Nama lain dari animasi stop motion adalah

nama lain dari animasi stop motion adalah

Animasi stop motion adalah teknik animasi untuk membuat manipulasi fisik objek atau persona terlihat bergerak sendiri. Objek bergerak sedikit demi sedikit antara frame foto, memberikan ilusi bahwa objek bergerak sendiri ketika semua frame foto dimainkan berurutan secara kontinu. Sejarah Singkat Animasi Stop Motion Pada tahun 1960an dan 1970an, animator tanah liat independen Eliot Noyes Jr., memperhalus teknik free-form animasi tanah liat dengan filmnya yang dinominasi Oscar, Clay (or The Origin of Species).

Selanjutnya di tahun 1975, animator tanah liat dan pembuat film Will Vinton bergabung dengan pengukir Bob Gardiner untuk membuat film eksperimental berjudul Closed Mondays yang menjadi film stop motion pertama di dunia untuk memenangkan Oscar. Ia juga melanjutkan dengan membuat dokumenter mengenai style yang ia sebut claymation.

Setelah dokumenter ini, term claymation dinyatakan oleh Vinton sebagai penamaan karya-karyanya agar berbeda dari tim-timnya yang pernah dan akan mulai melakukan claymation. Tipe-tipe Animasi Stop Motion Stop motion nama lain dari animasi stop motion adalah memiliki dua variasi, yang pertama adalah stereoscopic stop motion.

Teknik stop motion umumnya jarang direkam dalam stereoscopic 3D selama sejarah animasi stop motion, namun stop motion 3D pertama adalah In Tune With Tomorrow pada tahun 1939 oleh John Norling. Akhirnya di tahun 2009, film stop motion dilakukan penuh dengan 3D berjudul Coraline yang berdasarkan novel populer Neil Gaiman. Selanjutnya ada go motion, yang dibantu kembangkan oleh Phil Tipett dan pertama digunakan di film Star Wars: The Empire Strikes Back (1980), Dragonslayer (1981), dan film-film RoboCop.

Yang membuatnya rumit dibandingkan model stop motion lain adalah karena menggunakan program komputer untuk menggerakan model sedikit selama setiap paparan dari setiap frame film, yang dikombinasikan dengan manipulasi tangan tradisional si model di antara frame, yang akan menghasilkan gerakan efek kabur yang lebih realistis. Hal ini juga digunakan untuk menghasilkan efek foto-realistis pertama menggambarkan dinosaurus di Jurassic Park pada tahun 1993.

Ini salah satu contoh animasi stop motion, Domo-kun, maskot stasiun TV Jepang, NHK. Alasan mengapa stop motion lebih dipilih dibanding CGI adalah karena low entry dan daya tarik tampilannya yang berbeda dari yang lain.

nama lain dari animasi stop motion adalah

Tertarik dengan stop motion dan ingin lebih mendalaminya? Kamu bisa mulai di Sekolah Animasi IDS, dan bisa melanjutkan ke JMC Academy, Australia untuk mendapatkan gelar bachelormu.

Source 1 [button link=”https://www.idseducation.com/ids-programs/college/digital-animation/” type=”big” color=”red” newwindow=”yes”]Pengen bisa bikin film animasi stop motion sendiri? Yuk Belajar di Sekolah Animasi IDS. Klik Disini! [/button] IDS - International Design School adalah institusi pendidikan di bidang visual nama lain dari animasi stop motion adalah (desain grafis, animasi, & film) dan juga digital & technology (digital marketing, UI/UX).

IDS - International Design School menyediakan pendidikan bagi peserta yang ingin menyiapkan diri dan meningkatkan kompetensi untuk bekerja di industri visual communication. Kerjasama dengan universitas di Australia, sekaligus team pengajar dari industri menjadi alasan mengapa IDS - International Design School adalah tempat yang tepat untuk menjembatani kamu kuliah di Australia serta mengembangkan kemampuan & kreatifitas kamu di bidang desain, animasi, film, fotografi, dan digital marketing.

Stop Motion Salah satu jenis dari animasi adalah animasi stop motion. Teknik stop motion adalah teknik di mana sebuah obyek berupa boneka, model, atau gambar digerakkan oleh tangan animator dengan cara memindahkan posisi secara perlahan-lahan. Disetiap gerakan direkam dengan kamera foto ataupun kamera shooting. Hasil rekaman itu disusun berurutan, maka yang tercipta adalah kesan seolah – olah bergerak dan hidup.

Dalam buku Pharosproduction, tahun 2006, chapter 1 stop motion adalah sebuah tehnik animasi yang memanipulasi gambar agar suatu benda yang diam dapat terlihat bergerak dan tergantung dalam perhitungan frame. Stop motion terdiri atas dua suku kata yaitu stop yang artinya berhenti dan motion yang artinya gerakan.

Mengulang kembali ke pengertian animasi yang bermakna pada satu proses menghidupkan atau memberikan gambaran bergerak kepada sesuatu yang statik agar kelihatan hidup dan dinamik, jadi animasi stop motion merupakan proses menghidupkan sesuatu yang statik dengan cara animasi yang dibentuk itu dari gerakan-gerakan yang terhenti.

Awalnya teknik stop motion digunakan oleh Albert E Smith dan J Stuart Blackton untuk pertunjukan The Humpty Dumpty Circus pada tahun 1898. Animasi stop motion memiliki sejarah panjang dalam dunia perfilman. Objek yang dipakai pun masih sederhana, berupa bonek. Berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika, J. Stuart Blackton adalah orang pertama kali yang diperkirakan mengenalkan teknik ini dalam filmnya berjudul : Fun in a Bakery Shop yang menggunakan clay.

Di sisi lain, di tahun yang sama di Eropa, seorang pionir efek spesial bernama George Melies, seorang sineas asal Perancis ternyata juga menciptakan film animasi dengan teknik yang sama, hanya saja film tersebut kurang diekspos. Film yang berjudul A Trip to the Moon ini berjalan 14 menit jika diproyeksikan pada 16 frame per detik, yang merupakan standar frame rate pada saat film dibuat.Tehnik stop motion kemudian digunakan kembali oleh Stuart Blankton pada tahun 1906 yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah karakter kartun di atas papan tulis kemudian gambar tersebut diambil gambarnya dengan still camera, lalu gambar tersebut dihapus dan digambar ekspresi berikutnya dan dipotret kembali, dan seterusnya dilakukan berulang-ulang, sehingga ketika pita kamera dijalankan dengan kecepatan tertentu maka gambar hasil dokumentasi tiap frame tersebut akan tampak bergerak dan seolah-olah hidup.

Pada saat itu, teknik stop motion semakin banyak nama lain dari animasi stop motion adalah oleh animator Amerika. Lalu teknik tersebut semakin berkembang hingga pada tahun 1925, Willis OBrien mencoba membuat film tentang dinosaurus yang terbuat dari clay (plastisin/tanah liat) dengan judul The Lost World dan disusul dengan karya klasiknya berjudul King Kong pada tahun 1933. Sejak itu, stop motion animation semakin dikenal dengan sebutan claymation. Kini semakin banyak aja karya claymation yang sukses di pasaran, seperti Wallace and Gromit (1989), Chicken Run (2000) oleh Aardman Animations, studio animasi spesialisasi stop motion yang didirikan Peter Lord dan David Sproxton tahun 1972.

