Induk organisasi renang indonesia adalah

induk organisasi renang indonesia adalah

Renang merupakan sebuah cabang olahraga, memiliki induk organisasi dalam skala Nasional maupun internasional (Indonesia dan Dunia). Olaharga, Organisasi.co.id Akan kita temukan banyak orang yang memiliki kemampuan untuk mengapungkan diri pada air. Dan ini tentu menjadi keahlian pada banyak orang terutama yang secara geografis dekat dengan: sungai, danau, lau atau kolam renang.

Bacaan Lainnya • Atlet Renang Tercantik: Federasi dan Ukuran Kolam • Gerak Langkah Senam Irama: Definisi dan 2 Tipsnya • Persatuan Gulat Seluruh Indonesia: 7 Sejarah dan Tata Cara Permainan Apa pengertian Renang? Renang merupakan usaha untuk mengapungkan maupun mengangkat tubuh pada permukaan laut, yaitu dengan menggerakkan bagian tubuh berupa tangan, kaki dan kepala.

Dengan menggunakan teknik-teknik renang berupa: nafas, induk organisasi renang indonesia adalah serta meluncur. Sementara Definisi menurut pakar, yaitu: • Renang merupakan kegiatan olahraga yang terlaksana pada permukaan air, baik berupa air tawar maupun air laut (Ama Abdullah: 1981).

• Suatu aktifitas yang memanfaatkan tubuh berupa tangan dan kaki sehingga mengapung pada permukaan air (Budiningsih: 2010). Dari pengertian tersebut dapat mengambil kesimpulan bahwa renang adalah sebuah aktifitas mengapung pada permukaan air. Daftar Isi • Sejarah Renang • Sejarah Renang Tanah Air • Induk Organisasi Renang • Sejarah Induk Renang Dalam Organisasi Internasional • Perjalanan Federasi (Induk) Renang Indonesia • Peraturan Renang • Gaya Renang Yang Masuk Olimpiade • Teknik Dasar Berenang Sejarah Renang Kegiatan renang merupakan induk organisasi renang indonesia adalah manusia sejak zaman purba, bahkan bersamaan dengan kelahiran manusia pada muka bumi.

Hanya saja kegiatan renang tersebut masih mereka lakukan pada alam bebas, seperti laut, sungai, dan danau. Kemudian, setelah perkembangan manusia yang semakin pesat, sehingga memiliki kemampuan untuk rekayasa alam, seperti membuat tempat penampungan air berupa kolam. Kerajaan pada zaman lampau, menciptakan kolam renang dalam istana kerajaan dengan tugas para selir mendampingi raja pada saat berenang.

Aktifitas yang tercatat dalam sejarah pada Negara Inggris tepatnya London pada tahun 1837. Membangun 6 buah kolam dalam kota. Selanjutnya pada tahun 1869 berdiri berapa assosiasi maupun klub renang untuk mengakomodir para perenang tersebut. Pada tahun 1896, olahraga ini menjadi sebuah olahraga yang masuk dalam cabang pertandingan olahraga Athena. Penerimaan publik kepada olahraga tersebut membuat cabor (cabang olahraga) ini berkembang dengan pesat, sehingga seluruh dunia dan negara juga mengembangkan olahraga ini.

Termasuk Indonesia. Kery Anne Payne, Atlit Renang Inggris, salah satu perenang yang memiliki banyak penggemar kamera (Foto: Kaskus.co.id) Sejarah Renang Tanah Air Tepatnya Kota Bandung terbangun kolam Cihampelas pada tahun 1904, selanjutnya beberapa kota besar lainnya juga ikut membangun kolam seperti jakarta, Surabaya, Makassar dan beberapa daerah lainnya.

Abad ke XIX tersebut menjadi awal pembuatan lokasi renang, namun tidak berarti bahwa orang Indonesia mengenal renang pada tahun 1904 tersebut. Sebab Indonesia sebagai Negara Maritim dengan terdapatnya banyak pulau, menjadikan penduduk Indonesia sangat dekat dengan laut sehingga kemampuan berenang mereka tangguh semenjak dahulu kala. Hal ini bisa kita lihat dengan kemampuan berenang dan menyelam salah satu suku, yakni Suku Bajau (Bajo) yang menjadikan laut seperti daratan.

Mereka memiliki kemampuan mengapung pada air yang sangat luar biasa.

induk organisasi renang indonesia adalah

Secara tradisional dengan modern, terletak perbedaan pada lokasi berenang, yang tradisional mereka lakukan induk organisasi renang indonesia adalah alam terbuka. Sementara pembelajaran renang modern adalam mereka melakukan pada kolam renang. Sehingga ketika membahas proses belajar renang modern maka tepat pada tahun 1904 tersebut bermula cabang olahraga ini mulai tersosialisasikan.

Sejalan dengan hal tersebut, berdiri pula wadah sebagai induk renang. Demi mengakomodir mereka dalam lembaga yang menjadi cabang olahraga modern tersebut. Induk Organisasi Renang Apa nama Induk organisasi renang di indonesia dan Dunia? Maka jawabannya Induk Organisasi buat para perenang adalah dalam skala dunia dan skala nasional.

Sejarah Induk Renang Dalam Organisasi Internasional Pada skala internasional atau dunia terdapat induk organisasi untuk para perenang, yaitu FINA merupakan singkatan dari Fédération Internationale de Natation. Dalam bahasa Indonesia berarti Federasi Dunia Renang. FINA berdiri pada 17 Juli 1908, dan Kota Manchester London, Inggris menjadi saksi deklarasi tersebut. Hal itu bertepatan dengan berakhirnya Olimpiade London. Deklarasi pada kota tersebut sebagai awal berdirinya federasi renang dunia.

Dengan pendiri Britania Raya, Belgia, German, Finlandia, Hongaria, Perancis dan Denmark. Selain untuk wadah perenang, FINA juga merupakan induk internasional Polo Air, serta “ibu kandung” Senam Air, Renang Indah, juga payung pada para perenang perairan terbuka.

Perjalanan Federasi (Induk) Renang Indonesia Sebagai penjelasan sebelumnya, bahwa Pembuatan kolam renang tahun 1900an menjadi tonggak awal tersosialisasi dengan cara terorganisir daripada olahraga renang tersebut. Maka pertemuan para perenang, mengorganisasi mereka kedalam Bandungse Zwembond atau Perserikatan Perenang Bandung, berdiri pada tahun 1917.

Virus federasi berkembang hingga ke Jakarta, sehingga pada Ibu Kota Negara tersebut juga mendirikan persatuan para perenang. Pada tahun 1927 berdiri pula pada Kota Kembang Bandung, Surabaya (Jawa Timur) pula mendirikan pada tahun yang sama. Hal itu terus berkembang hingga pada tahun 1942 – 1945, kegiatan renang ini berkembang pesat. Berbeda dengan kegiatan Senam. Pada masa pendudukan penjajah Jepang Senam menjadi olahraga terlarang, tapi Renang menjadi olahraga yang terdorong oleh pemerintah Jepang.

induk organisasi renang indonesia adalah

(Baca juga organisasi lain: Sejarah Induk Organisasi Senam Indonesia Dan Dunia). Tepat pada 21 Maret 1951, maka lahirlah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia yang selanjutnya tersingkat PBSI. Pada tahun 1959, PBSI berubah nama menjadi PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Sebab memiliki persamaan singkatan dengan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Untuk membedakannya maka PBSI versi renang menjadi PRSI. Pada tahun 1952, bergabung pada induk atau federasi renang dunia, yakni organisasi FINA. Salah Satu perenang Dunia, Bertanding Pada Salah Satu Gaya Renang (Foto:Umm.ac.id) Peraturan Renang Renang memiliki seperangkat aturan, yakni: • Pakaian Renang, • Pelampung, • Kacamata, • Kolam Renang, • Pengukur Waktu, • Lintasan Renang, • Balok Start Pakaian Renang, adalah pakaian yang harus terpakai oleh para perenang sebelum memasuki kolam renang.

