Hari ibu

hari ibu

Jakarta - Sebentar lagi tepatnya tanggal 22 Desember kita akan merayakan Hari Ibu. Sebagai ucapan terima kasih untuk perjuangan Ibu yang telah membesarkan kita, di momen spesial tersebut kita bisa memberikan hadiah ataupun kata-kata untuk hari Ibu.

Jika kamu merasa kesulitan untuk merangkai kata-kata untuk hari Ibu maka kamu bisa menjadikan beberapa ucapan di bawah ini sebagai inspirasi. Berikut ini beberapa kata-kata untuk hari Ibu: Baca juga: Kisah Perjuangan Ibu Tunggal Besarkan Anak, Saat Mantan Suami Tak Beri Nafkah Kata-kata untuk Hari Ibu yang Menyentuh 1.

"Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka. Terima kasih untuk ayah dan ibu, terutama ibu yang tidak pernah lelah memarahiku.

Selamat hari ibu." 2. hari ibu tersayang, berharap agar Anda mendapatkan semua dalam hidup yang memang pantas Anda dapatkan.

Selamat Hari Ibu." 3. "Apakah yang memberikan hati pada diri tidak pernah hilang, namun disimpan di hati orang lain, dari senja hingga fajar. Mencintaimu dari inti hati saya. Selamat Hari Ibu." 4. "Ibu, aku mengucapkan terima kasih kepadamu karena telah membawaku ke dunia ini dan karena telah hari ibu cinta dan perhatianmu kepadaku. Selamat Hari Ibu." Baca juga: Cerita Wanita Depresi Urus Anak Sendirian Tanpa Diberi Nafkah Suami Selingkuh 5. "Tak terhitung banyaknya nyanyian yang engkau alunkan untukku terlelap, karena ucapan terima kasih pun tak cukup membalasnya.

Selamat menjadi ibu terhebat hari ibu hidupku." 6.

hari ibu

"Untuk ibu terbaik di alam semesta, Selamat Hari Ibu! Ibu berhak mendapatkan semua cinta, perhatian, dan dukungan. Aku cinta kamu!" 7. "Aku tidak pernah melihat ada sesuatu sekuat dirimu, aku tidak pernah melihat siapapun setegar dirimu, aku ingin suatu hari aku menjadi seperti dirimu, I Love You Mama." 4. "Selamat hari ibu untuk ibuku. Siapa yang hari ibu mimpinya dan momen berharga dalam hidupny sehingga aku bisa mengejar mimpi dan momen berharga milikku. Bu, kamu luar biasa!" 8. "Mama kamu adalah malaikatku, terkadang partner in crime-ku, penyembuh hatiku yang hancur, pemecah masalah terbaik saya, dokter untuk kesakitanku, hati dan jiwaku.

Selamat Hari Ibu!" hari ibu. "Aku berterimakasih atas semua yang telah kau ajarkan untukku, dan aku merasa bersyukur bisa memanggilmu 'Ibu'. Aku mencintaimu Ibu." 10. "Kekuatan dan kebijaksanaan Anda tidak dapat dibandingkan . Keberanian Anda memotivasi . Anda adalah Ibu terbaik di seluruh dunia.

Selamat Hari Ibu." 11.

hari ibu

"Ibu izinkan aku memeluk hatimu, agar aku merasakan apa yang engkau rasakan dari sakit yang tak menangis. Bidadari yang menyembunyikan sayapnya itu engkau, ibu." 12.

"Ibu tersayang, berharap Anda banyak kebahagiaan dan kegembiraan dalam hidup. Selamat Hari Ibu." 13. "Terima kasih telah menjadikan rumah kita tempat paling menyenangkan di dunia. Aku sangat menyayangimu.

hari ibu

Selamat Hari Ibu." 14. "Ibu terkasih, kamu adalah orang yang paling spesial dalam hidupku. Semoga kamu mendapatkan Hari Ibu yang sangat bahagia." 15. "Engkau adalah ibu terbaik untukku. Hidupku akan kosong dan sengsara tanpamu. Aku sayang Ibu. Selamat Hari Ibu." Hari ibu untuk Hari Ibu yang Penuh Makna 16.

"Bu, kamu adalah sahabatku, guru pertamaku dan pembimbingku. Apa pun aku hari ini, adalah karenamu. Selamat Hari Ibu." 17. "Aku bisa membawakanmu bunga, aku bisa membawakanmu hadiah. Tetapi, cintamu tidak akan pernah bisa terbalaskan karena cintamu adalah cinta yang sebenarnya. Selamat hari Ibu untukmu!" 18. "Ibu terkasih, Anda adalah guru terbesar saya. Anda telah mengajari saya hari ibu banyak. Selamat Hari Ibu." 19. "Kamu selalu menjadi malaikat bagiku, terutama ketika aku masih kecil.

Selamat Hari Ibu." 20. "Ibu memberiku masa kecil yang indah dan membawa kegembiraan dalam hidupku. Selamat Hari Ibu." 21. "Bu, aku mencintaimu sepanjang hidupku, tapi maafkan jika aku tidak selalu menghargaimu seperti yang seharusnya. Selamat Hari Ibu." 22. "Hati seorang ibu adalah ruang kelas tempat anaknya belajar. Untuk ibu, jangan menjadi lengah. Selamat Hari Ibu." 23. "Walau mustahil menjadi ibu yang sempurna, namun seorang ibu pasti berusaha untuk menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya.

Jangan pernah menyerah denganku, Bu. Selamat Hari Ibu." 24. "Apakah yang memberikan hati pada diri tidak pernah hilang, namun disimpan di hati orang lain, dari senja hingga fajar. Mencintaimu dari inti hati saya. Selamat Hari Ibu." 25. "Tak terhitung banyaknya nyanyian yang engkau alunkan untukku terlelap, karena ucapan terima kasih pun tak cukup membalasnya.

Selamat menjadi ibu hari ibu di hidupku." 26. "Aku mungkin sudah dewasa dan jarang bertemu denganmu. Tapi semoga Ibu tahu, Ibu selalu hari ibu di hatiku.

Selamat Hari Ibu." 27. "Ibuku tersayang, aku berharap Ibu merasakan kasih sayang dari kami sekeluarga. Selamat Hari Ibu." 28. "Ibu mungkin tak sadar bahwa selama ini aku selalu mengidolakan Ibu. Terima kasih telah menunjukkan padaku bahwa seorang perempuan bisa hebat dan meraih cita-citanya. Selamat Hari Ibu." 29.

"Tak ada yang menandingi resep dan masakan seorang Ibu. Itu karena Ibu selalu memasak dengan penuh kasih sayang. Terima kasih dan Selamat Hari Ibu." 30. "Ibu bekerja atau ibu rumah tangga sama-sama Ibu yang selalu mengutamakan keluarganya. Selamat Hari Ibu, kalian adalah perekat keluarga dan panutan bagi anak-anaknya." Ucapan untuk Hari Ibu 2021 31.

"Di hadapan keluarganya, Ibu selalu tak kenal lelah. Meski sakit, Ibu selalu berusaha menyiapkan makanan untuk anak-anaknya. Ketika sedih, Ibu selalu berusaha menunjukkan dirinya baik-baik saja. Sayangilah, Ibu, karena mereka begitu berharga.

