Tari klasik banyak menggunakan pola lantai

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

anantakendek.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal pola lantai tarian daerah dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) kelas 6 revisi.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari contoh soal pola lantai tarian daerah dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya.

Gambar: pixabay.com 1. Pola lantai adalah. A. berpindah atau bergeser idak beraturan B. secara kompak C. kegiatan berpindah tempat dengan satu ketukan D. pergerakan yang dilakukan dengan cara berpindah atau bergeser secara terstruktur sehingga membentuk pola denah tertentu 2.

Tari kecakadalah salah satu jenis tari berasal dari daerah . A. Lombok B. Bandung C. Madura D. Bali 3. Pola lantai bisa akan mudah terlihat bila dilakukan secara. A. Perorangan B. Kelompok C. Individu D. Sendiri 4. Contoh tari yang menggunakan pola lantai horizontal adalah . A. kecak B. jaipong C. saman D. srimpi 5. Pola lantai tari yang berjejer lurus ke belakang di sebut pola lantai. A. Vertikal B. Horizontal C. Zigzag D. Diagonal 6.

Tari topengberasal dari . A. Jawa barat B. Bekasi C. Jakarta D. Madura 7. Fungsi pola lantai dalam tarian adalah . A. Memperindah pertunjukan tari B. Melakukan gerakan tari C.

Mendisiplinkan para penari D. Meletakkan posisi penari 8. Garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari disebut . A. pola lantai B. senam lantai C. koreografi D. tatanan tari 9. Gerakan yang dilakukan oleh seorang penari dengan melakukan perpindahan secara berpola dan pergeseran posisi dalam ruang menari disebut . A. Kostum B. Properti tari C. Pola lantai D.

Tata rias 10. Tari Serampang Dua Belas dan Tari Tor-Tor berasal dari provinsi . A. Sulawesi Tari klasik banyak menggunakan pola lantai B. Jawa Timur C. Papua Barat D. Sumatra Utara 11.

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

Di bawah ini tarian yang menggunakan polah lantai garis lurus adalah. A. Tari Saman B. Tari Rodhat C. Tari Remo D. Tari Muang Sangkal 12. Tari pendet, legong dan Tari klasik banyak menggunakan pola lantai berasal dari daerah. A. Jawa timur B. Bali C. Sumatra D. Kalimantan 13. Jika dalam suatu penampilan tari kelompok tidak terdapat pola lantai, maka. A. Pertunjukan terlihat monoton dan membosankan B. Pertunjukan menjadi jelek C.

Pertunjukan menjadi tidak enak untuk dilihat D. Pertunjukan menjadi lebih terlihat rapi dan teratur 14. Jenis tarian dari suku Sunda yang terkenal adalah. A. serimpi B. jaipong C. remo D. piring 15. Mengapa dalam membentuk pola lantai diperlukan 2 penari atau lebih . A. Agar terlihat kekompakan dari para penari B. Agar telihat lebih rapi C. Agar pola lantai terlihat lebih indah karena memiliki banyak variasi D. Agar terlihat lebih indah 16.

Perpindahan formasi dalam tari disebut . A. Properti B. Pola lantai C. Perlengkapan D. Pengiring musik 17. Mengapa dalam suatu pertunjukan tari harus menggunakan pola lantai .

A. Agar pertunjukan tari terlihat lebih hidup B. Agar pertunjukan tari terlihat lebih rapi C. Agar pertunjukan tari dapat dinikmati oleh penonton D.

Agar pertunjukan tari terlihat lebih menarik dan tidak membosankan 18. Menguatkan ekspresi tari merupakan fungsi dari. A. Pola lantai B. Properti C. Lagu pengiring D. Perlengkapan 19. Contoh tarian yang menggunakan jenis pola lantai diagonal adalah . A. Tari Remo B. Tari Manuk Dadali C. Tari Rampak D. Tari Andun 20. Fungsi pola lantai pada sebuah tarian adalah . A. tampilan tari lebih menarik dan indah B. memudahkan dalam mengingat gerakan C. meminimalisasi kesalahan dalam gerakan D.

memadukan gerakan dasar dan gerakan kreasi 21. Contoh tarian yang menggunakan jenis pola lantai vertikal adalah . A. Tari Srimpi B. Tari Lengger C. Tari Persembahan D. Tari Sekapur Sirih 22. Di bawah ini pengertian dari tari kreasi yang benar adalah tari klasik banyak menggunakan pola lantai. A. Tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerakan tari modern B.

