Berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

Berdasarkan keadaan geologinya wilayah ASEAN sering terjadi gempa bumi, hal ini karena wilayah ASEAN… * A. Terlewati oleh jalur pegunungan tua B. Banyaknya kegiatan industri yang menggunakan alat berat C. Adanya pertemuan lempeng-lempeng utama bumi D. Banyak penggalian dan penambangan alam TOLONG DI JAWAB YA YANG BENAR APA sentralsoal.com - Selamat datang di sentral soal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal interaksi antarruang negara ASEAN dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS kelas 7 revisi kurikulum 2013.

Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu guru, dan peserta didik dalam mencari referensi contoh soal interaksi antarruang negara ASEAN dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS. Gambar: freepik.com 1. Faktor pendorong kerja sama antarnegara ASEAN yaitu .

A. kesamaan dan perbedaan tujuan B. kesamaan dan perbedaan ideologi C. kesamaan dan perbedaan kedaulatan D. kesamaan dan perbedaan kondisi geografis 2.

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

Negara yang memiliki bentuk compact adalah . A. Laos B. Vietnam C. Kamboja D. Indonesia 3. Pentingnya menjalin hubungan kerjasama antarnegara ASEAN disebabkan . A. sebagian besar negara-negara ASEAN adalah negara berkembang B. rendahnya kemampuan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki C.

semakin meningkatnya jumlah penduduk miskin di Asia Tenggara D. kemunculan berbagai macam kebutuhan yang berbeda antar Negara 4.

Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai ini melintasi beberapa negara, termasuk Laos. Sungai Mekong memegang peranan penting bagi Laos, di mana pusat perekonomiannya terdapat berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean sepanjang sungai ini.

Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah . A. Sungai Mekong berfungsi sebagai batas negara Laos B. Sungai Berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean merupakan sungai suci bagi masyarakat Laos C. Sungai Mekong dapat dimanfaatkan untuk mengalirkan limbah industri Laos D. Banyaknya dermaga pelabuhan di Sungai Mekong 5. Mengatasi tantangan di bidang kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu pilar dalam upaya peningkatan kerjasama yaitu .

A. sosial budaya B. ekonomi C. politik dan keamanan D. agama 6. Brunei Darussalam terletak pada 4°LU-6°LU dan 114°BT-115°BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Brunei Darussalam memiliki iklim . A. kutub B. subtropis C. tropis D. sedang 7.

Sebagian besar penduduk Thailand menganut agama . A. Konghucu B. Tao C. Hindu D. Budha 8. Filipina merupakan negara peringkat kedua (setelah Amerika Serikat) dalam hal penggunaan energi geotermal sebagai pembangkit listrik.

Pengelolaan geotermal di Filipina ini jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Padahal, Indonesia juga memiliki potensi energi geotermal yang sangat tinggi.

Faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah . A. topografi di Indonesia sangat beragam B. cadangan energi fosil di Filipina yang lebih sedikit C. Indonesia cenderung meningkatkan penggunaan energi fosilnya D.

tidak ada pembangkit listrik tenaga panas bumi di Indonesia 9. Jika dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN, jumlah penduduk Indonesia menempati urutan . A. kesatu B. kedua C. ketiga D. keempat 10. Salah satu tumbuhan asli yang berasal dari Filipina adalah pisang abaka. Serat dari batang tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk . A. bahan baku otomotif B.

bahan baku pembuatan pakaian C. bahan baku mebel D. bahan baku obat 11. Berikut adalah dampak positif adanya pasar tunggal MEA terhadap kehidupan penduduk di Asia Tenggara, kecuali . A. lapangan pekerjaan semakin luas B.

pendapatan penduduk semakin meningkat C. kualitas sumber daya manusia semakin meningkat D. konsumsi barang-barang asal luar negeri meningkat 12. Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah . A. Indonesia B. Thailand C. Singapura D. Malaysia 13. Nelayan ikan berskala besar yang beroperasi di kawasan Asia Tenggara memanfaatkan data cuaca, suhu, arah angin untuk mencari ikan. Fenomena ini berkaitan dengan faktor yang memengaruhi interaksi keruangan, yaitu .

A. faktor geologi B. faktor iklim C. faktor ketersediaan sumber daya D. faktor teknologi 14. Organisasi kerja sama ekonomi di wilayah Asia Tenggara adalah .

A. ASEAN B. OPEC C. APEC D. AFTA 15. Contoh kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana klimatik yang pernah dilakukan antar negara-negara ASEAN adalah . A. peminjaman pesawat pemadam kebakaran di Sumatera oleh Malaysia dan Singapura B. bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok dan fasilitas kesehatan untuk korban tsunami Aceh C. bantuan dana bagi korban gempa di Lombok NTB dari ASEAN Humanitarian Assistance Center D.

bantuan dana ketika meletusnya Gunung Mayon dan Parker di Filipina 16. Penyelenggaraan pesta olahraga setiap dua tahun sekali melalui SEA (Southeast Asia) Games merupakan bentuk kerja sama antarruang ASEAN di bidang . A. politik B. sosial budaya C.

ekonomi D. keamanan 17. Berikut ini dampak sosial akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di negara-negara ASEAN, kecuali . A. jumlah penduduk semakin bertambah dalam waktu singkat B. kerja sama luar negeri semakin mudah C. maraknya perdagangan bebas D. pendapatan negara meningkat 18. Adanya MEA memberikan dampak bagi kehidupan negara-negara yang ada di ASEAN. Bagi negara yang belum siap menghadapi adanya MEA, maka salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah meningkatnya angka pengangguran.

Upaya yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk mencegah dampak buruk yang ditimbulkan oleh adanya MEA tersebut adalah . A. menggunakan robot untuk meningkatkan produktivitas industri B. memudahkan visa kerja untuk tenaga kerja asing C. menarik tenaga ahli asing untuk bekerja di Indonesia D. meningkatkan pendidikan dan keterampilan penduduknya 19. Berikut ini yang bukan merupakan dampak perbedaan iklim negara-negara ASEAN terhadap budaya dan interaksi manusianya adalah .

A. bentuk rumah B. cara berpakaian C. cara bertani D. upacara perkawinan 20. Kata budaya berasal dari beberapa bahasa. Salah satunya adalah dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti akal budi, yaitu .

A. culture B. budhayah C. cutler D. colere 21. Berikut adalah peran Kerja sama antar negara-negara ASEAN dalam pembangunan ekonomi ASEAN, kecuali .

A. Mengurangi tingkat pengangguran melalui pasar tenaga kerja B. Terciptanya stabilitas keamanan regional C. Meningkatkan jumlah cadangan devisa negara anggota D. Membuka peluang mengeksploitasi para pekerja migran 22.

Bagi sebagian orang, menjadi anggota DPR adalah sebuah impian. Akhirnya mereka melakukan segala cara agar saat pemilihan namanya mendapatkan suara yang banyak. Ia akhirnya melakukan kampanye dengan menghabiskan banyak sekali uang. Alasan mereka melakukan itu karena menjadi DPR membuatnya (mungkin) cepat kaya. Dan memang benar, menjadi anggota DPR akan membuat seseorang menjadi cepat kaya karena gaji pokok hingga tunjangan-tunjangan yang tinggi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, saluran mobilitas sosial yang digunakan dalam menaikkan status sosial seseorang adalah melalui . A. lembaga pendidikan B. lembaga masyarakat C. organisasi ekonomi D. organisasi politik 23. Kondisi alam dengan hamparan dataran serta lautan yang indah, rangkaian pegunungan yang menjulang tinggi, dan keanekaragaman hayati di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai modal kerja sama antar negara-negara anggota ASEAN yaitu di sektor .

A. industri B. pertanian C. pariwisata D. budi daya ikan 24. Proses perpaduan dua kebudayaan yang berbeda dengan tidak menghilangkan ciri kebudayaan lama disebut . A. segregasi B. integrasi C. akulturasi D. asimilasi 25. Kebutuhan tiap-tiap negara ASEAN berbeda-beda di segala bidang dan terus mengalami perkembangan misalnya di bidang politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

Kondisi ini menyebabkan. A. terus menerus bergantung dengan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya B.

berperan aktif untuk melaksanakan kerja sama dengan negara lain C. berusaha meningkatkan pemenuhan kebutuhan secara mandiri D. meningkatkan daya saing untuk mencegah pengaruh dari luar negeri 26. Berikut ini yang bukan merupakan upaya meningkatkan kerjasama diantara negara-negara ASEAN berupa pilar komunitas ASEAN yang terdiri dari tiga pilar yaitu . A. keamanan B. Ekonomi C. Pendidikan D. Sosial 27. ASEAN Council Teachers Convention merupakan salah satu bentuk kerja sama di bidang .

A. politik B. sosial C. ekonomi D. pendidikan 28. Yang merupakan faktor pendorong terbentuknya kerja sama adalah. A. Kesamaan dan perbedaan budaya B. Kesamaan dan perbedaan kondisi geografis C. Kesamaan dan perbedaan jumlah penduduk D. Kesamaan dan perbedaan tingkat pendidikan 29. Perusahaan manufaktur Singapura mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan baku pada setiap kegiatan produksi sehingga harus mengimpor dari negara-negara tetangga.

Tindakan Singapura sesuai dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang, yaitu . A. kondisi iklim B. ketersediaan sumber daya C. perkembangan teknologi D. kondisi geologis 30.

