Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

Buku Guru Kelas X 166 sepupu bapak. Beliau dilahirkan dua tahun enam bulan setelah Tahun Gajah. Di masa jahiliah Abu Bakar dikenal sebagai seorang yang jujur, berakhlak mulia, dan mahir dalam berdagang. Hal ini diketahui oleh semua manusia sehingga beliau sering didatangi para pemuda Quraisy untuk diminta keterangan tentang ilmu pengetahuan, strategi berdagang, dan sopan santunnya. Selain itu, beliau juga termasuk salah satu dari ahli nasab Quraisy hingga Rasulullah pernah mengatakan, “Sesungguhnya Abu Bakar adalah seorang Quraisy berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali paling mengetahui tentang nasab mereka.” HR.

Muslim Bahkan Abu Bakar tidak pernah meminum Khamer walaupun di masa jahiliah. Tatka- la beliau ditanya, beliau menjawab, “Aku adalah orang yang menjaga kehormatan dan menjaga kewibawaan, siapa yang meminum khamer maka berarti dia telah melalaikan kehormatan dan wabawanya.” Ketika cahaya Islam menerangi bumi Makkah dibawa oleh seorang Al-Amin yakni Rasulullah Saw., maka Abu Bakar ra menyambut baik hidayah Islam, bahkan beliau adalah orang pertama yang masuk Islam dari kalangan kaum laki-laki yang merdeka.

Sahabat Ammar bin Yasir bercerita, “Aku melihat Rasulullah di Makkah dan tidakkah bersamanya kecuali lima orang budak, dua wanita, dan Abu Bakar.” HR. Bukhari Setelah mengikrarkan keislamannya, Abu Bakar ra mengajak sahabat-sahabatnya un- tuk masuk Islam, sehingga dengan sebab dakwahnya banyak para pemuda Makkah yang menyatakan keislamannya.

Beliau pun banyak menginfakkan hartanya di jalan Allah Swt. Bahkan beliau pernah menginfakkan seluruh hartanya hingga sahabat Umar tidak dapat mengalahkannya dalam berinfak. Selain itu, Abu Bakar memerdekakan para berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali dan tidak mengharapkan dari hal itu semua kecuali ridha Allah Swt. b. Kisah teladan Abu Bakar as-Shiddiq Ra Beliau adalah seorang yang selalu membenarkan berita yang dibawa Nabi Muham- mad Saw.

semustahil apa pun menurut manusia. Peristiwa Isra’ dan Mi’raj adalah bukti nyata bahwa beliau adalah as-Shiddiq. Tatkala manusia datang beramai-ramai sambil mengolok-olok Rasulullah karena ceritanya tersebut, tetapi apa yang diucapkan oleh sa- habat Abu Bakar? Beliau justru mengatakan, “Apabila Rasulullah telah mengatakan hal itu, maka sungguh dia telah benar.” Karena itu, tidak berlebihan bila beliau disebut sebagai as-Shiddiq, bahkan yang memberi gelar tersebut adalah Rasulullah Saw.

sendiri. Suatu hari Rasulullah naik ke gunung Uhud bersama Abu Bakar, Umar, dan Usman. Gunung Uhud itu bergetar, lantas Rasulullah Saw. menenangkan gunung Uhud seraya mengatakan, “Tenang wahai Uhud, karena di atasmu ada seorang Nabi, Shiddiq dan dua orang Syahid.” HR. Bukhari Terkait dengan cerita diatas, Al-Imam Ibnu Jarir mengatakan bahwa pelaku dalam QS.

Az-Zumar [39]:33 “Dan orang yang membawa kebenaran Muhammad dan mem- Akhlak Kurikulum 2013 167 167 benarkannya mereka itulah orang-orang yang bertaqwa,” adalah Nabi Muhammad dan Abu Bakar Abu Bakar ra. adalah sahabat Rasulullah Saw. yang sangat berhati-hati dalam hal makanan.

Aisyah ra menceritakan bahwa suatu waktu Abu Bakar memiliki seorang budak yang setiap harinya budak tersebut memberi beliau hasil usaha kesehariannya. Abu Bakar pun memakan dari hasil usaha budaknya tersebut.

Suatu hari budak tersebut mem- berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali makanan dan Abu Bakar memakan sebagian dari makanan tersebut.

Lantas budak tersebut mengatakan kepadanya, “Wahai tuanku, tahukan Anda dari mana makanan ini?” Abu Bakar menjawab, “Dari mana engkau dapat makanan ini?” Budak itu menjawab, “Dahulu saya pernah berlagak seperti orang pintar dukun kepada seseorang, padahal saya sama sekali tidak tahu tentang ilmu perdukunan. Saya hanya menipunya dan ia memberikan upah kepadaku, termasuk apa yang engkau makan tadi.” Mendengar hal itu Abu Bakar ra. langsung memasukkan jari ke mulutnya dan me- muntahkan semua makanan yang tadi ia makan.

HR. Bukhari Zaid bin Arqam Ra bercerita, “Salah satu budak Abu Bakar ra. pernah melakukan ghulul dan darinya ia membawa makanan kepada Abu Bakar.

Setelah Abu Bakar sele- sai makan, budak tersebut mengatakan, ‘Wahai Tuanku, biasanya setiap malam engkau bertanya kepadaku tentang setiap hasil usahaku, tetapi mengapa malam ini engkau tidak bertanya terlebih dahulu?’ Abu Bakar menjawab, ‘Yang menyebabkan hal itu tidak lain adalah karena rasa lapar. Memangnya dari mana harta tersebut?’ Maka budak tersebut menceritakan usahanya.

Serta-merta Abu Bakar menjawab, ‘Hampir saja engkau mem- bunuhku.’ Lalu Abu Bakar memasukkan tangannya ke mulut dan berusaha memuntahkan setiap suapan makanan yang tertelan, tetapi usahanya tidak berhasil, kemudian dikatakan, ‘Sesungguhnya makanan itu tidak dapat keluar kecuali dengan air.’ Maka beliau meminta segelas air lalu meminumnya dan memuntahkannya hingga keluar semua makanan yang tadi beliau makan. Lalu dikatakan kepada beliau, ‘Engkau lakukan ini hanya karena in- gin memuntahkan makanan yang telah engkau makan?’ Beliau menjawab, ‘Seandainya ia tidak keluar kecuali bila harus bersama jiwaku maka akan aku lakukan’.

c. Meneladani Akhlak Utama dari Abu Bakar as-Shiddiq Ra Parts » Akhlak Guru 2 Maret 2015 » Maksud dan Tujuan Mata Pelajaran Akhlak 1. Pengertian » Akhidah Ahklak Kelas X Semester Gasal » Pengalaman Belajar.

Model dan Skenario Pembelajaran » Formasi Huruf U Formasi Corak Tim Meja Konferensi Formasi Lingkaran » Kegiatan Pertama: Membaca Kegiatan Kedua: Berdiskusi Kegiatan Ketiga: Menanya Kegiatan Keempat: Ekplorasi Informasi » Bentuk dan Contoh Perilaku Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja Menerapkan Akhlak Terpuji Pergaulan Remaja dalam Kehidupan Sehari-hari.

» Perilaku Pergaulan Remaja yang Negatif Pendahuluan » Pelaksanaan Kegiatan Akhir Pembelajaran » Skala Sikap Kejelasan dan kedalaman informasi. Keaktifan dalam diskusi. Kejelasan dan kerapian presentasi Portofolio dan Penilaian Sikap Kolom “Unjuk Kerja” » Kolom Pilihan Ganda dan Uraian. » Taubat Wara’ Ciri-ciri Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Komunikatif, Menyenangkan.

» Zuhud Qana’ah Ciri-ciri Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Komunikatif, Menyenangkan. » Amanah Ciri-ciri Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Komunikatif, Menyenangkan. » Pendahuluan Pelaksanaan Ciri-ciri Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali, Komunikatif, Menyenangkan.

» Kegiatan Akhir Pembelajaran Skala Sikap Portofolio dan Penilaian Sikap » Kolom “Unjuk Kerja” Kolom Pilihan Ganda dan Uraian » TugasPortofolio Kunci jawaban: I. Penerapan. Kebijakan guru. » Dalil naqli tentang zina Bentuk-bentuk Zina » Akibat Negatif Perbuatan Zina Mengindari Perilaku Dosa Besar Zina » Dalil Naqli tentang Mencuri Bentuk dan Contoh Mencuri Nilai- Nilai Negatif Akibat Mencuri » Niat yang baik Bersegera mengunjunginya Menjenguk dengan berjalan kaki » Mencari waktu yang tepat Bertanya tentang keadaannya Membawakan Hadiah » Menghiburnya dengan banyaknya pahala dari Allah Mengajarinya doa ketika tertimpa musibah Mengingatkan agar selalu sabar Mengingatkannya agar selalu berprasangka baik kepada Allah Swt.

» Melarang untuk berkeluh kesah dan mengharap kematian Meletakkan tangan di atas si sakit Mendoakan kebaikan dan kesembuhan » Pengertian Takziyah Hukum Takziyah Hikmah Takziyah Hal-hal yang bermanfaat bagi mayit : » Keutamaan membesuk orang sakit Adab Ziarah Kubur Hukum Ziarah Kubur » Tatacara dan Adab Ziarah Kubur » Pendahuluan Pelaksanaan Tugas. Kebijakan guru Pengayaan » Kisah Abu Lahab dan Istrinya » Perilaku tercela Abu Lahab dan istrinya.

