Sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC berdiri pada tahun 1602 di Belanda. Dalam perkembangannya, VOC mengalami kemunduran hingga pada Desember 1799 VOC resmi dibubarkan dan digantikan oleh pemerintah kolonial Belanda.

Terdapat faktor internal dan eksternal penyebab bubarnya VOC, yakni sebagai berikut. • Faktor internal dibubarkannya VOC: terjadi korupsi di semua level tingkatan birokrasi, mulai dari pegawai hingga pejabat tinggi VOC. Sebagian pegawai VOC ikut serta dalam kegiatan perdagangan rempah-rempah demi kepentingan pribadi. Perdagangan gelap yang merajalela yang menerobos monopoli perdagangan VOC. Anggaran biaya untuk para pegawai sangat besar karena semakin meluasnya kekuasaan VOC.

VOC menanggung biaya perang yang besar yang digunakan untuk menanggulangi perlawanan rakyat.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

• Faktor eksternal runtuhnya VOC: karena Belanda dikuasai oleh Prancis. Pada tahun 1795, Prancis di bawah kepemimpinan Napoleon Bonaparte menguasai Belanda dan mendirikan Republik Bataaf. Sebelumnya di tahun yang sama atas dukungan Prancis, Raja Belanda Willem V digulingkan alias dikudeta oleh kaum republikan Belanda.

Belanda pun menjadi republik dan setelah itu Raja Willem V menyingkir ke Inggris. Republik baru ini menjadi semacam negara bawahan dari Prancis. Sebagai republik, Belanda menjadi sekutu Prancis dalam gerakan anti monarki untuk melawan Inggris. Dengan demikian, keruntuhan VOC disebabkan oleh terjadinya korupsi di semua level birokrasi hingga dikuasainya Belanda oleh Prancis. Sebutkan dan jelaskan faktor penyebab kemunduran dan kehancuran VOC?

Secara singkat, pengertian VOC adalahsebuah kongsi dagang yang dibentuk oleh pemerintah Belanda pada tanggal 20 Maret 1602. VOC merupakan singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie. Apa sebenarnya faktor-faktor penyebab kemunduran VOC di Indonesia? Seperti yang kita ketahui, kongsi dagang ini merupakan penguasa perdagangan pada masa itu yang melakukan kegiatan monopoli perdagangan di Indonesia.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

Kemunduran VOC mulai terlihat setelah banyaknya korupsi dan laba atau keuntungan yang diselewengkan oleh para pegawai-pegawainya di kantor cabang. Akibatnya, jatuhnya VOC tidak dapat dihindarkan sehingga terpaksa dibubarkan pada 31 Desember 1799 akibat kekurangan finansial. Sebelum kita analisis faktor penyebab kehancuran VOC yang kemudian membuatnya runtuh dan jatuh, sedikit pendahuluan tentang sejarah berdirinya VOC.

• Adanya korupsi yang dilakukan oleh para pegawai-pegawai VOC yang digunakan untuk keperluan pribadi, seperti contohnya membeli rumah mewah.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

• Keuntungan yang didapatkan banyak yang diselewengkan oleh pegawai di tingkat kantor cabang, hal ini dapat dilihat dari data pembukuan laba yang berbeda di tingkat Asia dan kantor pusat. • Banyak mengeluarkan biaya untuk keperluan perang di berbagai daerah. • Pengeluaran dana untuk keperluan perluasan jangkauan perdagangan yang menyebabkan membengkaknya hutang VOC. • Persaingan dagang dengan Portugis dan Inggris • Persaingan menimbulkan konflik, ditandai dengan serangan terhadap kapal-kapal VOC.

• Akibat serangan, VOC mengalami kekurangan armada kapal perdagangan. • Banyaknya gaji yang harus dibayar kepada pegawainya, karena banyak sekali pegawai-pegawai VOC. • Adanya perubahan politik di negara Belanda setelah berdirinya Republik Batavia pada tahun 1795.
 VOC mengalami kemunduran karena banyak pegawai VOC yang melakukan praktik korupsi sehingga VOC tidak bisa membayar hutang-hutangnya, besarnya biaya pengeluaran VOC untuk kebutuhan perang, terlalu banyak gaji dan pembagian keuntungan harus dibayarkan, adanya saingan dagang baru di Asia, dan perubahan politik di Belanda.

