Apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Otakers, Indonesia merupakan penghasil emisi gas rumah kaca terbesar kelima di dunia. Hal ini dikarenakan cara Indonesia menghasilkan energinya yang menyebabkan jumlah gas rumah kaca yang tinggi.

Lebih dari 96% produksi energi berasal dari energi konvensional. Hanya 4% yang akan diproduksi dapat diperbarui. Saat ini telah banyak dilakukan berbagai riset dan pengembangan untuk memakai sumber daya alam yang ramah lingkungan dalam pemanfaatannya. Salah satunya adalah pemanfaatan potensi aliran air untuk menghasilkan energi listrik. Pemanfaatan jenis ini disebut apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro pemanfaatan mikrohidro.

Lalu, Apa yang dimaksud mikrohidro? Mikrohidro adalah suatu instalasi pembangkit listrik tetapi dalam skala kecil dengan menggunakan sumber daya berupa aliran air sebagai tenaga penggeraknya untuk menghasilkan listrik.

Air yang dapat digunakan adalah air dengan ketinggian head dan kapasitas aliran tertentu. Pembangkit listrik tersebut lazim disebut Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro atau PLTMH.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sangat potensial untuk dikembangkan terlebih di Indonesia mengingat jumlah sungai dan air terjun yang banyak. Pemanfaatan ini juga dapat dilakuan dalam rangka menghemat energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN.

Selain itu, karena menggunakan sumber daya alam akan menghasilkan tenaga listrik dengan ramah lingkungan. Apakah yang membedakan pembangkit listrik tenaga air dengan pembangkit mikrohidro?

PLTA adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air, sedangkan PLTMH adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Perbedaan antara keduanya adalah daya atau kapasitas keluaran atau jumlah listrik yang dihasilkan. PLTA memiliki kapasitas di atas 5 MW, sedangkan PLTMH di bawah 100 kW. Bagaimana cara kerja pembangkit listrik tenaga mikrohidro? Prinsip kerja dari PLTMH sendiri adalah mengubah energi potensial air menjadi energi listrik meskipun nantinya bentuk pembangkit listriknya beragam.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah harus membuat bendungan untuk suplai air yang teratur lengkap dengan pintu untuk membuka juga filter untuk menyaring sampah. Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Pembangkit listrik yang apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro dalam pengembangan dan riset lebih lanjut ini memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan daripada pembangkit listrik lainnya, yaitu: - Efisien: karena dimungkinkan memproduksi listrik dengan sedikit air.

- Daya listrik yang konstan: pembangkit listrik mikrohidro menghasilkan kemandirian angin dan listrik matahari 24 jam. Lebih mudah bagi pengguna untuk menghitung dengan daya konstan. - Solusi murah: dibandingkan dengan energi terbarukan lainnya, tenaga mikrohidro memiliki harga yang terjangkau berkisar di bawah $1000 hingga $20000.

- Negara maju: untuk hampir setiap sungai di setiap negara maju, Anda akan menemukan model tanaman yang mudah diperbaiki. Selain itu, umur panjang dan layanan perbaikan penting untuk negara maju. - Pemasukkan tambahan: Pengguna dapat menjual energi surplus di pasar listrik dan mendapatkan penghasilan tambahan. - Lingkungan: pembangkit listrik tenaga mikrohidro menghasilkan energi tanpa mengeluarkan gas rumah kaca. Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Meskipun memiliki banyak kelebihan, tentunya terdapat beberapa kekurangan dalam penerapannya yaitu: - Biaya Investasi yang mahal.

walaupun biaya operasional dan pemeliharaannya terbilang murah, tetapi cukup mahal dalam biaya investasinya. Terhitung mahal dalam biaya investasi karena sparepart yang digunakan juga termasuk mahal. - Debit aliran dan ketinggian air juga sangat berpengaruh terhadap kapasitas air listrik yang ditimbulkan. Permasalahannya adalah bila terjadi pada musim kemarau dan debit airnya akan menurun. Hal tersebut berpengaruh secara otomatis terhadap penurunan kapasitas listrik yang dihasilkan sedangkan aktivitas tetap berjalan dengan kebutuhan seperti biasanya.

- Daya listrik yang dihasilkan tidak lebih besar daripada Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro apalagi Pembangkit Listrik Tenaga Air. Hal ini menyebabkan terbatasnya jumlah pelanggan dan daya yang dipakai. - Lokasi PLTMH tidak boleh terlalu jauh dari masyarakat sebagai konsumen. Jika terlalu jauh malah akan menjadi tidak ekonomis.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Hal ini akan menyebabkan terjadi kehilangan daya transfer energi listrik dalam jumlah banyak dan menyebabkan kerugian pada daya penghantar sehingga posisi pengguna dari PLTMH. Jenis pembangkit listrik tenaga mikrohidro Pembangkit listrik tenaga mikrohidro mampu menghasilkan 5 – 100 kW listrik dan sebagian besar digunakan oleh rumah tangga.

Perbedaan utama antara jenis tanaman adalah perbedaan ketinggian bijih tinggi aliran air sebelum memasuki generator. a. Pelton Turbine Tipe ini bekerja paling efektif di atas 20 m antara titik awal aliran dan turbin. b. Turgo Turbine: Perbedaan antara turbin Pelton dan Turbin Turgo adalah kecepatan dari air yang keluar dari jet dengan cara yang lebih cepat.

Tapi itu juga lebih mahal untuk menginstal dan umurnya tidak lama. c. Crossflow Turbine: Crossflow Turbine memiliki rentang hidup yang panjang karena dibersihkan sendiri dan mudah dibangun. Oleh karena alasan ini, lebih murah. Ini juga berarti bahwa secara efisien tidak setinggi turbin lainnya. Potensi energi potensial yang dimiliki sungai dapat digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Mikrohidro atau yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan ( head) dan jumlah debit air.

[1] Mikrohidro merupakan sebuah istilah yang terdiri dari kata mikro yang berarti kecil dan hidro yang berarti air.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

{INSERTKEYS} [ butuh rujukan] Secara teknis, mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu air (sebagai sumber energi), turbin dan generator. [ butuh rujukan] Mikrohidro mendapatkan energi dari aliran air yang memiliki perbedaan ketinggian tertentu. [ butuh rujukan] Pada dasarnya, mikrohidro memanfaatkan energi potensial jatuhan air ( head). [ butuh rujukan] Semakin tinggi jatuhan air maka semakin besar energi potensial air yang dapat diubah menjadi energi listrik.

Di samping faktor geografis (tata letak sungai), tinggi jatuhan air dapat pula diperoleh dengan membendung aliran air sehingga permukaan air menjadi tinggi. [2] Air dialirkan melalui sebuah pipa pesat kedalam rumah pembangkit yang pada umumnya dibagun di bagian tepi sungai untuk menggerakkan turbin atau kincir air mikrohidro.

PLTMH Sampean Baru di Bondowoso, Jawa Timur, memanfaatkan air dari Sungai Sampean Energi mekanik yang berasal dari putaran poros turbin akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah generator.

