Pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

Pantun adalah salah satu puisi rakyat Indonesia yang berasal dari kebudayaan Melayu. Ciri-ciri pantun di antaranya adlaah tiap bait terdiri atas empat baris, bersajak silang atau a-b-a-b, tiap larik terdiri atas delapan sampai dua belas suku kata, baris pertama dan kedua disebut dengan sampiran, serta baris ketiga dan keempat disebut dengan isi.

Berdasarkan pilihan di atas, yang tidak termasuk ciri-ciri pantun, yaitu setiap baris terdiri dari empat bait. Seharusnya, setiap bait terdiri dari empat baris. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. Preview soal berikutnya: Perhatikan teks pantun berikut ! Ayo kita belanja ke pasar Selasa 1) untuk membeli ikan dan beras 2) Ayo kita belajar bersama-sama 3) menghadapi ulangan kenaikan kelas 4) Struktur isi teks pantun tersebut terdapat pada nomor ….

1) dan 2) 1) dan 3) 2) dan 3) 3) dan 4) Materi Latihan Soal Lainnya: • PTS Bahasa Sunda SD Kelas 5 • PTS Bahasa Arab Semester 2 Genap MI Kelas 5 • Ulangan Harian Tema 6 SD Kelas 2 • PAI SD Kelas 1 • Penilaian Harian IPS Tema 4 SD Kelas 6 • UKK Tema 8 SD Kelas 2 • Wawasan Umum - SD Kelas 5 • UTS PAI SD Kelas 3 • PAS Prakarya SMP Kelas 8 • Bahasa Jawa SMA Kelas 10 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia.
Pantun merupakan bagian dari puisi lama yang terdiri dari berbagai jenis yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Berikut ini ciri pantuh & contohnya. Pantun, mungkin kamu juga sudah cukup sering membaca atau mendengarnya, baik dalam kelas di sekolah atau saat menonton sebuah pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah di televisi.

Pantun juga bisa disebut sebagai salah satu jenis puisi melayu. Pantun juga memiliki ciri-ciri yang cukup khas. Sekali dengar pun kamu sudah bisa mengetahuinya. Untuk mengetahui pantuan secara lebih mendalam lagi, mari kita bahas ciri-ciri serta contoh pantun. Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini. Apa itu Pantun? Sumber Gambar: Freepik Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pantun merupakan sebuah puisi Indonesia atau Melayu, yang mana setiap bait atau yang disebut dengan kupletnya akan terdiri dari empat baris bersajak (a-b-a-b).

Tiap larik pantun, umumnya terdiri atas empat kata. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, serta baris ketiga dan keempat merupakan isi utama pantun. Baca juga: Struktur Teks Deskripsi, Penjelasan dan Contohnya Ciri-ciri Pantun Pantun memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan puisi lama lainnya, diantaranya adalah: 1. Pantun Terdiri dari Empat Baris dalam Setiap Bait Pantun sebagai puisi lama dapat kamu kenali dengan melihat ciri khas satu ini, yaitu setiap baitnya akan memiliki empat baris.

Setiap baris pantun memiliki minimal 8 kalimat dan maksimal 12 suku kata. 2. Memiliki Pola Penulisan Kamu pasti sudah mengetahui ciri khas pola sebuah pantun.

Pola yang digunakan biasanya ada dua macam, yaitu pola a-a-a-a dan pola a-b-a-b. Kamu tidak boleh menggunakan sajak lainnya. 3. Terdiri Atas Sampiran dan Isi Pantun akan terbagi ke dalam dua bagian, yaitu sampiran dan isi. Pada baris pertama dan baris kedua pantun, akan disebut sebagai sampiran. Lalu baris ketiga dan keempat merupakan isi pantun. Terkadang beberapa orang membuat bagian sampiran tidak memiliki makna khusus, namun sebaiknya kamu bisa membuat bagian sampiran dan isi saling berhubungan satu sama lain atau sebagai cerminan isi.

