Gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied. The Amazon CloudFront distribution is configured to block access from your country. We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact the app or website owner. If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation.

Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: gcbmSWEE-6Uxo9p0JuCEThrmR06-Tl4pf0HlwGUGOjt0JNkJSEm0Vw== 2 Cara Cepat Menemukan Gagasan Utama/Pokok dalam Paragraf – Sejak duduk di bangku sekolah, kemudian kuliah, dan bekerja, kita sering dihadapkan dengan soal-soal tes Bahasa Indonesia.

Kebanyakan soal yang diberikan meminta kita untuk menemukan pokok/ide utama dalam sebuah paragraf. Soal ini mungkin terlihat sederhana, tapi masih banyak di antara kita yang sering salah menjawabnya. Cara Cepat Menemukan Gagasan Utama rawpixel.com Setiap tulisan baik artikel maupun karya tulis pasti memiliki gagasan utama atau topik pembahasan besar. Artikel atau karya tulis juga pasti terdiri dari beberapa paragraf yang membentuk kesatuan sehingga jadilah sebuat tulisan yang terstruktur dan mudah dipahami.

Setiap paragraf juga memiliki gagasan atau topik sendiri yang lebih spesifik dan berhubungan dengan gagasan besarnya. Gagasan/ide pokok dalam paragraf inilah yang akan kita pelajari saat ini. Apa sebenarnya Gagasan Utama itu ?

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Gagasan utama adalah ide inti atau pokok dari sebuah tulisan dan paragraf. Ide pokok ini berisi permasalahan yang penting untuk dibahas dan dijelaskan. Dengan adanya gagasan utama, pembaca dapat dengan mudah memahami inti bacaan. Gagasan utama adalah unsur penting yang tidak dapat ditinggalkan. Jika sebuah bacaan tidak memiliki gagasan yang jelas, bacaan tersebut akan sulit dipahami dan menjadi tidak berguna.

Struktur Paragraf Sebelum belajar lebih jauh,kamu perlu tahu terlebih dahulu tentang paragraf. Paragraf adalah kumpulan kalimat yang memiliki satu topik atau gagasan utama. Paragraf terdiri dari kalimat utama, kalimat penjelas, gagasan utama, dan gagasan penjelas. Uraiannya sebagai berikut: • Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama.

Gagasan tersebut bisa disampaikan secara lugas atau tersirat. • Gagasan utama adalah ide pokok yang dibahas dalam paragraf tersebut. Ingat! hanya ada satu gagasan utama saja dalam sebuah paragraf. • Kalimat penjelas adalah kalimat yang isinya berupa penjelasan, uraian, dan rincian dari kalimat utama. • Gagasan penjelas adalah ide yang ingin disampaikan tentang gagasan pokok dalam kalimat utama.

Jadi, cara cepat menemukan gagasan utama / pokok dalam paragraf adalah membaca bacaan secara cermat untuk menemukan kalimat utamanya. Baca Juga : Karya Tulis Ilmiah: Cara Penulisan, Struktur dan Metode Penelitian Jenis-jenis paragraf Gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat dibagi jadi 4 jenis. Kamu perlu pahami ini untuk mempermudah menemukan kalimat utama.

Berikut penjabarannya: • Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf • Paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf • Paragraf Deduktif-Induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak diawal dan diakhir paragraf.

Biasanya, kalimat yang berada diakhir mempertegas kalimat di awal paragraf. • Paragraf inaratif, adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di tengah paragraf. Namun, model ini jarang ditemui pada sebuah tulisan. Bagaimana cara menemukan kalimat utama? pixabay.com Setelah memahami tentang paragraf lebih dalam, sekarang kita bahas intinya.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Sekali lagi, gagasan utama dapat ditemukan pada kalimat utama. Lalu bagaimana cara menentukan kalimat utama? Di bawah ini adalah ciri-ciri kalimat utama yang dapat memandumu menemukan gagasan utama: • Mengandung inti permasalahan • Kalimatnya lengkap dan bisa berdiri sendiri • Diikuti kalimat lain yang menjelaskan kalimat tersebut • Pada kalimat utama yang terletak di akhir paragraf atau induktif, kalimat utama menggunakan kata seperti; jadi, dengan demikian, kesimpulannya, dapat disimpulkan, dll.

Apakah kamu sudah cukup memahami cara menemukan gagasan utama yang dijelaskan di atas? Mencari gagasan utama dengan menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu memang membutuhkan kemampuan analisis kalimat yang baik. Kamu harus tentukan mana kalimat utama dan kalimat penjelasnya terlebih dahulu untuk bisa memperoleh gagasan utamanya. Jika cara di atas sulit untuk kamu lakukan, bacalah paragraf bacaan dengan cermat lalu ambil kesimpulan secara keseluruhan.

Kesimpulan harus berupa inti pembahasan. Kamu mungkin tidak perlu menganalisis kalimat terlalu dalam, tapi kamu harus fokus untuk menarik sebuah kesimpulan. Kesimpulan Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan terdapat 2 cara cepat menemukan gagasan utama / pokok dalam paragraf, yaitu : • Menemukan kalimat utama karena kalimat utama mengandung gagasan utama • Menyimpulankan isi paragraf secara keseluruhan Nah, agar tidak meraba-raba dan lebih paham lagi, mari kita bahas contoh soal di bawah ini.

Baca Juga : Kata Penghubung: Pengertian, Contoh, dan Jenis Kata Penghubung Contoh Soal: 1. Cermatilah paragraf berikut ini! (1) Hampir setiap perokok mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan. (2) Pada setiap gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat rokok tertera bahayanya, mulai serangan jantung hingga menyebabkan kematian.

