Pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Sebelum dan sesudah melakukan olahraga biasanya dilakukan pemanasan dan pendinginan dengan menarik napas dalam-dalam. Hal tersebut untuk mempersiapkan energi dan mengurangi rasa lelah. Rasa lelah tersebut disebabkan …. A. produksi CO 2 yang berlebihan dari proses fermentasi B. penimbunan asam laktat akibat kekurangan O 2 C. penimbunan alkohol sebagai produk sampingan fermentasi D.

meningkatnya proses respirasi akibat kebutuhan energi yang meningkat E. meningkatnya kebutuhan O 2 untuk respirasi sel Pembahasan Respirasi anaerob adalah respirasi yang tidak menggunakan bantuan O 2 (oksigen).

Respirasi anaerob yang juga disebut fermentasi dibedakan menjadi dua, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah fermentasi alkohol dan fermentasi asam laktat. • Fermentasi Alkohol: terjadi pada bakteri dan protista. Pada fermentasi ini, glukosa diubah menjadi alkohol, CO 2, dan ATP. • Fermentasi Asam Laktat: terjadi pada sel otot manusia saat melakukan kerja keras tetapi kebutuhan oksigen tidak mencukupi.

Hasil samping dari fermentasi ini adalah asam laktat yang dapat menimbulkan kelelahan pada otot. Jadi, rasa lelah setelah berolahraga disebabkan oleh penimbunan asam laktat akibat kekurangan O 2 (B). Perdalam materi ini di Katabolisme Karbohidrat [Soal UN dan Pembahasan]. Soal No. 27 tentang Fotosintesis [reaksi gelap] Berdasarkan bagan, bagian yang ditunjukkan x dan y adalah …. A. RuBp dan PGAL B. RuBp dan PGA C. RuBp dan glukosa D.

PGA dan glukosa E. PGAL dan glukosa Pembahasan Siklus Calvin merupakan tahap reaksi gelap pada proses fotosintesis. Siklus terbagi dalam 3 tahap, yaitu fiksasi, reduksi, dan regenerasi. • Fiksasi karbon: yaitu pengikatan CO 2 oleh ribulosa bifosfat atau RuBp (x).

Tahap fiksasi ini menghasilkan 3-asam fosfogliserat (PGA). • Reduksi: dengan bantuan ATP dan NADPH, PGA direduksi menjadi fosfogliseraldehida atau PGAL (y).

Sebagian PGAL akan menghasilkan glukosa, sebagian lagi melanjutkan siklus berikutnya. • Regenerasi: pembentukan kembali RuBp dari PGAL dengan bantuan ATP.

Jadi, bagian yang ditunjukkan x dan y adalah pada siklus Calvin di atas adalah RuBp dan PGAL (A). Perdalam materi ini di Anabolisme pada Tumbuhan (Fotosintesis) [Soal dan Pembahasan].

Soal No. 28 tentang Pembelahan Sel Berdasarkan gambar, fase dan ciri yang ditunjuk oleh X adalah …. A. profase II, karena kromatid berjajar pada bidang ekuator dan membran inti tidak terlihat B.

metafase II, karena kromosom masih terdiri atas 2 kromatid yang sejajar pada bidang ekuator C. interfase, karena terbentuk kromatid pada bidang sejajar dan memasuki fase istirahat D. telofase II, karena terbentuk dua sel anakan yang terpisah dengan setengah kromosom E. pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin II, kromatid telah memisahkan diri dan terletak pada bidang sejajar Pembahasan Fase pembelahan meiosis II terdiri dari profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II.

Gambar kiri atas masih dalam tahap meiosis I, tepatnya telofase I. Tahap meiosis II dimulai dari gambar kanan atas. Perhatikan gambar pembelahan sel meiosis II berikut ini! Keterangan untuk gambar di atas adalah sebagai berikut: • Profase II: sentriol bergerak ke kutub ber-lawanan • Metafase II: kromatin berada di bidang ekuator • Anafase II: kromatin yang saling berpasangan berpisah • Telofase II: terbentuk 4 sel anak Jadi, jadi fase yang ditunjuk oleh X adalah metafase II, karena kromosom masih terdiri atas 2 kromatid yang sejajar pada bidang ekuator (B).

Perdalam materi ini di Reproduksi Sel [Soal UN dan Pembahasanan]. Soal No. 29 tentang Sintesis Protein Bagian X dan proses Y adalah …. A. tRNA, transkripsi B. tRNA, translasi C. mRNA, transkripsi D. mRNA, translasi E.

rRNA, transkripsi Pembahasan Sintesis protein terbagi dalam dua tahap, yaitu tahap transkripsi (pencetakan) dan tahap translasi (penerjemahan). • Transkripsi, yaitu pencetakan mRNA (messenger RNA atau RNA duta) oleh DNA sense • Translasi, yaitu penerjemahan mRNA oleh tRNA (transfer RNA) yang melibatkan asam amino hingga terbentuk polipeptida.

Jadi, bagian X pada diagram sintesis protein di atas adalah tRNA, sedangkan proses Y adalah tahap translasi (B). Perdalam materi ini di Sintesis Protein [Soal UN dan Pembahasan]. Soal No. 30 tentang Transportasi Membran Sel Catatan: x dan y = kentang dengan berat awal sama Kentang x direndam dalam larutan garam 1% Kentang y direndam dalam larutan garam 5% Berdasarkan gambar tersebut, yang akan terjadi pada kentang y setelah direndam selama 60 menit adalah ….

A. plasmolisis karena larutan hipotonik B. plasmolisis karena larutan hipertonik C. turgid karena larutan hipertonik D. turgid karena larutan hipotonik E. krenasi karena larutan hipotonik Pembahasan Percobaan di atas adalah tentang peristiwa osmosis, yaitu perpindahan partikel pelarut (air) dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.

Kentang x direndam dalam larutan konsentrasi rendah atau hipotonik sehingga molekul air masuk ke dalam kentang. Akibatnya kentang kelebihan air dan terlihat mengembang. Keadaan ini disebut turgid. Sedangkan kentang y direndam dalam larutan hipertonik sehingga partikel air dalam kentang keluar.

Akibatnya kentang kekurangan air sehingga kentang menjadi keriput (mengalami krenasi) dan selaput sel kentang terlepas (mengalami plasmolisis). Jadi, yang akan terjadi pada kentang y setelah direndam selama 60 menit adalah kentang y mengalami plasmolisis karena larutan hipertonik (B).

Perdalam materi ini di Transpor Membran [Soal UN dan Pembahasan]. Simak Pembahasan Soal Biologi UN 2017 selengkapnya. No. 01 - 05 No. 21 - 25 No. 06 - 10 No. 26 - 30 No. 11 - 15 No. 31 - 35 No. 16 - 20 No.

36 - 40 Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini. Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas.

Semoga berkah. Bagian yang akan dialiri oleh eosin ditunjukkan nomor 2. Nomor 2 menunjukkan xylem. Xylem merupakan pembuluh angkut yang berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar menuju ke daun. Pembahasan Gambar yang tertera pada soal merupakan percobaan yang menggunakan tumbuhan yang dibuang akarnya kemudian tumbuhan tersebut direndam dalam wadah berisi larutan eosin.

Selanjutnya batang tumbuhan tersebut akan terlihat garis berwarna merah dari batang paling bawah menuju ke atas. Kemudian, saat batang dipotong secara melintang dan kemudian diamati dengan mikroskop akan terlihat bagian yang berwarna merah tersebut adalah bagian xylem. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui fungsi xylem dalam proses pengangkutan air. Penggunaan eosin dimaksudkan agar air yang diangkut oleh xylem dapat dilacak karena eosin merupakan larutan dengan warna merah sehingga pengangkutan air yang dilakukan xylem dapat dengan mudah dilacak.

