Aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

Bobo.id - Ada macam-macam gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan yang bisa dilakukan. Apa saja macam-macam gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan dalam senam irama?

Yuk, cari tahu berikut dengan cara melakukannya! Macam-Macam Gerakan Kombinasi Langkah Kaki dan Ayunan Lengan 1. Gerakan Kombinasi Melangkah dan Mengayun Tangan Cara melakukan gerakan ini: Sikap awal berdiri tegak. Ayunkan tangan kanan ke depan, lalu tangan kiri diayunkan ke belakang.

Gerakan ini diiringi dengan kaki kiri melangkah ke depan dengan berjinjit. Baca Juga: Macam-Macam Contoh Gerak Ayunan Aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk dalam Senam Irama Ayunkan tangan kiri ke depan, lalu tangna kanan diayunkan ke belakang. Gerakan ini diiringi dengan kaki kanan melangkah ke depan dengan berjinjit.

Posisi mata memandang ke depan, badan memutar ke samping. Baca Juga: Mengenal Apa Itu Sorgum, Alternatif Bahan Makanan Pengganti Beras yang Kaya Manfaat ARTIKEL TERKAIT • Lompat Jongkok dan Lompat Kangkang, Contoh Senam Ketangkasan dengan Menggunakan Alat • Macam-Macam Pola Gerak Dominan dalam Senam Lantai Tanpa Alat: Bertumpu Hingga Keseimbangan • Macam-Macam Pola Gerak Dominan dalam Senam Lantai Menggunakan Alat: Tolakan Hingga Mendarat • Penjelasan Lengkap Gerak Dominan Senam Ketangkasan, Materi PJOK Kelas 5 SD B.

Variasi Gerak Melangkah dengan Kombinasi Ayunan Lengan Dalam senam irama, gerak langkah kaki dan ayunan lengan sangat mendominasi. Gerak langkah kaki dan ayunan lengan mengikuti irama atau ketukan. kamu dapat melakukan berbagai gerak berirama yang diiringi dengan pengiring gerak berirama. Dengan adanya iringan, variasi, dan kombinasi gerakan senam irama menjadi teratur.

Dalam melakukan senam irama, kamu perlu memperhatikan tahap pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Agar kamu memahami secara mendalam. 1. Variasi Gerak Melangkah ke Depan dan Belakang dengan Kombinasi Ayunan Lengan ke Depan Gerak langkah kaki dan ayunan lengan dapat dilakukan secara bersamaan.

Amatilah gambar berikut! Gerakannya diawali dengan posisi sikap berdiri. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Lakukan variasi langkah kaki ke depan dan belakang. Gerakan ini dikombinasikan dengan mengayun lengan. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. 2. Variasi Gerak Melangkah ke Samping dengan Kombinasi Mengangkat Siku ke Samping Amatilah variasi dan kombinasi gerak seperti Gambar 7.7. Gambar tersebut menunjukkan variasi gerak melangkah ke samping dengan kombinasi menekuk dan mengangkat siku ke samping.

Gerakannya diawali dengan sikap berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu. Kedua siku ditekuk dan diangkat di depan dada. Posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Melangkahlah ke samping kiri sebanyak empat kali. Ikutilah gerakan mengayunkan lengan dengan siku ditekuk ke samping. Luruskan lengan ke samping dan telapak tangan menghadap ke atas. Kemudian, melangkahlah ke samping kanan sebanyak empat kali. Lakukan gerakan lengan seperti sebelumnya.

Melalui pengamatan pada Gambar 7.8, kamu mengetahui variasi langkah berkelok-kelok dengan kombinasi mengayun lengan dan menekuk di depan dada. Gerakan ini dilakukan dengan diawali sikap berdiri tegak. Kedua kaki dalam posisi rapat. Kedua lengan ditekuk di samping tulang rusuk dan telapak tanan menghadap ke atas.

Melangkahlah secara berkelok-kelok ke depan dan belakang. Variasi gerakan ini dapat dikombinasikan dengan ayunan siku dan menekuknya di samping badan. 4. Variasi Mengayunkan Kaki ke Depan dengan Kombinasi Mengayunkan Lengan ke Depan Gerak langkah kaki biasa dan ayunan kedua lengan dapat dilakukan secara bersamaan.