(3) Peringatan itu tidak membuat perokok terutama perokok akut bergeming. (4) Riset telah membuktikan bahwa perokok cenderung menyepelekan akibat yang ditimbulkan dari merokok. Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor …. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) Jawaban Benar : A Pembahasan : Kalimat utama pada paragraf ini terletak di awal paragraf, yaitu hampir setiap perokok mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan. Kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas karena menjelaskan bahaya rokok lebih rinci, yaitu mulai terserang jantung hingga menyebabkan kematian.

(Sumber soal : Pusat Penilaian PendidikanBadan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018) 2. Cermatilah paragraf berikut ini! Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya.

Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda, dan Padina. Sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia Hemprichii, Enhalus Acoroides, dan Thalassodendron Ciliatum.

Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska, dan mangrove. Sekitar 90 persen ikan tinggal di perairan wilayah ini. Gagasan utama paragraf tersebut adalah : A. Spesies Ikan Taman Nasional Bunaken B. Spesies rumput laut Taman Nasional Bunaken C. Spesies terumbu karang Taman Nasional Bunaken D. Ekosistem terumbu karang Taman Nasional Bunaken Jawaban Benar : D Pembahasan : Jawaban gagasan utama yang tepat adalah D, yaitu ekosistem terumbu karang Taman Nasional Bunaken.

Jika dibaca dengan cermat, paragraf tersebut tidak hanya menjelaskan tentang spesies ikan saja, rumput laut saja, atau terumbu karang saja, melainkan seluruh ekosistem secara keseluruhan. Jadi, jawaban A, B, dan C tidak tepat. Gagasan utama dalam paragraf ini terletak diawal paragraf sehingga disebut paragraf deduktif.

(Sumber soal : wikipedia.co.id) 3. Cermatilah paragraf berikut ini! (1) Selain masalah realisme, ada masalah kesenjangan antara warga kulit putih dan kulit hitam. Reuters melapora, median pertumbuhan pendapatan keluarga di AS mulai meningkat pada 2015, tetapi median pendapatan keluarga kulit hitam tetap sekitar 61 persen dari kulit putih. (2) Di Minneapolis, angka median itu lebih lagi, lebih kurang 44 persen.

Kenaikan pasar saham dan harga rumah di AS pada 2009-2020, setelah krisis ekonomi yang dikenal dengan sebutan krisis subprime mortgage, berpengaruh kecil terhadap peningkatan kekayaan orang Afrika-Amerika. Mereka terdiri sekitar 13 persen dari populasi AS, tetapi hanya menyumbang 4,2 persen dari kekayaan bersih rumah tangga seluruh warga AS. Dengan kata lain, ada banyak keluarga kulit hitam kurang sejahtera dibandingkan keluarga kulit putih. (Sumber bacaan:Tajuk Rencana Harian Kompas, Rabu 4//6/2020) Gagasan utama pada paragraf kedua yang benar adalah : A.

Masalah realisme B. Banyak keluarga kulit hitam kurang sejahtera dibandingkan keluarga kulit putih C. Median pertumbuhan pendapatan keluarga si AS D. Peningkatan kekayaan orang Afrika-Amerika Jawaan Benar : B Pembahasan : Gagasan utama pada paragraf kedua yang benar adalah banyak keluarga hitam kurang sejahtera dibandingkan keluarga kulit putih.

Gagasan ini jelas ditunjukan oleh kalimat utama yang diletakan pada akhir paragraf. Terdapat penjelas “dengan kata lain…” Penjelas tersebut menunjukan ide gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat paragraf yang dibaca setelah kalimat sebelumnya menunjukan gagasan penjelas dengan menunjukan fakta-fakta terkait kesenjangan.

Baca Juga : 23 Macam Jenis Konjungsi Beserta Contohnya + Fungsinya Itu dia pembahasan tentang cara menemukan gagasan utama/pokok dalam paragraf. Setelah ini, harapannya kamu menjadi lebih mudah mengerjakan soal-soal pelajaran atau soal tes lainnya. Mengerjakan soal Bahasa Indonesia itu tidak sulit, yang penting kita fokus dan cermat membaca soal.

Selamat Belajar. Klik dan dapatkan info kost di dekatmu: Kost Jogja Harga Murah Kost Jakarta Harga Murah Kost Bandung Harga Murah Kost Denpasar Bali Harga Murah Kost Surabaya Harga Murah Kost Semarang Harga Murah Kost Malang Harga Murah Kost Solo Harga Murah Kost Bekasi Harga Murah Kost Medan Harga Murah
Gagasan pokok adalah pokok pemikiran utama dari suatu paragraf. Bisa disebut juga bahwa gagasan pokok merupakan sebuah gagasan yang menjadi dasar atau tumpuan untuk mengembangkan pemikiran selanjutnya.

Jika ada pertanyaan “paragraf tersebut membahas mengenai apa?”, sudah pasti jawabannya adalah gagasan pokok dari paragraf tersebut. Gagasan pokok sifatnya menyampaikan ide pokok tentang apa inti utama yang dibahas dalam paragraf tersebut. Sedangkan kalimat penjelas sifatnya untuk menjelaskan atau mengembangkan ide pokok tersebut.

Biasanya kalimat penjelas berbentuk uraian, ilustrasi, contoh, atau gagasan yang mendukung isi dari ide pokok. Bagaimana cara menentukan ide pokok di dalam sebuah paragraf? Yuk, cari tau lewat artikel ini! -- Baru delapan detik sejak orang gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat menduduki kursi yang terlalu keras itu. Hening. Sebelah tangan menopang dagu.

Matanya berkedip beberapa kali. Wajahnya menunjukkan ekspresi bingung. Di depannya, ada laptop yang menunjukkan artikel mengenai SBMPTN. Dia scroll mouse. Wajahnya ke layar, tapi pandangannya tidak fokus. Tangan kanannya kini menggenggam gelas. Menuangnya ke tenggorokan yang sebenarnya tidak haus itu. Tumit kakinya mengetuk-ngetuk lantai.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Tangannya pindah lagi ke sisi kanan meja. Sedikit di belakang mouse. Matanya terpejam. Di kepalanya terdengar beat lagu favoritnya belakangan ini. Tangannya bekerjasama dengan kaki, membuat sebuah irama. Dia membuka mata. Tangannya meraih handphone. Gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat dengan secepat kilat membuka Instagram.

