Cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Cara membedakan lovebird jantan dan betina bisa dengan melihat penampilan fisik dengan tingkat kesulitan cukup bervariatif. Tingkat kesulitan untuk mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina secara umum dibagi menjadi 3 kelompok lovebird. Pertama kelompok adalah kelompok dimorfik (jenis kelaminnya sangat jelas dapat dibedakan), kedua adalah kelompok intermediate (jenis kelaminnya agak sulit dibedakan dari penampilan burung), dan ketiga adalah kelompok lovebird kacamata (perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten).

Voerzoo insect blend, voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Lengkap, praktis dan higienis. Cukup 1 sendok cara membedakan burung lovebird jantan dan betina setiap hari sudah tidak perlu jangkrik, ulat dan kroto!

Ingin bertanya? Whatsapp 08111800809 (sales voerzoo) 1. Kelompok lovebird dimorfik Beberapa jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok dimorfik di antaranya lovebird abisinia, lovebird madagaskar dan lovebird muka merah. 1. Lovebird abisinia (Agapornis taranta) – Lovebird jantan berat badan 65 gram, dahi berwarna merah. – Lovebird betina berat badan 55 gram, dahi berwarna hijau. Baca juga: Voer Pengganti Serangga Untuk Burung 2. Lovebird madagaskar (Agapornis cana) – Tidak ada perbedaan berat badan antara lovebird jantan dan lovebird betina.

– Lovebird jantan kepala dan leher berwarna abu-abu – Lovebird betina bulu tubuh keseluruhannya berwarna hijau 3. Lovebird muka merah (Agapornis pullaria) – Lovebird jantan: dahi dan muka berwarna merah-oranye, tunggir (bulu di atas pantat, di bawah ujung lipatan sayap) berwarna biru muda, bulu terbang dan bagian bawah bulu sayap berwarna hitam. – Lovebird betina dahi dan muka lebih didominasi warna oranye dibandingkan warna merah, bagian bulu penutup sayap berwarna hijau dan di tepi sayap berwarna kekuningan.

2. Kelompok intermediate Dua jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok intermediate adalah lovebird black collared dan lovebird muka salem. 1.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Lovebird black collared (Agapornis swinderniana) Lovebird jantan dan betina sangat sulit dibedakan dan tampak serupa dalam penampilan luarnya. 2. Lovebird jantan dan betina serupa dalam penampilannya, meskipun pada umumnya lovebird betina mempunyai bulu di bagian kepala dengan warna yang lebih pucat. 3. Kelompok lovebird kacamata Empat jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok lovebird kacamata adalah lovebird nyasa (Agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird topeng (Agapornis personata), lovebird fischer (Agapornis ficheri).

Keempat jenis lovebird ini sangat sulit dibedakan antara jantan dan betina. Meskipun demikian ada sedikit perbedaan berat badan antara jantan dan betinanya. Satu keunikan dari lovebird kelompok kacamata adalah pada saat menjelang musim berkembangbiak burung betina akan membawa bahan sarang di bawah bulu tunggir dan bulu punggung bagian bawah. Cara membedakan lovebird jantan dan betina tidak berdasarkan sifat lainnya Pada jenis lovebird cara membedakan burung lovebird jantan dan betina tidak dapat dibedakan jenis kelaminnya berdasarkan penampilan luarnya yang spesifik maka akan sulit untuk membedakan lovebird jantan dan lovebird betina.

Pada kejadian ini makan ada beberapa cara cara membedakan burung lovebird jantan dan betina digunakan membedakan lovebird jantan dan lovebird betina. A. Bentuk tubuh. Lovebird betina cenderung memiliki tubuh yang kekar dan lebih berat. Namun kriteria ini tidak mutlak sifatnya. B. Warna Lovebird jantan mempunyai warna yang lebuh terang dari lovebird betina. Meskipun demikian hal itu tidak selalu benar karena warna bulu juga tergantung pada makanan, iklim, dan variasi geografis. C. Cara bertengger Lovebird betina bertengger dengan jarak antarkaki lebih lebar dibandingkan lovebird jantan.

Perbedaan jantan berina berdasar bukaan kaki (Foto: Repro dari Buku Lovebird) D. Bentuk ekor Lovebird betina mempunyai ekor dengan bentuk lebih rata dibandingkan pada ekor lovebird jantan yang berbentuk agak meruncing.

Perbedan jantan dan betina dari bentuk ekor (Foto: Repro dari Buku Lovebird) E. Membangun sarang Kegiatan membangung sarang lebih intensif dilakukan oleh lovebird betina ketimbang jantan.

Lovebird menggigit-gigit di luar sarang pada cabang-cabang dan batang yang lebih tebal. Lovebird betina akan megambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang, sedangkan lovebird jantan menyuapi lovebird betina.

Namu hal ini juga tidak mutlak karena ada lovebird jantan yang juga aktif mengumpulkan bahan sarang. F. Perabaan pada tulang pubis (supit urang). Lovebird memiliki dua tulang pubis (supit urang) pada bagian pinggulnya. Pada musim berkembang biak, tulang pubis lovebird betina menjadi lebih elastic dan jarak antara kedua tulang pubis tersebut melebar karena pengaruh hormone.

Keadaan tersebut dapat dirasakan dengan rabaan tangan. Pada lovebird jantan, jarak antara dua tulang pubis tersebut sempit. Teknik perabaan ini hanya dapat digunakan bila kegiatan seksual lovebird betina dengan aktif. Catatan: Pasangan sejenis juga bercumbu Pada jenis lovebird yang tidak dapat dibedakan antara jantan dan betinanya berdasarkan bentuk tubuh dan warna bulunya sering terjadi kesulitan untuk memperoleh pasangan yang sesuai.

Sering terlihat dua ekor jantan berperilaku seperti pasangan lovebird yang berlainan jenis. Hal yang sama juga terjadi pada dua lovebird betina.

Bahkan pada pasangan lovebird betina ini apabila bertelur maka jumlah telurnya akan lebih banyak dari pasangan yang normal, tetapi telur tersebut tidak fertile alias tidak akan menetas jika dierami. Hal yang membedakan antara pasangan jantan-jantan dan betina-betina adalah pada pasangan jantan-jantan tidak akan membuat sarang karena perilaku itu hanya milik lovebird bertina. Ada yang menyatakan bahwa lovebird jantan adalah yang menyuapi pasangannya sedangkan betina yang disuapi.

Tetapi hal ini tidak benar karena lovebird betina juga sering menyuapi lovebird jantan untuk menarik perhatian si jantan. Juga tidak benar bahwa lovebird betina memiliki paruh dan kepala yang lebih kecil ketimbang lovebird jantan.

Dan tidak tentu benar bahwa lovebird jantan memiliki kepala yang lebih lebar dengan paruh yang lebih runcing. Voerzoo insect blend: voer pengganti serangga untuk burung! Voerzoo insect blend merupakan voer pengganti serangga yang diolah dari serangga terbaik untuk burung. Proses pengolahan yang baik pada voer ini membuat kandungan nutrisi dari serangga bisa diserap lebih baik oleh burung.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Lebih lengkap, higienis dan sangat mudah dalam memberikannya. Continue reading Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara membedakan burung lovebird jantan dan betina. Ada baiknya Anda coba baca dan pahami dulu artikel ini ya. Sekarang ini siapa yang tidak tahu tentang burung Lovebird.

Ya, burung cinta yang satu ini secara fisik memang terlihat mengagumkan karena memiliki warna yang cerah dan sedap dipandang mata. Beberapa warna dari spesies burung ini yang paling dominan yaitu berwarna hijau, biru, abu-abu, kuning dan putih.

Di setiap perlombaan juga burung lovebird ini memiliki kelasnya tersendiri. Banyak pula para pecinta burung yang mengikutkan burung peliharaannya ini dengan diperlombakan dari yang berkategori keindahan warna maupun kicau burung lovebird tersebut. Karena saat ini sudah semakin banyak penggemar lovebird yang kini mulai membudidayakan burung tersebut.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Jadi tahukah Anda, bahwa sebagian besar pecinta lovebird juga merasa kesulitan bagaimana cara membedakan burung lovebird jantan dan betina. Jika dilihat dari sekilas kedua jenis lovebird baik itu yang jantan maupun betina memang tampaknya tidak ada perbedaannya. Akan tetapi, jika diperhatikan lagi secara detail melalui perilaku dan juga bentuk fisiknya, tentunya akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok dari burung lovebird ini.

• Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Jenis • 1. Kelompok Dimorfik • 2. Kelompok Intermediate • 3. Kelompok Lovebird Kacamata • Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina • 1. Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Fisik • 2. Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina dari Tingkah Lakunya • 3.

Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Usia 2-3 Bulan • 4. Cara Membedakan Lovebird Klep Dan Non Klep • 5. Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan Bantuan Alat Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Jenis Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa di dunia ini terdapat banyak jenis burung lovebird dan mempunyai karakteristiknya yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, tidak semuanya burung lovebird dapat diidentifikasi jenis kelaminnya hanya dengan menggunakan cara yang sama. Dikutip dari bukunya Siti Nuramaliati yang berjudul Lovebird terbitan Penebar Swadaya menurutnya. Tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelamin lovebird terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu : • Dimorfik (mudah membedakannya melalui penampilan), • Intermediate (agak sulit membedakannya melalui penampilan burung), • Lovebird kacamata (sulit membedakan).

Berikut ini adalah jenis lovebird berdasarkan tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya. 1. Kelompok Dimorfik Perbedaan lovebird jantan dan betina pada kelompok dimorfik ini sangat terlihat dari penampilannya. Jadi untuk membedakan jenis kelamin lovebird kelompok ini cukup terbilang mudah. Adapun beberapa jenis lovebird yang tergolong dimorfik yakni : Lovebird Abisinia, Lovebird Madagaskar, dan Lovebird Muka merah.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

2. Kelompok Intermediate Selanjutnya untuk kelompok yang kedua ini terbilang agak sulit dalam membedakannya dari penampilan. Karena lovebird jantan dan betina mempunyai penampilan yang cukup mirip. Adapun beberapa jenis lovebird yang tergolong kelompok intermediate yakni : Lovebird black collared, dan Lovebird muka salem. 3. Kelompok Lovebird Kacamata Terdapat 4 jenis lovebird kacamata yang jenis kelaminnya sulit dalam membedakannya, bahkan untuk tahap yang lebih lanjut pun. Karena jika tidak jeli, maka Anda cara membedakan burung lovebird jantan dan betina tertipu alias salah sangka.