4. Setiap Baris Berisi 4 Sampai 6 Kata Setiap baris yang terdapat dalam pantun bisa berisi 4 hingga 6 kata, bila terlalu banyak pantun akan lebih sulit dicerna, sehingga kamu cukup mengisi dengan 4 sampai 6 kata dalam satu baris agar lebih gampang dipahami dan terdengar.

Pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah Pantun dan Contohnya Terdapat beberapa jenis pantun yang dapat digunakan sesuai dengan tujuan dan waktu dibuatnya pantun tersebut. Berikut merupakan beberapa contoh pantun berdasarkan jenisnya: 1. Pantun Nasihat Pantun nasihat dapat dikatakan sebagai pantun dengan tujuan untuk memberikan dan menyampaikan sebuah pesan dan makna didikan bagi setiap yang mendengarnya.

Umumnya pantun ini juga berisi ajakan bagi setiap orang untuk senantiasa berbuat baik dan bijaksana terhadap setiap orang. Contoh Pantun: Siang-siang main gitar Mainnya di pinggir stasiun Bila kamu ingin pintar Harus belajar dengan tekun 2.

Pantun Agama Pantun agama juga berisi ajaran moral dan didikan hidup. Umumnya, pantun agama akan menyisipkan nasihat mengenai manusia dan sang pencipta. Lebih lanjut lagi, pantun agama langsung memberikan prinsip serta nilai agama tertentu.

Contoh: Bulan juni ikut arisan Tapi duitnya masih ditahan Selalu pada Tuhan Kasihnya tidak berkesudahan 3. Pantun Teka-teki Pantun teka-teki selalu memiliki ciri-ciri dengan diakhiri kalimat pertanyaan pada baris akhirnya.

Berikut ini merupakan contoh pantun teka-teki. Contoh: Siang-siang makan kebab Tambah nasi pakai kikil Jika kamu bisa menjawab Hewan apa suka naik mobil? 4. Pantun Jenaka Pantun jenaka dapat dikatakan sebagai pantun yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur para pendengarnya, kadang juga dijadikan bahan sindiran dalam suasana yang akrab untuk mencairkan suasana.

Contoh: Pergi Jogja bulan juli Tidak lupa mampir ke candi Tidak heran bau sekali Ternyata kau belum mandi Baca juga: Cara Membuat Essay yang Baik, Benar dan Ilmiah Nah, Itu dia Toppers ciri-ciri pantun beserta contoh dan penjelasannya.

Mudah bukan membuat pantun? Kamu juga bisa membuat pantun sendiri dengan contoh diatas. Selain itu, kamu juga bisa menambah koleksi buku pantun kamu dengan mudah hanya di Pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah. Isi waktu luang dengan lebih berkualitas dengan buku-buku pilihan terbaik di sini! Penulis: Claudia Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri pantun adalah berirama a-a-a-a (D).

Irama a-a-a-a merupakan ciri dari syair. Irama dari pantun adalah a-b-a-b. Pembahasan Pantun adalah karya sastra warisan nenek moyang yang dipengaruhi oleh sastra Melayu.

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

Pantun termasuk ke dalam jenis pantun rakyat karena diwariskan dari mulut ke mulut, sehingga tidak diketahui siapa penulisnya. Selain itu, pantun juga terikat dengan aturan-aturan seperti • Jumlah kata dalam tiap baris.

• Jumlah baris dalam tiap bait. • Pengulangan kata yang bisa di awal maupun di akhir sajak yang dikenal dengan sebutan rima. Ciri-ciri pantun adalah • Dalam satu bait terdiri dari empat baris.

• Baris pertama dan kedua adalah sampiran. • Baris ketiga dan keempat adalah isi. • Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata. • Berima a-b-a-b. Pelajari lebih lanjut Pengertian dan jenis puisi rakyat dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/9714349 Ciri-ciri puisi rakyat dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/8962224 Ciri-ciri pantun dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/4687124 ------------------------------------ Detil jawaban Kelas: VII Mapel: Bahasa Indonesia Bab: Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat (bab 5) Kode: 7.1.5 #AyoBelajar Pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) sudah semakin dekat.

