Perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Recent Posts • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas35500229 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas39845798 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas524062125 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas522600205 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas29814643 Pada saat kita melakukan pengaturan peripheral, kita bisa menggunakan control panel. Untuk mengakses control panel, kita bisa menggunakan beberapa cara.

Cara untuk mengakses control panel adalah sebagai berikut • Melalui start menu • Melalui run, kemudian ketik control panel pada kolom run Dengan menu control panel, kita bisa melakukan berbagai macam pengaturan untuk komputer kita, salah satunya adalah melakukan penambahan peripheral. Pembahasan Beberapa menu lainnya yang terdapat pada control panel adalah sebagai berikut • Date and time • Administrative tools • Mouse • Program dan Features • Sound • Windows Defender Firewall • Keyboard • System • Power Option Dari berbagai macam menu di atas, masih banyak menu yang belum dicantumkan, misalnya adalah menu Network and sharing Center yang berguna untuk mengatur koneksi jaringan komputer kita.

Pelajari lebih lanjut Demikian pembahasan mengenai perintah dasar yang digunakan untuk melakukan pengaturan peripheral pada komputer kita. Perintah dasar yang digunakan adalah perintah control panel. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perintah dasar pada komputer atau materi mengenai control panel dapat dibaca pada link berikut 1. Fungsi-fungsi yang terdapat pada menu control panel brainly.co.id/tugas/233882 2. Port-port yang berguna untuk menghubungkan peripheral komputer brainly.co.id/tugas/2586392 3.

Peripheral tambahan pada komputer brainly.co.id/tugas/9442234 Detil jawaban Kelas: 7 SMP Mapel: TI Bab: Cara untuk mengatur peripheral komputer Kode: 7.11.5 Kata Kunci: Cara untuk mengatur peripheral komputer 1. konsep umum - visi dari media massa yang ingin anda buat - sasaran pembaca/penonton/pendengar media anda - substansi/materi unggulan di media massa … anda 2. konsep pemasaran dan strategi pemasaran - perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah bagaimana strategi pemasaran media anda - gambarkan dalam model 3.

pembagian tugas dan wewenang - jelaskan bagaimana pembagian sdm berdasarkan kualifikasi dan kebutuhan - gambarkan struktur organisasi perusahaan media anda 4. program kerja - jangka pendek - jangka panjang
Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol.

Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared ataupun radio frequency.

Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Untuk versi lama, didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Sekarang mouse tidak menggunakan bola karet lagi, tetapi menggunakan sinar ataupun laser, biasanya disebut optical mouse atau laser mouse.

Mouse biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga sudah banyak diproduksi.

TRACKBALL Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan.

Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.

MONITOR Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor semuanya sudah berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus. Monitor juga sudah banyak berubah dari bentuk awalnya, yang berupa CRT Monitor (berbentuk tabung), sekarang sudah menjadi LCD Monitor, bahkan produksi terbaru sekarang sudah menggunakan teknologi LED, yang dinamakan LED LCD Monitor.

Daya yang digunakan juga sudah semakin rendah dan ukuran layarnya juga bervariasi dari kecil sampai besar. Jenis lainnya yaitu touch screen monitor, yaitu monitor yang dilengkapi dengan teknologi untuk bisa menangkap sentuhan dilayar, jadi pemakai semakin dimanjakan untuk bisa mengoperasikan. Biasanya digunakan untuk tujuan khusus, misalnya di restourant ataupun sebagai media promisi untuk menampilkan informasi, sehingga untuk berinteraksi, pemakai cukup menyentuh layar monitor saja, tanpa perlu menggunakan keyboard atau mouse.

EXTERNAL FLOPPY DISK DRIVE Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing, tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel. Umumnya digunakan untuk komputer laptop/notebook. Pada saat ini, floppy disk drive sudah sangat jarang digunakan. Fungsinya sekarang digantikan oleh USB Flash Disk. EXTERNAL MODEM Modem external dipasang diluar casing dan dihubungkan melalui kabel, sedangkan modem internal berbentuk card yang ditancapkan pada mainboard.

Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya, guna mengirim data komputer melalui saluran telepon. Jika ingin menggunakan internet, modem harus tersedia. P erangkat peripheral (periferal)/Perangkat Samping adalah: yaitu perangkat keras (hardware) yang terhubung dengan komputer bisa juga dinamakan sebagai perangkat tambahan yang digunakan untuk keperluan tertentu. (biasanya berbentuk slot yang dapat disambungkan dengan perangkat Mainboard (motherboard).

• Peripheral (periferal) Menurut Jenisnya dibagi menjadi 2 macam, yaitu : • Main Peripheral (Periferal Utama) : Periferal utama adalah perangkat keras (hardware) yang harus ada dalam pengoprasian komputer.