Dikiranya lovebird jantan, eh malah ternyata jenis kelamin betina. Ada pula yang mengatakan bahwa jenis kelamin lovebird kacamata dapat dibedakan melalui berat badan jantan dan betina. Namun, hal itu tidaklah hal yang dapat dijadikan sebagai patokan. Mengapa? Hal ini karena berat badan erat sekali hubungannya dengan jenis pakan yang diberikan, kemudian seberapa banyak burung lovebird tersebut makan, dan hal lain sebagainya.

Adapun 4 jenis lovebird kacamata yakni : Lovebird nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), Lovebird topeng (Agapornis personata), dan Lovebird fischer (Agapornis fischeri). Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Oke, selanjutnya masuklah kita ke pembahasan utama yakni mengenai lovebird jantan dan betina mulai dari perbedaan yang paling umum baik itu secara fisik, tingkah lakunya, usia 2-3 bulan, klep dan non klep hingga dengan menggunakan bantuan alat.

1. Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Fisik Untuk mengenai perbedaan ciri fisik antara lovebird jantan dan betina memang tidak begitu konsisten. Namun, terkadang ciri fisik lovebird jantan memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan lovebird berjenis kelamin betina. Sehingga dalam membedakannya akan membutuhkan pengamatan yang lebih jeli. Untuk pengamatan yang dilakukan adalah sebagai berikut : 1.

Bentuk Tubuh lovebirdcomunity.blogspot.com Untuk bentuk tubuh dari lovebird juga bisa dijadikan tolak ukur dalam menentukan jenis kelamin burung lovebird. Sehingga biasanya lovebird jantan mempunyai postur tubuh yang tampak panjang dan lebih ramping.

Kalau dibandingkan dengan lovebird betina yang justru postur tubuhnya cenderung tampak terlihat bulat dan pendek. 2. Bentuk Paruh gacorkanburung.blogspot.com Jika bentuk paruh di bagian pangkal terlihat tumpul ataupun lebih rata, maka boleh dipastikan jika lovebird tersebut memang berjenis kelamin betina.

Namun, jika pada bagian pangkal paruh lovebird memang terlihat lancip, maka lovebird tersebut adalah berjenis kelamin jantan. Sehingga biasanya ukuran paruh lovebird betina lebih besar dibandingkan yang jantan. Hal tersebut, berguna dalam menampung makanan yang lebih banyak saat sang induk meloloh anaknya.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

3. Bentuk Lubang Hidung gacorkanburung.blogspot.com Untuk lubang hidung lovebird jantan dan betina juga memiliki perbedaan sekilas, yakni biasanya pada lovebird jantan memiliki lubang hidung yang berbentuk lonjong atau oval. Sedangkan untuk lovebird betina yakni lubang hidungnya berbentuk bulat dan lebih besar. 4. Bentuk Lingkar Klep atau Kacamata lovebirdoke.blogspot.com Selanjutnya untuk lingkar klep (kacamata) pada lovebird klep juga dapat dijadikan tolak ukur untuk membedakan lovebird jantan dan betina.

Biasanya pada lovebird jantan yakni lingkar kacamatanya berbentuk oval. Sedangkan untuk lovebird betina yakni memiliki bentuk yang bulat dan lebih tebal. 5.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Bentuk Kepala youtube.com Jika dilihat dari bentuk kepalanya, maka lovebird jantan di bagian atas kepalanya berbentuk rata atau cepak. Sedangkan untuk lovebird betina memiliki bentuk lebih bundar atau bulat serta ukurannya pun lebih besar jika dibandingkan dengan yang jantannya. 6. Bentuk Sayap cae-corp.blogspot.com Kalau untuk bentuk sayap sih bisa dilihat saat burung lovebird tengah dalam keadaan diam.

Karena apabila sedang aktif bergerak, maka tentunya akan sulit cara membedakan burung lovebird jantan dan betina kurang akurat dalam melakukan pengamatan. Biasanya untuk lovebird jantan posisi di ujung sayap saling menyilang. Sedangkan kalau untuk lovebird yang betina posisi ujung sayap sejajar atau lebih cenderung membuka. 7. Bentuk Ekor nurdian.com Biasanya bentuk dari ekor pada lovebird jantan memiliki bentuk yang lancip. Bisa dibilang membentuk seperti huruf V dari ujung hingga pangkal ekor.

Sedangkan untuk burung lovebird betina bentuk ekornya pada bagian ujung lebih melebar, sehingga membentuk seperti huruf U dari mulai ujung hingga ke pangkal ekornya.

8. Bentuk Tulang Pubis atau Supit Udang planetlovebird.blogspot.com Dalam melihat tulang pubis (supit udang), lovebird mesti dipegang serta diraba melalui bagian supit udangnya. Kalau untuk lovebird jantan sendiri memiliki supit udang yang jarak antar dua tulang pubisnya terasa sempit bila diraba dengan menggunakan jari telunjuk.

Kemudian kalau untuk lovebird yang betina sih, jarak antara dua tulang pubis lebih lebar, kira-kira besarnya seukuran dengan jari telunjuk orang dewasa. 9. Bentuk Kloaka atau Anus caragacor.com Selanjutnya untuk bagian anus lovebird betina ini memiliki bentuk elip dan lebih lebar daripada jantannya.

Kemudian untuk lovebird jantan bentuk anusnya lebih kecil mempunyai bentuk bulat yang seolah-olah terlihat seperti menonjol. Bagaimana sudah jelas banget bukan terkait cara membedakan lovebird jantan dan betina secara fisik?

Supaya lebih jelas lagi, perhatikan juga tabel perbandingan dibawah ini. Perbedaan Lovebird Jantan Lovebird Betina Tubuh panjang dan lebih ramping bulat dan pendek Paruh pangkal paruh terlihat lancip Cenderung tumpul, melebar dan besar lubang Hidung Berbentuk lonjong atau oval berbentuk bulat dan lebih besar lingkar Klep / Kacamata Oval atau lonjong bulat dan lebih tebal Kepala berbentuk rata atau cepak bundar atau bulat serta ukurannya lebih besar Sayap posisi di ujung sayap saling menyilang posisi ujung sayap sejajar atau lebih cenderung membuka Ekor bentuk yang lancip bagian ujung lebih melebar, membentuk seperti huruf U Tulang Pubis Jarak atau posisi antar tulangnya menyempit Jarak atau posisi antar tulangnya melebar Tulang Supit Terasa lancip, rapat dan keras Terasa lebih lunak dan elastis Kloaka Memiliki bentuk yang bulat, kecil dan menonjol Memiliki bentuk yang oval, lebar dan rata Bagi Anda yang ingin beternak burung murai batu.

Bisa juga simak pembahasan selanjutnya mengenai cara ternak murai batu. 2. Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina dari Tingkah Lakunya Tentunya burung lovebird jantan dan betina mempunyai perilaku yang berbeda ketika sedang birahi. Oleh karena itu berikut Genemil rangkum secara detail perbedaannya. Cara membedakan jenis kelamin lovebird yang kedua adalah dengan cara kita mengamati berbagai bentuk tingkah lakunya. Baik itu ketika burung tersebut bertengger, saat birahi maupun dalam pembuatan sarangnya.

1. Cara Bertengger lovebirdswarna.blogspot.com Biasanya saat bertengger posisi atau jarak dari kedua kaki pada lovebird betina lebih melebar dari jantan. Sedangkan untuk lovebird jantan posisi ataupun jarak antar kedua kakinya cenderung lebih merapat daripada betina. Hal tersebut karena disebabkan jarak antara tulang pubis lovebird cara membedakan burung lovebird jantan dan betina dan betina memiliki perbedaan.

2. Saat Birahi duniabinatang2.blogspot.com Biasanya ketika birahi, lovebird jantan akan terus-menerus mendekati lovebird betina sambil manggut-manggut. Lalu lovebird jantan akan mondar-mandir sambil membunyikan suara kekekan satu dua ketukan untuk memanggil betinanya. Terkadang burung lovebird jantan sampai gesek tangkringan apabila terjadi over birahi.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Kemudian lovebird jantan akan berusaha menaiki tubuh dari burung lovebird betina. Sementara untuk lovebird betina posisinya hanya diam saja sambil merentangkan kedua sayapnya. Disamping itu, lovebird betina akan lebih agresif kemudian menggigit-gigit benda yang ada di sekitarnya. 3. Cara Membuat Sarang youtube.com Saat membuat sarang, lovebird betina paling aktif dalam membuat dan mengumpulkan bahan yang akan dipakai.

Kemudian untuk lovebird jantan hanya hanya mencari serutan kayu dan memberikannya kepada burung lovebird betina. 4. Suara Ngekeknya ruanghobby.com Burung lovebird sendiri merupakan salah satu burung yang cukup aktif dalam hal berbunyi. Saat berbunyi, suara yang dikeluarkan dari lovebird ini berupa suara ngekek.

Kemudian dari suara ini jugalah dapat dijadikan tolak ukur dalam membedakan lovebird jantan dan betina. Untuk burung lovebird jantan, maka suara ngekeknya akan terdengar seperti pendek-pendek. Berbeda halnya dengan suara ngekek pada lovebird betina cara membedakan burung lovebird jantan dan betina akan cenderung lebih panjang. Bagaimana sudah jelas banget bukan terkait perbedaan lovebird jantan dengan betina tingkah lakunya?

