Negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Luas wilayah masing-masing negara anggota ASEAN sebagai berikut: • Brunei Darussalam = 5.765 km 2 • Kamboja = 181.300 km 2 • Singapura = 697 km 2 • Myanmar = 30.000 km 2 • Vietnam = 513.120 km 2 • Malaysia = 330.435 km 2 • Laos = 236.804 km 2 • Thailand = 513.120 km 2 • Indonesia = 3.257.483 km 2 • Filipina = 299.999 km 2 Jadi, di antara sepuluh negara anggota ASEAN yang luas wilayahnya paling sempit, yaitu Singapura.

Jakarta - Urutan lima negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil tentu tak sulit dijawab. Pasalnya meski wilayahnya kecil, negara ASEAN membuktikan peran dan kekuatannya di tataran global. Secara umum, luas wilayah ASEAN mencapai 4,5 juta kilometer persegi.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Secara astronomis, kawasan ini terbentang pada 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT di Asia Tenggara. 1. Singapura Negara ini menjadi salah satu yang memiliki wilayah paling kecil di ASEAN. Luas wilayah negara ini adalah 721,5 kilometer persegi dengan total populasi 5,61 juta jiwa pada 2016.

Singapura merdeka pada 9 Agustus 1965 dengan ibu kota yang sama. Negara Singapura memiliki kepala negara seorang presiden dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. 2. Brunei Darussalam Negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil selanjutnya adalah Brunei Darussalam. Luas negara ini adalah 5.765 km persegi, dengan ibu kota Bandar Seri Begawan. Brunei Darussalam merdeka pada 23 Februari 1984 dengan kepala negara seorang sultan.

Untuk kepala pemerintahan Brunei Darussalam dipimpin perdana menteri. Mayoritas bahasa yang digunakan penduduk adalah Melayu, Inggris, dan Mandarin. 3. Kamboja Kamboja menjadi negara berikutnya di ASEAN yang memiliki wilayah terkecil. Negara ini memiliki luas wilayah 181.035 km persegi, dengan populasi 15,76 juta jiwa per tahun 2016. Negara dengan ibu kota Phnom Penh ini merdeka pada 9 November 1953.

Bentuk kepala negara di Kamboja adalah raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. 4. Laos Negara berikutnya adalah Laos dengan luas 237.955 km persegi dan populasi 6.76 juta jiwa pada 2016. Laos dengan ibu kota Vientiane ini merdeka pada tanggal 2 Desember. Kepala negara Laos adalah presiden dan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri.

Seperti negara ASEAN lain, masyarakat Laos umumnya memiliki mata pencarian sebagai petani. Baca juga: 13 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa? 5. Filipina Filipina memiliki luas wilayah sekitar 300.000 km persegi, sehingga masuk dalam daftar lima negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil.

Populasi di Filipina mencapai 103.3 juta jiwa per tahun 2016. Negara dengan ibu kota Manila ini merdeka pada tanggal 12 Juni. Filipina memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan seorang Presiden. Itu tadi urutan lima negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil. Semoga jelas ya detikers. Simak Video " Malaysia-Indonesia Sepakat Perkuat Bahasa Melayu" [Gambas:Video 20detik] (faz/row)
Kelas : VII Pelajaran : Ppkn Kategori : ASEAN Kata Kunci : Luas Negara Anggota ASEAN, Terbesar, Tersempit, Terluas, Terkecil Kode : - Pembahasaan : Secara singkat, negara anggota ASEAN yang memiliki luas wilayah paling sempit adalah Singapura dengan luas negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah .

Km² Berikut daftar luas setiap negara anggota ASEAN. 1. Indonesia, memiliki luas 1.904.569 Km² 2. Myanmar, memiliki luas 676.578 Km² 3. Thailand, memiliki luas 513.120 Km² 4. Vietnam, memiliki luas 331.210 Km² 5. Malaysia, memiliki luas 329.847 Km² 6. Filipina, memiliki luas 300.000 Km² 7. Laos, memiliki luas 236.800 Km² 8. Kamboja, memiliki luas 181.035 Km² 9.

