Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Pilihan Ganda • Setelah manusia meninggal dunia, mereka berada di alam pembatas antara dunia dan akhirat yang disebut. a. Barzakh b.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Mahsyar c. Ba’ as d. Hisab e. Jaza • Setelah semua manusia dibangkitkan dari alam kubur, mereka dikumpulkan di padang yang maha luas yang disebut. a. Barzakh- b. Mahsyar c. Ba’ as d. Hisab e. Jaza • Pengadilan Allah Swt. di alam akhirat sangat adil dan teliti, tidak seorang pun yang dirugikan, manusia berhak masuk surga karena ketakwaannya. Sebaliknya mereka akan masuk neraka, karena kedurhakaanya. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir adalah.

. a. menuruti semua keinginan teman b. senantiasa bertakwa kepada Allah Swt. c. memberikan dorongan untuk selalu bersikap optimis d. sangat hati-hati saat ada keinginan untuk berbuat keburukan e. disiplin dalam melaksanakan ibadah salat lima waktu (maktubah) • Tanda-tanda seseorang mengimani Hari Akhir, di antaranya adalah. a. takut menghadapi kematian b. tidak mau menerima jabatan duniawi c. mengabaikan urusan dunia yang bersifat fana d. selalu berusaha ikhlas dalam melakukan pekerjaan e.

selalu mengingat tanda-tanda datangnya Hari Akhir dengan baik • Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir, adalah. a. selalu bertakwa kepada Allah Swt. b. disiplin dalam melakukan salat lima waktu c. menghabiskan waktunya untuk berzikir di dalam masjid d. mencintai fakir-miskin yang diwujudkan dengan sedekah e.

menyantuni, memelihara, mengasuh, dan mendidik anak yatim Isian titik-titik • Beriman kepada hari Akhir telah menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban • Beriman kepada Hari Akhir telah mendidik diri kita untuk menjauhi sifat sifat takabur dan membanggakan diri • Beriman kepada Hari Akhir membuat diri saya lebih menjauhi perbuatan perbuatan keji/maksiat • Beriman kepada Hari Akhir telah mendorong diri saya giat melaksanakan ibadah • Beriman kepada Hari Akhir telah menumbuhkan perilaku akhlakul karimah • Beriman kepada Hari Akhir telah menyadarkan diri saya bahwa hidup di dunia adalah hanya sementara • Tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam Baqa’ adalah Yaumul Ba’ats, Yaumul Hasyr, Buku Catatan, Yaumul Hisab, Mizan, Shirat, Yaumul Jaza’, balasan amal baik surga dan balasan amal buruk neraka • Mengimani adanya kehidupan sesudah mati adalah kenyataan alam yang dapat disaksikan secara mudah dalam kehidupan sehari-hari dipermukaan bumi ini antara lain berupa bangun tidur Essay • Sebutkan beberapa perbedaan Kiamat Sugra dengan Kiamat Kubra!

Jawab : Kiamat Sugra(kecil )adalah peristiwa datangnya kematian bagi semua makhluk termasuk manusia yang bersifat lokal dan individu. Kiamat Kubra (besar) adalah Peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak.

• Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam? Jawab : Bumi Mulai beredar sejak terciptanya Alam semesta dan tata surya ( memutari Matahari ) Sedangkan Kemungkinan bumi hancur apabila matahari sudah padam ( gas Hidrogen -> Helium ) • Bagaimanakah keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut Teori Fisika?

Jawab : Menurut teori fisika matahari akan menyusut menjadi kecil sampai pada suatu saat ketika energi gravitasinya berubah menjadi panas dan mengubahnya menjadi bintang merah raksasa. • Jelaskan tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam akhirat!

Jawab : Yaumul Ba’ats Sesudah hancur dan musnahnya alam semesta termasuk manusia, terjadilah hari kebangkitan. Hari Kebangkitan adalah proses dibangkitkannya seluruh makhluk dari alam kubur. Yaumul Hasyr Yaumul Hasyr yaitu hari berkumpulya manusia setelah dibangkitkan dari kuburnya masing-masing. Kemudian semua manusia digiring ke tempat yang luas yaitu Padang Mahsyar (tempat berkumpul).

Buku Catatan Setiap manusia di alam mahsyar mempunyai buku catatan (kitab perjalanan hidup) yang sudah dicatat Malaikat Raqib dan Atid.

Kitab catatan ini berisi semua perbuatan dan perkataan manusia sewaktu hidup di dunia. Yaumul Hisab dan Mizan Yaumul Hisab adalah hari ketika allah SWT memperlihatkan semua amalan di akhirta untuk dihisab. Segala dosa besar dan kecil dihitung dengan seksama dan teliti.

Ketika amalan mereka dihitung, anggota tubuh mereka ikut menjadi saksi. As-Sirat As-Sirat adalah jembatan yang terbentang di atas neraka menuju surga.

Mudah atau sulitnya melewati As-Sirat itu tergantung kepada amal setiap manusia. Yaumul Jaza’ Yaumul Jaza yaitu suatu hari ketika semua manusia akan menerima balasan Allah SWT (Jaza). Balasan yang diterima seseorang sesuai dengan amalnya selama ia hidup di dunia. Balasan Perbuatan baik dengan Surga Setelah seluruh manusia dihisab dan melalui timbangan, mereka diberikan balasan yang sesuai dengan amal perbuatannya.

Pada saat itu terbagilah manusia menjadi dua golongan. Adapun bagi mukmin yang bertakwa kepada Allah SWT pasti akan bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan balasan yang setara, yaitu berupa surga.

Balasan Perbuatan Buruk dengan Neraka Adapun orang yang selama hidup di dunia lebih banyak mengerjakan perbuatan jahat, maksiat tercela, dan kafir terhadap Allah SWT,kufur kepada ajaran dan nikmat Allah SWT, maka akan menerima balasan yang jahat pula. • Jelaskan pengertian surga menurut bahasa dan istilah, serta sebutkan 5 (lima) macam kenikmatan dalam surga!

Jawab: Surga ( Al Jannah) secara bahasa berarti : kebun ( al bustan), atau kebun yang di dalamnya terdapat pepohonan. Secara istilah, surga ialah nama yang umum mencakup suatu tempat (yang telah dipersiapkan oleh Allah swt. bagi mereka yang menaati-Nya), di dalamnya terdapat segala macam kenikmatan, kelezatan, kesenangan, kebahagiaan, dan kesejukan pandangan mata. Kenikmatan di Surga : Makanan dan Minuman di Surga Imam Ahmad berkata : Telah menceritakan kepada kami Miskin bin Abdul Aziz dari ‘Asy’asy Adh-Dharir dari Sahr bin Hausyab dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya penghuni Surga yang paling rendah adalah orang yang memiliki tujuh tingkatan dan tigaratus pelayan yang mendatanginya setiap pagi dan sore dengan membawa tiga ratus piring yang terbuat dari emas dengan berisi makanan.

Bagian awal dan akhirnya sama lezatnya. Mereka membawa pula tigaratus bejana yang memiliki warna yang berbeda-beda.Bagian awal dan akhirnya sama lezatnya.” “Dan campuran khamar murni itu adalah dari tasnim.

(Yaitu) mata air yang minum daripadanya orang-orang yang didekatkan kepada Allah.” (Qs.Al Muthoffiffin : 27 – 28) Pakaian dan perhiasan di Surga “Mereka memaikai pakaian sutra tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih.” (Qs.

AL Insaan : 21) Diriwwayatkan oleh Harmalah dari Ibnu Wahb dari Umar, bahwasanya Darraj (Abu Sammah) menceritakan kepadanya dari Abu Haitsam dari Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi shallallu ‘Alaihi wa Sallam: “Sesungguhnya seseorang di Surga akan bertelekan selama tujuh puluh tahun sebelum ia bergerak.

Lalu istrinya datang kepadanya dan menepuk bahunya, iapun memandangi istrinya dan tampak olehnya mukanya di dahi istrinya lebih jelas daripada cermin.

Dan sesungguhnya mutiara yang paling kecil yang dipakai istrinya dapat menerangi apa yang ada di antara timur dan barat.

Lalu istrinya menyalaminya dan ia pun menjawab salam salam itu seraya bertanya : Siapakah anda? Istrinya menjawab: “Akulah tambahan.” Dan sesungguhnya istrinya itu memakai tujuhpuluh pakaian, dan pakaian yang paling rendah bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan seperti kacapandanagannya menembus hingga ia dapat melihat sum-sum istrinya itu dari balik pakaiannya.

Dia memakai pula mahkota.Dan mutiara yang paling kecil pada mahkota itu dapat menerangi apa yang ada diantara timur dan barat.” Wanita Di Surga Abu Bakar bin Abu Syaibah berkata : telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Thariq dari Mis’adaah bin Ilyasa ‘ dari Sa’id bin Abu ‘Arubah dari Qatadah dari Sa’id bin Musayyab dari Aisyah Radhiyallahu anha, bahwasanya Rasulullah didatangi oleh nenek dari kaum Anshar seraya berkata : “ Wahai Rasulullah, doakanlah aku agar masuk Surga.

Maka Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Surga tidak akan dimasuki oleh nenek-nenek. Setelah itu Rasulullah pergi untuk menunaikan shalat, lalu Beliau pergi ke tempat ‘Aisyah.

Maka ‘Aisyah berkata : Wanita tadi telah menemukan kesusahan akibat perkataanmu. Rasulullah bersabda : “Demikianlah keadaanya, sesungguhnya apabila Allah memasukkan mereka ke dalam surga, niscaya akan diubah menjadi perawan.” “Dan di dalam Surga itu ada bidadari-bidadari yang bermata jeli.

Laksana mutiara yang tersimpan baik.”(Qs. Al Waaqi’ah : 22-23) “Sesungguhnya kami menciptakan mereka(bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.Penuh cinta lagi sebaya umurnya. (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan.”(Qs. Al Waaqi’ah :35-38). Yakni Allah menjadikan mereka setelah tua renta saat didunia, di Surga kembali muda serta perawan, dicintai oleh suami-suami mereka, dan usia mereka sebaya dengan golongan kanan itu Hubungan Biologis di Surga Bazar berkata : telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ma’mar dari Abu Abdurrahman bin Yazid dari Abdurrahman bin Ziyad dari Ammarah bin Rasyid dari Abu Hurairah r.a, beliau berkata : Rasulullah ditanya : “Apakah para penghuni Surga melakukan hubungan seksual dengan isteri-isteri mereka ?