Amatilah gambar berikut! Bersama temanmu, deskripsikan cara melakukan variasi gerak mengayunkan kaki dengan kombinasi ayunan lengan. Gunakan sumber referensi untuk mendukung hasil diskusi. Catatlah informasi yang ditemukan pada buku.

Gerak berirama yang fleksibel dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Gerak berirama membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sementara itu, senam irama mengajarkan kita untuk bekerja sama, disiplin, dan saling menghargai. Biasakan melakukan senam irama seminggu sekali. Kamu dapat mengajak keluarga dan temanmu untuk melakukan senam bersama-sama. Rangkuman 1. Gerak berirama atau senam irama merupakan rangkaian gerak berdasarkan irama, nada, atau ketukan.

2. Kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan dilakukan dengan menggabungkan beberapa gerakan dasar dalam gerak berirama. 3. Variasi gerak langkah kaki dalam gerak berirama, yaitu langkah ke depan dan ke belakang, langkah ke samping kiri dan kanan, langkah kaki berkelok-kelok ke depan dan belakang, langkah ke samping dan menekuk, serta mengayunkan kaki ke depan.

4. Variasi ayunan lengan dengan kombinasi jalan sebagai berikut. • Variasi mengayunkan lengan ke depan dengan kombinasi jalan. • Variasi mendorong lengan ke depan dengan kombinasi jalan. • Variasi menekuk dan mengangkat siku ke samping dengan kombinasi langkah kaki. • Variasi mengayunkan lengan ke samping dengan kombinasi jalan. 5. Variasi gerak melangkah dengan kombinasi ayunan lengan. • Variasi gerak melangkah ke depan dan belakang dengan kombinasi menekuk dan mendorong lengan ke depan.

• Variasi melangkah ke samping dengan kombinasi menekuk dan mengangkat siku ke samping. • Variasi langkah berkelok-kelok ke depan dan belakang dengan kombinasi mengayun lengan ke samping dan menekuk di depan dada.

• Variasi mengayunkan kaki ke depan dengan kombinasi mengayunkan lengan ke depan.
KOMPAS.com - Gerak langkah kaki dan ayunan lengan merupakan kunci utama dalam melakukan gerak berirama atau senam irama, selain kekuatan dan kelenturan tubuh. Jika dua gerakan ini dikombinasikan maka akan menghasilkan gerak berirama atau senam irama yang baik dan menampilkan keindahan. Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada tiga gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan dalam gerak berirama.

Baca juga: Gerakan Ayunan Lengan dan Tangan dalam Gerak Berirama Berikut kombinasi gerakan langkah kaki dan ayunan lengan: Kombinasi gerak melangkah dengan memutar kedua tangan Berikut adalah langkah-langkahnya: • Sikap tubuh tegak dan arahkan pandangan fokus aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk depan. Posisi kaki kanan dan kiri sejajar.

• Rentangkan kedua tangan lurus ke depan. • Kaki kanan melangkah ke depan dan lengan kiri diayunkan ke belakang. • Kaki kanan berada di depan kaki kiri dan posisi lengan kiri kembali lurus ke depan. • Kaki kiri melangkah ke depan dan lengan kanan diayunkan ke belakang. • Kaki kiri berada di depan kaki kanan dan posisi lengan kanan kembali diluruskan ke depan. Kombinasi gerak melangkah maju dan mundur dengan ayunan kedua lengan Berikut adalah langkah-langkahnya: • Sikap tubuh tegak dan arahkan pandangan fokus ke depan.

Posisi kaki kanan dan kiri sejajar. • Rentangkan kedua tangan lurus ke depan. • Kaki kiri mundur dua langkah yang disertai dengan gerakan mengayun kedua tangan ke belakang.

• Kaki kanan maju dua langkah yang disertai dengan gerakan mengayun kedua tangan ke depan. Kombinasi gerak melangkah ke kiri dan ke kanan dengan ayunan kedua lengan Berikut adalah langkah-langkahnya: • Sikap tubuh tegak dan arahkan pandangan fokus ke depan.

Posisi kaki kanan dan kiri sejajar. • Rentangkan kedua tangan lurus ke depan. • Kaki kiri melangkah ke samping kiri disertai dengan gerakan mengayun kedua tangan ke samping kanan, • Kaki kanan melangkah ke samping kanan disertai dengan gerakan mengayun kedua tangan ke samping kiri.

