Aplikasi play store tidak bisa dibuka

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Pengguna Android tentu sudah akrab dengan Google Play Store. Pasalnya, Play Store adalah penyedia aplikasi yang berlisensi resmi dari Google untuk semua jenis perangkat Android. Jadi, dapat dipastikan bahwa aplikasi yang disediakan Play Store semuanya aman dan bebas dari virus. Akan tetapi, Play Store bisa saja mengalami masalah, seperti tidak bisa dibuka. Kenapa Play Store tidak bisa dibuka?

Nah, permasalahan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari pengaturan yang salah hingga adanya aplikasi yang bermasalah. Namun, Anda tak perlu khawatir karena masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah.

Apapun perangkat Android yang Anda gunakan, baik Samsung, Xiaomi, Sony, atau Asus, permasalahan Play Store yang tidak bisa dibuka dapat diatasi dengan cara yang sama. Yuk, simak cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka berikut ini. 1. Hentikan Semua Mode yang Berjalan Pada Perangkat Google Play Store yang tidak bisa dibuka sangat erat kaitannya dengan mode atau sambungan internet yang Anda gunakan. Karena untuk dapat menggunakan Play Store, Anda harus terkoneksi dengan internet.

Aplikasi play store tidak bisa dibuka langkah-langkah berikut ini untuk menghentikan semua mode yang sedang berjalan di perangkat Anda: • Google Play Store: Buka Aplikasi play store tidak bisa dibuka > Manage Apps > All > Google Play Store > Pilih Menu ‘Force Stop’. Setelah menghentikan Play Store, Anda bisa melanjutkan dengan menghapus data dan cache di Play Store. Pilih ‘Clear Data’ dan ‘Clear Cache’ untuk menghapus tumpukan data dan cache pada Play Store.

• Wi-Fi: Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi untuk membuka Play Store, maka matikan Wi-Fi Anda terlebih dahulu, tunggu beberapa saat baru kemudian dinyalakan kembali.

• Aiplane Mode: Mengaktifkan mode pesawat terbang ini ternyata dapat memperbaiki kinerja Play Store. Caranya sama seperti di atas, aktifkan airplane mode, tunggu beberapa saat, lalu matikan kembali.

• Perangkat Anda: Setelah melakukan ketiga cara di atas, kini saatnya Anda mematikan atau merestart perangkat Anda. Matikan perangkat selama 5 menit, kemudian nyalakan kembali dan coba Play Store Anda. 2. Non-aktifkan Beberapa Aplikasi Aplikasi yang menggunakan cache dan data yang besar dapat mempengaruhi kinerja Play Store.

Perangkat Anda harus bekerja lebih keras untuk menjalankan beberapa aplikasi ‘besar’ sehingga tidak bisa membuka Play Store. Oleh karenanya, matikan beberapa aplikasi yang Anda anggap terlalu besar dan menghabiskan ruang RAM lebih banyak.

Cara untuk mematikan beberapa aplikasi tersebut adalah Buka Settings > Manage Apps > All > Pilih beberapa aplikasi yang besar dan menggunakan RAM lebih banyak > Pilih Menu ‘Force Stop’ di dalam aplikasi yang hendak dihentikan. 3. Bersihkan Perangkat Anda Tidak hanya cache dan data dari aplikasi lain yang menyebabkan Play Store tidak bisa dibuka, tetapi junk dan file-file besar lain juga bisa mempengaruhi kinerja Play Store dan perangkat Anda. Solusinya adalah dengan melakukan kegiatan ‘bersih-bersih’ di perangkat Anda.

Mulailah membersihkan cache dan data dari semua aplikasi yang terinstall di perangkat dengan cara Buka Settings > Manage Apps > All > Buka semua aplikasi satu persatu dan pilih menu ‘Clear Data’ di masing-masing aplikasi. Jika tidak ingin repot, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Clean master untuk melakukannya.

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Cara ini mungkin membuat aplikasi Aplikasi play store tidak bisa dibuka kembali ke pengaturan awal, namun cara ini cukup ampuh untuk membuat Play Store dapat dibuka kembali. Di samping itu, bersihkan junk dan file-file yang tidak terpakai. Hapus foto, musik, atau video yang Anda rasa tidak diperlukan untuk meringankan kinerja perangkat. 4. Hapus Google Account Anda Bila semua cara di atas tidak dapat membuat Play Store berfungsi kembali, maka Anda harus menghapus Google Account yang digunakan untuk log in di Play Store.

Cara ini biasanya cukup ampuh untuk memperbaiki masalah di Play Store. Cara menghapus Google Account bisa mengikuti langkah berikut. • Buka Settings, kemudian pilih Accounts • Setelah itu, pilih akun Google. Nantinya bakal muncul alamat email yang jadi akun Google Anda. • Pilih akun Gmail yang akan Anda hapus, kemudian gulir ke bawah sampai menemukan pilihan "hapus" ataun "delete" • Jika akun Google Anda ada banyak, hapus satu persatu.

• Restart perangkat Anda dan buka kembali Play Store. Kemudian, Anda bisa mulai log in kembali dengan Google Account Anda. 5.

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Uninstall dan Install Ulang Google Play Store * sumber: www.small-screen.co.uk Salah satu cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka adalah melakukan uninstall. Ya, untuk sementara waktu Play Store akan dihapus dari perangkat Anda. Namun Anda tidak usah khawatir karena setelah itu Google Play akan kembali terinstall.

Cara yang tepat untuk uninstall Play Store adalah sebagai berikut. • Buka Settings. • Pilih Apps atau Apps Management • Cari Google Play Store. Jika tidak ada, cari di "Show All Apps" atau "Show System Process" • Jika sudah ditemukan, buka Google Play Store • Pilih ‘Uninstall Updates’.

• Selanjutnya, restart perangkat Anda • Lalu masuk ulangi lagi cara di atas dan install ulang versi terbaru dari Google Play Store. • Jika tidak, Anda bisa mencari Google Play Store dari pihak ketiga.

Misalnya dari toko aplikasi APKPure. 6. Membersihkan Cache Google Play Service Google Play Service bisa juga jadi salah satu alasan kenapa layanan Google Play Store tidak bisa dibuka.

Karena itu, cara aplikasi play store tidak bisa dibuka bisa jadi solusi dari masalah Play Store tidak bisa dibuka. Caranya sebagai berikut. • Buka Settings. • Pilih Apps atau Apps Management • Cari Google Play Service. Jika tidak ada, cari di "Show All Apps" atau "Show System Process" • Jika sudah ditemukan, buka Google Play Service, buka kemudian pilih "Storage" • Selanjutnya pilih "Clear cache" dan "Clear data".

• Setelah itu, silakan restart perangkat Anda kemudian coba buka kembali Google Play Store. 7. Non-aktifkan Proxy dan VPN Mungkin Anda tidak sengaja sudah mengaktifkan proxy dan VPN di perangkat Anda. Segera non-aktifkan keduanya dengan cara: Buka Wireless and Networks > More > VPN. Sedangkan untuk menemukan proxy, Anda bisa Masuk ke Wi-Fi > Advanced.

8. Reset Data Perangkat Cara ini terbilang sedikit ekstrem, karena risikonya dapat menghilangkan semua data di perangkat Anda. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir jika sudah melakukan back up pada semua data perangkat Anda di microSD atau komputer.

• Aplikasi Google Play Error?

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Inilah Yang Harus Anda Lakukan Pertama-tama, back up data dengan cara Buka Settings > Backup & Reset > Pastikan menu ‘Back up my data’ sudah aktif > Pilih akun untuk menyimpan data. Kemudian, ulangi langkah di atas tetapi pilih ‘Factory Data Reset’. Pastikan baterai Anda terisi penuh karena cara ini akan memakan waktu yang cukup lama. 9. Mengecek Memori Eksternal Cara lainnya untuk mengatasi masalah Play Store tidak bisa dibuka adalah dengan mengecek memori eksternal seperti microSD.

Jika ponsel Android Anda menggunakan memori eksternal, sebaiknya keluarkan terlebih dahulu. Setelah dikeluarkan baru dimasukan kembali. Hal ini bisa saja terjadi mengingat microSD bisa saja tidak cukup pas masuk. 10. Perbarui Sistem Operasi * sumber: www.smartprix.com Solusi lainnya untuk mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka adalah dengan memperbarui sistem operasi. Karena itu, cobalah untuk memperbarui sistem operasi jika memang ponsel ini mendapatkan pembaruan sistem.

Mengatasi Play Store tidak bisa dibuka bukanlah cara yang rumit, bukan? Jadi, Anda tidak perlu panik bila mengalami peristiwa dimana Play Store tidak bisa dibuka. Cobalah cara-cara di atas ini untuk memulihkan kembali Play Store Anda. Selamat mencoba! Fina Fauziyah 01-03-2022 957 views 0 Cara Memperbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka – Bagi Sahabat Tedas.id pengguna android, mungkin tidak asing lagi dengan aplikasi Play Store.

Tapi, terkadang Play Store bisa saja mengalami masalah atau kendala seperti tidak bisa dibuka. Apabila Google Play Store tidak bisa dibuka atau diakses, maka anda akan kesulitan untuk mengunduh aplikasi yang anda butuhkan. Permasalahan semacam ini bisa saja disebabkan oleh berbagai macam hal seperti dari pengaturan yang salah sampai adanya aplikasi yang bermasalah.