Induk organisasi renang indonesia adalah bentuk ketat membalut fisik. Demi memudahkan perenang dalam hal bergerak. Pelampung, adalah alat yang membuat perenang dapat mengapung saat berlatih. Kacamata, berfungsi melindungi mata agar tidak terkena air, dalam hal kegiatan renang maka standarisasi kacamata merupakan standar internasional.

Kolam Renang, Ukuran panjang kolam renang terdiri dari ukruan pendek dan panjang, yakni pendek berukuran 25 meter. Sementara itu yang berukuran panjang 50 meter. Pengukur Waktu atau Stopwatch, Untuk mengukur kecapatan perenang maka pada bagian sisi kolam terpasang pengukur waktu dengan ketebalan sekira 1 cm. Elastis ketika tertekan akan memberikan hasil kecepatan para perenang, saat membalikkan ataupun Finish.

Lintasan Renang, merupakan batas antara perenang satu dengan perenang lainnya. Dengan lebar kurang lebih 2,5 meter. Balok start, merupakan tumpuan awal pada para perenang, yang memiliki fungsi mengukur waktu start perenang tersebut. Apakah sesuai aba-aba, ataukah melakukan curi start. Gaya Renang Yang Masuk Olimpiade Renang adalah olahraga yang masuk cabang olahraga pertandingan, sementara induk organisasi renang indonesia adalah dalam Olimpiade, terdapat beberapa induk organisasi renang indonesia adalah, yaitu: • Bebas, • Gaya Kupu-kupu, • Gaya Punggung, • Dada, • Gaya Ganti Perorangan, • Ganti Estafet, • Gaya Bebas Estafet, • Marathon.

Teknik Dasar Berenang Sebelum masuk kedalam kolam renang, terdapat beberapa teknik yang harus menjadi perhatian bagi para perenang, yakni teknik renang. Adapun teknik dasar renang, yaitu: • Pernapasan, • Teknik Mengapung, • Teknik Meluncur Lebih Awal Teknik pernapasan pada saat berenang, merupakan teknik paling dasar, sebab cara mengatur nafas sangat mempengaruhi kualitas renang. Caranya adalah melakukan latihan dengan berdiri pada sisi kolam, tarik nafas dengan hidung, tahan nafas kemudian masukkan kepala kedalam air, lalu buang udara melalui mulut.

Ulangi latihan ini beberapa kali, hingga mengetahui irama menarik nafas, menahan dan memasukkan kepala kedalam air dan membuangnya. Teknik Mengapung, banyak yang berhenti belajar berenang karena tidak menguasai teknik ini.

Sehingga mereka tenggelam kedalam dasar kolam. Pada saat mempelajari teknik ini, maka lebih awal isi dada dengan udara, cobalah untuk mengapung. Rumusnya, jika tubuh berisi banyak udara, maka tubuh akan mengapung.

Sesuai dengan hukum udara bertemu air. Pelajari teknik ini hingga beberapa kali dan menemukan teknik mengapung yang sesuai. Namun kendalikan emosi dan pikiran. Sebab pikiran yang berat, akan mempengaruhi kemampuan mengapung bagi seorang amatir. Teknik Meluncur, merupakan teknik untuk bergerak, maka ini berhubungan dengan gerakan tangan, dan kaki dalam bergerak mendorong tubuh.

Tetap pada posisi mengapung. Kelihaian dalam menggerakkan tangan dan kaki serta pengaturan posisi badan mempengaruhi kecepatan saat meluncur. Demikian materi dasar tentang Renang, Induk Organisasi Nasional serta Internasional. Organisasi lain, Induk Organisasi Dunia Olahraga, 71 Nasional Dan Internasional. KOMPAS.com - Seperti cabang olahraga lain, renang juga memiliki induk organisasi. Induk olahraga renang dunia adalah Federation Internationale de Natation (FINA) yang dibentuk pada tahun 1908 di London, Inggris.

Delapan federasi nasional bertanggung jawab atas pembentukan FINA yaitu Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Inggris Raya, Hungaria, dan Swedia. Lalu, apa induk olahraga renang Indonesia?

Di Tanah Air, induk olahraga renang Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia, disingkat PRSI. Dikutip dari situs resmi PRSI, Persatuan Renang Seluruh Indonesia adalah organisasi yang mengatur olahraga renang di Indonesia.

Baca juga: Start Renang: Gaya Dada, Bebas, Punggung, dan Kupu-kupu PRSI dibentuk pada tanggal 21 Maret 1951 dengan ketua umun pertama adalah Prof. dr. Poerwo Soedarmo dan saat ini telah terbentuk di 34 Provinsi seluruh Indonesia. PB (Pengurus Besar) PRSI didirikan berdasarkan akte pendirian didepan notaris Irmawati Habie SH, Jl.

Dewi Sartika No 1-2 Jakarta Timur dengan No 01 tanggal 5 Maret tahun 2012. PB PRSI diketuai oleh seorang Ketua Umum yang dipilih oleh pengurus induk organisasi provinsi dalam induk organisasi renang indonesia adalah Munas yang dilaksanakan setiap empat tahun diakhir masa periode dengan struktur organisasi sebagai berikut: • Waketum I (bidang organisasi). • Waketum II Binpres yang terdiri dari komisi teknik.

• Waketum III adalah bidang dana dan usaha, humas media dan promosi, serta bidang sarana dan prasarana. • Waketum Induk organisasi renang indonesia adalah bidang Kerjasaman Luar Negeri.

• Waketum V bidang Iptek. Baca juga: Renang: Sejarah, Macam-macam Gaya, dan Manfaat Untuk melaksanakan operasional administrasi sehari-hari dibantu oleh kesekretariatan yang dipimpin oleh Sekjen. Adapun, PB PRSI mempunyai ruang lingkup kegiatan menyelenggarakan kejuaraan olahraga akuatik antara lain: • Kejurnas Renang • Kejurnas Polo Air • Kejurnas Loncat Indah • Kejurnas Renang Indah • Kejurnas Renang Perairan Terbuka • Kejurnas Master Visi Misi PRSI Baca juga: Teknik Dasar Renang Gaya Bebas untuk Pemula Visi PRSI Membangun Karakter dan Mengharumkan Nama Bangsa Melalui Olahraga Akuatik.

Misi PRSI • Memasyarakatkan olahraga renang sebagai kebutuhan hidup dasar • Menjadikan olahraga renang sebagai gaya hidup sehat • Mendorong lahirnya atlet-atlet akuatik yang berprestasi • Merangkul semua pihak dalam mengembangkan olahraga akuatik • Memastikan perbaikan kualitas sumber daya manusia yang merata di semua daerah
Sejarah Renang dan Induk Organisasi Renang Indonesia dan Dunia – Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam kejuaraan Dunia seperti olimpiade.

Renang mempunyai Induk organisasi Dunia atau Internasional, Induk organisasi renang dunia adalah Fédération Internationale de Natation, disingkat FINA yang bermarkas di Laussane, Swiss.