Menghindari Perilaku Tercela Seperti Abu Lahab dan Istrinya Kisah dan Perilaku tercela Istri Nabi Luth As. » Menghindari Perilaku Tercela Seperti Istri Nabi Luth As.

Hikmah sejarah dan perilaku tercela dari Abu Lahab dan Istrinya » Portofolio dan Penilaian Sikap Kolom “Unjuk Kerja” Kolom Pilihan Ganda dan Uraian. » Pengertian Hak Azasi Manusia Hak Azasi yang Dilindungi Islam » Prinsip-prinsip HAM dalam Islam Hak Hidup » Hak Milik Hak Perlindungan Kehormatan » Hak Keamanan dan Kemerdekaan Pribadi Persamaan Hak dalam Hukum » Kebebasan Ekspresi Kebebasan Hati Nurani dan Keyakinan Pelanggaran Hak Asasi Manusia » Pendahuluan Pelaksanaan Tugas.

Kebijakan guru VII. Pengayaan » TugasPortofolio Kunci jawaban: I. Penerapan. Kebijakan guru. A. pilihan ganda » Musabaqah bil Khairat Dinamis » Inovatif dan kreatif Tugas. Kebijakan guru » Pendahuluan Pelaksanaan Tugas. Kebijakan guru » Pengertian Dalil naqli riya’ Macam-macam riya’ » Dalil naqli tentang takabur Macam-macam takabur Sebab-sebab takabur » Dalil naqli Tanda-tanda orang nifaq » Dalil naqli Pembagian fasiq Contoh sifat-sifat orang fasiq » Skala Sikap Portofolio dan Penilaian Sikap » Tugas.

Kebijakan guru Kunci jawaban: I. Penerapan. Kebijakan guru. A. Pilihan Ganda » Adab bagi yang di undang » Kisah teladan Abu Bakar as-Shiddiq Ra » Meneladani Akhlak Utama dari Abu Bakar as-Shiddiq Ra » Kisah teladan Umar bin Khattab Ra » Meneladani Akhlak Utama Umar bin Khattab Ra » Kisah teladan Usman bin Affan ra » Meneladani Akhlak utama Usman bin Affan ra » Kisah teladan Ali bin Abi Thalib Ra.

Meneladani Akhlak utama Ali bin Abi Thalib ra Show more Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 168, 169, dan 170 Beserta Pembahasannya.

Dok. Gurupenyemangat.com Bismillah. Hai, Sobat Guru Penyemangat. Tahukah Sobat apa itu Hijrah? Pada dasarnya hijrah adalah berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Tapi dalam Islam, hijrah berarti berpindahnya Rasul dari Mekah ke Madinah dalam rangka mendakwahkan Islam. Bagi siswa kelas 7, ada pelajaran PAI bab 11 dengan judul “Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan”. Pada materi tersebut, Sobat siswa mempelajari tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam berhijrah dan berdakwah di Madinah.

Lebih khusus, disajikan pula perilaku kaum kafir Quraisy yang semakin menjadi-jadi, kabar gembira dari Yastrib, hingga kesuksesan dakwah Rasul SAW di Madinah. Nah, untuk menguji kemampuan Sobat sekaligus mendalami pelajaran 11 buku PAI dan BP kelas 7, Gurupenyemangat.com telah menyiapkan kunci jawaban latihan bab Hijrah ke Madinah.

Kunci Jawaban PAI untuk kelas 7 berikut dimulai dari halaman 168, 169, dan 170 yang dilengkapi dengan pembahasan soal. Mari disimak ya: Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 168-169 Soal Pilihan Ganda Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 168-169 Soal Pilihan Ganda. Dok. Gurupenyemangat.com 1. Yang menyebabkan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya hijrah adalah. A. Di Mekah daerahnya terlalu panas B. Di Mekah tidak pernah hujan C.

Di Mekah tidak aman untuk berdakwah D. Di Mekah banyak kafir Quraisy Kunci Jawaban: C. Di Mekah tidak aman untuk berdakwah Pembahasan: Semenjak paman Nabi SAW yang bernama Abu Thalib wafat, serangan, cacian, dan makian kaum kafir semakin memuncak sehingga Rasulullah semakin tertekan dan berada di posisi yang bahaya.

Hijrahnya beliau juga merupakan perintah Allah setelah sebelumnya melakukan Isra’ Mi’raj. Diketahui, peluang berkembangnya Islam di Madinah sangat pesat. 2. Saat perjalanan hijrah, Nabi Muhammad SAW bersembuyi di sebuah gua yang bernama. A. Gua Tsur B. Gua Al-Kahfi C. Gua Hira D. Gua Al-Abrar Kunci Jawaban: A. Goa Tsur Pembahasan: Dalam perjalanan hijrah ke Madinah, Rasulullah SAW bersama Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq bersembunyi di gua tsur selama tiga hari tiga malam.

3. Nabi Muhammad SAW saat hijrah bersembunyi di gua selama. A. Dua hari dua malam B. Tiga hari tiga malam C. Empat hari empat malam D. Lima hari lima malam Kunci Jawaban: B. Tiga hari tiga malam 4.

Berikut ini adalah sahabat yang menemani Nabi sewaktu hijrah ke Madinah. A. Abu Bakar as-Siddiq B. Abdur Rahman bin ‘Auf C. Umar bin Khattab D. Ali bin Abi Thalib Kunci Jawaban: A. Abu Bakar as-Siddiq Pembahasan: Sesaat sebelum berangkat hijrah, Rasulullah SAW pergi ke rumah Abu Bakar dan mengajaknya untuk berhijrah.

Dalam perjalanan, keduanya bersembunyi di guat Tsur. 5. Nabi Muhammad SAW saat hijrah ke Madinah terlebih dulu singgah di sebuah daerah dan membangun masjid. Daerah yang dimaksud adalah. A. Mina B. Quba C. Jeddah D. Amman Kunci Jawaban: B. Masjid Quba Pembahasan: Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi SAW dalam sejarah Islam.

Masjid ini pula yang menjadi tempat pelaksanaan Shalat Jumat untuk pertama kalinya. 6. Nabi Muhammad SAW hijrah dari. A. Mekah ke Syiria B. Syiria ke Iran C. Irak ke Arab D. Mekah ke Madinah Kunci Jawaban: D. Mekah ke Madinah 7. Berikut ini adalah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di Madinah, kecuali. A. Membangun masjid B. Mempersaudarakan anshar dan muhajirin C. Membuat perjanjian dengan penduduk Madinah D. Membangun rumah untuk tempat singgah Kunci Jawaban: D.

Membangun rumah untuk tempat singgah Pembahasan: Hijrah sejatinya adalah perpindahan dari satu tempat ke tempat lain untuk tujuan ibadah, ketakwaan, serta menjalankan perintah Allah.

Adapun berpindah lokasi untuk membangun rumah bukanlah contoh dari hijrah. 8. Saat hijrah ke Madinah, Abu Bakar as-Siddiq dipersaudarakan dengan. A. Bilal bin Rabbah B. Abu Ruwaihah C. Abdullah bin Salim D. Kharijah bin Zuhair Kunci Jawaban: D. Kharijah bin Zuhair Pembahasan: Dalam proses dakwah di Madinah, Rasulullah SAW mempersaudarakan kaum Muhajirin dengan Ansar dan Abu Bakar as-Shiddiq dipersaudarakan dengan Kharijah bin Zuhair 9.

Saat hijrah ke Madinah, Usman bin Affan dipersaudarakan dengan. A. Bilal bin Rabbah B. Abu Ruwaihah C. Abdullah bin Salim D. Kharijah bin Zuhair Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali.

Zainab binti Rawahah Kunci Jawaban: Tidak Ada. Usman bin Affan dipersaudarakan dengan Aus bin Tsabit 10. Saat hijrah ke Madinah, Ummar bin Khattab dipersaudarakan dengan. A. Bilal bin Rabbah B. Itban bin Malik C. Abdullah bin Salim D. Kharijah bin Zuhair Kunci Jawaban: B. Itban bin Malik. Boleh Baca: Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 153, 154, dan 155 Lengkap dengan Pembahasan Soal Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 170 Soal Esai dan Uraian Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 170 Soal Esai dan Uraian.

Dok. Gurupenyemangat.com 1. Bagaimana tanggapan kafir Quraisy atas hijrah Rasul? Jawaban: Kaum Kafir Quraisy khawatir Islam akan berkembang di Yastrib jika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Mereka menyuruh para pemuda untuk mengepung rumah Nabi Muhammad SAW karena khawatir akan lari.

2. Siasat apa yang dilakukan kafir Quraisy menghadapi rencana hijrah Nabi Muhammad SAW? Jawaban: Setelah rencana hijrah Nabi Muhammad SAW didengar oleh kafir Quraisy. Kaum Quraisy pun akhirnya merencanakan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW. 3. Di manakah Nabi Muhammad SAW bersembunyi saat perjalanan hijrah ke Madinah? Mengapa harus bersembunyi?

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

Jawaban: Rasulullah SAW bersembunyi di gua tsur selama tiga hari tiga malam bersama Abu Bakar as-Shiddiq. Hijrah terpaksa dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena pada saat itu Rasulullah diincar oleh kaum kafir Quraisy.