Pupil matanya kini terbuka lebar. Dia menekan layar handphone-nya dua kali. Memunculkan tanda love di atas foto seseorang. Dia diam di sana. Sampai satu jam lebih. Meninggalkan laptop dan artikel yang baru ia baca dua paragraf itu. Orang itu, bisa jadi siapa saja. Bisa jadi teman sekelas kamu. Atau bisa jadi kamu sendiri. Ya, kita seringkali tidak fokus ketika dihadapkan pada sebuah artikel atau bacaan.

Entah kenapa tangan kita ingin bergerak mengambil sesuatu. Pikiran kita ke mana-mana. Dan hasilnya, artikel tadi tidak terbaca dengan baik. Microsoft bahkan membuat penelitian tentang fokus, atau yang lebih dikenal dengan attention span ini. Hasilnya, rentang fokus kita pada suatu hal, saat ini hanya berkisar selama 8 detik. Ini jauh turun sejak tahun 2000 yang mencapai 12 detik.

Bahkan, kita tidak lebih fokus dari ikan mas koki yang rentang fokusnya mencapai 9 detik. Baca juga: Pengertian Kalimat Efektif, Syarat, dan Contohnya Ketidakfokusan ini, ditambah penyajian berita saat ini yang cenderung umpan klik ( clickbait), tentu akan menambah kegagapan kita dalam menanggapi suatu artikel atau bacaan.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Kasarnya, udah kitanya nggak fokus dan “malas” baca, eh artikelnya nggak nyambung judul sama isinya. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk menemukan ide pokok dari suatu artikel gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat bacaan. Supaya apa? Supaya kita tahu sebenarnya apa, sih, inti dari artikel itu? Apa gagasan utama atau ide pokoknya?

Supaya selesai baca, nggak main share di grup Whatsapp sambil bilang, “ADA ANAK DIKUTUK JADI IKAN PARI KARENA DURHAKA!” Pengertian Ide Pokok dalam Paragraf Well, sebelumnya, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud ide pokok?

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Makanya, nama lain ide pokok adalah gagasan utama. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, kalimat utama ≠ kalimat pertama. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf Sebenarnya untuk menemukan ide pokok dalam paragraf itu ngga sulit-sulit amat kok. Asal kamu tahu aja caranya. Nah, berikut akan dikasih tau nih cara menemukan ide pokok dalam paragraf. 1. Baca Seluruh Paragraf dengan Cermat Kamu perlu dengan cermat dalam membaca sebuah paragraf.

Berkonsentrasilah dengan baik. 2. Cermati Kalimat Pertama Hingga Akhir Paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat harus kamu cermati ketika membacanya.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Jangan sampai ada yang terlewat kalimat dalam paragraf tersebut sampai kamu lupa membacanya. 3. Baca Tiap Kalimatnya Dalam suatu paragraf, ide pokok bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir paragraf.

Kembali lagi, pastikan tidak ada kalimat yang terlewat ya. 4. Tandai Ide Pokok Setelah menemukan ide pokok di paragraf tersebut, langsung kamu tandai. Hal ini untuk meminimalisir lupa yang bisa saja terjadi.

5. Tandai Info Penting Jika ada info penting dalam paragraf tersebut, tidak ada salahnya untuk menandai. Biasanya akan ditanyakan dalam soal-soal di nomor selanjutnya yang menggunakan paragraf yang sama. Baca juga: Membahas Paragraf: Ciri, Unsur, dan Syarat Oke, setelah mengetahui kelima langkah untuk menemukan ide pokok, kita akan langsung praktik ya.

Coba perhatikan paragraf berikut: Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Pada paragraf di atas, ide pokoknya adalah pada kalimat pertama. Yaitu “Tidak perlu stres saat menghadapi pensiun”. Kenapa? Kalau kita analisis kalimat-kalimat lain, fungsi mereka hanya sebagai penjelas dari kalimat utama (kalimat pertama). Misalnya, pada kalimat ”Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai”. Kalimat ini mengacu kepada kalimat utama.

Tugas dari kalimat ini adalah memberikan “alasan” dari “Mengapa orang yang pension tidak perlu stres.” Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Struktur Teks Editorial Sekarang kita coba contoh lainnya ya: Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah.

Masalah kesehatan pada korban dan masyarkat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur. Pada paragraf ini, ide pokoknya adalah “Bencana banjir menimbulkan berbagai penyakit” Ada yang tahu kenapa? Ya, seperti yang bisa kita lihat di atas, kalimat lain dalam paragraf ini hanya “menjelaskan” penyakit-penyakitnya. Pada kalimat dua, misalnya.

Kalimat tersebut berisi contoh dari penyakit yang ditimbulkan. Di sisi lain, kalimat terakhir menjelaskan penyebab dari munculnya penyakit tersebut. Jadi, sudah mulai bisa menemukan ide pokok? Gimana, sudah paham kan tentang 5 langkah menentukan ide pokok dalam paragraf dengan mudah? Mulai sekarang, coba terapkan langkah-langkah ini dan cari ide pokok dari bacaanmu ya. Kalau kamu ingin memelajari materi seperti ini dengan lebih dalam sambil menonton gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat animasi, lengkap dengan infografik dan latihan soal, tonton aja di ruangbelajar!

Referensi: Darmawati, Uti dan Y. Budiarti. 2014. Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK Muatan Nasional. Jakarta: Intan Pariwara. Artikel diperbarui 4 Januari 2022.
Bagaimana cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam paragraf? – Halo, Grameds! Di artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu sub mata pelajaran Bahasa Commonwealth of indonesia nih. Sudah siap ya untuk sama-sama ngulik lagi tentang ilmu di dalam kalimat dan paragraf? Secara etimologi, bahasa diartikan sebagai bentuk bunyi yang digunakan masyarakat untuk berinteraksi.