Pada pertengahan Abad ke VIII, VOC mengalami kemunduran karena beberapa sebab. Adapun penyebab kemunduran VOC, antara lain sebagai berikut : • banyak pegawai VOC yang curang dan melakukan korupsi, • banyak pengeluaran VOC untuk biaya peperangan, seperti perang melawan Sultan Hasanuddin, • banyaknya gaji yang harus dibayar karena kekuasaan yang luas membutuhkan pegawai yang banyak, • pembayaran deviden (keuntungan) bagi pemegang saham turut memberatkan setelah pemasukan VOC mengalami penurunan, • bertambahnya saingan dagang di Asia, • perubahan politik di Belanda dengan berdirinya Republik Bataaf pada tahun 1795 yang demokratis dan liberal, serta menganjurkan perdagangan bebas.

Berdasarkan alasan di atas VOC dibubarkan pada tangal 31 Desember 1799 dengan hutang 136,7 juta gulden dan kekayaan yang ditinggalkan berupa kantor dagang, gudang, benteng, kapal serta daerah kekuasaan di Indonesia.

Dengan demikian, VOC mengalami kemunduran karena banyak pegawai VOC yang melakukan praktik korupsi sehingga VOC tidak bisa membayar hutang-hutangnya, besarnya biaya pengeluaran VOC untuk kebutuhan perang, terlalu banyak gaji dan pembagian keuntungan harus dibayarkan, adanya saingan sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc baru di Asia, dan perubahan politik di Belanda. Karena VOC mengalami kemunduran dan kebangkrutan. Berikut hal-hal yang me- nyebabkan kemunduran dan kebangkrutan VOC.

• a. Banyak korupsi yang dilakukan oleh para pegawai VOC. • b. Anggaran pegawai terlalu besar sebagai akibat s emakin l uasnya w ilayah kekuasaan VOC. • c. Biaya perang untuk memadamkan perlawanan rakyat sangat besar. • d. Persaingan dengan kongsi dagang lain, seperti kongsi d agang Portugis (Compagnie des Indies) dan kongsi dagang Inggris. • e. Utang VOC yang sangat besar.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

• f. Pemberian dividen kepada pemegang saham walaupun usahanya mengalami kemunduran. • g. Berkembangnya paham liberalisme sehingga monopoli perdagangan yang diterapkan VOC tidak sesuai lagi untuk diteruskan. • h.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

Pendudukan Prancis terhadap negeri Belanda pada tahun 1795. VOC banyak menanggung hutang akibat peperangan yang dilakukan,baik dengan rakyat Indonesia maupun dengan Inggris dalam memperebutkan kekuasaan dalam bidang perdagangan. VOC atau VEREENIGDE OOST INDISCHE COMPAGNIE Ialah Perusahaan Dagang Hindia Timur yang dibentuk pada 1602 atas prakarsa dari dua tokoh Belanda yakni Pangeran Maurits,dan Johan van Olden Barnevelt yang terdiri dari berbagai macam perusahaan kecil yang dipersatukan untuk melakukan perdagangan di Samudra Hindia.

VOC merupakan organisasi yang mengurusi masalah perdagangan belanda di Hindia Timur (Indonesia).namun dalam perkembangannya VOC bertindak seperti sebuah didirikan untuk mencari keuntungan sebanyak – banyaknya hingga akhirnya menjadi kongsi penjajah.

VOC atau yang biasanya kita kenal dengan kongsi dagang milik belanda ini telah berdiri sejak 1602, VOC pertama kali datang ke indonesia untuk melakukan perdagangan keseluruh benua asia. VOC Lahir Pada 20 Maret 1602 Yang Berarti “PERSERIKATAN MASKAPAI PERDAGANGAN HINDIA TIMUR” Yang Didirikan Di Amsterdam Belanda. VOC persekutuan dagang belanda untuk memonopoli perdagangan di Asia. VOC menjadi berjaya setelah berhasil melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Kepulauan Maluku.