Rasulullah menjawab : “Benar, mereka melakukannya dengan alat kelamin yang tak pernah kendur dan syahwat yang tak pernah berhenti.” Dalam hadist lain disebutkan : “Seorang mukmin di surga akan diberi kekuatan seratus orang” dan sesungguhnya penghuni surga apabila selesai melakukan hubungan suami istri, maka istri-istri mereka kembali perawan.

Penghuni Surga memandangi wajah Allah Subhana wata’ala Muhammad bin Yazid bin Majah berkata di dalam kitabnya ‘kitab sunnah” : telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdul Malik bin Abu Syawarib dari Abu Hashim Al Ibadani dari Al Fadhl Ar-Ruqasyi dari Ibnu Al Munkadir dari Jabir bin Abdullah ra. Bahwasanya Rasulullah bersabda : “Disaat penghuni Surga asyik merasakan kenikmatan yang mereka dapatkan, tiba-tiba muncul cahaya, mereka mengangkat muka-muka mereka, ternyata Allah SWT telah menampakkan wajah-Nya dengan Rahmat-Nya dari arah atas mereka.

Allah SWT berfirman : “Salam atas kamu wahai penghuni Surga.” Lalu beliau bersabda : “Yang demikian itulah makna firman Allah SWT: “(Kepada mereka dikatakan ) salam, sebagai ucapan salam dari Tuhan Yang Maha Penyayang.” (Qs.Yaasiin(36) : 58) Penghuni surga juga tidak tidur karena tidak ada kelelahan di dalam Surga. Kuda di Surga Imam Tirmidzi berkata : telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abdurrahman dari Ashim bin Ali Mas’udi dari Uqbah bin Al Qamah bin Khadiij dari Sulaiman bin Abu Buraidah dari bapaknya bahwasanya Rasulullah, apakah di Surga ada kuda?

Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya jika engkau dimasukkan ke Surga olehAllah, maka setiap kali engkau ingin menggunakan kuda maka engkau akan menggunakan kuda dari yakut yang merah yang akan menerbangkanmu ke mana engkau sukai.” Laki-laki itu berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku adalah orang yang sangat menyenangi kuda, maka apakah di Surga ada kuda?” Rasulullah bersabda: “Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya di dalam surga ada kuda dan onta tanpa pemilik, berjalan di sela-sela daun di Surga, penghuni surga mempergunakannya untuk saling mengunjungi ke mana saja mereka kehendaki.” • Salinlah dan terjemahkan beberapa ayat al-Qur’an yang menggambarkan siksa neraka!

Jawab : Ayat al-Qur’an yang menggambarkan siksa neraka. هَذَانِ خَصْمَانِ اخْتَصَمُوا فِي رَبِّهِمْ فَالَّذِينَ كَفَرُوا قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِنْ نَارٍ يُصَبُّ مِنْ فَوْقِ رُءُوسِهِمُ الْحَمِيم Yang artinya : “Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka, orang kafir akan dibuatkan untuk pakaian-pakaian mereka yang terbuat dari api neraka. Lalu, disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka” (QS.

Al-Hajj: 19).Lalu, para penghuni neraka akan dikenakan untuk mereka pakaian yang terbuat dari aspal yang lalu dibakar dengan api neraka. Tidak cukup itu saja, Al-Hamim (air yang sedang mendidih, dan sangat panas) akan disiramkan ke atas kepala mereka, kemudian kita berlindung hanya kepada Allah agar tidak menjadi ahli neraka.

Kemudian Allah melanjutkan, يُصْهَرُ بِهِ مَا فِي بُطُونِهِمْ وَالْجُلُ Yang artinya : “Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka, dan juga kulit (mereka)” (QS.

Al-Hajj: 20). Betapa dahsyat panas air tersebut. Saat disiramkan di atas kepala, maka air tersebut akan menghancurkan isi perutnya, dagingnya, dan ususnya.

Isi perutnya meleleh karena panasnya air neraka yang mendidih tersebut.Sehingga kulit mereka juga meleleh.Kita memohon keselamatan kepada Allah dari beratnya siksa neraka. Selanjutnya Allah berfirman, وَلَهُمْ مَقَامِعُ مِنْ حَدِيدٍ Yang artinya : “Dan untuk mereka cambuk-cambuk yang terbuat dari besi” (QS. Al-Hajj: 21). Maqami’ itu semacam palu atau martil dari besi yang dipukulkan ke kepala mereka.Maka, ketika mereka hendak keluar dari neraka, dipukulkan martil-martil tersebut di atas kepala mereka supaya siksa tidak terputus dari mereka.

كُلَّمَا أَرَادُوا أَنْ يَخْرُجُوا مِنْهَا مِنْ غَمٍّ أُعِيدُوا فِيهَا وَذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ Yang artinya : “Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan): “Rasailah adzab yang membakar ini”.” (QS. Al-Hajj: 22). Dalam ayat lain, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ Yang artinya : “Sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?” (QS.

Muhammad: 15) Benar saja, lalu mereka dipaksa untuk meminum air neraka yang sangat mendidih dan sangat panas dan menghancurkan seluruh isi perutnya. Sesungguhnya panasnya api neraka Jahannam tidak tertandingi. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam, mengabarkan, panasnya lebih dari 70 kali dari panasnya api yang ada di dunia. Allah Subhanahu Wa Ta’ala, menggambarkan tentang tikar dan selimut ahli neraka, لَهُمْ مِنْ جَهَنَّمَ مِهَاد وَمِنْ فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ Yang artinya : “Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka terdapat selimut (yang terbuat dari api neraka)” (QS.

Al-A’raf: 41). Dari bawah penghuni neraka ada tikar yang terbuat dari api neraka, sedangkan dari atasnya mereka diselimuti dengan selimut yang terbuat dari api neraka juga. Dari sini, dapat kita padukan dengan ayat-ayat yang lain, bahwa para penghuni neraka akan dipakaikan baju dari aspal neraka lalu dibakar, tikar dari neraka, selimut dari neraka, dan juga cambuk (martil) yang terbuat dari besi.

Allah Ta’ala menyebutkan tentang angan-angan (keinginan) para penghuni neraka, yaitu kematian.Mereka ingin sekali mati, sehingga tidak merasakan adzab neraka yang maha (sangat) dashsyat.Hal ini sebanding dengan angan-angan (keinginan) mereka selama di dunia, yaitu mereka hanya berangan, dan berhayal dapat hidup seribu tahun, atau lebih.Mereka sangat cinta terhadap kehidupan di dunia yang bersifat sementara ini.Sedangkan di akhriat mereka sangat berharap agar bisa mati.Tapi, kita hanya berlindung kepada Allah agar tidak menjadi dari bagian orang-orang kafir.

وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَ لَا يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا Yang artinya : “Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahanam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati, dan tidak (pula) diringankan dari mereka adzabnya” (QS.

Faathir: 36). Yakni, dia tidak mati, dan tidak akan diringankan adzabnya. Saat di neraka, adzab tidak akan dihentikan barang sejenak, karena yang menyiksa adalah para malaikat yang sudah Allah bekali dengan kekuatan luar biasa. Mereka tidak mengenal lelah, atau capek sehingga tidak ada istirahat dari siksa bagi penghuni neraka.

Setiap detik, setiap menit, dan setiap jam penghuni neraka disiksa tanpa henti, dan mereka tidak bisa mati. Seperti dalam ayat berikut : إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا Yang artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka.

Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab.Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. Al-Nisa’: 56). • Jelaskan fungsi dan hikmah iman kepada Hari Akhir! Jawab : Adapun fungsi iman kepada hari akhir, yaitu sebagai berikut: – Mendorong kepada setiap orang muslim dalam hidup sehari-hari untuk selalu memperbanyak amal kebajikan dan menjauhi segala perbuatan yang jelek.

– Mendorong kepada setiap orang muslim agar suka membelanjakan bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan kearah kebaikan dan menghindari sifat kikir, bakhil, tamak, dan rakus.

– Di dalam hidup di dunia tidak akan tenggelam dalam kemegahan dan tidak iri terhadap kebahagiaan orang lain. – Menentramkan hati terutama bagi orang yang mendapat perlakuan yang kurang adil atau sewenang-wenang.

– Menambah kesabaran dalam menghadapi berbagai macam cobaan, karena di akhirat semua orang akan menerima balasan yang seadil-adilnya.Hikmah dari beriman kepada hari akhir antara lain sebagai berikut: – Muncul rasa kebencian yang dalam kepada akemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka Allah SWT di dunia dan di akhirat. – Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmin dengan segala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini. – Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap Allah SWT dengan mengharapkan mau’nah-Nya pada hari itu.

– Senantiasa termotivasi untuk beramal baik dengan ikhlas. – Senantiasa menghindari niat-niat yang buruk apalagi melaksanakannya. – Menjauhkan diri dari asumsi-asumsi yang mengkiaskan apa yang ada di dunia ini dengan apa yang ada di akhirat. • Jelaskan pengertian neraka berikut ciri-cirinya! Jawab : Neraka adalah alam akhirat tempat penyiksaan untuk orang berdosa Cirri-cirinya : • Orang yang sangat ingkar: yakni mereka yang sangat kafir, di mana berbagai macam kekafiran mereka lakukan baik berupa perbuatan maupun ucapan.

• Keras kepala: yakni membangkang terhadap kebenaran, menghadapinya dengan kebatilan sementara ia tahu kebenaran itu. Kalaupun kebenaran itu ditawarkan kepadanya, dia tidak mau menerimanya walaupun kebenaran itu begitu jelas.

• Sangat menghalangi kebajikan: kebajikan di sini berarti segala macam kebajikan. Seolah-olah dia mencari-cari segala macam kebajikan untuk dia halangi sehingga dia menghalangi segala macam amal baik, dan yang terbesar adalah iman kepada Allahmalaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan para rasul-Nya, serta menghalangi seseorang untuk berdakwah kepadanya.

• Melanggar batas: yakni melanggar batas-batas hukum Allah dan melanggar hak-hak makhluk, sehingga ia berbuat jahat kepada mereka. • Lagi ragu-ragu: yakni tertanam dalam dirinya keraguan dan kebimbangan. Demikian juga, ia membuat keraguan pada diri orang lain, baik keraguan dalam hal janji Allah ataupun ancaman-Nya, sehingga tiada iman dan kebaikan dalam dirinya. • Yang menyembah sesembahan yang lain beserta Allah : mencakup semua orang yang menghambakan diri dan menghinakan diri kepada selain Allah.

