Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Islam mengenal konsep persaudaraan yang dikenal dengan nama ukhuwah. Quraish Shihab dalam buku Membumikan Alquran (1998) menerangkan bahwa ukhuwah merujuk pada persamaan dan keserasian dengan pihak lain. Baik persamaan keturunan dari segi ibu, bapak, keduanya, maupun dari persusuan, juga persamaan lainnya seperti suku, agama, profesi, dan perasaan.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Dari Abu Hurairah beliau berkata Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian saling dengki, saling berjualan dengan cara najsy, saling benci dan saling membelakangi.

Dan janganlah kalian menjual barang di atas penjualan sebagian lainnya. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lainnya, (dia) tidak menzaliminya dan mengabaikannya, tidak mendustakannya dan tidak menghinanya.

Takwa itu di sini (seraya menunjuk dadanya sebanyak tiga kali). Cukuplah seorang Muslim dikatakan buruk jika dia menghina saudaranya yang Muslim. Haram bagi seorang muslim dari muslim yang lainnya darahnya, hartanya, dan harga dirinya” (HR.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Muslim) “Janganlah kalian saling hasad, saling berbuat najasy, saling marah, dan saling mendiamkan. Dan janganlah kalian menjual di atas penjualan orang lain. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara orang muslim. Janganlah dia berbuat zalim dan janganlah merendahkannya.” (HR. Muslim)
Entah apapun hubungan saudara yang dimiliki, baik saudara kandung atau saudara seiman, bahkan saudara kemanusiaan, kita harus selalu menyayangi dan mendukung mereka di kala sulit.

Beberapa hadist shahih tentang persaudaraan berikut mungkin dapat memberikan petunjuk bagi kita.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Daftar Hadist Tentang Persaudaraan Dari Abdullah ibn Umar r.a. [dia meriwayatkan], bahwa Rasul saw bersabda: “seorang muslim adalah saudara bagi seorang muslim yang lain, yang tidak boleh menganiaya saudara semuslim dan juga tidak boleh menyerahkan saudara muslim itu kepada musuh. Dan barang siapa meringankan seorang muslim dari kesulitan maka Allah akan memenuhi kebutuhannya.

[H.R Al-Bukhari]. Abdullah berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar telah menceritakan kepada kami Hutsaim berkata; telah mengabarkan kepada kami Sayyar dari Khalid bin Abdullah Al Qasri dari Bapaknya sesungguhnya Nabi Shallallahu’alaihiwasallam bersabda kepada kakeknya, Yazid bin Asad, “Cintailah kepada manusia sebagaimana kamu mencintai dirimu.” [HR Ahmad] Anas r.a. berkata: Rasulullah s.a.w. bersabda: jangan putus-memutus hubungan dan jangan belakang-membelakangi dan jangan benci-membenci, dan jangan hasud-menghasud dan jadilah kamu hamba Allah sebagai saudara, dan tidak dihalalkan bagi seorang muslim memboikot saudaranya sesama muslim lebih dari tiga hari.

[HR Buchary, Muslim] حدثنا قتيبة حدثنا أبو عوانة عن الأعمش عن ابي صالح عن ابي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الآخرة وَمَنْ سَتَرَ عَلى مُسْلِم سَتَرَهُ اللَّهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ – الترمذي Rasulullah saw bersabda: “barang siapa yang dapat menghilangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan kesusahannya kelak di akhirat, dan barang siapa yang menutupi aib saudaranya, niscaya Allah akan menutup segala keburukannya di dunia dan di akhirat; Dan Allah akan selalu menolong hambanya, selama hambanya itu senantiasa menolong saudaranya.” [HR At Tirmidzi] عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قاَلَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ أِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَأِذَا دَعَاكَ فَأَ جِبْهُ وَأِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَأِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ فَسَمِّتْهُ وَأِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَأِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ ( أخرجه مسلم) ”Abu Ayyub RA menceritakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak halal (Boleh) seorang Islam menyisihkan saudaranya hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh dari tiga hari, jika keduanya bertemu, maka yang seorang berpaling kesana dan yang seorang lagi berpaling kesini.

Tetapi yang paling baik diantara yang kedua itu ialah siapa yang memulai mengucapkan salam kepada lawannya.” [HR. Muttafaqun Aliah] عن ابن عباس رضي الله عنهما أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَبَ النَّاسَ يَوْمَ النَّحْرِ فَقَالَ: (( يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَيُّ يَوْمٍ هَذَا؟ قَالُوا: يَوْمٌ حَرَامٌ ، قَالَ: فَأَيُّ بَلَدٍ هَذَا؟ قَالُوا: بَلَدٌ حَرَامٌ ، قَالَ: فَأَيُّ شَهْرٍ هَذَا؟، قَالُوا: شَهْرٌ حَرَامٌ ، قَالَ: فَإِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضَكُمْ عَلَيْكُمْ حَرَامٌ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هَذَا، فِي شَهْرِكُمْ هَذَا ، فَأَعَادَهَا مِرَارًا ، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ: اللَّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ ، اللَّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ – قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّهَا لَوَصِيَّتُهُ إِلَى أُمَّتِهِ – فَلْيُبْلِغِ الشَّاهِدُ الغَائِبَ ، لاَ تَرْجِعُوا بَعْدِي كُفَّارًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بَعْضٍ )) رواه البخاري.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhuma, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhutbah di hari Idul Adha. Beliau bersabda: “Wahai manusia, hari apakah ini? Mereka menjawab: “Hari ini hari haram (suci)”. Nabi bertanya lagi: “Lalu negeri hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh ini?”. Mereka menjawab: “Ini tanah haram (suci)”. Nabi bertanya lagi: “Lalu bulan apakah ini?”.

Mereka menjawab: “Ini bulan suci”. Beliau bersabda: “Sesungguhnya darah kalian, harta-harta kalian dan kehormatan kalian, adalah haram atas sesama kalian. Sebagaimana haramnya hari kalian ini di negeri kalian ini dan pada bulan kalian ini”. Beliau mengulang kalimatnya ini berulang-ulang lalu setelah itu Beliau mengangkat kepalanya seraya berkata: “Ya Allah, sungguh telah aku sampaikan hal ini.