Contohnya : Monitor, Keyboard dan Mouse. • Auxillary Peripheral (Periferal Pendukung) : Periferal pendukung adalah Perangkat keras (hardware) yang tidak selalu harus ada dalam pengoprasian komputer. Contohnya : Printer, Scanner, Modem dll. 5) Menu format • Font : mengubah bentuk, ukuran warna dan sebagainya • Paragraph : mengatur perataan, indentasi dan jarak spasi pada paragraph • Bullets and numbering : membuat daftar penomoran • Border and shading : menambah bingkai dan warna latar pada paragraph • Column : membuat bentuk kolom Koran • Tabs : membuat tabulasi • Drop cap : Membuat huruf capital di awal paragraf b) Toolbar formatting yang biasa digunakan adalah style (membuat style dokumen biasanya meliputi indentasi, format teks, penomoran dan sebagainya), font (memilih jenis perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah, Bold (mencetak huruf tebal), Italic (mencetak miring teks), underline ( mencetak garis bawah), align left (rata kiri), center (rata tengah), align right ( rata kanan), justify ( rata kiri dan kanan), line spacing (mngatur jarak spasi), numbering (penomoran), bullets (penomoran dengan lambing), decrease Indent (membuat indentasi), increase indent ( menghaopus indentasi), border (menambah garis bingkai dan border), highlight ( menandai teks dengan warna), font color ( mengganti warna teks).

c) Toolbar drawing Terdiri dari draw (mengatur tampilan objek gambar), select object (memilih objek gambar), autoshape ( membuat gambar bentuk dasar), line ( membuat garis), arrow (membuat gambar tanda panah), rectangle (membuat gambar kotak), oval (membuat lingkaran/ellpis), insert wordart(menambah teks artistic), insert diagram (menambah diagram), insert clipart (menambah gambar), insert pictures (menyisipkan file gambar), fill color ( mewarnai gambar), font color ( mewarnai teks), line style ( memilih ketebalan garis), dash style (memilih jenis garis), arrow style (memilih bentuk tanda panah), shadow style ( menambahkan bayangan pada gambar).

Fungsi tombol pada keyboard : • Ctrl : sebagai tombol yang dapat dikombinasikan dengan huruf gunamenjalankan fungsi tertentu. • Alt : sebagai tombol yang perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah dengan huruf guna menjalankan fungsi menu bar • Space bar : merupakan tombol terpanjang untuk menambah jarak antar kata pada saat mengetik • Shift : menampilkan huruf normal menjadi huruf capital serta menampilkan karakter khusus • Caps lock : untuk mengaktifkan huruf menjadi capital • Back space : untuk menghapus huruf yang ada di sebelah kiri • Delete : menhapus teks yang berada disebelah kanan • Num Lnck : jika tombol ditekan sehingga lampu inidikator num lock menyala maka berfunsi sebagai tombol angka • Esc (escape) : tombol yang berfungsi sama dengan tombol cancel yaitu membatalkan perintah.

• kan hasil pengolahan data. Contohnya : Printer, Monitor, Speaker dll. Kartu VGA dalam perkembangannya, motherboard sekarang sudah disertakan VGA card, sedangkan tipe lama masih menggunakan VGA card pada slot PCI ( Peripheral Component Interconnect) dan AGP (Accelerated Graphics Port). Semakin tinggi kapasitas VGA maka semakin bagus performa gambar, baik untuk game, video maupun grafis.

Saat ini peran AGP mulai digantikan dengan PCI Express. yang disertakan dengan Slot DVI dan adapula yang memakai teknologi HDMI. tapi tetap intiinya pada kepuasan gambar (visual). Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan LAN card, tetapi membutuhkan alat lain, yaitu Acces Point wirelessataupun router wireless. Dengan wireless network adapter, pemasangan jaringan tidak membutuhkan banyak kabel.

Jaringan yang terhubung dapat melalui udara. Terdapat dua jenis wireless, yaitu wireless network adapter yang dipasangkan pada slot PCI pada mainboard, dan wireless network adapter yang dipasangkan pada port USB. Alat ini digunakan untuk membangun suatu jaringan nirkabel/tanpa kabel.

Wireless router dapat digunakan untuk membagi koneksi internet broadband seperti jaringan internet, TV kabel, atau ADSL dengan membagi IP address pada komputer yang terhubung dalam jaringan.

(dalam istilah gaulnya disebut hotspot) ragam fitur soundcard memungkinkan anda untuk dapat menghubungkannya ke organ bila sound card dilengkapi fasilitas MIDI ( Music Instrument Device Interface) dan kabel MIDI untuk dihubungkan ke synthesizer. Memiliki microprocessor yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Soun card untuk komputer sekarang ini telah terdapat langsung dalam mainboardnya ( onboard).
Langkah yang dilakukan dalam memulai/mengaktifkan computer adalah : 1.

Tekan tombol power pada CPU dan Monitor. 2. Selanjutnya komputer akan melakukan starting, kemudian mengeluarkan logo Microsoft Windows. 3.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Tunggu beberapa saat hingga komputer menampilkan Microsoft Windows pada layer (Desktop) seperti di bawah ini. Desktop adalah area yang mengisi seluruh layer dan memiliki fungsi sebagai wadah berbagai obyek seperti, dokumen, folder dan shortcut. Taskbar merupakan unsur user yang digunakan untuk menampung tombol star, jam digital dan sebagai tempat untuk program aplikasi windows yang aktif. Tombol star berisi sejumlah menu untuk menjalankan perintah dan aplikasi yang diinginkan dalam pengoperasian windows.

