Untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

1. Waktu yang diperlukan untuk latihan kebugaran jasmani bukan atlet adalah .

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

a. 20 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan b. 25 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan c. 30 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan d. 25 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan 2. Untuk menentukan kadar intensitas latihan, khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler, dapat diterapkan Teori Katch dan Meardle yaitu .

a. 110 - umur c. 230 - umur b. 220 - umur d. 250 – umur 3. Frekuensi latihan untuk mendapat kebugaran paru-paru dan jantung adalah . a. dilakukan secara teratur 3 — 5 kali/minggu b. dilakukan secara teratur 4 — 5 kali/minggu c. dilakukan secara teratur 6 — 8 kali/minggu d. dilakukan secara teratur 7 — 9 kali/minggu 4. Presentase intensitas latihan untuk mendapat kebugaran paru dan jantung adalah . a. 30 — 45% dari detak jantung maksimal c. 75 — 85% dari detak jantung maksimal b. 45 — 65% dari detak jantung maksimal d.

95 — 100 % dari detak jantung maksimal 5. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah . a. menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan c. menekuk dan meluruskan badan b.

menekuk dan meluruskan kedua kaki d. meliuk dan meregangkan pinggang 6. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah . a. mengangkat badan dari posisi telentang c.

mengangkat bahu dari posisi tidur b. mengangkat pinggul dari posisi duduk d. mengangkat pundak dari posisi duduk 7. Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah . a. naik turun bangku c. meluruskan kedua kaki ke depan b. mengangkat badan pada palang tunggal d.

mengangkat kedua kaki dari posisi duduk 8. Pendaratan kaki yang benar saat melakukan lompat tali untuk melatih kelincahan otot kaki adalah. a. ujung telapak kaki c. tumit kaki b. telapak kaki d. pinggir telapak kaki 9. Posisi badan yang benar saat melakukan lompat tali untuk melatih kelincahan otot kaki adalah. a. membungkuk c.

meliuk b. tegap d. melenting 10. Bagaimana bentuk latihan yang benar untuk meningkatkan kelentukan otot pinggang? a. melentingkan pinggang dari posisi telentang b.

melentingkan pinggang dari posisi berbaring c. melentingkan pinggul dari posisi telentang d. membungkukkan pinggang dari posisi duduk 11. Arah pandangan mata saat kamu melakukan gerakan kayang adalah .

a. ke depan c. ke belakang b. ke samping d. ke atas 12. Takaran latihan untuk meningkatkan dan daya tahan otot adalah .

a. frekuensi latihan 3 kali/minggu dengan intensitas 70 % b. frekuensi latihan 4 kali/minggu dengan intensitas 75 % c. frekuensi latihan 5 kali/minggu dengan intensitas 80 % d. frekuensi latihan 6 kali/minggu dengan intensitas 100 % 13. Posisi badan yang benar saat melakukan naik turun bangku untuk latihan kekuatan otot kaki adalah . a. ditegakkan c. dimiringkan b.

dibungkukkan d. dilentingkan Sumber : Buku Siswa PJOK Kelas VIII SMP/MTS (KEMENDIKBUD RI, 2017) Para siswa maupun siswi yang memerlukan kunci jawaban PJOK kelas 8 halaman 215, 216, 217, 218 tak perlu melakukan upaya sulit agar bisa mendapatkan kunci akurat. Peserta didik bisa memanfaatkan perangkat elektronik seperti ponsel pintar maupun desktop yang terkoneksi dengan internet mumpuni. Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 215-218 Kemudian murid bisa mencarinya dengan memanfaatkan mesin pencari seperti google.

Di sana mereka dapat menemukan kunci jawaban yang sesuai dengan pertanyaan. Bidang Studi PJOK adalah sumber pendidikan terpenting untuk semua siswa di jenjang kelas manapun termasuk kelas 8. Daftar Untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 215-218 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 215 216 217 Pilihan Ganda • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 218 Essay • Download Soal PJOK Kelas 8 Halaman 215-218 Pasalnya mata pelajaran tersebut memiliki hubungan langsung dengan kesehatan baik jasmani maupun rohani.

Bukan itu saja, melalui PJOK peserta didik dapat meningkatkan keterampilan mereka di bidang olahraga yang untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler keterampilan khusus.

Selama peserta didik belajar dengan sungguh-sungguh maka semua materi yang ada di PJOK bisa terserap semaksimal mungkin. Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 215 Sampai 218 Untuk membuktikan pemahaman siswa maupun siswi sudah maksimal ataupun tidak biasanya para tenaga pengajar atau bapak dan ibu guru akan mengujikan anak didiknya melalui soal-soal. Adapun soal-soal ini biasa diujikan sehari-hari ataupun pada waktu tertentu misalnya kala ujian kenaikan kelas, semester maupun tahap evaluasi sebuah materi baru.