Mikrohidro bisa memanfaatkan ketinggian air yang tidak terlalu besar, misalnya dengan ketinggian air 2.5 meter dapat dihasilkan listrik 400 watt.

[3] Relatif kecilnya energi yang dihasilkan mikrohidro dibandingkan dengan PLTA skala besar, berimplikasi pada relatif sederhananya peralatan serta kecilnya areal yang diperlukan guna instalasi dan pengoperasian mikrohidro. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan mikrohidro, yakni tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Perbedaan antara Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan mikrohidro terutama pada besarnya tenaga listrik yang dihasilkan, PLTA di bawah ukuran 200 KW digolongkan sebagai mikrohidro.

Dengan demikian, sistem pembangkit mikrohidro cocok untuk menjangkau ketersediaan jaringan energi listrik di daerah-daerah terpencil dan pedesaan. [4] Beberapa keuntungan yang terdapat pada pembangkit listrik tenaga listrik mikrohidro adalah sebagai berikut: [3] • Dibandingkan dengan pembangkit listrik jenis yang lain, PLTMH ini cukup murah karena menggunakan energi alam.

• Memiliki konstruksi yang sederhana dan dapat dioperasikan di daerah terpencil dengan tenaga terampil penduduk daerah setempat dengan sedikit latihan. • Tidak menimbulkan pencemaran. • Dapat dipadukan dengan program lainnya seperti irigasi dan perikanan.

• Dapat mendorong masyarakat agar dapat menjaga kelestarian hutan sehingga ketersediaan air terjamin. Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro [ sunting - sunting sumber ] Mikrohidro tipe crossflow Prinsip dasar mikrohidro adalah memanfaatkan energi potensial yang dimiliki oleh aliran air pada jarak ketinggian tertentu dari tempat instalasi pembangkit listrik. [ butuh rujukan] Sebuah skema mikrohidro memerlukan dua hal yaitu, debit air dan ketinggian jatuh ( head) untuk menghasilkan tenaga yang dapat dimanfaatkan.

[ butuh rujukan] Hal ini adalah sebuah sistem konversi energi dari bentuk ketinggian dan aliran (energi potensial) ke dalam bentuk energi mekanik dan energi listrik. Daya yang masuk (Pgross) merupakan penjumlahan dari daya yang dihasilkan (Pnet) ditambah dengan faktor kehilangan energi (loss) dalam bentuk suara atau panas. Daya yang dihasilkan merupakan perkalian dari daya yang masuk dikalikan dengan efisiensi konversi (Eo).

[1] Pnet = Pgross ×Eo kW Daya kotor adalah head kotor (Hgross) yang dikalikan dengan debit air (Q) dan juga dikalikan dengan sebuah faktor gravitasi (g = 9.8), sehingga persamaan dasar dari pembangkit listrik adalah : Pnet = g ×Hgross × Q ×Eo kW Di mana head dalam meter (m), dan debit air dalam meter kubik per detik (m 3/s).

[ butuh rujukan] Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro [ sunting - sunting sumber ] Beberapa komponen yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro baik komponen utama maupun bangunan penunjang antara lain: [5] • Dam/ Bendungan Pengalih ( intake). Dam pengalih berfungsi untuk mengalihkan air melalui sebuah pembuka di bagian sisi sungai ke dalam sebuah bak pengendap. • Bak Pengendap ( Settling Basin).

Bak pengendap digunakan untuk memindahkan partikel-partikel pasir dari air. Fungsi dari bak pengendap adalah sangat penting untuk melindungi komponen-komponen berikutnya dari dampak pasir. [ butuh rujukan] • Saluran Pembawa ( Headrace). Saluran pembawa mengikuti kontur dari sisi bukit untuk menjaga elevasi dari air yang disalurkan.

[ butuh rujukan] • Bak penenang ( Forebay). Bak penenang berada di ujung saluran pembawa yang berfungsi untuk mecegah turbulensi air sebelum diterjunkan melalui pipa pesat • Pipa Pesat ( Penstock).

Penstock dihubungkan pada sebuah elevasi yang lebih rendah ke sebuah roda air, dikenal sebagai sebuah turbin. • Turbin. Turbin berfungsi untuk mengkonversi energi aliran air menjadi energi putaran mekanis. [ butuh rujukan] • Pipa Isap, ( draft tube). Pipa isap berfungsi untuk menghisap air, mengembalikan tekanan aliran yang masih tinggi ke tekanan atmosfer.

• Generator. {/INSERTKEYS}

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Generator berfungsi untuk menghasilkan listrik dari putaran mekanis. • Panel kontrol. Panel kontrol berfungsi untuk menstabilkan tegangan.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

• Pengalih Beban ( Ballast load). Pengalih beban berfungsi sebagai beban sekunder ( dummy) ketika beban konsumen mengalami penurunan. Kinerja pengalih beban ini diatur oleh panel kontrol. Penggunaan beberapa komponen disesuaikan dengan tempat instalasi (kondisi geografis, baik potensi aliran air serta ketinggian tempat) serta budaya masyarakat.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

{INSERTKEYS} [ butuh rujukan] Sehingga terdapat kemungkinan terjadi perbedaan desain mikrohidro serta komponen yang digunakan antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Rujukan [ sunting - sunting sumber ] • ^ a b Anonim. 2008. Manual Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. IBEKA-JICA. Jakarta. • ^ Anonim. 2003. Pedoman Pengelolaan Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTMH Leuwi Kiara, Kabupaten Tasikmalaya. Dinas Pertambangan dan Energi. Bandung. • ^ a b Hendar, Ujang. 2007. Desain, Manufacturing dan Instalasi Turbin Propeller Open Flume Ø 125 Mm di Cv Cihanjuang Inti Teknik Cimahi-Jawa Barat.

Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Bogor. • ^ Indartono, Yuli Setyo.2008. Krisis Energi di Indonesia : Mengapa dan Harus Bagaimana. Dalam : http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/ Diarsipkan 2010-04-18 di Wayback Machine. • ^ Kjølle, Arne. 2001. Hydropower in Norway, Mechanical Equipment. Norwegian University of Science and Technology.

Trondheim. • Halaman ini terakhir diubah pada 22 Januari 2022, pukul 15.26. • Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Bobo.id - Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro merupakan suatu pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya.

Tenaga air ini bisa berupa saluran irigasi, sungai, atau air terjun alam. Caranya adalah dengan memanfaatkan tinggi terjunan dan jumlah debit air. Semakin tinggi terjunan, maka tekanan air akan semakin besar. Ini akan semakin berpengaruh jika air juga memiliki debit air yang besar.

{/INSERTKEYS}

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Debit air yang besar, juga akan menghasilkan daya yang besar. Daya yang besar inilah yang akhirnya bisa menggerakkan rotor pada turbin. kemudian putaran turbin akan menggerakkan generator. Mikrohidro atau yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air[1].

Mikrohidro merupakan sebuah istilah yang terdiri dari kata mikro yang berarti kecil dan hidro yang berarti air.[butuh rujukan] Secara teknis, mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu air (sebagai sumber energi), turbin dan generator.[butuh rujukan] Mikrohidro mendapatkan energi dari aliran air yang memiliki perbedaan ketinggian tertentu.[butuh rujukan] Pada dasarnya, mikrohidro memanfaatkan energi potensial jatuhan air (head).[butuh rujukan] Semakin tinggi jatuhan air maka semakin besar energi potensial air yang dapat diubah menjadi energi listrik.