Irisan batang tumbuhan yang tertera pada soal diberi keterangan nomor 1 sampai nomor 4 dengan rincian sebagai berikut: Nomor 1 menunjukkan epidermis yang berfungsi untuk melindungi jaringan di dalamnya. Nomor 2 menunjukkan xylem yang berfungsi untuk mengangkut air serta unsur hara dari akar menuju ke daun. Nomor 3 menunjukkan floem yang berfungsi untuk mengangkut zat hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

Nomor 4 menunjukkan empulur yang dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Berikut merupakan uraian materi singkat mengenai jaringan tumbuhan. Penampang melintang potongan batang tanaman dikotil dapat dilihat beberapa bagiannya antara lain: • Epidermis, terletak di bagian terluar dan berfungsi untuk melindungi jaringan di dalamnya • Korteks, berfungsi untuk menyimpan cadangan bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah • Endodermis, berfungsi untuk membatasi antara korteks dengan silinder pusat.

• Perisikel, berfungsi untuk membentuk cabang • Floem, berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh • Kambium, berfungsi untuk memproduksi xylem sekunder dan floem sekunder • Xylem, berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara ke daun • Empulur, berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Dalam tumbuhan, jaringan dibedakan menjadi 2 golongan yaitu jaringan muda dan jaringan dewasa. Jaringan muda Ciri utamanya yaitu aktif membelah dan belum memiliki fungsi khusus, contoh jaringan muda yaitu meristem apikal, meristem lateral dan meristem interkalar.

• Meristem apikal terletak di ujung batang dan ujung akar yang akan terus membelah sehingga batang akan tumbuh ke atas dan akar akan tumbuh ke bawah yang akan menyebabkan tumbuhan akan mengalami pertumbuhan primer.

• Meristem lateral terdapat di batang berupa kambium yang akan terus membelah ke 2 arah yaitu ke dalam membentuk xylem sekunder dan membelah keluar membentuk floem sekunder sehingga batang akan tumbuh melebar dan disebut sebagai pertumbuhan sekunder.

• Meristem interkalar terletak di antara 2 ruas dan akan mengakibatkan batang bertambah panjang. Jaringan dewasa Ciri utama jaringan dewasa yaitu tidak aktif membelah dan sudah memiliki fungsi khusus. Contoh jaringan dewasa yaitu sebagai berikut: • Jaringan pengisi misalnya yaitu parenkim korteks, parenkim palisade, parenkim spons.

• Jaringan pengangkut meliputi xylem dan floem. • Jaringan penyokong atau mekanik meliputi sklerenkim dan kolenkim. Ciri umum jaringan kolenkim antara lain: • Sel hidup. • Terjadi penebalan di sudut sel oleh zat selulosa. • Terdapat di batang muda, tangkai daun dan tangkai bunga. Ciri umum jaringan sklerenkim antara lain: • Sel mati. • Terjadi penebalan di seluruh dinding sel oleh zat lignin. • Terdapat di batang tua dan kulit biji. Pelajari lebih lanjut 1. materi tentang epidermis : brainly.co.id/tugas/17455581 2.

materi tentang jaringan tumbuhan : brainly.co.id/tugas/17971830 3. materi tentang jaringan tumbuhan : brainly.co.id/tugas/18372542 Detil Jawaban Kelas: VIII Mapel: biologi Bab: jaringan tumbuhan Kode: 8.4.6 Kata kunci: xylem, percobaan pengangkutan xylem 1. teori perkembangan kognitif jean piaget merupakan salah satu pilar konseptual dan menjadi dasar proses pendidikan anak usia sekolah. jean piaget me … mbagi perkembangan kognitif menjadi 4 tahap perkembangan yaitu sensorimotorik, praoperasional, operasi konkret, operasi formal.

berdasarkan tahap perkembangan kognitif jean piaget, pada tahap manakah perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar? dan coba anda uraikan karakteristiknya! 38. seorang pemulia tanaman menyilangkan tanaman terung ungu bulat dengan ungu lonjong.

sifat bulat dominan terhadap lonjong dan sifat ungu dominan te … rhadap hijau. dari persilangan tersebut dihasilkan keturunan sebanyak 1.300 tanaman dengan perbandingan variasi keturunan ungu bulat : ungu lonjong : hijau bulat : hijau lonjong = 3:3:1:1. genotip kedua induk tanaman tersebut adalah …. a. uubb dan uubb b. uubb dan uubb c. pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin dan uubb d. uubu dan uubb
SOAL STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DAN HEWAN • Berikut ini yang merupakan pengangkutan intravascular adalah… a.

Pengangkutan dari rambut akar ke xylem b. Pengangkutan hasil fotosintesis melalui floem c. Pengangkutan air dan mineral melalui floem d.

Pengangkutan air dan hasil fotosintesis melalui floem e. Pengangkutan dari korteks ke xylem • Rambut-rambut akar berfungsi untuk… a. Perluasan dari permukaan akar b. Penguat berdirinya pohon c. Perluasan bidang penyerapan d. Pemekaran jaringan epidermis akar e. Penampung cadangan mineral di akar • Pengangkutan melalui pembuluh xylem berlangsung secara… a. Osmosis b. Difusi c. Transpor aktif d. Difusi dan transpor aktif e. Osmosis dan transport aktif • Urutan pengangkutan ekstravaskular di akar adalah… a.

epidermis→korteks→floem→xilem b. epidermis→korteks→endodermis→xilem c. epidermis→endodermis→korteks→xilem d. epidermis→endodermis→floem→xilem e.

epidermis→endodermis→korteks→floem • Tumbuhan monokotil tidak dapat dicangkok karena… a. Tidak mempunyai cambium b. Letak floem dan xylem tidak teratur c. Batang sangat kecil d. Batang tidak bercabang e. Hanya mempunyai akar serabut • Zat yang diperoleh tumbuhan dari udara adalah… a. N ₂ dan CO ₂ b. H ₂ O dan CO ₂ c. Mg dan CO ₂ d. O ₂ dan CO ₂ e. Fe dan CO ₂ • Pengangkutan intravascular adaalh pengangkutan… a.

Dari bulu akar ke xylem b. Air dan hasil fotosintesis melalui berkas pembuluh c. Hasil fotosintesis dari daun melaui floem d. Air dan mineral dari akar ke xylem e. Dari korteks sampai ke pembuluh xylem • Jaringan xylem berfungsi untuk… a.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Mengangkut hasil fotosintesis b. Jaringan penguat c. Jaringan penyimpan d. Mengangkut air dan mineral e. Mengangkut sisa metabolisme • Pengangkutan ekstravaskuler adalah pengangkutan… a. Dari rambut akar sampai ke pembuluh xylem b. Air dan hasil fotosintesis ke berkas pembuluh c. Hasil fotosintesis melalui floem d. Air dan garam mineral dari akar melalui xylem e.

Hasil fotosintesis melalui berkas pembuluh • Air dari tanah dapat masuk melalui rambut akar pada keadaan… a. Tekanan osmosis tumbuhan dan larutan dalam tanah sama b.

Keadaan sel tumbuhan lebih hipertonis c. Kadar air pada tumbuhan lebih rendah d. Kadar larutan pada tanah lebih hipertonis e. Kadar air pada tanah lebih rendah • Kentang yang direndam dalam larutan garam pekat keadaannya menjadi… a. Beratnya berkurang karena air keluar dari sel b. Kandungan airnya bertambah karena air garam masuk ke dalam sel c. Tidak mengalami perubahan d. Menjadi layu karena air garam banyak keluar e. Menjadi kaku karena banyak air masuk • Transportasi apoplas berlangsung melalui… a.