1.11 Factory Reset atau Format Perangkat Android Cara Memperbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka Anda tidak perlu khawatir jika aplikasi Play Store tidak bisa dibuka. Bagi anda pengguna Android baik Samsung, Asus, Xiaomi, Vivo, atau yang lainnya, anda dapat mengatasi Aplikasi play store tidak bisa dibuka Store tidak bisa dibuka dengan cara aplikasi play store tidak bisa dibuka sama.

Untuk cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa tips atau cara memperbaharui Play Store yang tidak bisa dibuka yang akan dibahas pada artikel ini. Jika anda mengalami keluhan pada aplikasi Google Play Store seperti di bawah ini: • Anda tidak bisa menginstall aplikasi atau game yang anda inginkan dari Google Play Store • Anda tidak bisa menginstall film, acara TV, atau musik dan konten lainnya dari Google Play Store • Anda tidak bisa membuka dan memuat Google Play Store • Aplikasi Google Play Store berhenti bekerja • Tidak dapat menyelesaikan proses download aplikasi karena macet Maka, di bawah ini adalah cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka dengan mudah yang bisa anda coba.

• Berhentikan Semua Mode Yang Aplikasi play store tidak bisa dibuka Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka pertama adalah dengan menghentikan semua mode yang sedang berjalan pada perangkat android anda. Menggunakan Google Play Store sangat berkaitan dengan mode sambungan internet. Anda harus memastikan terhubung dengan internet agar bisa mengakses Google Play Store.

Jika Play Store tidak bisa dibuka, anda bisa mencoba cara untuk memberhentikan semua mode yang sedang berjalan di Android anda. Ini dia langkah-langkahnya: Google Play Store: • Buka menu Setting atau Pengaturan • Pilih Manage Apps Management atau Aplikasi • Klik pilihan All atau Semua Aplikasi • Pilih aplikasi Google Play Store • Klik menu “Force Stop” atau “Paksa Berhenti” Setelah anda berhasil menghentikan Google Play Store, anda juga bisa menghapus data dan cache yang ada di Play Store dengan langkah berikut: • Pilih Aplikasi Google Play Store pada Apps Management • Klik “Clear Data” atau “Hapus Data” dan “Clear Cache” atau “Hapus Memori” Wi-Fi: Jika anda mengakses Google Play Store dengan menggunakan Wi-Fi, anda bisa mematikannya terlebih dahulu dan menunggu sesaat.

Lalu anda bisa menyalakan kembali. Airplane Mode: Selanjutnya anda bisa mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat terbang atau Airplane Mode. Mengaktifkan Airplane Mode merupakan cara memperbaharui Play Store yang tidak bisa dibuka.

Caranya anda hanya perlu mengaktifkan Airplane Mode dan tunggu sesaat. Setelah itu matikan kembali. • Re-start Perangkat atau Android Anda Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan merestart hp Android anda.

Anda bisa mematikan perangkat anda selama 5 menit lalu nyalakan kembali. Setelah itu, anda bisa mencoba kembali untuk mengakses aplikasi Google Play Store. • Bersihkan Perangkat Android Anda Selain cache atau data dari aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat Android, penyebab Play Store tidak bisa dibuka juga bisa disebabkan oleh sampah dan file dengan ukuran yang besar.

Maka dari itu, cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka bisa dilakukan dengan membersihkan perangkat Android anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan perangkat Android: • Buka menu Setting/Pengaturan • Pilih Apps Management atau Aplikasi • Klik pilihan All • Pilih Aplikasi yang akan dibersihkan • Pilih “Clear Data” atau “Hapus Data” dan “Clear Cache” atau “Hapus Memori” Anda bisa membersihkan cache dan data pada semua aplikasi yang terinstall di Android anda secara satu per satu.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Clean Master jika anda tidak ingin repot. Menghapus cache dan data dari aplikasi bisa menyebabkan pengaturan aplikasi kembali seperti pengaturan awal. Tetapi cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka satu ini memang cukup ampuh.

Anda juga bisa membersihkan file, video, foto, atau musik yang sudah tidak digunakan dengan menghapusnya. Sehingga perangkat Android anda akan menjadi lebih ringan. • Bersihkan Cache Google Play Service Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka dapat anda lakukan dengan cara membersihkan cache pada Google Play Service.

Google Play Service bisa menjadi penyebab Google Play Store tidak bisa dibuka. Maka ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan cache Google Aplikasi play store tidak bisa dibuka service. • Buka menu setting atau Pengaturan • Lalu pilih Apps Management atau Aplikasi • Klik Show All atau Semua Aplikasi • Cari dan pilih Google Play Service • Pilih “Clear Data” atau “Hapus Data” dan “Clear Cache” atau “Hapus Memori” • Menonaktifkan Beberapa Aplikasi Yang Terinstall Aplikasi yang menggunakan data dan cache yang besar bisa menyebabkan Google Play Store tidak bisa dibuka.

Maka, cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka bisa dilakukan dengan cara mematikan aplikasi yang dianggap terlalu besar dan menghabiskan RAM banyak. Langkah-langkah non-aktifkan beberapa aplikasi adalah sebagai berikut: • Buka menu Setting atau Pengaturan • Pilih Apps Management atau Aplikasi • Klik pilihan All • Pilih aplikasi yang akan di nonaktifkan • Klik menu “Force Stop” atau “Paksa Berhenti” • Matikan VPN atau Proxy Jika anda mengaktifkan VPN atau Proxy di Android anda, anda bisa menonaktifkannya terlebih dahulu.

Karena, bisa jadi aplikasi Google Play Store diblokir oleh provider yang sedang anda gunakan. Maka, cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka dapat dilakukan dengan mengecek terlebih dahulu apakah jaringan internet yang anda gunakan memblokir Google Play Store atau tidak.

Apabila benar, anda bisa mengaktifkan VPN atau Proxy yang sedang anda gunakan. Langkah-langkahnya: Non-aktif VPN: • Buka dan masuk ke Wireless and Network di Setting • Klik More atau Other Wireless Connection • Pilih VPN • Lalu nonaktifkan VPN Non-aktif Proxy • Masuk ke Wi-Fi • Lalu pilih Advanced • Uninstall dan Install Ulang Google Play Store Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan cara memperbaharui play store yang tidak bisa dibuka.

Anda harus uninstall atau menghapus aplikasi Google Play Store sementara dari perangkat android anda. Tidak perlu khawatir karena anda akan dapat menginstall kembali Google Play Store di Android. Langkah-langkah untuk uninstall dan install ulang Play Store adalah sebagai berikut: • Buka menu setting atau pengaturan • Pilih Apps Management atau Aplikasi • Klik Show All atau Semua Aplikasi • Pilih Google Play Store • Pilih Nonaktifkan atau Uninstall Updates • Lalu restart perangkat android anda Setelah berhasil, masuk dan ulangi cara di atas untuk install aplikasi Play Store versi terbaru.

Cara lain untuk install ulang, anda bisa mencari aplikasi Google Play Store melalui pihak ketiga seperti toko aplikasi APKPure. • Hapus dan Log In Google Account Ulang Bila aplikasi Google Play Store masih tidak bisa dibuka, maka anda bisa menggunakan cara menghapus akun di Google Play Store. Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka bisa dilakukan dengan cara menghapus akun-akun yang ada pada Google Play Store lalu anda bisa menambahkannya ulang.

Langkah-langkah menghapus Google Account pada perangkat android anda: • Buka menu Setting atau Pengaturan • Pilih dan klik menu Akun atau Akun Google • Klik menu Google lalu pilih akun yang akan dihapus • Pilih opsi hapus akun di menu • Masukkan password atau PIN jika dibutuhkan saat menghapus akun Google dari perangkat anda Selain itu, anda juga bisa mencoba untuk masuk ke Google Play Store dengan akun google lainnya yang anda miliki.

• Cek Memori Eksternal Perangkat Jika perangkat android anda menggunakan memori eksternal seperti microSD, maka cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan mengecek memori eksternal.

Anda dapat mengeluarkan memori eksternal terlebih dahulu lalu memasukannya kembali. Bisa jadi memori eksternal anda tidak terpasang dengan baik. • Memperbaiki Sistem Operasi Jika Play Store tidak bisa dibuka, kemungkinan anda harus memperbarui sistem operasi pada perangkat android anda. Maka dari itu cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka dapat anda lakukan dengan cara mencoba memperbaharui sistem operasi jika perangkat Android mendapatkan pembaharuan sistem.

• Factory Reset atau Format Perangkat Android Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka yang terakhir adalah dengan cara mereset atau format ulang perangkat Android anda. Cara ini dapat menghilangkan semua data seperti dokumen, foto, video, musik, dan lain-lainya pada perangkat Android anda. Maka dari itu, anda bisa melakukan back up pada semua data di perangkat anda terlebih dahulu ke microSD atau komputer sebelum memutuskan untuk mereset atau format ulang perangkat Android anda.

Lalu, ini dia langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk mereset ulang perangkat Android anda. Cara Back Up Data: • Buka menu Setting atau Pengaturan • Pilih Back Up & Reset • Pastikan Back Up Data tersebut sudah aktif • Pilih akun untuk menyimpan data anda Lalu, Cara Format Perangkat Android: • Buka menu Setting atau Pengaturan • Pilih Back Up & Reset • Lalu pilih Factory Data Reset Untuk mereset atau memformat ulang perangkat android anda, pastikan bahwa baterai HP terisi dengan penuh karena untuk mereset ulang Android anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Itu dia beberapa cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka pada perangkat Android. Apabila aplikasi Play Store Sahabat Tedas.id bermasalah, anda bisa melakukan cara di atas untuk menanganinya. Cara-cara di atas juga sangat mudah dan tidak rumit untuk dilakukan, sehingga anda bisa melakukannya di rumah tanpa biaya apapun.

