Bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Pengertian Teks Tanggapan – Pada dasarnya, semua manusia dapat dikategorikan sebagai makhluk sosial, yang mana kodrat dari makhluk sosial yaitu selalu membutuhkan bantuan orang lain. Misalnya saja, secara sadar maupun tidak sadar, dalam kehidupan sehari-hari Kita diharuskan untuk melakukan interaksi sesama manusia. Salah satu interaksi yang sering digunakan oleh manusia adalah memberikan tanggapan atas suatu hal baik untuk sebuah karya, objek, kebijakan, dan lain sebagainya.

Nah, dalam artikel ini, Kita akan belajar tentang pengertian dari teks tanggapan. Tidak hanya itu, Kita juga akan memahami berbagai aspek dari teks tanggapan, mulai dari tujuan, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, jenis, hingga tentunya contoh dari teks tanggapan. Daftar Isi • A. Pengertian Teks Tanggapan • B. Ciri-Ciri Teks Tanggapan • Anda Mungkin Juga Menyukai • C. Struktur Teks Tanggapan • 1. Evaluasi • 2. Deskripsi • 3. Penegasan Ulang • D. Kaidah Kebahasaan dari Teks Tanggapan • 1.

Kalimat Kompleks • 2. Konjungsi • 3. Diksi atau Pemilihan Kata • 4. Rujukan atau Referensi • E. Jenis Kalimat dalam Teks Tanggapan • 1. Teks Tanggapan Pujian • 2. Teks Tanggapan Kritik • a. Kalimat Persetujuan • 2. Kalimat Penolakan • 3. Kalimat Sanggahan • G. Contoh Teks Tanggapan • 1. Contoh Teks Tanggapan Tentang Fenomena Alam • 2.

Contoh Teks Tanggapan Tentang Jakarta Sebagai Salah Satu Kota Termacet di Dunia • Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • • Kategori Ilmu Bahasa Indonesia • Materi Terkait A.

Pengertian Teks Tanggapan Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI dapat diartikan sebagai suatu sambutan terhadap ucapan yang dapat berwujud kritik, komentar, dan lain sebagainya. Sementara itu, menurut Sujanto dalam penelitian pada tahun 2004, tanggapan merupakan suatu gambaran pengamatan yang berasal dari kesadaran seorang manusia ketika telah melakukan pengamatan.

Oleh karena itu, teks tanggapan sendiri dapat disebut sebagai sebuah teks yang bisa disampaikan melalui komentar, evaluasi, kritik, pujian, dukungan, hingga penolakan terhadap suatu hal.

Beberapa hal yang dapat ditanggapi biasanya berangkat dari sudut pandang atau pengamatan yang muncul dalam pemikiran seseorang. B. Ciri-Ciri Teks Tanggapan Setelah mengetahui tentang pengertian atau definisi dari teks tanggapan, pada bagian ini Kamu akan disajikan penjelasan tentang ciri-ciri dari teks tanggapan.

Dengan mengetahui ciri-ciri dari teks tanggapan, Kamu bisa jadi lebih mampu untuk mengenali dan membedakan teks tanggapan dengan teks yang lain. Nah, beberapa ciri-ciri dari teks tanggapan yang perlu Kamu perhatikan adalah, sebagai berikut: 1.

Teks tanggapan memiliki isi yang bersifat objektif. Objektif sendiri dapat dipahami sebagai suatu yang berdasarkan fakta dan data atau keadaan yang sebenarnya. 2. Teks tanggapan memiliki kaidah kebahasaan yang unik. Kaidah kebahasaan ini disampaikan secara jelas dan logis, tetapi tetap mematuhi norma sopan santun yang berlaku di masyarakat.

Rp 24.000 3. Teks tanggapan memiliki struktur teks yang terdiri dari 3 bagian, mulai dari evaluasi, deskripsi, dan penegasan kembali. C. Struktur Teks Tanggapan Seperti yang sudah disinggung di bagian ciri-ciri teks tanggapan, bahwa teks tanggapan memiliki tiga struktur yang terdiri dari evaluasi, deskripsi, dan penegasan kembali.

Struktur pada suatu teks dapat Kamu gunakan ketika hendak menulis suatu tanggapan. Nah, berikut ini akan disajikan penjelasan tentang struktur teks tanggapan yang perlu Kamu ketahui sebelum menulis, diantaranya yaitu: 1.

Evaluasi Bagian pertama dari struktur teks tanggapan adalah evaluasi. Evaluasi dapat dipahami sebagai bagian awal dari teks tanggapan yang berisi berbagai pernyataan umum tentang isu atau permasalahan dari penulis. Beberapa ahli mengatakan bahwa evaluasi adalah suatu hal yang menjadi fokus atau konsentrasi dari seorang penanggap. Hal ini menjadikan pembaca mengetahui fokus permasalahan atau gagasan dari sebuah tanggapan. 2. Deskripsi Bagian kedua dari struktur teks tanggapan adalah penegasan ulang.

Deskripsi sendiri dapat dikatakan sebagai bagian dari teks tanggapan yang memuat inti pembahasan dari penulis. Deskripsi juga biasanya terdiri dari informasi tentang permasalah yang diangkat penulis. Di sini penulis dapat memberikan tanggapan berupa opini dari berbagai sudut pandang bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah bukti atau fakta pendukung terkait suatu yang ditanggapi. 3. Penegasan Ulang Bagian ketiga dari struktur teks tanggapan adalah penegasan ulang.