Senam irama atau aktivitas gerak berirama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Aktivitas gerak berirama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan sebagainya. Tekanan yang harus diberikan pada senam irama ialah: irama, kelentukan tubuh dan kontinuitas gerakan. Senam irama diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman.

Pada tahun 1916, sistem ini digantikan sistem Swedia. Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H.F. Minkema. Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 menyebabkan senam tersebut diganti oleh “Taiso”. Taiso adalah sejenis senam pagi yang harus dilaksanakan sebelum pelajaran dimulai.

Senam irama termasuk ke dalam jenis olahraga senam umum karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) Mudah diikuti, (2) Tidak membutuhkan biaya yang mahal, (3) Diiringi musik atau nyanyian, (4) Melibatkan banyak peserta, dan (5) Bermanfaat untuk kesehatan tubuh. A. Gerak Langkah Kaki Berirama Bentuk-bentuk gerakan langkah kaki antara lain sebagai berikut: 1. Gerakan Langkah Biasa Amati dan peragakan gerakan langkah biasa aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Berdiri dengan sikap tegak rileks. b. Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan. c. Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit. d. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian 2.

Gerakan Langkah Rapat Amati dan peragakan gerakan langkah rapat aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Berdiri dengan sikap tegak rileks. b. Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri. c. Kemudian, melangkahkan kaki kiri di depan kaki kanan. d. Lanjutkan kedua kaki rapat. 3. Gerakan Langkah Keseimbangan Amati dan peragakan gerakan langkah keseimbangan aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Berdiri dengan sikap tegak rileks. b. Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan. c. Hitungan 2: kaki kanan menyusul melangkah ke depan. d. Ketika tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat. 4. Gerakan Langkah Depan Amati dan peragakan gerakan langkah depan aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Berdiri dengan sikap anjur kiri.

b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan. c. Hitungan 2: kaki kiri menyusul dan bersama-sama kaki kanan menyusul lagi (satu hep dua). d.

Selanjutnya, langkahkan kaki kiri, disusul kanan, kemudian diikuti langkah kiri. 5. Gerakan Langkah Silang Amati dan peragakan gerakan langkah silang aktivitas gerak berirama berikut ini.

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

a. Berdiri dengan sikap anjur kiri. b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan. c. Kruispas dapat pula dilakukan ke belakang. d. Langkah silang ini dilakukan dengan irama 2/4. B. Gerakan Ayunan Lengan Bentuk-bentuk gerakan ayunan lengan antara lain sebagai berikut: 1.

Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Depan Belakang Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke depan belakang pada aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap permulaan berdiri tegak, melangkah, kedua lengan lurus ke depan. b. Hitungan 1: ayun lengan kiri ke belakang diikuti kedua lutut mengeper.

c. Hitungan 2: ayunkan kembali tangan kiri ke depan. d. Hitungan 3-4: sama dengan hitungan 1 – 2 hanya dilakukan dengan tangan kanan. e. Lakukan Pembelajaran ini 6 x 4 hitungan dengan irama 4/4 2. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Samping Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke samping aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan b.

Hitungan 1: ayunkan lengan kiri dari depan ke samping kiri diikuti kedua lutut mengeper. c. Hitungan 2: ayunkan kembali lengan kiri ke depan. d. Hitungan 3-4, lengan kanan melakukan gerakan seperti tangan kiri pada hitungan 1 dan 2.

3. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Samping Bersamaan Dengan Memindahkan Berat Badan Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan pada aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan. b. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri ke kiri. c. Hitungan 2: ayunkan lengan kanan ke kiri bersamaan dengan memindahkan berat badan ke kiri dan kedua lutut mengeper. d. Hitungan 3: ayunkan lengan kanan kembali ke kanan.

e. Hitungan 4: ayunkan lengan kiri ke kanan bersamaan memindahkan berat badan ke kanan, kedua lutut mengeper. 4. Gerakan Ayunan Dua Lengan Ke Depan Belakang Amati dan peragakan gerakan ayunan dua lengan ke depan belakang pada aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap permulaan berdiri, kaki kiri melangkah, kedua lengan lurus ke depan. b. Hitungan 1: ayunkan kedua lengan ke belakang.

