Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

★ SMA Kelas 12 / Ujian Semester 1 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas 12 Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintah dan kenegaraan merupakan fungsi Pancasila sebagai….

a. dasar negara b. pandangan hidup bangsa c. perjanjian luhur bangsa Indonesia d. tujuan bangsa Indonesia e. jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: PTS Fisika SMA Kelas 11 Empat buah gaya masing-masing : F1 = 10 N F2 = 10 N F3 = 10 N F4 = 10 N dan panjang AB = BC = CD = DE = 1 meter Dengan mengabaikan berat batang AE, tentukan momen gaya yang bekerja pada batang dan arah putarannya jika: poros putar di titik A A.

90 Nm B. 85 Nm C. 80 Nm D. 75 Nm E. 70 Nm Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia. Materi Latihan Soal Lainnya: • Surat Pribadi dan Surat Dinas - Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 • Pramuka - Siaga • PTS PAI Semester 2 Genap SD Kelas 6 • Matematika Tema 8 Subtema 1 SD Kelas 2 • Kuis IPA SD Kelas 5 • Remedial PAS Penjaskes PJOK Semester 1 Ganjil SMP Kelas 7 • Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Biji - IPA SMP Kelas 8 • PAS Kimia SMA Kelas 11 • PAI SD Kelas 4 • Tema pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai.

Subtema 1 SD Kelas 2 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • • Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan salah satu fungsi pancasila sebagai dasar negara.

Nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial tertuang dalam pancasila, dan menjadi dasar yang mengatur penyelenggaran di dalam pemerintahan dan kenegaraan. Mapel : PPKn - Tingkat : SMP d. Tujuan bangsa Indonesia. ❌ Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai… a. Dasar negara. ✅ Maksudnya, pancasila menjadi dasar peraturan perundang-undangan yang mengatur penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan.

b. Pandangan hidup bangsa. ❌ Pancasila memiliki nilai-nilai kehidupan yang baik untuk dijadikan sikap, tingkah laku, dan motivasi dalam menjalani kehidupan dalam aspek ketuhanan, kemanusian, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial.

c. Perjanjian luhur bangsa Indonesia. ❌ Maksudnya, pancasila merupakan keputusan akhir / final bagi bangsa indonesia yang harus dijaga, dan diamalkan. d. Tujuan bangsa Indonesia.

❌ Artinya, pancasila merupakan cita-cita atau tujuan bangsa Indonesia untuk mewujudkan bangsa yang berketuhanan, berkemanusiaan, bersatu, berdemokrasi, adil dan makmur. Kesimpulan Kata kuncinya. • Landasan = Dasar. • Pemerintahan dan Kenegaraan = Negara. Rekomendasi • Macam macam Gerak Dasar dalam Permainan Sepak Bola (Teknik) • Cara Menendang Bola dalam Permainan Sepak Bola (yang benar) • Insert New Slide berfungsi untuk menyisipkan Slide Baru • Bunyi vokal akhir pada baris baris puisi disebut Rima • Pukulan pembuka dalam bulutangkis disebut pukulan Service • Bila kita mendengarkan lagu yang terdengar hanya suara musik disebut Kategori Uncategorized Navigasi Tulisan
Jakarta - Pancasilamerupakan konsep pemikiran yang diciptakan dari kepribadian bangsa Indonesia dengan tujuan dan fungsi tertentu.

Apa saja fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia? Sejak 1 Juni 1945, Pancasila memegang peranan penting sebagai dasar dan landasan ideologi bangsa Indonesia. Setiap silanya memiliki nilai kehidupan yang harus diamalkan semua warga negara Indonesia. 1. Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara Pancasila sebagai Ideologi Negara merupakan tujuan bersama Bangsa Indonesia yang diimplementasikan dalam Pembangunan Nasional yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur baik secara material maupun spiritual.

Tujuan tersebut dicapai dalam wadah Negara Kesatuan RI yang merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan rakyat. Selain itu, Pancasila sebagai ideologi juga mencakup sikap warga negara yang mewujudkan kehidupan bangsa dan dunia yang aman, tentram, tertib dan damai. 2.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara Pancasila sebagai dasar negara atau sering juga disebut sebagai Dasar Falsafah Negara mengandung pengertian bahwa Pancasila sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Hal tersebut ditegaskan dalam Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998 tentang pencabutan P4 dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara. Pada ketetapan ini dinyatakan bahwa Pancasila sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah Dasar Negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus dilaksanakan secara konsekuen dan konsisten.