Di samping faktor geografis (tata letak sungai), tinggi jatuhan air dapat pula diperoleh dengan membendung aliran air sehingga permukaan air menjadi tinggi[2]. Air dialirkan melalui sebuah pipa pesat kedalam rumah pembangkit yang pada umumnya dibagun di bagian tepi sungai untuk menggerakkan turbin atau kincir air mikrohidro.

Energi mekanik yang berasal dari putaran poros turbin akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah generator. Mikrohidro bisa memanfaatkan ketinggian air yang tidak terlalu besar, misalnya dengan ketinggian air 2.5 meter dapat dihasilkan listrik 400 watt[3]. Relatif kecilnya energi yang dihasilkan mikrohidro dibandingkan dengan PLTA skala besar, berimplikasi pada relatif sederhananya peralatan serta kecilnya areal yang diperlukan guna instalasi dan pengoperasian mikrohidro.

Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan mikrohidro, yakni tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Perbedaan antara Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan mikrohidro terutama pada besarnya tenaga listrik yang dihasilkan, PLTA di bawah ukuran 200 KW digolongkan sebagai mikrohidro.

Dengan demikian, sistem pembangkit mikrohidro cocok untuk menjangkau ketersediaan jaringan energi listrik di daerah-daerah terpencil dan pedesaan[4]. Beberapa keuntungan yang terdapat pada pembangkit listrik tenaga listrik mikrohidro adalah sebagai berikut [3] : • Dibandingkan dengan pembangkit listrik jenis yang lain, PLTMH ini cukup murah karena menggunakan energi alam.

• Memiliki konstruksi yang sederhana dan dapat dioperasikan di daerah terpencil dengan tenaga terampil penduduk daerah setempat dengan sedikit latihan.

• Tidak menimbulkan pencemaran. • Dapat dipadukan dengan program lainnya seperti apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro dan perikanan. • Dapat mendorong masyarakat agar dapat menjaga kelestarian hutan sehingga ketersediaan air terjamin. Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Prinsip dasar mikrohidro adalah memanfaatkan energi potensial yang dimiliki oleh aliran air pada jarak ketinggian tertentu dari tempat instalasi pembangkit listrik.[butuh rujukan] Sebuah skema mikrohidro memerlukan dua hal yaitu, debit air dan ketinggian jatuh (head) untuk menghasilkan tenaga yang dapat dimanfaatkan.[butuh rujukan] Hal ini adalah sebuah sistem konversi energi dari bentuk ketinggian dan aliran (energi potensial) ke dalam bentuk energi mekanik dan energi listrik.

Daya yang masuk (Pgross) merupakan penjumlahan dari daya yang dihasilkan (Pnet) ditambah dengan faktor kehilangan energi (loss) dalam bentuk suara atau panas. Daya yang dihasilkan merupakan perkalian dari daya yang masuk dikalikan dengan efisiensi konversi (Eo) [1]. Pnet = Pgross ×Eo kW Daya kotor adalah head kotor (Hgross) yang dikalikan dengan debit air (Q) dan juga dikalikan dengan sebuah faktor gravitasi (g = 9.8), sehingga persamaan dasar dari pembangkit listrik adalah : Pnet = g ×Hgross × Q ×Eo kW Di mana head dalam meter (m), dan debit air dalam meter kubik per detik (m3/s).

Beberapa komponen yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro baik komponen utama maupun bangunan penunjang antara lain [5] : • Dam/Bendungan Pengalih (intake). Dam pengalih berfungsi untuk mengalihkan air melalui sebuah pembuka di bagian sisi sungai ke dalam sebuah bak pengendap. • Bak Pengendap (Settling Basin).

Bak pengendap digunakan untuk memindahkan partikel-partikel pasir dari air. Fungsi dari bak pengendap adalah sangat penting untuk melindungi komponen-komponen berikutnya dari dampak pasir.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

• Saluran Pembawa (Headrace). Saluran pembawa mengikuti kontur dari sisi bukit untuk menjaga elevasi dari air yang disalurkan. • Bak penenang (Forebay). Bak penenang berada apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro ujung saluran pembawa yang berfungsi untuk mecegah turbulensi air sebelum diterjunkan melalui pipa pesat • Pipa Pesat (Penstock). Penstock dihubungkan pada sebuah elevasi yang lebih rendah ke sebuah roda air, dikenal sebagai sebuah turbin.

• Turbin. Turbin berfungsi untuk mengkonversi energi aliran air menjadi energi putaran mekanis. • Pipa Hisap, (draft tube). Pipa hisap berfungsi untuk menghisap air, mengembalikan tekanan aliran yang masih tinggi ke tekanan atmosfer. • Generator. Generator berfungsi untuk menghasilkan listrik dari putaran mekanis. • Panel kontrol. Panel kontrol berfungsi untuk menstabilkan tegangan. • Pengalih Beban (Ballast load). Pengalih beban berfungsi sebagai beban sekunder (dummy) ketika beban konsumen mengalami penurunan.

Kinerja pengalih beban ini diatur oleh panel kontrol. Penggunaan beberapa komponen disesuaikan dengan tempat instalasi (kondisi geografis, baik potensi aliran air serta ketinggian tempat) serta budaya masyarakat.[butuh rujukan] Sehingga terdapat kemungkinan terjadi perbedaan desain mikrohidro serta komponen yang digunakan antara satu daerah dengan daerah yang lain. Office Villa Alam Asri (Jalur Lingkar Selatan) Jalan Gunung Karang Blok B No 30 Rt 02/Rw 01 Kel.

Limusnunggal Kec. Cibereum Kota Sukabumi Jawa Barat Call Center Phone : (0266) 2481099 Hp : 085283611234 Email : office.alektodril@gmail.com Workshop Jalan Raya Inspeksi Kalimalang Lapangan Kobra No 11 Tambun Bekasi Timur jawa barat @alektodril
Saat ini telah banyak dilakukan berbagai riset dan pengembangan untuk memakai sumber daya alam yang ramah lingkungan dalam pemanfaatannya. Salah satunya adalah pemanfaatan untuk menghasilkan energi listrik. Bahan yang digunakan merupakan sumber daya yang dapat diperbarui, misalnya pemanfaatan dalam potensi aliran air.

Pemanfaatan jenis ini disebut dengan pemanfaatan mikrohidro. Pemanfaatan mikrohidro biasanya dilakukan di pedesaan dengan memanfaatkan aliran air pada sungai, air terjun, hingga saluran irigasi.