Guru kami di sekolah selalu menasehati agar sungguh-sungguh dalam belajar un … tuk mencapai nilai dan hasil yang memuaskan. Jika tidak sungguhsungguh, maka akan rugi tenaga dan pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah.

Hasil yang dicapai juga tidak akan maksimal.Peribahasa yang tepat untuk berdasarkan teks tersebut adalah .A. Bagai abu diatas tanggulB.

Kalah jadi abu, menang jadi arangC. Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi D. Maksud hati me​
★ SD Kelas 5 / Pantun - Bahasa Indonesia Tema 4 SD Kelas 5 Berikut yang bukan ciri – ciri pantun adalah … A.

terdiri dari empat bait B. baris pertama dan kedua merupakan sampiran C. baris ketiga dan keempat merupakan isi D. setiap bari terdiri dari 8 – pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah suku kata Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah?

klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: UTS PAI SMA Kelas 10 Pada usia berapa tahun nabi Muhammad Saw menerima wahyu pertama A. 25 Tahun B. 30 Tahun C. 35 Tahun D. 40 Tahun E. 45 Tahun Materi Latihan Soal Lainnya: • Surah Al-Fatikhah - Al-Quran Hadits SD MI Kelas 1 • Mengenal Huruf Hijaiyyah - PAI SD Kelas 1 • Struktur & Fungsi Rangka • Ulangan Penjaskes PJOK SD Kelas 5 • Jujur dan Menepati Janji - PAI SMP Kelas 9 • Muatan IPA Tema 8 SD Kelas 5 • PTS Prakarya SMA Kelas 11 • Satuan Ukuran - Matematika SD Kelas 6 • UH Penjaskes PJOK SMP Kelas 9 • PTS Seni Budaya SMP Kelas 8 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • Follow us: Facebook • Instagram • Twitter
2.

Faras sangat gembira, sepeda yang ia impikan selama ini menjadi kenyataan. Sepeda itu, hadiah dari Ibu karena ia mendapat peringkat bagus di kelas.

Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . A. Raja buah si raja pisang Sedap disantap di kala senja Riang hati bukan kepalang Sepeda impian di depan mata B. Kota Jambi kota beradat Tempat tinggal sanak saudara Mari kita belajar giat Supaya kelak tidak sengsara C. Buah duku buah durian Dibeli ibu di pasar kenari Senang hati dapat undian Seperti mimpi siang hari D.

Ke Selat beli ikan selar Beli juga tempoyak durian Jika kita rajin belajar Prestasi tinggi mudah diraih 3. Setelah berusaha belajar lebih giat dan serius, Danang mendapat peringkat pertama di kelas. Ia sangat senang karena akan memperoleh hadiah atas prestasinya itu.

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . A. Kuda poni si kuda kepang Tubuhnya tinggi larinya cepat Riang hati bukan kepalang Hadiah prestasi akan didapat B. Bila kita ingin ke pasar Pasar modern ada di mall Ayo kita bergiat belajar Supaya nilainya maksimal C. Sari kelapa buah nira Nira diolah untuk sedekah Gembira hati tiada terkira Ibu datang bawa hadiah D.

Pergi ke goa Jatijajar Banyak orang bertamasya Mari kita giat belajar Supaya orang tua bahagia 4. Perhatikan pantun berikut! Rumput jadi rakit sederhana Ringan ada di air tengah […] (1) […] (2) Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah .… A. (1) Bila kamu rajin belajar (2) Prestasi pasti akan diraih B.

