Anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Setiap orang tua selalu menginginkan anaknya tumbuh menjadi seseorang yang berguna dan sukses dunia akhirat. Tak heran apabila orang tua selalu memilih dan memberikan nama yang terbaik untuk anaknya.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Selain akan digunakan seumur hidup, nama juga merupakan cerminan doa dan harapan dari orangtua untuk anaknya. Banyak orangtua muslim memilih dan memberi nama bayi menggunakan nama tokoh-tokoh Islam yang berasal dari Alquran. Salah satu nama yang sering dijadikan sumber referensi adalah nama anak Nabi Muhammad SAW. Hal ini dimaksudkan agar kelak anaknya memiliki kepribadian luhur yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW telah dikaruniai tujuh orang anak.

Masing-masing nama anak Nabi Muhammad SAW tersebut tentu memiliki makna serta keistimewaan tersendiri karena berisi doa langsung dari Rasulullah SAW.

Lantas, siapa saja nama anak Nabi Muhammad SAW? Simak kisah singkatnya yang merdeka.com lansir dari NU Online: 2.bp.blogspot.com Seperti yang sudah diketahui, Nabi Muhammad SAW menjadi uswah hasanah (suri tauladan yang baik) bagi umat Islam. Agar bisa mencintai serta meneladani kehidupan Rasulullah SAW, tentunya harus mengerti serta mempelajari sejarah atau sepak terjang beliau semasa hidup, tak terkecuali mengenai para keturunannya.

Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW telah dikaruniai 7 orang anak, 4 perempuan dan 3 laki-laki. Seperti dikutip dari NU Online, seluruh anak nabi berasal dari hasil pernikahannya dengan Sayyidah Khadijah, kecuali Ibrahim yang dilahirkan oleh Sayyidah Mariyah al-Qitbhiyah. BACA JUGA: Potret Goa Hira Saat Ini, Tempat Pertama Nabi SAW Menerima Wahyu Allah Masjid Peninggalan Rasulullah SAW Ditutup Akibat Tangan Jahil Manusia, Ini Potretnya Adapun nama anak Nabi Muhammad SAW di antaranya Sayyidina al-Qasim, Sayyidah Zainab, Sayyidah Ruqayyah, Sayyidah Ummu Kultsum, Sayyidah Fatimah az-Zahra, Sayyidina Abdullah, dan Sayyidina Ibrahim.

BACA JUGA: Potret Area Tempat Perang Badar, Peperangan Pertama Kali dalam Sejarah Islam Potret Bekas Rumah Masa Kecil Nabi Muhammad, Sumurnya Awet Meski di Padang Pasir Nama anak Nabi Muhammad SAW yang pertama adalah Qasim bin Muhammad.

Anak tertua Nabi Muhammad ini hanya hidup selama beberapa hari saja. Ia meninggal pada 605 Masehi sebelum berusia 2 tahun dan dimakamkan di Jannatul Mu’alla, Mekkah. Qasim dikenal sebagai anak tertua Rasulullah SAW, maka Nabi diberi julukan Abu Qasim.

Adapun arti nama Qasim sendiri ialah “pemberi imbalan” yang merupakan harapan bahwa kelak akan menjadi anak yang saleh dan panjang umur.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Namun, Allah SWT lebih tahu yang terbaik dan lebih dulu mengambilnya. 2. Zainab binti Muhammad Zainab binti Muhammad merupakan putri tertua Nabi yang lahir pada tahun ke-30 dari kelahiran Rasulullah SAW.

Nama Zainab sendiri diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti indah dan wangi. Putri Nabi Muhammad ini wafat pada usia 29 tahun karena sakit dan dimakamkan di Jannatul Baqi. BACA JUGA: Potret Terbaru Kondisi Masjid Bilal Muazin Nabi Muhammad SAW, Ada Pusat Perbelanjaan Sholat yang Bisa Dijamak dan Diqasar, Lengkap dengan Niat Serta Sebab Dibolehkannya 3. Ruqayyah binti Muhammad Nama anak Nabi Muhammad berikutnya yaitu Ruqayyah bin Muhammad. Dia lahir pada tahun ke-33 dari kelahiran Rasulullah SAW.

Kemudian dinikahi oleh Utsman bin Affan dan dikaruniai anak bernama Abdullah yang meninggal pada usia empat tahun. Putri Nabi Muhammad ini wafat saat perang Badar berlangsung dan jenazahnya dimakamkan di Jannatul Baqi.

4. Ummu Kultsum binti Muhammad ©2019 Merdeka.com/Free Images Ummu Kultsum merupakan anak Nabi Muhammad keempat yang lahir 6 tahun sebelum diutusnya kenabian atau ketika Nabi berumur 34 tahun. Dia dinikahi oleh Utbah bin Abu Lahab, namun kemudian diceraikan sebelum disentuhnya. Setelah itu, ia dinikahi Utsman bin Affan pada tahun 3 H.