Faktor penghambat kerja sama yang berupa kebijakan yang diterapkan dalam suatu negara yang bertujuan melindungi kepentingan dalam negeri dan meningkatkan daya saing adalah . A. Konflik dan peperangan B. Kebijakan protektif C.

Perbedaan ideologi D. Perbedaan kepentingan 31. Berikut ini adalah dampak negatif diterapkannya perdagangan bebas di wilayah ASEAN, kecuali . A. Dapat merugikan produsen dalam negeri yang memproduksi barang yang sama dengan negara lain B.

Mempermudah masuknya barang-barang yang tidak diizinkan pemerintah C. Meningkatnya perilaku konsumtif oleh masyarakat D. Munculnnya produsen yang lebih kreatif di negara-negara ASEAN 32. Kebutuhan tiap-tiap negara ASEAN berbeda-beda di segala bidang dan terus mengalami perkembangan misalnya di bidang politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Kondisi ini menyebabkan tiap-tiap negara . A. meminta bantuan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya B. berperan aktif untuk melaksanakan kerja sama dengan negara lain C.

berusaha meningkatkan pemenuhan kebutuhan secara mandiri D. meningkatkan daya saing untuk mencegah pengaruh dari luar negeri 33. Secara geografis negara-negara ASEAN terletak di . A. antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia serta dua samudra yaitu samudra Hindia dan Pasifik B. wilayah dengan dua macam iklim yaitu tropis dan subtropis C. daerah pertemuan antara berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean deretan pegunungan yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania D.

daerah pertemuan antara lempeng Asia, lempeng dasar Samudra Pasifik, dan lempeng Indo-Australia 34. Berikut adalah dampak negatif diterapkannya perdagangan bebas di wilayah ASEAN, kecuali . A. Dapat merugikan produsen dalam negeri yang memproduksi barang yang sama dengan negara lain B.

Mempermudah masuknya barang-barang yang tidak diizinkan pemerintah C. Meningkatnya perilaku konsumtif oleh masyarakat D. Munculnya persaingan antar produsen negara-negara ASEAN 35. Sumber daya alam unggulan Brunei Darussalam adalah .

A. Minyak dan Gas B. Timah dan Karet C. Padi dan jagung D. Kayu dan kapas 36. Tujuan dari kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi adalah . A. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) B. Menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian C. Menciptakan kerukunan dan kemajuan bersama D.

Memperluas kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi 37. Persamaan potensi sumber daya alam yang dimiliki negara-negara ASEAN rata-rata di sektor .

A. Pertambangan B. Pertanian C. Hasil Laut D. Hasil Hutan 38. Indoneisa mengekspor hasil pertanian ke Singapura. Impor beras juga pernah dilakukan Indonesia dari Thailand. Kerjasama tersebut didasari oleh faktor. A. Kebijakan perlindungan produsen dalam negeri B. Kepentingan beberapa negara C. Kesamaan kondisi geografis D.

Perbedaan sumber daya alam 39. Bentuk iklim yang dipengaruhi oleh arah angin yang berubah setiap enam enam bulan sekali yaitu iklim . A. Fisis B. Matahari C. Muson D. Campuran 40. Salah satu negara ASEAN yang sama sekali tidak memiliki jalur laut adalah negara. A. Thailand B. Filipina C. Laos D. Malaysia 41. Perubahan iklim akan memicu terjadinya bencana alam . A. Gempa bumi B. Klimatik C. Gunung meletus D. Tsunami 42. Sesama anggota ASEAN diharapkan untuk saling bekerja sama dan apabila ada permasalahan diselesaikan melalui meja perundingan, merupakan kerjasama dalam bidang.

A. Pertahanan B. Politik C. Ekonomi D. Pendidikan 43. Berdasarkan keadaan geologinya wilayah ASEAN sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah ASEAN . A. Terlewati oleh jalur pegunungan tua B. Banyaknya kegiatan industri yang menggunakan alat berat C. Banyaknya penggalian dan penambangan alam D. Adanya pertemuan lempeng lempeng utama bumi 44.

Pendirian pabrik pupuk di kawasan Asia Tenggara adalah bentuk pengembangan kerja sama di bidang . A. Pendidikan B. Sosial C. Perdagangan D. Perindustrian 45. Perilaku berikut yang menjadi pemicu perubahan iklim adalah . A. Membangun pabrik dan perumahan di atas lahan pertanian B. Melakukan reboisasi atau kegiatan penanaman pohon kembali C. Perilaku hemat dalam menggunakan listrik D.

Penebangan pohon di hutan yang memperhatikan keseimbangan 46. Tujuan dalam bidang keamanan wilayah, ASEAN telah berkomitmen untuk.

A. Melakukan latihan gabungan B. Melaksanakan patroli laut bersama C. Menciptakan kawasan bebas nuklir dan senjata pemusnah massal D. Memberantas jaringan narkoba dan prostitusi 47. Berikut ini yang termasuk sarana dan prasarana penunjang perkembangan teknologi transportasi .

A. Mercusuar, Dermaga Pelabuhan, Terminal B. Kantor Pos, Bandara, Satelit C. Jalan Raya, Dermaga Pelabuhan, Terminal D. Menara jaringan, Satelit, Mercusuar 48.

Tahun berapakah Negara laos bergabung dengan ASEAN . A. 1996 B. 1997 C. 1998 D. 1999 49. Bentang alam Indonesia secara geologi terdiri atas . A. Pertemuan 3 lempeng litosfer B. Di kelilingi oleh berbagai macam batuan kapur C. Banyak terdapat lahan pertanian D. Beraneka ragam flora dan fauna 50. Berikut adalah flora asli yang ada di negara Brunei Darussalam adalah. A. Meranti merah B. Kaktus C. Raflesia arnoldi D. Durian 51.

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

Negara satu-satunya di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki garis pantai adalah . A. Myanmar B. Kamboja C. Vietnam D. Laos 52. Pegunungan kardamon berada di negara . A. Indonesia B. Filipina C. Malaysia D.

Kamboja 53. Yang merupakan faktor pendorong terbentuknya kerja sama adalah. A. Kesamaan dan perbedaan budaya B. Kesamaan dan perbedaan kondisi geografis C. Kesamaan dan perbedaan jumlah penduduk D. Kesamaan dan perbedaan tingkat pendidikan 54. Negara anggota ASEAN yang mempunyai jumlah penduduk paling sedikit adalah. A. Brunei Darussalam B. Singapura C. Kamboja D. Laos 55. Satu-satunya negara di ASEAN yang tidak memiliki sumberdaya alam adalah.

A. Vietnam B. Malaysia C. Fillipina D. Singapura 56. Negara anggota ASEAN yang perekonomiannya sebagian besar dari hasil minyak dan gas bumi yaitu . A. Indonesia B. Kamboja C. Malaysia D. Brunei Darussalam 57. Nilai positif dari kasus manusia perahu di Myanmar adalah . A. Bertambahnya warga asing B. Memupuk rasa kemanusiaan C. Meningkatkan persaingan kerja D. Diskriminasi soal pengungsi 58. Salah satu negara anggota ASEAN yang tidak memiliki hasil tambang adalah . A. Kamboja B. Filipina C.

Singapura D. Laos 59. Perilaku berikut yang menjadi pemicu perubahan iklim adalah . A. Melakukan reboisasi atau kegiatan penanaman pohon kembali B. Penebangan pohon di hutan yang memperhatikan keseimbangan C. Perilaku hemat dalam menggunakan listrik D. Membangun pabrik dan perumahan di atas lahan pertanian 60. Beberapa kelompok etnis (suku bangsa) yang mendiami negara Myanmar adalah .

A. Burma, Tionghoa, dan Melayu B. Burma, Karen, dan Shan C. Thai, Karen, dan Khmer D. Mestizo, Negrito, dan Shan
sentralsoal.com - Selamat datang di situs sentral soal.

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi pengaruh interaksi keruangan kehidupan negara ASEAN dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS kelas VIII revisi K13. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi kumpulan contoh soal materi pengaruh interaksi keruangan kehidupan negara ASEAN dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS kelas VIII revisi.

Gambar: freepik.com 1. Sebagai bangsa yang memiliki keanekaragaman dengan berbagai macam suku, adat, dan kebudayaan bukan berarti membuat Indonesia menjadi terpecah belah.

Pertikaian dan pertentangan antarmasyarakat yang mungkin akan terjadi bisa diredam dengan sikap . A. apatis terhadap sesama B. toleransi terhadap sesama C. memisahkan diri jika terjadi konflik D. etnosentrisme terhadap kebudayaan lain 2. Perusahaan manufaktur Singapura mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan baku pada setiap kegiatran produksi sehingga harus mengimpor dari negara-negara tetangga Tindakan Singapura sesuai dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang yaitu .

A. Perkembangan teknologi B. Kondisi iklim C. Ketersediaan sumber daya D. Kondisi Geografis 3. Iklim yang terbentuk akibat letak negara Asean diapit oleh dua benua Australia dan Asia yaitu . A. iklim tropis dan iklim musim B. iklim tropis dan iklim laut C. iklim laut dan iklim hutan tropis D. iklim kemarau dan iklim penghujan 4. Berikut ini yang termasuk sarana dan prasarana penunjang perkembangan teknologi transportasi . A. Mercusuar, Dermaga Pelabuhan, Terminal B.