(1) Untuk dapat raih nikmat (2) Kerja keras dan ibadah C. (1) Meskipun sedikit harta (2) Jangan lupa bersedekah D. (1) Jika ingin masuk surga (2) Mari kita tebalkan iman 5. Perhatikan larik-larik pantun berikut! 1).Mendapat kawan senang rasanya 2).Bila dimasak dan dimakan 3).Tentu boleh kita berkenalan 4).Ikan laut enak rasanya Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan.

. A. 4 – 3 – 2 – 1 B. 4 – 2 – 1 – 3 C. 1 – 3 – 2 – 4 D. 2 – 3 – 1 – 4 7. Perhatikan larik-larik pantun berikut! Ikan laut enak rasanya Bila dimasak dan dimakan. Mendapat kawan senang rasanya Tentu boleh kita berkenalan. Variasi bentuk sampiran dari kutipan pantun tersebut adalah. . A. Beli duku di pasar minggu, Jangan lupa membeli baju. B. Berkawan itu enak rasanya, Kawan lama dilupakan jangan. C. Lihatlah awan biru warnanya, Ramai berarak seolah berjalan.

D. Indahnya dunia persahabatan, Selamanya tak kan terlupakan. 8. Perhatikan pantun berikut! Jalan-jalan ke kota Paris, Lihat rumah berbaris-baris. Biarpun mati di ujung keris, Asal dapat si hitam manis. Komentar yang tepat atas kutipan pantun tersebut adalah.

A. Mana mungkin bahagia apabila mati. B. Pantun ini belum sempurna karena belum bersajak silang. C. Pantun ini perlu diubah sampirannya. D. Isi pantun ini tidak bagus ditiru. 9. Perhatikan pantun berikut! Jalan-jalan ke pinggir pantai Lihat bulan sedang pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah .

. Baris yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah. A. Kalau ingin lekas pandai Rajin belajar wajib hukumnya B. Jawablah wahai ayah dan bunda Siapa dia yang tinggi semampai C. Jangan suka membeli tapai Bisa-bisa sakit perutmu D. Sungguh indah pemandangan pantai Minum teh bersama ayah dan bunda 10. Bacalah pantun berikut! Berjalan di tanah landai Berjalan pelan hingga ke hutan Rajin belajar menjadi pandai Sebagai bekal di masa depan Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut adalah.

A. Kita harus rajin belajar supaya pandai dan bisa menggapai cita-cita. B. Supaya hidup mapan dan berkecukupan harta, kita harus bekerja keras. C. Kita harus hidup mapan supaya tidak menyusahkan orang lain. D. Kita harus rajin belajar supaya hidup kita berkecukupan harta. 11. Bacalah pantun rumpang berikut! Anak ayam berbulu hitam Mematuk beras untuk dimakan Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . A. Janganlah kamu berdiam muram Pergilah main bersama kawan B.

Jangan kau bermuka masam Sebab tak elok dipandang C. Jadilah anak yang pendiam Kareria diam adalah emas v: D. Kalau kau hanya diam 12. Bagian rumpang pada pantun tersebut adalah isi pantun.

Isi pantun tersebut dilengkapi dengan kata yang berakhiran sama.

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

Banyak kelelawar di dalam gua la terbang tidak melangkah Sayangilah kedua orang tua Agar hidup menjadi berkah Pesan yang terkandung pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah pantun tersebut adalah : A. Anak yang baik menyayangi orang tua dengan setengah hati.

B. Orang tua butuh disayang agar hidup mereka menjadi berkah. C. Menyayangi orang tua adalah kewajiban anak agar, tidak mendapat berkah. D. Kita harus menyayangi kedua orang tua agar hidup kita penuh keberkahan.

13. Bacalah pantun rumpang berikut Jadi siswa ramah tak akan merugi Sebab sifat baik disayang teman Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah. . A. Berangkat mengaji membawa kitab suci Tidak lupa memberi salam B. Sebelum tidur menyikat gigi Jangan lupa mencuci tangan C. Berdoalah sebelum tidur Agar selalu dilindungi Tuhan D.

