Tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Daftar Isi • Contoh Sikap Tanggung Jawab pada Diri Sendiri • Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Keluarga • Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Sekolah • Contoh Sikap Tanggung Jawab di Sebagai Warga Negara • Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Kerja Contoh Sikap Tanggung Jawab pada Diri Sendiri Sikap tanggung jawab harus ditanamkan sejak dini pada diri sendiri sehingga kamu akan terbiasa dengan sikap tersebut.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Seseorang mempunyai kewajibab untuk mencintai dan memenuhi kebutuhan untuk dirinya sendiri. Rasa tanggung jawab sangat penting untuk pertumbuhan mental dan pribadi seseorang dalam menghadapi dunia yang sebenarnya.

Contoh sikap tanggung jawab untuk diri sendiri sebagai berikut. 1. Menjaga kebersihan diri sendiri Kebersihan adalah hal utama yang harus kamu perhatikan. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri harus menjaga kerapian, kebersihan dan kenyamanan bagi diri kita sendiri. Bayangkan jika seseorang masuk ke ruanganmu yang berantakan, tentu saja dia akan merasa tidak nyaman dan akan menilai kamu sebagai orang yang kurang memperhatikan kebersihan. 2. Mengerjakan sesuatu dengan sendiri tanpa diminta Setiap orang pasti mempunyai kewajiban yang harus dikerjakan.

Kewajiban tersebut harus dikerjakan sendiri dan tidak perlu menunggu disuruh atau sebagainya. Karena kewajiban sudah menjadi tanggung jawab setiap individu. Termasuk juga dengan mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dengan suka rela. Serta menempatkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. 3. Selalu konsisten dalam bersikap Contoh sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dapat dibuktikan dengan selalu bersikap konsisten dalam melakukan suatu hal.

Dengan kamu konsisten terhadap jadwal yang sudah dibuat, kamu menjadi pribadi yang disiplin serta bertanggung jawab. Tunjukan cara bertanggung jawab terhadap diri sendiri setiap hari sehingga kebiasaan buruk bisa dihindari. 4. Tidak berbohong Contoh sikap tanggung jawab adalah dengan tidak berbohong. Berbohong merupakan sifat yang tercela dan tidak mencerminkan sikap tanggung jawab. Kamu tidak boleh berbohong sekecil apapun, karena dari kebohongan kecil tersebut akan berubah menjadi kebohongan yang besar.

5. Mendengarkan nasihat orang tua dan anggota yang lebih tua Orang tua merupakan seseorang yang harus kita hormati dan patuhi. Sehingga kamu harus mendengarkan nasihat yang diberikan. Karena nasihat tersebut pasti bersifat membangun dan memotivasi diri untuk lebih baik lagi. Dari nasihat tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Keluarga Selain tanggung jawab terhadap diri sendiri, kamu juga harus bertanggung jawab di lingkungan keluarga.

Karena keluarga adalah tempat paling dekat untuk mencurahkan semua keluh kesah kamu. Contoh sikap tanggung jawab dalam lingkungan keluarga adalah sebagai berikut. 1. Menjaga kebersihan rumah Rumah merupakan tempat untuk beristirahat dan melepas lelah dari aktivitas. Sehingga rumah harus dalam kondisi yang bersih dan nyaman.

Hal itu sudah menjadi tanggung jawab semua anggota keluarga termasuk anak. Kamu harus bisa menjaga kebersihan rumah agar selalu nyaman untuk ditempati oleh seluruh anggota keluarga yang lainya. 2. Melaksanakan tugas piket harian Tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 anggota keluarga pasti mempunyai tugas harian untuk menjaga rumah.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Kamu harus melaksanakan tugas tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab, sehingga orang lain dapat merasakan hasil dari tugas yang kamu lakukan tersebut. 3. Saling menghargai dan menghormati Sebagai seorang anak sudah seharusnya menghormati orang tua dan kakak yang lebih tua. Anak juga harus menghormati nenek dan kakek serta semua anggota keluarga lainya. Rasa hormat tersebut dapat diwujudkan dengan sikap tanggung jawab setiap disuruh oleh mereka serta melaksanakanya dengan penuh suka hati.

4. Mematuhi peraturan dalam keluarga Sebuah keluarga pasti mempunyai aturan untuk semua anggota keluarganya. Semua anggota keluarga harus mematuhi peraturan tersebut, termasuk melaksanakan tugas harian, mendengarkan nasihat orang tua, mematuhi peraturan jam malam yang sudah dibuat dan sebagainya. Taat dan patuh terhadap peraturan menjadi contoh sikap tanggung jawab yang harus diterapakan sejak dini. 5. Tidak berbohong kepada sesama anggota keluarga Dalam sebuah keluarga tidak boleh ada kebohongan.

Karena dari kebohongan yang kecil akan menjadi besar dan menyebabkan keluarga tidak harmonis lagi. Jika ada masalah yang tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 diselesaikan, diskusikan dengan orang tua dan anggota keluarga lainya agar tidak menimbulkan selisih paham. Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Sekolah Sekolah adalah tempat kedua yang paling mempengaruhi perilaku seseorang.

Sebagai seorang siswa, kamu harus bisa menjadi contoh yang baik serta siswa yang teladan. Contoh sikap tanggung jawab dalam lingkungan sekolah adalah sebagai berikut. 1. Menaati peraturan sekolah Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai peraturan. Setiap siswa harus menaati peraturan tersebut sebagai wujud tanggung jawab.

Peraturan yang dibuat bertujuan untuk memberikan sikap disiplin bagi semua anggota sekolah termasuk siswa dan para guru serta staff di sekolah tersebut. 2. Tidak membeda-bedakan teman sekolah Contoh sikap tanggung jawab adalah dengan menjalin pertemanan tidak boleh membeda-bedakan teman berdasarkan ras, suku, agama, bahkan harga atau kedudukanya.

Kamu harus mampu berteman dengan siapa saja yang mengarah kepada kebaikan. Karena hal tersebut dapat menjalin silaturahmi dan relasi yang bermanfaat di masa depan kamu.

3. Berani bertanya kepada guru dengan sopan Jika tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 pelajaran yang kurang dipahami, kamu dapat bertanya kepada guru dengan baik dan sopan. Sikap tersebut akan melatih keberanian kamu berbicara di depan banyak orang serta menambah pengetahuan bagi orang lain yang belum memahami juga. 4. Mengerjakan tugas sekolah dengan baik Salah satu kewajiban seorang siswa adalah mengerjakan tugas sekolah yang diberikan oleh guru.

Perilaku tersebut mencerminkan kamu siswa yang teladan dan disiplin serta bertanggung jawab. Tugas sekolah harus dikerjakan sendiri dan semaksimal mungkin agar hasil yang diperoleh memuaskan dan kamu bisa mendapatkan nilai yang memuaskan pula.