Lihat Juga: • Kunci Jawaban PJOK Kelas 7 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 9 Karena itulah sebagai peserta didik harus memahami semaksimal mungkin.

Para peserta didik tingkatan jenjang berapa saja khususnya kelas 8 pastinya memerlukan kunci jawaban PJOK kelas 8 halaman 215, 216, 217, 218. Tujuannya sendiri bukan untuk hal buruk yakni mempersiapkan saat ujian tengah berlangsung. Keberadaan kunci jawaban tersebut merupakan sarana latihan tambahan kala peserta didik berhadapan dengan soal yang ada di buku latihan.

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

Murid dapat menjawab terlebih dahulu kemudian memeriksanya melalui kunci jawaban. Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 215 216 217 Pilihan Ganda Pilihan Ganda 1.

Waktu yang diperlukan untuk latihan kebugaran jasmani bukan atlet adalah. a. 20 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan b. 25 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan c. 30 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan d. 25 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan Jawaban : A 2. Untuk menentukan kadar intensitas latihan, khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler, dapat diterapkan Teori Katch dan Meardle yaitu.

a. 110 - umur b. 220 - umur c. 230 - umur d. 250 – umur Jawaban : B 3. Frekuensi latihan untuk mendapat kebugaran paru-paru dan jantung adalah ….

a. dilakukan secara teratur 3 — 5 kali/minggu b. dilakukan secara teratur 4 — 5 kali/minggu c. dilakukan secara teratur 6 — 8 kali/minggu d. dilakukan secara teratur 7 — 9 kali/minggu Jawaban : A 4.

Presentase intensitas latihan untuk mendapat kebugaran paru dan jantung adalah. a. 30 — 45% dari detak jantung maksimal b. 45 — 65% dari detak jantung maksimal c. 75 — 85% dari detak jantung maksimal d 95 — 100 % dari detak jantung maksimal Jawaban : C 5. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah.

a. menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan b. menekuk dan meluruskan kedua kaki c. menekuk dan meluruskan badan d. meliuk dan meregangkan pinggang Jawaban : A 6.

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit-up adalah. a. mengangkat badan dari posisi telentang b. mengangkat pinggul dari posisi duduk c.

mengangkat bahu dari posisi tidur d. mengangkat pundak dari posisi duduk Jawaban : A 7. Berikut gerakan latihan kekuatan otot punggung dari posisi badan telungkup yaitu . Jawaban : B 8. Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah. a. naik turun bangku b. mengangkat badan pada palang tunggal c meluruskan kedua kaki ke depan d. mengangkat kedua kaki dari posisi duduk Jawaban : A 9. Pendaratan kaki yang benar saat melakukan lompat tali untuk melatih kelincahan otot kaki adalah.

a. ujung telapak kaki b. telapak kaki c. tumit kaki d. pinggir telapak kaki Jawaban : A 10. Posisi badan yang benar saat melakukan lompat tali untuk melatih kelincahan otot kaki adalah.

a. membungkuk b. tegap c. meliuk d. melenting Jawaban : B 11. Bagaimana bentuk latihan yang benar untuk meningkatkan kelentukan otot pinggang? a. melentingkan pinggang dari posisi telentang b. melentingkan pinggang dari posisi berbaring c. melentingkan pinggul dari posisi telentang d.

membungkukkan pinggang dari posisi duduk Jawaban : A 12. Berikut gerakan kayang bertumpu dengan kedua lengan dan kaki yakni. Jawaban : A 13.

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

Arah pandangan mata saat kamu melakukan gerakan kayang adalah. a. ke depan b. ke samping c. ke belakang d. ke atas Jawaban : A 14. Takaran latihan untuk meningkatkan dan daya tahan otot adalah. a.

frekuensi latihan 3 kali/minggu dengan intensitas 70 % b. frekuensi latihan 4 kali/minggu dengan intensitas 75 % c. frekuensi latihan 5 kali/minggu dengan intensitas 80 % d.

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

frekuensi latihan 6 kali/minggu dengan intensitas 100 % Jawaban : A 15. Posisi badan yang benar saat melakukan naik turun bangku untuk latihan kekuatan otot kaki adalah. a. ditegakkan b. dibungkukkan c.

dimiringkan d. dilentingkan Jawaban : A Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 218 Essay Jawaban singkat (Essay) 1. Sebutkan empat faktor yang mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani! Empat faktor yang mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani yaitu: • Masalah kesehatan, seperti keadaan kesehatan, penyakit menular dan menahun • Masalah gizi, seperti kurang protein, kalori, gizi rendah dan gizi yang tidak memadai • Masalah latihan fisik, seperti usia mulai latihan, frekuensi latihan per minggu, intensitas latihan, dan volume latihan • Masalah faktor keturunan seperti anthropometri dan kelainan bawaan 2.