Agar lebih jelas lagi, perhatikan juga tabel perbandingan dibawah ini. Perbedaan Tingkah Laku Lovebird Jantan Tingkah Laku Lovebird Betina Cara Bertengger Sering mondar-mandir dan melompati lovebird betina Diam Saat birahi Berusaha menaiki tubuh dari burung lovebird betina Hanya diam saja sambil merentangkan kedua sayapnya Cara Membuat Sarang Pasif atau mengambil bahan sarang Aktif atau mengambil dan membangun sarang Suara Ngekeknya Memiliki satu ketukan suara (kek tek tek atau cit cit cit) Diam Kepala Sering manggut-manggut Diam Perilaku Hobi meloloh dan menaiki cara membedakan burung lovebird jantan dan betina lovebird betina Merunduk dan membuka sayap secara lebar-lebar Kebiasaan Gesek-gesek tangkringan Menggigit benda-benda yang ada di sekitarnya 3.

Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Usia 2-3 Bulan Untuk yang anakan burung lovebird saat masih berusia 2-3 bulan memang agak sulit dalam membedakannya. Jadi, bagaimana sih cara membedakan lovebird di usia ini. Oke, untuk itu Anda cukup pelajari saja tabel di bawah ini. Perbedaan Anakan Lovebird Jantan Anakan Lovebird Betina Tulang Supit Lancip, keras dan lebih rapat Tumpul dan lunak Posisi Supit Lebih tinggi daripada tulang iga bawah Dibawah tulang iga bawah Kepala Datar Melengkung atau cekung Leher Simetris Leher pendek atau bentek Paruh Pipih Melebar Bentuk Tubuh Terlihat ramping Terlihat lebih besar Posisi Berdiri Tegak dibagian dada Ndeprok dan mengangkang Posisi Bertengger Kaki terlihat merapat Kaki terlihat cara membedakan burung lovebird jantan dan betina Perilaku Suka cari perhatian, sering manggut-manggut kepala dan meloloh Diam, minta diloloh dan sering mengangkat bahan sarang Kebiasaan Aktif atau cara membedakan burung lovebird jantan dan betina kesana kemari Pasif atau sering didalam glodok 4.

Cara Membedakan Lovebird Klep Dan Non Klep Berikut adalah beberapa cara membedakan burung lovebird klep dan non klep yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk sebagai peternak burung lovebird.

Perbedaan Lovebird Klep Lovebird Non Klep Lingkaran Mata Tebal dan berwarna putih Tipis/tidak ada dan berwarna putih Paruh Berwarna merah atau kemerahan Berwarna kuning atau putih Suara Ngekek panjang dan mudah gacor Ngekeknya kurang panjang Bentuk Tubuh Tampak kecil Terlihat lebih besar Masa Bertelur selama 8-9 bulan selama 8-9 bulan Variasi Warna Bulu Sedikit dan cerah (terlihat indah) Banyak (beragam warna) namun kusam Untuk Anda yang mempunyai burung hantu, simak juga pembahasan selanjutnya mengenai makanan burung hantu.

5. Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan Bantuan Alat Selanjutnya cara yang terakhir untuk membedakan antara lovebird jantan dan betina yakni dengan menggunakan bantuan alat tes, simak penjelasan berikut ini : 1.

Melakukan Tes DNA (Tingkat Akurasi 100%) planetlovebird.blogspot.com Dengan melakukan tes DNA ini merupakan cara yang paling akurat dalam membedakan lovebird jantan dan betina dengan tingkat akurasi hingga 100%.

Biasanya dalam tes DNA ini adalah menggunakan bulu yang ada di bagian kloaka burung lovebird tersebut. Sekarang ini telah banyak sekali jasa tes DNA dalam mengetes jenis kelamin daripada lovebird cara membedakan burung lovebird jantan dan betina. Biasanya cara inipun digunakan terhadap jenis lovebird termahal saja, karena terbilang biayanya juga tidaklah murah.

2. Dengan Memakai Alat Pendulum (Jarum) blogsexer.blogspot.com Cara yang terakhir ini adalah dengan meletakan pendulum dari cincin logam, jarum, ataupun bandul tertentu yang kemudian digantungkan ke atas paruh atau kepala burung lovebird. Apabila pendulum bergerak secara mengayun, bisa jadi kemungkinan besar lovebird itu berjenis kelamin jantan.

Akan tetapi, bila pendulum berputar maka boleh dipastikan bahwa lovebird tersebut berjenis kelamin betina. Cara ini boleh diterapkan karena menurut beberapa survey setiap makhluk hidup memiliki medan magnet yang berbeda-beda antara jenis kelamin jantan dan betina. Tutorial di atas merupakan cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa dan biasanya digunakan serta sangat mudah dalam penerapannya.

Dengan bisa membedakan jenis kelamin ini adalah hal yang wajib diketahui saat Anda ingin beternak lovebird di rumah. Untuk cara membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan juga hampir sama, terkecuali ketika burung lovebird tersebut sedang birahi. Karena pada lovebird usia 2 bulan belum bisa birahi dan masih kecil. Demikianlah pembahasan yang dapat Genemil sampaikan tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Semoga bisa menambah wawasan para pembaca sekalian. Cukup sekian dan terima kasih! Categories Flora & Fauna Post navigation
Taukah anda, sebagian besar pecinta lovebird merasa kesulitan membedakan burung lovebird jantan dan betina. Bila dilihat sekilas kedua jenis lovebird baik yang jantan dan betina memang terlihat tidak ada perbedaannya.

Namun, bila kita perhatikan secara detail dari perilaku dan bentuk fisiknya tentu akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok. Contents • Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina • Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Fisik • Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Saat Birahi • Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2-3 Bulan • Cara Membedakan Lovebird Klep Dan Non Klep Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Perbedaan Burung Lovebird Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Fisik Cara paling ampuh membedakan burung lovebird jantan dan betina yaitu dengan melihat fisiknya mulai dari bentuk paruh, sayap, kebiasaan bertengger dan perilakunya.

Perbedaan Lovebird Jantan Lovebird Betina Kepala Cepak atau rata Melengkung atau cekung Paruh Runcing, mancung dan kecil Cenderung tumpul, melebar dan besar Hidung Berbentuk lonjong atau oval Berbentuk bulat lebar Bentuk Klep Oval atau lonjong Bulat Bentuk Tubuh Terlihat lebih kecil Terlihat besar Warna Bulu Terlihat lebih terang Terlihat gelap atau kusam Posisi Sayap Menyilang dan saling bertemu Tidak menyilang dan tidak bertemu Ekor Mengerucut kecil dan runcing Lebar besar dan rata Tulang Pubis Jarak antar tulangnya menyempit Jarak antar tulangnya melebar Tulang Supit Terasa lancip, rapat dan keras Terasa lebih lunak dan elastis Kloaka Bentuk bulat, kecil dan cara membedakan burung lovebird jantan dan betina Bentuk oval, lebar dan rata Posisi Bertengger Kedua kaki agak merapat Kedua kaki sering melebar Baca Juga: cara ternak lovebird lengkap Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Saat Birahi Burung lovebird jantan dan betina memiliki perilaku yang berbeda saat sedang birahi, berikut ini kami rangkum detail perbedaannya.

Perbedaan Lovebird Jantan Birahi Lovebird Betina Birahi Kepala Sering manggut manggut Diam Suara Ngekek Satu ketukan suara (kek tek tek atau cit sit cit ) Diam Perilaku Suka meloloh dan menaiki tubuh lovebird betina Merunduk dan membuka sayap lebar-lebar Kondisi Bertengger Sering Mondar mandir dan melompati lovebird betina Diam Kebiasaan Gesek gesek tangkringan Menggigit benda-benda di sekitarnya Pembuatan Sarang Pasif (mengambil bahan sarang) Aktif (mengambil dan membangun sarang) Baca Juga: cara agar lovebird cepat kawin Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2-3 Bulan Anakan burung lovebird yang masih berumur 2-3 bulan memang agak sulit dibedakan.

Lalu bagaimana cara membedakan lovebird pada usia ini, anda cukup pelajari saja tabel berikut ini. Perbedaan Anakan Lovebird Jantan Anakan Lovebird Betina Tulang Supit Keras, lancip dan lebih rapat Lunak dan tumpul Posisi Supit Lebih tinggi dari tulang iga bawah Dibawah tulang iga bawah Kepala Datar Cekung atau melengkung Leher Simetris Leher pendek atau bentek Paruh Pipih Melebar Bentuk Tubuh Ramping Terlihat lebih besar Posisi Berdiri Tegak dibagian dada Ndeprok dan mengangkang Posisi Bertengger Kaki merapat Kaki melebar Perilaku Suka caper, sering manggut-manggut kepala dan meloloh Diam, minta diloloh dan sering mengangkat bahan sarang Kebiasaan Aktif (terbang kesana kemari) Pasif (sering didalam glodok) Baca Juga: cara merawat indukan lovebird yang sedang bertelur Cara Membedakan Lovebird Klep Dan Non Klep Inilah beberapa cara membedakan burung lovebird klep dan non klep yang wajib untuk anda ketahui sebelum memutuskan untuk menjadi peternak lovebird.

Perbedaan Lovebird Klep Lovebird Non Klep Lingkaran Mata Berwarna putih dan tebal Berwarna putih dan tipis/tidak ada Paruh Warna merah atau kemerahan Warna kuning atau putih Suara Ngekek panjang dan cepat gacor Ngekeknya kurang panjang Bentuk Tubuh Terlihat kecil Lebih besar Masa Bertelur 8-9 bulan 8-9 bulan Variasi Warna Bulu Sedikit namun cerah (terlihat indah) Banyak (beragam warna) tapi kusam Baca Juga: cara merawat anakan lovebird umur 3 bulan Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina – Burung lovebird adalah salah satu burung yang sulit dibedakan jenis kelaminnya, baik itu jenis kelamin lovebird jantan atau jenis kelamin betina.

Banyak penghobi yang kesulitan membedakan jenis kelamin lovebird ini terutama para peternak pemula yang ingin menjodohkan lovebird atau mengawinkan lovebirdnya, baca agar lovebird cepat bertelur. Tetapi tidak semua jenis lovebird sulit untuk dibedakan ada beberapa jenis lovebird yang memang mudah dibedakan jenis kelaminnya. Khususnya pada lovebird non klep atau bukan lovebird kacamata. Tetapi lovebird klep atau lovebird kacamata membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betinanya terbilang cukup sulit.