Menu yang ada pada tombol star adalah : • Program : berisi program-program yang dapat diaktifkan. • Favorit : fasilitas untuk koneksi langsung dengan internet (khusus Wind. 98). • Dokument : berisi dokumen yang baru saja dibuka. • Setting : Berisi komponen system yang dapat diatur konfigurasinya.

• Find : Fasilitas yang diperuntukkan untuk mencari/ menemukan file. • Help : Menu pertolongan mengenai seluk beluk Microsoft Windows. • Run : Untuk menjalankan program yang belum memiliki perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah shortcut. • Log Off : Fasilitas pemutusan hubungan dengan komputer lain pada system jaringan. • Shut Down : Keluar dari Microsoft Windows/untuk mematikan komputer. Icon adalah suatu symbol gambar yang mewakili suatu file/program aplikasi pada windows.

Jika ingin mengaktifkan icon dapat dilakukan dengan menekan tombol mouse pada file/program aplikasi yang diwakili icon tersebut. Mengaktifkan program-program aplikasi pada operating system Microsoft Windows Langkah yang dilakukan dalam mematikan computer adalah : 1. Tutup semua program aplikasi yang aktif (pilih tanda X pada sudut kanan atas layar). 2. Klik tombol star  Shud Down/Turn off computer. 3. Pilih “Shut down the computer?/Turn off”, Klik OK. Manajemen File Manajemen file dapat berfungsi sebagai suatu upaya untuk mengelolah/mengatur file sehingga dapat mempermudah dalam proses memanfaatkan/mengelolah file/folder pada computer.

Folder diistilahkan sebagai tempat sekelompok file yang tersimpan. Fasilitas dalam manajemen file adalah Find dan Windows Explorer. Windows Explorer Langkah yang dapat dilakukan dalam membuka menu Windows Explorer adalah : 1.

Klik tombol start. 2. Pilih program 3. Windows Explorer, akan tampil menu windows Explorer seperti di bawah ini : 4. Untuk menutup menu Windows Explorer, klik file  Close atau klik tanda X pada sudut kanan atas menu Windows explorer.

Membuat Folder Baru 1. Buka menu Windows explorer. 2. Pilih drive target (tempat folder baru yang akan dibuat), Misal : drive D.

3. Klik File  New.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

 Folder, sehingga muncul New Folder. 4. Ketik nama Folder, Misal: Kelas X (kemudian diikuti dengan menekan enter). 5. Untuk menutup menu Windows Explorer, klik file  Close atau klik tanda X pada sudut kanan atas menu Windows explorer. Mengcopy atau memindahkan File/Folder • Buka menu Windows explorer.

• Klik 1 kali file/folder yang akan dicopy. • Pilih Edit  Copy • Pilih driver/folder target (Tempat Drifer/Folder akan dicopy) • Pilih Edit  Paste • Klik tanda X pada sudut kanan atas menu Windows explorer untuk keluar menu windows explorer. Mengubah nama File/Folder • Buka menu Windows explorer • Klik 1 kali file/folder yang akan diubah namanya. • Pilih file  Rename • Ketik nama file yang baru • Enter • Langkah selanjutnya.

 Untuk menutup menu Windows Explorer, Klik File  Close atau klik tanda X pada sudut kanan atas menu Windows explorer.  Untuk membuka file yang sudah diubah namanya, maka lakukan double klik pada file yang sudah diubah. Menghapus Folder/File • Buka menu Windows explorer • Klik 1 kali Folder/File yang akan dihapus.

• Pilih file  Delete, sehingga tampil kotak dialog Confirm Folder/File Delete.  Klik yes jika ingin menghapus, dan pilih No untuk membatalkan.  Klik tanda X pada perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah kanan atas menu Windows Explorer.

Setting Peripheral Untuk melakukan setting peripheral kita dapat mengaturnya pada menu CONTROL PANEL (Konfigurasi Komputer) sebagaimana langkah berikut : • Klik tombol start. • Pilih setting • Control panel – Add New Hardware : Menambah hard-ware baru ke dalam komputer.

– Add/Rem Program : Menambah/mengurang program yang ada di windows. – Date/Time : Mengatur tanggal dan jam. – Keyboard : Mengatur konfigurasi keyboard.

– Display : Mengatur tampilan layar. – Fonts : Menambah/mengurangi koreksi huruf-huruf pada system. – Mouse : Mengatur Konfigurasi Mouse. – Printer : Mengatur jenis printer yang digunakan. – Regional Setting : Mengatur system metric menurut negara yang dipilih.

Date/Time Dalam mengatur konfigurasi tanggal/jam pada komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : • Aktifkan Control Panel • Klik 2 kali Icon Date/Time, sehingga tampil Kotak dialog Date/Time Properties : 1.

Klik OK 2. Untuk menutup menu control panel klik File  Close Mouse Mouse dapat kita gunakan sesuai dengan apa yang kita harapkan terutama yang terbiasa perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah tangan kiri (kidal), maka kita dapat mengatur konfigurasi Mouse dengan langkah-langkah sebagai berikut : • Aktifkan Control Panel.