Induk Organisasi Renang Dunia Daftar Isi • Sejarah Renang : • Sejarah Renang Dunia : • Induk Organisasi Renang Dunia : • Kejuaraan Dunia FINA : • Sejarah Renang di Indonesia : • Induk organisasi renang Indonesia : • Ketua Umum PRSI hingga Saat Ini : Sejarah Renang : Berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang sejarahnya di Dunia dan Indonesia.

Sejarah Renang Dunia : Sejarah Renang dimulai dari perlombaan yang diadakan di benua Eropa pada tahun 1800.

Pada perlombaan ini jenis gaya renang yang sebagian besar digunakan oleh perenang adalah gaya dada. Namun pada tahun 1873 ditemukan gaya renang yang bernama gaya trudgen yang ditemukan oleh John Arthur Trudgen. Gaya Trudgen ini diadopsi dari gaya bebas yang dilakukan suku Indian saat berenang.

Namun gaya ini dirubah menjadi gerakan kaki menggunting seperti renang gaya samping, hal ini dikarenankan orang Inggris tidak suka banyak percikan air saat melakukan gaya trudgen.

Renang pertama kali masuk dalam pagelaran Olimpiade pada tahun 1896 yang berlangsung di Athena. Sedangkan untuk kategori putri masuk Olimpiade pada tahun 1912 di Stockholm, Swedia. Untuk pembentukan FINA atau Federation Internationale De Natation De Amateur pada tahun 1908 di Inggris. Untuk Sejarah Gaya Bebas pertama kali diperkenalkan secara resmi tahun 1902 oleh Richard Cavill. Sedangkan untuk Gaya kupu-kupu diperkenalkan tahun 1930, meskipun sudah diperkenalkan namun gaya ini dianggap masih dalam bagian gaya dada.

Akhirnya pada tahun 1952 gaya kupu-kupu dianggap sebagai gaya renang tersendiri. Induk Organisasi Renang Dunia : Induk organisasi renang indonesia adalah organisasi renang dunia ini didirikan pada 19 Juli 1908 di sebuah hotel Manchester, pendirian FINA ini bertepatan dengan diadakannya Olimpiade London 1908.

Saat ini FINA didirikan pertama kali oleh delapan negara yaitu Jerman, Belgia, Denmark,Britania Raya, Finlandia, Perancis, Hongaria, dan Swedia. Namun saat ini Anggota FINA menjadi 197 negara dari seluruh dunia.

Kejuaraan Dunia FINA : Selam, Renang, Renang perairan terbuka, Renang indah, dan Polo air. Kolam yang dipakai untuk pertandingan adalah kolam renang dengan panjang lintasan 50 m.

Kejuaraan Dunia Renang FINA (25 m). Kejuaraan Dunia FINA khusus renang di kolam renang lintasan pendek 25 m. Kejuaraan ini diadakan setiap dua tahun sekali pada tahun genap. Kejuaraan tahunan FINA: • Liga Dunia Polo Air. • Piala Dunia Polo Air FINA. • Piala Dunia Renang FINA. • Diving Grand Prix. • Piala Dunia Marathon: • Grand Prix Perairan Terbuka FINA: lomba renang di atas 10 km.

• Piala Dunia Renang Marathon FINA 10 km. Kejuaraan lain : • Kejuaraan Dunia Renang Perairan Terbuka (tahunan). • Kejuaraan Dunia FINA Masters (dwitahunan). • Kejuaraan Renang Indah. • Kejuaraan Dunia Renang Kelompok Umur (dwitahunan, sejak Agustus 2006). • Kejuaraan Dunia Selam Junior.

Sejarah Renang di Indonesia : Tahun 1904 sebelum masa kemerdekaan sudah terdapat kolam renang yang indah di Cihampelas, Bandung. Namun kolam ini hanya diperuntukan kepada para bangsawan saja. Sebelum berdiri Persatuan Renang Seluruh Indonesia, banyak perserikatan yang berdiri terlebih dahulu diantaranya: • Bandungse Zwembond.

Artinya perserikatan Renang Bandung yang berdiri tahun 1917 dan membawahi perkumpulan renang sebanyak 7 komunitas seperti MULO, OSVIA, serta KWEEK SCHOOL. • West Java Zwembond. Perserikatan Renang Jawa Barat berdiri tahun 1918.

• Nederlands Indische Zwembond. Berdiri Tahun 1924 di Pasuruan dan mempunyai anggota resmi sebanyak 1200 pada tahun 1940. • West Java Zwembond. Perserikatan Berenang Jawa Timur Berdiri tahun 1927 yang anggotanya kota Surabaya, Kota Malang, Blitar, Kabupaten Pasuruan, dan Lumajang.

induk organisasi renang indonesia adalah

Pada tahun 1943-1945 masa penjajahan Jepang kolam renang dapat digunakan oleh masyarakat umum sehingga siapa saja diperbolehkan renang. Persatuan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) berdiri tahun 21 Maret 1951, sebelumnya renang Indonesia masih dibawah naungan Zwembond Voor Indonesia hingga 20 Maret 1951. Dalam sejarah terbentuknya PBSI yang kemudian berubah menjadi PRSI terjadi beberapa kongres berikut ini.

• Kongres PBSI Pertama. Tanggal 21 Maret 1951 di Jakarta yang menghasilkan pengukuhan kepada Prof. dr. Poerwo Soedarmo sebagai ketua. • Kongres PBSI Kedua. Dilaksanakan Tahun 1954 di Bandung dan menghasilkan pengurus baru yang diketuai oleh D. Seoprajogi. • Kongres PBSI Ketiga. Di Cirebon dan D. Seoprajogi. tetap menjadi ketua dengan tambahan 3 pengurus baru. • Kongres PBSI Keempat. Di Makassar pada tahun 1957 yang menghasilkan pengurus baru namun tetap diketuai oleh D.

Seoprajogi. Selain itu hasil lainnya adalah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia diganti dengan Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia. • Kongres PBSI Kelima. Di Malang yang meghasilkan perubahan nama dari Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) menjadi Perserikatan renang Seluruh Indonesia (PRSI), perubahan ini dikarenakan adanya induk organisasi lain yaitu PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia), untuk ketua tetap D. Seoprajogi. Induk organisasi renang Indonesia : Induk organisasi renang Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau yang disingkat PRSI.

Induk renang nasional ini didirikan pada tahun 21 Maret 1951 di Jakarta, yang saat itu bernama Persatuan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) dan diketuai oleh Prof. dr. Poerwo Soedarmo. Organisasi renang Indonesia saat ini diketuai oleh Sandiaga S. Uno. Pemilihan Sandiaga Uno dimulai pada tahun 2013 lalu.

Dalam bidang ini Indonesia sebenarnya cukup baik dengan memperoleh beberapa medali emas baik di seagames maupun asen games. Berikut ini beberapa pejabat yang pernah menjadi ketua PRSI. Lihat juga : Ukuran Kolam Renang Internasional Ketua Umum PRSI hingga Saat Ini : Kongres Lokasi Tahun Ketua 1 Jakarta 1951 Prof.

dr. Poerwo Soedarmo 2 Bandung 1954 D. Soeprajogi 3 Cirebon D. Soeprajogi 4 Makassar 1957 D. Soeprajogi 5 Malang D. Soeprajogi 6 Jakarta 1963 D. Soeprajogi 7 Jakarta 1968 D. Soeprajogi Poernomo Yusgiantoro Jakarta 2009 Hilmi Panigoro Bogor 2013 Sandiaga S. Uno Baca juga: Macam Macam Gaya Renang Sejarah renang Indonesia dan dunia di atas merupakan informasi terbaru yang diambil dari beberapa sumber seperti wikipedia.