Ya Allah, sungguh telah aku sampaikan hal ini. Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata: “Maka demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh wasiat tersebut adalah wasiat untuk ummat beliau”.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Nabi bersabda: “Maka hendaknya yang hari ini menyaksikan dapat menyampaikannya kepada yang tidak hadir, dan janganlah kalian kembali kepada kekufuran sepeninggalku, sehingga kalian satu sama lai saling membunuh”.

[HR. Al Bukhari]. Itu dia sejumlah kumpulan hadist tentang persaudaraan, hadits tentang persaudaraan brainly, hadits tentang persaudaraan latin, hadits tentang persaudaraan ibarat satu tubuh, hadits dan ayat alquran tentang persaudaraan, hadits tentang ukhuwah, hadits persaudaraan untuk hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh tk, persaudaraan sesama manusia, persaudaraan dalam islam.

Jakarta - Ketika kita menjalin sebuah persaudaraan tentu ada hak-hak yang perlu dipelihara agar persaudaraan menjadi rukun. Untuk mewujudkannya, memiliki akhlak yang mulia jadi salah satu kuncinya. Rasulullah bersabda, "Hal yang paling banyak memasukkan ke surga adalah takwa kepada Allah dan akhlak baik." (HR. At-Tirmidzi dan Al Hakim dari hadits Abu Hurairah. Baca juga: Hadits Menutup Aurat untuk Wanita, Seperti Apa Hukumnya? Dikutip dalam buku 'Ensiklopedi Hak dan Kewajiban dalam Islam' oleh Syaikh Sa'ad Yusuf Mahmud Abu Aziz, hadits tentang persaudaraan sesama orang muslim juga diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya di sekitar 'Arasy terdapat mimbar-mimbar dari cahaya.

Di atasnya ada kaum yang mengenakan pakaian dari cahaya dan wajah mereka bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada. Mereka didengki oleh para nabi dan syuhada." Para sahabat bertanya, "Siapakah mereka itu, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Mereka adalah hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh yang saling mencintai karena Allah, saling berkumpul karena Allah dan saling mengunjungi karena Allah." (HR.

An-Nasai di dalam As-Sunan Al-Kubra). Islam memberikan petunjuk kepada umatnya untuk menjaga persaudaraan. Buku '40 Hadits Sahih: Pedoman Membangun Toleransi' oleh Kotimatul Husna, menjelaskan tentang hadits persaudaraan yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Yusuf, dari Malik, dari Ibnu Syihab dari Anas Ibnu Malik, Rasulullah Saw bersabda: "Janganlah kalian saling membenci, mendengki, membelakangi.

Jadilah kalian hamba-hamba Allaj yang bersaudara. Ingat haram bagi seseorang muslim tak bicara kepada saudaranya lebih dari tiga hari." (HR. Al-Bukhari). Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hujurat ayat 10: إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ Artinya: Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara.

Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.
Rumusan masalah dari uraian di atas hal hal yang dapat dijadikan rumusan masalah adalah. Hakekat persaudaraan dalam islam adalah saling memperhatikan dalam artian saling memahami saling mengerti saling membantu dan membela terhadap sesame sebagaimana ditegaskan dalam hadis rasulullah saw.

Tolong Kasih Tau Dong Hadist Tentang Persaudaraan Antar Sesama Menjelaskan hadits tentang larangan memutus silatur rahim. Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh. Bukanlah disebut orang. Waktu itu dia dihukum oleh musuhnya. Sifat egois atau mementingkan diri sendiri sangat ditentang dalam islam. Menjelaskan hadits tentang persaudaraan sesama muslim. Apa sajakah hadits hadits tentang persaudaraan. Sebaliknya umat islam memerintahkan umatnya untuk bersatu dan saling membantu karena persaudaraan seiman lebih erat daripada persaudaraan sedarah.

Diriwayatkan dari abi hurairah ra. Diatas yang disabdakan karena adanya sahabat yang membantu dan membela saudaranya yang diserang atau dianiaya oleh orang lain. Hadis tentang pengendalian diri hadis tentang prasangka baik. Hadis tentang prasangka baik. Diriwayatkan oleh imam ahmad dri suwaid bin hanzhalah beliau berkata. Adapun hadist yang diriwayatkan oleh at tirmidzi dari sabda rasulullah saw.

Diriwayatkan dari numan bin basyir ra. Kami pernah keluar bersama rasulullah saw dn juga wai bin hujr. Diriwayatkan oleh imam ahmad dri suwaid bin hanzdalah beliau berkata. Persaudaraan sesama muslim adabun nabi. Kami pernah keluar bersama rasulullah saw dn juga wai bin hujr.

Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hadits yang berbicara tentang persaudaraan ternyata ada banyak diantaranya yang berbicara tentang memutuskan silaturrahmi yang dilarang bahwaw sesama muslim itu bersaudara selain itu juga silaturraahmi dapat memperpanjang usia dan menambah rejeki.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Tetapi yang dimaksud dengan persaudaraan dalam islam adalah persaudaraan yang diikat oleh tali aqidah sesama muslim dan persaudaraan karena fungsi kemanusiaan sesama manusia makhluk allah swt. Tentang ukhuwwah persaudaraan sesama muslim. Bukhari dan muslim 2. Hadits tentang persaudaraan sesama muslim. Rasulullah saw bersabda orang mukmin yang satu dengan lain bagai satu bangunan yang bagian bagiannya saling mengokohkanseperti halnya akhlak nabi yang membimbing umatnya kepada perkara yang mengharuskan kita menjadi bersaudara saling mencintai bersatu hati serta saling berinteraksi antara kita dengan yang lainnya menunjukkan kepada umatnya akhlaq mulia dan menjauhkan kita dari keburukan.