• Jelaskan bukti-bukti kebenaran adanya Hari Akhir beserta alasanmu!Jawab : Pada surat Muhammad ayat 18 yang artinya ” maka tidaklah yang mereka tunggu tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka tiba tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda tandanya maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat itu datang ?”Alasannya : karena sudah terdapat di dalam Al Qur’an.

• Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada Hari Akhir? Jelaskan! Jawab : Bukti keimanan pada hari akhir adalah kita percawa bahwa akan adanya hari akhir tersebut. Adapun bagaimana menerapkan prilaku mulianya adalah karena kita percaya akan datangnya hari akhir maka kita akan sungguh- sungguh dalam beribadah kepada Allah swtdengan kita bersungguh sungguh maka dengan sendirinya kita akan melakukan hal-hal yang mulia.

• Jelaskan bukti bukti kebenaran adanya hari akhir beserta alasanmu • Bagaimana cara menerapkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari • Hikmah beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari • Perilaku yang tidak termasuk keimanan terhadap asmaul husna adalah • Jelaskan fungsi dan hikmah iman kepada hari akhir • Bagaimana contoh perilaku hormat dan patuh kepada orangtua jelaskan • Menurutmu mengapa kita harus menerapkan perilaku menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari • Bagaimana cara menerapkan sifat al baqi dalam kehidupan sehari hari • Bagaimana cara menerapkan mengimani rasul allah dalam kehidupan sehari-hari • Bagaimana cara menerapkan mujahadah an nafs dalam kehidupan sehari hari • Mujahadah an nafs merupakan perilaku mulia yang memiliki banyak hikmah • Dari pernyataan diatas yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah • Hari penghitungan amal perbuatan manusia setelah di hari akhir adalah • Beriman kepada hari akhir telah menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap • Beriman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang ke • Iman kepada hari akhir termasuk rukun iman ke • Iman kepada hari akhir termasuk rukun iman yang ke • Iman kepada hari akhir dapat menimbulkan sikap raja dan • Iman kepada hari akhir adalah rukun iman yang ke • Bagaimana balasan yang akan diterima manusia di hari akhir
Sekolahmuonline - Kunci Jawaban Soal Materi Iman Kepada Hari Akhir kelas XII SMA/SMK/MA.PembacaSekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda kunci jawaban dari soal-soal materi Iman Kepada Hari Akhir kelas 12 SMA/SMK/MA mata pelajaran Aqidah Akhlaq atau Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Silahkan dibaca, dipelajari, semoga banyak manfaatnya. Baca juga: Contoh Soal PAIBP Kelas 12 Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir Contoh Soal PAIBP Kelas 12 Bab 2. Meyakini Qadā dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja Contoh Soal PAIBP Kelas 12 Bab 3 Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis Beserta Jawabannya Contoh Soal PAIBP Kelas 12 Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi Beserta Jawabannya 2.

Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam? Jawaban/Pembahasan: Bumi terjadi dari gas yang berputar (chaos catastrope). Setelah diam gas itu menjadi dingin, maka gas yang berat mengendap ke bawah, dan yang ringan berada di atas. Melalui proses evolusi yang lama sekali, gas bagian luar mengeras menjadi batu, kerikil, pasir, dan sebagainya, sedangkan bagian tengah masih panas. Zat panas bercampur lava, lahar, batu, dan pasir panas. Bumi beredar karena adanya daya tarik matahari terhadap bumi berkurang.

Akibatnya bumi bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan bergeser dari matahari, sehingga putaran bumi semakin cepat dan akan mengalami nasib seperti meteor (menyala/hancur). 3. Bagaimanakah keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut Teori Fisika?

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Jawaban/Pembahasan: Menurut Teori Fisika, l etak matahari adalah 149.597.870, 7 km, jauhnya dari bumi, sinar matahari sampai ke bumi selama 8 menit 20 detik. Garis tengah matahari = 1,4 juta km dan luas permukaannya 616 × 1010 km = 622.160 km.

Menurut ahli fisika energi matahari dipancarkan ke angkasa dan sekitarnya 5,7 × 1027 kalori = 5.853,9 kalori/menit dan mampu menyala 50 milyar tahun dengan panas 15 juta derajat celcius. Kalau suatu ketika matahari tidak muncul atau cahayanya redup karena tenaga/sinarnya habis, maka tidak ada angin dan awan yang berakibat hujan tidak akan turun. Selanjutnya gunung-gunung akan meletus, ombak bergulung-gulung, air laut naik sehingga hancurlah bumi ini.

4. Jelaskan tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam Akhirat! Jawaban/Pembahasan: Setelah alam semesta hancur secara total dan kehidupan semua makhluk Allah Swt. berakhir, maka mulailah manusia menjalani tahapan kehidupan baru bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan proses menuju alam baqa’ (kekal) yaitu alam akhirat.

Tahapan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. 1. Yaumul Ba’atş Sesudah hancur dan musnahnya alam semesta termasuk manusia, terjadilah hari kebangkitan. Hari kebangkitan adalah proses dibangkitkannya seluruh makhluk dari alam kubur.

Firman Allah Swt.: “Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah Swt. semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepada mereka apa saja yang mereka telah kerjakan, dan Allah Swt. mengumpulkan semua amal perbuatan mereka padahal mereka sudah melupakannya dan Allah Swt. menyaksikan atas segala sesuatu.” (Q.S. al-Mujadalah/58:6). 2. Yaumul Hasyr Yaumul Hasyr yaitu hari berkumpulnya manusia setelah dibangkitkan dari kuburnya masing-masing. Kemudian semua manusia digiring ke tempat yang luas yaitu Padang Mahsyar (tempat berkumpul).

Firman Allah Swt.: “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.” (Q.S.

al- Kahfi/18:47). 3. Buku Catatan Setiap manusia di alam mahsyar mempunyai buku catatan (kitab perjalanan hidup) yang sudah dicatat Malaikat Raqīb dan ‘Atīd. Kitab catatan ini berisi semua perbuatan dan perkataan manusia sewaktu hidup di dunia. Firman Allah Swt.: “Dan diletakkan kitab, lalu akan kamu lihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang tertulis di dalamnya dan mereka berkata “Wahai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak melupakan yang kecil dan tidak pula yang besar, melainkan ia mencatat semuanya.

Mereka memperoleh di hadapan mereka apa-apa yang telah mereka kerjakan.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Dan Tuhanmu tidak akan menganiaya seseorang pun.” (Q.S. al-Kahfi/18:49). 4. Yaumul Hisãb dan Miz ãn Yaumul Hisab adalah hari ketika Allah Swt. memperlihatkan semua amalan di akhirat untuk dihisab.

Segala dosa besar dan kecil dihitung dengan seksama dan teliti. Ketika amalan mereka dihitung, anggota tubuh mereka ikut menjadi saksi. Firman Allah Swt.: “Pada hari itu lidah, tangan, dan kaki masing-masing menjadi saksi atas perbuatan yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. an-Nur/24:24). Tahapan selanjutnya adalah Mizan. Mizan adalah timbangan yang adil berisi kebajikan dan kejahatan yang telah diperbuat setiap manusia. Setiap orang ditimbang amalnya dengan seadil-adilnya. Firman Allah Swt.: “Dan Kami letakkan timbangan yang tepat (adil) pada hari kiamat dan tidak seorang pun dirugikan walau sedikit.

Dan jika amalan itu hanya seberat zarrah pasti kami berikan (pahalanya). Dan cukuplah kami saja yang memperhitungkannya.” (Q.S.

al-Anbiya’/21:47). 5. Ash-Sirhat Shirat adalah jembatan yang terbentang di atas neraka menuju surga. Mudah atau sulitnya melewati Shirat itu tergantung kepada amal setiap manusia. Rasulullah saw. bersabda: “Terbentanglah jembatan (Ash-Shirat) itu di antara dua tepi Neraka Jahanam.” (H.R. Muslim). 6. Yaumul Jaza' Yaumul Jaza’ yaitu suatu hari ketika semua manusia akan menerima balasan Allah Swt.

(Jaza’). Balasan yang diterima seseorang sesuai dengan amalnya selama ia hidup di dunia. Firman Allah Swt.: “Pada hari itu, tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang telah diusahakannya. Tidak seorang pun dirugikan pada hari tersebut. Sesungguhnya Allah Swt. sangat cepat perhitungan-Nya.” (Q.S al-Mukmin/40:17).

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

7. Balasan Perbuatan Baik dengan Surga Setelah seluruh manusia dihisab dan melalui timbangan, mereka diberikan balasan yang sesuai dengan amal perbuatannya. Pada saat itu terbagilah manusia menjadi dua golongan. Adapun bagi mukmin yang bertakwa kepada Allah Swt. pasti akan menerima balasan yang setara, yaitu berupa surga. Surga disediakan Allah Swt. sebagai karunia kepada hamba-Nya (Perhatikan! Q.S. al-Hāqqah/69:21-24), (Q.S. al-Wāqi’ah/56:8-40).

8. Balasan Perbuatan Buruk dengan Neraka Adapun orang yang selama hidup di dunia lebih banyak mengerjakan perbuatan jahat, maksiat, tercela, dan kafir terhadap Allah Swt. kufur kepada ajaran dan nikmat Allah Swt., maka akan menerima balasan yang sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya pula. Sebagian kegetiran dan kerasnya siksaan neraka, digambarkan melalui firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Gāsyiyah/88:4-7: “Memasuki api yang sangat panas (neraka), diberi minuman dengan air dari sumber yang sangat panas.

Mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” 5. Jelaskan pengertian surga menurut bahasa dan istilah, serta sebutkan 5 (lima) macam kenikmatan dalam surga! Jawaban/Pembahasan: Surga atau sorga berasal dari bahasa Sanskrit (Sanskerta) yaitu svarga (dibaca: swarga) Svarga berasal dari dua suku kata, svar yang artinya cahaya dan ga yang artinya perjalanan.

Berarti, surga pada mulanya mempunyai makna perjalanan menuju cahaya atau menjadi satu dengan cahaya Surga merupakan alam yang penuh kenikmatan tempatnya para sukma orang-orang yang hidupnya penuh dengan kebajikan Dalam Al-Quran Surga disebut jannah. Jannah berarti kebun yang di dalamnya terdapat banyak pohon dan kurma. Sebagian ulama bahasa mengatakan, “Tidaklah disebut jannah/surga dalam bahasa arab kecuali di dalamnya terdapat pohon kurma dan anggur.” Sebagian yang lain mengatakan, disebut surga/jannah karena lebatnya pohon yang ada di dalamnya dan ranting / dahannya memberikan naungan bagi yang berada di bawahnya.