5. Melaksanakan tugas piket atau petugas upacara dengan baik Dalam sekolah biasanya rutin dilakukan piket harian dan piket menjadi petugas upacara. Kamu harus melaksanakan tugas tersebut dengan baik untuk membuktikan kamu adalah siswa yang bertanggung jawab. Contoh Sikap Tanggung Jawab di Sebagai Warga Negara Sebagai warga negara yang baik, kamu harus bisa melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dengan baik. Kewajiban warga negara salah satunya adalah menjaga dan mencintai tanah air.

Contoh sikap tanggung jawab sebagai warga negara ini harus diterapkan sejak dini untuk menumbuhkan sifat nasionalisme dan patriotisme melalui kegiatan berikut.

1. Menjadi perangkat masyarakat yang terbuka Jika kamu menjadi perangkat masyarakat ataupun desa, maka wajib menerima secara terbuka dan lapang dada semua inspirasi dan aspirasi masyarakat serta menjalankan semua program dengan baik dan bertanggung jawab. 2. Menjaga keamanan lingkungan Contoh sikap tanggung jawab sebagai warga adalah dengan berpartisipasi untuk menjaga keamanan lingkungan. Kamu dapat mengikuti organisasi remaja dalam masyarakat.

Lingkungan yang aman akan mewujudkan kenyamanan bagi semua masyarakat. 3. Menjaga kebersihan lingkungan Lingkungan yang bersih akan menciptakan Indonesia yang bersih pula. Menjaga kebersihan harus dilakukan sejak dini. Kamu dapat mengikuti kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan dengan penuh tanggung jawab serta suka hati, sebagai wujud cinta terjadap tanah air dan kebersihan. 4.

Saling menghormati orang lain Sikap saling menghormati akan mewujudkan situasi yang harmonis, baik bagi lingkungan ataupun negara. Negara yang sejahtera dan makmur mempunyai masyarakat yang harmonis dan saling menghormati. 5. Mengikuti kegiatan bela negara Sebagai warga negara, kita harus mempunyai rasa cinta terhadap tanah air dengan mengikuti kegiatan bela negara.

Kegiatan bela negara tersebut akan menciptakan rasa tanggung jawab dan rasa memiliki sebagai bangsa dan warga negara yang baik kepada negaranya.

Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Kerja Sikap tanggung jawab juga harus diwujudkan di lingkungan kerja. Lingkungan kerja merupakan tempat untuk melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab sebagai karyawan. Contoh sikap tanggung jawab di dalam lingkungan kerja adalah: 1. Hadir tepat waktu Hadir tepat waktu adalah wujud tanggung jawab di lingkungan kerja.

Dengan tidak terlambat dapat menjadikan pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi kewajibab kamu. 2. Semangat kerja dan tidak resign Dalam melaksanakan pekerjaan harus dilakukan dengan semangat dan penuh tanggung jawab.

Kamu bisa menikmati pekerjaan dengan hati yang ikhlas serta semangat kerja yang tinggi sehingga hasil kerjaan kamu memuaskan. 3. Bekerja dengan sepenuh hati Bekerja dengan sepenuh hati menjadi contoh sikap tanggung jawab dalam lingkungan pekerjaan yang harus selalu kamu lakukan.

Sehingga menghasilkan pekerjaan yang sempurna dan memuaskan. 4. Bersikap adil dalam bekerja Pekerja yang baik akan selalu bersikap adil terhadap sesama dan dalam melaksanakan semua pekerjaan tersebut.

Sikap tanggung jawab ini diibaratkan seperti burung merpati yang terbilang mudah namun sulit untuk melaksanakanya jika tidak dibarengi dengan niat yang sungguh-sungguh. Penerapan contoh sikap tanggung jawab sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya sebuah tanggung jawab yang dipikul oleh seseorang.

• Home • AKSES SEMUA MATERI Daftar Isi • Contoh Sikap Tanggung Jawab pada Diri Sendiri • Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Keluarga • Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Sekolah • Contoh Sikap Tanggung Jawab di Sebagai Warga Negara • Contoh Sikap Tanggung Jawab di Lingkungan Kerja Cari untuk: Jakarta - Pancasila adalah dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sila-sila Pancasila memiliki makna dan hendaknya diterapkan ke dalam perilaku dan sikap di kehidupan sehari-hari.

Nah, apakah kamu bisa sebutkan contoh sikap Pancasila sila 1 sampai 5? Dikutip dari Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila oleh Ni Putu Candra Prastya Dewi, M Pd, berikut contoh sikap pancasila sila 1 sampai 5.

Contoh pengamalan sila ke-1 di rumah dan di sekolah yaitu: 1. Saling menghormati antar manusia 2. Tidak memaksakan suatu agama pada orang lain 3.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Bekerjasama dan saling bantu di bidang sosial, ekonomi, dan keamanan lingkungan tanpa pandang latar belakang agama 4. Mengembangkan toleransi agama sejak dini 5.

Membina kerukunan hidup antar manusia B. Contoh pengamalan Pancasila sila ke-2 Sila Pancasila kedua berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Makna sila kedua Pancasila yaitu mengakui bahwa kedudukan setiap warga negara adalah sama.

Contoh sikap sila ke-2 yaitu: 1. Tidak membeda-bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan 2. Menjaga hal dan kewajiban diri sendiri dan orang sekitar 3. Menyadari bahwa setiap manusia adalah ciptaan Sang Pencipta.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

4. Tidak melakukan diskriminasi dengan orang-orang yang dijumpai baik di sekolah, rumah, dan tempat lainnya 5. Tidak melecehkan seseorang karena apapun 6. Membela kebenaran dan keadilan C.

Contoh pengamalan Pancasila sila ke-3 Sila ketiga Pancasila berbunyi Persatuan Indonesia. Makna sila ketiga Pancasila yaitu menyatunya bangsa Indonesia dari berbagai sendi kehidupan, yaitu politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan. Tujuan persatuan Indonesia adalah menumbuhkan rasa bersatu warga negara yang memiliki beragam adat dan budaya.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Contoh sikap sila ke-3 yaitu: 1. Cinta tanah air dan bangsa dengan membeli produk dalam negeri 2. Cinta tanah air dan bangsa dengan mengharumkan nama bangsa lewat prestasi di berbagai bidang akademik dan non akademik 3.

Tidak merendahkan suku adat dan budaya lain 4. Mengutamakan kerukunan bangsa Indonesia dibandingkan dengan kepentingan kelompok, pribadi, dan golongan 5. Menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan serta membantu warga yang berkesusahan D. Contoh Sikap Sila ke-4 Sila keempat Pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Makna sila ke-4 Pancasila yaitu bangsa Indonesia memiliki prinsip demokrasi dan kedaulatan rakyat. Contoh sikap sila ke-4 yaitu: 1. Mengedepankan musyawarah, diskusi, atau bertukar pendapat untuk mencapai mufakat atau kesepakatan dalam menyelesaikan masalah 2.