Apabila aplikasi Google Play Store masih bermasalah dan tidak bisa dibuka, maka lebih baik anda menghubungi pihak developer untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Baca terus informasi-informasi lainnya hanya di Tedas.id.

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. These cookies will be stored in your browser only with your consent.

You also have the option to opt-out of these cookies. But opting out of some of these cookies may have an effect on your browsing experience. Any cookies that may not be particularly necessary for the website to function and is used specifically to collect user personal data via analytics, ads, other embedded contents are termed as non-necessary cookies. It is mandatory to procure user consent prior to running these cookies on your website.
Bagi kamu pengguna smartphone android pasti sudah tidak asing dengan aplikasi bernama Play Store.

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk mendownload atau membeli aplikasi yang kita butuhkan di Smartphone Android. Bahkan bukan hanya itu saja, di Playstore juga kamu bisa mendapatkan uang. Untuk itu, aplikasi ini memang cukup penting bagi pengguna Android. Namun bagaimana bila Play Store tidak bisa dibuka dan tidak bisa download aplikasi? Tenang, kali ini Qoala akan membahas bagaimana cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka dan cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa mendownload.

Simak yuk! Sejarah Playstore Sumber Foto: sdx15 via. Shutterstock Sebelum membahas caranya, sebagian orang belum mengetahui Apa itu Play Store sebenarnya? Menilik sejarah, Play Store pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 dengan nama Android Market. Aplikasi ini lahir berbarengan dengan diluncurkannya sistem operasi smartphone baru kala itu.

Sistem operasi itu bernama android. Play Store pada smartphone android diibaratkan seperti sebuah toko aplikasi yang menyediakan berbagai jenis aplikasi untuk sistem operasi android yang dapat kamu download atau unduh secara gratis maupun berbayar. Play Store merupakan aplikasi berlisensi resmi dari Google dan dapat di gunakan di semua smartphone android.

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Untuk menggunakan Play Store ini, kamu wajib memiliki akun Google dan login ke dalam aplikasi Play Store. Oleh karena Play Store sudah memiliki lisensi resmi dari Google, kamu tidak perlu khawatir aplikasi yang kamu download dari Play Store mengandung virus. Google memastikan semua aplikasi di Play Store sudah aman dari ancaman virus. Berikut ini adalah cara memperbaiki Playstore yang tidak bisa dibuka dan sehingga tidak bisa mendownload aplikasi.

1. Selaraskan Waktu dan Tanggal Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka pertama yang dapat kamu lakukan adalah selaraskan waktu dan tanggal pada hp android kamu. Perlu kamu ketahui bahwa gawai android kamu merupakan perangkat yang didesain serba tersinkronisasi, baik aplikasi bawaan hp, aplikasi yang kamu download maupun tanggal dan waktu. Jadi apabila kamu tidak bisa membuka aplikasi Play Store, hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah cek waktu dan tanggal dengan cara: • Buka pengaturan setelan pada hp kamu (Setting) • Lalu pilih pengaturan “Tanggal & Waktu” atau “Date and Time” • Hidupkan settingan tanggal dan waktu otomatis • Pastikan juga setingan “Time Zone” tersetting otomatis Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah diatas, kamu dapat mencoba untuk membuka kembali Play Store pada smartphone android kamu.

Biasanya Play Store tidak dapat dibuka karena settingan hp pada smartphone kamu menggunakan settingan tanggal dan hp manual.

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Untuk itu pastikan bahwa settingan tanggal dan waktu pada smartphone android kamu selalu tersetting secara otomatis. Namun apabila cara diatas masih belum berhasil kamu dapat mencoba cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka dengan cara lainnya.

2. Uninstall Pembaruan Play Store Apabila Play Store kamu tidak bisa login atau tidak bisa di buka, coba cek apakah Play Store di hp android kamu baru saja mengalami pembaruan atau update otomatis dari Google?

Jika iya, kamu dapat melakukan langkah-langkah uninstall pembaruan Play Store berikut agar google Play Store kamu dapat dibuka dan digunakan untuk mendownload kembali. • Buka pengaturan setelan pada hp kamu (Setting) • Pilih menu ‘’Aplikasi” atau “Aplikasi dan Notifikasi” • Cari Aplikasi “Google Play Store” • Lalu uninstall pembaruan Play Store dengan “Paksa Berhenti” (Force Stop) atau “Copot Pembaruan” (Uninstall updates) • Coba buka kembali Google Play Store kamu 3.

Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka dengan Merestart HP Kamu ingin menginstal aplikasi di smartphone android kamu, namun Play Store tidak bisa dibuka? Atau mungkin kamu pernah mengalami kejadian tidak bisa instal aplikasi di Play Store dan Play Store tidak berfungsi? Jika iya, kamu bisa mencoba untuk me-restart hp atau perangkat android kamu terlebih dahulu dengan cara: • Tekan dan tahan tombol aplikasi play store tidak bisa dibuka pada perangkat android kamu • Akan muncul Pop Up Menu • Pilih Menu “Restart” atau Menu “ Mulai ulang” • Perangkat android akan memulai proses restart dalam beberapa saat • Tunggu proses restart hp hingga selesai • Setelah hp berhasil di restart, coba kembali buka aplikasi “Google Play Store” kamu 4.

Bersihkan Cache dan Data di Google Play Service Salah satu penyebab kenapa Play Store tidak bisa dibuka dan tidak bisa mendownload adalah karena penuhnya cache pada Google Play Service.

Google Play Service sendiri merupakan aplikasi paket API (Application Programming Interface) yang mensinkronisasi aplikasi-aplikasi yang menggunakan akun google seperti Gmail, Gmaps, Play Store dan lainnya. Jadi apabila terjadi masalah pada Google Play Service juga dapat berdampak pada Google Play Store kamu. Kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini agar Google Play Store kamu dapat di buka: • Buka pengaturan setelan pada hp kamu (Setting) • Pilih Menu “Apps” atau “Apps Management” • Pilih aplikasi “Google Play Service” • Jika kamu tidak dapat menemukannya, kamu dapat memilih opsi “Show All Apps” atau “Show System Process” • Jika kamu sudah menemukan “Google Play Service”, pilih “storage” • Kemudian pilih “Clear Cache” dan “Clear Data” • Setelah itu restart hp android kamu dan kemudian coba buka lagi Google Play Store kamu.

5. Update Google Play Store dan Google Play Service Mungkin saat ini kamu sedang mencari cara bagaimana mengatasi Play Store tidak bisa download? Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara update Google Play Store dan Google Play Service.

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Caranya: • Buka aplikasi “Play Store” pada perangkat kamu. • Tekan ikon menu strip tiga yang berada di pojok kiri atas • Pilih “Setting” atau “Pengaturan” • Selanjutnya geser kebawah dan cari “Versi Play Store” atau “Play Store Version” • Tekan opsi tersebut, apabila ada pembaruan maka Play Store akan memperbarui otomatis. Namun jika Play Store kamu sudah terupdate hingga versi terbaru maka akan muncul keterangan “Google Play Store is up to date” 6.

Pastikan RAM HP Masih Punya Ruang Sumber Foto: Faizal Ramli via. Shutterstock Salah satu penyebab kenapa Google Play Store tidak bisa mendownload atau tidak bisa update adalah karena RAM pada hp kamu penuh atau sudah tidak memiliki ruang lagi. RAM sendiri adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan memori penyimpanan temporer atau sementara pada perangkat android.

Fungsi RAM hampir mirip dengan memori internal pada HP namun dengan kecepatan membaca dan menulis yang jauh lebih cepat sehingga memori ini dibutuhkan oleh perangkat untuk menyimpan informasi atau data-data instruksi yang diperlukan saat proses booting perangkat untuk membuat instruksi atau data dalam waktu cepat.

Oleh sebab itu, intensitas penggunaan RAM cukup tinggi dan sewaktu-waktu RAM dapat mengalami kepenuhan memori. Penuhnya memori pada RAM ini disebabkan oleh junk dari file-file besar atau dari aplikasi-aplikasi yang dijalankan pada perangkat android kamu. Hal ini tentu saja dapat berdampak pada kinerja aplikasi lain termasuk aplikasi Google Play Store. Oleh sebab itu agar aplikasi Google Play Store kamu dapat berjalan seperti biasanya, kamu harus membersihkan dan memastikan bahwa RAM kamu memiliki cukup ruang dengan cara: • Buka pengaturan setelan pada hp kamu atau “Setting” • Pilih Menu “Manage Apps” • Pilih All • Buka semua aplikasi satu persatu dan bersihkan semua cache pada setiap aplikasi dengan cara pilih menu “Clear Data” • Selain itu kamu bisa membersihkan RAM kamu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang biasa di sebut aplikasi “Clean Master”.

Ada banyak sekali aplikasi “Clean Master” yang tersedia di aplikasi Google Play. Kamu hanya perlu mengklik aplikasi “Clean Master” untuk memulai proses pemindaian cache pada semua aplikasi dan sistem yang ada pada perangkat android kamu. Setelah itu bersihkan semua Cache agar Google Play Store kamu dapat dibuka dan berfungsi seperti sebelumnya lagi.

7. Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka dengan Reset Google Accounts Cara lain yang dapat kamu coba untuk memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka adalah dengan cara mereset Google Accounts atau menghapus google akun yang kamu gunakan untuk log in di aplikasi google Play Store kamu.