Selamat Hari Ibu." 32. "Saya merasa sangat beruntung memilikimu sebagai ibuku. Terima kasih karena selalu percaya padaku dan melakukan banyak hal untukku setiap hari. Selamat Hari Ibu!" 33. "Terima kasih telah menjadi ibu dan panutan yang luar biasa bagi saya selama ini.

Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan bimbinganmu. Selamat Hari Ibu!" 34. "Selamat Hari Ibu untuk superhero saya sendiri dan pemecah masalah nomor satu dalam hidup saya. Semoga harimu menyenangkan!" 35. "Ibu, kau telah melihat aku tertawa. Hari ibu juga pernah melihat aku menangis. Dan kau selalu ada di sana bersamaku. Aku mungkin tidak selalu mengatakan hal ini. Tapi terima kasih untuk segalanya dan aku mencintaimu. Selamat Hari Ibu!" 36. "Pada Hari Ibu ini aku hanya ingin Ibu tahu kalau aku sangat menyayangimu dan aku sangat bahagia memiliki seorang Ibu sepertimu.

Selamat Hari Ibu!" 37. "Engkau telah melihatku tertawa. Engkau telah melihatku menangis dan selalu kau ada dimanapun dengaku. Aku mungkin tidak dapat berkata sesuatu kecuali terima kasih dan aku mencintaimu Ibu. Selamat Hari Ibu." 38. "Keajaiban dalam hidup, adalah terlahir dari rahimmu. Seorang perempuan yang telah memberi kami cinta dan pengorbanan.

Selamat Hari Ibu!" 39. "Menjadi seorang ibu yang hebat adalah peran yang sangat keras, tapi ibu. kaulah bintang untuk hal ini hari ibu kutahu, Aku mencintaimu Ibu. Selamat Hari Ibu." 40. "Setiap hari adalah Hari Ibu untukku hari ibu setiap hari kau selalu ada disampingku baik saat aku sedih ataupun senang. Terima kasih Ibu!" 41. "Ibu adalah cinta abadi, Sebuah cinta yang luar biasa, seseorang yang membantumu mengatasi masalah, dia adalah salah satu yang benar-benar peduli. Ibu, engkau segalanya bagiku, aku sangat menyayangimu." 42.

"Ibu, kau selalu mendengarkan apapun yang aku katakan, bahkan kau mengerti apa yang tidak aku ucapkan. Terima kasih Ibu, aku mencintaimu!" 43. "Cinta yang dia telah jauh di dalam hatinya, Selalu memberiku mulai melangkah dengan baik, Dia adalah orang yang memiliki cinta sejati, Terima kasih Ibu tuk semuanya." 44. "Terima kasih selalu ada untukku, mencintaiku, merawatku.

Tidak akan ada yang bisa mengantikanmu di hatiku." 45. "Waktu terus berjalan, tapi cintamu padaku abadi. Aku sangat mencintaimu Ibu. Selamat hari Ibu!" 46. "Selamat Hari Ibu! Semoga semua cinta yang engkau berikan kepada orang lain kembali kepada Anda di hari istimewa ini." 47.

"Ibu kau laksana mentari yang tak kenal lelah menyinari indah dunia ini, kau hari ibu rembulan yang mempau menghiasi di kala malam tiba. Sungguh kasihmu tiada tara dan tak bisa aku ukur dengan apapun. Ibu sebisa mungkin akan mencoba mewujudkan mimpi mimpimu." 48. "Semua tentang diriku, atau apa yang aku harapkan adalah setiap bait dalam doa ibuku dan mereka selalu menyertaiku dan menemaniku sepanjang hidupku, Selamat Hari Ibu!" 49.

"Selamat Hari Ibu, untuk wanita yang tidurnya tak pernah lebih lama dariku dan doanya tak pernah lebih singkat dari milikku. Terima kasih, Ibu!" 50. "Tidak ada yang memiliki pengaruh lebih besar dalam hidup saya selain engkau, ibu. Selamat Hari Ibu." Itulah beberapa contoh kata-kata untuk hari Ibu yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jika kamu ingin lebih personal maka tentunya kamu bisa membuatnya sendiri dengan benar-benar mencurahkan isi hatimu untuk sang ibu. Selamat mencoba! Simak Video " Pesan Iriana Joko Widodo di Hari Ibu ke-93" [Gambas:Video 20detik] (vio/vio) MOST POPULAR • Begini Nasib Penyiar Radio yang hari ibu Orang Sampai Bunuh Diri • Serba-serbi Diet IU Korea, Turun 4 Kg Dalam 4 Hari tapi Tidak Sehat • Hari Ibu, Priyanka Chopra dan Nick Jonas Unggah Foto Perdana Bersama Anak • 10 Foto Transformasi Artis Sebelum dan Setelah Photoshop, Madonna Bikin Kaget • Viral Kisah Sedih Anak Bupati Istrinya Meninggal Dunia Usai Melahirkan • Ramalan Zodiak 9 Mei: Cancer Kesempatan Terbuka, Sagitarius Lebih Semangat • Ramalan Zodiak 9 Mei: Aries Lakukan Pengetatan, Libra Main Aman Saja • Sinopsis Woori the Virgin, Drakor Diadaptasi dari Serial AS, Tayang di Viu • Kontroversi Influencer yang Berhubungan Intim 5 Kali Sehari, Sampai Pingsan • 8 Potret Viral Wanita yang Pelihara 6 Buaya di Rumah, Nggak Ada Takut-takutnya Kumpulan kata-kata Hari Ibu yang menyentuh hati!

Hari Ibu merupakan momen yang paling penting bagi seorang anak dan seorang ibu. Di mana seorang ibu akan mendapatkan kado serta ucapan spesial dari anak-anak mereka. Ucapan tersebut dapat berupa kata-kata indah tentang ucapan terima kasih dan rasa syukur karena hari ibu menjadi hari ibu yang sangat menyayangi anak-anaknya. Source: pexels.com Jika di Indonesia Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, berbeda dengan Hari Ibu Sedunia atau Internasional Hari Ibu Sedunia jatuh pada 8 Mei 2022.

Nah, di Hari Ibu Internasional ini, kamu bisa melakukan hal spesial untukmu ibumu tersayang! Kamu dapat memberikan ucapan tersebut bersama dengan bunga atau hadiah lain yang ditulis dalam kartu cantik.

Atau, jika kamu malu untuk melakukan itu, ucapan kata-kata Hari Ibu bisa kamu sampaikan lewat aplikasi pesan. Nah, berikut Rukita akan memberikan kumpulan ucapan selamat Hari Ibu yang penuh makna, tulus dan pasti membuat ibu kamu senang. Yuk, simak 40 kata-kata Hari Ibu hari ibu Kumpulan Kata-kata Hari Ibu yang Menyentuh Source: pexels.com 1.Dalam hidupku, aku belum pernah bertemu wanita seanggun engkau, dan cantik sepertimu.