BACA JUGA: 8 Amalan Menjelang Ramadhan, Seperti Suri Tauladan Nabi SAW Surah Al Kautsar Latin dan Artinya, Berkaitan dengan Kisah Kematian Putra Nabi SAW 5. Fathimah az-Zahra binti Muhammad Salah satu nama anak Nabi Muhammad SAW yang paling dikenal umat muslim adalah Fathumah az-Zahra.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Kebaikan serta kemuliaan hatinya, menjadikan anak Nabi Muhammad satu ini telah menginspirasi umat muslim di seluruh dunia. Tak heran, jika beliau dijuluki sebagai seorang yang memiliki karakter yang menyerupai Nabi Muhammad.

6. Abdullah bin Muhammad Nama anak Nabi Muhammad SAW berikutnya yaitu Abdullah bin Muhammad. Putra Nabi Muhammad ini meninggal di usia yang masih kecil, yaitu pada tahun 615 Masehi. Abdullah juga disebut dengan nama at-Thayyib dan ath-Thahir karena lahir pada masa kenabian. BACA JUGA: Hari Ini Tanggal 1 Syaban 1443, Ketahui Jadwal Puasa dan Keutamaan Malam Nisfu Syaban Doa untuk Guru Ngaji Bahasa Arab Lengkap dengan Latin dan Artinya 7.

Ibrahim bin Muhammad Nama anak Nabi Muhammad yang terakhir adalah Ibrahim bin Muhammad. Anak Rasulullah satu ini lahir dari rahim istri Rasulullah SAW yang bernama Maria al Qitbiya. Ibrahim sendiri lahir pada akhir bulan dari tahun 8 Hijriah, diberi nama Ibrahim yang berarti sama dengan nama anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan satu leluhur bagi bangsa Arab dan Israel.

1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 3 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 4 Nekat Berenang saat Ombak Tinggi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi 5 Potret Carissa Putri Bersama 2 Putranya yang Ganteng-ganteng Banget Liburan ke Bali Selengkapnya Anak Lelaki 1.

Al Qasim Beliau merupakan laki-laki yang namanya dijadikan kun-yah oleh Nabi Muhammad SAW. Karena itu, kita mengenal sebutan lain untuk nabi yaitu Abul Qasim. Al Qasim lahir dari Khadijah binti Khuwailid Al Qurasyiah. 2. Abdullah Julukan untuk laki-laki ini adalah Ath Thahir dan Ath Thayyib.

Ibunya juga Khadijah. 3. Ibrahim Merupakan keturunan Nabi Muhammad yang terakhir (bungsu). Ibunya bernama Mariyah Al Qibthiyyah. Ketiganya (semua keturunan laki-laki) wafat ketika masih kecil. Anak Perempuan 1. Zainab 2. Ruqayyah 3. Ummu Kultsum anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan. Fathimah Fatimah merupakan putri Nabi Muhammad yang paling dikenal di kalangan umat Islam.

Fatimah juga merupakah istri Ali bin Abi Thalib. Seluruh keturunan Nabi yang perempuan lahir dari Khadijah. Dengan demikian, semua anak Nabi Muhammad saw lahir dari rahim Khadijah kecuali Ibrahim. Adapun dari istri-istri Nabi Muhammad yang lain tidak memiliki keturunan. Demikian terjawab sudah tentang nama anak anak nabi beserta masing-masing ibunya. Judul judul artikel lain tentang nabi Muhammad SAW yang patut anda baca: • Akhlak Nabi Muhammad SAW berdasarkan hadits • Pahami arti Maulid Nabi Muhammad dari berbagai segi • Kisah Cinta Tulus Sang Nenek untuk Nabi • Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW tentang Khasiat Ayat Kursi • Pengertian Maulid Nabi, Maulud Nabi dan Milad : Apa Bedanya?

• Tips dan Trik Pidato Maulud Nabi yang Menarik • Rumah tangga sakinah Nabi Muhammad SAW Catatan: Penulisan kata “Nabi” ada yang awalnya menggunakan kapital/huruf besar (Nabi), ada juga yang menggunakan huruf kecil (nabi). Mengapa demikian? Berikut penjelasannya… Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang.

Contoh: • Sultan Hasanuddin • Nabi Adam • Imam Hanafi Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang tidak diikuti nama orang. Contoh: Kelak, dialah yang akan menjadi nabi. Kata “nabi” di sini huruf pertamanya menggunakan huruf kecil, karena tidak disertai nama orang (penyandang anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan.

Sumber : Artikel tentang anak anak Nabi Muhammad di kangaswad.wordpress.com
Jakarta - Nabi Muhammad SAW disebut memiliki 7 orang anak. Dikutip dari Sirah Nabawiyah karya Abdul Hasan 'Ali al-Hasani an-Nadwi, enam anak Rasulullah lahir dari istri pertama, Siti Khadijah.

Putra pertama Rasulullah dari Siti Khadijah adalah Qashim yang lahir sebelum era kenabian dan wafat saat berusia 2 tahun. Kemudian lahirlah Abdullah yang wafat saat masih kecil. Setelah itu dari Siti Khadijah lahirlah Zaenab, Ruqayah, Ummi Kultsum dan Fatimah.