Sekian artikel dari perpustakaan online perpustakaan.id Semoga bermanfaat. Categories Olahraga Post navigation Daftar isi • Induk Organisasi Renang Nasional • Sejarah Pembentukan Organisasi Renang di Indonesia • Induk Organisasi Renang Internasional • Daftar Ketua Umum FINA Induk Organisasi Renang Nasional induk organisasi renang indonesia Induk organsasi renang di Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau induk organisasi renang indonesia adalah PRSI.

Organisasi renang ini berdiri pada tanggal 21 Maret 1951 di Jakarta dengan ketua umum pertamanya adalah Prof. dr. Poerwo Soedarmo. Sejak sebelum kemerdekaan, sebenarnya olahraga renang sudah dikenal di Indonesia, namun hanya kalangan bangsawan dan penjajah saja yang dapat menikmati kolam renang. Sejarah Pembentukan Organisasi Renang di Indonesia Berikut ini urutan sejarah pembentukan organisasi renang di indonesia: • Tahun 1917: berdiri Perserikatan Berenang Bandung ( Bandungse Zwembond) induk organisasi renang indonesia adalah membawahi 7 perkumpulan, termasuk perkumpulan renang sekolah.

Pada tahun ini berdiri juga perkumpulan berenang lain di Jakarta dan Surabaya. • Tahun 1918: berdiri Perserikatan Berenang Jawa barat ( West Java Zwembond) • Tahun 1927: berdiri Perserikatan Berenang Jawa Timur ( Oost Java Zwembond) dan pertandingan antar daerah mulai diadakan. • Tahun 1940: Nederlands Indishce Zwembond atau NIZB memiliki 1200 perenang.

• 1943-1945: masa penjajahan Jepang, seluruh kolam renang dibuka untuk masyarakat umum. • Tahun 1951: pada tanggal 21 Maret lahir Persatuan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI), dan hasil kongres pertamanya dijakarta adalah mengukuhkan Prof.

dr. Poerwo Soedarmo sebagai Ketua umum pertamanya. • Tahun 1952: PBSI menjadi anggota resmi FINA ( Fédération Internationale de Natation) dan IOC ( International Olympic Committee). Pada tahun ini PBSI juga telah membawahi 29 perumpulan renang.

• Tahun 1954: berlangsung kongres PBSI ke II di Bandung, menghasilkan susunan pengurus dengan D. Seoprajogi sebagai ketua. • Tahun 1957: kongres PBSI ke IV di Makassar, hasil: memilih D. Seoprajogi sebagai ketua, dan penggantian kata Persatuan pada PBSI menjadi Perserikatan. • Tahun 1959: diadakan Kejuaraan Nasional Renang, pertamakalinya senior dan junior dipisah, di Malang.

• Kogres PBSI ke V: pemilihan pengurus baru dengan D. Seoprajogi masih sebagai ketua, dan penggantian nama Persatuan Induk organisasi renang indonesia adalah Seluruh Indonesia (PBSI) menjadi Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia (PRSI) • Tahun 1963: kongres PRSI ke VI; hasil: pemilihan pengurus baru dengan D. Seoprajogi masih sebagai ketua dan mengubah kembali istilah persatuan, sehingga PRSI merupakan singkatan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

• Tahun 1963: Indonesia mengundurkan diri dari pesta olahraga GANEFO dan mengundurkan diri sebagai anggota FINA. • Tahun 1966: Indonesia kembali menjadi anggota FINA, dan ikut abil bagian dalam ASIAN Games ke V di Bangkok. • Tahun 1968: kongres PRSI ke VII pada tanggal 24-27 April, ketua masih dijabat oleh D. Soeprayogi.

• Tahun 2009: PRSI diketuai oleh Hilmi Panigoro • Tahun 2013: PRSI diketuai oleh Sandiaga S.Uno Sampai dengan saat ini, meski belum bisa meraih medali di Olimpiade tetapi olahraga renang semakin berkembang di tanah air. Induk Organisasi Renang Internasional induk organisasi renang dunia Induk organisasi renang internasionl adalah Fédération Internationale de Natation yang disingkat FINA.

induk organisasi renang indonesia adalah

FINA didirikan oleh induk organisasi renang pada negara Belgia, Britania Raya, Swedia, Jerman, Finlandia, Hongaria, Perancis dan Denmark; pada tanggal 19 Juli 1908 di Hotel Manchester, London. Pendiriannya bertepatan dengan berakhirnya olimpiade London 1908. FINA diakui oleh Komite Olimpiade Internasional, dan bertugas untuk memajukan olahraga renang di seluruh dunia serta membuat aturan bagi berbagai kejuaraan renang. Kejuaraan Dunia FINA diadakan setiap dua tahun sekali, mencakup olahraga polo air, selam, renang, renang indah dan renang di perairan terbuka.

FINA memiliki 2 macam kongres, yaitu: • Kongres Umum ( General Congress): memutuskan semua persoalan pada tubuh FINA • Kongres Teknis ( Technical Congress): memutuskan masalah teknis sehubungan kejuaraan Renang.

Hasil kongres ini dapat dibatalkan olehh kongres umum. FINA memiliki Biro yang terdiri dari 22 anggota dewan perwakilan, dan bertugas untuk memilih pejabat eksekutif. Selain itu FINA juga memiliki beberapa komisi dan komite lain, misalnya: Komisi Kedokteran Olahraga, Komisi Teknis Renang atau Panel Antidoping. Sedangkan Ketua umum FINA umumnya dipilih setiap 4 tahun sekali. Daftar Ketua Umum FINA • Tahun 1908–1924: George Hearn – Britania Raya • Tahun 1924–1928: Erik Bergvall – Swedia • Tahun 1928–1932: Émile-Georges Drigny – Perancis • Tahun 1932–1936: Walther Binner – Jerman • Tahun 1936–1948: Harold Fern – Britania Raya • tahun 1948–1952: Rene de Raeve – Belgia • tahun 1952–1956: M.L.

Negri – Argentina • tahun 1956–1960: Jan de Vries – Belanda • tahun 1960–1964: Max Ritter – Jerman • tahun 1964–1968: William Berge Phillips – Australia • tahun 1968–1972: Javier Ostos Mora – Meksiko • tahun 1972–1976: Dr. Harold Henning – Amerika Serikat • tahun 1976–1980: Javier Ostos Mora (masa jabatan ke-2) – Meksiko induk organisasi renang indonesia adalah tahun 1980–1984: Ante Lambasa – Yugoslavia • tahun 1984–1988: Robert Helmick – Amerika Serikat • 1988–sekarang: Mustapha Larfaoui – Aljazair Pada awal pembentukannya FINA terdiri dari 8 anggota, dan seiring berjalannya waktu anggota FINA semakin bertambah.

Berikut list perkembangan anggota FINA dari masa ke masa: • 1908: 8 Negara • 1910: 15 Negara • 1928: 38 Negara • 1948: 53 Negara • 1958: 75 Negara • 1968: 98 Negara • 1978: 106 Negara • 1988: 109 Negara • 1999: 170 Negara • 2003: 184 Negara • 2008: 196 Negara Itulah organisasi yang selama ini memegang kendali atas perkembangan renang di tanah air dan juga dunia.