Rupa rupanya orang orang merasa enggan dalam rangk untuk membelanya untuk bersumph bahwa ia saudaranya. Waktu itu dia dihukum oleh musuhnya. Banyak sekali hadis yang berhubungan dengan persaudaraan yang telah diriwayatkan oleh beberapa tokoh muslim kita diantaranya al bukhory muslim at tirmidzi dan lain sebagainya. Orang yang perkasa bukanlah orang yang menang dalam perkelahian tetapi orang yang perkasa adalah orang yang mengendalikan dirinya ketika marah hr. Menjelaskan hadits tentang memelihara silatur rahim.

September 28 2017. Itulah salah satu kelebihan yang seharusnya dimiliki oleh kaum mukmin dalam berhubungan anatara sesame kaum mukminin.

Doc Hadits Persaudaraan Dalam Islam ل ﻗﺎ ﻋﻨﻬﻤﺎ اﻟﻠﻪ Hadits Tentang Ukhuwwah Persaudaraan Sesama Muslim Abi Herman Mujahadah An Nafs Husnuzzan Ukhuwah Belajar Mengenal Aturan Islam Meniti Kehidupan Dengan Kemuliaan Pptx Hadits Arbain Ke 13 Ukhuwah Islamiyah Alqur Anmulia Hadits Tentang Persaudaraan Dalam Islam Hadits Arbain Ke 35 Ukhuwah Dan Hak Hak Muslim Alqur Anmulia Hadits Tentang Persaudaraan Sesama Muslim Ruang Ilmiah Kumpulan Hadits Tentang Persaudaraan Perdamaian Lengkap Muttaqin Id Hadits Tentang Persaudaraan Dalam Islam Mutiara Ilmu Hadits Menyambung Tali Persaudaraan Itu Memanjangkan Hadits Tentang Ukhuwwah Persaudaraan Sesama Muslim Abi Herman Persaudaraan Sesama Muslim Kemuliaan Silaturrahmi The Luminous Side Hadis Tentang Pengendalian Diri Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh Baik Dan Persaudaraan 3 Hadits Tentang Kontrol Diri Mujahadah An Nafs Arti Penjelasan Hadits Tentang Ukhuwwah Persaudaraan Sesama Muslim Abi Herman Doc Makalah Hadits Tentang Persaudaraan Ahmad Nursalim Academia Edu Hadits Tentang Persaudaraan Kaum Muslimin Apps On Google Play Syariah 2 Hadits Tentang Persaudaraan Muslim Hadits Tentang Persaudaraan Kaum Muslimin Apps On Google Play Hadist Tentang Persaudaraan Islam La Tahassadu Abdurrohman Wahid Menjalin Persaudaraan Antar Manusia The Luminous Side Hadits Tentang Persaudaraan Kaum Muslimin Apps On Google Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh Khutbah Jumat Edisi 155 Persaudaraan Dan Cinta Karena Allah Persaudaraan Yang Dibawa Sampai Ke Surga Kontrol Diri Mujahadah Prasangka Baik Husnudzan Dan Persaudaraa Pengertian Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh Ukhuwwah Dalam Islam Bacaan Madani Tuliskan Tulisan Arab Dan Latin Hadits Tentang Pengendalian Diri Hadist Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh Persaudaraan Dan Solidarotas Islam Muhkromin Blog Menjalin Persaudaraan Antar Manusia The Luminous Side Keutamaan Azan Fiqh Agama Dan Persaudaraan Muslim Indonesia Hak Hak Persaudaraan Bag 2 Mencintainya Karena Allah Firanda Com Bahaya Yang Dijelaskan Dalam Hadits Memutuskan Silaturahmi Wajib Baca Que An Hadist Mi Sd Kelas 3 Bab 8 Mari Menjalin Persaudaraan Memahami Maksud Dan Tujuan Persaudaraan Seiman Khutbah Idulfitri 1439 H Menyemai Spirit Persaudaraan Islam Belajarlah Persaudaraan Dari Angsa Oleh Abu Al Masjidiy Kompasiana Com Kumpulan Hadits Tentang Persaudaraan Perdamaian Lengkap Muttaqin Id Untung Ingin Belajar Hadist Tentang Persaudaraan Islam Makalah Ikatan Persaudaraan Antara Sesama Muslim Ayu Wahyu Meniti Iman Menggapai Persaudaraan Kuncikebaikan Com Bahaya Yang Dijelaskan Dalam Hadits Memutuskan Silaturahmi Wajib Baca Hak Hak Persaudaraan Bag 4 Jauhillah Berprasangka Buruk Pada Tujuh Perumpamaan Orang Mukmin Hidayatullah Com Tak Ada Iman Tanpa Ukhuwah Dalil Qur An Dan Hadist Tentang Larangan Memutuskan Tali Silaturahmi Hadis 1 Kitabul Jaami Hak Hak Sesama Muslim 1 Belajar Islam Hadits Tentang Niat Yang Diriwayatkan Oleh Imam Bukhari Dan Muslim Edukasipalestina On Twitter 1 Hakekat Persaudaraan Dalam Islam Kumpulan Hadits Anak Muslim Hadits Tentang Hak Hak Sesama Muslim Hadits Tentang Ukhuwwah Persaudaraan Sesama Muslim Abi Herman Hadits Tentang Persaudaraan Abu Faiza Academia Edu Kontrol Diri Prasangka Baik Dan Persaudaraan By Darlis Darlis On Prezi Menjaga Persaudaraan Sesama Muslim Dengan Saling Berbagi Hadiah Persaudaraan Friendship Muslim Islam Quotes Kutipan Konsep Persaudaraan Umat Manusia Dalam Islam Islami Dot Co Kemuliaan Silaturrahmi The Luminous Side Ini Pernyataan Tim Advokasi Habib Bahar Tentang Habib Palsu Hadits Tentang Pentingnya Silaturahmi Disertai Dengan Terjemahannya Bab 3 Kajian Qs Alhujurat Ayat 10 Dan Hadist Tentang Indahnya Terapi Nabi Mengikis Terorisme Archives Hati Senang Www Mitrakerjasmk Blogspot Com Ayat Ayat Tentang Kontrol Diri Hadits Tentang Persaudaraan Kaum Muslimin Apps On Google Play Persaudaraan Dan Pertemanan Dalam Islam Komunitas Generasi Berkarakter Hak Hak Persaudaraan Bag 3 Jagalah Kehormatan Saudara Kita Muhasabah Akhir Tahun Persaudaraan Alumni 212 Pendapat Ulama Tentang Hadis Hubbul Wathan Minal Iman Harakah Hadits Tentang Toleransi Memperkokoh Persaudaraan Dan Membangun Jaringan Nu Online Pendapat Ulama Tentang Hadis Hubbul Wathan Minal Iman Harakah Sambung Tali Persaudaraan Dalam Makna Halal Bihalal Hadits Tentang Ukhuwwah Persaudaraan Sesama Muslim Abi Herman Menjalin Persaudaraan Antar Manusia The Luminous Side Kitabul Jaami Hadits 1 Bag 1 Hak Muslim Atas Muslim Yang Lain Situs Islam Terbaik Di Indonesia Bincang Syariah Menghafalhaditspendek Instagram Posts Photos And Videos Instazu Com Qur An Hadits Daarul Ilmi Cendikia Hadist Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu Tata Cara Shalat Tahajud Suami Istri Berpisah Kubur Demi Melestarikan Tali Persaudaraan Nu Menyingkap Makna Persaudaraan Persahabatan Dalam Islam Jamaah Muslim Fisipol Ugm 1440h Keutamaan Azan Fiqh Agama Dan Persaudaraan Muslim Indonesia Hadits Hadits Dhoif Dan Palsu Seputar Ramadhan Radio Rodja 756 Am Jual Produk Hadis Hadis Murah Dan Terlengkap Bukalapak Hadits Tentang Toleransi Persaudaraan Dalam Tali Iman Islamaktual Doc Hadits Persaudaraan Dalam Islam ل ﻗﺎ ﻋﻨﻬﻤﺎ اﻟﻠﻪ Dosa Memutuskan Hubungan Kekeluargaan Persaudaraan Archives Wahdah Islamiyah Dalil Qur An Dan Hadist Tentang Larangan Memutuskan Tali Silaturahmi Sunnah Membalas Hadiah Ketika Diberi Hadiah Jual Hadis Tarbawi Hadits Tarbawi Pesan Pesan Nabi Tentang Dp Bbm Hadist Terbaru Nyaksu Hak Hak Seorang Muslim Hadist Tentang Persaudaraan Islam La Tahassadu Abdurrohman Wahid Edukasipalestina On Twitter 1 Hakekat Persaudaraan Dalam Islam Kategori Uncategorized Tag hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh, hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh imam, hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh muttafaq alaihi artinya diriwayatkan oleh Navigasi Tulisan
Kumpulan Hadits tentang Persaudaraan Islam – Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain.