Membeli beras berkilo-kilo Beras ditanak untuk dimakan 17. Bacalah kutipan pantun berikut! Kelap-kelip lampu berpijar Di atas meja kayu jati Sewaktu kecil rajin belajar […] Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….

A. Sewaktu kecil senanglah hati B. Sewaktu kecil menjadi pintar C. Telah dewasa menjadi pintar D. Telah dewasa senanglah hati 22. Sari kelapa buah nira Nira diolah untuk sedekah Gembira hati tiada terkira Ibu datang bawa hadiah Berdasarkan pantun di atas, baris yang merupakan sampiran ….

A. Sari kelapa buah nira Ibu datang bawa hadiah B. Nira diolah untuk sedekah Ibu datang bawa hadiah C. Nira diolah untuk sedekah Gembira hati tiada tara D. Sari kelapa buah nira Nira diolah untuk sedekah 23. Perhatikan pantun berikut! Buah cempedak buah durian dibawa ke pasar naik sepeda […] (1) […] (2) Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah … A.

(1) Jangan ragu berbuat baik (2) Senyum saja sudah ibadah B. (1) Pikir dulu sebelum bertindak (2) Menyesal kemudian tiada guna C. (1) Supaya tidak sesal kemudian (2) Diperlukan selalu sikap waspada D. 1) Mari kita jalin silaturahmi (2) Untuk menambah sanak saudara 24.

Jalan-jalan ke Batu Jajar, luas sawah berhektar-hektar. Siapa yang tekun belajar, saat dewasa akan pintar.

Perbaikan atas kesalahan yang terdapat dalam kutipan pantun tersebut adalah . A. baris pertama dan kedua seharusnya menjadi isi pantun B.

baris ketiga dan keempat seharusnya menjadi sampiran C. rima akhir pantun tersebut seharusnya bersajak silang atau a - b - a - b D.

nama kota di baris pertama seharusnya huruf kecil 26. Teks Pantun 1 Limau purut lebat di pangkal, sayang selasih condong uratnya. Angin ribut dapat ditangkal, hati yang kasih apa obatnya. Teks Pantun 2 Lebat daun bunga tanjung, berbau harum bunga cempaka. Adat dijaga pusaka dijunjung, baru terpelihara adat pusaka. Perbedaan kedua jenis teks pantun tersebut adalah. . .

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

. A. Teks Pantun 1 berupa pantun perpisahan. Teks Pantun 2 berupa pantun nasihat. B. Teks Pantun 1 berupa pantun nasihat. Teks Pantun 2 berupa pantun adat.

C. Teks Pantun 1 berupa pantun percintaan. Teks Pantun 2 berupa pantun adat D. Teks Pantun 1 berupa pantun agama Teks Pantun 2 berupa pantun nasihat.

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

Kunci Jawaban: 10. A. Kita harus rajin belajar supaya pandai dan bisa menggapai cita-cita. 11. A. Janganlah kamu berdiam muram Pergilah main bersama kawan 12. D. Kita harus menyayangi kedua orang tua agar hidup kita penuh keberkahan. 13. B. Sebelum tidur menyikat gigi Jangan lupa mencuci tangan 14. C. lama 15. D. Pastilah menjadi pintar 16. C. empat larik 17. D. Telah dewasa senanglah hati 18. B. Hadiah akan diberikan kepada yang pandai1.

Yang bukan merupakan ciri-ciri pantun adalah A. Setiap baris terdiri atas dua baris B. Bersajak a-b-a-b Baris pertama dan kedua berupa sampiran D. Baris ketiga dan keempat sebagai isi 2. Sari kelapa buah nira Nira diolah untuk sedekah Gembira hati tiada terkira Ibu datang bawa hadiah Berdasarkan pantun di atas, baris yang merupakan sampiran . A. Sari kelapa buah nira - Ibu datang bawa hadiah B. Sari kelapa buah nira - Nira diolah untuk sedekah C. Nira diolah untuk sedekah - Gembira hati tiada tara D.