Berikut cara mereset akun google kamu: • Buka pengaturan setelan pada hp kamu atau “Setting” • Kemudian pilih akun “Google” maka akan muncul email yang terdaftar pada akun google kamu. • Masuk ke akun Google kamu yang ingin kamu hapus • Scroll kebawah sampai menemukan pilihan “hapus” atau “delete” • Setelah kamu menghapus akun Google kamu, kamu dapat mencoba untuk login kembali ke akun Google di android kamu • Kemudian cobalah untuk login kembali ke akun akun google Play Store.

8. Matikan Koneksi VPN Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka selanjutnya yang akan kita bahas adalah dengan cara mematikan koneksi VPN. Mungkin tanpa kamu sengaja ketika kamu membuka aplikasi Google Play Store, kamu sedang menggunakan atau mengaktifkan VPN pada perangkat android, sehingga kamu tidak bisa login ataupun membuka Google Play Store. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mematikan koneksi VPN pada smartphone dengan cara: • Buka “Wireless and Networks” • Pilih More • Lalu Cari “VPN” • Kemudian “Putuskan Koneksi” yang sedang tersambung • Pilih Ok.

Maka koneksi VPN akan terputus • Coba buka kembali Google Play Store, apakah bisa dibuka atau tidak. 9. Lakukan Reset Host (Root) untuk Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka Pernahkah kamu mengalami Play Store aplikasi play store tidak bisa dibuka tidak bisa dibuka atau Google Play tidak bisa login? Kamu dapat mengatasi ini dengan cara melakukan reset host (root) untuk memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka. Berikut caranya: • Langkah pertama yang aplikasi play store tidak bisa dibuka kamu lakukan adalah root dulu HP kamu.

• Instal aplikasi “Root Explorer” kemudian buka aplikasi tersebut. • Setting opsi pilihan Mount as R/W (Read/Write). • Masuk ke direktori “System Etc”. • Buka file host yang terdapat didalamnya, lalu klik “Open in a text editor”. • Pada file host tersebut terdapat banyak sekali alamat host, hapus semua dan sisakan satu saja file host dengan alamat “127.0.0.1 localhost”. • Simpan file host yang sudah di edit tersebut lalu keluar. • Setelah langkah-langkah diatas kamu ikuti, maka kemudian restart HP kamu.

• Tunggu proses restart HP selesai. Setelah itu coba buka kembali Google Play Store. 10. Re-Sync Akun Google Agar Play Store Bisa Dibuka Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka selanjutnya yang dapat kamu coba adalah dengan cara resync atau mensinkronkan kembali akun Google kamu agar Play Store kamu dapat dibuka kembali. Resync ini dapat kamu lakukan dengan cara menghapus akun Google kamu yang terdapat di HP lalu setelah itu download ulang dan sambungkan kembali.

11. Lakukan Factory Reset HP Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara melakukan factory reset hp atau format ulang hp android kamu kembali ke settingan pabrik. Namun kamu harus tau bahwa risiko dari factory reset ini dapat menghapus semua data kamu yang ada di perangkat android.

Untuk itu apabila kamu tidak ingin kehilangan data ataupun memori-memori penting dari perangkat kamu, kamu harus melakukan back-up data terlebih dahulu. Adapun cara melakukan factory reset hp agar kamu bisa login ke google Play Store kamu adalah seperti berikut : Persiapkan beberapa hal berikut sebelum melakukan factory reset: • Pastikan kapasitas baterai full atau diatas 80%.

Hal ini dikarenakan proses format hp ke settingan pabrik membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu dibutuhkan baterai dalam kondisi full untuk menghindari hp mati ketika proses format berlangsung. • Pastikan kamu mengingat username dan password akun Google kamu. Hal ini karena di awal sebelum kamu memulai proses factory reset, kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password.

Hal ini merupakan proses verifikasi data bahwa perangkat android kamu sedang di setting ulang oleh pemiliknya. Setelah proses factory reset selesai, kamu juga harus masuk ke akun Google kamu agar kamu dapat menjalankan perangkat android.

• Siapkan paket data/kuota atau wifi yang cukup. Setelah proses factory reset hp kamu selesai, maka hp kamu akan kembali seperti ketika pertama kali kamu membeli hp tersebut.

Semua aplikasi dan data yang sebelumnya ada di HP akan hilang. Untuk itu kamu butuh paket data, kuota atau wifi untuk menginstal kembali aplikasi-aplikasi pada Play Store kamu. Cara factory reset hp: • Buka pengaturan setelan pada hp kamu atau “Setting” • Cari menu “Backup and reset” • Selanjutnya pilih menu “Factory Data Reset” • Pilih data-data yang ingin kamu hapus (Namun secara umum, “Factory Data Reset” akan menghapus semua data dan aplikasi yang terpasang pada HP android kamu) • Kemudian klik “Ok” • Maka proses pemformatan akan berjalan.

Tunggu sampai selesai. • Apabila proses format sudah selesai, kamu bisa mencoba untuk login kembali ke akun Google kamu dan buka Google Play Store.

Kamu bisa menginstall ulang semua aplikasi-aplikasi yang ingin kamu pasang di perangkat android kamu. Itulah cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka dan tidak bisa download yang dapat kamu coba. Intinya, jangan langsung panik ketika Play Store tidak bisa dibuka, lebih baik segera cari solusi untuk mengatasinya.

Kamu bisa mencoba cara diatas dari awal hingga akhir sampai berhasil, meskipun harus melakukan format ulang. Selamat mencoba dan jangan lupa kunjungi Qoala Blog untuk membaca artikel menarik lainnya ya! MENU • Beranda • Tech News • Gadget • Mirrorless Camera • Smartwatch • Virtual Reality • MiFi • Smartphone • Action Camera • Drone & Quadcopter • Computer • Laptop • Android • Tutorial • Website • Smartphone • Computer • Internet • Youtube • DLL • Seva Mobil Bekas • Science • Space • Video • Pokemon Go • Google Play Store tidak bisa dibuka ?

masalah seperti no connection atau tidak ada sambungandan masalah lain yang membuat aplikasi ini tidak bisa dibuka bermacam-macamtapi jangan khawatir karena pada artikel inikalian akan belajar untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut dengan mudah. Tapi sebelumnyakita punya beberapa artikel yang mungkin kalian suka karena berhubungan dengan smartphone android : Mengenal TizenSistem Operasi Smartphone Saingan Android 15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Android dan Laptop 10 Smartphone Dengan Kamera 4K 2160p@30fps Kalian juga bisa baca artikel dari androidpit mengenai kode eror pada play store dan cara mengatasinya disini.

Daftar Isi • 1. Hapus Cache Aplikasi Google Play Store • 2. Hapus Data Aplikasi Google Play Store • 3. Hapus Pembaruan Aplikasi Google Play Store • 4. Hapus Data dan Cache pada Google Play Service • 5. Install Versi Terbaru dari Google Play Services • 6. Reset Akun Google • 7. Reset Android Ke Factory Default • Posting terkait: 1. Hapus Cache Aplikasi Google Play Store Biasanyakamu bisa mengatasi masalah yang dialami aplikasi play store dengan menghapus cache pada aplikasi tersebutcaceh berfungsi untuk mempercepat waktu loading sebuah aplikasi saat dijalankannamun cache yang sudah kadaluarsa terkadang menimbulkan masalah pada aplikasi.

Untuk menghapus cache ikuti langkah berikut : • Buka Setting > Aplikasi > Pilih All > Google Play Store > lalu tekan tombol Clear Cache. Clear cache pada aplikasi play store biasanya memperbaiki masalah yang sering dialami pengguna android 2. Hapus Data Aplikasi Google Play Store Menghapus data pada aplikasi play storeakan mengembalikan aplikasi dalam keadaan default hingga seluruh history dan detil account pun akan hilanguntuk menghapus data aplikasi play store ikuti langkah berikut : • Sama seperti langkah menghapus cache Buka Setting > Aplikasi > Pilih All > Google Play Store > lalu tekan tombol Clear Data.

3. Hapus Pembaruan Aplikasi Google Play Store Aplikasi play store biasanya melakukan pembaruan secara otomatis tanpa kalian ketahuimasalah akan muncul ketika pembaruan atau update tidak berjalan dengan semestinyaoleh karena itu menghapus pembaruan pada play store mungkin bisa memperbaiki masalah play store yang tidak bisa dibukacaranya seperti berikut : • Sama seperti langkah sebelumnya yaiut Buka Setting > Aplikasi play store tidak bisa dibuka > Pilih All > Google Play Store > lalu tekan tombol UNINSTALL UPDATES.

4. Hapus Data dan Cache pada Google Play Service Google Play Service bekerja untuk menghubungkan perangkat android kalian dengan semua layanan google playsangat mungkin jika google play service yang menjadi penyebab masalah pada google play store kalianuntuk menghapus data dan cache pada google play serviceikuti langkah-langkah berikut : • Buka Setting > Aplikasi > Pilih All > Google Play Aplikasi play store tidak bisa dibuka > lalu tekan tombol Clear Cachejika langkah ini belum menyelesaikan masalah kaliankembali lalu kali ini tekan tombol Clear Data.

5. Install Versi Terbaru dari Google Play Services Seperti yang sudah dikatakan sebelumnyaaplikasi Google Play melakukan pembaruan secara otomatis tanpa kalian ketahuidan kesalahan mungkin saja terjadi saat pembaruan dilakukan. Untuk mengatasi hal ini kalian perlu melakukan instalasi google play service secara manual dengan mendownload versi terbarunya melalui APKmiror.

