Instrumen supervisi tenaga kependidikan

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Beranda / contoh instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah / instrumen supervisi kepala tenaga administrasi sekolah / instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah / instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah doc / instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah pdf / instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah sd / instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah sma / instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah smp / supervisi tendik instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah / tenaga administrasi sekolah instrumen supervisi tenaga kebersihan Instrumen supervisi pelaksana urusan administrasi persuratan dan pengarsipan 3.

Pekalongan tahun 2011 2012 nama nip bidang tugas no. Laporan Supervisi Contoh Doc Kepala Sekolah Sekolah Belajar Contoh instrumen supervisi bidang pendidik dan tenaga kependidikan ptk. Instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah. Menyelenggarakan kegiatan mengajar melatih menelitimengembangkanmengelola danatau memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Contoh instrumen supervisi bidang pendidik dan tenaga kependidikan ptk by ipan. Buatlah instrumen supervisi tenaga kependidikan dengan memperhatikan kondisi yang ada di sekolah saudara masing masing yang meliputi. Instrumen supervisi kepala tenaga administrasi sekolah 2. Rumusan penilaian hasil belajar. Komponen dan butir komponen kondisi skor perolehan keterangan ada tidak 4 3 2 1 0 kesesuaian 7. Kepala tenaga administrasi sekolah.

Instrumen supervisi pelaksana urusan administrasi sarana dan. Instrumen penyusun supervisi manajerial. Semoga pembahasan yang sederhana ini dapat memberikan sedikit wawasan bagi bapak ibu sekalian yang membacanya.

Supervisi tenaga administrasi sekolah sma negeri 1 paninggaran kab. Link unduh file. Instrumen supervisi tenaga kependidikan. Instrumen supervisi guru k 13. Laporan supervisi kepala sekolah. Instrumen standar sarana dan prasarana supervisi monitoring dan evaluasi smp sekolah standar nasional ssn.

Maka tenaga administrasi sekolah perlu memiliki kompetensi yang dipersyaratkan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Instrumen supervisi kepala tenaga administrasi sekolah 2. Dan mudah mudahan contoh dalam bentuk file doc yang diberikan juga dapat dijadikan sebagai acuan bagi supervisor kepala sekolah pengawas yang akan membuat lembar tersebut untuk melakukan supervisi terhadap tenaga administrasi kepegawaian yang bekerja di smp dan atau di sma smk.

Daftar usulan kenaikan pangkat. Dengan adanya file contoh format instrumen supervisi diatas bapak ibu staf pendidik sangat amat terbantu dalam melaksanakan tugasnya admin sarankan bapal ibu staf pendidik yang terhormat apabila anda sudah mendapatkan file diatas mohon untuk di teliti dan diperiksa terlebih dahulu. Operator Sekolah Referensi Operator Sekolah Instrumen Sasaran Kinerja Pegawai Skp Tata Usaha Menggunakan Aplikasi Format M Microsoft Excel Excel Microsoft Contoh Format Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Administrasi Sekolah Tahun 2016 Manual Dengan Microsoft Excel Microsoft Excel Microsoft Excel Instrumen Supervisi Layanan Bimbingan Klasikal Bk Instrumen Pelayan Komputer Pin On Dokumen Dan Aplikasi Xlsx Pendidikan Tugas supervisi guru dan tenaga kependidikan oleh Kepala Sekolah merupakan tugas profesional, sehingga pelaksanaannya terikat dengan ketentuan supervisi.

Oleh karena itu tugas supervisi hanya akan berfungsi sebagai alat peningkatan mutu sekolah jika didasari penguasaan konsep, perencanaan, dan didukung oleh latihan instrumen supervisi tenaga kependidikan yang memadai dan pada akhirnya dapat memperkuat kompetensi calon kepala sekolah dalam hal supervisi.

Sebagaimana dalam Permendiknas instrumen supervisi tenaga kependidikan 13 tahun 2007, tentang standar kepala sekolah/madrasah, dijelaskan bahwa supervisi adalah salah satu dimensi kompetensi kepala sekolah. Supervisi guru dan tendik intinya adalah serangkaian kegiatan membantu guru dan tendik dalam rangka meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran.