Walaupun memang sulit tetapi untuk membedakan lovebird jantan dan betina bukanlah hal yang mustahil dilakukan karena dengan pengamatan yang jeli dan pengalaman biasanya kita bisa membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina dengan tepat dan cepat. Cara membedakan lovebird jantan dan betina dilakukan dengan memperhatikan ciri fisik lovebird jantan dan ciri fisik lovebird betina atau dengan membandingkan karakter/perilaku keduanya, karena lovebird jantan dan betina mempunyai karakter yang berbeda, terutama pada saat burung sedang birahi.

Perbedaan lovebird jantan dan betina ini sangatlah tipis sekali sehingga kita harus memperhatikannya lebih seksama lagi. Perbedaan ciri lovebird jantan dan betina memang tidak konsisten, terkadang lovebird jantan juga mempunyai ciri fisik yang menyerupai kelapa betina begitupun sebaliknya. Sehingga kita tidak cukup hanya dengan melihat satu ciri saja, melainkan perlu membandingkan ciri fisik lainnya untuk hasil yang lebih tepat.

Berikut ini beberapa perbedaan labet jantan dan betina dari fisik dan karakternya. Daftar Isi • 1 Cara Membedakan Lovebird Jantan cara membedakan burung lovebird jantan dan betina Betina • 1.1 1. Bentuk paruh lovebird • 1.2 2. Bentuk badan lovebird • 1.3 3. Bentuk sayap lovebird • 1.4 4 Bentuk ekor lovebird • 1.5 5. Bentuk kepala lovebird • 1.6 6. Cara bertengger lovebird • 1.7 7. Menggunakan pendulum atau jarum • 1.8 8.

Bentuk supit udang lovebird • 1.9 9. Lubang hidung • 1.10 10. Lingkar klep kacamata • 1.11 11. Anus, kloaka atau pen lovebird • 1.12 12. Tes DNA • 1.13 13. Perilaku saat lovebird birahi • 1.14 14. Perilaku saat membangun sarang • 1.15 15. Perilaku lovebird kawin Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina 1. Bentuk paruh lovebird Lovebird jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk paruhnya tepatnya lis pada pangkal paruh atau paruh bagian atasnya. lis pada pangkal paruh lovebird biasanya berwarna putih atau merah muda.

Bentuk lis paruh lovebird jantan biasanya lebih tipis dan lancip di bagian tengahnya, sedangkan lis paruh burung betina biasanya tebal dan melengkung tidak runcing ditengahnya. 2. Bentuk badan lovebird Bentuk tubuh lovebird juga bisa memberitahu jenis kelamin lovebird. Biasanya lovebird jantan mempunyai postur tubuh yang lebih panjang dan lebih ramping dibandingkan lovebird betina.

Sedangkan lovebird betina cenderung bulat dan pendek. 3. Bentuk sayap lovebird Bentuk sayap ini dilihat dari pada saat lovebird sedang diam karena jika lovebird sedang bergerak atau aktif biasanya kurang akurat pengamatannya. Lovebird jantan mempunyai sayap yang saling menyilang di bagian ujungnya sedangkan lovebird betina cenderung membuka atau kurang menyilang. Ciri ini tidak begitu akurat karena kadang lovebird jantan dan betina mempunyai bentuk ujung sayap yang sama.

4 Bentuk ekor lovebird Bentuk ekor lovebird jantan biasanya berbentuk runcing atau huruf V sedangkan ekor lovebird betina biasanya agak besar dan ujungnya tumpul berbentuk huruf U.

Ciri ini juga kurang akurat karena lovebird jantan dan betina bisa saja mempunyai bentuk ekor yang mirip. 5. Bentuk kepala lovebird Bentuk kepala lovebird jantan biasanya lebih cepat atau rata menyerupai kota kotak sedang kalau betina biasanya lebih bundar dan membulat di bagian atasnya ini bisa dilihat jika kita memang sudah cukup lama memperhatikan lepet karena Perbedaannya sangat tipis sekali 6.

Cara bertengger lovebird Posisi saat bertengger lovebird juga bisa membedakan jenis kelaminnya. Lovebird jantan memiliki posisi yang sedikit rapat saat bertengger sedangkan lovebird betina mempunyai memiliki posisi yang sedikit membentang.

Ini dikarenakan lovebird betina mempunyai struktur badan baik itu kloaka atau sapit urang yang sedikit lebar dibandingkan jantan. Ciri ini juga memang kurang akurat tetapi patut untuk diperhatikan.

7. Menggunakan pendulum atau jarum Caranya dengan meletakkan pendulum dari cincin emas, dari jarum, atau dari bandul tertentu yang digantungkan pada benang diatas kepala atau paruh burung. Jika pendulum bergerak maju-mundur maka lovebird tersebut berjenis kelamin jantan sedangkan jika pendulum berputar maka lovebird tersebut berkelamin betina.

Kenapa pendulum bisa maju mundur atau berputar? Menurut saya ini karena setiap burung atau makhluk hidup mempunyai medan magnet yang berbeda antara jenis kelamin jantan dan betina.

Bahan logam atau pendulum digunakan untuk mendeteksi gelombang magnet tersebut. Foto : https://www.youtube.com/watch?v=xYTl-YtFl60 Cara ini biasanya saya gunakan untuk membedakan jenis kelamin merpati jantan atau betina. Cara ini cukup efektif digunakan pada burung merpati. Kesulitan utamanya jika menggunakan pendulum untuk membedakan lovebird jantan dan betina yaitu memperhatikan pendulum apakah bergerak maju-mundur atau berputar.

Juga cukup sulit juga memposisikan kepala lovebird agar tetap diam, karena jika bergerak-gerak biasanya hasilnya kurang akurat.

8. Bentuk supit udang lovebird Selanjutnya yaitu melihat supit udang atau capit hurang lovebird. Biasanya para penggemar lovebird membuat istilah dengan “colok sendiri” yang artinya mengecek tulang pubis atau capit udang pada lovebird.

Jika capit udangnya mempunyai jarak yang lebar maka lovebird tersebut berjenis kelamin betina sednagkan jika capit udangnya rapat dan runcing maka lovebird tersebut berjenis kelamin betina. 9. Lubang hidung Lubang hidung lovebird juga bisa memiliki perbedaan antara pejantan dan betina dan jantan biasanya mempunyai lubang hidung yang lonjong atau berbentuk oval sedangkan dapat betina mempunyai lubang hidung yang bulat dan lebih besar Pada lovebird klep atau kacamata juga bisa membedakan jenis kelaminnya dengan melihat klep mata pada lovebird.

Lovebird jantan biasanya mempunyai kacamata/klep berbentuk lonjong sedangkan lovebird betina biasanya berbentuk bulat. Tapi ini memang agak sulit dibedakan, ya karena mungkin beberapa burung juga memiliki bentuk klep yang sama 10. Lingkar klep kacamata Nah itu semua adalah cara membedakan lovebird jantan dan betina secara fisik dan karakter Salah satu ciri saja kurang cukup untuk membedakan jenis kelamin pada lovebird Oleh karena itu kita harus memperhatikan seluruh dari ciri ciri lovebird jantan dan lovebird betina agar hasil prediksi kita lebih akurat 11.

Anus, kloaka atau pen lovebird anus atau kloaka lovebird biasanya sepaket dengan Sapit udang karena biasanya jika kita mengecek sepit udang kita juga akan mengecek bentuk kloaka atau pen lovebird tentukanlah pejantan biasanya lebih menonjol dan ada BAB bulu disekitarnya bulu halus di sekitarnya sedangkan lover betina bentuknya agak lebar memanjang ke samping berbentuk oval dan lebih rata 12. Tes DNA Mengetahui jenis kelamin lovebird dengan tes DNA adalah salah satu hal yang paling efektif dan paling akurat 99% tes ini biasanya menggunakan bulu yang ada pada kloaka lovebird sekarang ini sudah banyak beberapa lembaga yang mengadakan jasa tes DNA untuk mengetes jenis kelamin pada lovebird 13.

Perilaku saat lovebird birahi Tingkah laku saat lovebird sedang birahi juga bisa menjadi acuan kita untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan atau betina. Perilaku ini menurut saya cukup efektif karena keduanya memiliki karakter yang berbeda labet betina biasanya akan mengepakkan sayapnya atau biasa disebut dengan ngakapal.

Jadi jika ada yang bertanya lovebird ngapal jantan atau betina? Jawabannya lovebird betina. Sedangkan lovebird jantan biasanya akan mengangguk-anggukkan kepalanya pada saat sedang over birahi baca cara : mendongkrak birahi lovebird. 14. Perilaku saat membangun sarang Perilaku lovebird membuat sarang juga sangat efektif untuk membedakan LB jantan dan betina.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Lovebird jantan biasanya akan memberikan jerami atau serabut Kayu pada betina sedangkan lovebird betina akan membangun sarang dan mengambil serbuk serabut kayu atau jerami sekaligus 15. Perilaku lovebird kawin Saat kawin juga lovebird jantan dan betina mempunyai karakter yang berbeda biasanya lovebird jantan itu cenderung ingin menaiki ke atas punggung lovebird lainnya jika lovebird betina biasanya akan menunjukkan badannya sambil mengepakkan sayapnya Categories Love Bird Tags ciri-ciri lovebird betina, ciri-ciri lovebird jantan, lovebird, lovebird jantan dan betina, membedakan lovebird jantan dan betina anakan Post navigation
Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina – Burung adalah salah satu binatang cara membedakan burung lovebird jantan dan betina yang banyak disukai orang.

Salah satunya adalah burung Lovebird, dengan berbagai warna bulu menarik yang dimiliki serta suara kicauannya yang khas. Burung Lovebird juga dapat dilatih dengan beberapa trik. Selain pintar, burung Lovebird memiliki tingkah laku yang sangat lucu dan mengemaskan.

Tidak heran jika banyak orang melatih burung Lovebird dengan bertujuan untuk dilombakan ataupun atraksi pada sirkus Lovebird. Daftar Isi • Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina • 1. Bentuk Kepala • 2. Bentuk Paruh • 3. Lubang Hidung • 4. Lingkar Klep • 5.