Dalam ketetapan MPR tersebut juga dijelaskan bahwa kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara mengandung makna sebagai ideologi nasional, cita-cita dan tujuan negara. Adapun makna Pancasila sebagai dasar negara antara lain: a. Sebagai dasar untuk menata negara yang merdeka dan berdaulat. b. Sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang bersih dan berwibawa, sehingga tercapai tujuan nasional; yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke 4.

c. Sebagai dasar, arah dan petunjuk aktivitas perikehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. 3. Fungsi Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia Pancasilasebagai jiwa bangsa lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia yaitu pada zaman Sriwijaya dan Majapahit. Hal ini diperkuat oleh Prof.

Mr. A.G. Pringgodigdo dalam tulisannya tentang Pancasila. Menurut Prof.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

Pringgodigdo, tanggal 1 Juni 1945 adalah istilah untuk hari lahir Pancasila. Sementara Pancasila itu sendiri telah ada dan menjadi jiwa sejak adanya Bangsa Indonesia. 4. Fungsi Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia Pada fungsi ini, Pancasila diwujudkan dalam sikap mental, tingkah laku serta perbuatan. Sikap mental dan tingkah laku yang dimaksud adalah bangsa Indonesia mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan bangsa lain.

Ciri khas inilah yang dimaksud dengan kepribadian. 5. Fungsi Pancasila Indonesia sebagai Pandangan Hidup Bangsa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung makna bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila.

Hal tersebut dikarenakan Pancasila merupakan kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri. Nilai-nilai tersebut antara lain nilai ketuhanan-keagamaan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan-demokrasi, dan nilai keadilan sosial. 6. Fungsi Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum atau Sumber Tertib Hukum bagi Negara Republik Indonesia Sumber tertib hukum Republik Indonesia adalah pandangan hidup, kesadaran, cita-cita hukum serta cita-cita moral yang meliputi suasana kejiwaan serta watak Bangsa Indonesia.

Cita-cita yang dimaksud adalah kemerdekaan individu, kemerdekaan bangsa, perikemanusiaan, keadilan sosial dan perdamaian Nasional. 7. Fungsi Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia Pada saat bangsa Indonesia mendirikan negara atau Proklamasi 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia belum mempunyai undang-undang dasar negara yang tertulis.

Kemudian pada 18 Agustus 1945 disahkan pembukaan dan batang tubuh Undang-Undang Dasar 1945 oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang terdiri dari wakil-wakil seluruh rakyat Indonesia dan turut mengesahkan perjanjian luhur selama-lamanya.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

8. Fungsi Pancasila sebagai Cita-cita dan Tujuan Bangsa Indonesia Cita-cita luhur Negara Indonesia sebagaimana dimuat dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang merupakan penuangan jiwa Pancasila. Cita-cita luhur inilah yang akan menjadi arah untuk mencapai tujuan Bangsa Indonesia. Baca juga: Teori Heliosentris dan Teori Geosentris dalam Tata Surya, Apa Bedanya? 9. Fungsi Pancasila sebagai Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa Sebagaimana nilai dari sila ke-3, Pancasila merupakan sarana yang ampuh untuk mempersatukan Bangsa Indonesia.

Tak hanya sila ke-3, Pancasila juga mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang oleh Bangsa Indonesia diyakini paling benar, adil, bijaksana dan tepat untuk mempersatukan rakyat Indonesia. Itulah 9 fungsi Pancasilabagi bangsa Indonesia beserta penjelasannya. Sekarang jadi semakin paham kan detikers? Simak Video " Sekjen Pemuda Pancasila Ngaku Salah Ada Anggotanya Bawa Sajam di Demo DPR" [Gambas:Video 20detik] (pal/pal) Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi negara Republik Indonesia.