Melalui sejarah yang begitu panjang sampai renang sepopuler sekarang ini. Semoga kedepan makin banyak yang merasakan manfaat kesehatan olahraga renang. ARTIKEL LAINNYA • Macam Macam Gaya Renang • Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh • Renang Gaya Dada • Ukuran Kolam Renang • Teknik Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya Lengkap • Renang : Pengertian, Manfaat, Prinsip dan Gaya Renang • Top 15 Judul Game Lomba Renang Android yang Wajib Kamu Mainkan • Cymera: Sulap Foto Makin Cantik dan Mempesona
• العربية • বাংলা • Català • Čeština • Dansk • Deutsch • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Français • Galego • עברית • Hrvatski • Magyar • Íslenska • Italiano • 日本語 • ქართული • Қазақша • 한국어 • Lietuvių • Македонски • Bahasa Melayu • Nederlands • Norsk bokmål • Polski • Português • Русский • Slovenčina • Shqip • Српски / srpski • Svenska • தமிழ் induk organisasi renang indonesia adalah ไทย • Türkçe • Татарча/tatarça • Українська • Tiếng Việt • 吴语 • 中文 Jumlah anggota 197 negara Ketua Dr.

Julio Maglione Situs web Situs resmi Federasi Renang Internasional ( Fédération Internationale de Natation, disingkat FINA) adalah induk organisasi internasional olahraga renang. Organisasi ini diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

[1] Selain renang, FINA juga merupakan induk organisasi internasional polo air, selam, renang indah, dan renang perairan terbuka. Markas besar FINA berada di Lausanne, Swiss. Induk organisasi olahraga renang, renang perairan terbuka, selam, polo air, dan renang indah di setiap negara dan teritori berhak menjadi anggota FINA.

Selain mengadakan kejuaraan internasional dan regional, FINA berusaha memajukan olahraga renang di seluruh dunia, antara lain dengan menambah jumlah fasilitas olahraga renang. FINA bertugas membuat peraturan internasional untuk kejuaraan renang, renang perairan terbuka, selam, polo air, dan renang indah.

[2] Daftar isi • 1 Struktur organisasi • 2 Anggota • 3 Sejarah • 4 Kejuaraan • 4.1 Kejuaraan Dunia FINA • 4.2 Kejuaraan Dunia Renang FINA (25 m) • 4.3 Kejuaraan lain • 4.4 Kejuaraan tahunan • 5 Referensi • 6 Pranala luar Struktur organisasi [ sunting - sunting sumber ] Anggota FINA bertemu dalam pertemuan reguler yang disebut Kongres.

Kongres FINA terdiri dari Kongres Umum dan Kongres Teknis. Kongres Umum ( General Congress) berwenang memutuskan semua persoalan di dalam FINA. Kongres Teknis ( Technical Congress) memutuskan semua masalah teknis yang berkaitan dengan kejuaraan renang. Keputusan Kongres Teknis bisa dibatalkan oleh Kongres Umum. Biro FINA yang beranggotakan 22 anggota dewan perwakilan bersidang untuk memilih pejabat eksekutif.

[3] Selain itu, FINA juga memiliki berbagai komite dan komisi, seperti: Komisi Teknis Renang, Panel Antidoping, dan Komisi Kedokteran Olahraga. [4] Ketua Umum Nama Negara Masa jabatan George Hearn Britania Raya 1908– 1924 Erik Bergvall Swedia 1924– 1928 Émile-Georges Drigny Prancis 1928– 1932 Walther Binner Jerman 1932– 1936 Harold Fern Britania Raya 1936– 1948 (*) Rene de Raeve Belgia 1948– 1952 M.L.

Negri Argentina 1952– 1956 Jan de Vries Belanda 1956– 1960 Max Ritter Jerman 1960– 1964 William Berge Phillips Australia 1964– 1968 Javier Ostos Mora [5] Meksiko 1968– 1972 Dr. Harold Henning Amerika Serikat 1972– 1976 Javier Ostos Mora [5] (masa jabatan ke-2) Meksiko 1976– 1980 Ante Lambasa Yugoslavia 1980– 1984 Robert Helmick Amerika Serikat 1984– 1988 Mustapha Larfaoui • ALIH Templat:AJG -- 1988– 2009 Dr.

Julio Maglione Uruguay 2009– Sekarang (Terpilih Kembali 2013) Anggota [ sunting - sunting sumber ] Hingga Olimpiade Beijing 2008, FINA memiliki 196 anggota. Setiap anggota FINA juga menjadi salah satu dari 5 asosiasi renang regional. • Asia (43): Federasi Renang Amatir Asia ( AASF) • Afrika (45): Konfederasi Renang Afrika ( CANA) • Amerika (40): Uni Renang Amatir Amerika ( ASUA) • Eropa: Liga Renang Eropa ( LEN) • Oseania: Asosiasi Renang Oseania ( OSA) Catatan: Angka dalam kurung menunjukkan jumlah anggota FINA di benua tersebut, bukan jumlah anggota asosiasi renang regional.

Sejarah [ sunting - sunting sumber ] FINA didirikan 19 Juli 1908 di Hotel Manchester, London bertepatan dengan berakhirnya Olimpiade London 1908. Pendirinya adalah induk organisasi renang dari Belgia, Britania Raya, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hongaria, dan Swedia.

[6] Perkembangan jumlah anggota: [6] Artikel utama: Kejuaraan Dunia Renang FINA Kejuaraan ini mempertandingkan 5 cabang olahraga air: selam, renang, renang perairan terbuka, renang indah, dan polo air. Kolam yang dipakai untuk pertandingan adalah kolam renang dengan panjang lintasan 50 m. Kejuaraan Dunia Renang FINA (25 m) [ sunting - sunting induk organisasi renang indonesia adalah ] Artikel utama: Kejuaraan Dunia FINA Lintasan Pendek Kejuaraan Dunia FINA khusus renang di kolam renang lintasan pendek 25 m.

Kejuaraan ini diadakan setiap dua tahun sekali pada tahun genap. Kejuaraan lain [ sunting - sunting sumber ] • Kejuaraan Dunia Renang Kelompok Umur (dwitahunan, sejak Agustus 2006) • Kejuaraan Dunia Selam Junior • Kejuaraan Dunia Renang Perairan Terbuka (tahunan) • Kejuaraan Dunia FINA Masters (dwitahunan) • Kejuaraan Renang Indah Kejuaraan tahunan [ sunting - sunting sumber ] • Piala Dunia Renang FINA • Diving Grand Prix • Liga Dunia Polo Air • Piala Dunia Polo Air FINA • Piala Dunia Marathon: • Grand Prix Perairan Terbuka FINA: lomba renang di atas 10 km • Piala Dunia Renang Marathon FINA 10 km.

Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ "International Sports Federations". The International Olympic Committee. Diakses tanggal 2009-02-07. • ^ "FINA Constitution". FINA. Diarsipkan dari versi asli tanggal induk organisasi renang indonesia adalah.

Diakses tanggal 2009-02-07. • ^ "Directory Bureau". FINA. Diakses tanggal 2009-02-07. • ^ "Commissions & Committees". FINA. Diakses tanggal 2009-02-07. • ^ a b FINA Honorary Life President Lic. Javier Ostos Mora passes away at 92 Diarsipkan 2015-06-08 di Wayback Machine. Diakses pada 10 November 2008. • ^ a b "National Federations". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-06-21. Diakses tanggal 2009-02-07. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • Situs web FINA • Halaman ini terakhir diubah pada 19 April 2022, pukul induk organisasi renang indonesia adalah.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Induk Organisasi Renang - Seperti yang kita ketahui, Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam kejuaraan dunia seperti Olimpiade dan lain sebagainya.

induk organisasi renang indonesia adalah

Sama seperti cabang olahraga lainnya, Renangjuga memiliki Induk Organisasinya sediri entah itu di Dunia (Internasional) ataupun di Indoneisa (Nasional). Namun Tahukan kamu apa nama induk organisasi renang dunia dan nasional ?