Tidak memaksakan kehendak pada orang lain 3. Mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara, daripada kepentingan pribadi 4. Ikut serta dalam pemilihan umum 5. Melaksanakan hasil keputusan yang berdasar musyawarah dengan niatan dan perbuatan baik dan dengan rasa tanggung jawab.

Baca juga: 15 Contoh Penerapan Sila Kedua dalam Kehidupan Sehari-hari, Kamu Sudah Belum? E. Contoh Sikap Sila tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 Sila kelima Pancasila berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sila ke-5 Pancasila berhubungan dengan sikap adil dan menghormati hak asasi manusia.

Contoh sikap sila ke-5 yaitu: 1. Berbuat adil pada siapapun tanpa pilih kasih 2. Menghargai hasil karya orang lain 3. Tidak membedakan seseorang karena status dan kondisi ekonominya 4.

Bersikap kekeluargaan 5. Tidak mengintimidasi orang dengan hak milik kita 6. Menghormati hak asasi orang lain beserta kewajibannya 7. Tidak menyusahkan orang lain untuk sama-sama hidup dengan layak Nah, itu dia contoh sikap sila 1 sampai 5. Gimana detikers, udah bisa dong ya sebutkan contoh sikap Pancasila sila 1 sampai 5?

Simak Video " Survei SMRC: 78% Rakyat Indonesia Tak Setuju Amandemen UUD 1945" [Gambas:Video 20detik] (row/row)
Sebagai seorang warga negara, kita memiliki tanggung jawab yang harus kita berikan terhadap negara. Kesadaran akan hal ini harus berasal dari diri kita sendiri, karena akan bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Setiap lapisan masyarakat akan memiliki tanggung jawab terhadap negara yang sama, dan wajib untuk kita jalankan. Apa saja tanggung jawab tersebut?

Dan apa saja contoh tanggung jawab terhadap bangsa dan negara yang harus kita lakukan? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tanggung jawab seorang warga negara terhadap negaranya sendiri. Pastikan kamu membaca hingga akhir ya! Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara Jika saat ini kamu yang merupakan seorang pelajar, tentu akan memiliki tanggung jawab untuk belajar.

Jika kamu sudah belajar, berarti kamu sudah melaksanakan tanggung jawab kamu sebagai pelajar. Hal ini juga berlaku kepada warga negara, dimana akan ada tanggung jawab yang harus kita tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1.

Baca Juga : Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara Tanggung jawab adalah bagian dari kehidupan kita sejak lahir, tentu saja tiap individu akan memiliki versi mereka tersendiri. Akan wajib bagi kita untuk menanggung akibat segala sesuatu yang telah kita kerjakan. Jadi, jika sebuah tanggung jawab dikerjakan dengan sesuka hati dan tidak benar, maka dampaknya tentu tidak akan bisa kita banggakan, sebaiknya kita melakukanya dengan bijak agar ada keuntungan yang bisa kita rasakan.

Berikut ini adalah bentuk atau contoh tanggun jawab terhadap bangsa dan negara yang harus kita kerjakan, yaitu: • Memahami dan mengamalkan ideologi bangsa, yakni Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.

• Menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara di mata dunia internasional sebagai bangsa dan negara yang merdeka, berdaulat, berperadaban, dan bermartabat. • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif. • Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia.

• Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan pada setiap diri warga negara. Sebagai warga negara yang baik, sebisa mungkin kita harus bisa melaksanakan berbagai tanggung jawab ini. Contoh Tanggung Jawab Terhadap Bangsa dan Negara Mungkin kita bisa mengambil salah satu contoh, yaitu pengamalan ideologi bangsa, yaitu Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita mulai dengan sila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, pengamalan sila pertama yang bisa dilakukan selalu beribadah sesuai dengan agama kita masing-masing, menghormati umat agama lain dan tidak memaksakan ajaran agama kepada umat lain. Untuk sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, bentuk pengamalannya adalah dengan saling menghormati orang lain tanpa memandang derajat dan kesukuan, dalam lingkungan sekitar rumah maupun lingkungan umum. Sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia, bentuk pengamalannya bisa berbentuk penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, saling mendukung usaha anak bangsa dengan membeli produk dalam negeri Sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan, bentuk pengamalannya yaitu menghargai pendapat orang lain, musyawarah mencapai untuk mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan, menghormati keputusan akhir yang didapat selama musyawarah dan membuat keputusan dengan memperhatikan kepentingan bersama.

Sila kelima yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, akan bisa kita amalkan melalui pembayaran pajak dengan benar, serta saling menjaga fasilitas umum agar bisa digunakan secara bersama. Itu dia contoh tanggung jawab terhadap bangsa dan negara yang bisa kita lakukan. Nah apakah kamu sudah mengamalkannya? Jika sudah, bisa nih bagiin cerita kamu di kolom komentar!

• Info Maritim • Daerah • Lifestyle • Industri Maritim • Pariwisata Maritim • Advertorial • Geladak • Jasa Maritim • Misteri Laut • Tokoh • Olahraga • Video • Galeri • Kolom • Redaksi • Tentang Kami • Visi dan Misi • Kebijakan Privasi • Pedoman Pemberitaan Media Siber • Standar Perlindungan Profesi Wartawan • Kode Etik Perilaku Sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila adalah toleransi antar pemeluk agama.

Penerapannya dalam sehari-hari adalah tidak menggangu orang lain yang sedang beribadah menurut ajaran agamanya. Sebagai pelajar, berdoa sebelum pelajaran dimulai adalah contoh perilaku yang baik. Setiap agama mengajarkan, agar umatnya berdoa berserah diri kepada Tuhan. Melalui sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Maknanya adalah, manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam urutan pertama Pancasila jelas mengisyaratkan bahwa Indonesia adalah negara yang secara etis dan moral yang luhur mengakui akan keberadaan Tuhan.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Pengakuan akan ke-Maha hadiran Tuhan dalam denyut perjuangan negara, juga tertuang dalam pembukaan alinea ketiga, “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa”, kemudian menjadi satu dari empat pokok pikiran dalam penjelasan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang secara sadar juga dinyatakan “Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa” menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

UUD 1945 Republik Indonesia yang menjadi norma dasar hubungan antar individu jelas-jelas mengakui hak setiap orang untuk memeluk agama dan berkeyakinan. Pengakuan terhadap kemajemukan agama di Indonesia adalah menerima dan meyakini bahwa agama yang kita peluk merupakan jalan keselamatan yang paling benar, tetapi bagi penganut agama lain sesuai dengan keyakinan mereka agama mereka pulalah yang paling benar.