6. Reset Akun Google Jika masalah pada aplikasi play store kalian belum juga teratasimungkin kalian perlu melakukan login ulang pada akun google yang terdaftar pada smartphone android kalianberikut ini langkah-langkahnya : • Buka Setting > Accounts lalu pilih Google • Pilih pada akun google atas nama kalianlalu tekan pada tombol more (…) yang terletak pada kanan atas layar lalu tekan Remove.

Jika terdapat lebih dari 1 akun googlemaka remove semuanya dengan cara yang sama. • Selanjutnya buka Settings > Accounts > Add Account > Google dan masukan kembali informasi login yang harus kalian isi hal ini adalah tahap penambahan akun kembali pada android kalian. 7. Reset Android Ke Factory Default Jika masalah yang kalian hadapi belum juga teratasimaka kalian harus melakukan Factory Default atau Factory Reset pada smartphone android kalian.

Caranya sebagai berikut : • Buka Setting > Pilih Backup & Resetpastikan kalian mengaktifkan Backup My Datalalu tekan Factory Data Reset. Langkah-Langkah Lain Yang Mungkin Mengatasi Masalah Play Store Tidak Bisa Dibuka : Jika Android kalian dalam kondisi sudah di rootmaka lakukan perubahan pada file hosts : • Buka file manager khusus root lalu buka direktori system/etc/hostslalu rubah file tersebut.

• tambahkan sebuah hashtag (#) sebelum IP Localhost (127.0.0.1) Aktifkan download manager • Buka Settings > Apps / Application Manager > All > Download Manager. • Jika ternyata aplikasi Download Manager kalian dalam keadaan disablemaka aktifkan kembali dengan menekan tombol enable atau tap to switch this aplication back on. (setiap android memiliki perintah berbedaintinya kalian harus menjalankan kembali aplikasi Download Manager) Itulah beberapa cara untuk mengatasi aplikasi play store yang tidak bisa dibukakalian tidak harus menjalankan ke 8 langkah diatas jika ternyata langkah pertama sudah mengatasi permasalahan kalian.

Dapatkan tutorial androdi lainnya dengan terus mengunjungi website NGELAG.com. Pos-pos Terbaru • Mobil Hasil 3D Printing Pertama Ini Harganya Mencapai 700 Juta • 7 Astronaut Dengan Durasi Tinggal Di Ruang Angkasa Paling Lama • Di CinaBikin Jembatan Udah Pake Robot • 8 Spy Gadget Ala James Bond Dalam Dunia Nyata • Pria 42 Tahun Ini Pamer Kecepatan Mobilnya Yang Mencapai 308 KM/Jam • Grove Ecosystem – Menanam Sayuran Dalam Ruangan • Project LoonIndonesia Internetan Gratis Tahun Depan • 8 Mobil Keren Yang Populer Di Tokyo Auto Show 2015 • Yamaha MotobotLebih Handal Daripada Pembalap • Acara TV Lokal VS Acara TV Luar • Ini Alasannya Kenapa TV Berlangganan Lebih Bermanfaat • 5 Hacker Muda Dan Berbahaya • Para “Under 25” Yang Sukses Dalam Dunia Teknologi • 5 Teknologi Yang Digunakan Untuk Memburu Hantu • 5 Fakta Unik Dan Menarik Dunia Internet Indonesia • 10 Project Crowdfunding Yang Berhasil Menggalang Dana Tertinggi • Cara Mendapatkan Koin Gratis di Line • 4 Laptop Acer Harga 3 Jutaan • Spesifikasi Lengkap VGA Asus R7 240 • Spesifikasi Lengkap Motherboard ASRock H61M VG3
Pernahkah kamu mengalami kesulitan saat membuka Play Store?

Tentu tidak enak, bukan? Kali ini Jaka akan memberitahu cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka. Play Store dalam sebuah smartphone Android menjadi bagian yang sangat penting karena semua aplikasi resmi yang dibutuhkan oleh pengguna ada di platform satu ini. Daripada kebingungan, yuk, mari kita cari tahu cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka berikut ini. Apabila kamu gagal ketika menggunakan cara pertama, maka kamu bisa gunakan cara lainnya hingga berhasil untuk membuka Play Store.

1. Setel Ulang Paket Data Seluler Atau WiFi Untuk membuka Play Store dan mengunduh aplikasi yang ada di dalamnya dibutuhkan koneksi internet. Apabila Play Store tidak bisa dibuka, maka kamu bisa lakukan cara menyetel ulang paket data seluler atau WiFi. Kamu bisa mematikan paket data seluler atau WiFi kemudian menyambungkannya kembali. Pastikan koneksi internet yang kamu miliki cukup kuat ya. Cara lainnya adalah dengan menahan lama tombol daya hingga HP kamu mati dan hidupkan kembali.

4. Memastikan Ruang Penyimpanan Tidak Penuh Memori HP yang penuh akan membuat proses penginstallan aplikasi berhenti dengan sendirinya. Begitu juga bisa menyebabkan aplikasi tertentu tidak bisa dibuka sama sekali. Pastikan HP Android kamu memiliki memori penyimpanan yang cukup lega, ya! Minimal di atas 1GB agar bisa digunakan untuk membuka aplikasi lainnya, aplikasi play store tidak bisa dibuka satunya Google Play Store. 5. Memeriksa Kartu SD Adanya kartu Aplikasi play store tidak bisa dibuka memang membantu kita saat ingin aplikasi play store tidak bisa dibuka file selain di memori internal.

Namun, terkadang kartu SD juga dapat menyebabkan masalah ketika dipasang. Hal ini tentu akan berpengaruh ketika kamu memang menyimpan aplikasi di memori eksternal (SD Card), atau dalam kasus ini Play Store. Untuk memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka, kamu bisa coba keluarkan kartu SD dari HP dan memasukkannya kembali dengan tepat. 6. Menghapus Cache & Data Dari Layanan Google Play Jika sebelumnya kamu disarankan untuk menghapus cache dan data dari aplikasi Google Play Store, maka kali ini untuk layanan Google Play.

Layanan Google Play atau dikenal dengan Google Play Services ini memang aplikasi play store tidak bisa dibuka peranan penting dalam kelancaran pengguna saat membuka Play Store.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mencoba cara satu ini aplikasi play store tidak bisa dibuka tahu memang berhasil. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: • Buka Kembali Google Play Store.

aplikasi play store tidak bisa dibuka

8. Uninstall & Install Kembali Update Play Store Jika semua metode sebelumnya masih belum berhasil untuk memperbaiki Play Store tidak bisa login atau bahkan dibuka, maka kamu memiliki alternatif lain yaitu dengan menghapus aplikasinya untuk sementara waktu. Metode ini umumnya mampu mengatasi permasalahan tersebut, walaupun terkadang ada beberapa orang yang kebingungan mengenai cara install Play Store kembali di HP mereka.

Tapi, tenang! Berikut sudah Jaka siapkan cara uninstall dan install kembali Update Play Store. • Selain cara-cara di atas, kamu bisa memperbaiki Google Play tidak dapat dibuka dengan cara memeriksa update dari sistem Android HP kamu. Cara untuk mengecek sistem Android yang sudah di-update tentu berbeda-beda antara HP satu dengan lainnya. Pastikan Android kamu minimal sudah di atas versi Android 2.2 bahkan lebih. Karena versi Android 2.2 atau aplikasi play store tidak bisa dibuka membuat Google Play Store tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

10. Menghapus dan Menambahkan Kembali Akun Google ke Perangkat Langkah ini termasuk bisa menghilangkan data-data kamu yang ada di HP. Namun, bagi kamu yang datanya sudah disimpan di cloud maka tenang saja!

Karena ketika kamu menambahkan kembali akun Google, maka secara otomatis data-data kamu akan ada di perangkat lagi. Untuk pertama kali kamu perlu menghapus akun Google dari perangkat kamu.

Caranya adalah sebagai berikut: • Pilih untuk mengunduh kembali. 11. Cara Pamungkas dengan Factory Reset Nah, apabila sepuluh cara mengatasi Play Store yang tidak bisa dibuka diatas masih belum berhasil, maka inilah saatnya untuk mengeluarkan cara pamungkas yang terkenal sangat ekstrem yakni dengan menggunakan Factory Reset.

Sebelum melakukan Factory Reset maka kamu perlu back up data. Karena bila belum di back up maka akan membuat data kamu otomatis hilang. Cara untuk melakukan Factory Reset adalah sebagai berikut: •
Bagaimana cara mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka ? Play Store di Hp kamu tidak dapat digunakan ? Semua hp Android pasti punya aplikasi bernama Play Store. Melalui Play Store pengguna hp Android bisa instal berbagai macam aplikasi di hp.

Namun kadang ada saja masalah di Play Store. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna hp Android adalah Play Store tidak bisa dibuka. Bagaimana caranya mengatasi Play Store tidak bisa dibuka ? Selain itu, masalah lain yang kerap dialami pengguna hp Android adalah Google Play Store tidak bisa download aplikasi.

Bagaimana cara mengatasi Play Store tidak bisa download aplikasi ?

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Jika Google Play Store tidak bisa diakses tentu akan menyulitkanmu untuk download aplikasi. Lalu apa yang harus kamu lakukan jika Google Play Store hp kamu tidak dapat digunakan ? Mengatasi Play Store yang tidak bisa dibuka di hp Android sebenarnya cukup mudah.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka Berikut ini, Sultan punya tips memperbaiki Google Play Store tidak bisa dibuka di hp. Ada beberapa cara mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di hp Android.