VOC artinya Persatuan Dagang Hindia Timur atau sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc dagang Belanda di Indonesia. VOC ( Verenigde Oostindische Compagnie) atau yang biasanya kita kenal dengan kongsi dagang milik belanda ini telah berdiri sejak 1602 ini yang pertama kali datang ke indonesia untuk melakukan perdagangan keseluruh benua asia.

VOC dapat memperoleh monopoli perdagangan Indonesia karena melakukan beberapa hal diantaranya adalah melakukan pelayaran hongi untuk memberantas penyelundupan. VOC sangat letih menghadapi peperangan, dan tidak menghendaki terjadinya perang lagi…Imperium Belanda yang pertama di Indonesia ini terlena dalam tidur yang pulas di tengah-tengah merajalelanya korupsi, ketidakefisienan dan krisis keuangan,” tulis Ricklefs dalam Sejarah Indonesia Modern 1200-2008 (2009).

VOC sangat letih menghadapi peperangan, dan tidak menghendaki terjadinya perang lagi…Imperium Belanda yang pertama di Indonesia ini terlena dalam tidur yang pulas di tengah-tengah merajalelanya korupsi, ketidakefisienan dan krisis keuangan,” tulis Ricklefs.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

VOC sukses menaklukkan hampir seluruh wilayah yang mereka incar sekaligus mampu menumbuhkan dan menghidupkan perekonomian kerajaan Belanda. VOC ingin mengeruk keuntungan sebesar-besarnya melalui monopoli perdagangan. VOC melakukan campur tangan terhadap kerajaan-kerajaan di Nusantara, terutama menyangkut usaha pengumpulan hasil bumi dan pelaksanaan monopoli. VOC yang mula-mula mengarahkan perhatiannya kepada rempah-rempah dari Maluku ini, segera tertarik kepada perdagangan yang sudah mapan dan luas yang berpusat di Jawa.

VOC melakukan monopoli perdagangan dengan sangat ketat. VOC dikenal sebagai pemonopoli rempah-rempah di bumi nusantara. VOC juga berhak menyatakan perang dan mengikat perjanjian dengan raja-raja, mengangkat hakim-hakim, merebut dan menduduki daerah-daerah asing di luar Negeri Belanda, memerintah daerah-daerah tersebut, mengeluarkan mata-uang sendiri, memungut pajak, dan membangun benteng-benteng.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

VOC seringkali mengedepankan cara damai untuk menjaga kepentingan monopoli rempah-rempahnya dan mengurangi beban anggaran akibat perang. VOC berhasil menjadi perusahaan terkaya dan paling berpengaruh di dunia sekaligus menjadi mesin penggerak perekonomian Belanda. VOC mengawali misinya dengan mengejar keuntungan perdagangan rempah dari Maluku. VOC didirikan pada 1602 oleh pemerintahan Belanda. VOC Disebut Juga Negara Dalam Negara Dikarenakan VOC Diberi Hak Yang Sangat Istimewa Oleh Belanda Yaitu.

VOC Adalah Kongsi dagang yang diciptakan oleh belanda untuk mempersatukan kongsi dagang belanda agar belanda tidak mengalami kehancuran. VOC merupakan singkatan dari Vereenidge Oostindische Compagnie yang berarti Persekutuan Perusahaan Hindia Timur”. VOC semakin serakah dan bernafsu untuk menguasai Nusantara yang kaya rempah-rempah ini. VOC mulai mengalami kekuasaan voc diambil alih oleh Pemerintah tanggal 31 Desember 1799, VOC dibubarkan.

VOC mempunyai 5 hak monopoli di Indonesia, yaitu: VOC di bentuk pada tahun 1602 oleh kongsi kongsi dagang Belanda dan mengalami kemunduran pada awal tahun 1800.