Karena bantuan ini bersifat profesional, maka seorang kepala sekolah dituntut menguasai supervisi guru dan tendik, baik secara konsep, maupun keterampilan menilai pelaksanaan pembelajaran dan mengkomunikasikan hasil penilaian (technical skill) sesuai dengan prinsip supervisi. Supervisi manajerial menitikberatkan pada pemantauan, pembinaan, dan pembimbingan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran.

Sasaran supervisi manajerial adalah tenaga kependidikan. Tenaga Kependidikan merupakan tenaga yang bertugas merencanakan dan melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. (UU No.20 Tahun 2003, Pasal 39 ayat 1). Adapun jenis tenaga kependidikan yang dimaksud dalam bahasan ini antara lain adalah Tenaga Administrasi Sekolah/TAS (kepala TAS, pelaksana urusan, tenaga layanan khusus), Tenaga perpustakaan (Kepala Perpustakaan, tenaga perpustakaan), Tenaga laboratorium (Kepala laboratorium, teknisi laboratorium, laboran), dan Ketua program keahlian (SMK).

Tentang sistematika dan komponen yang ada dalam perencanaan program supervisi minimal adanya Bab I, Pendahuluan yang berisikan Latar belakang, tujuan dan hasil yang diharapkan.

Bab II, Rencana Pelaksanaan, berisikan Ruang lingkup, Komponen yang disupervisi, Instrumen supervisi, dan Jadwal Supervisi; Bab III Hasil Tindak Lanjut, bab ini berisikan hasil pelaksanaan supervisi, dan tindak lanjut hasil supervisi. Download Bahan Bacaan dan Instrumen: • Modul Supervisi Tendik ( Unduh) atau ( Unduh disini) • Instrumen Supervisi Tendik ( Unduh ) • Unduh Penawaran Aplikasi Supervisi Tendik ( Unduh) A.

File Aplikasi Kepala Sekolah/Madrasah instrumen supervisi tenaga kependidikan mendapatkan: • Aplikasi berdasarkan Panduan Kerja Kepala Sekolah 2017 dan Modul PKS • Aplikasi ber-ekstensi exe (dibuka pada Excel 2010 (lebih stabil), atau 2013/2016/2019 masa aktivasi aktif) • Panduan Penggunaan Aplikasi Supervisi Akademik B.

Kelebihan Aplikasi 1. Deskripsi Catatan aspek pembinaan, Saran, Kesimpulan, Tindak Lanjut muncul otomatis 2.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Aplikasi berlaku untuk sepanjang waktu C. Output Aplikasi 1. Deskripsi Catatan, Saran, Nilai, Predikat, Kesimpulan dan Tindak Lanjut: Administrasi Kepegawaian, Keuangan, Sarana Prasarana, Arsip Surat, Kesiswaan, Perpustakaan dan Laboratorium muncul otomatis 2.

Rekap Hasil Supervisi Tendik 3. Rencana Tindak Lanjut 4. Evaluasi Keterlaksanaan Program Supervisi Tendik D. Kondisi / Ketentuan 1.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Aplikasi Supervisi Tendik di protek atas Nama Kasek & Sekolah/Madrasah pemesan. 2. Tidak menerima/melayani permintaan password E. Harga Aplikasi Harga Aplikasi: Rp 75.000,- per sekolah F. Bonus Sekolah/Madrasah akan mendapatkan bonus aplikasi untuk pembinaan guru: G. Prosedur Pembelian: · Kirimkan Nama Kepala Sekolah, Nama Sekolah/Madrasah, Bukti transfer Donasi dan alamat email ke WA/Telegram 0822-9403-5365 a.n.

Bapak Purnawanto. · Link download aplikasi akan dikirim ke email, atau WA atau Telegram Terima Kasih Adapun jenis tenaga kependidikan yang dimaksud dalam bahasan ini antara lain adalah Tenaga Administrasi Sekolah/TAS (kepala TAS, pelaksana urusan, tenaga layanan khusus), Tenaga perpustakaan (Kepala Perpustakaan, tenaga perpustakaan), Tenaga laboratorium (Kepala laboratorium, teknisi laboratorium, laboran), dan Ketua program keahlian (SMK).

Selanjutnya. Dalam Lampiran II Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tsb, bukti kerja ditagih Bukti Fisik sbb: Program Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan; Laporan Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Guru; Laporan Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Tenaga Kependidikan; Laporan Evaluasi Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Tenaga Kependidikan. Selanjutnya klik untuk buka dan baca Aplikasi ini berdasarkan Juknis Dirjen Pendais Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah.

