Cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Merdeka.com - Punya kantung mata karena keseringan lembur? Sudah kerjaan numpuk, mesti lembur, kurang tidur, b elum lagi pusing memikirkan bagaimana cara menghilangkan kantung mata di wajah.

Nyebelin banget kan? Kantung mata atau biasa cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami juga mata panda merupakan salah satu hal yang paling sering nampak ketika kita kurang tidur. Penyebab kantung mata sendiri tidak melulu hanya karena kurang tidur. Kantung mata bisa juga disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, kurang minum air mineral, kurang vitamin, kurang mengonsumsi sayuran, anemia, merokok, bahkan karena faktor genetik pula.

Adanya kantung mata tentu saja membuat penampilan fisik kita secara tidak langsung menjadi kurang menarik. Kantung mata kendur yang membentuk kerutan atau kantung mata yang besar akan membuat wajah kita seolah-olah nampak lesu, tidak bersemangat, tidak bergairah, atau bahkan terlihat seperti tidak dapat mengurus diri sendiri. Mungkin bagi perempuan cara menghilangkan kantung mata yang mudah adalah dengan menutupinya dengan make-up.

Tapi jangan dikira dengan ditutupi dengan make-upmaka kantung mata kendur seakan hilang. Make-up pun sebenarnya juga bisa menyebabkan kantung mata lho.

Daripada menutupi kantung mata kendur hingga membentuk kerutan, sekalian saja kita melakukan perawatan untuk menghilangkan kantung mata. BACA JUGA: Cara Menjaga Kelembapan Kulit selama Puasa dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif Cara Membersihkan Jerawat dengan Mudah, Tak Hanya dengan Skincare Daripada harus merogoh kocek untuk melakukan treatment-treatment ke salon untuk menghilangkan kantung mata yang tentu saja tidak murah, lebih baik kita lakukan sendiri perawatan alami yang selain ramah di kantong, mudah untuk mendapatkan alat-alatnya.

Dan yang terpenting, tentu saja tanpa ada efek samping. Ada beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami dan cepat tanpa menggunakan produk-produk kimia. Yuk, mari kita simak bersama. Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan minum air mineral yang cukup Ilustrasi minum air mineral ©2012 Merdeka.com BACA JUGA: 6 Jenis Essential Oil untuk Menekan Nafsu Makan, Cocok Buat yang Lagi Diet 8 Warna Rambut Ini Cocok untuk Orang Berkulit Sawo Matang sampai Gelap Seperti yang telah disebabkan di atas, salah satu faktor penyebab munculnya kantung mata adalah kurang minum air mineral.

Oleh karena itu cara menghilangkan kantung mata yang alami dan sederhana adalah jangan lupa untuk minum delapan gelas air mineral setiap harinya.

Meski remeh, 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Maka disaat tubuh kekurangan air, tentu saja akan berakibat fatal. Tidak lupa juga, menghindari konsumsi alkohol ataupun minuman yang mengandung kafein agar kantung mata kendur hilang. Dua jenis minuman ini dapat mengurangi proses penyerapan cairan dalam tubuh, sehingga membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan mentimun Menempelkan irisan mentimun pada area mata, tentu saja merupakan cara menghilangkan kantung mata yang sudah diketahui oleh banyak orang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan mata. Adanya kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon sangat baik untuk mendukung mata Anda agar sehat dan terlihat segar. Dalam mentimun terdapat pula sifat astrigen yang berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit.

Dengan menaruh seiris mentimun di mata, maka akan membantu mengurangi kantung mata besar yang hitam yang mengganggu tampilan.

BACA JUGA: Manfaat Memakai Air Mawar Sebelum Tidur, Perhatikan Penggunaan yang Benar 7 Rekomendasi Serum Vitamin C Korea yang Ampuh Cerahkan Wajah, Bye Kulit Kusam! Ilustrasi timun dan mata ©DIY Health Remedy Langkah-langkah menggunakan mentimun untuk menghilangkan kantung mata : 1. Iris mentimun segar dengan ketebalan 0,5 cm.

2. Tempelkan irisan mentimun tersebut pada mata sembari merebahkan diri. 3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan menggunakan es batu BACA JUGA: Urutan Skincare yang Benar untuk Pemula, Perhatikan Kebutuhan Kulit Masing-Masing 4 Bahan Skincare Alami Terbaik untuk Masing-Masing Jenis Kulit, Wajib Tahu Ilustrasi es dan wajah ©Daughters Of Africa Es batu tidak hanya menjadi campuran saat hendak meminum sesuatu agar terasa lebih segar, nyatanya es batu memiliki banyak khasiat pula.

Menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata, menempelkan es batu ke area sekitar mata sendiri merupakan metode pengobatan dan perawatan yang sangat murah dan paling gampang diperoleh di sekitar Anda. Es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan).

Caranya tentu mudah. Cukup ambil es batu seperlunya, balut dengan handuk atau masukkan ke dalam kantung plastik, kemudian mengoleskannya pada area kantung mata. Oleskan secara perlahan dan berkala selama 30 menit. Namun yang harus diingat adalah jangan pernah menggunakan es yang terlalu banyak untuk setiap kali perawatan, sebab menggunakan banyak es sebagai cara menghilangkan kantung mata dapat membuat masalah baru pada kulit Anda.

Usahakan juga untuk tidak mengoleskan langsung es batu ke wajah Anda, sebab akan merusak pembuluh kapiler di bawah kulit Anda. BACA JUGA: Cara Merawat Rambut Diwarnai Agar Tidak Cepat Luntur 7 Serum Lokal Hyaluronic Acid Terbaik yang Ampuh Merawat Kulit Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan menggunakan sendok dingin Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar bahwa ada cara menghilangkan kantung mata hitam yang makin membesar dengan menggunakan sendok dingin?

Aneh bukan? Tapi nyatanya hal tersebut cukup manjur. Tentu saja yang digunakan adalah sendok logam. Sifat dingin dari sendok dapat membantu kulit bagian bawah mata agar lebih rileks. Ilustrasi mengatasi kantung mata dengan sendok dingin ©mobile.ikub.al Langkah-langkahnya cukup simple.

Masukkan sendok ke dalam lemari es cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami masukkan sendok ke dalam air dingin selama 15 menit. Kemudian gosokkan sendok di area bawah mata dengan menekannya secara perlahan ke arah luar. Tentu saja bagian yang digunakan adalah punggung sendok.

Anda bisa melakukannya bersama pada mata kanan dan kiri. Lakukan pijatan ringan tersebut selama 15 menit.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukanlah rutin menjelang tidur. Selain mudah, dengan cara menghilangkan kantung mata satu ini, Anda tidak perlu susah-suah untuk mencari sendok karena sendok benda yang umum berada di sekitar Anda sehingga dapat dilakukan di manapun dan kapanpun.

Tidak hanya efektif sebagai cara menghilangkan kantung mata saja, hal tersebut dapat mengurangi kelebihan cairan yang banyak ditemukan di dalam jaringan, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit, serta mengurangi garis halus yang tampak atau keriput. Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan kantung teh Apakah Anda sering menjamu tamu Anda dengan teh? Jika iya, kantung tehnya jangan cepat-cepat dibuang. Nyatanya kantung teh memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya bisa menjadi satu alternatif cara menghilangkan kantung mata yang cepat.