Penegasan ulang adalah bagian terakhir atau penutup dari teks tanggapan. Bagian ini memiliki fungsi untuk memberikan simpulan yang ditentukan oleh penulis terkait isu yang dibahas. Selain itu, penulis juga dapat memberikan saran atau masukan sehingga dapat dijadikan pembelajaran bagi para pembaca.

D. Kaidah Kebahasaan dari Teks Tanggapan Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, dan struktur dari teks tanggapan, berikutnya Kita akan mempelajari tentang kaidah kebahasaan yang ada pada teks tanggapan. Kaidah kebahasaan sendiri dapat digunakan untuk membedakan teks tanggapan dengan teks yang lain berdasarkan gaya bahasanya. Kaidah kebahasaan dari teks tanggapan sendiri ada 4, berikut ini adalah penjelasan dari empat kaidah kebahasaan teks tanggapan yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu: 1.

Kalimat Kompleks Kaidah kebahasaan yang pertama dari teks tanggapan yaitu kalimat kompleks. Kalimat kompleks pada dasarnya adalah kalimat yang identik dengan adanya induk kalimat dan anak kalimat. Kalimat kompleks pada teks tanggapan bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah memiliki dua struktur dan dua kata kerja atau verba, yang mana biasa digunakan untuk menjelaskan informasi atau tanggapan yang bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah disampaikan oleh penulis.

2. Konjungsi Kaidah kebahasaan yang kedua dari teks tanggapan adalah konjungsi. Konjungsi sendiri dapat digunakan untuk menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Tidak hanya kalimat, konjungsi juga dapat biasa digunakan untuk menyambungkan pembahasan yang satu dengan pembahasan yang lain. Konjungsi pada dasarnya memiliki tujuan yang dapat dimanfaatkan penulis untuk menghubungkan berbagai informasi, fakta, atau data terkait isu atau permasalahan yang dibahas.

3. Diksi atau Pemilihan Kata Kaidah kebahasaan yang ketiga dari teks tanggapan adalah diksi atau pemilihan kata. Gaya bahasa khas dari teks tanggapan ini memiliki tujuan agar penulis dapat melakukan pemilihan kata yang tepat.

Hal ini dilakukan supaya penyampaian tanggapan pada teks bisa dilakukan dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. 4. Rujukan atau Referensi Kaidah kebahasaan yang keempat dari teks tanggapan adalah rujukan atau referensi. Rujukan atau referensi ini memiliki fungsi untuk menguatkan argumen yang disampaikan oleh penulis.

Rujukan atau referensi juga dapat digunakan untuk mendukung informasi atau tanggapan yang disajikan kepada pembaca. E. Jenis Kalimat dalam Teks Tanggapan Jenis kalimat pada teks tanggapan pujian sering kali dipakai ketika hendak menyampaikan pujian atau berbagai bentuk apresiasi lainnya terhadap suatu hal. Jenis teks ini biasanya juga memuat berbagai kalimat positif, yang mana kalimat pada teks tanggapan pujian memiliki tujuan untuk memberikan perasaan senang kepada orang yang diberikan pujian atau apresiasi tersebut.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang bisa Kamu gunakan ketika membuat teks tanggapan pujian, yaitu: “Salah satu hal yang menarik dari buku ini adalah ringkasannya yang jelas dan padat. Selain itu, poin-poin konsep juga disajikan dengan apik dan mudah dipahami. Selanjutnya, kelebihan lainnya dari buku ini adalah disediakannya CD bagi pembaca yang ingin mengetahui isi buku melalui audio.” 2.

Teks Tanggapan Kritik Setelah mengetahui teks tanggapan pujian, jenis kalimat berikutnya dalam teks tanggapan adalah teks tanggapan kritik.

Teks tanggapan kritis merupakan jenis teks yang lebih sering digunakan dibandingkan teks tanggapan pujian. Teks tanggapan kritis sendiri dapat dipahami sebagai salah satu jenis teks yang dapat digunakan untuk menyampaikan suatu kritikan. Kritikan pada teks tanggapan kritik biasanya disampaikan dengan sifat yang mengomentari atau bisa juga menyalahkan, sehingga sangat berpotensi untuk memunculkan perkataan negatif.

Namun, teks tanggapan kritik tetap harus mengedepankan tanggapan atau komentar yang bersifat membangun. Selain memberikan kritik, penanggap atau penulis pada teks tanggapan kritik juga harus memberikan saran atau solusi terkait masalah yang dibahas. Berikut contoh teks tanggapan kritis: “Terlepas dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh buku ini, ada beberapa kelemahan yang bisa diperbaiki.

Buku ini tidak memiliki referensi lebih lanjut mengenai topik yang didiskusikan. Selain itu, ada beberapa halaman kosong yang seharusnya bisa dihindari.” Dalam teks tanggapan kritis sendiri dapat dibagi menjadi tiga bentuk, yakni kalimat persetujuan, kalimat penolakan, dan kalimat sanggahan. Berikut ini adalah penjelasan dari tiga jenis kalimat tersebut, diantaranya yaitu: a. Kalimat Persetujuan Pada dasarnya, kalimat persetujuan memiliki arti sebagai suatu kalimat yang memberikan pernyataan terkait persetujuan seseorang terhadap ide, gagasan, atau pendapat yang disampaikan oleh orang lain.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Ciri-ciri dari kalimat persetujuan biasanya dapat ditandai dengan adanya kata “setuju”, “sependapat”, “sejalan”, atau berbagai kata yang menunjukan keberpihakan pada suatu pendapat. Berikut ini adalah contoh kalimat persetujuan yang bisa Kamu gunakan ketika hendak memberikan persetujuan terhadap pendapat orang lain, yaitu: – Terus terang saya sangat setuju dengan pendapat Anda!