Tari yang gerakannya seperti tari reog C. Tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisonal D. Tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisonal 23.

Contoh tarian yang menggunakan jenis pola lantai horizontal adalah . A. Tari Gitek Balen B. Tari Zapin C. Tari Sinanggar Tulo D. Tari Legong 24. Tari serampang dua belas berasal dari daerah . A. Aceh B. Kalimantan utara C. Sumatera barat D. Maluku 25. Contoh tarian yang menggunakan jenis pola lantai melingkar adalah . A. Tari Manuk Dadali B. Tari Indang C. Tari Ksatria D. Tari Kecak 26. Tari yang diperagakan oleh seorang penari baik perempuan atau laki-laki disebut .

A. Tari berpasangan B. Tari massa C. Tari tunggal D. Tari Berkelompok 27. Seiring dengan perkembangan zaman, pola lantai tarian juga memiliki perkembangan bentuk, diantaranya bentuk seperti berikut, kecuali . A. setengah lingkaran B. segi lima C. huruf F D. zig zag 28. Tari Merak berasal dari. A. Banten B. Jawa Barat C. Kalimantan Barat D. Sulawesi Utara 29. Pada semester yang lalu, kita sudah mempelajari tentang pola lantai tarian.

Berdasarkan materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya, yang bukan merupakan jenis-jenis pola lantai adalah . A. vertikal B. zig zag C. melingkar D. horizontal 30.

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

Pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak disebut . A. pola gerak B. pola lantai C. pola seni D. pola tari 31.

Unsur utama dalam menari adalah. A. Lari B. Gerak C. Nyanyi D. Jalan 32. Pola lantai diagonal dimiliki oleh tarian . A. Tari Ma'badong B. Tari Serimpi C.

Tari Baris Cengkedan D. Tari Gending Sriwijaya 33. Membuat penari agar tidak tabrakan saat menari merupakan salah satu tujuan dari . A. Pola lantai B. Koreografi C. Kostum D. Mimik wajah 34. Tari klasik banyak menggunakan pola lantai .

A. diagonal B. vertikal C. melengkung ke depan D. lingkaran 35. Tari Kecak dari Bali menggunakan pola Lantai . A. Horizontal B. Diagonal C. Melingkar D. Vertikal 36. Jenis tarian dari suku Sunda yang terkenal adalah. A. serimpi B. jaipong C. remo D. piring 37. Tari Sekapur Sirih dari Bengkulu menggunakan pola lantai .

A. Horizontal B. Vertikal C. Diagonal D. Melengkung 38. Garis khayal yang dilalui penari atau dibentuk oleh formasi penari disebut . A. Pola tari B. Pola lantai C. Garis lantai D. Garis tari 39. Pola lantai vertikal (lurus) memberi kesan . A. Istirahat Tari klasik banyak menggunakan pola lantai. Sederhana tetapi kuat C. Lembut tetapi lemah D. Dinamis atau kuat 40. Tari saman menggunakan pola lantai .

A. garis diagonal B. tari klasik banyak menggunakan pola lantai melingkar C. garis lengkung D. garis lurus 41. Tari kreasi daerah merupakan pengembangan dari tari . A. Kelompok B. Berpasangan C. Tunggal D. Tradisional 42. Pola lantai berkaitan erat dengan . A. gerak ditempat B. gerak berputar C. gerak berpindah D. gerak diam 43. Garis yang dilalui oleh penari saat melakukan gerakan tari disebut . A. Horizontal B. Vertikal C.