Satu anak Rasulullah lahir dari Mariyah al-Qibthiyah yakni Ibrahim. Namun Ibrahim meninggal dunia saat berusia 17 bulan. Saat Ibrahim lahir sebagaimana tradisi Arab pada saat itu, Nabi Muhammad kemudian mencari ibu susuan untuk anaknya itu. Rasulullah akhirnya memilih Khualah binti Mundzir bin Zaid dari Najjar, istri Barra' bin Aus dan ibu Bardah, untuk menyusui Ibrahim.

Sejak itu, Nabi Muhammad dan Ibrahim tinggal terpisah. Nabi Muhammad di samping Masjid Nabawi, di tengah-tengah Kota Madinah, sementara Ibrahim bersama ibu susuannya di dataran tinggi Madinah. Namun setiap hari Nabi mengunjungi putranya itu. Beliau singgah beberapa saat di rumah Khaulah, mengajak Ibrahim bercanda dan berbicara lembut. Sayang Ibrahim wafat selagi masih kecil. Rasulullah sangat menyayangi putra-putrinya. Sang penghulu Rasul dan Nabi yang mendapat julukan Al Amin itu akan bersedih, terguncang hatinya, bahkan sampai menitikkan air mata begitu putra-putranya dipanggil Allah SWT.

Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shihahnya dari Asma binti Yazid bin as-Sakan, Rasulullah sangat bersedih saat Ibrahim wafat. "Mata berlinang mengeluarkan air mata dan hati menjadi sedih. Kami tidak dapat mengatakan sesuatu yang membuat Tuhan murka. Kami sedih kerenamu, wahai Ibrahim," kata Rasulullah. Baca juga: Doa Makan dan Cara Makan Nabi Muhammad SAW Terkait putri Rasulullah, Zainab menikah dengan Abu al-Ash bin al-Rabi', keponakan Rasulullah dari keturunan Khadijah.

Kedua, Fatimah yang menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Lalu Ruqayyah dan terakhir Ummu Qultsum yang menikah dengan Utsman bin Affan. Kepribadian Rasulullah yang bersahaja disebut diwarisi oleh Fathimah. Anak Nabi Muhammad itu tetap tampil sederhana, dengan segenap kebesaran dan kemewahan jiwanya. (nwy/erd) Mengenal kemudian mencintai nabi Muhammad SAW beserta keluarganya adalah sebuah karunia dan ibadah yang besar ganjarannya dari Allah SWT.

Anak-anak nabi SAW beserta keturunannya adalah salah satu wasiat besar yang nabi tinggalkan untuk umatnya. Bukan hanya sebatas hubungan darah, para ahlul bait Rasulullah SAW dikaruniai amanah untuk menjaga akhlak dan ilmu Rasulullah SAW. DR Ali Gomaa, mantan mufti Mesir berkata: “Kami sangat mencintai Allah, dan dengan cinta kami pada Allah, kami mencintai Rasulullah SAW yang telah melaksanakan kebaikan-kebaikan yang karenanya Allah mencintai dunia dan seisinya, dan dengan cinta kami pada Rasulullah kami mencintai ahlul baitnya yang beliau wasiat kan, dan keutamaan-keutamaan yang dimiliki mereka.” Maksud dari perkatan DR Ali, di atas yaitu, cinta pada ahlul bait adalah tanda cinta para Rasulullah, kemudian cinta pada Rasulullah adalah tanda cinta pada Allah SWT.

kemudian perlu difahami juga bahwa anak-anak nabi beserta seluruh keturunannya tidak lah terjaga dari dosa atau ma’shum. Mereka tetap dapat melakukan dosa sebagaimana manusia biasa, namun meski demikian umat muslim diimbau untuk tetap menghormati dan berbuat baik kepadanya.

قُل لَّا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَىٰ ۗ “Katakanlah (Muhammad), “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu imbalan pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan.” (QS Asy Syura, 23) أحِبوا اللهَ لما يغْذوكم من نعَمِه ، وأحِبُّوني بحُبِّ اللهِ ، وأَحِبُّوا أهلَ بيتي بحُبِّي “Cintailah Allah atas apa yang telah Dia karuniakan dari kenikmatan, dan cintailah aku dengan cinta pada Allah, dan cintailah Ahlu bait ku dengan cinta pada ku” (HR Tirmidzi dari Sahabat Abdullah bin Abbas) Siapakah anak-anak nabi Muhammad SAW ?

Setelah penjelasan singkat tentang pentingnya untuk mencintai nabi dan keturunannya, penulis ingin mengenalkan sekilas tentang siapa saja anak-anak nabi SAW. Anak-anak nabi SAW secara keseluruhan ada 7 orang, 3 laki-laki dan 4 perempuan.

