat yang terpasangnya berbagai komponen-komponen combine harvester. Transportation Unit, merupakan sebuah posisi bagian yang mempunyai berfungsi untuk beroperasinya combine harvester di lahan. Driving Panel, sebuah bagian ini kontrol pengoperasian combine harvester di sebuah lahan untuk mengendalikan atau mengontrol kecepatan, belok dan juga akan mengatur tinggi rendahnya pada bagian di header unit.

Engine, adalah mempunyai sumber penggerak utama untuk bisa mengoperasikan pada di seluruh komponen-komponen combine harvester dari mulai menggerakkan atau menghidupkan t ransportation u nit, h eader u nit, Conveyor u nit, thresher u nit mesin perontok padi sederhana juga c leaner and s eparator.

Kanopisebagai tempat pelindung dari operator dari pancaran sinar matahari. Model Dan Spesifikasi Mesin Perontok Padi Rumah Mesin 1. Spesifikasi Mesin Perontok Padi Otomatis K 250 Mesin Perontok Padi Otomatis K 250 Kapasitas : 100 Kg – 250 Kg / Jam. Bahan Tabung Perontok : Plattezer 1,2 mm. Bahan Gigi Perontok : AS Berdiameter 12 mm. Penggerak : Motor Bensin. Daya ( Power ) : 5,5 HP.

Energi Yang Digunakan : Bensin. Rangka : Besi Siku. Dimensi Mesin : 1200 mm x 600 mm x 1400 mm. Dilengkapi : Kipas 12 Inch Dilengkapi Dengan : Roda Aplikasi / Penggunaan : Untuk merontokkan buliran padi, kedelai, dan kacang tanah dari batangnya ( Jerami / Tanaman Padi ) secara otomatis dan cepat. ? Kelebihan Mesin Perontok Padi Dari RUMAH MESIN • Penggunaan mesin sederhana dan mudah digunakan • Kualitas hasil perontokan padi bagus, terontok lebih dari 90% • Pisau rontok padi terbuat dari pelat plat besi atau stainless, hingga awet • Tabung pelat besi cukup tebal • Mesin ini juga bisa dipakai untuk merontokkan kedelai, juga untuk jagung.

Hanya bedanya untuk jagung harus tidak semaksimal kedelai atau padi. Keunggulan Alat Perontok Padi Manual Dari RUMAH MESIN • Tidak Memerlukan Bahan Bakar ( Hemat Dan Ramah Lingkungan). • Sistem Operasional Sederhana, Mudah Dipahami, Sehingga Sangat Mudah Untuk Digunakan. • Sistem Mobile ( Praktis Dan Fleksibel ), Bisa Dibawa Kemana-Mana. • Mampu Merontokkan Padi Dengan Baik, Yakni Mencapai Diatas 90% Bulir Padi Terontokkan Dari batangnya.

• Aman • Efektif • Efisien Alat Perontok Padi Manual Selain mesin perontok padi yang kami produksi dengan menggunakan mesin penggerak, kami menyediakann Alat perontok padi manual. Sistem kerja alat ini dilakukan secara manual model pedal atau dengan mengayuhnya memakai pedal.

Kelebihan alat ini adalah tidak membutuhkan bahan bakar lain selain dari kayuhan pedal oleh petani itu sendiri. Alat perontok padi manual ini memang sangat cocok untuk daerah yang memiliki sumber bahan bakar yang terbatas. Sehingga penting juga memakai model ini untuk kesinambungan panen padi. Jerami Padi sebagai bahan Pakan Ternak Padi hasil panen yang dirontokkan oleh mesin perontok padi sederhana perontok padi, akan menghasilkan jerami padi.

Jerami padi, selama ini hanya ditumpuk dan dibakar sebagai alat mesin perontok padi sederhana penggemburan lahan sawah. Namun ternyata selain cara itu, jerami padi akan jauh bermanfaat jika digunakan sebagai bahan pakan ternak. Di daerah Bantul Yogyakarta dan sekitarnya, pemanfaat jerami padi untuk pakan ternak sangatlah maksimal. Jerami baru panen, biasanya langsung diberikan kepada ternak, khususnya sapi. Selain itu, karena melimpahnya jerami padi, biasanya ditumpuk sebagai cadangan pakan ternak.

Agar jerami padi tersebut bisa dimaksimalkan untuk pakan ternak, maka langkah fermentasi jerami padi adalah langkah yang tepat dan efisien. Dan berikut cara mudah fermentasi jerami padi untuk pakan ternak. Cara Membuat Pakan Ternak dengan Fermentasi Jerami Padi Cara membuat pakan ternak dengan fermentasi jerami memakai SOC (Suplemen Organik Cair). Semisal seperti Starbio atau EM4 untuk hasil yang lebih cepat. Persiapan Fermentasi jerami padi : • Langkah pertama adalah dengan menyiapkan tempat yang aman yang terlindung dari sinar matahari langsung, curahan air hujan, dan genangan air.

• Sejumlah 1 ton jerami kering • Siapkan molases (tetes tebu sisa proses gula), kalau tidak ada bisa digantikan dengan gula pasir • SOC (Suplemen Organik Cair) • Siapkan air secukupnya • Ember-ember • Terpal atau plastik yang cukup kuat untuk memeram jerami.

• Gayung penyiram air Tahapan Fermentasi Jerami Padi untuk Pakan Ternak • Persiapkan jerami kering hasil panen yang sudah dipotong–potong. Untuk lebih praktis dan cepat bisa menggunakan alat bantu berupa mesin pencacah jerami.

mesin perontok padi sederhana

• Persiapkan ember yang sudah diisi air, campurkan molases ( tetes tebu ) / gula pasir, dan juga SOC (Suplemen Organik Cair). Kemudian aduk semua campuran tersebut hingga benar-benar tercampur rata.

• Langkah selanjutnya menggelar dan menumpuk jerami dengan tinggi 15 – 20cm. • Berikutnya semprotkan atau siram campuran air, molases, dan SOC pada jerami sembari diinjak-injak dan dibalik-balik. Jangan lupa untuk menyemprotkan secara merata, sampai jerami benar–benar basah. • Setelah proses penyemprotan selesai, jerami bisa ditutup rapat dengan plastik tebal atau mesin perontok padi sederhana.