Berikut ini artikel lengkap yang akan membahas mikrohidro. DAFTAR ISI • 1.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Pengertian Mikrohidro • 2. Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) • 3. Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) • 4. Prinsip Kerja PLTMH • 5. Komponen PLTMH • 6. Biaya Pembangunan Mikrohidro • 7. Daerah yang Cocok Dibangun Mikrohidro • 8. Potensi Mikrohidro di Indonesia • 9. Contoh PLTMH di Indonesia 1. Pengertian Mikrohidro Mikrohidro adalah suatu instalasi pembangkit listrik tetapi dalam skala kecil dengan menggunakan sumber daya berupa aliran air sebagai tenaga penggeraknya untuk menghasilkan listrik.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Air yang dapat digunakan adalah air dengan ketinggian head dan kapasitas aliran tertentu. Pembangkit listrik tersebut lazim disebut Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro atau PLTMH. Menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 09/PRT/M/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dalam Pemanfaatan Infrastruktur Sumber Daya Air untuk Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air/ Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro/ Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro dijelaskan definisi dari PLTMH.

PLTMH adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga dari aliran atau terjunan air, waduk atau bendungan, atau saluran irigasi yang pembangunannya bersifat multiguna dengan kapasitas kurang dari 1 MW (satu Megawatt). Kapasitasnya tidak lebih besar daripada Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA sehingga dapat dijadikan energy alternatif.

Namun, tetap menggunakan sumber daya yang sudah ada di alam yaitu air. Oleh karena itu, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sangat potensial untuk dikembangkan terlebih di Indonesia mengingat jumlah sungai dan air terjun yang banyak. Pemanfaatan ini juga dapat dilakuan dalam apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro menghemat energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN.

Selain itu, karena menggunakan sumber daya alam akan menghasilkan tenaga listrik dengan ramah lingkungan. Pengertian lainya, PLTMH merupakan pembangkit listrik dengan air sebagai bahan utama untuk menghasilkan daya. Kapasitas daya yang mampu dihasilkan tidak lebih besar daripada Pembangkit Listrik Tenaga Air dengan output sebesar dibawah 500 kW. Daya yang dihasilkan tidak terlalu besar sehingga hanya mampu memasok listrik dengan jumlah sedikit. Selain itu, pembangkit listrik ini juga sering disebut sebagai white resources.

Jika diterjemahkan hasilnya adalah energi putih. Maksud dari energi putih ini adalah pembangkit listrik menggunakan sumber daya yang ada di alam dan bersifat ramah terhadap lingkungan. KLIK DI SINI UNTUK TERUS MEMBACA 2. Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Pembangkit listrik yang sedang dalam pengembangan dan riset lebih lanjut ini memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan daripada pembangkit listrik lainnya. Salah satunya adalah sumber daya yang digunakannya merupakan air yang berpotensi jumlahnya melimpah di alam.

Selain itu, sumber daya alamnya merupakan sumber daya alam yang terbarukan ( energi alternatif) melalui siklus air yang terus-menerus berkelanjutan.

Tidak aneh jika pembangkit listrik ini disebutkan sebagai pembangkit listrik ramah lingkungan. Di dalam pemanfaatannya tidak ada limbah atau emisi gas lainnya yang dihasilkan. Sehingga dalam segi kebutuhan bahan tergolong murah serta tidak menimbulkan terjadinya pencemaran lingkungan yang juga dinyatakan oleh International Energy Agency di Paris.

Efisiensi yang dihasilkan juga termasuk tinggi yaitu 75% hingga 80%. Ramah lingkungan yang dimaksud juga termasuk tidak ada pencemaran udara atau menimbulkan kebisingan yang mengganggu masyarakat. Jika dibandingkan dengan menggunakan bahan dari fosil, biaya operasional serta pemeliharaan yang diberikan juga lebih murah.

Melalui PLTMH, masyarakat juga diajak untuk berpartisipasi dalam meningkatkan nilai suatu sumber daya alam sehingga tidak lagi dikonsumsi dengan semena-mena. Hal ini juga akan terbentuk hubungan yang baik antara hutan dengan masyarakat sehingga dapat timbul kesadaran secara mandiri untuk menjaga fungsi hutan sebagaimana mestinya agar hutan juga tetap lestari.

Masyarakat setempat dapat mengelola sendiri pembangkit listrik tersebut untuk keperluan mereka dan nantinya diharapkan dapat berpengaruh terhadap perekonomian juga sosial budaya. Hal ini tentunya demi terciptanya kondisi masyarakat yang lebih sejahtera. Pembangunan PLTMH diharapkan tidak hanya sebatas menghasilkan listrik bagi masyarakat tetapi juga menstimulan untuk terwujudnya pemberdayaan masyarakat yang lebih kooperatif hingga peningkatan pendapatan.

PLTMH juga dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah listrik di daerah pedesaan yang tidak mampu dijangkau oleh Perusahaan Listrik Negara atau PLN.

Sehingga, tidak ada alasan untuk masyarakat desa khususnya pedalaman tidak mendapatkan listrik yang layak untuk memudahkan aktivitas sehari-hari mereka. Bahannya yang digunakan berasal dari sumber daya alam menyebabkan hasil sampingannya berupa air dapat dimanfaatkan untuk irigasi kegiatan pertanian. Sehingga dapat berkolaborasi dengan pertanian.

Tidak hanya itu, air ini tetapi juga dapat digunakan untuk keperluan budidaya ikan. Selain itu, pembangkit lisrik ini juga memaksimalkan fungsi daerah tangkapan air dan mengajak masyarakat untuk memeliharanya agar air tetap tersedia secara berkelanjutan untuk keperluan pembangkit listrik.

Jika dibandingkan dengan tenaga diesel, pembangkit listrik jenis ini lebih mudah untuk mendapatkan bahannya dan dekat dengan masyarakat. Bahkan memiliki kemungkinan yang lebih besar dibandingkan tenaga diesel untuk ditemukan pada lokasi terpencil sekalipun.

3. Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Meskipun memiliki apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro kelebihan, tentunya terdapat beberapa kekurangan dalam penerapannya. Misalnya, walaupun biaya operasional dan pemeliharaannya terbilang murah, tetapi cukup mahal dalam biaya investasinya. Terhitung mahal dalam biaya investasi karena sparepart yang digunakan juga termasuk mahal.

Sosialisasi dan pendampingan yang kurang sehingga masyarakat tidak menyadari manfaatnya yang dapat berdampak positif bagi masyarakat. Debit aliran dan ketinggian air juga sangat berpengaruh terhadap kapasitas air listrik yang ditimbulkan.

Permasalahannya adalah bila terjadi pada musim kemarau dan debit airnya akan menurun. Hal tersebut berpengaruh secara otomatis terhadap penurunan kapasitas listrik yang dihasilkan sedangkan aktivitas tetap berjalan dengan kebutuhan seperti biasanya. Daya listrik yang dihasilkan tidak lebih besar daripada Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro apalagi Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Hal ini menyebabkan terbatasnya jumlah pelanggan dan daya yang dipakai. Apabila lebih dari batas maksimum akan menurunkan kualitas listrik sehingga perlu disesuaikan dengan jumlah dan kebutuhan pemakaian masyarakat di daerah tersebut yang apabila jumlah dan kebutuhannya tinggi akan kecil kemungkinan untuk menggunakan PLTMH. Lokasi PLTMH tidak boleh terlalu jauh dari masyarakat sebagai konsumen. Jika terlalu jauh malah akan menjadi tidak ekonomis. Hal ini akan menyebabkan terjadi kehilangan daya transfer energi listrik dalam jumlah banyak dan menyebabkan kerugian pada daya penghantar sehingga posisi pengguna dari PLTMH.