4. Mengapa Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah? Jelaskan! Jawaban: Ada tiga alasan mengapa Rasulullah SAW melakukan hijrah: • Karena atas perintah Allah SWT. Perintah ini datang tidak lama setelah Rasulullah melaksanakan Isra’ Mi’raj.

• Karena serangan kafir Quraisy Mekah yang semakin meningkat, • Karena ada harapan baru untuk mengembangkan Islam di Madinah. Para penduduk Yastrib berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali baik ajakan Nabi, dan di sisi yang sama jumlah orang yang masuk Islam semakin bertambah. 5. Apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di Madinah? Jawaban: Beberapa kegiatan yang dilakukan Nabi di Madinah yaitu: • Membangun masjid. Masjid di Madinah digunakan tidak hanya sekadar untuk shalat dan ibadah semata.

Di antara fungsi masjid pada zaman Nabi adalah sebagai tempat mempersatukan umat, bermusyawarah tentang perkembangan Islam, mengkaji ilmu agama, bahkan sebagai pusat pemerintahan setelah Rasulullah dipilih sebagai pemimpin di Madinah. Seluruh aktivitas masyarakat Madinah dipusatkan di masjid. • Mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan kaum Ansar.

Langkah ini dilakukan Rasulullah SAW untuk mempersatukan umat Islam sekaligus mendapatkan simpati dari penduduk Madinah. Dengan dipersaudarakannya kaum Muhajirin dan Ansar, toleransi, kerukunan, dan kekompakan umat Islam semakin terasah. • Membuat perjanjian dengan penduduk Madinah yang disebut dengan “Piagam Madinah”.

6. Sebutkan fungsi masjid pada zaman Nabi Muhammad SAW! Jawaban: Beberapa fungsi masjid di zaman Nabi Muhammad SAW: • Tempat ibadah • Tempat mempersatukan umat • Tempat bermusyawarah terkait perkembangan islam • Pusat kajian ilmu agama • Pusat pemerintahan 7. Mengapa Nabi Muhammad SAW mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansar? Jawaban: Alasan Nabi Muhammad sAW mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansar utamanya ialah sebagai salah satu strategi dakwah agar mendapat simpati dari penduduk Madinah.

Selain itu, dengan dipersaudarakannya Muhajirin dan Ansar, kegiatan dakwah di Madinah menjadi lebih tertata, terorganisir, dan berlandaskan atas sikap tolong-menolong antar sesama. 8. Sebutkan isi Perjanjian Hudaibiyah! Jawaban: Perjanjian Hudaibiyah merupakan sebuah ikatan alias perjanjian damai antara pihak muslimin dengan musyrikin Mekkah yang ditandatangani di daerah Hudaibiyah.

Berikut isinya: • Rasulullah harus pulang tahun ini berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali tidak boleh memasuki Mekah kecuali tahun depan dengan orang-orang muslim.

• Genjatan senjata di antara kedua belah pihak selama sepuluh tahun. • Barang siapa yang ingin bergabung dengan pihak Muhammad dan perjanjiannya, dia boleh melakukan, dan barang siapa yang bergabung dengan pihak Quraisy dan perjanjiannya, dia boleh melakukannya. • Siapa pun orang Quraisy yang mendatangi Muhammad tanpa izin walinya, harus dikembalikan ke pihak Quraisy, dan siapa pun dari pihak Muhammad yang mendatangi Quraisy, dia tidak boleh dikembalikan padanya.

9. Bagaimana tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum Muhajirin? Jawaban: Penduduk Ansar menyambut baik kedatangan kaum Muhajirin dengan senang hati. Setiap orang Ansar mengakui orang Muhajirin sebagai saudaranya sendiri, ia mempersilakan saudaranya tinggal di rumah dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di rumah.

10. Bagaimana tanggapanmu tentang dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah? Jawaban: Dari kisah dakwah Rasulullah SAW di Madinah, kita sebagai umat muslim zaman sekarang bisa belajar tentang betapa pentingnya kekompakan dan jalinan erat persaudaraan antar sesama muslim. Di sisi yang sama kita juga bisa memahami bahwa Islam bisa diterima di mana pun baik dari segi ibadah, tata aturan, serta nilai-nilai akhlak sesama manusia. Rasulullah SAW adalah sosok teladan dan kunci di sini.

Beliau bisa menyatukan penduduk di Madinah dengan berbagai macam keyakinan. Membuat suatu kebijakan di mana seluruh kelompok tidak ada yang tersinggung dan tersakiti. *** Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 168, 169, dan 170 yang dilengkapi dengan pembahasannya. Membaca kisah perjuangan Nabi SAW dalam berhijrah dapat membuat hati kita makin sejuk sekaligus semakin meningkatkan semangat diri dalam bershalawat teruntuk beliau. Semoga bermanfaat.

Salam. Lanjut Baca: Latihan Soal PTS PAI Kelas 7 Semester 2 Terbaru Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui. Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber.

Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)
Sahabat Nabi Muhammad SAW memiliki banyak contoh keteladanan yang bisa ditiru oleh umat muslim, salah satunya Abu Bakar. Abu Bakar merupakan tokoh penting dalam Islam yang juga memiliki posisi yang terpandang. Hal ini dikarenakan Abu Bakar memiliki sifat terpuji yang patut untuk ditiru umat Muslim.

Berikut ini adalah sederet contoh keteladanan Abu Bakar yang perlu diterapkan umat Muslim dalam kehidupan sehari-hari. Abu Bakar As Siddiq adalah salah satu sahabat Nabi yang memiliki sifat terpuji. Beliau bahkan termasuk ke dalam golongan Assabiqunal Awwalun yang dijamin surganya oleh Allah. Dalam buku berjudul Sejarah Peradaban Islam Terlengkap yang disusun oleh Rizem Aizid (2021:189) tertulis bahwa Abu Bakar termasuk orang yang pertama memeluk Islam atau Assabiqunal Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali yang juga dekat dengan Rasulullah, bahkan termasuk sahabat dekat Rasulullah.

Menyandang gelar As Siddiq, Abu Bakar dikenal sebagai sosok yang dekat dengan Rasulullah. Julukan As Siddiq tersebut dimilikinya sebab beliau merupakan orang pertama yang mempercayai perkataan Rasulullah saat itu. Maka dari itu Abu Bakar juga termasuk salah satu sahabat Nabi dengan perilaku terpuji yang perlu diteladani umat Muslim. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ صَائِمًا قَالَ أَبُو بَكْرٍ أَنَا قَالَ فَمَنْ تَبِعَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ جَنَازَةً قَالَ أَبُو بَكْرٍ أَنَا قَالَ فَمَنْ أَطْعَمَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ مِسْكِينًا قَالَ أَبُو بَكْرٍ أَنَا قَالَ فَمَنْ عَادَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ مَرِيضًا قَالَ أَبُو بَكْرٍ أَنَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا اجْتَمَعْنَ فِي امْرِئٍ إِلَّا دَخَلَ الْجَنَّةَ Artinya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya (kepada para sahabat), “Siapakah di antara kalian yang pada hari ini berpuasa?” Abu Bakar berkata, “Saya.”Beliau bertanya lagi, “Siapakah di antara kalian yang hari ini sudah mengiringi jenazah?” Maka Abu Bakar berkata, “Saya.” Beliau kembali bertanya, “Siapakah di antara kalian yang hari ini memberi makan orang miskin?” Maka Abu Bakar mengatakan, “Saya.” Lalu beliau bertanya lagi, “Siapakah di antara kalian yang hari ini sudah mengunjungi orang sakit.” Abu Bakar kembali mengatakan, “Saya.” Maka Rasulullah shallallahu berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali wa sallam pun bersabda, “Tidaklah ciri-ciri itu terkumpul pada diri seseorang melainkan dia pasti akan masuk surga.” (HR.

Muslim, no. 1028). Selamat mengerjakan. 1. Pada masa Nabi Muhammad Saw. masih hidup, kerapkali terjadi perbedaan pemahaman terhadap suatu persoalan dikalangan para sahabat, tetapi mereka senantiasa.…kepada Nabi Saw A. berkonsolidasi B. berkompromi C. berkonsultasi D. bergainning E. berijtihad 2. Persatuan umat Islam pada masa ke-Khalifahan, Abu Bakar Siddiq ra. dan Umar bin Khattab ra. masih bisa dipertahankan dan kokoh, karena mereka para Khulafa ar-Rasyidin dalam pemerintahannya….

A. terpengaruh keengganan sebagian umat Islam membayar zakat B. terpengaruh kehadiran dan profokasi Abdullah bin Sa’ba C. terpengaruh muncul ajaran Musailamah Al- Kadzab D. komitmen mengikuti yang di contohkan Nabi Saw. E. terpengaruh perang Yamamah 3. Di masa Nabi Saw para sahabat menerima satu bentuk ajaran yang terhindar dari perbedaan dan persanggahan. Keadaan ini dikenal dengan istilah. A. liberalism B. bipolitik C. demokrasi D. monopolitik E. heteropolitik 4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut: A.

Abu Bakar Siddiq ra. B. Umar bin Khattab ra C. Utsman bin Affan ra. D. Ali bin Abi Thalib kw. E. Mu’awiyah bin Abi Sufyan 5. Ali bin Abi Thalib kw tampil sebagai Khalifah dalam suasana kekacauan politik.