Pola lantai D. Zig-zag 44. secara umum ada dua macam pola lantai dasar, yaitu . A. lurus dan diagonal B. lengkung dan horizontal C. lurus dan melengkung D. lurus dan melingkar 45. Berikut pengembangan pola garis lengkung adalah . A. angka delapan, lingkaran, dan lengkung ke depan B. lengkung ke belakang, zig-zag, dan lingkaran C. segi empat, vertikal, dan diagonal D. horizontal, lengkung ke depan, dan segitiga 46. Tari cakalele adalah tarian yang berasal dari .

A. Jakarta B. Sulawesi Utara C. Maluku Utara D. Bali 47. Memutar merupakan salah satu gerakan dalam pola lantai tunggal. Pola lantai memutar mempunyai . A. persegi B. zig-zag C. segitiga D. lingkaran 48. Tari Rejang Dewa dari Bali menggunakan pola lantai . A. Garis lurus B. segitiga C. garis melengkung D. garis melingkar 49. Pola lantai dalam tarian yang dilakukan lebih dari dua orang penari disebut pola lantai tari .

A. berpasangan B. tunggal C. kelompok D. ganda 50. Tari Randai dari Minangkabau menggunakan pola lantai . A. garis lurus B. melingkar C. horizontal D. garis lengkung 51. Pola lantai dalam tarian yang dilakukan oleh seorang penari disebut pola lantai tari .

A. berpasangan B. tunggal C. kelompok D. ganda 52. Penari membentuk gerakan berupa garis tegak lurus maka akan membentuk pola lantai . A. vertikal B. horisontal C. lingkaran D. diagonal 53. Tari kreasi yang dibuat tanpa menghilangkan esensi ketradisiannya adalah .

A. tari kreasi berpolakan tradisi B. tari kreasi baru nontradisi C. tari kreasi lama D. tari kreasi 54. Penari membentuk gerakan garis lurus ke kanan atau ke kiri maka akan membentuk pola lantai . A. lingkaran B. diagonal C. vertikal D. horizontal 55. Jenis tarian yang merupakan hasil perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tari tradisional klasik adalah .

A. tari tradisional B. tari kreasi C. tari klasik D. tari rakyat 56. Gerak penari menyudut ke kiri atau ke kanan akan membentuk pola lantai . A. vertikal B. horizontal C. lingkaran D. diagonal 57. Jenis tata rias yang digunakan untuk memberikan tekanan pada wajah penari yang sudah mendekati peranan yang ditarikannya adalah.

A. aksen B. jenis C. bangsa D. karakter 58. Penari tari Pakarena bergerak ke depan dan ke belakang berarti membentuk pola lantai . A. vertikal B. horizontal C. lingkaran D.

diagonal 59. Pada desain garis pola lantai, pola melingkar memberikan kesan. A. lemah lembut B. keseimbangan dan ketenangan C. manis D. kuat dan dinamis 60. Tari Paduppa dan tari pakarena berasal dari daerah . A. Sumatra Utara B. Sulawesi Selatan C. Kalimantan selatan D. Nusa tenggara Timur 61. Unsur dalam tari yang membantu keselarasan dan ritme gerakan tari adalah.

A. iringan B. tata busana C. tata rias D. properti tari 62. Tari Legong menggunakan properti tari yang dikenakan di kepala yang disebut dengan .

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

A. udeng B. blangkon C. omprok D. destar 63. Selain dengan anggota tubuh, pola lantai juga bisa dibuat oleh para penari menggunakan. A. kostum B. properti tari C. tata rias D. penataan panggung 64. Tari Pakarena menggunakan properti tari yang berupa . A. sampur B. kipas C. keris D. bokor 65. Berikut ini yang tidak termasuk dalam properti tari adalah. A. simpati B.

panah C. stagen D. gendang 66. Kring ini adalah istilah dari salah satu gerakan yang ada pada tari. A. dolalak B. saman C. piring D. kecak 67. Tarian tor-tor adalah jenis tari yang berasal dari suku. A. batak B. jawa C. sunda D. betawi 68. Tari yang mengisahkan tentang pergerakan Belanda pada masa penjajahan adalah tari. A. dolalak B. saman C. piring D. kecak 69. Tari yang pertamanya ialah tarian yang berada di Negeri Arab dengan latar belakang beragama Islam adalah tari.