Kandungan tanin yang ada dalam kantung teh dapat menyempitkan pori-pori kulit dan mengencangkannya secara alami. Ilustrasi mengatasi kantung mata dengan kantung teh ©2017 Coconut and Quinoa Langkah-langkah menggunakan kantung teh sebagai alternatif cara menghilangkan kantung mata: 1.

Siapkan dua kantung teh bekas (bisa teh biasa ataupun teh hijau) 2. Celupkan kantung teh ke dalam air dingin sekitar 10 menit. 3. Tempelkan kantung teh tersebut pada area mata yang menghitam. 4. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Nah, itulah cara-cara mudah yang dapat Anda lakukan menggunakan alat-alat sederhana sebagai cara menghilangkan kantung mata. Meski demikian, tentu saja agar kantung mata tidak muncul kembali, terapkanlah pola hidup yang sehat seperti; memiliki waktu tidur yang cukup, minimal 8 jam sehari, minum 8 gelas air mineral cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami hari, memakan makanan yang sehat, tidak merokok dan minum alkohol, rajin berolahraga, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat. [dzm] Baca juga: makeup gigi Cewek langsing tak selamanya menarik di mata cowok, ini buktinya! 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 5 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran Selengkapnya Kebiasaan begadang dapat berdampak pada munculnya kantung mata. Terbentuknya kantung mata merupakan efek dari berkurangnya lemak akibat penuaan dan kurang tidur, menurut Harvard Health Publishing. Kantung mata merupakan hal normal yang dimiliki banyak orang.

Biasanya, kantung mata muncul disertai lingkaran hitam, sehingga dapat membuat penampilan tampak lebih tua dan sulit cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami dihilangkan. • Pengumpulan cairan, terutama saat bangun tidur atau setelah mengonsumsi makanan asin.

• Kurang tidur. • Alergi. • Merokok. • Keturunan. Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami dapat dicoba sebagai berikut.

1. Kompres mata dengan es batu Mengompres mata dengan handuk berisi es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata. Caranya, bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih dan kompres ke mata. Anda juga bisa membasahi waslap dengan air dingin dan mengoleskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama.

Ulangi proses ini jika kain menjadi hangat atau es mencair. 2. Tidur lebih awal Mengutip publikasi California State University Northridge, orang yang tidak mendapatkan cukup tidur pada malam hari akan membuat pembuluh darah dalam tubuh melebar, sehingga mengakibatkan peningkatan aliran darah. Cara ini akan mencegah cairan menggenang di bawah mata dan mencegah pembengkakan dan peradangan.

Jika Anda tidur dengan posisi telentang, cairan dapat menggenang di kelopak mata bagian bawah dan menyebabkan munculnya kantung mata. 4. Gunakan kompres kantong cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami Teh tidak hanya untuk dikonsumsi tapi bisa juga digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan berpotensi memperlambat proses penuaan. Teh hijau, khususnya telah terbukti oleh para peneliti karena potensi efek anti-inflamasinya, seperti yang ditunjukkan dalam satu studi di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research.

Cara menggunakan kompres kantong teh adalah: • Seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit. • Biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit.

• Kemudian, peras cairan ekstra dan letakkan kantong teh ke area kantung mata. • Biarkan selama 15 hingga 30 menit. Baca Juga • 8 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami 5. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C Mengutip Empire Beauty Schools, seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan pada area mata akan melemah.

Meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat. Fungsinya untuk meningkatkan kolagen dan menghilangkan kantung mata. Makanan yang mengandung vitamin C meliputi: • Jeruk • Paprika merah • Kubis • Brokoli • Stroberi 6. Gunakan sendok dingin Cara menghilangkan kantung mata dengan sendok dapat dicoba dengan mudah.

Berikut caranya: • Masukkan dua sendok logam ke dalam freezer di malam hari. • Keesokan harinya, letakkan bagian belakang sendok dingin di bawah mata Anda dan sedekat mungkin dengan sudut bagian dalam. • Berikan sedikit tekanan dan pijat perlahan. • Pijatan akan membantu mengalirkan cairan yang terkumpul di kantung mata. Sementara sendok dingin akan membantu mengurangi bengkak.

Baca Juga • 5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman 7. Kompres mata dengan timun dingin Jika Anda pernah melakukan perawatan spa, Anda mungkin diberi timun dingin di sekitar mata. Timun mengandung vitamin C dan asam kafeat yang mampu meredakan mata lelah dan menghilangkan kantung mata serta mengurangi bengkak Caranya, potong dua iris timun dingin dan kompres mata sembari berbaring.

Biarkan selama 10 menit dan jangan dibilas agar nutrisi terserap maksimal. 8. Olahraga teratur Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi sehingga membawa aliran darah ke kulit untuk membantu proses regenerasi sel sehingga kulit jadi lebih cerah dan tampak lebih muda, termasuk menghilangkan kantung mata. Selain itu, olahraga menghasilkan endorfin yang berfungsi untuk menghilangkan depresi dan kecemasan, membuat Anda lebih bahagia dan tenang sehingga Anda bisa tidur nyenyak.

9. Konsumsi makanan laut Makanan laut seperti seperti ikan salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden mengandung Omega 3 yang mampu meningkatkan aliran darah ke kulit serta memindahkan darah keluar menjauhi area mata sehingga mampu menghilangkan kantung mata.

Baca Juga • 4 Cara Menghilangkan Sariawan dengan Pengobatan Alami 10. Oleskan minyak kelapa Mengoleskan minyak kelapa mampu menghilangkan kantung mata karena kandungan anti-inflamasi yang efektif untuk meredakan bengkak dan mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

Selain itu, minyak kelapa melembabkan kulit sehingga membantu mencegah kerutan dan garis-garis halus di bawah mata.

Gunakan minyak kelapa sebelum tidur, biarkan semalaman lalu bilas di pagi hari. Baca Juga • Kandungan Gizi dan Ragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan 11. Kompres parutan kentang Kentang adalah sumber vitamin C yang bagus untuk pembentukan kolagen pada kulit sehingga membantu menghilangkan kantung mata. Untuk menggunakan kentang, parut beberapa kentang sehingga ekstrak jus dari kentang keluar dan rendam beberapa kapas kedalamnya.

Kompres kapas pada mata Anda selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. 12. Masker susu dingin Produk susu merupakan sumber vitamin A yang mengandung retinoid untuk menjaga kulit tampak cerah sehingga mampu menghilangkan kantung mata. Untuk mendapatkan manfaat vitamin A susu, rendam kapas dalam semangkuk susu dingin selama beberapa detik. Gunakan kapas tersebut pada mata dan diamkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari untuk hasil optimal.
tirto.id - Cara menghilangkan mata hitam pada kelopak dan kantung secara alami perlu diketahu bagi Anda yang ingin mengatasinya.

Ada 6 metode yang dapat Anda langsung terapkan sekarang juga. Memiliki kantung mata dan lingkaran hitam tentu membuat penampilan menjadi tidak segar, salah satu alasan umum seseorang mempunyai kantung mata karena kurang tidur. Selain itu kantung mata juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni alergi, eksim, kelelahan, masalah pigmentasi, terkena paparan sinar matahari, serta penuaan, demikian seperti yang diwartakan HealthLine.