Aplikasi berformat *.exe dikerjakan secara ofline, didesain dengan Ms Excel 2010. Aplikasi didesain untuk memudahkan Kepala Madrasah melakukan Penilaian Diri tentang Kinerjanya sehingga dapat mengetahui aspek/ komponen mana yang harus diperbaiki.

Output Aplikasi: 1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah 2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah 3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki 4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki 5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya.) Bacaan Lainnya Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019 Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018).

Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal. Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya.

Didesain dengan Ms Excel 2010. Input Data Aplikasi Raport: 1. Data Siswa; (2). Data Sekolah; (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap. Output Raport Raport: 1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal ; (2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi; (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4).

Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa Kelebihan Aplikasi: 1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4).

Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi Selanjutnya Baca disini Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat) Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan PK Guru setiap tahunnya.

Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru.

Silahkan Baca Selanjutnya Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD (PK Guru 360 Derajat) Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.

Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru.

Silahkan Baca Selanjutnya Semoga Bermanfaat. • ► 2022 (40) • ► April (11) • ► March (15) • ► February (4) • ► January (10) • ► 2021 (44) • ► December (6) • ► November (2) • ► October (2) • ► September (3) • ► August (6) • ► July (12) • ► June (2) • ► May (3) • ► April (1) • ► March (1) • ► February (1) • ► January (5) • ▼ 2020 (46) • instrumen supervisi tenaga kependidikan December (8) • Program Supervisi Kepala Sekolah • Prosedur Operasional Standar (POS) Sekolah • SKP Kepala Sekolah • Supervisi Tenaga Kependidikan • Bank Soal AKM Level 5 dan 6 • SKP dan Penilaian Prestasi Kerja Guru • Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) • Supervisi Akademik Kepala Sekolah • ► November (5) • ► October (14) • ► August (1) • ► June (3) • ► May (7) • ► March (1) • ► February (4) • ► January (3) • ► 2019 (81) • ► December (6) • ► November (2) • ► October (2) • ► September (8) • ► August (27) • ► July (23) • ► June (7) • ► April (1) • ► March (1) • ► February (2) • ► January (2) • ► 2018 (120) • ► October (1) • ► September (3) • ► August (5) • ► July (37) • ► June (45) • ► May (19) • ► April (6) • ► February (1) • ► January (3) • ► 2017 (23) • ► August (1) • ► May (1) • ► April (2) • ► March (5) • ► February (4) • ► January (10) • ► 2016 (45) • ► October (1) • ► September (8) • ► August (13) • ► July (6) • ► April (3) • ► March (4) • ► February (6) • ► January (4) • ► 2015 (62) • ► December (10) • ► November (15) • ► October (37) • ► 2022 (40) • ► April (11) • ► March (15) • ► February (4) • ► January (10) • ► 2021 (44) • ► December (6) • ► Instrumen supervisi tenaga kependidikan (2) • ► October (2) • ► September (3) • ► August (6) • instrumen supervisi tenaga kependidikan July (12) • ► June (2) • ► May (3) • ► April (1) • ► March (1) • ► February (1) • ► January (5) • ▼ 2020 (46) • ▼ December (8) • Program Supervisi Kepala Sekolah • Prosedur Operasional Standar (POS) Sekolah • SKP Kepala Sekolah • Supervisi Tenaga Kependidikan • Bank Soal AKM Level 5 dan 6 • SKP dan Penilaian Prestasi Kerja Guru • Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) • Supervisi Akademik Kepala Sekolah • ► November (5) • ► October (14) • ► August (1) • ► June (3) • ► May (7) • ► March instrumen supervisi tenaga kependidikan • ► February (4) • ► January (3) • ► 2019 (81) • ► December (6) • ► November (2) • ► October (2) • ► September (8) • ► August (27) • ► July (23) • ► June (7) • ► April (1) • ► March (1) • ► February (2) • ► January (2) • ► 2018 (120) • ► October (1) • ► September (3) • ► August (5) • ► July (37) • ► June (45) • ► May (19) • ► April (6) • ► February (1) • ► January (3) • ► 2017 (23) • ► August (1) • ► May (1) • ► April (2) • ► March (5) • ► February (4) • ► January (10) • ► 2016 (45) • ► October (1) • ► September (8) • ► August (13) • ► July (6) • ► April (3) • ► March (4) • ► February (6) • ► January (4) • ► 2015 (62) • ► December (10) • ► November (15) • ► October (37)
Pendidikan, Sekolah A.