• Klik 2 kali Icon Mouse, sehingga tampil Kotak dialog Mouse Properties : • Klik OK • Untuk menutup menu Control panel, klik File ® Close atau klik tanda X pada sudut kanan atas menu Control Panel.

Printer Komputer tidak dapat menggunakan printer untuk mencetak dokumen, jika tidak sesuai dengan nama dan jenis printer yang kita install, olehnya itu cara untuk mengatur jenis printer yang digunakan adalah : • Aktifkan Control Panel • Klik 2 kali Icon Printer, sehingga tampil Kotak dialog Printers : • Untuk mengubah pengaturan printer yang sudah ada, lakukan klik kanan lalu pilih menu properties. • Sesuaikan setting printer pada kotak dialog Printers. • Untuk mengontrol proses pencetakan, klik 2 kali icon printer yang terpakai, sehingga akan ditampilkan kotak dialog printer yang aktif, sebagaimana gambar berikut : DISPLAY Pada computer yang dioperasikan, kita dapat mengatur Tampilan layar dengan cara sebagai berikut : • Aktifkan Control Panel.

• Klik 2 kali Display, sehingga tampil kotak dialog display Properties : – Themes : Mengatur Tampilan Taskbar. – Desktop : Mengatur latar belakang layar area kerja. – Screen Saver : Pengaman Layar. – Appreciance : Pengaturan warna menu bar. – Setting : Pengaturan resolusi Monitor. • Klik OK • Untuk menutup menu Control Panel, klik File ® Close atau klik tanda X pada sudut kanan atas menu Control panel.

• Laman • About • Multimedia • Animasi 2D (iklan) • TIK X • 1.Operasi Dasar Komputer dan Perangkat Lunak Dalam Sistem Informasi • 2.Perangkat Keras Komputer Output Device • 3.Etika dan Moral dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi • 3.Perangkat Output (keluaran) • 4.Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menggunakan Komputer • 5.Sistem Operasi • 6.Manajemen File dan Setting Peripheral • 7.Microsoft Word 2003 • TIK XI • 1.

Pengertian Internet dan Intranet • 2. Sejarah Perkembangan Internet • 3. PERANGKAT KERAS (HARDWARE) INTRANET • 4. Mengenal Web Browser • 5. Mengenal Search Engine • TIK XII
A.

Melakukan Setting Printer Microsoft Windows mepunyai fasilitas pulg and play, yaitu fasilitas yang dapat langsung mengenali perangkat keras yang baru dipasang sekaligus menyediakan driver yang mendukung. Untuk meng-install printe barudengan langkah – langkah: 1. Klik menu Start > Control Panel > Printers and Faxes 2. Double click pada Printers and Faxes untuk membuka jendela Printers and Faxes 3.

Pilih menu File pada baris menu kemudian klik perintah Add Printer 4. Pilih Add Printer pada menu Control Panel jika sudah diatur 5. Akan tampil, kotak dialog Add Printer Wizard > Next untuk proses instalasi 6.

Tentukan lokasi printer. Apabila printer terhubung langsung dengan komputer pilih Local printer attached to this computer. Jika tidak pilih pilihan kedua > Next 7. Pilih port yang akan digunakan > Next 8. Pilih jenis driver dari printer yang akan digunakan. Jika tidak terdapat didaftar, tekan tombol Have Disk untuk meng-install melalui disket atau CD > Next 9. Komputer akan menampilkan kotak dialog berisi nama printer.

Isi nama printer pada kotak kosong yang tersedia > Next 10. Tentukan apakah printer akan digunakan dengan cara berbagi dengan pengguna lain atau tidak > next 11. Akan tampil spesifikasi printer yang akan di – install > Finish 12. Proses penyalinan dan pemngambilan driver dari printer akan berjalan, di mana kamu dapat melihat prosesnya 13. Jika proses instalasi printer sudah selesai akan ditampilkan sebuah ikon baru pada jendela Printers and Faxes yang menunjukkan printer telah ter-install.

Cara lain dapat dilakukan, melalui langkah – langkah berikut. 1. Buka Control Panel > Printers and Faxes yang akan menampilkan ikon – ikon printer yang terdapat pada komputer. 2. Klik kanan ikon printer yang akan diubah settingnya 3.

Komputer akan menampilkan menu dengan beberapa perintah - Set as Default Printer, apabila akan membuat printer sebagai printer utama - Printer Preferences, untuk menampilkan jendelea setting printer, seperti pengaturan ukuran kertas - Pause Printing, untuk menghentikan aktivitas printer - Properties, untuk menampilkan jendela Properties dari printer.

Mengatur port, sharing, warna, pengujian printer dan sebagainya. B. Melakukan Setting Display Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur tampilan layar/desktop pada computer/laptop kita : 1. klik kanan pada mouse 2. lalu tekan menu Properties. 3. kemudian akan muncul beberapa tampilan menu pada Display Properties yaitu themesdesktop ,screen saverappearancedan settings. * Themes Themes adalah gambar latar belakang pada layar computer. yang di dalam nya itu meliputi ikon,sound,tampilan ,screensaver,lain-lainnya lagi.