Cara Menghilangkan Mata Hitam pada Kelopak dan Kantung Namun tak perlu khawatir, karena kantung mata dan lingkaran hitam bisa dihilangkan dengan beberapa cara alami. Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa dilakukan dan diterapkan langsung: 1. Kantong teh hijau Kafein yang terkandung dalam kantong teh, khususnya teh hijau mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit.

Kantong teh juga dapat melindungi kulit sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan. Cara menggunakannya mudah, rendam dua kantong teh selama 3 hingga 5 menit dan dinginkan kantong teh dalam lemari es selama 20 menit, kemudian, peras cairannya dan oleskan ke daerah di bawah mata Anda.

Biarkan kantong teh ada di bawah mata selama 15-30 menit. 2. Kompres dengan air dingin Untuk cara ini sediakan beberapa bahan berikut, cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami sendok teh, waslap dan air dingin atau es batu. Kompreslah mata dengan waslap yang sudah direndam dengan air dingin selama beberapa menit sambil diberi tekanan lembut pada mata, atau dinginkan sendok dalam air es, lalu letakkan satu sendok di setiap mata.

Ganti sendok yang sudah tidak dingin dengan sendok baru yang sudah direndam dalam air es. Lakukan terus secara bergantian hingga terlihat perubahan pada mata.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

3. Irisan mentimun Potonglah mentimun dan letakkan irisannya di kedua mata selama 25 menit sambil tiduran. Nikmati sejuknya dari potongan mentimun yang ada di bawah mata. Cara ini, menurut situs WebMD akan memiliki efek yang tidak hanya menyejukkan mata tetapi juga pikiran. Timun juga memiliki zat anti peradangan dan secara alami bisa mengurangi jaringan yang bengkak.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi Untuk mengurangi kantung mata, sebaiknya cukupi tubuh dengan banyak minum air putih, pada pria setidaknya dibutuhkan minum air putih 13 per hari, sementara bagi perempuan minum minimal delapan gelas sehari. Jadi, rajinlah minum segelas air jika sempat atau pada saat mata terasa mengantuk. 5. Kentang Tumbuk atau blender kentang yang mentah, kemudian letakkan kentang yang sudah halus tersebut di masing-masing dengan keadaan tertutup. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Mengubah posisi tidur Jika selama ini posisi tidur sering miring ke kiri atau ke kanan, cobalah mengubah posisi tidur. Gravitasi biasanya akan menyebabkan cairan mengumpul di bawah mata, yang mungkin membuat adanya kantung mata. Cobalah saat ini dengan tidur telentang dan tambahkan bantal tambahan di bawah kepala. Kantung mata merupakan salah satu gangguan kecantikan yang umum terjadi, yaitu dengan terbentuknya semacam kantung air atau pembengkakan di area bawah mata. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti : • stres fisik yang berlebihan • menangis • lelah • faktor genetika • dermatitis • perubahan hormonal dalam tubuh • perubahan cuaca • masalah sinus • mabuk • pola diet yang buruk • ciri-ciri kurang tidur • maupun beberapa reaksi alergi lainnya Timbulnya kantung mata tentu saja sangat mengganggu penampilan, apalagi bagi seorang wanita.

Kantung mata dapat memberikan kesan bahwa seseorang terlihat lelah dan sakit. Akan tetapi kita dapat dengan mudah mengatasi hal tersebut dengan perawatan sederhana di rumah. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi gangguan kantung mata : 1. Air Air merupakan salah satu metode cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami untuk cara menghilangkan kantung mata.

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, akan membantu tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik, sehingga hal tersebut akan memberikan retensi air yang dapat menyebabkan daerah bawah mata dan bagian lain dari tubuh membengkak. Selain itu, air juga dapat membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, setidaknya seseorang harus mengkonsumsi +/- 8 hingga 10 gelas air setiap harinya.

Selain itu, ia juga harus mengurangi konsumsi garam untuk mengurangi retensi air dalam tubuh. Menghindari konsumsi minuman yang mengandung bahaya kafein dan bahaya minuman soda juga akan sangat membantu menghindarkan tubuh dari dehidrasi. 2. Sendok dingin Menggunakan sendok dingin merupakan salah satu obat rumah sederhana yang sangat efektif untuk menghilangkan kantung mata, yaitu dengan membantu memperketat kulit di sekitar mata serta mengendurkan pembuluh darah.

Hal ini dapat membantu mengurangi bengkak maupun mata yang terlihat lelah. Berikut ini tips mengatasi kantung mata dengan sendok dingin : • Simpan 5 hingga 6 buah sendok dalam lemari es selama +/- 10 hingga 15 menit. • Tekankan bagian bulat sendok (kepala sendok) ke daerah mata secara perlahan selama beberapa menit hingga sendok menjadi hangat.

• Setelah sendok hangat, ganti dengan sendok yang baru dari dalam lemari es. 3. Kantong teh Kita bisa memanfaatkan kantong teh, baik itu teh hijau maupun teh hitam untuk memberikan efek yang menenangkan pada saat kita memiliki kantung mata maupun iritasi. Hal ini disebabkan karena teh memiliki kandungan anti-iritan sehingga mampu mengurangi adanya pembengkakan disekitar mata. Selain itu, teh juga dapat meredakan ruam kemerahan maupun peradangan. Langkah yang bisa kita ambil adalah sebagai berikut : • Rendam 2 tea bags dalam air panas selama beberapa menit, kemudian keluarkan dan biarkan hingga dingin.

• Terapkan tea bag tersebut pada kelopak mata dengan bantuan kain lembut untuk menutupinya. • Diamkan hal tersebut selama +/- 10 hingga 15 menit • Ulangi beberapa kali 4. Mentimun Mentimun dingin dapat dijadikan obat alternatif yang alami untuk mengurangi dan mengobati kantung mata. Di dalam mentimun terkandung cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami dan beberapa sifat alami yang dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan sekaligus dapat membantu mengencangkan kulit.

Penerapan mentimun pada wajah dapat membantu mengurangi timbulnya keriput maupun lingkaran hitam di sekitar mata. Adapun caranya antara lain adalah : • Potong-potong buah mentimun dengan irisan tebal. • Dinginkan hasil irisan tersebut dalam lemari es selama +/- 10 menit.

• Terapkan irisan dingin mentimun tersebut pada kelopak mata selama sekitar 10 menit atau sampai mentimun menjadi hangat. • Ulangi hal tersebut selama beberapa kali sehari. Mentimun juga merupakan makanan yang mengandung vitamin B kompleks terbaik.

• Siapkan 2 butir telur, lalu pisahkan untuk diambil bagian putihnya saja • Kocok putih telur beberapa saat hingga bertekstur kaku • Tambahkan beberapa tetes witch hazel, yaitu sebuah zat yang dapat membantu mengencangkan kulit secara alami. • Terapkan adonan tersebut di daerah bawah mata dengan menggunakan bantuan sikat atau bisa juga dengan kain yang lembut dan biarkan hingga engering • Diamkan selama +/- 15 menit • Ulangi terapi tersebut beberapa kali sehari.

Putih telur juga merupakan makanan pembentuk otot tubuh yang cepat karena kaya protein. 6. Kentang Kentang juga memiliki fungsi yang sama dengan mentimun dalam menghilangkan timbulnya kantung mata atau mata bengkak. Sari pati yang terkandung dalam kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi timbulnya kantung di area bawah mata.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Selain itu, kentang juga dapat menjadi cara menghilangkan kantung mata hitam dan memudarkan timbulnya lingkaran di bawah mata. Langkahnya adalah : • Kupas dan cuci beberapa buah kentang yang berukuran sedang, lalu keringkan • Parut kentang tersebut dan tempatkan hasilnya pada sebuah kain bersih untuk membungkusnya nanti • Terapkan kain yang berisi parutan kentang tersebut pada kelopak mata dan diamkan selama beberapa menit.