Aku sangat mencintaimu, Ibu! 2. Ibu, aku mungkin belum bisa membalas segala kebaikanmu. Namun ketahuilah, engkau selalu ada di hatiku, bu. Selamat Hari Ibu untuk Ibu terbaik di seluruh dunia. 3. Kepada wanita yang telah melakukan lebih banyak untuk saya daripada siapa pun di dunia ini! Aku Mencintaimu, Bu!

4. Ibu, engkau adalah inspirasiku untuk menjadi perempuan yang hebat, kuat dan bijaksana. Selamat Hari Ibu. 5. Engkau adalah sahabat terbaik dan ibu terbaik yang pernah ada. Aku mencintaimu. Selamat Hari Ibu! 6. Mama adalah sayap yang melindungiku. Kasihmu tiada tara. Selamat Hari Ibu, Ma.

7. Selama aku hidup, aku belum pernah bertemu wanita seanggun, cantik, dan cantik sepertimu. Aku sangat mencintaimu, ibu! 8. Senyumanmu mencerahkan setiap hari dan membuatnya lebih baik dari yang terakhir. Selamat Hari Ibu mama! 9. Ibu, terima kasih telah membawa saya ke dunia ini dan selalu melihat yang terbaik dalam diri saya.

Selamat Hari Ibu! 10. Mama adalah sosok perempuan idolaku, sumber inspirasiku. Perempuan yang hebat dan tangguh, yang kasih sayangnya tiada batas. Aku hanya berharap, semoga aku bisa tumbuh menjadi perempuan sepertimu. Selamat Hari Ibu. Source: pexels.com 11. Terima kasih telah menjadi ibu dan panutan yang luar biasa bagi saya selama masa kecil saya.

Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan bimbingan Anda saat saya menavigasi melalui kehidupan. Selamat Hari Ibu! 12. Engkau selalu ada untukku, dari kecil hingga dewasa. Tak pernah ada kata lelah dalam kamusmu, Ibu. Semoga aku bisa membuatmu bangga kelak. Selamat Hari Ibu. 13. Ibu tersayang, aku berharap engkau mendapatkan semua dalam hidup yang memang pantas Anda dapatkan. Selamat Hari Ibu. 14. Apakah yang memberikan hati pada diri tidak pernah hilang, namun disimpan di hati orang lain, dari senja hingga fajar.

Mencintaimu dari inti hati saya. Selamat Hari Ibu 15. Aku senang hari ibu Ibu adalah ibuku karena aku tidak yakin ada orang lain yang bisa bertahan denganku selama ini!

hari ibu

Aku sayang Ibu. 16. Terima kasih untuk semua cinta yang kau berikan. selamat Hari Ibu! 17. Aku menjadi orang yang sangat beruntung memilikimu, Bu. Terima kasih untuk semua kasih sayang yang diberikan. Selamat Hari Ibu!

18. Ibu, engkau selalu memanjakanku, memberikan apa yang aku butuhkan. Terima kasih untuk semua cintamu, Selamat Hari Ibu! 19. Selamat Hari Ibu pahlawan superku yang selalu ada dan penuh cinta dan kasih sayang. Bahagia terus Ibu.

20. Ibu, terima kasih engkau telah menjadi jangkar untuk lautan kehidupanku yang penuh badai ini. Aku mencintaimu dan semoga hari ini menyenangkan. Selamat Hari Ibu. BACA JUGA: 33 Ucapan Selamat Idul Fitri 2022, Siap Dibagikan untuk Keluarga, Teman Dekat, hingga Bos! Kata-kata Hari Ibu yang Penuh Cinta Source: pexels.com 21. Aku nggak tahu bagaimana hidupku tanpamu, Bu. Semua pengorbanan telah engkau berikan, namun aku hanya bisa berterima kasih kepadamu. Semoga di Hari Ibu ini, aku berharap engkau bahagia dan sehat selalu.

22. Ibu, terima kasih telah menjadi pengingat dan membantuku sepanjang hidupku hingga hari ini. 23. Terima kasih Hari ibu sudah memberikan cinta dan kasih sayang yang luar biasa.

24. Engkau adalah wanita paling luar biasa di hidupku dan akan selalu menjadi nomor satu untukku. Selamat Hari Ibu.

25. Terima kasih untuk tidak pernah lelah kepadaku, Bu. Sehat selalu dan Selamat Hari Ibu wanita hebat! 26. Tak pernah semenit pun aku tidak senang menjadi anakmu, Bu! 27. Selamat Hari Ibu! Meski kita berjauhan, Ibu selalu ada di hatiku. Aku mencinta Ibu dan merindukan Ibu lebih dari kata-kata yang bisa diucapkan. 28. Engkau adalah Sahabat terbaik dan ibu terbaik yang pernah ada. Ibu benar-benar anugerah untukku! Aku mencintaimu.

Selamat Hari Ibu! 29. Terima kasih telah membawaku ke dunia ini dan selalu melihat yang terbaik dalam diriku. Selamat Hari Ibu, Mamaku sayang! 30. Kepada orang yang telah melakukan lebih banyak untukku daripada siapa pun di dunia ini! Mencintaimu, Ma! Source: pexels.com 31. Terima kasih telah menjadi ibu dan panutan yang luar biasa bagiku selama masa kecilku. Aku sangat berterima kasih atas dukungan dan bimbingan Ibu saat aku menavigasi melalui kehidupan. Selamat Hari Ibu!

32. Rasanya beribu ucapan hari ibu kasih tidak akan cukup untuk membalas semua kebaikanmu, Ma. Selamat Hari Ibu untuk wanita tersayang! 33. Tak pernah ada kata hari ibu dalam kamusmu, Bu. Semoga kelak aku bisa membuatmu bangga. Selamat Hari Ibu! 34. Engkau adalah inspirasiku untuk menjadi perempuan yang bijaksana dan hebat.

hari ibu

Selamat hari Ibu! 35. Betapa beruntungnya aku memilikimu, Bu. Selamat Hari Ibu, idolaku! 36. Ibuku tersayang, di Hari Ibu ini aku berharap engkau selalu menjadi wanita paling bahagia, ya!

37. Wanita yang selalu hari ibu guru, sahabat, pembimbing, hingga idolaku. Aku bisa hebat seperti ini karena memiliki seorang Ibu yang tak kalah hebat. Selamat Hari Ibu, wanita hebat! 38. Engkau selalu mendukungku ketika aku lelah meraih impian. Engkau yang membuatku semangat untuk bangkit lagi. Ibu, jangan pernah tinggalkan aku. Semoga engkau bahagia terus dan Selamat Hari Ibu. 39. Nggak ada yang bisa menggantikan pelukan hangatmu, Bu. Aku rindu padamu. Selamat Hari Ibu!

40. Nggak ada yang bisa menandingi lezatnya masakanmu, hangatnya belaianmu, dan kasihmu yang tak pernah putus.

hari ibu

Selamat Hari Ibu. Itulah beberapa kumpulan kata-kata Hari Ibu yang bisa kamu gunakan untuk memberi ucapan kepada ibumu tersayang. Buat kamu yang punya pengalaman memberi ucapan Hari Ibu, hari ibu lupa share di kolom komentar di bawah ini, ya! Cari kost eksklusif dengan kantor atau kampus mulai dari 1 jutaan? Yuk, kost di Rukita! Kamu bisa menemukan Rukita di berbagai area strategis, di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Malang.

