Hong adalah seorang keturunan bangsa cina

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

By Herman Tan May 1, 2016 ahok, babah, cina bangka, cina benteng, cina jakarta, cina jawa, cina medan, cina peranakan, cina phantong, cina totok, cina udik, dwikewarganegaraan tionghoa, hakka, hokkian, kanton, migrasi tionghoa, perantauan tionghoa, populasi tionghoa, teochiu, tionghoa indonesia, zhong hua xue xiao Last Updated on 17 April 2021 by Herman Tan Perantauan orang Tionghoa di Indonesia umumnya berasal dari 2 propinsi besar di Tiongkok; yaitu Propinsi Fujian dan Propinsi Guangdong.

2 Propinsi ini secara geografis terletak di sebelah tenggara Tiongkok yang dekat dengan wilayah perairan laut. Para perantauan tersebut mulai datang dan tersebar ke Indonesia mulai abad ke-16 hingga abad ke-19.

Setiap perantau yang datang ke Indonesia umumnya membawa kebudayaan suku bangsanya sendiri-sendiri; yang didalamnya termasuk bahasa. Selain bahasa Mandarin, ternyata masih ada 4 dialek bahasa daerah Tiongkok di Indonesia yang cukup banyak penggunanya, yakni : ♦ dialek Hokkian ♦ dialek Teochiu ♦ dialek Hakka ♦ dialek Kanton Persebaran bahasa daerah di Tiongkok Baca juga : Inilah 5 Suku Tionghoa yang tersebar di Indonesia Kepandaian dalam berdagang bangsa Tiongkok setelah berabad-abad lamanya ternyata masih hong adalah seorang keturunan bangsa cina jelas pada keturunannya saat ini menetap di Indonesia.

Mereka disebut etnis Tionghoa. Rata-rata dari mereka sangat ulet, rajin dan tahan ujian. Perantauan orang Hokkian dan keturunannya yang telah berasimilasi sebagian besar tersebar di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Barat Sumatra. Perantauan Tionghoa yang lain adalah orang Teochiu, yang berasal dari pantai Selatan Tiongkok daerah pedalaman Shantou, bagian timur propinsi Guangdong. Tempat tinggal mereka berada di pedalaman propinsi Guangdong yang terdiri dari daerah yang bergunung kapur dan tandus.

Sejarah Hakka Indonesia Bangka Belitung : Sejarah Bangka Tionghoa Hakka dan Timah Selama berlangsungnya gelombang imigrasi mulai tahun 1850 sampai tahun 1930, orang Hakka adalah yang paling miskin diantara para perantau asal Tiongkok lainnya. Mereka bersama-sama orang Teochiu dipekerjakan di Indonesia untuk mengeksploitasi sumber daya alam. Saat ini orang Hakka mendominasi masyarakat Tionghoa di wilayah-wilayah tambang, seperti di Kalimantan, Sumatra, dan Bangka dan Belitung.

Baca juga : Sejarah Hakka Indonesia Bangka Belitung : Sejarah Bangka Tionghoa Hakka (Khek) dan Timah Di sebelah barat dan selatan daerah asal orang Hakka di propinsi Guangdong tinggallah orang Kanton (Konghu).

Orang Kanton terkenal di Asia Hong adalah seorang keturunan bangsa cina sebagai kuli pertambangan. Mereka datang merantau ke Indonesia secara berkelompok pada waktu yang sama dengan orang Hakka, namun keadaan mereka berlainan. Umumnya mereka datang dengan modal yang lebih besar, dan mereka datang dengan ketrampilan teknis dan pertukangan yang tinggi. Walaupun para perantauan Tiongkok terdiri dari berbagai asal, namun dalam pandangan orang Indonesia mereka hanya dikategorikan ke dalam dua golongan : ♦ Tionghoa – Peranakan : Hasil perkawinan campur antara orang Tionghoa dan orang asli Indonesia (pribumi) yang sudah beranak-pinak, lahir, besar dan tinggal di Indonsia.

♦ Tionghoa – Totok : Orang Tiongkok yang lahir di Negara asalnya. Awalnya daerah yang pertama didatangi oleh para perantau Hokkian pada abad ke 16 adalah wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kebanyakan dari mereka berjenis kelamin laki-laki; dan karena hanya ada sedikit wanita Tiongkok yang ikut pada waktu itu, maka perkawinan campur dengan wanita pribumi banyak terjadi setelahnya. Baca juga : Sejarah Migrasi dan Populasi Kelompok Etnis Tionghoa Peta jalur migrasi bangsa Tiongkok ke kawasan Asia Tenggara dan Indonesia (Ilustrasi : russiancouncil.ru) Awalnya migrasi perantauan Hong adalah seorang keturunan bangsa cina ke wilayah Asia Tenggara terjadi karena keadaan tekanan di negeri sendiri, yang pada waktu itu sedang mengalami masa pergolakan dan revolusi.

Pada masa kolonial Belanda, semua orang Tiongkok di Indonesia secara yuridis (hukum) diperlakukan sebagai golongan hong adalah seorang keturunan bangsa cina dikenakan sistem hukum perdata yang berbeda dengan orang Indonesia pribumi.

Hukum yang diberlakukan bagi para perantauan tersebut adalah hukum yang mengatur bagi orang timur asing. Pada tahun 1910 pernah ada suatu perjanjian antara pemerintah Hindia Belanda dan pemerintah Tiongkok (waktu itu masih bersistem dinasti Qing) yang menetapkan Dwi kewarganegaraan bagi orang Tionghoa di Indonesia, agar mereka dapat dikenakan aturan-aturan hukum pemerintah Hindia-Belanda.

Keadaan ini kemudian terus berlanjut sampai Merdekanya Indonesia pada tahun 1945. Pada tahun 1949 pemerintah Belanda akhirnya mengakui dan menyerahkan kedaulatannya kepada pemerintah Indonesia secara penuh. Dengan demikian semua orang Hong adalah seorang keturunan bangsa cina di Indonesia yang masih mempunyai status Dwiwarganegaraan pada waktu itu akan berubah menjadi warga Negara Tiongkok merangkap Warga Negara Indonesia.

Baca Juga : Tulou; Rumah Adat Khas Orang Hakka (Khek) Saat Konferensi Asia Afrika (KAA) yang Pertama di Bandung pada tahun 1955, Pemerintah Republik Indonesia mengadakan perjanjian dengan pemerintah Tiongkok untuk mengakhiri keadaan ini, sehingga semua orang Tionghoa di Indonesia pada saat itu harus memilih salah satu : Pilih warga negara Indonesia atau Tiongkok?

(Ilustrasi : 123rf.com) Antara warga Negara Tiongkok (RRC) atau warga Negara Indonesia (WNI)? Hong adalah seorang keturunan bangsa cina menjadi WNI, para perantauan ini harus bisa membuktikan dan bersumpah di pengadilan bahwa ia lahir di Indonesia, dan kemudian menyatakan juga di pengadilan bahwa ia melepaskan kewarganegaraan RRC nya.

Ratifikasi atau pengesahan dari hong adalah seorang keturunan bangsa cina tersebut baru selesai pada tahun 1960, sedangkan untuk implementasinya dilakukan 2 tahun setelahnya.

“Pada tahun 1959 terbit Peraturan daerah dengan nomor No.20/1959 yaitu tentang Peraturan Pelaksanaan Perjanjian Dwi Kewarganegaraan dengan RRT, yang ditetapkan berlaku mulai 20 Januari 1960-20 Januari 1962. Setelah 2 tahun perjanjian berakhir, mulai terjadi tindakan “pengusiran” terhadap etnis Tionghoa dari daerah kecamatan dan Desa dengan dalih pelaksanaan PP No.10/1959 tentang larangan bagi usaha perdagangan kecil dan eceran yang bersifat asing diluar ibukota daerah tingkat 1 & 2 serta kerasidenan.

Dalam situasi demikian, pemerintah RRT mengirimkan kapal penumpang ke Indonesia dengan tujuan “membantu Huaqiao” kembali ke Tiongkok. Namun baru 4 trip (±40.000 jiwa) yang terangkut, sisanya ±100.000 KK tidak sempat terangkut.” – Tionghoa.INFO Setelah puluhan tahun kemudian mulai terdapat beberapa sebutan bagi masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia yang umumnya lebih disebabkan karena asal daerah.

Beberapa istilah sebutan tersebut sampai sekarang masih sering digunakan. Yang menggunakan sebutan istilah-istilah tersebut, selain orang pribumi, juga oleh mereka sendiri (yang mempunyai keturunan Tionghoa) yang digunakan sebagai identitas.

Berikut 9 Sebutan dan Tipe Keturunan Tionghoa di Indonesia : 1. Tionghoa Totok (atau disebut Cina Totok) Biasanya bermukim di daerah perkotaan. Aktivitas pekerjaan utama mereka ada pedagang. Orang yang disebut Cina totok adalah orang yang mempunyai garis keturunan Tionghoa MURNI, dimana kedua orang tuanya lahir di Tiongkok, yang merupakan tanah leluhur mereka.

Umumnya generasi pertama dan kedua di Indonesia masih bisa digolongkan sebagai ‘Cina Totok’. Dari fisik mereka cukup mudah dikenali, seperi bermata sipit, berwajah oriental, berkulit putih, masih memegang teguh adat istiadat dan tradisi leluhurnya dari daratan Tiongkok, serta menggunakan bahasa daerahnya untuk percakapan sehari-hari. “Totok adalah istilah dari bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Jawa yang berarti “baru” atau “murni”, dan digunakan untuk mendeskripsikan para pendatang yang lahir di luar negeri serta berdarah murni.

Pada masa Hindia Belanda, istilah ini dipakai untuk menunjuk orang Belanda (atau Eropa) yang lahir di luar Hindia Belanda.Istilah lain, yaitu Peranakan, memiliki arti yang berkebalikan dan digunakan untuk menyebut penduduk yang telah bercampur dengan warga pribumi di Indonesia.” – Wikipedia.org Istilah hong adalah seorang keturunan bangsa cina juga dipakai untuk menyebut warga Tionghoa yang tinggal di Indonesia yang berdarah murni (totok tionghoa), terutama untuk membedakannya dengan Babah (“Baba” adalah istilah sebutan untuk laki-lakinya dan “Nyonya” istilah untuk wanitanya) atau P eranakan.

Catatan : Mereka umumnya merupakan generasi imigran tionghoa yang telah hidup turun-temurun, yang sebagian besar tersebar di wilayah Kalimantan, baik yang bersifat stateless (tidak memiliki status kewarganegaraan), maupun yang tela beralih kewarganegaraan menjadi WNI.

Sebagian dari mereka dikenal masih fanatik dengan menggantungkan loyalitas kepada leluhurnya di negara asal. 2. Tionghoa Peranakan (atau disebut Cina Peranakan) Tionghoa peranakan adalah orang yang tidak memiliki garis keturunan murni.

Hanya salah satu dari orang tuanya saja yang mempunyai keturunan Tionghoa, baik dari sisi Ibu atau dari sisi Ayahnya. Mereka adalah generasi imigran Tiongkok yang hidup turun-temurun serta telah beranak pinak / kawin campur dengan pribumi di indonesia. Selanjutnya, peranakan inilah yang disebut sebagai etnis Tionghoa – Indonesia. Baca Juga : Sejarah Hakka Indonesia Bangka Belitung; Sejarah Bangka Tionghoa Hakka (Khek) dan Timah (II) Tempat kelahiran pun tidak lagi di tanah leluhur, jadi bisa dibilang mereka memiliki darah campuran.

Keturunan Tionghoa peranakan umumnya mempunyai fisik yang agak berbeda dari Tionghoa. Misalnya seorang Tionghoa yang berpasangan dengan orang Jawa, kelak anaknya memiliki kemungkinan tidak berkulit putih.

Warga keturunan Tionghoa peranakan umumnya tidak lagi menggunakan bahasa Mandarin (atau dialek daerah Tiongkok) sebagai bahasa pergaulan, bahkan dari sisi kultural mereka telah mengalami proses akulturasi budaya dengan budaya lokal setempat dimana mereka tinggal. Contohnya adalah Masyarakat Tionghoa Benteng yang berakulturasi dengan warga lokal Tangerang, dan melahirkan sebuah perpaduan budaya baru. 3. Tionghoa Benteng (atau disebut Cina Benteng) Musem Tionghoa Benteng Indonesia Umumnya perawakan warga Tionghoa Benteng mirip dengan orang pribumi Indonesia.