Pendahuluan Sesuai dengan kompetensinya, kepala sekolah mempunyai tugas untuk melaksankan supervisi hal tersebut sesuai dengan Permendiknas nomor 13 tahun 2007. Di dalam Permendiknas tersebut dinyatakan bahwa kompetensi Kepala Sekolah terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.

Selain melaksankan tugas supervisi kepada guru, kepala sekolah juga mempunyai tugas melaksankan supervisi kepada Tenaga Kependidikan(Tendik) yang ada di sekolah yang dipimpinnya, hal ini sesuai dengan Permendikbud nomor 6 tahun 2018 pasal 15 ayat 1. Di dalam Permendikbud nomor 6 tahun 2018 Pasal 15 ayat 1 disebutkan bahwa tugas pokok kepala sekolah adalah manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

B. Instrumen supervisi tenaga kependidikan Lingkup Supervisi Tenaga Kependidikan Tugas kepala sekolah dalam melaksankan supervisi terhadap tenaga kependidikan yang ada di sekolah adalah sebagai berikut: • Tenaga Administasi Sekolah (TAS). TAS yang ada di sekolah diantaranya adalah Kepala TAS, Pelaksana Urusan, Petugas Layanan Khusus • Tenaga Perpustakaan.

Tenaga perpustakaan yang ada di sekolah adalah Kepala Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan. • Tenaga Laboratorium. Tenaga laboratorium terdiri dari Kepala Laboratorium, Teknisi Laboratorium, laboran • Ketua Program Keahlian/Kaprodi (SMK) C. Langkah-Langkah Kegiatan Supervisi Tendik • Perencanaan Supervisi Tendik. Langkah pertama yang dilakukan untuk melasanakan supervisi tendik adalah menyusun program supervisi tendik.

Adapun poin-poin yang harus ada dalam membuat perencanaan supervisi adalah sebagai berikut: a.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Latar belakang, Landasan hukum, Merumuskan tujuan dan indikator keberhasilan; b. Hasil supervisi tahun sebelumnya; c. Menetapkan sasaran dan jadwal; d. Memilih pendekatan, teknik, dan model; e. Memilih dan menetapkan instrumen 2. Pelaksanaan Supervisi Tendik.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Ketentuan dalam melaksanakan supervisi tendik adalah sebagai berikut: a. Supervisi tendik dilaksanakan oleh kepala sekolah; b. Supervisi tendik dilaksanakan di tempat tendik melakukan pekerjaan ; c. Kepala sekolah meminta tendik untuk memaparkan hasil kinerjanya. Pemaparan difokuskan pada komponen-komponen yang terdapat pada instrumen; d. Kepala Sekolah melakukan pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan tendik; e.

Kepala sekolah melakukan konfirmasi dan meminta penjelasan hasil kinerja tendik yang bersangkutan; f. Kepala sekolah melakukan pencatatan hasil supervisi yang telah dilaksanakan; g. Kepala sekolah menyampaikan hasil catatan supervisinya dan memberikan saran-saran untuk perbaikan kinerja tendik yang bersangkutan.

3. Tindak Lanjut Hasil Supervisi Tendik. Langkah selanjutnya dari supervisi tendik instrumen supervisi tenaga kependidikan melakukan kegiatan tindak lanjut. Adapun langkah langkah dalam melaksankaan kegiatan tindak lanjut hasil supervisi terhadap Tendik adalah sebagai berikut: a. Mengumpulkan hasil supervisi tendik; b.

Menginventaris item-item komponen yang rendah-rendah; c. Menganalisis hasil supervisi tendik; d. Membuat program perbaikan kinerja tendik; e. Pembinaan umum tentang perbaikan kinerja tendik; f. Melaksanakan program perbaikan kinerja tendik diantaranya : 1) In House Training tentang peningkatan kompetensi teknis masing-masing tendik; 2) Konsultasi antara tendik dengan kepala sekolah/supervisor; 3)Memberi penghargaan ( rewards) bagi tendik yang melaksanakan tugas dengan baik.