c. Hitungan 2: ayunkan kembali ke depan. d. Hitungan 3-4, putar kedua lengan melalui bawah di samping badan. e. Hitungan 5,6,7,8: Pembelajaran sama dengan Pembelajaran 1,2,3,4, tetapi arahnya berlawanan. 5. Gerakan Ayunan Dua Lengan Silang Di Depan Badan Amati dan peragakan gerakan ayunan dua lengan silang di depan di muka badan pada aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap permulaan tegakkan kaki kiri ke samping kiri, kedua tangan direntangkan. b. Hitungan 1: ayunkan kedua lengan silang di depan badan.

c. Hitungan 2: ayunkan kedua lengan kembali. d. Hitungan 3: ayunkan kedua lengan silang di belakang badan. e. Hitungan 4: ayunkan kedua lengan kembali. f. Hitungan 5,6,7,8, diulang gerakan hitungan 1,2,3, dan 4. 6.

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

Variasi Gerakan Langkah Ke Depan dan Gerakan Tangan ke Atas Amati dan peragakan gerakan langkah kaki ke depan dan gerakan tangan ke atas pada aktivitas gerak berirama berikut ini.

1) Sikap permulaan tegak, langkahkan kaki kiri, kedua lengan ke samping. 2) Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan, ayun kedua lengan lurus ke atas. 3) Hitungan 2: pindahkan berat badan ke belakang sambil membungkukkan badan ke depan, ujung tangan ke bawah. 4) Hitungan 3, tegak kembali.

5) Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan kedua lengan kembali ke sikap semula. 6) Hitungan 5,6,7, dan 8 sama hanya ganti kaki kiri. C. Kombinasi Gerakan Langkah Kaki dan Gerakan Ayunan Lengan Senam irama adalah gerakan senam yang disesuaikan dengan irama yang mengiringinya. Dalam senam irama, gerakan senam dilakukan dengan mengikuti irama. 1. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Belakang dan Ke Depan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke belakang dan ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri menyilang bergantian dan kedua lengan lurus ke depan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Lengan kiri diayunkan kebelakang 2) Hitungan 2 : Lengan kiri diayunkan ke depan. 3) Hitungan 3 : Lengan kanan diayunkan ke belakang. 4) Hitungan 4 : Lengan kanan diayunkan ke depan 5) Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan.

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 2. Gerakan Ayunan Dua Lengan ke Belakang dan ke Depan. Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan dua lengan ke belakang dan ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke belakang samping kiri. 2) Hitungan 2 : Kedua lengan diayunkan kembali ke depan. 3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayunkan ke belakang samping kanan.

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

4) Hitungan 4 : Kedua lengan diayunkan kembali ke depan. 5) Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan.

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 3. Gerakan Ayunan Lengan Silang dan Rentang di Depan Badan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan lengan silang dan rentang di depan badan aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan disilangkan di depan dada. 2) Hitungan 2 : Kedua lengan terentang setinggi bahu.

3) Hitungan 3 : Arahkan pandangan ke bahu kanan secara bergantian. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 4. Gerakan Ayunan Lengan Melingkar Di Atas Kepala Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan lengan melingkar di atas kepala aktivitas gerak berirama berikut ini.

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke kanan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.

2) Hitungan 2 : Berdiri tegak, langkahkan kaki kanan dan kedua lengan lurus ke depan. 3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayunkan ke kiri melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala. 4) Hitungan 4 : Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua lengan lurus ke depan. 5) Pandangan mengikuti gerakan lengan. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 5. Gerakan Ayunan Satu Lengan Horizontal ke Kiri dan ke Kanan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan horizontal ke kiri dan ke kanan aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Lengan kiri diayun ke kanan di depan badan.