Kebanyakan dari mereka berdomisili di Tangerang. Tionghoa benteng adalah bentuk spesifik dari Tionghoa peranakan. Hanya saja tempat kelahiran berada di Tangerang. Bila dilihat, keturunan etnis Tionghoa Benteng rata-rata memiliki kulit lebih gelap dari etnis tionghoa pada umumnya. Mereka disisebut Tionghoa Benteng (Cina Benteng) karena mereka adalah warga Tionghoa yang melarikan diri dari peristiwa pembantaian etnis Tionghoa yang terjadi di Batavia sekitar tahun 1740.

Tionghoa Batavia tersebut berlindung di sekitar benteng yang banyak tersebar di daerah Tangerang, dimana salah satunya adalah Benteng Makasar yang saat ini telah berubah menjadi kompleks pertokoan Robinson. Selain itu, warga Tionghoa Benteng juga berasal dari daerah Banten yang masuk ke kawasan Tangerang dan bermukim di daerah sekitar kawasan teluk Naga.

Baca juga : Inilah 8 Hal Yang Belum Anda Ketahui Tentang Tionghoa Benteng 4. Tionghoa Medan (atau disebut Cina Medan) Sebutan ini umumnya disematkan kepada mereka-mereka yang berasal dari kota Medan yang kemudian merantau di kota-kota besar, seperti Jakarta. D i Ibukota, mereka biasanya bermukim di daerah Pluit, Muara Karang dan sekitarnya. Warga Tionghoa Medan ‘dipercaya’ memiliki mental wirausaha yang tinggi.

Mereka bisa segera bangkit dari keterpurukan setelah terjatuh habis-habisan. Meski tata bahasa mereka agak kasar layaknya orang Batak (versi Indonesianya), tetapi masi lebih sopan dibandingkan dengan Tionghoa Bangka (Cina Bangka).

Kebanyakan dari mereka berkulit putih, konon katanya karena menghindari keluar pada siang hari. Tionghoa Medan adalah salah satu golongan masyarakat perantauan yang cukup sukses menaklukan Ibukota Jakarta.

5. Tionghoa Bangka (atau disebut Cina Bangka) Tionghoa Bangka dulunya adalah penambang timah di daerah Bangka, Indonesia Sejarah Hakka Indonesia di Bangka Belitung tidak akan bisa lepas dari Sejarah Bangka Tionghoa Hakka (Khek)dan Timah (Hanzi : 印尼客家邦加勿里洞历史 – 客家邦加錫採礦; Pinyin : Yìnní kèjiā bāng jiā wù lǐ dòng lìshǐ – kèjiā bāng jiā xī cǎikuàng), yakni oleh orang-orang Tionghoa suku Hakka. Berdasarkan sensus di tahun 1920, Total populasi orang Tionghoa Bangka mencapai 44% dari keseluruhan 154.141 jiwa.

Awal sejarahnya dimulai sekitar abad ke-17, Sekitar tahun 1700-1800. Berawal dari tambang timah di bangka 邦加錫矿(Bāng jiā xī kuàng). Orang-orang Hakka/Khek (Hanzi : 客家; Pinyin : Kèjiā) dari Moi Jan (梅縣; Mei Xian), Hoi Nam (海南; Hai Nan), Kong Si (廣西; Guang Xi) dan beberapa daerah lain di propinsi Kong Tung (廣東; Guang Dong) datang secara berkelompok menjadi tenaga penambang timah di Pulau Bangka (邦加岛; Bāng jiā dǎo), Pulau Belitung (勿里洞岛; Wù lǐ dòng dǎo) dan Pulau Singkep 新及岛; Xīn jí dǎo).

Di masyarakat, warga Tionghoa Bangka dikenal memiliki etika kesopanan yang rendah (kasar). Bagi yang masih tinggal di kampung pedalaman, etika dalam makan kurang diperhatikan, seperti makan dengan menggunakan piring dan sendok secara beramai-ramai. Namun mereka memiliki rasa kekeluargaan dan persaudaraan (solidaritas) yang sangat tinggi apabila jika dibanding dengan suku etnis Tionghoa lainnya. Baca juga : Orang Tionghoa dalam Sejarah Hong adalah seorang keturunan bangsa cina Indonesia 6.

Tionghoa Jawa (atau disebut Cina Jawa) Awalnya daerah yang pertama didatangi oleh para perantauan asal Hokkian pada abad ke 16 adalah wilayah sekitar Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kebanyakan dari mereka berjenis kelamin laki-laki; dan karena hanya ada sedikit wanita Tiongkok yang ikut pada waktu itu, maka perkawinan campur dengan wanita pribumi banyak terjadi setelahnya.

Baca Juga : Dewi Tian Shang Sheng Mu [Ma Zu; Mak Co] Pembawaan sikap mereka umumnya sangat sopan seperti kebanyakan orang Jawa pada umumnya. Mereka juga cukup teliti soal penggunaan uang. Ini karena kepandaian dalam berdagang bangsa Tiongkok setelah berabad-abad lamanya ternyata masih tampak jelas pada keturunannya saat ini menetap di Indonesia. Perantauan orang Hokkian dan keturunannya yang telah berasimilasi sebagian besar tersebar di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Barat Sumatra.

7. Tionghoa Jakarta (atau disebut Cina Jakarta) Siapa sangka 16 tahun pasca peristiwa Mei 1998, kini Ibukota justru dipimpin oleh seorang etnis Tionghoa Bangka?

(Foto : Ahok.org) Jauh sebelum Belanda membangun Batavia (kini Jakarta) pada tahun 1619, orang-orang Tionghoa sudah tinggal di sebelah Timur Sungai Ciliwung yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan itu.

Mereka menjual arak, beras dan kebutuhan lainnya termasuk air minum bagi para pendatang yang singgah di pelabuhan. Namun, ketika Belanda membangun loji (bangunan bersejarah peninggalan Belanda) di tempat itu, mereka pun kemudian diusir. Setelah muncul peristiwa Pembantaian Orang Tionghoa di Batavia (tanggal 9 Oktober 1740), orang-orang Tionghoa ditempatkan di kawasan Glodok yang tidak jauh dari Stadhuisa (kini Museum Fatahillah). Kawasan pecinan yang bisa kita temui di Jakarta saat ini adalah kawasan Glodok, Jakarta Barat.

Kawasan ini konon disebut-sebut sebagai kawasan pecinan (Chinatown) terbesar di Indonesia bahkan dunia! Di daerah Pecinan umumnya terdiri dari ruko (singkatan dari rumah toko) dan terdapat klenteng (dulunya disebut kuil) yang merupakan tempat bersembahyang atau tempat pemujaan Dewa-Dewi kepercayaan etnis Tionghoa. Ruko yang ada di sepanjang Pecinan digunakan untuk tempat berdagang atau berjualan, sekaligus sebagai tempat tinggal warga Tionghoa.

Bangunan dan rumah yang ada di kawasan Pecinan dapat terlihat dari ciri-ciri fisiknya yang pada umumnya berupa bangunan berlantai dua. Lantai satu pada umumnya dipakai sebagai tempat usaha, sedangkan lantai dua digunakan sebagai tempat tinggal. Saat ini warga Tionghoa Jakarta memiliki tingkatan gaya hidup yang lebih modern. Ini cukup wajar mengingat kota Jakarta adalah sebagai ibukota dan kiblat di Indonesia.

Namun yang menarik adalah mereka ternyata cukup pedas dalam bertutur kata. Jangan heran juga apabila sikap cuek tanpa tegur sapa akan sering Anda temui jika melihat mereka di kompleks perumahan atau di pusat perbelanjaan. Jika pembaca tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah panjang Tionghoa Jakarta, dapat membaca artikel berikut yang berjudul ‘ Menelusuri Jejak Tionghoa di Jakarta.

7. Tionghoa Phanthong (atau disebut Cina Phanthong) Tionghoa Phanthong adalah hasil dari amalgamasi biologis antara salah satu suku bangsa Tiongkok, yakni suku Hakka dengan suku Dayak di kalimantan Barat, yang tersebar di daerah Samalantan.

Jumlah populasinya diperkirakan telah mencapai 1000 orang. 9. Tionghoa Udik (atau disebut Cina Udik) : Tionghoa udik adalah masyarakat etnis Tionghoa yang bermukim di luar benteng Batavia (ommenlanden), seperti wilayah kawasan Tanah Abang.

Mereka umumnya bekerja sebagai petani yang menyuplai kebutuhan warga yang bertempat tinggal di dalam Benteng Batavia, sekaligus menjadi penahan dari masuknya musuh VOC dari Mataram. Pada saat terjadinya huru-hara 1740, mereka melakukan pemberontakan kepada VOC yang memeras penduduk termasuk Cina Udik. Pemberontakan berhasil ditumpas dan mereka akhirnya ditumpas pada tanggal 8-10 Oktober 1740.

Sisa-sisa dari mereka melarikan diri ke wilayah Tangerang dan Surakarta. Mereka yang melarikan diri ke wilayah Tangerang dan kemudian menetap serta beranak cucu disebut masyarakat ‘Cina Udik’. Catatan : 1. Pendidikan mempunyai arti yang sangat penting untuk kemajuan kecerdasan seseorang ataupun suatu bangsa. Dalam menjalankan politik Pemerintah kolonial Belanda menggunakan cara pemisahan; demikian juga dengan pemisahan sekolah Tionghoa.

2. Pada waktu itu, golongan ‘Tionghoa peranakan’ masuk ke pendidikan sekolah ‘China Belanda’, sementara sekolah golongan ‘Cina totok’ akan masuk ke sekolah China (中花学校; zhong hua xue xiao).

Menurut bukti penemuan arkeolog, orang2 Tiongkok (dulunya masih sistem dinasti) sudah datang ke wilayah Indonesia untuk berdagang sejak abad ke 8, dimana kerajaan-kerajaan Hindu Buddha tumbuh subur, seperti kerajaan Singasari, kerajaan Sriwijaya (wangsa Sailendra), dan kerajaan Majapahit (era Raden Wijaya).

Bukti2 yang ada, seperti ditemukannya pecahan keramik bermodel ala dinasti Tiongkok (saat itu diduga berasal dari dinasti Tang), dan gulungan2 bertuliskan aksara tiongkok/hanzi kuno pada lokasi sekitar kerajaan tersebut, termasuk di daerah perkuburan. Cina peranakan bukan semata keturunan cina yang kawin campur dengan pribumi, tapi keturunan cina yang sudah turun temurun tinggal di Indonesia dan tidak menggunakan bahasa cina dalam pergaulan sehari hari bahkan antar kerabat mereka.Secara genetik mereka tetap suku Han murni namun sudah berasimilasi dengan budaya setempat.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

tirto.id - Pernahkah berpikir bahwa orang Cina, Jepang dan Korea itu memiliki banyak persamaan dan berbagi budaya? Pakaian tradisional wanita. Jika di Jepang dikenal dengan Kimono, maka pakaian yang serupa di Korea disebut Hanbok dan di Cina bernama Hanfu. Meski ada berbedaan detail, tetapi model kerah, lengan, dan ketiadaan kancing pada ketiganya tetaplah sama. Restoran Cina, Jepang, dan Korea juga dipersatukan oleh sumpit. Sama seperti Kimono, sumpit yang dipakai ketiga bangsa ini memiliki beberapa perbedaan spesifik.

Misalnya, sumpit Cina lebih panjang dan ujungnya tumpul, sementara sumpit Jepang sebaliknya. Sumpit Korea mirip dengan Jepang, tapi memakai bahan stainless steel. Secara fisik orang-orang Cina, Jepang, dan Korea ini memiliki banyak kesamaan karakteristik. Misalnya sama-sama berkulit kuning, hidung pesek, mata dan rambut hitam, yang membuat mereka nyaris sulit dibedakan. Bagi orang-orang Asia termasuk Indonesia, mungkin mudah untuk membedakan ketiga bangsa Asia Timur tersebut.

Terlebih kebudayaan dan bahasa Cina, Jepang dan Korea sudah masuk ke Indonesia lewat berbagai medium. Lantas bagaimana orang-orang dari tiga bangsa negara itu memandang satu sama lain?

Sebagian kalangan orang Korea dan Jepang percaya leluhur masyarakat Jepang berasal dari Korea. Euny Hong, penulis buku The Birth of Korean Cool: How One Nation Is Conquering the World Through Pop Culture (2014) menceritakan pengalamannya masa remajanya di Quartz.

Saat duduk di bangku SMP pada akhir 1980-an, Hong diajarkan bahwa orang Korea adalah leluhur genetik dan kultural orang-orang Jepang. Selain itu, muncul cerita bahwa keluarga kerajaan Jepang adalah keturunan Raja Muryeong, yang memerintah Korea pada abad ke-5.