Jarak yang disarankan maksimal sejauh 2 km dengan produksi daya tertentu untuk menghindari kehilangan daya. Sumber daya yang digunakan merupakan air yang berada di alam yang dalam pemikiran masyarakat seharusnya dapat diakses atau dimanfaatkan secara gratis untuk masyarakat. Pertimbangan sosial ini membuat kesulitan dalam menentukan tarif yang sesuai.

Hal ini tidak selaras dengan biaya investasi dan harga sparepart yang tinggi. 4. Prinsip Kerja PLTMH Prinsip kerja dari PLTMH sendiri adalah mengubah energi potensial air menjadi energi listrik meskipun nantinya bentuk pembangkit listriknya beragam. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah harus membuat bendungan untuk suplai air yang teratur lengkap dengan pintu untuk membuka juga filter untuk menyaring sampah.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Bendungan terletak pada dasar sungai yang terhindar dari banjir serta stabil. Cara kerjanya berpusat pada energi potensial air ( head). Energi potensial air didapatkan dari energi air yang berada pada ketinggian tertentu kemudian turun karena pengaruh gaya gravitasi. Energi ini kemudian berubah menjadi energi kinetik mengenai turbin yang dilengkapi dengan casing untuk diarahkan ke baling-baling yang kokoh dan disambung pada 2 buah apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro yang sejajar agar seimbang serta terbuat dari baja.

Lalu, poros turbin berputar karena energi kinetik air tersebut berubah menjadi energi mekanik oleh kecepatan airnya dan kemudian dihubungkan menggunakan kopling agar dapat dihubungkan atau ditransmisikan ke generator. Kemudian generator akan menghasilkan energi listrik. Selanjutnya, energi listrik ini akan dialirkan ke rumah-rumah konsumen dan berbagai keperluan lainnya yang sebelumnya energi listrik telah memasukki sistem kontrol arus listrik. Sehingga dasar untuk menghasilkan energi listrik yang lebih efisien dan efektif adalah dengan cara meningkatkan ketinggian air untuk.

Peletakkan generator dan turbinnya akan lebih baik jika berada pada rumah yang berbeda. Pondasi yang dibutuhkan oleh generator dan turbin juga terpisah dari rumah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah akibat getaran kemudian listrik dapat disimpan atau langsung dialirkan lewat kabel. Jenis generator yang dipakai juga ada yaitu generator induksi dan generator sinkron. Sistem transmisi yang digunakan juga lebih baik sistem transmisi langsung meskipun tetap saja bisa menggunakan sistem transmisi tidak langsung. Penggunaan sistem transmisi langsung karena lebih mudah untuk pemindahan gaya, lebih kompak, serta efisiensinya yang tinggi.

Tetapi harus memiliki sumbu yang tepat lurus dengan putaran yang sama antara generator dan turbin yang dapat diatasi dengan menggunakan gearbox yang dapat mengubah rasio kecepatan rotasi. 5. Komponen PLTMH Terdapat beberapa komponen yang digunakan untuk membangun sebuah PLTMH.

Komponen tersebut meliputi: 5.1 Dam atau Bendungan Bendungan merupakan bangunan dengan posisi melintang sungai. Fungsinya adalah untuk mengalihkan air ke bagian pembuka atau intake pada bagian sisi sungai. Air yang dialihkan tersebut kemudian akan masuk ke bak pengendap.

Konstruksinya juga dibuat untuk mengontrol tinggi air di dalam sungai dengan signifikan agar tinggi muka air dapat dialihkan ke intake. 5.2 Bak Pengendap Bak pengedap dalam bahasa inggris disebut settling basin yang berfungsi untuk pemindahan pasir dari air.

Hal ini karena pasir dapat menyebabkan rusaknya komponen lainnya. 5.3 Saluran Pembawa Komponen ini digunakan untuk mengalirkan air ke bak penenang. Pada skala yang kecil biasanya berupa bangunan terbuka. Saluran pembawa atau headrace juga berperan dalam menjaga stabilnya debit air. Bangunannya dibuat untuk menjaga elevasi air dengan cara mengikuti kontur dari sisi bukit.

5.4 Bak Penenang Nama lainnya adalah headtank yang digunakan untuk pengatran perbedaan air yang keluar antara pipa pesat dan saluran pembawa.

Bak penenang juga sebagai akhir pemisahan air dengan kotoran seperti pasir. 5.5 Pipa Pesat P enstock atau pipa pesat berperan untuk mengalirkan air dari headtank ke roda air yang dikenal dengan turbin dengan elevasi yang lebih rendah.

5.6 Turbin Turbin merupakan tempat berubahnya energi potensial apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro dihasilkan air menjadi energi mekanik. Setiap air yang jatuh akan terjatuh ke bilah pada turbin sehingga turbin dapat berputar lalu perputarannya diteruskan ke generator yang terhubung dengan gearbox. 5.7 Pipa Hisap atau Draft Tube Pipa hisap berperan agar tekanan aliran yang masih tinggi kembali ke tekanan atmosfer serta menghisap air.

5.8 Generator Terdapat 2 jenis generator yaitu sinkron dan induksi. Generator mengubah energi mekanik yang sebelumnya diteruskan dari turbin dan diubah menjadi energi listrik. Perputaran turbin juga membangkitkan arus AC dari pergerakan elektron karena kumparan magnet yang berputar dalam generator.

5.9 Panel Kontrol Panel kontrol adalah untuk menjaga agar mesin hanya bekerja pada batasan yang diperbolehkan. Panel kontrol juga berfungsi agar tegangan tetap stabil.

5.10 Pengalih Beban Pengalih beban sistem kerjanya tergantung pada panel kontrol karena berfungsi untuk mengalihkan beban saat beban yang diperoleh dari pengguna mengalami penurunan. Beban ini disebut juga sebagai dummy atau beban sekunder. 6. Biaya Pembangunan Mikrohidro Pembangunan sebuah PLTMH dipengaruhi oleh ukuran kapasitas pembangkitnya. Jika kapasitas pembangkit yang digunakan lebih besa dalam pengoperasiannya, biaya pembangunannya juga akan mengalami penurunan.

Sehingga, dibutuhkan pemanfaatan maksimal agar tidak menimbulkan kerugian. Biaya pembangunannya dihitung dengan satuan per kW. Pada kapasitas 40 kW hingga 50 kW dengan melakukan peningkatan kapasitas pembangkitnya akan menurun biaya pembangunannya dengan kisaran 17 juta rupiah hingga 16 juta rupiah.

Hal ini dapat menjadi sumber informasi bila pembangunan PLTMH dilakukan oleh pihak swasta yang mendapatkan sumber dana dari luar pemerintah. Keuntungan yang dihasilkan bahkan dapat menarik pemerintah hingga investor.

Jangka waktu untuk balik modal adalah 4 tahun. Jangka waktu pengembalian modal tersebut dapat terjadi pada investasi pada satu unit PLTMH yang memiliki kapasitas 1 MW sebesar US$ 2 juta.

