Peta lumajang jawa timur

peta lumajang jawa timur

Peta Jawa Timur – Peta Jawa Timur adalah peta Pulau Jawa dan memiliki wilayah yang sangat luas Wilayah ini meliputi daerah Jawa bagian Timur yang terkenal dengan panorama alam yang sangat indah. Mengenai peta jawa timur simaklah Materi Peta Jawa Timur Lengkap Dengan Nama Kabupaten dan Kota di bawah ini.

• Peta Jawa Timur • Gambar Peta jawa Timur • 1. Peta Provinsi Jawa Timur • 2. Peta Pembagian Administratif Jawa Timur • 3. Peta Jawa Timur • 4. Peta Administrasi Jawa Timur • 5. Peta Pariwisata Jawa Timur • 6. Peta Buta Jawa Timur • Nama Kabupaten Jawa Timur • Daftar Gunung di Jawa Timur • 1.

Gunung Bromo • 2. Gunung Semeru • 3. Gunung Ijen • 4. Gunung Argopuro peta lumajang jawa timur Gunung-Gunung lainnya • Sejarah Dibentuknya Peta Jawa Timur • Share this: Peta Jawa Timur Peta Jawa Timur adalah peta Pulau Peta lumajang jawa timur dan memiliki wilayah yang sangat luas Wilayah ini meliputi daerah Jawa bagian Timur yang terkenal dengan panorama alam yang sangat indah dan banyak pemandangan alam yang eksotis.

Berdasarkan batas wilayah, bagian sebelah barat Jawa Timur berbatasan dengan Jawa Tengah, Sebelah timur nya berbatasan dengan Pulau Bali. Dan bagian sebelah utara nya Laut Jawa, dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Peta Jawa Timur ini memiliki luas wilayah sekitar 47.922 km² dengan jumlah penduduk berdasarkan data Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035 yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN) dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013.

peta lumajang jawa timur

Jumlah penduduk Jawa Timur saat ini mencapai sekitar 37,47 juta jiwa, yang artinya tumbuh 8% dari hasil Sensus Penduduk 2000, yakni sebanyak 34,78 juta jiwa. Dalam pernyataan proyeksi tersebut penduduk provinsi paling timur di Pulau Jawa tersebut akan mencapai 39,89 juta jiwa pada tahun 2020.

Baca Juga : Peta Dunia Ibukota provinsi Jawa Timur adalah Surabaya. Kalian bisa kembali melihat Peta Jawa Timur di atas dengan jelas melalui peta yang dicetak besar. Selain itu, kalian juga bisa melihatnya melalui google map dengan sistem zoom yang memungkinkan anda dapat melihat jauh dan dekat gambaran geografis yang terdapat pada peta lumajang jawa timur tersebut. Peta Jawa Timur memiliki berbagai hal berkaitan yang menunjukkan bagaimana karakteristik peta tersebut, diantaranya adalah sejarahnya, komponen-komponennya, Kota dan Kabupaten.

Gambar Peta jawa Timur Berikut ini adalah daftar peta Jawa timur, mengenai peta provinsi jawa timur, peta pembagian administratif jawa timur, peta administrasi jawa timur dan lainnya. Baca Juga : Peta Asia Tenggara 1. Peta Provinsi Jawa Timur 2.

Peta Pembagian Administratif Jawa Timur 3. Peta Jawa Timur 4. Peta Administrasi Jawa Timur 5. Peta Pariwisata Jawa Timur 6. Peta Buta Jawa Timur Nama Kabupaten Jawa Timur Berikut ini adalah daftar Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Timur dengan keterangan luas wilayahnya, yang akan kami sajikan dalam tabel berikut ini : No Nama Kabupaten Luas Wilayah 1 Kabupaten Lumajang. 571,7 km2.

2 Kabupaten Madiun 654,78 km2 3 Kabupaten Magetan 901,5 km2 4 Kabupaten Malang 875,96 km2. 5 Kabupaten Mojokerto 1.199,4 km2 6 Kabupaten Nganjuk 850 km2 7 Kabupaten Ngawi 705,78 km2. 8 Kabupaten Pacitan 387 km2. 9 Kabupaten Pamekasan 1.117,09 km2 10 Kabupaten Pasuruan 928,97 km2. 11 Kabupaten Ponorogo 620 km2.

peta lumajang jawa timur

12 Kabupaten Probolinggo 665 km2. 13 Kabupaten Sampang 690 km2. 14 Kabupaten Sidoarjo 2.703 km2. 15 Kabupaten Situbondo 433,3 km2. 16 Kabupaten Sumenep 494 km2.

17 Kabupaten Trenggalek 628 km2. 18 Kabupaten Tuban 551,5 km2. 19 Kabupaten Tulungagung 891 km2. 20 Kota Batu 900 km2. 21 Kota Blitar 3.891 km2.

22 Kota Kediri 4.218 km2. 23 Kota Madiun 5.981 km2. 24 Kota Malang 7.800 km2. 25 Kota Mojokerto 6.792 km2. 26 Kota Pasuruan 5.991 km2. 27 Kota Probolinggo 7.924 km2 28 Kota Surabaya 8304 km2. Daftar Gunung di Jawa Timur Tidak asing lagi bahwa Jawa Timur memiliki banyak sekali keindahan alam serta banyak gunung gunung yang cukup terkenal. Berikut adalah daftar gunung beserta penjelasannya : 1.

peta lumajang jawa timur

Gunung Bromo Gunung Bromo merupakan gunung yang dikenal mainstream oleh berbagai kalangan khususnya kalangan anak muda dengan tantangan yang minim. Tapi jangan salah, justru dari sebab inilah gunung Bromo bisa dikunjungi oleh semua orang banyak akses yang bisa di lewati dengan mudah. Gunung bromo sendiri terletak di antara kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang gunung ini memiliki ketinggian 2392 mdpl.

2. Gunung Semeru Gunung Semeru merupakan gunung yang terletak di selatan Gunung Bromo dan memiliki jarak yang berdekatan. Banyak keistimewaan yang dimiliki oleh gunung semeru ini salah satunya adalah pada danau Ranu Kumbolo yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah.

Adapun letak Gunung Semeru peta lumajang jawa timur adalah di antara Malang, Pasuruan, dan Lumajang, gunung ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl. 3. Gunung Ijen Gunung Ijen merupakan gunung yang memiliki ciri khas peta lumajang jawa timur api biru fenomenal yang dibentuk dari gas belerang yang berasal dari kawahnya. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.443 mdpl dan terletak di antara Bondowoso Banyuwangi, dan Situbondo.

4. Gunung Argopuro Gunung Argopuro merupakan gunung yang terkenal dengan mitos setempat mengenai hilangnya Dewi Rengganis dan para dayangnya. Letak gunung ini yaitu berada di antara Lumajang, Malang, Probolinggo, & Bondowoso. Gunung ini memilki ketinggian mencapai 3.088 mdpl. Gunung-Gunung lainnya Selain gunung gunung yang sangat terkenal diatas, Jawa Timur juga memiliki beberapa gunung lainnya seperti Gunung Lawu, Gunung Ngliman, Gunung Arjuno, Gunung Raung, Gunung Kawi, Gunung Kelud, dan masih ada lagi gunung-gunung kecil lainnya.

Dimana gunung gunung tersebut tersebar di wilayah Jawa Timur dengan ciri khas dan memiliki keindahan yang berbeda-beda. Sejarah Dibentuknya Peta Jawa Timur Mengenai sejarah terbentuknya Peta Jawa Timur ini sangat berkaitan dengan pembuatan Peta Jawa pertama kali oleh Sebastian Munster di tahun 1540 yang kemudian ditulis oleh Guillaume Le Testupada dalam laporannya di tahun 1555 sebagai Pulau Terbesar pada saat itu. Yang mana pada saat itu Pulau Jawa dikenal dengan sebutan Java la Gandre (Java Major / Great Java).