• Ulangi pengobatan ini beberapa kali sehari hingga bengkak atau kantung mata menghilang 7. Air dingin atau Es Melewati malam dengan begadang atau kurang tidur dapat mengakibatkan pembengkakan pada daerah di bawah mata atau sering disebut dengan kantung mata. Air yang dingin atau air es dapat membantu untuk mengatasi gangguan tersebut, yaitu dengan membantu menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi terjadinya pembengkakan. Adapun langkah yang bisa diambil antara lain adalah : • Bilaslah atau cuci wajah dengan beberapa menggunakan air es dingin.

Lakukan hal tersebut beberapa kali setiap harinya. • Langkah lainnya dalah dengan mengompres daerah mata yang mengalami pembengkakan atau kantung mata dengan menggunakan es yang telah dibungkus dengan menggunakan kain atau handuk. Ulangi pengobatan ini hingga kantung mata menghilang. Meskipun baik untuk mengatasi kantung mata, namun bahaya minum air es kurang baik bagi kesehatan. 8. Garam Cara lain untuk mengatasi timbulnya kantung mata serta mengurangi terjadinya pembengkakan pada mata adalah dengan menggunakan air panas yang dicampur dengan garam.

Air garam dipercaya mampu membantu menyingkirkan retensi cairan dalam tubuh dengan cara yang mirip dengan osmosis. Adapun langkah-langkahnya antara lain adalah : • Campurkan +/- ½ sendok teh garam dapur ke dalam mangkok yang berisi +-/- 1 liter (4 gelas) air hangat.

• Ambil kapas lalu rendam ke dalam air yang telah bercampur garam tadi. • Terapkan kapas pada kelopak mata dan diamkan selama beberapa menit • Ulangi terapi ini beberapa kali sehari. 9. Stawberry Kandungan Alpha hydroxy acid yang terdapat dalam buah strawberry dapat membantu untuk memberikan efek kulit yang halus dan lebih muda. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada mata atau kantung mata.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan buah strawberri ini yaitu : • Ambil beberapa biji buah strawberi, lalu dinginkan ke dalam lemari es selama +/- 30 menit • Potong-potong buah strawberry yang telah dingin dengan irisan yang tebal • Terapkan irisan strawberry tersebut pada daerah kantung mata dan diamkan selama beberapa menit.

10. Lidah buaya Kandungan antioksidan dan vitamin E yang terdapat dalam tanaman lidah buaya sangat efektif untuk membantu mengurangi timbulnya pembengkakan di sekitar mata. Serta dapat mengurangi timbbulnya keriput dan garis-garis halus di wajah.

Dengan menerapkan gel lidah buaya pada area di bawah mata akan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan flush cairan di sekitar mata, sehingga hal ini dapat mengurangi timbulnya pembengkakan di daerah sekitar mata. Pada saat menerapkan gel sebaiknya harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak terkena mata.

Kita juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung gel atau ekstrak lidah buaya jika tidak dapat menemukan gel lidah buaya yang murni. 11. Wortel Makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C ini, juga mampu untuk membantu mengatasi timbulnya kantung mata maupun menyamarkan lingkaran hitam di daerah sekitar mata dengan efektif.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Cara menghilangkan kantung mata dengan wortel yaitu : • Ambil beberapa wortel lalu cuci, kupas, serta potong kecil-kecil • Haluskan potongan wortel tersebut dengan menggunakan blender • Terapkan wortel yang telah halus tersebut pada daerah kantung mata dan diamkan selama +/- 10 hingga 20 menit • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat • Lakukan terapi tersebut 2 hingga 3 kali sehari sampai kantung mata menghilang.

12. Mengubah Pola Tidur Kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami timbulnya kantung mata. Untuk itu, ada baiknya jika kita bisa mengatur jam tidur agar tubuh bisa mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Para ahli kesehatan telah merekomendasikan lamanya waktu tidur yang baik bagi seseorang adalah sekitar 8 jam perharinya.

Dan ketika kita sedang mengalami gangguan dengan timbulnya kantung mata, sebaiknya kita ubah posisi tidur yaitu dengan memposisikan kepala lebih terangkat dari biasanya. Hal ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah ke bagian kepala serta untuk membantu menghentikan penumpukan aliran darah di sekitar mata yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata. Dari paparan di atas bisa kita simpulkan bahwa timbulnya kantung pada mata dapat kita atasi dengan melakukan perawatan sendiri di rumah.

Namun jika pembengkakan di bawah mata terjadi tanpa alasan yang jelas, maupun disertai dengan adanya rasa sakit, rasa tidak nyaman, serta penglihatan menjadi kabur, ada baiknya jika hal tersebut segera kita konsultasikan dengan dokter.

Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya? • 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
Jakarta - Kantung mata yang menghitam dapat diatasi dengan beberapa cara. Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkannya.

Apa saja itu? Kantung di bawah mata bisa muncul karena berbagai faktor seperti stres, kurang tidur, perubahan hormon, dan gaya hidup kurang sehat. Munculnya kantung mata ini dapat membuat wajah terlihat kurang fresh yang terlihat sangat mengganggu.

Ada banyak produk kecantikan yang memiliki fungsi menghilangkan kantung mata. Namun produk tersebut bisa jadi tidak cocok karena kamu memiliki kulit yang sensitif. Untuk mengurangi risiko, kamu dapat mencoba bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata dengan cepat, seperti: Baca juga: Ingat! 6 Tanda Kamu Harus Pakai Kacamata 1. Es Batu Es batu banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan termasuk untuk menghilangkan kantung mata.

Es batu dipercaya dapat mengontrol peradangan yang disebabkan oleh aktivitas atau tekanan berlebihan. Menggunakan es batu ini sangat ampuh untuk menghilangkan kantung mata hitam. Cara menggunakannya adalah dengan membungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Kemudian gunakan untuk mengompres area mata sekitar 10 menit dengan jeda beberapa cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami. 2.

Minyak Zaitun Manfaat minyak zaitun juga banyak digunakan untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Selain itu, minyak ini juga mampu membantu untuk menghilangkan kantung mata. Antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat pula membantu mencerahkan kulit di area bawah mata yang gelap. Minyak zaitun juga mampu membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Gunakan minyak zaitun ke area kantung mata, dan pijat secara perlahan.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Gunakan setiap hari sebelum tidur dan lakukan secara rutin hingga mata yang menghitam mulai memudar. 3. Kantung Teh Dingin Kantung teh juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kantung mata. Jenis teh yang lebih baik digunakan adalah teh hijau atau teh chamomile. Cara melakukannya adalah dengan rendam kantung teh ke dalam gelas yang berisikan air. Simpan sejenak ke dalam lemari es dan setelah itu kompres mata dengan kantung teh tersebut. Kantung mata akan hilang setelah kamu mencobanya beberapa hari.

