Sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono memberikan tanggapan soal dirinya yang disebut-sebut akan menjadi calon penjabat (pj) Gubernur DKI Jakarta usai masa jabatan Anies Baswedan berakhir.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Menurut Heru masa jabatan Gubernur DKI Jakarta selesai pada akhir 2022. "Masa jabatan gubernur DKI masih (sampai) akhir 2022. Masih lama," ujar Heru saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (6/1/2022). "Tentunya banyak calon-calon yang mungkin lebih pantas. Biasanya dari pejabat Kementrian Dalam Negri (Kemendagri)," tambahnya. Diberitakan sebelumnya, nama Heru Budi Hartono santer disebut bakal menjadi calon Pj. untuk menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Mengenal Sosok Heru Budi Hartono yang Disebut-sebut Jadi Calon Kuat Penjabat Pengganti Anies Adapun masa jabatan Anies beserta wakilnya, Ahmad Riza Patria, akan habis pada Oktober 2022 mendatang. Setelah masa jabatannya habis, posisi gubernur akan diisi oleh Pj yang dipilih melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kemudian diusulkan ke Presiden Joko Widodo.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P) Gembong Warsono menilai Heru adalah sosok yang sangat mengenal DKI Jakarta.

Kriteria semacam itu, kata dia, diperlukan bagi seorang Pj di DKI Jakarta, mengingat masa menjabatnya akan cukup lama, yakni sejak Oktober 2022 hingga 2024.

"Kalau secara pribadi, Pak Heru baik, penguasaan persoalan Jakarta saya kira oke.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Tapi apakah pilihan jatuh kepada Pak Heru? Kan kita enggak tahu," kata Gembong. Namun, Gembong belum bisa memastikan apakah Heru menjadi calon kuat Pj DKI Jakarta. "Soal sosok tentunya presiden lebih memahami," kata Gembong saat dihubungi, Kamis (6/1/2022). Cerita Korban Wanprestasi Yusuf Mansur dkk, Harapan Punya Usaha Pupus, Investasi Berujung Buntung https://megapolitan.kompas.com/read/2022/01/07/05430021/cerita-korban-wanprestasi-yusuf-mansur-dkk-harapan-punya-usaha-pupus https://asset.kompas.com/crops/wv4o-Y0qITbvMlNoOOFybJsmeQI=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2022/01/06/61d691b55d770.jpg "Program-program strategis di pemerintahan Provinsi dan Kabupaten, Kota tetap berjalan dengan kehadiran para Pejabat itu sebagaimana fungsi dan tugas Gubernur yg sudah berakhir masa jabatannya sesuai dengan asas asas pemerintahan yang baik.

Para Pejabat tidak boleh berpolitik, tidak boleh punya kepentingan politik terlebih memihak ke parpol," pungkasnya.[ tribunnews]
JAKARTA, KOMPAS.com - Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Sementara itu, penentuan kepala daerah di Jakarta melalui proses pemilihan umum baru akan terlaksana pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 mendatang.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian diberi wewenang untuk menentukan sosok yang akan mengisi kosongan jabatan Gubernur DKI sementara waktu, pada periode 2022 hingga 2024. Nama Heru Budi Hartono pun disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat yang akan menggantikan Anies di kursi nomor 1 di DKI. Baca juga: Disebut Jadi Calon Kuat Pengganti Anies, Ini Kata Heru Budi Hartono Ketua Fraksi PDI-P DKI Gembong Warsono menilai, Heru adalah sosok yang sangat mengenal Jakarta sehingga layak diangkat menjadi pengganti Anies.

Untuk diketahui, sebelum ditarik Jokowi ke Istana, Heru sudah malang melintang di lingkungan kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara pada 2014.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Kemudian, Heru menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) DKI Jakarta. Selain itu, Heru juga pernah hampir mengikuti Pilkada DKI Tahun 2017 untuk mendampingi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Baca juga: Soal Calon Penjabat Gubernur DKI, Gerindra: Selain Heru Budi, Banyak yang Patut Dipertimbangkan "Kalau secara pribadi, Pak Heru baik, penguasaan persoalan Jakarta saya kira oke.

Tapi apakah pilihan jatuh kepada Pak Heru?

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Kan kita enggak tahu," kata Gembong. Dihubungi secara terpisah, Heru mengatakan bahwa ia sepenuhnya menyerahkan keputusan mengenai hal tersebut kepada pimpinannya, yang tak lain adalah Presiden Jokowi. Nasib Warga Bekasi, Wali Kota dan Bupati Sama-Sama Terjerat Korupsi.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/01/07/16270981/nasib-warga-bekasi-wali-kota-dan-bupati-sama-sama-terjerat-korupsi https://asset.kompas.com/crops/FzkfMAbyRz6lwpLeCitXUj8i2L8=/0x0:4054x2703/195x98/data/photo/2022/01/06/61d6dcb3f2ac5.jpg JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menilai, masih banyak kandidat potensial lain yang mampu menggantikan Anies Baswedan sebagai penjabat Gubernur DKI Jakarta dibandingkan Heru Budi Hartono.

Hal itu dilontarkan Habiburokhman menanggapi wacana Kepala Sekretariat Presiden itu dicalonkan sebagai penjabat Gubernur DKI tahun ini. "Selain Heru Budi, banyak pejabat lain yang patut dipertimbangkan, baik di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) maupun para mantan wali kota di DKI Jakarta," kata Habiburokhman saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Anggota Komisi III DPR itu enggan mengomentari lebih jauh terkait sosok Heru Budi ataupun sosok calon penjabat lain yang cocok menggantikan Anies.