Baca Juga: 5 Arti Penting Persatuan dan Kesatuan bagi Bangsa Indonesia Dalam setiap sisi kehidupan, manusia selalu berada pada dua sisi yaitu sebagai individu dengan segala karateristiknya dan sebagai bagian dari kelompok manusia yang lain. Dua sisi tersebut menempatkan manusia pada dimensi personal dan dimensi sosial. Dimensi sosial akan tampak eksistensinya bila didukung oleh keberadan personal, sebaliknya dimensi personal akan semakin bermakna jika berada pada konteks soisal.

Dimensi personal membawa impilkas ke-bhineka-an yang dibawa masing individu, sementara itu dimensi sosial mengandaikan adanya ke-eka-an sebagai wujud menyatunya ke-bhineka-an. Hal itulah yang menjadi inti dari adanya pluralisme budaya. Sikap mengakui ke-bhineka-an dalam ke-eka-an tidak serta merta dapat tumbuh pada diri setiap manusia.

Hal itu bersumber dari karakteristik individual yang melekat pada diri manusia. Oleh karena itulah diperlukan suatu institusi untuk menjaga tumbuh kembangnya sikap tersebut. Salah satu lembaga yang dimaksud yaitu lembaga pendidikan, baik yang bersifat formal maupun non formal. Baca Juga: Toleransi Adalah Cara Menghargai dan Menerima Perbedaan, Begini Pengertian dan Contohnya Contoh Perilaku Pancasila Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa Berikut sikap yang sesuai sila pertama Pancasila: 1.

Memeluk agama dan kepercayaan sesuai dengan keyakinan diri sendiri dan bukan karena paksaan orang lain. 2. Menjalankan ibadah sesuai tuntunan agama, berperilaku baik kepada sesama manusia dalam keseharian. 3. Tidak memaksakan agama dan kepercayaan yang kita yakini pada orang lain.

Dan sebaliknya, berikut contoh sikap tidak menerapkan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila sehingga wajib dihindari: 1. Tidak mau mengikuti gotong royong yang dilakukan di lingkungan sekolah dan masyarakat 2. Menghina agama, suku, atau ras yang berbeda 3. Hanya mau bergaul dengan suku atau ras yang sama. Dan tidak mau berteman dengan suku lainnya. 4. Berdebat keras dan tidak mau mengalah. Tidak mau melakukan musyawarah untuk mufakat.

5. Tidak mau mengikuti festival atau perayaan kebudayaan nasional 6. Bersikap angkuh dan sombong. Mengangap dirinya berbeda dan orang lain adalah buruk 7. Tidak mau mengikuti upacara bendera di sekolah 8.

Menggangu teman yang sedang beribadah 9. Menolak toleransi antar sesama 10. Tidak menghormati guru dan orang tua di lingkungan masyarakat. 11. Menjadi pribadi yang selalu melawan Jenis Pekerjaan yang Berhubungan dengan Sila Pertama Pancasila Jenis-jenis pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan sila pertama Pancasila? Sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa dengan pengamalannya. Menurut Sistem Administrasi Kependudukan, terdapat 88 pekerjaan yang diakui di Kartu Tanda Penduduk warga negara.

Jadi, jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sila pertama Pancasila diantaranya adalah guru, dosen, imam masjid, pendeta, pastor, biarawati, ustadz, mubaligh, pegawai negeri di Kementerian Agama, dan lain-lain. Butir-Butir Pengamalan Pancasila Berikut ini Butir-Butir Pengamalan Pancasila berdasarkan Ketetapan MPR No. I/MPR/2003: 1. Ketuhanan Yang Maha Esa · Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. · Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

· Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa. · Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa · Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

· Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. · Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing masing · Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain. 2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab · Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

· Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya. · Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.

· Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira. · Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain. · Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

· Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. · Berani membela kebenaran dan keadilan. · Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. · Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain. Baca Juga: Contoh Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari 3. Persatuan Indonesia · Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

· Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan. · Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa. · Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia. · Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

· Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika. · Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa. 4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan · Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama. · Tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.

· Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. · Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan. · Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah. · Dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah. · Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

· Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 luhur. · Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.

· Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan. Baca Juga: Sikap-sikap yang Menunjukkan Rasa Cinta Tanah Air 5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia · Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan. · Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.

· Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. · Menghormati hak orang lain. · Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri. · Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain · Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.

· Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum. · Suka bekerja keras. · Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

· Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
Suara.com - Setiap manusia yang ada di dunia pasti dilahirkan dengan tanggung jawab yang diemban sejak lahir, seiring berjalannya waktu hal tersebut menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia.

Lalu apa saja contoh sikap tanggung jawab? Secara singkatnya tanggung jawab adalah kesadaran seseorang untuk dapat menjalankan maupun memutuskan sesuatu yang bersinggungan langsung dengan hidupnya, baik dalam ranah privat maupun umum. Pada kesempatan ini kami akan mengulas tuntas tentang apa yang dimaksud dengan tanggung jawab, apa ciri orang bertanggung jawab dan bagaimana contohnya dalam keseharian. Definisi Tanggung Jawab Baca Juga: Dokter Tirta Ungkap Pengalaman Buruk Tren Ikoy-ikoyan, Protes Arief Muhammad Menurut KBBI, tanggung jawab adalah keadaan dimana seseorang diwajibkan untuk menanggung segala hal yang bersinggungan dengan sebab dan akibat.

Artinya segala hal yang dilakukan murni berdasarkan kemauan pribadi dan atas kesadaran penuh. Secara etimologis bertanggung jawab dapat diartikan sebagai penjelmaan dari nilai-nilai moral dan kesusilaan yang ada dalam bentuk tindakan dan perbuatan. Sedangkan berdasarkan karya ilmiah yang dituliskan oleh Elfi Rochmah tentang Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab ditekankan bahwa tanggung jawab merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang berdasarkan kesadaran manusia akan tingkah laku maupun perbuatan baik sengaja maupun tidak sengaja.

Baca Juga: 3 Hal yang Sering Bikin Pusing, Padahal Bukan Jadi Tanggung Jawab Kamu Menyadur dalam buku Melatih Anak Bertanggung Jawab (2001) yang ditulis oleh Anton Adiwiyoto beberapa ciri seseorang dinyatakan bertanggung jawab apabila memenuhi beberapa poin di bawah. • Melakukan apa yang sudah diucapkan • Mampu berkomunikasi dengan baik kepada siapa saja • Memiliki jiwa melayani dengan sepenuh hati • Mampu menjelaskan apa yang dilakukannya, sehingga pribadi manusia memiliki tujuan.

• Tidak menyalahkan orang lain secara berlebihan • Mampu menentukan pilihan dari beberapa alternatif • Menjadi pendengar yang baik, termasuk dalam menerima kritik dan saran dari orang lain • Berani meminta maaf sekaligus menanggung beban atas kesalahan yang dilakukan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama • Peduli pada kondisi, baik teman maupun keluarga • Bersikap tegas • Menghormati dan menghargai aturan • Rajin memberi apresiasi kepada siapa saja dan tidak lupa mengucapkan terima kasih.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Contoh Sikap Tanggung Jawab Adapun beberapa contoh sikap tanggung jawab yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari: • Mencintai tanah air • Tidak melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan peraturan atau norma yang berlaku.