Interaksi atau percakapan yang dilakukan ini dimaksudkan untuk menyampaikan ‘sesuatu’ agar mudah dipahami orang lain dan tentu dalam penyampaiannya kita akan memberi informasi tambahan atau pelengkap agar bisa lebih mudah lagi ditangkap dan diilustrasikan oleh orang lain. Jadi, jika kita simpulkan setiap interaksi dan banyak kalimat yang kita keluarkan mengandung two gagasan penting atau biasa disebut gagasan pokok dan gagasan pendukung.

• Pengertian Gagasan Pokok / Gagasan Utama / Ide Pokok • Cara Menemukan Gagasan Pokok / Utama • Anda Mungkin Juga Menyukai • Ciri-Ciri Gagasan Pokok • Jenis-Jenis Paragaraf Pokok • one.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Gagasan Induktif • ii. Gagasan Deduktif • 3. Gagasan Campuran (Induktif dan Deduktif) • Pengertian Gagasan Pendukung • Ciri-Ciri Gagasan Pendukung • Contoh Gagasan Pokok dan Pendukung dalam Paragraf • Pengembangan Paragraf dalam Penulisan • one. Ketahui Apa Itu Paragraf • ii. Kenali Kriteria Gagasan / Topik Yang Baik • 3. Pahami Paragraf Deduktif dan Induktif • four. Mengembangkan Gagasan Menjadi Kalimat dan Paragraf • Rekomendasi Buku & Gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat Terkait • • Kategori Ilmu Bahasa Indonesia • Materi Terkait Pengertian Gagasan Pokok / Gagasan Utama / Ide Pokok Gagasan pokok adalah ide atau hasil pemikiran utama dalam sebuah paragraf.

Karena paragraf adalah kumpulan dari banyak kalimat, maka setiap paragraf pasti memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Baik gagasan pokok ataupun gagasan pendukung, sama-sama disajikan dalam bentuk kalimat.

Kalimat yang mengandung gagasan pokok disebut sebagai kalimat utama sedangkan kalimat yang mengandung gagasan pendukung disebut sebagai kalimat penjelas. Perlu dicatat bahwa dalam i paragraf hanya terdapat ane gagasan pokok. Dalam membuat gagasan pokok yang baik pada sebuah paragraf, sangat penting untuk dapat memfokuskan pesan yang ingin disampaikan pada paragraf tersebut. Melalui buku Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah dari Natanael, 1000.pd ini, kamu gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat diajarkan bagaimana cara mudah untuk menulis gagasan pokok yang ada di karya ilmiah.

Sekarang yuk kita mengenal nama-nama lain yang biasanya digunakan untuk menyebut gagasan pokok : • Gagasan Utama • Ide Pokok atau Ide Utama • Pikiran Pokok atau Pikiran Utama • Inti Paragraf atau Inti Masalah • Topik Utama Cara Menemukan Gagasan Pokok / Utama Selanjutnya gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menemukan gagasan pokok : • Baca dan cermati setiap kalimat di dalam paragraf • Identifikasi ide atau kata benda atau subjek yang mendominasi paragraf tersebut • Tentukan 1 kalimat mana yang paling cocok menjadi kalimat utama • Temukan gagasan pokok dalam kalimat utama tersebut Selanjutnya kita masuk ke gagasan pendukung, gagasan pendukung adalah ide tambahan, uraian, atau informasi pelengkap yang disampaikan untuk menjabarkan ide pokok.

Jika ide pokok hanya disampaikan dalam 1 kalimat utama, maka ide pendukung bisa disampaikan dalam banyak kalimat. Dalam penulisan artikel atau teks apapun, setiap paragraf yang kita tulis tentunya harus memiliki keterkaitan sehingga artikel utuh memiliki alur cerita dan informasi yang jelas bagi pembaca. Jika di dalam paragraf terdapat kalimat yang ‘nggak nyambung’, tidak berhubungan, atau tidak menjelaskan gagasan pokok, maka kalimat ini disebut sebagai kalimat sumbang.

Anda Mungkin Juga Menyukai Kadangkala gagasan pokok juga diperjelas menggunakan gambar, tabel, grafik, kurva, atau bentuk infografis lainnya. Nah, kita harus mampu membuat kalimat-kalimat penjelas untuk menjabarkan gagasan pokok berdasarkan ilustrasi yang kita lihat.

Perhatikan apakah ada suasana, aktivitas, atau pesan lainnya yang bisa kita gali dan kaitkan dengan gagasan pokok sehingga paragraf memiliki informasi yang utuh dan lengkap.

Dalam sebuah karya sastra, penting untuk menyusun paragraf yang baik sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca akan dipahami dengan baik. Buku berjudul Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya oleh Dr.

Djago Tarigan akan membantu Grameds dalam menyusun sebuah paragraf dan menentukan gagasan pokok yang ada. Ciri-Ciri Gagasan Pokok Dari banyak nama yang biasa digunakan untuk menyebut gagasan pokok, kita juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi karakteristik dari gagasan pokok.

Karena dengan mengetahui karakteristiknya kita bisa dengan mudah menemukan gagasan pokok yang sedang kita cari. Berikut adalah ciri-ciri gagasan pokok: • Mendominasi bahasan dalam paragraf • Topik utamanya bisa dijelaskan secara terperinci lewat kalimat-kalimat penjelas • Jika berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimat tetap memiliki arti yang jelas • Jika letaknya di akhir paragraf (paragraf induktif), maka biasanya ditekankan dengan kata kunci seperti ‘sebagai kesimpulan’, ‘oleh karena itu’, ‘yang terpenting’, ‘jadi’.