Atau dengan ungkapan lain, secara istilah, surga ialah nama yang umum mencakup suatu tempat (yang telah dipersiapkan oleh Allah bagi mereka yang menaati-Nya), di dalamnya terdapat segala macam kenikmatan, kelezatan, kesenangan, kebahagiaan, dan kesejukan pandangan mata.

5 macam kenikmatan surga: - Kenikmatan hidup yang kekal/abadi - Umur selalu muda terus, tidak mengenal istilah tua (menua) - Tempat tinggal berupa kemah-kemah dari mutiara - Minum dengan piala-piala yang bercampur kafur - Air minum dari sungai madu, susu, khamar yang tidak berubah rasanya - Makannya berupa buah-buahan dan daging burung yang lezat - dll 6.

Salinlah dan terjemahkan beberapa ayat al-Qur’an yang menggambarkan siksa neraka! Jawaban: Sebagian kegetiran dan kerasnya siksaan neraka, digambarkan melalui firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Gāsyiyah/88:4-7: تَصْلَىٰ نَارًا حَامِيَةً - تُسْقَىٰ مِنْ عَيْنٍ آنِيَةٍ - لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلَّا مِنْ ضَرِيعٍ - لَا يُسْمِنُ وَلَا يُغْنِي مِنْ جُوعٍ Artinya: “Memasuki api yang sangat panas (neraka), diberi minuman dengan air dari sumber yang sangat panas.

Mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” 7. Jelaskan fungsi dan hikmah iman kepada Hari Akhir! Jawaban/Pembahasan: Fungsi dan Hikmah beriman kepada hari akhir: 1. Muncul rasa kebencian yang dalam kepadaa kemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka Allah Swt.

di dunia dan di akhirat. 2. Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmin dengan segala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini. 3. Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap Allah Swt. dengan mengharapkan mau’nah-Nya pada hari itu. 4. Senantiasa termotivasi untuk beramal baik dengan ikhlas. 5. Senantiasa menghindari niat-niat yang buruk apalagi melaksanakannya; 6.

Menjauhkan diri dari asumsi-asumsi yang mengkiaskan apa yang ada di dunia ini dengan apa yang ada di akhirat. 8. Jelaskan pengertian neraka berikut ciri-cirinya! Jawaban: Kata neraka dalam Al-Quran disebut naar, yang berarti api yang menyala. Secara istilah, neraka berarti tempat balasan berupa siksaan bagi orang yang berbuat dosa dan kesalahan. Neraka adalah tempat penyiksaan dimana bentuk hukumannya yang paling sangat menyiksa digambarkan sebagai api.

Dengan ungkapan lain: An-Naar atau neraka secara bahasa ialah kobaran api (al-lahab) yang panas dan bersifat membakar. Secara istilah bermakna, suatu tempat yang telah disiapkan Allah subhanahu wa ta’ala bagi orang-orang yang mendurhakai-Nya.

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya Allah mela’nati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka)” (QS. Al Ahzab : 64). Ciri-ciri neraka: - Bahan bakar neraka adalah manusia dan batu - Panasnya api neraka 70 kali panasnya api yang dinyalakan di dunia - Makanan penghuni neraka adalah pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar - Minuman penghuni neraka adalah nanah yang amat busuk baunya dan air mendidih yang bisa memotong usus - Dalamnya bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan neraka adalah sejauh 70 tahun batu jatuh sampai ke dasar 9.

Jelaskan bukti-bukti kebenaran adanya Hari Akhir beserta alasanmu! Jawaban: Hari Kiamat Menurut Ilmu Pengetahuan a. Menurut Geologi Bumi terjadi dari gas yang berputar (chaos catastrope).

Setelah diam gas itu menjadi dingin, maka gas yang berat mengendap ke bawah, dan yang ringan berada di atas. Melalui proses evolusi yang lama sekali, gas bagian luar mengeras menjadi batu, kerikil, pasir, dan sebagainya, sedangkan bagian tengah masih panas.

Zat panas bercampur lava, lahar, batu, dan pasir panas. Bumi beredar karena adanya daya tarik matahari terhadap bumi berkurang. Akibatnya bumi akan bergeser dari matahari, sehingga putaran bumi semakin cepat dan akan mengalami nasib seperti meteor (menyala/hancur). b. Menurut Teori Fisika Letak matahari adalah 149.597.870, 7 km, jauhnya dari bumi, sinar matahari sampai ke bumi selama 8 menit 20 detik. Garis tengah matahari = 1,4 juta km dan luas permukaannya 616 × 1010 km = 622.160 km.

Menurut ahli fisika energi matahari dipancarkan ke angkasa dan sekitarnya 5,7 × 1027 kalori = 5.853,9 kalori/menit dan mampu menyala 50 milyar tahun dengan panas 15 juta derajat celcius. Kalau bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan ketika matahari tidak muncul atau cahayanya redup karena tenaga/sinarnya habis, maka tidak ada angin dan awan yang berakibat hujan tidak akan turun.

Selanjutnya gunung-gunung akan meletus, ombak bergulung-gulung, air laut naik sehingga hancurlah bumi ini. Bukti Indrawi Terjadinya Hari Akhir Imam Ath Thabari dan Ibnu Katsir berpendapat bahwa telah diperlihatkan peristiwa-peristiwa yang menakjubkan di dunia sebagaimana berikut ini. a. Peristiwa pembunuhan yang dipermasalahkan oleh Bani Israel, akan dihidupkan kembali oleh Allah Swt.

hanya dengan perantaraan daging sapi yang dipukulkan ke tubuh orang yang terbunuh (Q.S. al-Baqarah/2:72-73). b.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Peristiwa Nabi Ibrahim dan burung-burung yang dicincangnya kemudian diletakkan di tiap-tiap bagian di atas bukit lalu Allah Swt. berfirman: “Panggillah! niscaya mereka datang kepadamu dengan segera” (Q.S. al-Baqarah/2:260). Kedua informasi di atas telah dijelaskan di dalam al-Qur’an, tetapi bukan merupakan berita langsung bahwa Hari Akhir akan datang, melainkan informasi historis (sejarah) tentang peristiwa yang pernah terjadi dan menjadi bukti secara indrawi bahwa kiamat pasti datang.

10. Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada Hari Akhir? Jelaskan! Jawaban: Keyakinan akan adanya hari akhir dapat mengantarkan manusia untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif dalam kehidupannya.

Khususnya banyak melakukan amal kebaikan sesuai dengan nilai-nilai al-Qur’an. Dengan meyakini bahwa hari akhir pasti akan datang, maka kita kan berusaha untuk terus berperilaku mulia sebagai bentuk ibadah kepada Allah, guna bekal kelak di kehidupan akhirat.

11. Sebutkan p eristiwa-peristiwa yang harus diimani yang akan terjadi sesudah mati ! Jawaban: Peristiwa-peristiwa yang harus diimani yang akan terjadi sesudah mati antara lain sebagai berikut. 1) Fitnah kubur, yaitu beragam pertanyaan yang diajukan kepada orang yang meninggal tentang Tuhannya, agamanya, nabinya, imannya, dan kiblatnya. 2) Siksa dan nikmat kubur: siksa kubur diperuntukkan bagi orang yang zalim, munafik, kafir, dan musyrik (Q.S.

al-An’ām/6:93, Q.S. al- Mu’min/40:46, Q.S. Fushshilat/41:30, Q.S. al-Ahqāf/46:83-89). “Nikmat kubur diperuntukkan bagi orang yang baik amal ibadahnya di dunia” (Q.S.

Ali ’Imran/3:169-170 dan Q.S. al-Baqarah/2:154). 12. Sebutkan dan jelaskan seperti apa perilaku yang menggambarkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir! Jawaban: Perilaku yang mencerminkan atau menggambarkan beriman kepada hari akhir: 1.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Menyadari bahwa semua perbuatan selama di dunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah Swt. Untuk itu, segala sikap dan perilaku kita harus selaras dengan tuntunan agama. 2. Menyadari bahwa manusia itu sangat kecil di hadapan kebesaran Allah Swt., sehingga diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya; 3. Selalu berusaha melakukan amal saleh dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma agama; 4.

Membiasakan diri dengan akhlakul karimah, seperti mawas diri, rendah hati, peduli kepada sesama, dan lain-lain. 5. Selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah Swt. baik dengan melakukan ibadah (seperti salat) maupun dengan ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yang bermanfaat bagi sesama.

6. Termotivasi untuk selalu bekerja keras dan menjauhi kemalasan. Baca juga: Latihan Soal Online PAIBP Kelas XII Bab Iman Kepada Hari Akhir Materi PAIBP/Aqidah Akhlaq Kelas XII Bab Iman Kepada Hari Akhir Kunci Jawaban Soal Materi Iman Kepada Qadha dan Qadar (PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA) I • A.

Barzakh • B. Mahsyar • A. Menuruti semua keinginan teman • D. Selalu nerusaha ikhlas dalam melakukan pekerjaan • C. Menghabiskan waktunutuk berzikir di dalam masjid II • Beriman kepada hari Akhir telah menumbuhkan rasa tanggung jawan terhadap Perbuatan selama di dunia • Beriman kepada hari akhir telah mendidik diri kita untuk menjahui sifat-sifat Tercela/buruk/dilarang Allah • Beriman kepada Hari Akhir membuat diri saya lenih menjahui perbuatan-perbuatan Tercela/buruk • Beriman kepada hari Akhir telah mendorong diri saya giat melaksanakan Perbuatan Baik/Terpuji • Beriman kepada Hari Akhir telah menumbuhkan perilaku terpuji • Beriman kepada hari akhir telah menyadarakan diri saya bahwa hidupdi dunia adalah Hidup sementara • Tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alan Baqa' adalah Yaumul Ba'ats, Yaumul Hasyr, Buku catatan, Yaumul hisab dan Mizan, As-Sirat, Yaumul Jaza', Surga atau Neraka.

• Mengimani adanya kehidupan sesudah mati adalah kenyataan alam yang dapat disaksikan secara mudah dalam kehidupan sehari-hari di permukaan bumi ini antara lain berupa Rumput yang tumbuh III • Sebutkan beberapa perbedaan Kiamat Sugra dengan Kiamat Kubra Jawab : Kiamat Sugra adsalsh kematian bagi semua makhluk termasuk manusia yang bersifat individu, kiamat sugra datanganya berbeda beda setiap makhluk tidak bersamaan.