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

2) Hitungan 2 : Lengan kiri diayun ke kiri (sikap semula). 3) Hitungan 3 : Lengan kanan diayun ke kiri di depan badan. 4) Hitungan 4 : Lengan kanan diayun ke kanan (sikap semula) 5) Setiap ayunan diikuti dorongan panggul. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 6. Gerakan Ayunan Kedua Lengan Ditarik Ke Dada Dan Didorong Ke Depan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan kedua lengan ditarik ke dada dan didorong ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini.

a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diluruskan di depan dada. 2) Hitungan 2 : Kedua lengan ditarik di depan dada. 3) Hitungan 3 : Kedua lengan didorong ke depan (sikap semula) 4) Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.

c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula. 7. Gerakan Ayunan Dua Tangan Setinggi Bahu Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan kedua tangan setinggi bahu aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua lengan lurus ke samping kanan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke kiri. 2) Hitungan 2 : Kedua lengan diayunkan ke kanan. 3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayun melingkar satu lingkaran ke kiri di atas kepala.

4) Hitungan 4 : Kedua lengan lurus ke samping kiri. 5) Setiap gerakan ini diulang, ayunan lengan dari samping kiri. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula 8. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Kaki Kanan dan Kiri Secara Bergantian Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke kaki kanan dan kiri secara bergantian aktivitas gerak berirama berikut ini. a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua tangan direntangkan. b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Tangan kanan diayun menyentuh ujung kaki kiri dan badan membungkuk.

2) Hitungan 2 : Tangan kembali diayun ke sikap semula. 3) Gerakan dilakukan bergantian dengan tangan kiri. c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula.
Kombinasi gerak dasar langkah kaki dan ayunan lengan jelaskan Gerakan ini mempunyai tujuan untuk memgabungkan tenik gerakan-gerakan langkah kaki yang bervariasi dengan variasi gerakan ayunan lengan.

contoh variasi gerakan yang memadukan langkah kaki kedepan dan gerakan tangan kerah atas Pembahasan Senam irama yaitu gerakan aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan irama musik, gerakan senam berirama bisa disertai dengan menggunakan alat, diantara lain seperti topi, simpai, tongkat, ataupun pita, senam berirama sebenarnya hampir sama seperti senam biasa pada umumnya yang membedakan hanya pada senam biasa tidak menggunakan nada musik sedangkan pada senam berirama menggunakan ritme musik sehingga gerakan yang dilakukan mengikuti gerakan musik yang diputar saat melakukan senam.

Senam irama mulai dipertandingkan pada aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk kejuaraan olahraga di antar negara negara didunia yaitu seperti olimpiade, asean games, sea games dan lain sebagainya. berikut langkah langkah dalam melakukan gerak berirama 1.gerakan dengan memakai ayunan satu lengan depan belakang badan berdiri tegak,kedua lengan digerakkan lurus kedepan,setelah itu secara secara bergantian ayunkan lengan kiri dan kanan sesuai dengan hitungan satu dan dua kemudian ulangi gerakan tersebut dengan beberapa kali dengan irama empat per empat 2.

gerakan ayunan satu lengan kesamping badan berdiri tegak,kedua lengan digerakkan dari arah depan kesamping,setelah itu secara secara bergantian ayunkan lengan kiri dan kanan sesuai dengan hitungan satu dan dua kemudian ulangi gerakan tersebut dengan beberapa kali dengan irama empat per empat 3. gerakan ayunan dengan menggunakan satu lengan ke arah samping diikuti dengan memindahkan berat badan badan berdiri tegak diayunkan lengan sebelah kiri ke arah kiri, ayunkan lengan sebelah kanan ke arah sebelah kiri diikuti dengan memindahkan berat badan kekiri dan kedua lutut melakukan gerakan mengeper gerakan dilakukan degan menggunakan hitungan 1 dan 2 pada hitungan ke 3 gerakan lengan kanan dengan mengayunkan kembali ke arah sebelah kanan kemudian diikuti dengan memindahkan berat badan kekanan dan kedua lutut melakukan gerakan mengeper.