Di tahun 1570, Abraham Ortellius seorang kartografer dan ahli geografi membuat sebuah peta dengan berjudul Indiae Orientalis yang menggambarkan salah satunya adalah Pulau Jawa. Saat itu bentuk Pulau Jawa berbentuk bulat dan belum utuh sepenuhnya. Dan kemudian pada tahun 1580, bagian-bagian selatan Pulau Jawa teridentifikasi kemudian dibuatlah Peta Jawa baru oleh Francis Drake.

Peta Jawa terus mengalami perubahan atau perkembangan hingga akhirnya bisa diidentifikasi gambaran peta yang lebih persis atau sesuai dan detail oleh Henri Chatelain di tahun 1718 M. Pada saat itu, Peta Pulau Jawa sudah diperinci dengan nama kota, gunung, ciri khas dataran, dan lain lainnya.

Setelah itu Peta Jawa Timur, mulai banyak daerah-daerah baru yang bisa teridentifikasi beserta komponen-komponen alam yang terdapat di dalamnya.

Sebutkan kabupaten yang ada di Jawa Timur? Kabupaten Bangkalan Kabupaten Banyuwangi Kabupaten Blitar Kabupaten Bojonegoro Kabupaten Bondowoso Kabupaten Gresik Kabupaten Jember Kabupaten Jombang Kabupaten Kediri Kabupaten Lamongan Kabupaten Lumajang Kabupaten Madiun Kabupaten Magetan Kabupaten Malang Kabupaten Mojokerto Kabupaten Nganjuk Kabupaten Ngawi Kabupaten Pacitan Kabupaten Pamekasan Kabupaten Pasuruan Kabupaten Ponorogo Kabupaten Probolinggo Kabupaten Sampang Kabupaten Sidoarjo Kabupaten Situbondo Kabupaten Sumenep Kabupaten Trenggalek Kabupaten Tuban Kabupaten Tulungagung Kota Peta lumajang jawa timur Kota Blitar Kota Kediri Kota Madiun Kota Malang Kota Mojokerto Kota Pasuruan Kota Probolinggo Kota Surabaya, Sejarah Dibentuknya Peta Jawa Timur Sejarah terbentuknya Peta Jawa Timur ini sangat berkaitan dengan pembuatan Peta Jawa pertama kali oleh Sebastian Munster di tahun 1540 yang kemudian ditulis oleh Guillaume Le Testupada dalam laporannya di tahun 1555 sebagai Pulau Terbesar pada saat itu.

Demikianlah penjelasan kami Materi Peta Jawa Timur Lengkap Dengan Nama Kabupaten dan Kota. Baca Juga Peta Lampung dan Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke website kami agar banyak pengetahuan yang bisa kalian dapatkan.

Gambar Infrastruktur Jalan di Kabupaten Lumajang Peta Lumajang Melalui Google Map, lihat DISINI. Tempat Wisata di Kabupaten Lumajang Butuh tempat liburan?

peta lumajang jawa timur

Beberapa tempat wisata populer di kabupaten Lumajang yang wajib Anda kunjungi. Diantaranya seperti Gunung Semeru, Air Terjun Kapas Biru, Gunung Lemongan, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jalan Lintas Selatan, Pandanwangi, Kebun Teh Kertowono, Oro-oro Ombo, Hutan Bambu Sumbermujur, Hutan Damaran Burno, dan Alun – Alun Kota Lumajang. Hotel Murah di Kabupaten Lumajang : Butuh penginapan saat liburan ke kabupaten Lumajang? Beberapa hotel murah dengan harga spesial plus fasilitas komplit berikut ini wajib Anda coba.

Diantaranya Gajah Mada Hotel & Hall, Hotel Cantik di Lumajang, Prima Hotel, dan Grand Aloha Lumajang. Nah itulah beberapa gambar peta kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur ukuran besar HD yang dapat kami sajikan. Lihat juga peta kabupaten dan kota lainnya di Jatim. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian. Terimakasih. Lihat juga Peta Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur lainnya berikut ini : Peta Kabupaten Sumenep - Peta Kabupaten Bondowoso - Peta Kabupaten Jember - Peta Kabupaten Madiun - Peta Kabupaten Malang - Peta Kabupaten Pacitan Gambar Peta Jawa Timur Peta Kabupaten
Kabupaten Lumajang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Ibu kotanya adalah Lumajang. Kabupaten ini peta lumajang jawa timur dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Kabupaten Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Bagian timur laut merupakan ujung barat Pegunungan Iyang. Sedangkan bagian selatan merupakan daerah datar, dengan sedikit wilayah berbukit hingga bergunung di sebelah barat. Kabupaten Lumajang dikelilingi tiga gunung berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan.

Dari ketiga gunung berapi yang masih aktif tersebut, Gunung Semeru mendapat prioritas pemantauan lebih dibanding yang lainnya karena seringnya terjadi aktivitas gunung berapi yang membahayakan masyarakat sekitarnya.

detailed map of Lumajang and near places Welcome to the Lumajang google satellite map! Peta lumajang jawa timur place is situated in Lumajang, Jawa Timur, Indonesia, its geographical coordinates are 8° 8' 0" South, 113° 13' 0" East and its original name (with diacritics) is Lumajang.

See Lumajang photos and images from satellite below, explore the aerial photographs of Lumajang in Indonesia. Lumajang hotels map is available on the target page linked above. Do you like this map? Link to it or recommend it! Register at Lumajang or add new placemark for Lumajang.

peta lumajang jawa timur

Get your personal map homepage and much more for free. Lumajang hotel reservations Book hotel in Lumajang online and save money • Lumajang hotels » • Browse & Book hotels in Indonesia » • Lumajang hotels – sortable list of all Lumajang hotels » Lumajang hotels: low rates, no booking fees, no cancellation fees. Maplandia.com in partnership with Booking.com offers highly competitive rates for all types of hotels in Lumajang, from affordable family hotels to the most luxurious ones.

Booking.com, being established in 1996, is longtime Europe’s leader in online hotel reservations. At Maplandia.com you won't be charged any booking fees, cancellation fees, or administration fees – the reservation service is free of charge. The reservation system is secure and your personal information and credit card is encrypted.

We have put together also a carefully selected list of recommended hotels in Lumajang, only hotels with the highest level of guest satisfaction are included.

Lumajang hotels map The location of each Lumajang hotel listed is shown on the detailed zoomable map. Moreover, Lumajang hotel map is available where all hotels in Lumajang are marked. You can easily choose your hotel by location. Lumajang hotel reviews Many photos and unbiased Lumajang hotel reviews written by real guests are provided to help you make your booking decision.

Lumajang hotel deals Luxury hotels (including 5 star hotels and 4 star hotels) and cheap Lumajang hotels (with best discount rates and up-to-date hotel deals) are both available in separate lists. Always bear in mind that with Maplandia.com and Booking.com the best price is guaranteed! Hotels nearest to the centre of Lumajang • Istana Hotel (in Jember, distanced approximately 53 km) • Panorama Hotel Jember (in Jember, distanced approximately 56 km) • Tretes Raya Hotel And Resort **** (in Pasuruan, distanced approximately 64 km) • Bj.

Perdana Hotel & Resort ** (in Pasuruan, distanced approximately 64 km) • Hotel Tugu Malang ***** (in Malang, distanced approximately 66 km) • Solaris Hotel Malang *** (in Malang, distanced approximately 66 km) • Hotel Gajahmada Graha *** (in Malang, distanced approximately 67 km) • more Lumajang hotels » Lumajang car rental Compare Lumajang car rental offers of 500+ suppliers We search over 500 approved car hire suppliers to find you the very best Lumajang rental prices available.

You can compare offers from leading car hire suppliers like Avis, Europcar, Sixt or Thrifty as well as budget rental deals from Holiday Autos, Budget, Economy, EasyCar, or 121 carhire.

Choose Lumajang car hire supplier according to your preferences. The booking process is secured and is made as simple as possible. You don't have to browse through several websites and compare prices to find cheap car rental in Lumajang — we will do it for you! Car hire Lumajang and neighbourhood Car rental offices nearest to Lumajang the city centre. Compare Lumajang car rental offers by various suppliers.