Dalam ayat alquran surat Al Hujurat yang membahas tentang ukhuwah, Allah taala berkalam: “Sesungguhnya tiada lain orang-orang beriman itu adalah saudara, maka perbaikilah (hubungan) di antara saudara-saudara kalian.” Agama Islam memerintahkan pemeluknya untuk selalu menyambung hubungan persaudaraan dan menjaga persatuan.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Sebaliknya, ia melarang dari semua perkara yang menjadi sebab adanya perpecahan seperti memutuskan hubungan dan mencela muslim yang lain. Banyak dalil-dalil yang menunjukkan kepada hal ini yang bisa kita dapatkan dari al-quran dan hadits-hadits yang shahih, diantaranya adalah apa yang akan kita bahas di bawah ini. Berikut ini kami tuliskan kumpulan hadits tentang persaudaraan setiap muslim lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

Daftar Isi • Sesama Muslim Ibarat Satu Tubuh • Sesama Mukmin Bagaikan Satu Bangunan • Hadits Tentang Larangan Memutuskan Tali Persaudaraan • Kumpulan Hadits tentang Persaudaraan Islam Lainnya Sesama Muslim Ibarat Satu Tubuh مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى Matsalul mu’miniina fi tawaadihim wa tarahumihim wa ta’atufihim matsalul jasad.

Idzasytaka udwun, tada’a lahu sa`irul jasadi bis sahari wal huma. “Permisalan orang-orang beriman pada rasa cinta, kasih sayang, dan kelemahlembutan di antara mereka adalah seperti jasad. Apabila ada salah satu anggotanya merasa sakit, seluruh jasad juga merasakannya dengan begadang dan demam.” [Hr. Muslim] Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh Imam Muslim ini menjelaskan mengenai gambaran persatuan orang Islam itu ibarat satu tubuh.

Saling tolong menolong dan saling memperhatikan antara satu dengan yang lainnya. Baca Juga : Hadits tentang Akhlak Arab dan Artinya Versi Lengkap Sesama Mukmin Bagaikan Satu Bangunan الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا Al-Mu’minu lil mu’mini kalbunyan, yasyuddu ba’dluhu ba’dlan “Seorang mukmin bagi mukmin yang lain adalah bagaikan bangunan. Sebagian menguatkan sebagian yang lain.” [Hr.

Bukhari dan Muslim] Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh ini juga menjelaskan tentang gambaran persaudaraan Islam, yaitu ibarat bangunan yang antara satu material dengan material yang lainnya saling menguatkan.

Hadits Tentang Larangan Memutuskan Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh Persaudaraan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah: لَا تَحَاسَدُوا، وَلَا تَنَاجَشُوا، وَلَا تَبَاغَضُوا، وَلَا تَدَابَرُوا، وَلَا يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ، وَكُونُوا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ، لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يَخْذُلُهُ Laa tahasadu, wala tanajasyu, wala tabaghadu, wala tadabaru, wala yabi’ ba’dukum ala bai’i ba’din, wa kuunuu, ibadallahi ikhwana.

Al muslimu akhul muslim. La yadhlimuhu wala yakhdzuluhu “Janganlah kalian saling hasad, saling berbuat najasy, saling marah, dan saling mendiamkan. Dan janganlah kalian menjual di atas penjualan orang lain. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara orang muslim.