VOC mengendali jalur perdagangan dengan menyebar luas dari Amsterdam, Tanjung Harapan, India sampai ke Irian/Papua. VOC acap kali mengedepankan cara damai untuk menjaga kepentingan sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc rempah-rempahnya. VOC diizinkan mencetak mata uang sendiri dan diberi wewenang memungut pajak di daerah kekuasaan mereka. VOC pada awalnya dibentuk oleh raja Belanda Pangeran Maurits yang memberikan mandat kepada Johan Van Olden Barnevelt untuk membentuk suatu kongsi dagang yang merupakan gabungan dari beberapa kongsi dagang yang berada di Belanda.

VOC merupakan gabungan beberapa perusahaan Belanda yang dulunya saling bersaing satu sama lain. VOC merupakan aktor utama dari kemajuan ekonomi Belanda. VOC, atau Vereenigde Oostindische Compagnie, memiliki catatan penting dalam sejarah bangsa Indonesia. VOC Mampu sukses pada abad ke-17 Hingga awal abad ke-18 Banyak daerah yang mampu dikuasai oleh VOC dan karena hal tersebutlah masalah masalah sosial terus membanjiri VOC.

VOC Dipimpin Oleh Orang Yang Beranggotakan 17 sehingga Disebut De Heeren XVII (Dewan Tujuh Belas) Yang Berkedudukan Di Amsterdam.
VOC mengalami puncak perkembangannya yaitu pada abad ke 17 sampai awal abad ke 18 yaitu VOC sudah mengungungguli kerajaan – kerajaan daerah serta menjadikan mereka bawahan dari VOC. Sepanjang jalur perdagangan rempah – rempah diantaranya tanjung harapan, India sampai Indonesia sudah di kuasai VOC.

Rempah – rempah dari daerah jajahan kemudian dijual ke eropa. Dibalik kesuksesan ini terpendam masalah – masalah yang sangat kompleks diantaranya, dengan semakin meluasnya daerah jajahan pengawasan juga semakin sulit serta pengelolaan semakin sulit juga. Selain itu di Indonesia tepatnya di Batavia sebagai pusat kekuasaan di Indonesia juga memiliki permasalahan sendiri.

Batavia semakin ramai dan padat akan orang – orang timur asing yaitu orang Cina dan Jepang yang diizinkan tinggal di Batavia. Pada 27 Maret sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc Raja Willem IV menetapkan Undang – Undang bahwa VOC dialihkan dibawah kekuasaannya dan mengubah kekuasaan anggota pengurus “Dewan Tujuh Belas” yang semula dipilih parlemen dan provinsi pemegang saham dialihkan menjadi tanggung jawab Raja WIllem IV.

Raja Willem juga mengabil ailh posisi panglima tertinggi tentara VOC. Pengawasan yang kurang memadai dari pemerintah Belanda kepada VOC menjadikan peluang adanya korupsi di tubuh VOC.

Dengan adanya korupsi tersbut membuat keuntungan dagang VOC semakin melorot dan bahkan pada 1673 VOC tidak mampu membayar dividen.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

Adanya perang juga menambah beban VOC. Kemunduran VOC juga bisa dlihat dari sistem upeti yang dilakukan di VOC. Pejabat yang lebih rendah harus membei upeti kepada pejabat diatasnya yang lebih tinggi dan kegiatan ini bermuatan korupsi. Sebagai contoh Gubernur Van Hoorn menyimpan 10 juta gulden untuk dibawa kembali ke Belanda pada 1709 sedangkan gajinya sendiri adalah 700 gulden sebulan.

Selain itu untuk bisa menjadi pegawai VOC diterapkan aturan sogok menyogok, VOC memasang tarif f 3.500,- untuk menjadi pegawai onderkoopman dan untuk menjadi kaptein harus menyogok f 2000,. Penyakit korupsi mewabah di setiap sektor pengelolaan dari tubuh organisasi VOC, beban hutang semakin bertambah dan pada akhirnya VOC bangkrut.

Bahkan ada yang memberi ungkapan berbeda tentang kepanjangan singkatan dari VOC yaitu Vergaan Onder Corruptie atau tenggelam karena korupsi.