• Surabaya Juanda Airport car rental (distanced approximately 96 km) • Surabaya car rental (distanced approximately 100 km) • Yogyakarta Adisucipto Airport car rental (distanced approximately 310 km) • Denpasar Bali Airport car rental (distanced approximately 730 km) • Jakarta Downtown car rental (distanced approximately 740 km) • more offers and Lumajang car hiring guide » Flights from airports close to Lumajang Search and compare flights • Flights to nearby airports to Lumajang » • Overview of flights to and from Indonesia » • Flights search » Compare prices on flights to and from the closest airports to Lumajang.

We search through offers of more than 600 airlines and travel agents. When you find a deal you want, we provide link to the airline or travel agent to make your booking directly with them.

No middlemen. No added fees. You always get the lowest price. Airports in Lumajang and in the neighbourhood Airports nearest to Lumajang are sorted by the distance to the airport from the city centre. Follow relate airport hotel guides for accommodation booking. • Lawas Airport (distanced approximately 1 500 peta lumajang jawa timur – airport hotels • Sepulot Airport (distanced approximately 1 500 km) – airport hotels • Sipitang Airport (distanced approximately 1 500 km) – airport hotels • Labuan Airport (distanced approximately 1 500 km) – airport hotels • Keningau Airport (distanced approximately 1 500 km) – airport hotels Lumajang 3D map in Google Earth 3D map of Lumajang in Indonesia You can also dive right into Lumajang on unique 3D satellite map provided by Google Earth.

With new GoogLe Earth plugin you can enjoy the interactive Lumajang 3D map within your web browser. See the 3D map of Lumajang, Indonesia in Google Earth » Get more out of Lumajang map Add placemark to Lumajang No placemark has been added to this place yet.

You can add the first. users registered in this area See the list of users registered to Lumajang (1): Lumajang registered users. recommend this page If you would like to recommend this Lumajang map page to a friend, or if you just want to send yourself a reminder, here is the easy way to do it. Simply fill in the e-mail address and name of the person you wish to tell about Maplandia.com, your name and e-mail address (so they can reply to you with gracious thanks), and click the recommend button.

The URL of this site will be included automatically. You may also enter an additional message that will be also included in the e-mail. There are several options how to link to our maps — including no elsewhere to find free google maps gazetteer search, ready to use on your website.

Please choose in the list below and simply copy & paste mentioned HTML code into your page source code. Thank you for all links! Lumajang google map text link

google maps gazetteer


IMPORTANT NOTE: The map search box code must be pasted directly into web pages without modification.

You are not allowed to alter any portion of the link code or change the layout or targeting for any reason. small Lumajang google map image link Lumajang google map medium Lumajang google map image link Lumajang google map large Lumajang google map image link Lumajang google map latest placemarks • Ecoshift Corporation in Mandaluyong, Manila, Ncr, Philippines • Stopping Auckland - GIB Stoppers in Auckland, Auckland, New Zealand • Smart House Painters in Greenhithe, Auckland, New Zealand • KuKu Campers - Camper Van Rental in Littleton, Arapahoe County, Colorado, United States • Small Wonders Early Learning Center in Carson City, Carson City, Nevada, United States random google map locations • Qingshan in Ding An, Hainan, China • La Espanola in Hidalgo, Durango, Mexico Maplandia.com is not sponsored by or affiliated with Google.
none
Daftar Isi • Peta Kabupaten Lumajang • Batas wilayah • Peta Regional • Di mana letak Lumajang?

• Peta Lumajang Hitam Putih • Peta Wisata Kabupaten Lumajang • Kilas Sejarah Peta Lumajang – Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda Provinsi Jawa Timur, Indonesia, dengan Ibu kotanya di Lumajang. Kab. Lumajang berbatasan dengan beberapa kabupaten di sekitarnya, yaitu: sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Jember, sebelah selatan berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia/Hindia, dan di peta lumajang jawa timur barat berbatasan dengan Kabupaten Malang.

Kabupaten LumajangJawa Timur. Namun, kali ini Sejarah Negara tidak akan mengulas lebih jauh mengenai hal tersebut, anda bisa melakukan penelusuran lebih peta lumajang jawa timur. Pada posting kali ini admin akan memberikan peta Lumajang dalam 3 versi, yaitu Peta Kab. Lumajang, peta wisata Lumajang, dan peta versi google map. Secara lebih rinci, petanya dapat anda lihat di bawah ini: Peta Kabupaten Lumajang Peta di bawah ini meliputi peta wilayah Kab.

Lumajang, batas-batas wilayah, kecamatan, gunung yang ada di kabupaten ini, serta peta jalan yang ditandai dengan warna merah. Untuk mengetahui lebih jelas tentang nama kecamatan yang ada di kabupaten ini, silahkan kunjungi: Kecamatan Lumajang Peta Kabupaten Lumajang Batas wilayah • Jember • Malang • Probolinggo Peta Regional • Peta Kabupaten • Peta Provinsi • Peta Indonesia Di mana letak Lumajang? Peta Lumajang Hitam Putih Peta Wisata Kabupaten Lumajang Peta di bawah ini menjelaskan di mana saja letak tempat-tempat wisata yang masuk dalam wilayah Kab.

Lumajang yang ditandai dengan angka pada peta dan dijelaskan dengan keterangan yang dilengkapi gambar. Peta Wisata Kabupaten Lumajang Jika anda ingin melihat tempat-tempat di Lumajang dengan lebih detail, silahkan kunjungi peta malang di google map ini bisa menjawabnya. Baik anda yang sedang melakukan penelusuran tempat secara online maupun anda yang sedang melakukan perjalanan.

Dengan google map anda akan mendapatkan petunjuk jalan untuk menuju suatu tempat di Lumajang. Kilas Sejarah Mengapa dinamakan Lumajang? Lumajang berasal dari nama sebuah tempat bernama “Lamajang”. Hal ini diketahui dari penelusuran sejarah daerah Jawa Timur, data prasasti, naskah-naskah kuno, bukti-bukti petilasan dan hasil kajian pada beberapa seminar dalam rangka menetapkan hari jadinya. Beberapa sumber tersebut antara lain: Prasasti Mula Malurung, Naskah Negarakertagama, Kitab Pararaton, Kidung Harsawijaya, Kitab Bujangga Manik, Serat Babad Tanah Jawi, dan Serat Kandha.

(wikpedia) Untuk menemukan peta kabupaten lain di Jawa Timur silahkan baca: Peta Jawa TimurPeta Kabupaten Lumajang Jawa Timur Lengkap – Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda Provinsi Jawa Timur, dengan Ibu kotanya di Lumajang.

Kab. Lumajang berbatasan dengan peta lumajang jawa timur kabupaten di sekitarnya, yaitu: sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Jember, sebelah selatan berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia/Hindia, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Malang.

Kabupaten LumajangJawa Timur. Table of Contents • Kilas Sejarah • Peta Kabupaten Lumajang • Peta Regional: Peta Kabupaten, Peta Provinsi, Peta Indonesia • Peta Lokasi Lumajang • Peta Lumajang Hitam Putih • Peta Wisata Kabupaten Lumajang • Peta Lumajang versi google map Kilas Sejarah Mengapa dinamakan Lumajang? Lumajang berasal dari nama sebuah tempat bernama “Lamajang”. Hal ini diketahui dari penelusuran sejarah daerah Jawa Timur, data prasasti, naskah-naskah kuno, bukti-bukti petilasan dan hasil kajian pada beberapa seminar dalam rangka menetapkan hari jadinya.

Beberapa sumber tersebut antara lain: Prasasti Mula Malurung, Naskah Negarakertagama, Kitab Pararaton, Kidung Harsawijaya, Kitab Bujangga Manik, Serat Babad Tanah Jawi, dan Serat Kandha. (wikpedia) Namun, kali ini Sejarah Negara tidak akan mengulas lebih jauh mengenai hal tersebut, anda bisa melakukan penelusuran lebih lanjut. Pada posting kali ini admin akan memberikan peta Lumajang dalam 3 versi, yaitu Peta Kab.