Brunei Darussalam, memiliki luas 5.765 Km² 10. Singapura, memiliki luas 697 Km² Jakarta - Banyak yang mengira sebuah negara pasti memiliki wilayah yang luas baik daratan maupun lautannya. Padahal di dunia ini, ada sejumlah negara yang memiliki luas wilayah terkecil, lho. Dengan lebih dari 194 negara di dunia dan mayoritas negara memiliki wilayah daratan yang luas, nyatanya ada beberapa negara yang sangat kecil. Bahkan cukup kecil dibandingkan kota-kota di negara lain.

St Peter's Basilica di kelilingi Roma Foto: Ardhi Suryadhi/detikTravel Kota Vatikan adalah negara-bangsa terkecil di dunia, juga disebut negara-kota.

Negara ini memiliki keunikan karena terletak di tengah kota Roma, Italia.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Negara Vatikan sebenarnya menempati sekitar kurang dari satu mil persegi atau hanya 0,44 km persegi. Negara ini memiliki populasi antara sekitar 900 dan 1.000 orang. Kota ini merupakan rumah bagi Tahta Suci, yang merupakan nama lain dari pemerintahan Gereja Katolik Roma. Paus adalah kepala administrasi ini, dan otoritasnya mencakup semua umat Katolik di seluruh dunia.

2. Monaco Negara Monaco Foto: iStockphoto/Xantana Monaco adalah kerajaan berdaulat yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Prancis.

Prancis mengelilingi Monaco melalui darat, dan Mediterania berada di pantai timurnya. Dikenal sebagai surga pajak bagi orang yang sangat kaya, Monako juga sangat kecil secara geografis sehingga negara ini menempati sekitar kurang dari satu mil persegi, meliputi 202 hektare atau 1,95 km persegi. 3. Nauru Negara Tuvalu Foto: (Getty Images) Tuvalu menjadi negara terkecil dunia selanjutnya. Negara yang hanya memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan laut ini termasuk ke dalam kepulauan Polinesia dan berada di Samudera Pasifik atau di antara Hawaii dan Australia.

Terdiri dari kepulauan kecil pulau karang di barat-tengah Samudra Pasifik yang mencakup sekitar 25 km persegi luasnya. 5. San Marino Negara Liechtenstein Foto: (Getty Images) Terletak di antara Austria dan Swiss, Liechtenstein mencakup sekitar 60 mil persegi (160 km persegi) dan merupakan rumah bagi antara 38.000 dan 39.000 orang. Pegunungan Alpen mencirikan negara kecil ini sekaligus menjadi roda perekonomian bidang wisata.

7. Kepulauan Marshall Kepulauan Marshall Foto: (iStock) Selanjutnya ada negara yang diberi nama Kepulauan Marshall dengan luas hanya 70 mil persegi (181 km persegi). Wilayahnya terdiri dari pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 1.000 dan merupakan rumah bagi sekitar 58.500 orang.

8. Saint Kitts And Nevis Sebuah negara kecil ini terletak di timur Laut Karibia dan memiliki luas sekitar 104 mil persegi (269 km persegi) dan tersebar di dua pulau. Wilayahnya dikelilingi oleh terumbu karang dan sebagian besar penduduknya adalah keturunan Afrika. 9. Maladewa Maladewa Foto: iStock/Konstik Maladewa atau Maldives dikenal sebagai salah satu negara paling indah di dunia dengan pantai bak surga, lanskap perkotaan, resort, snorkeling, dan lainnya. Negara ini terletak di Samudra Hindia antara Indonesia dan Afrika.

Negara ini hanya memiliki luas 114 mil persegi atau 297 km persegi dan lebih negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah .

500.000 orang tinggal di dalamnya. Malta Foto: (iStock) Terletak di tengah Laut Mediterania, Malta adalah negara pulau yang telah diperintah oleh semua orang mulai dari Romawi dan Yunani, hingga Arab, Sisilia, Prancis, Inggris, dan banyak lagi.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Diakui ke Uni Eropa pada tahun 2004, Malta sekarang memiliki salah satu kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Namun negara ini hanya memiliki luas sekitar 316 km persegi.