Gembiara hati tiada tara - lbu datang bawa hadiah 3.

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

jalan-jalan di pantai Lihat bulan sedang purnama __________________ __________________ Baris yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah. A. Kalau ingin lekas pandal Rajin belajar wajib hukumnya B. Jawablah wahai ayah dan bunda siapa dia yang tinggi semampal C.

Jangan suka membeli tapal Bisa-bisa sakit perutmu D. Sungguh indah pemandangan pantal Minum teh bersama ayah dan bunda 4. Perhatikan teks pantun berikut! Ayo kita belanja di pasar Selasa(1) Untuk membeli ikan dan beras(2) Ayo kita belanja bersama-sama(3) Menghadapi ulangan kenaikan kelas (4) Struktur isi teks pantun tersebut terdapat pada nomor A.

1) dan 2) C. 2) dan 3) B. 1) dan 3) D. 3) dan 4) 5. Perhatikan cirl-ciri puisi rakyat berikut (1)Bersajak a, a, a, a (2)Jumlah kata tiap baris bebas (3)Bait pertama dan kedua merupakan sampiran (4) Tiap baris terdiri dari 8 sampai 14 suku kata Ciri-ciri syair ditandai oleh nomor.

A. (1) dan (4) C.(2) dan (3) B. (1) dan (3) D. (2) dan (4) 6. Perhatikan bait berikut! Usaha yang selalu ada dapat mengubah nasib sengsara karena Tuhan Maha Pemurah selalu mendengar doa dan pinta Bait puisi di atas disebut syair dengan alasan berikut, kecuali.

A. baitnya terdiri atas empat baris B. setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata C. terdiri dari sampiran dan isi D. rima akhir berpola a-a-a-a 7. Syair merupakan puisi lama yang berasal dari. A. Persia C. Batak B.

Iran D. Sumatra 8. Puisi lama yang bersajak AA, BB, CC disebut. A. Syair C. Gurindam B. Pantun D. Cerpen 9. Bacalah gurindam di bawah ini! Berbaktilah kamu kepada ibumu niscaya surga akan bertemu Larik kedua gurindam di atas terdiri dari . suku kata. A. 9 C. 8 B. 10 D. 11 10. Bila tekena penyakit kikir ________________________ Isi yang tepat untuk mengisi bagian gurindam yang rumpang di atas adalah. A. Tuan muda hidup Kempan. B. Mulia namanya sepanjang masa C.

Sanak saudara lari menyingkir D. Tentu dirimu kelak tersesat ​ Jawaban: 1. A. setiap baris terdiri dari 2 baris 2. B. Sari kelapa buah nira, nira diolah untuk sedekah 3. A. Kalau ingin lekas pandai rajin belajar wajib hukumnya 4. D. 3 dan 4 5. A. 1 dan 4 6. C. Terdiri dari sampiran dan isi 7. A. Persia 8. C. Gurindam 9. B. 10 10. C. Sanak saudara lari menyingkir.

Penjelasan: 1. Gurindam Gurindam adalah puisi lama yang dari negeri india. Istilah gurindam berasal dari bahasa India,yaitu Kurindam berarti “mula – mula “atau “perumpamaan“Gurindam adalah puisi lama (Melayu) yang sangat penting sebagai warisan budaya. Ciri gurindam : a) Terdiri atas dua baris dalam sebait b) Tiap baris memiliki jumlah kata sekitar 10 – 14 kata c) Tiap baris memiliki rima sama atau bersajak A-A ,B-B,C-C,dan seterusnya d) Merupakan satu kesatuan yang utuh.

e) Baris pertama berisi soal ,masalah ,atau perjanjian f) Baris kedua berisi jawaban ,akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama. ( isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua ) g) Isi gurindam biasanya berupa nasihat ,filosofi hidup atau kata kata mutiara Contoh : •Barang siapa tiada memegang pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah Sekali-kali tiada boleh dibilang nama 2.