Kantor Pos, Bandara, Satelit C. Jalan Raya, Dermaga Pelabuhan, Terminal D. Menara jaringan, Satelit, Mercusuar 5. Negara anggota ASEAN yang tidak di dukung oleh pertanian yaitu . A. Indonesia B. Singapura C. Laos D. Kamboja 6. Berdasarkan keadaan geologinya wilayah ASEAN sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah ASEAN . A. Terlewati oleh jalur pegunungan tua B.

Banyaknya kegiatan industri yang menggunakan al C. Banyaknya penggalian dan penambangan alam D. Adanya pertemuan lempeng lempeng utama bumi 7. Negara yang terletak paling utara di Asean yaitu . A. Thailand B. Kamboja C. Myanmar D. Filipina 8. Contoh kerjasama dalam penanggulangan bencana klimatik yang pernah dilakukan antar negara-negara ASEAN adalah .

A. Peminjaman pesawat pemadam kebakaran di Sumatera oleh Malaysia dan Singapura B. Bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok dan fasilitas kesehatan untuk korban tsunami Aceh C. Bantuan dana ketika meletusnya Gunung Mayon dan Paker di Filipina D. Bantuan dana bagi korban gempa di Lombok NTB dari ASEAN Humanity Center 9. Satu-satunya negara di Asean yang tidak memiliki wilayah laut adalah . A. Kamboja B. Thailand C. Laos D. Myanmar 10.

Perilaku berikut yang menjadi pemicu perubahan iklim adalah . A. Membangun pabrik dan perumahan di atas lahan pertanian B. Melakukan reboisasi atau kegiatan penanaman pohon kembali C.

Perilaku hemat dalam menggunakan listrik D. Penebangan pohon di hutan yang memperhatikan keseimbangan 11. Sebagian besar penduduk di kawasan Asia Tenggara bermata pencaharian sebagai . A. Petani B. Pedagang C. Pekerja tambang D. Nelayan 12. Kebutuhan tiap negara ASEAN berbeda-beda di segala bidang dan terus mengalami perkembangan misalnya di bidang politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Kondisi ini menyebabkan tiap-tiap negara .

A. Meminta bantuan dari negara lain untuk memenuhi kebutuhannya B. Berperan aktif untuk melaksanakan kerjasama dengan negara lain C.

Berusaha meningkatkan pemenuhan kebutuhan secara mandiri D. Meningkatkan daya saing untuk mencegah pengaruh dari luar negeri 13. Sebutkan negara Asean yang secara astronomis sebagian wilayahnya masuk iklim sub tropis . A. Indonesia B. Thailand C. Laos D. Myanmar 14. Kondisi alam dengan hamparan dataran serta laut, rangkaian pegunungan yang menjulang tinggi,dan keanekaragamaan hayati di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai modal kerja sama antar negara–negara anggota ASEAN yaitu di sektor .

A. Industri B. Budi daya ikan C. Pertanian D. Pariwisata 15. Negara-negara Asean saling membantu satu dengan lainnya, seperti ketika terjadi bencana badai Haiyan tahun 2014 yang terjadi di negara .

A. Filipina B. Vietnam C. Kamboja D. Malaysia 16. Berikut ini yang bukan merupakan dampak perbedaan iklim negara-negara ASEAN terhadap budaya dan interaksi manusianya adalah . A.

Bentuk rumah B. Cara berpakaian C. Jenis makanan D. Upacara perkawinan 17. Rangkaian gunung yang ada kawasan ASEAN dikenal sebagai . A. Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania B. Sirkum Caribian dan sirkum JUan de Fuca C. Sirkum Cocos dan Sirkum Nazca D. Sirkum Aleutian dan Sirkum Cascade 18. Badai haiyan, angin topan, kekeringan, dan banjir merupakan contoh bencana . A. Geologis B. Buatan C.

Klimatik D. Musiman 19. Negara Asean yang tidak memiliki sumber daya tambang adalah . A. Laos B. Myanmar C. Brunei Darussalam D Singapura 20. Salah satu contoh kerjasama negara-negara ASEAN dalam menangani bencana yang berhubungan dengan faktor iklim adalah . A. pemberian bantuan untuk korban Tsunami B. bantuan untuk pemadaman kebakaran hutan di wilayah Sumatra, Indonesia C. kerja sama dalam bidang hortikultura, peternakan dan agrobisnis D.

kerjasama negara-negara ASEAN dalam ilmu pengetahuan dan teknologi 21. Nama bandara dan letaknya di negara Asean yang tepat adalah . A. Wattay International Airport di Laos B. Changi Airport di Thailand C. Aquino International Airport di Kamboja D.

Bandar Udara Suvarnabhumi di Myanmar 22. Kawasan ASEAN menjadi daerah terjadinya tumbukan antar lempeng bumi. Hal tersebut menjadikan kawasan rawan gempa dan Tsunami. Berikut ini negara-negara di kawasan ASEAN yang dipandang sebagai negara paling rawan gempa adalah . A. Thailand, Indonesia, Myanmar, Malaysia B. Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Malaysia C. Vietnam, Thailand, Indonesia, Kamboja D. Kamboja, Vietnam, Laos, Brunei Darussalam berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean.

Perubahan kehidupan masyarakat Asean pada aspek sosial karena perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi adalah . A. Kerjasama luar negeri semakin mudah B. Terjadi akulturasi budaya baik secara sadar dan tidak sada C. Perubahan pada nilai dan norma D. Penyalahgunaan Narkoba dan obat terlarang yang semakin meluas 24. Negara di kawasan ASEAN yang wilayahnya sangat sempit dan memiliki keterbatasan sumber daya alam barang tambang akan tetapi menguasai perdagangan dan industri adalah .

A. Thailand B. Laos C. Singapura D. Vietnam 25. Perubahan kehidupan masyarakat Asean pada aspek budaya karena perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi adalah . A. Gangguan keamanan antar negara Asean B. Perubahan pada nilai dan norma C. Barang-barang impor semakin mudah didapat D. Meningkatnya penggunaan transportasi massal untuk mengurangi kemacetan 26.

Perkembangan teknologi dan informasi akan membawa pengaruh dalam bidang budaya. Salah satu perubahan yang terjadi adalah . A. perubahan nilai norma dan sopan santun sebagai dampak perubahan kemajuan teknologi informasi B. jalinan kerjasama negara-negara yang semakin erat C. peningkatan sarana dan prasarana yang memadai D. perkembangan dan pertumbuhan penduduk yang semakin cepat 27.

ASEAN mulai menerapkan AFTA dalam wilayahnya. Secara ekonomis, pemberlakukan AFTA akan menjadikan kegiatan ekonomi lebih meluas. Contoh kegiatan ekonomi yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah . A. Petani bisa meningkatkan hasil produksinya dengan menggunakan teknologi canggih B. Perubahan sektor pertanian menjadi sektor industri C. Peningkatan jumlah konsumsi pangan di negara-negara Asean D.

Produsen beras seperti Thailand bisa mudah mengekspor beras ke Singapura 28. Salah satu perubahan yang terjadi pada penduduk di setiap negara ASEAN karena adanya perkembangan bidang teknologi dan informasi khususnya dalam bidang ekonomi adalah . A. meningkatkan pendapatan negara dari pajak B. turunnya harga barang impor C. semakin bernilainya produk-produk dalam negeri karena kemudahan ekspor D. semua jawaban benar 29.

Konversi lahan untuk pertanian menjadi lahan untuk industri banyak terjadi di pinggiran kota. Pada umumnya, pemilik perusahaan mendirikan industri di tempat itu karena . A. Harga lahan pertanian lebih murah daripada lahan terbangun B. Lahan pertanian lebih subur daripada lahan di tengah kota C. Lahan dimiliki perseorangan sehingga mudah untuk dibeli D. Letak lahan yang jauh dari polusi tanah, air dan udara 30. Di bawah ini yang bukan merupakan perubahan akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dalam aspek sosial masyarakat negara- negara ASEAN adalah .

A. bertambahnya jumlah penduduk dalam waktu singkat B. kerjasama luar negeri semakin mudah C. akulturasi budaya semakin meluas D. kebutuhan transportasi massal semakin tinggi untuk menghindari kemacetan 31. Secara geografis negara-negara ASEAN terletak di .

A. antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia serta dua samudra yaitu samudra Hindia dan Pasifik B. wilayah dengan dua macam iklim yaitu tropis dan subtropis C. daerah pertemuan antara dua deretan pegunungan yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania D. daerah pertemuan antara lempeng Asia, lempeng dasar Samudra Pasifik, dan lempeng Indo-Australia 32.

Dalam aspek keamanan, perubahan akan muncul seiring kemajuan teknologi informasi, salah satunya adalah . A. gangguan kondisi keamanan semakin rentan B. jaringan kelompok perusuh antarnegara semakin terorganisir C. perubahan sistem nilai dan norma D. jawaban A dan B benar 33. Negara Thailand dan Myanmar memiliki bentuk geografis yang kompleks dan beragam biasanya terdapat tangan yang memanjang. Bentuk geografis wilayah seperti ciri yang digambarkan di atas disebut . A. Compact B. Fragmented C.