Sebutkan empat koponen kebugaran jasmani! Empat koponen kebugaran jasmani yaitu: • Jenis latihan • Volume latihan • Frekuensi latihan • Intensitas latihan 3. Sebutkan empat ciri latihan kelenturan! Empat ciri latihan kelenturan • Gerak meregang persendian • Mengukur otot hingga batas tertentu • Memperluas ruang gerak sendi • Bentuk latihan pelemasan, peregangan dan penguluran organ 4. Sebutkan empat ciri latihan kekuatan dan daya tahan paru dan jantung! Empat ciri latihan kekuatan dan daya tahan paru dan jantung yaitu: • Bergerak dinamis secara berulang-ulang, contoh : jogging, berenang, dan senam aerobik • Bergerak melawan beban, contoh : mengangkat, mendorong, dan menarik • Gerakan meregang, contoh : mengulur otot, dan meregang persendian • Melibatkan otot, contoh : otot bisep dan trisep Download Soal PJOK Kelas 8 Halaman 215-218 Dengan mengunduh kunci jawaban PJOK kelas 8 halaman 215, 216, 217, 218 peserta didik nantinya mendapatkan rincian lengkap tentang materi penilaian hasil belajar (bab 5 kebugaran jasmani).

Unduh kunci jawaban tersebut melalui perangkat gawai dan dapatkan file jenis pdf. Selain kunci jawaban peserta didik juga dapat memanfaatkan internet dengan bermacam jenis metode pembelajaran yang tersedia agar lebih memahami materi mengenai PJOK.

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

Pastikan kuota internet memadai sehingga pengunduhan berjalan maksimal. soal-dan-kunci-jawaban.pdf 127kb Sebab di kunci jawaban terkadang bukan berisi jawaban atas pertanyaan dengan singkat. Kerap kali kunci jawaban memberikan keterangan serta alasan mengapa jawabannya adalah hal tersebut. Keterangan inilah bisa peserta didik manfaatkan sebagai sarana pembelajaran sehingga dapat terbiasa untuk menjawab soal apa saja termasuk mata pelajaran PJOK.

Dengan terbiasa menjawab berbagai soal tentu mendatangkan bermacam manfaat. Lihat Juga: • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 118 119 120 121 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 123 124 125 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 127 128 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 158 159 160 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 162 163 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 165 166 167 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 169 170 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 187 188 189 190 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 233 234 235 • Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 247 248 249 Adapun manfaatnya bisa saja peserta didik merasa lebih percaya diri sehingga mengerjakan soal relatif lebih singkat namun jawabannya tepat bahkan akurat.

Selain itu pengetahuan para peserta didik bisa lebih luas sehingga selalu siap kalau seandainya ada ujian mata pelajaran PJOK dadakan. Bukan itu saja, seperti yang kita tahu, guru mata pelajaran PJOK lebih sering memberikan praktek daripada penjelasan dalam bentuk materi. Sehingga peserta didik kurang paham tentang teori sebuah materi dan tidak siap saat berhadapan dengan soal. Semua permasalahan ini bisa teratasi saat murid belajar sendiri dengan memanfaatkan kunci jawaban yang tepat.
KOMPAS.com - Intensitas latihan selalu terlihat dalam cara kita melakukan aktivitas fisik sehari-hari seperti jalan kaki, lari, hingga bersepeda.

Seseorang yang kerap melakukan intensitas latihan akan berbeda dibanding dengan yang tidak. Hal tersebut nampak dari aktivitas napas, detak jantung, dan munculnya keringat serta lelah pada otot. Pengertian menurut Weight Watchers (WW), intensitas latihan adalah jumlah kekuatan fisik, yang dinyatakan sebagai persentase maksimum yang digunakan tubuh dalam melakukan suatu aktivitas. Baca juga: Tujuan dan Manfaat Olahraga Bulu Tangkis Cara Menghitung Intensitas Latihan Untuk menentukan kadar intensitas latihan, khususnya untuk perkembangan daya tahan kardiovaskuler, dapat diterapkan teori katch dan meardle.

Mengutip jurnal Sosialisasi Menjaga Kebugaran Jasmani saat Pandemi Covid-19 pada Sekolah Keterbakatan Olahraga Tingkat SMA di Kabupaten Kulonprogo karya Asna Syafitri Sari, Antonius Untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler Wibowo, dan Erni Cahya Gupita, berikut adalah langkah menghitung intensitas latihan: Teori Katch dan Meardle Penerapan teori katch dan meardle untuk menghitung kadar intensitas latihan sangatlah mudah.

Baca juga: Keajaiban Papua di Tengah Olahraga Indonesia yang Tak Merata Yakni hitung frekuensi denyut nadi maksimal (DNM) dengan rumus DNM=220-umur. Sebagai contoh, seseorang yang berumur 20 tahun seharusnya memiliki DNM 200 denyut/menit.