Sedangkan kiamat Kubra adalah peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk dan hancurnya alalm semesta secara total, kiamat kubra datangnya bersamaan. • Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam? Jawab : Bumi beredar saat ada daya tarik dari matahari terhadap bumi, jika daya terik matahri terhadap bumi berkurang maka bumi akan bergeser dari matahri yang mengakibatkan putaran byumi semakin cepatdan akan hancur. • Bagaimanakah keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut teori Fisika?

Jawab : saat matahari tidak muncul atau sinarnya telah habis maka tidak akan ada angin dan awan yang mengakibatnkan tidak adanya hujan. Kemudian gunung-gunung akan meletusm ombak bergulung-gulung, air laut naik dan hancurlah bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan sebagai tanda terjadinya kiamat.

Jawab : Yaumul Ba'ats ( Proses bangkitnya seluruh makhluk dalm kubur), Yaumul Hasyr ( hari berkumpulnya manusia di padang Mahsyar setelah dibangkitnkan dari alam kubur), buku catatan ( pemberian buku catatan dialam Mahsyar yang berisi perbuatan didunia), Yaumul Hizan dan Mizan ( hari perhitungan dan hari penimbantan amal perbuatan), As-Sirat ( jembatan yang terbentang di atas neraka menuju surga), Yaumul Jaza' ( hari pembalasan). Jawab : Menurut bahasa: dari bhs.

sansekerta yaitu suarga yang berarti "perjalanan ke dunia cahaya. dri bhs. Arab bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan jannah yang berarti "kebun/taman" Menurut Istilah: surga adalah tempat yang kekal di akhirat dan diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh 5 macam kenikmatan dalam surga: 1. Dapat merasakan nikmatnya sungai madu, susu, arak. 2. Mendapatkan isteri yang belia dan berumur sebaya 3. Hidup kekal dengan nikmat lahir dan batin 4.

Diberi umur muda 5. Memandang wajah Allah yang mulia artinya : “Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar,mereka saling bertengkar mengenai Rabb mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. (QS. 22:19) Dengan air itu dihancur-luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka).

(QS. 22:20) Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi. (QS. 22:21) Setiap kali mereka hendak ke luar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan): ‘Rasakanlah adzab yang membakar ini.’ (QS. 22:22)” (al-Hajj: 19-22) Jawab : Neraka menurut al-quran artinya api yang menyala, tempat yang penuh siksaan. ciri-cirinya adakah bahwa neraka merupakan tempat yang penuh dengan kegetiran dan kerasnya siksaan sebagaimana digambarkan Allah SWT yang artinya memasuki api yang sangat panas (neraka), diberi minuman dengan air dari sumber yang sangat panas.

mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduru yang tidak menggemukan dan tidak pula menhilangkan rasa lapar ( Q.S Al-Qhasyiyah 88:4-7) Jawab : adanya bukti inderawi sebagaiman yang diungkapkan oleh imam Ath Thobari dan Ibnu Katsir bahwa telah diperlihatkan peristiwa-peristiwa yang menakjunkan didunia ini diantaranya seperti : a.

peristiwa pembunuhan yang dipermasalahkan olej Bani Israel, dihidupkan kembali oleh Allah Swt hanya dengan perantara daging sapi yang dipukulkan ke tubuh orang yang terbunuh. 10. Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada Hari Akhir?Jelaskan!

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Jawab : a. Menyadari bahwa semua pernuatan selama didunia akan dipertanggungjawabakan di hadapan Allah Swt. untuk itu segala sikap dan perilaku kita harus selaras dengan tuntunan agama. b. selalu berusaha melakukan amal salih dan menghindari semua pernuatan yang bertentangan dengan norma agama.

c. Selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah
menerapkan perilaku Mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir 1) selalu berbuat baik dan tidak berani berbuat jahat, karena selalu ingat bahwa pada hari ahir semua amalan akan mendapatkan imbalan, sebagaimana firman Allah surat al-zalzalah ayat 7-8 فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَه artinya : Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ artinya : Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. 2) memelihara diri dari perbuatan dosa, selektif dalam bertindak 3) selalu mempersiapkan bekal untuk hidup dihari ahir, Iman kepada hari akhir akan membuat kita memahami akan arti dan tujuan hidup di dunia. Dengan memahami hal tersebut, kita tidak akan pernah kehilangan arah dan dapat memelihara sikap hidup yang positif serta optimis.

tentang iman pada hari akhir: brainly.co.id/tugas/684331 ================================================================ kelas : 12 mapel : PAI kategori : iman kepada hari akhir kata kunci : prilaku yang mencerminkan iman pada hari ahir kode : 12.pai.03 Manusia dari sisi perwujudannya sebagai makhluk sosial, bertempat tinggal dan berinteraksi dengan sesamanya dalam waktu yang lama dalam suatu masyarak … at.

a. Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ? b. Jelaskan asal-usul masyarakat menurut fitrah manusia dalam QS. Al-Hujuraat: 13 dan QS.

AzZukhruf: 32 c. Jelaskan kriteria masyarakat beradab dan sejahtera dari sudut pandang masyarakat madani! d. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip umum masyarakat beradab dan sejahtera! Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar! 1) Jelaskan peranan para Ulama terhadap bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan dalam bidang politik dan pendidikan!

2) Jel … askan jalur masuknya ide-ide pembaruan di Indonesia! 3) Jelaskan corak gerakan pembaruan di Indonesia! 4) Jelaskan konsep pembaruan yang digagas oleh KH. Ahmad Dahlan! 5) Jelaskan konsep pembaruan Nahdlatul Ulama dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan!​ Tolong dibantu yaa قَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَ … ثِيْرًاۗ laqad kāna lakum fī rasụlillāhi uswatun ḥasanatul limang kāna yarjullāha wal-yaumal-ākhira wa żakarallāha kaṡīrā Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.

(Q.S Al Ahzab ayat 21) Pertanyaan : Bagaimana pendapatmu tentang ayat tersebut? 44. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut. (1) Dilakukan pada malam hari di bulan Ramadan. (2) Harus dilakukan secara berjama’ah. (3) Dilakukan se … telah waktu salat isya.

(4) Jumlah rakaatnya selalu genap. (5) Diikuti dengan salat witir. Tentukan pernyataan yang tepat tentang tata cara pelaksanaan salat tarawih berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut.
• Perang Media di Akhir Zaman I Ust Mas'ud Izzul Mujahid, Lc [ FENOMENA PERANG MEDIA ]. . Sudah jelaskan kita saat ini ada di akhir zaman. Dimana keadaan itu makin kesini bukan semakin baik justru makin kacau. Watch Now • 5 Hal Ini Membuat Manusia TIDAK AKAN Masuk Surga Ada gak sih orang-orang yang dijanjikan tidak akan masuk surga?

Siapa saja mereka? Jawab: Ada beberapa hadits Rasulullah SAW yang bisa kita jadikan . Watch Now • Keutamaan Orang orang Sabar Menghadapi Cobaan Keutamaan Orang-orang Sabar Menghadapi Cobaan Butuh perjuangan berat untuk melakukannya.Sabar adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh umat . Watch Now • Imam bilang Matahari terbenam dalam air itu Ilmu Christian Prince Sunset in water is scientific Watch Now • Kajian Islam: Islamophobia - Dr.

Bilal Philips Dr. Bilal Philips, adalah Dai dari Kanada, dan merupakan penggagas dari Islamic Online University. Simak penjelasan dari beliau mengenai ketakutan orang . Watch Now • Explanation Revelation 13 Lihat Setting (Setelan) untuk Subtitle Bahasa Indonesia. Follow also our Playlist on Youtube: . Watch Now • bending truth - how adults get indoctrinated [cc] A reflection on the importance of acknowledging that we can all be manipulated. You can support the channel at: https://www.patreon.com/TheraminTrees .

Watch Now • Jawab soalan ditanya mengenai Islam Christian Prince Answers Frequently Asked Questions about Islam! Watch Now • Islamophobia by Dr. Bilal Philips (English only version) Islamophobia menjadi tantangan untuk saudara muslim kita terutama di wilayah Eropa dan Amerika. Bagaimana bentuk Islamophobia dan cara untuk . Watch Now • TRUMP and Jerusalem in PROPHECY (Is Donald Trump Fulfilling Prophecy?) The Underground#82 The Underground with Joel Richardson #82 What are the prophetic implications of President Donald Trump\'s decision to acknowledge that Jerusalem is the .

Watch Now • Bayar Zakat pada Muhammad untuk berdoa ? Korupsi ? Christian Prince The best god you can buy QS 9:103 Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Watch Now • Sanihu Munir yang pandai bahasa Inggeris apa erti perkataan Allah ? Christian Prince What the word Watch Now • Tell the World (history of the SDA Church) Movie w/ Bahasa Indonesian subtitles Film yang disampaikan dengan rincian yang sungguh indah ini menceritakan awal mula pergerakan yang menjadi cikal bakal Gereja Masehi Advent Hari .

Watch Now • Meditasi Vipassana 02 - S.N.Goenka Watch Now • Christian Prince kami mengutuk serangan pengecut New Zealand Watch Now • ▼ 2019 (70) • ▼ September (70) • Apa Yang Dimaksud Dengan Investasi Sdm? Bagaimana . • 1. Apa Yang Dimaksud Dengan Investasi Sdm? Bagaima. • 1. Apa Yang Dimaksud Dengan Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan Sdm@tny@ Bag.

• Bagaimana Virus Menginfeksi Secara Lisogenik Pada . • Bagaimana User Melakukan Pengaksesan Dalam Mysql • Bagaimana Usaha Benito Mussolini Dalam Mengembangk. • Bagaimana Upaya Guru Melaksanakan Literasi Dalam P. • Bagaimana Upaya Agar Keberagaman Di Indonesia Tida. • Bagaimana Terjadinya Pengangkutan Air Dan Mineral . • Bagaimana Tahap Tahap Kehidupan Manusia Pada Masa . • Bagaimana Sebaiknya Beretika Dalam Pelaksanaan Yoga • Bagaimana Prospek Industri Kreatif Tersebut Bagi P.

• Proses Pencernaan pada Paramecium Sp. Praktikum . • Bagaimana Proses Lahirnya Agama Budha • Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Vedda Ke Indonesia • Bagaimana Proses Katabolisme Lemak Dalam Tubuh • Bagaimana Proses Bekerjanya Saccharomyces Dalam Pe.