– Kami sepakat! Apa yang Anda sampaikan sangat sesuai dengan apa yang Kami pikirkan! 2. Kalimat Penolakan Kalimat penolakan dapat dipahami sebagai kebalikan dari kalimat persetujuan. Kalimat penolakan sendiri merupakan sebuah kalimat yang memberikan pernyataan penolakan atau pengingkaran terhadap suatu ide, gagasan, atau pendapat yang disampaikan oleh orang lain. Pada saat menyampaikan kalimat penolakan, Kamu diharuskan dianjurkan untuk bersikap sopan dan menghargai pendapat yang berbeda.

Salah satu cara yang bisa Kamu gunakan untuk menyampaikan kalimat penolakan dalam teks tanggapan adalah dengan mengawali kata “maaf”, “mohon maaf”, “izin”, dan lain sebagainya. Selain itu, ciri-ciri dari kalimat penolakan bisa juga disampaikan dengan memunculkan kata “tidak setuju”, “tidak sejalan”, “kurang sependapat”, dan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penolakan yang bisa Kamu pakai pada saat hendak menyampaikan penolakan secara sopan terhadap pendapat orang lain, yaitu: – Mohon maaf. Saya tampaknya tidak sejalan dengan apa yang telah Anda kemukakan. – Izin menanggapi. Saya terus terang tidak setuju dengan gagasan yang Anda tawarkan.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

3. Kalimat Sanggahan Kalimat sanggahan merupakan sebuah kalimat penolakan terhadap suatu ide, gagasan, atau pendapat, tetapi telah disusun sedemikian rupa sehingga bisa memberikan kesan persetujuan. Tujuan dari penyampaian kalimat sanggahan biasanya digunakan supaya tidak memunculkan makna kasar ketika memberikan pernyataan penolakan.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Kalimat sanggahan sendiri kerap kali dipakai pada saat dilaksanakannya diskusi. Hal ini tentu saja memiliki maksud untuk mempengaruhi seseorang yang pendapatnya kita tolak supaya mau menerima saran, masukan, dan pendapat yang Kita sampaikan.

Dalam menyampaikan kalimat sanggah biasanya terdiri dengan argumentasi logis, sehingga bisa membuat pendapat Kita bisa diterima dengan baik oleh pihak yang berbeda pendapat. Ciri-ciri kalimat sanggahan sangat unik, karena memadukan maksud dua jenis teks tanggapan kritis sebelumnya. Ciri-ciri dari kalimat sanggahan yang biasa digunakan yaitu tetapi, namun, atau kata sambung lain yang menimbulkan pertentangan dan persetujuan. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat sanggahan yang dapat Kamu gunakan pada saat hendak menolak sekaligus menyetujui dalam sebuah diskusi, diantaranya yaitu: – Pada dasarnya saya setuju dengan pendapat Anda, akan tetapi tentu menjadi lebih baik bila kita memperhatikan unsur estetika atau keindahan dari karya seni yang kita buat.

– Pada prinsipnya pendapat Anda sudah sangat baik, namun menurut saya akan menjadi lebih baik lagi bila kita juga melakukan perencanaan yang matang. G. Contoh Teks Tanggapan 1. Contoh Teks Tanggapan Tentang Fenomena Alam Gerhana Matahari dan Mitos Kebutaan Evaluasi Berbicara mengenai gerhana matahari, mungkin banyak diantara kita yang bertanya, sebenarnya melihatnya secara langsung bisa menyebabkan buta, itu sebuah mitos atau fakta?

Deskripsi Ketika menanggapi tentang fenomena alam tentunya kita bisa mengetahuinya lewat ilmu sains. Namun sebenarnya gerhana matahari itu? Gerhana matahari adalah sebuah fenomena dimana posisi bumi, matahari dan bulan sejajar dan berada pada satu garis lurus.

Pada saat itu Bulan akan melintas di antara bumi dan matahari, untuk beberapa waktu cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan Bulan. Ketika fase total itu terjadi bulan menutupi matahari, korona matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi oleh bulan. Lantas apa hubungan fenomena tersebut dengan kebutaan mata? Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, melihat gerhana matahari total secara langsung bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern.

Yang benar adalah cahaya matahari pada saat gerhana maupun dalam kehidupan sehari-hari sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara langsung sebab dapat merusak mata, lebih tepatnya pada bagian retina. Kerusakan pada retina yang dimaksud adalah terjadinya solar retinopathy, suatu penyakit pada mata yang gejalanya muncul titik hitam pada setiap kamu memandang, dan penyakit ini akan sulit untuk disembuhkan.

Penyebabnya bisa jadi ketika fase gerhana Matahari total terjadi, suasana menjadi sangat gelap dan pupil mata membesar mencoba untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin.