Bahan Bacaan: • Kemendiknas. 2007. Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.Jakarta: Kemendiknas • Kemendikbud. 2018. Permendikbud nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru menjadi Kepala Sekolah.Jakarta: Kemendikbud.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

• Supriyana & Sutedjo. 2018. Supervisi Tendik dan PK Tendik Modul Penguatan Kepala Sekolah. Jakarta: Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia September 2018 Ditulis oleh : Ahmad Fadloli/Gusndol13102020 Arsip Posting • May 2022 • April 2022 • March 2022 • February instrumen supervisi tenaga kependidikan • January 2022 • December 2021 • April 2021 • March 2021 • February 2021 • December 2020 • November 2020 • October 2020 • September 2020 • June 2020 • May 2020 • April 2020 • March 2020 • February 2020 • December 2019 • November 2019 • October 2019 • September 2019 • August 2019 • June 2019 • February 2019 • January 2019 • October 2018 • June 2018 • May 2018 Kategori • Kurikulum • Lesson Study • Pembelajaran • Pendidikan • Sekolah • Serba-serbi • Uncategorized Search for: Instrumen supervisi tenaga kependidikan.

Supervisi tenaga administrasi sekolah sma negeri 1 paninggaran kab. Instrumen Supervisi Kepala Tas Instrumen standar sarana dan prasarana supervisi monitoring dan evaluasi smp sekolah standar nasional ssn. Instrumen supervisi tenaga administrasi sekolah doc.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Instrumen supervisi pelaksana urusan administrasi persuratan dan pengarsipan 3. Instrumen supervisi guru k 13. Link unduh file. Laporan supervisi kepala sekolah. Instrumen supervisi kepala tenaga administrasi sekolah 2.

Panduan kerja tenaga administrasi sekolah madrasah 2017 sekolah kepala sekolah pendidikan dasar buku panduan kerja tenaga administrasi sekolah sekolah buku kepala sekolah. Pekalongan tahun 2011 2012 nama nip bidang tugas no.

Dan mudah mudahan contoh dalam bentuk file doc yang diberikan juga dapat dijadikan sebagai acuan bagi supervisor kepala sekolah pengawas yang akan membuat lembar tersebut untuk melakukan supervisi terhadap tenaga administrasi kepegawaian yang instrumen supervisi tenaga kependidikan di smp dan atau di sma smk.

Semoga pembahasan yang sederhana ini dapat memberikan sedikit wawasan bagi bapak ibu sekalian yang membacanya.

Berikut ini adalah arsip berkas contoh format lembar supervisi administrasi kepegawaian sekolah smp sma smk. Contoh instrumen supervisi bidang pendidik dan tenaga kependidikan ptk. Instrumen supervisi kepala tenaga administrasi sekolah 2. Kepala tenaga administrasi sekolah.

Tenaga pendidik dan kependidikan bertugas. Buatlah instrumen supervisi tenaga kependidikan dengan memperhatikan kondisi yang ada di sekolah saudara masing masing yang meliputi. Komponen dan butir komponen kondisi skor perolehan keterangan ada tidak 4 3 2 1 0 kesesuaian 7. Instrumen supervisi pelaksana urusan administrasi sarana dan. Daftar usulan kenaikan pangkat.

Rumusan penilaian hasil belajar. Download file format doc atau docx microsoft word. Dengan adanya file contoh format instrumen supervisi diatas bapak ibu staf pendidik sangat amat terbantu dalam melaksanakan tugasnya admin sarankan bapal ibu staf pendidik yang terhormat apabila anda sudah mendapatkan file diatas mohon untuk instrumen supervisi tenaga kependidikan teliti dan diperiksa terlebih dahulu.

Contoh instrumen supervisi bidang pendidik dan tenaga kependidikan ptk by ipan. Instrumen penyusun supervisi manajerial. Instrumen Supervisi Administrasi Madrasah Sekolah 6a Atik Instrumen Tas Smp 25 Contoh Lembar Supervisi Administrasi Kepegawaian Di Sekolah Guru Loyal Doc Instrumen Supervisi Tenaga Kependidikan Umi Mazroah Academia Edu
Supervisi Tendik A.

Konsep Supervisi Tenaga Kependidikan Supervisi dapat diartikan sebagai kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Jenis tenaga kependidikan yang ada di sekolah adalah seperti kepala administrasi sekolah, pelaksanan urusan, tenaga layanan khusus, kepala perpustakaan, tenaga perpustakaankepala laboratotrium, laboran dan teknisi laboratorium.