Kita dapat memili tampilan layar sesuai dengan keinginan kita. Untuk mengatur themes pada laptop/komputer anda. 1. Pilih menu themeslalu pilih themes yang anda inginkan. misalnya seperti gambar pada contoh di bawah ini : 2. Setelah selesai mengatur themes yang anda inginkan. klik apply untuk melihat sementara tampilan themes yang sudah anda atur sebelumnya. * Desktop Desktop adalah gambar latar belakang pada computer kita.

Kita dapat mengganti nya sesuai dengan keinginan kita. Kemudian untuk mengatur background pada laptop/computer anda. 1. Pilih menu desktop yang tedapat pada tampilan display Properties. lalu pilih salah satu background yang anda inginkan. Misanlya seperti pada contoh gambar di bawah ini : 2. Setelah selesai mengatur desktop/background yang ada inginkan.

klik apply untuk melihat tampilan sementara desktop/background yang anda sudah atur sebelumnya. * Screen saver Screen saver adalah salah satu fasilitas pada saat layar monitor kita sedang kosong dengan berisi gambar yang bergerak dalam jangka waktu. kemudian untuk mengatur screen saver pada laptop/computer anda. 1. Pilih menu screen saver yang terdapat pada tampilan Display Properties.

lalu pilih salah satu screen saver yang anda inginkan. Misalnya seperti pada contoh gambar di bawah ini : 2.setelah selesai mengatur sreen saver yang anda inginkan.

klik apply untuk melihat tampilan sementara screen saver yang anda sudah anda sebelumnya. * Appereance Appereance adalah tampilan warna untuk mengubah warna desktop dan baris menu ,serta ukuran huruf menu dan ikon pada computer anda. kemudian untuk mengatur appearance pada laptop/computer anda. 1. pilih menu appearance yang terdapat pada tampilan Display properties. 2.lalu tekan windows and buttons, lalu pilih salah satunya. 3.untuk mengatur color scheme. tekan color scheme lalu pilih salah satu color/warna yang anda inginkan.

4.Untuk mengatur font size. tekan font size lalu pilih salah satu font size yang anda iningkan. 5.setelah selesai anda mengatur semua Apperance klik apply untuk melihat sementara tampilan yang anda inginkan.

* Settings Settings adalah fasilitas untuk mengatur refolusi monitor serta kualitas warna pada computer kita. Setelah semua menu Display Properties selesai anda atur. klik OK. agar tampilan pada kompiter/laptop anda akan berubah menjadi yang anda inginkan C.

Melakukan Regional Setting Regional setting sangat berguna dan menentukan aturan penulisan formula (syntax) dalam excel, misalnya jika anda menggunakan regional setting English (US) tanda koma maka pada regional setting Indonesia akan menjadi ;, dan lain-lain.

Untuk memudahkan formula yang saya gunakan dalam bahasan tutorial selanjutnya, akan menggunakan regional setting English(US). Jika komputer perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah menggunakan regional setting Indonesia, untuk sementara silahkan ubah regional setting tersebut. prosedur untuk mengubah regional setting tersebut adalah: 1. Pada start menu, plih setting > Control Panel 2.

Pada kotak dialog Control Panel, Klik icon Regional Setting 3. Pada tab Regional Option, pilih English (United States) Klik Apply, kemudian OK sumber: http://razalihamzahalanshary.wordpress.com/2012/12/11/melakukan-setting-peripheral-pada-sistem-operasi-komputer/A. Melakukan Setting Printer Microsoft Windows mepunyai fasilitas pulg and play, yaitu fasilitas yang dapat langsung mengenali perangkat keras yang baru dipasang sekaligus menyediakan driver yang mendukung.

Untuk meng-install printe barudengan langkah – langkah: 1. Klik menu Start > Control Panel > Printers and Faxes 2. Double click pada Printers and Faxes untuk membuka jendela Printers and Faxes 3.

Pilih menu File pada baris menu kemudian klik perintah Add Printer 4. Pilih Add Printer pada menu Control Panel jika sudah diatur 5. Akan tampil, kotak dialog Add Printer Wizard > Next untuk proses instalasi 6.

Tentukan lokasi printer. Apabila printer terhubung langsung dengan komputer pilih Local printer attached to this computer. Jika tidak pilih pilihan kedua > Next 7. Pilih port yang akan digunakan > Next 8.

Pilih jenis driver dari printer yang akan digunakan. Jika tidak terdapat didaftar, tekan tombol Have Disk untuk meng-install melalui disket atau CD > Next 9. Komputer akan menampilkan kotak dialog berisi nama printer. Isi nama printer pada kotak kosong yang tersedia > Next 10.

Tentukan apakah printer akan digunakan dengan cara berbagi dengan pengguna lain atau tidak > next 11. Akan tampil spesifikasi printer yang akan di – install > Finish 12. Proses penyalinan dan pemngambilan driver dari printer akan berjalan, di mana kamu dapat melihat prosesnya 13. Jika perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah instalasi printer sudah selesai akan ditampilkan sebuah ikon baru pada jendela Printers and Faxes yang menunjukkan printer telah ter-install.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Cara lain dapat dilakukan, melalui langkah – langkah berikut. 1. Buka Control Panel > Printers and Faxes yang akan menampilkan ikon – ikon printer yang terdapat pada komputer. 2. Klik kanan ikon printer yang akan diubah settingnya 3. Komputer akan menampilkan menu dengan beberapa perintah – Set as Default Printer, apabila akan membuat printer sebagai printer utama – Printer Preferences, untuk menampilkan jendelea setting printer, seperti pengaturan ukuran kertas – Pause Printing, untuk menghentikan aktivitas printer – Properties, untuk menampilkan jendela Properties dari printer.