4. gerakan ayunan dua lengan depan dan belakang sikap awal dilakukan dengan berdiri kaki digerakkan melangkah kemudian disertai gerakan kedua lengan megarah lurus kedepan pada hitungan 1 dua lengan diayunkan ke arah belakang,pada hitungan kedua diayunkan kembali kearah depan,setelah itu pada hitungan 3 dan 4 putarkan kedua lengan kerah di samping badan lalu ulangi gerakan dengan melanjutkan hitungan dan lakukan gerakan dengan berlawanan arah pada hitungan selanjutnya 5 gerakan variasi langakah kaki dan ayunan lengan Gerakan ini mempunyai tujuan untuk memgabungkan tenik gerakan-gerakan langkah kaki yang bervariasi dengan variasi gerakan ayunan lengan.

contoh variasi gerakan yang memadukan langkah kaki kedepan dan gerakan tangan kerah atas Dengan menguasai gerakan atau teknik dalam senam iramakarena senam irama memanfaatkan ritme musik untuk melakukannya kita juga perlu menguasai teknik gerakan ayunan tangan, gerakan variasi langkah depan, langkah biasa, langkah rapat, variasi langkah kedepan dan gerakan tangan ke atas dan variasi langkah ke samping dengan gerakan tangan memutar serta teknik gerakan senam irama dengan menggunakan alat seperti pita, bola, dan lainnya.

Selain gerakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam senam irama agar terciptanya keserasian antara ritme musik dan gerakan yang kita lakukan yaitu ketepatan musik atau irama, fleksibilitas gerakan kita dan kontuinitas gerakan kita. sehingga dengan memperhatikan gerakan tersebut maka akan mudah menimbulkan keserasian gerakan dengan ritme musik yang digunakan.

Pelajari lebih lanjut • Materi tentang contoh kombinasi langkah kaki dan lengan : brainly.co.id/tugas/14447642 • Materi tentang sejarah senam irama : brainly.co.id/tugas/2121789 • Materi tentang hal- hal yang diperhatikan dalam senam irama: brainly.co.id/tugas/16748488 Detil jawaban Kelas: 9 Mapel: penjaskes Bab: senam irama Kode: 9.22.8 Kata kunci: senam irama, perlengkapan
1.

Aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. Hal ini bertujuan untuk a. membuat gerakan lebih serasi dengan irama b. gerakan variasi dan kombinasi selalu tepat c. gerakan lebih bervariasi dan menarik d.

mengeluarkan keringat lebih banyak 2. Contoh variasi langkah kaki dengan kombinasi ayunan lengan adalah a. variasi langkah depan dan samping dengan tangan di samping badan b. variasi langkah maju mundur dengan kombinasi ayunan tangan ke depan cvariasi langkah depan dan samping dengan kombinasi ayunan kaki ke depan d.

variasi langkah ganda ke depan dengan kombinasi menekuk siku​ Berikut ini adalah jawaban dari 2 soal pilihan ganda materi tentang variasi dan kombinasi gerakan dalam senam irama: • A.

Membuat gerakan lebih serasi dengan irama. • B. Variasi langkah maju mundur dengan kombinasi ayunan tangan ke depan. Penjelasan: Berikut di bawah ini adalah penjelasan jawaban dari 2 soal pilihan ganda di atas materi tentang variasi dan kombinasi gerakan dalam senam irama: • Pada soal no. 1 jawaban yang tepat ada pada opsi A karena tujuan dari iringan musik senam irama adalah untuk menyerasikan gerakan ayunan lengan dan langkah kaki dengan irama/musik yang diputar/digunakan dalam senam irama agar senantiasa menciptakan keindahan gerakan.

Opsi jawaban B bukan jawaban yang tepat karena dalam pelaksanaan senam irama, gerakan variasi dan kombinasi yang selalu tepat dalam senam irama bukan cuma faktor pendukungnya melainkan harus adanya kesinambungan antara variasi dan kombinasi gerakan dengan ketepatan ritme musik terhadap ritme gerakan variasi dan kombinasi yang dilakukan dalam senam irama.

Opsi jawaban C bukan jawaban yang tepat karena dalam senam irama bukan cuma dibutuhkan hanya variasi gerakan melainkan tetap harus ada variasi dan kombinasi serta ketepatan variasi dan kombinasi gerakan dengan alunan irama/musik yang diputar/digunakan dalam melakukan senam irama.

Opsi jawaban D juga bukan termasuk jawaban yang tepat karena tujuan dari melakukan olahraga bukan cuma sebatas dari pengukuran jumlah keringat yang keluar karena keringat yang keluar bukan indikator keberhasilan gerakan dalam aktivitas gerak berirama. • Pada soal no. 2 jawaban yang tepat ada pada opsi B karena dalam opsi tersebut sudah cukup jelas menyebutkan bahwa ada gerakan variasi dari langkah kaki yaitu gerakan kaki maju dan kaki mundur lalu adanya kombinasi dari gerakan lengan yaitu dengan mengayunkan tangan ke depan.