Sebelum mulai memperbaiki aplikasi Play Store di hp Android, coba restart hp kamu terlebih dulu. Jika setelah di-restart aplikasi Play Store tetap tidak bisa dibuka, coba beberapa cara berikut ini: 1.

Hapus Cache dan Data Penyebab utama Play Store tidak bisa digunakan di hp Android adalah karena ada masalah pada aplikasi tersebut. Jika ada masalah, terkadang aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali. Untuk memperbaiki masalah tersebut bisa dengan membersihkan semua data dan cache di aplikasi Google Play Store.

Bagaimana caranya: • Buka Setelan (Setting) • Masuk ke menu Apps > Aplikasi > Installed Apps > Aplikasi & Notifikasi • Lihat semua aplikasi • Temukan aplikasi “Google Play Store” lalu klik • Tekan tombol Clear Data, Clear Defaults, atau Clear Cache.

Baca Juga Cara Restart HP Samsung dengan Mudah dan Praktis Setelah data dan cache dihapus, coba buka kembali aplikasi Play Store. Jika Play Store tetap tidak bisa dibuka, coba cara kedua berikut ini. 2. Periksa Setelan Tanggal dan Waktu Hp Android adalah perangkat yang dirancang serba tersinkronisasi. Tak hanya kontak dan aplikasi saja, namun juga tanggal dan waktu juga tersinkronisasi. Oleh karena itu, jika hp kamu tetap tidak bisa buka Play Store coba cek setelan tanggal dan waktu.

Caranya: • Buka Setelan (Setting) • Pilih Tanggal & Waktu (Date & Time) • Pastikan tanggal dan waktu sudah tersetting secara otomatis (Automatic) • Pastikan “Time Zone” (zona waktu) tersetting otomatis (Automatic). Biasanya aplikasi play store tidak bisa dibuka Play Store tidak bisa digunakan karena setingan waktu di hp di setting secara manual.

Untuk menghindari masalah Play Store tidak dapat digunakan lebih baik setingan waktu hp diatur secara otomatis. 3. Google Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena Pembaharuan Setiap pembaharuan (update) bukan berarti bebas dari bug. Bisa saja ada bug pada pembaharuan Play Store yang membuat Google Play Store tidak bisa dibuka. Play Store adalah salah satu aplikasi bawaan Google yang melakukan update atau pembaharuan secara otomatis.

Karena update berlangsung otomatis, kamu tidak akan menyadari kapan Play Store diupdate. Jika pembaharuan jadi penyebab Play Store tidak bisa digunakan, coba langkah berikut ini: • Buka Setelan (Setting) • Masuk ke menu Aplikasi/Aplikasi & Notifikasi • Temukan aplikasi Google Play Store • Tekan “ Paksa Berhenti” (Force Stop) • Tekan tombol “ Copot Pembaharuan” (Uninstal Updates). Cara memperbarui Play Store yang tidak dapat digunakan sangat mudah. Secara default, aplikasi Play Store akan memperbarui dirinya secara otomatis.

Yang terpenting pastikan storage di hp kamu cukup dan koneksi internet kamu tetap jalan. 4. Hapus & Tambah Ulang Akun Aplikasi play store tidak bisa dibuka Jika 3 cara di atas belum bisa mengatasi masalah Play Store tidak bisa digunakan di aplikasi play store tidak bisa dibuka, coba cara ini.

Hapus (remove) akun Google dari hp Android lalu masuk (log in) kembali. Jika kamu punya lebih dari 1 akun, kamu bisa coba log in dengan akun Google lain. Cara hapus akun Google dari Hp Android adalah: • Buka Setelan (Setting) di hp • Cari menu “ Akun” atau “ Akun Google“ • Klik “ Google” lalu pilih akun yang mau dihapus • Temukan opsi Hapus Akun di menu • Masukan sandi atau PIN jika dibutuhkan untuk menghapus akun Google. Baca Juga 7 Cara Hemat Kuota Internet/Paket Data di Smartphone 5.

Bersihkan Cache Google Play Services Google Play Services adalah aplikasi yang penting untuk menjalankan sistem operasi hp Android. Google Play Services adalah paket API (Application Programming Interface) yang memayungi beberapa aplikasi yang terpasang di hp Android. Google Play Services melayani sinkronisasi akun-akun Google di Gmail, Maps, dan aplikasi lainnya. Jika terjadi error pada Google Play Services maka bisa berdampak pada Play Store tidak dapat digunakan.

Untuk memperbaiki error tersebut sangat mudah, ikuti caranya sebagai berikut: • Buka Settings • Pilih Apps atau Apps Management • Cari aplikasi Google Play Services • Jika tidak ada, pilih opsi “Show All Apps” atau “Show System Process” • Setelah menemukan Google Play Services, lalu buka opsi “Storage” • Pilih “Clear Cache” dan “Clear Data” • Restart hp Android kamu lalu coba buka Google Play Store. 6. Matikan WiFi, VPN, atau Proxy Penyebab Google Play Store tidak bisa dibuka kadang sederhana.

Bisa jadi karena kamu tidak diberi akses buka aplikasi tersebut, atau Play Store diblokir dari provider internet yang kamu gunakan. Untuk mengatasi Play Store tidak dapat digunakan ini sangat mudah. Pertama, periksa dulu apakah benar koneksi internet yang kamu gunakan memblokir Play Store. Jika iya, silahkan pakai jaringan internet lain seperti pindah ke selular atau pindah operator selular supaya bisa buka Play Store lagi.

Selain itu, coba nonaktifkan proxy atau VPN yang sedang digunakan, caranya: • Nonaktifkan Proxy dengan cara masuk ke Wireless and Networks > More > VPN • Nonaktifkan VPN dengan cara masuk ke WiFi > Advanced. 7. Update Sistem Operasi Android Kamu Penyebab Google Play Store tidak bisa dibuka bisa dari sistem operasi Android yang terlalu usang. Sistem operasi yang terlalu usang kadang bermasalah dalam menampilkan dan mendukung fitur-fitur baru dari Play Store. Hal tersebut membuat Google Play Store bermasalah dan akhirnya tidak bisa dibuka.

Baca Juga Cara Memindahkan Foto dari HP ke PC/Laptop (100% Pasti Berhasil) Untuk mengatasinya sangat mudah, coba cek apakah hp kamu mendapat update sistem operasi Android terbaru, caranya: • Buka Settings • Pilih About Phone • Pilih System Update • Tunggu proses cek update berjalan • Jika ada update terbaru, akan muncul secara otomatis • Jika tidak ada, berarti hp kamu tidak mendapat update OS Android lagi.

Jika tidak mendapat update sistem operasi Android, cara satu-satunya adalah upgrade ke hp baru. Pilih merk hp yang bagus supaya terus mendapat dukungan update sistem operasi atau UI.

8. Factory Reset/Format Ulang Hp Android Cara terakhir yang paling ampuh untuk memperbaiki Play Store adalah dengan factory reset atau format ulang hp Android. Perlu diingat, reset ulang hp Android akan menghapus semua data di dalam hp. Selain itu, semua data terkait akunmu di layanan Google juga akan dihapus.

Untuk mengetahui cara factory reset dan format ulang hp Android kamu bisa cek di Cara Format Ulang Hp Android. Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi Selain permasalahan mengapa Play Store tidak bisa digunakan, salah satu masalah yang sering dialami pengguna Android adalah Play Store tidak bisa download dan instal aplikasi. Biasanya penyebab utama Play Store tidak bisa download dan instal aplikasi adalah karena memori internal hp penuh. Untuk mengatasinya sangat mudah.

Kosongkan ruang penyimpanan internal hp dan coba instal aplikasi tersebut dari Play Store. Jika masih tidak bisa, coba hapus data dan cache Play Store seperti cara nomor 1 di atas. Data dan cache yang terlalu penuh kadang menyebabkan eror sehingga menggangu proses download dan instal aplikasi. Penyebab lain Play Store tidak bisa download aplikasi adalah karena masalah jaringan.

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Coba pindah ke WiFi atau ganti operator selular kamu. Play Store bisa dibilang aplikasi yang sangat penting di hp Android. Tanpa Play Store kita tentu kesulitan mencari dan instal aplikasi yang dibutuhkan. Sultan sudah memberikan tips cara mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka, Play Store tidak dapat digunakan, dan Play Store tidak bisa download dan instal aplikasi. Semoga tipsnya berguna. Terima kasih. Recent Posts • Spesifikasi Samsung Galaxy A7 Hp Terbaru 2021, Harganya ? • Cara Menghubungkan Hp Android ke TV, Tanpa Kabel • 3 Cara Menyambungkan Internet Hp ke Laptop atau Komputer • Review Samsung Galaxy A71: Spesifikasi & Harga Terbaru 2021 • Spesifikasi & Harga Oppo A5S, Bagaimana di Tahun 2021 ?Jayaherlambang.com – Mungkin Anda pernah mengalami google play store tidak bisa dibuka dan juga tidak bisa di download aplikasi bukan.

hal itu memang sering terjadi pada pengguna android. Ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui kenapa hal ini bisa terjadi pada ponsel Anda. dan hal umum terjadibukan hanya Anda seorang saja. Penggunaan smartphone android sekarang ini memang lagi populerdan bertahan cukup lama dan belum tergeser dengan operasi sistem lainnyaentah nanti kedepannya.