• Cegah udara masuk dengan mengikat dengan kuat dan rapat. • Selanjutnya biarkan tumpukan jerami selama sekitar 12 – 15 hari agar proses penguraian serat jerami padi terjadi secara alamiah. Dalam proses ini memang dibutuhkan waktu yang cukup supaya padi benar-benar lapuk dan nutrisinya bisa bertambah. Dengan begitu kualitas jerami padi menjadi meningkat sebagai pakan ternak dan nutrisinya dapat terserap dengan baik.

• Jika sudah melewati 12 – 15 hari, maka jerami siap diberikan sebagai pakan pada hewan ternak. Disarankan untuk terlebih dahulu hasil fermentasi jerami padi diangin-anginkan sebentar.

Fungsinya untuk menghilangkan gas metan yang tersisa, dan baru kemudian bisa langsung diberikan pada hewan ternak Anda. Semoga bermanfaat 🙂 Informasi dan Pemesanan Mesin Perontok Padi Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda. Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta. Call Center : 0274 287 1809. SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411. XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313. MENTARI : 081 mesin perontok padi sederhana 9383.

mesin perontok padi sederhana

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Perontok Padi untuk mempermudah proses perontokan bulir padi dari jerami atau tanaman padi. Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Perontok Padi. Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami. Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda. Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa?

Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda. Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control. Mesin yang anda pesan juga bisa anda coba terlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan mesin perontok padi sederhana. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.

This entry was posted in and tagged alat perontok padi, alat perontok padi sederhana, harga alat perontok padi, harga mesin perontok padi, harga perontok padi, jual alat perontok padi, Jual Mesin Perontok Padi, jual perontok padi, Mesin perontok padi, mesin perontok padi sederhana, padi, perontok padi. • Mesin perontok padi sederhana • Industri 1 • Alat Pengikat Kardus • Alat Pres Plastik • Blender Serbaguna • Box Dryer • Grinder Kopi • Mesin Bubut Kayu • Mesin Carton Sealer • Mesin Coding • Mesin Daur Ulang Kertas Seni • Mesin Evaporator Vakum • Industri 2 • Mesin Filling Cup • Mesin Gula Semut • Mesin Induksi Sealer • Mesin Jahe • Mesin Label • Mesin Laminasi • Mesin Pemecah Batu • Mesin Pencacah Mesin perontok padi sederhana Sawit • Mesin Pengepakan • Mesin Pengiris Obat Herbal • Industri 3 • Mesin Pengisi Cairan • Mesin Pengolahan Bambu • Mesin Pengolahan Batako • Mesin Pengolahan Jamur • Mesin Penutup Botol • Mesin Potong Batu Gunung • Mesin Skin Packager • Mesin Takoyaki • Mesin Vacuum Drying • Mesin Peleleh Plastik • Industri 4 • Solar Dryer Dome • Mesin Porang • Mesin perontok padi sederhana • Mesin Pengolah Sabut Kelapa • Mesin Pengolahan Air Kelapa • Mesin Pengolahan Daging Kelapa • Mesin Pengolahan Tempurung Kelapa • Makanan • Makanan 1 • Alat Pemanggang Listrik • Alat Pengukus Makanan • Burner Kebab • Cetakan Crepes Listrik • Deep Fryer • Mesin Gas Griddle • Mesin Giling Bumbu Dapur • Mesin Oven Pengering Makan • Mesin Parut Multifungsi • Mesin Pembuat Wafel • Makanan 2 • Mesin Penepung • Mesin Penepung Bumbu • Mesin Pengaduk Bumbu Kering • Mesin Pengaduk Dodol • Mesin Pengolah Buah Dan Sayur • Mesin Pengolahan Daging • Mesin Pengolahan Ikan • Mesin Pengolahan Mie • Mesin Pengolahan Tempe • Mesin Peniris Minyak • Makanan 3 • Mesin Perajang Keripik Pisang • Mesin Popcorn • Mesin Vacuum Frying • Rice Cooker Besar • Roti Dan Kue • Showcase • Minuman • Alat Peras Jeruk • Dispenser Jus • Mesin Es • Mesin Kopi Otomatis • Mesin Pembuat Jus • Mesin Peras Tebu • Mesin Susu Kedelai • Termos Air Panas • Limbah • Mesin Pencuci Limbah Plastik • Mesin Pengolahan Limbah Organik • Mesin Press Hidrolis • Perikanan • Mesin Pengolahan Pakan Ikan • Mesin Pengolahan Rumput Laut • Perkebunan • Perkebunan 1 • Alat Pembelah Durian • Mesin Destilasi Minyak Atsiri • Mesin Pengolahan Cengkeh • Mesin Pengolahan Kakao • Mesin Pengolahan Kayu • Mesin Pengolahan Kemiri • Mesin Pengolahan Kopi • Mesin Pengolahan Lada • Mesin Pengolahan Mete • Mesin Pengolahan Pala • Perkebunan 2 • Mesin Pengolahan Sagu • Oven Pengering Rempah Rempah • Pertanian • Mesin Pengolah Bawang • Mesin Pengolahan Jagung • Mesin Pengolahan Kacang Tanah • Mesin Pengolahan Kedelai • Mesin Pengolahan Padi • Mesin Pengolahan Singkong • Mesin Pengolahan Tembakau • Peternakan • Mesin Pembuat Pakan Ayam • Mesin Pembuat Pelet • Mesin Pencabut Bulu Ayam • Mesin Pencacah Rumput • Mesin Pengaduk Pakan Ternak • Mesin Press Pakan Ternak Polar • Masuk • Subscribe • Mesin perontok padi sorong merupakan produk dari Kembar Teknika dengan desain yang sederhana namun mempunyai fungsi yang luar biasa.

Mesin ini akan memudahkan anda dalam memanen tanaman padi anda. Anda tidak perlu menggunakan cara tradisional yang memerlukan tenaga extra anda. Anda hanya perlu memasukkan tanaman padi anda kedalam lubang yang sudah tersedia pada mesin tersebut sesuai kapasitas maka gerigi-gerigi yang ada didalam mesin akan siap merontokkan padi dengan cepat.

Mesin ini bekerja sangat optimal yang akan memberikan anda hasil yang maksimal karena dapat menghasilkan padi ± 800 kg/jam proses. Kelebihan lain dari mesin perontok padi ini adalah mesin ini sangat fleksibel. Anda dapat memindahkan mesin ini sesuka hati anda kemanapun yang anda inginkan karena perontok padi ini sudah dilengkapi dengan 2 (dua) buah roda yang berada di samping.