• Bagaimana Perwujudan Akhlak Terhadap Alam? • Bagaimana Perwujudan Akhlak Terhadap Alam • Bagaimana Perkembangan Peta Sebelum Ada Kartografi • Bagaimana Peran Yang Dapat Dilakukan Oleh Umat Ber. • Bagaimana Peran Yang Dapat Dilakukan Oleh Umat Ber. • Bagaimana Peran Volksraad Dalam Pergerakan Nasional • Bagaimana Peran Teknologi Komunikasi Dalam Interak.

• Bagaimana Peran Pedagang Dalam Proses Penyebaran A. • Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan Peran Lembaga Pendidikan Dalam Melestari. • Bagaimana Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara.

• Bagaimana Peneliti Mengukur Csr • Bagaimana Pendirian Dan Layanan Perusahaan Dana Pe. • Jawaban Esai Evaluasi Bab 9 PAI Kelas 12 Halaman 2. • Bagaimana Pembentukan Bayangan Pada Kaca Spion • Bagaimana Pelaksanaan Politik Liberal Di Indonesia • Bagaimana Pancasila Dalam Arus Sejarah Bangsa Indo.

• Bagaimana Pakaian Yang Sesuai Dengan Tata Krama Islam • Bagaimana Otonomi Daerah Dijalankan • Bagaimana Negara Mengawasi Ribuan Pulau Yang Ada D. • Bagaimana Menerapkan Perilaku Mulia Sebagai Bukti . • Bagaimana Kondisi Indonesia Pada Periode Pleistosen • Bagaimana Keterlibatan Bangsa Indonesia Dalam Mewu. • Bagaimana Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa.

• Bagaimana Kedudukan Partai Politik Pada Masa Demok. • Bagaimana Jika Terjadi Kesalahan Dalam Penerjemaha. • Bagaimana Jika Seorang Wirausaha Tidak Mempunyai K.

• Bagaimana Jika Petani Tidak Melaksanakan Panca Usa. • Bagaimana Jika Data Tidak Berdistribusi Normal • Bagaimana Islam Membangun Persatuan Dalam Keberagaman • Bagaimana Impuls Dari Suatu Neuron Berpindah Ke Ne.

• Bagaimana Fertilisasi Yang Terjadi Pada Hewan Vert. • Bagaimana Dampak Perdagangan Internasional Positif. • Bagaimana Cara Perkembangbiakan Secara Kawin Pada . • Bagaimana Cara Pengangkutan Co2 Dalam Jaringan Tubuh • Bagaimana Cara Menguji Jaringan Dengan Menggunakan. • Bagaimana Cara Mengatasi Kerusakan Di Daerah Konve. • Bagaimana Cara Mengapresiasi Suatu Karya Seni • Bagaimana Cara Menerapkan Mujahadah An Nafs Dalam .

• Bagaimana Cara Menekan Sering Terjadinya Penyimpan. • Bagaimana Cara Menekan Sering Terjadinya Penyimpan. • Bagaimana Cara Mencetak Dokumen Hanya Halaman Gena. • Bagaimana Cara Menanggulangi Abrasi • Bagaimana Cara Memberi Nama Ordo Dan Famili Pada T.

• Bagaimana Cara Mematikan Dan Menghidupkan Service . • Bagaimana Cara Melakukan Kelitan Yang Baik • Bagaimana Cara Kita Beriman Kepada Kitab Kitab All.

• Bagaimana Cara Kerja Sensor Elektronik Dalam Pengi. • Bagaimana Cara Berpakaian Penduduk Di Daerah Pegun. • Bagaimana Bencana Alam Memengaruhi Jaring Jaring M. • Jelaskan Bagaimana Pengaruh Birokrasi Terhadap Sua. • Jelaskan Bagaimana Organisasi Menyesuaikan Dalam E. • Arus Dan Tegangan Bagaimana Yang Digunakan Pada Pe.Kumpulan lengkap kunci jawaban evaluasi PAI kelas 12 halaman 17, 18, 19 Pendidikan Agama Islam bab 1 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Dengan adanya alternatif jawaban ini, semoga teman-teman yang saat ini kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah dapat terbantu, sehingga tugas sekolah dapat diselesaikan. Kami menyadari akan pentingnya kunci jawaban seperti ini bagi sebagian siswa. Karena kita semua tahu bahwa tidak semua siswa bisa menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Pasti ada sebagian siswa yang kesulitan dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 (XII) Halaman 17, 18, 19 Meskipun sebelumnya siswa tersebut sudah mencoba mencari jawaban di buku pelajaran atau mencoba memahami materinya, namun belum juga dapat menjawab soal-soalnya. Atau memang terkadang ada soal-soal yang jawabannya harus dicari diluar buku pelajaran atau dijawab dengan pendapat sendiri. Daftar Isi • Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 17-19 • Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 17 Pilihan Ganda • Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 18, 19 Isian & Essay • Download Soal PAI Kelas 12 Halaman 17-19 Maka bagi siswa yang kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut, akan mencari alternatif jawaban di internet atau buku pelajaran lainnya.

Maka tidak heran jika sekarang ini alternatif jawaban banyak dicari oleh para siswa, untuk dimanfaatkan sebagai jawaban mengerjakan tugas-tugas sekolah. Melihat hal itu, kamipun tergerak untuk turut serta dalam menyediakan kunci jawaban yang diperlukan oleh para siswa.

Dan pada kesempatan ini kami menyediakan kunci jawaban soal evaluasi PAI kelas 12 halaman 17, 18, 19. Kami berharap jawaban ini bisa digunakan dengan baik oleh para siswa untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 37 38 39 40 Dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dan menjawab soal-soalnya, tentu jawaban akan menjadi penentu dalam mendapatkan nilai nantinya.

Maka dari itu, kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencari jawaban terbaik, untuk kemudian kami bagikan kepada teman-teman semua. Dengan harapan, jawaban yang kami sediakan ini tak hanya membantu dalam mengerjakan dan menyelesaiakan tugas-tugas sekolah teman-teman. Namun nilai yang teman-teman dapatkan nantinya semoga bisa bagus dan maksimal.

Karena nilai yang bagus sangat dibutuhkan oleh teman-teman. Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 17-19 Meskipun alternatif jawaban ini akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, namun kami tetap mengingatkan dan menyarankan kepada teman-teman semua, sebelum menggunakan jawaban ini, pastikan teman-teman sebelumnya sudah berusaha mencari jawabannya sendiri. Kalaupun ternyata sebelumnya teman-teman sudah berusaha, dan belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan teman-teman manfaatkan jawaban ini dengan bijak untuk menjawab soal-soal yang teman-teman anggao sulit sehingga tugas-tugas sekolah dapat diselesaikan.

Kami juga ingin menyampaikan, bahwa kami disini hanya berusaha menyediakan jawaban terbaik, namun tentunya kami tidak bisa menjamin jawaban-jawaban ini semuanya pasti benar dan tepat.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Oleh karena itu kami sering menyampaikan kepada teman-teman untuk selalu teliti dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Sebelum teman-teman menyalin jawaban yang kami sediakan ini, pastikan teman-teman telah mengecek jawabannya, jika dirasa sudha sesuai dengan pertanyaan, barulah teman-teman salin ke buku tugas. Dengan begitu teman-teman akan lebih maksimal dalam mengerjakan tugas sekolah.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Nah berikut ini silahkan teman-teman lihat lihat dan gunakan kunci jawaban soal PAI kelas 12 halaman 17-19 ini untuk menjawab soal-soal pada tugas sekolah. Gunakan dengan bijak jawaban tersebut. Semoga nilai yang teman-teman peroleh bisa maksimal.

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 17 Pilihan Ganda Evaluasi I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e untuk jawaban yang paling tepat! 1. Setelah manusia meninggal dunia, mereka berada di alam pembatas antara dunia dan akhirat yang disebut alam. a. Barzakh b. Mahsyar c. Ba’as d. Hisab e. Jaza` Jawab : A 2. Setelah semua manusia dibangkitkan dari alam kubur, mereka dikumpulkan di padang yang maha luas yang disebut padang. a.

Barzakh b. Mahsyar c. Ba’as d. Hisab e. Jaza` Jawab : B 3. Pengadilan Allah Swt. di alam akhirat sangat adil dan teliti, tidak seorang pun yang dirugikan, manusia berhak masuk surga karena ketakwaannya. Sebaliknya, mereka akan masuk neraka karena kedurhakaanya. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir adalah. a. menuruti semua keinginan teman b. senantiasa bertakwa kepada Allah Swt. c. memberikan dorongan untuk selalu bersikap optimis d.

sangat hati-hati saat ada keinginan untuk berbuat keburukan e. disiplin dalam melaksanakan ibadah salat lima waktu (maktubah) Jawab : A 4. Tanda-tanda seseorang mengimani Hari Akhir, di antaranya adalah. a. takut menghadapi kematian b. tidak mau menerima jabatan duniawi c. mengabaikan urusan dunia yang bersifat fana d. selalu berusaha ikhlas dalam melakukan pekerjaan e. selalu mengingat tanda-tanda datangnya Hari Akhir dengan baik Jawab : E 5. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir adalah.

a.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

selalu bertakwa kepada Allah Swt. b. disiplin dalam melakukan salat lima waktu c. menghabiskan waktunya untuk berzikir di dalam masjid d. mencintai fakir-miskin yang diwujudkan dengan sedekah e.

menyantuni, memelihara, mengasuh, dan mendidik anak yatim Jawab : C Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 18-19 Isian & Essay II. Isilah titk-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar a.

Beriman kepada Hari Akhir telah menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap. Tugas dan Kewajiban kita sebagai manusia terhadap Allah SWT. b. Beriman kepada Hari Akhir telah mendidik diri kita untuk menjauhi sifatsifat. Sifat-sifat Tercela seperti sombong, iri hati, dengki, egois, takabur, dsb c.

Beriman kepada Hari Akhir membuat diri saya lebih menjauhi perbuatanperbuatan. Perbuatan Tercela seperti berbohong, maksiat, dsb d. Beriman kepada Hari Akhir telah mendorong diri saya giat melaksanakan. Melaksanakan Ibadah kepada Allah SWT. e. Beriman kepada Hari Akhir telah menumbuhkan perilaku. Perilaku Terpuji/ Akhlakul Karimah. f. Beriman kepada Hari Akhir telah menyadarkan diri saya bahwa hidup di dunia adalah. Hanya Sementara dan akan ditinggalkan. g. Tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam Baqa’ adalah.