Bentuk kekacauan yang terjadi yang berujung arbitrase/Tahkim, adalah perang …. A. Perang Jamal B. Perang Siffin C. Perang Yamamah D. Perang Tabuk E. Perang Khandak 6. Setelah terjadi Tahkim, kelompok Ali bin Abi Ṭālib kw. terpecah. Golongan yang tidak lagi setia kepada Ali bin Abi Ṭālib kw. dan bahkan membencinya adalah…. A. Syi’ah. B. Murji’ah C. Khawarij D. Jabariah E. Qadariyah 7. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini : Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan gambaran masa ke Khalifahan Bani Umayyah, yang mewarnai munculnya perdebatan di bidang ….

A. Akhlak B. Akidah C. Ibadah D. Muamalah E. Syari’ah 8. Pernyataan-pernyataan berikut merupakan hal yang dapat meminimalisir munculnya aliran kalam dalam Islam, kecuali …. A. terjalin persaudaraan yang mesra dan akrab dikalangan umat Islam B. kebijakan khalifah yang sama sekali tidak sesuai dengan kebutuhan umat C.

kebijakan khalifah dengan pengawasan dan sesuai dengan kebutuhan umat D. segenap tenaga kaum muslimin dikerahkan untuk mengembangkan Islam E. tertutupnya pintu munculnya fitnah dari yang berambisi mengganggu keamanan 9. Pernyataan yang bukan merupakan ciri aliran Khawarij adalah…. A. kekuatan politik yang mendukung Ali bin Abi Ṭālib kw. sa’at perang Siffin B. memiliki pemikiran mu’min yang melakukan dosa besar dihukumi kafir C.

memiliki pemikiran mu’min yang melakukan dosa besar dihukumi fasik D. aliran yang pertamaka kali muncul dalam Islam sa’at setelah terjadi Tahkim E.

kekuatan politik yang kecewa terhadap hasil Tahkim 10. Pada akhir masa pemerintahan Khulafa ar-Rasyidin terdapat aliran yang merupakan kelompok yang mengkultuskan Ali bin Abi Ṭālib kw.Aliran kalam dimaksud adalah…. A. Syi’ah. B. Khawarij C. Murji’ah D. Jabariah E. Qadariyah 11.

Dari perjuangan politik tentang khilafah yang digagas Abdullah Bin Saba’pada masa ke-Khalifahan Utsman bin Affan ra, Kelompok Syi’ah berkembang menjadi aliran kalam yang memiliki ajaran pokok untuk pemimpinya. Diantara ajaran pokok Syi’ah untuk imam adalah Raj’ah artinya orang yang…. A. harus menjadi rujukkan dalam menentukan segala hal B. tidak pernah melakukan dosa besar dan dosa kecil C. diberi petunjuk oleh Allah D. terjaga dari dosa E. berjiwa suci 12.

Aliran berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali Khawarij berpendapat bahwa orang mu’min yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat dihukumi sebagai kafir. Dari hal tersebut muncul aliran kalam yang berpendapat bahwa mu’min yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat dihukumi masih tetap mu’min.

Aliran kalam dimaksud adalah…. A. Khawarij B. Murji’ah C. Mu’tazilah D. Maturidiyah E. Asy’Ariyah 13. Perseteruan kelompok Khawarij dan kelompok Mu’awiyah bin Abi Sufyan memunculkan kegaduhan politik pada ke-Khalifahan Mu’awiyah. Hal tersebut memicu munculnya pemikiran kelompok pemberani yang meyakini bahwa mereka di beri daya yang mutlak oleh Allah Swt untuk melawan situasi sesuai petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Kelompok pemberani tersebut selanjutnya dikenal dengan aliran kalam …. A. Asy’Ariyah B. Jabariyah C. Mu’tazilah D. Qadariyah E. Maturidiyah 14. Imbas dari Perseteruan kelompok Khawarij dan kelompok Mu’awiyah bin Abi Sufyan muncul juga kelompok aliran yang menyerah pada taqdir/fatalism, kelompok dimaksud adalah aliran kalam… A. Qadariyah B. Jabariyah C.

Murji’ah D. Mu’tazilah E. Maturidiyah 15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan keberadaan aliran kalam…. A. Qadariyah B. Jabariyah C. Mu’tazilah D. Maturidiyah E. Murji’ah 16. Dalam perseteruannya dengan kelompok Khawarij, Mu’awiyah Bin Abi Sufyan sebagai Khalifah yang berkuasa, untuk membenarkan tindakan politisnya berpendapat bahwa apa yang dilakukannya merupakan kehendak Allah.

Hal ini mendapat kritik keras dari orang yang selanjutnya menjadi tokoh aliran kalam Qadariyah. Tokoh yang dimaksud adalah…. A. Ma’bad Al Jauhani dan Ghailan Ad Dimasqi B. Washil Bin Atha’ dan Hasan Bashri C. Abu Musa Al Asy’ari dan Al Mathuridy D. Jahm Bin Shafwan dan Ghailan Ad Dimasqi E. Zaid Bin Ali Bin Husain dan Talhal Bin Zubair 17. Dalam perkembangannya Syi’ah terbagi kedalam beberapa sekte, aliran Syi’ah yang ajarannya mendekati Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah….

A. Syi’ah Az Zaidiyah B. Syi’ah Ghaliyah C. Syi’ah As Saba’iyah D. Syi’ah Khattabiyah E. Syi’ah Al Ba’iyah 18.

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

Dalam keberadaan dan perjuangannya, aliran kalam ini tidak mengakui ke-Khalifahan Abu Bakar Ash-Siddiq ra, Umar bin Khattab ra, dan Utsman bin Affan ra. Aliran Ilmu Kalam dimaksud adalah …. A. Khawarij B. Syi’ah. C. Murji’ah D. Jabariah E. Qadariyah 19. Untuk melaut dan berharap mendapatkan ikan yang banyak para nelayan menunggu datangnya angin darat, begitu juga untuk bisa membawa hasil tangkapan ikannya ke darat para nelayan berharap menunggu datangnya angin Laut.

Ini merupakan bukti bahwa Allah berkuasa menciptakan sesuatu dan manusia berkuasa untuk memperoleh kasb sesuatu perbuatan. Pernyataan ini merupakan doktrin aliran kalam….

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

A. Asy’ariyah B. Maturidiyah C. Mu’tazilah D. Qadariyah E. Syi’ah 20. Di suatu semak-semak, ditemukan se sosok mayat tergeletak.

Setelah setelah diselidiki identitasnya mayat tersebut beragama Islam. Diisinyalir semasa hidupnya dia dikenal sebagai pemabuk, penjudi dan kerap melakukan curanmor. Di tempat tinggalnya warga tidak memperkenankan jenazahnya di semayamkan di Mesjid karena dianggap kafir. Ilustrasi kejadian tersebut menggambarkan implementasi ajaran …. A. Asy A’riyah B. Murji’ah C. Mu’tazilah D. Qadariyah E. Khawarij 21. Aliran Mu’tazilah mengharuskan pengikutnya semasa hidup melakukan perbuatan fastabiqul khairotkarena bermohon pahala do’a dan kebaikan dari orang yang masih hidup sedangkan yang bersangkutan sudah meningal dunia itu adalah hal yang mustahil untuk bisa sampai.

Pemahaman tersebut merupakan keyakinan ajaran mu’tazilah tentang…. A. A. At-Tauhid B. Al-Adl C. Al wa’ad wa al-Wa’id D. Manzilah bainal Manzilatain E. Amar ma’ruf nahyi munkar 22. Segala sesuatu yang memabukkan, apapun bahan mentahnya.

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

Minuman yang berpotensi memabukkan bila diminum berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali kadar normal oleh seorang normal, maka minuman itu adalah khamr sehingga haram hukum meminumnya, baik diminum banyak maupun sedikit serta baik ketika ia diminum memabukkan secara faktual atau tidak. Pernyataan tersebut dikemukakan… A.

Ma’ruf Amin B. K.H. Ali Yafie C. Ibnu Qoyim D. M. Quraish Shihab E. Imam Al-Ghazali 23. Sebagai suatu kegiatan pertaruhan untuk memperoleh keuntungan dari hasil suatu pertandingan, permainan atau kejadian yang hasilnya tidak dapat diduga sebelumnya.

Adalah pengertian…. A. berjudi B mencuri C. membunuh D. uqud al-walidain E. meminum khamr 24. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini : Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan definisi…. A. berjudi B mencuri C. membunuh D. uqud al-walidain E. meminum khamr 25. Korupsi berarti penyelewengan atau penggelapan (uang negara atau perusahaan) untuk kepentingan pribadi dan atau orang lain.

Kata yang sepadan dengan kata korupsi, kecuali…. A. risywah B. khiyānat C. fasād D. ghulūl E. amanah 26. Tawuran antar pelajar dengan membawa senjata tajam kerapkali dapat mengakibatkan terjadinya ….

A. judi B. pembunuhan C. pencurian D. mabuk-mabukan E. LGBT 27. Efek berkepanjangan dari perilaku pembunuhan adalah. A. dendam B. namimah C. dengki D. iri E. ghibah 28. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut: A. berjudi B mencuri C. .LGBT D. membunuh. E. memakan harta anak yatim 29. Liwaṭh atau sodomy adalah perbuatan dosa besar yang pernah dilakukan kaum Nabi Luth, azab Allah yang ditimpakann kepada pelaku liwath pada sa’at itu berupa….