7. Daerah yang Cocok Dibangun Mikrohidro Daerah yang sesuai untuk dibangun PLTMH adalah di daerah dengan banyak potensi air dan memiliki perbedaan tinggi air pada suatu alur sungai atau wilayah tertentu. Wilayah tersebut dapat berupa aliran sungai yang dapat dilakukan pembendungan, terjunan, ataupun alur sungai yang curam serta kondisi geografis dan topografi lingkungannya. 8. Potensi Mikrohidro di Indonesia Wilayah di Indonesia juga sesuai untuk penerapan PLTMH karena memiliki potensi pengembangan pembangkit listrik ini.

Salah satunya karena kebutuhan pasokan energi listrik sangat besar untuk menunjang kegiatan industri yang saat ini sedang beroperasi. Energi listrik yang disebarkan merupakan energi yang berasal dari bahan baku tidak terbarukan sehingga semakin lama jumlahnya akan terus menipis. Padahal, jika dimaksimalkan lebih baik lagi, potensi air yang ada di Indonesia dapat menjadi solusi alternatif untuk pemenuhan pasokan energi listrik.

Misalnya saja pada Waduk Saguling, Jatiluhur, dan Cirata. Potensi air yang dimilikinya diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan listrik di Pulau Jawa hingga Bali dan tentu saja menggunakan bahan baku yang terbarukan lebih ramah lingkungan. Jika dihitung kembali, potensi air yang ada di Indonesia untuk dimanfaatkan menjadi energi listrik dapat mencapai kisaran kurang lebih 75.000 MW.

Berdasarkan Pikiran Rakyat (2007), dari 75.000 MW listrik yang potensial dihasilkan dari air, hanya 10% yang sudah dimanfaatkan untuk kegiatan PLTMH yaitu hanya sebesar 7.500 MW.

Lalu, berdasarkan Dirjen Ketenagalistrikan Apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro ESDM (2017) hanya 65,76 MW untuk kapasitasnya terpasang PLTMH yang jumlahnya bahkan kurang dari 9%. Jumlah penduduk yang semakin banyak dan semakin beragamnya jenis aktivitas menuntut untuk terpenuhinya kebutuhan listrik yang juga terus bertambah sehingga butuh pemerataan dalam pasokan energi listrik ke setiap wilayah di Indonesia. Masalah ini dapat diatasi dengan pemanfaatan PLTMH yang dapat dilakukan pada sepanjang aliran sungai dengan kapaitas aliran tertentu.

Terdapat dua metode yaitu: • Turbin Crossflow dengan debit alirannya rata-rata kisaran 25 liter/ detik sampai 1500 liter/ detik serta tinggi air jatuh mulai dari ketinggian 3 m hingga 50 m. • Turbin Pico Propeler dengan debit aliran rata-rata kisaran 100 liter/ detik hingga 700 liter/ Jika didasarkan dari metode pemanfaatannya dengan daerah pengaliran yang dilakukan oleh sungai di Indonesia yang apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro dari 100 km 2, jumlah total dari 4 pulau di Indonesia adalah 110 sungai.

Pulau Jawa dengan jumlah 51 sungai, Sulawesi 38 sungai, Sumatera 11 sungai, dan Kalimantan 10 sungai. Selain itu, pada PLMTH yang melakukan sistem penyimpanan menggunakan waduk besar mampu menyimpan jumlah tertentu energi listrik dalam jangka waktu lama bahkan beberapa tahun dilengkapi dengan layanan grid dan fleksibilitas. Bahkan sebenarnya peluang untuk pengembangan potensi PLTMH telah dilihat oleh pemerintah dan menarik perhatian investor dan pihak lainnya yang terkait.

Kementrian ESDM juga telah melakukan pencatatan terhadap 47 lokasi dengan total kapasitas 2.605,76 MW untuk dibangun PLTMH. • Pulau Jawa berjumlah 2 titik dengan kapasitas 39,4 kW • Pulau Kalimantan 4 titik dengan kapasitas 498,9 kW • Pulau Sulawesi dengan jumlah 6 titik dan kapasitas 222,7 kW • Kepulauan Nusa Tenggara jumlah 10 titik dengan kapasitas 628 kW • Papua sebanyak 10 titik dengan kapasitas 812,36 kW • Pulau Sumatera dengan jumlah 15 titik dan memiliki kapasitas 404,4 kW.

9. Contoh PLTMH di Indonesia Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam khususnya air juga melakukan pemanfaatan air berupa PLTMH. Pembangkit listrik ini tersebar di berbagai pulau.

Pulau tersebut di antaranya adalah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Misalnya di Jawa ada PLTMH Wangan Aji yang terletak pada Kabupaten Wonosobo. Pembangkit listrik ini dikelola oleh Pondok Pesantren Roudlotuth Tholibin. Pemanfaatannya memutar dua turbin dengan menggunakan aliran air irigasi dengan kapasitas produksi 140 kW.

Ada juga di Pulau Sumatera yang dibangun pada tahun 2018 yaitu PLTMH Silangkitang Tambiski di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Desa ini merupakan salah satu desa pelosok atau pedalaman yang ada di Sumatera Utara. Pembangkit listriknya berasal dari aliran air sungai dan mampu menerangi 7 dusun dengan jarak terjauh dari power house sekitar 12 km. Daya listriknya menyebar ke 155 kepala keluarga dan 96 titk lampu penerangan jalan dari pukul 17.00 WIB hingga 08.00 WIB. Warga Desa Silangkitang Tambiski tidak lagi memerlukan genset yang membutuhkan biaya besar untuk menerangi rumah mereka.

Selain itu, di Kalimantan apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro PLTMH Long Alango di desa Long Alango, Kalimantan Utara.

Sebelum dibuat pembangkit listrik, masyarakatnya mengandalkan lampu tembok sebagai alat penerangan serta genset misal untuk menonton televisi. Sistem iurannya dapat disesuaikan agar warga tersebut dapat tetap menikmati listrik di rumahnya yaitu bagi yang belum mampu membayar iuran, bisa menitipkan barang yang dapat dijual di loket pembayaran kemudian hasil penjualannya akan diberikan untuk iuran bulanan warga.

Itulah artikel mengenai mikrohidro yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat lebih menyadarkan lagi bahwa Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa untuk dikembangkan.

Terima kasih sudah membaca. Editor: Mega Dinda Larasati
Mikrohidro atau yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan ( caput) dan jumlah debit air.

[1] Mikrohidro merupakan sebuah istilah yang terdiri dari kata mikro yang berarti kecil dan hidro yang berarti air. [ butuh rujukan] Secara teknis, mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu air (sebagai sumber energi), turbin dan generator. [ butuh rujukan] Mikrohidro mendapatkan energi dari aliran air yang memiliki perbedaan ketinggian tertentu.

[ butuh rujukan] Pada dasarnya, mikrohidro memanfaatkan energi potensial jatuhan air ( head). [ butuh rujukan] Semakin tinggi jatuhan air maka semakin besar energi potensial air yang dapat diubah menjadi energi listrik. Di samping faktor geografis (tata letak sungai), tinggi jatuhan air dapat pula diperoleh dengan membendung aliran air sehingga permukaan air menjadi tinggi.