Nah, itulah daftar 10 negara terkecil di dunia. Kalau detikers sudah pernah dengar nama-nama negara yang mana saja? Simak Video " Belanja Negara RI 2023 Rp 2.979 T, Pendapatan Rp 2.382 T" [Gambas:Video 20detik] (faz/nwy)
KOMPAS.com – Negara adalah suatu wilayah hukum yang dihuni oleh banyak penduduk dan diatur oleh sebuah sistem pemerintahan tertentu. Sebuah negara ada yang berupa daratan, ada pula yang berupa kepulauan. Biasanya, negara terdiri dari sejumlah wilayah pemerintahan yang lebih kecil, seperti provinsi atau perfektur, dan sebagainya.

Namun, ternyata ada juga negara yang luasnya hanya sebatas luas satu kota atau wilayah, sehingga pusat pemerintahan dan wilayah negaranya tidak berada dalam satu kawasan. Dari semua negara yang tersebar di penjuru dunia, berikut ini adalah lima negara yang memiliki wilayah terkecil berdasarkan versi Worldatlas.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

1. Vatikan Di urutan pertama, negara terkecil dipegang oleh Vatikan yang terletak di Kota Roma, Italia. Berdasarkan luas daratannya, Vatikan merupakan negara independen terkecil di dunia dengan luas sebesar 0,44 kilometer persegi. Di negara ini, terdapat pusat gereja Katolik di seluruh dunia, yakni Basilika Santo Petrus. Di dalam tersimpan beberapa karya seni dari abad Renaisans. Pendapatan negara ini pun sebagian besar diperoleh dari sumbangan sukarela gereja Katolik Roma dari seluruh dunia.

Selebihnya, pemasukan negara terkecil ini berasal dari hasil penjualan cendera mata dan perangko, serta tiket masuk museum. Pemimpin tertinggi di Vatikan adalah Paus Fransiskus. Sementara kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang presiden bernama Giuseppe Bertello.
ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations (perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara) merupakan organisasi ekonomi berbasis geopolitik yang diperuntukan bagi negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

Perhimpunan ini terbentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand dan saat ini tercatat ada 10 negara ASEAN. Table of Contents • Urutan 5 Negara Terkecil di Asia Tenggara • 1.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Singapura • 2. Brunei Darussalam • 3. Timor Leste • Video yang berhubungan Secara umum, luas wilayah ASEAN mencapai 4,5 juta km2 dan sebagian negara di kawasan ini berupa kepulauan.

Sedangkan secara astronomis, kawasan ini terbentang negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah . 28° LU-11° LS dan 93°BT-141°BT di Asia Tenggara. Nah, kira-kira dari 10 negara yang ada di kawasan tersebut, negara mana yang mempunyai luas wilayah terbesar dan terkecil, kita urutkan yuk! Indonesia merupakan negara ASEAN yang mempunyai luas wilayah terbesar yaitu 1.904.569 km2. Dimana, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah barat, dengan Malaysia, Singapura, dan Laut Cina Selatan di sebelah utara, dengan Papua New Guinea disebelah timur dan dengan Samudera Hindia disebelah selatan.

Posisi negara ASEAN dengan luas wilayah terbesar adalah Myanmar yaitu 676.578 km2. Myanmar berbatasan dengan China di sebelah utara, dengan Laos di sebelah timur, dengan Teluk Benggala di sebelah selatan, dan dengan Bangladesh di sebelah barat. Thailand menempati urutan ketiga yang mempunyai luas wilayah terbesar yaitu 513.120 km2.

Thailand berbatasan dengan Laos dan Myanmar di sebelah utara, dengan Kamboja disebelah timur, dengan Malaysia di sebelah selatan, dan dengan Myanmar di sebelah barat. Filipina memiliki luas wilayah sebesar 343.448 km2. Dimana, Filipina berbatasan dengan Taiwan disebelah utara, dengan Samudera Pasifik di sebelah timur, dengan Laut Sulu di sebelah selatan, dan dengan Laut China Selatan di sebelah barat.