Supervisi tenaga kependidikan adalah supervisi yang di laksanakan oleh kepala sekolah kepada tenaga kependidikan yang terkait dengan pengelolaan dan administrasi pendidikan sehingga akan menunjang proses pendidikan di sekolah.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Supervisi tenaga kependidikan ditujukan pada aspek manajerial dengan menitikberatkan pada pemantauan, pembinaan,dan pembimbingan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran B.

Prinsip Supervisi Tendik Pelaksanaan supervisi tenaga kependidikan dapat berjalan secara efektif apabila didukung oleh pemahaman dan penguasaan prinsip-prinsip supervisi tenaga kependidikan. Adapun prinsip-prinsip supervisi tendik antara lain: 1.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

Supervisor menghindari sifat otoriter Dalam melaksanakan supervisi tendik hendaknya kepala sekolah sebagai supervisor tidak bersifat otoriter. Karena sikap otoriter dapat mempermainkan perasaan bawahan dan membuat mereka merasa salah dan malu karena bertindak menggunakan kekuasaan dan kedudukannya.

Sebaiknya pelaksanaan supervisi tendik hendaknya bersifat demokratis yaitu memberikan wewenang secara luas kepada tenaga kependidikan dan tidak mendominasi pelaksanaan supervisi. Supervisi tendik hendaknya dilakukan dengan sikap keterbukaan, partisipatif dan kooperatif. Supervisor demokratis lahir dalam gaya kepemimpinan kepala sekolah demokratis. 2. Menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis Keharmonisan dapat diciptakan dengan rasa saling menghargai, saling menghormati peran dari masing-masing pihak serta berusaha mengedepankan komunikasi dan dialog.

Prinsip ini mampu menyelesaikan berbagai persoalan supervisi tendik dengan damai dan kondusif. 3. Berkesinambungan Supervisi bukan tugas bersifat sambilan yang hanya dilakukan sewaktu-waktu jika ada kesempatan, melainkan dilakukan secara bertahap, instrumen supervisi tenaga kependidikan dan berkelanjutan.

4. Program supervisi terintegrasi Supervisi tendik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah harus mampu mengaitkan antar komponen-komponen standar nasional pendidikan dengan pengelolaan administrasi sekolah. Dengan memperhatikan manajemen pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas keterlaksanaan sistem proses belajar yang meliputi administrasi kurikulum, program ketenagaan, program sarana dan prasarana, program pembiayaan danprogram hubungan dengan masyarakat, sangat mempengaruhi pengembangan dari kurikulum itu sendiri.

5. Supervisi harus komprehensif Program supervisi tendik harus mencakup keseluruhan aspek dan komponen supervisi manajerial yang meliputi administrasi dan operasional sekolah. Baca juga: Kepemimpinan Perubahan Di Sekolah 6.

Supervisi harus konstruktif Supervisi tendik yang dilakukan diarahkan pada peningkatan kinerja tenaga kependidikan dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan sekolah.

Prinsip-prinsip konstruktif dapat dijelaskan sebagai berikut: • Hubungan antara supervisor dengan tenaga kependidikan adalah hubungan kolegial yang sederajat dan bersifat interaktif. • Diskusi antara supervisor dan tenaga kependidikan bersifat demokratis, baik pada perencanaan pengajaran maupun pada pengkajian balikan dan tindak lanjut.

• Sasaran supervisi terpusat pada kebutuhan dan aspirasi tenaga kependidikan • serta tetap berada di dalam kawasan (ruang lingkup) tingkah laku tenaga kependidikan dalam menunjukkan kualitas kerja instrumen supervisi tenaga kependidikan optimal. Tenaga kependidikan didorong untuk menganalisis kebutuhan dan aspirasinya dalam usaha mengembangkan dirinya. • Pengkajian balikan dilakukan berdasarkan data observasi yang cermat yang didasarkan atas kontrak serta dilaksanakan dengan segera.

Dari hasil analisis balikan itulah ditetapkan rencana selanjutnya. • Mengutamakan prakarsa dan tanggung jawab tenaga kependidikan baik padatahap perencanaan, pengkajian balikan bahkan pengambilan keputusan dan tindak lanjut untuk mengembangkan dirinya. 7. Supervisi harus objektif Program supervisi tendik dilakukan berdasarkan fakta-fakta permasalahan sekolah.