• Menghargai perbedaan suku, agama dan budaya yang ada • Melestarikan bahasa dan seni budaya Menghargai keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia • Berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan masyarakat, misalnya menjaga kebersihan • Berani melaporkan kepada pihak berwenang apabila didapati ditemui aktivitas yang melanggar norma • Menjaga nama baik keluarga Memelihara kebersihan, kenyamanan, keamanan dalam keluarga Memathui aturan yang ditetapkan bersama Bertingkah laku sesuai norma dan aturan yang berlaku dalam keluarga Menjaga keharmonisan keluarga dengan saling menyayangi, menghormati, dan menghargai • Menepati Janji • Bertanggung jawab terhadap segala jenis keputusan yang dipilih • Mematuhi aturan yang ada.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Demikian adalah ulasan tentang 10 contoh sikap tanggung jawab dalam kehidupan beserta ciri dan definisinya. Tanggung jawab yang diemban oleh seseorang akan kian berat seiring dengan bertambahnya usia.

Namun usia bukanlah jaminan bahwa seseorang sudah dapat dinyatakan sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab. Kontributor : Dhea Alif Fatikha
Di dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kita sering menemui apa yang disebut dengan perilaku terpuji dan perilaku tidak terpuji atau tercela.

Nah, kodrat manusia sendiri tentu menginginkan dirinya untuk senantiasa berperilaku terpuji di dalam setiap kondisi yang ia temui. Namun, terkadang keadaan atau pendidikan yang kita terima baik dari lingkungan formal maupun lingkungan sehari-hari membuat kita seringkali tidak menyadari bahwa mungkin apa yang telah, sedang, atau pun akan kita lakukan merupakan perbuatan tercela. Maka dari itu, pentingnya pendidikan karakter semakin terasa di tengah kondisi zaman yang terus menggerus nilai moral ini.

Pendidikan karakter sendiri yaitu suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan untuk membangun sebuah karakter dari diri orang tersebut agar menjadi lebih baik di dalam moral dan tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter mutlak dilakukan agar setiap orang senantiasa melakukan perilaku terpuji dan menjauhkan diri dari perilaku yang tidak terpuji.

Pendidikan karakter di sekolah juga gencar dilakukan, terutama yang berkaitan dengan moral kewarganegaraan dalam bentuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Terdapat banyak sikap terpuji yang biasa atau dapat kita lakukan dalam keseharian kita, misalnya yaitu jujur, disiplin, berani, tenggang rasa, toleransi, dan lain sebagainya. Nah, dalam kesempatan ini kita akan lebih berfokus terhadap salah satu dari perilaku terpuji tersebut, yaitu sikap bertanggung jawab. Apa itu tanggung jawab? Tetap simak pembahasan berikutnya ya. Pengertian Sikap Bertanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sikap sendiri merupakan kata lain dari aksi, tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1, kelakuan, perbuatan, perilaku, tabiat, tindakan atau tingkah laku.

Ia dapat juga diartikan sebagai pandangan, pendapat, pendirian, dan juga prinsip dalam mengambil langkah. Menurut KBBI pula, frasa tanggung jawab memiliki arti yaitu suatu keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang wajib menanggung segala sesuatu yang berarti jika terjadi suatu masalah tertentu, maka seseorang atau sekelompok orang tersebut boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan lain sebagainya.

Dari pengertian yang telah dipaparkan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sikap bertanggung jawab memiliki arti yaitu suatu perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menanggung segala sesuatu yang jika terjadi sesuatu, maka ia atau mereka dapat dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan lain sebagainya.

Mengetahui pengertian dari sikap ini tentunya kita merasa cukup berat untuk melakukannya. Namun, sejatinya sikap bertanggung jawab dapat kita ibaratkan sebagai jinak jinak merpati, alias mudah mudah sulit dalam pelaksanaannya. Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari Dari penjelasan makna sikap bertanggung jawab tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 telah disebutkan di atas, sepertinya sulit untuk melaksanakan sikap tersebut.

Namun, sebenarnya tanpa kita sadari, sesungguhnya kita telah, sedang, atau akan melakukan sikap tersebut. Agar pembaca lebih memahami apa itu sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, di bawah ini penulis akan memaparkan beberapa contoh dari sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita amalkan agar kita semakin meningkatkan moral kita: 1.

Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab di Lingkungan Rumah Rumah merupakan tempat kita berpulang dari segala kesulitan hidup di luar rumah.

Rumah menjadi tempat peristiharatan kita dari segala kelelahan kita menghadapi permasalahan di luar rumah. Rumah yang dimaksud adalah rumah yang di dalamnya terdapat keluarga seperti ayah, ibu, anak, kakek, nenek, dan lain sebagainya. Setiap anggota keluarga tersebut memiliki tanggung jawabnya masing-masing sebagai struktur tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 keluarga tersebut.

Apabila salah satu dari anggota keluarga tidak menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tanggung jawabnya, maka akan terjadi ketidakseimbangan fungsional di dalam keluarga tersebut yang kemungkinan besar akan menimbulkan konflik di tengah keluarga.

Konflik keluarga dapat menjadi salah satu penyebab konflik sosial di tengah masyarakat yang tentunya tidak kita inginkan adanya. Untuk lebih memahami perbuatan apa saja yang merupakan bagian dari sikap bertanggung jawab di lingkungan rumah yang dapat kita lakukan atau sedang kita lakukan, di bawah ini penulis sampaikan kepada pembaca contoh sikap bertanggung jawab di lingkungan rumah: • Seorang ayah yang melaksanakan tanggung jawabnya untuk menafkahi keluarga agar keluarganya senantiasa berkecukupan dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap anggota keluarga.

• Seorang ibu yang melakukan usaha terbaiknya untuk mengelola tata rumah tangga yang baik dan benar agar rumah berikut anggota keluarganya dapat berkegiatan dengan baik. • Anak dalam keluarga yang senantiasa berusaha melakukan tanggung jawabnya untuk belajar dengan bersungguh-sungguh agar dapat berbakti pada orang tuanya.