Sebagian orang Jepang pun turut mengamini teori asal-usul leluhur Korea ini. Bahkan masalah keturunan Korea ini pernah hong adalah seorang keturunan bangsa cina oleh seorang kaisar Jepang. Pada 2001, menjelang gelaran Piala Dunia 2002 di mana Korea dan Jepang menjadi tuan rumah bersama, Kaisar Jepang Akihito dengan santai menyatakan punya darah Korea.

“Saya sendiri merasakan hubungan kekerabatan tertentu dengan Korea. Faktanya, Nihon Shoki (buku sejarah Jepang) mencatat ibu dari Kaisar Kammu adalah garis Raja Muryeong,” ucap Akihito sebagaimana dilansir The Guardian. Baca juga: Bagaimana Para Leluhur Kita Menguasai Dunia Kaisar Kammu memerintah Jepang dari 781 hingga 806 M, sedangkan Muryeong memerintah Kerajaan Paekche di Korea dari 501 hingga 523 M. Meskipun Akihito mengutip catatan sejarah, baru pertama kalinya seorang kaisar secara terbuka memuji darah Korea di garis kekaisarannya.

Akihito juga menyatakan bahwa Konfusianisme, Buddhisme, hingga musik istana datang ke Jepang dari semenanjung Korea. Namun, glorifikasi orang Korea sebagai leluhur orang Jepang juga dilebih-lebihkan. Pada 2012, sejumlah media online Korea memuat berita yang isinya menyimpulkan hasil analisis DNA mengkonfirmasi bahwa orang Jepang adalah keturunan Korea.

Berita itu pertama kali dipublikasikan oleh media online Yonhapyang mengutip sebuah studi akademik Jepang tahun 2011. Usut punya usut, dalam makalah penelitian itu hanya disebut bahwa orang Korea memiliki kelompok SNP (Single Nucleotide Polymorphism) yang sama dengan orang Jepang yang tinggal di pulau tengah. Darah Cina dalam Diri Orang Jepang dan Korea Tampaknya baik orang Korea maupun Jepang harus menerima jika dalam tubuh mereka mengalir darah orang Asia Timur lainnya yang lebih hong adalah seorang keturunan bangsa cina, yaitu etnis Cina Han.

Penelitian Yuchen Wang dkk berjudul “Genetic structure, divergence and admixture of Han Chinese, Japanese and Korean populations” (2018) menunjukkan bahwa orang Cina Han, Korea dan Jepang pernah berbagi leluhur yang sama di daratan Cina sekitar 3.000 sampai 3.600 tahun yang lalu pada hong adalah seorang keturunan bangsa cina dinasti Shang. Han sendiri adalah kelompok etnis mayoritas di Cina yang esksis seiring dengan berdirinya dinasti Han pada 206 SM sampai 220 M.

Data genom mengindikasikan etnis Cina Han, Jepang, dan Korea secara genetik sangat mirip dan berasal dari lungkang genom yang sama. Perbedaan genetik dari ketiganya kurang dari satu persen dari total keragaman genetik, serta jauh lebih kecil dari salah satu kelompok dan populasi Eropa yang turut diteliti. Perbedaan paling sedikit ditemukan antara etnis Cina Han dan Korea. Sejak populasi ketiganya saling terpisah, etnis Cina Han, Jepang, dan Korea saat ini telah membentuk lungkang gen mereka sendiri dan menghasilkan susunan genetik yang berbeda.

Perbedaan genetik di antara tiga kelompok Asia Timur itu awalnya lahir dari perbedaan populasi yang mengalami migrasi masa pra-sejarah dan setelahnya. Lokasi geografis yang berbeda antara daratan Cina, semenanjung Korea, dan kepulauan Jepang telah memfasilitasi proses isolasi dan diferensiasi.

Penelitian tersebut memakai studi genom dengan mengevaluasi struktur gen 182 orang Cina Han, 90 Jepang, dan 100 Korea, bersama data 630 individu yang mewakili delapan populasi di seluruh dunia. Sebanyak 100 orang Korea di Korea Selatan dikumpulkan sampel darah tepinya. Tiap individu yang diambil sampel dipastikan dari keluarga yang berbeda namun dari etnis yang sama dalam tiga generasi terakhir.

Sedangkan sampel 90 individu Jepang, 182 Cina Han, dan perwakilan delapan populasi dunia diambil dari proyek HapMap. Baca juga: Mencari Jejak Moyang Somalia dan Yaman di Kalimantan Perbedaan genetik yang cukup menonjol di ketiga etnis Asia Timur itu kini teridentifikasi di gen CD46 yang terletak pada kromosom 1q32.

Diperkirakan bahwa gen ini terkait tingkat adaptasi terhadap patogen di wilayah geografis masing-masing. Selain itu, protein yang dikodekan oleh gen ini mungkin terlibat dalam fusi spermatozoa dengan oosit selama pembuahan sehingga mungkin terkait dengan sifat-sifat reproduksi. Wang dkk memberi catatan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyempurnakan temuan perbedaan genetik di tiga kelompok etnis Asia Timur tersebut.

Infografik Berbagi Leluhur Selain migrasi dan isolasi wilayah geografis, perbedaan genetik di antara ketiga kelompok etnis Asia Timur juga dipengaruhi oleh aliran gen yang tidak hanya berasal dari Cina Han. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa dibandingkan dengan Cina Han, penduduk asli Ryukyuan berkontribusi lebih besar ke etnis Jepang yang ada sekarang. Begitu juga yang terjadi di Korea di mana aliran gen Cina Han terpusat di beberapa daerah.

Ringkasnya, struktur genetik orang Cina Han, Jepang, dan Korea masa kini sama-sama dibentuk oleh perbedaan populasi, isolasi geografis, aliran gen dan kemungkinan seleksi alam. Jika ditilik dari letak geografis, wilayah Cina, Jepang, dan Korea cukup dekat. Semenanjung Korea bahkan ada di daratan yang sama dengan Cina di bagian Korea Utara. Sedangkan Jepang adalah negara kepulauan yang terletak di timur Cina dan Semenanjung Korea.

Hubungan Cina daratan dengan wilayah kepulauan Jepang dan semenanjung Korea diyakini sudah terjalin sejak periode Neolitikum (6.000-1.000 SM).

Dikutip dari Ancient History Encylopedia, kerajaan-kerajaan di tiga wilayah tersebut telah menjalin perdagangan dan bertukar praktik-praktik budaya. Korea sendiri dipercaya sebagai jembatan budaya antara Cina dan Jepang.
tirto.id - Ada beberapa teori terkait sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia atau Nusantara. Salah satunya adalah dari Cina selain Teori Persia, Arab, Gujarat, dan India.

Lantas, apa bukti sejarah teori Cina dan siapa tokoh pencetus atau pendukungnya? Dalam sebuah orasi di Masjid Lautze, Jakarta, pada Agustus 2013, Presiden Republik Indonesia ke-3, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie pernah berkata, "Hadiah terbesar bangsa Cina ke Indonesia adalah agama Islam." Pernyataan BJ Habibie yang diabadikan dalam lead artikel di laman resmi pemerintah Indonesia itu bukan omong-kosong.

Teori Cina memang menjadi salah satu teori terkait sejarah masuknya agama Islam ke Nusantara. Sejarah Relasi Islam dengan Cina Arsip Origins milik BBC menyebutkan bahwa hubungan Cina dengan dunia Islam telah terjadi sejak era Ustman bin Affan (644-656 Masehi), khalifah pemerintahan Islam ketiga setelah wafatnya Nabi Muhammad.

Silaturahmi awal dunia Arab-Cina itu terjadi pada 29 Hijriah atau tahun 650 Masehi, kurang lebih 18 tahun setelah kematian Rasulullah. Khalifah Ustman pernah mengutus delegasi ke Cina yang dipimpin oleh Sa'ad bin Waqqas, paman dari ibunda Nabi Muhammad. Sa'ad kemudian membujuk Yung-Wei, Kaisar Cina kala itu, untuk memeluk agama Islam. Ajakan Sa'ad berbuah kekaguman Yung-Wei terhadap dunia Islam. Sang kaisar kemudian memerintahkan pembangunan Masjid Kanton, tempat ibadah muslim pertama di Cina yang hingga kini masih kokoh berdiri dan berusia 14 abad.

Dari situlah agama Islam semakin berkembang di Cina. Maka tidak mengherankan jika di Cina banyak pemeluk Islam yang kemudian menyebarkannya ke berbagai tempat, termasuk sampai ke Nusantara atau indonesia. Baca juga: • Contoh Akulturasi Budaya Betawi & Tionghoa dalam Sejarah Jakarta • Apa Saja Contoh Akulturasi Budaya Tionghoa dan Indonesia?

• Teori Masuknya Islam ke Indonesia dari Cina dan Pencetusnya Sejarah Hubungan Muslim Cina dengan Nusantara Hubungan muslim Cina dengan Indonesia baru terjadi sekira 8 abad kemudian, ketika seorang ulama Tiongkok bernama Ma Hong Fu berkelana ke timur jauh.

Hong adalah seorang keturunan bangsa cina itu, sebagian besar wilayah Nusantara, termasuk Jawa, masih berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit yang berpusat di Trowulan, Jawa Timur. Di Jawa pada 1424 Masehi, Ma Hong Fu, menghadap hong adalah seorang keturunan bangsa cina Majapahit kala itu, yakni Wikramawardhana (1390-1428 M). Wikramawardhana adalah suami dari Kusumawardhani, putri Hayam Wuruk yang hong adalah seorang keturunan bangsa cina membawa kejayaan Majapahit bersama Mahapatih Gajah Mada.

Sejak kunjungan Ma Hong Fu ke Majapahit, agama Islam mulai berkembang di Nusantara, khususnya di Jawa, meskipun masih di bawah bayang-bayang Hindu dan Buddha yang menjadi agama mayoritas kala itu.

Syiar Islam semakin masif dilakukan seiring berdirinya Kesultanan Demak pada pengujung abad ke-15 M sebagai kerajaan Islam pertama di Jawa. Kesultanan Demak didirikan oleh pangeran Majapahit bernama Raden Patah dengan dibantu oleh Wali Songo. Wali Songo inilah yang berperan besar menyebarkan agama Islam di Jawa atau Nusantara.

Baca juga: • Sejarah Raden Patah: Putra Majapahit Pendiri Kerajaan Islam Demak • Nama-Nama Asli Wali Songo: Strategi Dakwah & Wilayah Persebarannya • Sejarah Kesultanan Demak: Kerajaan Islam Pertama di Jawa Tokoh Pendukung Teori Cina dan Bukti Sejarahnya Hipotesis terkait pengaruh Cina dalam berkembangnya agama Islam di Nusantara atau Indonesia diungkap oleh Slamet Mujlana, seorang peneliti yang merupakan salah satu tokoh pendukung Teori Cina.

Penjelasan Slamet Muljana dituangkan dalam dalam hasil penelitiannya yangn kemudian dibukukan dengan judul Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara (2005).

Slamet Muljana mengemukakan hipotesis risetnya dengan bekal 3 sumber, yakni Serat Kendana, Babad Tanah Jawi, dan naskah dari Kelenteng Sam Po Kong yang ditulis Poortman. Catatan penting yang dihasilkan Slamet Muljana adalah banyak masyarakat Tiongkok yang datang ke Nusantara ketika terjadi transisi di Majapahit, dari era Hindu-Buddha ke masa Islam. Hal itu kemudian berpengaruh besar dengan berkembangnya Islam di Indonesia. Baca juga: • Sejarah Hidup Jayanagara: Ironi Raja Majapahit yang Paling Dibenci • Bagaimana Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit?

• Sejarah Pemberontakan Nambi vs Majapahit: Mati karena Fitnah Keji Penelitian Slamet Muljana kemudian ditelusuri lebih dalam oleh Sumanto Al Qurtuby, tokoh Indonesia yang juga guru besar Antropologi di Universitas King Fahd, Arab Saudi. Sumanto Al Qurtuby memperkuat Teori Cina terkait sejarah masuknya Islam ke Nusantara. Sumanto Al Qurtuby mengabadikan penelitiannya tersebut melalui buku berjudul Arus Cina-Islam-Jawa: Bongkar Sejarah Atas Peranan Tionghoa Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara Abad XV dan XVI.

Dalam buku itu dijelaskan bahwa pengaruh muslim Cina di Jawa pada masa awal berkembangnya Islam tidak hanya berdasarkan kesaksian pengembara asing, sumber dari Cina, naskah lokal, maupun tradisi lisan, melainkan juga bukti-bukti artefak kebudayaan yang lekat dengan akulturasi budaya Cina, Islam, dan Jawa. Menara Masjid Pecinaan Banten, ukiran padas di Masjid Kuno Mantingan Jepara, arsitektur keraton Cirebon beserta Taman Sunyaragi, konstruksi pintu makam Sunan Giri di Gresik, serta konstruksi Masjid Demak, terutama soko tatal penyangga masjid dan lambang kura-kura, oleh Sumanto Al Qurtuby dianggap sebagai bukti kebudayaan Islam Jawa yang dipengaruhi budaya Cina.