Jenis-Jenis Paragaraf Pokok Gagasan pokok dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gagasan induktif, gagasan deduktif, dan gagasan pokok campuran. 1. Gagasan Induktif Gagasan induktif adalah kalimat utama yang letaknya berada di awal paragraf dan biasanya diawali dengan suatu hal yang umum, kemudian kalimat berikutnya berupa hal-hal khusus. 2. Gagasan Deduktif Gagasan dedukif adalah gagasan pokok yang terletak pada bagian akhir paragraf. Oleh sebab itu, pada umumnya paragraf pada gagasan pokok deduktif ini akan diawali dengan hal-hal yang khusus terlebih dahulu, kemudian hal-hal umum.

three. Gagasan Campuran (Induktif dan Deduktif) Gagasan campuran adalah gagasan yang berasal dari gabungan antara gagasan induktif dengan gagasan deduktif.

Maka dari itu, gagasan campuran ini letaknya berada pada awal dan akhir paragraf. Pengertian Gagasan Pendukung Dalam menulis sebuah karya sastra yang baik, kamu juga harus dapat mengembangkan gagasan pokok yang ada menjadi sebuah satu kesatuan.

Melalui buku Kumpulan Tips Menulis oleh Rasibook ini, terdapat beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menemukan gagasan pendukung yang tepat. Tidak hanya gagasan pokok yang punya nama lain, gagasan pendukung juga memiliki sebutan lainnya, seperti berikut ini : • Gagasan Tambahan • Ide Pendukung atau Ide Tambahan • Pikiran Pendukung atau Pikiran Tambahan • Paragraf Penjelas • Topik Uraian Ciri-Ciri Gagasan Pendukung Masih tentang gagasan pendukung, karakteristik atau ciri-ciri apa sih yang biasanya menempel pada kalimat-kalimat yang berisi gagasan pendukung antara lain : • Berada di dalam kalimat-kalimat yang menjelaskan gagasan pokok • Kalimatnya bisa berupa contoh, information, kronologi kejadian, atau uraian lainnya • Karena sifatnya yang rinci dan khusus, jika gagasan pendukung berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimatnya tidak bisa mencerminkan keseluruhan isi paragraf Baca juga : Pengertian Puisi: Jenis-jenis, Contoh dan Cara Membuat Puisi Contoh Gagasan Pokok dan Pendukung dalam Paragraf Nah, Readers!

Setelah kita sama-sama mempelajari tentang seluk beluk gagasan, kalimat, dan paragraf, sekarang waktunya kita untuk berlatih bagaimana caranya menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam sebuah paragraf. Simaklah potongan paragraf di bawah ini, ya : Kapal pesiar Agustine Phinisi yang dilaunching di Putri Duyung Ancol, Dki djakarta Utara, pada tanggal 23 Maret 2021 lalu diharapkan menjadi daya tarik baru bagi pariwisata Kepulauan Seribu. Kapal yang selesai dibangun pada tahun 2022 di Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini memiliki ukuran panjang thirty meter dengan menjadikan kayu jati dan kayu ulin sebagai bahan utamanya.

Kapal yang mengusung konsep alive on lath ini memiliki sederet paket wisata pelayaran selama 4 jam dari Teluk Djakarta, pelayaran bisa dilakukan saat waktu brunch atau dusk. Selain itu, ada juga paket one solar day trip dan menginap ane atau 2 malam di atas kapal. Kapal wisata ini memungkinkan wisatawan untuk mengadakan bout nya secara private. Pihak manajemen kapal juga menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Condom, dan Environs Sustainability) sesuai dengan penerapan standar dan pedoman yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dari potongan paragraf di atas, apakah teman-teman bisa menemukan dimana letak kalimat utama dan kalimat penjelasnya? Serta apakah gagasan pokok dari paragraf di atas?

Mari kita jabarkan sama-sama, ya! • Kalimat utama terletak pada kalimat pertama dan kalimat berikutnya adalah kalimat-kalimat penjelas.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Paragraf di atas termasuk jenis paragraf deduktif. • Gagasan pokok dalam paragraf di atas adalah Kapal pesiar Agustine Phinisi menjadi daya tarik baru bagi pariwisata Kepulauan Seribu.

• Gagasan pendukung dalam di atas adalah seputar item kapal, paket wisata yang ditawarkan kapal pesiar, serta protokol CHSE yang mereka miliki. Baca juga : Cerita Nonfiksi: Pengertian, Ciri, Bentuk, Jenis, Cara Membuat dan Contoh Pengembangan Paragraf dalam Penulisan Setelah membahas tentang detail gagasan pokok dan gagasan pendukung, kita masuk ke ranah yang lebih luas, ya!

Apakah itu? Tentunya paragraf. Karena untuk bisa mengembangkan sebuah ide atau gagasan menjadi artikel yang kompleks ataupun mencari ide atau gagasan dalam suatu artikel, maka kita harus mengenal dulu apa yang dimaksud dengan paragraf.

Dalam mengembangkan ide yang ada menjadi sebuah paragraf, kamu harus menguasai serta memahami cara menulis yang baik. Buku berjudul Menulis Itu Menyenangkan – 25 Tips dan Motivasi Menulis Untuk Pemula oleh Himam Miladi, kamu akan diajarkan tips serta motivasi dalam menulis sehingga terasa menyenangkan. one. Ketahui Apa Itu Paragraf Menurut Gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat Besar Bahasa Republic of indonesia (KBBI), paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru) atau disebut juga dengan nama alinea.

Menurut Nurhadi dalam bukunya yang berjudul Handbook of Writing (Panduan Lengkap Menulis), mampu mengembangkan paragraf dengan baik berarti kita sudah menguasai ninety% keterampilan menulis. Mengapa? Karena jika seseorang mampu mengembangkan kumpulan kata menjadi gagasan, kumpulan gagasan menjadi kalimat, kumpulan kalimat menjadi paragraf hingga akhirnya menjadi wacana atau artikel utuh berarti ia sudah berada satu tingkat sebelum menjadi penulis yang seutuhnya.