• Seorang kakak yang melaksanakan tanggung jawabnya untuk menjaga adiknya dan menjadi teladan yang baik agar si adik dapat memiliki akhlak yang baik. 2. Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab di Lingkungan Sekolah Sekolah merupakan salah satu tempat yang menjadi tempat kita paling banyak menghabiskan waktu di dalamnya, terlebih dengan adanya sistem full day school, setidaknya kita menghabiskan waktu sekitar delapan hingga sembilan jam di sekolah.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa sekolah merupakan rumah kedua bagi kita, dan guru adalah orang tua kedua bagi kita. Kita ada di sekolah dengan tujuan untuk mempelajari banyak hal sehingga kita memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang sedang atau kita temui dalam hidup.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam setiap kegiatan di sekolah selama kegiatan itu baik bagi kita. Serius di dalam kegiatan persekolahan merupakan salah satu sarana agar tujuan pembangunan nasional Indonesia dapat tercapai. Apabila kita tidak bersungguh-sungguh dalam menerima pelajaran atau pun melaksanakan segala kegiatan di sekolah, maka kitalah pihak yang merugi.

Dapat dikatakan bahwa kita menjadikan sekolah sebagai neraka jika kita tidak serius di sekolah. Pengembangan diri kita pun semakin terhambat. Oleh karena itu, kita harus bersungguh-sungguh dalam bertanggung jawab atas kewajiban kita di sekolah.

Di bawah ini penulis sampikan kepada pembaca apa saja contoh sikap bertanggung jawab di lingkungan sekolah: • Siswa siswi yang secara sadar melaksanakan tanggung jawabnya untuk menaati segala tata tertib sekolah yang berlaku • Para guru yang dengan sepenuh hati mengajarkan materi agar anak didiknya mengerti apa yang mereka ajarkan • Para siswa yang melaksanakan kewajiban piket kebersihan kelas atau gotong royong membersihkan sekolah • Para guru yang membimbing siswa siswinya dalam hal pengembangan diri (kegiatan ekstrakurikuler) di sekolah • Para siswa yang dengan sungguh-sungguh mengerjakan ulangan atau pun latihan soal dengan jujur dan tanpa mencontek.

• Para guru yang dengan penuh tanggung jawab memberikan laporan hasil belajar anak didiknya kepada para wali murid. 3. Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab di Lingkungan Masyarakat Keluarga merupakan unit atau organisasi terkecil di dalam masyarakat.

Peran keluarga dalam pembentukan kepribadian merupakan salah satu unsur terpenting dalam menciptakan kondisi masyarakat yang aman, tenteram, dan tertib. Kondisi ini merupakan kondisi ideal yang akan tercipta ketika moral masyarakat baik dan kesejahteraan sosial masyarakat tercapai dengan merata.

Nah, salah satu ciri moral masyarakat yang baik yaitu tingginya sikap bertanggung jawab setiap anggota masyarakat dalam ruang lingkup kehidupan bermasyarakat itu sendiri. Di dalam masyarakat, tentunya ada kewajiban-kewajiban yang harus kita lakukan sebagai anggota masyarakat. Menjalankan kewajiban tersebut dengan penuh tanggung jawab merupakan suatu hal yang harus kita lakukan sebagai anggota masyarakat yang baik.

Jika kita mengelakkan tanggung jawab itu, maka kita akan mengacaukan kondisi masyarakat. Berikut ini merupakan contoh sikap bertanggung jawab di lingkungan masyarakat: • Bapak-bapak Siskamling (sistem keamanan lingkungan) yang melaksanakan ronda tiap malam untuk menjaga keamanan lingkungan • Anggota tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 yang dengan sepenuh hati melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar • Kepala keluarga yang bersedia untuk membayar iuran di tingkat RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga), atau di tingkat desa • Keluarga yang membayar pajak dengan taat • Setiap anggota masyarakat yang berusaha menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan sekitar • Ketua RT, RW, atau kepala desa yang berusaha sekuat tenaga untuk mengayomi dan melayani warga yang dipimpinnya.

• Ibu-Ibu PKK yang bekerja sama dengan dinas kesehatan untuk mengadakan posyandu (pos pelayanan terpadu) di lingkungannya agar kesehatan masyarakat terjaga. Penjelasan yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan mengenai contoh sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis berharap, dengan pembaca membaca artikel ini, pembaca dapat lebih memahami mengenai apa itu tanggung jawab secara lebih tepat dan juga sikap seperti apa yang mencerminkan sikap bertanggung jawab kita dalam kehidupan sehari-hari. Setelah membaca artikel ini, semoga pembaca dapat mengamalkan setiap contoh dari sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan juga mengajak orang-orang di sekitar kita agar senantiasa melaksanakan tanggung jawab yang dimilikinya.

Jangan sampai kita lalai dari tanggung jawab kita. Nah, sampai jumpa pada kesempatan yang lain, semoga sukses selalu mengiringi langkah para pembaca!Daftar Isi • Tanggung Jawab • Contoh Sikap Tanggung Jawab • Sebarkan ini: • Posting terkait: Tanggung Jawab Sikap tanggung jawab adalah sebuah perilaku dimana seseorang mampu untuk menanggung segala sesuatu yang telah ia katakan dan perbuat.

Kesadaran untuk bertanggung jawab harus dibiasakan untuk dimiliki setiap indIvidu baik dari anak-anak hingga orang tua. Contoh Sikap Tanggung Jawab Pengamalan atas sikap tanggung jawab yang mudah ditemukan dalam kehiduan sehari-hari. Misalnya saja sebagai berikut; • Sekolah Tanggung Jawab di Sekolah Sikap tanggung jawab di sekolah bisa dimiliki oleh semua warga sekolah, baik siswa, guru maupun pegawai-pegawai yang ada di sekolah. Berikut ini adalah contohnya; • Belajar dengan sungguh-sungguh.

Bagi siswa yang sudah berkomitmen menuntut ilmu di sekolah, haruslah bersungguh-sungguh dalam belajar. Dengan belajar yang sungguh-sungguh maka siswa tersebut sudah bertanggung jawab pada dirinya sendiri, orang tua yang sudah menaruh harapan dan membiayai sekolah, kemudian bertanggung jawab pula terhadap ilmu yang telah disampaikan oleh guru.

• Tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) di sekolah.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Sejatinya, PR harus dikerjakan di rumah, namun beberapa siswa masih ada yang mengerjakan PR di sekolah. Hal tersebut selain tidak bertanggung jawab, juga merupakan perbuatan yang tidak jujur.

Oleh karena itu, sebagai siswa yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi harusnya mengerjakan PR di rumah. • Melaksanakan jadwal piket sesuai dengan jadwalnya. Adanya piket kebersihan kelas salah satunya bertujuan untuk membentuk sikap tanggung jawab para siswa.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

Hendaknya siswa yang sudah memiliki jadwal harus melaksanakan piket, karena hal tersebut akan menunjukkan karakter tanggung jawab siswa dengan melakukan kewajibannya. Jadwal piket kelas harus sesuai yang disepakati. • Mengerjakan tugas dengan kemampuan diri sendiri tanpa mencontek punya teman. Dengan mengerjakan soal secara jujur, maka siswa tersebut setidaknya bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan Tuhan.