Mengatur port, sharing, warna, pengujian printer dan sebagainya. B. Melakukan Setting Display Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur tampilan layar/desktop pada computer/laptop kita : 1. klik kanan pada mouse 2. lalu tekan menu Properties. 3. kemudian akan muncul beberapa tampilan menu pada Display Properties yaitu themesdesktop ,screen saverappearancedan settings. * Themes Themes adalah gambar latar belakang pada layar computer.

yang di dalam nya itu meliputi ikon,sound,tampilan ,screensaver,lain-lainnya lagi. Kita dapat memili tampilan layar sesuai dengan keinginan kita. Untuk mengatur themes pada laptop/komputer anda.

1.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Pilih menu themeslalu pilih themes yang anda inginkan. misalnya seperti gambar pada contoh di bawah ini : 2. Setelah selesai mengatur themes yang anda inginkan. klik apply untuk melihat sementara tampilan themes yang sudah anda atur sebelumnya. * Desktop Desktop adalah gambar latar belakang pada computer kita.

Kita dapat mengganti nya sesuai dengan keinginan kita. Kemudian untuk mengatur background pada laptop/computer anda. 1. Pilih menu desktop yang tedapat pada tampilan display Properties. lalu pilih salah satu background yang anda inginkan. Misanlya seperti pada contoh gambar di bawah ini : 2.

Setelah selesai mengatur desktop/background yang ada inginkan. klik apply untuk melihat tampilan sementara desktop/background yang anda sudah atur sebelumnya. * Screen saver Screen saver adalah salah satu fasilitas pada saat layar monitor kita sedang kosong dengan berisi gambar yang bergerak dalam jangka waktu. kemudian untuk mengatur screen saver pada laptop/computer anda.

1. Pilih menu screen saver yang terdapat pada tampilan Display Properties. lalu pilih salah satu screen saver yang anda inginkan. Misalnya seperti pada contoh gambar di bawah ini : 2.setelah selesai mengatur sreen saver yang anda inginkan.

klik apply untuk melihat tampilan sementara screen saver yang anda sudah anda sebelumnya. * Appereance Appereance adalah tampilan warna untuk mengubah warna desktop dan baris menu ,serta ukuran huruf menu dan ikon pada computer anda.

kemudian untuk mengatur appearance perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah laptop/computer anda. 1. pilih menu appearance yang terdapat pada tampilan Display properties.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

2.lalu tekan windows and buttons, lalu pilih salah satunya. 3.untuk mengatur color scheme. tekan color scheme lalu pilih salah satu color/warna yang anda inginkan. 4.Untuk mengatur font size. tekan font size lalu pilih salah satu font size yang anda iningkan. 5.setelah selesai anda mengatur semua Apperance klik apply untuk melihat sementara tampilan yang anda inginkan.

* Settings Settings adalah fasilitas untuk mengatur refolusi monitor serta kualitas warna pada computer kita. Setelah semua menu Display Properties selesai anda atur. klik OK. agar tampilan pada kompiter/laptop anda akan berubah menjadi yang anda inginkan C. Melakukan Regional Setting Regional setting sangat berguna dan menentukan aturan penulisan formula (syntax) dalam excel, misalnya jika anda menggunakan regional setting English (US) tanda koma maka pada regional setting Indonesia akan menjadi ;, dan lain-lain.

Untuk memudahkan formula yang saya gunakan dalam bahasan tutorial selanjutnya, akan menggunakan regional setting English(US).

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Jika komputer anda menggunakan regional setting Indonesia, untuk sementara silahkan ubah regional setting tersebut. prosedur untuk mengubah regional setting tersebut adalah: 1. Pada start menu, plih setting > Control Panel 2. Pada kotak dialog Control Panel, Klik icon Regional Setting 3. Pada tab Regional Option, pilih English (United States) Klik Apply, kemudian OK Cari Tulisan Terakhir • Teknik Dasar Sepakbola 13 Desember 2012 • PENJASORKES KELAS X: Sepakbola 13 Desember 2012 • TIK KELAS X: Membuat Dokumen Mail Merge dan Menggunakan Template 12 Desember 2012 • TIK KELAS X: Membuat Dokumen dengan Mengelola Tabel, Grafik dan Gambar 12 Desember 2012 • TIK KELAS X: Mengelola dan Mencetak Dokumen 12 Desember 2012 Arsip • Desember 2012 • November 2012 Kategori • Pendidikan • Tak Berkategori Meta • Daftar • Masuk • Feed entri • Feed Komentar • WordPress.com
Hai, Rossie!