Janganlah dia berbuat zalim dan janganlah merendahkannya.” [Hr. Muslim] Hadits di atas memberi penjelasan mengenai hal-hal yang harus kita jauhi untuk menghindari perpecahan dengan sesama orang beriman. Hal-hal itu seperti saling dengki, saling marah, bersaing dengan tidak sehat dalam jual beli, dan lain sebagainya. Kumpulan Hadits tentang Persaudaraan Islam Lainnya 1.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Hadits Pertama Sahabat Abdullah bin Umar radliyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: المُسْلِمُ أَخُو المُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ، وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ، وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً، فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ القِيَامَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ القِيَامَةِ Al muslimu akhul muslim, la yadhlimuhu wala yuslimuh. Waman kaana fi hajati akhiihi, kaanallahu fii hajatih.

Wa man farraja an muslimin kurbatan, farrajallahu anhu kurbatan min kurubati yaumil qiyamah. Wamansatara musliman, satarahullahu yaumal qiyamah. Seorang muslim adalah saudara bagi sesama hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh. Janganlah dia berbuat zalim dan menyerahkannya (kepada musuh). Barangsiapa menyelesaikan keperluan saudaranya, maka Allah pasti menyelesaikan keperluannya.

Sesiapa memudahkan satu kesulitan dari seorang muslim, Allah pasti memudahkan kesulitan-kesulitan hari kiamat untuknya. Barang siapa menutupi aib seorang muslim, Allah pasti akan menutupi aibnya di hari Kiamat. [Muttafaqun alaih] 2. Hadits Kedua Abu Hurairah radliyallahu anhu menjelaskan bahwa Nabi bersabda: كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ، دَمُهُ، وَمَالُهُ، وَعِرْضُهُ Kullul muslimi alal muslimi haromun damuhu, wa maluhu, wa irdhuhu “Setiap muslim atas muslim itu haram: darahnya, hartanya, dan kehormatannya.” [Hr.

Muslim] Hadits di atas menjelaskan bahwa darah, harta, dan kehormatan seorang muslim adalah haram. Tidak boleh seorang muslim mengambil tiga hal tersebut dari muslim yang lain.

Baca Juga : Hadits Khoirunnas Anfauhum Linnas Tulisan Arab dan Artinya 3. Hadits Ketiga Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ، أَوْ يُنْسَأَ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ Man sarrahu an yubsatha alaihi rizquhu au yunsa’a fi atsarihi falyashil rahimah “Barang siapa senang untuk diluaskan pada rezekinya atau dipanjangkan pada umurnya, hendaklah dia menyambung tali rahimnya.” [Hr.

Bukhari dan Muslim] Hadits ini menjelaskan satu kunci sesuatu yang diinginkan setiap manusia, yaitu rezeki yang lapang dan umur yang panjang.

Kuncinya adalah menyambung tali persaudaraan atau hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh. 4. Hadits Keempat وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ Wallahu fii aunil abdi maa kaanal abdu fii auni akhiihi “Dan Allah itu menolong seorang hamba selagi hamba itu menolong saudaranya.” [Hr. Muslim] Hadits di atas memberikan pengertian bahwa jika kita ingin Allah menolong dan memudahkan urusan yang kita hadapi, maka hendaknya kita juga menolong dan memudahkan urusan saudara kita yang lain.

5. Hadits Kelima إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ Idza laqiitahu fasallim alaihi, wa idza da’aka faajibhu, waidzastansahaka fanshah lahu, waidza athasa fahamidallaha fasammithu, wa idza maridla faudhu, waidza maata fattabi’hu ” (1) Apabila engkau bertemu dengannya, maka ucapkanlah salam atasnya.

(2) Apabila dia mengundangmu, maka ijabahilah. (3) Apabila dia meminta nasehat, maka nasehatilah. (4) Apabila dia bersin lalu memuji Allah, maka doakanlah. (5) Apabila dia sakit, maka jenguklah.

(6) Dan apabila dia meninggal, maka ikutilah.” [Hr. Muslim] Hadits ini menjelaskan tentang hak seorang muslim yang harus dilakukan oleh muslim yang lain. 6. Hadits Keenam مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ، فَيَتَصَافَحَانِ إِلَّا غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا Ma min muslimaini yaltaqiyani fayatashafahani, illa ghufira lahuma qabla an yaftariqa “Tidaklah ada dua orang muslim yang bertemu lalu keduanya berjabat tangan, kecuali diampuni bagi keduanya sebelum berpisah.” [Hr.

Abu Dawud] Hadits ini di atas menjelaskan tentang keutamaan berjabat tangan ketika bertemu dengan seorang muslim. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa kita harus menghindari jabat tangan dengan ajnabi. 7. Hadits Ketujuh لَا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثِ لَيَالٍ، يَلْتَقِيَانِ فَيُعْرِضُ هَذَا وَيُعْرِضُ هَذَا، وَخَيْرُهُمَا الَّذِي يَبْدَأُ بِالسَّلَامِ Laa yahillu limuslimin an yahjuro akhohu fauqo tsalatsi layaalin, yaltaqiyani fayu’ridlu hadza wa yu’ridlu hadza.

Wakhairuhumalladzi yabda’u bissalam “Tidak halal bagi seorang muslim untuk mendiamkan saudaranya lebih dari 3 malam. Keduanya bertemu lalu orang ini berpaling dan orang ini berpaling. Sebaik-baik keduanya adalah orang yang memulai dengan salam.” [Muttafaqun alaih] Hadits di atas memberi pengertian mengenai haramnya memalingkan wajah terhadap seorang muslim. Sebaliknya, Islam menghasung untuk saling tersenyum ketika bertemu, mengucapkan salam, dan berjabat tangan.