Baca juga: • Sejarah Masjid Agung Demak: Pendiri, Ciri Arsitektur, & Keunikan • Sejarah Masjid Mantingan Jepara: Arsitektur Khas Ratu Kalinyamat • Sejarah Masjid Agung Banten yang Dirancang Arsitek Cina & Belanda Sumanto Al Qurtuby juga menemukan bukti lain bahwa ada beberapa Wali Songo atau tokoh lainnya semasa yang merupakan keturunan etnis Cina.

Bong Ping Nang, sebagai contoh, pada akhirnya dikenal dengan nama Sunan Bonang. Ada pula Jin Bun yang merupakan nama Cina Raden Fatah, pendiri Kesultanan Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa. Ibunda Raden Patah, Siu Ban Ci, yang menurut Babad Tanah Jawi diperistri oleh raja terakahir Majapahit, Brawijaya V, juga berasal dari Cina.

Masih ada lagi, Tan Go Wat atau yang kemudian dikenal dengan nama Syekh Bentong alias Kiai Bah Tong, adalah ulama yang datang ke Nusantara bersama ekspedisi Laksamana Cheng-Ho yang meninggalkan Cina pada 1416 M. Tan Go Wat adalah ayahanda Siu Ban Ci alias kakek Raden Patah.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

Baca juga: • Sejarah Proses Masuknya Islam ke Indonesia Berdasar Teori Gujarat • Teori Sejarah Masuknya Islam dari Mekah dan Tokoh Pendukungnya • Penjelasan 4 Teori Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Teori Masuknya Islam ke Indonesia Merujuk pada buku Islam Nusantara terbitan Kemendikbud, setidaknya ada 4 teori terkait masuknya Islam ke Nusantara, yakni Teori India, Teori Arab, Teori Persia, dan Teori Cina.

Dari keempat teori tersebut, Sumanto Al Qurtuby dalam Arus Cina-Islam-Jawa: Bongkar Sejarah Atas Peranan Tionghoa Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara Abad XV dan XVI, beranggapan bahwa Teori Arab dan Persia bisa jadi mengandung bias otentisitas.

Singkat kata, apabila bukan berasal dari Arab atau Timur Tengah, maka kesahihannya kerap dipertanyakan. Bias semacam itu membuat banyak orang lupa terhadap fakta bahwa Cina muslim juga memiliki peran besar dalam berkembangnya Islam di Indonesia masa lampau alias Nusantara. Terlepas dari rangkaian penelitian dan perdebatan mengenai teori-teori masuknya agama Islam ke Nusantara, kajian yang dibentangkan Sumanto Al Qurtuby dan Slamet Muljana untuk memperkuat Teori Cina adalah salah satu hal penting yang menambah khazanah keilmuan sejarah Islam di Indonesia.

Asal-usul orang Jepun telah menjadi tanda tanya bagi tempoh yang agak lama. Terdapat teori bukti yang mengatakan bahawa populasi Jepun berasal dari China, manakala sesetengah pakar berpendapat ia berasal dari Korea.

Di penghujung Era Pleistocene, kepulauan Jepun dihubungkan ke benua Asia di bahagian utara dan selatan oleh daratan. Penduduk prasejarah Jepun dibentuk dari pelbagai kelompok etnik hong adalah seorang keturunan bangsa cina bermigrasi dari berbagai tempat seperti utara, timur dan selatan China, Semenanjung Korea, Kepulauan Ryukyu, Siberia, Indochina dan bahkan wilayah Indonesia.

Oleh sebab itu, asal-usul orang Jepun yang tepat masih menjadi teka-teki yang membuatkan para penyelidik untuk menghasilkan teori-teori yang menakjubkan. Kewujudan orang Jomon Selepas glasier cair secara beransur-ansur, pulau-pulau di Jepun menjadi terpencil dan budaya yang berbeza-beza perlahan-lahan digabungkan ke dalam apa yang saintis umumnya gelarkan sebagai orang Jomon.

Perlu diingatkan bahawa kewujudan budaya Jomon telah ditemui untuk tempoh yang agak lama yang mana ahli arkeologi telah membahagikan tempoh Jomon kepada sekurang-kurangnya empat bahagian iaitu permulaan, awal, tengah dan lewat. Ciri-ciri utama budaya Jomon telah dikenal pasti melalui kajian perbandingan kapal-kapal yang ditemui, patung-patung tembikar, permata tulang dan batu, peralatan, rangka, tempat tinggal primitif, dan kesan penggunaan makanan yang pelbagai.

Zaman purba awal negara matahari terbit ini diletakkan di sempadan antara arkeologi dan sejarah.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

Tiada rekod bertulis Jepun moden yang menggambarkan era ini dan satu-satunya rekod bertulis moden hanya terdapat dalam historiografi Cina. Penghijrahan orang Yayoi dari Korea dan China ke Jepun (Lakaran wajah orang Yayoi) Dari sudut pandangan saintifik, tempoh ini dibahagikan kepada dua bahagian: Yayoi dan Kofun.

Mengikut teori klasik, orang Yayoi berhijrah dari Korea dan China ke Jepun bermula dari 300 SM. Walau bagaimanapun, kajian yang lebih baru menunjukkan bahawa penghijrahan pertama berlaku pada tahun 900 SM. Sesetengah orang Jomon ditawan dan diasimilasikan oleh Yayoi, sementara yang lain hanya menyesuaikan diri dengan teknologi baru dan cara hidup. Tambahan pula, orang Ainu iaitu populasi Jomon yang berasal dari Siberia, enggan menyesuaikan diri dan mengekalkan tradisi mereka di utara Jepun.

Para pakar tidak boleh bersetuju dalam topik asal-usul genetik dan budaya Jepun kerana mereka tidak mempunyai bukti jelas tentang sumbangan sebenar setiap penduduk. Apa yang pasti ialah tempoh Yayoi terkenal dengan penampilan pertanian dan gangsa serta alat besi dan senjata, dengan kampung-kampung besar dan masyarakat yang akhirnya membuat bandar-bandar, pusat perdagangan dan persekutuan puak.

Mengambil kira semua elemen yang dijelaskan di atas, terdapat banyak teori mengenai asal-usul genetik Jepun. Apa yang dapat kita katakan dengan pasti adalah hong adalah seorang keturunan bangsa cina Cina kuno memainkan peranan penting dari sudut pandangan genetik tetapi tanpa hubungan antara punca dan kesan, orang Jepun berasal dari banyak tempat lain, dalam pelbagai peringkat sejarah mereka. Pengaruh kebudayaan empayar Cina dan kerajaan Korea jauh lebih penting, terutamanya hong adalah seorang keturunan bangsa cina dinasti Tang (tahun 618 - 907).

Orang Jomon berasal dari pelbagai wilayah Segala maklumat yang kita ada sehingga kini menunjukkan bahawa populasi Jomon berasal dari pelbagai wilayah, dengan kadar dan kuantiti yang berlainan, mempunyai DNA berbeza dan budaya tembikar yang berbeza. Terdapat tiga teori utama mengenai asal-usul orang Jepun iaitu, model Penggantian, model Transformasi, dan model struktur Dual.

Model Penggantian menyatakan bahawa Yayoi berhijrah dari China melalui Korea, menakluki dan mengasimilasikan orang Jomon. Kesimpulannya adalah bahawa orang Jomon tidak mempunyai kaitan dengan Jepun. Yang kedua iaitu model Transformasi merumuskan sebaliknya, bahawa orang Yayoi yang berhijrah adalah lebih sedikit daripada orang Jomon, maka kedua-kedua populasi itu bergabung.

Model struktur Dual pula menunjukkan asal-usul Jepun sebagai campuran Yayoi dan Jomon, manakala orang Ainu dan orang dari Ryukyu mempunyai kaitan kerana dari keturunan Jomon yang sama. Perbezaan antara Jomon dan Yayoi Mana-mana perbezaan antara Jomon dan Yayoi adalah agak bermasalah.

Pertamanya, budaya Jomon dan Yayoi tidak mempunyai persamaan. Kedua-dua budaya ini berasal dari banyak tempat yang berlainan dan berkembang pada kadar yang berbeza.

Apa yang lebih membingungkan adalah di beberapa wilayah di Jepun, Yayoi menjadi majoriti manakala di tempat lain, mereka adalah minoriti. Oleh sebab itu, adalah mustahil untuk memastikan berapa banyak orang Yayoi yang merupakan asing dan berapa ramai adalah bekas orang Jomon yang mengamalkan gaya hidup baru.

Teori pahlawan dukun China, Xu Fu Teori spekulatif tambahan dikaitkan dengan pahlawan dukun Cina yang hebat iaitu Xu Fu. Beliau berkhidmat untuk dinasti kuno Qi dan dihantar untuk meneroka tanah lain. Dalam buku 'Records the Great Historian', dikatakan bahawa Xu Fu meneruskan pencarian untuk mencari penawar kehidupan abadi.

Selepas banyak ekspedisi, beliau membuat permintaan kepada maharaja untuk membawa masuk lebih banyak pemanah. Beliau meneruskan pelayaran lain tetapi tidak pernah kembali. Sesetengah ahli sejarah Jepun percaya bahawa Xu Fu menemui Jomon Jepun dan menakluki Kyushu utara.

Kemudian, Xu Fu menjadi Tuhan pertanian, perubatan dan sutera dalam tradisi Shinto.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

Sebahagian daripada kisah legenda Xu Fu ini mungkin benar. Sejarah Cina menyebut bahawa Xu Fu berlayar dengan kekuatan 5,000 pahlawan, lebih daripada cukup untuk bertapak di pantai utara Kyushu. Mungkin beliau mati dalam pertempuran atau beliau hanya menetap di Jepun dan memutuskan untuk tidak kembali ke China. Permintaan untuk lebih banyak pemanah mungkin bermakna bahawa beliau memerlukan bantuan untuk mendapatkan dan mengukuhkan kedudukannya di Kyushu. Tarikh perjalanannya adalah antara 219 SM dan 210 SM, sepadan dengan kebangkitan ketua-ketua Yayoi awal.

Akan tetapi, senjata besi dan gangsa yang hampir dengan garis masa ini tidak dijumpai di kawasan itu. Orang Yayoi berasal dari Korea dan China (Model orang Yayoi) Semua saintis bersetuju bahawa orang Yayoi berasal dari Korea dan China. Di sebalik fakta ini, banyak masalah telah muncul.

Pertama, tidak ada cara tertentu untuk mengesan bilangan pendatang atau tempoh yang tepat apabila gelombang penghijrahan berlaku. Kedua, terdapat dua teori utama mengenai asal-usul Yayoi. Peramanya, mereka berpendapat bahawa kebanyakan orang Yayoi berasal dari Korea, manakala yang lain pula mengatakan bahawa penghijrahan jauh lebih awal dari China telah berlaku. Kedua-dua penyokong teori ini memberikan hujah seperti hubungan logik sebab, bukti arkeologi dan hasil DNA.

Teori asal-usul orang Yayoi : Korea vs China Tradisionalis menyokong tafsiran warisan Korea dengan hujah bahawa bentuk pertama budaya Yayoi muncul di utara Kyushu, tempat paling dekat dengan Korea. Malah di era berikutnya iaitu Kofun, terdapat banyak hong adalah seorang keturunan bangsa cina pahlawan dari keturunan Korea.

Alat besi dan objek seperti cermin atau pakaian sangat mirip dengan orang-orang dari Korea. Menggunakan ujian DNA, ahli arkeologi menyimpulkan bahawa masyarakat Yayoi yang besar juga wujud di bahagian selatan semenanjung Korea.

Sejarawan Jepun mendakwa ini bermakna Yayoi menawan bahagian Korea dan menuntut penghormatan dari suku Korea. Mereka yang menyokong teori keturunan Cina pula percaya bahawa Yayoi muncul lebih awal, beratus-ratus tahun hong adalah seorang keturunan bangsa cina migrasi dari Korea. Dari sudut pandangan ini, pertanian dibawa dari China dengan penghijrahan besar di antara tahun 1000 SM dan 900 SM. Kumpulan ini kebanyakannya dibentuk oleh elit bangsawan dan pahlawan serta beberapa petani.

Mereka adalah orang-orang yang mengasaskan kerajaan pertama di Jepun. Jika teori keturunan Cina ini adalah tepat, migrasi Korea datang kemudian dan kebanyakan kumpulan itu terdiri daripada orang biasa seperti petani, peniaga dan tukang. Mereka membawa teknologi baru dan teknik pembuatan, tetapi pertanian dan kerajaan sudah ada di Jepun.