Dengan adanya mesin ini, efisiensi waktu, biaya dan tenaga yang akan anda dapatkan. Kualitasnya juga sudah tidak diragukan lagi karena ditangani oleh tenaga ahli di bidangnya. Terlebih lagi, kami selalu menguji mesin kami terlebih dahulu sehingga layak pakai dan tidak mengecewakan pelanggan.

Selain kualitasnya yang sudah sangat terjamin, harganya pun sangat terjangkau. Untuk informasi tentang produk dan pemesanan silahkan hubungi kami di 082137573003. Percayakan kebutuhan pertanian anda hanya kepada Kembar Teknika. Kami tunggu pesanan anda
cara membuat mesin perontok padi sederhana – Di kala semua alat bantu kerja manusia dibuat semakin memudahkan, kami selaku Pengrajin Alat Pertanian pun ikut terpanggil untuk mengetengahkan peralatan pertanian yang lebih canggih, khususnya di bidang usaha penggilingan beras; yaitu di aset mesin penggilingan padi dan poles beras.

Moderenisasi alat pengupas padi di beberapa provinsi dan kota-kota besar seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Papua, Kalimantan, Sumatera, Aceh, Jakarta, Jambi, Maluku, serta kota produksi beras berkembang seperti di kota Solo, Sukoharjo, Surabaya, Semarang, Indramayu, Yogyakarta, Demak, Temanggung, Purwodadi, Purbalingga,dll kini makin diperhatikan.

mesin perontok padi sederhana

Terbukti dengan semakin meningkatnya hasil produksi beras di wilayah tersebut. cara membuat mesin perontok padi sederhana Semisal Anda mempunyai usaha beras atau selepan gabah, tentu paham bahwa kebutuhan pasar terkait beras putih dan bersih sangat banyak. Untuk memproses itu semua tentu dibutuhkan alat mutliguna yang sanggup memproduski beras skala besar serta membersihkan kotoran sisa kulit padi yang sering tertinggal. Sebagai seorang pebisnis beras, tentu Anda menginginkan agar produksi dan distribusi beras yang Anda kelola berjalan dengan lancar, cepat dan baik.

Inilah sebabnya, kami; ATEKA TEKNIK SURAKARTA menghadirkan perlengkapan selepan padi atau poles beras beserta sparepartnya.

Penggilingan padi yang kami cetak, insyaAllah mampu pengupas padi dengan hasil yang sangat bagus, cepat, serta dapat bertahan lama. Dengan adanya mesin penggiling padi terbaru saat ini yang menggunakan mesin elevator pada tenaga penyedot berasnya, atau yang biasa di sebut robot gilingan padi atau eskalator, tentu sangat membantu sekali dalam mempercepat penggilingan padi.

Dan tentunya dapat menekan biaya tenaga pengoperasian hingga 50% lebih irit karena hanya membutuhkan 1 operator saja, dibandingkan kalau gilingan padi tanpa elevator.

Penggilingan padi metode lama, membutuhkan beberapa operator karena harus mengangkat gabah dan meletakkannya di atas mesin selep.

Saat ini, dengan mesin yang kami produski maka karyawan Anda tidak perlu lagi repot mengangkat gabah ke atas. Cukup dimasukkan tempat yang tersedian di bagian bawah, maka mesin mesin perontok padi sederhana otomatis mengangkut ke mesin perontok padi sederhana dan memprosesnya hingga menjadi beras berkualitas yang bersih tanpa kotoran.

Gilingan Padi Sistem Otomatis Dalam penjemuran padi basah pun Anda sudah tidak perlu bersusah payah mencari tenaga bantu terlalu banyak dan tidak perlu berhari hari bahkan berminggu minggu waktu penjemuran, karena sekarang juga sudah ada OVEN PENGERING PADI. Anda hanya memerlukan 1-2 operator dan tenaga angkut saja sudah cukup. Dengan memakai mesin oven otomatis, Anda hanya perlu menunggu 10-12 jam saja untuk mendapatkan padi kering siap di selep.

Dan ini jelas bisa memangkas banyak sekali biaya operasiaonal dan mempercepat produksi beras anda. Silahkan Lihat Video Di Bawah Ini Untuk Melihat Kinerja Alat Produk Kami Ateka Teknik Surakarta 1 .video pengering padi/dryer 2.video selapan padi 3,kinerja alat penggilingan padi ateka teknik Jika Video Di Atas Terlihat Setengah Gambar Atau Tidak Bisa Di Putar,Silahkan Kunjungi Galleri Video Di Chanel Video Kami Dengan Cara Klik Link Di Bawah Ini: Gilingan Padi Sistem Mobil Sebagai upaya menjemput rejeki dan mempermudah masyarakat saat menyelepkan padi, sebagian orang lebih senang dengan sisetem Selepan Berjalan.

Selain tidak membutuhkan ruang dan tempat yang tentu memakan biaya mahal, mesin pengupas kulit padi menggunakan mobil lebih mudah menjangkau banyak tempat; yang tentu berimbas dengan banyaknya orang yang turut menyelepkan padi.

- Apapun kebutuhan Anda terkait pemasangan mesin selep dalam ruangan, selepan keliling, mesin perontok padi, atau pernak pernik yang berkatian dengan mesin selep padi dan alat pertanian, silahkan hubungi Customer Service kami. Alhamdulillah kami sudah berpengalaman dalam menangani berbagai hal di bidang jasa pembuatan dan pemasangan mesin penggilingan padi yang sistem mobil maupun di ruangan di kota-kota besar di Indonesia dengan budget yang terjangkau dan cukup murah.

Untuk pemesanan dan informasih lebih lanjut, silakan hubungi kami di nomor: 0852-9039-5109 Jika Anda menggunakan smartphone, klik tombol berikut agar lebih mudah terhubung dengan kami: Untuk mendapatkan GRATIS konsultasi jasa pemasangan selepan padi, silahkan kontak kami dengan menyertakan foto ruangan atau gilingan padi Anda beserta alamat lengkap agar bisa kami membantu survey dan memahami kebutuhan Anda.