Hal lain yang perlu diketahui penulis adalah bahwa tidak semua artikel terdiri dari banyak paragraf, misalnya teks humor yang bisa jadi hanya terdiri dari i paragraf saja. Semakin banyak ide tulisan, maka semakin banyak juga paragraf yang akan dihasilkan. Tentunya seluruh paragraf harus saling berkaitan agar tujuan penulis tercapai. Kelompok ide yang dibedakan dalam banyak paragraf juga membantu pembaca agar lebih mudah menikmati alur informasi bacaan, bayangkan jika seluruh ide dituangkan hanya dalam 1 paragraf?

Mungkin pembaca akan berkata ‘rasanya mau pingsan!’. Jadi, peran penting paragraf juga menjadi fungsi utama paragraf, ya!

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Yaitu memudahkan pembaca memahami teks atau artikel serta gagasan yang terdapat didalamnya. Komposisi teks yang panjang akan sangat melelahkan pembaca jika kita tidak menggunakan paragraf sebagai pembeda atau pembatasnya.

ii. Kenali Kriteria Gagasan / Topik Yang Baik Dalam buku berjudul Penulisan Populer yang ditulis leh Dr. H. Dalman, Thousand.Pd., dibahas mengenai langkah menulis sebuah karya populer yang baik, mulai dari mencari atau mengenali ide pokok, teknik penulisan, struktur penulisan, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah kriteria gagasan atau topik yang sebaiknya kita pilih agar membuat paragraf atau artikel enak dibaca : • Topik harus bermanfaat bagi penulis dan pembaca • Topik mampu menarik minat dan perhatian pembaca, misalnya kita bisa memilih topik yang sedang trending di kalangan masyarakat • Topik harus sesuai dengan bidang pengetahuan penulis sehingga tulisan yang dihasilkan berkualitas tinggi • Topik harus sesuai dengan tujuan penulisan Topik-topik ini bisa kita temui melalui peristiwa aktual yang sedang terjadi, melalui resensi buku, melalui reaction terhadap tulisan orang lain, atau juga berdasarkan permintaan.

Saat ini penulisan buku antologi sedang happening sekali di kalangan ibu rumah tangga.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Mereka menulis sesuatu sesuai dengan topik yang sudah ditentukan oleh penerbit atau mentor penulisan mereka. Setelah berhasil dalam memilih gagasan atau topik gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat penulisan, tahap selanjutnya adalah bagaimana cara kita menempatkan gagasan tersebut dalam sebuah paragraf ?Perlu Grameds ketahui bahwa percuma gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat jika Grameds memiliki gagasan yang bagus namun tidak bisa menempatkannya dengan tepat di dalam paragraf.

Hal tersebut justru dapat mengurangi nilai gagasan karena bisa tidak tersampaikan dengan baik kepada pembaca. 3. Pahami Paragraf Deduktif dan Induktif Gagasan pokok bisa berada di awal, di tengah, atau akhir paragraf. Jika gagasan pokok berada di awal paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf deduktif. Jika gagasan pokok berada di akhir paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf induktif. Dan jika gagasan pokok berada di awal dan akhir paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf deduktif-induktif atau paragraf campuran.

iv. Mengembangkan Gagasan Menjadi Kalimat dan Paragraf Tahap berikutnya yang juga menjadi titik krusial adalah bagaimana mengembangkan gagasan menjadi kalimat dan paragraf yang lebih efektif. Kembali ke peran penting paragraf bahwa paragraf ini akan membantu penulis untuk mengelompokkan gagasan demi gagasan. Seperti artikel yang saya buat ini, sebelum memulai tulisan saya akan menuliskan kerangka paragraf atau tabular array of content atau list ide tulisan yang akan saya sampaikan, lalu kemudian mengelompokkannya dan mengembangkannya menjadi banyak paragraf.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat kerangka paragraf : • Tentukan topik utama artikel • Buat gagasan pokok yang akan diangkat • Buat gagasan pendukung yang akan disampaikan • Tentukan pola paragraf yang akan dipakai • Bangun keterpaduan paragraf agar setiap paragrafnya berhubungan Nah, itulah penejlasan tentang gagasan pokok, mulai dari pengertian dan cara menentukanya dalalam paragraf.

tidak sulit bukan? Semoga artikel ini memberi pemahaman baru serta menambah pengetahuan bagi Gramedsya! Untuk lebih mengasah kemampuan dalam menemukan dan mengembangkan gagasan pokok dan gagasan pendukung, teman-teman bisa mengambil potongan-potongan paragraf dari buku, majalah, koran, atau media cetak lainnya untuk dipelajari lebih lanjut.

Jika Grameds ingin lebih mahir lagi untuk menguasai pelajaran bahasa Indonesia, maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di http://world wide web.gramedia.com untuk memperoleh banyak referensi. Pada dasarnya belajar bahasa Republic of indonesia adalah membiasakan diri dengan bahasa dan teks, jadi Grameds bisa melakukannya secara perlahan, alias pemahaman bukan hafalan. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas. [sc_fs_faq html=”truthful” headline=”h4″ img=”” question=”Di manakah letak gagasan pokok?” img_alt=”” css_class=””] Gagasan pokok bisa berada di awal, di tengah, atau akhir paragraf.

Jika gagasan pokok berada di awal paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf deduktif. Jika gagasan pokok berada di akhir paragraf, maka paragrafnya disebut sebagai paragraf induktif. [/sc_fs_faq] [sc_fs_faq html=”truthful” headline=”h4″ img=”” question=”Bagaimana cara menemukan gagasan pokok dalam teks?” img_alt=”” css_class=””] i.