Lumajang, peta wisata Lumajang, dan peta versi google map. Secara lebih rinci, petanya dapat anda lihat peta lumajang jawa timur bawah ini: Peta Kabupaten Lumajang Peta di bawah ini meliputi peta wilayah Kab.

Lumajang, batas-batas wilayah, kecamatan, gunung yang ada di kabupaten ini, serta peta jalan yang ditandai dengan warna merah. Untuk mengetahui lebih jelas tentang nama kecamatan yang ada di kabupaten ini, silahkan kunjungi: Kecamatan Lumajang Peta Kabupaten Lumajang Peta Lumajang versi google map Peta lumajang jawa timur anda ingin melihat tempat-tempat di Lumajang dengan lebih detail, kami rasa peta google map ini bisa menjawabnya.

Baik anda yang sedang melakukan penelusuran tempat secara online maupun anda yang sedang melakukan perjalanan. Dengan google map anda akan mendapatkan petunjuk jalan untuk menuju suatu tempat di Lumajang.
none
Artikel ini membutuhkan rujukan tambahan agar kualitasnya dapat dipastikan. Mohon bantu kami mengembangkan artikel ini dengan cara menambahkan rujukan ke sumber tepercaya.

Pernyataan tak bersumber bisa saja dipertentangkan dan dihapus. Cari sumber: "Kabupaten Lumajang" – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR ( Pelajari cara dan kapan saatnya untuk menghapus pesan templat ini) Kabupaten Lumajang (Indonesia) Tampilkan peta Indonesia Koordinat: 8°08′S 113°13′E  /  8.13°S 113.22°E  / -8.13; 113.22 Negara Indonesia Provinsi Jawa Timur Tanggal berdiri 20 Oktober 1990 Dasar hukum Nomor 414 Tahun 1990 Hari jadi 15 Desember 1255 (umur 766) Ibu kota Lumajang Jumlah satuan pemerintahan Alun-alun Lumajang (1880-1920) Lumajang ( bahasa Jawa: Hanacaraka: ꦭꦸꦩꦗꦁ, Pegon: لوماجاڠ) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Ibu kotanya adalah Lumajang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat.

Kabupaten Lumajang merupakan bagian dari wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang rawan bencana, khususnya letusan Gunung Semeru. Letusan akhir-akhir ini terjadi pada 4 Desember 2021, sekitar pukul 15.20 WIB. Wilayah yang paling terdampak yakni desa Supiturang, kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

[3] Daftar isi • 1 Geografi • 1.1 Batas Wilayah • 1.2 Relief • 1.3 Vulkanologi • 1.4 Iklim • 1.5 Hidrologi • 2 Sejarah • 3 Pemerintahan • 3.1 Daftar Bupati • 3.2 Dewan Perwakilan • 3.3 Kecamatan • 4 Transportasi • 5 Angkutan Kereta • 6 Angkutan Tradisional • 7 Penduduk • 8 Pendidikan • 8.1 Sekolah Dasar • 8.1.1 Kec.

Candipuro • 8.1.2 Kec. Rowokangkung • 8.1.3 Kec. Padang • 8.1.4 Kec. Tempursari • 8.2 SMP • 8.3 SMA • 8.4 Perguruan Tinggi • 8.5 Pondok Pesantren • 9 Olahraga • 9.1 Fasilitas Olahraga • 9.2 Serikat Olahraga • 10 Pariwisata • 11 Kejadian luar biasa • 12 Referensi • 13 Pranala luar Geografi [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Lumajang terletak pada 112°53' - 113°23' Bujur Timur dan 7°54' - 8°23' Lintang Selatan.

Luas wilayah keseluruhan Kabupaten Lumajang adalah 1790,90 km2. Kabupaten Lumajang terdiri dari dataran yang subur karena diapit oleh tiga gunung berapi yaitu: • Gunung Semeru (3.676 m) • Gunung Bromo (2.329 m) • Gunung Lemongan (1.651 m) Batas Wilayah [ sunting - sunting sumber ] Adapun batas-batas wilayah Kabupaten Lumajang adalah sebagai berikut: • Sebelah utara: Kabupaten Probolinggo • Sebelah timur: Kabupaten Jember • Sebelah selatan: Samudera Hindia • Sebelah barat: Kabupaten Malang Relief [ sunting - sunting sumber ] Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di kawasan Tapal Kuda Provinsi Jawa Timur.

Di bagian barat, yakni di perbatasan dengan Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo, terdapat rangkaian Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru, dengan puncaknya Gunung Semeru (3.676 m) dan Gunung Bromo (2.392 m).

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Bagian timur laut merupakan ujung barat Pegunungan Iyang. Sedangkan bagian selatan merupakan daerah datar, dengan sedikit wilayah berbukit hingga bergunung di sebelah barat. Ketinggian daerah Kabupaten Lumajang bervariasi dari 0-3.676 m dpl., dengan daerah yang terluas adalah pada ketinggian 100–500 m dari permukaan laut, yakni seluas 63.405,50 Ha (35,40 % wilayah); dan yang tersempit adalah pada ketinggian 0–25 m dpl yaitu seluas 19.722,45 Ha atau 11,01 % dari luas keseluruhan Kabupaten.

Vulkanologi [ sunting - sunting peta lumajang jawa timur ] Kabupaten Lumajang dikelilingi tiga gunung berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan. Dari ketiga gunung berapi yang masih aktif tersebut, Gunung Semeru mendapat prioritas pemantauan lebih dibanding yang lainnya karena seringnya terjadi aktivitas gunung berapi yang membahayakan masyarakat sekitarnya. Iklim [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Lumajang beriklim tropis.

Berdasarkan klasifikasi curah hujan Schmidt dan Ferguson sebagian wilayah termasuk tipe C, yang bersifat agak basah, dan sebagian lainnya bertipe D.

Bulan-bulan kering, dengan jumlah curah hujan kurang dari 100 mm per bulan, terjadi pada bulan-bulan Juni–September.

peta lumajang jawa timur

Sementara bulan-bulan basah terjadi pada bulan-bulan Desember–Maret dengan jumlah curah hujan lebih dari 250 mm per bulan. Jumlah curah hujan tahunan berkisar antara 1.500-2.500 mm. Suhu udara rata-rata di sebagian besar wilayah Lumajang berkisar antara 24 °C - 32 °C, sedangkan di kawasan pegunungan suhu udara dapat mencapai 5 °C, terutama di daerah lereng Gunung Semeru.

Data iklim Lumajang, Jawa Timur, Indonesia Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun Rata-rata tertinggi °C (°F) 31.8 (89.2) 31.7 (89.1) 31.8 (89.2) 31.7 (89.1) 31.5 (88.7) 31.4 (88.5) 31.2 (88.2) 31.8 (89.2) 32.7 (90.9) 33.2 (91.8) 32.7 (90.9) 31.9 (89.4) 31.95 (89.52) Rata-rata harian °C (°F) 26.7 (80.1) 26.6 (79.9) 26.6 (79.9) 26.4 (79.5) 25.8 (78.4) 25 (77) 24.2 (75.6) 24.8 (76.6) 25.5 (77.9) 26.4 (79.5) 26.6 (79.9) 26.4 (79.5) 25.92 (78.65) Rata-rata terendah °C (°F) 21.6 (70.9) 21.6 (70.9) 21.4 (70.5) 21.1 (70) 20.1 (68.2) 18.7 (65.7) 17.3 (63.1) 17.8 (64) 18.4 (65.1) 19.6 (67.3) 20.6 (69.1) 21 (70) 19.93 (67.9) Presipitasi mm (inci) 296 (11.65) 289 (11.38) 254 (10) 203 (7.99) 113 (4.45) 82 (3.23) 57 (2.24) 44 (1.73) 89 (3.5) 197 (7.76) 231 (9.09) 266 (10.47) 2.121 (83,49) Rata-rata hari hujan 19 19 17 14 10 6 3 2 6 13 16 peta lumajang jawa timur 143 % kelembapan 84 84 82 79 75 70 68 65 67 71 78 80 75.3 Rata-rata sinar matahari bulanan 157 183 215 249 285 289 300 303 299 290 241 174 2.985 Sumber #1: Climate-Data.org [4] Sumber #2: BMKG [5] & Weatherbase [6] Hidrologi [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Lumajang mempunyai 31 sungai dan 6 air terjun.