Setelah itu, angka yang didapat dimasukkan ke dalam takaran intensitas latihan: • Untuk olahraga prestasi: antara 80-90 persen dari DNM. Artinya, bagi atlet berumur 20 tahun, takaran yang harus dicapai dalam latihan adalah 80-90 persen dari 200, yakni 160-180 denyut nadi/menit. • Untuk olahraga kesehatan: antara 70-85 persen Artinya, untuk orang yang berusia 40 tahun dan berolahraga sekadar menjaga kesehatan maupun kondisi fisik, takaran intensitas latihannya sebaiknya adalah 70-85 dari DNM (180) yakni 126-153 denyut per menit.

Baca juga: 6 Manfaat Melakukan Kebugaran Jasmani Profil Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, Ganda Putri Indonesia yang Debut di Turnamen Super 1000 https://www.kompas.com/sports/read/2021/10/21/17000038/profil-nita-violina-marwah-putri-syaikah-ganda-putri-indonesia-yang-debut https://asset.kompas.com/crops/Ch3rUJRANGjHW8LpBj_Nsb1lYhM=/8x0:700x461/195x98/data/photo/2021/10/20/616fd92fbbaae.jpeg Untuk menentukan kadar intensitas latihan kebugaran jasmani, khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler / jantung, dapat diterapkan Teori Katch dan Meardle yaitu (B) 220 – umur.

Sebab, rumus dari frekuensi Denyut Nadi Maksimal (DNM) adalah 220 – umur. Jadi, apabila seorang berumur 14 tahun, berarti 220 – 14 = 206. Artinya frekuensi DNM orang tersebut sebesar 206. Setelah besarnya frekuensi maksimal denyut nadi ditemukan, baru menghitung tekanan intensitas latihan. Caranya dengan dikali 70-85% untuk ukuran intensitas latihan yang bukan atlet. Jadi, 220 – 14 x 70%.

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

Hasil intensitas latihan orang tersebut sebesar 144 denyut nadi per menit. Jadi, cara mengitung intensitas latihannya = 220 – umur x 70%. (Apabila bukan atlet). d. 250 – umur. Penjelasan Maksud soal: bagaimana cara menghitung frekuensi DNM. Kata kunci: intensitas latihan. • 110 dikurangi dengan umur salah. Sebab rumus frekuensi DNM menurut Metode Katch dan Meardle adalah 220.

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

• Sedangkan 220 benar. Karena, sesuai dengan rumus penentuan frekuensi DNM teoir dari Katch dan Meardle. • 230 salah. Ya, intinya 220 lah. • Jadi D juga salah. Jawabannya Untuk menentukan kadar intensitas latihan, khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler, dapat diterapkan Teori Katch dan Meardle yaitu Jawabannya: (B) 🏃‍♂️🏃‍♀️👩‍⚕️ Cara untuk menentukan kadar intensitas latihan kebugaran jasmani seseorang, khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler / jantung, dapat diterapkan Teori / metoder Katch dan Meardle dengan rumusnya yaitu = 220 – UMUR x 70%.

220 – umur adalah rumus untuk mencari frekuensi DNM, sedangkan 70% adalah tekanan itensitas latihan. Jawaban ini terdapat dalam buku paket kelas 8 revisi kemdikbud pada halaman 195 di bawah ini. Rekomendasi • 1. Waktu yang diperlukan untuk Latihan kebugaran jasmani bukan atlet adalah (A) • 7. Berikut gerakan latihan kekuatan otot punggung dari posisi badan telungkup yaitu (B) • 8. Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah (A) • 15.

Posisi badan yang benar saat melakukan naik turun bangku untuk latihan kekuatan otot kaki adalah (A) • 1. Sebutkan empat faktor yang mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani! (Jawabannya) • 4. Sebutkan empat ciri latihan kekuatan dan daya tahan paru dan jantung!

(Jawabannya) Kategori Kelas VIII, SMP Tag Brainly, Kebugaran Jasmani Navigasi Tulisan
Votere - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi kebugaran jasmani dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran PJOK kelas VIII revisi.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang kumpulan contoh soal materi kebugaran jasmani dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran PJOK. Gambar: freepik.com 1. Kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukakan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya, dari kerja yang dilakukan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan disebut . A. kesehatan B. kebugaran jasmani C. kekuatan D.

Ketahanan otot 2. Bentuk latihan yang mengharuskan seseorang melakukan gerakan dengan cepat dan mengubah arah dengan tangkas tanpa kehilangan keseimbangan disebut latihan . A. Daya tahan otot B. Daya ledak C. Kecepatan D. Kekuatan 3. Mula-mula tidur terlungkup, kaki rapat dan kedua tangan dikaitkan di belakang kepala, kemudian angkat badan sampai dada tidak menyentuh lantai merupakan latihan . A. Push-up B. Back-up C. Sit-up D. Squat jump 4.