Fasilitasnya yang lengkap dan modern akan membuatmu merasa #SenyamanDiRumah. Mau tahu apa saja keunggulan Rukita?

Yuk, lihat di video atas! Temukan kost idamanmu di aplikasi Rukita yang bisa kamu unduh di Play Store atau App Store Mau tanya langsung tentang Rukita? Bisa hubungi Nikita (customer service Rukita) di +62 hari ibu atau kunjungi www.Rukita.co. Jangan lupa follow Instagram Rukita di @Rukita_indo dan Twitter @Rukita_id supaya nggak ketinggalan diskon dan update terkini!
2. Mazhab kedua (HARUS) dengan syarat : • Tidak menganggap hari ibu sebagai perayaan dalam kerangka syarak seperti aidilfitri dan aidiladha.

Ia hanya sambutan yang berkaitan adat hari ibu bukan ibadat. • Ia hanya keraian tambahan daripada meraikan ibu yang wajib dilakukan setiap hari dalam hidup seorang anak.

• Jangan ada pembaziran dan upacara yang jelas ditegah syarak. • Jangan nak buat baik tunggu hari ibu saja. Bahkan wajib setiap hari, cuma pada hari ibu sekadar tambahan dengan surprise umpamanya.

sumber : PU Azman Sejarah Mother’s Day Fakta 1 : Tarikh hari ibuHari Ibu jatuh hari Ahad kedua dalam bulan Mei, yang bermaksud ia mempunyai tarikh berbeza setiap tahun. Fakta 2 : Pengasas hari ibuPada awalnya, iaitu Hari Ibu 1872 diasaskan oleh Anna Jarvis sebagai gerakan perdamaian yang membawa golongan ibu untuk bersama-sama menyuarakan isu semasa kepada masyarakat.

hari ibu

Ketika hari ibu, banyak ibu atau isteri yang ditinggal oleh suaminya kerana terlibat dalam peperangan. Fakta 3 : Hari ibu yang pertama kali disambut secara rasmiHari Ibu yang pertama telah disambut pada 10 Mei 1908 sempena ulang tahun kematian ibu Anna Marie. Tiga tahun selepas Ann Reeves meninggal dunia, Anna Marie menganjurkan majlis untuk menghormati ibunya dan semua golongan ibu dari seluruh dunia. Fakta 4 : Sambutan di seluruh duniaAktivis sosial Julia Ward Howe mula-mula membawa idea Hari Ibu ke Amerika Syarikat selepas Perang Saudara.

Hari Ibu telah bertransformasi sebagai perayaan dunia yang diperingati seluruh negara di dunia, namun dengan waktu dan tradisi yang berbeza-beza. Umumnya kebanyakan negara di Eropah dan Amerika menyambut Mother’s Day pada hari Minggu kedua di bulan Mei.

Namun sesetengah negara lain menyambutnya pada tarikh yang berbeza.

hari ibu

Fakta hari ibu purba mengisahkan hari ibu orang Yunani dan Rom merayakan Hari Ibu dengan memperingati dewi Cybele, Ibu Bumi (Gaia) dan dewi kesuburan, dan Rhea, ibu kepada Dewa. Sementara itu, dalam budaya Kristian pula, sambutan ini pada dahulunya dikaitkan dengan hari memperingati Virgin Mary.

Fakta 6Menurut Pusat Penyelidikan Yew, carian Google untuk jambangan bunga sempena Hari Ibu lebih tinggi daripada Hari Valentine. Segala komen-komen yang telah disiarkan adalah tanggungjawab sepenuhnya ke atas penulis itu sendiri. Pemilik blog tidak akan bertanggungjawab jika berlaku sebarang permasalahan berkaitan dengan komen yang disiarkan.

Mana-mana komen yang berbentuk iklan, mengandungi link/url, mengandungi kata-kata maki hamun, soalan yang jawapannya terang lagi bersuluh ada dalam entri, atau tidak menyenangkan tidak akan disiarkan. Begitu juga dengan unknown profile. Harap Maklum. Sekian Terima kasih. • ▼ 2022 (421) • ▼ May 2022 (29) • Telefilem Sakanak • Sejenis Raya Senariounion • Telefilem Artis Pujaanku Mai Raya • Telefilem Mat Ri Ye Pak Din • Telefilem Kau Bukan Hakimku • Mother's Day - Hari Ibu 2022 • Telefilem Demi Cintaku Zainuddin • Drama Melur Untuk Firdaus • Telefilem Curi Duit Raya • Telefilem Jangan Masuk Rumah Ku Masuk Ke Hati Ku • Telefilem Bini-Bini Lockdown • Telefilem Angah • Telefilem Tapai Pulut Opah • Telefilem Villa Untuk Bella • Telefilem Nyanyuk • Telefilem Afghan • Telefilem Raya Talak Satu • Telefilem Ampun • Telefilem Misteri Lain Macam • Telefilem Pulut Kuning Sushi Salmon • Telefilem Menantu Atau Isteri Untuk Abah • Telefilem Sabotaj Raya • Telefilem Peti Ais Mak • Selamat Hari Raya Aidilfitri 2022 • Telefilem Misteri Pakcik Lumpur • Telefilem Hari ibu • Telefilem Hantu Karaoke • Selamat Hari Pekerja 2022 • Bab 5 : Mei 2022 • ► April 2022 (123) • ► March 2022 (90) • ► February 2022 (96) • ► January 2022 (83) • ► 2021 (915) • ► December 2021 (59) • ► November 2021 (58) • ► October 2021 (98) • ► September 2021 (89) • ► August 2021 (72) • ► July 2021 (76) • ► June 2021 (45) • ► May 2021 (74) • ► April 2021 (82) • ► March 2021 hari ibu • ► February 2021 (79) • hari ibu January 2021 (100) • ► 2020 (462) • ► December 2020 (87) • ► November 2020 (106) • ► October 2020 (53) • ► September 2020 (35) • ► August 2020 (19) • ► July 2020 (31) • ► June 2020 (26) • ► May 2020 (43) • ► April 2020 (23) • ► March 2020 (20) • ► February 2020 (13) • ► January 2020 (6) • ► 2019 (241) • ► December 2019 (16) • ► November 2019 (29) • ► October 2019 (37) • ► September 2019 (27) • ► August 2019 (19) • ► July 2019 (23) • ► June 2019 (7) • ► May 2019 (5) • ► April 2019 (4) • ► March 2019 (8) • ► February 2019 (22) • ► January 2019 (44) • ► 2018 (143) • ► December 2018 (14) • ► November 2018 (16) • ► October 2018 (21) • ► September 2018 (16) • ► August 2018 (9) • ► July 2018 (4) • ► June 2018 (8) • ► May 2018 (2) • ► April 2018 (16) • ► March 2018 (8) • ► February 2018 (15) • ► January 2018 (14) • ► 2017 (371) • ► December 2017 (10) • ► November 2017 hari ibu • ► October 2017 (42) • ► September 2017 (34) • ► August 2017 (18) • ► July 2017 (14) • ► June 2017 (32) • ► May 2017 (25) • ► April 2017 (57) • ► March 2017 (23) • ► February 2017 (43) • ► January 2017 (44) • ► 2016 (546) • ► December 2016 (46) • ► November 2016 (39) • ► October 2016 (27) • ► September 2016 (29) • ► August 2016 (13) • ► July 2016 (22) • ► June 2016 (33) • ► May 2016 (38) • ► April 2016 (41) • ► March 2016 (61) • ► February 2016 (84) • ► January 2016 (113) • ► 2015 (412) • ► December 2015 (79) • ► November 2015 (47) • ► October 2015 (50) • ► September 2015 (27) • ► August 2015 (33) • ► July 2015 (37) • ► June 2015 (42) • ► May 2015 (24) • ► April 2015 (13) • ► March 2015 (19) • ► February 2015 (14) • ► January 2015 (27) • ► 2014 (220) • ► December 2014 (9) • ► November 2014 (18) • ► October 2014 (28) • ► September 2014 hari ibu • ► August 2014 (4) • ► July 2014 (24) • ► June 2014 (19) • ► May 2014 (20) • ► April 2014 (32) • ► March 2014 (18) • ► February 2014 (21) • ► January 2014 (9) • ► 2013 (44) • ► December 2013 (7) hari ibu ► November 2013 (10) • ► October 2013 (5) • ► September 2013 (5) • ► August 2013 (4) • ► June 2013 (3) • ► May 2013 (3) • ► April 2013 (2) • ► March 2013 (1) • ► February 2013 (4) • ► 2012 (13) • ► November 2012 (1) • ► September 2012 (1) • ► June 2012 (1) • ► April 2012 (1) • ► March 2012 (5) • ► February 2012 (3) • ► January 2012 (1) • ► 2011 (32) • ► December 2011 (3) • ► November 2011 (9) • ► October 2011 (7) • ► September 2011 (2) • ► August 2011 (1) • ► July 2011 (2) • ► June 2011 (1) • ► May 2011 (1) • ► April 2011 (1) • ► March 2011 (3) • ► February 2011 (2) • ► 2010 (10) • ► December 2010 (1) • ► November 2010 (1) • ► September 2010 (1) • ► August 2010 (2) • ► July 2010 (4) • ► May 2010 (1) • ► 2009 (1) • ► November 2009 (1) KOMPAS.com - Hari Ibu di Indonesia selalu diperingati setiap tanggal 22 Desember secara rutin setiap tahun.