Selain itu juga terdapat danau ( ranu) yakni Ranu Pakis, Ranu Klakah dan Ranu Bedali di Kecamatan Klakah serta Ranu Pane dan Ranu Kumbolo di Kecamatan Senduro.

Sungai-sungai yang cukup besar dengan daerah aliran di wilayah Lumajang dan sekitarnya antara lain Kali Besuk Sat, Kali Bondoyudo, Kali Asem, Kali Mujur, Kali Pancing dan Kali Rejali yang kesemuanya berakhir di Pantai Laut Selatan.

Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Sisa-sisa Candi Kunir, ditemukan tahun 2013 Nama Lumajang berasal dari nama tempat "Lamajang" yang diketahui dari penelusuran sejarah, data prasasti, naskah-naskah kuno, bukti-bukti petilasan dan hasil kajian pada beberapa seminar dalam rangka menetapkan hari jadinya.

Beberapa sumber itu antara lain: • Prasasti Mula Malurung • Naskah Negarakertagama • Kitab Pararaton • Kidung Harsawijaya • Kitab Bujangga Manik • Serat Babad Tanah Jawi • Serat Kandha Prasasti Mula Malurung adalah prasasti tertua yang menyebut keberadaan "Nagara Lamajang", karenanya dianggap sebagai titik tolak hari jadi Lumajang. Prasasti yang ditemukan pada tahun 1975 di Kediri dan berangka 1177 tahun Saka ini diterbitkan oleh Raja Kertanegara dari Singasari untuk memperingati anugerah Raja Seminingrat kepada Pranaraja berupa dua desa perdikan, Mula dan Malurung.

Prasasti ini terdiri dari 12 lempengan tembaga, dan lempengan VII halaman A memuat nama-nama putera-puteri dan kerabat Raja Seminingrat yang diangkat menjadi raja-raja bawahan. Salah satunya, disebutkan bahwa Nararya Kirana yang telah dianggap seolah-olah putera sang Prabu, dijadikan raja di Lumajang.

[7] Menurut prasasti tersebut penetapan itu terjadi pada tahun 1177 Saka, yang sesuai dengan tanggal 14 Dulkaidah 1165 tahun Jawa atau tanggal 15 Desember 1255 Masehi. Mengingat cukup meyakinkan bahwa pada 1255 M itu "Negara Lamajang" sudah merupakan sebuah negara yang berpenduduk, mempunyai wilayah, mempunyai raja (pemimpin) dan pemerintahan yang teratur, maka ditetapkanlah tanggal 15 Desember 1255 M sebagai hari jadi Lumajang yang dituangkan peta lumajang jawa timur Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Lumajang Nomor 414 Tahun 1990 tanggal 20 Oktober 1990.

Dalam sejarahnya, wilayah ini sangat berhubungan dengan tokoh sejarah bernama Aria Wiraraja. Kitab Pararaton dan Harsawijaya mengisahkan bahwa tokoh yang ketika muda bernama Banyak Wide ini pada mulanya mengabdi di Singasari, namun oleh Raja Kertanegara kemudian dibuang secara halus dari ibu kota Singasari dan dijadikan bupati di Sumenep, Madura Timur. Aria Wiraraja kemudian berkesempatan memberikan bantuan dan perlindungan kepada Raden Wijaya ketika ia dan rombongannya melarikan diri ke Sumenep setelah kerajaan Singosari diserang dan ditaklukkan oleh Jayakatwang.

Selanjutnya Pararaton dan Kidung Harsawijaya menceritakan bahwa Wiraraja diberi hadiah wilayah bagian timur Jawa Timur yang diberi nama "Lamajang Tigang Juru", ketika Raden Wijaya berhasil memenangkan perang dan menjadi raja pertama di kerajaan Majapahit.

Akan tetapi wilayah itu baru dikuasai dan diperintahnya setelah kematian puteranya, Ranggalawe, yang memberontak kepada Majapahit (1295). [8] Wilayah Lumajang kembali disebut-sebut dalam Kitab Negarakertagama ketika Raja Hayam Wuruk melakukan perjalanan keliling wilayah timur Majapahit pada tahun 1359 M; kala itu wilayah ini sudah dikuasai kembali oleh Majapahit.

[9] Nama Lumajang (atau, dalam versi aslinya: Lamajang) ini mengacu pada satu wilayah yang luas di pojok timur ( Bld.: Oosthoek) Jawa Timur, di mana termasuk pula di dalamnya peta lumajang jawa timur kuno Pajarakan di sekitar Kraksaan, Probolinggo sekarang. [10] Pada masa penjajahan Belanda, pada tahun 1882 wilayah Lumajang berstatus Distrik (setingkat kecamatan) yang dipimpin oleh seorang Wedana.

Kemudian pada tahun 1886 statusnya dinaikkan menjadi Afdeeling (setingkat kabupaten), kepala pemerintahannya adalah seorang Patih Afdeeling. Tahun 1929 sistem pemerintahan di Lumajang dinaikkan lagi statusnya menjadi Kabupaten, dengan kepala pemerintahannya seorang Bupati.

Pemerintahan [ sunting - sunting sumber ] Daftar Bupati [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Daftar Bupati Lumajang Berikut adalah Daftar Bupati Lumajang dari masa ke masa dimulai dari tahun 1928.

peta lumajang jawa timur

No Bupati Mulai menjabat Akhir menjabat Prd. Ket. Wakil Bupati 1 R.A.A. Kartoadiredjo 1 Juli 1928 [11] 20 Februari 1940 [12] 1 — 2 R.T. Aboebakar Kartowinoto 16 April 1940 [13] 1948 2 3 Raden Sastrodikoro 1948 1959 3 4 Raden Sukardjono 1959 1966 4 5 N.G. Subowo 1966 1973 5 6 Soewandi Roestam 1973 1978 6 1978 1983 7 7 Karsid 1983 1988 8 8 HM.

Samsi Ridwan 1988 1993 9 9 Tarmin Hariadi 1993 1998 10 10 Achmad Fauzi 1998 2003 11 2003 2008 12 11 Berkas:SJAHRAZAD MASDAR.jpg Sjahrazad Masdar 25 Agustus 2008 25 Agustus 2013 13 As'at Malik 25 Agustus 2013 23 Januari 2015 14 — As'at Malik 23 Januari 2015 5 Maret 2015 — 12 5 Maret 2015 25 Agustus 2018 dr. Buntaran Suprianto, M.Kes. 13 Thoriqul Haq 24 September 2018 petahana 15 Indah Amperawati Dewan Perwakilan [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lumajang Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kabupaten Lumajang dalam dua periode terakhir.

[14] Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode 2014-2019 2019-2024 PKB 9 10 Gerindra 5 8 PDI-P 10 9 Golkar 5 4 NasDem 5 3 PKS 3 4 PPP 2 6 PAN 3 1 Hanura 2 2 Demokrat 6 3 Jumlah Anggota 50 50 Jumlah Partai 10 10 Kecamatan [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Lumajang Kabupaten Lumajang terdiri dari 21 kecamatan, 7 kelurahan, dan 198 desa.

Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 1.108.060 jiwa dengan luas wilayah 1.790,90 km² dan sebaran penduduk 618 jiwa/km². [15] [16] Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Lumajang, adalah sebagai berikut: Kode Kemendagri Kecamatan Jumlah Kelurahan Jumlah Desa Status Daftar Desa/Kelurahan 35.08.03 Candipuro 10 Desa • Darungan • Kalipepe • Karanganyar • karangrejo • Kebonsari • Krai • Kraton • Munder • Tunjungrejo • Wotgalih • Yosowilangun Kidul • Yosowilangun Lor TOTAL 7 198 Transportasi [ sunting - sunting sumber ] Di Kabupaten Lumajang terdapat jalan raya antar provinsi dan jalur kereta api lintas Surabaya-Jember-Banyuwangi, namun kedua jalur transportasi utama tersebut tidak melalui ibu kota Kabupaten Lumajang.