A. seudati B. saman C. tor-tor D. dolalak 70. Tari cendrawasih berasal dari. A. Bali B. Aceh C. Lampung D. Papua Tari klasik banyak menggunakan pola lantai lurus atau vertikal. Tari klasik merupakan tari tradisioonal yang tercipta di lingkungan keraton yang diturunkan seara turun temurun pada kalangan bangsawan. Pembahasan Seni tari merupakan kombinasi gerakan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan dari si penari kepada penonton.

Unsur tari ada beberapa hal, sebagai berikut: • Wiraga merupakan unsur tari yang menunjukkan gerakan tubuh. • Wirasa merupakan suasana dan perasaan dari si penari kepada penonton. • Wirama merupakan unsur tari yang digunakan untuk mengiringi jalannya pementasan tari. • Tata rias merupakan unsur tari yang digunakan untuk mendukung pementasan tari dari segi pakaian dan rias penari.

• Pola lantai merupakan penguasaan penari terhadap panggung atau tempat yang dia gunakan untuk menari. • Pengaturan panggung merupakan pengaturan panggung apakan sesuai dengan pementasan tari atau tidak. • Properti merupakan unsur tari berupa alat-alat yang digunakan untuk mendukung pementasan tari. Jenis-jenis tari, sebagai berikut: • Tari tunggal merupakan jenis tari yang dilakukan oleh satu orang saja.

• Tari berpasangan merupakan jenis tari yang dilakukan oleh dua orang saja. • Tari berkelompok merupakan jenis tari yang dilakukan oelh lebih dari 2 orang. Contoh-contoh tari yang ada di Indonesiasebagai berikut: • Tari pendet dari daerah Bali. • Tari serimpi dari daerah Yogyakarta. • Tari mung dhe dari daerah Nganjuk, Jawa Timur. • Tari jaipong dari daerah Bandung, Jawa Barat. • Tari gambyong dari daerah Surakarta, Jawa Tengah.

• Tari kecak dari daerah Bali. • Tari saman dari daerah Aceh. • Tari piring dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Pelajari lebih lanjut materi tentang pola lantai deni tari klasik brainly.co.id/tugas/17803917 ------------------------------------------------------ Detail jawaban Kelas: 9 - SMP Mapel: Seni Budaya Bab: Seni Tari Kode: - Kata kunci: Seni tari, unsur-unsur seni tari, jenis-jenis tari, contoh tari di Indonesia, pola lantai seni tari klasik, seni tari klasik.

AJ.
Tari klasik banyak menggunakan pola lantai . a. vertikal b. horizontal c. lingkaran d. diagonal Salah satu tari yang menggunakan pola lantai diagonal, yaitu tari . a. serimpi tari klasik banyak menggunakan pola lantai. yospan c. gending sriwijaya d. baris cengkedan Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tari bedaya adalah . a. gamelan b. angklung c.

tifa d.

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

sasando Tari Nusantara yang pola lantainya segi empat di antaranya adalah tari . a. tor - tor b. saman c. jaipong d. kerang ​ findsgemilang April 2021 - 0 Replies 1. Tuliskan 3 (tiga) contoh keberagaman adat istiadat diindonesia ?Jawab:2.Suku manakah yang melakukan ritual kasadha ?Jawab:3.

Bagaimana cara mempertahankan keberagaman budaya bangsa ?Jawab:4. Apa yang kamu lakukan bila yang menghina pekerjaan orang tuamu ?Jawab:5.Apa yang terjadi bila tidak ada rasa menghormati keberagaman ?Jawab:Jangan ngasal ya besok mau di kumpul.