Keseluruhannya berasal dari istri Rasulullah SAW yang pertama, Siti Khadijah binti Khuwailid, kecuali seorang anak laki-laki bernama Ibrahim yang lahir dari Siti Mariyah Al Qibthiyyah. – Al Qasim Al Qasim adalah anak laki-laki pertama nabi SAW yang dilahirkan sebelum turunnya wahyu.

Dengan namanya nabi SAW diberikan kunyahjulukan yang menjadi adat bangsa Arab, Abul Qasim Muhammad, yang artinya Ayah dari Qasim Muhammad. Al Qasim meninggal saat kecil, dengan umur belum sampai 2 tahun. – Abdullah Abdullah adalah laki-laki ke 2 Rasulullah SAW.

Kebetulan nama Abdullah merupakan nama ayah Rasulullah SAW. beliau dijuluki dengan Ath Thahir dan Ath Thayyib karena lahir setelah diutusnya Rasulullah SAW menjadi nabi. Beliau wafat juga saat masih kecil di Mekkah. Karena ini adalah wafatnya anak laki-laki ke 2 Rasulullah Al ‘Ash bin Wael As Suhamy berkata: “telah habis keturunannya.

Dia telah terputus (keturunannya)” Karena itu turun lah ayat Inna syaniaaka huwal abtar (QS Al Kautsar, 3) “sesungguhnya engkau yang akan terputus sebagai balasan atas perkataan musuh nabi SAW itu. – Ibrahim Beliau dilahirkan oleh seorang budak bernama siti Mariah Al Qibthiyyah pemberian dari raja Mesir, Muqawqis. Ibrahim merupakan anak laki-laki terakhir Rasulullah SAW yang lahir pada tahun 8 H. Sama seperti kedua kakaknya, Ibrahim juga meninggal sejak masih bayi, Rasulullah SAW nampak sangat sedih karena kematiannya.

– Zainab Zainab adalah anak pertama Rasulullah SAW. Beliau dilahirkan 23 tahun sebelum Hijrah nabi, atau 10 tahun sebelum turunnya wahyu.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Tidak seperti saudara-saudaranya, beliau diberkahi umur hingga dapat berislam hingga berhijrah ke Madinah. Beliau dinikahkan dengan Abul ‘Ash bin Rabi’, anak dari saudara ibunya. Saat ada seruan untuk Islam, beliau langsung menerima namun tidak dengan suaminya. Dari itu kaum Quraisy meminta kepadanya untuk untuk menceraikan namun ia enggan. pada akhirnya Zainab tetap bersama suaminya di Mekkah saat keluarganya telah hijrah ke Madinah.

Dari Abul ‘Ash beliau dikaruniai 2 anak, Umamah yang kelak akan dinikahi Ali bin Abi Thalib selepas wafatnya Fathimah dan Ali, yang wafat saat masih belia. – Ruqayyah Ruqayyah adalah anak perempuan nabi SAW kedua setelah Zainab. Beliau dilahirkan 20 tahun sebelum hijrah.

Beliau dinikahkan dengan anak paman nabi SAW, yaitu Utbah bin Abu Lahab. Saat turunnya surat Al Masad yang berisi cacian bagi Abu Lahab, ia pun memerintahkan anaknya untuk menceraikan Ruqayyah. Saat itu Utbah belum mencampuri Ruqayyah. Setelah diceraikan oleh Utbah, Ruqayyah dinikahkan dengan Usman bin Affan, dan ikut serta dalam dua hijrah bersamanya, ke Habasyah dan Madinah.

Dari Usman, Ruqayyah dikaruniai seorang anak bernama Abdullah, namun beliau wafat di usia yang masih belia. Ruqayyah sendiri wafat di masa hidup nabi, yaitu pada tahun ke 2 hjiriah karena penyakit campak. Kematiannya bertepatan dengan kemenangan kaum muslimin dalam perang Badar. – Ummu Kultsum Ummu Kultsum adalah anak perempuan ke tiga nabi SAW. Beliau dilahirkan 6 tahun sebelum hijrah. Sama seperti kakaknya, Ruqayyah, beliau dinikahkan dengan salah satu anak dari Abu Lahab yang bernama ‘Utbah.

Dengan Alasan yang sama Ummu Kultsum diceraikan dan dikembalikan pada nabi Muhammad SAW. Beliau kemudian dinikahkan dengan ‘Usman bin Affan di tahun ke 3 Hijriah bulan Rabiul Awwal.

Setahun setelah wafatnya Ruqayyah. Dengan demikian Usman bin Affan telah menikahi dua putri Rasulullah, inilah sebab beliau digelari dengan Dzunurain yang artinya pemilik dua cahaya. Ummu Kultsum wafat pada tahun ke 9 H, dan tidak meninggalkan keturunan.

– Fathimah Az Zahra Fathimah Az Zahra adalah putri terakhir Rasulullah SAW. Beliau adalah ibu dari cucu-cucu nabi SAW yang kelak akan mewarisi keturunan Rasulullah SAW. Fathimah dilahirkan 5 tahun sebelum turunnya wahyu. Beliau dinikahkan oleh nabi pada anak pamannya sendiri Ali bin Abi Thalib. Sama seperti ibunya, Fathimah tidak pernah dimadu oleh Ali kecuali setelah wafatnya. Fathimah mengambil peran yang amat besar dalam kehidupan Rasulullah. Beliau menjadi orang terdekat yang membantu seluruh perkara Rasulullah SAW, terlebih setelah wafatnya sang bunda Khadijah bintu Khuwailid.