[2] Air dialirkan melalui sebuah pipa pesat kedalam rumah pembangkit yang pada umumnya dibagun di bagian tepi sungai untuk menggerakkan turbin atau kincir air mikrohidro. Energi mekanik yang berasal dari putaran poros turbin akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah generator. Mikrohidro bisa memanfaatkan ketinggian air yang tidak terlalu besar, misalnya dengan ketinggian air two.5 meter dapat dihasilkan listrik 400 watt.

[iii] Relatif kecilnya energi yang dihasilkan mikrohidro dibandingkan dengan PLTA skala besar, berimplikasi pada relatif sederhananya peralatan serta kecilnya areal yang diperlukan guna instalasi dan pengoperasian mikrohidro.

Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan mikrohidro, yakni tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Perbedaan antara Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan mikrohidro terutama pada besarnya tenaga listrik yang dihasilkan, PLTA di bawah ukuran 200 KW digolongkan sebagai mikrohidro.

Dengan demikian, sistem pembangkit mikrohidro cocok untuk menjangkau ketersediaan jaringan energi listrik di daerah-daerah terpencil dan pedesaan. [4] Beberapa keuntungan yang terdapat pada pembangkit listrik tenaga listrik mikrohidro adalah sebagai berikut: [iii] • Dibandingkan dengan pembangkit listrik jenis yang lain, PLTMH ini cukup murah karena menggunakan energi alam. • Memiliki konstruksi yang sederhana dan dapat dioperasikan di daerah terpencil dengan tenaga terampil penduduk daerah setempat dengan sedikit latihan.

• Tidak menimbulkan pencemaran. • Dapat dipadukan dengan program lainnya seperti irigasi dan perikanan. • Dapat mendorong masyarakat agar dapat menjaga kelestarian hutan sehingga ketersediaan air terjamin. Mikrohidro tipe crossflow Prinsip dasar mikrohidro adalah memanfaatkan energi potensial yang dimiliki oleh aliran air pada jarak ketinggian tertentu dari tempat instalasi pembangkit listrik.

[ butuh rujukan] Sebuah skema mikrohidro memerlukan dua hal yaitu, debit air dan ketinggian jatuh ( head) untuk menghasilkan tenaga yang dapat dimanfaatkan. [ butuh rujukan] Hal ini adalah sebuah sistem konversi energi dari bentuk ketinggian dan aliran (energi potensial) ke dalam bentuk energi mekanik dan energi listrik. Daya yang masuk (Pgross) merupakan penjumlahan dari daya yang dihasilkan (Pnet) ditambah dengan faktor kehilangan energi (loss) dalam bentuk suara atau panas.

Daya yang dihasilkan merupakan perkalian dari daya yang masuk dikalikan dengan efisiensi konversi (Eo). [ane] Pnet = Pgross ×Eo kW Daya kotor adalah head kotor (Hgross) yang dikalikan dengan debit air (Q) dan juga dikalikan dengan sebuah faktor gravitasi (yard = 9.viii), sehingga persamaan dasar dari pembangkit listrik adalah : Pnet = g ×Hgross × Q ×Eo kW Di mana head dalam meter (m), dan debit air dalam meter kubik per detik (m 3/s).

[ butuh rujukan] Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro [sunting - sunting sumber ] Beberapa komponen yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro baik komponen utama maupun bangunan penunjang antara lain: [five] • Dam/Bendungan Pengalih ( intake). Dam pengalih berfungsi untuk mengalihkan air melalui sebuah pembuka di bagian sisi sungai ke dalam sebuah bak pengendap. • Bak Pengendap ( Settling Basin). Bak pengendap digunakan untuk memindahkan partikel-partikel pasir dari air.

Fungsi dari bak pengendap adalah sangat penting untuk melindungi komponen-komponen berikutnya dari dampak pasir. [ butuh rujukan] • Saluran Pembawa ( Headrace).

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Saluran pembawa mengikuti kontur dari sisi bukit untuk menjaga elevasi dari air yang disalurkan. [ butuh rujukan] • Bak penenang ( Forebay). Bak penenang berada di ujung saluran pembawa yang berfungsi untuk mecegah turbulensi air sebelum diterjunkan melalui pipa pesat • Pipa Pesat ( Penstock).

Penstock dihubungkan pada sebuah elevasi yang lebih rendah ke sebuah roda air, dikenal sebagai sebuah turbin. • Turbin. Turbin berfungsi untuk mengkonversi energi aliran air menjadi energi putaran mekanis. [ butuh rujukan] • Pipa Isap, ( typhoon tube). Pipa isap berfungsi untuk menghisap air, mengembalikan tekanan aliran yang masih tinggi ke tekanan atmosfer.

• Generator. Generator berfungsi untuk menghasilkan listrik dari putaran mekanis. • Panel kontrol. Console kontrol berfungsi untuk menstabilkan tegangan. • Pengalih Beban ( Anchor load). Pengalih beban berfungsi sebagai beban sekunder ( dummy) ketika beban konsumen mengalami penurunan. Kinerja pengalih beban ini diatur oleh panel kontrol. Penggunaan beberapa komponen disesuaikan dengan tempat instalasi (kondisi geografis, baik potensi aliran air serta ketinggian tempat) serta budaya masyarakat.

[ butuh rujukan] Sehingga terdapat kemungkinan terjadi perbedaan desain mikrohidro serta komponen yang digunakan antara satu daerah dengan daerah yang lain. Rujukan [sunting - sunting sumber ] • ^ a b Anonim. 2008. Transmission Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro.

IBEKA-JICA. Jakarta. • ^ Anonim. 2003. Pedoman Pengelolaan Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTMH Leuwi Kiara, Kabupaten Tasikmalaya. Dinas Pertambangan dan Energi. Bandung. • ^ a b Hendar, Ujang. 2007. Desain, Manufacturing dan Instalasi Turbin Propeller Open Flume Ø 125 Mm di Cv Cihanjuang Inti Teknik Cimahi-Jawa Barat.

Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Bogor. • ^ Indartono, Yuli Setyo.2008. Krisis Energi di Indonesia : Mengapa dan Harus Bagaimana. Dalam : http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/ Diarsipkan 2010-04-18 di Wayback Car.

• ^ Kjølle, Arne. 2001. Hydropower in Norway, Mechanical Equipment. Norwegian University of Scientific discipline and Applied science. Trondheim. Apa Kegunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air Mikrohidro Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Mikrohidro Terbaru • Cara Mengatasi Kartu Sim Ditolak Di Hp Nokia • Lima Cara Mengungkapkan Terima Kasih Kepada Orang Tua • Daftar Harga Timbangan Ternak Sapi 2018 Di Surabaya • Cara Membuat Pohon Cemara Dari Kertas Origami • Manajemen Lahan Peternakan Apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro Perkebunan Kelapa Sawit • Cara Melihat Profil Wa Yang Di Privasi • Doa Mewujudkan Benda Gaib Ke Alam Nyata • Cara Buat Pakan Ternak Dari Batang Pisang • Cara Mengetahui Orang Yang Melihat Twitter Kita Selain Tweepsect Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • UncategorizedDitulis oleh: Janosch Ludwig 1.