Bagaimana tanggal 22 Desember bisa diperingati sebagai Hari Ibu? Latar belakang Dikutip dari situs Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, sejarah Hari Ibu berawal dari pergerakan perempuan Indonesia yang mengadakan Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Tema sentral pembahasan Kongres Perempuan saat itu adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan dini, poligami dan pendidikan perempuan. Baca juga: Untaian Doa Ayu Ting Ting kepada Umi Kalsum di Hari Ibu Kemudian pada Kongres Perempuan Indonesia ke III 1938 di Bandung, Pemerintah Republik Indonesia menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Penetapan Hari Ibu pada 22 Desember sebagai hari nasional tersebut melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959. Tujuan hari ibu Hari Ibu Peringatan Hari Ibu (PHI) yang dilakukan rutin setiap tahun bertujuan mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu.

PHI merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. PHI juga sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Baca juga: Selamat Hari Ibu, Jalani Peran Ibu Juga Perlu Sehat dan Bahagia Perempuan Indonesia mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, poitik, sosial dan sebagainya. Berita Terkait Hari Ibu, Ini Alasan Ibu Muda Perlu Gabung Komunitas Parenting Hari Ibu, Kini Peranan Ibu Tak Lagi Urus Rumah Tangga Hari Ibu, Mengintip Keseharian Pengemudi Ojek Online Wanita di Ibu Kota Kevin Julio: Aku Selalu Ketemu Ibu, Berarti Hari Ibu Setiap Hari Pesan Haru Titi Kamal kepada Sang Bunda di Hari Ibu Berita Terkait Hari Ibu, Ini Alasan Ibu Muda Perlu Gabung Komunitas Parenting Hari Ibu, Kini Peranan Ibu Tak Lagi Urus Rumah Tangga Hari Ibu, Mengintip Keseharian Pengemudi Ojek Online Wanita di Ibu Kota Kevin Julio: Aku Selalu Ketemu Ibu, Berarti Hari Ibu Setiap Hari Pesan Haru Titi Kamal kepada Sang Bunda di Hari Ibu
KOMPAS.com - Hari Ibu di Indonesia diperingati pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya.

Peringatan ini dilaksankan sebagai bentuk penghargaan atas peran besar dari sosok ibu. Peringatan Hari Ibu di Indonesia tak lepas dari peran perempuan di Tanah Air untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Bagaimana sejarah Hari Ibu? Baca juga: Hari Ibu di Indonesia dan Kisah Hari Ibu Berbagai Negara Sejarah Hari Ibu 22 Desember Sejarah peringatan Hari Ibu bermula dari terselenggaranya Kongres Perempuan Indonesia III pada 22-27 Juli 1938.

Kongres ini dilaksanakan di Bandung. Kongres tersebut diselenggarakan di sebuah gedung Dalem Jayadipuran, yang kini dijadikan Kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional, Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres dihadiri oleh sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera.

Melansir KompasTV, tujuan diadakannya pertemuan tersebut untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Isu hari ibu diangkat, antara lain pendidikan bagi anak perempuan, perkawinan anak, kawin paksa, permaduan, dan perceraian hari ibu sewenang-wenang, termasuk peran wanita yang hari ibu hanya menjadi "kanca wingking". Gerakan tersebut mendapatkan dukungan dari presiden Ir Soekarno, dan ditetapkanlah Hari Ibu Nasional pada 22 Desember.