8. Hadits Kedelapan لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ، حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ La yu’minu ahadukum hatta yuhibba liakhihi ma yuhibbu linafsih “Tidak sempurna iman salah seorang dari kalian hingga dia suka untuk saudaranya apa yang dia sukai untuk dirinya sendiri.” [Hr. Bukhari dan Muslim] Menyukai untuk orang lain apa yang disuka untuk diri sendiri misalnya, kita suka untuk masuk ke dalam syurga, maka hendaknya kita juga mengajak saudara kita untuk bersama-sama masuk ke dalam syurga dengan mengerjakan ketaatan.

9. Hadits Kesembilan سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوقٌ وَقِتَالُهُ كُفْرٌ Sibabul muslimi fusuqun wa qitaluhu kufrun “Mencela seorang muslim adalah kefasikan dan memeranginya adalah kekafiran.” [Hr. Bukhari dan Muslim] Hadits di atas menjelaskan haramnya mencela dan memerangi orang beriman.

Anas bin Malik radliyallahu anhu menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: انْصُرْ أَخَاكَ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُومًا، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَذَا نَنْصُرُهُ مَظْلُومًا، فَكَيْفَ نَنْصُرُهُ ظَالِمًا؟ قَالَ: تَأْخُذُ فَوْقَ يَدَيْهِ Unshur akhaka dhaliman au madhluman.

Qalu: Ya rasulallah, hadza nanshuru madhluman, fakaifa nanshuru dhaliman? Qala: Ta’khudzu fauqa yadaihi “Tolonglah saudaramu yang dhalim atau yang terdhalimi. Mereka bertanya: Wahai Rasulullah, ini menolong orang yang terdhalimi, lalu bagaimana kami menolong orang yang dhalim?

Beliau menjawab: Kamu tahan kedua tangannya.” [Hr. Al-Bukhari] Demikianlah kumpulan hadits tentang persaudaraan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

Artikel Populer • Allahummaghfirlahu Warhamhu : Bacaan Doa Orang Meninggal Lengkap Arab dan Artinya • Kalimat Innallaha Ma’ashobirin, Hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh Arab, Arti, dan Penjelasan • Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma / Doa untuk Orang Tua Tulisan Arab dan Artinya • Innallaha Wa Malaikatahu Yusholluna Alan Nabi Arab dan Arti Lengkap • Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Artinya, Tulisan Arab, dan TafsirTopik kali ini adalah kumpulan hadits tentang persaudaraan (ukhuwah islamiyah) dalam islam lengkap dalam bahasa arab beserta artinya.

Kita sebagai umat islam haruslah selalu menjaga persatuan dan kebersamaan antar sesama umat islam. Inilah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sesama mukmin itu adalah bersaudara dan hendaknya saling membantu dalam segala macam persoalan. Artinya :“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara”. (Surat Al-Hujurat ayat ke 10). Maka jelaslah bahwa sesama mukmin itu adalah saudara dan keluarga yang harusnya bersatu dan mempererat tali silaturahmi.

Di beberapa hadits tentang ukhuwah islamiyah disebutkan bahwa kita dilarang untuk menyakiti orang islam lainnya, juga umat islam itu bagikan satu tubuh, jika ada satu bagian yang terluka/sakit, maka semuanya ikut merasakan. Salah satu contoh persaudaraan dalam islam yang bisa kita lihat adalah jika anda yang membuthkan bantuan, maka umat islam segera berbondong bondng membantunya.

Jika ada yang miskin, maka umat islam yang lain bersedekah dan membantu ekonominya. Untuk itu haruslah kita menjaga dan memelihara hubungan persaudaraan, silaturahmi dan persahabatan diantara sesama umat manusia yang beragama islam.

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar kumpulan hadits tentang persaudaraan kaum muslimin lengkap dalam tulisan arab beserta terjemahan bahasa Indonesianya. Hadits Tentang Persaudaraan Sesama Muslim عَنْ أبْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْه قَالَ: قَالَ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ: الْمُسْلِمُ أَخُوْ الْمُسْلِمِ لا يَضْلِمُهُ ولايخذله وَلا يُسْلِمُهُ Artinya: "Diriwayatkan dari Ibnu Umar, beliau berkata: "Rasulullah SAW bersabda: Seorang muslim itu hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh saudara muslim yang lain.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Oleh sebab itu, jangan menzdalimi dan meremehkannya dan jangan pula menykitinya." (HR. Ahmad, Bukhori dan Muslim). حَدِ يث عَبْدِاللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِ اللهُ عَنهُمَا. أنَّ رَسُولَ اللهِ صلّي اللهُ عليهِ وَسَلّمَ ، قَالَ : الْمُسْلِمُ أَخُوالْمُسْلِمِ ، لَا يَظْلِمُهُ ، وَلاَ يُسْلِمُهُ. وَمَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ. كَانَ اللهُ فِى حَاجَتِهِ. وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً ، فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ.

وَمَنْ سَتَرَمُسْلِمًا ، سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ اخرجه البخاري فى : – كتاب المظالم: – باب لايظلم المسلم المسلم ولايسلمه. Artinya: Abdullah bin Umar r.a. berkata : Rasulullah saw. Bersabda : Seorang muslim saudara terhadap sesama muslim, tidak menganiyayanya dan tidak akan dibiarkan dianiaya orang lain. Dan siapa yang menyampaikan hajat saudaranya, maka Allah akan menyampaikan hajatnya. Dan siapa yang melapangkan kesusahan seorang muslim, maka Allah akan melapangkan kesukarannya di hari qiyamat, dan siapa yang menutupi aurat seorang muslim maka Allah akan menutupinya di hari qiyamat.