Induk organisasi renang Dunia dikenal dengan sebutan FINA yang merupakan kepanjangan dari “ Fédération Internationale de Natation”, sedangkan Induk organisasi Indonesia atau nasional adalah “Persatuan Renang Seluruh Indonesia” atau yang disingkat dengan PRSI. Induk organisasi renang dunia adalah Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Induk Organisasi renang dunia Adalah FINA yang merupakan kepanjangan dari “ Fédération Internationale de Natation”.

Induk Organisasi Renang bernama FINA ini didirikan pada tahun 1908 disebuah hotel Mancheser dan berketepatan dengan adanya olimpiade dunia di London pada tahun yang sama 1908. Awalnya Organisasi FINA ini didirikan oleh beberapa negara yakni : • Jerman • Belgia • Denmark • Finlandia • Britania • Prancis • Swedia • Hongoria.

Namun untuk saat ini Induk Organisasi FINA memiliki anggota yang lebih banyak lagi yakni sekitar 197 anggota dari seluruh negara di Dunia. Samahalnya seperti Induk organisasi dari Cabang Olahraga lainnya, FINA selaku induk organisasi renang dunia juga memiliki president dan setiap presiden hanya menjabat selama 4 tahun. Masa jabatan tersebut dimulai dan diakhir dengan tahun olimpiade musim panas.

Nama Pejabat Negara Asal Masa Jabat George Hearn Inggris Raya 1908–1924 Erik Bergvall Swedia 1924–1928 Émile-Georges Drigny Perancis 1928–1932 Walther Binner Jerman 1932–1936 Harold Fern Inggris Raya 1936–1948 Rene de Raeve Belgium 1948–1952 ML Negri Argentina 1952–1956 Jan de Vries Belanda 1956–1960 Max Ritter Jerman 1960–1964 William Berge Phillips Australia 1964–1968 Javier Ostos Mora Mexico 1968–1972 Dr Harold Henning Amerika Serikat 1972–1976 Javier Ostos Mora (masa jabatan ke-2) Mexico 1976–1980 Ante Lambaša Yugoslavia 1980–1984 Robert Helmick Amerika Serikat 1984–1988 Mustapha Larfaoui Aljazair 1988–2009 Dr.

Julio Maglione Uruguay 2009 – sekarang (terpilih kembali pada 2013) Induk organisasi renang Indonesia adalah Induk Organisasi renang Indonesia Adalah PRSI atau kepanjangan dari “Persatuan Renang Seluruh Indonesia”. Induk organisasi renang nasional ini didirikan pada tanggal 21 maret 2051 di jakarta, namun saat itu organisasi tersebut memiliki nama PBSI “Persatuan Berenang Seluruh Indonesia”.

Saat ini Organisasi renang indonesia PRSI diketuai Oleh “Sandiaga S. Uno” atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Pak Sandiaga Uno, pemilihannya sendiri dimulai pada tahun 2013 lalu dan menjabat hingga sekarang.

Untuk lebih jelas lagi mengenai nama-nama yang pernah menjabat sebagai ketua umu PRSI hingga saat ini dapat kamu lihat pada tabel dibawah ini. kongres ke- Lokasi Tahun Nama ketua 1 Jakarta 1951 Prof. dr. Poerwo Soedarmo 2 Bandung 1954 D. Soeprajogi 3 Cirebon – D. Soeprajogi 4 Makasar 1957 D. Soeprajogi 5 Malang – D.

Soeprajogi 6 Jakarta 1963 D. Soeprajogi induk organisasi renang indonesia adalah Jakarta 1968 D. Soeprajogi – – – Poernomo Yusgiantoro – Jakarta 2009 Hilmi Panigoro – Bogor 2013 Sandiaga S. Uno Tabel berikut akan selalu di Update jika ada perubahan. Kejuaraan Renang Dunia (FINA) Dalam kejuaraan renang Dunia organisasi FINA mempertandingkan 5 caban olahraga air yakni Olahraga renang, Selam, Renang perairan terbuka, Polo air dan Renang indah.

Sedangkan kolam yang digunakan biasanya dengan panjang lintasan 50m. Kejuaraan tahunan FINA Beberapa kejuaraan tahunan yang diadakan oleh FINA antara lain : • Piala Dunia Renang FINA • Diving Grand Prix • Liga Dunia Polo Air • Piala Dunia Polo Air FINA • Piala Dunia Marathon: 5.1 Grand Prix Perairan Terbuka FINA: lomba renang di atas 10 km 5.2 Piala Dunia Renang Marathon FINA 10 km.

Kejuaraan lainnya yang diadakan oleh FINA • Kejuaraan Dunia Renang Perairan Terbuka (tahunan). • Kejuaraan Dunia Renang Kelompok Umur (dwitahunan, sejak Agustus 2006). • Kejuaraan Dunia Selam Junior. • Kejuaraan Dunia FINA Masters (dwitahunan). • Kejuaraan Dunia Renang Indah. Demikianlah pembahasan mengenai Induk Organisasi Olahraga Renang yang dapat kami rangkum dan bagikan kepada kalian, semoga apa yang kami rangkum bisa dipahami dengan mudah.

Terimakasih dan semoga Bermanfaat. Sebarkan ini: • • • • • Kategori Olahraga Tag Induk Organisasi, Induk Organisasi Renag Tingkat Nasional Adalah, Induk Organisasi Renang Dunia Adalah, Induk Organisasi Renang indonesia Adalah, Induk Organisasi Renang Internasional, Pada Tahun Berapa Organisasi Renang Induk organisasi renang indonesia adalah Indonesia Berdiri, Persatuan Renang Dunia, Renang Navigasi TulisanOlahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam kejuaraan dunia.

Renang juga memiliki Induk Organisasi Dunia atau Internasional. Induk organisasi renang internasional disebut dengan Federation Internationale de Natation yang disingkat FINA dengan markas di Laussane. Seperti telah disebutkan di awal, Induk oraganisasi renang Indonesia adalah PRSI. Jadi, kegiatan official olahraga renang merujuk ke PRSI.

Sebagai tambahan referesi ilmu pengetahuan untuk Anda, Berikut ini sejarah dan perkembangan terbentuknya PRSI yang dapat anda ketahui. Apa Kepanjangan dari PRSI? Sejarah Induk Organisasi Renang Indonesia Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau yang disingkat PRSI merupakan induk organisasi renang Indonesia.

Induk organisasi renang Indonesia ini didirikan di Jakarta pada tahun 21 Maret 1951 dan diketuai oleh Prof. dr. Poerwo Soedarmo. Pertama-tama berdiri perserikatan berenang diberi nama Bandungse Zwembond ataupun Perserikatan.

Berenang Bandung didirikan pada tahun 1917, perserikatan tersebut dibawahi oleh 7 perkumpulan yang di antaranya adalah perkumpulan renang di lingkungan sekolah seperti halnya OSVIA, MULO, dan KWEEKSCHOOL. Pada tahun yang sama berdiri juga perkumpulan berenang di Jakarta dan Surabaya. West Java Zwembond ataupun Perserikatan Berenang Jawa Barat berdiri pada ahun 1918.

Sedangkan pada tahun 1927 berdiri pula Oost Java Zwembond atau Perserikatan Berenang Jawa Timur. Perserikatan tersebut beranggotakan kota seperti Malang, Surabaya, Pasuruan, Blitar, dan Lumajang. Hingga pada tahun 1940, Nederlands Indishce Zwembond atau NIZB yang telah beranggotakan 1200 perenang. Pada zaman pendudukan Jepang tahun 1943 – 1945, kesempatan untuk dapat berenang bagi bangsa Indonesia semakin besar.