Perencanaan supervisi disusun berdasarkan permasalahan dan kebutuhan nyata yang dihadapi sekolah dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dan dinilai berdasarkan pada fakta-fakta yang diperoleh dalam pelaksanaan supervisi dan dideskripsikan apa adanya.

C. Ruang Lingkup Supervisi Tenaga Kependidikan Ruang lingkup supervisi tenaga kependidikan adalah supervisi terhadap tenagakependidikan yang dimiliki sekolah antara lain: 1) Tenaga Administasi Sekolah (kepala TAS, pelaksana urusan, petugas layanan khusus); 2) Tenaga Perpustakaan (kepala perpustakaan, tenaga Perpustakaan); dan 3) Tenaga Laboratorium (kepala laboratorium, teknisi laboratorium, laboran).

Baca juga: Implementasi Supervisi Klinis Di Sekolah D. Pengembangan Instrumen Pengembangan instrumen supervisi tenaga kependidikan dikembangkan oleh kepala sekolah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masingmasing tenaga kependidikan (dikembangkan dari pedoman pelaksanaan tugas masing-masing tendik) E.

Langkah-Langkah Kegiatan Instrumen supervisi tenaga kependidikan Tendik 1. Menyusun program supervisi tendik • Latar belakang, • Landasan hukum, • Tujuan supervisi tendik • Indikator keberhasilan • Hasil supervisi tahun sebelumnya • Sasaran dan Jadwal Supervisi • Pendekatan, Teknik, dan Model supervisi • Memilih dan menetapkan instrumen supervisi • Menyusun instrument monev 2.

Melaksanaan Supervisi Tendik • Kepala sekolah meminta tendik untuk memaparkan hasil kinerjanya. Pemaparan difokuskan pada komponen-komponen yang terdapat pada instrument. • Kepala Sekolah melakukan pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan tendik. • Kepala sekolah melakukan konfirmasi dan meminta penjelasan hasil kinerja Tenaga Kependidikan yang bersangkutan. • Kepala sekolah melakukan pencatatan hasil supervisi yang telah dilaksanakan.

instrumen supervisi tenaga kependidikan

• Kepala sekolah menyampaikan hasil catatan supervisinya dan memberikan saran-saran untuk perbaikan kinerja tendik yang bersangkutan. 3. Tindak Lanjut Hasil Supervisi Tendik • Mengumpulkan hasil supervisi tendik • Menginventaris item-item komponen yang rendah-rendah • Menganalisis hasil supervisi tendik • Membuat program perbaikan kinerja tendik • Pembinaan umum tentang perbaikan kinerja instrumen supervisi tenaga kependidikan • Melaksanakan program perbaikan kinerja tendik diantaranya: IHT tentang peningkatan kompetensi teknis masing-masing tendik.

Konsultasi antara tendik dengan kepala sekolah/supervisor. Memberi penghargaan (rewards) bagi tendik yang melaksanakan tugas dengan baik. • Menyusun laporan hasil supervisi dan laporan hasil monev.
Instrumen Supervisi Tenaga Administrasi, Persuratan, Pengarsipan, Sarpras, PGTS, Kebersihan, Perpustakaan, Laboratorium Supervisi dalam penyelenggaraan instrumen supervisi tenaga kependidikan bersinonim dengan istilah pengawasan.

Supervisi/pengawasan ini merupakan bagian dari pemenuhan target kinerja sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil yang dijabarkan dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Keputusan tentang Sasaran Kerja Pegawai merupakan keniscayaan untuk memenuhi syarat penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri yang akan digunakan sebagai dasar pertimbangan penetapan keputusan penilaian prestasi kerja tahunan.

Bukti Sasaran penilaian prestasi kerja pengawas dibuktikan dalam dokumen program dan tingkat capaian hasil kerja yang tersusun dan disepakati bersama antara kepala sekolah dengan atasan langsung/pejabat penilai.

Perencanaan program supervisi mengacu pada Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 Tentang Sandar Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan yang menegaskan bahwa kepala sekolah berkewajban : 1) Menyusun program pengawasan secara obyektif, bertanggung jawab dan berkelanjutan.