Segera ambil kesempatan emas ini, sebelum didahului oleh rival bisnis Anda. Jangan sampai Anda menyesal karena menyia-nyiakan informasi berharga ini; dan didahului oleh pesaing Anda. Related Posts • servis gilingan padi di Kota Cimahi servis gilingan padi di Kota Cimahi – Di saat semua alat produksi dituntut semakin modern, kami selaku Produsen Mesin Selep Modern pun ikut tergerak untuk mendesain peralatan pertanian yang lebih multiguna, khususnya di bidang usaha penggilingan beras; yaitu di aset mesin penggilingan padi dan poles beras.

Kemajuan alat pengupas padi di beberapa … • PRODUSEN SELEPAN MOBIL di Buaran Pekalongan SECOND PRODUSEN SELEPAN MOBIL di Buaran Pekalongan SECOND – Di tengah canggihnya kemajuan zaman, kami selaku Produsen Mesin Giling Padi pun ikut tergugah untuk membuat peralatan pertanian yang lebih canggih, khususnya di bidang usaha pengolahan beras; yaitu di aset mesin penggilingan padi dan poles beras.

Moderenisasi alat selepan padi di beberapa provinsi dan kota-kota besar … • PENGRAJIN GILINGAN PADI di Dempet Demak BARU PENGRAJIN GILINGAN PADI di Dempet Demak BARU – Di tengah zaman yang serba praktis, kami selaku Pabrik Mesin perontok padi sederhana Alat Pertanian pun ikut tergugah untuk memproduksi peralatan pertanian yang lebih praktis, khususnya di bidang usaha produksi beras; yaitu di aset mesin penggilingan padi dan poles beras.

Moderenisasi alat penggiling padi di beberapa provinsi dan kota-kota … • produksi selepan padi di Kabupaten Lumajang paling bagus produksi selepan padi di Kabupaten Lumajang paling bagus – Semakin majunya zaman, kami selaku Produsen Mesin Selep Modern pun ikut tertantang untuk memproduksi peralatan pertanian yang lebih modern, khususnya di bidang usaha produksi beras; yaitu di aset mesin penggilingan padi dan poles beras.

Moderenisasi alat pengupas padi di beberapa provinsi dan kota-kota besar seperti … • pengrajin dryer padii di Kota Cirebon pengrajin dryer padii di Kota Cirebon – Di saat semua alat produksi dituntut semakin modern, kami selaku Pabrik Pembuatan Alat Pertanian pun ikut tertantang untuk membuat peralatan pertanian yang lebih multiguna, khususnya di bidang usaha penggilingan beras; yaitu di aset mesin penggilingan padi dan poles beras.

Kemajuan alat pengupas padi di beberapa provinsi … Daftar Isi • Cara Kerja Mesin Perontok Padi • Skema Mesin Perontok Padi • Panduan Membuat Mesin Perontok Padi • Harga Mesin Perontok Mesin perontok padi sederhana • Related posts: Cara Kerja Mesin Perontok Padi Mesin perontok padi ini biasa juga disebut dengan Thresher.

mesin perontok padi sederhana

Perontokan merupakan bagian integral dari proses penanganan pasca panen padi, dimana padi yang telah layak dipanen dirontokkan untuk memisahkan bulir-bulir padi jeraminya. Cara kerja perontok padi ini adalah dengan memukul bagian tangkai padi (jerami) sehingga bulir-bulir terlepas. Dalam mempersiapkan banyak hasil tanaman untuk dipasarkan, biji-biji perlu dipisahkan dari tangkai tempat tumbuhnya. Untuk memisahkan biji dari bahan pengikatnya pada berbagai tanaman diperlukan jenis mesin yang berbeda-beda.

Adapun besarnya daya threser yang di butuhkan dalam perontokan padi di pengaruhi oleh ukuran. Variable-variable lain yang mempengaruhi seperti berat gabah, tingkat kemasakan, kadar air dan varietas padi. Besarnya daya threshers (mesin perontok padi) yang diperlukan dalam proses perontokan padi dipengaruhi oleh ukuran, bentuk dan stuktur jaringan pada bulir-bulir yang akan dirontokkan. Mekanisme perontokan padi yang memisahkan gabah dengan tangkainya terutama terdiri atas selinder yang berputar dan cekungan-cekungan.

Suatu penyalur pemukul biasanya ditempatkan didepan silinder dan ujung atas dari penyalur pengangkat untuk membantu penyaluran dalam pemasakan bulir-bulir ke mekanisme perontokan. Gabah akan dipisahkan dari batangnya atau jerami melalui blower yang menghasilkan angin. Angin ini bisa menjadikan suatu daya untuk dapat memisahkan antara padi dan jerami. Padi yang penuh isinya akan dikeluarkan dibawah thresher dan jerami serta gabah yang kosong akan dipisah dari gabah yang diisi.

Alat pengatur untuk pengubah kecepatan (Rpm) yang disesuaikan dengan jenis padi. Skema Mesin Perontok Padi Berikut ini kami sediakan gambar skema mesin perontok padi agar dalam membuat thresher lebih mudah dan jelas. Panduan Membuat Mesin Perontok Padi Untuk membuat mesin perontok padi sederhana perontok padi sendiri, silahkan download e-book panduannya disini “ Panduan Thresher“. [embeddoc url=”http://mekanisasi.litbang.pertanian.go.id/ind/phocadownload/panduan/BUKU_THRESHER.pdf” download=”all” viewer=”google”] Atau bisa lihat video dibawah ini.

Harga Mesin Perontok Padi Untuk melihat jenis mesin perontok padi dari yang manual sampai yang modern, kami sudah membuat postingan disini : Harga Mesin Perontok Padi Terbaru Tahun Ini Jika anda ada pertanyaan tentang Cara Membuat Mesin Perontok Padi Sendiri, silahkan tuliskan pada kolom komentar yang ada dibawah.
PAPER INOVASI TEKNIK PERTANIAN MESIN PERONTOK PADI (THRESHER) Paper ini bertujuan untuk memenuhi tugas dalam perkuliahan Pengantar Teknologi Pertanian Oleh Kadek Dwi Ananda Nugraha 1411305007 Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana 2014 Kata Pengantar Puja dan puji syukur penulis panjatkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat beliau penulis dapat menyelesaikan paper dengan judul “Inovasi Keteknikan Pertanian Mesin Perontok Padi ( Thresher)” ini sesuai dengan waktu yang diberikan.