Di bawah ini yang bukan latihan untuk mengencangkan otot lengan adalah . A. Pusp up B. Squat thrus C. Angkat tubuh D. Tarik tambang 5. Sebelum berolahraga sebaiknya melakukan kegiatan . A. pendinginan B. pemanasan C. istirahat D. gerakan inti 6. Perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut .

A. Derajat latihan B. Intensitas latihan C. Metode latihan D. Efek latihan 7. Berikut ini yang merupakan contoh latihan untuk kekuatan tubuh adalah . A. push up dan split B. push up dan squat jump C. split dan squat jump D. push up dan sit up 8. Yang bukan unsur-unsur dari kebugaran jasmani adalah . A. Endurance B. Strength C. Stretching D. Speed 9. Mencium lutut adalah contoh latihan yang bertujuan untuk melatih .

A. daya tahan tubuh B. kekuatan tubuh C. kelenturan D. kelincahan tubuh 10. Masa atau rentang waktu dalam suatu pemulihan setelah melakukan latihan disebut . A. Recovery B. Competition C. Performance D. Frekuensi 11. Latihan sit up berguna untuk mengencangkan otot . A. punggung B. kaki C. tangan D. perut 12. Latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara teratur akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit .

A. Jantung B. Paru-paru C. Liver D. Diabetes 13. Sikap tangan saat melakukan latihan kekuatan otot perut dengan sit up, diletakkan di kepala pada bagian . A. belakang B. depan C. samping D. atas 14. Seseorang yang sering melakukan latihan kebugaran jasmani terhidar dari . A. pingsan saat upacara B. ganguan kesehatan C. cidera saat berolah raga D.

kram saat pemanasan 15. Kemampuan tubuh melakukakan penyesuaian terhadap pembebasan fisik tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan disebut . A. Sehat B. Bugar C. Segar D. Gembira 16. Olah raga yang dapat melatih kekuatan otot perut adalah . A. push up B. sit up C. pull up D. back up 17. Kebugaran jasmani terbagi menjadi 2 jenis yaitu . A. Pra cidera dan pasca cidera B. Kebugaran awal dan kebugaran akhir C. Kebugaran usia muda dan kebugran usia lanjut D.

Kebugaran kesehatan dan kebugaran keterampilan 18. Cara melatih kekuatan otot punggung adalah . A. push up B.

back up C. squat rush D. sit up 19. Berikut merupakan kesegaran jasmani yang berhubungan dengan Health related fitness adalah . A. Kekuatan, daya tahan, keseimbangan, kelenturan B. Kekuatan, daya otot, kelenturan, kordinasi C.

Keseimbangan, ketepatan, reaksi, kelenturan D. Daya otot, kecepatan, kelincahan, koordinasi 20. Pada saat kita melakukan gerakan sit up posisi kaki harus . A. diluruskan B. dibuka C. diangkat D. ditekuk 21. Berikut merupakan kesegaran jasmani yang berhubungan dengan Motor related fitness adalah . A. Speed, endurance, agility B. Reaction, accuracy, muscular endurance C. Speed, reaction, coordination D. Muscular power, flexibility, cordination 22. Olahraga yang memerlukan kekuatan otot lengan adalah .

A. berkuda B. lompat jauh C. tinju D. lompat tinggi 23. Salah satu faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang adalah . A. Lingkungan B. Kualitas tidur C. Kebiasaan merokok D. Motivasi 24. Bentuk latihan yang mengharuskan seseoran dapat melakuakn pergerakan dengan cepat adalah .

A. kelincahan B. kecepatan C. kekuatan D. daya tahan 25. Yang dimaksud kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh melakukan aktivitas dan orang tersebut akan mengalami .

A. Kelelahan yang berarti B. Semangat yang tinggi C. Ketegangan otot D. Kelelahan yang tidak berarti 26. Setelah kita melakukan olah raga psti ada gerakan penutup yaitu . A. training B. take off C. streching D. coll down 27. Tarik tambang adalah salah satu kegiatan lomba yang selalu ada ketika memperingati HUT Republik Indonesia. Ketika dicermati terdapat 2 komponen kekuatan otot yang dilatih, yaitu . A. Otot tangan dan otot kaki B. Otot lengan dan otot perut C. Otot lengan dan otot tungkai D.

Otot bahu dan otot punggung 28. Kemampuan otot untuk menahan beban dalam waktu yang lama disebut . A. daya tahan B. kecepatan C. kelenturan D. daya tahan 29. Berikut yang temasuk bentuk latihan kelenturan adalah .