Opsi jawaban A bukan termasuk jawaban yang tepat karena dalam opsi tersebut hanya menyebutkan gerakan variasi langkah kaki akan tetapi tidak ada kombinasi gerakan lengan, opsi jawaban ini hanya menyebutkan lengan berada di samping badan tidak melakukan gerakan apapun. Opsi jawaban C bukan termasuk jawaban yang tepat karena pada opsi tersebut hanya menyebutkan adanya variasi dari salah satu anggota tubuh yaitu gerakan kaki, bahkan kombinasi juga menyebutkan kaki padahal pengertian dari variasi dan kombinasi adalah perpaduan dari kedua anggota tubuh dalam senam irama khususnya perpaduan gerakan ayunan lengan dan langkah kaki.

Opsi jawaban D juga bukan jawaban yang tepat karena pada jawaban tersebut hanya menjelaskan variasi gerakan kaki dan menekuk lengan bukanlah salah satu gerakan kombinasi. Pelajari lebih lanjut: Materi tentang sebutkan 3 macam macam variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan dalam gerak berirama brainly.co.id/tugas/27927088 Materi tentang apakah yang kalian ketahui dari variasi dan kombinasi langkah dasar aktivitas gerak berirama brainly.co.id/tugas/14883243 Detail Jawaban: Kelas : 6 Mapel : Penjaskes Bab : Bab 4 - Gerak Ritmik Kode : 6.22.4 #TingkatkanPrestasimu 1.

perhatikan jenis narkoba berikut!(1) mariyuana(2) hashish(3) cannabis resinjenis narkoba di atas merupakan jenis narkoba.a. tranquilliser dan hip … notikb. cannabis / daun ganjac. barbiturd. solven dan inhalan2. perhatikan jenis narkoba berikut!(1) petidin(2) metadon(3) dipipanonjenis narkoba di atas merupakan jenis narkoba.a.

tranquilliser dan hipnotikb. cannabis / daun ganjac. sintetisd. alamitolong jwb secepatnya ya, terimakasih.​Pada materi sebelumnya, kamu sudah mempelajari gerak langkah kaki dan ayunan lengan. Selanjutnya, kamu diajak mempraktikkan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan dalam senam irama. Untuk mengawali pembelajaran ini, berdoalah sesuai agama yang dianut. Bersikaplah disiplin saat melakukan kombinasi gerak langkah dan ayunan lengan.

Terdapat tiga kombinasi yang dapat dipraktikkan, berikut ini ketiga kombinasi dasar langkah dan ayunan lengan : Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan dalam senam irama Pada gambar, tampak anak mempraktikkan gerak langkah ke depan. Gerakan ini dikombinasikan dengan ayunan lengan di samping badan. Gerakannya diawali dengan berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping badan.

Selanjutnya, melangkah ke depan dari garis A ke garis B sejauh 5 meter. Kaki kiri melangkah ke depan dikombinasikan ayunan lengan kanan. Lengan kanan diayunkan di samping badan. Kaki kanan melangkah ke depan dikombinasikan ayunan lengan kiri.

Lengan kiri diayunkan ke depan di samping badan. Lakukan gerakan secara berulang-ulang. 2. Kombinasi Aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk Langkah ke Depan dengan Ayunan Lengan dalam Dua Putaran Lengan Gerak langkah dan ayunan lengan dapat diikuti dengan putaran lengan.

Bagaimana gerakannya?

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

Amatilah gerakan seperti gambar diatas. Gerakan diawali dengan posisi berdiri tegak dan kedua lengan lurus ke depan.

Kaki kiri dilangkahkan ke depan dua langkah. Gerakan ini diikuti ayunan lengan ke depan dua putaran. Kemudian, kaki kanan dilangkahkan ke belakang dua langkah. Gerakan ini diikuti ayunan lengan ke belakang dua putaran. Posisi akhir, berdiri tegak menyamping dan kedua lengan lurus ke samping. Lakukan gerakan berulang-ulang agar kamu makin terampil. 3. Kombinasi Gerak Langkah ke Samping dengan Ayunan Lengan Gerak langkah kaki ke samping dan ayunan lengan dapat dilakukan secara bersamaan.