Beliau turut serta hijrah ke Madinah beserta saudarinya, Ruqayyah dan keluarga nabi lainnya. Di tahun ke 2 hijriah beliau dinikahkan untuk Ali bin Abi Thalib. Fathimah wafat 6 bulan setelah wafatnya nabi Muhammad SAW. Melalui pernyataan dari Rasulullah SAW Fathimah adalah satu dari empat wanita terbaik di dunia. Mereka adalah Asiyah istri Fir’aun, Maryam bintu Imran, Khadijah Al Kubra dan Fathimah bintu Muhammad. Karena peran besarnya untuk nabi SAW, dalam mengurus, melindungi dan menyayangi, beliau SAW sampai menjulukinya dengan Ummu Abiha, ibu dari ayahnya.

Baca juga: Bilal bin Rabbah Sang Anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan Rasulullah Demikian tadi adalah profil singkat dari anak-anak nabi SAW. Sungguh untuk mengenal sifat dan akhlak mereka tidak lah cukup dengan artikel singkat ini. Sifat dan keutamaan yang dimiliki oleh para ahlul bait Rasulullah lebih banyak untuk dicatat oleh seluruh pena sekalipun. Kita sebagai umat hanya diperintahkan untuk mencintai dan menghormati mereka, semoga Allah SWT mengekalkan shalawat nabi Muhammad SAW dan para keturunannya.

Aamin. Wallahua’lambishawab _ Penulis: Albi Tisnadi Ramadhan, Sedang menempuh studi di Universitas Al Azhar, Kairo. Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab. Editor: Azman Hamdika Syafaat
Kita sering mendengar istilah Habaib atau Sayyid yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Semua keturunan Nabi Muhammad SAW yang saat ini ada seluruhnya berasal dari Sayyidah Fatimah az-Zahra puteri Baginda Nabi yang menikah dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib.

Nama Fatimah az-Zahra sebagai putri Baginda Nabi Muhammad sudah tidak asing di kalangan umat islam.

Sebab dalam berbagai cacatan sejarah islam, nama Fatimah az-Zahra banyak disebutkan dalam berbagai kejadian dan peristiwa. Begitu pun karakter Fatimah az-Zahra sebagai perempuan shalehah banyak dijadikan rujukan kaum muslimah. Sehingga nama Fatimah az-Zahra tidak asing sebagai putri baginda Nabi Muhammad SAW. Namun selain Fatimah az-Zahra, ada putra-putri baginda Nabi Muhammad lainnya yang perlu diketahui oleh umat islam.

Syaikh Nawawi al-Bantani dalam Syarh Tijan ad-Darori mengungkapkan perlunya seseorang mengetahui nama anak-anak Baginda Nabi Muhammad SAW berdasarkan jumlahnya.

Menurutnya, hal ini perlu karena pentingnya seorang muslim mengenal pembesar-pembesar umat. Adapun, anak-anak baginda Nabi Muhammad SAW seluruhnya berjumlah 7 orang menurut pendapat shahih dari kebanyakan ahli nasab. Terdiri dari 3 orang putra dan 4 orang anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan.

Berikut adalah nama-nama anak Baginda Nabi Muhammad SAW, 1. Sayyid al-Qasim bin Muhammad Nabi Muhammad SAW pernah dikenal dengan sebutan Abi Qasim (Ayahnya Qasim). Ini karena Sayyidina Qasim merupakan anak pertama Nabi. Sayyidina Qasim sendiri hidup sampai usia 17 bulan. 2. Sayyidah Zainab bin Muhammad Sayyidah Zainab merupakan anak Nabi Muhammad SAW setelah Sayyid al-Qasim.

Ia sempat mengalami masa islam, dan ikut hijrah dari Mekah ke Madinah. Ia meninggal di usia 29 tahun. 3. Sayyidah Ruqoyah bin Muhammad Sayyidah Ruqoyah merupakan anak perempuan Nabi Muhammad SAW yang terkenal memiliki kecantikan.

Ia meninggal bersamaan dengan peristiwa perang badar. Menurut riwayat Sayyidah Ruqayah meninggal di usia 22 tahun. 4. Sayyidah Fatimah az-Zahra bin Muhammad Nama Fatimah berasal dari suku kata ‘Fathama’ yang berarti ‘menyapih’ atau ‘menghentikan’ atau ‘menjauhkan’.