Baca juga: PPP Tak Keberatan Jika Jokowi Tunjuk Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Menurut dia, percuma hal itu dibicarakan atau ditanyakan. Sebab, hingga kini belum ada aturan yang mendetail terkait penunjukan sosok penjabat pengganti Gubernur DKI pada 2022. "Percuma bicara sosok siapa yang cocok penjabat Gubernur DKI 2022 sebelum detailing aturan penunjukan rampung dibuat.

Sebab, di UU Nomor 10 Tahun 2016, kewenangannya mutlak di tangan presiden, bukan diusung oleh partai politik dan dipilih rakyat," jelasnya. Habiburokhman melanjutkan, karena aturan belum rampung, dikhawatirkan penjabat gubernur bakal kesulitan untuk bekerja maksimal memimpin daerah ke depan.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Pasalnya, dia berpendapat bahwa penjabat itu akan dianggap kurang legitimasi lantaran belum lengkapnya aturan penunjukan tersebut. Kendati demikian, untuk mereduksi masalah tersebut, sebaiknya dibuat instrumen semacam TPA atau Tim Penilai Akhir. "Nantinya, menilai dan merekomendasikan nama-nama calon penjabat untuk kemudian ditentukan oleh presiden," pungkasnya.

Baca juga: Mengenal Sosok Heru Budi Hartono yang Disebut-sebut Jadi Calon Kuat Penjabat Pengganti Anies Berita Terkait Komisi II: Penjabat Kepala Daerah Harus Paham Pemerintahan 101 Kepala Daerah Habis Masa Jabatan 2022, Penjabat Diminta Bisa Kerja Sama dengan Sosok heru budi Masa Jabatan 101 Kepala Daerah Habis Tahun Ini, Hindari Kepentingan Politik Saat Pengisian Penjabat Deretan Penjabat Kepala Daerah yang Bisa Gantikan Anies Baswedan dan 6 Gubernur Lain Ini Kriteria Penjabat Pengganti Anies Periode 2022-2024 Versi Fraksi PDI-P Berita Terkait Komisi II: Penjabat Kepala Daerah Harus Paham Pemerintahan 101 Kepala Daerah Habis Masa Jabatan 2022, Penjabat Diminta Bisa Kerja Sama dengan DPRD Masa Jabatan 101 Kepala Daerah Habis Tahun Ini, Hindari Kepentingan Politik Saat Pengisian Penjabat Deretan Penjabat Kepala Daerah yang Bisa Gantikan Anies Baswedan dan 6 Gubernur Lain Ini Kriteria Penjabat Pengganti Anies Periode 2022-2024 Versi Fraksi PDI-P 5 Dugaan Korupsi Anggaran DKI Zaman Ahok yang Dilaporkan ke KPK https://nasional.kompas.com/read/2022/01/07/12455171/5-dugaan-korupsi-anggaran-dki-zaman-ahok-yang-dilaporkan-ke-kpk https://asset.kompas.com/crops/P-91eQcMrNZ_sMuTrWO2QfEoTrQ=/353x376:4731x3294/195x98/data/photo/2019/10/20/5dac5d3f49756.jpg
JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Heru Budi Hartono santer disebut-sebut bakal menjadi calon Penjabat (Pj) untuk menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Adapun masa jabatan Anies beserta wakilnya, Ahmad Riza Patria, akan habis pada Oktober 2022 mendatang. Setelah masa jabatannya habis, posisi gubernur akan diisi oleh Pj yang dipilih melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kemudian diusulkan ke Presiden Joko Widodo.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

Baca juga: Tujuh Gubernur Habis Masa Jabatan pada 2022, Siapa Saja Mereka? Dilansir dari TribunJakarta.com, Heru saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Sebelumnya, pada 2014 lalu ia juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara. Kemudian ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) DKI Jakarta. Selain itu, Heru juga pernah hampir mengikuti Pilkada DKI Tahun 2017 untuk mendampingi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca juga: Heru Budi Hartono Dilantik Menjadi Kepala Sekretariat Presiden Hingga akhirnya, Ahok memutuskan untuk memilih Djarot Syaiful Hidayat sebagai wakilnya di Pilkada DKI 2017. Disebut calon kuat Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P) Gembong Warsono menilai Heru adalah sosok yang sangat mengenal DKI Jakarta.

Kriteria semacam itu, kata dia, diperlukan bagi seorang Pj di DKI Jakarta, mengingat masa menjabatnya akan cukup lama, yakni sejak Oktober 2022 hingga 2024. "Kalau secara pribadi, Pak Heru baik, penguasaan persoalan Jakarta saya kira oke.

sosok heru budi, disebut-sebut calon kuat pengganti anies sebagai penjabat gubernur dki

tapi apakah pilihan jatuh kepada Pak Heru? kan kita enggak tahu," kata Gembong. Namun, Gembong belum bisa memastikan apakah Heru menjadi calon kuat Pj DKI Jakarta. "Soal sosok tentunya presiden lebih memahami," kata Gembong saat dihubungi, Kamis (6/1/2022). Eko Herwiyanto Tersangka Kasus Mafia Tanah Baru Sebulan Menjabat Kadishub Depok https://megapolitan.kompas.com/read/2022/01/06/19131551/eko-herwiyanto-tersangka-kasus-mafia-tanah-baru-sebulan-menjabat-kadishub https://asset.kompas.com/crops/WMJgA3ziL85BiuIcqbgGnwhmjwo=/0x0:900x600/195x98/data/photo/2019/01/22/4091862233.jpg

Soal PJ Gubernur Pengganti Anies, PDIP Langsung Sebut Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono




2022 www.videocon.com