Pancasila berasal dari kata Sansekerta yang terdiri dari dua kata, yakni Panca dan Sila. Panca berarti lima, Sila berarti dasar, asas, tujuan. Jadi Pancasila merupakan Lima dasar negara yang dibentuk oleh pemerintah untuk menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan kenegaraan tanpa bertolakbelakang dengan Pancasila tersebut. Sekarang nilai-nilai dari Pancasila harus kita terapkan satu persatu dalam kehidupan sehari-hari dari sila pertama hingga sila kelima.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

Hal ini menunjukkan bahwa pengorbanan para tokoh bangsa dalam mendirikan dan menetapkan asas negara agar negara memiliki pandangan hidup serta bagaikan pondasi agar negara Indonesia tidak runtuh.

Nah, Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai “Dasar Negara”. Kita telah tau bahwa Pancasila lah sebagai pedoman dan ideologi bangsa Indonesia dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari dalam bidang masyarakat, kepemerintahan, dan kenegaraan.

Materi tambahan : brainly.co.id/tugas/7905726 (Nilai Pancasila di zaman dulu) Mapel : PPKn Kelas : 7 Materi : Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Kata kunci : Fungsi dan peranan Pancasila Kode soal : 9 Kode kategorisasi : 7.9 #optitimcompetition : Nama Peserta Didik Kelas/semester Butir Sikap 1.

Mensyukuri nilai dan semangat kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indon … esia secara tulus. 2.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Tabel 4.3 Penilaian Sikap Tanggal, kelebihan ,Kekurangan, Keterangan No 1. 2. 3. 5. 6. 7.8.9.10​
Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai dasar negara indonesia. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Suatu bangsa yang merdeka agar mampu menghadapi berbagai permasalahan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, maka bangsa tersebut harus?

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.
1. Pancasila sebagai landasan penyeleng garaan pemerintahan dan kenegaraan me rupakan fungsi Pancasila sebagai .

a. dasar negara b. pandangan hidup bangsa c. perjanjian luhur bangsa Indonesia d. tujuan bangsa Indonesia 2. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Indonesia karena . a. Pancasila diusulkan oleh founding fathers Indonesia b. Nilai yang terkandung dalam Pancasila mencerminkan jiwa bangsa Indonesia c. Pancasila dapat dijadikan alat sebagai pemersatu bangsa d.

Pancasila dianggap sangat demokratis sehingga cocok untuk NKRI 3. Tiga fungsi pokok Pancasila adalah . a. pandangan hidup, ideologi, dasar negara b. lambang negara, jiwa bangsa, ideologi c. pemersatu, penguat, pengokoh d. pandangan hidup, tujuan hidup, nilai hidup 4. Nama Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia pertama kali dikukuhkan oleh a. Ir. Soekarno b.

Mr. Achmad Soebardjo C. Drs. Moh Hatta d. H. Agus Salim 5. Nilal dasar Pancasila terdapat pada Pembukaan UUD 1945 alinea .​ Jawaban: 1.a.dasar negara 2. b. n i l a i y g t e r k a n d u n g d a l a m p a n c a s i l a m e n c e r m i n k a n j i w a b a n g s a i n d o n e s i a 3.

a. i d e o l o g ip a n d a n g a n h i d u pd a s a r n e g a r a 4 .

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

a. i r .

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

s o e k a r n o 5. k e - 4 s e m o g a b e n a r d a n m e m b a n t u y a ✨Willy Putra Setiawan, Kelas : PPTI 7, NIM : 2301936064 Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki beragam ras, suku, adat, dan agama. Dengan keberagaman tersebut pasti menimbulkan banyak perbedaan yang terjadi di Indonesia. Dengan perbedaan tersebut Indonesia tidak langsung menyatu menjadi satu kebangsaan, namun terpisah-pisah menjadi beberapa suku masing-masing. Mempunyai banyak perbedaan dan keberagaman bukan merupakan hal yang mudah bagi sebuah bangsa bila bangsa tersebut tidak menyikapinya dengan benar.

Setelah menjelang kemerdekaan, Indonesia menyikapi perbedaan tersebut dengan cara menyatukan pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai. wilayah menjadi satu kesatuan, yaitu Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) yang menjadi awal mula lahirnya Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa.