Pendahuluan Indonesia merupakan penghasil emisi gas rumah kaca terbesar kelima di dunia. Alasan jumlah gas rumah kaca yang tinggi adalah karena cara Indonesia menghasilkan energinya. Lebih dari 96% produksi energi berasal dari energi konvensional. Hanya 4% yang akan diproduksi dapat diperbarui. Di antara alasan lain Indonesia merasakan pengaruh kuat dari perubahan iklim: meningkatnya cuaca ekstrem misalnya: musim kemarau yang panjang selama musim panas. Jadi mudah bagi hutan yang terbakar untuk menyebar dan menjadi semakin besar setiap tahun.

apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro

Para petani juga memanen lebih sedikit atau membutuhkan banyak air untuk ladang mereka. Salah satu solusi melawan perilaku ikatan adalah energi terbarukan. Jika kita melihat di sektor energi terbarukan, pangsa pembangkit listrik tenaga air hanya 10,2% (pembangkit listrik tenaga air 9,9%, pembangkit listrik tenaga mini apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro 0,2% dan pembangkit listrik mikrohidro 0,1%). Saat ini Indonesia menghasilkan dari seluruh potensi tenaga air di 75.000 MW di negara ini hanya 9% (13.741 GWh) Jika Anda ingin menggunakan tenaga air daripada yang Anda butuhkan sungai.

Entah Anda menggunakan bijih tinggi kecepatan dari sungai untuk menghasilkan energi. Air memiliki energi kinetik atau potensial dan membuat tubuh revolusi menjadi terhuyung-huyung. Ini hanya mungkin dengan perlawanan yang melekat pada tubuh revolusi.

Perlawanan harus menggunakan seluruh tenaga air jika memungkinkan. Jadi generator menghasilkan listrik yang efisien dari gerakan rotasi ini. 2. Mengapa tenaga air?

• Efisien: karena dimungkinkan memproduksi listrik dengan sedikit air. • Daya listrik yang konstan: pembangkit listrik mikrohidro menghasilkan kemandirian angin dan listrik matahari 24 jam. Lebih mudah bagi pengguna untuk menghitung dengan daya konstan. • Solusi murah: dibandingkan dengan energi terbarukan lainnya, tenaga mikrohidro memiliki harga yang terjangkau berkisar di bawah $1000 hingga $20000.

• Negara maju: untuk hampir setiap sungai di setiap negara maju, Anda akan menemukan model tanaman yang mudah diperbaiki. Selain itu, umur panjang dan layanan perbaikan penting untuk negara maju. • Pemasukkan tambahan: Pengguna dapat menjual energi surplus di pasar listrik dan mendapatkan penghasilan tambahan.

• Lingkungan: pembangkit listrik tenaga mikrohidro menghasilkan energi tanpa mengeluarkan gas rumah kaca. 3. Jenis pembangkit apa kegunaan sistem pembangkit listrik tenaga air mikrohidro tenaga mikrohidro Pembangkit listrik tenaga mikrohidro mampu menghasilkan 5 – 100 kW listrik dan sebagian besar digunakan oleh rumah tangga.

Perbedaan utama antara jenis tanaman adalah perbedaan ketinggian bijih tinggi aliran air sebelum memasuki generator. Pelton Turbine Tipe ini bekerja paling efektif di atas 20 m antara titik awal aliran dan turbin. Jadi, pastikan Anda memiliki kecepatan air yang cukup.

Anda memiliki cakram bundar dengan ember pecah sehingga air tidak mencegah rotasi cakram bundar. Setelah air keluar dari turbin, kecepatannya lambat sekarang. Turgo Turbine: Perbedaan antara turbin Pelton dan Turbin Turgo adalah kecepatan dari air yang keluar dari jet dengan cara yang lebih cepat.

Selanjutnya ukuran air yang masuk lebih kecil. Dengan kelebihan ikatan Anda dapat menjalankan pembangkit listrik mikrohidro secara efektif ke generator. Tapi itu juga lebih mahal untuk menginstal dan umurnya tidak lama.

Crossflow Turbine: 1 Anda dapat menginstal turbin crossflow hanya dengan cara horizontal sehingga Anda tidak membutuhkan kecepatan aliran air yang cepat. Mereka memiliki rentang hidup yang panjang karena dibersihkan sendiri, mudah dibangun. Oleh karena alasan ini, lebih murah. Ini juga berarti bahwa secara efisien tidak setinggi turbin lainnya. Jika mau, Anda juga bisa memasangnya di sistem air minum.

2 4. Dampak terhadap Lingkungan Tidak mungkin membangun pembangkit listrik tenaga air tanpa merusak tempat di alam. Tetapi untuk pembangkit listrik mikrohidro adalah intervensi tidak begitu besar. Namun demikian Anda mengubah kecepatan aliran air, ketinggian air, atau mengubah tudung kehidupan ikan.

mengalir. Setelah itu Anda mendapatkan masalah dengan generator Anda untuk menghasilkan listrik. Anda harus yakin bahwa Anda menginstal sistem untuk mencegah kematian ikan. Kalau tidak, ikan-ikan di sungai tidak memiliki kesempatan untuk melewati generator dan menarik langsung ke generator dan akan mati 5. Contoh di Indonesia Perusahaan “turbulent.be” dipasang dalam proyek di sekolah hijau di turbin Vortex Bali.

Sekolah menggunakan sungai dekat untuk menghasilkan listrik 13 kW untuk ratusan siswa dan petani setempat. Ketinggian air hanya 1,85 m dan pembangkit listrik mikrohidro sangat sepi. Setelah 4 tahun sekolah mendapatkan uang dari investasi sepenuhnya kembali.

Di desa Kawindai Toi, Nusa Tenggara Barat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral secara resmi memperkenalkan proyek pembangkit listrik tenaga mikrohidro senilai 6,4 miliar rupiah. Generator menghasilkan 100 kW dan 150 rumah tangga dapat mendukung dengan listrik. 6. Biaya Biaya pembangkit listrik mikrohidro sebagian besar tergantung pada lokasi di mana generator harus dipasang. Portal Teknik Elektro membandingkan untuk pertanyaan ini lima contoh di berbagai negara.

Di Nepal, Zimbabwe ada pembangkit listrik mikrohidro termurah seharga $ 714 untuk pabrik lengkap. Harga tertinggi untuk sebuah pabrik adalah di Mozambik seharga $ 1.233. Jika Anda ingin memasang pembangkit listrik tenaga mikrohidro, Anda dapat menghitung dengan biaya rata-rata dari $ 695 per KW Referensi: [1] https://energypedia.info/wiki/Micro_Hydro_Power_(MHP)_Plant_-_Turbine_Types#cite_note-Microhydro_power-Practical_action:_https:.2F.2Fpracticalaction.org.2Fdocs.2Ftechnical_information_service.2Fmicro_hydro_power.pdf-3 [2] https://ricklyhydrosystems.com/micro-mini-hydro-systems/turbines/crossflow-turbine/

SIMULASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO MENGGUNAKAN GENERATOR DC




2022 www.videocon.com