A. badai yang membawa debu batu yang mengakibatkan mata mereka buta B. satu suara yang mengguntur, memekakan pendengaran C. banjir bandang yang sangat hebat sehingga mereka hanyut D.

ditenggelamkan didalam laut lepas sampai mereka binasa E. angina kencang terus menerus sampai mereka binasa 30. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini : Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan dampak negative dari perbuatan …. A. berjudi B mencuri C.

membunuh D. meminum khamr E. memakan harta anak yatim 31. Denkibul dikenal sebagai seorang curanmor, sebagai balasan perilakunya apabila tidak segera bertaubat adalah, kecuali…. A. mengalami kegelisahan batin takut perbuatanya terbongkar B. hukuman sesuai undang-undang yang berlaku mengintai hidupnya C. nama baik diri dan keluarganya tercemar di mata masyarakat D. merusak keimanan, jika mati sebelum bertobat akan mendapat azab yang pedih. E. melenggang tenang perbuatannya tidak mempengaruhi hidupnya 32.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya :”Barangsiapa yang meninggalkan shalat sekali karena mabuk maka seakan-akan dia memiliki dunia dan segala isinya lalu diambil paksa darinya. Dan barang siapa yang meninggalkan shalat empat kali karena mabuk maka hak Allah untuk memberi minuman tinah al-khabal (lumpur busuk). Ditanyakan kepada beliau “Apa tinah al-khabal itu?” Beliau menjawab, ‘Saripati (dari nanah dan darah) para penghuni neraka Jahannam”.Berdasarkan hadis riwayat Ahmad tersebut, kita harus keras berusaha menghindari….

A. melakukan sholat tidak tepat waktu B. melalaikan melakukan shalat C. mabuk-mabukan dan narkoba D. mengambil hak orang lain E. mengundi nasib 33. Kaum Nabi Luth memiliki budi pekerti yang hina dan rendah, mereka meninggalkan ikatan pernikahan guna mendapatkan keturunan, serta perzinaan sejenis.

Melihat kedurhakaannya itu, Allah Swt menurunkan azab yang pedih.Untuk menjaga agar tidak jatuh dalam perbuatan hina seperti yang dilakukan kaum Nabi Luth dan Istrinya, hal yang harus dilakukan seorang remaja, kecuali….

A. mengisi waktu dengan kegiatan positif B. disiplin dan bertanggung jawab C. terlena dalam bergaul D. berhati-hati dalam bergaul E. memilih teman yang baik 34. Istilah untuk pakaian dalam Al-Qur’an yaitu: libās, tsiyāb, dan sarabīl. Yang memiliki arti penutup sesuai fungsi pakaian adalah…. A. tsiyāb B. libās C. sarabīl D. niqob E. wara’i 35. Pakaian yang dipakai seseorang seyoginya harus memperhatikan bahan yang digunakan, sehingga berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan-kerusankan fisik karena gesekan, sinar ultra violet, kuman-kuman, panas, zat kimia.

Dari paparan diatas maka pakaian memiliki pengertian…. A. tsiyāb B. libās C. abaya D. niqob E. wara’i 36. Pakaian selain untuk menutup aurat, juga digunakan untuk memperindah atau mempercantik pemakainya.

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah Swt…. A. QS. An-Nahl [16]: 81 B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59 C. QS. Al-A’rāf [7]: 32 D. QS. Al-A’rāf [7]: 172 E. QS. Al-Isra [17]: 33 37. Upaya setiap orang untuk memperindah diri dengan berbagai busana, hiasan ataupun yang lain dan dapat memperindah diri bagi pemakainya, sehingga memunculkan kesan indah bagi yang menyaksikan serta menambah rasa percaya diri.

Pernyataan tersebut merupakan pengertian, kecuali…. A. berpakaian B. berhias C. bersolek D. berdandan E. bersahaja 38. Prinsip dasar Islam dalam berhias sebagaimana firman Allah Swt dalam…. A. QS. Al-A’rāf [7] : 31 B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59 C. QS. Al-A’rāf [7]: 32 D. QS. Al-A’rāf [7]: 172 E.

QS. Al-Isra [17]: 33 39. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : A. haram B. sunat C. makruh D. mubah E. wajib 40. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1). Berjalan di berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali kiri (menyesuaikan aturan negeri yang bersangkutan); 2).

Jangan berkejar-kejaran di jalan, berteriak, dan sejenisnya; 3). Jangan mengganggu atau menghalangi pengguna jalan yang lain; 4). Jika menemukan benda berbahaya hendaklah diambil dan di buang di tempat sampah; 5). Jika ada trotoar, maka berjalanlah di trotoar. Pernyataan diatas merupakan adab…. A. perjalanan B. berjalan kaki C.

berkendaraan E. rombongan D. konvoy 41. Pak Ades adalah seorang peserta dalam kontenstasi pemilihan Kepala Daerah, beliau bertamu ke beberapa orang, termasuk kepada Pa Kadir seorang tokoh masyarakat. Yang paling tepat dari bertamunya pak Ades, nilai positif bertamu ….

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

A. sebagai usaha meyakinkan orang lain terhadap tujuan dan maksud tertentu. B. mempertemukan persamaan ataupun kesesuaian,sehingga akan terjalin persahabatan dan kerjasama dalam menjalani kehidupan. C. bertamu juga dapat menjadi solusi berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali efektif untuk mengokohkan kembali sillaturrahīm yang pernah retak.

D. bertamu juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi di suatu daerah yang terjadi konflik. E. dengan bertamu seorang akan melakukan diskusi yang baik, sikap yang sportif dan elegan. 42. Prinsip dasar Islam dalam bertamu sebagaimana firman Allah Swt dalam….

A. QS. An-Nur [24]:27 B. QS. Al-Ahẓab [33]: 59 C. QS. Al-A’rāf [7]: 32 D. QS. Al-A’rāf [7]: 172 E. QS. Al-Isra [17]: 33 43. Berikut adalah adab menerima tamu, kecuali…. A. berpakaian sopan.

B. terimalah tamu dengan sopan santun dan ramah-tamah. C. mengucapkan Assalamu’alaikum dan mengetuk pintu D. tunjukkan wajah yang berseri-seri, tanpa membedakan siapa tamu yang hadir. E. wanita yang sendirian di rumah dilarang menerima tamu laki-laki. 44. Memberikan jaizah kepada tamu merupakan sesuatu yang….

A. haram B. sunat C. makruh D. mubah E. wajib 45. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : A. Siti Khadijah ra. B. Zainab ra. C. Raqqayah ra. D. Ummu Kulsum ra E. Fatimatuzzahra ra 46. Pernyataan yang bertentangan dengan sifat Sayyidah Fatimatuzzahra ra adalah…. A. bersahaja walaupun suami dan ayahnya seorang kepala pemerintahan B. tidak banyak menuntut terhadap suami dan ayahnya C.

tokoh perempuan dalam bidang kemasyarakatan D. memiliki akhlak mulia E. angkuh dan sombong 47. Keadaan rumah tangga Sayyidah Fatimatuzzahra ra. dan suaminya yang seorang Amirul Mu’minin adalah…. A. bergelimang harta B. memanfa’atkan jabatan C. menghalalkan segala cara D. sederhana bahkan kerap kekurangan E. kebutuhan keluarganya dikelola bawahannya 48. Nilai teladan yang patut ditiru dari Fatimatuzzahra ra. adalah…. A. memiliki kiprah dalam perjuangan da’wah B. tidak banyak menuntut pada suami dan ayahnya C.

wanita berakhlak mulia, penyabar dan bersahaja D. tidak memanfa’atkan ke takziman umat untuk kepentingan dirirnya E. memanfa’atkan tenaga dan kemampuan orang lain untuk kepentingannya 49. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : A. Umar bin Khattab ra B. Ali bin Abi Thalib kw C. Abdurrahman bin ‘Auf D.

Abu Dzar Al-Ghifary E. Uwais Al-Qorny 50. Nilai teladan yang patut ditiru dari Uwais Al-Qorny adalah…. A. hormat, ta’at dan penuh perhatian pada ibunya B. hidup tetap bahagia walaupun dalam kemiskinan C. ujian hidup diterima dengan keikhlasan dan berusaha keras D. meminta imbalan kepada Umar Bin Khattab ra karena beliau telah dibantu E. tidak memanfa’atkan kekuasaan Khalifah walau beliau telah membantunya
Daftar Isi Artikel : • Download Soal PAI Kelas 10 File Word (Docx) • Contoh Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 10 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya 2020 • Share this: Download Soal PAI Kelas 10 File Word (Docx) Nah untuk kamu yang ingin mendapatkan file ini dalam bentuk word ( .docx) Silahkan download di bawah ini : Download Soal (File Word) Contoh Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 10 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya 2020 • Arti fana adalah … a.

selalu b. sementara c. selalu d. selamanya e. Tidak ada akhir Jawab: b • Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah ditinggikan a. penjamin b. kebesaran c. Akhirnya d. kuat e. hanya Jawab: b • Allah memiliki sifat Al Karim yang tercantum dalam sura ….

a. Al Hadid ayat 3 b. Al A’raf ayat 180 c. A Naml ayt 40 d. Taha ayat 8 e. Ali ‘Imran ayat 173 Jawab: c • Allah memiliki sifat Al Matin, yang berarti bahwa … a. penjamin b. kebesaran c. hanya d. Akhirnya e. kuat Jawab: e • Allah memiliki sifat Al Matin yang tercantum dalam Sura. a. Al Hadid ayat 3 b. Al A’raf ayat 180 c. A Naml ayat 40 d. Taha ayat 8 e. Az Zariyat ayat 58 Jawab: e • Salah satu Asmaul Husna adalah Al ‘Adl, yang berarti bahwa … a.