Tetapi ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah terang kembali, perpindahan dari gelap menjadi terang itulah yang sangat berbahaya. Penegasan Ulang Melihat dari faktor yang sudah diuraikan tersebut, pertanyaan melihat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Faktanya sinar matahari sangat berbahaya jika kita melihatnya secara langsung, baik ketika gerhana atau dalam kehidupan sehari-hari. 2. Contoh Teks Tanggapan Tentang Jakarta Sebagai Salah Satu Kota Termacet di Dunia Jakarta Termasuk Dalam Daftar 10 Kota Termacet di Dunia Evaluasi Dari dulu saya selalu menganggap bahwa jakarta itu lebih identik sebagai kota yang macetnya dimana-mana, meskipun sekarang juga pasti masih ada aja kadang kemacetan yang kita temui di jalan.

Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, tentunya keberadaan Transjakarta dan juga MRT sudah sangat memudahkan kami yang mengandalkan transportasi umum untuk pergi kemana-mana. Namun, jika adanya MRT dan Transjakarta tetap tidak mengurangi kemacetan, tentunya membuat saya tidak nyaman, karena akan menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan, sehingga hal ini dapat menyebabkan makin banyak orang-orang yang beralih ke kendaraan pribadi agar bisa menggunakan tol.

Deskripsi Namun, dilansir dari Instagram resmi dari Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2020 akhirnya Jakarta keluar dari urutan 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index dan berada di peringkat ke-31 dari total 416 kota.

Sebuah pencapaian yang tentunya bisa kita banggakan, bahwa Jakarta semakin membaik dalam mengatasi kemacetan. Dimana pada tahun 2019 kemarin, Indonesia masih menduduki peringkat ke-10 sebagai kota termacet di dunia segan tingkat kemacetan sebanyak 53%. Meskipun masih banyak hal yang mungkin perlu diperbaiki dan dioptimalkan. Penegasan Ulang Oleh karena itu, saya menanggapi hal ini dengan ingin memberikan pujian bagi Pemprov DKI yang sudah mampu menangani kemacetan jakarta menuju ke yang lebih baik, dan berharap terus ditingkatkan.

Selain itu, upaya dalam mengajak masyarakat untuk naik transportasi umum saya rasa perlu ditingkatkan lagi seperti dengan memperbanyak kawasan dan wilayah yang terjangkau oleh Transjakarta, MRT dna juga angkutan umum lainnya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1 Yuk, kita belajar bersama mengenai teks tanggapan, mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis kalimat, dan struktur teks nya.

Eits! Ada contohnya juga untuk menambah pemahaman kamu. -- Dalam suatu forum lisan atau tulisan, baik itu ilmiah maupun nonilmiah, tentu kamu dapat memberikan tanggapan yang berisi kritik dan pujian. Kritik merupakan ungkapan ketidaksetujuan terhadap suatu hal yang dilengkapi alasan. Alasan yang diungkapkan dalam kritik haruslah bersifat membangun dan tidak menjatuhkan.

Sedangkan pujian adalah ungkapan rasa setuju mengenai suatu hal. Pujian dapat berupa penghargaan atau sanjungan. Lalu, apa itu teks tanggapan dan untuk apa teks tanggapan dibuat? Yuk, kita pelajari! Mengenal Teks Tanggapan Teks tanggapan merupakan jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi suatu teks, seperti teks sastra, artikel, berita, ataupun karya seni pertunjukkan.

Di dalam teks tanggapan terdapat pula penilaian berupa kritik dan pujian. Tujuan dari teks tanggapan adalah untuk memberikan penilaian tentang kelebihan dan kekurangan dari sebuah teks yang juga disertai dengan saran.

Penilaian yang dilakukan haruslah objektif, sopan, logis, dan jelas. Nah, teks tanggapan memiliki beberapa ciri, yaitu sebagai berikut: Baca juga: Mengenal Teks Laporan Percobaan Jenis Kalimat Tanggapan Ada dua jenis kalimat tanggapan, yaitu pujian dan bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah.

Kamu pasti udah tau perbedaannya, ya kan? Karena dalam kehidupan sehari-hari pun, kita pernah mengungkapkan kalimat tersebut.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

1. Pujian Pujian merupakan pernyataan yang menyatakan penghargaan atau keunggulan sebuah hal tertentu. Jadi, kalimat pujian itu digunakan untuk memuji suatu hal yang emang layak untuk dipuji. Misalnya, pada tugas prakarya sekolah, temanmu membuat karya yang bagus sekali. Nah, kamu bisa mengungkapkan pujian untuk karya temanmu itu, ya. Kalau pada teks tanggapan, contoh kalimat pujian bisa seperti ini: "Menurut saya, novel ini sangat bagus.

Penyajian alurnya tidak umum, tetapi sangat mudah dipahami." Paham, ya? Kita lanjut ke jenis kalimat tanggapan yang kedua. 2. Kritik Kritik merupakan tanggapan yang disertai dengan pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hal. Ingat ya, saat kita memberikan kritik pada suatu hal, bukan berarti kita mencela hal tersebut. Tanggapan kritik harus disertai alasan yang jelas dan membangun, bukan malah menjatuhkan. Nah, dalam menyampaikan kritik, kita juga bisa memberikan saran atau solusi.

Contoh kalimat kritik pada teks tanggapan, salah satunya seperti ini: " Desain tas itu memang bagus dan tidak biasa, tetapi harganya sangat mahal. Tentunya hanya terperuntukkan bagi masyarakat golongan atas yang mampu membelinya." Struktur Teks Bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah Nah, setelah kamu mengetahui jenis kalimat pujian dan kritik pada teks tanggapan, sekarang kita pelajari mengenai struktur teks tanggapan, ya.