Yaumul Ba’ats, Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan Hasyr, Buku Catatan, Yaumul Hisab, Mizan, Shirat, Yaumul Jaza’, balasan amal baik surga dan balasan amal buruk neraka. h. Mengimani adanya kehidupan sesudah mati adalah kenyataan alam yang dapat disaksikan secara mudah dalam kehidupan sehari-hari di permukaan bumi ini, antara lain berupa.

Peristiwa kita tidur dan bangun lagi, peristiwa kita pingsan dan bangun lagi. III. Kerjakan soal-soal berikut dengan benar dan tepat! 1. Sebutkan beberapa perbedaan Kiamat Sugra dengan Kiamat Kubra! Kiamat Sugra adalah kematian bagi semua makhluk termasuk manusia yang bersifat individu, kiamat sugra datanganya berbeda beda setiap makhluk tidak bersamaan.

Sedangkan Kiamat Kubra adalah peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk dan hancurnya alalm semesta secara total, kiamat kubra datangnya bersamaan. 2. Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam? Bumi beredar saat ada daya tarik dari matahari terhadap bumi, jika daya terik matahri terhadap bumi berkurang maka bumi akan bergeser dari matahri yang mengakibatkan putaran byumi semakin cepatdan akan hancur.

3. Bagaimanakah keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut Teori Fisika? Saat matahari tidak muncul atau sinarnya telah habis maka tidak akan ada angin dan awan yang mengakibatnkan bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan adanya hujan. Kemudian gunung-gunung akan meletusm ombak bergulung-gulung, air laut naik dan hancurlah bumi sebagai tanda terjadinya kiamat.

4. Jelaskan tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam Akhirat! Yaumul Ba'ats (Proses bangkitnya seluruh makhluk dalm kubur), Yaumul Hasyr (Hari berkumpulnya manusia di padang Mahsyar setelah dibangkitnkan dari alam kubur), buku catatan (Pemberian buku catatan dialam Mahsyar yang berisi perbuatan didunia), Yaumul Hizan dan Mizan (Hari perhitungan dan hari penimbantan amal perbuatan), As-Sirat (Jembatan yang terbentang di atas neraka menuju surga), Yaumul Jaza' (Hari pembalasan).

5. Jelaskan pengertian surga menurut bahasa dan istilah, serta sebutkan 5 (lima) macam kenikmatan dalam surga! Menurut bahasa : Dari bahasa sansekerta yaitu suarga yang berarti "perjalanan ke dunia cahaya. dri bhs. Arab yaitu jannah yang berarti "kebun/taman" Menurut Istilah : Surga adalah tempat yang kekal di akhirat dan diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh 5 macam kenikmatan dalam surga: • Dapat merasakan nikmatnya sungai madu, susu, arak.

• Mendapatkan isteri yang belia dan berumur sebaya • Hidup kekal dengan nikmat lahir dan batin • Diberi umur muda • Memandang wajah Allah yang mulia 6. Salinlah dan terjemahkan beberapa ayat al-Qur’an yang menggambarkan siksa neraka! Ayat Al Qur'an yang menggambarkan siksa neraka adalah : 1) Surat Al-Anfaal ayat 50 ÙˆَÙ„َÙˆْ تَرَÙ‰ٰٓ Ø¥ِØ°ْ ÙŠَتَÙˆَفَّÙ‰ ٱلَّØ°ِينَ Ùƒَفَرُوا۟ ۙ ٱلْÙ…َÙ„َٰٓئِÙƒَØ©ُ ÙŠَضْرِبُونَ ÙˆُجُوهَÙ‡ُÙ…ْ ÙˆَØ£َدْبَٰرَÙ‡ُÙ…ْ ÙˆَØ°ُوقُوا۟ عَØ°َابَ ٱلْØ­َرِيق artinya : Dan sekiranya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir sambil memukul wajah dan punggung mereka (dan berkata), "Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar.

2) Surat Al-Waqiah ayat 51 - 53 (Ø«ُÙ…َّ Ø¥ِÙ†َّÙƒُÙ…ْ Ø£َÙŠُّÙ‡َا ٱلضَّآÙ„ُّونَ ٱلْÙ…ُÙƒَØ°ِّبُون (51) Ù„َØ¡َاكِÙ„ُونَ Ù…ِÙ† Ø´َجَرٍ Ù…ِّÙ† زَÙ‚ُّومٍ (52) فَÙ…َالِÙ€ُٔونَ Ù…ِÙ†ْÙ‡َا ٱلْبُØ·ُون (53 artinya : Kemudian sesungguhnya kamu, wahai orang-orang yang sesat lagi mendustakan (51) Pasti akan memakan pohon zaqqum (52) maka akan penuh perutmu dengannya (53) 3) Surat Al-Ghasiyah ayat 6 - 7 (Ù„َّÙŠْسَ Ù„َÙ‡ُÙ…ْ Ø·َعَامٌ Ø¥ِÙ„َّا Ù…ِÙ† ضَرِيعٍ (6) Ù„َّا ÙŠُسْÙ…ِÙ†ُ ÙˆَÙ„َا ÙŠُغْÙ†ِÙ‰ Ù…ِÙ† جُوعٍ (7 artinya : Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri (6) yang tidak menggemukkan dan tidak menghilangkan lapar (7) 7.

Jelaskan fungsi dan hikmah iman kepada Hari Akhir! Fungsi dan hikmah beriman kepada hari akhir antara lain: • Menambah rasa takut untuk berbuat kesalahan • Memahami bahwa kehidupan di dunia fana (tidak kekal) • Selalu berusaha mengerjakan amal kebajikan • Menumbuhkan sikap sabar • Menjadikan hidup lebih optimis.

8. Jelaskan pengertian neraka berikut ciri-cirinya! Neraka menurut Al-Quran artinya api yang menyala, tempat yang penuh siksaan. ciri-cirinya adakah bahwa neraka merupakan tempat yang penuh dengan kegetiran dan kerasnya siksaan sebagaimana digambarkan Allah SWT yang artinya memasuki api yang sangat panas (neraka), diberi minuman dengan air dari sumber yang sangat panas.

mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduru yang tidak menggemukan dan tidak pula menhilangkan rasa lapar ( Q.S Al-Qhasyiyah 88:4-7) 9. Jelaskan bukti-bukti kebenaran adanya Hari Akhir beserta alasanmu! Adanya bukti inderawi sebagaiman yang diungkapkan oleh imam Ath Thobari dan Ibnu Katsir bahwa telah diperlihatkan peristiwa-peristiwa yang menakjunkan didunia ini diantaranya seperti: • Peristiwa pembunuhan yang dipermasalahkan olej Bani Israel, dihidupkan kembali oleh Allah Swt hanya dengan perantara daging sapi yang dipukulkan ke tubuh orang yang terbunuh.

• Peristiwa Nabi Ibrahim dan burung-burung yang dicincangnya kemudian diletakkan di tiap tiap bagian di atas bukit lalu Allah berfirman "Panggilah! Niscaya mereka datang kepadamu dengan segera". 10. Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada Hari Akhir?

Jelaskan! Cara menerapkan perilaku mulia: • Menyadari bahwa semua pernuatan selama didunia akan dipertanggungjawabakan di hadapan Allah Swt.

untuk itu segala sikap dan perilaku kita harus selaras dengan tuntunan agama. • Selalu berusaha melakukan amal salih dan menghindari semua pernuatan yang bertentangan dengan norma agama. • Selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 17-19 Mempelajari soal-soal latihan yang telah dilengkapi kunci jawaban tentu sangat efektif.

Maka dari itu, kami juga sudah menyediakan soal-soal dan kunci jawaban diatas dalam bentuk file dokumen PDF, agar nantinya dapat teman-teman simpan pada ponsel atau dicetak. Berikut ini silahkan teman-teman unduh dan simpan filenya. soal-dan-kunci-jawaban.pdf 168kb Mengerjakan tugas sekolah memang menjadi rutinitas teman-teman selaku siswa.

Meskipun tidak setiap hari, namun tugas sekolah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar. Pada akhir pembelajaran, biasanya guru akan memberikan tugas, baik tugas bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan dikerjakan langsung di sekolah atau menjadi tugas rumah.

Namun kita tahu, dalam situasi belajar seperti sekarang ini, dimana sekolah-sekolah harus menerapkan kegiatan belajarnya secara daring, maka tugas-tugaspun banyak diberikan guru kepada siswanya untuk dikerjakan di rumah.

Maka pastinya guru akan memberikan tugas individu untuk dikerjakan di rumah. Tujuan utama bagi siswa dalam mengerjakan tugas sekolah tentunya untuk melaksanakan perintah guru, selain itu siswa pastinya berharap nilai yang diperoleh dari tugas tersebut bisa maksimal. Namun untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus tentunya teman-teman siswa harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang tepat.

Nilai yang bagus atau tinggi yang teman-teman dapatkan dari tugas sekolah tentu akan sangat membantu sekali dalam memperbaiki nilai akhir pada raport semester nantinya. Guru akan menghitung keseluruhan nilai dari semua kegiatan yang siswa ikuti, untuk kemudian dimasukkan kedalam nilai akhir pada raport semester.

Kami juga mengingatkan teman-teman untuk selalu giat dalam belajarnya. Persiapkan diri untuk mengikuti kegiatan penilaian, baik penilaian harian, akhir semester maupun penilaian akhir tahun.

Karena nilai yang teman-teman peroleh dari kegiatan tersebut sangat menentukan sekali dalam kelulusan seskolah nantinya. Demikianlah ulasan kami untuk kunci jawaban evaluasi PAI kelas 12 halaman 17, 18, 19 ini. Manfaatkan dengan baik jawaban yang telah kami sediakan ini, periksa kembali setiap jawabannya sebelum disalin ke buku tugas.

Dan semoga teman-teman bisa meraih nilai maksimal.
Table of Contents • Contoh Perilaku Iman Kepada Hari Akhir • Hikmah Iman Kepada Hari Akhir • Video yang berhubungan Ilustrasi hari akhir.

Foto: pixabay Iman kepada hari akhir merupakan rukun iman keenam yang wajib diyakini setiap Muslim. Sebab ini merupakan pondasi keimanan paling dasar yang menandakan status ke-Islaman seseorang.