Jalan Nasional Rute 25 berujung di Wonorejo, sekitar 6 km di utara pusat kota Lumajang, menghubungkan Jalan Nasional Rute 1 (lebih dikenal sebagai Jalur Pantura) di Probolinggo dengan Jalan Nasional Rute 3 yang melintasi Kota Lumajang dan berbelok ke timur di Wonorejo menuju Jember, Banyuwangi, dan berakhir di Ketapang, lokasi penyeberangan feri ke Bali.

Jalan raya no 25 yang bersambung dengan Jalan raya no 3 itu dilintasi bus-bus AKAP (antar kota dan antar provinsi), terutama rute Surabaya - Jember dan Surabaya - Banyuwangi via Jember. Bus-bus penumpang yang lebih kecil menghubungkan Kota Lumajang dengan Jember via Kencong, dan Lumajang - Malang via Dampit. Angkutan Kereta [ sunting - sunting sumber ] Jalur kereta api melintasi beberapa ibu kota kecamatan antara lain Ranuyoso, Klakah, Randuagung dan Jatiroto.

Klakah merupakan kecamatan terdekat untuk akses kereta api dari kota Lumajang. Sebenarnya ada pula jalur kereta api yang melewati kota Lumajang sampai ke Pasirian dan dari Lumajang juga bercabang ke arah timur ke Rambipuji melewati Kencong, namun jalur peninggalan masa kolonial Belanda ini sudah tidak aktif lagi semenjak tahun 1988. Angkutan Tradisional [ sunting - sunting sumber ] Selain transportasi umum di atas, masyarakat Lumajang mengenal transportasi rakyat yakni becak dan dokar (kereta kuda) untuk pengangkutan orang, serta pegon (kereta sapi) untuk pengangkutan barang dan hasil bumi.

Keberadaannya perlahan tergeser dan tergantikan dengan mesin-mesin transportasi modern dan sekarang ini digunakan secara terbatas pada lokasi dan momen tertentu.

Penduduk [ sunting - sunting sumber ] Penduduk Kabupaten Lumajang umumnya adalah suku Jawa dan suku Madura, dan agama mayoritas adalah Islam. Di Pegunungan Tengger Kecamatan Senduro (terutama di daerah Ranupane, Argosari, dan sekitarnya), terdapat masyarakat Tengger yang memiliki bahasa khas dan beragama Hindu.

Di Senduro terdapat sebuah pura yang dikenal dengan nama Pura Mandara Giri Semeru Agung (MGSA), yang digunakan untuk ibadah baik pada hari biasa maupun hari besar umat Hindu. Pada hari biasa, pura tersebut juga dijadikan sebagai tempat wisata. Pendidikan [ sunting - sunting sumber ] Terdapat sejumlah sarana pendidikan dari tingkat TK hingga perguruan tinggi di Kabupaten Lumajang, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.

Sekolah Dasar [ sunting - sunting sumber ] Kec. Candipuro [ sunting - sunting sumber ] • MIS Ma`Arif NU Nurul Islam Candipuro • MIS Miftahul Ulum Sumberwuluh • MIS Nurul Islam Jarit • MIS Nurul Islam Penanggal • MIS Nurul Jadid Sumberejo • MIS Salafiyah Tumpeng • SDN Candipuro 01 • SDN Candipuro 02 • SDN Candipuro 03 • SDN Jarit 01 • SDN Jarit 02 • SDN Jarit 03 • SDN Jarit 04 • SDN Jugosari 01 • SDN Jugosari 02 • SDN Jugosari 03 • SDN Kloposawit 01 • SDN Kloposawit 02 • SDN Kloposawit 03 • SDN Penanggal 01 • SDN Penanggal 02 • SDN Penanggal 03 • SDN Penanggal 04 • SDN Penanggal 05 • SDN Sumberejo 01 • SDN Sumberejo 02 • SDN Sumberejo 03 • SDN Sumberejo 04 • SDN Sumbermujur 01 • SDN Sumbermujur 02 • SDN Sumbermujur 03 • SDN Sumbermujur 05 • SDN Sumberwuluh 01 • SDN Sumberwuluh 02 • SDN Sumberwuluh 03 • SDN Sumberwuluh 04 • SDN Sumberwuluh 05 • SDN Tambahrejo 01 • SDN Tambahrejo 02 • SDN Tambahrejo 03 • SDN Tumpeng 01 • SDN Tumpeng 02 • SDN Tumpeng 03 • SDS Islam Miftahul Ulum Peta lumajang jawa timur • SDSIT Permata Kec.

Rowokangkung [ sunting - sunting sumber ] • MIS Al-Ishlah Sumberanyar • MIS Al-Islamiyah Kedungrejo • MIS Bustanul Ulum Rowokangkung • MIS Bustanul Ulum Sumberanyar • MIS Muhammadiyah Sidorejo • SDN Dawuhan Wetan 01 • SDN Dawuhan Wetan 02 • SDN Dawuhan Wetan 03 • SDN Dawuhan Wetan 04 • SDN Kedungrejo 01 • SDN Kedungrejo 02 • SDN Kedungrejo 03 • SDN Nogosari 01 • SDN Nogosari 02 • SDN Rowokangkung 01 • SDN Rowokangkung 02 • SDN Rowokangkung 03 • SDN Rowokangkung 04 • SDN Rowokangkung 05 • SDN Sidorejo 01 • SDN Sidorejo 02 • SDN Sumbersari 01 • SDN Sumbersari 02 • SDN Sumbersari 03 • SDN Sumbersari 04 • SDS Islam Al Bahrudin Nogosari • SDS Katolik Sidorejo Kec.

Padang [ sunting - sunting sumber ] • MIS Al-Hikmah Kedawung • MIS Ash Sholihin Barat • MIS Bustanul Ulum Barat • MIS Nurul Islam Barat • MIS Tuhfatuth Tholibin Tanggung • SDN Babakan 01 • SDN Babakan 02 • SDN Barat 01 • SDN Barat 02 • SDN Barat 03 • SDN Bodang 01 • SDN Bodang 02 • SDN Bodang 03 • SDN Bodang 05 • SDN Kalisemut 01 • SDN Kalisemut 02 • SDN Kalisemut 03 • SDN Kedawung 01 • SDN Kedawung 02 • SDN Kedawung 03 • SDN Merakan 01 • SDN Merakan 02 • SDN Merakan 03 • SDN Mojo 02 • SDN Mojo 03 • SDN Padang 01 • SDN Tanggung 01 • SDN Tanggung 02 • SDS Islam Al-Asna Barat Kec.

Tempursari [ sunting - sunting sumber ] • SMP DARMAS Yosowilangun • SMP Negeri 1 Lumajang • SMP Negeri 2 Lumajang • SMP Negeri 3 Lumajang • SMP Negeri 4 Lumajang • SMP Negeri 5 Lumajang • SMP Negeri 1 Jatiroto • SMP Negeri 2 Jatiroto • SMP Negeri 1 Klakah • SMP Negeri 2 Klakah • SMP Negeri 1 Senduro • SMP Negeri 1 Sukodono, Lumajang • SMP Negeri 1 Pasirian • SMP Negeri 2 Pasirian • SMP Negeri 3 Pasirian • SMP Negeri 1 Rowokangkung • SMP Negeri 2 Rowokangkung • SMP Negeri 1 Tempeh • SMP Negeri 1 Yosowilangun • SMP Negeri 2 Yosowilangun • SMP Negeri 3 Yosowilangun • Peta lumajang jawa timur Negeri Lumajang • MTs Miftahul Midad • MTsS Al Islamiyah Kedungrejo • SMP Al-Ikhlash Lumajang • SMP Islam (SMI) Lumajang • SMP Katolik Bhara Peta lumajang jawa timur • SMPS Muhammadiyah 1 Lumajang • SMP Muhammadiyah 2 Jatiroto • SMP Wahidiyah Senduro SMA [ sunting - sunting sumber ] • SMK Darul Mushthofa Assunniyyah • SMAS Muhammadiyah 1 Lumajang • SMA Negeri 1 Lumajang • SMA Negeri 2 Lumajang • SMA Negeri 3 Lumajang • SMA Negeri Candipuro • SMA Negeri Jatiroto • SMA Negeri Klakah • SMA Negeri Senduro • SMA Negeri Pasirian • SMA Negeri Yosowilangun • SMA Negeri Tempeh • SMA Katolik Mgr.