(Bukhari, muslim). قَالَ عَبْد اللَّهِ حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ قَالَ أَخْبَرَنَا سَيَّارٌ عَنْ خَالِدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْقَسْرِيِّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِجَدِّهِ يَزِيدَ بْنِ أَسَدٍ أَحِبَّ لِلنَّاسِ مَا تُحِبُّ لِنَفْسِكَ - أحمد Artinya: Abdullah berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Ma'mar telah menceritakan kepada kami Hutsaim berkata; telah mengabarkan kepada kami Sayyar dari Khalid bin Abdullah Al Qasri dari Bapaknya sesungguhnya Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda kepada kakeknya, Yazid bin Asad, "Cintailah kepada manusia sebagaimana kamu mencintai dirimu." (Ahmad) عن البراء قال قال رسول الله صلى اللهم عليه وسلم ما من مسلمين يلتقيان فيتصافحان إلا غفر لهما قبل أن يفترقا Artinya “Setiap dua orang muslim bertemu dan berjabat tangan nescaya diampunkan dosa keduanya sebelum mereka berpisah” (Riwayat Abu Daud) وَعَنْ أنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عليهِ وسلم : لاَتَقَا طَعُوا وَلاَتَدَا بَرُوا وَلَاتَبَا غَضُوا وَلاَتَحَا سَدُوا ، وَكُونُواعِبَادَ اللهِ إخْوَانًا ، وَلاَيَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أنْ يَهْجُرَ أخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثٍ.

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. Artinya :Anas r.a. berkata: Rasulullah s.a.w. bersabda: jangan putus-memutus hubungan dan jangan belakang-membelakangi dan jangan benci-membenci, dan jangan hasud-menghasud dan jadilah kamu hamba Allah sebagai saudara, dan tidak dihalalkan bagi seorang muslim memboikot saudaranya sesama muslim lebih dari tiga hari. (Muttafaq Alaih) (Buchary, Muslim). حدثنا هناد حدثنا أبو معاوية عن ابن أبي ليلى وحدثنا سفيان بن وكيع حدثنا حميد بن عبد الرحمن الرواسي عن ابن أبي ليلى عن عطية عن أبي سعيد قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من لم يشكر الناس لم يشكر الله.

وفي الباب عن ابي هريرة بن قيس و النعمان بن بشير. قال أبو عيسى هذا حديث حسن صحيح - الترمذي Artinya:Telah menceritakan kepada kami Hannad, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari Ibnu Abu Laila (dalam riwayat lain). Dan telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Waki', telah menceritakan kepada kami Humaid bin Abdurrahman Ar Ruwasi dari Ibnu Abu Laila dari 'Athiyyah dari Abu Sa'id ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, berarti ia belum bersyukur kepada Allah." Hadits semakna juga diriwyakan dari Abu Hurairah, Al Asy'ats bin Qais dan An Nu'man bin Basyir.

Abu Isa berkata; Ini adalah hadits hasan shahih”. (Turmudzi) حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ ثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ ثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوقٌ وَقِتَالُهُ كُفْرٌ hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh ابن ماجه Artinya:“Telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Ammar, telah menceritakan kepada kami Isa bin Yunus, Telah menceritakan kepada kami A’masy, dari Syaqiq, dari Ibni Mas’ud berkata, Rasulullah saw bersabda: Mencela orang muslim adalah kefasikan, dan membunuhnya adalah kekufuran.” hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh Majah) عَنْ عَبْدِ ا للهِ بْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْهُمَا اَنٌّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ قالَ الْمُسْلِمُ أَخُوْ الْمُسْلِمِ لا يَضْلِمُهُ وَلا يُسْلِمُهُ وَمَنْ كاَنَ فِي حَاجَةِ أخِيْهِ كَانَ اللهُ فِي حَاجَتِهِ ( أخرجه البخاري) Artinya:Dari Abdullah ibn Umar r.a.

[dia meriwayatkan], bahwa Rasul saw bersabda: “seorang muslim adalah saudara bagi seorang muslim yang lain, yang tidak boleh mengania saudara muslimnya dan juga tidak boleh menyerahkan saudara muslim itu kepada musuh. Dan sesiapa meringankan seorang muslim dari kesulitan maka Allah akan memenuhi kebutuhanya. (H.R al-Bukhari). حدثنا قتيبة حدثنا أبو عوانة عن الأعمش عن ابي صالح عن ابي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الآخرة وَمَنْ سَتَرَ عَلى مُسْلِم سَتَرَهُ اللَّهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ - الترمذي Artinya:Rasulullah saw bersabda: “barang siapa yang dapat menghilangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan kesusahannya kelak di akhiratnya, dan barang siapa yang merahasiakan keburukan orang Islam, niscaya Allah akan menutup segala keburukannya di dunia dan di akhiratnya; Dan Allah akan selalu menolong hambanya, selama hambanya itu senantiasa memberikan bantuan kepada saudaranya.” (Turmudzi).

حدثنا خلاد بن يحيى قال حدثنا سفيان عن أبي بردة بن عبدا الله بن أبي بردة عن جده عن أبي موسى عن انبي صلى الله عليه و سلم قال إِنَّ الْمُؤْمِنَ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا وَشبك أصابعه - بخاري Artinya:“Nabi saw bersabda: sesungguhnya orang mukmin yang satu dengan yang lain seperti bangunan. Yang sebagian menguatkan sebagian yang lain. Dan Nabi menggabungkan jari-jari tangannya”.

(Bukhari) عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قاَلَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ أِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَأِذَا دَعَاكَ فَأَ جِبْهُ وَأِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَأِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ فَسَمِّتْهُ وَأِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَأِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ ( أخرجه مسلم) Artinya:Dari Abu Hurairah r.a., dia berkata bahwa Rasul saw bersabda : ”Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam: (1) jika Anda bertemu dengannya maka ucapkanlah salam atasnya, (2) jika dia mengundang Anda maka penuhilah undangnnya, (3) jika dia meminta nasihat kepada Anda maka berilah nasihat padanya, (4) jika dia bersin dan mengucapkan Alhamdulillah maka doakanlah dengan yarhamukallah, (5) jika dia sakit maka jenguk (besuk) lah, dan (6) jika dia meninggal dunia maka antarkanlah jenazahnya.” ( H.R.

Muslim) مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

Artinya:"Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, bagaikan satu badan/ibarat satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam" ((لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ ِلأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ [مِنَ الْخَيْرِ])) عَنْ أَبِيْ حَمْزَةَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ خَادِمِ رَسُوْلِ اللهِ عَنِ النَّبِيِّ قَالَ : رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ.