Penulisan paper ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang Inovasi Teknik Pertanian khususnya Mesin Perontok Padi ( Thresher) agar dapat mempermudah pekerjaan dalam bidang pertanian. Pada kesempatan yang berbahagia ini penulis ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada : • Ibu dan Bapak tercinta selaku orang tua yang telah memberikan banyak waktu dan tempat kepada penulis untuk menyelesaikan paper ini. • Dosen yang menjadi pengampu mata kuliah Pengantar Teknologi Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian.

• Beserta teman teman sekalian yang telah memberi masukan-masukan dalam pembuatan paper ini. Penulis menyadari paper ini masih jauh dari kata sempurna sehingga untuk itu masukan, saran, maupun kritik yang membangun dari para pembaca sekalian sangat penulis harapkan. Akhir kata semoga paper ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jimbaran, Oktober 2014 Penulis Daftar Isi Kata Pengantar…………………………………………………………………………………… i Daftar Isi………………………………………………………………………………………….

ii Daftar Gambar…………………………………………………………………………………. iii Daftar Tabel……………………………………………………………………………………… iv BAB I Pendahuluan…………………………………………………………………………… 1 1.1 Latar Belakang……………………………………………………………………. 1 1.2 Rumusan Masalah………………………………………………………………… 1 1.3 Tujuan………………………………………………………………………………… 1 1.4 Manfaat………………………………………………………………………………. mesin perontok padi sederhana BAB II Pembahasan…………………………………………………………………………… 3 mesin perontok padi sederhana Pembahasan………………………………………………………………………….

3 BAB III Penutup……………………………………………………………………………… 12 3.1 Kesimpulan………………………………………………………………………. 12 3.2 Saran………………………………………………………………………………… 12 Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………. 13 Daftar Gambar Gambar 1.1 Perontok padi sederhana……………………………………………………. 4 Gambar 1.2 Mesin perontok padi diesel………………………………………………… 4 Gambar 1.3 Mesin perontok/pemanen padi modern………………………………… 5 Gambar 1.4 Agrindo Model :TPA 1000-MG………………………………………….

8 Gambar 1.5 Mesin Perontok Multiguna Agrowindo………………………………. 8 Gambar 1.6 Pedal Thresher .………………………………………………………………. 11 Gambar 1.7 Power Thresher……………………………………………………………… 11 Daftar Tabel Tabel 1.1 Spesifikasi AGRINDO Model :TPA 1000-MG ………………………. 6 B A Mesin perontok padi sederhana I PENDAHULUAN • Latar Belakang Kegiatan perontokan biji-bijian khususnya padi dilakukan setelah kegiatan panen (memotong tegakan batang tanaman padi menggunakan perkakas sabit atau mesin reaper).

Kegiatan perontokan ini dapat dilakukan secara tradisional ( manual). Seacara tradisional kegiatan perontokan akan menghasilkan susut tercecer yang relatif besar, mutu yang kurang mesin perontok padi sederhana akibat busuk tak sempat terontok, dan membutuhkan tenaga yang cukup melelahkan. Selain itu juga membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi kurang efisien. Pada dewasa ini sudah mulai bermunculan inovasi-inovasi baru dalam bidang keteknikan pertanian untuk mempermudah kegiatan dalam pertanian, seperti contohnya mesin perontok.

Mesin perontok dirancang untuk mampu memperbesar kapasitas kerja dan meningkatkan effisiensi kerja sehingga akan diperoleh mutu hasil yang baik dan susut tercecer yang kecil. Bermacam-macam jenis dan merk mesin perontok padi dapat dijumpai di Indonesia, mulai dari yang mempunyai kapasitas kecil, sedang, hingga kapasitas besar ( mobile). Maka dari itu penulis akan memaparkan materi tentang mesin perontok ini guna memberi informasi dan masukkan dalam melakukan kegiatan pertanian agar menjadi lebih mudah.

• Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari karya tulis ini antara lain : • Apakah yang dimaksud dengan mesin perontok padi? • Bagaimana sejarah terciptanya dan perkembangan mesin perontok padi?

• Apa saja spesifikasi dari mesin perontok padi? • Apa saja kelemahan dan keunggulan dari mesin perontok padi? • Bagaimana cara kerja dari alat mesin perontok padi?

• Apa saja perbedaan dari mesin perontok padi secara pedal threser (semi mekanis) dan mesin perontok padi secara mekanis? • Tujuan Adapun tujuan dari pembuatan paper ini antara lain adalah : • Untuk mengetahui pengertian dari mesin perontok padi. • Untuk mengetahui sejarah dari terciptanya mesin perontok padi. • Untuk mengetahui spesifikasi yang terdapat dalam mesin perontok padi. • Untuk mengetahui kelemahan dan keunggulan dari mesin perontok padi. • Untuk mengetahui cara kerja dari mesin perontok padi.

• Untuk mengetahui perbedaan dari mesin perontok padi secara pedal threser (semi mekanis) dan mesin perontok padi secara mekanis. • Manfaat Adapun manfaat dari pembuatan paper “Mesin Perontok Padi ( Threshing)” ini adalah sebagai suatu media informasi bagi mahasiswa untuk mengetahui inovasi keteknikan pertanian sekaligus sebagai pemenuhan tugas pada mata kuliah Pengantar Teknologi Pertanian.

BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pembahasan • Mesin Perontok Padi ( Thresher) Thresher adalah alat perontok benih padi. Perontokan merupakan bagian integral dari proses penanganan pasca panen padi, dimana padi yang telah layak dipanen dirontokkan untuk memisahkan bulir-bulir padi jeraminya. Prinsip kerja thresher ini adalah dengan memukul bagian tangkai padi (jerami) sehingga bulir-bulir terlepas. Dalam mempersiapkan banyak hasil tanaman untuk dipasarkan, biji-biji perlu dipisahkan dari tangkai tempat tumbuhnya.

Semua tanaman padi-padian dengan biji yang kecil, biji harus dipipil dari tongkolnya, kacang tanah harus dirontokkan atau dipetik dari batangnya, dan biji kapas harus dipisahkan dari rambutnya.

Untuk memisahkan biji dari bahan pengikatnya pada berbagai tanaman diperlukan jenis mesin yang berbeda-beda. Adapun besarnya daya threser yang di butuhkan dalam perontokan padi di pengaruhi oleh ukuran.