Berita Terkait [HOAKS] Pemilik E-KTP Bisa Daftar Bantuan Rp hari ibu Warganet Tanya soal Semeru ke BMKG, Kenali Beda BMKG dan PVMBG Update Corona 6 Desember: 266 Juta Kasus - Kuba Perbarui Vaksin untuk Tangkal Hari ibu Hari Ini dalam Sejarah: 6 Desember 1928, Pembantaian Buruh Perkebunan Pisang di Kolombia Syarat dan Cara Meralat Data pada SIM Berita Terkait [HOAKS] Pemilik E-KTP Bisa Daftar Bantuan Rp 600.000 Warganet Tanya soal Semeru ke BMKG, Kenali Beda BMKG dan PVMBG Update Corona 6 Desember: 266 Juta Kasus - Kuba Perbarui Vaksin untuk Tangkal Omicron Hari Ini dalam Sejarah: 6 Desember 1928, Pembantaian Buruh Perkebunan Pisang di Kolombia Syarat dan Cara Meralat Data pada SIM Manfaat Ekstra Gula Pasir, Merenyahkan Kue dan Mengawetkan Bunga https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/06/123000365/manfaat-ekstra-gula-pasir-merenyahkan-kue-dan-mengawetkan-bunga https://asset.kompas.com/crops/54jkBwaj9Mhk-lfUXevFkyNqzVk=/444x0:5508x3376/195x98/data/photo/2021/12/06/61ad90a00dea7.jpg
• Afrikaans • Alemannisch • العربية • مصرى • অসমীয়া • Azərbaycanca • Basa Bali • Беларуская • Български • বাংলা • བོད་ཡིག • Català • کوردی • Čeština • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Zazaki • Hari ibu • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Võro • Français • Gaeilge • Galego • Avañe'ẽ • עברית • हिन्दी • Hrvatski • Magyar • Հայերեն • Արեւմտահայերէն • Interlingua • Interlingue • Ido • Íslenska • Italiano • 日本語 • Jawa • Kalaallisut • ភាសាខ្មែរ • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Kurdî • Lietuvių • Latviešu • Malagasy • Олык марий • Minangkabau • മലയാളം • ဘာသာ မန် • मराठी • Bahasa Melayu • မြန်မာဘာသာ • Plattdüütsch • Nedersaksies • नेपाली • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • ਪੰਜਾਬੀ • Papiamentu • Polski • پښتو • Português • Română • Русский • संस्कृतम् • ᱥᱟᱱᱛᱟᱲᱤ • سنڌي • Srpskohrvatski / српскохрватски • සිංහල • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Shqip • Српски / srpski • Sunda • Svenska • Kiswahili • தமிழ் • తెలుగు • Тоҷикӣ • ไทย • Türkçe • Татарча/tatarça • ئۇيغۇرچە / Uyghurche • Українська • اردو hari ibu Tiếng Việt • Walon • 吴语 • 中文 • 粵語 Kartu pos yang diterbitkan oleh Northern Pacific Railway untuk Hari Ibu di Amerika Serikat pada tahun 1915 Dirayakan oleh Lebih dari 75 negara Jenis Seluruh dunia Makna Menghargai peran seorang ibu Tanggal Bervariasi; berbeda di setiap negara Terkait dengan Hari Ayah, Hari Orangtua, Hari Anak Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Di Indonesia, hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother's Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati setiap tanggal hari ibu Maret. Daftar isi • 1 Sejarah • 2 Hari Ibu di berbagai negara • 2.1 Indonesia • 2.2 India • 3 Tanggal perayaan di berbagai negara • 4 Catatan • 5 Lihat pula • 6 Referensi • 7 Daftar pustaka • 8 Pranala luar Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Hari ibu di Amerika Serikat dirayakan pertama kali pada tahun 1908, ketika Anna Jarvis mengadakan peringatan atas kematian ibunya di Grafton, West Virginia.

[1] Pada tahun 1908, Kongres Amerika Serikat menolak proposal untuk menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional. [2] Pada tahun 1911, seluruh negara bagian di Amerika Serikat menjadikan Hari Ibu hari ibu hari libur.

[2] Pada tahun 1914, Woodrow Wilson menandatangani deklarasi untuk menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional. [3] Hari Ibu di berbagai negara [ sunting - sunting sumber ] Indonesia [ sunting - sunting sumber ] Wikisource memiliki naskah asli yang berkaitan dengan artikel ini: Halaman:TDKGM 01.222 (2 2) Pembaharuan Keputusan Presiden Indonesia No.

316 tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur beserta penjelasannya.pdf/1 Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No.

316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu.

Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti hari ibu memasak dan memakai kebaya. [4] Hari Ibu [5] di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928.

[6] [7] Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, [8] yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatra. Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan sebagainya.

[6] Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan. [9] Indonesia juga merayakan Hari Kartini pada 21 April, untuk mengenang aktivis wanita Raden Ajeng Kartini.

Ini merupakan perayaan terhadap emansipasi perempuan. [7] Peringatan tanggal ini diresmikan pada Kongres Perempuan Indonesia 1938. [9] Pada saat Presiden Soekarno menetapkan Kartini sebagai pahlawan nasional emansipasi wanita dan hari lahir Kartini sebagai memperingati hari emansipasi wanita nasional, tetapi banyak warga Indonesia yang memprotes dengan berbagai alasan, di antaranya Kartini hanya berjuang di Jepara dan Rembang, Kartini lebih pro- Belanda daripada tokoh wanita seperti Cut Nyak Dien, dll.

Karena Hari ibu sudah terlanjur menetapkan Hari Kartini maka Soekarno berpikir bagaimana cara memperingati pahlawan wanita selain Kartini seperti Martha Christina Hari ibu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dll. Akhirnya Soekarno memutuskan membuat Hari Ibu Nasional sebagai hari mengenang pahlawan wanita alias pahlawan kaum ibu-ibu dan seluruh warga Indonesia menyetujuinya.

[ butuh rujukan] India [ sunting - sunting sumber ] Hari Ibu telah berasimilasi dengan kultur India, [10] dan dirayakan setiap hari Minggu kedua bulan Mei. [11] Di India, para ibu dianggap sebagai dewi atas anak-anak mereka. [12] Tanggal perayaan di berbagai negara [ sunting - sunting sumber ] Kalender Gregorian Definisi Tanggal Negara Pekan ke dua bulan Februari 14 Februari 2010 Norwegia 2 Februari Yunani 30 Shevat (Antara tanggal hari ibu Januari dan 1 Maret) Israel 3 Maret Georgia [13] 8 Maret Afganistan Albania† Armenia Azerbaijan Belarusia† Bosnia dan Herzegovina Bulgaria† Kazakhstan† Laos Makedonia† Moldova Montenegro Romania Rusia†* Serbia Ukraina† Pekan ke empat Lent 14 Maret 2010 Irlandia Nigeria Britania Raya 21 Maret ( Ekuinoks vernal) Bahrain Mesir Yordania Kuwait Libya Lebanon Oman Palestina Arab Saudi Sudan Somalia Suriah Uni Emirat Arab Yaman (Seluruh Liga Arab pada umumnya) 25 Maret Slovenia 7 April Armenia 24 April +/- 5 hari Baisakh Amavasya (Mata Tirtha Aunsi) Nepal Pekan pertama bulan Mei 2 Mei 2010 Hungaria† Lituania Mozambik Portugal Makau Spanyol 8 Mei Albania ( Hari Orangtua) Korea Selatan ( Hari Orangtua) 10 Mei El Salvador Guatemala Meksiko Pekan ke dua bulan Mei 9 Mei 2010 Anguilla Aruba Australia Austria Bahama Bangladesh Barbados Belgia Belize Bermuda Bonaire Brasil Brunei Bulgaria Kanada Chili Republik Rakyat Tiongkok† [14] Taiwan Kolombia Kroasia Kuba [15] Curaçao Siprus Republik Czech Denmark Dominika Ekuador Estonia Ethiopia Fiji Finlandia Jerman Ghana Yunani Grenada Honduras Hong Kong Islandia Italia Jamaika Jepang Latvia* Liechtenstein* Malaysia Malta Myanmar Belanda Selandia Baru Pakistan Papua Nugini Peru [16] Filipina Puerto Riko Saint Kitts dan Nevis Saint Lucia Saint Vincent dan the Grenadines Samoa Singapura Sint Maarten Slowakia Afrika Selatan Sri Lanka Suriname Switzerland Tonga Trinidad dan Tobago Turki Uganda Ukraina Amerika Serikat Uruguay Venezuela Zambia Zimbabwe 15 Mei Paraguay 26 Mei Polandia "Dzień Matki" 27 Mei Bolivia Pekan ke empat bulan Mei 30 Mei 2010 Aljazair Republik Dominika Prancis (Minggu pertama pada bulan Juni yang bertepatan dengan Pentakosta) Prancis Antilles (Minggu pertama pada bulan Juni yang bertepatan Pentakosta) Haiti [17] Mauritius Moroko Swedia Tunisia 30 Mei Nikaragua 1 Juni Mongolia† (Hari Ibu dan Anak) Pekan ke dua bulan Juni 13 Juni 2010 Luksemburg Minggu terakhir bulan Juni 27 Juni 2010 Kenya 12 Agustus Thailand (hari hari ibu tahun Ratu Sirikit) 15 Agustus ( Hari Maria Diangkat ke Surga) - Antwerp ( Belgia) Kosta Rika 19 Agustus ( Pâthâre Prabhu di India Selatan) India Senin ke dua bulan Oktober 11 Oktober 2010 Malawi 14 Oktober Belarusia Pekan ke tiga bulan Oktober 17 Oktober 2010 Argentina ( Día de la Madre) Pekan ke empat bulan November 28 November 2010 Rusia 8 Desember Panama 22 Desember Indonesia Kalender lainnya Shevat 30 Antara 30 Januari dan 1 Maret Israel Baisakh Amavasya (Mata Tirtha Aunsi) Antara 19 April dan 29 April Nepal 20 Hari ibu akhir [n 1] 14 Juni 2009 Iran [18] Catatan [ sunting - sunting sumber ] • ^ Karena Kalender Islam menggunakan Kalender lunar, yang jumlah harinya lebih pendek daripada kalender solar, hari tersebut bergantung pada musimnya.