Dengan berbagai macam update yang terjadi sistem android yang terus berkembang dengan pesat. tentunya sangat memanjakan pengguna sistem operasi ini. 4.1 Artikel Menarik Di Rekomendasikan Untuk Anda : • Koneksi internet yang lemah sehingga tidak membuka aplikasi • RAM memori telepon Anda sudah habis • Terjadi penumpukan file chache yang terjadi • Tanggal dan waktu yang salah pada pengaturan telepon Anda • Mungkin aplikasi terkena virus • Anda telah melakukan root pada sistem android Anda Itulah beberapa penyebab yang sering terjadi pada smartphone yang aplikasi google play store tidak bisa dibukaselanjutnya saya akan bagikan bagaimana cara mengatasinya.

Cara mengatasi google play store tidak bisa dibuka Untuk cara mengatasi google play store tidak bisa dibukaada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan. tentunya Aplikasi play store tidak bisa dibuka harus mengikuti apa yang akan saya bagikan ini agar Anda bisa mengatasi masalah yang terjadi pada aplikasi play store Anda. 1. Cara mengatasi google play store tidak bisa di buka dengan memastikan jaringan sinyal internet yang kuat Umumnya masalah ini karena memang jaringan internet Anda lemahtentunya hal ini di pastikan tidak akan bisa membuka aplikasiada baiknya Anda menggunakan jaringan wifikarena sinyal jaringan wifi ini cenderung lebih kuat di bandingkan dengan jaringan seluler.

Untuk memastikan jaringan sinyal internet berjalan dengan baikada baiknya Anda menghentikan terlebih dahulu mode internet yang lagi berjalan dengan cara merestart smartphone Anda dengan tujuan untuk merefresh jaringan. Anda juga bisa mengaktfikan mode pesawat terlebih dahuluselanjutnya beberapa menit kemudian matikan kembalitujuannya juga sama yaitu merefresh jaringan. 2. Cara mengatasi google play store tidak bisa dibuka dengan menghapus data cache pada aplikasi Langkah selanjutnya untuk cara mengatasi google play store tidak bisa dibuka adalah membersihkan data cache yang mungkin dan menumpuk banyak.

Data cache yang menumpuk bisa menjadi penyebab aplikasi playstore tidak bisa di bukadan jalan terbaik untuk memperbaikinya adalah menghapus data cache tersebut pada ponsel android Anda. Untuk langkah menghapus data cache pada aplikasi google play store adalah sebagai berikut : • Silahkan masuk ke menu pengaturan pada ponsel Anda • Selanjutnya di menu ini silahkan cari dan klik menu manajemen aplikasi ( hp oppo)mungkin untuk merek hp lain akan berbedasesuaikan saja • Nantinya akan muncul semua aplikasi yang terinstall pada ponsel Anda • Silahkan cari aplikasi google playstorenya dan klik • Nantinya Anda akan di tampilkan rincian dari aplikasi beserta data yang terpakai dan juga data cachenyaselanjutnya Anda bersihkan dan hapus data cache nya.

dengan mengklik tombol yang disediakan • Jika data cache sudah terhapus silahkan Anda coba untuk membuka kembali aplikasi tersebutmestinya setelah melakukan hal tersebut aplikasi google play store sudah di buka 3. Menghapus aplikasi dan install ulang aplikasi google play store Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menghapus aplikasi google play store yang terinstall di ponsel AndaAnda bisa melakukannya melalui menu pengaturan / setting >.

Manajemen aplikasi >> play store >> uninstall Selanjutnya Anda instal ulang aplikasi iniAnda bisa menginstal aplikasi ini dari apk.pure atau bisa juga dengan mendownload dari browser yang Anda gunakan.

Jangan lupa juga untuk menghapus akun google yang tersinkron dengan aplikasi playstore tersebut. jika semuanya sudah Anda lakukan silahkan buka aplikasi playstore baru yang baru terinstall tersebut. Selanjutnya silahkan login ke aplikasiny dengan akun google yang Anda tambahkan di bagian akun google pada ponsel Anda.

Tentunya dengan cara ini aplikasi google playstore akan bisa di buka nantinya. 4. Periksa ruang penyimpanan aplikasi dan hapus aplikasi yang aplikasi play store tidak bisa dibuka di perlukan Selanjutnya cara mengatasi google play store tidak bisa dibuka adalah menghapus aplikasi yang mungkin tidak terlalu banyak di gunakan yang mana aplikasi yang banyak terinstall akan membuat ruang penyimpanan internal telepon menjadi penuh.

Jika hal ini terjadi tentu saja akan membuat kinerja ponsel android akan tidak bisa berfungsi sempurna salah satunya aplikasi google play store tidak bisa di buka. Anda bisa melihat berapa ruang penyimpan internal telepon Anda di bagian menu pengaturan telepon Anda .

aplikasi play store tidak bisa dibuka

jika sudah silahkan hapus beberapa aplikasi yang mungkin tidak terlalu Anda gunakanagar tersedia ruang yang cukup agar ponsel bisa bekerja secara normal. 5. Silahkan cek memori eksternal yang terpasang pada ponsel Anda Ruang penyimpanan bukan hanya penyimpanan internal sajasetiap ponsel juga menyediakan ruang penyimpanan eksternal. yang umumnya berupa kartu aplikasi play store tidak bisa dibuka memori yang besarnya tergantung berapa besar Anda menyematkannya pada ponsel Anda. Misalkan saja banyak aplikasi yang Anda gunakan Anda simpan pada memori eksternal sudah penuh dan juga memori penyimpanan internal juga penuhmaka solusi yang bisa dilakukan adalah menghapus data dan aplikasi yang ada pada memori eksternal tersebut agar ruang penyimpanan menjadi lega kembali.

Bisa juga karena aplikasi google play store tersimpan pada memori eksternalsedangkan memori eksternal tersebut kotor sehingga ponsel tidak bisa membacanyatentunya hal ini bisa menjadi penyebab mengapa google play store tidak bisa dibukauntuk mengatasinya adalah melepas terlebih dahulu memori tersebutbersihkan dan silahkan pasang kembali.

6. Periksa sistem operasi android Anda dan lakukan pembaruan Masalah yang juga sering terjadi mengapa google play store tidak bisa dibuka adalah karena sistem android Anda masih dalam versi lama.

Tentunya jika sudah muncul update sistem operasi terbaru yang bisa memperbaiki bug yang mungkin terjadi dalam versi lama. yang perlu Anda lakukan adalah memperbaruinya secepat mungkin. Untuk melihat update sistem operasi android adalah melalui pengaturan telepon / setting. silahkan buka menu pengaturan selanjutnya di submenu yang di tampilkan Anda cari dan temukan menu tentang ponsel. Nah di menu ini Anda akan tahu versi berapa android Andajika ada versi baru silahkan lakukan pembaruan dengan mengkliknyatunggu hingga selesai.

Namun untuk sekarang ini ponsel terbaru terutama untuk hp oppo yang saya gunakanjika ada os terbaru maka otomatis akan terjadi pembaruan. jadi kita tidak perlu repot untuk cek atau memperbarui os androidnya.

7. Cara mengatasi google play store tidak bisa dibuka dengan reset ke pengaturan pabrik Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan jika cara – cara di atas tidak bekerja karena masalah tertentu yang mungkin Anda tidak Anda ketahuimungkin karena terjadi error sistem adalah dengan melakukan reset telepon.

Tentunya cara ini yang paling ampuh untuk memperbaiki dan mengatasi google play store tidak bisa dibuka dan juga masalah lain pada ponsel Anda. namun Anda harus mendapatkan risiko data pada ponsel Anda akan terhapus semua secara permanen.

untuk itu silahkan backup dulu data Anda dan simpan pada kartu memori eksternal Anda sebelum melakukan reset telepon. silahkan lepas dahulu memori eksternalnyaselanjutnya Anda lakukan reset telepontunggu hingga selesai.

Jika sudah Anda bisa cek kembali aplikasi playstorenyatentunya sudah bisa di gunakan kembali. jangan lupa untuk memasang kembali memori eksternalnya.

selesai. Baca juga artikel terkait google play store tidak bisa dibuka • 7 cara mengatasi hp lemot dan cepat panas • Cara membuka web yang di blokir oleh google chrome hp • Cara merekam layar hp samsung dengan tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi • Cara membuat banner di hp maupun di laptop secara online Kesimpulan Demikianlah sobat jayaherlambang yang saya cintai penjelasan mengenai penyebab dan juga cara mengatasi google play store tidak bisa dibuka yang bisa Anda lakukan dan telah terbukti berhasil.

Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk Andasekian dari saya dan terimakasih atas kunjungan Anda. Originally posted 2021-04-14 22:04:05.

Artikel Menarik Di Rekomendasikan Untuk Anda : • 6 Cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome… • 7 Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Sering Force Close • Cara Upgrade Android Paling Aman dan Tanpa Root HP • 7 Cara Mengatasi HP Lemot Dan Panas Dengan Mudah • Nama File Sampah Di Android Dan Cara Membersihkannya • Cara Download Video di Line dengan Mudah dan Tepat • Auto Like Tiktok Indonesia • Cara Android Jadi Remot TV Paling Mudah Dilakukan • Cara Mengatasi Masalah Sambungan Atau Kode Mmi Tidak Valid • Cara Dapat Pulsa Dari Hago Gratis Yang Langsung Masuk Cari • Cara Pinjam Pulsa Tri Ke Operator Lewat Bimatri Dan UMB • Cara Membeli Paket Malam Telkomsel Dan Daftar Harganya • Cara Mengubah Kuota Edukasi Indosat Menjadi Kuota Utama • 5 Cara Internet Gratis 3 Tanpa Aplikasi Maupun Dengan Aplikasi • Paket Youtube Unlimited 24 Jam -Daftar Harga All Operator
Sedang mencari tutorial seperti judul diatas (play store tidak bisa dibuka)?

silahkan teman-teman bisa langsung ke tutorialnya dibawah, jika kalian malas membaca penjelasan awal, yang terpenting saat ditutorialnya kalian harus baca semuanya karna disitu banyak point penting. Ketika kita ingin mendownload aplikasi baik yang berbayar maupun gratis tentu para pengguna smartphone tidak jauh dari namanya playstore yang sebagai jantungnya hp android. Semua aplikasi yang didownload dari playstore pasti akan aman dan tidak ada virus, namun kalau kita download diluar playstore (misalnya dari browser) pasti ada salah satu aplikasi yang merupakan sebagai virus, oleh karena itulah playstore salah satu toko aplikasi di smartphone yang paling aman dari virus.