Film The Nightmare before Christmas (1993)oleh Nama lain dari animasi stop motion adalah Burton dan yang paling gres Corpse Bride (2005). Contoh animasi stop motion : http://www.youtube.com/watch?v=ieN2vhslTTU Cara kerja stop motion yaitu mengharuskan animator mengubah adegan atau posisi atau tampilan secara fisik, dengan memfoto satu per satu frame, mengubah adegan atau posisi atau tampilan lagi dan memfoto satu frame lagi, dan seterusnya.

Komponen yang harus ada dalam animasi stop motion adalah Frame. Frame merupakan nama lain dari animasi stop motion adalah terkecil dalam video.

Dapat diumpamakan seperti kertas hvs yang didalamnya digambar 1 adegan atau 1 tampilan. Contoh dalam satu animasi terdadapat 3 frame berarti ada 3 gambar atau 3 adegan atau 3 tampilan.

Penggunaan frame dalam animasi stop motion sebagai bingkai atau rangka yang berisi benda atau gambar yang diam sehingga frame satu dengan frame lainnya saling mendukung agar terjadi pergerakan dan tampak hidup. Dibawah ini merupakan animasi stop motion seorang laki-laki yang sedang mencangkul dengan jumlah frame sebanyak 24. http://www.youtube.com/watch?v=7qud3ngFx60 Animasi stop motion sering juga disebut dengan claymation, karena dalam perkembangannya animasi ini sering menggunakan clay(tanah liat) sebagai objek yang digerakkan.

Namun penggunaan tanah liat dirasa kurang efektif karena mudah hancur sehingga beberapa orang sudah menggantikannya dengan bahan plastik yang lebih lentur dan mudah pewarnaannya. Salah satu ahli dari animasi clay adalah Ladislav Starvich, diawal 1910 menjadi sebuah teka-teki yang menarik penonton rusia dengan serangganya yang menyerupai hasil berakting tanpa sebuah bantuan manusiadalam sebuah drama komedi.

Boneka clay Strarvich menampilkan tipuan ekspresi wajah yang detail. Film animasi clay yang terkenal saat itu adalah film “The King Kong” yang menggunakan boneka gorila kecil (Bordwell and Thompson 46). Di jaman yang semakin maju mendorong manusia untuk menggunakan teknologi yang semakin berkembang. Kreatifitas manusia juga terdorong untuk menghasilkan suatu karya yang menarik. Sekarang komputer merupakan teknologi yang mendukung animasi stop motion, dengan adanya aplikasi yang memudahkan cara kerja proses editing animasi stop motion.

Buku “Premiere Magic, digital video editing dengan adobe premiere 6,5”, oleh Didik Wijaya, berisi tentang media aplikasi untuk pembuatan animasi stop motion. Case : Dari pembuatan stop motion dari bahan malam kami menyimpulkan bahwa komponen yang mempengaruhi terciptanya animasi stop motion yang bagus adalah membuat skenario atau skrip terlebih dulu, merancang dasar konsep karakter boneka dan layout setting yang dibutuhkan agar sesuai dengan tema yang diinginkan.

keahlian dalam membuat model karakter juga layout setting, keahlian dalam editing dan menguasai penggunaan kamera juga software pendukung dalam pembuatan video klip animasi stop motion.

http://digilib.petra.ac.id/ http://lisna-widiyasari.blogspot.com/2011/04/apa-itu-stop-motion.html http://lisna-widiyasari.blogspot.com/2011/04/apa-itu-stop-motion.html http://oprekzone.com/cara-membuat-animasi-stop-motion-bidang-datar/
Stop Motion terdiri dari dua kata yaitu STOP yang berarti berhenti dan MOTION yang berarti gerakan / bergerak.

Teknik ini menggunakan prinsip frame to frame seperti animasi 2 dimenSI. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar. Namun yang membedakan disini adalah cara menghidupkannya / animatenya.

Jadi dapat disimpulkan Stop Motion Animation adalah Tehnik membuat animasi / Film / movie yang dibuat seolah - olah potongan-potongan gambar menjadi saling berhubungan satu sama lain nya sehingga membentuk suatu Gerakan bahkan Cerita. Animasi stop motion sering disebut juga claymation, karena animasi ini sering menggunakan clay (plastisin/tanah liat) sebagai objek yang digerakkan.

Berdasarkan teknik penggarapannya, selain limited animation, dan teknik yang paling baru adalah CGI atau Computer Generated Imagery, penggarapan animasi dengan teknik stop motion sebenarnya tergolong paling kuno dan sangat sederhana sekali.

Animasi stop motion memiliki sejarah panjang dalam film. Objek yang dipakai pun masih sederhana, berupa boneka yang bisa digerakkan dengan tali dan tangan, atau kalau di Indonesia terkenal dengan wayang.

Gambar yang berurutan, ataupun tanah liat yang mudah diubah bentuknya, seringkali dipakai juga sebagai objek dalam pembuatan animasi ini.Awalnya teknik ini digunakan oleh Albert E Smith dan J Stuart Blackton untuk pertunjukan The Humpty Dumpty Circus pada tahun 1898.

nama lain dari animasi stop motion adalah

Ketika animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika, J. Stuart Blackton adalah orang pertama kali yang mengenalkan teknik ini dalam filmnya berjudul : Fun in a Bakery Shop yang menggunakan clay.

Film ini kemungkinan merupakan film animasi stop motion yang pertama kali muncul pada tahun 1902. Karena di sisi lain, di tahun yang sama di Eropa, seorang pionir efek spesial bernama George Melies, seorang sineas asal Perancis ternyata juga menciptakan film animasi dengan teknik yang sama, hanya saja film tersebut kurang diekspos.

Film yang berjudul A Trip to the Moon ini berjalan 14 menit jika diproyeksikan pada 16 frame per detik, yang merupakan standar frame rate pada saat film dibuat. Selanjutnya pada tahun 1906, Stuart Blackton kembali membuat film animasi pendek dengan judul Humourous Phases of Funny Faces, yang dibuat dengan menggunakan media papan tulis dan kapur tulis.

Menggambarkan ekspresi wajah seorang tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambarkan ekspresi selanjutnya. Pada saat itu, teknik stop motion semakin banyak disenangi oleh animator Amerika. Lalu teknik tersebut semakin berkembang hingga pada tahun 1925, Willis OBrien mencoba membuat film tentang dinosaurus yang terbuat dari clay (plastisin/tanah liat) dengan judul The Lost World dan disusul dengan karya klasiknya berjudul King Kong pada tahun 1933.