Sebuah riwayat marfu’ menyebutkan, dinamakan Fatimah karena Allah SWT menjamin dan menjauhkan putri Nabi SAW berikut seluruh keturunannya dari neraka di hari kiamat. Dari Fatimah az-Zahra yang menikah dengan Ali bin Abi Thalib, lahir Sayyid Hasan dan Sayyid Husain.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Dari dua jalur ini, keturunan Rasulullah SAW tersebar hingga saat ini. 5. Sayyidah Ummi Kulsum bin Muhammad Nama Ummi Kulsum merupakan nama kuniyah atau nama panggilan, nama aslinya belum diketahui. Umi Kulsum meninggal 9 tahun setelah peristiwa hijrah. Nabi SAW pernah duduk di samping kuburannya, kedua matanya meneteskan air mata. Lantas Nabi berkata, "Siapa di antara kalian yang tidak bercampur dengan istrinya tadi malam?” Abu Thalhah berkata, “Aku, ya Rasululllah.” Lalu, beliau menyuruhnya, “Turunlah kamu.” Abu Thalhah pun turun ke dalam liang lahat dan menguburkan Ummu Kultsum.

Maka dengan dipilihnya Abu Thalhah, seorang yang tidak junub pada waktu sebelumnya, kesucian Ummu Kultsum dijaga oleh Rasulullah hingga jenazahnya tertimbun tanah. 6. Sayyid Abdullah bin Muhammad Sayyid Abdullah memiliki julukan "Thayyib" yang artinya baik dan "Thahir" yang artinya bersih. Ia adalah anak dari Nabi Muhammad dan Khadijah. Ia meninggal semasa ia masih kecil 7. Sayyid Ibrahim bin Muhammad Sayyid Ibrahim adalah anak dari Nabi Muhammad dan Maria al-Qabtiyya.

Ia lahir pada akhir bulan dari tahun 8 Hijriah. Ia diberi nama sama dengan Nabi Ibrahim, salah satu leluhur bagi bangsa Arab dan Israel.

Ia meninggal saat berumur tujuh puluh malam, ada pula yang mengatakan saat berusia tujuh bulan, dan yang lain berpendapat berumur delapan bulan. Seluruh anak Nabi Muhammad SAW berasal dari hasil perkawinan dengan Siti Khadijah. Kecuali Sayyid Ibrahim yang merupakan hasil perkawinan dengan Siti Mariah al-Qibtiyah.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Oleh: Ang Rifkiyal Sumber: santripedia.com
Berikut ialah nama-nama anak Nabi Muhammad SAW yang terdiri daripada 7 orang. 6 orang anaknya hasil daripada perkahwinannya dengan Khadijah RA. Yang lagi seorang bernama Abdullah hasil daripada perkawinan Baginda dengan Mariah al-Qibtiyah.

Pernah dengar tak lagu ini masa kecil, “Anak Nabi Kita Ada Tujuh Orang, Tiga Laki-Laki, Empat Perempuan Qasim, Abdullah, Ibrahim, Fatimah, Zainab, Ummu Kulthum, Ruqayyah” 1. Qasim Putera pertama Rasulullah SAW. Ibunya adalah Khadijah binti Khuwailid.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Rasulullah saw menggunakan nama Al-Qasim sebagai kunyah (gelaran) iaitu Abul Qasim. Beliau merupakan anak Rasulullah saw yang paling awal meninggal dunia dan dikebumikan di Mekah. 2. Abdullah Anak lelaki yang kedua Rasulullah SAW dan Khadijah yakni Abdullah bin Muhammad. Abdullah juga tidak mempunyai umur yang panjang sama seperti abangnya Qasim.

Anak Nabi Muhammad SAW yang ini wafat di usia yang masih kecil, sekira tahun 615 Masihi. Nama Abdullah berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti ‘hamba Ilah’ atau ‘hamba Allah’. Abdullah juga mempunyai gelaran Thayyib yang berarti baik dan Thahir yang artinya bersih atau murni. Ini merupakan harapan supaya kelak jadi orang yang suci akhlaknya. 3.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Ibrahim Putera ketiga dan juga merupakan anak bongsu Rasulullah SAW dan isteri baginda Maria al-Qibthiyyah. Dilahirkan pada tahun 8H di Kota Madinah. Meninggal ketika berusia 17 atau 18 bulan.

Baginda bersabda; “Sesungguhnya mata ini menitikkan air mata dan hati ini bersedih, namun kami tidak mengatakan sesuatu yang tidak diridhai Rab kami. Sesungguhnya kami bersedih dengan kepergianmu wahai Ibrahim.” (HR. Bukhari). 4. Zainab Puteri pertama Rasulullah SAW. Bernikah dengan Abu al-Ash bin al-Rabi’ sebelum Rasulullah SAW diangkat menjadi rasul. Zainab dan ketiga saudarinya masuk Islam sebagaimana ibunya Khadijah menerima Islam, akan tetapi suaminya, Abu al-Ash, tetap dalam agama jahiliyah menyebabkan Zainab tidak ikut hijrah ke Madinah bersama ayah dan saudari-saudarinya, karena ikatannya perkahwinannya.