Gerakan ini dikombinasikan dengan ayunan lengan ke samping dan atas. Gerakannya diawali dengan sikap awal berdiri tegak menyamping. Kedua lengan lurus ke samping kanan. Kemudian, langkahkan kaki kiri menyamping dua langkah. Ayunkan dan putar kedua lengan ke samping kanan. Langkahkan kaki kanan menyamping dua langkah.

Ayunkan dan putar kedua lengan ke samping kiri. Posisi akhir, berdiri tegak menyamping dan kedua lengan lurus ke samping kanan.

Lakukan gerakan secara berulang-ulang.

aktivitas variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan harus dilakukan dengan irama. hal ini bertujuan untuk

Dalam senam irama, ada banyak gerakan yang harus dilakukan secara cermat, teliti, dan sportif. Sikap ini juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar wawasanmu lebih luas, lakukan penelusuran internet untuk mencari informasi tentang senam irama.

Ingat, gunakan internet dengan tanggung jawab. Mintalah bantuan gurumu atau orang tua saat mengakses internet. Ringkaslah informasi yang ditemukan untuk digunakan sebagai sumber bacaan.

Gerakan senam irama yang sederhana akan menyenangkan jika dilakukan bersama-sama sesuai iringan musik. Musik daerah menjadi salah satu pilihan irama pengiring senam irama. Menggunakan musik daerah sebagai pengiring senam irama menunjukkan sikap kreatif dan menghargai kebudayaan daerah. Itulah macam-macam Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan dalam senam irama. Baca juga materi selanjutnya : Teknik Renang Gaya Dada Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen
Gerakan dalam senam irama terdiri dari langkah kaki dan … Salah satu soal materi pelajaran PJOK SD tentang senam irama.

Gerak berirama atau senam irama juga disebut senam ritmik. Senam irama dilakukan dengan memadukan gerakan tubuh dan irama. Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) merupakan contoh senam irama.

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban Gerakan dalam senam irama terdiri dari langkah kaki dan Jawaban : gerak ayunan lengan, dan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan. Gerak langkah kaki dalam senam irama terdiri dari gerak langkah biasa, langkah rapat, langkah depan, langkah samping dan langkah keseimbangan. Gerak ayunan lengan terdiri dari ayunan satu lengan, dan lengan. Sedangkan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bisa menggunakan satu lengan, ayunan lengan dalam dua putaran lengan, dan kombinasi langkah ke samping dengan ayunan lengan.

Dalam senam irama, ada banyak gerakan yang harus dilakukan secara cermat, teliti, dan sportif. Sikap ini juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar wawasanmu lebih luas, lakukan penelusuran internet untuk mencari informasi tentang senam irama.

Ingat, gunakan internet dengan tanggung jawab. Mintalah bantuan gurumu atau orang tua saat mengakses internet. Ringkaslah informasi yang ditemukan untuk digunakan sebagai sumber bacaan. Gerakan senam irama yang sederhana akan menyenangkan jika dilakukan bersama-sama sesuai iringan musik. Musik daerah menjadi salah satu pilihan irama pengiring senam irama. Menggunakan musik daerah sebagai pengiring senam irama menunjukkan sikap kreatif dan menghargai kebudayaan daerah.

Soal lainnya terkait dengan materi ini : • akhir gerakan langkah kaki rapat pada aktivitas senam irama dalam tabel berikut yaitu • gerak langkah diawali dengan berdiri • gerak langkah kaki dalam aktivitas senam irama yaitu • langkah kaki dalam gerak berirama harus mengikuti • gerak dasar berirama adalah gerak langkah kaki dan gerak • posisi awal berdiri yang benar saat akan melakukan gerak langkah kaki biasa adalah • jelaskan cara melakukan gerakan langkah rapat dalam aktivitas gerak berirama • jelaskan cara melakukan gerakan langkah biasa dalam aktivitas gerak berirama • gerakan langkah kaki dalam aktivitas senam irama yaitu Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen

KOMBINASI GERAKAN LANGKAH KAKI DAN GERAKAN AYUNAN LENGAN (Aktivitas Gerak Berirama)




2022 www.videocon.com