Dan aku kasih 20 poin​ Answer Pola Lantai Tari perlu diketahui dan dipelajari oleh seseorang yang ingin menguasai tarian. Ketika sedang melakukan tarian terdapat beberapa jenis pola lantai yang menjadi tolak ukur atau patokan. Pola lantai sendiri sering digunakan pada beberapa tarian terutama tari kelompok karena akan memberikan tarian yang lebih indah, memukau dan menarik untuk disaksikan. Daftar Isi • Pola Lantai dalam Seni Tari : • Jenis Pola Lantai dalam Tari : • 1.

Pola Lantai Lurus Vertikal. • 2. Pola Lantai Horizontal. • 3. Pola Lantai Diagonal. • 4. Pola Garis Melengkung. • Pentingnya Memahami Pola Lantai Pada Tari Tradisional : • Contoh Tarian Yang Menggunakan Pola : Pola Lantai dalam Seni Tari : Pola Lantai Tari adalah garis-garis di lantai yang dilalui penari ketika melakukan gerak tari dari perpindahan tempat satu ke tempat lainnya.

Pola yang juga disebut garis imajiner ini sengaja dibuat oleh formasi penari kelompok.

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

Garis tersebut dapat digambarkan dengan melihat formasi para penari ketika tari klasik banyak menggunakan pola lantai memperagakan tarian. Pola lantai tari bisa dilakukan oleh penari tunggal, berpasangan atau berkelompok, meskipun sebagian besar pola tari dilakukan oleh berkelompok. Fungsi pola lantai yaitu untuk menata gerakan tarian, membentuk komposisi dalam pertunjukan tarian dan menciptakan kekompakan antar anggota penari.

Dengan adanya pola lantai, tarian yang disajikan akan lebih indah dan menarik untuk ditonton. Sebenarnya dalam pola lantai terdapat dua garis dasar yaitu garis lurus dan melengkung.

Tujuan dengan menguasai pola lantai yaitu penari akan lebih mudah melakukan perpindahan gerak. Sehingga sang penari akan mengetahui area mana yang menjadi area miliknya tanpa harus khawatir mengganggu atau bertabrakan dengan area penari lainnya.

Tari klasik banyak menggunakan pola lantai lurus sendiri terbagi atas tiga jenis yaitu vertikal, horizontal dan diagonal. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju, pola lantai juga mengalami pengembangan yaitu ada beberapa jenis pola lantai lain berupa zig zag, segitiga, segi empat dan segi lima. Pola lantai melengkung juga mengalami pengembangan yaitu lingkaran, lengkung ke depan, melengkung ke belakang dan angka delapan. Jenis Pola Lantai dalam Tari : @senipedia.id 1.

Pola Lantai Lurus Vertikal. Vertikal memiliki arti lurus memanjang. Pola lantai lurus vertikal berarti polanya yang lurus dan memanjang. Para penari berjumlah lebih dari satu orang dan akan membentuk formasi lurus baik dari depan ke belakang maupun sebaliknya. Pola lantai jenis ini biasanya digunakan pada tari klasik karena pola lurus memberikan kesan yang sederhana tetapi tetap kuat. Selain itu juga melambangkan antara ikatan manusia dengan tuhannya karena pada dasarnya Tuhan adalah Sang Pencipta kehidupan termasuk menciptakan manusia.

Beberapa tarian daerah yang menggunakan pola lantai ini adalah tari serimpi dari tarian Jawa Tengah, tari yospan dari Papua, tari pasambahan dari Sumatera Barat dan tari baris cengkedan dari Bali. 2. Pola Lantai Horizontal. Pola lantai horizontal sebenarnya sama seperti pola lurus vertikal dimana pola lantai bergaris lurus. Hanya saja pada pola lantai horizontal, bentuk barisan dari kiri ke kanan maupun dari kanan ke kiri. Beberapa tarian yang menggunakan pola ini yaitu tari indang dari Sumatera Barat dan tari saman dari Aceh.

Ada beberapa penafsiran mengenai pola tari horizontal. Pola horizontal disebut melambangkan antara ikatan manusia satu dengan manusia yang lain.

Pada dasarnya manusia pasti membutuhkan bantuan dari manusia lainnya. 3. Pola Lantai Diagonal.