Variable-variable lain yang mempengaruhi seperti berat gabah, tingkat kemasakan, kadar air dan varietas padi. Besarnya daya threshers (mesin perontok benih padi) yang diperlukan dalam proses perontokan padi dipengaruhi oleh ukuran, bentuk dan stuktur jaringan pada bulir-bulir yang akan dirontokkan.

mesin perontok padi sederhana

Mekanisme perontokan padi yang memisahkan gabah dengan tangkainya terutama terdiri atas selinder yang berputar dan cekungan-cekungan. Suatu penyalur pemukul biasanya ditempatkan didepan silinder dan ujung atas dari penyalur pengangkat untuk membantu penyaluran dalam pemasakan bulir-bulir ke mekanisme perontokan. Gabah akan dipisahkan dari batangnya atau jerami melalui blower yang menghasilkan angin.

Angin ini bisa menjadikan suatu daya untuk dapat memisahkan antara padi dan jerami. Padi yang penuh isinya akan dikeluarkan dibawah thresher dan jerami serta gabah yang kosong akan dipisah dari gabah yang diisi. Alat pengatur untuk pengubah kecepatan ( Rpm) yang disesuaikan dengan jenis padi. • Sejarah perkembangan Mesin Perontok Padi • Teriptanya mesin perontok padi Mesin Perontok Padi adalah sebuha mesin yang digunakan untuk merontokkan padi.

Mesin ini digunakan untuk membantu pekerjaan petani dalam merontokkan padi untuk memperoleh gabah, dulu petani merontokkan padi dengan cara yang konvensional atau sederhana, yaitu dengan menggeblokkan padi ke geblokkan padi yang berasal dari papan kayu dan bambu yang disusun seperti segitiga sembarang.

Berikut ini adalah perontok padi sederhana, alat ini dapat dibuat dengan menggabungkan papan mesin perontok padi sederhana dengan bambu yang disusun sedemikian rupa seperti gambar : Gambar 1.1 Perontok padi sederhana Perkembangan teknologi turut ambil bagian besar dalam perkembangan mesin perontok padi, diatas adalah mesin padi yang sederhana atau konvensional. Hingga manusia berfikir membuat mesin yang sederhana menggunakan diesel untuk merontokkan padi. Berikut adalah mesin perontok padi diesel : Gambar 1.2 Mesin perontok padi diesel Hingga perkembangan saat ini, telah ada mesin perontok padi, yang sekaligus dapat dikatakan sebagai mesin pemanen padi, mesin ini lebih kompleks dan lebih menghemat waktu dalam memanen padi, mesin ini dapat memanen padi sangat cepat.

Selain itu mesin ini juga dapat digunakan untuk membajak sawah. Berikut adalah mesin perontok/pemanen padi yang modern : Gambar 1.3 Mesin perontok/pemanen padi modern Dari perkembangan mesin perontok padi diatas itulah, manusia khususnya petani dapat menghemat waktunya dalam mengurus pertanian, dengan menghemat waktu, petani dapat mengurus pekerjaan lainnya, sehingga petani semakin produktif.

• Perkembangan Mesin Perontok Padi Mesin perontokan pertama dioperasikan manual yang digerakan oleh kuda. Kemudian mesin uap portabel menggantikan peran kuda dan memberikan tenaga bagi mesin perontok. Pada tahun 1834, John Avery dan Hiram Abial Pitts melakukan pengembangan mesin sehingga mampu memisahkan biji-bijian dari kulit biji secara otomatis.

Mereka memperoleh paten pada Desember 1837. John Ridley, seorang penemu Australia juga mengembangkan mesin perontok untuk digunakan di Australia pada tahun 1843. Meski sudah cukup otomatis, namun serangkaian proses untuk mendapatkan serealia dari lahan masih cukup panjang. Dimulai dari pemanenan, mengikatnya, merontokkan, dan seterusnya. Semua proses ini dikerjakan secara terpisah. Pada tahun 1910, di daerah Palouse di barat laut Amerika Serikat, dikembangkan mesin yang memiliki konsep pemanen kombinasi yang ditarik oleh kuda.

Mesin ini memanen dengan hasil akhir berupa biji-bijian gandum yang sudah dirontokkan. Penemuan ini memotong jalur proses pasca panen gandum yang biasanya dilakukan di luar lahan pertanian. Kemudian mesin diesel mesin perontok padi sederhana gas muncul dan semakin meningkatkan inovasi mesin pemanen kombinasi.

Di Indonesia Thresher mulai populer di masyarakat pada tahun 60-an saat dimulainya Revolusi hijau yaitu mulai diperkenalkannya jenis varietas baru padi oleh IRRI ( International Rice Risearch Institute) yang berkantor pusat di Philipina. Jenis varietas padi IR saat itu mampu memberikan hasil yang sangat signifikan apabila ditanam secara intensif sehingga pada tahun 1985 Indonesia mulai mengalami “Swasembada Beras”.

Bersamaan dengan pengembangan jenis varietas padi IR di Indonesia dan didukung oleh sumber dana dari USAID di institusi Departemen Pertanian lahirlah proyek kerjasama yang disebut dengan Proyek IRRI_DITPROD (1980 – 1990) yaitu proyek pengembangan pengrajin kecil alat dan mesin pertanian di Indonesia ( Hand Traktor, Transplanter, Pompa Air, Thresher, Dryer, Seeder, Reaper, Weeder, dsb) yang berkaitan erat dengan produksi padi/beras.

Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang ada saat itu adalah alsintan mini buatan Jepang yang suku cadangnya masih di-impor oleh dealer-dealer pemegang merk swasta (seperti : Yanmar, Kubota, Iseki, Satoh, Mutoh, dsb.). • Spesifikasi Mesin Perontok Padi (Thresher) • AGRINDO Model :TPA 1000-MG SPESIFIKASI ( SPESIFICATION): Merk (Brand Name) AGRINDO Model / Model TPA 1000 – MG Putaran poros utama / Main shaft revolution ( pm) 600 – 650 Kapasitas / Capacity Padi / Paddy ( Kg / Jam /Kgs / hr) Kedelai/Soybean (Kg/Jam/Kgs/hr) Jagung / Corn (Kg/Jam/Kgs/hr) 800 – 900 450 mesin perontok padi sederhana 550 1300 – 1350 Kebutuhan daya / Required power (HP) 6,5 – 7 Dimensi (P x L x T)/Dimension (L x W x H) (mm) 1600 X 1210 X 1470 Berat tanpa motor / Weight without engine ( Ka/Kgs) 157 Panjang jerami / Length of paddy straw (mm) 400 – 450 Panjang tangkai kedelai / Length of soybean’s stalk (mm) 500 -550 Tabel 1.1 AGRINDO Model :TPA 1000-MG • Mesin Perontok Multiguna ( Power Thresser) Agrowindo Spesifikasi : • Model : PPM-1 (penggerak China), PPM-2 (Penggerak Kubota) • Kapasitas : • Kapasitas Gabah : 800 kg / jam • Kapasitas Kedelai : 350 kg / jam • Kapasitas jagung basah : 1250 kg / jam • Kapasitas jagung kering : 2000 kg / jam • Putaran poros utama : 500-700 rpm • tenaga penggerak motor diesel : 7 PK / 2200 watt • Dimensi : 115x78x132 cm • Berat (tanpa mesin) : 138 kg • Panjang jerami : 450-500 mm • Panjang tangkai kedelai : 550-600 mm Bagian komponen power thresher terdiri dari: • Kerangka utama terbuat dari besi siku, uk.