pertemuan b. Mahaadil c. Terakhir kali d. mahakuasa e. Favorit saya Jawab: b • Allah maha mengumpulkan adalah makna dari asmaul husnah …. a. Al Jami b. Al’Adl c. Al Akhir d. Al’Azim e. Al’Aziz Jawab: a • Sifat adil Allah berlaku untuk … a. masing-masing b. hanya orang kaya c.

para pejabat d. orang miskin e. pribadi ilahi Jawab: a • Salah satu Asmaul Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali adalah Al Akhir, yang berarti … a. mahakuasa b. Maha Adil c. bukan berakhir atau fana d. mahakuasa e. Favorit saya Jawab: c • Keberadaan Asmaul Husna, dijelaskan dalam Surat Al-Qur’an … a. Taha ayat 6 b. Taha ayat 7 c. Taha ayat 8 d. Taha ayat 9 e. Taha ayat 10 Jawab: c • Batas aurat bagi wanita adalah …. a. dari siku ke lutut b. dari tengah ke lutut c. dari leher ke pergelangan kaki d.

seluruh tubuh kecuali wajah dan kaki e. seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan Jawab: e • Pakaian merupakan sala satu …. manusia a. Identitas manusia b. harta manusia c. Harga manusia d. Kemakmuran manusia e. kemewahan seorang pria Jawab: a • Dalam Islam, pakaian harus …. a. mahal dan bagus b. mewah dan menarik c. bersih, rapi dan sopan d. Mewah dan bersih e. mahal dan mewah Jawab: c • Sebelum berpakaian, kita harus … a. berdoa b. lihat di cermin c. hiasan d.

shower e. wudhu Jawab: a • Jika Anda ingin berpakaian, mulailah dengan sisi tubuh …. a. bagian atas b. tanah c. kanan d. kiri e. baiklah Jawab: c • Bagian tubuh yang mungkin tidak ditampilkan sesuai dengan ajaran Islam disebut … a.

dekorasi b. pakaian c. jubah d. aurat e. aksesoris Jawab: d • Surat yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … a. qs Al A’raf [7]: 31 b. qs Al A’raf [7]: 32 c. qs Al A’raf [7]: 33 d. qs Al A’raf [7]: 34 e. qs Al A’raf [7]: 35 Jawab: a • Setelah Yakin Al A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah SWT … a. pakaian adat b. Pakaian Arab c. jubah d. baju putih e. Pakaian taqwa Jawab: e • Batasan aurat bagi pria adalah ….

a. dari siku ke lutut b. dari tengah perut/pusar sampai mata kaki c. dari leher ke pergelangan kaki d.

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

seluruh tubuh kecuali wajah dan kaki e. seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan Jawab: b • Fungsi pakaian adalah … a. pertunjukan b. tingkatkan gensi c. sebagai penutup alat aurat d.

Tampilkan kurva e. Tunjukkan model terbaru Jawab: c • Kejujuran adalah karakteristik dari seorang Muslim, sementara berbohong atau ketidakjujuran adalah ciri dari …. a. Mu’in b. muhsin c. Muttaqin d. munafik e. Muslim Jawab: d • Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah …. a. kebohongan b. secara jujur c. yakin d. hidup sederhana e. kehamba-hambaan Jawab: a • Bertindak berarti ….

a. yakin b. rajin c. buar d. ekonomis e. secara jujur Jawab: e • Orang yang jujur ​​akan mengatakan … a. benar b. salah c. seperti yang kamu inginkan d. marah e. dusta Jawab: a • Orang yang melakukan hal-hal jujur ​​selalu … a.

berbalik c. lilitan c. berbeda d. mengubah e. benar Jawab: e • Lawan yang jujur ​​adalah … a. Riya b. munafik c. sebuah kebohongan d. berbahaya e. harga diri rendah Jawab: c • Orang yang suka berbohong adalah orang ….

a. Muslim b. untuk melarikan diri c. munafik d. kambuh e.

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

mu’min Jawab: c • Bekerja tepat waktu berarti … a. secara jujur b. rajin c. optimis d. disiplin e. yakin Jawab: d • Rasulullah SAW. selalu mengajarkan kebanaran yaitu…. a. dusta b. secara jujur c.

munafik d. sebuah kebohongan e. berbeda Jawab: b • Perilaku orang yang baik berarti … a. moralitas tercela b. karakter terpuji c. ibadah d. Moralitas terputus e. Sayyi’ah bermoral Jawab: b • Sifat dasar hukum Alquran adalah keseimbangan dalam hal aspek material dan psikologis, yang disebut sebagai ….

a. Takamul b. wasatiyyah c. harakah d. hanya e. khuludiyah Jawab: b • Al-Quran dimulai dengan surat Al Fatihah (pembukaan) dan berakhir dengan sura ….

a. Al Baqarah b. Al ‘Alaq c. Al Ma’idah d. Annas e. Al Falaq Jawab: d • Al-Quran adalah panduan untuk bimbingan dan belas kasihan manusia bagi mereka yang beriman. Ini dikonfirmasikan oleh Allah dalam Sura. a. Al Jasiyah [45]: 20 b. Ali Imran [3]: 138 c. Al Jasiyah [45]: 45 d. Ali Imran [13]: 13 e. Al Baqarah [2]: 2 Jawab: a • Al-Qur’an bertindak sebagai Hudan, artinya ….

a. dekorasi b. sebuah petunjuk c. korek api d. penyelesaian e. undang-undang Jawab: b • Dalam Surat Al Baqarah ayat 2, Allah berfirman bahwa Alquran adalah pedoman untuk … a. munafikin b. musyrikin c. Mukhlisin d. Muttaqin e. Muslim Jawab: d • Alquran bertindak sebagai keinginan. Ini terkandung dalam asam …. a. Al Jasiyah [45]: 20 b. Ali Imran [3]: 138 c.

Al Jasiyah [45]: 45 d. Ali Imran [13]: 13 e. Al Baqarah [2]: 2 Jawab: b • Hukum waris Islam sepenuhnya …. a. Al-Quran b. Hadis b. ijma ulama c. qiyas e. KUHP Jawab: a • Hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan secara lahiriah, manusia dengan sesama manusia berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali orang-orang dengan lingkungannya disebut hukum ….

a. amaliyah b. jinayah c. i’tiqadiyah d. Khuluqiyah e.

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

siyasah Jawab: a • Hukum yang berkaitan dengan perilaku moral manusia dalam kehidupan disebut hukum …. a. amaliyah b. jinayah c. i’tiqadiyah d. Khuluqiyah e. siyasah Jawab: d • Sumber hukum tertinggi dalam Islam adalah …. a. Al-Quran b. Sunnah c. ijtihad d. qiyas e. Ijama Jawab: a • Menurut jenis dongeng, hadits dibagi menjadi … jenis.

a. enam b. lima c. empat d. tiga e. dua Jawab: e • Hadits adalah Mubayyin untuk Alquran. Arti dari Mubayyin adalah …. a. jelas b. penyelesaian c. melengkapi d. terjemahan e. artinya Jawab: a • Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Al-Quran adalah … a. ijtihad b. Hadist c. qiyas d.

ijma ‘ulama e. Fatwa para ulama Jawab: b • Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … a. haram b. Sunnah c. makruh d. mubah e. wajib Jawab: e • Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali yang menceritakan hadits disebut … a.

sanad b. Rawi c. sahabat d. tabi’in e. tabi’ut tabi’in Jawab: b • ​​Imam At Tirmidzi berbagi Hadits Ahad di … a. dua tipe b. tiga tipe c. empat jenis d. lima jenis e. enam jenis Jawab: b • Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … a. wajib b. Sunnah c. makruh d. mubah e. haram Jawab: e • Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali … a. Hadits Mu’allaq b. Hadits Mursal c. Hadits Da’eef d. Hadits Mu’dal e. Hadits Syaz Jawab: a • Arti maudu adalah … a.

dilarang b. riang c. Dilarang d. dipisahkan e. lemah Jawab: a • Hukum untuk menyangkal Hadis adalah … a. wajib b. Sunnah c. makruh d. mubah e. haram Jawab: e • Ijtihad menurut bahasa adalah …. a. laze b. kesungguhan c. setuju d. kebalikan e. bersatu Jawab: b • Salah satu dasar Ijtihad adalah Alquran yang terkandung dalam firman Allah SWT a.

qs Al An Abiya [21]: 10 b. qs AlAn Anbiya [21]: 9 c. qs AlAn Anbiya [21]: 8 d. qs AlAn Anbiya [21]: 7 e. qs AlAn Anbiya [21]: 6 Jawab: d • Hadits yang diceritakan oleh Ibnu Hanbal adalah perintah … a. dzikir b. penyesalan c. beremigrasi d. bermigrasi e. setuju Jawab: d • Contoh yang di haram kan oleh Allah adalah … a. riba b. bunga bank c. pinjaman d. hutang e.