Beberapa lama kemudian, barulah Zainab hijrah dari Mekah ke Madinah menyelamatkan agamanya dan berjumpa dengan Rasulullah SAW, lalu menyusullah suaminya, Abu al-Ash. Abu al-Ash pun mengucapkan dua kalimah syahadah dan memeluk Islam.

Pada tahun 8H, Zainab wafat meninggalkan Abu al-Ash dan puteri mereka Umamah. 5. Ruqayyah Puteri kedua Rasulullah SAW dan isteri baginda Khadijah RA. Dinikahkan oleh Rasulullah SAW dengan sahabatnya, Uthman bin Affan.

Dianugerahi seorang putera bernama Abdullah ketika di Habshah. Ketika tinggal di Madinah mereka dihadapkan dengan ujian wafatnya putera tunggal mereka yang sudah berusia 6 tahun. Tidak lama kemudian, Ruqayyah juga menderita sakit demam yang tinggi. Uthman bin Affan setia merawat isterinya dan senantiasa mengawasi keadaannya. Saat itu bersamaan dengan terjadinya Perang Badar, atas permintaan Rasulullah untuk mejaga putrinya, Uthman pun tidak bisa turut serta dalam perang ini.

Wafatlah Ruqayyah bersamaan dengan kedatangan Zaid bin Haritsah yang mengabarkan kemenangan umat Islam di Badar. 6. Ummu Kulthum Puteri ketiga Rasulullah SAW dan anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan baginda Khadijah RA. Setelah Ruqayyah wafat, Rasulullah SAW menikahkan Uthman dengan Ummu Kulthum. Oleh karena itulah Uthman dijuluki Dzu Nurain (pemilik dua cahaya) karena menikahi dua putri Rasulullah, sebuah keistimewaan yang tidak dimiliki sahabat lainnya.

Uthman dan Ummu Kultsum bersama-sama membangun rumah tangga hingga wafatnya Ummu Kultsum pada bulan Sya’ban tahun 9H. Keduanya tidak dianugerahi putera ataupun puteri. Ummu Kultsum dimakamkan bersebelahan dengan saudarinya Ruqayyah RA. 7. Fatimah Puteri keempat Rasulullah SAW dan isteri baginda Khadijah RA dan merupakan puteri yang paling disayangi Rasulullah SAW.

Dinikahkan oleh Rasulullah SAW dengan Ali bin Abi Thalib RA dan dikurniakan putera pertama (Hassan) pada tahun ke-3 H. kemudian putera kedua (Hussin) lahir pada bula Rejab setahun berikutnya. Apabila Fatimah datang ke rumah Rasullullah SAW, baginda selalu menyambutnya dengan menciumnya dan duduk bersamanya. Kecintaan Rasulullah SAW terhadap Fatimah tergambar dalam sabdanya.“Fatimah adalah bagian dariku.

Barangsiapa membuatnya marah, maka dia juga telah membuatku marah.” (HR.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Bukhari) Baginda juga bersabda; “Sebaik-baik wanita penduduk syurga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran, Asiah bin Muzahim, isteri Firaun.” (HR.

Ahmad). Satu-satunya anak Nabi Muhammad SAW yang hidup ketika baginda wafat adalah Fatimah, kemudian beliau pula keluarga Rasulullah yang pertama yang menyusul baginda. Fatimah RA wafat enam bulan setelah sang ayah tercinta wafat iaitu pada 2 Ramadhan tahun 11 H dan dimakamkan di Baqi’. • Zikir Fatimah Wallahua’lam Post navigation When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings.

We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account. When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website.

Once your account is created, you'll be logged-in to this account.1. Qasim bin Muhammad Nama anak Nabi Muhammad SAW yang pertama adalah Qasim bin Muhammad.

Anak tertua Nabi Muhammad ini hanya hidup selama beberapa hari saja. Ia meninggal pada 605 Masehi sebelum berusia 2 tahun dan dimakamkan di Jannatul Mu’alla, Mekkah. Qasim dikenal sebagai anak tertua Rasulullah SAW, maka Nabi diberi julukan Abu Qasim.

Adapun arti nama Qasim sendiri ialah “pemberi imbalan” yang merupakan harapan bahwa kelak akan menjadi anak yang saleh dan panjang umur. Namun, Allah SWT lebih tahu yang terbaik dan lebih dulu mengambilnya. 2. Zainab binti Anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan Zainab binti Muhammad merupakan putri tertua Nabi yang lahir pada tahun ke-30 dari kelahiran Rasulullah SAW.

Nama Zainab sendiri diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti indah dan wangi. Putri Nabi Muhammad ini wafat pada usia 29 tahun karena sakit dan dimakamkan di Jannatul Baqi. 3. Ruqayyah binti Muhammad Nama anak Nabi Muhammad berikutnya yaitu Ruqayyah bin Muhammad. Dia lahir pada tahun ke-33 dari kelahiran Rasulullah SAW. Kemudian dinikahi oleh Utsman bin Affan dan dikaruniai anak bernama Abdullah yang meninggal pada usia empat tahun. Putri Nabi Muhammad ini wafat saat perang Badar berlangsung dan jenazahnya dimakamkan di Jannatul Baqi.