Teks tanggapan memiliki tiga struktur, yakni konteks, deskripsi, dan penilaian. Kita simak penjelasan lengkapnya berikut! 1. Konteks Konteks merupakan bagian awal teks tanggapan yang berisi pernyataan umum atau penjelasan tentang hal, peristiwa, ataupun objek yang akan disampaikan atau ditanggapi oleh penulis.

Penjelasan pada konteks ini bisa berupa jawaban dari pertanyaan, seperti: Apa yang ditanggapi? Kapan peristiwa tersebut terjadi? atau Di mana peristiwa tersebut terjadi? 2. Deskripsi Deskripsi berisi informasi mengenai alasan yang mendukung pernyataan ataupun menolak pernyataan. Di bagian ini juga bisa memuat identifikasi dan klasifikasi.

Jadi, kita bisa memasukkan jenis, ciri, atau bagian-bagian dari sesuatu yang kita tanggapi di dalam teks. 3. Penilaian Bagian penilaian akan berisi pernyataan yang mengungkapkan penilaian, berupa pujian atau kritik. Tentunya, kalimat pujian atau kritik yang disampaikan, harus disertai fakta dan data yang mendukung. Jadi, bukan berdasarkan atas pendapat pribadi, ya.

Baca juga: Menelaah Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Contoh Teks Tanggapan Pesawat Kepresidenan Keinginan pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BJJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014.

Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma. Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan baru yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya.

Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik.

Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional. Penulis juga menambahkan jika pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu. Gimana, sudah semakin paham mengenai teks tanggapan? Kamu masih ingin belajar lebih dalam lagi mengenai materi ini? Kamu bisa belajar bersama tutor standby yang baik dan asyik di Brain Academy Online, lho!

Di sini kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja hanya melalui group chat. Seru 'kan? Tunggu apa lagi, yuk daftar sekarang! Referensi: Zabadi, Fairul dan Sutejo.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Artikel diperbarui pada 20 Desember 2021.
Halo Ikaaa I, terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Jawaban untuk soal ini adalah C.

Untuk lebih paham bagaimana cara mendapatkan jawaban tersebut, yuk simak penjelasan di bawah ini.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Teks tanggapan adalah jenis teks yang berisi pendapat berupa komentar, kritik, saran, atau penilaian terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, perbuatan, atau ucapan seseorang. Teks tanggapan terdiri dari tiga struktur, yaitu: 1. Evaluasi: berisi pernyataan umum dari apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. 2. Deskripsi teks: berisi pendapat atau tanggapan yang disertai dengan data yang sesuai baik mendukung atau menolak tanggapan yang disampaikan.

3. Penegasan ulang: berisi penegasan ulang mengenai apa yang telah diputuskan atau dilakukan. Berdasarkan penjelasan struktur teks tanggapan di atas maka bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah deskripsi teks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. Semoga membantu ya :) Isi kutipan teks berita tersebut yang tepat adalah . Sebuah bekas tambang bukit kapur dan tempat pembuangan sampah di Gresik, Jawa Timur, berhasil disulap, menjadi wahana wisata alam yang eksotis dan mempesona.

Uniknya, untuk menuju lokasi, pengunjung bisa naik cikar, kendaraan tradisional yang ditarik dengan dua ekor sapi. Inilah destinasi wisata baru yang dimiliki warga Gresik. Wi g baru dibuka awal Januari 2020 ini diberi nama Wisata Setigi yang terletak di Sekapuk, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Wisata Setigi sesuai namanya, yaitu penggabungan dari kata selo yang berarti bebatuan. tirto atau air, dan giri yang berarti perbukitan. A. Bekas tambang kapur Sekapuk di Gresik disulap menjadi wisata alam Setigi B. Destinasi wisata baru yang eksotis dan mempesona di Gresik, Jawa Timur. C. Wisata alam Setigi merupakan gabungan dari kata selo, tirto, dan giri. D. Jawa Timur memiliki wisata alam yang baru dibuka awal Januari 2020.

Pak Nino adalah seorang mantan pegawai pabrik yang sudah pensiun beberapa tahun. Dia memiliki inisiatif untuk membuka usaha untuk memproduksi makanan ringan untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang-orang di sekitar dia. Kutipan teks inspiratif tersebut adalah bagian. A. Orientasi B. Perumitan Peristiwa C.

Komplikasi D. Resolusi Cermati teks persuasi berikut! Tingkatkan Literasi, Perbaiki Generasi Literasi di Indonesia masih rendah. Menurut ranking "World's Most Literate Nations" yang dipublikasikan oleh Central Connecticut State University pada 2016, Indonesia berada pada urutan terbawah, hanya lebih tinggi dari Bostwana. Fakta tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia jarang sekali membaca dan menulis. Keadaan ini sangat menyedihkan, mengingat literasi memiliki efek yang sangat besar terhadap masa depan negeri ini.

Banyak dampak negatif jika rendahnya literasi Indonesia tidak segera diperbaiki. Sektor pertama yang akan terdampak ialah bidang perekonomian. Dengan rendahnya literasi, angka pengangguran akan meningkat akibat kalah bersaing dengan tenaga kerja asing yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi. Terlebih lagi saat ini, Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Revolusi Industri 5.0.