Kakak bantu ya :) Jawaban untuk soal diatas adalah C. Pengaturan peripheral merupakan pengaturan sebuah hardware ke dalam suatu komputer.cara untuk pengaturan peripheral adalah klik start, pilih control panel, lalu pilih program.

Control Panel ini sendiri merupakan alat yang bisa membantu pengguna untuk mengelola pekerjaan dan mengatur serta memodifikasi perangkat keras dan lunaknya. Oleh karena itu, jawaban paling tepat adalah C.
Setting Periferal pada Sistem Operasi Setting (pengaturan) periferal perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah dimaksud dalam pembahasan ini adalah pengaturan suatuliardware ke dalam komputer.

Misalnya., setting printer, setting monitor dan setting regional. 1. Setting Printer dalam Komputer Setelah terhubung dengan komputer, mesin printer yang akan digunakan untuk mencetak perludi-setting dahulu di dalam komputer. Cara meng-install printer adalah sebagai berikut. • Klik Start  setting ke Control Panel  Printers and Faxes maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Misalkan kita akan menambah jenis printer HP deskjet 3500 series maka dapat kita lakukan sebagai berikut.

1. Masukkan CD driver HP deskjet 3500 ke dalam CD ROM. 2. Carilah file setup.exe, kemudian klik. 3. Pada layar monitor akan muncul tampilan dialog hp deskjet 3500 series Setup.Tunggulah beberapa saat. 4. Setelah beberapa saat, pada layar monitor akan muncul tampilan dialog hp deskjet 3500 series Setup. Klik Install. 5. Tunggulah proses peng-install-an berjalan sampai selesai.

Lakukan proses sebelum meng-install sekali lagi, klik Start  setting ke Control Panel Printers and Faxes maka akan muncul Icon printer yang sudah terinstall. 2. Setting Monitor Menentukan konfigurasi monitor yang balk dan tepat akan membuat kinerja komputer menjadi lebih optimal. Untuk mengatur tampilan monitor, lakukan langkah-langkah berikut. • Klik Start.

• Klik Control Panel. • Klik Display, kemudian tentukan menu tampilan yang akan diatur. • Aturlah tampilan monitor sesuai keperluan. Setelah selesai klik OK. a. Themes untuk menentukan tampilan awal. b. Desktop untuk menentukan latar belakang gambar. c. Screen Saver untuk menentukan tampilan gambar apabila komputer tidak sedang digunakan. d. Appearance untuk menentukan tampilan Windows, besar kecilnya menu dan ikon.

e. Setting untuk mengatur resolusi monitor serta kualitas warna. 3. Setting Regional Setting regional adalal I melakukan pengaturan konfigurasi struktur informasi, sebagai contoh waktu, tanggal dan pemakaian tanda baca.

Untuk melakukan setting regional, dilakukan langkah-langkah berikut. 1. Klik Start, arahkan kursor ke setting Control Panel, kemudian klik. 2. Arahkan kursor ke Date, Time, Language and Regional Options. 3. Selanjutnya. arahkan kursor ke Regional and Language Options. Setelah selesai, klik OK. 4. Manajemen File Manajemen file dapat digunakan user untuk membuat folder agar file-file dalam komputer dapat dikelompok-kelompokkan.

C. Manajemen FIle 1. Menu Pull-down Menu pull-down adalah perintah komputer yang ditampilkan menurut kelompoknya yang tempatnya berada pada menu bar.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Kelompok perintah pada menu pull-down, antara lain File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan help. Masing-masing menu memiliki fungsi berbeda-beda. 2. File, Folder, dan Membuat Folder File adalah unit penyimpanan dasar dalam sebuah komputer.

Sebuah file memungkinkan sistem operasi Window memisahkan sekumpulan informasi yang satu dengan yang lain. Folder adalah ruangan atau direktori yang digunakan untuk menyimpan file atau folder lain.

Folder mempermudah penyusunan file-file yang dibuat. Folder dapat dibuat dengan berbagai cara, salah satunya adalah sebagai berikut. 1. Arahkan kursor ke menu File, kemudian tekan tombol kiri mouse sekali. 2. Klik pada New. 3. Klik pada pilihan Folder sehingga pada layar muncul sebuah folder Baru dengan tulisan New Folder. 4. Ketik nama folder yang kamu inginkan, misalnya ketik ”Tugas TIK”. 5.Jika sudah selesai mengetik nama folder, arahkan kursor ke sembarang tempat lalu klik.

3.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Menggunakan Drag dan Drop Fungsi dari drag dan drop adalah untuk membuat duplikasi atau memindahkan suatu objek dari folder satu ke folder yang lain. Drag dan drop dilakukan dengan menggunakan mouse. Caranya, arahkan kursor ke objek berupa file atau folder. Tekan mouse, geser kemudian lepaskan ke tempat folder lain.