Di hari akhir semua makhluk yang ada akan menjadi rusak dan binasa. Bahkan alam semesta dan seisinya pun akan hancur seketika. Melansir NU Onlinehari akhir merupakan salah satu perkara ghaib yang dirahasiakan. Tidak ada satu pun yang mengetahui kapan terjadinya, kecuali Allah SWT.

Meskipun begitu, umat Muslim tetap harus mengimaninya. Bagaimana contoh perilaku orang yang beriman kepada hari akhir dan apa hikmah mengimaninya? Contoh Perilaku Iman Kepada Hari Akhir Beriman kepada hari akhir tidak hanya dibuktikan melalui keyakinan hati dan kata-kata. Setiap umat Islam harus menunjukkan perilaku yang mencerminkan keyakinan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tidak dikatakan beriman kepada hari akhir jika perilaku seseorang masih mementingkan kehidupan dunia dan melupakan hari akhir.

Adapun contoh perilaku orang yang iman kepada hari akhir adalah sebagai berikut: Ilustrasi hari akhir. Foto: pixabay • Orang yang beriman kepada hari akhir akan berperilaku baik dan senantiasa memberikan informasi kepada orang lain.

• Orang yang beriman kepada hari akhir akan senantiasa rajin beribadah untuk mempersiapkan bekal kehidupan di akhirat.

• la akan senantiasa berhati-hati dalam sikap dan tindakannya karena ia yakin bahwa setiap perbuatannya akan mendapat balasan yang setimpal. • la akan selalu berusaha menghindarkan diri dari berbagai perbuatan maksiat dan kesalahan. Hikmah Iman Kepada Hari Akhir Beriman kepada hari akhir mempunyai hikmah yang akan meninggikan derajat seseorang di hadapan Allah SWT.

Berikut beberapa hikmah tersebut yang dikutip dari buku P endidikan Agama Islam SMK Kelas XII oleh Bachrul Ilmy • Menambah rasa percaya dan takwa kepada Allah SWT Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 15 Menerapkan Perilaku Mulia Keyakinan akan adanya hari akhir dapat mengantarkan manusia untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif dalam kehidupannya.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

Khususnya banyak melakukan amal kebaikan sesuai dengan nilai-nilai al-Qur’±n. Dari pembahasan di atas, perilaku yang menggambarkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir adalah sebagai berikut ini.

1. Menyadari bahwa semua perbuatan selama di dunia akan dipertanggung- jawabkan di hadapan Allah Swt. Untuk itu, segala sikap dan perilaku kita harus selaras dengan tuntunan agama.

2. Menyadari bahwa manusia itu sangat kecil di hadapan kebesaran Allah Swt., sehingga diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya; 3. Selalu berusaha melakukan amal saleh dan menghindari semua perbuatan yang bertentangan dengan norma agama; 4.

Membiasakan diri dengan akhlakul karimah, seperti mawas diri, rendah hati, peduli kepada sesama, dan lain-lain. 5. Selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah Swt. baik dengan melakukan ibadah (seperti salat) maupun dengan ibadah sosial, yaitu semua kegiatan yang bermanfaat bagi sesama. 6. Termotivasi untuk selalu bekerja keras dan menjauhi kemalasan.

Tugas Kelompok Kegiatan Kelompok 1. Buatlah lima kelompok diskusi, 1 kelompok terdiri atas 6-7 orang! 2. Diskusikan manfaat iman kepada Hari Akhir dalam lima kelompok tersebut!

3. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas! Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK 16 Rangkuman 1. Hari Akhir adalah hari kiamat yang diawali dengan pemusnahan alam semesta. Semua manusia, sejak zaman dari Nabi Adam a.s sampai terjadinya hari akhir akan dibangkitkan untuk mendapatkan balasan semua amal perbuatan mereka. 2. Iman kepada Hari Akhir adalah percaya dengan penuh keyakinan adanya hidup yang kekal abadi di akhir kelak.

bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan

3. Setelah alam semesta hancur secara total dan kehidupan semua makhluk Allah Swt. berakhir, maka mulailah manusia menjalankan tahapan kehidupan baru dan proses menuju alam baqa’. Tahapan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: Y aumul Ba’ats, Yaumul Hasyr, Buku Catatan, Yaumul Hisab, Mizan, Sirat, Yaumul Jaza’, balasan amal baik surga, dan balasan amal buruk neraka. 4. Beriman kepada Hari Akhir akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yaitu merasa bahwa hidup di dunia ini hanya bersifat sementara saja.

Cepat atau lambat semua manusia pasti akan kembali kepada Allah Swt. dan semua perbuatan mereka selama hidup di dunia akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Swt. Dengan demikian, hidup yang dijalaninya akan ditempuh dengan penuh kehati-hatian, serta sikap dan perilaku yang sesuai dengan tuntunan agama. 5. Mengimani Hari Akhir membuat manusia sadar bahwasanya manusia itu lemah dan kerdil di hadapan Allah Swt.

Kesadaran ini diharapkan dapat menghilangkan sikap takabur, sombong, egois, dengki, dan penyakit hati lainnya. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 17 Evaluasi I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e untuk jawaban yang paling tepat!

Upload your study docs or become a Course Hero member to access this document Upload your study docs or become a Course Hero member to access this document End of preview. Want to read the entire pages? Upload your study docs or become a Course Hero member to access this document
Soal Essay: • Sebutkan beberapa perbedaan Kiamat Sugr± dengan Kiamat Kubra!

• Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam? • Bagaimanakah keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut Teori Fisika? • Jelaskan tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam akhirat!

• Jelaskan pengertian surga menurut bahasa dan istilah, serta sebutkan 5 (lima) macam kenikmatan dalam surga! • Salinlah dan terjemahkan beberapa ayat al-Qur’±n yang menggambarkan siksa neraka! • Jelaskan fungsi dan hikmah iman kepada Hari Akhir! • Jelaskan pengertian neraka berikut ciri-cirinya! • Jelaskan bukti-bukti kebenaran adanya Hari Akhir beserta alasanmu! • Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada Hari Akhir?

Jelaskan! Kunci Jawaban: 3. Keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut Teori Fisika yaitu ketika matahari tidak muncul atau cahayanya bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan karena tenaga/sinarnya habis, maka tidak ada angin dan awan serta hujan tidak akan turun. Maka gunung- gunung akan meletus, ombak bergulung-gulung, air laut naik maka hancurlah bumi ini sebagai tanda terjadinya kiamat.” • Yaumul Ba’a•, yaitu proses dibangkitkannya seluruh makhluk dari alam kuburnya; • Yaumul Ma¥syar, yaitu hari berkumpulnya manusia setelah dibangkitkan dari alam kubur; • Pemberian buku catatan di Alam Ma¥syar yang berisi semua perbuatan dan perkataan kita sewaktu hidup di dunia; • Yaumul hisab dan Mizan, yaitu Yaumul hisab adalah hari ketika Allah memperlihatkan semua amalan di akhirat untuk dihisab.

Segala dosa besar dan kecil dihitung dengan seksama dan teliti. Sedangkan Yaumul Mizan adalah hari di mana setiap orang ditimbang amalnya dengan seadil- adilnya; • As-sirāt adalah jembatan yang terbentang di atas neraka menuju surga.

Mudah atau sulitnya melewati Aș-sirāt itu tergantung kepada amal setiap manusia; • Yaumul Jaza', suatu hari ketika semua manusia akan menerima balasan Allah (Jaza'). • Balasan yang diterima seseorang sesuai dengan amalnya selama ia hidup di dunia; • Balasan perbuatan baik dengan surga; dan • Balasan perbuatan buruk dengan neraka.

• Terdorong untuk melakukan amalan yang baik atau perbuatan yang Allah perintahkan seperti akan terdorong untuk menolong orang lain yang membutuhkan bantuan • Terdorong untuk menjauhkan semua perbuatan yang tidak baik atau perbuatan yang Allah larang seperti akan terdorong untuk menghindari meminum minuman keras atau perbuatan judi • Meningkatkan keimanan kepada Allah, keimanan kepada rasul utusan Allah, keimanan kepada kitab-kitab Allah, keimanan kepada malaikat dan juga kepada kepada qada dan qadar Allah • Termotivasi untuk giat beribadah seperti akan giat untuk melakukan shalat wajib sehari semalam 5 waktu • Muncul rasa kebencian yang dalam kepada kemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka Allah di dunia dan di akhirat.

• Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmin dengan segala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini. • Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap Allah dengan mengharapkan mau’nah Nya pada hari itu. • Al Qari’ah Ayat 1-11. “Hari kiamat, Apakah hari kiamat itu?, Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?, Pada hari itu hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan, Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikannya)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang), Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah negara Hawiyah, Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah?, (Yaitu) api yang sangat panas" • QS Thaha [20]: 15.

Sesungguhnya saat (hari kiamat) akan datang. Aku dengan sengaja merahasiakan (waktu)-nya. Agar setiap jiwa diberi balasan (dan ganjaran) sesuai hasil usahanya.” • Menunjukkan sikap bertanggung jawab.

Hidup di dunia harus penuh hati-hati. Sikap dan perilaku senantiasa didasari dengan kebaikan sesuai tuntunan agama. • Menyadari bahwa sangat tidak ada artinya dan sangat kecil jika bukan karena Kebesaran Allah Swt., sehingga dapat menghilangkan sikap takabur atau sombong dalam dirinya baik berupa kekayaan, kecantikan, ketampanan, kedudukan atau keturunan.

• Menghindari dari perbuatan tidak baik, sehingga apapun yang diperbuat akan dipikirkan terlebih dahulu sesuai dengan norma agama. • Mengantarkan dan mengajak manusia untuk tetap melakukan amal baik. • Memperlihatkan perilaku akhlakul karimah, seperti mawas diri dan ikhlas dalam berperilaku yang didasarkan hanya untuk mencari keridhaan Allah Swt.

• Juli 2021 21 • Juni 2021 30 • Mei 2021 29 • April 2021 32 • Maret 2021 8 • Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan kepada hari akhir jelaskan 2021 1 • Januari 2021 193 • Desember 2020 614 • November 2020 616 • Oktober 2020 213 • Agustus 2020 14 • Juli 2020 1 • Juni 2020 145 • Mei 2020 73 • April 2020 3 • Maret 2020 192 • Februari 2020 64 • Januari 2020 45 • Desember 2019 8 • November 2019 23 • Oktober 2019 70 • September 2019 58 • Agustus 2019 18 • Juli 2019 29 • Juni 2019 16 • Mei 2019 6 Tampilkan selengkapnya Tampilkan lebih sedikit

BAB I BAG I




2022 www.videocon.com