2) Menyusun program pengawasan di sekolah/madrasah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. 3) Mensosialisasikan program kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan. 4) Program pengawasan meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan. 5) Melaksanakan supervisi pengelolaan instrumen supervisi tenaga kependidikan dilakukan secara teratur dan berkelanjutan 6) Menerima laporan hasil evaluasi dan penilaian sekurang-kurangnya setiap akhir semester 7) Menerima laporan pelaksanaan teknis dari guru dan TU sekurang-kurangnya setiap akhir semester 8) Terus menerus melakukan pengawasan pelaksanaan tugas tenaga kependidikan.

9) Menindaklanjuti laporan hasil pengawasan tersebut dalam rangka meningkatkan mutu sekolah/madrasah, termasuk memberikan sanksi atas penyimpangan yang ditemukan.

10) Mendokumentasikan dan menggunakan hasil pemantauan, supervisi, evaluasi, dan pelaporan serta catatan tindak lanjut untuk memperbaiki kinerja sekolah/madrasah, dalam pengelolaan pembelajaran dan pengelolaan secara keseluruhan. LK-01b: Mengembangkan Instrumen Supervisi Tendik Petunjuk Pengerjaan 1. Saudara diminta berpasangan dalam mengembangkan instrumen supervisi tendik.

2. Buatlah pengembangan Instrumen supervisi tenaga kependidikan sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah saudara. 3. Bacalah peraturan hukum yang terkait dengan Tenaga Kependidikan sebagai referensi dalam mengembangkan instrumen supervisi tendik.

4. Dalam menyelesaikan LK-01b, Saudara diharapkan dapat lebih menguatkan karakter kemandirian pada sub nilai kreatif. Deskripsi Tugas Buatlah instrumen supervisi tenaga kependidikan dengan memperhatikan kondisi yang ada di sekolah Saudara masing-masing yang meliputi: LK b 1.

Instrumen Supervisi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah 2. Instrumen Supervisi Pelaksana Urusan Administrasi Persuratan dan Pengarsipan 3. Instrumen Supervisi Pelaksana Urusan Administrasi Sarana dan Prasarana 4. Instrumen Supervisi Petugas Layanan Khusus Tenaga Kebersihan 5. Instrumen Supervisi Kepala perpustakaan Sekolah 6.

Instrumen Supervisi Kepala Laboratorium Sekolah INSTRUMEN SUPERVISI TENAGA PERSURATAN DAN PENGARSIPAN Semester………. Tahun Pelajaran…….

Nama Pegawai : …………………………………… Nama Sekolah :……………………………………. Alamat Sekolah :…………………………………… No Indikator/Aspek yang diamati Skor Ket 1 2 3 4 1 Memiliki agenda surat masuk dan keluar serta dikerjakan sesuai ketentuan 2 Memfailkan surat masuk dan keluar dengan baik 3 Membuat surat keputusan kepala sekolah dan difailkan dengan baik dan benar 4 Memiliki buku ekspedisi yang selalu digunakan secara rutin 5 Memiliki buku notulen rapat pembinaan personil 6 Memiliki buku tamu dinas, umum, dan khusus 7 Memiliki daftar hadir guru dan karyawan 8 Memiliki buku piket guru dan karyawan 9 Memiliki agenda khusus surat edaran kepala sekolah 10 Memfailkan khusus surat edaran 11 Memiliki buku catatan kasus dan penyelesaiannya 12 Memiliki instrumen supervisi tenaga kependidikan tahunan 13 Memiliki program 4 tahunan 14 Memiliki program peningkatan mutu 15 Memiliki program pengembangan PTK 16 Memiliki program supervisi dan tindak lanjut Skor Perolehan Skor akhir : Jumlah skor perolehan x 100 =…….

64 Kesimpulan…………………………………………………………………………………… Saran…………………………………………………………………………………………. Yang disupervisi ………………. Kepala Sekolah ………………… …………………. Mengetahui Pengawas sekolah ………………… Keterangan: Skor 4 apabila semua dokumen ada, lengkap dan baik sesuai rambu-rambu Skor 3 apabila sebagian besar dokumen ada sesuai rambu-rambu Skor 2 apabila sebagian kecil dokumen ada sesuai rambu-rambu Skor 1 apabila tidak ada dokumen yang sesuai dengan rambu-rambu

Supervisi Tenaga Kependidikan




2022 www.videocon.com