Artinya:Dari Abu Hamzah, Anas bin Mâlik Radhiyallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya segala apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri berupa kebaikan”. [HR al-Bukhâri dan Muslim]. وَعَنِ ابْنِ مُسْعُودٍ رَضِىَ اللهُ hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّم : سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوقٌ وَقِتَالُهُ كُفْرٌ.

مُتَّفَقٌ عَلَيْه. Artinya:Ibn Mas’ud r. a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Mencaci maki pada seorang Muslim berarti fasik (melanggar agama), dan memerangi orang Muslim berarti kafir. (Buchary, Muslim) عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم : مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَط لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ (أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ).

Artinya:"Abu Hurairah RA menceritakan, Bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang ingin agar rizkinya dibanyakkan dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia berhubungan baik dengan yang ada hubungan rahim dengannya." (HR. Bukhari) عَنْ أَبِي أَيُّوبَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: لاَ يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثِ لَيَالٍ يَلْتَقِيَانِ, فَيُعْرِضُ هَذَا, وَيُعْرِضُ هَذَا, وَخَيْرُهُمَا اَلَّذِي يَبْدَأُ بِالسَّلاَمِ (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ) Artinya:"Abu Ayyub RA menceritakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak halal (Boleh) seorang Islam menyisihkan saudaranya lebih dari tiga hari, jika keduanya bertemu, maka yang seorang berpaling kesana dan yang seorang lagi berpaling kesini.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Tetapi yang paling baik diantara yang kedua itu ialah siapa yang memulai mengucapkan salam kepada lawannya." (HR. Muttafaqun Aliah) Demikianlah kumpulan hadits tentang persaudaraan islam (ukhuwah islamiyah) dalam islam lengkap bahasa arab beserta artinya. Semoga hadist tentang persaudaraan islam diatas bermanfaat dan bisa menjadikan seluruh umat muslim bersatu dan saling tolong menolong dalam segala halnya. Wallahu a' lam.
BincangSyariah.Com – Dalam kitab-kitab hadis, banyak sekali hadis tentang perintah untuk saling menjaga persaudaraan dan persatuan umat Islam.

Ini menunjukkan bahwa Nabi Saw sangat memperhatikan mengenai pentingnya masalah persaudaraan dan persatuan ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kumpulan hadis tentang persaudaraan dan persatuan umat. (Baca: Grand Syaikh al-Azhar dan Paus Fransiskus Sepakati Piagam Persaudaraan Kemanusiaan, Ini Isinya) Hadis pertama mengenai persaudaraan dan larangan untuk saling mendzalimi, meremehkan dan menyakiti.

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abdullah bin Umar, dia berkata Nabi Saw bersabda; اَلْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يَخْذُلُهُ وَلاَ يَحْقِرُهُ اَلتَّقْوَى هَهُنَا يُشِيْرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ : بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ، كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَعِرْضُهُ وَمَالُهُ Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya. Ia tidak boleh mendzaliminya, merendahkannya dan tidak pula meremehkannya.

Takwa adalah di sini-beliau menunjuk dadanya sampai tiga kali.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Cukuplah seseorang dikatakan buruk bila meremehkan saudaranya sesama muslim. Seorang muslim terhadap muslim lainnya adalah haram darahnya, kehormatannya dan hartanya. Hadis kedua mengenai persaudaraan dan kewajiban membantu sesama muslim yang lain. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari Abdullah bin Umar, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda; الْمُسْلِمُ أَخُوالْمُسْلِمِ ، لَا يَظْلِمُهُ ، وَلاَ يُسْلِمُهُ.

وَمَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللهُ فِى حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً ، فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَمُسْلِمًا ، سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya.

hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh

Ia tidak boleh mendzaliminya dan tidak membiarkan dianiaya orang lain. Dan siapa yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan membantu kebutuhannya. Dan siapa yang melapangkan kesusahan seorang muslim, maka Allah akan melapangkan kesukarannya di hari kiamat. Dan siapa yang menutupi keburukan seorang muslim, maka Allah akan menutupinya di hari kiamat.

Hadis ketiga mengenai persaudaraan dan larangan saling bermusuhan dan saling dengki. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda; لاَتَقَا طَعُوا وَلاَتَدَا بَرُوا وَلَاتَبَا غَضُوا وَلاَتَحَا سَدُوا ، وَكُونُواعِبَادَ اللهِ إخْوَانًا ، وَلاَيَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أنْ يَهْجُرَ أخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثٍ Kalian jangan saling memutus hubungan, jangan saling membenci, jangan saling mendengki, dan hendaknya kalian menjadi hamba Allah yang saling bersaudara.

Dan tidak halal bagi seorang muslim memusuhi saudaranya melebihi tiga hari. Hadis keempat mengenai persatuan. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Musa, dari Nabi Saw, beliau bersabda; إِنَّ الْمُؤْمِنَ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا وَشبك أصابعه Sesungguhnya orang mukmin yang satu dengan yang lain seperti bangunan.

Yang sebagian menguatkan sebagian yang lain. Dan Nabi Saw menggabungkan jari-jari tangannya. Hadis kelima mengenai larangan saling bermusuhan dan anjuran untuk saling mengucapkan salam dan sapa. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari Abu Ayyub, bahwa Nabi Saw bersabda; لاَ يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثِ لَيَالٍ يَلْتَقِيَانِ, فَيُعْرِضُ هَذَا وَيُعْرِضُ هَذَا وَخَيْرُهُمَا اَلَّذِي يَبْدَأُ بِالسَّلاَمِ Tidak halal bagi seorang muslim memusuhi saudaranya lebih dari tiga hari.

Jika keduanya bertemu, maka yang seorang berpaling kesana dan yang seorang lagi berpaling ke sini. Tetapi yang paling baik di antara keduanya adalah adalah yang memulai mengucapkan salam terlebih hadits tentang persaudaraan diriwayatkan oleh.

SIT Usamah - Menghafal Hadits Persaudaraan




2022 www.videocon.com