• Mengerjakan tugas kelompok sesuai yang sudah dibagikan. Seorang siswa yang memiliki sikap tanggung jawab tidak boleh melimpahkan tugasnya kepada teman satu kelompok dan tinggal terima jadi. Jika sudah dibebani tanggung jawab tugas masing-masing maka harus dikerjakan semampunya. Hal tersebut akan menunjukkan sikap tanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain juga.

tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1

• Mengembalikan buku yang dipinjam sesuai jadwalnya ke perpustakaan dalam kondisi tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 baik. Hal tersebut menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap waktu dan tanggung jawab untuk merawat sesuatu yang bukan miliknya. • Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sikap tanggung jawab yang dimunculkan adalah siswa bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. • Melaksanakan tata tertib yang terdapat di sekolah. Ketika siswa melaksanakan tata tertib berarti siswa tak hanya menunjukkan ketaatan pada aturan namun di samping itu, ia sudah menunjukkan tanggung jawab terhadap peraturan yang berlaku.

• Mengembalikan peralatan tulis yang dipinjam dari teman dalam keadaan yang baik. Dengan begitu, siswa telah menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap ketepatan waktu dan tanggung jawab untuk merawat sesuatu yang bukan miliknya. • Sikap tanggung jawab siswa yang ditunjukkan dengan masuk sekolah tepat waktu. Selain menunjukkan sikap disiplin juga menunjukkan sikap tanggung jawab siswa terhadap niatnya untuk mencari ilmu.

• Rumah Tanggung Jawab di Rumah Sikap tanggung jawab di lingkungan rumah dapat ditunjukkan ketika kita mulai bangun tidur hingga tidur lagi.

Adapun contoh penerapan dalam sikap tanggung jawab ketika berada di rumah, antara lain sebagai berikut; • Bangun tidur pagi merupakan salah satu contoh kegiatan yang menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap disiplin waktu.

Kegiatan bangun tidur harus saling dilakukan karena untuk membiaskan diri. • Merapikan dan membersihkan tempat tidur. Hal ini menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap kebersihan diri sendiri dan lingkungan rumah. setalah kegiatan bangun tidur maka seharusnya dilakukan merapikan tempat tidur.

• Melaksanakan ibadah dengan tepat waktu dan khusyuk. Dengan melakukan ibadah dengan tepat waktu maka seseorang telah menunjukkan tanggung jawab terhadap agama dan Tuhannya.

• Membayar pajak listrik rumah dengan tepat waktu. Dengan melakukan pembayaran pajak dengan tepat maka sudah menunjukkan sebagai partisipasi warga negara yang bertanggung jawab terhadap negaranya. • Menjaga nama baik keluarga dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar norma-norma yang berlaku.

Setiap orang wajib bertanggung jawab atas apa yang telah ia lakukan. Jika kelakuannya baik maka keluarganya ikut baik, sebaliknya jika kelauannya buruk maka nama keluarga menjadi buruk.

• Rutin untuk mencuci pakaian sendiri. Meskipun terlihat sederhana, hal ini akan menunjukkan seseorang bertanggung jawab atas apa yang ia pakai. • Menabung untuk keperluan yang akan datang.

Dengan menabung maka seseorang akan bertanggung jawab terhadap kebutuhan dirinya sendiri tanpa harus merepotkan orang lain. • Menepati janji kepada orang tua. Setiap anak pasti memiliki janji kepada orangtuanya, entah masalah sekolah, prestasi atau tentang apapun, Maka dari itu, setiap anak wajib mempertanggungjawabkan janjinya untuk ditepati.

• Tidak menghambur-hamburkan uang dan aset keluarga untuk kepentingan gaya hidup. Justru di sini anak wajib bertanggung jawab untuk memelihara aset keluarga dan menggunakan uang sebijak mungkin.

• Mengerjakan tugas-tugas yang harus dikerjakan di rumah dan menyelesaikannya dengan tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut bertanggung jawab terhadap tugasnya dan menghargai waktu agar tidak sia-sia.

• Masyarakat Tanggung Jawab di Masyarakat Sikap tanggung jawab dalam contoh lingkungan masyarakat merupakan sikap tanggung jawab yang diwujudkan ketika hidup berdampingan dengan masyarakat umum. Antara lain; • Menaati tata tertib yang berlaku di lingkungan masyarakat umum. Dengan begitu anggota masyarakat telah menunjukkan tanggung jawabnya sebagai warga yang taat pada peraturan meskipun hanya dalam lingkup kecil. • Menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan merawat lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan.

Hal ini merupakan suatu hal yang sederhana namun sudah dapat menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap lingkungan dan kenyamanan orang lain. • Ikut mewujudkan keamanan dalam lingkungan masyarakat dengan mengikuti ronda malam.

Dengan begitu, orang tersebut telah menunjukkan sikap tanggung jawabnya sebagai anggota masyarakat yang baik. • Ikut berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan seperti gotong royong membangun tempat ibadah dan kerja bakti membersihkan lingkungan kampung.

Partisipasi merupakan sebuah tangung jawab yang harus dilakukan sebagai warga negara Indonesia. Dengan begitu, masyarakat sudah menunjukkan tanggung jawabnya terhadap kegiatan masyarakat dan mencerminkan sikap warga negara yang baik karena telah berpartisipasi.

• Mengakui kesalahan dan tidak malu untuk meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat kepada anggota masyarakat lain.

Melalui contoh ini, masyarakat sudah mencerminkan rasa tanggung jawab untuk memperbaiki perbuatan bersalahnya. • Senantiasa membina kerukunan antar anggota masyarakat dengan menghindarkan diri dari perdebatan yang tidak ada artinya. Melalui peran ini, masyarakat sudah bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan damai. • Tidak membuat kegaduhan dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain. • Tertib dalam membayar iuran kas RT. Dengan membayar iuran kas RT masyarakat sudah bertanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi tanggungannya.

• Menyelesaikan masalah dalam lingkungan masyarakat dengan cara musyawarah dan tidak memaksakan kehendak. Dalam hal ini masyarakat sudah bertanggung jawab terhadap permasalahan yang terjadi tanpa menimbulkan konflik ang berkepanjangan. • Menyampaikan kritik yang membangun dan menyampaikan solusi terkait permasalahan di lingkungan masyarakat dengan bahasa yang jelas, logis dan dapat dipertanggung jawabkan.

Demikianlah contoh sikap tanggung jawab yang terdapat di tiga lingkungan, yaitu rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pada dasarnya setiap orang sudah dibebani dengan tanggung jawabnya masing-masing. Terkait dengan implementasi dari sikap tanggung jawab tergantung dari masing-masing individu.