Namun sayangnya banyak pengguna android yang mengeluh karena playstore mereka tidak bisa diakses ataupun tidak bisa dibuka, tentu hal tersebut kita akan susah untuk menginstall suatu aplikasi. Ada kah cara atasinya? tentu saja ada dong, nah silahkan teman-teman baca semua penjelasan dibawah ini ya!, karna dibawah ini banyak point-point pentingnya. Daftar Isi • 1 Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka / Keluar Sendiri (Force Close) • 1.1 #Metode Pertama: Cek Koneksi Internet • 1.2 #Metode Kedua: Hapus Cache (File Sampah) • 1.3 #Metode Ketiga: Mengatur Tanggal dan Waktu • 1.4 #Metode Keempat: Gunakan VPN • 1.5 #Metode Kelima: Hapus Data Aplikasi • 1.6 #Metode Keenam: Pastikan RAM Masih Punya Ruang • 1.7 #Metode Terakhir: Reset HP-nya • 1.8 Penyebab Playstore Tidak Mau Kebuka • 1.8.1 Penutup Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka / Keluar Sendiri (Force Close) Ingat ya!, tutorial ini khusus play store terhenti tidak bisa dibuka sama sekali (force close), bukan play store tidak bisa mendownload aplikasi.

Ketika kalian membuka playstore, dia akan force close dengan sendirinya (keluar tiba-tiba / mendadak). Jika teman-teman mengalaminya, silahkan diterapkan beberapa metode dibawah ini ya!. #Metode Pertama: Cek Koneksi Internet Untuk metode pertama ini pastinya koneksi internet kalian harus stabil (jangan dalam keadaan down / lemot), apalagi jika ingin membuka playstore, pastinya internet harus stabil.

Jika internet kalian tidak stabil, aplikasi play store tidak bisa dibuka minta hotspot/wifi sama teman untuk sementara, siapa tau bisa deh kebuka playstorenya. #Metode Kedua: Hapus Cache (File Sampah) Masih belum berhasil pada metode pertama padahal internet sudah kencang namun belum bisa kebuka juga? silahkan teman-teman lakukan penghapusan cache (file sampah) untuk aplikasi playstore-nya saja ya!.

Untuk penghapusan cache aplikasi bisa menggunakan aplikasi cleaner tambahan, jika kalian belum punya kita pakai cara manual saja. Mungkin versi pengaturan hp saya berbeda dengan versi kalian, silahkan tinggal menyesuaikan sendiri saja ya!.

Buka Pengaturan ▷ Pengaturan Lainnya ▷ Pengelola Aplikasi ▷ cari Google Play Store ▷ Penyimpanan ▷ Hapus Cache. Setelah melakukan penghapusan cache, lakukan restart hp terlebih dahulu.

Setelah itu cobalah buka playstore, semoga berhasil!. #Metode Ketiga: Mengatur Tanggal dan Waktu Masih enggak bisa juga padahal sudah hapus cache? coba deh kalian cek tanggal & waktu salah atau tidak, jika salah silahkan disetting yang benar. Karna tanggal & waktu ini suatu waktu bisa saja berubah, misalnya seperti kalian mencabut sim card lalu menghidupkan hp-nya lagi, pastinya tanggal dan waktu akan berubah.

Untuk mengubah tanggal & waktu silahkan ikuti tutorial ini. Mungkin versi pengaturan saya akan berbeda dengan versi kalian, tinggal kalian menyesuaikan saja ya!.

Buka Pengaturan ▷ Pengaturan Lainnya ▷ Tanggal dan Waktu ▷ silahkan setting waktu & tanggalnya yang benar. #Metode Keempat: Gunakan VPN Masih enggak bisa juga padahal tanggal dan waktu sudah benar? cobalah gunakan aplikasi vpn. VPN juga dapat mengatasi beberapa aplikasi maupun situs yang sulit terbuka, cobalah kalian gunakan vpn jika sudah ada aplikasi vpn-nya.

Yang enggak punya aplikasi vpn gimana? jika teman-teman tidak punya aplikasi vpn, silahkan coba artikel berikut ini karna tanpa aplikasi juga bisa kita gunakan vpn: cara pakai vpn di hp tanpa aplikasi. #Metode Kelima: Hapus Data Aplikasi Seharusnya keempat metode diatas sudah pasti berhasil!, jika belum berhasil juga mau enggak mau kalian harus hapus data pada aplikasi playstorenya saja ya!. Ketika kalian menghapus data, semua file register seperti akun kalian di playstrore akan keluar dengan sendirinya, jadi pastikan kalian masih ingat akun-akun playstore ya!

(email-nya). Berikut aplikasi play store tidak bisa dibuka menghapus data di playstore, silahkan kalian sesuaikan sendiri dengan versi pengaturan di hp saya. Buka Pengaturan ▷ Pengaturan Lainnya ▷ Pengelola Aplikasi ▷ cari Google Play Store ▷ Penyimpanan ▷ Hapus Data. Setelah hapus data, silahkan restart hp terlebih dahulu, kalau sudah nyala lagi baru deh buka playstorenya.

#Metode Keenam: Pastikan RAM Masih Punya Ruang Apakah masih enggak bisa juga? kalau iya, berarti kapasitas penyimpanan di hp kalian sudah full. Coba cek terlebih dahulu di pengaturan hp apakah masih kosong atau sudah full (sudah full & hampir full itu sama aplikasi play store tidak bisa dibuka ya!).

Kalau memang sudah full maupun dikit lagi hampir full kapasitas hpnya, mau enggak mau kalian relakan beberapa aplikasi (minimal 2) yang harus dihapus. Setelah penghapusan aplikasi, restart hp terlebih dahulu supaya kinerjanya terhitung lebih optimal. #Metode Terakhir: Reset HP-nya Cara yang paling mujarab adalah metode keenam diatas, karna playstore tidak dapat dibuka jika penyimpanan hp kita hampir full maupun sudah full. Kalau masih enggak bisa aplikasi play store tidak bisa dibuka jalan satu-satunya adalah reset hp, kemungkinan besar ada sistem android yang tidak sengaja kehapus oleh kalian, ataupun terhapus oleh virus (biasanya virus muncul saat kalian install suatu aplikasi diluar playstore).

Nah untuk reset hp ini, saya sarankan lihat tutorialnya melalui video saja (youtube), supaya penyampaian pesannya lebih mudah dipahami. Dijamin 100% berhasil diatasi, bahkan virus aplikasi play store tidak bisa dibuka sebelumnya ada di hp kalian, setelah lakukan reset virus juga akan hilang. Tetapi sisi negatifnya sangat mengambil resiko banget, yakni semua data-data aplikasi kalian akan terhapus, mau enggak mau setelah reset kalian harus install aplikasinya lagi satu persatu.

Silahkan lihat tutorialnya di youtube, dan pastikan cari tutorialnya yang sesuai dengan merk & tipe hp kalian ya!. Penyebab Playstore Tidak Mau Kebuka Hal yang paling umum terjadi jika playstore tidak bisa kebuka biasanya hanya ada 2 (dua) masalah dibawah ini: • Kinerja HP Lemot: Biasanya hal ini karena faktor ram & rom kalian hampir penuh, sehingga kinerja hp menjadi lemot, berakibat playstore juga tidak akan mau kebuka.

Solusinya hanya hapus beberapa aplikasi maupun file-file. • Terkena Virus: Virus juga dapat membuat aplikasi sistem bawaan menjadi rusak, salah satunya playstore. Solusi untuk menghilangkan virus bisa dengan aplikasi antivirus, jika tidak bisa juga mau enggak mau lakukan reset hp.

Teman-teman sudah tau belum cara kirim sms gratis? jika belum tau silahkan lihat artikelnya ya! 🙂 Penutup Nah itulah beberapa penjelasan dan solusi untuk memperbaiki playstore yang tidak bisa dibuka (no connection), play store terhenti tidak mau kebuka akibat kesalahan server ataupun cara mengatasi sayangnya layanan google playstore telah berhenti/terhenti.

Tentunya hal ini bisa kita terapkan disemua merk hp android: samsung, xiaomi, vivo, oppo, advan, asus, dsb. (solusi kenapa google play store terus berhenti). Jika masih ada hal yang membingungkan atau kritikan lainnya dari teman-teman, silahkan langsung saja komentar dibawah yaa, semua komentar kalian pastinya akan saya jawab secepatnya.

Semoga metode-metode diatas yang saya berikan dapat bermanfaat untuk kalian, selamat untuk mencobanya! 🙂

aplikasi play store tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Tidak Bisa Buka Google Play Store




2022 www.videocon.com