Sejak itu, stop motion animation semakin dikenal dengan sebutan claymation. Kini semakin banyak aja karya claymation yang sukses di pasaran, seperti Wallace and Gromit (1989), Chicken Run (2000) oleh Aardman Animations, studio animasi spesialisasi stop motion yang didirikan Peter Lord dan David Sproxton tahun 1972. Film The Nightmare before Christmas (1993) oleh Tim Burton dan yang paling gres Corpse Bride (2005).

Cara kerja atau cara pembuatan animasi stop motion: Animasi Stop Motion yang berarti Animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Memang demikianlah sesungguhnya prinsip membuat animasi Stop Motion.pertama kita memotret atau mengambil suatu gerak,kemudian gerakan berikutnya,semua Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi. Untuk membuatnya kita bisa menggunakan beberapa cara yaitu menggunakan komputer untuk menggambar.

Ke 2 dengan menggambar langsung di kertas atau menggunakan media lainnya. Ke 3 mengambil gambar menggunakan kamera,Yang akan saya paparkan disini adalah cara kedua yaitu menggambar langsung di kertas.

Yang perlu diperhatikan pada cara pembuatan animasi stop motion bidang datar adalah posisi kamera (Webcam) dan pencahayaan. Usahakan posisi kamera tidak bergerak-gerak saat dilakukan pengambilan gambar atau saat melakukan perubahan gerak obyek animasi.

Untuk itu Webcam dapat dipasang pada penyangga yang cukup kuat dan mengarah hampir tegak lurus dengan gambar. Perubahan gerakan yang semakin sedikit pada setiap pengambilan gambar akan menghasilkan Gerakan Animasi yang semakin halus. Untuk itu Storyboard akan sangat membantu untuk menentukan awal dan akhir gerakan sehingga durasi untuk setiap hasil gerakan animasi yang didapat bisa diperhitungkan dengan tepat sesuai dengan kecepatan frame yang direncanakan.

Atur fokus dari Webcam dengan teliti dan usahakan pencahayaan tepat berada di atas gambar nama lain dari animasi stop motion adalah jarak yang disesuaikan sehingga dapat menghasilkan gambar dengan garis tepi obyek yang jelas terlihat. Proses pembuatan stop motion yang sederhana tetapi mengandung cerita yang kuat di kelompokkan menjadi beberapa tahap, agar stop motion yang dibuat lebih terlihat terencana dengan baik.

Tahap 1: Rancangan Awal 1. Buat di selembar kertas mengenai konsep dari proyek stop motion yang ingin di kerjakan. 2. Tulis tema atau pesan apa yang ingin disampaikan melalui stop motion tersebut.

3. Kedua, tulis nama-nama tokoh (kalau dibutuhkan). 4. Ketiga, tentukan bahan apa yang ingin di gunakan sebagai modelnya (bisa papercraft, Lego, action vigure, atau bahan-bahan sederhana lainnya) 5. Keempat, tulis daftar semua lagu pengiring dan/atau efek suara (sound effect) yang sesuai dengan stop motion yang dibuat. 6. Kelima, tulis garis besar dari cerita tiap-tiap adegan (scene).

Tahap 2: Mendesain 1. Kembangkan garis besar dari tiap-tiap scene agar lebih menarik lagi. Sesuaikan dengan sifat bahan yang digunakan untuk model.

nama lain dari animasi stop motion adalah

2. Desain layout tampilan area yang ingin ditampilkan. Jangan lupa lampu untuk permainan cahayan agar lebih hidup stop motion-nya. 3. Desain tampilan model/tokoh yang ingin dimainkan.

Bisa modelnya terbuat dari kertas, membuat desainnya secara manual dengan menggunakan kertas millimeter block (agar tidak terjadi perbedaan ukuran), atau menggunakan digital imaging.

Bisa juga Anda membuat sketsa desain modelnya terlebih dahulu, lalu men-scan-nya dan menyempurnakannya menggunakan aplikasi pengolah pixel (seperti Photoshop) atau vector (seperti Illustrator). Tahap 3: Persiapan dan Pelaksanaan 1. Siapkan semua set area 'beraksinya' model sesuai dengan alur cerita yang telah dibuat.

2. Persiapkan pula model di posisi awal sesuai dengan cerita yang ada. 3. Siapkan kamera. Bisa memakai kamera apa saja, kamera digital saku pun bisa. Akan tetapi, untuk hasil yang lebih bagus, disarankan menggunakan kamera DSLR atau kamera digital yang mempunyai fitur HDR video.

Tempatkan kamera dengan angle yang pas (usahakan jangan keseringan mengambil gambar dengan teknik zoom). Semakin Banyak nama lain dari animasi stop motion adalah yang diambil, maka semakin 'mulus' video yang dihasilkan nantinya.

4. Dianjurkan menggunakan tripod agar hasil gambar tidak goyang atau berubah angle. Fungsi dari tripod ini untuk menyangga agar kamera tetap dalam posisi bidik yang tetap. Intinya, kamera harus tetap dalam posisi bidiknya. 5. Atur sumber pencahayaan yang baik.

Bisa menggunakan lampu atau senter.Jika lampu berkedip-kedip, maka perlu mematikan sumber-sumber cahaya disekitar 'area beraksi'. 6. Ambil foto pertama sebagai uji coba apakah sudah benar segala sesuatunya. Jika belum, atur kembali yang dirasa perlu diperbaiki.

7. Jika foto pertama dirasa pas, lanjutkan dengan pergerakan selanjutnya. Yang perlu diingat, jangan menggerakkan model terlalu cepat (jarak geraknya terlalu jauh). Gerakan perlahan-lahan. Bisa juga memasukkan beberapa gerakan anggota dari model, atau mengubah tata letak set.

8. Lakukan hal yang sama, sampai lengkap sudah ceritanya. Tahap 4: Finishing Dalam tahap finishing (akhir) ini, tinggal menggabungkan hasil jepretan yang sudah menggunakan software yang ada di komputer. Windows Movies Maker yang sudah bawaan dari windows bisa di gunakan juga untuk mengubahnya menjadi film. Sedangkan untuk aplikasi dengan hasil yang lebih bagus (dengan kesulitan yang lebih tinggi tentunya) ada Adobe After Effect, Adobe Premiere, Virtual Dub, dan Stop Motion Station.

Ada hal yang harus diketahui dalam pembuatan film animasi, salah satunya adalah Frame, frame adalah satuan terkecil dalam video.

pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama.apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut.

karena frame tidak dapat berdiri sendiri. Kembali pada pengertian stop motion, yaitu salah satu teknik dalam pembuatan animasi. Teknik ini terdiri dari dua kata yaitu stop yang berarti berhenti dan motion yang berarti gerakan / bergerak.

Teknik ini menggunakan prinsip frame to frame, seperti animasi 2 dimensi. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar. Yang membedakan adalah cara menghidupkannya / animatenya. Animasi pada umumnya memiliki gerakan-gerakan yang lincah seperti yang ada dalam 12 prinsip animasi, namun jika mengerjakan menggunakan stop motion gerakan tidak akan tampak lincah karena keterbatasan gerak objek.

Pada umumnya animasi awalnya bukan video, melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video. Begitu pun stop motion, juga terdiri dari kumpulan gambar yang berurutan.

Namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam stop motion tidak lah sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Karena pengambilan sebuah gambarnya memerlukan penggerakan objek secara manual. Dan objeknya bukanlah benda hidup.

Selanjutnya, setelah teknologi komputer berkembang, bermunculan animasi yang dibuat dengan teknologi komputer. Animasi itu nama lain dari animasi stop motion adalah jenisnya. Ada yang 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D).

Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Sedangkan 3D lebih kompleks lagi karena menambahkan berbagai efek di dalamnya seperti efek percahayaan, air dan api, dan sebagainya.

frame adalah satuan terkecil dalam video. pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama.apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut.

karena frame tidak dapat berdiri sendiri. Stop motion juga merupakan salah satu teknik dalam membuat sebuah video. Pada intinya sama dengan pembuatan video lainnya yang menggunakan frame-frame. Namun, antar frame terlihat perubahan yang kasar, sehingga terlihat seperti gerakan kaku, sesuai namanya stop motion, stop (berhenti), motion (gerakan), bergerak dan berhenti. Disinilah terlihat keunikkan dari style video ini. Animasi stopmotion awalanya ditemukan oleh Albert E Smith dan J Stuart Blackton untuk pertunjukan The Humpty Dumpty Circus pada tahun 1898.

Saat animasi stop motion mulai berkembang pada abad ke-18 di Amerika, diperkenalkan oleh J. Stuart Blackton dengan menggunakan sebuah film yang berjudul “Fun In A Bakery Shop”,menggunakan clay dan baru terkenal pada tahun 1902. Di tahun yang sama di Eropa, seorang pionir efek spesial bernama George Melies, seorang sineas asal Perancis juga telah menciptakan film animasi dengan teknik yang sama, hanya saja film tersebut kurang diekspos. Film yang berjudul A Trip to the Moon ini berjalan 14 menit jika diproyeksikan pada 16 frame per detik, yang merupakan standar frame rate pada saat film dibuat.

Pada saat itu, teknik stop motion semakin banyak disenangi oleh animator Amerika. Lalu tekniktersebut semakin berkembang hingga pada tahun 1925, Willis OBrien mencoba membuat film tentang dinosaurus yang terbuat dari clay (plastisin/tanah liat) dengan judul The Lost World dan disusul dengan karya klasiknya berjudul King Kong pada tahun 1933.

Sejak saat itu, animasi stop motion semakin dikenal dengan sebutan claymation.

nama lain dari animasi stop motion adalah

Selain itu masih banyak jajaran animasi stop motion yang juga laris dipasaran, seperti Wallace and Gromit (1989), Chicken Run (2000) oleh Aardman Animations, studio animasi spesialisasi stop motion yang didirikan Peter Lord dan David Sproxton tahun 1972.

Film The Nightmare before Christmas (1993) oleh Tim Burton dan yang paling baru Corpse Bride (2005). Stop Motion terdiri dari dua kata yaitu STOP yang berarti berhenti dan MOTION yang berarti gerakan / bergerak. Teknik ini menggunakan prinsip frame to frame seperti animasi 2 dimensi. Jadi dapat disimpulkan Stop Motion Animation adalah teknik membuat animasi / film / movie yang dibuat seolah - olah potongan-potongan gambar menjadi saling berhubungan satu sama lain nya sehingga membentuk suatu gerakan bahkan cerita.

Pada umumnya animasi awalnya bukan video namun melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video. Begitu pun dengan nama lain dari animasi stop motion adalah motion yang juga terdiri dari kumpulan gambar yang berurutan.

Namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam stop motion tidak lah sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Gerakannya terkesan patah - patah. Karena pengambilan sebuah gambarnya memerlukan penggerakan objek secara manual.

Stop motion animation sering disebut juga claymation, karena animasi ini sering menggunakan clay (plastisin/tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Berdasarkan teknik penggarapannya, selain limited animation, dan teknik yang paling baru adalah CGI atau Computer Generated Imagery, penggarapan animasi dengan teknik stop motion sebenarnya tergolong paling kuno dan sangat sederhana sekali. Animasi ini bukan animasi yang bisa dibuat dalam waktu singkat.

Namun, semua orang bisa mencobanya. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah kamera foto atau kamera video tipe apa pun, tripod atau apapun yang dapat menyanga kamera tepat pada tempatnya, dan yang paling penting adalah objeknya. Cukup dengan menggunakan tangan sendiri, kita pindahkan posisi objek berupa boneka, model, atau gambar secara perlahan-lahan. Dan setiap pergerakan itu direkam dengan kamera foto ataupun kamera video. Nah, ketika hasil rekaman itu kita susun berurutan, maka yang tercipta adalah kesan seolah-olah objek bergerak dan hidup.

Dari berbagai jenis karya animasi, salah satunya adalah cara membuat animasi stop motion. Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti.

Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi. Yang akan coba saya share disini adalah mengenai cara pembuatan gambar animasi stop motion bidang datar atau 2 dimensi. Untuk membuatnya bisa menggunakan beberapa cara yaitu menggunakan komputer untuk menggambar.

Kedua dengan menggambar langsung di kertas atau menggunakan media lainnya. Yang perlu diperhatikan pada cara pembuatan animasi stop motion adalah posisi kamera (webcam) dan pencahayaan. Usahakan posisi kamera tidak bergerak-gerak saat dilakukan pengambilan gambar atau saat melakukan perubahan gerak obyek animasi.

Untuk itu webcam dapat dipasang pada penyangga yang cukup kuat dan mengarah hampir tegak lurus dengan gambar. Perubahan gerakan yang semakin sedikit pada setiap pengambilan gambar akan menghasilkan gerakan animasi yang semakin halus. Untuk itu storyboard akan sangat membantu untuk menentukan awal dan akhir gerakan sehingga durasi untuk setiap hasil gerakan animasi yang didapat bisa diperhitungkan dengan tepat sesuai dengan kecepatan frame yang direncanakan.

Atur fokus dari webcam dengan teliti dan usahakan pencahayaan tepat berada di atas gambar dengan jarak yang disesuaikan sehingga dapat menghasilkan gambar dengan garis tepi obyek yang jelas terlihat. Untuk software animasi stop motion saya share 2 software yang nama lain dari animasi stop motion adalah anda download yaitu stopmotion1 dan take5.
• MAPEL PRODUKTIF MM • WEB • Pengertian Website dan Contohnya • MENGGABUNGKAN AUDIO KE DALAM SAJIAN MM • ANIMASI STOP MOTION • Pengertian Dan jenis Animasi Stop Motion • CLEAN UP SISIP • APK EDIT FOTO • ALIR PROSES PRODUKSI • DOCUMENS • JADWAL PELAJARAN • FOTO • VIDIO • EKSTRAKULIKULER • PMR • SILAT • FULSAL • APLIKASI UNTUK DESAIN GRAFIS • Aplikasi untuk Desain grafis & Gambar 3D • MAPEL PRODUKTIF MM • DOCUMENS • EKSTRAKULIKULER • APLIKASI UNTUK DESAIN GRAFIS • Search Definisi Animasi : Animasi adalah serangkaian gambar yang bergerak dengan cepat secara kontinu yang memiliki hubungan antara satu dan lainnya.