Elongated D. Protruded 34. Pemberlakuan AFTA merupakan wujud perubahan ruang negara-negara ASEAN dalam bidang . A. sosial B. budaya C. ekonomi D. keamanan 35. Negara anggota Asean yang beriklim tropis dan sub tropis adalah . A. Myanmar B. Indonesia C. Pilipina D. Malaysia 36. Penerapan ASEAN Free Trade Area akan berdampak secara langsung pada tatanan usaha produksi di dalam negeri, salah satunya adalah . A. persaingan kegiatan ekonomi akan lebih ketat dengan adanya kompetitor dari luar negeri secara langsung B.

pilihan barang konsumsi yang semakin banyak C. harga produk luar negeri yang semakin berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean D. kebebasan dalam memilih barang 37. Negara-negara Asean dilewati jalur lipatan sirkum pasifik, akibatnya . A. sering terjadi banjir B. banyak memiliki pantai C. beriklim tropis D.

sering terjadi gempa 38. Berikut ini yang bukan merupakan masalah yang timbul akibat konversi lahan dari lahan pertanian menjadi industri adalah . A. lahan pertanian menjadi berkurang sehingga produktivitas pangan dari pertanian menurun B. lahan pertanian berpotensi terkena imbas pencemaran akibat limbah dan polusi dari industri C.

lahan pertanian disekitar industri menjadi lebih subur akibat pengolahan yang tepat D. konversi lahan bersifat menular yang mengancam ketersediaan lahan pertanian 39. Kerja sama Indonesia dengan semua negara-negara dikawasan Asia Tenggara (ASEAN) termasuk kerja sama .

A. bilateral B. regional C. multilateral D. internasional 40. Perubahan sebagian atau seluruh fungsi lahan dari fungsi semula menjadi fungsi yang lain dan mempengaruhi lingkungan dan potensi lahan itu sendiri disebut dengan .

A. pergantian lahan B. penggunaan lahan C. konversi lahan D. konversi tanah 41. Negara dikawasan Asia Tenggara pada umumnya adalah negara agraris, kecuali . A. Thailand B. Singapura C. Filipina D. Malaysia 42. Badai haiyan, angin topan, kekeringan, dan banjir merupakan contoh bencana . A. Geologis B. Buatan C. Klimatik D. Musiman 43. Perekonomian negara Brunei Darussalam tertumpu pada sektor . A. pertanian B. perindustriañ C. pertambangan D. perdagangan 44. Konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman akan membawa dampak berikut ini, kecuali .

A. kehilangan mata pencaharian bagi para petani dan buruh tani B. hilangnya ruang terbuka hijau (RTH) C. berkurangnya lahan resapan air D.

meningkatnya taraf kehidupan masyarakat 45. Negara penghasil minyak dan gas bumi terpenting dikawasan Asia Tenggara adalah .

A. Brunei Darusalam B. Philipina C. Malaysia D. Thailand 46.

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

Seiring laju pertumbuhan penduduk yang meningkat dalam suatu negara, pelaksanaan konversi lahan tidak dapat terhindarkan. Hal ini disebabkan oleh . A. lahan pertanian yang kian menyusut B.

sistem tebang pilih pada lahan kehutanan C. kebutuhan manusia akan ruang yang selalu bertambah D. harga-harga kebutuhan pokok yang semakin melambung 47. Gunung tertinggi di kawasan Asia Tenggara adalah . A. Gunung Apo B. Gunung Gamalama C.

Gunung Jaya Wijaya D. Gunung Kinabalu 48. Alih fungsi lahan pantai menjadi daratan dikenal dengan sebutan . A. reboisasi B. reklamasi C. abrasi D. reboisasi 49. Faktor utama yang menjadi penyebab suburnya tanah dikawasan Asia Tenggara adalah . A. floranya beraneka ragam B. curah hujannya besar C. bekas material gunung berapi D. banyak dijumpai sungai besar 50. Kerja sama negara ASEAN dalam menanggulangi masalah pekerja migran dilaksanakan oleh .

A. ADWA B. ACT C. MEA D. AFTA 51. Negara di Asia tenggara yang dijuluki lumbung beras adalah . A. Indonesia B. Philipina C. Malaysia D. Thailand 52. Negara yang memiliki bentuk compact adalah . A. Laos B. Vietnam C. Kamboja D. Indonesia 53. Pegunungan yang terletak dinegara Myanmar adalah . A. Arakan Yoma B. Iban C. Annam D. Jaya Wijaya 54. Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai ini melintasi beberapa negara, termasuk Laos.

Sungai Mekong memegang peranan penting bagi Laos, di mana pusat perekonomiannya terdapat di sepanjang sungai ini. Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah . A. Sungai Mekong berfungsi sebagai batas negara Laos B. Sungai Mekong merupakan sungai suci bagi masyarakat Laos C. Sungai Mekong dapat dimanfaatkan untuk mengalirkan limbah industri Laos D.

Banyaknya dermaga pelabuhan di Sungai Mekong 55. Sungai terpanjang dikawasan Asia Tenggara adalah . A. Mekong B. Membrano C. Irawadi D. Belait 56. Brunei Darussalam terletak pada 4°LU-6°LU dan 114°BT-115°BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Brunei Darussalam memiliki iklim . A. kutub B. subtropis C. tropis D. sedang 57. Negara dikawasan Asia Tenggara yang mempunyai sumber daya berupa hutan adalah .

A. Singapura B. Indonesia C. Philipina D. Brunei Darussalam 58.

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

Filipina merupakan negara peringkat kedua (setelah Amerika Serikat) dalam hal penggunaan energi geotermal sebagai pembangkit listrik. Pengelolaan geotermal di Filipina ini jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Padahal, Indonesia juga memiliki potensi energi geotermal yang sangat tinggi. Faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah . A. topografi di Indonesia sangat beragam B.

cadangan energi fosil di Filipina yang lebih sedikit C. Indonesia cenderung meningkatkan penggunaan energi fosilnya D. tidak ada pembangkit listrik tenaga panas bumi di Indonesia 59. Hutan dikawasan Asia Tenggara penting bagi dunia, karena berfungsi untuk . A. penghasil kayu dan pertahanan B. paru-paru dunia dan penyimpan air C. sumber energi dunia dan keindahan D. suaka margasarwa dan cagar alam 60. Salah satu tumbuhan asli yang berasal dari Filipina adalah pisang abaka.

Serat dari batang tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk . A. bahan baku otomotif B. bahan baku pembuatan pakaian C.

bahan baku mebel D. bahan baku obat 61. Pengguna tekhnologi pertanian terbaik dikawasan Asia Tenggara adalah . A. Thailand B. Indonesia C. Singapura D. Myanmar 62. Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah . A. Indonesia B. Thailand C. Singapura D. Malaysia 63. Danau yang terletak diKamboja adalah .

A. Lanau B. Siem Rap C. Poso D. Tonle Sap 64. Organisasi kerja sama ekonomi di wilayah Asia Tenggara adalah . A. ASEAN B. OPEC C. APEC D. AFTA 65. Perubahan sebagian atau keseluruhan fungsi lahañ dari fungsi semula menjadi fungsi yang laiñ dan mempengaruhi lingkungan dan potensi lahan itu sendiri disebut . A. pergantian lahan B. penggunaan tanah C. konversi lahan D. konversi tanah 66. Penyelenggaraan pesta olahraga setiap dua tahun sekali melalui SEA (Southeast Asia) Games merupakan bentuk kerja sama antarruang ASEAN di bidang .

A. politik B. sosial budaya C. ekonomi D. keamanan 67. Pegunungan yang terletak dinegara Myanmar adalah . A. Arakan Yoma B. Iban C. Annam D. Jaya Wijaya 68. Adanya MEA memberikan dampak bagi kehidupan negara-negara yang ada di ASEAN. Bagi negara yang belum siap menghadapi adanya MEA, maka salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah meningkatnya angka pengangguran.

Upaya yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk mencegah dampak buruk yang ditimbulkan oleh adanya MEA tersebut adalah . A. menggunakan robot untuk meningkatkan produktivitas industri B.

memudahkan visa kerja untuk tenaga kerja asing C. menarik tenaga ahli asing untuk bekerja di Indonesia D. meningkatkan pendidikan dan keterampilan penduduknya 69. Contoh teknologi komunikasi yang menggunakan teknologi cyber atau internet adalah . A. telegram B. surat menyurat C. chatting D. faksimile 70. Kata budaya berasal dari beberapa bahasa. Salah satunya adalah dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti akal budi, yaitu .

A. culture B. budhayah C. cutler D. colere 71. Salah satu dampak positif perkembangan tekhnologi terhadap aspek ekonomi adalah . A. mematikan sektor usaha kecil B. pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi C. pengangguran semakin bertambah D.

menimbulkan kesenjangan sosial 72. Bagi sebagian orang, menjadi anggota DPR adalah sebuah impian. Akhirnya mereka melakukan segala cara agar saat pemilihan namanya mendapatkan suara yang banyak. Ia akhirnya melakukan kampanye dengan menghabiskan banyak sekali uang. Alasan mereka melakukan itu karena menjadi DPR membuatnya (mungkin) cepat kaya. Dan memang benar, menjadi anggota DPR akan membuat seseorang menjadi cepat kaya karena gaji pokok hingga tunjangan-tunjangan yang tinggi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, saluran mobilitas sosial yang digunakan dalam menaikkan status sosial seseorang adalah melalui . A. lembaga pendidikan B. lembaga masyarakat C. organisasi ekonomi D. organisasi politik 73. Negara dikawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lain adalah .