A. Back Up B. Sikap Lilin C. Fitness D. Yoga 30. Jadwal yang baik untuk melakukan latihan kebugaran jasmani yaitu . A. setiap hari B. 3 kali dalam seminggu C. 5 kali dalam seminggu D. 1 bulan sekali 31. Saat melakukan gerakan sit up yang baik, posisi kedua kaki sebaiknya . A. Harus diluruskan B. Dibuka lebar C. Diangkat tinggi D. Dibengkokan sedikit 32. Olahraga Teratur Harus Disertai Dengan. A`. Diet Makanan Sehat B. Makanan Yang Banyak C. Hiburan D.

Bekerja 33. Latihan untuk meningkatkan otot punggung adalah . A. Push up B. Back lift C. Sit up D. Squat jump 34. Kemampuan seseorang dalam rangka melakukan kegiatan sehari-harinya tanpa mengalami kelelahan yang berarti, merupakan pengertian dari.

A. Kesehatan Jasmani B. Kebugaran Jasmani C. Pendidikan Jasmani D. Jasmani Dan Kesehatan 35. Untuk melatih otot bahu dan dada dapat dilakukan dengan bantuan alat . A. Simpai B. Gada C. Barbel D. Terletang 36. Cara Membantu Teman Yang Melakukan Sit Up, Dilakukan Dengan . A. Memegang Kepala B. Memegang Ujung Kaki C. Memegang Perut D. Memegang Punggung 37. Gerakan squat jump dilakukan dengan posisi awal . A. Duduk B. Jongkok C.

Berdiri D. Terletang 38. Cabang olahraga yang paling baik untuk meningkatkan untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler tahan paru jantung adalah . A. Bulu tangkis B. Bola voly C. Bersepeda D. Jogging 39. Latihan push up dilakukan bertujuan untuk meningkatkan otot . A. Tungkai B. Lengan C. Perut D. Bahu 40. Kebutuhan kebugaran jasmani seseorang berbeda-beda, kebutuhan tersebut tergantung pada .

A. Berat ringannya badan B. Kondisi tubuh C. Usia seseorang D. Aktivitas yang dilakukan 41. Sesorang yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler maka akan terhindar dari kemungkinan . A. Ketegangan otot B. Cidera olahraga C. Pingsan akibat olahraga D. Gangguan kesehatan 42. Waktu yang diperlukan untuk latihan kebugaran jasmani bukan atlet adalah .

A. 20 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan B. 25 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan C. 30 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan D. 25 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan 43.

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

Tingkat kesegaran/kebugaran jasmani disebut juga . A. Physiological fitness B. Fitness C. Physical endurance D. Physical fitness 44. Untuk menentukan kadar intensitas latihan, khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler, dapat diterapkan Teori Katch dan Meardle yaitu .

A. 110-umur B. 230-umur C. 220-umur D. 250-umur 45. Latihan kebugaran jasmani berguna untuk . A. Daya tahan tubuh B. Kelentukan persendian C. Kekuatan otot D. Daya tahan, kelenturan, kecepatan kekuatan dan kelincahan 46. Frekuensi latihan untuk mendapat kebugaran paru-paru dan jantung adalah .

A. dilakukan secara teratur 3-5 kali/minggu B. dilakukan secara teratur 4-5 kali/minggu C. dilakukan secara teratur 6-8 kali/minggu D. dilakukan secara teratur 7-9 kali/minggu 47.

Suatu latihan untuk mengukur kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu contohnya. A. lari B. push up C. pull up D. squat jump 48. Presentase intensitas latihan untuk mendapat kebugaran paru dan jantung adalah . A. 30-45% dari detak jantung maksimal B. 45-65% dari detak jantung maksimal C. 75-85% dari detak jantung maksimal D. 95-100 % dari detak jantung maksimal 49. Manfaat olahraga secara teratur adalah untuk. A. menyembuhkan penyakit B. meningkatkan kesehatan C.

menghilangkan rasa malas D. membesarkan tulang 50. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah . A. menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan B. menekuk dan meluruskan kedua kaki C. menekuk dan meluruskan badan D.

meliuk dan meregangkan pinggang 51. Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah. A. sit up B. squat thurst C. push up D. back up 52. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit-up adalah . A. mengangkat badan dari posisi telentang B. mengangkat pinggul dari posisi duduk C.

mengangkat bahu dari posisi tidur D. mengangkat pundak dari posisi duduk 53. Latihan push up dilakukan bertujuan untuk meningkatkan otot . A. Tungkai B. Lengan C. Perut D. Bahu 54. Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah . A. naik turun bangku B. mengangkat badan pada palang tunggal C.

meluruskan kedua kaki ke depan D. mengangkat kedua kaki dari posisi duduk 55. Setelah kita melakukan kegiatan olahraga pasti ditutup dengan gerakan yang dinamakan . A. Warning up B. Wining stude C. Stretching D. Cool down 56. Posisi badan yang benar saat melakukan lompat tali untuk melatih kelincahan otot kaki adalah. A. membungkuk B. tegap C. meliuk D. melenting 57. Dibawah ini merupakan jenis kecepatan, kecuali. A. Kecepatan sprint B.