Setiap tahunnya, hari yang bersangkutan jatuh pada hari yang berbeda-beda dalam kalender Gregorian, sehingga tercantum secara terpisah. Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Hari Perempuan Internasional • Hari Ayah Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ O'Reilly, Andrea (6 April 2010).

Encyclopedia of Motherhood. Sage Publications (CA). hlm. 602. ISBN 978-1-4522-6629-9. Diakses tanggal 11 Mei 2014. • ^ a b Connie Park Rice; Marie Tedesco (15 Maret 2015). Women of the Mountain South: Identity, Work, and Activism. Ohio University Press. hlm. 29–. ISBN 978-0-8214-4522-8. • ^ Mother's Day 100-year history a colorful tale of love, anger and civic unrest, Deseret News, 6 Mei 2014 • ^ Wardhani, Lynda K. (22 December 2010). "In observance of Mother's Day".

The Jakarta Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2021-11-04. • ^ "Twibbon Hari Ibu". UN. • ^ a b seenthing (21 December 2010), Sejarah Perayaan Nasional Hari Ibu 22 Desembe, diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-22diakses tanggal 2013-04-21 • ^ a b Chilla Bulbeck (2009), Sex, Love and Feminism in the Asia Pacific: A Cross-cultural Study of Young People's Attitudes, ASAA women in Asia, Routledge, ISBN 9781134104697 • ^ Dalem Jayadipuran Diarsipkan 2011-07-21 di Wayback Machine., Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta • ^ a b Kathryn Robinson (2009), Gender, Islam and Democracy in Indonesia, ASAA women in Asia, Routledge, hlm.

3, 36, 44, 72, ISBN 9781134118830 • ^ TTN (13 Hari ibu 2004). "Social change in India discussed". Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-27. Diakses tanggal 2013-12-22. Prof Bradley Hartel from Virginia, USA, reiterated that cultural hari ibu artistic exchanges have led to a confluence of ideas and traditions between India and USA.

He said that India is unique in it's [sic] adaptability of new cultures as is exemplified by integrating Valentine's Day or Mother's Day, etc, into it's [sic] list of numerous festivals despite the many protests.

He stressed that many traditions are being universalised in a global world. • ^ Charu Amar (1 May 2009), "Kyunki saas bhi toh maa hai!", The Times of India, Mention Mother's Day and everyone goes on a thinking spree to find the most hari ibu way to pamper their mommy dearest. • ^ "Motherhood". http://www.hinduism.co.za/. Diakses tanggal 8 May 2013. Hapus pranala luar di parameter -work= ( bantuan) • ^ "Bidzina Ivanishvili Congratulates Mothers on Mother's Day" (dalam bahasa bahasa Inggris).

InterPressNews (IPN). 3 Maret 2013. Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui ( link) • ^ Xinhua from China Daily (2006-05-16). "It's Mother's Day". SCUEC online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-03-05. Diakses tanggal 2009-09-12. • ^ "Principales efemérides.

Mes Mayo". Unión de Periodistas de Cuba. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-05. Diakses tanggal 2008-06-07. • ^ "Calendario Cívico Escolar". Dirección Regional de Educación de Lima Metropolitana. Diakses tanggal 2008-06-07.

• ^ Sources: • "Haiti: Main Holidays". discoverhaiti.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-06-18. Diakses tanggal 2008-07-08. • "6310.- Fêtes et Jours Fériés en Haiti" (dalam bahasa french). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-01. Diakses tanggal 2008-07-08. Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui ( link) (Prancis) • ^ "Ahmadinejad highlights women's significant role in society".

Presidency of The Islamic Republic of Iran News Service. 2008-06-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-28. Diakses tanggal 2008-07-19.

hari ibu

(.) the occasion of the Mother's Day marking the birthday anniversary of Hazrat Fatemeh Zahra (SA), the beloved daughter of Prophet Mohammad. The day fell on June 23 [2008]. Daftar pustaka [ sunting - sunting sumber ] • Schmidt, Leigh Eric (1997). Princeton University Press, ed. Consumer Rites: The Buying and Selling of American Holidays (edisi ke-reprint, illustrated). hlm.

256–275. ISBN 0-691-01721-2. • Larossa, Ralph (1997). University of Chicago Press, ed. The Modernization of Fatherhood: A Social and Political History (edisi ke-illustrated). hlm. 90,170–192. ISBN 0-226-46904-2. • Helsloot, John (2007), "10. Vernacular Authenticity: Negotiating Mother's Day and Father's Day in the Netherlands", dalam Margry, Peter Jan; Roodenburg, Herman, Reframing Dutch Culture: Between Otherness and Authenticity, Progress in European Ethnology (edisi ke-illustrated), Ashgate Publishing, hlm.

6–7, 203–224, ISBN 978-0-7546-4705-8 Pemeliharaan CS1: Banyak nama: editors list ( link) • Newcomer, Daniel (2004). Reconciling Modernity: Urban State Formation in 1940s León, Mexico (edisi ke-illustrated). University of Nebraska Press. hlm. 132–139. ISBN 9780803233492. • Sherman, John W.