A. Timur leste B. Brunei Darussalam C. Malaysia D. Filipina 74. Proses perpaduan dua kebudayaan yang berbeda dengan tidak menghilangkan ciri kebudayaan lama disebut .

Berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean. segregasi B. integrasi C. akulturasi D. asimilasi 75. Persamaan potensi sumber daya alam yang dimiliki negara-negara ASEAN rata-rata disektor . A. Pertambangan B. Pertanian C. Hasil hutan D. Hasil laut 76. Terdapat beberapa faktor pendorong mobilitas sosial dalam masyarakat.

Contoh faktor pendorong mobilitas yang terjadi karena faktor berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean itu sendiri adalah . A. sistem demokrasi Indonesia yang membuka peluang untuk setiap orang memasuki kedudukan tertinggi B. pendidikan yang tinggi dan berkualitas belum tentu akan memudahkan seorang untuk lebih cepat untuk mendapat pekerjaan C.

adanya struktur pekerjaan yang lebih menjanjikan masyarakat dari segi perekonomian D. pengusaha kecil yang mendatangi seminar pengusaha, termotivasi untuk mengembangkan usahanya agar lebih berkembang dan besar 77.

Bentuk iklim yang dipengaruhi oleh arah angin yang berubah setiap enam enam bulan sekali yaitu iklim . A. Fisis B. Matahari C. Muson D. Campuran 78. Dalam proses pembentukan kebudayaan untuk mengantar tiap individu memasuki kehidupan sebagai anggota masyarakat, keluarga merupakan sebuah faktor yang sangat utama, hal tersebut dikarenakan .

A. keluarga sebagai pembentuk etnosentris B. keluarga merupakan agen sosialisasi primer C. keluarga sebagai sarana pendidikan formal D. keluarga hanya sebagai agen sosialisasi sekunder 79. Perusahaan manufaktur Singapura mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan baku pada setiap kegiatran produksi sehingga harus mengimpor dari negara-negara tetangga Tindakan Singapura sesuai dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang yaitu .

A. Ketersediaan sumber daya B. Kondisi iklim C. Perkembangan teknologi D. Kondisi Geografis 80. Perubahan iklim berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean memicu terjadinya bencana alam . A. Gempa bumi B. Klimatik C. Gunung meletus D. Tsunami Seperti yang sudah kita ketahui, Jumat lalu (28/10) terjadi gempa bumi di daerah Donggala, Palu.

Gempa bumi yang terjadi sampai menimbulkan tsunami. Selain gempa di Palu, sebelumnya terjadi gempa bumi yang terjadi di Lombok. Gempa di Lombok terjadi berulang kali yang menimbulkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Sebelum gempa Lombok, gempa juga terjadi di Pulau Jawa dan Sumatera. Dilansir dari bnpb.go.id, gempa bumi merupakan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, aktivitas gunung berapi atau runtuhan batuan.

Sebenarnya apa yang menyebabkan daerah di Indonesia sering mengalami gempa? Berikut 4 alasan di Indonesia sering terjadi gempa bumi. m.vidio.com Dilansir dari worldatlas.com, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera.

Hal ini memang menyebabkan Indonesia sebagai tempat strategis untuk perdagangan dan menjalin antar negara. Namun, di balik itu semua ada dampak buruk seperti gempa bumi yang sering terjadi. Hal ini terjadi karena Indonesia terletak di antara lempeng Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik. Selain itu juga Indonesia termasuk dalam cincin api pasifik, yang tidak lain gugusan gunung berapi di dunia.

Hal ini yang kemudian menjadi penyebab kenapa di Indonesia sering sekali terjadi gempa bumi, baik vulkanik maupun tektonik. dneilsonphoto.com Salah satu penyebab terjadinya gempa adalah pergerakan lempeng bumi. Pergerakan lempeng ini menghasilkan tekanan yang berujung pada terjadinya gempa. Besar kecilnya gempa tergantung pada besar tekanan yang terjadi karena pergerakan lempeng ini.

Teori dari lempeng tektonik menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan. Sebagian besar area dari lapisan kerak ini akan hayut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan ini kemudian bergerak perlahan sehingga terpecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya gempa tektonik. Karena letak Indonesia berada dalam tiga lempeng bumi.

Jika salah satu dari ketiga ini bergerak dan bergesekan dengan lempeng lain, maka kemungkinan terjadinya gempa sangatlah besar. Baca Juga: BMKG: Palu-Donggala Masuk Zona Merah Rawan Gempa id.pinterest.com Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi oleh cincin api Pasifik. Kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang rawan letusan gunung berapi, gempa dan tsunami.

Cincin api pasifik atau lingakaran api pasifik alias ring of fire adalah daerah yang sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan api pasifik.

Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa pasifik. Karena terletak diatas jalur magma ini, Indonesia memilik 127 gunung berapi aktif dngan 5 juta penduduk yang tinggal di sekitarnya.

Dengan jumlah yang sebanyak itu, maka aktivitas vulkanik yang berpotensi menimbulkan gempa akan semakin banyak. Gunung api di Indonesia yang paling aktif adalah gunung Kelud dan gunung merapi. Asosiasi Internasional Vulkanologi dan Kimia Iterior Bumi juga menetapkan gunung Merapi sebagi gunung api dekade ini. Karena aktivitas vulkanisnya yang sangat tinggi sejak tahun 1995. travelingyuk.com Indonesia tercinta kita ini ada fenomena unik yang terjadi. Yaitu meletusnya tiga gunung berapi secara bersamaan.

Gunung meletus ini di antaranya, Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Gunung Raung di Jawa Timur dan Gunung Gamalama di Ternate. Kemungkinan yang menjadi penyebab hal ini adalah reaksi yang berantai yang terjadi di dapur magma. Jika dilihat dari peta cincin berapi pasifik, kita bisa mengetahui bahwa hampir seluruh wilayah di Indonesia berada tepat di atas dapur magma. Karena berada pada satu jalur, setiap aktivitas yang terjadi di dapur magma dapat memicu meletusnya gunung berapi secara bersamaan.

Hal ini tentu disertai dengan rentetan gempa vulkanis. Karena hal inilah, Indonesia sangat sering mengalami gempa bumi. Nah itu tadi beberapa alasan kenapa di Indonesia sangat sering terjadi gempa bumi. Semoga dengan adanya gempa yang terjadi, kita dapat mengambil hikmahnya ya. Baca Juga: 5 Kendala yang Dihadapi BNPB dalam Penanganan Darurat Gempa Palu Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak!
Sebutkan pembagian wilayah thailand berdasarkan keadaan alamnya.

Pembagian wilayah benua afrika dan penampakan alamnya. Berdasarkan kondisi fisik alamnya, termasuk di daerah mana kalian tinggal? Benua afrika terletak di sebelah barat daya benua asia.

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

Pembagian jenis jenis hutan juga didasarkan pada berbagai hal, seperti berdasarkan fungsi, jenis pohon, proses terjadi, tempat dan lainnya.

Mengapa wilayah indonesia dan filipina sering terjadi gempa? Sekitar 70 wilayah lao people’s democratic republic berupa pegunungan yang membentang dari utara ke tenggara.

Berdasarkan waktunya, wilayah indonesia dapat dibedakan menjadi tiga wilayah yaitu indonesia bagian barat, tengah dan timur. (one) keadaan iklim wilayah, dan (ii) pembagian daerah waktu. Pengertian, ciri, iklim, proses & pembagian wilayahnya lengkap. Wilayahnya membentang dari alaska di bagian utara sampai perbatasan dengan meksiko di bagian selatan. Menjelaskan peta benua asia tentang keadaan alamnya berdasarkan warna pada peta; Di beberapa wilayah hujan turun amat lebat, sementara di wilayah lainnya agak jarang.

Negara negara asean yang dilalui oleh sirkum pasifik adalah sebutkan pembagian wilayah thailand berdasarkan keadaan alamnya. Keadaan alam benua amerika dibagi menjadi tiga wilayah yaitu amerika utara, amerika tengah, dan amerika selatan.

Kaitkan jawabanmu dengan keadaan bentang alamnya! Coba ananda sebutkan letak tersebut! Benua afrika disebut benua hitam karena sebagian penduduknya berkulit hitam (bangsa negro), dan ada juga yang menyebutnya benua koloni karena hampir semua negara di benua ini pernah di jajah oleh bangsa lain.

Selain peternakan pertanian juga turut dikembangkan melihat ponsi australia sebagai kategori behemothic size berdasarkan luas wilayah. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

Tuliskan bentang alam yang terdapat di republic of indonesia dan pengaruhnya. Keadaan alam thailand penjelasan mengenai keadaan.

Agar lebih mengenalnya, mari kita coba mempelajari jenis jenis hutan berikut ini. Negara negara asean yang dilalui oleh sirkum pasifik adalah sebutkan pembagian wilayah thailand berdasarkan keadaan alamnya.

Nah, sebagai contohnya disini pembagian wilayah di indonesia kita bagi berdasarkan waktu, bentuk dasar lautnya, geologi serta keadaan fauna dan floranya. Negara indonesia terletak di wilayah asia tenggara.