Kerana pendatang Korea mempunyai banyak kemahiran dan pengetahuan yang berguna, mereka diterima dengan baik. Nilai mereka begitu tinggi sehingga mereka memperoleh fungsi politik penting. Kerangka orang Yayoi mengesahkan kaitan dengan empayar China Satoshi Yamaguchi membandingkan kerangka Yayoi dengan orang-orang dari empayar Cina iaitu dinasti Han dan menyimpulkan bahawa mayat dan warisan genetik mereka mempunyai kaitan.

Tambahan pula, dia menemui kerangka remaja lelaki Cina yang mana gigi mereka ditarik keluar, satu tradisi hanya milik orang Jomon. Semua jenazah Cina ini ditemui di wilayah Jiangsu, sebuah lokasi yang sangat dekat dengan Laut China Timur. Mungkin kebetulan atau tidak, simbol-simbol yang membenarkan penguasaan politik dalam tempoh Yayoi adalah pedang, cermin dan meterai kerajaan yang mana objek yang sama digunakan oleh dinasti Qin China.

Persamaan boleh dijelaskan dalam dua cara. Dinasti Qin dari China jauh lebih berkembang daripada kerajaan Yayoi, jadi kerajaan Yayoi meniru dinasti Qin untuk mendapatkan pengiktirafan.

Ia juga dicadangkan bahawa wakil diraja mereka adalah sama kerana elit Yayoi sebenarnya berasal dari Sungai Yangtze, mengesahkan teori keturunan China.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

Sejarah Cina mencatatkan kewujudan kerajaan Yayoi beberapa kali. Orang biasa digambarkan dengan penghinaan dan dari keunggulan peradaban tamadun Cina. Sebaliknya, elit politik kerajaan Yayoi diperlakukan dengan istilah yang sangat baik, menamakan mereka sekutu rapat walaupun mereka memberi penghormatan.

Dalam buku 'Rekod Tiga Kerajaan', para pemimpin Yayoi mempersembahkan diri mereka kepada utusan Cina sebagai keturunan raja Taibo, pengasas legenda kerajaan Wu, yang terletak di pantai timur China. Kesimpulan Jadi, adakah benar Jepun merupakan keturunan Cina?

Jawapannya adalah sebahagian besarnya adalah benar. Namun, tiada jawapan tepat untuk ini kerana sudah tentu sesebuah bangsa itu boleh bercampur dengan bangsa lain dan ini mungkin tidak mempunyai rekod.

Tiada siapa yang mampu membuktikan kebenaran ini sepenuhnya kerana ia tersangat rumit dan berkait. Rujukan: 1. QZ 2. Heritage of Japan 3. Ancient
Hong adalah seorang keturunan bangsa Cina (ius sanguinis) yang lahir di negara Jerman (ius soli).

Oleh karena ia keturunan bangsa Cina maka dianggap sebagai warga negara Cina, tetapi negara Jerman juga menganggap Hong sebagai warga negaranya. Dalam kasus ini muncul permasalahan kewarganegaraan yang biasa disebut.​ Hong adalah seorang keturunan bangsa Cina (ius sanguinis) yang lahir di negara Jerman (ius soli). Oleh karena ia keturunan bangsa Cina maka dianggap sebagai warga negara Cina, tetapi negara Jerman juga menganggap Hong sebagai warga negaranya.

Dalam kasus ini muncul permasalahan kewarganegaraan yang biasa disebut Kewarganegaraan Ganda. Penjelasan: Permasalahan kewarganegaraan ganda kerap kali terjadi karena adanya sistem negara yang menganut asas Ius Soli dan Ius Sanguinis, oleh sebab itu maka setiap negara juga mempunyai pengaturan yang jelas terkait kewarganegaraan rakyatnya. Di negara indonesia kewarganegaraan telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan.

Didalam undang-undang tersebut menganut asas yaitu: • Asas ius sanguinis ( law of the blood) ialah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan, bukan berdasarkan negara tempat kelahiran. • Asas ius soli ( law of the soil) secara terbatas ialah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang hong adalah seorang keturunan bangsa cina negara tempat kelahiran, yang diberlakukan terbatas bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang ini.

• Asas kewarganegaraan tunggal ialah asas yang menentukan satu kewarganegaraan bagi setiap orang. • Asas kewarganegaraan ganda terbatas ialah asas yang menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak-anak Undang-Undang Nomor 12 tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan pada dasarnya tidak mengenal kewarganegaraan ganda (bipatride) ataupun tanpa kewarganegaraan (apatride), ada batasan-batasan tertentu dalam undang-undang kewarganegaraan mentolerir status kewarganegaraan ganda bagi anak-anak (baik itu penyebab karena faktor kelahiran ataupun keturunan).

Dengan adanya Undang-Undang Nomor 12 tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan diharapkan mampu menjawab permasalahan-permasalahan kewarganegaraan yang timbul karena perkembangan jaman seperti adanya kewarganegaraan ganda. Pelajari Lebih Lanjut: • Materi penyebab anak tidak mempunyai kewarganegaraan brainly.co.id/tugas/13363236 • Undang-undang yang mengatur tentang kewarganegaraan brainly.co.id/tugas/6267280 • Materi tentang penyebab hilangnya kewarganegaraan brainly.co.id/tugas/8795950 Detail Jawaban: Kelas: SMA Mapel: PPKn Bab: 1 Kode: 12.1.1 #JadiRangkingSatu Beberapa nelayan yang menggunakan perahu berhasil ditangkap oleh gabungan aparat keamanan (TNI dan Polri) di tengah laut.

Mereka sengaja akan menyelun … dupkan hong adalah seorang keturunan bangsa cina bakar minyak ke negara tetangga. Contoh kasus tersebut merupakan bentuk. A. Gangguan keamanan laut B. Kejahatan lintas negara C. Ancaman hong adalah seorang keturunan bangsa cina D. Gerakan separatis 26. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini. 1) Pemerintah daerah merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. 2) Pemerintah daerah hanya … bagian dari pelaksana penyelenggara pemerintahan pusat.

3) Pemerintah daerah leluasa dalam melaksanakan kekuasaan yang dilimpahkannya. 4) Pembangunan lebih merata ke pelosok daerah. 5) Pendapatan daerah disetor ke pusat hingga 80%. Jawaban yang tepat dari hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah pada masa Orde baru adalah​ Ketika keluarga sering ribut atau sering terjadi KDRT, maka anak akan merasa bahwa kekerasan adalah bagian dari dirinya.

Maka wajar jika anak-anak yan … g sudah biasa hidup di lingkungan yang penuh dengan kekerasan akan juga melakukan kekerasan seperti contohnya tawuran. Ia akan merasa bahwa kekerasan adalah hal yang wajar dilakukan oleh seseorang. Maka dalam teori belajar dan moral, anak tersebut adalah hasil belajar dari…. a. trial and error learning, b. Imitation dan modeling. c. identification d. Jawaban a, b dan c salah Suruh analisis, PT Intan Pariwara didirikan pada tahun 1984 dan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan buku-buku pelajaran … mulai tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Negeri, dan buku-buku umum, seperti buku-buku cerita, buku olahraga, buku kesenian, dan lain sebagainya.Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT Intan Pariwara tidak lepas dari visi dan misinya.

Visi PT Intan Pariwara adalah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyediakan sarana pendidikan yang bermutu. Misi PT Intan Pariwara adalah menciptakan sarana ilmu pengetahuan dengan harga terjangkau.

PT Intan Pariwara juga memiliki kredo atau slogan ”Mari Bersama Intan Pariwara Mencerdaskan Bangsa”. Di dalam menjalankan bisnisnya, PT Intan Pariwara dipimpin oleh seorang Direktur.

Direktur membawahi Manajer. Di dalam struktur organisasi terdapat tiga macam unsur bisnis yaitu bisnis support, bisnis akselerasi dan bisnis operasional. Yang terlibat pada bisnis operasional antara lain nasional sales manajer, regional manajer, sales manajer, pimpinan perwakilan, staf finance, koordinator pos, staf gudang dan kepala seksi jenjang TK hingga SMA.

Yang terlibat pada bisnis akselerasi antara lain bagian finance, pembukuan, pajak dan IT. Sedangkan yang terlibat pada bisnis support antara lain bagian HRD, General Affair dan PR. Analisislah lingkungan umum dan lingkungan khusus dari organisasi atau perusahaan tersebut di atas!
Pernahkah berpikir bahwa orang Cina, Jepang dan Korea itu memiliki banyak persamaan dan berbagi budaya? Pakaian tradisional wanita. Jika di Jepang dikenal dengan Kimono, maka pakaian yang serupa di Korea disebut Hanbok dan di Cina bernama Hanfu.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

Meski ada berbedaan detail, tetapi model kerah, lengan, dan ketiadaan kancing pada ketiganya tetaplah sama. Restoran Cina, Jepang, dan Korea juga dipersatukan oleh sumpit. Sama seperti Kimono, sumpit yang dipakai ketiga bangsa ini memiliki beberapa perbedaan spesifik. Misalnya, sumpit Cina lebih panjang dan ujungnya tumpul, sementara sumpit Jepang sebaliknya. Sumpit Korea mirip dengan Jepang, tapi memakai bahan stainless steel. Secara fisik orang-orang Cina, Jepang, dan Korea ini memiliki banyak kesamaan karakteristik.

Misalnya sama-sama berkulit kuning, hidung pesek, mata dan rambut hitam, yang membuat mereka nyaris sulit dibedakan. Bagi orang-orang Asia termasuk Indonesia, mungkin mudah untuk membedakan ketiga bangsa Asia Timur tersebut. Terlebih kebudayaan dan bahasa Cina, Jepang dan Korea sudah masuk ke Indonesia lewat berbagai medium. Lantas bagaimana orang-orang dari tiga bangsa negara itu memandang satu sama lain? Sebagian kalangan orang Korea dan Jepang percaya leluhur masyarakat Jepang berasal dari Korea.

Euny Hong, penulis buku The Birth of Korean Hong adalah seorang keturunan bangsa cina How One Nation Is Conquering the World Through Pop Culture (2014) menceritakan pengalamannya masa remajanya di Quartz. Saat duduk di bangku SMP pada akhir 1980-an, Hong diajarkan bahwa orang Korea adalah leluhur genetik dan kultural orang-orang Jepang. Selain itu, muncul cerita bahwa keluarga kerajaan Jepang adalah keturunan Raja Muryeong, yang memerintah Korea pada abad ke-5.

Sebagian orang Jepang pun turut mengamini teori asal-usul leluhur Korea ini. Bahkan masalah keturunan Korea ini pernah dibicarakan oleh seorang kaisar Jepang.

Pada 2001, menjelang gelaran Piala Dunia 2002 di mana Korea dan Jepang menjadi tuan rumah bersama, Kaisar Jepang Akihito dengan santai menyatakan punya darah Korea. “Saya sendiri merasakan hubungan kekerabatan tertentu dengan Korea. Faktanya, Nihon Shoki (buku sejarah Jepang) mencatat ibu dari Kaisar Kammu adalah garis Raja Muryeong,” ucap Akihito sebagaimana dilansir The Guardian.

Baca juga: Bagaimana Para Leluhur Kita Menguasai Dunia Kaisar Kammu memerintah Jepang dari 781 hingga 806 M, sedangkan Muryeong memerintah Kerajaan Paekche di Korea dari 501 hingga 523 M. Meskipun Akihito mengutip catatan sejarah, baru pertama kalinya seorang kaisar secara terbuka memuji darah Korea di garis kekaisarannya. Akihito juga menyatakan bahwa Konfusianisme, Buddhisme, hingga musik istana datang ke Jepang dari semenanjung Korea.

Namun, glorifikasi orang Korea sebagai leluhur orang Jepang juga dilebih-lebihkan. Pada 2012, sejumlah media online Korea memuat berita yang isinya menyimpulkan hasil analisis DNA mengkonfirmasi bahwa orang Jepang adalah keturunan Korea. Berita itu pertama kali dipublikasikan oleh media online Yonhapyang mengutip sebuah studi akademik Jepang tahun 2011. Usut punya usut, dalam makalah penelitian itu hanya disebut bahwa orang Korea memiliki kelompok SNP (Single Nucleotide Polymorphism) yang sama dengan orang Jepang yang tinggal di pulau tengah.