Soegijapranata • MA Miftahul Midad • SMK Negeri 1 Lumajang • SMK Negeri 2 Lumajang • SMK Negeri Gucialit • SMK Negeri Klakah • SMK Negeri Pasirian • SMK Negeri Tekung (d/h SPP-SPMA Daerah Lumajang) peta lumajang jawa timur SMK Negeri Tempeh • SMK Negeri Tempursari • SMK Pembangunan Candipuro • SMK PGRI Lumajang • SMK Muhammadiyah Lumajang • SMK Muhammadiyah Jatiroto • SMK 17 Lumajang • SMA Wahidiyah Senduro Perguruan Tinggi [ sunting - sunting sumber ] • Universitas Lumajang (UNILU) • Sekolah Tinggi Agama Islam Bustanul Ulum (STAIBU) • Institut Agama Islam Syarifuddin (IAIS) • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama • Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) • Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) • Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Lumajang • Universitas Jember cabang Lumajang (eks AKPER Lumajang) • Akademi Keperawatan Kosgoro Kota Mojokerto (cabang Lumajang) • Universitas Bhakti Indonesia Banyuwangi (UBI cabang Lumajang) • Akademi Komunitas Negeri Lumajang (AKN Lumajang) • Akademi Komunitas Teknologi Syarifuddin (AKTS Lumajang) Pondok Pesantren [ sunting - sunting sumber ] • Pondok Pesantren Darul Mushthofa Assunniyyah • Pondok Pesantren Al Ishlah Arum Dalu 12 Tempursari Lumajang • Pondok Pesantren Ulil Albab Meleman Tempursari Lumajang • Peta lumajang jawa timur Pesantren Roudlotul Muthohirin Pertanian Pronojiwo Lumajang • Pondok Pesantren Al Hikmah Kampung Telu Candipuro Lumajang • Pondok Pesantren Riyadlul Huda Tumpeng Barat Candipuro Lumajang • Pondok Pesantren Ulul Albab Candipuro Candipuro Lumajang • Pondok Pesantren Al Falah Jl.

Masjid Bades Pasirian Lumajang • Pondok Pesantren Al Falah Assalafiyah Sememu Bulak Wareng #Pasirian Lumajang • Pondok Pesantren Al Haromain Selok Anyar Pasirian Lumajang • Pondok Pesantren Al Ihsan Tabon Pasirian Lumajang • Pondok Pesantren Al Is'af Jl.

Raya Karanganyar Pasirian Lumajang • Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bago Banyu Adem Pasirian Lumajang • Pondok Pesantren Gubuk Al Munir Dusun Krajan Pasirian Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Hidayah Gledangpetung Pasirian Lumajang • Pondok Pesantren Ainul Hikmah Timur Lapangan Tempeh Lumajang • Pondok Pesantren Al Ausad Ibnu Khaldun Kaliwungu Tempeh Lumajang • Pondok Pesantren Firdaus Gg.

Al Firdaus 04 Tempeh Lumajang • Pondok Pesantren Al hasan Ibnu Haldun Tempeh Lumajang • Pondok Pesantren Darul Ulum Dsn Krajan Tempeh Lumajang • Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Ds. Pulo Tempeh Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Ihsan Annur Jl. Hatta 20 Tempeh Tengah Tempeh Lumajang • Pondok Pesantren Al Fauzan Labruk Lor Lumajang • Pondok Pesantren Al Ishlah Jl. Argopuro Gg. Masjid Lumajang • Pondok Pesantren Al Mubarok Jl. H. Sulton No. 79 Labruk Lumajang • Pondok Pesantren Al Mustaqimiyyah Jl.

Kyai Ghozali Gg. 19 M Lumajang • Pondok Pesantren Al Qur'an Miftahul Ulum Jl. Slamet Riyadi Lumajang • Pondok Pesantren Darul Falah Denok Lumajang • Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang • Pondok Pesantren Mambaul Hikam Tengah Suko Jogoyudan Lumajang • Pondok Pesantren Putri Nurul Masyithoh Jl. Kop Kyai Ilyas Lumajang • Pondok Pesantren Raudlatul Rochmaniyah Jl.

Citarum No. 21 Suko Lumajang • Pondok Pesantren Rohmatul Qur'an Jl. Lawu Pulosari Lumajang • Pondok Pesantren Rohmatul Umam Boreng Lumajang • Pondok Pesantren Tashilul Afkaar Jl. Alpukat No. 8 Lumajang • Pondok Pesantren Mansya'ul Huda Tukum Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Raudlotul Ma'sum Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Al Kholafiyah Tekung Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kuman Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Barokatul Hasanah Desa Mangun Sari Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Darut Tauhid Karangbendo Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Madinatul Anwar Tukum Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Faroh Mangun Sari Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Huda Jl.

Pesantren Mangunsari Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Walisongo Wonokerto Tekung Lumajang • Pondok Pesantren Al Hasyimiy Sumber Sari Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Al Istiqomah Sukosari Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Hidayatul Peta lumajang jawa timur Jl.

Pesantren Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Islam Jl. Raya Timur Pasar Kuning Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sukorejo Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jatimulyo Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Istiqomah Jatirejo Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Ulum Jatirejo Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Raudlotus Sholihin Karangrejo Dorogowo Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Subulus Salam Dorogowok Karangrejo Kunir Lumajang • Pondok Pesantren Al Ikhlas Al Muhdlor Desa Krajan Yosowilangun Lumajang • Pondok Pesantren Bustanul Ulum Jl.

Doktren Tromolpos Yosowilangun Lumajang • Pondok Pesantren Darul Ulum Bonsari Yosowilangun Lumajang • Pondok Pesantren Riyadus sholihin Dsn Darungan Yosowilangun Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyu Putih Kidul Jatiroto Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Hasan Kali Boto Lor Jatiroto Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Qur'an Pondok Jaya Sukosari Jatiroto Lumajang • Pondok Pesantren Roudlotul Murottilin Rojopolo Jatiroto Lumajang • Pondok Pesantren Ainul Yaqin Kali Dilem Krajan Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Baihjatul Ulum Ranu Wurung Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Baitur Rohman Salak Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Barokatu Qodiri Dsn Rowo Tambing Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Hidayatul Muttaqin Dsn Kidul Sawah Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sumber Gebang Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Jannah Jl.

gunung Lamongan Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Peta lumajang jawa timur Ulum Ds Jabah Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Nahdlatut Tholibin Timur Jurang Randuagung Lumajang • Pondok Peta lumajang jawa timur Raudaltul Ulum Tunjung Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Raudlotul Jadid Jl.

Banyu Putih Lor 175 Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Tunjung Randuagung Lumajang • Pondok Pesantren Al Afkaar Salafy Jl. Salak Beji Sukodono Lumajang • Pondok Pesantren Al Maliki Duren Dawuhan Lor Sukodono Lumajang • Pondok Pesantren Darussalam Jl. Markisa Sukodono Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Midad Jl. Musi No. 17 Sukodono Lumajang peta lumajang jawa timur Pondok Pesantren Nurul Falah Sumberejo Bubur Peta lumajang jawa timur Lumajang • Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Ds.

Klingsi Sumberejo Sukodono Lumajang • Pondok Pesantren As Sunniyyah Salafiyyah Kandang Tepus Krajan Senduro Lumajang • Pondok Pesantren Busthonul Arifin Dsn Rekesan Sumber Suko Senduro Lumajang • Pondok Pesantren Darul Hikmah Jl.