Commonwealth of australia adalah benua terkecil, sedangkan yang terbesar adalah asia yang luasnya 44.614.000 km two. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Berdasarkan peta benua eropa peserta didik mampu menjelaskan keadaan alam, pembagian wilayah serta kenampakan alam yang terkenal di benua eropa.

Pembagian wilayah indonesia berdasarkan waktu. Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ karakteristik benua asia : Sebutkan tiga hewan yang melakukan adaptasi morfologi. Jenis jenis hutan ini ada banyak macam pembagiannya. Bentang alam kenampakan alam dan keadaan sosial negara negara di asia tenggara. Dengan sekitar 4,3 miliar orang, terdapat 60% dari populasi manusia. Jelaskan faktor yang mendorong kegiatan pertanian di kawasan asia tenggara!

Keadaan iklim di filipina juga t idak berbeda jauh dengan republic of indonesia, iklim di kepulauan filipina termasuk wi layah yang dipengaruhi oleh angin muson yang memberinya dua jenis musim, yaitu musim hujan antara juni sampai februari dan musim kemarau antara maret sampai juli. Benua ini mencakup viii,seven% dari full luas permukaan bumi dan terdiri dari 30% dari luas daratannya. Jelaskan keuntungan dari benua australia dengan keadaan alamnya yang banyak berupa padang savana!

Secara garis besar keadaan alamnya dibagi tiga, sebagai berikut. Untuk lebih jelasnya perhatikan peta berikut ini! Luas wilayah australia adalah 7.682.300 km two. Jelaskan bentang alam dari benua asia! Sebutkan Pembagian Wilayah Thailand Berdasarkan Keadaan Sebutkan Pembagian Wilayah Thailand Berdasarkan Keadaan Alamnya Source: https://www.berbagicatatan.my.id/sebutkan-pembagian-wilayah-thailand-berdasarkan-keadaan-alamnya/ Terbaru • Bakteri Mempertahankan Diri Pada Lingkungan Buruk Dengan Cara • Pdf Peternakan Sapi Perah Di Indonesia • Cara Membuat Tas Dari Bungkus Kopi Kapal Api • Logo Bidang Peternakan Dinas Pertanian Dan Perikanan • Cara Mengatasi Kertas Nyangkut Di Printer Epson L3110 • Cara Membuat Pot Bunga Dari Gelas Aqua • Jurnal Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Kuda • Untuk Menambahkan Slide Baru Kita Dapat Menggunakan Cara • Cara Minum Susu Prenagen Esensis Folavit Dan Natur E Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
(Baca juga : Letak Astronomis Indonesia dan Letak Geografis ) Letak geologis merupakan letak suatu wilayah, negara ataupun benua berdasarkan kondisi geologis yang ada di wilayah tersebut.

Seperti susunan batu-batuan yang menyusun lapisan bumi di wilayah tersebut. Atau secara umum mengacu pada lempengan lempengan bumi yang berada pada lapisan kulit bumi pada daerah tersebut. Letak Geologis Indonesia Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia, terutama gunung api dengan tipe strato yang sebagian besarnya masih aktif.

Hal ini disebabkan oleh kondisi geologis yang ada di Indonesia. Letak geologis Indonesia juga cukup strategis. Secara geologis, Indonesia adalah negara yang terletak di antara beberapa lempengan bumi dan beberapa dangkalan laut.Hal ini menyebabkan kondisi geografis Indonesia berbeda-beda di tiap wilayahnya.

Daerah Indonesia bagian barat dilalui oleh deretan Pegunungan Muda Mediterania, yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Himalaya dengan sifat basa. Sedangkan daerah Indonesia bagian tengah dan timur dilewati oleh deretan pegununganSerkum Pasifik yang cenderung bersifat asam. Letak geologis Indonesia ditandai dengan tiga hal berikut : • Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar dunia.

Yaitu rangkain sirkum mediterania dan sirkum pasifik. • Indonesia berada di titik pertemuan tiga lempeng litosfer, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.

• Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean sunda, dangkalan sahul dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis.

Kondisi geologis Indonesia yang memiliki banyak gunung api ini memiliki dampak positif maupun negatif. Selain menyebabkan tanah di Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, hal ini juga menyebabkan sering terjadi bencana alam yang disebakan peristiwa vulkanik.

Misalnya gempa bumi, letusan gunung api, sampai tsunami. Dilihat dari segi jalur pegunungan yang melalui wilayah Indonesia, kepulauan Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan besar.

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

Yaitu sirkum mediterania yang aktif di bagian barat dan Sirkum Pasifik yang terdiri dari rangkaian gunung api tua di bagian timur. Rangkaian sirkum Mediterania terdiri dari pegunungan muda yang masih aktif menyebabkan di wilayah barat Indonesia banyak terdapat gunung api yang masih aktif.

Sedangkan di wilayah timur kebanyakan gunung apinya sudah tidak aktif lagi. Karena terdiri dari pegunungan yang sudah tua dari sirkum Pasifik. Indonesia juga merupakan pertemuan dari tiga lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan Lempeng Eurasia di lepas pantai Jawa, Sumatra dan Nusa Tenggara. Dan bertabrakan dengan lempeng pasifik di daerah Maluku dan Papua. Di daerah pertemuan lempeng ini sering terjadi gempa bumi, tsunami dan tanah longsor.

Hal ini disebabkan oleh akumulasi energi yang tak sanggup tertahan sehingga lepas menjadi bencana alam. Secara geologis, Indonesia terdiri atas tiga daerah dangkalan. Dangkalan adalah lautan dangkal yang menghubungkan dua daratan besar.angkalan yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut : • Dangkalan Sunda yang menghubungkan wilayah Indonesia bagian barat dengan benua Asia.

• Dangkalan Sahul yang menghubungkan wilayah Indonesia bagian timur dengan benua Australia. • Daerah laut pertengahan Australia-Astis, yaitu daerah yang terletak di wilayah tengah diantara dangkalan sunda dan dangkalan Sahul.

Dangkalan-dangkalan ini mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia. Wilayah barat yang dilalui dangkalan sunda memiliki keanekaragaman hayati yang mirip dengan benua Asia.

Sedangkan keanekaragaman flora di Indonesia bagian timur yanag dilalui Dangkalan Sahul memiliki kemiripan dengan benua Australia. Sedangkan di wilayah tengah yang disebut Austalia-Asiatis memiliki flora dan fauna yang khas, tidak sama dengan Asia maupun Australia.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia Peristiwa tektonik yang cukup aktif selain berpotensi menimbulkan bencana alam, juga menguntungkan bagi Indonesia dengan banyak terbentuknya Sedimentary Basin (cekungan sedimen). Cekungan ini menampung sedimen yang selanjutnya menjadi batuan induk maupun batuan reservoir hydrocarbon yang menyimpan kandungan minyak bumi di dalamnya.

Pengaruh letak geologis Indonesia terhadap kondisi tanah dan penampakan alam adalah sebagai berikut : • Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif. terutama di wilayah barat. Hal ini disebabkan oleh wilayah barat dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan mediterania.

Sirkum mediterania terdiri dari rangkaian pegunungan api yang masih muda, sehingga lebih berpotensi untuk aktif. • Laut di Indonesia bagian barat merupakan laut dalam. Sedangkan wilayah tengah dan timur terdiri dari lautan yang dangkal. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Selain itu juga terdapat wilayah di Indonesia yang terletak diantara dua dangkalan tersebut (Australia-Asiatis).

• Wilayah Indonesia menyimpan banyak tambang dan mineral seperti emas, perak dan besi. Hal ini dikarenakan banyak terdapat cekungan sedimen (sedimentary basin) yang disebabkan aktifitas tektonik di wilayah Indonesia. Cekungan sedimen mengakomodasikan sedimen yang dapat berubah menjadi batuan lain. Hal ini menyebabkan terjadinya endapan mineral. • Wilayah Indonesia termasuk daerah “rawan bencana”.

Di Indonesia sering terjadi gempa bumi tektonik ataupun gempa bumi vulkanik yang disebabkan aktivitas geologis. • Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian dari pegunungan muda sirkum mediterania (wilayah barat) dan sirkum pasifik di wilayah timur. • Di Indonesia terdapat banyak jenis tanah untuk pertanian dan perkebunan.

Hal ini juga disebabkan oleh aktivitas gunung merapi yang menghasilkan tanah vulkanik. Tanah vulkanik mengandung banyak unsur hara yang menjadi indikator kesuburan tanah. • Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, baik flora maupun faunanya. Bahkan di Indonesia juga terdapat banyak flora dan fauna endemik yang menjadi flora dan fauna ynag dilindungi. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh dua dangkalan yang melalui wilayah Indonesia.

• Sering muncul gunung api di tengah laut. Terutama di wilayah barat Indonesia yang dilalui sirkum Mediterania. Gunung api muda yang masih aktif ini juga terdapat di tengah laut dan terus “berkembang”. (Baca juga : 5 Manfaat Letak Geologis Indonesia) Jadi dapat disimpulkan bahwa letak geologis suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap sumber daya yang terdapat di wilayah tersebut.

Baik sumber daya alam hayati maupun sumber daya mineral. Indonesia sebagai negara kepulauan sebenarnya punya letak geologis yang sangat menguntungkan.

Meskipun juga terdapat dampak negatif dari hal itu.anantakendek.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi interaksi antarruang negara-negara ASEAN dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPS kelas VIII revisi.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi interaksi antarruang negara-negara ASEAN dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPS.