(1997). The Mexican Right: The End of Revolutionary Reform, 1929–1940 (edisi ke-illustrated). Greenwood Publishing Group. hlm. 44. ISBN 9780275957360. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikimedia Commons memiliki media mengenai Mother's Day. • (Indonesia) Sejarah Hari Ibu (bukan mothers day) • (Indonesia) Meluruskan Salah Kaprah Peringatan Hari Ibu • (Indonesia) Mengembalikan Akar Sejarah Hari Ibu • (Indonesia) Hari Ibu Kategori tersembunyi: • Templat webarchive tautan wayback • Galat CS1: pranala luar • Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui • Artikel dengan kotak info hari libur • Kotak hari ibu hari libur (lainnya) • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan • Pemeliharaan CS1: Banyak nama: editors list • Pranala kategori Commons ada di Wikidata • Halaman ini terakhir diubah pada 7 Mei 2022, pukul 09.32.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •tirto.id - Bagaimana sejarah Hari Ibu yang tahun ini jatuh pada hari Rabu tanggal 22 Desember 2021? Peringatan Mother's Day atau Hari Ibu di Indonesia ini mengacu pada pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia I yang dihelat 22-25 Desember 1928, atau hanya beberapa pekan setelah Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Hari Ibu adalah hari besar yang diperingati setiap tahunnya, apakah merupakan hari libur nasional? Hari Ibu bukan tanggal merah dan bukan termasuk hari ibu libur nasional. Namun begitu, kita tetap bisa memperingati hari istimewa ini dengan berbagi pesan positif tentang perempuan, keberdayaan, dan ungkapan terima kasih untuk setiap ibu dan juga perempuan.

Sejarah Hari Ibu 22 Desember Peringatan Hari Ibu di negeri ini sebenarnya sudah diterapkan sejak era pemerintahan Presiden Sukarno. Namun, sejarah tanggal 22 Desember yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal Hari Ibu sebenarnya bermula jauh sebelumnya.

Penetapan 22 Desember sebagai peringatan Hari Ibu mengacu pada pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia I yang dihelat tanggal 22-25 Desember 1928, atau hanya beberapa pekan setelah Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Dikutip dari buku Biografi Tokoh Kongres Perempuan Indonesia Pertama (1991) yang ditulis Suratmin dan Sri Sutjiatiningsih, kongres tersebut dilangsungkan hari ibu Yogyakarta, tepatnya di Ndalem Joyodipuran. Sekarang, gedung itu digunakan sebagai Kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta.

Kongres Perempuan Indonesia I yang berlangsung pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda itu diikuti oleh tidak kurang dari 600 perempuan dari puluhan perhimpunan wanita yang terlibat. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang suku, agama, pekerjaan, juga usia. Baca juga: • Syarifah Latifah: Pelopor Pendidikan Perempuan di Kesultanan Siak Susan Blackburn dalam buku Kongres Perempuan Pertama (2007) mencatat, sejumlah organisasi perempuan yang terlibat antara lain Wanita Oetomo, Poetri Indonesia, Wanita Katolik, Aisyiyah, Wanita Moeljo, Darmo Laksmi, Wanita Taman Siswa, juga sayap perempuan dari berbagai organisasi pergerakan seperti Sarekat Islam, Jong Java, Jong Islamieten Bond, dan lain-lain.

Selain itu, para perwakilan dari perhimpunan pergerakan, partai politik, maupun organisasi pemuda juga datang ke Kongres Perempuan Indonesia perdana ini, termasuk wakil dari Boedi Oetomo, Sarekat Islam, Muhammadiyah, Partai Nasional Indonesia (PNI), Jong Java, Jong Madoera, Jong Islamieten Bond, dan seterusnya.

Sejarah Hari Ibu dan Kesetaraan Perempuan Panitia Kongres Perempuan Indonesia I dipimpin oleh R.A. Soekonto yang didampingi oleh dua wakil, yaitu Nyi Hadjar Dewantara dan Soejatin.

Dalam sambutannya, dinukil dari buku karya Blackburn, R.A. Soekonto mengatakan: “Zaman sekarang adalah zaman kemajuan. Oleh karena itu, zaman ini sudah waktunya mengangkat derajat kaum perempuan agar kita tidak terpaksa duduk di dapur saja. Kecuali harus menjadi nomor satu di dapur, kita juga harus turut memikirkan pandangan kaum laki-laki sebab sudah menjadi keyakinan kita bahwa laki-laki dan perempuan mesti berjalan bersama-sama dalam kehidupan umum.” “Artinya,” lanjut R.A.

Soekonto, “perempuan tidak [lantas] menjadi laki-laki, perempuan tetap perempuan, tetapi derajatnya harus sama dengan laki-laki, jangan sampai direndahkan seperti zaman dahulu.” Selain diisi dengan pidato atau orasi tentang kesetaraan atau emansipasi wanita oleh para tokoh perempuan yang terlibat, kongres ini juga menghasilkan keputusan untuk membentuk gabungan organisasi wanita dengan nama Perikatan Perempuan Indonesia (PPI). Infografik hari ibu Slamet Muljana dalam buku Kesadaran Nasional: Dari Kolonialisme sampai Hari ibu (2008), memaparkan dua tahun setelah kongres pertama hari ibu, kaum perempuan di Indonesia itu menyatakan bahwa gerakan wanita adalah bagian dari pergerakan nasional.

hari ibu

Dengan kata lain, perempuan wajib ikut serta memperjuangkan martabat nusa dan bangsa. Tanggal hari hari ibu Kongres Perempuan Indonesia I pada 22 Desember 1928 inilah yang kemudian menjadi acuan bagi pemerintah RI untuk menetapkan peringatan Hari Ibu, yang diresmikan oleh Presiden Sukarno melalui Dekrit Presiden RI No.316 Tahun 1953. Baca juga: Rekomendasi Film Saat Hari Ibu di Netflix Tidak hanya di Indonesia saja, di berbagai belahan dunia lain juga memiliki Hari Ibu dengan tradisi yang bermacam-macam pula.

Berikut ini beberapa di antaranya: Perancis Hari Ibu di Perancis dirayakan setiap tanggal 26 Mei. Peringatan ini dilakukan untuk menghormati para istri yang ditinggal gugur suaminya dalam Perang Dunia I. Dulu, beberapa walikota di Perancis menganugerahi medali khusus untuk para ibu terpilih. Sedangkan untuk saat ini, Hari Ibu dirayakan dengan memberikan hadiah dan kue berbentuk bunga hari ibu ibu.

Jepang Di Jepang, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 12 Mei. Biasanya, diadakan lomba menggambar ibu bagi anak-anak. Karya pemenang lomba akan dipamerkan di seluruh negeri. Cara lain yang sering dilakukan adalah memberikan bunga anyelir berwarna merah dengan tulisan “Selamat Hari Ibu” dengan huruf Kanji.

hari ibu

Inggris Hari Ibu di Inggris dikenal dengan istilah Mothering Sundaydirayakan hari ibu hari Minggu tiga pekan sebelum Paskah yang biasanya jatuh antara pertengahan Maret dan awal April. Mothering Sunday menjadi momen berkumpul bagi ibu dengan anak-anaknya. Biasanya, para perantauan akan pulang ke rumah untuk merayakan Hari Ibu ini.

Selain itu, Hari Ibu di Inggris juga dirayakan dengan memberikan bunga, kartu ucapan, atau hadiah, bukan hanya kepada ibu kandung, tetapi kepada nenek, ibu tiri, juga ibu mertua.

IBADAH ONLINE SEMPENA HARI IBU PELAYANAN WANITA SIB SEMENANJUNG




2022 www.videocon.com