Xylem dan floem b. Korteks dan cambium c. Sitoplasma dan cambium d. Dinding sel dan sitoplasma e. Dinding sel dan ruang-ruang antarsel • Pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang terlihat berwarna jika dilihat dengan mikroskop adalah… a. Floem b. Cambium c. Korteks d. Endodermis e. xylem • Keadaan ketegangan yang timbul antara plasma sel dan dinding sel karena isi sel mengisap cairan dari luar, disebut… a.

Nilai osmotic b. Turgor c. Osmosis d. Isotonic e. hipotonik • Adanya rambut akar menyebabkan terjadinya proses pengisapan air dan mineral melalui proses yang disebut … a.

Difusi b. Adsorpsi c. Osmosis d. Absorpsi e. Difusi dan osmosis • Sebuah batang disayat melingkar dari kulit ke kayunya, ternyata bagian tanaman sebelah atas sayatan tetap segar. Hal ini membuktikan… a. Kulit kayu tidak dapat mengangkut air dengan cukup b. Kulit kayu dapat mengangkut air dengan cukup c. Bagian kayu tidak dapat mengangkut air dengan cukup d. Bagian kayu dapat mengangkut air dengan cukup e. Bagian kayu dapat mengangkut hasil fotosintesis dengan baik • Difusi adalah pergerakan molekul-molekul yang mempunyai konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah, contohnya… a.

Terserapnya air di akar b. Terjadinya penguapan di daun c. Mengalirnya air di sungai d. Timbulnya hujan e. Tercampurnya sirup dengan air • Bagian tumbuhan yang mempunyai konsentrasi paling pekat adalah… a. Sel-sel mesofil daun b.

Sel-sel pembuluh kayu pada tulang daun c. Sel-sel pembuluh kayu pada batang d. Sel-sel pembuluh tapis pada batang e. Sel-sel rambut akar • Cairan gula hasil fotosintesis dari mesofil daun dapat masuk ke dalam sel pembuluh tapis karena adanya… a. aliran tekanan b. perbedaan nilai osmotikdari sel-sel mesofil bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah sel-sel pembuluh tapis c. kerja enzim d. konsentrasi gula pada mesofil lebih besar daripada sel-sel pembuluh tapis e.

gerakan-gerakan sel pembuluh ayak • Terdapat perbandingan turgor dengan tekanan osmosis dalam sel. Perbandingan ini berbanding… a. Terbalik b. Lurus c. Fungsi parabolic d. Negative e. Tidak teratur • Berikut ini yang termasuk jaringan dewasa adalah… a. Epidermis b. Skelerenkim c. Cambium d. Palisade e. endodermis • Jaringan meristem yang terdapat pada tumbuhan monokotil adalah… a.

Endodermis b. Bunga karang c. Kaliptra d. Titik tumbuh sekunder e. Titik tumbuh primer • Di antara jaringan-jaringan berikut ini yang sel-selnya mempunyai kemampuan membelah terus-menerus adalah… a. Kolenkima b. Feloderma c.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Felem d. Felogen e. floem • Letak jaringan endodermis yang tepat adalah… a. Di antara xylem dan floem b. Di antara parenkima dan epidermis c. Di antara felem dan feloderma d. Di antara korteks dan silinder pusat e. Di antara silinder pusat dan epidermis • Fungsi jaringan epidermis adalah… a. Menebalkan kulit batang b.

Menebalkan kulit akar c. Mengatur lalu lintas zat makanan ke dalam batang d. Memperkuat batang e. Mengatur lalu lintas air dan mineral dari medium ke tubuh tumbuhan • Berikut ini adalah jaringan-jaringan penyusun akarkecuali… a. Epidermis b. Korteks c. Endodermis d. Sklerenkima e. Xylem • Jaringan primer yang akan membentuk xylem dan floem pada titik tumbuh adalah… a. Protoderma b. Promeristem c. Prokambium d.

Provaskular e. Meristem dasar • Hal yang membedakan antara batang dikotil dan monokotil adalah… a. Ada tidaknya stele b. Ada tidaknya kambium c. Ada tidaknya sklerenkima d. Ada tidaknya xilem sekunder e. Ada tidaknya gabus • Apabila ditemukan adanya cambium di antara xylem dan floem maka disebut… a.

System kolateral b. System konsentris tertutup c. System konsentris terbuka d. System kolateral tertutup e. System kolateral terbuka • Letak xylem sekunder pada batang adalah… a.

Di pangkal batang b. Di ujung batang c. Di antara stele dan xylem primer d. Di antara kulit dan foem primer e. Di antara cambium dan xylem • Berikut ini yang bukan merupakan jaringan sekunder pada batang adalah… a.

Parenkima sekunder b. Floem sekunder c. Xylem sekunder d. Gabus e. Cambium gabus • Urutan yang betul tentang letak jaringan penyusun daun dari atas ke bawah adalah… a. Epidermis atas→parenkima→kolenkima→epidermis bawah b. Epidermis atas→palisade→parenkima→spons→epidermis bawah c. Epidermis atas→klorenkim→parenkima→epidermis bawah d. Epidermis atas→jaringan spons→palisade→xilem→epidermis bawah e.

Epidermis atas→xilem→floem→palisade→jaringan spons→epidermis bawah • Tumbuhan dikotil umumnya memiliki susunan tulang daun yang disebut… a. Menjari atau menyirip b. Melengkung atau menyirip c.

Melengkung dan menjari d. Sejajar dan menyirip e. Menjari dan menjajar • Jika sebuah bunga memiliki dua jenis alat kelamin maka bunga tersebut disebut… a. Jantan b. Betina c. Mandul d. Fertile e. hermafrodit • Istilah apetalus dipakai untuk menyebutkan bunga yang strukturnya tidak memiliki… a.

Mahkota b. Kelopak c. Benang sari d. Putik e. Tangkai bunga Spektrofotometri visible disebut juga spektrofotometri sinar tampak. Yang dimaksud sinar tampak adalah sinar yang dapat dilihat oleh mata manusia. Cahaya yang dapat dilihat oleh mata manusia adalah cahaya dengan panjang gelombang 400-800 nm dan memiliki energi sebesar 299–149 kJ/mol.

Elektron pada keadaan normal atau berada pada kulit atom dengan energi terendah disebut keadaan dasar (ground-state). Energi yang dimiliki sinar tampak mampu membuat elektron tereksitasi dari keadaan dasar menuju kulit atom yang memiliki energi lebih tinggi atau menuju keadaan tereksitasi. Cahaya yang diserap oleh suatu zat berbeda dengan cahaya yang ditangkap oleh mata manusia. Cahaya yang tampak atau cahaya yang dilihat dalam kehidupan sehari-hari disebut warna komplementer.

Misalnya suatu zat akan berwarna orange bila menyerap warna biru dari spektrum sinar tampak dan suatu zat akan berwarna hitam bila menyerap semua warna yang terdapat pada spektrum sinar tampak.

Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut. Panjang gelombang (nm) Warna warna yang diserap Warna komplementer (warna yang terlihat) 400 – 435 Ungu Hijau kekuningan 435 – 480 Biru Kuning 480 – 490 Biru kehijauan Jingga 490 – 500 Hijau kebiruan Merah 500 – 560 Hijau Ungu kemerahan 560 – 580 Hijau kekuningan Ungu 580 – 595 Kuning Biru 595 – 610 Jingga Biru kehijauan 610 – 800 Merah Hijau kebiruan Pada spektrofotometer sinar tampak, sumber cahaya biasanya menggunakan lampu tungsten yang sering disebut lampu wolfram.