4. Mentimun Cara yang paling mudah untuk menghilangkan kantung mata secara alami adalah dengan menggunakan mentimun. Kamu tinggal meletakkan irisan mentimun pada area mata kurang lebih selama 30 menit. Kandungan berbagai mineral, vitamin A, B, dan C, serta kandungan airnya yang tinggi sangat baik untuk membantu mata lebih sehat dan terlihat lebih segar.

5. Tomat Selain mentimun, tomat juga memiliki khasiat yang bagus untuk kulit. Menggunakan tomat untuk menghilangkan kantung mata juga dapat memberikan kulit mata terasa lebih kenyal dan halus. Kamu dapat memberikan tomat yang telah dibuat menjadi jus dengan menaruhnya di bawah mata. Tunggu sekitar 10 menit hingga mengering lalu cuci dengan air bersih. Cara ini dapat kamu lakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

6. Kentang Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya yaitu menggunakan kentang. Kentang memiliki kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi. Kandungan yang dimilikinya ini mampu mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit termasuk kulit di bawah mata. Gunakan kentang dengan cara kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getahnya lagi. Kemudian blender hingga halus dan masukkan kentang yang telah halus tersebut ke dalam kain yang bersih dan lembut.

Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit. Jangan lupa untuk bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. 7.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Minyak Almond Kacang almond mengandung vitamin E sehingga dapat melembapkan dan mengencangkan kulit. Untuk mengaplikasikan pada area mata, cukup aplikasikan minyak almond di area kantung mata dan pijat secara halus. Kamu dapat membiarkannya semalaman dan cuci muka dengan bersih di pagi harinya. 8. Lidah Buaya Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat memberikan nutrisi dan memperbaiki kondisi kulit.

Memberikan lidah buaya secara rutin pada bagian bawah mata dapat membantu menghilangkan kantung mata.

Usapkan gel lidah buaya yang sudah kamu ambil pada mata yang menghitam selama 15 menit. Setelah itu bilas dan bersihkan dengan air. 9. Susu Menggunakan susu yang telah dididinginkan merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kantung mata.

Selain menghilangkan kantung mata, menggunakan susu yang dingin juga dapat menyegarkan mata. Cara menggunakan yaitu dengan mencelupkan kapas cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami susu dingin, tempelkan ke area kantung mata, diamkan sejenak, kemudian cuci wajah hingga bersih. Baca juga: Alasan Mengapa Seseorang Punya Kantong Mata 10.

Putih Telur Putih telur kerap digunakan untuk membantu mengencangkan kulit. Hal ini juga dianggap efektif untuk menghilangkan kantung mata. Kamu dapat mengoleskan putih telur selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. 11. Minyak Kelapa Minyak kelapa mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat memperbaiki sel kulit yang rusak penyebab kulit kering. Minyak kelapa juga mengandung asam laktat yang mampu mengencangkan kulit.

Kamu dapat memberikan minyak kelapa di area kantung mata di malam hari. Pijat perlahan selama beberapa menit dan biarkan mengering. Kamu dapat membiarkannya hingga esok pagi dan membersihkannya dengan air bersih. 12. Madu Menggunakan madu untuk menghilangkan kantung mata dapat membantu meregenerasi kulit sehingga dapat membuatnya cerah kembali.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Oleskan madu pada kantong mata dan bilas dengan air bersih setelah 12 menit. Gunakan pada malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 13. Sendok Selain menggunakan bahan alami di atas, cara menghilangkan kantung mata bisa pula menggunakan sendok. Pada dasarnya, kantung mata dapat diatasi dengan menggunakan suhu dingin yang ditempelkan ke kulit. Sendok yang berbahan dasar aluminium bisa menjadi penghantar suhu yang baik.

Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan sendok selama 5-10 menit pada lemari pendingin. Setelah itu tempelkan bagian cembung sendok pada mata yang tertutup. Kamu dapat melakukan pijatan-pijatan kecil dan memutar di sekitar kelopak mata bagian bawah. Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami menghilangkan kantung mata yang bisa kamu lakukan. Dengan cara tersebut, kamu juga perlu memperhatikan kelembapan pada kulit agar kantung mata tidak kembali lagi. Selamat mencoba!

Simak Video " Simak! Imbauan IDAI soal Munculnya Hepatitis Akut Misterius" [Gambas:Video 20detik] (nwy/nwy) MOST POPULAR • 1 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 2 4 Anak RI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Status Vaksin COVID-nya • 3 Caisar Diduga Nyabu Saat Live TikTok, Begini Ciri-ciri Pemakai Sabu • 4 Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Wajib Tahu!

• 5 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 6 Kemenkes Buka Suara Kasus Anak Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius • 7 Hasil Kolonoskopi Diungkap, Begini Kondisi Raja Salman Usai Masuk RS • 8 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar?

• 9 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius? Ini Penjelasan Pakar IDI • 10 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • SELENGKAPNYA
Semua orang pasti ingin selalu terlihat fresh. Namun pekerjaan yang menumpuk atau padatnya aktivitas kerap membuat kita kelelahan. Akibatnya muncul kantong mata. Tentu saja keberadaan kantong mata membuat kita jadi kurang sedap dipandang. Nah, berikut 7 cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami seperti dikutip dari wikihow yang bisa kamu coba.

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • 7 Penyebab Gairah Seksual Pria Meningkat Tiba-tiba, Apa Saja? • [QUIZ] Ketahui Kepribadianmu Berdasarkan Cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami Protein yang Kamu Pilih • Studi: Bakteri dalam Urine Bisa Jadi Indikator Kanker Prostat Vitamin E dari minyak ini akan menetralisir lingkar hitam matamu dan membuat kulitmu lebih cerah.

Kamu bisa mengenakannya di pagi hari dan untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa juga mengoleskannya sebelum tidur malam. leopardantiques.com Simpan 2 buah sendok besi atau stainless di dalam freezer sepanjang malam. Cuci mukamu terlebih dahulu dengan air, sebelum menggunakan sendok beku. Gunakan sendok beku tersebut di pagi hari dengan menyentuhkan bagian punggung sendok ke kedua matamu yang tertutup. Tahan terus sampai sendok menjadi hangat.

downloadpolitics.com Sudah gak perlu khawatir lagi dengan lingkar hitam kantung matamu kan? Karena sudah tahu 7 cara menghilangkan kantung mata hitam seperti di atas, yang alami dan praktis banget untuk langsung kamu terapkan.

Oh iya, cara yang sudah disebutkan itu gak hanya berlaku jika ada lingkar hitam mata ya, tapi bisa juga untuk sekadar membuat binar matamu fresh. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasimu!

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb Baca juga: 15 Kegunaan Luar Biasa Vaseline Ini Sangat Membantu untuk Sehari-hari Berita Terpopuler • Daftar Tanggal Merah Desember 2022: Libur Natal • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak!

• 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun IniAdvertisement Lantas, bagaimana cara menghilangkan kantung mata hitam dengan cepat? Simak uraian selengkapnya dalam artikel berikut ini. Penyebab kantung mata muncul Kantung mata dapat terjadi seiring bertambahnya usia.