Ukuran Tubuh • 6. Warna Bulu • 7. Bentuk Sayap • 8. Bentuk Tulang Pupis atau Supit • 9. Cara Bertengger • 10.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Cara Membangun Sarang • 11. Tingkah Laku Saat Birahi • 12. Kualitas Ngekek • 13. Bentuk Anus • 14. Bentuk Ekor • 15.

Metode Pendulum Cincin • Tes DNA • Akhir Kata Beberapa pecinta burung kicau atau BURUNG PELIHARAAN tentu pernah mengaku kesulitan dalam membedakan jenis kelamin burung Lovebird. Sekilas burung Lovebird tersebut memang terlihat sama, dan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar antara Lovebird jantan dan betina. Jika ingin mengetahui jenis kelamin Lovebird, kalian bisa melihat dari bentuk fisik maupun perilaku burung tersebut.

Atau untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan lengkapnya pada artikel di bawah ini. Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Pada kesempatan kali ini akan ada beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina. Untuk lebih jelasnya, kalian baca sampai akhir artikel.

1. Bentuk Kepala Lovebird memiliki beragam pilihan WARNA UNIK pada bagian bulu yang tentu menjadi nilai plus dan menarik. Ini juga bisa dijadikan sebagai cara membedakan Lovebird jantan dan betina. Jantan Betina Warna bulu terlihat lebih terang Warna bulu terlihat gelap Bulunya Bersih Bulunya sedikit kusam Bulunya berwarna cerah Terlihat seperti bulu kotor Bulu terlihat rapih Warna bulunya kurang cerah Bulu kurang rapih Seringkali saya pribadi melihat orang meraba bagian tulang supit burung Lovebird.

Ternyata dengan menggunakan cara tersebut, kalian dapat mengetahui jenis kelamin Lovebird. Untuk lebih jelasnya kalian simak ciri-ciri Lovebird di bawah ini. Jantan Betina Jarak antar tulang menyempit Jarak antar tulang melebar Lovebird jantan akan bertengger dengan posisi kaki agak rapat. Sementara Lovebird betina posisi kakinya agak melebar. Hal ini dikarenakan tulang pubis Lovebird betina agak berjauhan atau melebar, sementara Lovebird jantan tulang pubisnya rapat atau meruncing.

Hal ini juga termasuk dalam bagaimana cara membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina. 10. Cara Membangun Sarang Saat membangun sarang, diantara Lovebird jantan dan betina yang paling aktif adalah Lovebird betina. Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang. Sedangkan jantan biasanya hanya memberikan kulit kayu kepada si betina.

Bahkan, Lovebird jantan cenderung malas. Ini termasuk cara membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina pastinya. Jika kalian kurang percaya, bisa kalian praktekan sendiri pada burung Lovebird kalian. 11. Tingkah Laku Saat Birahi Lovebird memiliki beberapa tingkah laku saat tingkat birahinya naik. Hal ini tentunya dapat dijadikan untuk mengetahui tentang jenis kelamin burung Lovebird. Mari kita simak pembahasan berikut ini. Jantan Betina Manggut-manggut di dekat betina Sering membentangkan sayap atau ( ngiwir) Menggesek-gesekan pantat pada tangkringan Sering mengangkat ekornya atau biasa disebut dengan ngleper Modar-Mandir memanggil pasangan Bulu sayap mengembang jika didekati seseorang Menggaruk kepala Karakter berubah menjadi sedikit galak Meloloh Lovebird betina Sering menggigit benda di sekitarnya Menaiki tubuh Lovebird betina Ciri khas tingkah laku Lovebird jantan yaitu mendekati Lovebird betinanya dan manggut manggut.

Selain itu, Lovebird jantan juga mengeluarkan suara “ tek tek tek” atau “ cit cit cit” untuk menarik perhatian pasangannya. Tingkah laku Lovebird betina ketika birahi bisa ditandai dengan posisi yang sering disebut dengan “ ngleper”.

Lovebird betina juga akan menggigiti benda-benda yang ada di sekitarnya sebagai tanda bahwa ia sedang menarik perhatian Lovebird jantan. 12. Kualitas Ngekek Burung Lovebird memiliki karekter serta kualitas berkicau yang berbeda-beda. Perlu kalian pahami, jika burung dengan durasi ekek atau waktu dalam berkicau panjang, bisa dipastikan itu merupakan ciri Lovebird betina.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini. Jantan Betina Gerakannya gesit Malas gerak Ngekek atau berkicaunya pendek-pendek Ngekek atau berkicau panjang Durasi berkicau sedikit lama Saat Lovebird jantan ngekek biasanya memang penuh gaya dan kegesitan. Tetapi, dengan caranya ia membuang tenaga untuk beraksi, dapat menjadikan kualitas pernafasannya menjadi berkurang. Dan menjadikan Lovebird jantan hanya dapat mengeluarkan suara kicau yang kurang panjang atau pendek-pendek.

Sedangkan Lovebird betina biasanya cenderung anteng atau ( Nagen) saat berkicau. Hal ini menjadikan Lovebird betina memiliki peluang, untuk mengeluarkan suara ekek panjangnya.

13. Bentuk Anus Jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan menggunakan DNA yang di ambil dari bulu atau darahnya. Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 99%. DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid, yang tentunya berbeda antara jenis burung jantan atau betina. Dengan perbedaan DNA inilah, kalian bisa mengetahui mana Lovebird jantan dan betina. Kalian dapat melakukan tes DNA di Laboratorium dengan biaya yang cukup mahal. Akhir Kata Demikian beberapa cara membedakan Lovebird jantan dan betina paling lengkap dan akurat yang dapat birdsny.com sampaikan.

Semoga dengan adanya tips membedakan burung Lovebird jantan dan betina diatas kalian bisa memilih burung Lovebird dengan tepat. Mungkin sedikit informasi ini berguna, untuk kalian yang baru belajar berternak burung Lovebird. Artikel Terbaru • 20 Manfaat Biji Sawi Untuk Lovebird, Belum Banyak Yang Tahu ! • 6 Cara Mengatasi Perkutut Kegemukan Secara Alami & Penyebab • 20 Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok : Cara & Waktu Pemberian • 6 Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi 100% Berhasil • 13 Cara Menjodohkan Murai Batu Untuk Pemula, Dijamin Berhasil !
Bagi kalangan kicau mania alias pecinta burung, nama lovebird mungkin sudah tak asing lagi dan jadi salah satu burung peliharaan yang paling diminati saat ini.

Lovebird juga termasuk ke dalam burung kicau karena memiliki kemampuan kicauan panjang atau "ngekek" dalam sekali tarikan nafas. Maka tidak heran, kalau cara membedakan burung lovebird jantan dan betina juga sering dikompetisikan. Nama lovebird atau burung cinta pun nggak asal disematkan pada hewan peliharaan yang punya ukuran kecil dan corak warna yang menarik, nih.

Lovebird dikenal sebagai jenis burung sosial yang hanya memiliki sebuah pasangan sepanjang hidupnya. Selain itu, lovebird juga memiliki kebiasaan untuk berdekatan dalam satu kandang yang membuatnya kian tampil kian mesra dan menggemaskan.

Namun apakah kamu sudah tahu bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina? Terlebih buat kamu yang hendak memiliki lovebird anakan, nih.

Daftar Isi • Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina, Mulai Fisik dan Tingkah Lakunya • 1. Perbedaan Warna dan Corak Bulu • 2.

Pemeriksaan Fisik • 3. Perhatikan Tingkah Laku • 4. Perubahan Saat Birahi • 5. Melakukan Tes DNA • 6. Pembedahan Organ Reproduksi • Kesimpulan Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina, Mulai Fisik dan Tingkah Lakunya Cara membedakan lovebird jantan dan betina - wide open pets Membedakan cara membedakan burung lovebird jantan dan betina jantan dan betina memang agak susah-susah gampang.

Terlebih pada beberapa jenis, lovebird jantan dan betina memiliki corak dan bentuk fisik yang hampir sama persis. Terlebih buat kamu yang mau membuat ternakan lovebird, jangan sampai ketipu hingga kamu memelihara sepasang lovebird yang isinya jantan cara membedakan burung lovebird jantan dan betina atau betina semuanya.

Pasalnya walau diletakkan dengan sesama jenis kelaminnya, lovebird cenderung memiliki tingkah laku yang sama persis dengan saling menempel satu sama lain, lho.

Bikin kamu makin bingung, kan? Biar kamu nggak salah dalam memilih pasangan lovebird, sobat PetPi bisa ikuti cara-cara yang sudah dirangkum dari berbagai sumber seperti di bawah ini, deh. Kelompok dimorfik pada lovebird sendiri dalam artian burung peliharaan ini dapat dibedakan antara jantan dan betina lewat perbedaan warna dan corak bulu yang dimilikinya.

Adapun tiga jenis yang termasuk kelompok dimorfik adalah lovebird kepala abu-abu ( Agapornis canus), lovebird muka merah ( Agapornis pullarius), dan lovebird sayap hitam ( Agapornis taranta). • Lovebird kepala abu-abu: Jantan memiliki kepala, dada, dan leher belakang berwarna abu-abu dengan sisanya berwarna hijau; Betina hanya berwarna hijau pada seluruh bagian tubuhnya.

• Lovebird muka merah: Jantan memiliki tubuh berwarna hijau terang dengan bagian dada dan bawah bercorak kuning, bagian kepalanya berwarna jingga-kemerahan dengan bagian atas (mahkota) berwarna hijau dan sayap bercorak hitam; Betina punya bagian wajah yang lebih berwarna jingga terang dan sayap tanpa corak hitam. • Lovebird sayap hitam: Jantan memiliki bagian atas kepala berwarna merah yang juga mengelilingi matanya, sayapnya juga memiliki garis berwarna hitam; Betina sama sekali tidak memiliki corak merah dan sayapnya punya garis cenderung abu-abu.