Pantun Pantun adalah puisi Melayu yang mengakar dan membudaya dalam masyarakat. Pantun tersebar hampir diseluruh Indonesia. Fungsi pantun di semua daerah ( Melayu, Sunda, Jawa, atau daerah pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah ) sama, yaitu untuk mendidik sambil menghibur.Melalui pantun leluhur kita terkesan lebih santun untuk menegur atau menasihati orang secara tidak langsung agar orang yang kita tuju tidak merasa malu atau dipojokkan.

Ciri-ciri pantun: a) Tiap bait terdiri atas empat baris ( lirik ) b) Tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata c) Rima akhir setiap baris adalah a-b-a-b. d) Baris pertama dan kedua merupakan sampiran e) Baris ketiga dan keempat merupakan isi. Contoh : •Malam hari muncul rembulan Terlihat melintas ke arah barat Kau mungkin punya banyak teman Tapi tak tentu punya banyak sahabat 3 .

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

Syair Syair adalah suatu puisi lama. Syair berasal dari Persia dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya islam ke indonesia. Kata atau istilah syair berasal dari bahasa arab yaitu syi’ir atau syu’ur yang berarti “perasaan yang menyadari”, kemudian syu’ur berkembang menjadi syi’ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum.

Ciri ciri syair antara lain: 1. Setiap bait terdiri atas empat baris 2. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata 3. Bersajak a-a-a-a 4. Semua baris adalah isi 5. Bahasa yang digunakan biasanya berupa kiasan. Contoh : • Dengan ilmu engkau terjaga Dari suramnya waktu dan masa Cemerlang akan senantiasa Menyinari dirimu di masa dewasa.

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

SEMOGA MEMBANTU. Pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) sudah semakin dekat. Guru kami di sekolah selalu menasehati agar sungguh-sungguh dalam belajar un … tuk mencapai nilai dan hasil yang memuaskan. Jika tidak sungguhsungguh, maka akan rugi tenaga dan waktu. Hasil yang dicapai juga tidak akan maksimal.Peribahasa yang tepat untuk berdasarkan teks tersebut adalah .A. Bagai abu diatas tanggulB. Kalah jadi abu, menang jadi arangC. Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi D.

Maksud hati me​
D. isinya berupa nasihat, pertemanan, agama, dan lain-lain. Jawaban Pantun adalah jenis puisi lama yang terdiri dari empat baris dalam setiap bait terdiri dari sampiran dan isi. Berikut ini ciri-ciri pantun: • Terdiri atas empat larik atau empat baris. • Tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.

• Bersajak akhir dengan pola a-b-a-b, tidak boleh a-a-b-b atau a-b-b-a. • Terdiri dari dua bagian yaitu sampiran dan isi.

pernyataan berikut yang bukan ciri-ciri pantun adalah

Baris pertama dan kedua adalah sampiran. Baris ketiga dan keempat adalah isi. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Itulah tadi jawaban dari berikut ini yang bukan merupakan ciri pantun adalah, semoga membantu. Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu mengapa ayam petelur tanpa kawin ayam bisa menghasilkan telur dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Kategori SMP Navigasi Tulisan Postingan Baru • air tidak dapat dipakai untuk mengisi termometer karena • titik tetap atas termometer celcius adalah • tari tortor berasal dari daerah • apakah komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan • rumusan pancasila yang sah tercantum pada • keberhasilan kabinet burhanudin harahap • apa fungsi fakta dan pendapat dalam teks persuasi • parotitis adalah gangguan sistem pencernaan yang disebabkan • proses pengujian data yang dilakukan sejarawan disebut • sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun yang berarti

PANTUN KELAS 5 TEMA 4 PENGERTIAN, CIRI-CIRI, JENIS DAN CONTOH PANTUN




2022 www.videocon.com