Objek animasi dapat berasal dari gambar yang digambar pada media sel, kertas, menggunakan komputer atau dengan tanah liat dan boneka. Definisi Film : merekam gambar yang bergerak. Seni film mencakup seluruh seni yang pernah ada, ditambah dengan sarana publikasi dan teknologi, khususnya fotografi.

nama lain dari animasi stop motion adalah

• Cel Animation Cel animation mengharuskan para animator untuk menggambar (dengan tangan) frame-frame yang dibutuhkan untuk menghasilkan ilustrasi gerakan objek. Cel animation juga disebut traditional animation dan hand-drawn animation, teknik ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: full animation, limited animation dan rotoscoping.

• Stop Motion Animation Stop motion disebut juga frame-by-frame, objek seakan bergerak karena mempunyai banyak frame yang dijalankan secara beraturan.

Teknik Animasi Ini Menggambarkan berbagai manipulasi objek yang mungkin termasuk model, tanah liat dan boneka. Stop motion animation dibuat dengan cara shoot satu demi satu gambar dengan menggunakan video atau movie camera, bisa juga menggunakan kamera photography analog ataupun digital, hasil shot still image(gambar diam) tadi lalu disusun menjadi movie.

• Computer-Generated Imagery (CGI) Animasi komputer (computer animation atau CGI animation) adalah seni membuat gambar bergerak dengan menggunakan komputer.

• Live Action and Cartoon Combinations Teknik ini menggabungkan live action dengan kartun. Live action menggambarkan orang- orang dan sesuatu yang serupa dengan dunia nyata. Kartun adalah nama untuk suatu bentuk gambar yang dibuat representasional terhadap suatu peristiwa, dengan arah hasrat melucu Gerak berhenti (bahasa Inggris: stop motion atau stop frame) adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya.

Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Boneka dengan sendi yang dapat digerakan atau figur nama lain dari animasi stop motion adalah liat sering digunakan dalam gerak henti karena alasan kemudahan meletakkannya kembali. Animasi gerak henti yang menggunakan tanah liat disebut animasi tanah liatatau clay mation. Sering disingkat claymation, ini adalah jenis animasi stop-motion di mana masing-masing bagian animasi, baik objek karakter atau latar belakang, menggunakan “deformasi bentuk “ dengan bahan elastis seperti tanah liat.

Salah satu contoh film dengan teknik ini adalah : Gumby and Art Pokey( http://www.youtube.com/watch?v=uBl9vxqso_A) Animasi cutout adalah teknik yang dibentuk dengan menggerakkan potongan lembaran 2- dimensi. Animasi ini dibuat dengan menggunakan karakter datar, alat peraga dan latar belakang dari bahan seperti kertas, kartu, kain yang kaku, benda-benda mati, kain atau bahkan foto.

Awal dari film animasi yang dikenal di dunia adalah animasi guntingan dibuat di Argentina oleh Quirino Cristiani ( http://www.youtube.com/watch?v=FAF9y51P1jM) Animasi grafis adalah variasi dari stopmotion yang lebih konseptual daripada animasi cel tradisional bidang datar dan animasi kertas gambar (cutout). Tapi secara teknis ia termasuk stop motion yang dibuat dengan foto (secara keseluruhan atau sebagian). Animasi grafis dapat dilakukan dengan kamera hanya panning ke atas dan ke bawah dan / atau difoto secara individu, satu per satu.

Contoh animasi dengan teknik ini adalah animasi kapurtulis ( http://www.youtube.com/watch?v=QNDVzA3aS2s). Pixilation adalah teknik stop motion di mana yang digunakan adalah aktor hidup sebagai subjek frame-by-frame, aktor tersebut berpose berulang kali untuk satu atau lebih frame yang diambil (foto) dan bergerak sedikit demi sedikit ke frame berikutnya.

Aktor ini menjadi semacam wayang hidup gerak berhenti dan bergerak. Teknik ini sering digunakan sebagai cara untuk menggabungkanr aktor hidup dengan orang-orang dalam sebuah film animasi, seperti dalam The Adventures Secret Of Tom Thumb oleh Brothers BOLEX.

Berikut salah satu contoh film dengan teknik pixilation. ( http://www.youtube.com/watch?v=OChosk_MKWc). Animasi boneka biasanya melibatkan tokoh boneka seperti wayang berinteraksi satu sama lain dalam lingkungan yang dibentuk. Boneka wayang umumnya memiliki tulang rangka untuk menjaga mereka tetap dan mantap serta menghambat mereka agar selalu bergerak pada sendi tertentu.

Wayang digunakan dan dipotret setiap kali posisi mereka berubah sedikit demi sedikit untuk membuat gerakan.

nama lain dari animasi stop motion adalah

Dalam animasi ini kita memberikan kehidupan kepada benda mati dan membuat mereka terlihat seperti hidup. Contoh karya dengan teknik ini adalah The Tale of the Fox, The Nightmare Before ChristmasChicken Robot.

( http://www.youtube.com/watch?v=PzzqE7EPoIc)
7 Jenis Animasi Stop Motion Kita mengenal bahwa animasi terdiri dari berbagai jenis, ada animasi 2D, 3D, Tradisional, dan Stop Motion. Mari kita membahas animasi stop motion, jenis animasi ini memiliki teknik pembuatan yang memakan waktu, karena stop motion adalah teknik untuk membuat film atau animasi yang dibuat seolah potongan-potongan gambar menjadi saling berhubungan satu sama lainnya sehingga menghasilkan atau membentuk suatu gerakan dan bahkan menjadi sebuah cerita.

Yuk kita lihat Jenis-jenis Animasi Stop Motion yang mungkin bisa jadi referensi kamu. Jenis – Jenis Animasi Stop Motion 1. Animasi Cut Out Animasi stop motion ini adalah teknik animasi yang digunakan untuk membentuk sebuah animasi, yang cara pembuatannya membuat potongan gambar yang sesuai bentuk yang diinginkan. Animasi ini dibuat dengan menggunakan alat peraga dan karakter yang datar.

nama lain dari animasi stop motion adalah

Latar belakang yang digunakan biasanya terbuat dari kertas, kain, atau foto, tergantung keperluan juga. Saat ini jenis seperti ini sering diproduksi dengan komputer, yang biasa dilakukan adalah dengan gambar discanning.

2. Animasi Clay Animasi stop motion ini menggunakan clay atau tanah liat atau bahan-bahan elastis yang bisa dibentuk, sebagai objek yang gerakan. Clay atau tanah liat biasanya di transform menjadi bentuk – bentuk yang diinginkan.

Biasanya stop motion memang banyak menggunakan jenis ini. Animasi yang menggunakan tanah liat ini seperti Gumby and Pokey, Chicken Run, dan Corpse Bride. 3. Animasi Puppet (Wayang)(Boneka) Animasi stop motion ini biasanya melibatkan tokoh boneka atau wayang atau figur lainnya yang merupakan penyederhanaan dari bentuk alam yang ada.