mesin perontok padi sederhana

40 mm x 40 mm x 4 mm dan plat lembaran baja lunak tebal 1 – 3 mm, merupakan kedudukan komponen lainnya. • Silinder perontok terbuat dari besi strip dengan diameter berjajar berkeliling membentuk silinder dengan diameter 30 – 40 cm dan lebar 40 – 60 cm. Di sisi kiri dan kanan ditutup dengan lembaran bulat tebal 2 – 3 mm.

Pada besi strip yang melintang tersebut terpasang gigi perontok yang terbuat dari besi as baja 10 mm, panjang 50 – 60 mm diperkuat dengan mur. Jumlah gigi perontok 30 – 88 buah. Diameter poros perontok 25 mm, pada kedua ujung poros diberi bantalan ball bearing yang posisinya duduk pada kerangka utama.

• Dalam ruang silinder terdapat sirip pembawa, saringan perontok dan pelat pendorong jerami. Sirip pembawa terletak di bagian atas silinder perontok, terletak menempel pada tutup atas perontok. Sirip ini mesin perontok padi sederhana ke pintu pengeluaran jerami di sebelah belakang mesin perontok.

Terbuat dari plat lembaran dengan tebal 1 – 2 mm. Jaringan perontok terletak di sebelah bawah silinder perontok, terbuat dari kawat baja atau besi baja 0,6 – 8 mm bersusun menjajar, membentuk setengah lingkar-an, jarak antar besi baja adalah 18 – 20 mm dan jarak antara ujung gigi perontok dan jaringan minimal 15 mm.

mesin perontok padi sederhana

Pelat pendorong jerami terpasang pada silinder perontok yang tak terpasang gigi perontok. Bagian ini terbuat mesin perontok padi sederhana besi plat tebal 2 – 3 mm denngan ukuran 15 – 15 mm. • Ayakan terletak di sebelah bawah saringan perontok, ukuran ayakan 45 mm x 390 mm, terbuat dari plat lembaran tebal 1,5 – 2 mm.

Ayakan terdiri dari 2 tingkat. Bagian atas berlubang-lubang dengan ukuran 13 mm x 13 mm dan bagian bawah rata. Ayakan ini bergerak maju mundur dan naik turun melalui sitem as nocken. • Kipas angin terbuat dari plastik dengan jumlah daun kipas 5 – 7 buah.

• Unit transmisi tenaga, melalui pullerdan V belt dari motor penggerak silinder perontok, kipas angin dan gerakan ayakan type V belt yang digunakan adalah tipe B.

Putaran silinder perontok untuk merontokan padi adalah 500 – 600 RPM Fungsi dari Perontok Padi (Thresher) • AGRINDO Model :TPA 1000-MG Fungsi mesin : merontokkan padi, jagung, kedelai dan produk pertanian lainnya. Gambar 1.4 Agrindo Model :TPA 1000-MG. • Mesin Perontok Multiguna Agrowindo Fungsi mesin : merontokkan padi, jagung, kedelai dan produk pertanian lainnya.

mesin perontok padi sederhana

Gambar 1.5 Mesin Perontok Multiguna Agrowindo • Keunggulan dan Kelemahan Perontok Padi Keunggulan Mesin Power Thresher (Mesin Perontok Padi) adalah jenis mesin perontok yang telah terbukti handal dan sangat cocok dengan berbagai jenis lahan persawahan di Indonesia.

Alat dan Mesin Pertanian (mesin perontok padi) dapat memberi kontribusi yang cukup berarti dalam rangka meningkatkan keuntungan usaha tani padi sawah. Unsur-unsur yang mendukung peningkatan keuntungan adalah kecepatan proses perontokan dan pembersihan sehingga menghemat waktu. Lebih penting lagi power thresher terbukti dapat mengurangi kehilangan gabah saat perontokan dan mengurangi kerusakan (pecah) butir gabah sehingga petani memperoleh nilai tambah dalam usaha taninya, selain itu mempunyai kelebihan yang lain yaitu : • Mobilitas tinggi (menggunakan roda transportasi).

• Pengumpanan ( Input) jerami fleksibel dengan menutup dan membuka pintu input. • Metode potong pendek ( Through In), pengumpanan langsung jerami ke mesin perontok. • Metode potong panjang ( Hold On), pengumpanan jerami dipegang dengan tangan.

• Kecepatan putar kipas penghembus dapat diatur (rpm) dengan cara mengganti diameter pully kipas penghembus. Kekurangan • Biaya awal lebih mahal. • Biaya perawatan lebih mahal • Cara Kerja Alat • Prosedur Sebelum Pemakaian • Taruhlah mesin ditempat yang rata, dekat dengan tumpukan hasil yang akan dirontok, bila perlu taruhlah alas terpal atau lembaran plastik di bawah mesin, untuk mengurangi susut karena tercecer.

• Taruhlah dan posisikan mesin sedemikian rupa sehingga kotoran akan keluar searah dengan arah angin. • Untuk mengurangi susut tercecer posisikan mesin menghadap dinding atau buatlah dinding buatan berupa lembaran plastik atau anyaman bambu didepan mesin sedemikian rupa sehingga butiran bijian yang terlempar dapat dikumpulkan.