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

Sesuai dengan namanya, pola lantai diagonal membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Jenis pola ini memberikan kesan yang dinamis tetapi tetap kokoh untuk para penonton atau penikmatnya.

Tarian daerah yang menggunakan jenis Pola Diagonal adalah tari sekapur sirih dari Jambi, tari gending Sriwijaya dari Sumatera Selatan dan tari pendet dari Bali. 4. Pola Garis Melengkung. Pola garis melengkung sendiri terdiri dari tiga macam yaitu garis lingkaran, angka delapan, huruf U dan lengkung ular.

Pola garis yang melengkung akan memberikan kesan yang lembut tetapi lemah. Tarian rakyat dan tarian tradisional banyak yang menggunakan pola jenis ini. Misalnya tari ma’badong Toraja dari Sulawesi Utara, tari piring dari Sumatera Barat dan tari randai dari Sumatera Barat.

Pentingnya Memahami Pola Lantai Pada Tari Tradisional : Memahami pola lantai pada tari tradisional sangat penting agar penari mudah dalam melakukan gerakan tarian.

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

Penari mampu mengatur jarak sendiri dengan penari lainnya. Mampu mengatur jarak maka akan mencegah antar penari bersinggungan badan maupun kesalahan dalam memperagakan gerakan.

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

1. Menjaga setiap penari tidak bertabrakan. Menguasai pola lantai mampu menjaga penari agar tidak bertabrakan dengan penari lainnya. Tarian tradisional sendiri memiliki gerakan yang indah dan mengalami banyak gerakan yang memungkinkan penari saling bertabrakan ketika tidak menguasai pola lantai. 2. Membantu Penari menentukan gerakan selanjutnya. Ketika penari berpindah dari area satu ke area lain maka gerakan mereka pun akan berbeda juga. Dengan adanya pola lantai maka penari bisa menentukan gerakan seperti apa untuk selanjutnya.

3. Penari Lebih Energik. Pentingnya memahami pola lantai dan mangaplikasikan ke dalam tarian mampu membuat penari terkesan lebih energik dan menarik. Banyaknya perpindahan tanpa adanya pola lantai justru akan membuat tarian berantakan.

Namun dengan adanya pola lantai justru akan memberikan kesan yang lebih teratur dan memukau.

tari klasik banyak menggunakan pola lantai

4. Menciptakan kekompakan. Mampu menciptakan kekompakan antar penari. Karena setiap penari akan terlihat bergerak leluasa memenuhi panggung dengan kompak tanpa perlu berkomunikasi secara verbal. Semua gerakan telah diatur melalui pola lantai yang diciptakan oleh para koreografer.

5. Ciri Khas Suatu Tarian. Pola lantai mampu memberikan ciri khas dari suatu tarian. Masyarakat atau para penonton akan lebih mudah mengetahui ciri khas dari tari tradisional tersebut melalui pola lantai pada tarian. Baca juga: Sejarah Tarian Kabasaran dan Filosofinya @sanjayaops.com Contoh Tarian Yang Menggunakan Pola : Berikut nama tarian dan pola lantainya yang kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Bedhaya Semang. Tarian Bedhaya Semang berasal dari Yogyakarta yang termasuk ke dalam jenis tari klasik. Tari ini memiliki pola lantai dan makna tertentu. Pola lantai yang digunakan yaitu gawang jejer wayang, gawang perang, gawang tiga-tiga dan gawang kalajengking.

Salah satu pola lantai pada Tari Bedhaya yang paling dikenal yaitu rakit lajur. Pola lantai ini menggambarkan lima unsur yang ada pada diri manusia. Unsur tersebut adalah rasa, cahaya, sukma, nafsu dan perilaku.

2. Jaran Kepang. Tari Jaran Kepang juga berasal dari Yogyakarta. Berdasarkan koreografi, tarian ini termasuk ke dalam jenis tari rakyat dengan memiliki pola lantai gabungan antara unsur lengkung dan lurus. Pola yang digunakan pada tarian yaitu pola melingkar, garis lurus ke depan dan garis horizontal.