Kebangkrutan ini membuat VOC dibubarkan dan kemudian segala hutang dan roda pemerintahan di wilayah jajahan dialihkan ke sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc Belanda.

Pada Desember 1799 VOC secara resmi dibubarkan, pada saat itu Gubernur Jendral VOC terakhir yakni Van Overstraten ditugaskan untuk menjaga keamanan Hindia Belanda selama masa peralihan dan mempertahankan wilayah pulau Jawa dari serangan Inggris.

Faktor penyebab keruntuhan VOC diantaranya : • Adanya korupsi di tubuh VOC yang dilaukan oleh pegawai – pegawai VOC • Penyelewengan penggunaan dana VOC • Penggunaan dana kas VOC terhadap perlawanan – perlawanan atau biaya perang di daerah • Pembengkakan anggaran karena adanya perluasan wilayah • Persaingan kongsi dagang dengan portugis dan inggris • Banyaknya hutang VOC Hi, Idsejarah membuka donasi di saweria bagi kamu yang merasa terbantu dengan hasil karya idsejarah.

Yuk donasi ke idsejarah agar kami bisa mengembangkan konten tentang sejarah lebih banyak dan lebih bermanfaat bagi banyak orang. Berikut adalah link saweria yang dapat diakses https://saweria.co/idsejarah
Mata pelajaran: IPS Sejarah Kelas: XI SMA Kategori:Revolusi Besar Dunia dan Pengaruhnya Terhadap Umat Manusia Kode Kategori berdasarkan kurikulum KTSP: 11.3.4 Kata kunci: faktor ,kemunduran,voc Jawaban: VOC dibubarkan pada 1799.

faktor yang menyebabkan kemunduran VOC adalah 1)VOC banyak membutuhkan dana untuk keperluan perang melawan rakyat Indonesia, sehingga banyak menguras dana.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

2)Banyak pegawai VOC yang melakukan korupsi Pembahasan: Dutch East India Company, Dutch Vereenigde Oost-Indische Compagnie ialah perusahaan dagang yang didirikan di Republik Belanda (sekarang Belanda) pada tahun 1602 untuk melindungi perdagangan negara di Samudra Hindia dan untuk membantu perang Belanda. Pada abad ke-18 perusahaan tersebut telah berubah dari perusahaan pelayaran komersial menjadi organisasi teritorial yang longgar yang tertarik pada hasil pertanian kepulauan Indonesia.

Menjelang akhir abad ke-18 perusahaan menjadi korup dan serius dalam hutang. Pemerintah Belanda akhirnya mencabut piagam perusahaan tersebut dan pada tahun 1799 mengambil alih hutang dan harta bendanya. Batavia Belanda di abad ke-17, dibangun di tempat yang sekarang Jakarta UtaraPada tahun 1603, pos perdagangan Belanda pertama yang permanen di Indonesia didirikan di Banten, Jawa Barat dan pada tahun 1611, yang lain didirikan di Jayakarta (kemudian 'Batavia' dan kemudian 'Jakarta').

Pada tahun 1610, VOC mendirikan pos Gubernur Jenderal untuk memungkinkan kontrol yang lebih kuat atas urusan mereka di Asia. Untuk memberi saran dan mengendalikan risiko Gubernur Jenderal yang lalim, sebuah Dewan Hindia (Raad van Indië) diciptakan. Gubernur Jenderal secara efektif menjadi administrator utama kegiatan VOC di Asia, meskipun Heeren XVII terus secara resmi memiliki kontrol secara keseluruhan.

VOC mengalami kemunduran karena: 1)Ada penurunan yang terus-menerus dalam perdagangan intra-Asia oleh perubahan lingkungan ekonomi dan politik Asia yang tidak dapat dilakukan oleh VOC sedikit pun. Faktor-faktor ini secara bertahap menjadikan VOC harus membatasi kegiatan dari Ceylon melalui kepulauan Indonesia.