Baca juga: Melihat Perkembangan IPTEK di Negara ASEAN Vietnam mempunyai luas wilayah sebesar 331.210 km2. Vietnam berbatasan dengan China disebelah utara, dengan Kamboja di sebelah timur dan selatan, dan dengan Laos dan Kamboja disebelah barat. Negara ASEAN selanjutnya adalah Malaysia yang mempunyai luas wilayah sebesar 330.803 km2. Malaysia berbatasan dengan Brunai Darusalam dan Thailand di sebelah utara, dengan Laut China Selatan di sebelah timur, dengan Indonesia di sebelah selatan, dan dengan Samudera Hindia di sebelah barat.

Negara ASEAN berikutnya adalah Laos yang mempunyai luas wilayah sebesar 237.955 km2. Laos berbatasan dengan China di sebelah utara, dengan Vietnam di sebelah timur, dengan Kamboja di sebelah selatan, dan dengan Myanmar di sebelah barat.

Negara ini merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan perairan laut. Kamboja memiliki luas wilayah sebesar 181.035 km2. Kamboja berbatasan dengan Laos di sebelah utara, dengan Vietnam di sebelah timur dan selatan, dan dengan Thailand di sebelah barat. Brunei Darussalam dikenal sebagai negara yang kaya raya di kawasan ASEAN.

Namun, negara tersebut juga masuk ke dalam negara ASEAN dengan luas wilayah terkecil kedua sebesar 5.675 km2. Brunei Darussalam berbatasan dengan Malaysia di sebelah timur, selatan, dan barat. Sementara disebelah utara berbatasan dengan Laut China Selatan. Singapura merupakan negara dengan luas wilayah terkecil di ASEAN sebesar 716 km2. Negara singa putih ini berbatasan dengan Malaysia di sebelah utara, dengan Laut China Selatan disebelah timur, dengan Indonesia disebelah selatan, dan dengan Selat Malaka disebelah barat.

Ada lima negara terkecil di Asia Tenggara yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Asia tenggara adalah sebuah wilayah negara di benua Asia yang meliputi : • Indonesia • Singapura • Malaysia • Brunei Darussalam • Filipina • Myanmar • Laos • Kamboja • Timor Leste • Thailand • Vietnam. Sebelas negara tersebut tergabung dalam organisasi yang bernama Association of Southeast Asians Nations (ASEAN). Menurut latar belakang berdirinya ASEAN, Organisasi ini dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967.

Sedangkan berdasarkan letak geografis ASEAN, wilayah Indonesia menjadi negara paling luas di Asia tenggara jika dibandingkan dengan sepuluh negara yang lain. Wilayah Asia Tenggara mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Berikut kawasan yang berbatasan dengan wilayah ini. • Di sebelah utara Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina(Tiongkok).

• Di sebelah timur Asia Tenggara berbatasan dengan Samudera Pasifik. • Di sebelah selatan Asia Tenggara berbatasan dengan Samudera Hindia.

• Di sebelah barat Asia Tenggara berbatasan dengan Teluk Benggala, anak Benua India, dan Samudera Negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah . Asia Tenggara dapat dibagi menjadi dua, yaitu Asia Tenggara Daratan(ATD) dan Asia Tenggara Maritim(ATM). Negara-negara yang termasuk ATD adalah : • Kamboja • Thailand • Vietnam • Laos • Myanmar Negara-negara yang termasuk ATM adalah : • Indonesia • Malaysia • Singapura • Brunei Darussalam • Filipina • Timor Leste Urutan 5 Negara Terkecil di Asia Tenggara Berikut penjelasan 5 negara terkecil di Asia Tenggara sesuai urutan dari yang paling kecil sampai yang lebih besar.

1. Singapura pixabay.com Singapura adalah negara terkecil pertama di kawasan Asia Tenggara, bahkan di Benua Asia. Luas wilayahnya Singapura hampir sama dengan luas provinsi DKI Jakarta, yaitu 716 km². Meski luas wilayahnya paling kecil di Asia Tenggara, Singapura tidak termasuk dalam daftar negara terkecil di dunia.