Kecepatan reaksi C. Kecepatan bergerak D. Kecepatan mengangkat 58. Bagaimana bentuk latihan yang benar untuk meningkatkan kelentukan otot pinggang . A. melentingkan pinggang dari posisi telentang B. melentingkan pinggang dari posisi berbaring C. melentingkan pinggul dari posisi telentang D. membungkukkan pinggang dari posisi duduk 59.

Lari menaiki bukit sering disebut dengan nama . A. Jogging B. Shuttle run C. Down hill D. Up hill 60. Arah pandangan mata saat kamu melakukan gerakan kayang adalah . A. ke depan /tanah B. ke samping C. ke belakang D. ke atas 61. Saat melakukan push up gerakkan tubuhnya ialah . A. Kekiri dan kekanan B. Kedepan dan kebelakang C. Maju dan mundur D. Naik dan turun 62. Takaran latihan untuk meningkatkan dan daya tahan otot adalah .

A. frekuensi latihan 3 kali/minggu dengan intensitas 70 % B. frekuensi latihan 4 kali/minggu dengan intensitas 75 % C. frekuensi latihan 5 kali/minggu dengan intensitas 80 % D. frekuensi latihan 6 kali/minggu dengan intensitas 100 % 63.

Kesanggupan tubuh untuk menjalankan pekerjaan yang dibebankan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan sehingga masih mempunyai cadangan tenaga untuk menjalankan tugas berikutnya disebut.

A. kesehatan jasmani B. kebugaran jasmani C. kekuatan fisik D. ketahanan fisik 64. Posisi badan yang benar saat melakukan naik turun bangku untuk latihan kekuatan otot kaki adalah . A. dibungkukan B. dimiringkan C. ditegakkan D. dientingkan 65. Latihan kekuatan otot punggung dilakukan dengan gerakan. A. kaki diangkat ke atas dan dada menyentuh lantai B. dada diangkat dan kaki menyentuh lantai C.

kedua tangan dan kaki diangkat ke atas D. kaki dan tangan diangkat, sedangkan dada menyentuh lantai 66. Nama lain dari kebugaran jasmani adalah . A. untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler B.

gym C. physical fitnes D. agility 67. Kemampuan tubuh untuk mempertahankan sikap tubuh yang tepat pada saat melakukan gerakan disebut latihan. A. kelenturan B. kekuatan C. keseimbangan D. agilitas 68. Yang merupakan latihan kecepatan adalah. A. push-up B. sit-up C. lari naik turun tangga D.

squat-jump 69. Untuk menjaga kebugaran jasmani dilakukan dengan. A. olahraga secara teratur B. menjaga kebersihan C. menjaga keindahan D. menjaga kesegaran 70. Berikut yang tidak termasuk unsur-unsur latihan kebugaran jasmani ialah. A. power B. daya tahan usus C.

kelentukan D. kelincahan 71. Kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya disebut. A. kecepatan B. kelincahan C. kekuatan D. daya ledak 72. Kemampuan menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya disebut . A. kekuatan B. kelincahan C. kelentukan D. kecepatan 73.

Lari menuruni bukit (down hill) merupakan salah satu latihan kecepatan untuk melatih. A. kecepatan frekuensi gerak tangan B. kecepatan frekuensi gerak kaki C. kecepatan frekunesi gerak badan D. kekuatan otot 74. Latihan sit-up bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. A. lengan B. perut C. tungkai kaki D. punggung 75. Latihan push up bertujuan untuk menguatkan.

A. otot pinggul B. otot tungkai C. otot perut D. otot lengan 76. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit-up adalah. A. mengangkat badan dari posisi terlentang B. mengangkat pinggul dari posisi duduk C.

mengangkat bahu dari posisi tidur D. mengangkat pundak dari posisi duduk 78. Posisi badan yang benar saat melakukan lompat tali untuk melatih kelincahan otot kaki adalah. A. membungkuk B. tegap C. meliuk D. melenting 79. High pull merupakan bentuk latihan mendorong beban.