Pancasila merupakan pilihan yang terbaik bagi bangsa Indonesia karena bisa mengatasi keberagaman dalam masyarakat Indonesia dengan sifat tetap toleran terhadap banyaknya perbedaan yang ada. Pancasila sebagai dasar negara tidak menghapus perbedaan tetapi bisa merangkum semua menjadi satu semboyan empiris khas Indonesia yang dinyatakan dalam “Bhinneka Tunggal Ika”.

Bhinneka Tunggal Ika berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Pancasila merupakan dasar ideologi-ideologi negara di Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta dan terdiri dari dua kata yaitu panca yang berarti lima dan sila yang mempunyai definisi prinsip atau asas. Pancasila sebagai dasar yang berlaku di Indonesia, memiliki banyak nilai yang terkandung di dalamnya.

Sila Pertama(Ketuhanan Yang Maha Esa) memiliki makna kemerdekaan beragama bagi seluruh bangsa Indonesia. Di Indonesia yang mempunyai banyak sekali jenis agama yang ada, dan memiliki 6 agama yang diakui di Indonesia diantaranya Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu.

Pancasila mempunyai lima sila yang memiliki point-point penting yang saling melengkapi satu sama lain. Pada sila pertama ini memiliki makna agar setiap warga negara Indonesia memiliki kebebasan untuk menganut dan menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan individu masing-masing. Sehingga pada sila pertama ini dapat menumbuhkan rasa toleransi antar umat beragama yang ada di Indonesia.

Sila Kedua (Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab) mempunyai arti tentang hak kebebasan dan kemerdekaan yang dijunjung tinggi. Nilai manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan harus dihargai sebagai mana mestinya karena telah diberi akal budi, emosi, dan kehendak untuk dipakai secara adil dan beradab.

Sila ketiga merupakan “Persatuan Indonesia”, Persatuan mempunyai makna gabungan dari beberapa bagian yang menjadi satu yang artinya bulat tidak terpecah. Banyak tahap-tahap untuk mencapai Persatuan Indonesia diantaranya bangsa Indonesia memiliki perasaan senasib satu kelompok dengan kelompok lainnya, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, dan tidak lupa adanya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pada era modern saat ini Persatuan Indonesia bisa disebut juga dengan Nasionalisme. Nasionalisme adalah perasaat satu sebagai suatu bangsa dan memiliki rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air. Sila keempat yaitu “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Makna dari sila tersebut adalah kita sebagai warga negara Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

Kita harus saling menghargai pendapat satu sama lain dan melakukan musyawarah secara mufakat untuk mencapai tujuan bersama. Sila kelima yaitu “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Berarti bahwa setiap warga negara Indonesia mendapat perlakuan yang sama dan adil dalam bidang hokum, politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan. Penetapan Pancasila sebagai dasar dari ideologi-ideologi negara Indonesia memberikan pengertian bahwa negara Indonesia merupakan negara Pancasila, hal tersebut berarti bahwa semua harus tunduk pada Pancasila, dengan membela, dan melaksanakan dalam seluruh perundang-undangan bedasarkan Pancasila.

Pandangan tersebut melukiskan bahwa Pancasila merupakan penopang yang kokoh bagi suatu bangsa, dipertahankan dan dikembangkan dengan tujuan bersama untuk melindungi martabat, kewajiban, dan hak hak semua warga bangsa Indonesia. Pada hakikatnya Pancasila mempunyai banyak point point penting dan mengandung makna yang positif untuk kehidupan berwarga negara di Indonesia, selain itu Pancasila juga berisi tentang konsep konsep kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia, sekaligus memiliki pemikiran atau gagasan mengenai tatanan kehidupan yang sesuai dengan Pancasila.

Pancasila bukan hanya menuntun kita sebagai petunjuk arah untuk melaksanakan kehidupan di dunia, tetapi juga digunakan sebagai petunjuk arah dikehidupan pasca kehidupan di dunia. Bila penerapan Pancasila dilaksanakan dengan baik dan diartikan secara benar, Indonesia akan memiliki pribadi bangsa yang baik dan tidak terpecah belah.