Bahkan, Singapura termasuk negara maju dengan perekonomian yang berkembang pesat dan tingkat potensi hidup di negara ini terbilang cukup tinggi. Berdasarkan letak astronomis ASEAN, Singapura memiliki letak astronomis 1°11’LU – 1°28’LU dan 103°38’BT – 104°5’BT. Singapura adalah pusat keuangan terdepan ketiga di dunia yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional.

Pelabuhan di Singapura saja termasuk dalam nomor satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia. Indeks Kualitas Hidup pada Economist Intelligent Unit menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia. Singapura juga memiliki cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Berikut wilayah yang berbatasan dengan Singapura. • Di sebelah utara Singapura berbatasan dengan Malaysia yang dipisahkan oleh Selat Johor. • Di sebelah timur Singapura berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

• Di sebelah selatan Singapura berbatasan dengan Kepulauan Riau, Indonesia yang dipisahkan oleh Selat Singapura. • Di sebelah barat Singapura berbatasan dengan Malaysia dan Indonesia.

2.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Brunei Darussalam pixabay.com Brune Darussalam adalah negara terkecil di Asia Tenggara urutan kedua, setelah Singapura pada peringkat pertama. Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² pada pulau Borneo serta menyentuh seluruh Laut Cina Selatan. Brunei Darussalam diklasifikasikan sebagai negara maju karena Indeks Pembangunan Manusianya tertinggi kedua di Asia setelah Singapura. Menurut Dana Moneter Internasioal, produk domestik bruto perkapita milik Brunei terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja.

Brunei memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas, sehingga Forbes menempatkannya sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara. Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmuran dan ketegasannya dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun bidang pemerintahan. Berikut batasan wilayah negara Brunei Darussalam. • Di sebelah utara Brunei Darussalam berbatasan dengan Laut Cina Selatan. • Di sebelah timur Brunei Darussalam berbatasan dengan Sabah, Malaysia.

• Di sebelah selatan Brunei Darussalam berbatasan dengan Serawak, Malaysia dan Kalimantan, Indonesia. • Di sebelah barat Brunei Darussalam berbatasan dengan Laut Cina Selatan. 3. Timor Leste pixabay.com Timor Leste termasuk dalam urutan ketiga negara terkecil di Asia Tenggara.

Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 15.410 km². Negara ini pernah menjadi bagian dari Indonesia, tetapi mereka memutuskan untuk memisahkan diri dan membuat kedaulatan sendiri. Dulu, Timor Leste berada pada satu wilayah di Indonesia tepatnya di Pulau Timur dan nama daerah tersebut adalah Timor Timur. Pada tanggal 30 Agustus 1999 Timor Leste memilih memisahkan diri dan mayoritas rakyatnya ingin lepas merdeka dari Indonesia dalam sebuah referendum yang disponsori PBB.

Saat itu, banyak kekerasan yang terjadi selama beberapa tahun antara kelompok separatis(terutama Fretilin) dan militer Indonesia(TNI). Peristiwa berdarah-darah, ribuan bahkan ratusan ribu orang meninggal sebab peristiwa tersebut. Pada akhirnya, tanggal 20 Mei 2002 secara resmi Timor Timur diakui dunia Internasional sudah merdeka dari Indonesia setelah masa transisi negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah . diorganisasi oleh PBB. Berikut batasan wilayah Timor Leste. • Di sebelah utara Timor Leste berbatasan dengan Pulau Wetar, Maluku, Indonesia.

• Di sebelah timur Timor Leste berbatasan dengan Palau Jamdena, Maluku, Indonesia dan Laut Arafuru. • Di sebelah selatan Timor Leste berbatasan dengan Australia. • Di sebelah barat Timor Leste berbatasan dengan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. 4. Kamboja benderanegara.blogspot.com Kamboja adalah negara yang menggunakan sistem monarki konstitusional di Asia Tenggara.