Baca Juga : Panduan Cara Menjodohkan Lovebird yang Baru Kenal & Beda Warna, Agar Cocok dan Cepat Bertelur! 2.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Pemeriksaan Fisik Selain ketiga lovebird yang diulas pada poin sebelumnya, hampir secara keseluruhan tergolong kelompok monomorfik yang artinya antara jantan dan betina hampir sama dan sulit dibedakan. Adapun lovebird dengan kelompok monomorfik adalah lovebird kacamata topeng ( Agapornis personatus), lovebird kacamata Fischer ( Agapornis fischeri), lovebird kacamata Nyasa ( Agapornis lilianae), lovebird kacamata pipi hitam ( Agapornis nigrigenis), lovebird muka salem ( Agapornis roseicollis), dan lovebird kerah hitam ( Agapornis swindernianus).

Untuk mencari perbedaan lovebird jantan dan betina dari kelompok monomorfik ini, umumnya kamu bisa melakukan pemeriksaan fisik seperti. • Perbedaan ukuran: Secara umum banyak kalangan meyakini ukuran lovebird betina lebih kecil dibanding lovebird jantan.

Namun hal ini tampak kurang akurat. • Bentuk kepala: Bagian kepala pada lovebird jantan terlihat kurang bulat apabila dibanding lovebird betina. • Bentuk lubang hidung: Lubang hidung pada lovebird jantan berbentuk lonjong atau oval, sementara pada lovebird betina akan berbentuk bulat lebar.

• Corak kacamata: Pada jenis lovebird kacamata, ukuran corak di sekitar matanya lebih tebal pada lovebird betina ketimbang pada lovebird jantan. • Bentuk paruh: Lovebird betina memiliki bentuk paruh yang lebih panjang dan lebar ketimbang lovebird jantan yang cenderung lebih tajam • Cek tulang pubis (supit urang): Tulang pubis bisa diperiksa di antara dua kaki burung lovebird.

Bentuk tulang pubis lovebird jantan akan terasa menyempit saat diraba dan terasa keras, lalu bentuk tulang pubis lovebird betina akan terdapat jarak antara keduanya dan lebih elastis untuk dapat mengeluarkan telur.

• Bentuk ekor: Lovebird jantan memiliki ekor yang runcing dan mengecil dari pangkal ke ujung, sementara lovebird betina tampak lebih rata dan melebar. • Bentuk anus (kloaka): Lovebird jantan memiliki anus atau kloaka yang lebih kecil dan tampak seperti menonjol, sementara kloaka pada lovebird betina akan terlihat lebih rata dan melebar. 3.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Perhatikan Tingkah Laku Tingkah laku yang berbeda - squeaks and nibbles Selain melakukan pemeriksaan fisik, ada pula cara membedakan lovebird jantan dan betina dengan memperhatikan tingkah lakunya, mulai dari cara bertengger hingga siklus bertelurnya.

Dari cara bertengger, umumnya lovebird jantan berdiri tegak dengan sayap menyilang di belakang. Sementara lovebird betina berdiri dengan kaki melebar dan sayap sejajar di bagian tepi tubuhnya.

Selain itu kamu bisa meletakkan sepasang lovebird di dalam kandang untuk mengetahui pasangan tersebut adalah jantan-betina, jantan-jantan, atau betina-betina. Siapkan juga bahan-bahan untuk membangun sarang di dalamnya.

Saat hendak bertelur, lovebird betina akan aktif dan terampil dalam membangun sarang dibanding lovebird jantan. Selain itu kamu bisa meletakkan sepasang lovebird di dalam kandang yang sudah disiapkan sarang untuk mengetahui pasangan tersebut adalah jantan-betina, jantan-jantan, atau betina-betina. Jika lovebird betina-betina, maka kamu tetap akan mendapatkan telur yang tidak dibuahi dan tidak bisa menjadi anakan lovebird.

Umumnya kamu akan mendapatkan hingga 8-9 butir telur. Sementara untuk lovebird jantan-jantan tentu sebaliknya, kamu tentu tidak akan mendapatkan telur dalam waktu yang lama. Pada pasangan lovebird jantan-betina, kamu kemungkinan akan mendapatkan telur sekitar 4 butir yang sudah dibuahi dan akan menetas kurang lebih setelah 23 hari dierami, nih. 4. Perubahan Saat Birahi Saat memasuki fase siap kawin, baik lovebird jantan maupun betina akan cara membedakan burung lovebird jantan dan betina siklus birahi yang ditunjukkan dari perubahan tingkah laku mereka.

Ciri-ciri lovebird jantan birahi adalah dengan mengeluarkan bunyi kicauan yang khas guna menarik perhatian pasangannya. Lovebird jantan juga akan mendekati betina dan manggut-manggut. Sementara itu lovebird betina birahi akan cenderung menunduk dan membentangkan sayap yang sering disebut sebagai " ngeleper". Tingkah laku yang dilakukan lovebird betina ini bertujuan untuk menarik perhatian dan mempermudah lovebird jantan saat hendak melakukan perkawinan.

5. Melakukan Tes DNA Kalau benar-benar kesulitan, ada cara mudah yakni dengan melakukan tes DNA untuk mengetahui jenis kelamin lovebird peliharaanmu.

cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Baca Juga : Makin Gacor! Ini Pilihan Vitamin Lovebird Terbaik untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisinya 6. Pembedahan Organ Reproduksi Untuk metode yang lebih murah, kamu bisa juga melakukan pembedahan untuk mengetahui jenis organ reproduksi pada lovebird. Hal ini bisa dilakukan dengan mendatangi dokter hewan terdekat.

Setelah melakukan pembedahan dan mengetahui jenis kelaminnya, umumnya lovebird akan diberikan tanda pengenal khusus secara permanen. Sayangnya cara membedakan lovebird jantan dan betina ini lebih berisiko untuk mendatangkan penyakit hingga risiko kematian terkait dengan proses operasi yang dilakukan. Kesimpulan Untuk lebih memudahkan kamu dalam cara membedakan kelamin lovebird secara umum, lihatlah tabel berikut ini: Tabel Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Perbedaan Lovebird Jantan Lovebird Betina Ukuran Besar Lebih Kecil Bentuk kepala Kurang bulat Bulat Bentuk lubang hidung Lonjong atau oval Bulat dan lebar Bentuk paruh Tajam Panjang dan lebar Bentuk ekor Runcing dan mengecil Rata dan melebar Bentuk anus (kloaka) Kecil dan menonjol Rata dan melebar Supit urang Keras dan menyempit saat diraba Elastis dan terdapat jarak antara keduanya Cara bertengger Berdiri tegak dengan sayap menyilang Berdiri dengan kaki melebar dan sayap sejajar Perilaku birahi Berkicau dengan suara khas Menunduk dan membentangkan sayap (ngeleper) Kurang lebih begitulah cara membedakan lovebird jantan dan betina yang bisa kamu lakukan sendiri.

Bagaimana cukup mudah, kan? Selain itu jika kamu hendak mendapatkan pasangan lovebird yang tepat, pastikan kamu mencari peternak lovebird yang terpercaya, ya. Selamat mencoba! Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Rabu, 30 September 2020, 19:30 WIB Update pada: Kamis, 23 Desember 2021, 09:30 WIB • https://animals.mom.me/tell-male-female-lovebirds-6326.html • https://burungnya.com/10-cara-membedakan-lovebird-jantan-dan-betina-paling-akurat/ • https://sexadodeaves.com/vlog/en/how-to-know-if-you-have-a-male-or-female-lovebird/ • https://www.cuteness.com/article/difference-male-amp-female-lovebirds • https://www.cuteness.com/article/tell-gender-lovebirdKOMPAS.com - Cara membedakan burung lovebird jantan dan betina tentu sangat dibutuhkan, terutama oleh kicau mania pemula.

Burung lovebird adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh kicau mania. Selain kicauannya yang merdu, bentuk dan warna burung ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung.

Harga jual burung lovebird di pasaran pun sempat sangat tinggi, khususnya burung lovebird yang kerap menang dalam kontes kicau. Cara merawat burung lovebird pun tak terlalu sulit, asalkan mengenal karakteristik burung berwarna indah tersebut. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk merawat lovebird, ketahui terlebih dahulu cara membedakan burung lovebird jantan dan betina.

Berikut ini cara membedakan burung lovebird jantan dan betina berdasarkan bentuk tubuh atau fisiknya: Baca juga: Fakta Menarik Belalang Sembah, Serangga Pembunuh yang Melahap Otak Burung 1. Lingkar klep kacamata lovebird Cara membedakan burung lovebird jantan dan betina yang pertama adalah dengan mengecek lingkar klep kacamata pada burung tersebut. Tak mudah memang menemukan lingkaran putih di sekitar mata lovebird, namun ciri ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui jenis kelamin burung lovebird.

Lingkar klep kacamata milik lovebird jantan lebih lonjong atau oval daripada lingkar klep kacamata milik lovebird betina yang cenderung lebih bulat. 2. Bentuk anus lovebird Selain lingkar klep kacamata, cara membedakan lovebird jantan dan betina adalah melalui bentuk anusnya. Berita Terkait Burung Merpati Ini Dihargai Rp 2 Miliar, Apa Kelebihannya? Burung Merpati "Rampok" Harganya Rp 2 Miliar, Dianggap Istimewa hingga Berprestasi Temuan Pertama Kali, Dua Burung Condor Lahir Tanpa DNA Pejantan di California Daftar Hewan Eksotis Ini adalah Burung Paling Berbahaya di Dunia Cara Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina Berita Terkait Burung Merpati Ini Dihargai Rp 2 Miliar, Apa Kelebihannya?

Burung Merpati "Rampok" Harganya Rp 2 Miliar, Dianggap Istimewa hingga Berprestasi Temuan Pertama Kali, Dua Burung Condor Lahir Tanpa DNA Pejantan di California Daftar Hewan Eksotis Ini adalah Burung Paling Berbahaya di Dunia Cara Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina
Burungnya.com – Beberapa pecinta Lovebird mengaku kesulitan membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina.

Hal ini wajar karena Lovebird sendiri memiliki tiga kelompok tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya. Tiga kelompok tingkat kesulitan tersebut antara lain, kelompok Dimorfik (jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan dengan mudah), kelompok Intermediate (jenis kelamin Lovebird cukup sulit dibedakan), dan kelompok Lovebird Kaca Mata (jenis kelamin Lovebird tidak konsisten, sehingga sangat sulit dibedakan), seperti yang cara membedakan burung lovebird jantan dan betina oleh Omkicau.com.