Wolfram merupakan salah satu unsur kimia, dalam tabel periodik unsur wolfram termasuk golongan unsur transisi tepatnya golongan VIB atau golongan 6 dengan simbol W dan nomor atom 74. Wolfram digunakan sebagai lampu pada spektrofotometri tidak terlepas dari sifatnya yang memiliki titik didih yang sangat tinggi yakni 5930 °C. Gambar 2 jenis spektronic-20 yang bekerja pada rentang panjang gelombang sinar tanpak. Gambar atas merupakan spectronic-20 lama yang sudah jarang bahkan mungkin tidak diproduksi lagi.

Sedangkan gambar kedua adalah spectronic-20 terbaru. Panjang gelombang yang digunakan untuk melakukan analisis adalah panjang gelombang dimana pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin zat memberikan penyerapan paling tinggi yang disebut λ maks.

Hal ini disebabkan jika pengukuran dilakukan pada panjang gelombang yang sama, maka data yang diperoleh makin akurat atau kesalahan yang muncul makin kecil. Berdasarkan hukum Beer absorbansi akan berbanding lurus dengan konsentrasi, karena b atau l harganya 1 cm dapat diabaikan dan ε merupakan suatu tetapan. Artinya konsentrasi makin tinggi maka absorbansi yang dihasilkan makin tinggi, begitupun sebaliknya konsentrasi makin rendah absorbansi yang dihasilkan makin rendah.

(Hukum Lamber-Beer dan syarat peralatan yang digunakan agar terpenuhi hukum Lambert-Beer Baca Pengertian Dasar Spektrofotometer Vis, UV, UV-Vis) Hubungan antara absorbansi terhadap konsentrasi akan linear (A≈C) apabila nilai absorbansi larutan antara 0,2-0,8 (0,2 ≤ A ≥ 0,8) atau sering disebut sebagai daerah berlaku hukum Lambert-Beer.

Jika absorbansi yang diperoleh lebih besar maka hubungan absorbansi tidak linear lagi. Kurva kalibarasi hubungan antara absorbansi versus konsentrasi dapat dilihat pada Gambar. Faktor-faktor yang menyebabkan absorbansi vs konsentrasi tidak linear: • Adanya serapan oleh pelarut.

Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan blangko, yaitu larutan yang berisi selain komponen yang akan dianalisis termasuk zat pembentuk warna. • Serapan oleh kuvet. Kuvet yang ada biasanya dari bahan gelas atau kuarsa, namun kuvet dari kuarsa memiliki bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah yang lebih baik. • Kesalahan fotometrik normal pada pengukuran dengan absorbansi sangat rendah atau sangat tinggi, hal ini dapat diatur dengan pengaturan konsentrasi, sesuai dengan kisaran sensitivitas dari alat yang digunakan (melalui pengenceran atau pemekatan).

Zat yang dapat dianalisis menggunakan spektrofotometri sinar tampak adalah zat dalam bentuk larutan dan zat tersebut harus tampak berwarna, sehingga analisis yang didasarkan pada pembentukan larutan berwarna disebut juga metode kolorimetri. Jika tidak berwarna maka larutan tersebut harus dijadikan berwarna dengan cara memberi reagen tertentu yang spesifik. Dikatakan spesifik karena hanya bereaksi dengan spesi yang akan dianalisis.

Reagen ini disebut reagen pembentuk warna ( chromogenik reagent). Berikut adalah sifat-sifat yang harus dimiliki oleh reagen pembentuk warna: • Kestabilan dalam larutan. Pereaksi-pereaksi yang berubah sifatnya dalam waktu beberapa jam, dapat menyebabkan timbulnya semacam cendawan bila disimpan. Oleh sebab itu harus dibuat baru dan kurva kalibarasi yang baru harus dibuat saat setiap kali analisis. • Pembentukan warna yang dianalisis harus cepat.

• Reaksi dengan komponen yang dianalisa harus berlangsung secara stoikiometrik. • Pereaksi tidak boleh menyerap cahaya dalam spektrum dimana dilakukan pengukuran. • Pereaksi harus selektif dan spesifik (khas) untuk komponen yang dianalisa, sehingga warna yang terjadi benar-benar merupakan ukuran bagi komponen tersebut saja.

• Tidak boleh ada gangguan-gangguan dari komponen-komponen lain dalam larutan yang dapat mengubah zat pereaksi atau komponen komponen yang dianalisa menjadi suatu bentuk atau kompleks yang tidak berwarna, sehingga pembentukan warna yang dikehandaki tidak sempurna.

• Pereaksi yang dipakai harus dapat menimbulkan hasil reaksi berwarna yang dikehendaki dengan komponen yang dianalisa, dalam pelarut yang dipakai. Setelah ditambahkan reagen atau zat pembentuk warna maka larutan tersebut harus memiliki lima sifat di bawah ini: • Kestabilan warna yang cukup lama guna memungkinkan pengukuran absorbansi dengan teliti.

Ketidakstabilan, yang mengakibatkan menyusutnya warna larutan (fading), disebabkan oleh oksidasi oleh udara, penguraian bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah fotokimia, pengaruh keasaman, suhu dan jenis pelarut.

Namun kadang-kadang dengan mengubah kondisi larutan dapat diperoleh kestabilan yang lebih baik. • Warna larutan yang akan diukur harus mempunyai intensitas yang cukup tinggi (warna harus cukup tua) yang berarti bahwa absortivitas molarnya (ε) besar. Hal ini dapat dikontrol dengan mengubah pelarutnya. Dalam hal ini dengan memilih pereaksi yang memiliki kepekaan yang cukup tinggi. • Warna larutan yang diukur sebaiknya bebas daripada pengaruh variasi-variasi kecil kecil dalam nilai pH, suhu maupun kondisis-kondisi yang lain.

• Hasil reaksi yang berwarna ini harus larut dalam pelarut yang dipakai. • Sistem yang berwarna ini harus memenuhi Hukum Lambert-Beer. Menentukan konsentrasi sampel dengan cara kurva kalibrasi Konsentrasi sampel dalam suatu larutan dapat ditentukan dengan rumus yang diturunkan dari hukum lambert beer (A= a.

b. c atau A = ε. b. c). Namun ada cara lain yang dapat digunakan untuk menentukan konsentrasi suatu spesi yang ada dalam suatu larutan yakni dengan cara kurva kalibarasi. Cara ini sebenarnya masih tetap bertumpu pada hukum Lambert-Beer yakni absorbansi berbanding lurus dengan konsentrasi.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam penentuan konsentrasi zat dengan kurva kalibarasi: • Maching kuvet : mencari dua buah kuvet yang memiliki absorbansi atau transmitansi sama atau hampir sama. Dua buah kuvet inilah yang akan digunakan untuk analisis, satu untuk blanko, satu untuk sampel.

Dalam melakukan analisis Maching kuvet harus dilakukan agar kesalahannya makin kecil. • Membuat larutan standar pada berbagai konsentrasi. Larutan standar yaitu larutan yang konsentrasinya telah diketahui secara pasti.

Konsentrasi larutan standar dibuat dari yang lebih kecil sampai lebih besar dari konsentrasi analit yang diperkirakan. • Ambilah salah satu larutan standar, kemudian ukur pada berbagai panjang gelombang. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pada panjang gelombang berapa, absorbansi yang dihasilkan paling besar. Panjang gelombang yang menghasilkan absorbansi paling besar atau paling tinggi disebut panjang gelombang maksimum (l maks). • Ukurlah absorbansi semua larutan standar yang telah dibuat pada panjang gelombang maksimum.