Volume perdagangan intra-Asiatik ini, dan keuntungannya, oleh karena itu harus menurun. 2)daerah pemasaran VOC di Asia (yang berpusat pada hubnya di Batavia) yang pada awalnya menawarkan keuntungan dalam mengumpulkan informasi pasar, mulai menimbulkan kerugian di abad ke-18, karena inefisiensi pengiriman barang pertama ke titik pusat ini.

Kerugian ini paling terasa dalam perdagangan teh, di mana pesaing seperti EIC dan the Ostend Company dikirim langsung dari China ke Eropa. 3) Pegawai VOC (dalam arti korupsi dan tidak berkinerja), walaupun ada masalah bagi semua Perusahaan India Timur saat itu, tampaknya telah mengganggu VOC dalam skala yang lebih besar daripada pesaingnya.

Yang pasti, perusahaan itu bukan "perusahaan yang baik". Memiliki Gaji rendah, sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc "perdagangan akun pribadi" secara resmi tidak diperbolehkan. Tidak mengherankan, malah berkembang di abad ke-18 sehingga merugikan kinerja perusahaan. 4)Masalah yang dihadapi VOC dengan perusahaan lain adalah tingginya angka kematian karyawan dan karyawan yang sakit.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

5)Masalah yang berasal dari VOC sendiri adalah kebijakan dividen VOC. Dividen yang didistribusikan oleh perusahaan telah melampaui surplus yang diraihnya di Eropa dalam setiap dekade namun satu (1710-1720) dari tahun 1690 sampai 1760. Namun, dalam kurun waktu sampai 1730, para direktur mengirimkan sumber daya ke Asia untuk membangun ibukota perdagangan di sana.

Pembukuan konsolidasi menunjukkan bahwa total keuntungan melebihi dividen.

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

Selain itu, antara tahun 1700 dan 1740 perusahaan tersebut mencanangkan 5,4 juta gulden hutang jangka panjang. Oleh karena itu perusahaan masih berada dalam posisi keuangan yang aman di tahun-tahun ini. Tetapi hal tersebut berubah setelah tahun 1730. Keuntungan turun drastis dan hanya sedikit menurunkan dividen dari tingkat sebelumnya. Dividen terdistribusi oleh karena itu lebih dari pendapatan dalam setiap dekade tapi satu (1760-1770). Untuk mencapai hal ini, saham modal Asia harus ditarik oleh 4 juta gulden antara 1730 dan 1780, dan modal cair yang tersedia di Eropa berkurang 20 juta gulden pada periode yang sama.

Oleh karena itu, direksi dibatasi untuk mengisi likuiditas perusahaan dengan menggunakan pembiayaan jangka pendek dari pinjaman antisipatif, yang didukung oleh pendapatan yang diharapkan dari armada rumah yang terikat.(Lt) Khalifah Usman bin Affan membuat kebijakan membagi kota-kota yang ada di Jazirah Arab kebijakan ini merupakan kebijakan pemekaran wilayah hal ini dima … ksud agarA wilayah wilayah tersebut mendapat otonomi penuhb terjadi pemerataan pembangunan di semua wilayahC wilayah wilayah itu lebih mudah di kontrol d terjadi pembagian kekuasaan yang merata​ Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Gujarat (India) !

* 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Persia (Iran) ! … * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Mekah (Arab) !

* 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Cina ! * 20 points Menurut anda manakah teori Islam yang paling akurat kebenarannya terkait proses masuknya Islam di Indonesia (pilih salah satu), dan tuliskan alasan anda memilih teori tersebut secara singkat dan jelas !

* 20 pointsBerikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kemunduran VOC, yang mana di antaranya ialah: • Terjadi korupsi di semua level tingkatan, yang mana dimulai dari pegawai hingga pejabat tinggi VOC.

• Biaya yang besar yang harus di tanggung oleh VOC dalam menanggulangi perlawanan rakyat. • Perdagangan gelap yang merajalela yang menerobos monopoli perdagangan VOC. • Belanda yang dikuasai oleh Prancis. Pembahasan VOC atau yang memiliki kepanjangan Veerenigde Oostindische Compagnie dikenal sebagai suatu Perserikatan Dagang Hindia Timur Belanda, yang mana Veerenigde Oostindische Compagnie ini sendiri berdiri pada 20 Maret 1602.