Darah Cina dalam Diri Orang Jepang dan Korea Tampaknya baik orang Korea maupun Jepang harus menerima jika dalam tubuh mereka mengalir darah orang Asia Timur lainnya yang lebih tua, yaitu etnis Cina Han. Penelitian Yuchen Wang dkk berjudul “Genetic structure, divergence and admixture of Han Chinese, Japanese and Korean populations” (2018) menunjukkan bahwa orang Cina Han, Korea dan Jepang pernah berbagi leluhur yang sama di daratan Cina sekitar 3.000 sampai 3.600 tahun yang lalu pada masa dinasti Shang.

Han sendiri adalah kelompok etnis mayoritas di Cina yang esksis seiring dengan berdirinya dinasti Han pada 206 SM sampai 220 M. Data genom mengindikasikan etnis Cina Han, Jepang, dan Korea secara genetik sangat mirip dan berasal dari lungkang genom yang sama.

Perbedaan genetik dari ketiganya kurang dari satu persen dari total keragaman genetik, serta jauh lebih kecil dari salah satu kelompok dan populasi Eropa yang turut diteliti. Perbedaan paling sedikit ditemukan antara etnis Cina Han dan Korea.

Sejak populasi ketiganya saling terpisah, etnis Cina Han, Jepang, dan Korea saat ini telah membentuk lungkang gen mereka sendiri dan menghasilkan susunan genetik yang berbeda. Perbedaan genetik di antara tiga kelompok Asia Timur itu awalnya lahir dari perbedaan populasi yang mengalami migrasi masa pra-sejarah dan setelahnya.

Lokasi geografis yang berbeda antara daratan Cina, semenanjung Korea, dan kepulauan Jepang telah memfasilitasi proses isolasi dan diferensiasi. Penelitian tersebut memakai studi genom dengan mengevaluasi struktur gen 182 orang Cina Han, 90 Jepang, dan 100 Korea, bersama data 630 individu yang mewakili delapan populasi di seluruh dunia.

Sebanyak 100 orang Korea di Korea Selatan dikumpulkan sampel darah tepinya. Tiap individu yang diambil sampel dipastikan dari keluarga yang berbeda namun dari etnis yang sama dalam tiga generasi terakhir. Sedangkan sampel 90 individu Jepang, 182 Cina Han, dan perwakilan delapan populasi dunia diambil dari proyek HapMap. Baca juga: Mencari Jejak Moyang Somalia dan Yaman di Kalimantan Perbedaan genetik yang cukup menonjol di ketiga etnis Asia Timur itu kini teridentifikasi di gen CD46 yang hong adalah seorang keturunan bangsa cina pada kromosom 1q32.

Diperkirakan bahwa gen ini terkait tingkat adaptasi terhadap patogen di wilayah geografis masing-masing. Selain itu, protein yang dikodekan oleh gen ini mungkin terlibat dalam fusi spermatozoa dengan oosit selama pembuahan sehingga mungkin terkait dengan sifat-sifat reproduksi. Wang dkk memberi catatan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyempurnakan temuan perbedaan genetik di tiga kelompok etnis Asia Timur tersebut. Selain migrasi dan isolasi wilayah geografis, perbedaan genetik di antara ketiga kelompok etnis Asia Timur juga dipengaruhi oleh aliran hong adalah seorang keturunan bangsa cina yang tidak hanya berasal dari Cina Han.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa dibandingkan dengan Cina Han, penduduk asli Ryukyuan berkontribusi lebih besar ke etnis Jepang yang ada sekarang. Begitu juga yang terjadi di Korea di mana aliran gen Cina Han terpusat di beberapa daerah.

Ringkasnya, struktur genetik orang Cina Han, Jepang, dan Korea masa kini sama-sama dibentuk oleh perbedaan populasi, isolasi geografis, aliran gen dan kemungkinan seleksi alam. Jika ditilik dari letak geografis, wilayah Cina, Jepang, dan Korea cukup dekat. Semenanjung Korea bahkan ada di daratan yang sama dengan Cina di bagian Korea Utara.

Sedangkan Jepang adalah negara kepulauan yang terletak di timur Cina dan Semenanjung Korea. Hubungan Cina daratan dengan wilayah kepulauan Jepang dan semenanjung Korea diyakini sudah terjalin sejak periode Neolitikum (6.000-1.000 SM). Dikutip dari Ancient History Encylopedia, kerajaan-kerajaan di tiga wilayah tersebut telah menjalin perdagangan dan bertukar praktik-praktik budaya.

Korea sendiri dipercaya sebagai jembatan budaya antara Cina dan Jepang. Baca juga artikel terkait JEPANG atau hong adalah seorang keturunan bangsa cina menarik lainnya Tony Hong adalah seorang keturunan bangsa cina mempelajari materi pertemuan pertama hingga ketigamaka kalian dipersilahkan untuk mengerjakan Penilaian Akhir Harian PKN Kelas X BAB II PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING BENAR! 1. Isi dari Pasal 25A UUD NRI tahun 1945 tentang wilayah NKRI yang paling tepat adalah .

A. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dimana batas-batas wilayah lautan merupakan batas ambang dan bayang Indonesia berdasarkan Landas Kontinen, Landas Laut Teritorial, dan ZEE B. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang undang.

C. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara yang berarti pulau diatas wilayah perairan dengan landas kontinen Asia dan Australia D. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dimana batas wilayahnya ditetapkan berdasarkan luas wilayah nusantara ketika zaman Majapahit dan Sriwijaya E. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan keanekaragaman budaya dan etnis 2.

Berdasarkan pasal 28E ayat 1 UUD NRI tahun 1945 yang menyatakan “Setiap orang bebas … memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.” bermakna ….

A. Jika ada warga Negara yang ingin bepergian ke luar negeri dapat melakukannya kapan saja dan dapat tinggal dimana saja B. Warga Negara yang tinggal di wilayah Indonesia dapat bolak-balik ke wilayah Negara lain yang penting memiliki domisili di Indonesia C.

Setiap orang dapat tinggal di wilayah Indonesia maupun meninggalkan dan dalam waktu tertentu dapat kembali selama melaporkan keberadaannya di luar negeri D. Orang yang tinggal di Indonesia dapat memilih dan meninggalkan wilayah tanpa surat izin tugas resmi dari Negara dan ssewaktu dapat kembali lagi E.

Apabila ada orang ingin tinggal di Indonesia maka dapat diberi kemudahan untuk meninggalkan maupun kembali 3. Berikut adalah batas wilayah Indonesia di bagian selatan terdiri dari…. A. Darat: Malaysia, Batas laut dengan negara: Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina B.

Samudera Hindia dan perairan negara India C. Daratan Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik D. Wilayah darat Timor Leste, perairan Australia dan Samudera Hindia E. Samudera hindia dan benua Australia 4. Prinsip laut bukan sebagai pemisah, tetapi pemersatu bangsa Indonesia terdapat dalam peraturan negara, yakni…. A. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 4/PRP/1960 B. Hukum Laut PBB 1982 tentang UNCLOS C.

Deklarasi Djuanda pada tangal 13 Desember 1957 D. UUD NRI tahun 1945 pasal 25 A E. Undang-undang RI no. 32 tahun 2014 tentang kelautan 5. Yang menjadi warga negara ialah orang-orang Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Pengertian tersebut tercantum dalam UUD 1945.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

A. Pasal 27 Ayat 1 B. Pasal 27 Ayat 2 C. Pasal 26 Ayat 1 D. Pasal 26 Ayat 2 E. Pasal 26 Ayat 3 6. Orang yang tinggal berdiam dalam suatu negara adalah. A. pendukung negara B. penduduk negara C. warga negara D. rakyat negara E. kaula negara 7. Faktor yang membedakan penduduk Indonesia dan bukan penduduk Indonesia adalah.

A. faktor usia B. faktor studi C. faktor tinggi badan D. faktor jangka waktu E. faktor tempat kerja keturunan 8. Warga negara adalah orang-orang yang memiliki kedudukan resmi sebagai anggota penuh suatu negara. Oleh karena itu seorang warga negara. A. tidak memiliki semua hak dan kewajiban sebagai anggota negara. B. tidak dituntut untuk memberikan kesetiaan kepada negaranya. C. tidak menerima perlindungan dari negara. D. tidak dapat menikmati hak ikut serta dalam proses politik.

E. tidak terputus dengan negaranya meskipun yang bersangkutan berdomisili di luar negeri 9. Berikut ini yang tidak termasuk peraturan perundangan kewarganegaraan Indonesia adalah. . A. UU No. 12 Tahun 2006 B. UU No. 4 Tahun 1979 C. UU No. 62 Tahun 1958 D. KMB 27 Desember 1949 E. UU No. 3 Tahun 1946 10.

Salah satu syarat warga negara asing untuk menjadi warga negara Indonesia adalah berumur. A. 14 tahun B. 15 tahun C. 16 tahun D. 17 tahun E. 18 tahun 11. Berikut ini yang tidak termasuk cara untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia menurut UU No. 12 Tahun 2006 adalah. A. kelahiran B. pembelian C.

pemberian D. perkawinan E. permohonan 12. Warga negara asing yang ingin menjadi WNI mengajukan permohonan kepada. A. Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia B. Menteri Kependudukan C. Dirjen Imigrasi D. Kepolisian E. Presiden 13. Perhatikan pernyataan dibawah ini! 1) Memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri. 2) Tidak menolak atau tidak melepaskan kewarganegaraan lain.

3) Secara sukarela masuk dalam dinas negara asing. 4) Tidak mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing. Yang termasuk ke dalam penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia menurut Pasal 23 UU No.

12 Tahun 2006 adalah. A. 1, 2, dan 4 B. 1, 2, dan 3 C. 2, 3, dan 4 D. 1 dan 2 saja E. semuanya benar 14. Penentuan kewarganegaraan berdasarkan ke-turunan atau hubungan darah disebut. A. asas kesatuan hukum B. asas ius sanguinis C. asas keturunan D. asas kelahiran E. asas ius soli 15. Hong adalah seorang keturunan bangsa Cina (ius sanguinis) yang lahir di negara Jerman (ius soli). Oleh karena ia keturunan bangsa Cina maka dianggap sebagai warga negara Cina, tetapi negara Jerman juga menganggap Hong sebagai warga negaranya.

Dalam kasus ini muncul permasalahan kewarganegaraan yang biasa disebut. A. apatride B. bipatride C. multipatride D. naturalisasi E. kesatuan hukum 16. Suatu proses hukum yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh kewarganegaraan dari suatu negara disebut. A. kewarganegaraan B. pewarganegaraan C. permohonan D. pemberian E. pengajuan 17. Hak untuk memilih salah satu kewarganegaraan disebut. A. hak untuk memilih B. hak stelsel pasif C. hak stelsel aktif D.

hak repudiasi E. hak opsi hong adalah seorang keturunan bangsa cina. Penyebab munculnya masalah kewarganegaraan adalah. A. adanya perbedaan persyaratan cara mem-peroleh kewarganegaraan. B. adanya perbedaan persyaratan cara ke-hilangan kewarganegaraan. C. adanya perbedaan penggunaan asas ke-warganegaraan. D. adanya perbedaan kewarganegaraan.

E. adanya perbedaan warga negara. 19. Kondisi dimana setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan politik negara adalah pengertian dari. A. persamaan pemerintahan B. prinsip persamaan C.

persamaan politik D. politik persamaan E. prinsip politik 20. Secara eksplisit prinsip persamaan kedudukan warga negara tercantum dalam UUD NRI 1945.

A. Pasal 26 Ayat 2 B. Pasal 26 Ayat 3 C. Pasal 27 Ayat 1 D. Pasal 27 Ayat 2 E. Pasal 28 Ayat 3 21. Salah satu jaminan adanya prinsip persamaan dalam bidang ekonomi yaitu dalam UUD NRI 1945.

A. Pasal 27 Ayat 1 B. Pasal 27 Ayat 2 C. Pasal 27 Ayat 3 D. Pasal 28 B Ayat 1 E. Pasal 28 C Ayat 2 22. Pasal 30 Ayat 1 UUD NRI 1945 merupakan salah satu jaminan konstitusi dalam bidang. A. hukum B. ekonomi C. pertahanan D. keagamaan E. sosial budaya 23. Apa yang Anda lakukan jika di lingkungan sekitar Anda tinggal terdapat rumah ibadah agama lain. A. memberikan toleransi terhadap pemeluk agama tersebut untuk beribadah B.

tidak memberikan toleransi terhadap pemeluk agama tersebut untuk beribadah C. memberikan ijin dengan syarat aktivitas keagamaan tersebut tidak mengganggu masyarakat D. membatasi aktivitas keagamaan di rumah ibadah tersebut E. menutup rumah ibadah agama tersebut 24.