Desa Purworejo Senduro Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Huda Burno Senduro Lumajang • Pondok Pesantren Darul Ulum Dusn Margodadi Gucialit Lumajang • Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Dusun Karang Mulyo Gucialit Lumajang • Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sawaran Lor Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Darul Huda Desa Kudus Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Falah Plampean Tegal Ciut Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jl.

Sopo Nyono Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ranu Pakis Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Nur Muhammad Kebonklakah Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Hasan Dsn Duren Lor Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Islam Sawaran Lor Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Riyadus Sholihin Dusun Clarak Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Gunung Lawang Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Tuhfatuth Tijani Tegal Ciut Klakah Lumajang • Pondok Pesantren Al Ihsan Tegal Bangsri Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Bahrul Ulum Wates Kulon Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Bustanul Ulum Jl.

Raya Wates Wetan No. 045 Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Inatut Tholibin Krajan Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Dsn. kapuran Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Jannah Tanah Gatal Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Falah Dusun Krajan 1 Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Hasan Wteswetan Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Iman Dsn Darungan Ranuyoso Lumajang • Pondok Pesantren Riyadlul Falah Pasrujambe Pasrujambe Lumajang • Pondok Pesantren As Salamuddin Curah Petung Kedungjajang Lumajang • Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Wonorejo Lumajang Kedungjajang Lumajang • Pondok Pesantren Nahdhatul Muttaqin Wonorejo Kedungjajang Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Istiqomah Karanganyar Kedungjajang Lumajang • Pondok Pesantren Bustanul Ulum Jl.

Madrasah Rowokangkung Lumajang • Pondok Pesantren Lathifah Amien Rowokangkung Lumajang • Pondok Pesantren Metalika Rowokangkung Rowokangkung Lumajang • Pondok Pesantren Miftahul Arifin Kedungrejo Rowokangkung Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Jadid pagowan Krajan Rowokangkung Lumajang • Pondok Pesantren Nurus Syuhada' Al Islamy Kedungrejo Rowokangkung Lumajang • Pondok Pesantren Ulil Mukarromah Penggung Lor Sidorejo Rowokangkung Lumajang • Pondok Pesantren Bustanul Ulum Pancen Padang Lumajang • Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Bulurejo Tempursari Lumajang • Pondok Pesantren Tashilul Falach Desa Sumber Puring Padang Lumajang • Pondok Pesantren Al Jazuli Ngambon Pasrujame Lumajang • Pondok Pesantren Bustanul Arifin Tambak Rejo Wetan Pasrujame Lumajang • Pondok Pesantren Nurul Jadid Ds.

Krajan Ds. Pagowan Pasrujame Lumajang • Pondok Pesantren Darul Falah Ds. Selok Besuki, Kec. sukodono Lumajang Jatim • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ds. Banyuputih Kidul, Kec Jatiroto Lumajang • Pondok Pesantren Bustanul Ulum Ds. Banyuputih Kidul, Kec Jatiroto Lumajang Olahraga [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Lumajang memiliki beberapa sarana olahraga baik indoor maupun outdoor.

Selain itu, di Kabupaten Lumajang juga terdapat beberapa serikat olahraga.

peta lumajang jawa timur

Fasilitas Olahraga [ sunting - sunting sumber ] • Stadion Semeru • GOR Wirabakti • Lapangan tenis Alun-Alun Selatan Serikat Olahraga [ sunting - sunting sumber ] • PSIL Lumajang (sepak bola) • Gita Wira Bhakti (GWB) Korp Drumband Pemda Kab.

Lumajang • Lumajang Jeep Club • Mahameru Jeep Club Cabang Lumajang • Semeru FC (sepak bola di Liga 2) Pariwisata [ sunting - sunting sumber ] Lumajang memiliki cukup banyak lokasi wisata pantai di Laut Selatan ( Samudera Hindia) seperti Pantai Mbah Drajid WGL, Pantai Bambang, Pantai Dampar, Watu Pecak, Watu Godeg dan Watu Gedeg. Di samping itu, di lereng-lereng timur Semeru terdapat beberapa lokasi wisata lokal seperti Piket Nol, yang menjadi puncak tertinggi di lintas perbukitan selatan, Goa Tetes, dan Gladak Perak di lintas selatan Lumajang-Malang.

Di daerah Sumber Mujur juga terdapat kawasan peta lumajang jawa timur bambu di sekitar mata air Sumber Deling yang merupakan peta lumajang jawa timur pelestarian aneka jenis tanaman bambu, yang sekaligus menjadi habitat bagi kawanan kera dan ribuan kelelawar ( kalong).

Di Pasrujambe terdapat sebuah tempat wisata mata air suci dan Pura Watu Klosot yang menjadi tujuan wisata bagi peziarah Hindu dari Bali.Lumajang juga memiliki air terjun yang sangat menarik, diantaranya Air Terjun Tumpak Sewu, Air Terjun Kapas Biru, Air Terjun Kabut Pelangi. Dan Lumajang memiliki Wisata "Negeri Diatas Awan" Puncak B-29 Kejadian luar biasa [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Salim Kancil Tahun 2015, Kabupaten Lumajang menjadi sorotan nasional terkait kejadian luar baiasa yang menimpa Salim Kancil, warga Desa Selok Awar-awar yang menjadi korban pembunuhan menyusul aksi protes menentang penambangan pasir di desa setempat.

Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Indeks Pembangunan Manusia 2020-2021". www.bps.go.id. Diakses tanggal 5 Desember 2021. • ^ "APBD 2018". 2018-01-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-31. Diakses tanggal 2018-12-12. • ^ Bayu Bramasta, Dandy (4 Desember 2021).

peta lumajang jawa timur

Rizal Setyo Nugroho, ed. "Gunung Semeru Eupsi".

peta lumajang jawa timur

www.kompas.com. Diakses tanggal 5 Desember 2021. • ^ "Lumajang, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 4 September 2020. • ^ "Curah Hujan Kabupaten Lumajang – ZOM 172, 173, 175, 176, dan 177" (PDF). BMKG. hlm.

peta lumajang jawa timur

59. Diakses tanggal 4 September 2021. • ^ "LumajangIndonesia". Weatherbase. Diakses tanggal 4 September 2020. • ^ Muljana, S. 2006. Tafsir Sejarah Nagara Kretagama: 87. Yogyakarta: LKiS. • ^ Muljana, S. 2005. Menuju Puncak Kemegahan: Sejarah Kerajaan Majapahit.

Yogyakarta: LKiS. • ^ Muljana, S. 2006. op.cit.: 1-10. • ^ Krom, N.J. 1914. De eigennamen in den Nâgarakŗtâgama. Tijdschrift voor de Indische Taal- Land- en Volkenkunde, uitgegeven door het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Deel LVI: 250. Batavia: Albrecht & Co. • ^ Regeeringsalmanak voor Nederlandsch-Indië 1935. Batavia: Landsdrukkerij.

1935. hlm. 321. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ "Gevonden in Delpher - De Sumatra post". www.delpher.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2021-03-13. • peta lumajang jawa timur "Gevonden in Delpher - De Telegraaf".

www.delpher.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2021-03-13. • ^ 50 Anggota DPRD Lumajang Periode 2019 – 2024 Dilantik • ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan".

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. • ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan".

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • Situs web resmi • (Indonesia) Lumajang Tempo dulu Diarsipkan 2020-09-30 di Wayback Machine. Kategori tersembunyi: • Halaman dengan argumen formatnum non-numerik • Halaman dengan rujukan yang menggunakan parameter yang tidak didukung • CS1 sumber berbahasa Belanda (nl) • Semua artikel yang membutuhkan referensi tambahan • Artikel mengandung bahasa Jawa • Halaman dengan berkas rusak • Situs web resmi berbeda dengan Wikidata dan Wikipedia • Templat peta lumajang jawa timur tautan wayback • AC dengan 0 elemen • Halaman dengan peta • Halaman ini terakhir diubah pada 8 Mei 2022, pukul 15.36.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •

JAWA TIMUR RETAK ! GEMPA DAHSYAT LUMAJANG JAWA TIMUR HARI INI 7 MEI 2022 ,WARGA BERHAMBURAN !




2022 www.videocon.com