Hal ini akibat struktur dan jaringan otot yang menyangga kelopak mata menjadi melemah. Alhasil, kulit area bawah mata mulai melorot, lalu lemak yang biasanya terdapat pada area sekitar mata bisa bergerak ke bawah mata.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Belum lagi, cairan yang menumpuk di ruang bawah mata dapat memperparah pembengkakan kantung mata. Selain penuaan, penyebab kantung mata muncul bisa karena berbagai hal, seperti: • Kurang tidur • Genetik • Alergi • Kelelahan kronis • Stres • Masalah pigmentasi • Paparan sinar matahari • Menangis • Retensi cairan • Dehidrasi • Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam • Merokok Munculnya kantung mata sebenarnya jarang merupakan tanda kondisi medis yang serius. Kondisi ini seringkali berkaitan dengan masalah penampilan saja sehingga bisa membuat Anda merasa kelelahan dan penampilan jadi lebih tua. Namun, terdapat berbagai cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen yang bisa dilakukan.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami Cara alami menghilangkan kantung mata terasa menarik dilakukan karena mudah dilakukan di rumah dan biasanya minim risiko. Adapun berbagai cara menghilangkan kantung mata secara alami yang bisa Anda lakukan, yakni: 1. Kantung teh Bekas kantong teh hijau bisa digunakan untuk kompres area mata Salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami yang cukup populer adalah menggunakan kantung teh. Kandungan kafein dalam teh mengandung antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan sekaligus meningkatkan sirkulasi darah pada kulit area bawah mata. Terlebih, bila Anda menggunakan teh hijau, yang terbukti cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research bahwa manfaat teh hijau untuk kulit berpotensi sebagai efek antiradang. Caranya, seduh 2 kantong teh selama 3-5 menit.

Kemudian, simpan kantung teh dalam lemari es selama 20 menit. Jika sudah, letakkan kantung teh pada area bawah mata. Diamkan kantung teh ini selama 15-30 menit. 2. Lidah buaya Cara menghilangkan kantung mata dengan lidah cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami juga bisa Anda coba di rumah.

Manfaat lidah buaya untuk kulit berasal dari kandungan vitamin dan antioksidan penting yang mampu mengurang kantung bawah mata. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya dari tanamannya secara langsung atau melalui produk gel lidah buaya yang ada di pasaran. Namun, pastikan kandungan gel lidah buayanya murni sebesar 100%, ya. Cukup oleskan gel lidah buaya pada area kantung mata secara perlahan. Diamkan mengering selama 8-10 menit agar menyerap ke dalam kulit. Bilas dengan air dingin apabila sudah selesai.

Ulangi 2 kali sehari agar kantung mata bisa segera hilang. 3. Putih telur Pisahkan putih telur, kocok, lalu oleskan pada area kantung mata Cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan putih telur menarik untuk dicoba. Manfaat putih telur untuk wajah dapat mengencangkan kulit sekaligus menghilangkan kerutan dan kantung mata. Cara menggunakannya, pisahkan putih dan kuning telur ke dalam sebuah mangkuk berbeda terlebih dahulu. Kemudian, kocok putih telur, lalu oleskan pada area kantung mata menggunakan kuas bersih.

Diamkan sampai mengering selama 15 menit. Bilas area mata sampai bersih menggunakan air hangat. Lakukan tiap sekali sehari untuk memperoleh hasil secara maksimal. 4. Minyak kelapa Manfaat minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan kantung mata. Kandungan asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa memiliki sifat antiradang. Anda bisa memijat minyak kelapa pada area kulit mata menggunakan jari tangan yang sudah bersih. Gerakkan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian selama beberapa menit. Diamkan selama semalaman, lalu bilas keesokan harinya.

Lakukan setiap malam sebelum tidur. 5. Kompres dingin Gunakan irisan timun dingin pada area mata Cara menghilangkan kantung mata secara alami bisa pula menggunakan kompres dingin. Langkah ini diyakini dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan dengan mengurangi aliran darah. Ada berbagai jenis kompres dingin yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kantung mata, seperti kompres es, irisan timun dingin, atau sendok dingin. Kemudian, letakkan salah satu kompres dingin tersebut pada mata yang tertutup.

Diamkan selama beberapa menit. 6. Hapus make up  sebelum tidur Tips perawatan kulit wajah yang tepat dapat membantu Anda terhindar dari masalah kantung mata.

Salah satunya dengan menghapus make up sebelum tidur. Pasalnya, tidur menggunakan make up, dapat berisiko meningkatkan iritasi kulit, reaksi alergi, serta infeksi yang menyebabkan kemerahan, mata panda, hingga kantung mata. Tidak sampai di situ, tidur menggunakan make up membuat kulit terpapar radikal bebas yang berpotensi menyebabkan stres oksidatif sehingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

7. Perbaiki pola tidur Coba tidur selama 7-9 jam tiap malam agar wajah tidak kusam Seperti yang sudah disebutkan bahwa penyebab kantung mata dapat muncul apabila Anda kurang tidur atau cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami Maka dari itu, penting untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 7-9 jam setiap malamnya. Selain tidur yang cukup, posisi tidur juga dapat membantu mengatasi kantong mata yang Anda alami. Jadi, cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi atau sedikit terangkat.

Anda dapat menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala agar mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur. 8. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh Berat badan Anda terbentuk dari air sebanyak 60%. Tak heran apabila dehidrasi bisa menyebabkan kantung di bawah mata. Oleh karena itu, meningkatkan asupan air bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami. Beberapa ahli merekomendasikan minum air putih sekitar 6-8 gelas air.

Jika bosan, Anda bisa sesekali mengganti dengan infused water atau teh herbal tanpa kafein. 9. Kurangi asupan garam Terlalu banyak makan makanan tinggi garam juga menjadi penyebab kantung mata muncul. Sebab, garam berkontribusi terhadap retensi cairan tubuh sehingga menimbulkan pembengkakan, termasuk di kulit sekitar mata. Oleh karena itu, upayakan untuk mengurangi asupan garam dengan menghindari makan makanan olahan dan kemasan.

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar. 10. Batasi konsumsi alkohol Minuman beralkohol bisa menyebabkan dehidrasi Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kantung mata hitam muncul. Jadi, alangkah baiknya Anda membatasi atau menghentikan kebiasaan konsumsi alkohol demi penampilan kulit yang lebih sehat.

11. Makan makanan mengandung zat besi Tubuh yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan munculnya kantung mata dan kondisi kulit yang pucat. Maka, Anda disarankan untuk memperbanyak makanan mengandung zat besi, seperti daging merah, daging unggas, hidangan laut, kacang-kacangan, hingga sayuran hijau. Apabila kekurangan zat besi dirasa cukup parah, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter mungkin akan meresepkan suplemen kesehatan yang mengandung zat besi. 12.

Makanan kaya akan kolagen Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan pada area mata semakin melemah sehingga menyebabkan kulit semakin kendur. Nah, mengonsumsi makanan mengandung vitamin C dan asam amino dapat membantu memperbanyak produksi kolagen dengan cara meningkatkan kadar hyaluronic acid pada kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Beberapa jenis makanan mengandung vitamin C yang bisa dikonsumsi adalah jeruk, paprika merah, kale, brokoli, jambu biji, stroberi, dan lainnya. 13.

Tidak merokok Kebiasaan merokok bisa merusak kolagen sehat pada kulit Kebiasaan merokok tentu berdampak pada kesehatan kulit Anda. Pasalnya, merokok dapat mengurangi cadangan vitamin C dalam tubuh yang menjadi vitamin penting untuk kolagen sehat pada kulit. Alhasil, kerutan, perubahan warna kulit, lingkaran hitam di sekitar mata, hingga kantung mata bisa muncul.