1. Tujuan dalam bidang keamanan wilayah, ASEAN telah berkomitmen untuk. A. Melakukan latihan gabungan B. Melaksanakan patroli laut bersama C. Menciptakan kawasan bebas nuklir dan senjata pemusnah massal D. Memberantas jaringan narkoba dan prostitusi 2. Berikut ini yang bukan merupakan upaya meningkatkan kerjasama diantara negara-negara ASEAN berupa pilar komunitas ASEAN yang terdiri dari tiga pilar yaitu . A. Politik-keamanan B. Ekonomi C.

Pendidikan D. Sosial-budaya 3. Wakil indonesia dalam penanda tanganan deklarasi bangkok adalah. A. Ir. Soekarno B. Mr. Yamin C. K.H Agus Salim D. Adam malik 4. Organisasi internasional dibentuk untuk. A. Mengatasi dan meminimalisasi masalah yang dapat ditimbulkan dari interaksi negara dalam berbagai bidang B. Bekerja Sama antar negara C. Mewakili suatu negara D. Mengikuti sea games 5.

Tahun berapakah Negara laos bergabung dengan ASEAN . A. 1996 B. 1997 C. 1998 D. 1999 6. Yang merupakan faktor pendorong terbentuknya kerja sama adalah.

A. Kesamaan dan perbedaan budaya B. Kesamaan dan perbedaan kondisi geografis C. Kesamaan dan perbedaan jumlah penduduk D. Kesamaan dan perbedaan tingkat pendidikan 7. Negara yang berada dikawasan ASEAN dan di juluki sebagai negara petro dollar adalah negara . A. Indonesia B. Thailand C. Brunei darussalam D. Malaysia 8. Faktor penghambat kerja sama yang berupa kebijakan yang diterapkan dalam suatu negara yang bertujuan melindungi kepentingan dalam negeri dan meningkatkan daya saing adalah .

A. Konflik dan peperangan B. Kebijakan protektif C. Perbedaan ideologi D. Perbedaan kepentingan 9. Letak astronomis wilayah ASEAN berada pada koordinat . A. 4°30' LU - 5° LU dan 114°40' BT - 115°5' BT B. 26° LU - 11° LS dan 93°BT - 141° BT C.

10° LU - 13° LU dan 102° BT - 105° BT D. 6° LU - 11° LS dan 94° BT - 141° BT 10. Kebutuhan tiap-tiap negara ASEAN berbeda-beda di segala bidang dan terus mengalami perkembangan misalnya di bidang politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Kondisi ini menyebabkan tiap-tiap negara .

A. meminta bantuan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya B. berperan aktif untuk melaksanakan kerja sama dengan negara lain C. berusaha meningkatkan pemenuhan kebutuhan secara mandiri D. meningkatkan daya saing untuk mencegah pengaruh dari luar negeri 11. Salah satu pulau di indonesia saat ini, kecuali.

A. Jawa B. Madura C. Pramuka D. Linggitan 12. Kesepakatan diantara negara-negara kawasan Berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean Tenggara untuk menerapkan perdagangan bebas adalah dalam . A. ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT) B. ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) C. ASEAN Free Trade Area (AFTA) D. ASEAN Council of Teachers Convention (ACT) 13.

Harimau,Gajah,dan badak adalah hewan tipe . A. Asiatic B. Peralihan C. Sumatra D. Australic 14. Berikut adalah dampak negatif diterapkannya perdagangan bebas di wilayah ASEAN, kecuali . A. Dapat merugikan produsen dalam negeri yang memproduksi barang yang sama dengan negara lain B. Mempermudah masuknya barang-barang yang tidak diizinkan pemerintah C. Meningkatnya perilaku konsumtif oleh masyarakat D. Munculnya persaingan antar produsen negara-negara ASEAN 15.

Berikut adalah flora asli yang ada di negara Brunei Darussalam adalah. A. Meranti merah B. Kaktus C. Raflesia arnoldi D. Durian 16. Perhatikan faktor pendorong dan faktor penghambat kerja sama berikut! 1) Perbedaan sumber daya alam 2) Kesamaan letak geografis 3) Perbedaan ideologi 4) Perbedaan kepentingan 5) Konflik dan peperangan Yang termasuk faktor pendorong adalah. A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C.

2, 3, dan 4 D. 3, 4, dan 5 17. Pegunungan kardamon berada di negara . A. Indonesia B. Filipina C. Malaysia D. Kamboja 18. Tujuan dari kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi adalah . A. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) B. Menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian C.

Menciptakan kerukunan dan kemajuan bersama D. Memperluas kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi 19. Negara anggota ASEAN yang mempunyai jumlah penduduk paling sedikit adalah. A. Brunei Darussalam B. Singapura C. Kamboja D. Laos 20. Perhatikan faktor pendorong dan faktor penghambat kerja sama berikut! 1) Perbedaan sumber daya alam 2) Kesamaan letak geografis 3) Perbedaan ideologi berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean Perbedaan kepentingan 5) Konflik dan peperangan Yang termasuk faktor pendorong adalah.

A. 1,2, dan 3 B. 1,2, dan 4 C. 2,3, dan 4 D. 3,4, dan 5 21. Negara anggota ASEAN yang perekonomiannya sebagian besar dari hasil minyak dan gas bumi yaitu .

A. Indonesia B. Kamboja C. Malaysia D. Brunei Darussalam 22. Indoneisa mengekspor hasil pertanian ke Singapura. Impor beras juga pernah dilakukan Indonesia dari Thailand. Kerjasama tersebut didasari oleh faktor. A. Kebijakan perlindungan produsen dalam negeri B. Kepentingan beberapa negara C. Kesamaan kondisi geografis D. Perbedaan sumber daya alam 23. Salah satu negara anggota ASEAN yang tidak memiliki hasil tambang adalah .

A. Kamboja B. Filipina C. Singapura D. Laos 24. Pada tahun 2016 masyarakat Indonesia memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ). Salah satu tujuan pemberlakuan MEA di Aia Tenggara yaitu. A. Mewujudkan Asia sebagai kawasan yang bebas, aman dan damai B. Antarnegara Meminimalisir konflik di kawasasn Asia Tenggara C. Mengentaskan kemiskinan dan meratakan pertumbunhan ekonomi D. Mempererat kerjasama di Asia Tenggara dalam berbagai bidang 25. Beberapa kelompok etnis (suku bangsa) yang mendiami negara Myanmar adalah .

A. Burma, Tionghoa, dan Melayu B. Burma, Karen, dan Shan C. Thai, Karen, dan Khmer D. Mestizo, Negrito, dan Shan 26. Berikut ini merupakan pilar ASEAN dalam sektor pertukaran budaya, investasi pendidikan antarnegara dan Diversity adalah pilar. A. ASC B. AAC C. ASCC D. AEC 27. Faktor pendorong kerja sama antarnegara ASEAN yaitu .

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

A. kesamaan dan perbedaan tujuan B. kesamaan dan perbedaan ideologi C. kesamaan dan perbedaan kedaulata D. kesamaan dan perbedaan kondisi geografis 28. Pilar yang menerangkan tentang kekuatan ekonomi ASEAN yaitu pilar.

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

A. ASC B. ASCC C. AEC D. AECC 29. Pentingnya menjalin hubungan kerjasama antarnegara ASEAN disebabkan . A. sebagian besar negara-negara ASEAN adalah negara berkembang B. rendahnya kemampuan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki C. semakin meningkatnya jumlah penduduk miskin di Asia Tenggara D. kemunculan berbagai macam kebutuhan yang berbeda antar Negara 30.

Jumlah Anggota ASEAN pertama kali diikuti oleh. A. 7 negara B. 5 negara C. 8 negara D. 10 negara 31. Mengatasi tantangan di bidang kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu pilar dalam upaya peningkatan kerjasama yaitu . A. sosial budaya B. ekonomi C. politik dan keamanan D. agama 32. Dibawah ini yang BUKAN merupakan negara pelopor dari ASEAN pertama kali adalah.

A. Indonesia B. Kamboja C. Thailand D. Filipina 33. Sebagian besar penduduk Thailand menganut agama . A. Konghucu B. Tao C. Hindu D. Budha 34.

Salah satu negara ASEAN yang sama sekali tidak memiliki jalur laut adalah negara.

berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean

A. Thailand B. Filipina C. Laos D. Malaysia 35. Berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN, jumlah penduduk Indonesia menempati urutan . A. kesatu B. kedua C.

ketiga D. keempat 36. Sesama anggota ASEAN diharapkan untuk saling bekerja sama dan apabila ada permasalahan diselesaikan melalui meja perundingan, merupakan kerjasama dalam bidang . A. Pertahanan B. Politik C. Ekonomi D. Pendidikan 37. Berikut adalah dampak positif adanya pasar tunggal MEA terhadap kehidupan penduduk di Asia Tenggara, kecuali . A. lapangan pekerjaan semakin luas B. pendapatan penduduk semakin meningkat C. kualitas sumber daya manusia semakin meningkat D. konsumsi barang-barang asal luar negeri meningkat 38.