Dalam sistem pertahanan keamana rakyat semesta, rakyat berfungsi sebagai . A. Kekuatan utama sistem keamanan B. Kekuatan utama sistem pertahanan C. Kekuatan mayoritas sistem pertahanan D. Kekuatan pendukung pertahanan keamanan E. Kekuatan utama sistem pertahanan dan keamanan 25. Bangsa yang besar tidak akan membiarkan negaranya terpuruk, oleh sebab itu setiap warga Negara harus berupaya mempersatukan bangsa ini dengan semboyan ….

A. NKRI harga mati B. Wawasan Nusantara C. Bhinneka Tunggal Ika D. Tan Hanna Dharma Mangrwa E. Tut Wuri Handayani 26. Contoh keikutsertaan kalian hong adalah seorang keturunan bangsa cina sekolah dalam pelatihan dasar kemiliteran dapat dilakukan melalui kegiatan .

A. Menjadi prajurit TNI/Polri B. Mengikuti pertandingan olah raga di tingkat internasional C. Mengikuti kegiatan kepramukaan dengan penuh kesadaran D. Mengikuti olimpiade fisika, matematika dan kimia di luar negeri E. Pengabdian warga negara dalam menanggulangi korban bencana alam 27. Sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya terhadap negara Kesatuan republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Pernyataan tersebut merupakan pengertian . A. Sistem pertahanan keamanan rakyat semesta B. Sistem bela negara C. Pertahanan negara D. Sistem keamanan nasional E. Bela Negara 28. Wajib militer bagi warga negara adalah sangat wajar untuk mempertahankan keutuhan wilayah negara, hal ini amanat konstitusi pasal .

A. 30 ayat 1 B. 30 ayat 2 C. 30 ayat 3 D. 30 ayat 4 E. 30 ayat 5 29. Perlindungan Negara terhadap penduduk dalam memeluk agama termaktub dalam pasal …. A. 28E ayat 1 B. 28E ayat 2 C. 28E ayat 3 D. 29 ayat 1 E. 29 ayat 2 30. Makna Pasal 29 ayat 1 UUD NRI tahun 1945 adalah ….

A. Negara Indonesia adalah Negara yang berdasarkan pada Ketuhanan B. Negara Indonesia berdasarkan pada agama tertentu C. Negara Indonesia mengakui adanya satu tuhan D. Negara Indonesia menganut kepercayaan terhadap Tuhan E. Negara Indonesia adalah Negara theokrasi Kirimkan jawaban anda kepada guru melalui Whatsapp !
D. Dwipatride E. Naturalisasi 4. Hong adalah seorang keturunan bangsa Cina (lus sanguinis) yang lahir dinegara Jerman (lus soli).

Oleh karena ia keturunan bangsa Hong adalah seorang keturunan bangsa cina maka dianggap sebagai warga negara Cina, tetapi neĝra Jerman juga menganggap Hong sebagai warga negaranya.

Dalam kasus ini muncul permasalahankewarganegaraan yang biasa disebut. A Kesatuan hukum B. Multipatride C. Naturalisasi D. Bipatride E. Apatride nomorintahan yan terdiri atas lembaga U Jawaban: D. Bipatride Penjelasan: Di soal menjelaskan bahwa Hong adalah keturunan Negara China yang menganut lus sanguinis, namun ia yang lahir di Negara Jerman yang menganut lus soli. Ini hong adalah seorang keturunan bangsa cina Hong berstatus kewarganegaraan Bipatride, yang berarti orang yang memiliki kewarganegaraan ganda (Jerman dan China) Semoga membantu.

Beberapa nelayan yang menggunakan perahu berhasil ditangkap oleh gabungan aparat keamanan (TNI dan Polri) di tengah laut. Mereka sengaja akan menyelun … dupkan bahan bakar minyak ke negara tetangga. Contoh kasus tersebut merupakan bentuk. A. Gangguan keamanan laut B. Kejahatan lintas negara C. Ancaman terorisme D. Gerakan separatis 26. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.

1) Pemerintah daerah merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. 2) Pemerintah daerah hanya … bagian dari pelaksana penyelenggara pemerintahan pusat. 3) Pemerintah daerah leluasa dalam melaksanakan kekuasaan yang dilimpahkannya. 4) Pembangunan lebih merata ke pelosok daerah. 5) Pendapatan daerah disetor ke pusat hingga 80%. Jawaban yang tepat dari hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah pada masa Orde baru adalah​ Ketika keluarga sering ribut atau sering terjadi KDRT, maka anak akan merasa bahwa kekerasan adalah bagian dari dirinya.

Maka wajar jika anak-anak yan … g sudah biasa hidup di lingkungan yang penuh dengan kekerasan akan juga melakukan kekerasan seperti contohnya tawuran. Ia akan merasa bahwa kekerasan adalah hal yang wajar dilakukan oleh seseorang.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

Maka dalam teori belajar dan moral, anak tersebut adalah hasil belajar dari…. a. trial and error learning, b. Imitation dan modeling. c. identification d. Jawaban a, b dan c salah Suruh analisis, PT Intan Pariwara didirikan pada tahun 1984 dan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan buku-buku pelajaran … mulai tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Negeri, dan buku-buku umum, seperti buku-buku cerita, buku olahraga, buku kesenian, dan lain sebagainya.Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT Intan Pariwara tidak lepas dari visi dan misinya.

Visi PT Intan Pariwara adalah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyediakan sarana pendidikan yang bermutu. Misi PT Intan Pariwara adalah menciptakan sarana ilmu pengetahuan dengan harga hong adalah seorang keturunan bangsa cina. PT Intan Pariwara juga memiliki kredo atau slogan ”Mari Bersama Intan Pariwara Mencerdaskan Bangsa”. Di dalam menjalankan bisnisnya, PT Intan Pariwara dipimpin oleh seorang Direktur.

Direktur membawahi Manajer. Di dalam struktur organisasi terdapat tiga macam unsur bisnis yaitu bisnis support, bisnis akselerasi dan bisnis operasional. Yang terlibat pada bisnis operasional antara lain nasional sales manajer, regional manajer, sales manajer, pimpinan perwakilan, staf finance, koordinator pos, staf gudang dan kepala seksi jenjang TK hingga SMA.

Yang terlibat pada bisnis akselerasi antara lain bagian finance, pembukuan, pajak dan IT. Sedangkan yang terlibat pada bisnis support antara lain bagian HRD, General Affair dan PR. Analisislah lingkungan umum dan hong adalah seorang keturunan bangsa cina khusus dari organisasi atau perusahaan tersebut di atas!
Home » Kelas 10Pilihan GandaUlangan PPKn » 30 Soal Ulangan PPKn SMA Kelas X Bab Ketentuan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Pilihan Ganda 30 Soal Ulangan PPKn SMA Kelas X Bab Ketentuan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Pilihan Ganda 1.

Tugas negara juga melindungi wilayah ZEE yang merupakan batas wilayah laut suatu Negara dari garis pantai yang luasnya … A. 200 mil B. 240 mil C. 250 mil D. 260 mil E. 300 mil PEMBAHASAN Jawaban A Zona Ekonomi Eksklusif adalah jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka diukur dari garis dasar. Di dalam zona ekonomi eksklusif ini, Indonesia mendapat kesempatan pertama dalam memanfaatkan sumber daya laut 2.

Isi dari Pasal 25A UUD NRI tahun 1945 tentang wilayah NKRI yang paling tepat adalah . A. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dimana batas-batas wilayah lautan merupakan batas ambang dan bayang Indonesia berdasarkan Landas Kontinen, Landas Laut Teritorial, dan ZEE B.

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang undang. C. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara yang berarti pulau diatas wilayah perairan dengan landas kontinen Asia dan Australia D.

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dimana batas wilayahnya ditetapkan berdasarkan luas wilayah nusantara ketika zaman Majapahit dan Sriwijaya E. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan keanekaragaman budaya dan etnis PEMBAHASAN Jawaban B Pasal 25 A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan oleh undangundang.

3. Berdasarkan pasal 28E ayat 1 UUD NRI tahun 1945 yang menyatakan “Setiap orang bebas … memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.” bermakna … A. Jika ada warga Negara yang ingin bepergian ke luar negeri dapat melakukannya kapan saja dan dapat tinggal dimana saja B. Warga Negara yang tinggal di wilayah Indonesia dapat bolak-balik ke wilayah Negara lain yang penting memiliki domisili di Indonesia C. Setiap orang dapat tinggal di wilayah Indonesia maupun meninggalkan dan dalam waktu tertentu dapat kembali selama melaporkan keberadaannya di luar negeri D.

Orang yang tinggal di Indonesia dapat memilih dan meninggalkan wilayah tanpa surat izin tugas resmi dari Negara dan ssewaktu dapat kembali lagi E. Apabila ada orang ingin tinggal di Indonesia maka dapat diberi kemudahan untuk meninggalkan maupun kembali PEMBAHASAN Jawaban C Berdasarkan pasal 28E ayat 1 UUD NRI tahun 1945 yang menyatakan “Setiap orang bebas … memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.” Bermakna setiap orang dapat tinggal di wilayah Indonesia maupun meninggalkan dan dalam waktu tertentu dapat kembali selama melaporkan keberadaannya di luar negeri.

4. Berikut adalah batas wilayah Indonesia di bagian selatan terdiri dari… A. Darat: Malaysia, Batas laut dengan negara: Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina B. Samudera Hindia dan perairan negara India C. daratan Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik D. wilayah darat Timor Leste, perairan Australia dan Samudera Hindia E. samudera hong adalah seorang keturunan bangsa cina dan benua Australia PEMBAHASAN Jawaban D Batas-batas wilayah Indonesia sebelah selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, perairan Australia dan Samudera Hindia.

Timor Leste adalah bekas wilayah Indonesia yang telah memisahkan diri menjadi negara sendiri pada tahun 1999, dahulu wilayah ini dikenal dengan Provinsi Timor Timur.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Provinsi yang berbatasan langsung dengan wilayah Timor Leste, tepatnya di Kabupaten Belu. Selain itu, Indonesia juga berbatasan dengan perairan Australia. 5. Prinsip laut bukan sebagai hong adalah seorang keturunan bangsa cina, tetapi pemersatu bangsa Indonesia terdapat dalam peraturan negara, yakni…. A. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 4/PRP/1960 B.

Hukum Laut PBB 1982 tentang UNCLOS C. Deklarasi Djuanda pada tangal 13 Desember 1957 D. UUD NRI tahun 1945 pasal 25 A E. Undang-undang RI no. 32 tahun 2014 tentang kelautan PEMBAHASAN Jawaban A laut bukan sebagai pemisah, tetapi pemersatu bangsa Indonesia. Prinsip ini kemudian ditegaskan melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 4/PRP/1960 tentang Perairan Indonesia. 6. Ketentuan tentang kewarganegaraan diatur dalam UUD NRI 1945 pasal .

A. 26 B. 27 C. 28 D. 29 E. 30 PEMBAHASAN Jawaban A Keberadaan rakyat yang menjadi penduduk maupun warga negara, secara konstitusional tercantum dalam pasal 26 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu: a) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orangorang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.

b) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia c) Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang.

7. Suatu proses hukum yang menyebabkan seseorang dengan syarat tertentu mempunyai kewarganegaraan lain disebut dengan . A. stelsel aktif B. stelsel pasif C. naturalisasi D. repudiasi E. apatride PEMBAHASAN Jawaban A Dalam menetukan status kewarganegaraan seseorang, pemerintah suatu negara lazim menggunakan dua stelsel, yaitu: a. Stelsel aktif, yaitu seseorang harus melakukan tindakan hukum tertentu secara aktif untuk menjadi warga negara (naturalisasi biasa) b. Stelsel pasif, yaitu seseorang dengan sendirinya dianggap menjadi warga negara tanpa melakukan sutu tindakan hukum tertentu (naturalisasi Istimewa 8.

Kewarganegaraan seseorang ditentukan berdasarkan pada tempat lahir orang yang bersangkutan disebut asas. A. ius soli B. ius sanguinis C. apatride D. bipatride E. repudiasi PEMBAHASAN Jawaban A Asas ius soli (asas kedaerahan), yaitu kewarganegaraan seseorang ditentukan berdasarkan tempat kelahirannya.

9. Seorang keturunan bangsa A yang menganut asas ius soli lahir di negara B yang menganut asas ius sanguinis, maka status kewarganegaraanya orang tersebut adalah. A. ius soli B. ius sanguinis C. apatride D. bipatride E. repudiasi PEMBAHASAN Jawaban C Apatride, yaitu adanya seorang penduduk yang sama sekali tidak mempunyai kewarganegaraan. Misalnya, seorang keturunan bangsa A yang menganut asas ius soli lahir di negara B yang menganut asas ius sanguinis.