3. Pendet. Tari klasik banyak menggunakan pola lantai tarian populer yang berasal dari Bali. Tari klasik banyak menggunakan pola lantai Pendet lahir ketika ada ritual sakral Odalan di pura dengan cara memendet. Tari klasik banyak menggunakan pola lantai pendeta Hindu mengumandangkan mantra maka mereka akan memendet. Pola lantai yang digunakan pada tarian ini berupa pola huruf V, pola lantai lurus dan menghadap ke samping kanan dan kiri.

Pola tersebut pola sederhana dibanding dengan tarian pendet lainnya. 4. Jaipong. Jenis tarian ini menggunakan pola lantai garis lurus yang berfungsi untuk memperindah tarian, memperjelas tujuan gerakan, serta untuk menonjolkan pemeran utama dalam tarian tersebut.

Lihat juga: Keunikan Tari Piring dan Sejarahnya Pola lantai tari menjadi bagian penting yang harus diketahui oleh para penari. Banyak manfaat yang diperoleh ketika menguasai pola lantai.

Tidak hanya pertunjukan tarinya saja yang bagus dan menarik, tetapi mempermudah penari dalam melakukan gerakan. Categories Pengetahuan Umum Post navigation
KOMPAS.com - Pola lantai dalam tari jika digambarkan berupa lintasan garis lurus atau diagonal, horizontal, serta vertikal dinamis pada lantai. Pola lantai tarian menggunakan unsur ruang. Pola lantai adalah pola garis yang dijadikan lintasan ketika melaukan pergelaran tari. Pola lantai juga dapat diartikan sebagai garis yang menentukan bentuk pola dalamkarya seni tari yang ditampilkan di atas panggung, serta membentuk formasi.

Dalam buku Tari Tradisi Melayu, Eksistensi, dan Revitalisasi Seni (2016) oleh Muhdi Kurnia, pola lantai dibuat untuk memperindah pertunjukan karya tari. Hal ini karena pembuatan pola antai harus memperhatikan beberapa hal, seperti variasi bentuk pola lantai, makna pola lantai, jumlah penari, ruangan atau tempat pertunjukan, dan gerak tari. Baca juga: Gerakan dan Pola Lantai Tari Merak Jenis pola lantai DIkutip dari buku Pendidikan Seni Tari (2018) karya Taat Kurnita Yeniningsih, pola lantai dalam tari terbagi menjadi: Pola lantai garis lurus Pola lantai garis lurus biasanya dilakukan olehpenari tunggal, karena memberikan kesan kuat, kokoh, dan jelas dalam tarian.

Namun, tidak sedikit juga pola lantaia garis lurus diterapkan dalam tari berpasangan atau kelompok. Toga bentuk penyajian pola lantai garis lurus terdiri dari: • Pola lantai diagonal Penari dalam lantai diagonal bergerak membentuk garis melintang dari sudut kiri bawah ke kanan atas atau sebaliknya.

Contoh tariannya adalah Tari Gending Sriwijaya dari Sumatra Selatan serta Tari Pendet dari Bali. • Pola lantai vertikal Dalam pola lantai vertikal, penari bergerak seperti garis horizontal. Hanya saja tari klasik banyak menggunakan pola lantai membentuk garis dari depan ke belakang.

Seperti dalam Tari Serimpi, Jawa Tengah dan Tari Yospan dari Papua. • Pola lantai horizontal Dalam pola ini, penari bergerak membentuk garis dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Contoh tariannya adalah Tari Indang dari Sumatra Barat dan Tari Saman dari Aceh. Baca juga: Pola Lantai: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya Pola lantai garis lengkung Poa lantai garis lengkung umumnya digunakan penari kelompok.

Pola lantai garis lengkung memberikan kesan menarik dan lemah lembur, terlihat samar-samar. Pola lantai garis lengkung terbagi menjadi beberapa macam, yakni pola antai lingkaran, pola lantai angka delapan, dan pola lantai lengkung ke belakang.