4. Ummu Kultsum binti Muhammad Ummu Kultsum merupakan anak Nabi Muhammad keempat yang lahir 6 tahun sebelum diutusnya kenabian atau ketika Nabi berumur 34 tahun. Dia dinikahi oleh Utbah bin Abu Lahab, namun kemudian diceraikan sebelum disentuhnya. Setelah itu, ia dinikahi Utsman bin Affan pada tahun 3 H. 5. Fathimah az-Zahra binti Muhammad Salah satu nama anak Nabi Muhammad SAW yang paling dikenal umat muslim adalah Fathumah az-Zahra.

Kebaikan serta kemuliaan hatinya, menjadikan anak Nabi Muhammad satu ini telah menginspirasi umat muslim di seluruh dunia. Tak heran, jika beliau dijuluki sebagai seorang yang memiliki karakter yang menyerupai Nabi Muhammad. 6. Abdullah bin Muhammad Nama anak Nabi Muhammad SAW berikutnya yaitu Abdullah bin Muhammad. Putra Nabi Muhammad ini meninggal di usia yang masih kecil, yaitu pada tahun 615 Masehi.

Abdullah juga disebut dengan nama at-Thayyib dan ath-Thahir karena lahir pada masa kenabian. 7. Ibrahim bin Muhammad Nama anak Nabi Muhammad yang terakhir adalah Ibrahim bin Muhammad. Anak Rasulullah satu anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan lahir dari rahim istri Rasulullah SAW yang bernama Maria al Qitbiya. Ibrahim sendiri lahir pada akhir bulan dari tahun 8 Hijriah, diberi nama Ibrahim yang berarti sama dengan nama salah satu leluhur bagi bangsa Arab dan Israel.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

• Semoga membantu • Tandai sebagai terbaik yaa • Semangat belajarnya cantik / ganteng BAGI AHLI SEJARAH 1.KAPAN RUNTUHNYA UNI SOVIET2.BAGAIMANA JIKA INDONESIA ADALAH DIKTATOR 3.ALASAN Anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan DUNIA 1 DAN PENYEBAB 4.TANK TERBESAR DI NASI … JERMAN5.BAGAIMANA JIKA TIDAK ADA PERANG DUNIA 1 DAN 2 DAN ALASAN TIDAK PERANG DUNIA6.SEBUTKAN NEGARA DIKTATOR ERA PERANG DUNIA 1 DAN 2 7.APA EFEK BAGI LINGKUNGAN SAAT PERANG DUNIA 8.NEGARA YANG KENA NUKLIR9.SEKARANG NEGARA WIBU YAITU JEPANG NAMA ASLI JEPANG DI PERANG DUNIA KE 2 ADALAH10.MENGAPA UNI SOVIET DAN AMERIKA SERIKAT BERMUSUHANITU AJA SOAL SEJARAHHANYA BAGI ORANG PROPERANG DUNIA :V​ AWAS JANGANHAPUS SOAL INI NANTI AKU AKAN HACK YA
Zaenab adalah putri tertua dari Nabi Muhammad SAW dan istrinya Siti Khadijah.

Zaenab pernah menikahi laki-laki yang belum menjadi pemeluk agama Islam bernama Abul Ash Al Rabi dan mempunyai dua anak laki-laki bernama Ali dan Ummayah. Hingga akhirnya suaminya memeluk agama Islam dan Zaenab menikah dengan kedua kalinya secara Islam.

Ummu Kultsum lahir tepat enam tahun sebelum diutus kenabian sebagai Nabi Muhammad SAW. Ia pernah menikah dengan Itaibah bin Abi Lahabnamun pernikahan itu tidak berlangsung lama. Hingga pada suatu ketika Ruqayah meninggal dunia, dan suaminya Utsman bin Affan menikahi Ummu Kultsum pada bulan Rabi'ul Awal.

Ibrahim merupakan anak bungsu dari Nabi Muhammad SAW dengan istrinya Maria al Qibthiya. Cinta kasih Nabi Muhammad SAW kian mendalam, bukan maksud disiapkan menjadi penggantinya setelah kehilangan kedua putranya, Qasim dan Abdullah. Bahkan Rasulullah tidak memikirkan anak atau siapa yang akan mewarisinya. Kaum Muslimin pun banyak yang turut berduka-cita atas meninggalnya Ibrahim. Nabi Muhammad SAW pun bersabda, "Aku tidak melarang orang berduka cita, tapi yang kularang menangis dengan suara keras.

anak anak nabi muhammad saw ada 7 orang sebutkan

Apa yang kamu lihat dalam diriku sekarang adalah pengaruh cinta kasih di dalam hati. Orang yang tiada menunjukkan kasih sayang, maka orang lain pun tidak akan menunjukkan kasih sayang kepadanya."

Mengapa keturunan RASULULLAH semua wafat kecuali FATIMAH AZ ZAHRA? mengenal putra-putri RASULULLAH




2022 www.videocon.com