Baca dan cermati setiap kalimat di dalam paragraf two. Identifikasi ide atau kata benda atau subjek yang mendominasi paragraf tersebut 3. Tentukan i kalimat mana yang paling cocok menjadi kalimat utama 4. Temukan gagasan pokok dalam kalimat utama tersebut. [/sc_fs_faq] [sc_fs_faq html=”true” headline=”h4″ img=”” question=”Apa ciri gagasan pokok?” img_alt=”” css_class=””] Ciri-Ciri Gagasan Pokok 1. Mendominasi bahasan dalam paragraf.

ii. Topik utamanya bisa dijelaskan secara terperinci lewat kalimat-kalimat penjelas. 3.

gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat

Jika berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimat tetap gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat arti yang jelas. 4. Jika letaknya di akhir paragraf (paragraf induktif), maka biasanya ditekankan dengan kata kunci seperti ‘sebagai kesimpulan’, ‘oleh karena itu’, ‘yang terpenting’, ‘jadi’.

[/sc_fs_faq] [sc_fs_faq html=”true” headline=”h4″ img=”” question=”Apa ciri gagasan pendukung?” img_alt=”” css_class=””] Ciri-Ciri Gagasan Pendukung 1. Berada di dalam kalimat-kalimat yang menjelaskan gagasan pokok 2.

Kalimatnya bisa berupa contoh, data, kronologi kejadian, atau uraian lainnya three. Karena sifatnya yang rinci dan khusus, jika gagasan pendukung berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimatnya tidak bisa mencerminkan keseluruhan isi paragraf [/sc_fs_faq] [sc_fs_faq html=”true” headline=”h4″ img=”” question=”Jelaskan apa itu gagasan pokok?” img_alt=”” css_class=””] Gagasan pokok adalah ide atau hasil gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat utama dalam sebuah paragraf.

Karena paragraf adalah kumpulan dari banyak kalimat, maka setiap paragraf pasti memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Baik gagasan pokok ataupun gagasan pendukung, sama-sama disajikan dalam bentuk kalimat. [/sc_fs_faq] Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Terbaru • Logo Bidang Peternakan Dinas Pertanian Dan Perikanan • Cara Mengatasi Kertas Nyangkut Di Printer Epson L3110 • Cara Membuat Pot Bunga Dari Gelas Aqua • Jurnal Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Kuda • Untuk Menambahkan Slide Baru Kita Dapat Menggunakan Cara • Cara Minum Susu Prenagen Esensis Folavit Dan Natur E • Seorang Peternak Ayam Mempunyai 100 M Kawat Berduri • Tidak Menyimpan Nomor Tapi Bisa Melihat Status Wa • Kelompok Ternak Kamdomain_7 Di Purwosari Girimulyo Kulon Progo Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
Gagasan utama atau gagasan pokok adalah pernyatan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan.

Atau dengan bahasa lain gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama biasanya terletak pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal dan akhir paragraf.

Namun ada pula paragraf yang gagasan utamanya berada di awal dan akhir sekaligus. Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji.

Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah “tidak perlu stres menghadapi pensiun”. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama “Orang yang akan pensiun tidak perlu stres”.

Hal ini diperkuat dengan adanya kalimat penjelas di kalimat terakhir yang berbunyi;” ……tentu orang tidak akan terkena stres“ 2. Contoh Gagasan Utama di Akhir Paragraf Seorang muslim sudah sewajarnya untuk rajin beribadah dan berdo’a. Setiap hari, lantunan kata indah selalu dipanjatkan kehadirat-Nya.

Ia yakin dengan berdo’a semua harapannya akan tercapai dan kesulitanpun akan dengan mudahnya dapat diselesaikan. Karena bagi seorang muslim do’a adalah senjata paling ampuh. Gagasan utama pada paragraf diatas adalah “ kedudukan do’a bagi seorang muslim“. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama “ Karena bagi seorang muslim do’a adalah senjata paling ampuh”.

3. Contoh Gagasan Utama di Awal dan Akhir Paragraf Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia.Di hari ini hari dimana anton akan diwisuda. Kakak sulungku itu tampak rapih duduk di barisan pertama. Berjejer rapi bersama para mahasiswa lain dengan pakaian serba hitam lengkap dengan topi persegi yang menurutku sangat aneh.Dari tadi ku perhatikan kedua bibir ayah dan ibuku tidak pernah terkatup untuk berhenti mengucapkan tahmid sambil sesekali mengumbar senyum.Hari ini tampak begitu spesial bagi kami.

Gagasan utama paragraf tersebut terlwtak di awal dan akhir paragraf. Yaitu pada kalimat utama “ Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia” dan “ Hari ini tampak begitu spesial bagi kami.“ Lalu bagaimana cara kita menentukan gagasan utama sebuah paragraf ? Anda dapat menyimpulkan gagasan utama sebuah paragraf dengan terlebih dahulu menentukan kalimat utama. Kalimat utama biasanya bersifat lebih umum dan memiliki kalimat penjelas.

Contoh: Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres. Kalimat Utama: Orang yang akan pensiun tidak perlu stres.

Gagasan Utama : Orang yang akan pensiun tidak perlu stres Untuk mengetahui cara mudah menemukan gagasan utama pada setiap paragraf, sobat bisa baca macam-macam paragraf menurut letak gagasan dan kalimat utamanya berikut ini: • Pengertian Paragraf Deduktif Dan Contoh Paragraf Deduktif Pendek • Pengertian Paragraf Induktif dan Contoh Paragraf Induktif Singkat • Pengertian Paragraf Campuran Dan Contohnya • Download Gratis Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 10 SMA/ MA • Download Buku Sekolah Elektronik Kurikulum 2013 Khusus MA Edisi Lengkap • Download Buku Sekolah Elektronik Kurikulum 2013 Khusus MI • Download Buku Sekolah Elektronik Kurikulum 2013 Khusus MTs Edisi Lengkap • 13 Prinsip Pembelajaran Yang Digunakan dalam Kurikulum 2013 • Download Buku Bahasa Inggris BSE Kurikulum 2013 untuk Kelas 10 dan 11 SMA.