Daftar Isi • Jenis Lovebird Berdasarkan Kelompok Pembeda Kelamin • Kelompok Dimorfik • Kelompok Intermediate • Kelompok Lovebird Kaca Mata • Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat • 1. Bentuk paruh Lovebird • 2. Bentuk fisik Lovebird • 3. Bentuk sayap Lovebird • 4. Bentuk ekor Lovebird • 5. Cara bertengger Lovebird • 6. Cincin emas atau jarum • 7. Tulang pubis atau supit urang Lovebird • 8.

Tingkah laku Lovebird saat birahi • 9. Cara Lovebird membangun sarang • 10. Tes DNA Lovebird dengan akurasi 99 persen • 11. Lubang hidung Lovebird • 12. Lingkar klep kacamata Lovebird • 13. Anus atau kloaka Lovebird • 14. Suara lovebird • 15. Dicarikan Lovebird pasangan • Kesimpulan • • Pencarian terkait: Jenis Lovebird Berdasarkan Kelompok Pembeda Kelamin Kelompok Dimorfik • Lovebird Abisinia (Agapornis taranta) • Lovebird Madagaskar (Agapornis cana) • Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria) Kelompok Intermediate • Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana) Kelompok Lovebird Kaca Mata • Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae) • Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis) • Lovebird Topeng (Agapornis personata) • Lovebird Fischer (Agapornis ficheri) Nah, itulah beberapa jenis Lovebird yang mudah dan sulit dibedakan jenis kelaminnya.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya Anda dapat membedakan Lovebird jantan dan betina dengan akurat melalui beberapa cara berikut. Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat 1. Bentuk paruh Lovebird Bentuk paruh Lovebird jantan dan betina (burungnya.com) Bentuk paruh Lovebird jantan lebih runcing atau mancung serta kecil, sementara bentuk paruh Lovebird betina cenderung tumpul, melebar, dan besar.

2. Bentuk fisik Lovebird Bentuk fisik (lovebirdcomunity.blogspot.co.id) Tubuh Lovebird jantan cenderung lebih kecil dari Lovebird betina. Bagian kepala Lovebird jantan berbentuk rata atau cepak, sedangkan Lovebird betina kepalanya cenderung melengkung atau cekung.

3. Bentuk sayap Lovebird Bentup sayap (rumahsangkicau.blogspot.com) Ujung sayap Lovebird jantan biasanya menyilang, kalau Lovebird betina ujung sayapnya tidak saling bertemu dan tidak menyilang (Cara ini hanya bisa dilakukan saat Lovebird diam). 4. Bentuk ekor Lovebird Bentuk ekor (lovebirdku.com) Ekor Lovebird jantan berbentuk runcing, sedangkan ekor Lovebird betina lebih rata.

Sekilas, ujung ekor Lovebird jantan mengerucut kecil. Kalau ujung ekor Lovebird betina lebar besar. 5. Cara bertengger Lovebird Cara bertengger (parrotfeather.com) Lovebird jantan akan bertengger dengan kaki agak merapat, sementara Lovebird betina kakinya agak melebar.

Hal ini dikarenakan tulang pubis Lovebird betina agak lebar atau berjauhan, sementara Lovebird jantan tulang pubisnya rapat atau meruncing. 6. Cincin emas atau jarum Cara membedakan jenis kelamin Lovebird menggunakan cincin emas (lovebirdku.com) Ternyata cincin emas atau jarum juga dapat digunakan untuk melihat perbedaan Lovebird jantan dan betina.

Caranya, siapkan tali dengan panjang 15-20 cm. Lalu, ikatkan ujungnya pada cincin emas atau jarum. Setelah itu, peganglah Lovebird menggunakan tangan kiri, usahakan bagian kepalanya jauh dari genggaman. Kemudian, tempatkan cincin emas di atas kepala Lovebird dengan jarak 3-5 cm. Terakhir, perhatikan gerakan cincin emas yang digantung tadi. Jika cincin bergerak maju mundur searah, berarti Lovebird berkelamin jantan.

Jika cincin bergerak memutar atau melingkar, berarti Lovebird berkelamin betina. Baca juga: 20 Cara Mengetahui Kelamin Lovebird Jantan dan Betina dengan Mudah 7. Tulang pubis atau supit urang Lovebird Beda tulang pubis Lovebird jantan dan betina (wikihow.com) Pada Lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis akan terasa menyempit jika diraba. Untuk Lovebird betina, tulang pubisnya lebih elastis dan jarak antar kedua tulang pubis tersebut lebih lebar, kira-kira seukuran jari tangan manusia.

Tak hanya itu, saat meraba dua tulang supit udang Lovebird dewasa, maka tulang supit udang Lovebird betina akan terasa lebih lunak dan jika ditekan kedua tulang supit tersebut akan sepert terbuka.

Sementara pada Lovebird jantan ketika ditekan, maka kedua tulang supit udangnya akan terasa lancip, rapat dan keras. 8. Tingkah laku Lovebird saat birahi Beda Lovebird jantan dan betina (cherewed.com) Lovebird jantan biasanya berdiri di dekat Lovebird betina sambil manggut-manggut. Kemudian, Lovebird jantan akan mengeluarkan suara tek tek tek atau cit cit cit (satu ketukan suara). Terkadang, Lovebird jantan juga melompati Lovebird betina, mondar-mandir memanggil pasangan, meloloh Lovebird betina, gesek-gesek tangkringan, dan menaiki tubuh Lovebird betina.

Sementara, Lovebird betina akan merunduk dan membuka sayapnya lebar-lebar. Orang Jawa menyebut tingkah laku seperti ini posisi ngleper. Selain itu, Lovebird betina juga suka menggigit benda-benda di sekitarnya. 9. Cara Lovebird membangun sarang Lovebird jantan dan betina membuat sarang (youtube.com) Saat membangun sarang, di antara Lovebird jantan dan betina yang paling aktif adalah Lovebird betina.

Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang. Sedangkan, Lovebird jantan hanya memberikan kulit kayu kepada Lovebird betina. Seharusnya pejantan lebih bertanggung jawab, tapi kalau burung Lovebird mungkin berbeda.

10. Tes DNA Lovebird dengan akurasi 99 persen Tes DNA Lovebird (animalgenetics.us) Jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan menggunakan DNA cara membedakan burung lovebird jantan dan betina diambil dari bulu atau darah.

Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 99 persen. DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung jantan dan betina. Dengan perbedaan DNA inilah, Anda bisa tahu mana Lovebird jantan dan betina. Anda dapat melakukan tes DNA di laboratorium dengan biaya yang cukup mahal.

Baca juga: 10 Tanya Jawab Tes DNA Burung Untuk Mengetahui Jenis Kelamin 11. Lubang hidung Lovebird Bentuk lubang hidung Lovebird (Burungnya.com) Lubang hidung Lovebird bisa digunakan untuk menentukan kelamin jantan atau betina.

Caranya dapat dilihat dengan memegang Lovebird tersebut, lalu ditiup pada bagian hidung. Jika lubang hidung Lovebird berbentuk lonjong atau oval, maka dapat dipastikan itu jenis kelamin Lovebird jantan. Kalau lubang hidung Lovebird berbentuk bulat lebar, maka itu Lovebird betina. 12. Lingkar klep kacamata Lovebird Lingkar kacamata Lovebird jantan dan betina (trevorsbirding.com) Lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dari lingkar klep kacamatanya.

Walaupun agak sulit, tapi terkadang perbedaan klep Lovebird jantan dan betina bisa kelihatan. Untuk Lovebird jantan, biasanya klep atau lingkar kacamatanya lebih oval atau lonjong, sedangkan Lovebird betina klepnya lebih bulat. Baca juga: 43 Jenis Lovebird di Seluruh Dunia Kategori Suara dan Warna 13. Anus atau kloaka Lovebird Kloaka Lovebird jantan dan betina (Burungnya.com) Burung Lovebird jantan umumnya mempunyai anus atau kloaka yang lebih kecil dan seolah–olah terlihat menonjol atau lebih panjang.

Kalau Lovebird betina biasanya memiliki kloaka atau anus yang lebih lebar dan terlihat lebih rata ketimbang kloaka Lovebid jantan. Selain itu, bagian anus Lovebird jantan akan terasa keras, sedangkan Lovebird betina anusnya terasa lebih empuk. Untuk mengetahuinya, basahi dulu bagian vital burung Lovebird, kemudian buka bulu perlahan dan raba bagian anusnya. 14. Suara lovebird Jenis Burung Lovebird untuk Lomba Suara Ngekek Panjang (olx.co.id) Apakah bisa memastikan jenis kelamin Lovebird dari suaranya?

Tentu saja tidak bisa, tapi dari kebiasaannya saat ngekek, kita bisa tahu itu jantan atau betina. Biasanya, burung jantan akan berkicau keras cara membedakan burung lovebird jantan dan betina ngekeknya panjang saat sendirian. Nanti begitu ada Lovebird betina, suaranya lebih keras lagi. Burung jantan jadi terlihat birahi. Kalau sudah dijadikan satu kandang, terkadang Lovebird betina akan dikejar-kejar dan dinaiki tubuhnya.

Suara Lovebird jantan perlahan akan menurun. Dia jadi jarang bunyi karena birahinya sudah dilampiaskan ke Lovebird betina.

15. Dicarikan Lovebird pasangan Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Akurat Untuk mengetahui burung Lovebird cara membedakan burung lovebird jantan dan betina dan betina, coba dekatkan dengan Lovebird lain yang sebelumnya Anda sudah mengetahui jenis kelaminnya. Misalnya, Anda belum yakin dengan Lovebird baru Anda, kemudian Anda mempunyai satu cara membedakan burung lovebird jantan dan betina Lovebird lain yang jenis kelaminnya pasti betina.

Dekatkan Lovebird betina pada Lovebird Anda yang baru. Apabila Lovebird baru cenderung birahi dan menaiki Lovebird betina, berarti dia memang Lovebird jantan. Namun, bila dia biasa saja dan masih ngekek normal, ada kemungkinan Lovebird ini juga betina.