• Catat absorbansi yang dihasilkan dari semua larutan standar, kemudian alurkan pada grafik absorbansi vs konsentrasi sehingga diperoleh suatu kurva yang disebut kurva kalibarasi. Dari hukum Lambart-Beer jika absorbansi yang dihasilkan berkisar antara 0,2-0,8 maka grafik akan berbentuk garis lurus, namun hal ini tidak dapat dipastikan.

Misalkan absorbansi yang dihasilkan dari larutan standar yang telah dibuat adalah Absorbansi 0,2 0,3 0,4 0,5 0,6 0,7 0,8 0,9 konsentrasi 2 ppm 4 ppm 6 ppm 8 ppm 10 ppm 12 ppm 14 ppm 16 ppm • Ukurlah absorbansi larutan yang belum diketahui konsentrasinya.

Setelah diperoleh absorbansinya, masukan nilai tersebut pada grafik yang diperoleh pada langkah 5. Misalkan absorbansi yang diperoleh 0,6. Maka jika ditarik garis lurus konsentrasi sampel akan sama dengan konsentrasi larutan standar 10 ppm.

Maka grafiknya sebagai berikut: Selain dengan cara diatas konsentrasi sampel dapat dihitung dengan persamaan regresi linear: persamaan di atas dapat dihitung dengan bantuan kalkulator. Setelah diperoleh persamaan di atas, absorbansi sampel yang diperoleh dimasukan sebagai nila y sehingga diperoleh nila x.

Nilai x yang diperoleh merupakan konsentrasi sampel yang dianalisis. Post navigation
SOAL STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DAN HEWAN • Berikut ini yang merupakan pengangkutan intravascular adalah… a. Pengangkutan dari rambut akar ke xylem b. Pengangkutan hasil fotosintesis melalui floem c. Pengangkutan air dan mineral melalui floem d.

Pengangkutan air dan hasil fotosintesis melalui floem e. Pengangkutan dari korteks ke xylem • Rambut-rambut akar berfungsi untuk… a. Perluasan dari permukaan akar b. Penguat berdirinya pohon c. Perluasan bidang penyerapan d. Pemekaran jaringan epidermis akar e. Penampung cadangan mineral di akar • Pengangkutan melalui pembuluh xylem berlangsung secara… a. Osmosis b.

Difusi c. Transpor aktif d. Difusi dan transpor aktif e. Osmosis dan transport aktif • Urutan pengangkutan ekstravaskular di akar adalah… a. epidermis→korteks→floem→xilem b.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

epidermis→korteks→endodermis→xilem c. epidermis→endodermis→korteks→xilem d. epidermis→endodermis→floem→xilem e. epidermis→endodermis→korteks→floem • Tumbuhan monokotil tidak dapat dicangkok karena… a. Tidak mempunyai cambium b. Letak floem dan xylem tidak teratur c. Batang sangat kecil d. Batang tidak bercabang e. Hanya mempunyai akar serabut • Zat yang diperoleh tumbuhan dari udara adalah… a. N ₂ dan CO ₂ b.

H ₂ O dan CO ₂ c. Mg dan CO ₂ d. O ₂ dan CO ₂ e. Fe dan CO ₂ • Pengangkutan intravascular adaalh pengangkutan… a. Dari bulu akar ke xylem b. Air dan hasil fotosintesis melalui berkas pembuluh c.

Hasil fotosintesis dari daun melaui floem d. Air dan mineral dari akar ke xylem e. Dari korteks sampai ke pembuluh xylem • Jaringan xylem berfungsi untuk… a.

Mengangkut hasil fotosintesis b. Jaringan penguat c. Jaringan penyimpan d. Mengangkut air dan mineral e. Mengangkut sisa metabolisme • Pengangkutan ekstravaskuler adalah pengangkutan… a. Dari rambut akar sampai ke pembuluh xylem b. Air dan hasil fotosintesis ke berkas pembuluh c. Hasil fotosintesis melalui floem d. Air dan garam mineral dari akar melalui xylem e. Hasil fotosintesis melalui berkas pembuluh • Air dari tanah dapat masuk melalui rambut akar pada keadaan… a.

Tekanan osmosis tumbuhan dan larutan dalam tanah sama b. Keadaan sel tumbuhan lebih hipertonis c. Kadar air pada tumbuhan lebih rendah d. Kadar larutan pada tanah lebih hipertonis e. Kadar air pada tanah lebih rendah • Kentang yang direndam dalam larutan garam pekat keadaannya menjadi… a.

Beratnya berkurang karena air keluar dari sel b. Kandungan airnya bertambah karena air garam masuk ke dalam sel c. Tidak mengalami perubahan d. Menjadi layu karena air garam banyak keluar e. Menjadi kaku karena banyak air masuk • Transportasi apoplas berlangsung melalui… a. Xylem dan floem b. Korteks dan cambium c. Sitoplasma dan cambium d.

Dinding sel dan sitoplasma e. Dinding sel dan ruang-ruang antarsel • Pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang terlihat berwarna jika dilihat dengan mikroskop adalah… a. Floem b. Cambium c. Korteks d. Endodermis e. xylem • Keadaan ketegangan yang timbul antara plasma sel dan dinding sel karena isi sel mengisap cairan dari luar, disebut… a. Nilai osmotic b. Turgor c. Osmosis d. Isotonic e. hipotonik • Adanya rambut akar menyebabkan terjadinya proses pengisapan air dan mineral melalui proses yang disebut … a.

Difusi b. Adsorpsi c. Osmosis d. Absorpsi e. Difusi dan osmosis • Sebuah batang disayat melingkar dari kulit ke kayunya, pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin bagian tanaman sebelah atas sayatan tetap segar. Hal ini membuktikan… a. Kulit kayu tidak dapat mengangkut air dengan cukup b.

Kulit kayu dapat mengangkut air dengan cukup c. Bagian kayu tidak dapat mengangkut air dengan cukup d. Bagian kayu dapat mengangkut air dengan cukup e. Bagian kayu dapat mengangkut hasil fotosintesis dengan baik • Difusi adalah pergerakan molekul-molekul yang mempunyai konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah, contohnya… a. Terserapnya air di akar b. Terjadinya penguapan di daun c.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Mengalirnya air di sungai d. Timbulnya hujan e. Tercampurnya sirup dengan air • Bagian tumbuhan yang mempunyai konsentrasi paling pekat adalah… a. Sel-sel mesofil daun b. Sel-sel pembuluh kayu pada tulang daun c.

Sel-sel pembuluh kayu pada batang d. Sel-sel pembuluh tapis pada batang e. Sel-sel rambut akar • Cairan gula hasil fotosintesis dari mesofil daun dapat masuk ke dalam sel pembuluh tapis karena adanya… a.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

aliran tekanan b. perbedaan nilai osmotikdari sel-sel mesofil dan sel-sel pembuluh tapis c. kerja enzim d. konsentrasi gula pada mesofil lebih besar daripada sel-sel pembuluh tapis e.

gerakan-gerakan sel pembuluh ayak • Terdapat perbandingan turgor dengan tekanan osmosis dalam sel. Perbandingan ini berbanding… a. Terbalik b. Lurus c. Fungsi parabolic d. Negative e. Tidak teratur • Berikut ini yang termasuk jaringan dewasa adalah… a. Epidermis b. Skelerenkim c. Cambium d. Palisade e. endodermis • Jaringan meristem yang terdapat pada tumbuhan monokotil adalah… a. Endodermis b. Bunga karang c. Kaliptra d. Titik tumbuh sekunder e. Titik tumbuh primer • Di antara jaringan-jaringan berikut ini yang sel-selnya mempunyai kemampuan membelah terus-menerus adalah… a.