10. Syarat seseorang mendapatkan naturalisasi istimewa adalah …. A. tidak pernah dijatuhi hong adalah seorang keturunan bangsa cina karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara satu tahun lebih B. jika dengan memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia, tidak menjadi berkewarganegaraan ganda.

C. Mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap D. Membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara. E. orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara PEMBAHASAN Jawaban E Naturalisasi istimewa diberikan sesuai dengan ketentuan pasal 20 Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 2006.

Naturalisasi Istimewa diberikan kepada orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara, setelah memperoleh pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Naturalisasi istimewa batal diberikan jika menyebabkan orang asing tersebut berkewarganegaraan ganda. 11. Makna Pasal 29 ayat 1 UUD NRI tahun 1945 adalah ….

A. Negara Indonesia adalah Negara yang berdasarkan pada nilai Religius B. Negara Indonesia berdasarkan pada agama tertentu C. Negara Indonesia mengakui adanya satu tuhan D.

Negara Indonesia menganut kepercayaan terhadap Tuhan E. Negara Indonesia adalah Negara theokrasi PEMBAHASAN Jawaban C Makna Pasal 29 ayat 1 UUD NRI tahun 1945 yang berisi “Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”, adalah Negara Indonesia mengakui adanya satu tuhan. 12.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

Perlindungan Negara terhadap penduduk dalam memeluk agama termaktub dalam pasal …. A. 28E ayat 1 B. 28E ayat 2 C. 28E ayat 3 D. 29 ayat 1 E. 29 ayat 2 PEMBAHASAN Jawaban A pasal 29 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ayat (2) yang menyatakan bahwa; negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu, merupakan perlindungan Negara terhadap penduduk dalam memeluk agama 13.

Orang yang tinggal berdiam dalam suatu negara adalah. A. pendukung negara B. penduduk negara C. warga negara D. rakyat negara E.

kaula negara PEMBAHASAN Jawaban B penduduk negara adalah Orang yang tinggal berdiam dalam suatu negara. 14. Yang menjadi warga negara ialah orang-orang Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Pengertian tersebut tercantum dalam UUD 1945. A. Pasal 27 Ayat 1 B. Pasal 27 Ayat 2 C. Pasal 26 Ayat 1 D. Pasal 26 Ayat 2 E. Pasal 26 Ayat 3 PEMBAHASAN Jawaban C Pasal 26, ayat (1), yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.

Dan pada ayat (2), syarat-syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang. 15. Faktor yang membedakan penduduk Indonesia dan bukan penduduk Indonesia adalah.

A. faktor usia B. faktor studi C. faktor tinggi badan D. faktor jangka waktu E. faktor tempat kerja keturunan PEMBAHASAN Jawaban D membedakan penduduk dan bukan penduduk adalah domisili atau hong adalah seorang keturunan bangsa cina tinggal resmi.

Penduduk mempunyai domisili, dan tinggal di tempat tersebut dalam jangka waktu lama. Sedangkan bukan penduduk hanya tinggal sementara di domisili. Mereka tidak memiliki maksud untuk tinggal menetap atau dalam jangka waktu lama, sehingga disebut bukan penduduk. 16. Warga negara adalah orang-orang yang memiliki kedudukan resmi sebagai anggota penuh suatu negara.

Oleh karena itu seorang warga negara. A. tidak memiliki semua hak dan kewajiban sebagai anggota negara. B. tidak dituntut untuk memberikan kesetiaan kepada negaranya.

hong adalah seorang keturunan bangsa cina

C. tidak menerima perlindungan dari negara. D. tidak dapat menikmati hak ikut serta dalam proses politik. E. tidak terputus dengan negaranya meskipun yang bersangkutan berdomisili di luar negeri PEMBAHASAN Jawaban E Warga negara adalah orang-orang yang memiliki kedudukan resmi sebagai anggota penuh suatu negara.

Oleh karena itu seorang warga negara tidak terputus dengan negaranya meskipun yang bersangkutan berdomisili di luar negeri 17. Berikut ini yang tidak termasuk peraturan perundangan kewarganegaraan Indonesia adalah. . A. UU No. 12 Tahun 2006 B. UU No. 4 Tahun 1979 C. UU No. 62 Tahun 1958 D. KMB 27 Desember 1949 E. UU No. 3 Tahun 1946 PEMBAHASAN Jawaban D KMB 27 Desember 1949 merupakan hong adalah seorang keturunan bangsa cina pertemuan antara pemerintah Republik Indonesia dan Belanda yang dilakukan di Den Haag, Belanda dari 23 Agustus sampai 2 November 1949.

18. Salah satu syarat hong adalah seorang keturunan bangsa cina negara asing untuk menjadi warga negara Indonesia adalah berumur. A. 14 tahun B. 15 tahun C. 16 tahun D.

17 tahun E. 18 tahun PEMBAHASAN Jawaban E Naturalisasi biasa adalah orang dari bangsa asing yang yang akan akan mengajukan permohonan pewarganegaraan dengan cara naturalisasi bisa, harus memenuhi syarat sebagaimana yang ditentukan oleh pasal 9 Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 2006, sebagai berikut: 1) telah berusia 18 tahun atau sudah kawin 2) pada waktu mengajukan permohonan sudah hong adalah seorang keturunan bangsa cina tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat lima tahun berturut-turut atau paling singkat 10 tahun tidak berturut-turut 3) sehat jasmani dan rohani 4) dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar Negara Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 5) tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara satu tahun lebih 6) jika dengan memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia, tidak menjadi berkewarganegaraan ganda.

7) Mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap 8) Membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara. 19. Berikut ini yang tidak termasuk cara untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia menurut UU No. 12 Tahun 2006 adalah. A. kelahiran B. pembelian C. pemberian D. perkawinan E. permohonan PEMBAHASAN Jawaban B yang tidak termasuk cara untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia menurut UU No.

12 Tahun 2006 adalah pembelian 20. Warga negara asing yang ingin menjadi WNI mengajukan permohonan kepada. A. Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia B.

Menteri Kependudukan C. Dirjen Imigrasi D. Kepolisian E. Presiden PEMBAHASAN Jawaban E Orang Asing yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 Undang-Undang No. 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan RI, dapat mengajukan permohonan Pewarganegaraan kepada Presiden melalui Menteri. 21. Perhatikan pernyataan dibawah ini! 1) Memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri. 2) Tidak menolak atau tidak melepaskan kewarganegaraan lain.

3) Secara sukarela masuk dalam dinas negara asing. 4) Tidak mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia hong adalah seorang keturunan bangsa cina negara asing. Yang termasuk ke dalam penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia menurut Pasal 23 UU No. 12 Tahun 2006 adalah. A. 1, 2, dan 4 B. 1, 2, dan 3 C. 2, 3, dan 4 D. 1 dan 2 saja E. semuanya benar PEMBAHASAN Jawaban B Menurut Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2006, seorang warga negara Indonesia kehilangan kewarganegaraannya jika yang bersangkutan: 1) memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri tidak menolak atau tidak melepaskan kewarganegaraan lain 2) dinyatakan hilang kewarganegaraannya oleh Presiden atas kemauannya sendiri, dengan ketentuan: telah berusia 18 tahun dan bertempat tinggal di luar negeri 3) masuk ke dalam dinas tentara asing tanpa disertai izin dari Presiden 4) masuk dalam dinas negara asing atas kemauan sendiri, yang mana jabatan dalam dinas tersebut di Indonesia hanya dapat dijabat oleh warga negara Indonesia.

5) mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut atas dasar kemauan sendiri 6) turut serta dalam pemilihan seseuatu yang bersifat ketatanegaraan untuk suatu negara asing, meskipun tidak diwajibkan keikutsertaannya. 7) mempunyai paspor atau surat yang bersifat paspor dari negara asing atau surat yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku dari negara lain atas namanya.

8) bertempat tinggal di luar wilayah negara Republik Indonesia selama lima tahun terus menerus bukan dalam rangka dinas negara, tanpa alasan yang sah dan dengan sengaja tidak menyatakan keinginannya untuk tetap menjadi warga negara Indonesia sebelum jangka waktu lima tahun tersebut berakhir, dan setiap lima tahun berikutnya yang bersangkutan tetap tidak mengajukan pernyataan ingin menjadi warga negara Indonesia 22.

Penentuan kewarganegaraan berdasarkan ke-turunan atau hubungan darah disebut. A. asas kesatuan hukum B. asas ius sanguinis C. asas keturunan D. asas kelahiran E. asas ius soli PEMBAHASAN Jawaban B Asas ius sanguinis (law of the blood), yaitu asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan,bukan bersasarkan negara tempat dilahirkan 23. Hong adalah seorang keturunan bangsa Cina (ius sanguinis) yang lahir di negara Jerman (ius soli).

Oleh karena ia keturunan bangsa Cina maka dianggap sebagai warga negara Hong adalah seorang keturunan bangsa cina, tetapi negara Jerman juga menganggap Hong sebagai warga negaranya.

Dalam kasus ini muncul permasalahan kewarganegaraan yang biasa disebut. A. apatride B. bipatride C. multipatride D. naturalisasi E. kesatuan hukum PEMBAHASAN Jawaban B. Bipatride, yaitu adanya seorang penduduk yang mempunyai dua macam kewarganegaraan sekaligus (kewarganegaraan rangkap). Misalnya, seseorang keturunan bangsa B yang menganut asas ius sanguinis lahir di negra A yang menganut asas ius soli. Oleh karena ia keturunan bangsa B, maka ia dianggap sebagai warga negara B.

Akan tetapi, negara A juga mengganggap dia warga negaranya karena berdasarkan tempat lahirnya. 24. Suatu proses hukum yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh kewarganegaraan dari suatu negara disebut. A. kewarganegaraan B. pewarganegaraan C. permohonan D. pemberian E. pengajuan PEMBAHASAN Jawaban B Penduduk asli negara Indonesia secara otomatis adalah warga negara Indonesia, sedangkan orang dari bangsa asing untuk menjadi warga negara harus mengajukan permohonan kepada pemerintah Indonesia.

Proses permohonan itu dinamakan dengan pewarganegaraan atau naturalisasi. 25. Hak untuk memilih salah satu kewarganegaraan disebut. A. hak untuk memilih B. hak stelsel pasif C. hak stelsel aktif D. hak repudiasi E. hak opsi PEMBAHASAN Jawaban E hak opsi, yaitu hak untuk memilih suatu kewarganegaraan (dalam stelsel aktif) 26.

Penyebab munculnya masalah kewarganegaraan adalah. A. adanya perbedaan persyaratan cara mem-peroleh kewarganegaraan B. adanya perbedaan persyaratan cara ke-hilangan kewarganegaraan. C. adanya perbedaan penggunaan asas ke-warganegaraan. D. adanya perbedaan kewarganegaraan. E. adanya perbedaan warga negara. PEMBAHASAN Jawaban C Adanya perbedaan dalam menentukan kewarganegaran di beberapa negara, baik yang menerapkan asas ius soli maupun ius sanguinis, dapat menimbulkan dua kemungkinan status kewarganegaraan seorang penduduk yaitu: Apatride dan Bipatride 27.

Kondisi dimana setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan politik negara adalah pengertian dari. A. persamaan pemerintahan B.

prinsip persamaan C. persamaan politik D. politik persamaan E. prinsip politik PEMBAHASAN Jawaban C pesamaan politik adalah keadaan di mana setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan yang sama sebagaimana yang lainnya untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan politik negara. 28. Secara eksplisit prinsip persamaan kedudukan warga negara tercantum dalam UUD NRI 1945.

A. Pasal 26 Ayat 2 B. Pasal 26 Ayat 3 C. Pasal 27 Ayat 1 D. Pasal 27 Ayat 2 E. Pasal 28 Ayat 3 PEMBAHASAN Jawaban C Pasal 27 ayat 1 Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam Hukum dan Pemerintahan dan wajib menjunjung Hukum dan Pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

29. Salah satu jaminan adanya prinsip persamaan dalam bidang ekonomi yaitu dalam UUD NRI 1945. A. Pasal 27 Ayat 1 B. Pasal 27 Ayat 2 C. Pasal 27 Ayat 3 D. Pasal 28 B Ayat 1 E. Pasal 28 C Ayat 2 PEMBAHASAN Jawaban B Pasal 27 ayat ( 2 ) menyatakan bahwa setiap Warga Negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

30. Pasal 30 Ayat 1 UUD NRI 1945 merupakan salah satu jaminan konstitusi dalam bidang. A. hukum B. ekonomi C. pertahanan D. keagamaan E. sosial budaya PEMBAHASAN Jawaban C Pasal 30 ayat ( 1 ) mengamanatkan bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usha pertahanan dan keamanan negara”

Ulama terkenal di cina-wong fai hong




2022 www.videocon.com