Figur atau boneka tersebut biasanya terbuat dari bahan-bahan yang memang mempunyai sifat yang lentur (plastik) dan mudah untuk digerakan saat melakukan pemotretan bingkai per bingkai. Bahan yang biasanya digunakan adalah kayu nama lain dari animasi stop motion adalah muda diukir, kain, kertas, tanah liat, dan lain sebagainya, yang dapat menciptakan karakter yang tidak kaku.

4. Animasi Pixilation Animasi stop motion ini menggunakan aktor hidup, dimana aktor hidup ini berperilaku selayaknya boneka. Pemotretannya seperti pada stop motion biasanya, sang aktor tersebut berpose berulang-ulang untuk satu atau lebih frame yang diambil dan bergerak sedikit demi sedikit ke frame berikutnya layaknya boneka yang digerakan. Nah kamu udah liat kan jenis-jenis animasi stop motion yang ada.

Jenis animasi yang mana nih yang bakalan kamu buat. Atau kamu mau lebih banyak tau tentang dunia animasi dan stop motion. Ayo join di IDS - International Design School di Sekolah Animasi atau Kursus Animasi. Kamu juga bisa dapet gelar Bachelor dari Universitas terkenal di Luar Negeri LOH. Ayo buruan daftar dan ikuti kelasnya. Recent Posts • 5 Fakta Menarik Film CODA, Film Terbaik di Oscar 2022 • Film Moon Knight: Superhero Baru Marvel Bernuansa Horor • 15 Marketing Tools yang Banyak Disukai Orang • Film Morbius: Premis menjanjikan namun berakhir kacau • 5 Fakta Tentang Film Turning Red dan Cara Menontonnya • 6 Perubahan Besar Pada Content Marketing di Tahun 2022 • 5 FilmDokumenter Menarik Yang Berlatar Belakang dan Melibatkan Tokoh Indonesia • 9 Jenis Marketing Campaign Terbaik untuk Promosikan Bisnis • 10 Rekomendasi Film Horor Tahun 2022 yang Bisa Kamu Tonton Bareng Teman Dan Keluarga • Top 20 Font Populer di Tahun 2022 Bagi Desainer IDS - International Design School adalah institusi pendidikan di bidang visual communication (desain grafis, animasi, & film) dan juga digital & technology (digital marketing, UI/UX).

IDS - International Design School menyediakan pendidikan bagi peserta yang ingin menyiapkan diri dan meningkatkan kompetensi untuk bekerja di industri visual communication. Kerjasama dengan universitas di Australia, sekaligus team pengajar dari industri menjadi alasan mengapa IDS - International Design School adalah tempat yang tepat untuk menjembatani kamu kuliah di Australia serta mengembangkan kemampuan & kreatifitas kamu di bidang desain, animasi, film, fotografi, dan digital nama lain dari animasi stop motion adalah MOTION Animasi Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat nama lain dari animasi stop motion adalah yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.

Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan. Tokoh/objek dari tanah liat sering digunakan dalam stop motion untuk kemudahan mereka mereposisi. Gerakan animasi menggunakan tanah liat disebut clay animation or clay-mation. Pada umumnya animasi awalnya bukan video, melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video.

Begitu pun stop motion, juga terdiri dari kumpulan gambar yang berurutan. Namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam stop motion tidak lah sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Karena pengambilan sebuah gambarnya memerlukan penggerakan objek secara manual. Dan objeknya bukanlah benda hidup. Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan.

Tehnik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh stuart blakton pada tahun 1906 yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat ini. Wallace and gromit dan chicken run, karya nick parks, yang sempat hadir di jakarta beberapa saat yang lalu adalah salah satu contoh karya stop motion animation.

Contoh lainnya adalah celebrity deadmatch di mtv yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia. Jangan lupakan pula nightmare before christmast karya yang tim burton yang terkenal dengan film batman dan edward scissorhands.

Sejauh ini perkembangan stop motion animation di indonesia belum terlalu besar, sehingga sulit menjadi animator yang mau berkarya pada bidang ini. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah tingkat kesulitan dan kesabaran yang cukup tinggi, yang tentu saja tidak dipunyai oleh setiap orang. Dari berbagai jenis karya animasi, salah satunya adalah cara membuat animasi stop motion.

Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi. Disebut animasi stop motion Karena…. Dalam perkembangannya, stop motion animation sering disebut juga sebagai claymation, karena animasi ini sering menggunakan clay (plastisin/tanah liat) sebagai objek yang digerakkan.

Berdasarkan teknik penggarapannya, selain limited animation, dan teknik yang paling baru adalah CGI atau Computer Generated Imagery, penggarapan animasi dengan teknik stop motion sebenarnya tergolong paling kuno dan sangat sederhana sekali.

Tidak diperlukan satu keahlian khusus dalam membuatnya, yang paling dibutuhkan dalam pengerjaannya teliti dan telaten. Animasi ini bukan animasi yang bisa dibuat dalam waktu singkat.

Namun, semua orang bisa mencobanya. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah kamera foto atau kamera video tipe apa pun, tripod atau apapun yang dapat menyanga kamera tepat pada tempatnya, dan yang paling penting adalah objeknya. Cukup dengan menggunakan tangan sendiri, kita pindahkan posisi objek berupa boneka, model, atau gambar secara perlahan-lahan.

Dan setiap pergerakan itu direkam dengan kamera foto ataupun kamera video. Ketika hasil rekaman itu kita susun berurutan, maka nama lain dari animasi stop motion adalah tercipta adalah kesan seolah-olah objek bergerak dan hidup. animasi stop motion diciptakan…. Yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya
Stop Motion (Claymation) adalah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik bergerak sendiri.

Atau stopmotion adalah animasi yang memanipulasi gambar agar suatu benda mati dapat bergerak sendiri dan tergantung dalam perhitungan frame. disebut animasi stop motion Karena objek bergerak sedikit demi sedikit lalu difoto manjadi frame individual, serangkaian frame menciptakan ilusi gerak yang dijalankan sebagai urutan kontinyu.

SEJARAH ANIMASI STOP MOTION Animasi stop motion memiliki sejarah panjang dalam film. Objek yang nama lain dari animasi stop motion adalah pun masih sederhana, berupa boneka yang bisa digerakkan dengan tali dan tangan, atau kalau di Indonesia terkenal dengan wayang. Gambar yang berurutan, ataupun tanah liat yang mudah diubah bentuknya, seringkali dipakai juga sebagai objek dalam pembuatan animasi ini. Awalnya teknik ini digunakan oleh Albert E Smith dan J Stuart Blackton untuk pertunjukan The Humpty Dumpty Circus pada tahun 1898.