Kolenkima b. Feloderma c. Felem d. Felogen e. floem • Letak jaringan endodermis yang tepat adalah… a. Di antara xylem dan floem b. Di antara parenkima dan epidermis c. Di antara felem dan feloderma d. Di antara korteks dan silinder pusat e. Di antara silinder pusat dan epidermis • Fungsi jaringan epidermis adalah… a. Menebalkan kulit batang b.

Menebalkan kulit akar c. Mengatur lalu lintas zat makanan ke dalam batang d. Memperkuat batang e. Mengatur lalu lintas air dan mineral dari medium ke tubuh tumbuhan • Berikut ini adalah jaringan-jaringan penyusun akarkecuali… a. Epidermis b. Korteks c. Endodermis d. Sklerenkima e. Xylem • Jaringan primer yang akan membentuk xylem dan floem pada titik tumbuh adalah… a.

Protoderma b. Promeristem c. Prokambium d. Provaskular e. Meristem dasar • Hal yang membedakan antara batang dikotil dan monokotil adalah… a. Ada tidaknya stele b.

Ada tidaknya kambium c. Ada tidaknya sklerenkima d. Ada tidaknya xilem sekunder e. Ada tidaknya gabus • Apabila ditemukan adanya cambium di antara xylem dan floem maka disebut… a. System kolateral b. System konsentris tertutup c. System konsentris terbuka d. System kolateral tertutup e. System kolateral terbuka • Letak xylem sekunder pada batang adalah… a. Di pangkal batang b. Di ujung batang c. Di antara stele dan xylem primer d.

Di antara kulit dan foem primer e. Di antara cambium dan xylem • Berikut ini yang bukan merupakan jaringan sekunder pada batang adalah… a.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Parenkima sekunder b. Floem sekunder c. Xylem sekunder d. Gabus e. Cambium gabus • Urutan yang betul tentang letak jaringan penyusun daun dari atas ke bawah adalah… a. Epidermis atas→parenkima→kolenkima→epidermis bawah b. Epidermis atas→palisade→parenkima→spons→epidermis bawah c.

Epidermis atas→klorenkim→parenkima→epidermis bawah d. Epidermis atas→jaringan spons→palisade→xilem→epidermis bawah e. Epidermis atas→xilem→floem→palisade→jaringan spons→epidermis bawah • Tumbuhan dikotil umumnya memiliki susunan tulang daun yang disebut… a.

Menjari atau menyirip b. Melengkung atau menyirip c. Melengkung dan menjari d. Sejajar dan menyirip e. Menjari dan menjajar • Jika sebuah bunga memiliki dua jenis alat kelamin maka bunga tersebut disebut… a. Jantan b. Betina c. Mandul d. Fertile e.

hermafrodit • Istilah apetalus dipakai untuk menyebutkan bunga yang strukturnya tidak memiliki… a. Mahkota b. Kelopak c. Benang sari d. Putik e. Tangkai bunga STRUKTUR HEWAN Dilihat dari segi jumlah sel, hewan dapat dibagi menjadi Protozoa (hewan bersel satu) dan Metazoa (hewan bersel banyak).

Pada hewan bersel banyak (termasuk manusia), kumpulan sel-sel yag memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan, jaringan jaringan yang berbeda akan bergabung membentuk organ tubuh, organ-organ tubuh akan bergabung membentuk sistem organ tubuh, sistem organ tubuh akhirnya akan bergabung membentuk organisme (hewan). SEL —•Å¸Ãž JARINGAN Þ ORGAN Þ SISTEM ORGAN Þ ORGANISME JARINGAN EMBRIONAL Jaringan embrional, merupakan jaringan dari hasil pembelahan sel zigot.

Jaringan embrional mengalami spesialisasi menjadi 3 lapisan jaringan (triploblastik), lapisan luar, ektoderm, lapisan tengah, mesoderm dan lapisan dalam entoderm. Contoh hewan triploblastik : Annelida, Mollusca, Arthropoda, Chordata. Atau menjadi 2 lapisan jaringan (diploblastik), lapisan ektoderm dan endoderm.

Contoh hewan diploblastik : Coelenterata. Lapisan-lapisan jaringan tersebut di atas kemudian akan berkembang menjadi organ-organ tubuh dari suatu hewan. JARINGAN EPITEL Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh, organ tubuh atau permukaan saluran tubuh hewan. Berdasarkan bentuk dan susunannya jaringan epitel dibagi menjadi 1. Epitel Pipih Gbr. Epitel silindris banyak lapis bersilia. (tampak pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin di tengah-tengah, diambil dari eaofagus janin).

b.Epitel silindris banyak lapis Contoh: pada pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin kelenjar ludah, uretra. c. Epitel silindris banyak lapis semu/epitel silindris bersilia Contoh: pada trakea, rongga hidung.

4. Epitel Transisional Merupakan bentuk epitel banyak lapis yang sel-selnya tidak dapat digolongkan berdasarkan bentuknya. Bila jaringannya menggelembung bentuknya berubah. Contoh: pada kandung kemih. Gbr 3. Epitel transisional dari kandung kemih anjing BIOTEKNOLOGI 1.Berbagai contoh produk bioteknologi. 1.Minuman beralkohol 2.Domba kloning 3.Hormon interferon 4.Tape ketan 5.Antibodi monoklonal Produk bioteknologi modern adalah .

(2009) A.1, 2 dan 3 B.1, 3 dan 4 C.2, 3 dan 4 D.2, 3 dan 5 E.3, 4 dan 5 2.Penolakan masyarakat terhadap penanaman kapas transgenik di Sulawesi, karena menimbulkan kekhawatiran pada ekosistem yakni . (2009) A.Kapas transgenik tidak ekonomis B.Teknik pembentukan kapas transgenik menggunakan virus C.Kapas transgenik diduga membawa penyakit menular berbahaya D.Pergeseran biodiversitas tanaman kapas asli secara besar-besaran E.Kapas transgenik sulit dirawat oleh petani stempat 3.Proses pembentukan organism baru, yang secara alamiah tidak mungkin terjadi di alam dapat diperoleh dengan cara teknik rekayasa genetika.

Teknik rekayasa genetika didukung/ ditunjang oleh adanya hal-hal berikut, kecuali …. (2008) A.Ditemukan enzim endonuklease restriksi B.Adanya sel yang mampu berfusi C.Adanya teknik fermentasi D.Ditemukan enzim ligase E.Ditemukannya plasmid 4.Bioteknologi dapat diterapkan untuk mengubah dan meningkatkan nilai tambah pangan, serta pembuatan sumber pangan baru dengan bantuan mikroba.

Hubungan yang benar antara mikroba dengan produk yang dihasilkan adalah …… (2008) Jenis Mikroba Produk Makanan/ Minuman A.Acetobacter xylinum Keju lunak B.Candida utilis Tempe C.Rhizopus oligosporus Protein sel tunggal (PST) D.Lactobacillus bulgaricus Yoghurt E.Penillium camemberti Nata de coco 5.Tindakan yang mungkin dilakukan manusia untuk mencegah dampak negatif dari bioteknologi adalah ….

(2008) A.Menggunakan bibit lokal supaya tanaman lebih adaptif B.Menggunakan pestisida pekat untuk memberantas hama C.Untuk menghambat perkembang biakan hama dilakukan sistem monokultur D.Meningkatkan produksi, dengan melaksanakan pemupukan dengan pupuk buatan E.Memanfaatkan mikroorganisme transgenik, dalam pengelolaan limbah 6.Pemanfaatan aplikasi bioteknologi untuk pemenuhan kebutuhan pangan sudah mulai beralih ke pemanfaatan PST (Protein Sel Tunggal) karena memiliki kelebihan kecuali .