Sebagai dasar negara maka Pancasila sekaligus sumber hukum yang memilki artian bahwa semua hukum yang disusun harus berdasarkan Pancasila.

Banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk turut serta dalam menjaga Pancasila. Upaya-upaya yang bisa kita lakukan sebagai warga negara Indonesia untuk kehidupan di Indonesia diantaranya kita harus melaksanakan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

Lalu, Tidak mengubah, menghapus, dan mengganti dasar negara kita yaitu Pancasila dengan dasar negara yang lain, atau dengan kata lain tidak melakukan hal yang bersimpangan dengan makna-makna Pancasila. Dan juga kita harus mempertahankan Pancasila karena dengan mempertahankan Pancasila berarti mempertahankan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mengganti Pancasila dengan dasar negara yang lain berarti mengancam keberadaan negara Indonesia.

Pancasila sangat penting dalam kehidupan di Indonesia, karena mencakup semua pedoman hidup bernegara dan berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indoensia dan membantu dalam mewujudkan cita-cita dan pencapaian bangsa. Maka dari itu kita pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai. saling menjaga dan turut serta dalam melestarikan butir-butir nilai Pancasila.

Agar tidak berhenti sampai ke generasi kita saja, kita sebagai generasi penerus harus menurunkan wawasan dan pengetahuan kita tentang Pancasila dan juga tidak lupa menurunkan rasa nasionalisme dan semangat juang demi Indonesia yang lebih baik.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila https://www.kompasiana.com/miratunnisa9767/5d4d5886097f360c44671793/pancasila-sebagai-dasar-kehidupan-berbangsa-dan-bernegara?page=all https://www.kompasiana.com/komentar/defasaputra5937/5d922135097f3608af425062/pancasila-sebagai-dasar-negara https://www.gurupendidikan.co.id/pancasila-sebagai-dasar-negara/ https://id.wikipedia.org/wiki/Bhinneka_Tunggal_Ika
Jakarta - Pancasila merupakan dasar negara yang dicetuskan pertama kali pada tanggal 1 Juni 1945.

Pancasila yang tercipta dari kepribadian bangsa Indonesia memiliki fungsi tersendiri. Apa saja fungsinya? Berikut daftar fungsi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dikutip dari buku Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara yang ditulis Ronto, Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara yang diimplementasikan dalam Pembangunan Nasional yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur baik secara material maupun spiritual.

Tujuan tersebut dicapai dalam wadah Negara Kesatuan RI yang merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan rakyat. Selain itu, Pancasila sebagai ideologi juga mencakup sikap warga negara yang mewujudkan kehidupan bangsa dan dunia yang aman, tentram, tertib dan damai. 2. Pancasila sebagai dasar negara Pancasila sebagai dasar negara atau sering juga disebut sebagai Dasar Falsafah Negara mengandung pengertian bahwa Pancasila sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan.

Hal tersebut ditegaskan dalam Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998 tentang pencabutan P4 dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara. Pada ketetapan ini dinyatakan bahwa Pancasila sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah Dasar Negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus dilaksanakan secara konsekuen dan konsisten.

3. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia yaitu pada zaman Sriwijaya dan Majapahit. Hal ini diperkuat oleh Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo dalam tulisannya tentang Pancasila.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

Menurut Prof. Pringgodigdo, tanggal 1 Juni 1945 adalah istilah untuk hari lahir Pancasila. Sementara Pancasila itu sendiri telah ada dan menjadi jiwa sejak adanya Bangsa Indonesia. 4. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia Pada fungsi ini, Pancasila diwujudkan dalam sikap mental, tingkah laku serta perbuatan.

Sikap mental dan tingkah laku yang dimaksud adalah bangsa Indonesia mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan bangsa lain. Ciri khas inilah yang dimaksud dengan kepribadian. 5. Pancasila Indonesia sebagai pandangan hidup bangsa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung makna bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila.

Hal tersebut dikarenakan Pancasila merupakan kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri.

pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi pancasila sebagai...

Nilai-nilai tersebut antara lain nilai ketuhanan-keagamaan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan-demokrasi, dan nilai keadilan sosial. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum >>>

Nilai nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan




2022 www.videocon.com