Kita dituntut untuk memiliki kelebihan untuk dapat bertahan dan bersaing dengan negara-negara lain. Darurat literasi Indonesia merupakan bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah jawab kita bersama.

Banyak cara dapat kita lakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Mari memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Sebenarnya, banyak media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca, mulai dari video edukasi, poster infografis, hingga situs-situs berita. Terlebih lagi, saat ini telah ada buku elektronik atau e-book yang dapat dibuka kapan pun melalui gawai.

Kebiasaan membaca dan menulis di Indonesia harus selalu ditingkatkan. Kebiasaan tersebut diharapkan mampu meningkatkan literasi di Indonesia. Dengan demikian, Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju dan berkembang. Sumber: https://web.archive.org/web/20201201031956/https:// www.hipwee.com/narasi/tingkatkan-literasi-perbaiki- generasi, diakses 13 Agustus 2021 Tentukan struktur bagian "penegasan kembali" teks persuasi tersebut!

Evaluasi Evaluasi berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. Struktur ini terdapat pada paragraf pertama teks.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Deskripsi teks Struktur kali ini biasanya muncul pada paragraf kedua dan ketiga Pada struktur ini akan disampaikan informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau bahkan melemahkan tanggapan yang disampaikan. Penegasan ulang Struktur yang terakhir ini berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan. Penegasan ulang muncul pada paragraf terakhir.

Pembahasan Teks anggapan adalah teks yang dibuat untuk menanggapi suatu permasalahan, biasanya berisi kritikan pedas terhadap hal yang berkaitan dengan kesalahan atau isu sosial. Pelajari lebih lanjut • Pengertian teks tanggapan dapat di simak di brainly.co.id/tugas/18892301 • Unsur membuat teks tanggapan dapat di simak di brainly.co.id/tugas/28504498 ============== Detail Jawaban Kelas: IX Mapel : Bahasa Indonesia Kategori : Memberi Tanggapan dengan Santun (Bab 4) Kode: 9.1.4 Jawaban: Evaluasi Evaluasi berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.

Struktur ini terdapat pada paragraf pertama teks. Deskripsi teks Struktur kali ini biasanya muncul pada paragraf kedua dan ketiga Pada struktur ini akan disampaikan informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau bahkan melemahkan tanggapan yang disampaikan. Penegasan ulang Struktur yang terakhir ini berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.

Penegasan ulang muncul pada paragraf terakhir. Pembahasan Teks anggapan adalah teks yang dibuat untuk menanggapi suatu permasalahan, biasanya berisi kritikan pedas terhadap hal yang berkaitan dengan kesalahan atau isu sosial. Penjelasan: SEMOGA BERMANFAAT:( JADIKAN SEBAGAI JAWABAN TERCERDAS YA MAAP APABILA JAWABANNYA SALAH ATAU KURANG JELAS:) (\_/) ( °•°) (>❤️ Cermatilah kalimat-kalimat acak berikut!1) Hal itu karena Pulau Komodo dihuni oleh hewan langka.2) Dengan luas 399 km², pulau tersebut dihuni lebih da … ri 13.000 ekor komodo.3) Keberadaan hewan langka itu menjadi pemicu wisatawan lokal/asing berkunjung.4) Pulau Komodo menjadi salah satu dari keajaiban dunia.5) Sampai kini Pulau Komodo tetap menarik untuk dijadikan tempat tujuan wisata.Susunlah kalimat-kalimat tersebut agar menjadi logis!

2. Bacalah teks berikut! Hingga saat ini masyarakat masih mengeluhkan kelangkaan minyak goreng satu harga yang dibanderol Rp14.000,00 per liter. Banya … k masyarakat yang belum mendapatkan bagian, padahal program ini sudah berlangsung seminggu.

Langkanya minyak goreng Rp14.000,00 per liter di pasar lantaran adanya pembelian yang berlebihan akibat kepanikan (panic buying) dari masyarakat. Pihak produsen minyak goreng sudah cukup dalam memproduksi dan mengedarkan minyak goreng.

Hanya saja, adanya panic bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah membuat stok minyak goreng tetap terasa kurang. Tujuan penulisan teks tersebut adalah . A. memberitahukan bahwa stok minyak goreng sudah mencukupi di pasaran B. menyampaikan keluhan masyarakat akibat mahalnya harga minyak goreng & menginformasikan kelangkaan minyak goreng di pasaran akibat panic buying D.

mengajak masyarakat sebagai konsumen untuk tidak melakukan panic buying​ 2. Bacalah teks berikut! Hingga saat ini masyarakat masih mengeluhkan kelangkaan minyak goreng satu harga yang dibanderol Rp14.000,00 per liter. Banya … k masyarakat yang belum mendapatkan bagian, padahal program ini sudah berlangsung seminggu. Langkanya minyak goreng Rp14.000,00 per liter di pasar lantaran adanya pembelian yang berlebihan akibat kepanikan (panic buying) dari masyarakat.

Pihak produsen minyak goreng sudah cukup dalam memproduksi dan mengedarkan minyak goreng. Hanya saja, adanya panic buying membuat stok minyak goreng tetap bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah kurang.