Berhenti merokok bisa jadi cara menghilangkan kantung mata secara alami karena dapat mencegah kantung mata sekaligus risiko masalah kesehatan lain, seperti diabetes, jantung, dan beberapa jenis kanker. Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat melalui perawatan kulit Meski ada berbagai cara alami menghilangkan kantung mata, nyatanya mungkin tak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan sebagai cara menghilangkan kantung mata hitam. Sebab, dalam beberapa kasus, cara menghilangkan kantung mata dengan cepat melalui perawatan kulit atau tindakan medis tertentu lebih disarankan dokter dan bisa membuahkan hasil lebih cepat sesuai yang diinginkan.

Beberapa di antaranya mungkin membutuhkan konsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi tindakan medis yang tepat dalam menghilangkan kantung mata hitam. Berikut adalah berbagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat melalui perawatan kulit: 1. Oleskan pelembap Salah satu cara menghilangkan kantung mata dengan cepat adalah senantiasa menjaga kelembapan kulit. Oleh sebab itu, Anda memerlukan penggunaan pelembap yang lkandungannya lembut pada area mata. Selain berfungsi untuk melembapkan lapisan kulit, pelembap juga dapat mencegah iritasi dan alergi pada kulit. Tak ada salahnya menggunakan pelembap mengandung SPF agar kulit tetap sehat dengan memberikan perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari. 2.

Gunakan sunscreen atau tabir surya Oleskan tabir surya dengan SPF 30 sebelum beraktivitas di luar rumah Cara merawat kulit wajah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya ternyata bisa jadi cara untuk menghilangkan kantung mata. Pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30.

Oleskan tabir surya ke kulit 15-20 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang haris. Lalu, ulangi setiap 2 jam atau lebih sering, terutama jika Anda berkeringat atau berenang. American Academy of Dermatology juga menyarankan agar memakai sunscreen berlabel broad spectrum agar melindungi paparan sinar ultraviolet (UV) A dan B.

Penggunaan tabir surya tidak hanya mengatasi kantung mata hitam, melainkan juga mencegah timbulnya masalah kulit, seperti penuaan dini hingga risiko kanker kulit. 3. Pakai krim retinol Krim retinol atau cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami turunan vitamin A berfungsi pula sebagai cara untuk menghilangkan kantung mata. Fungsi retinol bekerja dengan meningkatkan kolagen pada kulit yang hilang. Anda bisa menemukan krim retinol dengan kadar yang lebih rendah secara bebas di pasaran.

Konsultasikan dengan dokter kulit bila Anda membutuhkan kandungan retinol yang kadarnya lebih tinggi. Oleskan krim mengandung retinol satu kali sehari, tepatnya satu setengah jam setelah mencuci muka di malam hari. Bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya tidak menggunakan krim retinol untuk mencegah kantung mata. 4.

Gunakan krim pencerah kulit Krim pencerah wajah bisa atasi kantung mata karena hiperpigmentasi Penggunaan krim pencerah, seperti hidrokuinon dan vitamin C, dapat membantu menghilangkan hitam di bawah mata akibat hiperpigmentasi atau meningkatnya zat melanin pada kulit. Pastikan Anda menggunakannya pada malam hari karena krim pencerah kulit biasanya bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. 5.

Dermal filler Beberapa perawatan kecantikan bisa jadi cara menghilangkan kantung mata dengan cepat. Salah satunya adalah dermal filler. Filler dapat membantu mengatasi cekungan atau kerutan pada area bawah mata yang menyebabkan timbulnya kantung mata. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan langkah ini.

6. Laser resurfacing Cara untuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di sekitarnya bisa pula dengan tindakan laser resurfacing. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, prosedur ini perlu dilakukan selama beberapa kali. Selain menghilangkan kantung mata, laser resurfacing berfungsi untuk mengencangkan dan memperbaiki tekstur kulit. 7.

Suntik botox Selain filler, suntik botox juga dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat. Hasilnya pun dapat dilihat dalam kurun waktu seminggu dan dapat bertahan hingga beberapa bulan lamanya.

8. Microneedling Microneedling adalah prosedur yang dilakukan menggunakan jarum suntik sangat kecil. Microneedling dapat digunakan untuk mengurangi keriput, mengatasi pigmentasi, hingga menghilangkan kantung mata dan lingkaran bawah mata, dengan cara merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus. Akan tetapi, metode perawatan ini perlu diulang beberapa kali, misalnya 6 sesi dengan jarak 1 bulan atau lebih, agar hasilnya dapat terlihat maksimal. 9.

Operasi kelopak mata Apabila berbagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat di atas tidak kunjung berhasil, atau justru kantung mata menjadi semakin parah, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk melakukan operasi kelopak mata atau blepharoplasty. Blepharoplasty dapat memperbaiki pembengkakan pada keloak mata serta membuang kelebihan kulit kelopak mata bagian atas dan bawah.

Meski demikian, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memutuskan melakukan prosedur ini. 10. Obat antihistamin Penyebab kantung mata hitam dapat disebabkan oleh alergi. Kondisi ini bisa membuat kulit area mata kemerahan, mata gatal, dan mata berair. Reaksi tersebut bisa muncul akibat sistem imun tubuh yang merespons terhadap paparan zat alergen, seperti produk kosmetik, perawatan kulit, dan lainnya. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat alergi, antihistamin, untuk meredakan gejala alergi yang muncul. Catatan dari SehatQ Kemunculan kantung mata memang tidak membahayakan, tetapi dapat mengganggu penampilan. Anda bisa menghilangkannya dengan melakukan berbagai cara menghilangkan hitam di bawah mata secara alami.

Bila ingin mencoba cara menghilangkan kantung mata dengan cepat melalui perawatan atau tindakan medis tertentu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui pilihan perawatan atau prosedur yang tepat sesuai kondisi Anda. Baca Juga • Manfaat Toner Cuka Apel dan Cara Aman Menggunakannya • Mengenal Jade Roller, Tren Penggunaan Alat Kecantikan yang Terbuat dari Batu Giok • Penyebab Mata Panda yang Mungkin Belum Disadari, Selain Kurang Tidur Masih punya pertanyaan seputar cara untuk menghilangkan kantung mata?

Coba tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play. Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-bags-under-eyes#cold-compress Diakses pada 27 September 2019 Mayo Clinic.

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/symptoms-causes/syc-20369927 Diakses pada 27 September 2019 Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/home-remedies-to-treat-eye-bags/#gref Diakses pada 27 September 2019 Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-to-get-rid-of-bags-under-your-eyes/ Diakses pada 16 Juni 2021 American Academy of Dermatology.

https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs Diakses pada 16 Juni 2021 Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research.

https://www.japtr.org/article.asp?issn=2231-4040;year=2012;volume=3;issue=2;spage=136;epage=138;aulast=Chatterjee Diakses pada 16 Juni 2021 Kulit & Kecantikan Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut yang Sehat dan Berkilau Minyak zaitun untuk rambut bisa membuat rambut sehat dan berkilau. Manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok dan bercabang didapat dari kandungan vitamin A, E, dan K, serta asam lemak di dalamnya.

Bagaimana cara memakai minyak zaitun untuk rambut? Kulit & Kecantikan 8 Fungsi Serum Wajah untuk Kecantikan Paripurna Serta Cara Memilih dan Menggunakannya Fungsi serum wajah adalah untuk memperbaiki masalah kulit wajah, mulai dari jerawat hingga kerutan.