• Bukalah penutup mesin dan periksalah : drum, semua gigi perontok, konkaf, bersihkan bagian dalam mesin dari kotoran dan benda asing yang sekiranya akan mengganggu dan merusak mesin dan juga berbahaya bagi operator. Putarlah drum perontok dengan tangan sehingga yakin tidak ada yang lepas atau bersentuhan atau bergesekan. • Periksalah ketegangan dan garis lini sabuk pulley, bila sabuk tidak dalam satu garis lini dan ketegangan tidak tepat maka sabuk pulley akan cepat rusak sebelum waktunya.

Untuk permukaan pulley yang kasar sebaiknya diamplas dan bila pulley retak, sebaiknya segera diganti. • Lumasilah semua bantalan dengan minyak pelumas atau pasta pelumas, periksa juga secara menyeluruh terhadap kemungkinan adanya mur, baut yang kendor.

Periksalah mesin apakah sudah cukup oli dan bahan bakarnya. • Cara K erja Mesin Perontok Padi • Setelah semuanya siap, star atau hidupkan mesin, biarkan sebentar mesin tanpa muatan.

Periksalah posisi unit keseluruhan mesin, jangan sampai bergeser akibat getaran atau berpindah tempat. • Masukkan sedikit bahan asupan untuk memeriksa mesin perontok padi sederhana alat, tambah kecepatan putar (rpm) drum perontok bila ternyata masih ada biji – bijian yang belum terontok. • Setelah mesin siap dioperasikan, masukkan bahan asupan yang akan dirontok ke pintu pemasukan secara teratur sebanyak mungkin tanpa menimbulkan overload, Tumpuklah bahan di meja pemasukan seefektif mungkin dua sampai tiga orang diperlukan untuk melayani mesin ini.

• Kurangi pemasukan bahan bila terasa akan menjadi overloading, terutama untuk bahan yang masih belum kering. Apabila mesin macet atau slip karena overloading, matikan mesin, bukalah tutup mesin dan bersihkan bagian dalamnya. • Apabila dirasa posisi meja pengumpan terlalu tinggi, pergunakan alat bantu meja atau kursi untuk tempat berdiri operator pengumpan atau rendahkan posisi dudukan mesin perontok.

• Cegahlah jangan sampai ada benda asing (batu, kayu, logam, mur, baut, kawat dsb) yang masuk kedalam mesin. • Kotoran berbentuk jerami yang keluar dari pintu pelempar jerami atau kipas penghembus harus segera dijauhkan dari mesin, agar tidak menyumbat saringan atau tercampur dengan gabah bersih hasil perontokan, bila perlu gabah ditampung langsung menggunakan karung di depan mulut pintu pengeluaran gabah. • Apabila proses perontokan telah selesai, mesin harus segera dibersihkan (terutama bagian dalamnya) untuk disimpan ditempat yang bersih dan kering, bila perlu diberi selimut agar tidak berkarat.

Menyimpan mesin dalam keadaan kotor akan menjadikannya mesin sebagai sarang hama dan penyakit. • P erbedaan Mesin Perontok Padi Secara Pedal Mesin perontok padi sederhana (Semi Mekanis) Dan Mesin Perontok Padi Secara Mekanis • Proses Perontokan Padi Secara Pedal Thresher (Semi Mekanis) Thresher jenis pedal ini mempunyai konstruksi sederhana, dapat dibuat sendiri oleh petani dan cukup dioperasikan oleh satu orang serta mudah dijinjing ketengah lapangan sawah.

Pada umumnya hanya dipakai untuk merontok padi. Thresher jenis pedal ini tidak dikategorikan sebagai mekanis karena tidak menggunakan mesin penggerak (bensin/ diesel).

Gambar 1.6 Pedal Thresher. Spesifikasi Pedal Thresher : • Kebutuhan operator 1- 2 orang. • Mudah dioperasikan dan akan mengurangi susut tercecer.

• Kapasitas kerja : 75 kg hingga 100 kg per jam • Proses Perontokan Padi Secara Mekanis ( Power Thresher ) Power Thresher ini dapat dipakai untuk merontokan biji-bijian (padi, jagung dan kedelai) dan dilengkapi dengan pengayak sehingga biji – bijian yang dihasilkan relatif bersih.

Gambar 1.7 Power Thresher. BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan Power Thresher merupakan mesin perontok yang menggunakan sumber tenaga penggerak engine. Kelebihan mesin perontok ini dibandingkan dengan alat perontok lainnya adalah mesin perontok padi sederhana kerja lebih besar dan efisiensi kerja lebih tinggi.

Ada 2 jenis mesin perontok ( Thresher), yaitu : • Pedal Thresher ( Thresher Semi Mekanis) • Power Thresher ( Thesher Mekanis) Dalam usaha tani padi, thresher merupakan alat untuk merontokkan padi menjadi mesin perontok padi sederhana. Alatini merupakan alat bantu bagi tenaga kerja untuk memisahkan gabah dengan jeraminya.Thresher jenis pedal mempunyai konstruksi sederhana, dapat dibuat sendiri oleh petani dancukup dioperasikan oleh satu orang serta mudah dijinjing ketengah lapangan/ sawah.

Padaumumnya hanya dipakai untuk merontok padi.

mesin perontok padi sederhana

Power Thresher dapat dipakai untuk merontok biji-bijian (padi, jagung dan kedelai) dan dilengkapi dengan pengayak sehingga biji ± bijian yang dihasilkan relatif bersih, serta mengurangi kehilangan gabah saat perontokan dan mengurangi kerusakan (pecah) butir gabah .Fungsi dari Power Thresher / Mesin perontok padi / Mesin Perontok Serbaguna digunakan sebagai alat mesin pertanian yang serbaguna.Mesin perontok jenis ini dapat digunakan sebagai mesin perontok padi, perontok kedelai.

3.2 Saran Untuk menyempurnakan makalah ini penulis mengaharapkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun karena penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Daftar Pustaka Fadli Rustam, di adopsi daris Modul tentang Mekanisasi Pertanian, Pemberdayaan P3A-WISMP-IMRI Fakultas Pertanian. Universitas Jember ;Jember .Irwanto, A.K., 1983, Alat dan Mesin Budidaya PertanianFakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor; Bogor.

Purwadi, T., 1999, Mesin dan Peralatan, Fakultas Teknologi PertanianUniversitas Gadjah Mada; Jogjakarta.Sukirno. 1999, Mekanisasi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian .UniversitasGadjah Mada ;Jogjakarta http://putrablk.blogspot.com/2012/06/alat-perontok-padi-thresher.html

review mesin perontok padi model blower




2022 www.videocon.com