Nah, untuk Lovebird yang betina sendiri, kalau dia lihat pejantan, biasanya sayapnya akan dibentangkan lebar seperti pesawat. Itu menunjukkan Lovebird betina juga birahi dan siap untuk dibuahi. Artinya Lovebird betina ingin kawin dengan Lovebird jantan yang baru Anda satukan. Kesimpulan Demikian beberapa cara membedakan jenis kelamin burung Lovebird jantan dan betina.

Anda bisa mulai dari melihat fisiknya kemudian lanjut ke tingkah laku, suara, dan anusnya. Bila Anda masih belum puas, serahkan semuanya pada jasa tes DNA burung. Sekarang sudah banyak jasa tes Cara membedakan burung lovebird jantan dan betina burung. Nanti Anda akan diminta untuk mengambil sampel berupa darah burung atau bulu.

Namun, dari keduanya lebih akurat darah. Setelah itu, sampel di kirim ke laboratorium di luar negeri, hasilnya akan dikirimkan lewat email. Tak heran hasil dari tes DNA burung lebih mahal karena biaya laboratorium dan transportasi pengiriman sampel juga mahal.

Jika artikel dari Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih. Pencarian terkait: • cara membedakan lovebird jantan dan betina • perbedaan lovebird jantan dan betina • ciri lovebird jantan • ciri ciri lovebird jantan • ciri lovebird betina • membedakan lovebird jantan dan betina • lovebird jantan dan betina • cara membedakan love bird jantan dan betina • https://burungnya com/10-cara-membedakan-lovebird-jantan-dan-betina-paling-akurat/ • ciri lovebird jantan dan betina • Click to share on Telegram (Opens in new window) • Click to share on LinkedIn (Opens in new window) • • Click to print (Opens in new window) • Click to share on Reddit (Opens in new window) • • Click to share on Tumblr (Opens in new window) • Click to share on Skype (Opens in new window) • • Click to share on Pocket (Opens in new window) • Berita Terbaru • 15 Makanan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor 8 May 2022 • Doping Pleci Gacor Buka Paruh Untuk Rumahan 8 May 2022 • 10 Cara Merawat Anak Burung Hantu yang Benar dan Harganya 6 May 2022 • Presiden Jokowi Buat Pajak Khusus Mulai Rokok Sampai Sarang Burung Walet 5 May 2022 • Fakta Menarik Burung Branjangan dan Cara Merawat 5 May 2022 • 10 Jenis Burung Paling Banyak Dipelihara di Indonesia 3 May 2022 • 10 Cara Memilih Burung Trucukan Ombyokan yang Bagus 2 May 2022 • 7 Jenis Burung Jalak Masuk Daftar Burung Dilindungi 1 May 2022 • 10 Jenis Lovebird yang Paling Bagus dan Trend Warna Lovebird Terbaru 1 May 2022 • 5 Daftar Harga Kenari Yorkshire Terbaru Rp 5 Jutaan 29 April 2022 Berita Terpopuler •
Lovebird jantan dan betina sebenarnya bisa dibedakan dengan beberapa cara mudah.

Antara lain dari melihat tingkah laku dan juga fisiknya. Nah, untuk anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara membedakan Lovebird jantan dan betina, 14 cara dibawah ini bisa anda coba. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Cekidot. Advertisements Baca juga: Download Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang 14 Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina (100% Akurat) 1. Bentuk Paruh: Lovebird Jantan Lebih Runcing Dan Betina Lebih Tumpul Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina adalah dengan memperhatikan paruhnya.

Advertisements Cara ini cukup mudah dilakukan dan tidak perlu memegang burung secara langsung. 2. Ukuran Tubuh: Lovebird Jantan Cenderung Lebih Kecil Dibandingkan Betina Jika anda sedang ingin membeli Lovebird di kandang ombyokan dan ingin mendapatkan yang jantan, maka melihat ukuran tubuh juga bisa jadi salah satu cara untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina.

Rata-rata Lovebird jantan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan betina. 3. Bentuk Kepala: Lovebird Jantan Lebih Rata, Betina Cenderung Melengkung Secara fisik, bentuk tubuh Lovebird jantan dan betina memang terdapat perbedaan dibeberapa bagian. Advertisements Sobat Wikicau.com bisa membedakan antara Lovebird jantan dan betina dari kepalanya. Bentuk kepala Lovebird jantan terlihat lebih rata dan cepak dibagian atasnya. Sedangkan Lovebird betina, bagian atas kepalanya akan terlihat lebih melengkung atau cekung.

4. Bentuk Sayap: Lovebird Jantan Ujung Sayapnya Menyilang Dan Lovebird Betina Tidak Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, terlihat jelas sekali bukan perbedaannya? Lovebird jantan memiliki ujung sayap yang saling bertemu hingga menyilang. Cara ini juga cukup mudah dilakukan untuk membedakan mana Lovebird jantan dan betina. Cukup perhatikan burung dari luar sangkar, anda tidak perlu memegang si burung. Baca juga: 12 Makanan Lovebird Agar Tetap Sehat Dan Gacor 5.

Bentuk Ekor: Ekor Lovebird Jantan Lebih Runcing, Betina Lebih Rata Perbedaan fisik berikutnya antara Lovebird jantan dan betina adalah ekornya. Advertisements Sobat Wikicau.com bisa membedakan antara Lovebird jantan dan betina dari cara mereka bertengger. Lovebird jantan ketika bertengger biasanya kakinya cenderung lebih merapat. Sedangkan Lovebird jantan kakinya akan lebih melebar.

Kenapa bisa begitu? Usut punya usut, perbedaan cara bertengger ini karena perbedaan tulang pubis. Lovebird jantan memiliki tulang pubis yang rapat, sedangkan Lovebird betina memiliki tulang pubis yang renggang. Sehingga perbedaan tersebut juga mempengaruhi cara bertengger Lovebird jantan dan betina.

Tentang tulang pubis ini akan dibahas lebih lanjut pada poin nomor 8 dibawah. 7. Gunakan Pendulum Diatas Kepala Cara yang ketujuh ini cukup populer digunakan para penghobi burung kicau, terutama Lovebird, untuk mengetahui jenis kelamin burung. Jika anda adalah “pemain” lama, tentu anda sudah tahu dengan teknik yang satu ini.

Advertisements Jika pendulum bergerak maju mundur, itu artinya Lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Tapi jika pendulum bergerak memutar, kemungkinan besar Lovebird tersebut berkelamin betina. Cara ini juga populer digunakan untuk mengetahui kelamin beberapa jenis burung lain. Salah satunya merpati. Advertisements Cobalah untuk meraba tulang pubis Lovebird. Jika tulang pubisnya terasa longgar, maka kemungkinan besar Lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

Sedangkan jika tulang supit atau pubisnya terasa rapat, kemungkinan Lovebird tersebut berkelamin jantan. Saat melakukan pengecekan ini, harap sobat Wikicau lakukan dengan hati-hati ya. Jangan sampai melukai si burung. 9. Perhatikan Perbedaan Tingkah Laku Lovebird Jantan Dan Betina Saat Birahi Selain perbedaan fisik, Lovebird jantan dan betina juga bisa dibedakan dari tingkah laku mereka.

Terutama saat sedang birahi. Selanjutnya, sang jantan akan mulai mengeluarkan suara untuk menarik perhatian si betina. Suara tersebut biasanya berbunyi tek tek tek atau cit cit cit. Dalam beberapa kasus, Lovebird jantan juga kadang suka melompati betinanya, meloloh si betina, dan menaiki tubuh betina. Sedangkan Lovebird betina biasanya lebih suka menunduk dan membuka sayapnya dengan lebar.

Advertisements Dalam membangun sarang, pihak betina lah yang biasanya lebih aktif. Lovebird betina akan lebih aktif mengumpulkan serbuk/kulit kayu dan memasukannya ke glodok. Sedangkan Lovebird jantan terlihat lebih pasif dengan hanya memberikan kulit kayu ke si betina. Baca juga: 8 Tips Ternak Lovebird Agar Berhasil 11. Gunakan Tes DNA Jika anda memiliki dana yang lebih, maka anda bisa mencoba cara kesebelas ini, yaitu dengan tes DNA.

Diantara semua cara yang ada dalam daftar ini, tes DNA adalah cara yang paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin Lovebird. Tingkat akurasinya bahkan mencapai 99%. Tes DNA ini bisa anda lakukan di laboratorium. Tes DNa ini biasanya dilakukan dengan memeriksa sampel darah ataupun bulu si burung.

Tapi tentu cara ini membutuhkan biaya yang tidak murah. Advertisements Jika lubang hidung Lovebird anda memiliki bentuk oval, maka bisa dipastikan Lovebird anda berjenis kelamin jantan. Tapi jika lubang hidungnya berbentuk bulat melebar, kemungkinan besar itu adalah Lovebird betina. 13. Bentuk Lingkar Mata: Lovebird Jantan Terlihat Oval, Sedangkan Betina Terlihat Bulat Salah satu ciri khas Lovebird adalah adanya klep kacamata atau lingkar mata. Nah, bentuk dari klep ini juga bisa “memberitahu” jenis kelamin si Lovebird loh.

Advertisements Sedangkan jika lingkar matanya berbentuk bulat, itu kemungkinan besar adalah Lovebird betina. Cara ini memang sedikit sulit, karena tidak terlalu kentara perbedaannya. Tapi pada beberapa burung Lovebird, perbedaan bentuk klep ini bisa terlihat dengan jelas. 14. Bentuk Kloaka Atau Anus: Lovebird Jantan Memiliki Anus Lebih Kecil, Sedangkan Betina Lebih Lebar Terakhir, sobat Wikicau.com bisa membedakan antara Lovebird jantan dan betina dengan memperhatikan bentuk anus si burung.

Jika anus si burung terlihat lebih menonjol dan panjang, maka kemungkinan besar itu adalah Lovebird jantan.

CIRI-CIRI LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA KETIKA SEDANG SALING LOLOH DAN BERTENGGER




2022 www.videocon.com