Manfaat serum bisa didapat berkat kandungan di dalamnya. Namun, Anda juga perlu tahu cara memilih dan memakai serum yang tepat
Simak cara menghilangkan mata panda secara alami berikut ini! Kantung mata yang hitam bisa hilang secara efektif dengan cara mudah! Cara Menghilangkan Mata Panda – Cara menghilangkan kantung mata memang tidak mudah, butuh usaha yang dilakukan untuk dapatkan kulit yang cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami.

Ingin kulit sehat dan bersih secara alami harus konsisten menjaga gaya hidup sehat. Menjaga kesehatan kulit di area mata memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari tidur dan istirahat yang cukup, menggunakan eye cream / eye serum, dan juga merawat kulit dengan bahan-bahan alami.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah: Lembab & Mulus! Cara Menghilangkan Mata Panda Menghilangkan kantung mata yang hitam bisa dilakukan secara alami Toppers! Tidak harus melulu dengan skin care yang mahal atau pun justru membuat mata bisa jadi semakin bengkak.

Penasaran? Yuk simak 11 cara menghilangkan kantung mata secara alami berikut ini! 1. Irisan Mentimun Sumber Gambar: Pexels Kandungan zat astringent pada mentimun mampu memberikanmu rasa segar pada wajah. Jika ditaruh di area sekitar mata selain menyegarkan dapat membantu menghilangkan kantung mata juga, lho! Hal ini memungkinkan karena terdapat kandungan asam askorbat dan kafein yang berkhasiat mencerahkan kulit yang sudah menggelap serta melembabkan wajah.

Cara menggunakan mentimun untuk wajah yaitu dengan cara iris timun dan simpan ke dalam kulkas untuk dipakai keesokan harinya. Gunakan irisan mentimun dengan menaruhnya pada kedua matamu sambil menutup mata.

Lakukan ini sambil berbaring dan santai selama 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin, maka mata pandamu pun akan pelan-pelan hilang! 2. Kentang Mentah Sumber Gambar: Pexels Kentang merupakan salah satu bahan alami yang sering dipakai sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi. Namun, rupanya kentang memiliki manfaat lain, lho, untuk kecantikan.

Kentang mampu mengatasi masalah pada kulit lelah dan kusam, termasuk masalah kantung mata. Kandungan enzim antioksidan dan katekolase pada kentang berkhasiat mencerahkan kulit. Cara menggunakan kentang untuk perawatan wajah yaitu dengan cara blender kentang mentah sampai lembut seperti pasta. Selanjutnya, tutup mata lalu taruh pasta kentang diatas matamu.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. 3. Minum Air Mineral Sumber Gambar: Pexels Salah satu penyebab terjadinya kantung mata yaitu kurangnya minum air mineral. Untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana yaitu jangan lupa untuk selalu minum minimal 8 gelas sehari. Tubuh kita terdiri dari 80% air, oleh karena itu akan sangat fatal jika kamu kekurangan asupan air.

Hindari juga konsumsi alkohol maupun minuman yang mengandung kafein tinggi karena jenis minuman tersebut dapat membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi. 4. Air Mawar Sumber Gambar: Pexels Lelah dan radang pada mata bisa mengakibatkan munculnya kantung mata. Dengan menggunakan sari atau air mawar, kamu bisa mengurangi gejala tersebut.

Caranya menggunakannya mudah, cukup tuang air mawar ke kapas lalu oleskan pelan-pelan pada daerah sekitar mata. Lakukan sambil berbaring santai atau sebelum tidur di malam hari.

Jika dilakukan setiap hari, niscaya kulitmu akan kencang dan sehat. 5. Es Batu Sumber Gambar: BeBeautiful Es batu ataupun air dingin yang biasa digunakan untuk meminimalisir mata bengkak bisa jadi salah satu solusi untuk membantu mengatasi masalah kantung mata.

Hawa dingin dari es batu tersebut dapat mengurangi adanya peradangan pada mata.

cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami

Cara ini sangat mudah diikuti, cukup rendam kain ke dalam air es. Kemudian peras dan kompres kain dingin pada daerah sekitar mata. baca juga: 10 Manfaat Masker Oatmeal untuk Wajah: Kulit Lembab dan Bercahaya 6. Kantung Teh Sumber Gambar: Medical News Today Teh dapat mengurangi tampilan mata panda karena mengandung kafein.

Kafein merupakan antioksidan yang dapat melancarkan aliran darah pada kulit. Antioksidan juga berfungsi dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dan membantu memperlambat proses penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, seduh teh selama lima menit. Kemudian simpan di lemari es selama 20 menit.

Peras sedikit kantung teh lalu kompreskan pada mata selama 15 hingga 30 menit. 7. Sendok Dingin Sumber Gambar: Daughters of Africa Rasa dingin dan sejuk pada sendok dapat membuat area sekitar mata lebih rileks sehingga dipercaya dapat menjadi cara menghilangkan mata panda. Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama, kamu dapat menyimpan sendok di dalam kulkas selama lima menit. Saat sendok sudah dingin, ambil dan tempelkan bagian belakang sendok ke mata selama beberapa menit.

Sumber Gambar: Pexels Dipercaya sebagai tanaman kecantikan, lidah buaya dapat menutrisi kulit termasuk di area sekitar mata. Kandungan vitamin E, vitamin A, dan vitamin C dapat mengembalikan kondisi mata panda.

Tak hanya itu, kemampuan lidah buaya untuk melembabkan juga dapat mengurangi kerutan. Cara menggunakannya, cukup usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata. Kemudian diamkan dan nikmati sensasi sejuknya. Setelah 15 menit, kamu dapat membilasnya dengan air bersih. 9. Madu Sumber Gambar: Pexels Primadona dalam bahan alami untuk kecantikan ini juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan mata panda, lho! Madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit yang juga dapat mencerahkan area sekitar matamu.

Caranya, oleskan madu pada area mata bagian bawah kemudian biarkan. Setelah 20 menit, kamu dapat membilasnya dengan air bersih.

Lakukan langkah ini setiap hari setelah bangun tidur untuk hasil yang maksimal. 10. Olahraga Sumber Gambar: Paxels Selain stres, senyawa negatif pada tubuh juga dapat menyebabkan kantung mata hitam lho. Untuk membuang senyawa negatif tersebut kamu bisa lakukan olahraga kecil setiap hari sebelum melakukan aktivitas rutin.

Selain wajah cerah bersinar, tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan prima. 11. Gunakan Eye Cream Sumber Gambar: Pexels Meskipun eye cream merupakan produk skin care, kamu tetap bisa mendapatkan bahan-bahan alami di kandungannya. Kamu bisa pilih kandungan eye cream cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami banyak mengandung bahan alami.

Sehingga hasil yang diberikan tampak lebih maksimal, efektif, dan cepat. Baca Juga: 11 Manfaat Baby Oil untuk Wajah: Aman dan Praktis! Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami. Mudah kan? Toppers gak perlu lagi khawatir dengan mata panda, asalkan rutin mencoba cara-cara diatas, kulit sehat bersih bercahaya tidak lagi hanya menjadi impian karena kamu bisa dapatkan semua itu.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa gunakan produk skincare yang bisa ditemukan di Tokopedia.

Mengurangi Kantong Mata Secara Alami? - dr. Zaidul Akbar Official




2022 www.videocon.com