Folder atau file sudah berpindah atau terkopi ke folder tersebut. 4.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Mengenal Tipe dan Jenis File Jenis file unik yang berbeda itu merupakan identitas khusus. Identitas khusus yang dimaksudkan berupa ekstensi.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Setiap file mempunyai akhiran tiga huruf yang disebut dengan ekstensi. Contoh jenis File dan Ekstensinya adalah : bmp, gif, jpg/jpeg, psd, dll. 5.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Mengganti Nama File dan Nama Folder File-file dan folder yang sudah ada dalam tempat penyimpanan dapat diubah atau diganti namanya. Berikut ini cara melakukan penggantian nama file dan folder.

a. Mengganti Nama File • Bukalah Windows Explorer dengan cara klik kanan Start menu pilih Explore. • Arahkan kursor ke My Documents. Pada layar monitor akan tampak tampilan gambar yang berisikan beberapa folder dan file. 1. Klik file “pekerjaan aneh.doc”. 2.Tekan fungsi F2 atau klik kanan file, kemudian pilih Rename. 3. Ganti nama file “pekerjaan aneh.doc” dengan “latihanl .doc”. 4. Setelah selesai, tekan Enter. b. Mengganti Nama Folder 1.

Bukalah Windows Explorer dengan cara klik kanan Start menu pilih Explore. 2. Kemudian arahkan kursor ke My Documents maka akan tampak tampilan gambar yang berisikan beberapa folder dan file. Misalkan diinginkan untuk mengganti nama folder “New Folder” mcnjadi “FolderKu”. • Klik Folder “New Folder” • Tekan fungsi F2 atau klik kanan folder, kemudian pilih Rename. • Ganti nama folder “New Folder” dengan “FolderKu”.

• Setelah selesai, tekan Enter. 6. Memformat Disket Memformat adalah membuat jalur pada disket sehingga terbentuk track dan sektor-sektor agar dapat digunakan untuk merekam dan dapat diketahui jalur dan track mana yang rusak. Untuk memformat disket standar 3,5 perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah dengan kapasitas I ,44 MB, dapat dilakukan dengan dua cara berikut. a. Menggunakan Windows Explorer 1.

Bukalah Windows Explorer dengan menggunakan kombinasi tombol Windows 11/ padakeyboard dan huruf E dengan urutan menahan tombol Windows. kemudian disusul menekan tombol huruf E sekali. 2. Setelah Windows Explorer muncul dengan folder tree, pastikan disket yang akan diformat sudah ada di dalam floppy drive tanpa data atau dengan data yang tidak penting atau sudah di-backup sebelumnya. Kemudian, klik kanan dengan mouse pada 3,5 floppy(A:) dan pilih Format.

3. Pada menu format, Anda bisa menentukan konfigurasi hasil format. Tetapi, sebaiknya bagi Perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah yang awam, gunakan setting format standar atau default saja. 4. Setelah selesai akan muncul kotak dialog “Format Complet” lalu tekan OK. b. Melalui Floppy Menggunakan DOS 1. Beberapa cara untuk menjalankan DOS command prompt antara lain.

• Booting dari disket atau CD yang mengandung DOS. • Pilih menu Start pada. Windows. • Pilih Run lalu ketik cmd. Kemudian, klik OK atau tekan Enter. 2. disket. 3. Ketiklah format a: kemudian tekan Enter. 4. Pilih yes dengan mengetik y lalu Enter.

5. Setelah format selesai, Anda dapat mcmasukkan volume label untuk penamaan disket maksimal 11 karakter. Mungkin hasil ukuran dari disket tidak 1,44 MB tetapi sekitar kurang lebih 1,38 MB.

ltu wajar saja. Sebaliknya, jangan memformat disket menjadi kapasitas lebih dari 1,44 MB karena akan membuat disket tidak tahan lama dan mudah rusak. 7. Menyalin File dari Hardisk ke Disket atau Sebaliknya Menyalin file dimasukkan adalah menduplikasi atau mengopi data. Untuk menyalin file darihardisk ke disket, dapat dilakukan dengan cara berikut.

a. Menyalin File dari Hardisk ke Disket 1. Bukalah Windows Explorer. 2. Arahkan mouse ke folder, misalnya folder My Documents. 3. Pilih nama file yang akan disalin.

4. Kemudian, lakukan drag dan drop file ke 3,5 Floppy (A): b. Menyalin File dari Disket ke Hardisk 1. Bukalah Windows Explorer. 2.

perintah dasar yang digunakan untuk melakukan setting periferal adalah

Arahkan mouse ke 3,5 Floppy (A): 3. Pilih file yang akan disalin. 4. Kemudian lakukan drag dan drop file ke hardisk, misalnya di folder My Document. Search for: Recent Posts • SISTEM OPERASI KOMPUTER(6)Fasilitas Cetak Gabung (Mail Merge) • SISTEM OPERASI KOMPUTER(5) Mengoperasikan Drawing • SISTEM OPERASI KOMPUTER.(4) Membuat Dokumen Baru • SISTEM OPERASI KOMPUTER(3) Menu dan ikon dalam Program Microsoft Word • SISTEM OPERASI KOMPUTER(2) Setting Periferal pada Sistem Operasi Recent Comments Archives • May 2014 • April 2014 • March 2014 Categories • BAHASA INDONESIA • BUKU OTROTONIK 1.1 • TIK-KKPI Meta • Register • Log in • Entries feed • Comments feed • WordPress.com

Bab 5 Strategis for structure and written Expression




2022 www.videocon.com