Hal tersbeut dikarenang pemerintahan pendudukan Jepang membuka seluruh kolam renang di tanah air untuk umum. Pada periode tahun 1945, perkembangan olahraga renang di tanah air menurun, dikarenakan pada saat itu bangsa Indonesia dalam perjuangan melawan penjajah. Hingga tanggal 20 Maret 1951, Zwembond Voor Indonesia (ZBVI) memimpin dunia renang Indonesia.

Sejak pada tanggal 21 Maret induk organisasi renang indonesia adalah lahirlah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia yang kemudian disingkat PBSI. Kongres yang pertama di Jakarta berhasil mengukuhkan Ketua yang pertama yaitu Prof. dr. Poerwo Soedarmo dibantu oleh wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan 3 komisi teknik. Kongres yang ke tiga diselenggarakan di Cirebon, di kongres ini terpilih kepengurusan dengan ketuanya tetap dijabat D. Soeprajogi dan ditambah 3 pengurus lainnya.

Sedangkan untuk kongres ke empat dilaksanakan pada tahun 1957 di Makassar. Pada tahun 1959 diadakan Kejuaraan Nasional Renang Kejuaraan untuk pertama kalinya di Malang, Jawa Timur. Selanjutnya diadakan Kongres PBSI ke V yang mengubah namanya menjadi Perserikatan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) sebagai Induk organisasi renang Indonesia. Perubahan tersebut dikarenakan terdapat dua induk organisasi olahraga yang memiliki singkatan sama yakni Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia.

Pada tahun 1963 di Jakarta PRSI berhasil menyelenggarakan kongres ke enam. Kongres tersebut memperoleh hasil yaitu induk organisasi renang indonesia adalah kembali istilah “Persatuan”. PRSI merupakan singkatan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia hingga saat ini.

Berikut ini adalah kongres Induk Organisasi Renang Indonesia yang pernah dilaksanakan: Kongres Lokasi Tahun Ketua 1. Jakarta 1951 Prof. dr. Poerwo Soedarmo 2. Bandung 1954 D. Soeprajogi 3. Cirebon D. Soeprajogi 4. Makassar 1957 D. Soeprajogi 5. Malang D. Soeprajogi 6. Jakarta 1963 D. Soeprajogi 7.

Jakarta 1968 D. Soeprajogi 8. Poernomo Yusgiantoro 9. Jakarta 2009 Hilmi Panigoro 10. Bogor 2013 Sandiaga S. Uno Kongres – Induk organisasi renang Indonesia Fasilitas dan Peralatan yang Digunakan dalam Olahraga Renang Peralatan/fasilitas – Induk organisasi renang Indonesia Via itskarmen.com Setelah mengetahui tentang sejarah renang, di sini kita akan membahas terkait fasilitas beserta peralatan olahraga renang.

Tanpa adanya fasilitas dan peralatan renang yang lengkap maka olahraga satu ini tidak mungkin terlaksana dengan baik. Supaya dapat berenang dengan nyaman dan tentunya aman.

Anda dapat menggunakan fasilitas dan perlengkapan renang berikut ini: 1. Kolam Renang Terdapat 2 ukuran kolam renang yaitu kolam renang lintasan panjang dengan panajng 50 m, sedangkan untuk lintasan pendeknya adalah 25 m.

induk organisasi renang indonesia adalah

Sementara untuk kedalaman kolam minimum yaitu 1,35 meter, mulai dari 1,0 meter lintasan pertama sampai paling sedikit 6,0 meter. 2. Lintasan Lebar lintasan kolam renang yang paling sedikit adalah 2,5 m dengan jarak sekitar 0,2 m di luar lintasan pertama dan terakhir.

Masing-masing lintasa tersebut dipisahkan oleh tali lintasan yang panjangnya sama dengan panjang lintasan. Tali lintasan tersebut terdiri dari serangkaian pelampung dengan ukuran kecil yang terikat pada seutas tali.

Pelampung tersebut dapat berputar jika terkena gelombang air dan masing-masing dibedakan berdasarkan warna. Untuk lintasan 1 dan 8 menggunakan warna hijau, biru untuk lintasan 2, 3, 6, dan 7. Sedangkan untuk lintasan 4 dan 5 menggunakan warna kuning.

3. Pengukur Waktu Dalam sebuah perlombaan renang tingkat internasional, papan sentuh digunakan sebagai pengukur waktu otomatis dan dipasang pada kedua sisi dinding kolam renang. Papan sentuh pengukur waktu otomatis ini hanya memiliki ketebalan sekitar 1 cm.

Sewaktu melakukan pembalikan dan finish, para perenang mencatat waktunya pada papan sentuh. 4. Balok Start staring block kolam renang, Induk Organisasi Renang Indonesia – narmadi.com/id Pada setiap balok start terdapat sebuah pengeras suara yang mempunyai fungsi untuk menyuarakan tembakan pistol sebagai suatu tanda start.

Selain itu, terdapat sensor pengukur waktu yang mencatat perenang ketika mulai meloncat dari balok start. Balok start memiliki ukuran 0,5 x 0,5 m, dengan tinggi sekitar 0,5 m – 0,75 m dari permukaan air. Tinggi tersebut sangat ideal bagi perenang dalam kompetisi renang. Semua fasilitas dan perlengkapan yang digunakan dalam perlombaan olahraga renang tersebut diatas merupakan spesifikasi dari Federasi Renang Internasional.

Jadi semua fasilitas dan perlengkapan itu yang biasa digunakan untuk kolam renang ukuran Olimpiade dan semua sudah induk organisasi renang indonesia adalah Internasional.

induk organisasi renang indonesia adalah

Macam-Macam Gaya dalam Olahraga Renang Gaya dalam Olahraga Renang – Induk organisasi renang Indonesia – Via beritasatu.com Dalam sejarah renang, terdapat berbagai macam induk organisasi renang indonesia adalah yang dapat digunakan. Misalnya seperti gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan juga gaya kupu-kupu. Berikut ini beberapa penjelasan terkait jenis gaya renang menurut Federasi Renang Internasional.

1. Gaya Bebas Gaya bebas merupakan gaya berenang yang tidak terikah dengan teknik dasar tertentu. Posisi dada menghadap ke permukaan air pada gaya bebas. Kedua belah tangan bergerak secara bergantian seperti gerakan mengayuh. Sementara untuk kedua kaki dicambukkan naik turun secara bergantin ke atas dank e bawah. Sedangkan posisi wajah dalam gaya renang bebas adalah menghadap ke permukaan air. Dalam mengambil napas, seorang perenang dapat menoleh ke kanan ataupun ke kiri. 2. Gaya Dada Dalam sejarah renang, gaya dada sudah sangat populer untuk renang jneis rekreasi dengan posisi tubuh yang stabil dan kepala dapat di luar dalam waktu yang cukup lama.

Gaya dada atau gaya katak merupakan gaya berenang dengan dada dengan posisi menghadap permukaan air. Untuk posisi tubuh gaya dada senantiasa dalam keadaan tetap, sedangkan kedua belah tangan dengan gerakan membelah air. Gerakan tubuh dapat menirukan gerakan katak yang sedang berenang dengan teknik pernapasan ketika mulut sedang berada di atas permukaan air.