Contoh tarian yang menggunakan pola lantai lengkung, di antaranya Tari Kecak Bali (pola lantai lingkaran), Tari Piring (pola lantai angka delapan), Tari Randai (pola lantai garis lengkung), dan masih banyak lainnya. Contoh tarian beserta pola lantainya Berikut contoh tarian tradisional Indonesia dan pola lantai tari yang digunakan: • Tari Bungong Jeumpa, Aceh Tari Bungong Jeumpa menggunakan pola lantai vertikal dan horizontal.

Penari membentuk garis lurus, dari depan ke belakang dan garis menyamping dari kanan ke kiri. • Tari Jaipong dari Jawa Barat Tari Jaipong menggunakan pola garis lurus horizontal, vertikal, dan diagonal. • Tari Jaran Kepang, Yogyakarta Tari Jaran Kepang menggunakan pola lantai lurus dan lengkung, seperti pola melingkar, garis vertikal, dan horizontal. • Tari Baris Gede, Bali Tarian ini menggunakan jenis pola lantai garis lurus. • Tari Tandak, Riau Tarian ini menggunakan pola lantai gabungan lingkaran, lurus, serta zig-zag.

• Tari Ma’badong, Sulawesi Selatan Tarian ini menggunakan pola lantai melengkung. Baca juga: Jenis Pola Lantai dalam Seni Tari Komunikasi: Pengertian Para Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/05/120000469/komunikasi--pengertian-para-ahli-fungsi-tujuan-dan-jenis-jenisnya https://asset.kompas.com/crops/yavxZB06VT2QwDCWcyBkbCm6XhA=/0x0:3000x2000/195x98/data/photo/2021/08/04/610aabcbbddd7.jpg
• Tari yang memiliki pola lantai seperti tari randai adalah tari • Pola lantai yang ditunjukkan pada gambar diatas adalah pola lantai • Jenis tarian yang gerakannya perpaduan antara gerak tari tradisional dan gerak tari klasik disebut • Pola lantai pada gerakan awal dari tari tandak adalah pola • Contoh tari yang menggunakan pola lantai garis lengkung membentuk lingkaran adalah tari • Salah satu tari yang menggunakan pola lantai garis lengkung adalah tari • Tari yang berasal dari bali dengan pola lantai garis lurus adalah tari • Pola lantai yang digunakan pada tari saman adalah • Pola lantai yang digunakan pada tari kecak adalah • Pola lantai yang digunakan pada tari kecak bali adalah • Pola lantai membentuk lengkungan pada tarian disebut pola lantai • Mengapa eksplorasi pola lantai tari berpasangan berbeda dengan tari kelompok • Tari kecak dari bali merupakan salah satu jenis tari ritual dengan menggunakan pola lantai • Pola lantai dimana penari berbaris membentuk garis menyudut kekanan atau kekiri adalah pola lantai • Pola lantai pada tari daerah digunakan untuk membuat • Sebutkan bentuk pola lantai yang merupakan pengembangan dari bentuk pola lantai garis lengkung • Jelaskan yang dimaksud pola lantai garis lurus dan pola lantai garis lengkung • Pola lantai yang digunakan dalam tari rejang dewa dari bali adalah • Berikut pengembangan pola lantai garis lurus dalam tari kecuali pola • Pola lantai garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya disebut pola lantaiYahoo is part of the Yahoo family of brands.

By clicking " Accept all" you agree that Yahoo and our partners will store and/or access information on your device through the use of cookies and similar technologies and process your personal data, to display personalised ads and content, for ad and content measurement, audience insights and product development. Your personal data that may be used • Information about your device and internet connection, including your IP address • Browsing and search activity while using Yahoo websites and apps • Precise location You can select ' Manage settings' for more information and to manage your choices.

You can change your choices at any time by visiting Your Privacy Controls. Find out more about how we use your information in our Privacy Policy and Cookie Policy. Click here to find out more about our partners.

TRADISI PEMBERSIHAN MAKAM




2022 www.videocon.com