Pendiri ASEAN yang berasal dari Singapura adalah . A. Adam Malik B. Narsisco Ramos C. Thanat Khoman D. S. Rajaratnam 39. Nelayan ikan berskala besar yang beroperasi di kawasan Asia Tenggara memanfaatkan data cuaca, suhu, arah angin untuk mencari ikan. Fenomena ini berkaitan dengan faktor yang memengaruhi interaksi keruangan, yaitu . A. faktor geologi B. faktor iklim C. faktor ketersediaan sumber daya D. faktor teknologi 40. Pendirian pabrik pupuk di kawasan Asia Tenggara adalah bentuk pengembangan kerja sama di bidang .

A. Pendidikan B. Sosial C. Perdagangan D. Perindustrian 41. Contoh bencana klimatik yang pernah terjadi di Asia Tenggara adalah . A. Tsunami Aceh tahun 2004 B. Meletusnya gunung Merapi Jawa tahun 2010 C. Banjir di Bangkok tahun 2011 D. Gempa bumi Lombok tahun 2018 42. Berikut ini yang bukan merupakan upaya meningkatkan kerjasama diantara negara-negara ASEAN berupa pilar komunitas ASEAN yang terdiri dari tiga pilar yaitu . A. Politik - keamanan B.

Ekonomi C. Pendidikan D. Sosial-budaya 43. Berikut ini dampak sosial akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di negara-negara ASEAN, kecuali . A. jumlah penduduk semakin bertambah dalam waktu singkat B. kerja sama luar negeri semakin mudah C. maraknya perdagangan bebas D. pendapatan negara meningkat 44. Dengan adanya perbedaan karakteristik ruang di permukaan bumi, maka setiap ruang .

A. memilki keterkaitan dengan ruang lainnya B. tidak memiliki keterkaitan antar ruang C. tidak bergantung pada ruang lain D. tidak dapat berhubungan dengan ruang lain 45. Berikut ini yang bukan merupakan dampak perbedaan iklim negara-negara ASEAN terhadap budaya dan interaksi manusianya adalah .

A. bentuk rumah B. cara berpakaian C. cara bertani D. upacara perkawinan 46. Yang merupakan faktor pendorong terbentuknya kerja sama adalah. A. Kesamaan dan perbedaan budaya B. Kesamaan dan perbedaan kondisi geografis C. Kesamaan dan perbedaan jumlah penduduk D. Kesamaan dan perbedaan tingkat pendidikan 47. Berikut adalah peran Kerja sama antar negara-negara ASEAN dalam pembangunan ekonomi ASEAN, kecuali .

A. Mengurangi tingkat pengangguran melalui pasar tenaga kerja B. Terciptanya stabilitas keamanan regional C. Meningkatkan jumlah cadangan devisa negara anggota D. Membuka peluang mengeksploitasi para pekerja migran 48. Treaty on Southeast Asian Neclear Weapon-Free Zone adalah kerja sama negara ASEAN dalam membangun kawasan. A. Bebas nuklir B. Bebas senjata C. Bebas pajak D. Pasar bebas 49. Kondisi alam dengan hamparan dataran serta lautan yang indah, rangkaian pegunungan yang menjulang tinggi, dan keanekaragaman hayati di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai modal kerja sama antar negara-negara anggota ASEAN yaitu di sektor .

A. industri B. pertanian C. pariwisata D. budi daya ikan 50. Kebutuhan tiap-tiap negara ASEAN berbeda-beda di segala bidang dan terus mengalami perkembangan misalnya di bidang politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

Kondisi ini menyebabkan tiap-tiap negara . A. meminta bantuan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya B. berperan aktif untuk melaksanakan kerja sama dengan negara lain C. berusaha meningkatkan pemenuhan kebutuhan secara mandiri D. meningkatkan daya saing untuk mencegah pengaruh dari luar negeri 51. Kebutuhan tiap-tiap negara ASEAN berbeda-beda di segala bidang dan terus mengalami perkembangan misalnya di bidang politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

Kondisi ini menyebabkan. A. terus menerus bergantung dengan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya B. berperan aktif untuk melaksanakan kerja sama dengan berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean lain C.

berusaha meningkatkan pemenuhan kebutuhan secara mandiri D. meningkatkan daya saing untuk mencegah pengaruh dari luar negeri 52. Sekretariat ASEAN terletak di kota. A. Singapura B. Kualalumpur C. Bangkok D. Jakarta 53. ASEAN Council Teachers Convention merupakan salah satu bentuk kerja sama di bidang .

A. politik B. sosial C. ekonomi D. pendidikan 54. Sungai terpanjang di Kamboja adalah. A. Irawady B. Mekong C. Chao Phraya D.

Pahang 55. Menghadapi pasar tunggal atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang penuh dengan persaingan sehingga negara Indonesia khususnya, melakukan reformasi menyeluruh dalam sistem pendidikannya. Dampak positif dari hasil interaksi antarrurang ASEAN di atas adalah . A. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia B. Terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas ekspor C.

Adanya kesadaran pentingnya mempertahankan budaya sendiri D. Usaha menginventarisasi batas wilayah secara tegas dan tertib 56. Dalam upaya mencapai tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing internasional, negara-negara ASEAN melakukan kerja sama melalui .

A. Memberikan beasiswa latihan pengelolaan jasa pelabuhan udara, kesehatan dan keselamatan kerja industri, dan komunika bahari B.

Pemberantasan tidak kejahatan lintas negara yang mencakup pencucian uang penyelundupan, bajak laut, dan kejahatan internet C. Menanggulangi berdasarkan keadaan geologinya wilayah asean sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah asean perkembangan penduduk dengan bekerja sama dengan badan internasional yang bersangkutan D.

Penyelenggaraan pesta olahraga dua tahun sekali melalui SEA-Games 57. Perusahaan manufaktur Singapura mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan baku pada setiap kegiatan produksi sehingga harus mengimpor dari negara-negara tetangga.

Tindakan Singapura sesuai dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang, yaitu . A. kondisi iklim B. ketersediaan sumber daya C. perkembangan teknologi D. kondisi geologis 58. Tujuan dari kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi adalah . A. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) B. Menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian C. Menciptakan kerukunan dan kemajuan bersama D. Memperluas kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi 59.

Kesepakatan diantara negara-negara kawasan Asia Tenggara untuk menerapkan perdagangan bebas adalah dalam . A. ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT) B. ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) C. ASEAN Free Trade Area (AFTA) D. ASEAN Council of Teachers Convention (ACT) 60. Sampai dengan tahun 1998 jumlah negara di Asia Tenggara yang masuk dalam organisasi ASEAN adalah .

negara. A. 10 B. 9 C. 7 D. 8 61. Bentuk iklim yang dipengaruhi oleh arah angin yang berubah setiap enam enam bulan sekali yaitu iklim . A. Fisis B. Matahari C. Muson D. Campuran 62. Berikut ini adalah dampak negatif diterapkannya perdagangan bebas di wilayah ASEAN, kecuali . A. Dapat merugikan produsen dalam negeri yang memproduksi barang yang sama dengan negara lain B. Mempermudah masuknya barang-barang yang tidak diizinkan pemerintah C.

Meningkatnya perilaku konsumtif oleh masyarakat D. Munculnnya produsen yang lebih kreatif di negara-negara ASEAN 63. Perubahan iklim akan memicu terjadinya bencana alam . A. Gempa bumi B. Klimatik C. Gunung meletus D. Tsunami 64. KTT ASEAN yang ke 29 di selenggarakan di kota. A. Denpasar B. Vientiane C.

Hanoi D. Cha Am 65. Berdasarkan keadaan geologinya wilayah ASEAN sering terjadi gempa bumi,hal ini karena wilayah ASEAN . A. Terlewati oleh jalur pegunungan tua B. Banyaknya kegiatan industri yang menggunakan alat berat C. Banyaknya penggalian dan penambangan alam D.

Adanya pertemuan lempeng lempeng utama bumi 66. Secara geografis negara-negara ASEAN terletak di . A. antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia serta dua samudra yaitu samudra Hindia dan Pasifik B. wilayah dengan dua macam iklim yaitu tropis dan subtropis C. daerah pertemuan antara dua deretan pegunungan yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania D. daerah pertemuan antara lempeng Asia, lempeng dasar Samudra Pasifik, dan lempeng Indo-Australia 67.

Perilaku berikut yang menjadi pemicu perubahan iklim adalah . A. Membangun pabrik dan perumahan di atas lahan pertanian B. Melakukan reboisasi atau kegiatan penanaman pohon kembali C. Perilaku hemat dalam menggunakan listrik D. Penebangan pohon di hutan yang memperhatikan keseimbangan 68. Sumber daya alam unggulan Brunei Darussalam adalah .

A. Minyak dan Gas B. Timah dan Karet C. Padi dan jagung D. Kayu dan kapas 69. Berikut ini yang termasuk sarana dan prasarana penunjang perkembangan teknologi transportasi . A. Mercusuar, Dermaga Pelabuhan, Terminal B. Kantor Pos, Bandara, Satelit C.

Jalan Raya, Dermaga Pelabuhan, Terminal D. Menara jaringan, Satelit, Mercusuar 70. Persamaan potensi sumber daya alam yang dimiliki negara-negara ASEAN rata-rata di sektor . A. Pertambangan B. Pertanian C. Hasil Laut D. Hasil Hutan

Kenapa Sering Terjadi Gempa di Indonesia




2022 www.videocon.com