3. Gaya Punggung Pada saat berenang gaya punggung, posisi punggung seorang perenang harus menghadap ke permukaan air. Sedangkan untuk posisi wajah berada di atas air sehingga mudah untuk mengambil napas. Pada saat berenang dengan gaya punggung, anda hanya induk organisasi renang indonesia adalah melihat ke arah atas saja. Perenang bisa memperkirakan panjang kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang ia lakukan.

Jadi, diharapkan anda dapat fokus saat melakukan gaya punggung. 4. Gaya Kupu-kupu Dalam sejarah renang, terdapat juga gaya kupu-kupu atau yang biasa disebut dengan gaya lumba-lumba. Posisi dada dalam kupu-kupu ini menghadap ke permukaan air dengan kedua lengan ditekan ke arah bawa secara bersamaan. Sedangkan untuk kedua kaki secara bersamaan menendang ke arah atas dan ke arah bawah mirip dengan gerakan sirip ikan lumba-lumba. Anda dapat melakukannya dengan terus menerus.

Demikian ulasan terkait sejarah singkat dan perkembangan mengenai induk organisasi renang Indonesia yang dapat anda ketahui.

Semoga bermanfaat.

induk organisasi renang indonesia adalah

Hal yang Sering Ditanyakan
1.5 Tulisan terkait : Induk Organisasi Renang Indonesia Adalah? Induk organisasi renang Indonesia adalah PRSI yang merupakan kependekan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Organisasi ini dirintis sejak masa sebelum Indonesia merdeka dengan berdirinya organisasi renang yang bersifat kedaerahan. Induk Organisasi Renang Indonesia adalah PRSI Sekarang, PRSI telah memiliki aspek legal yang dilakukan di hadapan notaris Irmawati Habie SH, Jl. Dewi Sartika No 1-2 Jakarta Timur Tanggal Akta pendirian induk organisasi renang Indonesia adalah 5 Maret tahun 2012. Baca juga: • Sejarah Pencak Silat • Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Sejarah Induk Organisasi Renang Indonesia Sebelum dibentuk organisasi renang berskala nasional, sedikitnya ada empat organisasi renang kedaerahan yang lahir sebelum kemerdekaan, yaitu: • Bandungse Zwembond lahir pada tahun 1917.

induk organisasi renang indonesia adalah

• West Java Swembond lahir pada tahun 1918 • Nederland Indische Zwembond lahir pada tahun 1924. • East Java Zwembond lahir pada tahun 1927. Keempat organisasi tersebut hanya bertanggungjawab pada olahraga renang di daerah masing-masing. Namun, kemudian terbentuk Zwembond Voor Indonesia sebagai organisasi renang yang bersifat nasional. Sejarah Induk Organisasi Renang Indonesia Zwembond Voor Indonesia ini berdiri pada masa penjajahan hingga tahun 1951.

Pada tanggal 21 Maret 1951 terjadi konggres di Jakarta yang kemudian melahirkan PBSI atau Persatuan Berenang Seluruh Indonesia.

induk organisasi renang indonesia adalah

Induk organisasi renang Indonesia adalah sebuah organisasi resmi yang diketuai oleh Prof.dr.Poerwo Soedarmo untuk pertama kalinya. Setelah perubahan nama dari Zwembond Voor Indonesia menjadi PBSI, organisasi ini kemudian mengadakan beberapa kali kongres yang semakin mengukuhkan posisinya.

• Konggres I dilaksanakan pada tahun 1951 dengan hasil Prof.dr.Poerwo Soedarmo dipilih sebagai ketua umum. • Konggres II dilaksanakan pada tahun 1954 dengan hasil pengangkatan ketua baru, yaitu D.Soeprajogi. • Kongres III dilaksanakan di Cirebon dengan hasil penambahan tiga orang pengurus baru tanpa pergantian ketua umum. • Kongres IV dilaksanakan pada tahun 1957 dengan hasil pergantian nama dari PBSI menjadia PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia).

Kongres PRSI terus diadakan apabila terdapat permasalahan yang penting untuk diselesaikan atau minimal empat tahun sekali dalam rangka pemilihan pengurus baru. Pada saat ini, ketua umum induk organisasi renang Indonesia adalah Anindya Novyan Bakrie. Induk organisasi renang Indonesia adalah anggota resmi FINA ( Federation Internationale de Natation) sejak tahun 1952. Masuknya PBSI menjadi anggota FINA tidak lama setelah pembentukannya.

• MISI PRSI • Memasyarakatkan Olahraga Renang Sebagai Kebutuhan Hidup Dasar • Menjadikan Olahraga Renang Sebagai Gaya Hidup Sehat • Mendorong Lahirnya Atlet-Atlet Akuatik yang Berprestasi • Merangkul Semua Pihak Dalam Mengembangkan Olahraga Akuatik • Memastikan Perbaikan Kualtias SDM yang Merata di Semua Daerah Tugas dan Wewenang PRSI Sebagai induk organisasi renang Indonesia, PRSI memiliki tugas dan wewenang yang terangkum berikut ini: • Melakukan pelatihan dan pembinaan kepada para pelatih renang, baik dari tingkat regional maupun nasional.

• Melakukan pelatihan dan induk organisasi renang indonesia adalah kepada para juri dan wasit, baik di tingkat regional maupun nasional. Tujuannya adalah untuk mencetak juri dan wasit renang yang mampu berkancah pada pertandingan nasional maupun internasional.

• Berhak mendatangkan pelatih dari luar negeri apabila dirasa perlu untuk meningkatkan kemampuan para atlet. • Menyelenggarakan kejuaraan akuatik tingkat nasional, antara lain: • Kejurnas Renang • Kejurnas Loncat Indah • Kejurnas Renang Perairan Terbuka • Kejurnas Polo Air • Kejurnas Master • Kejurnas Renang Indah • Melaksanakan operasional keorganisasian dan mengatur regulasi pada olahraga renang yang sesuai dengan aturan FINA maupun Kemenpora.

• Mengikuti kejuaraan renang di kancah Internasional. Sejarah Induk Organisasi Renang Dunia Bila induk organisasi renang Indonesia adalah PRSI, maka induk organisasi renang dunia bernama FINA. Organisasi ini dibentuk pada 19 Juli 1908 di Inggris, tepatnya di Manchester. Sejarah Induk Organisasi Renang Dunia – FINA Pembentukan organisasi FINA bertepatan dengan induk organisasi renang indonesia adalah Olimpiade London.

Ada delapan negara yang mengukuhkan pendirin FINA, yaitu Belgia, Jerman, Denmark, Britania Raya, Perancis, Swedia, Hongaria, dan Finlandia.

Meskipun induk organisasi renang Internasional berdiri pada tahun 1908, namun sejatinya olahraga renang telah berkembang jauh sebelumnya. Bahkan, olahraga renang masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiada pada tahun 1896 dan turut mengikuti beragam kejuaraan olahraga setelahnya.

Perkembangan organisasi FINA ini cukup pesat. Pada saat ini telah tergabung 197 organisasi renang dari berbagai negara. FINA sendiri bukan hanya mengikuti olimpiade, namun juga menyelenggara beberapa kejuaraan khusus renang yang berskala international.

Baca juga: • Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional • Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola: Internasional • Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional Pembahasan tentang induk organisasi renang adalah bagian dari pengetahuan di bidang olahraga yang sudah semestinya dipelajari.

Dengan demikian, semoga bisa menginspirasi sahabat ukulele dan seluruh pemuda Indonesia untuk terus mengembangkan cabang olahraga yang satu ini.

PJOK kls 4 Renang




2022 www.videocon.com