Jika kesadaran individu tinggi, maka ia akan senantiasa bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapannya. Sebaliknya, jika kesadaran individu tersebut rendah, maka ia dengan mudah mengabaikan rasa tanggung jawabnya. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, harusnya kita senantiasa dapat mempertanggungjawabkan perbuatan dan ucapan kita. Posting terkait: • 7 Fungsi Bank di Indonesia dan Contohnya • 12 Contoh Proses Sosial dalam Masyarakat • 20 Macam Organisasi Pergerakan Nasional dan Contohnya Posting pada Contoh, Indonesia, Masyarakat Ditag bentuk tanggung jawab, contoh tanggung jawab, jenis tanggung jawab, pengamalan sikap tanggung jawab, sikap tanggung jawab, tanggung jawab, tanggung jawab di masyarakat, tanggung jawab di rumah, tanggung jawab di sekolah Navigasi pos Kategori • Ciri • Contoh • Dampak • Faktor • Fungsi • Globalisasi • Hukum • Ilmu Sosial • Indonesia • Internasional • Kajian • Kelebihan • Kelemahan • Macam • Manfaat • Masyarakat • Menulis • Menurut Ahli • Negara • Pancasila • Pemerintah • Penelitian • Pengetahuan • Pers • Politik • PPKN • Sosial • Tujuan • UUD
We're no strangers to love You know the rules and so do I A full commitment's what I'm thinking of You wouldn't get this from any other guy I just wanna tell you how I'm feeling Gotta make you understand Never gonna give you up Never gonna let you down Never gonna run around and desert you Never gonna make you cry Never gonna say goodbye Never gonna tell a lie and hurt you We've known each other for so long Your heart's been aching but you're too shy too say it • Inside we both know what's been going on We know the game and we're gonna play it And if you ask me how I'm feeling Don't tell me you're too blind to see Never gonna give you up Never gonna let you down Never gonna run around and desert you Never gonna make you cry Never gonna say goodbye Never gonna tell a lie and hurt you No, I'm never gonna give you up No, I'm never gonna let you down No, I'll never run around and hurt you • Never, ever desert you We've known each other for so long Tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 heart's been aching but Never gonna give you up Never gonna let you down Never gonna run around and desert you Never gonna make you cry Never gonna say goodbye Never gonna tell a lie and hurt you No, I'm never gonna give you up No, I'm never gonna let you down No, I'll never run around and hurt you I'll never, ever desert you • Sila-sila yang ada dalam Pancasila wajib untuk kita amalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebab Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah nilai-nilai luhur yang digali langsung dari dalam diri bangsa Indonesia sendiri. Baca lebih mendalam lagi mengenai nilai nilai yang terkandung dalam pancasila brainly.co.id/tugas/741821 » Pembahasan Berikut adalah contoh sikap tanggung jawab sesuai sila-sila Pancasila: • Tuliskan contoh sikap tanggung jawab yang mencerminkan sila ke-1 pertama, wajib menghormati agama lain, tidak memaksakan agama diri pada orang lain.

• Sila kedua, wajib untuk mengasihi orang lain dengan tidak menyakiti mereka. • Sila ketiga, wajib menghargai kebudayaan bangsa sendiri.

• Sila keempat, wajib menghargai pendapat orang lain, menyelesaikan masalah dengan kepala dingin (musyawarah). • Sila kelima, wajib bersikap adil, menghormati hak, menjakankan kewajiban dan lain sebagainya. Cermati lebih mendalam tentang nilai nilai pancasila brainly.co.id/tugas/3245161 Oleh sebab nilai-nilai Pancasila digali langsung dari dalam diri bangsa Indonesia maka seharusnya mudah untuk mengamalkan nilai nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajari lebih lanjut mengenai contoh nilai nilai pancasila brainly.co.id/tugas/570918 • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • » Detil Jawaban Kode : - Kelas : SMP Mapel : PPKN Bab : Nilai-Nilai Pancaslia Kata Kunci : Pancasila, Tanggung, Jawab, Kewajiban Nilai kebersamaan yang dilakukan oleh para tokoh pejuang dalam merumuskan dasar negara adalah.a.

rasa cinta Soepomo terhadap tanah air Indonesia … b. semua anggota BPUPKI memiliki tujuan dan cita-cita yang sama tentang tanggal kemerdekaanc. Bung Hatta dan tokoh-tokoh Islam menyetujui kalimat yang menjadi keberatan pemeluk agama lain untuk dihilangkan d. Dr. Radjiman Wedyodiningrat bersikaptegas saat pelaksanaan sidang BPUPKIWOII BANTU LAH​ Nilai kebersamaan yang dilakukan oleh para tokoh pejuang dalam merumuskan dasar negara adalah.a.

rasa cinta Soepomo terhadap tanah air Indonesia … b. semua anggota BPUPKI memiliki tujuan dan cita-cita yang sama tentang tanggal kemerdekaanc. Bung Hatta dan tokoh-tokoh Islam menyetujui kalimat yang menjadi keberatan pemeluk agama lain untuk dihilangkan d. Dr. Radjiman Wedyodiningrat bersikaptegas saat pelaksanaan sidang BPUPKI​ Gayo HighlandGayo Highland merupakan daerah yang berada di salah satu bagian punggung pegunungan Bukit Barisan.

Gayo Highland membentang sepanjang Pul … au Sumatra. Secara administrasif, dataran tinggi Gayp meliputi wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah serta Kabupaten Gayo Lues. Tiga kata utamanya, yaitu Takengan, Blang Kejeren dan Simpang Tinga Redelong. Tak hanya menyajikan pemandangan pegunungan yang indah, Ketambe bagi pecinta trekking merupakan gerbang paling dekat untuk trekking menuju ke Taman Nasional Gunung Leuser.Soal : Identifikasikanlah mata pencaharian yang dapat dikembangkan berdasarkan informasi di atas!​ Nilai kebersamaan yang dilakukan oleh para tokoh pejuang dalam merumuskan dasar negara adalah.a.

rasa cinta Soepomo terhadap tanah airIndonesia b …. semua anggota BPUPKI memiliki tujuan dan cita-cita yang sama tentang tanggal kemerdekaanc. Bung Hatta dan tokoh-tokoh Islam menyetujui kalimat yang menjadi keberatan pemeluk agama lain untuk dihilangkan d. Dr. Radjiman Wedyodiningrat bersikaptegas saat pelaksanaan sidang BPUPKI​ Nilai kebersamaan yang dilakukan oleh para tokoh pejuang dalam merumuskan dasar negara adalah.a. rasa cinta Soepomo terhadap tanah air Indonesia … b. semua anggota BPUPKI memiliki tujuan dan cita-cita yang sama tentang tanggal kemerdekaanc.

Bung Hatta dan tokoh-tokoh Islam menyetujui kalimat yang menjadi keberatan pemeluk agama lain untuk dihilangkan d. Dr. Radjiman Wedyodiningrat bersikap tegas saat pelaksanaan sidang BPUPKI​

Pengertian dan Contoh Sikap Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari




2022 www.videocon.com