semuanya benar Jawab: e • Para sahabat Nabi dikirim ke Yaman karena para hakim … a. Zaid bin Thabit b. Zubayr bin Awwam c. Mu’adz adalah Jabal d. Ali ibn Abi Thalib e. Abu Sufyan Jawab: c • Orang yang mencari aturan hukum disebut … a. ijtihad b. ulama jumhur c. qiyas d. Mujahid e. mujtahid Jawab: e • Di bawah ini adalah pilar Qiyas, kecuali …. a. al ashi b. jauh sekali c. Ashlock Act d. Hukum Far’u e.illat Jawab: d • Berdasarkan bahasa, ijma … a.

tenang b. undang-undang c. kesepakatan d. kekuatan e. satuan Jawab: c • Persetujuan Mujtahid setelah kematian Nabi Muhammad. dalam hukum kasus itu dikatakan …. a. Al-Quran b. Hadis c. qiyas d. ijma e. Fatwa para ulama Jawab: d • Bahasa keras Qiyas adalah …. a. saham b. bubar c. mengukur d. Pilih sendiri e.

jatuhkan Jawab: c • Era ketidaktahuan juga disebut zaman …. a. madaniyah b. jahiliyah c. makiyah d. kaya e. mandat Jawab: b • Rasulullah SAW. menerima wahyu pertama di …. a. Ka’bah b. Masjid Al Haram c. Gua Hira d. Gua Tsur e. Padang Arafat Jawab: c • Wahyu pertama diwahyukan kepada Nabi Muhammad. terkandung dalam surah …. a. qs Al Fatihah [1]: 1-7 b. qs Al Muddasir [74]: 1-5 c. qs Al Maidah [5]: 3 d.

qs AL ‘Alaq [96]: 6-10 e. qs Al-Alaq [96]: 1-5 Jawab: e • Sejak wahyu dari Sura Al Muddasir [74]: 1-7 Rasullullah SAW. mulai berkhotbah. Tujuan dari propaganda Nabi. awalnya ….

a. Istri dan anak b. kerabat terdekat dan teman tepercaya c. Teman dan budak d. Bani Hasyim e. orang Quraish Jawab: b • Bahan disajikan dalam khotbah Nabi Muhammad. sementara di Mekah, difokuskan langsung pada esensi esensi, yaitu …. a. Tauhidullah b. doa c. jihad d. akhlakul karimah e. zakat Jawab: a • Nabi Muhammad SAW.

bisa berkhotbah di Mekah selama… a. 3 tahun b. 10 tahun c. 13 tahun d. 23 tahun e. 40 tahun Jawab: c • Komunitas Mekah dipengaruhi oleh berbagai krisis pada waktu itu, dan yang paling penting adalah krisis …. a. secara moral b. budaya c. uang e. ekonomi d. kepercayaan Jawab: a • Teladan yang baik juga berarti …. a. akhlakul karimah b. akhlakul khabisah c. Uswatun Hasanah d. uswatun khisah e.

Htaman Nabiyyin Jawab: c • Berikut adalah orang-orang pertama yang menyambut undangan Nabi, kecuali …. a. Khadijah binti Khuwailid b. Ali ibn Abi Thalib c. Zaid bin Harithah d. Abu Bakar Shiddiq e. Umar bin Khaththab Jawab: e • Dalam Islam pengendalian diri disebut … a. muhahadah fi sabilillah b. mujahadah dan nafsi c.

Mujahada gazwa d. mujahadah ke aqli wal ‘ilmi e. Mujahadah Bi Qalbi Jawab: b • Mujahadah dan Nafs adalah … a. Jihad dengan senjata berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali. berjuang dengan akal dan sains c. Berjuang melawan nafsu d. berjuang melawan kemiskinan dan ketidaktahuan e. untuk berjuang melawan ketidaktaatan Jawab: c • Jihad Terbesar Setelah Hadits Nabi SAW. menentang ….

a. musuh b. iblis c. nafsu d. manusia e. keinginan Jawab: c • Pertengkaran murid mencerminkan ketidakmampuan untuk mencapai apa pun …. a. perdamaian b. Penguasaan diri c. penghargaan d. upeti e. keamanan Jawab: b • Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti …. a. dalam perang b. disengketakan c. untuk bahagia d. Saya serius e. untuk hidup Jawab: d • Mengurangi emosi adalah salah satu kebijaksanaan ….

a. Husnuzhan b. ukhuwah c. mujahadah dan nafsu d. optimis e. sabar Jawab: c Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 10. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih. Baca Juga : • Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 11 • Soal Pendidikan Agama Islam Kelas 12 Share this: • • • • • Posted in Umum Tagged contoh soal pai kelas 10 semester 1 essay, soal agama islam kelas 10 semester 1 kurikulum 2013 tahun 2018, soal agama islam kelas 10 semester 2 kurikulum 2013, soal agama islam kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 tahun 2017, soal agama islam kelas 10 smk beserta jawabannya, soal essay agama islam kelas 10 beserta jawabannya, soal pai kelas 10 essay, soal pai kelas 10 semester 2 Materi Terbaru • Contoh Cerita Fabel • Pengertian Mulut • Fungsi Cerebellum • Pengertian Usus Besar • Prinsip Kultur Jaringan • Vesica Urinaria • Fungsi Laring • Proses Pembentukan Sel Darah Merah • Tendon Adalah • Kata Kerja Bahasa Arab (فعل) • Mollusca • Saraf Spinal • Protista Mirip Jamur • Zygomycota • Kingdom Archaebacteria
Bernama asli Abdullah bin Abu Quhafah, Abu Bakar Ash Shiddiq adalah sahabat Rasulullah SAW yang sangat setia.

Dialah khulafaur rasyidin terpilih yang dijamin masuk surga. Tak hanya menjadi golongan orang pertama yang beriman pada Islam, Abu Bakar juga menjadi mertua bagi Nabi Muhammad SAW yang menikahi putrinya, Aisyah RA, dan menjabat khalifah pertama sepeninggal nabi. Sebagai muslim, sudah sepatutnya kita menjadikan akhlak para sahabat Nabi sebagai panutan.

Berikut beberapa sikap teladan dari khalifah Abu Bakar sepanjang perjalanan hidupnya. unsplash.com/Rachid Oucharia Abu Bakar sudah dikenal sebagai pedagang kaya yang sukses sejak usia muda. Sifatnya yang ramah dan jujur membawa perdagangannya sampai ke Yaman. Sosok Abu Bakar sangat dihormati warga Quraisy. Saat Nabi Muhammad SAW menerima kebenaran wahyu dari Allah SWT, Abu Bakar yang tak lain adalah sahabat setia, rela menghabiskan hampir seluruh hartanya untuk dakwah Islam.

Abu Bakar tak segan bersedekah untuk membantu penyebaran agama Islam dan membebaskan budak dengan bayaran yang tak sedikit. Pengorbanan harta, jiwa dan raga yang diberikan Abu Bakar berhasil membuat pengikut Islam terus bertambah.

Di zaman modern ini, kamu juga bisa membantu berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali Islam dengan harta. Misalnya dengan memberi donasi untuk pengembangan situs Islam terpercaya, pembangunan masjid atau sedekah konsumsi untuk para jamaah yang mengikuti kajian agama. needpix.com Bukti kecintaan Abu Bakar kepada Rasulullah SAW di antaranya adalah saat menemani hijrah Nabi dari Makkah menuju Madinah. Abu Bakar terus menjaga Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan yang cukup jauh.

Kadang ia berjalan di depan Rasul, kadang berpindah ke belakang. Abu Bakar sangat khawatir musuh melukai Rasulullah yang amat dicintainya. Keduanya bersembunyi di dalam gua Tsur demi menghindari kejaran pasukan musyrikin Quraisy.

Abu Bakar segera menutupi lubang-lubang dalam gua dengan kain, supaya tidak keluar hewan yang membahayakan Rasul. Namun, masih ada lubang yang luput ditutupi. Saat Rasulullah tertidur berbantalkan pangkuan Abu Bakar, seekor ular keluar dari lubang dan menggigit kaki Abu Bakar yang sengaja menutupinya.

Pengorbanan sebesar ini hanya muncul dari iman dan rasa cinta sepenuh hati pada sosok baginda Nabi. Baca Juga: 5 Fakta Aisyah, Istri Rasulullah yang Patut Diteladani Perempuan arabnews.com Perjalanan Isra Mi’raj yang dialami Nabi Muhammad SAW hanya dalam satu malam, adalah kejadian di luar logika yang benar-benar menguji keimanan orang-orang yang mendengarnya.

Banyak yang tak percaya kalau Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsha dalam waktu singkat. Bahkan, kaum musyrik Quraisy menggunakan kesempatan itu untuk mengajak umat muslim murtad. Abu Bakar yang mengenali karakter jujur Rasulullah, mengimani kejadian itu sepenuhnya. Kala itu, Abu Bakar langsung menemui Rasulullah dan memintanya menerangkan ciri-ciri Baitul Maqdis. Setelah Rasulullah menjelaskan dengan runut, Abu Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali berkata, “Engkau berkata benar.

Aku bersaksi Engkau adalah utusan Allah.” Inilah kesempurnaan iman yang harus kita teladani sebagai muslim. wallpaperflare.com Sepeninggal Rasulullah SAW, Abu Bakar Ash Shiddiq diangkat sebagai khalifah yang memimpin rakyatnya. Sifat jujurnya yang menonjol, membuat keluarga Abu Bakar hidup dengan sederhana. Abu Bakar tak ingin menggunakan kepemimpinannya untuk menikmati fasilitas negara. Dikisahkan, menjelang akhir hayatnya, Abu Bakar berwasiat pada putrinya Aisyah bahwa ia hanya memiliki sehelai permadani yang usang, seekor unta dan seorang pelayan yang mengurusi rumah tangga.

Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali Bakar ingin agar setelah wafat, semua yang tersisa dari harta kaum muslimin itu diberikan kepada Umar bin Khattab. Abu Bakar tak ingin menghadap Allah SWT dengan harta umat walau sedikit. Pemimpin dengan level amanah setinggi ini, pasti memiliki keimanan yang kuat.

Saking jujur dan amanahnya, khalifah Abu Bakar masih memikirkan harta rakyat menjelang ajalnya. Pantaslah kalau Rasulullah SAW sampai menjuluki Abu Bakar sebagai Ash Shiddiq (orang yang jujur).

unsplash.com/Ryan Pradipta Putra Sepeninggal Rasulullah, Abu Bakar diangkat sebagai khalifah (13/632-634 M) yang kekuasaannya berlangsung selama 2 tahun 5 bulan 11 hari.

Cukup banyak masalah yang terjadi dalam negeri akibat wafatnya baginda Nabi, seperti munculnya nabi palsu, orang-orang yang enggan berzakat, bahkan ada sebagian muslim yang murtad. Melanjutkan tugas mulia Rasulullah SAW adalah tujuannya menjadi khalifah. Di bawah pimpinan Abu Usamah, Abu Bakar menyebarkan agama Islam dengan mengirim ekspedisi ke perbatasan Suriah. Kepercayaan diri umat muslim yang mulai goyah, kembali bangkit melihat suksesnya ekspedisi itu. Rasulullah boleh tiada, tapi semangat menghidupkan nilai-nilai Islam harus tetap terpatri di hati setiap muslim.

Itulah beberapa sikap teladan yang bisa dipetik dari perjalanan hidup Abu Bakar Ash-Shiddiq. Baca Juga: 5 Buku tentang Rasulullah Ini Siap Temani Ramadanmu di Rumah!

Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic? Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman ArtisnyaMenu • HOME • RAMADHAN • Kabar Ramadhan • Puasa Nabi • Tips Puasa • Kuliner • Fiqih Ramadhan • Hikmah Ramadhan • Video • Infografis • NEWS • Politik • Hukum • Pendidikan • Umum • News Analysis • UMM • UBSI • Telko Highlight • NUSANTARA • Jabodetabek • banten • Jawa Barat • Jawa Tengah & DIY • Jawa Timur • kalimantan • Sulawesi • Sumatra • Bali Nusa Tenggara • Papua Maluku • KHAZANAH • Indonesia • Dunia • Filantropi • Hikmah • Mualaf • Rumah Zakat • Sang Pencerah • Ihram • Alquran Digital • ISLAM DIGEST • Nabi Muhammad • Muslimah • Kisah • Fatwa • Mozaik • INTERNASIONAL • Timur tengah • Palestina • Eropa • Amerika • Asia • Afrika • Jejak Waktu • Australia Plus • DW • EKONOMI • Digital • Syariah • Bisnis • Finansial • Migas • pertanian • Global • Energi • REPUBLIKBOLA • Klasemen • Bola Nasional • Liga Inggris • Liga Spanyol • Liga Italia • Liga Dunia • Internasional • Free kick • Arena • Sea Games 2021 • SEAGAMES 2021 • Berita • Histori • Pernik • Profil • LEISURE • Gaya Hidup • travelling • kuliner • Parenting • Health • Senggang • Republikopi • tips • TEKNOLOGI • Internet • elektronika • gadget • aplikasi • fun science & math • review • sains • tips • KOLOM • Resonansi • Analisis • Fokus • Selarung • Sastra • konsultasi • Kalam • INFOGRAFIS • Breaking • sport • tips • komik • karikatur • agama • JURNAL-HAJI • video • haji-umrah • journey • halal • tips • ihrampedia • REPUBLIKA TV • ENGLISH • General • National • Economy • Speak Out • KONSULTASI • keuangan • fikih muamalah • agama islam • zakat • IN PICTURES • Nasional • Jabodetabek • Internasional • Olahraga • Rana • PILKADA 2020 • berita pilkada • foto pilkada • video pilkada • KPU Bawaslu • SASTRA • cerpen • syair • resensi-buku • RETIZEN • Info Warga • video warga • teh anget • INDEKS • LAINNYA • In pictures • infografis • Pilkada 2020 • Sastra • Retizen • indeks Baca Juga • 5 Contoh Buruk Sangka kepada Allah SWT Menurut Ibnu Qayyim • 6 Keamanan dan Ketenangan yang Ditawarkan Islam • 9 Perlakuan Istimewa Malaikat Khusus untuk Orang Beriman 1.

Tidak pernah minum khamar Sahabat Nabi yang bernama lengkap 'Abdullah ibn 'Ustman ibn 'Amir ibn 'Amr ibn Ka'ab ibn Sa'ad ibn Taym ibn Murrah ibn Ka'ab ibn Lu-ay ibn Ghalib ibn Fihr al-Taimiy itu tidak pernah minum khamr atau minuman keras dalam hidupnya.

Dia mengharamkan miras untuk dirinya. 2. Setia kawan Abu Bakar setia kepada kawan yang sedang dalam kesusahan. Sikap setia kawan ini bisa terlihat saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makkah ke Yatsrib. Abu Bakar melakukan persiapan dengan membawa perbekalan dan menemani Rasulullah SAW dalam perjalanan. Abu Bakar menemani Nabi Muhammad saat bersembunyi di dalam gua untuk menghindari kejaran orang-orang kafir Makkah.

Kisah mereka termaktub dalam Alquran. Allah SWT berfirman: إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا "Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Makkah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita." (QS At-Taubah: 40) 3.

Suka menolong sesama Abu Bakar memerdekakan budak-budak yang disiksa tuannya karena memeluk Islam. Contoh budak yang dimerdekakan oleh Abu Bakar, antara lain adalah Bilal ibn Rabbah al Habsyiy, 'Amir bin Fuhairah dan lainnya.

4. Membenarkan ucapan Nabi Muhammad SAW Abu Bakar adalah yang pertama kali percaya terjadinya Isra Miraj, meski dia tidak mendengar hal itu langsung dari Nabi Muhammad SAW sendiri. Apalagi perjalanan ke langit yang dilakukan Nabi Muhammad dengan buraq itu tentu sukar dipercaya.

berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali

Karena itulah Abu Bakar mendapat gelar Ash-Shiddiq yaitu orang yang membenarkan apa yang dikatakan Nabi SAW. 5. Tawadhu Sikap ini terlihat saat Abu Bakar diangkat menjadi khalifah. Dalam pidato politiknya, Abu Bakar menunjukkan ketawadhuannya dengan menyampaikan bahwa dia bukanlah orang yang terbaik di antara orang-orang kala itu.

Abu Bakar memperlihatkan bahwa dia bisa saja terjebak pada suatu kesalahan sehingga seorang pemimpin perlu menerima masukan agar kembali ke jalan yang benar. Berikut ini pidato Abu Bakar: "Wahai umat manusia, berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali aku telah diangkat menjadi pemimpin kalian, padahal aku bukanlah orang yang terbaik di antara kalian.

Karena itu, jika aku berbuat baik, tolonglah, namun jika aku berbuat kesalahan, bawalah aku kepada yang benar. Orang yang lemah dalam pandangan kalian akan kuat di sisiku, sehingga akan aku kembalikan haknya kepadanya. Sebaliknya, orang yang kuat di sisi kalian akan lemah dalam pandanganku, sehingga akan aku tegakkan kebenaran kepadanya.

Ingatlah, setiap kaum yang meninggalkan jihad fii sabilillah akan ditimpakan Allah kehinaan kepadanya, sedangkan setiap kejahatan yang tersebar dalam suatu kaum hanya akan mendatangkan bala secara umum. Taatlah kalian kepadaku selama aku mentaati Allah dan Rasul-Nya, dan kalau sekiranya aku mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka tidak ada kewajiban kalian untuk mentaatiku."
Jawaban A.

As Shiddiq menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali. Jawaban B. Al Atiq menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan. Jawaban C. Abu Bakar menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban D. Al Faruq menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat. Jawaban E. Semua jawaban benar menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah D. Al Faruq Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.
“ Sahabat Amr bin As pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, tentang siapa yang paling beliau cintai.

Lalu, Rasulullah SAW pun menjawab, ‘Aisyah.’ Kemudian, Amr bin As pun bertanya kembali, siapakah mereka yang dari golongan laki-laki.

Tak lama, Rasulullah SAW pun menjawab, ‘Ayah Aisyah, Abu Bakar.’ ” (HR. Muslim). Artinya: “ Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Makkah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.

” (QS. At Taubah: 40) Selain menjadi orang pertama yang memeluk Islam, Abu Bakar juga merupakan orang pertama yang percaya akan Isra Berikut adalah perilaku teladan abu bakar kecuali. Padahal, beliau tidak mendengar hal tersebut langsung dari Nabi Muhammad SAW. Itu alasan mengapa Abu Bakar mendapat gelar As Siddiq atau orang yang membenarkan apa yang dikatakan Rasulullah SAW.

KISAH TELADAN ABU BAKAR AS SIDDIQ




2022 www.videocon.com