(2007) A.nilai ekonomi tinggi B.sumber energinya cukup banyak C.kadar protein tinggi ± 80% D.media pembiakannya selulosa, methanol atau minyak bumi E.semua orang bisa melakukannya 7.Bioteknologi di bawah adalah . (2007) A. Hibridoma B. Kloning C. Transplantasi gen D. Kultur jaringan E. Transplantasi nucleus 8.Pemanfaatan bakteri untuk mendapatkan insulin bagi kehidupan manusia dilakukan dengan cara teknologi … (2005) A.

kulturjaringan B. rekayasa genetika C. pembuatan vaksin D. mutasi dan hibridisasi E. fermentasi 9.Berikut ini beberapa bahan makanan yang difermentasikan oleh mikroorganisme dengan produk-produknya : Hubungan yang benar antara bahan mentah dengan mikroorganisme dan produknya adalah . (2005) A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4 E. 3 dan 5 10.Perhatikan pernyataan ini ! 1.Kultur jaringan dapat meningkatkan produksi suatu tanaman. 2.Rekayasa genetika dapat meningkatkan kualitas dari tanaman pangan.

3.Cara konvensional peningkatan mutu pengadaan pangan umumnya lebih mudah diterima masyarakat dari produk bioteknologi. 4.Produk biotektologi dikhawatirkan menjadi bahan polutan biologi.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Yang menunjukkan kekurangan dari bioteknologi adalah … (2004) A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 1 dan 4 D. 2 dan 3 E. 3 dan 4 11. Produksi antibodi monoklonal yang merupakan pemanfaatan salah satu cabang bioteknologi yaitu … (2004) A. teknologi enzim B. teknologi hibridoma C. teknologi DNA rekombinan D. teknologi reproduksi E. kultur jaringan 12.

Pengembangan teknologi hibridoma, sebagai salah satu bentuk bioteknologi untuk menghasilkan … (2003) A. vaksin B. antibiotik C. antibodi D. antibodi monoklonal E. antigen 13. Penisilin contoh antibiotik yang dihasilkan oleh mikroorganisme sejenis … (2003) A. protozoa B. fungi C.

bakteri D. alga E. virus 14. Hubungan yang sesuai antara organisme dengan produk yang dihasilkannya dalam usaha meningkatkan nilai tambah bahan adalah … (2002) Bahan mentah Bahan mentah Sebaran 15. Manfaat kultur jaringan bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah untuk memperoleh … (2002) A. hasil yang bervariasi dari tanaman jenis unggul B.

keturunan yang sifatnya unggul dalam jumlah besar C. tanaman jenis baru yang tahan hama D. Individu baru dalam jumlah besar dalam waktu relatif singkat E. Individu baru yang cepat berkembang biak 16. Permasalahan-permasalahan berikut dapat diatasi dengan rekayasa genetika, kecuali … (2002) A. membentuk sifat baru pada organisme tertentu B. membentuk enzim baru pada organisme tertentu C. mengobati penyakit infeksi baru pada organisme tertentu D. membentuk kemampuan baru pada organisme tertentu E.

mencegah munculnya penyakit keturunan baru pada organisme tertentu 17. Manakah yang menunjukkan hubungan yang tepat antara mikroorganisme dengan perannya dalam bioteknologi? (2001) 18. Pemanfaatan sifat totipotensi pada tumbuhan adalah untuk memperoleh … (2001) A. anakan yang unggul dalam jumlah besar dan cepat B. anakan seragam dalam jumlah besar dan cepat C. bibit unggul yang bergizi tinggi D. anakan yang diperlukan untuk hibridisasi E. anakan yang sifatnya lebih baik dari induknya 19.

Untuk memperoleh antibodi dalam skala besar di bidang kedokteran dapat dilakukan dengan cara … (2001) A. teknologi hibridoma B. kultur jaringan C. totipotensi jaringan D. terapi genetik E. transplantasi gen 20. Contoh proses bioteknologi tradisional adalah … (2000) A. pembuatan tempe B. pengolahan limbah C. pembuatan kompos D. pembuatan tahu E.

penemuan interferon 21. Pada tabel berikut hubungan yang benar antara produk, bahan mentah dan mikroorganismenya terdapat pada … (2000) 22. Pembentukan organisme penghasil interferon dilakukan melalui teknik … (2000) A. kultur jaringan B. biakan murni C. transplantasi gen D. transplantasi nukleus E. transplantasi embrio 23. Peristiwa pembentukan biogas dari limbah rumah tangga yang mengandung protein, lemak dan karbohidrat dilakukan melalui proses fermentasi oleh … (2000) A.

Eschericia coli secara anaerob B. Thiobacillus ferroxidan secara aerob C. Bacillus thuringiensis secara aerob D. Methanobacterium omelianskii secara anaerob E. Escheichia coli secara aerob 24. Berikut ini adalah tahapan pada rekayasa genetika 1. Pembuatan klon dan replikasi 2. Pembuatan wahana 3. Isolasi gen 4. Produksi Urutan tahapan pada rekayasa genetika adalah … (2000) A.

1, 2, 3 dan 4 B. 2, 3, 4 dan 1 C. 3, 4, 2 dan 1 D. 3, 2, 1 dan 4 E. 4, 3, 2 dan 1 25. Dampak negatif revolusi hijau terhadap lingkungan adalah … (1999) A. peningkatan populasi hama serangga karena sumber makanannya bertambah B. menyempitnya area hutan lindung karena ditanami padi dan palawija C. berkurangnya penghasilan petani tradisional karena kalah bersaing dengan petani modern D. hilangnya kemampuan mikroorganisme karena pengaruh intensifikasi pertanian E. meningkatnya peranan mikroorganisme karena pengaruh intensifikasi 26.

Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu spesies lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai … (1999) A.

kultur jaringan B. rekayasa genetika C. transpalntasi D. radiasi induksi E. mutasi buatan 27. Hubungan yang benar antara jenis makanan hasil fermentasi dan mikroorganisme yang melakukannya yaitu … (1999) 28. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada … (1999) A. meningkatnya jenis hama tanaman B.

meningkatnya keanekaragaman genetik C. meningkatnya keanekaragaman ekologi D. menurunkan kualitas produk pertanian E. menurunkan kualitas lingkungan 29. Perhatikan tabel hubungan beberapa makanan, bahan mentah dan mikroorganisme di bawah ini!

Hubungan yang benar adalah … (1998) A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 5 D. 3 dan 4 E. 4 dan 5 30. Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan … (1998) A. DNA bakteri ke dalam pankreas manusia B. kromosom bakteri ke dalam DNA manusia C.

gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri D. DNA virus ke dalam DNA bakteri E. gen virus ke dalam gen bakteri Pemanfaatan bakteri untuk mendapatkan insulin secara teknologi bagi kehidupan manusia dapat dilakukan dengancara … A. kultur jaringan B. rekayasa genetika C.

pembuatan vaksin D. hibridisasi E. fermentasi 31. Bahan baku dan produknya dari hasil bioteknologi tradisional yang paling tepat adalah … (1997) 32. Berikut ini pernyataan tentang pengelolaan limbah dengan menggunakan mikroorganisme. 1. Untuk memberantas hama dapat digunakan pestisida biologi 2.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Pestisida biologi berupakan mikroorganisme 3. pestisida biologi berfungsi mengganti bahan kimia pembasmi insekta hama 4. Untuk mempercepat rproduksi hama dapat digunakan feromon insekta 5.