Tujuan penulisan teks tersebut adalah . A. memberitahukan bahwa stok minyak goreng sudah mencukupi di pasaran B. menyampaikan keluhan masyarakat akibat mahalnya harga minyak goreng & menginformasikan kelangkaan minyak goreng di pasaran akibat panic buying D. mengajak masyarakat sebagai konsumen untuk tidak melakukan panic buying​
tirto.id - Terdapat sejumlah jenis teks yang perlu dipahami dalam materi pelajaran bahasa Indonesia di sekolah.

Salah satu jenis teks tersebut adalah teks tanggapan. Mengutip buku Bahasa Indonesia karya Engkos Kosasih dan Restuti (2018:93) pengertian teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat berupa kritik, sanggahan, ataupun pujian terhadap suatu hal, seperti karya milik orang lain, lingkungan, kondisi sosial, fenomena budaya, peristiwa, dan lain sebagainya.

Teks tanggapan lebih berporos kepada sudut pandang pribadi dalam penyampaian suatu pendapat. Penulis dapat menanggapi teks berupa karya sastra, artikel, berita, film, karya pertunjukkan. Teks tanggapan juga bisa dibuat u untuk merespons fenomena tertentu di kehidupan masyarakat. Meskipun memuat pendapat pribadi, penyusunan teks tanggapan dianjurkan memuat penilaian atau analisis yang objektif, logis, jelas, mudah dimengerti, serta menggunakan bahasa yang sopan.

Dalam modul Bahasa Indonesia kelas 9 terbitan Kemdikbud, terdiri atas 3 bagian, yakni evaluasi, deskripsi, serta tanggapan. Evaluasi merupakan bagian awal dari struktur teks tanggapan.

Bagian ini, berisi pernyataan atau komentar umum terhadap permasalahan yang sedang dibahas dalam teks tanggapan. Sementara itu deskripsi berada di struktur tengah teks tanggapan. Deskripsi memuat informasi yang berhubungan dengan alasan si penulis mengomentari suatu pernyataan, dalam bentuk sikap menolak maupun mendukung. Adapun penegasan adalah pernyataan yang berisi penegasan ulang berupa kesimpulan dan saran dari penulis.

Hal ini berarti penegasan ada di bagian akhir struktur teks tanggapan dan memuat gambaran umum pendapat penulis tentang suatu persoalan yang ditanggapi.

Rumusan perbedaan 3 struktur teks tanggapan di atas adalah sebagai berikut: 1. Letak -Evaluasi : Awal kalimat -Deskripsi : Tengah kalimat -Penegasan : Akhir kalimat 2. Isi -Evaluasi: Pernyataan umum -Deskripsi: Deskripsi permasalahan -Penegasan: Simpulan 3.

Pokok pembahasan -Evaluasi: Menjelaskan fokus permasalahan yang dibahas -Deskripsi: Berisi identifikasi dan klasifikasi permasalahan yang dibahas -Penegasan: Memuat kesimpulan dan saran terkait permasalahan yang dibahas.

Contoh Teks Tanggapan Singkat Beserta Strukturnya Untuk lebih memahami gambaran 3 struktur teks tanggapan, bisa dengan membaca contoh penulisannya. Berikut ini contoh teks tanggapan berdasarkan strukturnya.

1. Contoh Teks Tanggapan Bagian Evaluasi Pemanasan global saat ini semakin mengkhawatirkan sehingga menyita perhatian publik internasional. Salah satu penyebab pemanasan global adalah penumpukan gas karbondioksida di bumi akibat aktivitas manusia. Tingginya penggunaan kendaraan bermotor dengan bahan bakar dari fosil (BBM) selama ini menjadi salah sumber terbesar polusi gas karbondioksida di bumi. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berencana mengurangi polusi dengan mendorong penggunaan kendaraan bertenaga listrik.

Namun, apakah kendaraan listrik adalah solusi yang efektif untuk mengurangi polusi dan pemanasan global?

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

2. Contoh Teks Tanggapan Bagian Deskripsi Kehadiran kendaraan bertenaga listrik di Indonesia sudah gencar disampaikan pemerintah kepada masyarakat. Hal ini dikuatkan dengan adanya rancangan peraturan presiden tentang percepatan program kendaraan listrik untuk kepentingan transportasi. Polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor berbahan fosil menyebabkan kualitas udara menjadi buruk. Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, menetapkan standar kualitas udara baik mengandung konsentrasi particulate matter (PM) 2,5 rata-rata 15 mikrogram per meter kubik (ug/m3) secara harian.

Sementara itu, berdasarkan data terbaru, udara di Kota Jakarta konsentrasi particulate matter PM 2,5 di udara Jakarta rata-rata bisa mencapai 26,9 ug/m3. Salah satu pemicu utama polusi udara di Jakarta adalah penggunaan kendaraan bermotor yang tinggi. Maka dari itu, kendaraan listrik diharapkan bisa mengurangi polusi asap yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar fosil.

Namun, harga kendaraan bertenaga listrik selama ini masih terbilang mahal. Infrastruktur pendukung seperti fasilitas servis mesin dan pengisian baterai juga belum tersedia secara memadai. Selain itu, sebagian pihak masih meragukan kesiapan Indonesia untuk beralih ke pengunaan kendaraan listrik.

3. Contoh Teks Tanggapan Bagian Penegasan Peralihan ke penggunaan kendaraan listrik di Indonesia memerlukan persiapan matang. Persiapan itu bisa berupa penerapan kebijakan pajak yang bisa menekan harga kendaraan listrik, hingga pengadaan sarana pendukungnya. Pemerintah sebaiknya menjadi contoh utama dalam penerapan kendaraan listrik di Indonesia.