Ketika animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika, J. Stuart Blackton adalah orang pertama kali yang mengenalkan teknik ini dalam filmnya berjudul : Fun in a Bakery Shop yang menggunakan clay. Film ini kemungkinan merupakan film animasi stop motion yang pertama kali muncul pada tahun 1902. Karena di sisi lain, di tahun yang sama di Eropa, seorang pionir efek spesial bernama George Melies, seorang sineas asal Perancis ternyata juga menciptakan film animasi dengan teknik yang sama, hanya saja film tersebut kurang diekspos.

Film yang berjudul A Trip to the Moon ini berjalan 14 menit jika diproyeksikan pada 16 frame per detik, yang merupakan standar frame rate pada saat film dibuat. Selanjutnya pada tahun 1906, Stuart Blackton kembali membuat film animasi pendek dengan judul Humourous Phases of Funny Faces, yang dibuat dengan menggunakan media papan tulis dan kapur tulis.

Menggambarkan ekspresi wajah seorang tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambarkan ekspresi selanjutnya. Pada saat itu, teknik stop motion semakin banyak disenangi oleh animator Amerika. Lalu teknik tersebut semakin berkembang hingga pada tahun 1925, Willis OBrien mencoba membuat film tentang dinosaurus yang terbuat dari clay (plastisin/tanah liat) dengan judul The Lost World dan disusul dengan karya klasiknya berjudul King Kong pada tahun 1933.

Sejak itu, stop motion animation semakin dikenal dengan sebutan claymation. Kini semakin banyak aja karya claymation yang sukses di pasaran, seperti Wallace and Gromit (1989), Chicken Run (2000) oleh Aardman Animations, studio animasi spesialisasi stop motion yang didirikan Peter Lord dan David Sproxton tahun 1972.

Film The Nightmare before Christmas (1993) oleh Tim Burton dan yang paling gres Corpse Bride (2005). Stuart Blackton Alat-alat yang dipakai membuat stop motion antara lain : • Kamera Kamera saku atau Kamera SLR lebih bagus lagi.

• Tripod Ini fungsinya untuk menyangga saja agar kamera tetap di posisi bidik. • Objek Tergantung topic yang akan di usung misalnya membuat animasi robot maka sediakan mainan robot. • Komputer Untuk memproses hasil photo yang telah dibuat sehingga bisa menjadi sebuah film. • CD/DVD Burning Software Proses terakhir yang dilakukan setelah menggabungkan stop motion dan live shoot yaitu melakukan rendering di mana format yang digunakan yaitu AVI dengan kualitas gambar yang bagus.

Rendering merupakan proses pemindahan data dari kamera ke komputer yang kemudian dilanjutkan dengan proses editing. Pembuatan animasi terdapat beberapa proses, antara lain yaitu pengambilan gambar satu per satu yang digabungkan dengan teknik frame by frame dimana hal ini untuk mendukung pembuatan stopmotion.

Setiap foto menceritakan setiap gerakan yang akan dijalankan oleh obyek dengan proses pemotretan menggunakan green screen dengan tujuan untuk memudahkan dalam menyatukan background sebenarnya (dihilangan). Untuk pengambilan gambar live shoot maka diperlukan beberapa property, lokasi cuaca yang mendukung untuk pencahayaan, serta pengambilan angle sehingga proses stop motion dapat berjalan dengan baik.

Take shoot dalam stop motion harus mermperhatikan setiap gerakan yang dihasilkan dari jebretan foto. Karena setiap gerakan menghasilkan arti yang berbeda di mana akan fatal akibatnya apabila tidak sesuai dengan storyboard. Semakin banyak frame yang diambil maka hasil yang didapat akan semakin halus.

Sedangkan dalam live shoot hal yang harus diperhatikan yaitu property, angle serta cuaca di pagi atau sore hari di mana pencahayaan sangat pas untuk proses pengambilan gambar.

Beberapa Contoh penggunaan animasi stop motion, antara lain : Wallace and Gromit Chicken Run Nightmare Before Christmas Shaun the Sheep • Apa pengertian stopmotion? Jawab : stopmotion adalah animasi yang memanipulasi gambar agar suatu benda mati dapat bergerak sendiri dan tergantung dalam perhitungan frame.

• Apa yang di maksud dengan Rendering ?? Jawab: Rendering merupakan proses pemindahan data dari kamera ke komputer yang kemudian dilanjutkan dengan proses editing. • Apa saja alat yang digunakan untuk pembuatan stop motion ? Jawab : Kamera, Tripod, Objek, Komputer, CD/DVD Burning Software. • Siapa yang menggunakan animasi stop motion?

Jawab : Stuart Blackton • Apa judul film animasi pendek yang dibuat oleh Stuart Blackton ? Jawab : Humourous Phases of Funny Faces
BELAJAR ANIMASI STOP MOTION A.

DEFINISI ANIMASI Definisi Animasi : Animasi adalah serangkaian gambar yang bergerak dengan cepat secara kontinu yang memiliki hubungan antara satu dan lainnya.

Objek animasi dapat berasal dari gambar yang digambar pada media sel, kertas, menggunakan komputer atau dengan tanah liat dan boneka. Definisi Film : merekam gambar yang bergerak.

Seni film mencakup seluruh seni yang pernah ada, ditambah dengan sarana publikasi dan teknologi, khususnya fotografi. B. TEKNIK PEMBUATAN ANIMASI : Dalam dunia animasi dikenal beberapa teknik pembuatanya, antara lain : • Cel Animation Cel animation mengharuskan para animator untuk menggambar (dengan tangan) frame-frame yang dibutuhkan untuk menghasilkan ilustrasi gerakan objek.

Cel animation juga disebut traditional animation dan hand-drawn animation, teknik ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: full animation, limited animation dan rotoscoping. • Stop Motion Animation Stop motion disebut juga frame-by-frame, objek seakan bergerak karena mempunyai banyak frame yang dijalankan secara beraturan.

Teknik Animasi Ini Menggambarkan berbagai manipulasi objek yang mungkin termasuk model, tanah liat dan boneka. Stop motion animation dibuat dengan cara shoot satu demi satu gambar dengan menggunakan video atau movie camera, bisa juga menggunakan kamera photography analog ataupun digital, hasil shot still image(gambar diam) tadi lalu disusun menjadi movie.

• Computer-Generated Imagery (CGI) Animasi komputer ( computer animation atau CGI animation) adalah seni membuat gambar bergerak dengan menggunakan komputer. • Live Action and Cartoon Combinations Teknik ini menggabungkan live action dengan kartun. Live action menggambarkan orang-orang dan sesuatu yang serupa dengan dunia nyata.

Kartun adalah nama untuk suatu bentuk gambar yang dibuat representasional terhadap suatu peristiwa, dengan arah hasrat melucu C. SEJARAH ANIMASI STOP MOTION Animasi stop motion memiliki sejarah panjang dalam film. Sering digunakan untuk menunjukkan benda bergerak seolah-olah dengan sihir, Contoh pertama dari teknik stop motion dibuat oleh Albert E. Smith dan J. Stuart Blackton Humpty Dumpty The Circus (1898). D. PENGERTIAN ANIMASI STOP MOTION Gerak berhenti ( bahasa Inggris: stop motion atau stop frame) adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya.

Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan.

Boneka dengan sendi yang dapat digerakan atau figur tanah liat sering digunakan dalam gerak henti karena alasan kemudahan meletakkannya kembali. Animasi gerak nama lain dari animasi stop motion adalah yang menggunakan tanah liat disebut animasi tanah liatatau clay mation.

E. JENIS-JENIS ANIMASI STOP MOTION • Tanah Liat (Clay) Sering disingkat claymation, ini adalah jenis animasi stop-motion di mana masing-masing bagian animasi, baik objek karakter atau latar belakang, menggunakan “ deformasi bentuk “ dengan bahan elastis seperti tanah liat.

Salah satu contoh film dengan teknik ini adalah : Gumby and Art Pokey( http://www.youtube.com/watch?v=uBl9vxqso_A) • Guntingan (Cutout) Animasi cutout adalah teknik yang dibentuk dengan menggerakkan potongan lembaran 2 dimensi. Animasi ini dibuat dengan menggunakan karakter datar, alat peraga dan latar belakang dari bahan seperti kertas, kartu, kain yang kaku, benda-benda mati, kain atau bahkan foto. Awal dari film animasi yang dikenal di dunia adalah animasi guntingan dibuat di Argentina oleh Quirino Cristiani ( nama lain dari animasi stop motion adalah • Gambar (Graphic) Animasi grafis adalah variasi dari stopmotion yang lebih konseptual daripada animasi cel tradisional bidang datar dan animasi kertas gambar (cutout).

Tapi secara teknis ia termasuk stop motion yang dibuat dengan foto (secara keseluruhan atau sebagian). Animasi grafis dapat dilakukan dengan kamera hanya panning ke atas dan ke bawah dan / atau difoto secara individu, satu per satu.

Contoh animasi dengan teknik ini adalah animasi kapurtulis ( http://www.youtube.com/watch?v=QNDVzA3aS2s). • Aktor Hidup (Pixilation) Pixilation adalah teknik stop motion di mana yang digunakan adalah aktor hidup sebagai subjek frame-by-frame, aktor tersebut berpose berulang kali untuk satu atau lebih frame yang diambil (foto) dan bergerak sedikit demi sedikit ke frame berikutnya.

Aktor ini menjadi semacam wayang hidup gerak berhenti dan bergerak. Teknik ini sering digunakan sebagai cara untuk menggabungkanr aktor hidup dengan orang-orang dalam sebuah film animasi, seperti dalam The Adventures Secret Of Tom Thumb oleh Brothers BOLEX. Berikut salah satu contoh film dengan teknik pixilation.

( http://www.youtube.com/watch?v=OChosk_MKWc). • Wayang (Puppet) Animasi boneka biasanya melibatkan tokoh boneka seperti wayang berinteraksi satu sama lain dalam lingkungan yang dibentuk. Boneka wayang umumnya memiliki tulang rangka untuk menjaga mereka tetap dan mantap serta menghambat mereka agar selalu bergerak pada sendi tertentu.

Wayang digunakan dan dipotret setiap kali posisi mereka berubah sedikit demi sedikit untuk membuat gerakan. Dalam animasi ini kita memberikan kehidupan kepada benda mati dan membuat mereka terlihat seperti hidup. Contoh karya dengan teknik ini adalah The Tale of the Fox, The Nightmare Before ChristmasDragon ball Z Stop Motion – Piccolo VS Trunks.

( https://www.youtube.com/watch?v=lyBnlOtDWCs) • Bayangan (Silhouette) Animasi guntingan yang dijadikan serangkaian nama lain dari animasi stop motion adalah (hitam) gambar gelap, dan disebut sebagai animasi siluet. Teknik ini dipelopori oleh animator Lotte German Reiniger.

Fitur film animasi ini yang panjang adalah The Adventures of Prince Achmed (1926) ( http://www.youtube.com/watch?v=25SP4ftxklg). E. TAHAPAN PERANCANGAN ANIMASI STOP MOTION: • Pra Produksi • Naskah : Untuk membuat animasi diperlukan ide dan sebuah cerita. Ide merupakan hal yang mendasar untuk mengembangkan sebuah film animasi. Cerita yang bagus harus mempunyai struktur yang jelas, yaitu harus memiliki awalan, nilai tengah dan akhir cerita yang sering disebut babak.

• Pembuatan Karakter : Sebuah cerita dimainkan oleh karakter. Bentuk tidaklah menjadi masalah, yang paling penting karakter harus baku.

Pembuatan karakter harus sesuai dengan sifat dan peran karakter dari sebuah film. Semua karakter yang muncul dalam film animasi dibuat dalam Character Model Sheet.

• Storyboard : Storyboard digunakan sebagai alat bantu pada tahapan perancangan film kartun. Storyboard adalah semacam versi komik goresan tangan dari sebuah film dan berperan sebagai cetak biru untuk aksi dan dialog yang akan muncul dalam film.

• Produksi • Modeling : Modeling adalah proses menciptakan permukaan maupun bidang 2D / 3D secara virtual pada objek dan rancangan karakter. • Shooting : engambilan gambar atau shooting adalah proses terekamnya objek-objek oleh Camera video, baik analog maupun digital. Pengambilan gambar dilakukan untuk mendapatkan footage. Shooting dimulai saat tombol shutter ditekan, berakhir saat tombol dilepaskan.

nama lain dari animasi stop motion adalah

• Pasca Produksi • Compositing and Editing : compositing adalah proses merangkai atau merekontruksi kembali scene yang terpisah menjadi satu kesatuan. Editing video adalah proses menyusun potongan-potongan klip video, menambahkan efek, transisi, teks, memotong video, menggabungkan, menambahkan musik atau narasi dan sebagainya agar menjadi satu kesatuan.

• Rendering : Rendering adalah proses translasi semua informasi latar, warna, gerakan karakter, dan lain-lain yang Tersimpan dalam file-file menjadi satu frame Rendering akan mengkalkulasi seluruh elemen material, pencahayaan, efek dan lainnya sehingga akan menghasilkan output gambar atau animasi yang realistik.

G. Alat dan Bahan : • Kamera Gunakan Kamera saku(digital)kamera DSLR atupun bisa menggunakan kamera Smartphone dengan resolusi minimal 5 mp.

• Tripod Ini fungsinya untuk menyangga saja agar kamera tetap di posisi bidik. • Objek Tergantung topic yang akan di usung misalnya membuat animasi robot maka sediakan mainan robot atau pun bisa menggunakan kertas yang diberi warna • Lampu PenerangBila dibutuhkan gunakan lampu foto studio ataupun bisa menggunakan lampu belajar.

• Komputer Untuk editing hasil photo yang telah dibuat sehingga bisa menjadi sebuah film.

nama lain dari animasi stop motion adalah

H.Software Software atau perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengedit pembuatan film animasi stopmotionantara lain: • Adobe Flash • Adobe After Effect • Adobe Premier • Ulead Video Studio • Pinnacle Studio

Stop Motion Banjir - Media Pembelajaran




2022 www.videocon.com