Feromon insekta merangsang insekta untuk melakukan perkawinan Pernyataan di atas yang benar adalah … (1997) A. 1–2–3 B. 1–3–4 C. 2–3–4 D. 2–3–5 E. 3–4–5 33.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Berikut ini merupakan peranan bakteri dalam pemisahan logam : 1. Thiobacillus ferooxidans tumbuh pada lingkungan yang mengandung zat ormanik 2. Thiobacillus ferooxidans adalah salah satu spesies kemolitotrop (bakteri pemakan batuan) 3.

Bakteri Khemolitotrop memperoleh energi dari oksidasi zat organik 4. Para penambang mineral melakukan pembiakan murni terhadap Thiobacillus ferooxidans untuk pemisahan logam murni Pernyataan di atas, yang benar ditunjukkan oleh nomor … (1997) A.

1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 1 dan 4 D. 2 dan 3 E. 2 dan 4 34. Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan cara : 1. perkawinan silang 2. kultur virus untuk produksi interferon 3. radiasi buatan 4. kultur jaringan 5. pembiakan sel dengan kolkisin Rekayasa genetik yang dapat diterapkan untuk memperoleh bibit unggul tanaman adalah … (1996) A.

a dan 3 B. 1 dan 5 C. 2 dan 4 D. 3 dan 4 E. 3 dan 5 35. Salah satu hasil rekayasa genetika di bidang pertanian yang merupakan sumber daya hayati adalah … (1995) A. kelapa hibrida B.

mangga harumanis C. mangga golek D. durian lampung E. salak manis 36. Tujuan utama Revolusi Hijau adalah … (1994) A. menanami pohon-pohon di lahan kritis B. membangun jalur hijau di daerah perkotaan C. meningkatkan produksi pangan terutama serealia D. peningkatan budidaya alga penghasil agar-agar E.

penanaman kembali hutan-hutan gundul 37. Salah satu cara mendapatkan bibit unggul pada hewan ternak adalah dengan menyilangkan ternak jantan yang kualitasnya sudah diketahui dengan ternak betina setempat.

pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah

Cara ini termasuk … (1994) A. imbreeding B. crossbreeding C. pure breeding D. upgrading E. close breeding 38. Makanan tradisional Indonesia yang diperoleh dari hasil proses bioteknologi adalah … (1993) A. keju B. youghurt C. sake D. tempe E. roti
Soal Penilaian Harian IPA Kelas 8 Semester Ganjil Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan - Bagi bapak dan ibu guru SMP yang mengajar semester ganjil sudah dilalui beberapa minggu, dan biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan membuat soal untuk penilaian harian yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal-soal penilaian harian mata pelajaran IPA Kelas 8 Semester Ganjil Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk Penilaian Harian khususnya pelajaran IPA Kelas 8 Semester ganjil dengan Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan yang dikutip dari Modul PJJ IPA Kelas 8 Semester Gasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Berikut soal penilaian harian IPA Kelas 8 Semester Ganjil Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan : 1. Perhatikan ciri jaringan berikut: 1). Terletak di sebelah dalam korteks 2). Terdiri atas 1 lapis sel 3).

Tersusun rapat tanpa ruang antar sel 4). Dinding selnya mengalami penebalan gabus Jaringan pada akar yang memiliki ciri di atas adalah….

A. perisikel B. epidermis C. endodermis D. silinder pusat 2. Perhatikan penampang batang berikut: Bagian yang berfungsi mengedarkan glukosa ke seluruh tubuh tumbuhan adalah nomor…. A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 3. Pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin, bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah….

A. xilem B. floem C. korteks D. kambium 4. Ciri bagian bertanda X pada gambar di bawah ini adalah …. A. sel berbentuk piramid dan memiliki pembuluh tapis, berfungsi sebagai pengangkut air dan mineral B. sel berbentuk piramid dan memiliki pembuluh tapis, berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis C. sel berbentuk lancip dan memiliki pada potongan batang yang pangkalnya direndam dalam larutan eosin sel berlubang – lubang (pit), berfungsi sebagai penopang dan pengangkut air D.

sel berbentuk lancip dan panjang, memiliki dinding sel berlubang – lubang (pit), berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis 5. Tipe jaringan aktif yang membelah dapat ditemukan pada ujung apikal tunas dan akar pada tumbuhan. Jaringan ini disebut…. A. jaringan kolenkim B.

jaringan meristem C. jaringan xilem D. jaringan parenkim 6. Perhatikan pernyataan berikut! 1) melindungi akar 2) mengangkut air ke pembuluh berikutnya pada batang 3) menyerap air dan garam mineral dari tanah 4) menyampaikan makanan ke bagian akar Fungsi kaliptra dan rambut akar berturut-turut sesuai nomor. A. 1 dan2 B. 2 dan 4 C. 1 dan 3 D. 3 dan 4 7. Ciri khas yang membedakan batang tanaman dikotil dengan tanaman monokotil adalah …. A. adanya cincin tahun dan ruas batang tidak jelas B.

kambium dan ruas batang terlihat jelas C. pembuluh xilem dan floem yang tertata serta ruas batang terlihat jelas D.

adanya cincin tahun dan ruas batang terlihat jelas 8. Akar gantung pada tumbuhan beringin berfungsi untuk. A. menegakkan tumbuhan B. mengisap oksigen C. penguat tumbuhan D. menyerap air tanah 9. Penyerapan air melalui rambut akar terjadi secara osmosis.

Pernyataan yang tepat mengenai peristiwa osmosis adalah. A. masuknya zat ke dalam jaringan akar B. masuknya semua zat ke rambut akar C. difusi air ke dalam sel akar menembus membran sel D. menyusupnya air ke ruang-ruang antar sel 10.

Tanaman eceng gondok dapat mengapung di air karena batangnya tersusun oleh jaringan… A. sklerenkim B. kolenkim C. palisade D. parenkim 11. Stomata dan trikoma merupakan modifikasi dari jaringan tumbuhan yaitu…. A. epidermis B. parenkim C. penyokong D. pengangkut 12. Perhatikan ciri-ciri sel berikut. 1) berukuran kecil 2) berdinding bagian yang akan terlihat berwarna bila dilihat di bawah mikroskop adalah 3) aktif membelah 4) memiliki vakuola yang besar 5) relatif kaya akan protoplasma Ciri-ciri meristem ditunjukkan oleh nomor….

A. 1, 2, dan 3 B. 3, 4, dan 5 C. 2, 3, dan 5 D. 1, 3, dan 5 13. Saat praktikum, seorang siswa mengamati sayatan melintang daun dengan mikroskop. Hasil pengamatan menunjukkan adanya jaringan dengan ciri-ciri sebagai berikut.

– terdiri dari sel-sel hidup – bentuk sel seperti balok – berupa selapis sel yang tersusun rapat – tidak ada ruang antarsel – dilapisi kutikula Berdasarkan ciri-ciri tersebut, siswa menyimpulkan bahwa jaringan tersebut berfungsi sebagai…. A. pelindung B. tempat fotosintesis C. alat pengangkut D.

tempat penyerapan 14. Berikut ini merupakan teknologi yang terinspirasi dari proses fotosintesis yang terjadi dalam daun adalah . A. panel surya B. alat pemurnian air C. light-dependent resistor D. lapisan pengilap cat mobil 15. Teknologi fotoresistor atau light-dependent resistor (LDR) adalah teknologi yang digunakan untuk membuat lampu yang bisa otomatis menyala dan mati sendiri. Cara kerja lampu ini adalah mengikuti terang redupnya lingkungan di sekitar lampu.

Jaringan tumbuhan apakah yang menginspirasi teknologi tersebut? A. palisade B. spons C. epidermis D. stomata

Gabungkan kratky dan nft dalam upaya memaksimalkan hasil, efisien lahan dan lebih menguntungkan




2022 www.videocon.com