Hal ini dapat diawali dengan penggunaan mobil dinas yang berbahan bakar listrik.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Selain itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun perlu segera menyediakan pasokan listrik dan fasilitas pengisian baterai kendaraan yang memadai.
ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied.

The Amazon CloudFront distribution is configured to block access from your country. We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact the app or website owner. If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation.

Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: 6cF5WVaZ1Qx9Qs9rIyXSTur4brdYJRw18sC1v8pEzmnmAVkoObAhNw==Sebuah surat kabar melaporkan bahwa "Perburuan Medali Emas Sea Games XXI Telah Berakhir, tetapi Paceklik Emas Indonesia Tak Juga Berakhir".

Di hari terakhir, harapan Indonesia menambah medali emas pupus. Dari lima emas yang diperebutkan, Pasukan Merah Putih hanya menambah dua perak dan satu perunggu. Paceklik medali emas terjadi di Sea Games karena atlet-atlet Indonesia kurang disiplin dan sportif dalam latihan. Di sisi lain, dua petinju Indonesia, Albert Papilaya dan Bonix Saweho, patut diacungi jempol karena telah membawa nama baik Indonesia di Sea Games XXI.

Mereka akan menerima bonus menyusul sukses mereka merebut emas. Terlepas dari kebenaran bahwa Albert Papilaya dan Bonix Saweho patut diacungkan jempol karena telah membawa nama baik Indonesia di bidang olahraga, tampak ada hal yang pantas dijadikan koreksi.

Surat kabar itu menyebut kegagalan atlet-atlet Indonesia dalam Sea Games Kuala Lumpur karena mereka kurang disiplin dan sportif dalam latihan.
Oleh: Sri Rahayu, Guru SMPN 13 Balikpapan, Kalimantan Timur KOMPAS.com - Ketika kalian mendengar tentang teks tanggapan, mungkin ada beberapa pertanyaan yang terlintas di benak kalian. Misalnya, apa yang dimaksud teks tanggapan? Bagaimana fungsi teks tanggapan? Bagaimana struktur teks tanggapan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat kalian temukan jawabannya dari uraian berikut: Pengertian teks tanggapan Teks tanggapan biasa disebut teks tanggapan kritis.

bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah

Teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat seseorang. Pendapat tersebut bisa berupa kritikan, sanggahan, atau pujian terhadap sesuatu hal, misalnya karya seseorang, fenomena sosial di masyarakat, lingkungan, peristiwa, dan lain-lain. Permasalahan yang dibahas pada teks tanggapan biasanya berupa kritikan pedas terkait kesalahan atau isu-isu yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: Teks Eksemplum: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan Contohnya Selain untuk mengkritik kesalahan atau isu sosial, teks tanggapan dibuat untuk menanggapi teks berupa karya bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah, berita, artikel, film, dan karya pertunjukan. Teks tanggapan memberi pandangan terhadap suatu hal, baik mendukung atau menolak dengan disertai argumen yang obyektif, sopan, logis, dan jelas. Informasi yang terkandung dalam teks ini menjadi saran yang membangun.

Fungsi teks tanggapan Teks tanggapan mempunyai beberapa fungsi, antara lain: • Memberikan kritik membangun yang bisa digunakan untuk membantu sesutu hal agar menjadi lebih baik. • Mengapresiasi sebuah karya atau suatu hal yang dikerjakan seseorang secara detail dan sejelas mungkin. • Memberikan saran kepada suatu persoalan melalui cara yang terarah, sistematis, dan terbaik sehingga pujian atau kritikan tidak terasa semu dan bisa dipertanggungjawabkan.

• Sarana atau wahana dari hal yang ditanggapi supaya sesama pemuji atau pengkritik bisa berdialog dengan lebih baik lewat konteks, deskripsi, serta penilaian yang diberikan oleh teks tanggapan. Baca juga: Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya Struktur teks tanggapan Teks tanggapan memiliki tiga struktur, yakni evaluasi, deskripsi dan penegasan. Berikut penjelasannya: Pohon Filogeni: Pengertian, Struktur, dan Kelompok Organismenya https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/15/115432769/pohon-filogeni-pengertian-struktur-dan-kelompok-organismenya https://asset.kompas.com/crops/V5O3U_UuAdLPxjUbjQvSLDsnSN0=/13x0:1609x1064/195x98/data/photo/2022/02/15/620b2f599709b.jpg
Teks tanggapan merupakan wacana berisi gagasan atau ide yang disampaikan individu mengenai permasalahan yang sedang dihadapi.

Struktur dari teks tanggapan meliputi evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang. Struktur evaluasi berisi pernyataan umum mengenai topik pembahasan yang akan disampaikan penulis dalam teks. Struktur ini terdapat pada paragraf pertama teks. Struktur kedua adalah deskripsi teks, yaitu struktur yang berisi informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau bahkan melemahkan tanggapan yang disampaikan.

Pendapat-pendapat tersebut mulai muncul pada paragraf kedua dan ketiga. Struktur yang terakhir adalah penegasan ulang.

Pada bagian ini berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan serta diletakkan pada paragraf terakhir. Dengan demikian, struktur teks tanggapan terdiri atas tiga bagian, yaitu evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang.

STRUKTUR TEKS TANGGAPAN




2022 www.videocon.com