Veerenigde Oostindische Compagnie sendiri berupaya melakukan monopoli perdagangan di kawasan Asia pada era kolonialisme Eropa, yang mana saat itu tujuan mareka mendirikan VOC ialah untuk mencegah kerugian akibat persaingan dagang dengan Portugis di Nusantara. Pelajari lebih lanjut • Materi tentang faktor yang dapat menyebabkan voc di keluarkan brainly.co.id/tugas/21769342 • Materi tentang penyebab runtuhnya VOC brainly.co.id/tugas/747242 • Materi tentang faktor yang menyebabkan kemunduran voc brainly.co.id/tugas/19722619 Detail jawaban Kelas: 9 Mapel: Ips Bab: 2 - Perang Sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc ke II dan Pengaruhnya Terhadap Indonesia ( 1939-1945) Kode soal: 9.10.2 #JadiRankingSatu
Ada 4 faktor yang menjadi penyebab kemunduran VOC di nusantara yang berujung kebangkrutan VOC di antaranya: • 1) merebaknya tindakan korupsi di kalangan para pegawai VOC; • 2) adanya persaingan dagang yang ketat di antara sesama kongsi dagang negara lain seperti Compagnie des Indies (CDI) dari Prancis dan East Indian Company (EIC) dari Inggris; • 3) membengkaknya biaya perang yang dikeluarkan oleh VOC untuk mengatasi pemberontakan-pemberontakan yang dilakukan rakyat Indonesia di daerah-daerah; • 4) akibat kekuasaan VOC yang cukup luas menyebabkan kebutuhan gaji pegawai semakin membengkak yang menyebabkan kebangkrutan.

Ketika berbicara sejarah perjalanan Indonesia, salah satu penyebab bubarnya Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) di negeri ini adalah dikarenakan prilaku korupsi yang dilakukan oleh pimpinan, pegawai dan jajaran stafnya. VOC adalah kongsi dagang sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc Belanda yang memonopoli aktivitas perdagangan di Asia dan menyatukan perdagangan rempah-rempah dari wilayah timur yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1682.

Perilaku Korupsi di negeri ini ternyata sudah terjadi sejak masa VOC Belanda berkuasa di Indonesia (dulu Hindia Belanda).

sebutkan empat faktor yang menyebabkan kemunduran voc

Dan bangsa Indonesia seharusnya bisa belajar dari VOC Belanda yang pada 31 Mei 1799 dinyatakan bangkrut akibat korupsi besar-besaran yang dilakukan oleh para pimpinan, pegawai dan jajaran stafnya. Mereka melakukan korupsi besar-besaran, karena tidak adanya pengawasan terhadap mereka karena mereka berada di negeri yang jauh dari tempat mereka berasal, kemudian mereka ingin hidup yang mewah sementara gaji yang mereka dapat tidak cukup untuk hidup mewah tersebut.

Maka, prilaku korupsi adalah cara yang mereka lakukan untuk bisa hidup mewah di negeri ini. Kala itu, seorang nyonya atau nyai Belanda untuk sekadar pergi keluar rumah saja harus diiringi lima orang budak. Ada yang bagian membawa payung, membawa tempat untuk sirih atau membuang ludah, dan ada yang kebagian membawa tandu. Untuk itu, orang-orang VOC mendatangkan budak mahal dari Andaman, Malabar, hingga Malaka untuk melayani mereka. Dengan uang hasil korupsi, para pegawai VOC itu juga membangun vila di daerah yang mereka tempati.

Vila ini memiliki puluhan, bahkan ada yang sampai ratusan kamar karena juga menjadi tempat menginap para budak. Akibat prilaku korupsi yang dilakukan oleh para pimpinan, pegawai dan jajaran stafnya pada 31 Mei 1799, VOC mengalami kebangkrutan dan meninggalkan hutang sekitar 140 juta gulden, dan 12 tahun kemudian VOC dibubarkan.

MIDTERM ENGLISH COURSE




2022 www.videocon.com