A. ke atas B. ke samping C. ke bawah D. ke depan 80. Berikut ini latihan untuk meningkatkan kecepatan ialah . A. sit up B. push up C. pull up D. shuttle run
Soal Pilihan Ganda 1. Waktu yang diperlukan untuk latihan kebugaran jasmani bukan atlet adalah untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler.

a. 20 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan b. 25 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan c. 30 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan d. 25 menit tidak termasuk waktu untuk pemanasan atau pendinginan 2. Untuk menentukan kadar intensitas latihan, untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler, dapat diterapkan Teori Katch dan Meardle yaitu .

a. 110 - umur c. 230 - umur b. 220 - umur d. 250 – umur 3. Frekuensi latihan untuk mendapat kebugaran paru-paru dan jantung adalah …. a. dilakukan secara teratur 3 — 5 kali/minggu b. dilakukan secara teratur 4 — 5 kali/minggu c.

dilakukan secara teratur 6 — 8 kali/minggu d. dilakukan secara teratur 7 — 9 kali/minggu 4. Presentase intensitas latihan untuk mendapat kebugaran paru dan jantung adalah .

a. 30 — 45% dari detak jantung maksimal c. 75 — 85% dari detak jantung maksimal b. 45 — 65% dari detak jantung maksimal d. 95 — 100 % dari detak jantung maksimal 5. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah . a. menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan c. menekuk dan meluruskan badan b. menekuk dan meluruskan kedua kaki d. meliuk dan meregangkan pinggang 6.

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit-up adalah . a. mengangkat badan dari posisi telentang c. mengangkat bahu dari posisi tidur b. mengangkat pinggul dari posisi duduk d. mengangkat pundak dari posisi duduk 7. Berikut gerakan latihan kekuatan otot punggung dari posisi badan telungkup yaitu . a. Tumit terang- kat dari tanah ke depan b. Stick meny- ilang depan badan Kedua tumit terang- kat dari tanah c.

Pandangan mengikuti arah gerakan bola d. Kedua len- gan lurus di samping badan 8. Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah . a. naik turun bangku c. meluruskan kedua kaki ke depan b. mengangkat badan pada palang tunggal d. mengangkat kedua kaki dari posisi duduk 9.

Pendaratan kaki yang benar saat melakukan lompat tali untuk melatih kelincahan otot kaki adalah. a. ujung telapak kaki c. tumit kaki b. telapak kaki d. pinggir telapak kaki 10. Posisi badan yang benar saat melakukan lompat tali untuk melatih kelincahan otot kaki adalah. a. membungkuk c.

meliuk b. tegap d. melenting 11. Bagaimana bentuk latihan yang benar untuk meningkatkan kelentukan otot pinggang? a. melentingkan pinggang dari posisi telentang b. melentingkan pinggang dari posisi berbaring c. melentingkan pinggul dari posisi telentang d. membungkukkan pinggang dari posisi duduk 12. Berikut gerakan kayang bertumpu dengan kedua lengan dan kaki yakni .

a. Tidur telentang kedua lutut ditekuk, kedua lengan di samping telinga b. Pinggang diangkat ke atas hingga melenting c. Kedua tangan dan kaki diluruskan d. Kedua kaki berdiri terbuka selebar bahu kedua lutut direndahkan 13. Arah pandangan mata saat kamu melakukan gerakan kayang adalah . a. ke depan c. ke belakang b. ke samping d. ke atas 14. Takaran latihan untuk meningkatkan dan daya tahan otot adalah .

untuk menentukan kadar intensitas latihan khususnya untuk perkembangan daya tahan kordiovaskuler

a. frekuensi latihan 3 kali/minggu dengan intensitas 70 % b. frekuensi latihan 4 kali/minggu dengan intensitas 75 % c. frekuensi latihan 5 kali/minggu dengan intensitas 80 % d. frekuensi latihan 6 kali/minggu dengan intensitas 100 % 15. Posisi badan yang benar saat melakukan naik turun bangku untuk latihan kekuatan otot kaki adalah . a. ditegakkan c. dimiringkan b. dibungkukkan d. dilentingkan Soal Essay 1. Sebutkan empat faktor yang mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani!

2. Sebutkan empat koponen kebugaran jasmani! 3. Sebutkan empat ciri latihan kelenturan! 4. Sebutkan empat ciri latihan kekuatan dan daya tahan paru dan jantung!Mula-mula hitung frekuensi Denyut Nadi Maksimal (DNM).

Untuk menentukan DNM seorang siswa yang berumur 13 tahun dapat menggunakan rumus berikut : DNM= 220 – umur = 220 – 13 = 207 Jadi dengan nadi maksimal siswa yang berumur 13 tahun adalah 207 denyut nadi per menit. Selanjutnya ukur tekanan intensitas latihannya. Untuk latihan seseorang bukan atlit sekitar 70-85% dari 100% dengan lama latihan 20-30 menit. Jadi bila digunakan intensitas yang 70%, maka denyut nadi maksimalnya adalah : DNM= 220 – umur x 70% = 220 – 13 x 70% = 207 x 70/100 = 145 denyut nadi per menit

cara untuk membuat video YouTube wajib coba aplikasi nya bagus banget 😭❤️




2022 www.videocon.com