Kamboja memiliki area seluas 181.035 km². Berdasarkan luas wilayah yang dimiliki negara ini, Kamboja menjadi negara terkecil di Asia Tenggara keempat.

Kebudayaan di Kamboja banyak dipengaruhi oleh agama Buddha Theravada karena mayoritas penduduknya beragama Buddha. Di Kamboja hanya ada sedikit penduduk yang memeluk agama Islam, ada beberapa yang memeluk agama lain, dan juga agama tradisional rakyat disana.

Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah banyak membantu negara Kamboja. Saat masa perperangan, militer Kamboja belajar taktik perang melalui buku-buku karangan perwira militer Indonesia. Jadi, para calon perwira militer Kamboja diwajibkan belajar dan dapat berbahasa Indonesia supaya mereka bisa mempelajari buku tersebut.

Berikut batas-batas negara Kamboja. • Di sebelah utara Kamboja berbatasan dengan Thailand dan Laos • Di sebelah timur Kamboja berbatasan dengan Vietnam.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah . Di sebelah selatan Kamboja berbatasan dengan Teluk Thailand dan Vietnam. • Di sebelah Barat Kamboja berbatasan dengan Teluk Thailand dan Thailand.

5. Laos pixabay.com Laos adalah sebuah negara yang berada di tengah daratan Asia Tenggara. Negara ini menjadi negara terkecil di Asia Tenggara urutan terakhir. Laos juga pernah menggunakan sistem kerajaan sebelum pada akhirnya berganti menjadi Republik. Satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut adalah Laos. Sehingga negara ini dikenal sebagai kawasan landlocked country. Luas wilayahnya 239.800 km² dan pada tahun 2015 jumlah penduduk mencapai 6,5 juta jiwa.

Laos merupakan salah satu dari sekian negara komunis yang tersisa di dunia. Sudah banyak negara yang mulai meninggalkan sistem ini. Pertanian menjadi mata pencarian utama penduduk Laos(41% dari pendapatan negara). Hasil pertanian berupa padi, jagung, kopi, kapas, tembakau. Sistem pertanian di daerah ini masih bergantung pada irigasi dari Sungai Mekong.

Menurut sensus tahun 2015, mayoritas penduduk Laos beragama penduduk Laos beragama Buddha. Sebagian kecil menganut agama Kristen dan banyak penduduk Laos yang tidak beragama atau mengikuti aliran kepercayaan Laos.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Berikut batas-batas wilayah Laos : • Di sebelah utara Laos berbatasan dengan Republik Rakyat Negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah . • Di sebelah timur Laos berbatasan dengan Vietnam. • Di sebelah selatan Laos berbatasan dengan Kamboja • Di sebelah barat Laos berbatasan dengan Thailand dan Myanmar. Kesimpulan Menurut latar belakang berdirinya ASEAN, Organisasi ini dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 dan beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara.

Ada 5 negara terkecil di Asia Tenggara yang memiliki luas wilayah lebih kecil daripada negara di Asia Tenggara lainnya. Meski luasnya lebih kecil, tidak menutup kemungkinan jika negara tersebut bisa lebih maju dari negara wilayahnya lebih besar.

Seperti Singapura, kalian pasti sudah mengenal negara yang satu ini kan. Luas wilayah negara ini hampir sama dengan Provinsi DKI Jakarta, tetapi sudah menjadi negara maju dengan perekonomian yang berkembang pesat. Selain 5 negara terkecil di Asia Tenggara, ada juga 6 negara terbesar di Asia Tenggara lainnya yang memiliki luas wilayah lebih besar di kawasan Asia Tenggara.

Ada dua negara kepulauan di Asia Tenggara, yaitu Indonesia dan Filipina. Indonesia memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, sedangkan Filipina memiliki 7.641 pulau. Dari seluruh anggota ASEAN, negara yang memiliki wilayah paling luas adalah Indonesia dengan luas daratan 1.922.570 km² berdasarkan pada letak geografis ASEAN.