• Download Buku Bahasa Indonesia BSE Kurikulum 2013 untuk Kelas 10 dan 11 SMA • Ringkasan 24 Kaidah Penting dalam Menghafal Alqur’an dari Acara Musafir Ma’al Qur’an – Syeikh. Fahd Al Kandarie. • Download Ringkasan Materi Fiqih 8 MTs Semester Satu • Download Aplikasi Penilaian dan Rapor Kurikulum 2013 untuk MI - MTs dan MAGagasan pokok adalah sebuah pernyataan inti dari suatu paragraf. Gagasan pokok juga disebut sebagai ide pokok atau pokok pikiran, yaitu inti pembahasan dalam sebuah pernyataan kalimat.

Kalimat yang mengandung gagasan pokok adalah bernama kalimat utama atau kalimat topik. Dalam beberapa paragraf gagasan pokok sering terletak pada kalimat utama yang ada di awal dan simpulan paragraf.

Namun bisa jadi gagasan pokok juga terletak di kedua tempat tersebut, yaitu di awal dan akhir paragraph sekaligus atau di tengah paragraf.

Oleh sebab itu gagasan pokok ini bisa berupa kalimat deduktif, induktif, maupun campuran. Pada paragraph induktif, gagasan pokok ditandai dengan kata-kata kunci seperti, sebagai kesimpulan, yang penting, oleh karena itu, dengan demikian, dan lain-lain. Ciri-ciri gagasan pokok adalah sebagai berikut : 1. Mengandung topik permasalahan. 2. Biasanya berupa satu kalimat lengkap. 3. Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.

4. Dibentuk tanpa kata sambung maupun transisi. Bagaimana cara menentukan gagasan pokok suatu paragraf? Gagasan pokok pada suatu paragraf dapat kita temui melalui 2 cara yaitu 1. Pertama, membaca paragraf dengan cermat Jika sudah dibaca secara keseluruhan, jawablahh pertanyaan “ Apa” yang sedang dibahas? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah menjadi gagasan pokoknya.

2. Kedua, temukan Kalimat utama Selanjutnya kalian harus menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Jika kalimat utama sudah ketemu, lanjut carilah inti kalimat utama tersebut dengan mengambil subjek dan predikatnya saja, kemudian simpulkan gagasan-gagasan utamanya. Contoh gagasan pokok Temukan gagasan pokok dan gagasan penjelas setiap paragraf dalam Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup Paragraf 1 Gagasan pokok : Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka.

Gagasan penjelas : Kejadian demi kejadian yang dialami di dalam negeri telah memberi dampak yang sangat besar. Tidak sedikit kerugian yang dialami, termasuk nyawa manusia. Namun, hal yang perlu dipertanyakan, apakah pengalaman tersebut sudah cukup menyadarkan manusia untuk melihat kesalahan dalam dirinya? Ataukah manusia justru merasa lebih nyaman dengan sikap menghindar dan menyelamatkan diri dengan tidak memberikan solusi yang lebih baik dan lebih tepat lagi?

Paragraf 2 Gagasan pokok : Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Gagasan penjelas : Upaya yang dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang alam dan menanamkan budaya pelestari. Paragraf 3 Gagasan pokok : Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan terjadi.

Gagasan penjelas : Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya. Lama-kelamaan tangisan terhadap nasib itu terlupakan dan dianggap sebagai embusan angin yang berlalu. Bekas tangisan karena efek dari kerusakan lingkungan yang dialaminya hanya tinggal menjadi suatu memori untuk dikisahkan.

Namun, perlu diingat bahwa tidaklah cukup jika manusia hanya sebatas menangisi nasibnya, tetapi pada kenyataannya tidak pernah sadar bahwa semua kejadian tersebut adalah hasil dari perilaku dan tindakan yang patut diperbaiki dan diubah. Paragraf 4 Gagasan pokok : Setiap peristiwa dan kejadian alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan hidup merupakan suatu pertanda bahwa manusia mesti sadar dan berubah. Gagasan penjelas : Upaya rekonsiliasi menjadi suatu sumbangan positif yang perlu disadari.

Tanpa sikap rekonsiliasi, kejadian-kejadian alam sebagai akibat kerusakan lingkungan hidup hanya akan menjadi langganan yang terus-menerus dialami. Paragraf 5 Gagasan pokok : Lalu, usaha manusia untuk selalu menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup tersebut hendaknya bukan dipahami sebagai suatu kenyamanan saja.

Gagasan penjelas : Akan tetapi, justru kesempatan itu menjadi titik tolak untuk memulai suatu perubahan. Perubahan untuk dapat mencegah dan meminimalisasi efek yang lebih besar. Jadi, sikap rekonsiliasi dari pihak manusia dapat memungkinkannya melakukan perubahan demi kenyamanan di tengah-tengah lingkungan hidupnya. Paragraf 6 Gagasan pokok : Salah satu akar permasalahan seputar kerusakan lingkungan hidup adalah gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat pergeseran pemahaman manusia tentang alam.

Gagasan penjelas : Berbagai fakta kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di tanah air adalah hasil dari suatu pergeseran pemahaman manusia tentang alam. Cara pandang tersebut melahirkan tindakan yang salah dan membahayakan. Misalnya, konsep tentang alam sebagai objek. Konsep ini memberi indikasi bahwa manusia cenderung untuk mempergunakan alam seenaknya.

Tindakan dan perilaku manusia gagasan utama paragraf dapat ditentukan melalui kalimat mengeksplorasi alam terus terjadi tanpa disertai suatu pertanggungjawaban bahwa alam perlu dijaga keutuhan dan kelestariannya.

Simak penjelasan lengkap video di bawah ini yah !

Bagian 1 Bab Teks Eksposisi




2022 www.videocon.com