Indonesia juga memiliki garis pantai terpanjang di kawasan Asia Tenggara. Kamu juga bisa membaca artikel lainnya di lescazia. Selesai sudah pembahasan mengenai negara terkecil di Asia Tenggara, semoga bermanfaat dan bisa kamu jadikan referensi. Sekian. Unsur kebahasaan teks anekdot diantaranya adalah menggunakan kalimat yang menyatakan peristiwa…… * Teks anekdot merupakan teks yang dibuat dengan tujuan menghibur dan biasanya menyindir kondisi sekitar dengan lelucon. Teks anekdot memang tidak banyak yang mengenal dan mempopulerkannya.

Namun, teks .Kamu pasti memiliki keinginan untuk mengunjungi negara lain dan menikati suasana di sana. Setiap negara memang memiliki karakteristik masing-masing yang sayang untuk dilewatkan.

Saat berkunjung ke negara lain, kamu mungkin ingin mengelilingi negara tersebut dari satu ujung ke ujung lainnya. Namun hal tersebut mungkin sedikit sulit karena waktu dan uang yang kamu miliki. Jika kamu ingin mengunjungi negara lain dan mengelilinya dalam sehari dengan menghemat waktu, kamu sepertinya perlu mengunjungi negara-negara paling sempit di bawah ini. 1. Vatikan Vatikan merupakan sebuah negara kecil yang menjadi destinasi favorit umat Kristiani.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Vatikan dikelilingi tembok besar untuk menunjukan perbatasannya. Di negara ini kamu bisa mengunjungi berbagai macam gereja dan kapel yang memiliki ukiran serta patung-patung indah. Baca Juga: 5 Negara Dengan Kecerdasan Tertinggi Di Dunia, Ada Indonesia? Luas negara Vatikan hanya sekitar 0,44 kilometer persegi. Kamu bisa mengelilingi negara satu ini dalam waktu sehari. 2. Maladewa Maladewa atau Maldives adalah salah satu negara impian yang ingin dikunjunga banyak orang.

Negara ini memiliki sekitar 1.192 pulau yang tersebar. Jika ditotal, luasnya sekitar 300 kilometer persegi. Jika kamu penikmat pantai, kamu bisa memasukan Maladewa ke dalam daftar negara impian. Di Maladewa kamu akan dimanjakan dengan pemandangan lautnya yang jernih. Tidak sampai di situ, kehidupan bawah air di Maladewa juga tak kalah menakjubkan.

3. San Marino Mungkin banyak yang belum tahu jika San Marino merupakan negara konstitusional tertua di dunia. Negara ini didirikan oleh Santo Marinus dari Pulau Rab, Italia, pada tahun 301. Negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah . Marino dekat dengan Italia dan luasnya hanya sekitar 61 kilometer persegi saja. Negara ini tentu saja bisa kamu jelajahi dalam waktu satu hari. Baca Juga: 5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya 4. Kerajaan Sealand Mungkin bentuk negara satu ini sedikit berbeda dengan negara lainnya.

Namun jangan salah, Kerajaan Sealand memang benar-benar sebuah negara. Pada September 1967, Kerajaan Sealand dideklarasikan sebagai sebuah negara oleh Roy Bates dan istrinya. Layaknya negara pada umumnya, Kerajaan Sealand memiliki mata uang sendiri.

Luasnya hanya sekitar 25.000 meter. Meski terkesan sempit, kamu tetap akan menikmati negara satu ini karena pemandangan laut yang luas dan seolah tak terbatas.

5.

negara berikut yang wilayahnya paling sempit adalah ...

Kepulauan Marshall Kamu akan dimanajakan dengan pantai indah jika berkunjung ke Kepulauan Marshall. Luas negaranya hanya sekitar 181 kilometer persegi saja sehingga memungkinkan untuk dijelajahi dalam sehari.

Kepualauan Marshall tersebar di Lautan Pasifik. Pulau Arno Atoll dan Pulau Ebeye adalah pulau-pulau yang menjadi favorit wisatawan.

Pembahasan soal IPS Kelas VIII UTS ganjil bagian 1




2022 www.videocon.com